hukum internasional sp 2011

38
PENDAHULUAN Rudi NATAMIHARDJA Hukum internasional (HI) merupakan norma atau aturan non nasional, yang mengatur hubungan antara subyek hukum internasional 1 . Hukum internasional publik atau yang selanjutnya disebut dengan hukum internasional ialah mata kuliah pada Fakultas Hukum, Universitas Lampung, diajarkan kepada mahasiswa sarjana hukum (S1). Pembahasan mata kuliah HI ini terdiri dari dua belas pokok bahasan utama : (1) Pendahuluan ; (2) Masyarakat dan Hukum Internasional ; (3) Sejarah Hukum Internasional dan Perkembangannya ; (4) Hakikat Dasar dan Berlakunya HI ; (5) Hubungan antara HI dan Hukum Nasional ; (6) Subyek Hukum Internasional ; (7) Sumber Hukum Internasional ; (8) Wilayah negara ; (9) Pengakuan Internasional ; (10) Yuridikasi negara dalam Hukum Internasional ; (11) Pergantian Negara (Suksesi Negara) ; dan (12) Pertanggungjawaban negara. Kedua belas pokok bahasan tersebut di atas akan dijelaskan kepada mahasiswa melalui kuliah umum. Kuliah tersebut dibagi ke dalam dua bagian besar. Bagian pertama dari pembahasan pertama sampai dengan pembahasan kedelapan (wilayah negara). Kemudian bagian kedua dilanjutkan setelah ujian tengah semester dari pembahasan sembilan (pengakuan internasional) sampai dengan selesai. I. Pendahuluan Pada bagian pertama, pendahuluan, terdiri dari tiga pokok bahasan dibagi ke dalam tiga bab : Istilah, pengertian, perbedaan antara HI dengan hukum perdata internasional (Bab 1) ; bentuk perwujudan khusus HI (Bab 2), terakhir masyarakat internasional dan strukturnya (Bab 3). BAB I : ISTILAH, PENGERTIAN, PERBEDAAN HI DAN HPI Tiga hal pembahasan secara singkat pada awal perkuliahan, yaitu mengenai : istilah, pengertian hukum internasional, dan terakhir, perbedaan antara hukum intenasional (HI) dan hukum perdata internasional (HPI). 1 Subyek hukum internasional yaitu negara, organisasi internasional, tahta suci (Negara vatikan), palang merah internasional, individu, pemberontak

Upload: al-fian-irsyadul-ibad

Post on 12-Dec-2015

231 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

pkn

TRANSCRIPT

Page 1: Hukum Internasional Sp 2011

PENDAHULUAN

Rudi NATAMIHARDJA

Hukum internasional (HI) merupakan norma atau aturan non nasional, yang mengatur hubungan antara subyek hukum internasional1. Hukum internasional publik atau yang selanjutnya disebut dengan hukum internasional ialah mata kuliah pada Fakultas Hukum, Universitas Lampung, diajarkan kepada mahasiswa sarjana hukum (S1).

Pembahasan mata kuliah HI ini terdiri dari dua belas pokok bahasan utama : (1) Pendahuluan ; (2) Masyarakat dan Hukum Internasional ; (3) Sejarah Hukum Internasional dan Perkembangannya ; (4) Hakikat Dasar dan Berlakunya HI ; (5) Hubungan antara HI dan Hukum Nasional ; (6) Subyek Hukum Internasional ; (7) Sumber Hukum Internasional ; (8) Wilayah negara ; (9) Pengakuan Internasional ; (10) Yuridikasi negara dalam Hukum Internasional ; (11) Pergantian Negara (Suksesi Negara) ; dan (12) Pertanggungjawaban negara.

Kedua belas pokok bahasan tersebut di atas akan dijelaskan kepada mahasiswa melalui kuliah umum. Kuliah tersebut dibagi ke dalam dua bagian besar. Bagian pertama dari pembahasan pertama sampai dengan pembahasan kedelapan (wilayah negara). Kemudian bagian kedua dilanjutkan setelah ujian tengah semester dari pembahasan sembilan (pengakuan internasional) sampai dengan selesai.

I. Pendahuluan

Pada bagian pertama, pendahuluan, terdiri dari tiga pokok bahasan dibagi ke dalam tiga bab : Istilah, pengertian, perbedaan antara HI dengan hukum perdata internasional (Bab 1) ; bentuk perwujudan khusus HI (Bab 2), terakhir masyarakat internasional dan strukturnya (Bab 3).

BAB I : ISTILAH, PENGERTIAN, PERBEDAAN HI DAN HPI

Tiga hal pembahasan secara singkat pada awal perkuliahan, yaitu mengenai : istilah, pengertian hukum internasional, dan terakhir, perbedaan antara hukum intenasional (HI) dan hukum perdata internasional (HPI).

A. Istilah dan Pengertian

Istilah atau dapat dimaknai dengan asal muasal munculnya gabungan kata hukum dan intenasional. Hal ini perlu diperhatikan karena kata hukum internasional sendiri berasal dari bahasa inggris International law, common law, law of nations, transnational law dan dalam bahasa Perancis dikenal dengan droit international. Perbedaan terdapat pada kata terjemahan law dan droit, yang memiliki makna identik hukum atau aturan. Dalam kamus bahasa indonesia diterjemahkan menjadi « hukum bangsa-bangsa, hukum antara negara, dan hukum antara negara »

Kata internasional menunjukan bahwasanya kajian hukum tidaklah bersifat lokal (internal) atau nasional, melainkan hukum yang berlaku bagi negara-negara di dunia, baik sudah tergabung maupun belum menjadi anggota PBB..

1 Subyek hukum internasional yaitu negara, organisasi internasional, tahta suci (Negara vatikan), palang merah internasional, individu, pemberontak

Page 2: Hukum Internasional Sp 2011

Oleh karena itu, mempelajari hukum internasional tidak terlepas dari badan organisasi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa, United Nations, serta piagam kesepakatan internasional United Charter. Hal ini dikarenakan PBB merupakan badan internasional yang mendukung terciptanya ketentuan-ketentuan intenasional dan keberlakuan yang mengikat anggotanya. Pertanyaan selanjutnya adalah sejauh mana daya ikat tersebut dan bagaimanakah efektifitas hukum internasional. Hal ini akan dibahas pada pembahasan lebih lanjut.

Hubungan antara subjek hukum tidak saja bersekala nasional, namun sudah sejak lama meluas manjadi hubungan diluar wilayah kedaulatan suatu negara atau dikenal dengan hubungan internasional. Untuk menciptakan suatu keteraturan dalam berhubungan antara subjek hukum tersebut, terciptalah pengaturan transnasional, hukum antara negara, melewati batas dari satu negara dengan negara lain. Istilah yang digunakan yaitu hukum internasional. Oleh karena itu, HI dapat disimpulkan pula sebagai suatu hukum yang mengatur aktivitas entitas berskala internasional.

Selain itu, dapat dimaknai pulan bahwa HI merupakan keseluruhan kaedah dan asas yang mengatur hubungan atau pesoalan yang melintasi batas Negara antara (a) Negara dengan Negara (b) Negara dengan subjek hukum lainnya bukan Negara atau subjek hukum bukan Negara satu sama lainnya.

Berdasarkan pendapat dari Hugo de Groot, hukum dan hubungan internasional di dasarkan pada kemauan bebas atau hukum alam dan persetujuan beberapa atau semua negara. Hal ini ditunjukkan demi kepentingan bersama dari mereka yang menyatakan diri di dalamnya.

Sedangkan Moukhtar Kusumaatmaja berpendapat HI adalah keseluruhan kaidah-kaidah dan asas-asas yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas-batas negara, antar negara dengan negara, negara dengan subjek hukum internasional lainya yabg bukan negara atau subjek hukum bukan negara satu sama mainnya.2

B. Sekilas Perbedaan HI dan HPI

Mengapa antara HI dan HPI harus dibedakan ? Karena sering kali terdapat keliru dalam memahami kedua istilah tersebut. Tidak cukup disitu saja, bahkan terdapat pula kekeliruan dalam mengidentifikasi mana peristiwa HI dan mana yang merupakan peristiwa HPI. Kata internasional dalam kedua istilah tersebut sering kali disalahartikan, menganggap bahwa kedua bidang hukum tersebut berada dalam satu pembahasan dan ruanglingkup yang sama, memiliki sumber hukum dan subjek hukum yang identik. Oleh karena itu, perlu membedakan mana yang tergolong dalam peristiwa HI dan mana yang tergolong dalam HPI. Hal ini merupakan dasar dalam memahami ruang lingkup kajian hukum internasional.

Hukum internasional dapat dibagi ke dalam dua ketegori : hukum internasional publik dan hukum internasional privat, yang mengatur mengenai hubungan antara individu yang memiliki kewarganegaraan yang berbeda. Dalam konteks mata kuliah Hukum internasional yang akan dipelajari HI merupakan hukum internasional publik. HPI akan dibahas pada mata kuliah tersendiri.

Berbeda dalam definisi, HPI merupakan keseluruhan kaedah dan asas hukum yang mengatur hubungan perdata yang melintasi batas Negara atau hukum yang mengatur hubungan hukum perdata antara para pelaku hukum yang masing-masing tunduk pada hukum perdata (nasional) yang

2 Hans Kelsen berpendapat bahwa Subyek HI hanya negara, namun melalui perkembangan terjadi perubahan paradigm yang menjadikan perluasan dari subyek HI. Subjek HI berdasarkan piagam PBB pasal 16 A

Page 3: Hukum Internasional Sp 2011

berlainan3. Sedangkan hukum internasional merupakan keseluruhan kaidah dan asas hukum yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara (hubungan internasional) yang bukan bersifat perdata.

Antara HI dan HPI terdapat titik taut, atau persamaan yaitu, keduanya mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara , yang biasa disebut dengan « internasional », namun sifat hukum atau persoalan yang diaturnya atau objeknya berbeda.

Perbedaan yang sangat menonjol antara HI dan HPI terletak pada sumber hukumnya. Sumber HI, sesuai Pasal 38 Piagam Mahkamah Internasional, yaitu Perjanjian Internasional (traktat), Kebiasaan-kebiasaan intenasional, asas umum hukum yang diakui bangsa-bangsa beradab, kuputusan hakim (yurisprudensi) dan doktrin (pendapat pada ahli hukum). Sedangkan HPI menggunakan sumber hukum nasional Negara yang dipilih untuk menyelesaikan permasalahan.

BAB II : BENTUK PERWUJUDAN KHUSUS HUKUM INTERNASIONAL

Bentuk perwujudan khusus atau dalam kata lain, apa saja yg menjadi kekhususan pembahasan hukum internasional. PBB memberikan ruang khusus terhadap hukum internasional4. Semua ketentuan internasional dikeluarkan oleh PBB melalui suatu rapat Majelis Umum yang dihadiri oleh Negara-negara anggota. Dari pertemuan tersebut, lahirah aturan-aturan formal internasional yang dikenal dengan hukum internasional.

Perdamaian dan keamanan, batas wilayah, kegiatan kemanusiaan dan HAM merupakan pokok pembahasan PBB. Dimana pembahasan tersebut diatas digolongkan ke delam nama atau kelompok-kelompok hukum : Hukum humaniter, hukum udara, hukum angkasa, hukum diplomatik, hukum lingkungan internasional, hukum laut internasional, hukum pengelesaian sengketa, hukum pidana internasional, hukum ekonomi internasional. Kelompok hukum tersebut diaajarkan pada bagian hukum internasional dengan tujuan agar, mahasiswa dapat mengerti dan memahami mekanisme PBB dan hukum internasional itu sendiri.

Jika diperhatikan peristiwa setahun terakhir di dunia internasional berbagai peristiwa hukum internasional setahun terakhir dapat memberikan gambaran mengenai bidang-bindang kekhususan dari hukum internasional.

Peristiwa di Libya. Kekuatan rakyat yang hendak menggulingkan kekuasaan Khadafi, presiden Libya yang sudah menjabat selama lebih dari 30 tahun. Melalui resolusi Dewan Keamanan, PBB mengirimkan tentara keamanan internasional atau yg dikenal dengan casque bleu, yaitu tentara gabungan dari berbagai Negara, yang bersifat netral, tidak memihak.

Demikian pula dengan peristiwa Kairo, Mesir, penggulingan Presiden Husni Mubarak. Apakah peristiwa ini masuk ke dalam ranah hukum internasional ataukah masih menjaid peristiwa nasional ? Bagaimana hukum internasional memandangnya ? Demikian juga dengen peristiwa di Kairo, Mesir ? Apakah merupakan peristiwa hukum internasional atau hanya pertikaian internal ?3 Adalah suatu kesatuan aturan hukum yang mengatur permasalahan privat yang mengandung unsur asing. Hukum yang diberlakukan merupakan hukum nasional dair Negara-negara yg bersengketa.4 Ruang lain yaitu mengenai perdamaian dan keamanan, perkembangan, hak asasi manusia dan kegiatan kemanusiaan

Page 4: Hukum Internasional Sp 2011

Sengketa antara Palestina dan Israel yang tiada hentinya, merupakan persengketaan dua Negara yang selanjutnya melibatkan banyak Negara. Bahkan sudah menyangkut kepentingan politik Negara-negara anggota tetap Dewan Keamanan. Sehingga objektifitas dari PBB terkadang diragukan, sifat étatique (condong terhadap kepentingan Negara tertentu) telah merusak dan akan menghancurkan PBB.

Lalu bagaimanakah dengan kritik pedas dari media masa seperti wikileaks terhadap Presiden Republik Indonesia. Apakah menjadi ranah HI ? dan terakhir, peristiwa mengenaskan, eksekusi hukuman pancung terhadap tenaga kerja wanita Indonesia di Arab Saudi. Bagaimanakah posisi hukum internasional ?

Terdapat suatu proses, berlakunya hukum internasional, pertama diawali dari peristiwa nasional yang kemudian menjadi suatu peristiwa internasional dikarenakan faktor-faktor tertentu. Kedua, peristiwa murni HI, yaitu suatu peristiwa hukum yang berawal dari permasalahan antara subjek hukum internasional

BAB III : MASYARAKAT INTERNASIONAL DAN STRUKTURNYA

HI didasarkan atas suatu pemikiran bahwa adanya masyarakat internasional yang terdiri dari sejumlah negara yang berdaulat dan merdeka. Sehingga terdapat kesetaraan, koordinasi, antara anggotanya.

Masyarakat Internasional merupakan landasan sosiologis HI. Adanya hubungan antara anggota MI, berupa perniagaan, hubungan antara kebudayaan, ilmu pengetahuan, keagamaan, social dan oleh raga mengakibatkan timbulnya kepentingan untuk memelihara dan mengatur hubungan bersama dan hal ini menjadi suatu kepentingan bersama.

MI itu pada hakikatnya ialah hubungan kehidupan antar manusia, suatu kelompleks kehidupan bersama yg terdiri dari aneka ragam masyarakat yang jalin-menjalin dengan erat.

Adanya Negara belum berarti adanya suatu masyarakat internasional apabila Negara itu masing-masing hidup terpencil satu dari yang lainnya. Hubungan yang tetap dan terus menerus antara Negara menunjukkan terdapat kepentingan yang tidak dapat dielakkan oleh masing-masing Negara.

Lalu pertanyaan berikut ialah, mengapa Negara begitu mendominasi dalam HI ? Hal ini disebabkan secara politis dan yuridis, Negara memiliki kekuatan mutlak dan tunggal dalam penggunaan kekuasaan. Ia menjadi pelaku utama dalam masyarakat internasional. Hubungan antara pelaku lainnya memerlukan ijin dari Negara.

Kekuatan mutlak dan tunggal biasa dikenal dengan Kedaulatan Negara. Dalam bahasa inggris kedaulatan di kenal dengan souvereignity atau souveranité berasal dari kata latin superanus yg memilik makna « yang teratas ». Negara diakatakan berdaulat kerana kedaulatan merupakan suatu sifat atau ciri hakiki Negara. Negara dikatakan berdaulat, hal ini bermakna Negara mempunyai kekuasaan tertinggi. Namun perlu dipahami lagi kata kekuasan tertinggi jika berhadapan dengan hukum internasional.

Page 5: Hukum Internasional Sp 2011

Setiap negara memiliki derajat yang sama. Inilah yang harus tetap diperhatikan dalam pergaulan internasional. Kesamaan derajat bermakna setiap Negara berkedudukan sama dengan tidak memangdang kekuatan ekonomi atau kemampuan teknologi.

Bagaimanakah hubungan antara kedaulatan negara dengan hukum internasional ? sekilas Nampak suatu hal yang berlawanan. Kedaulatan memberikan kewenangan penuh kepada Negara untuk mengatur sepenuhnya urusan dalam negeri sedangkan hukum internasional memberikan batasan kepada Negara dalam rangka menentukan kebijakan-kebijakan ke luar.

Dapat dikatakan bahwasanya kedaulatan negara merupakan filter bagi ketentuan asing yang akan masuk mengatur menjadi suatu ketentuan nasional. Dengan kedaulatan Negara terdapat identitas nasional dan ideologi yang tidak dapat tergantikan dan dibeli dengan apa pun.

Pancasila dapat disebut sebagai Identitas nasional, yang memiliki warna tersendiri, berbeda dengan Negara lain. Pancasila menjadi sebagai penyaring masuknya budaya asing ke Indonesia. Tidak hanya dalam bentuk budaya, namun ideologi yang bertentangan dengan Pancasila tidak akan bisa masuk ke dalam tanah air.

Terdapat dua batasan dalam penggunaan kedaulatan Negara yaitu :

- Kekuasaan tersebut terbatas pada batas wilayah Negara yang memiliki kekuasan itu- Kekuasan itu berakhir di mana kekuasan suatu Negara lain mulai.

Page 6: Hukum Internasional Sp 2011

II. Masyarakat dan Hukum Internasional

Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Masyarakat : Sejumlah manusia dalam arti yang seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama

Mastarakat hukum : ialah masyarakat yang dapat menentukan hukumnya sendiri. Internasional : menyangkut bangsa-bangsa atau negeri-negeri seluruh seluruh dunia, antar

bangsa.

Berdasarkan pepatah dari latin, ubi societas, ibi jus yang artinya disetiap masyarakat terdapat peraturan tersendiri. Hal ini berkaitan bahwasanya keberadaan hukum internasional berdasarkan atau hal ini dikarenakan disitulah terdapat masyarakat intrenasional.

Seperti halnya pada pembahasan pertama, pada pembahasan kedua ini susunan penjelasan dan kerangka yang digunakan adalah berdasarkan karya Mochtar Kusumaatmadja dan Etty R. Agoes. Melalui penjelasan yang sederhana namun memiliki makna dalam setiap katanya, buku pengantar hukum internasional yang ditulis oleh kedua ahli hukum internasional tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa ditahun kedua perkuliahan, namun buku setebal 200 halaman tersebut masih terlalu sederhana jika dijadikan acuan mahasiswa yang mengambil minat hukum internasional pada tahun ke tiga dan keempat.

Secara lebih mendalam, pembahasan mengenai masyarakat dan hukum internasional akan dijelaskan kembali pada pembahasan kedua ini.

Masyarakat atau yang dikenal dengan istilah society, adalah kumpulan manusia yeng memiliki tujuan dan

Bab 1. Masyarakat Internasional sebagai landasan sosiologis hukum internasional

Masyarakat internasional merupakan sekumpulan manusia yang memiliki kewarganegaraan berbeda yang taat kepada norma dan aturan nasional masing-masing Negara. Masyarakat internasional terdiri dari Negara-negara di dunia, baik yang tergabung ke dalam PBB maupun yang belum dan tidak akan pernah tergabung ke dalam PBB.

Hubungan masyarakat internasional terbentuk dan terpengaruh oleh politik dan pesatnya teknologi yang menghiasi hubungan antara bangsa. Sehingga masyarakat internasional pada saat ini tidaklah sama dnegan masyarakat internasional dua puluh, bahkan sepuluh tahun yang lalu. Demikian pula di masa yang akan datang, masyarakat internasional selalu berubah ubah mengikuti perkembangan politik dan teknologi. Hubungan antara masyarakat internasional menjadi semakin hidup dan cepat.

Masyarakat internasional memiliki arti penting bagi perkembangan hukum internasional, selain menjadi landasan sosiologis hukum internasional (A) Masyarakat internasional pun memberikan warna tersendiri terhadap kedaulatan Negara (B).Bagaimana masyarakat internasional berperan dalam bumi peta politik, serta kemajuan teknologi dan struktur masyarakat internasional.

Page 7: Hukum Internasional Sp 2011

A. Masyarakat internasional sebagai landasan sosiologis hukum internasional

Masyarakat internasional yang menyebabkan terjadinya pertukaran dan hubungan yang memecah pembatas antar wilayah Negara.

- Adanya hubungan yang tetap antara anggota masyarakat internasional diakibatkan oleh perbedaan kekayaan alam setiap Negara yang tidak merata di dunia

- Masyarakat internasional adalah hubungan kehidupan antar manusia- Asas hukum yang bersamaan :

Asas kesamaan hukum antara bangsa-bangsa di dunia (nonmaterial) Adanya hukum alami yang mengharuskan hidup berdampingan secara damai

-B. Hakikat dan fungsi kedaulatan dalam masyarakat intenasional

Bab 2. Kedaulatan Negara : Hakikat dan fungsinya dalam masyarakat intenasional

Betapa pentingnya peran negara dalam masyarakat dan hukum internasional Kedaulatan Negara =

1. memiliki kekuasaan tertinggi oleh Negara (tidak mengakui suatu kekuasaan yang lebih tinggi dari pada kekuasaannya sendiri. Pandangan pertama = Kedaulatan >< Hukum Internasional

o Sbg penghalang bagi masyarakat internasionalo Penghalang bagi perkembangan hukum internasionalo Kekeliruan pandangan ini disagkal oleh Muchtar dan ettyo Pandangan dapat dibenarkan jika hukum yang mengatur bertujuan

kekuatan didunia, namun hal ini masih jauh dari terwujud. Karena Negara terdiri dari masyarakat yang bebas antara satu dan lainnya.

Pandangan kedua = Kedaluatan bisa berjalan secara harmonis dnegan hukum internasional, jika dapat di atur sedemikian rupa sehingga saling mengisi kekuasaan pada saat-saat tertentu.

Terutama jika prinsip pembatasan kedaulatan diperhatikan, yaitu : o terbatas pada batas wilayaho berakhir tatkala kekuasaan suatu negara main mulai.

Kedaulatan menjadi suatu hal yang memiliki batas, hal ini sedikit berbeda dengan makna sebenarnya dari istilah kedaulatan itu sendiri

Syarat mutlak bagi terciptanya suatu masyarakat internasional yang teratur ialah dengan tunduknya suatu negara yang berdaulat kepada kebutuhan pergaulan masyarakat internasional.

Persamaan derajat (equality) : negara yang berdaulat selain masing-masing merdeka juga memiliki derajat yang sama antara satu dengan yang lainnya.

Hukum internasional merupakan satu-satunya kunci keberhasilan menciptakan keteraturan kehidupan masyarakat internasional (Muchtar K)

Page 8: Hukum Internasional Sp 2011

Bab 3. Masyarakat Internasional dalam peralihan : perubahan-perubahan dalam peta bumi politik, kemajuan teknologi dan struktur masyarakat internasional.

MI selalu tidak konstan, berubah-ubah dan tidak selalu sempurna. Perubahan yang mendasar yaitu setelah PD II : pembagian kekuasaan dan peta politik Penjajahan merupakan hal yang bertentangan dengan kodrat alami, bangsa yang bebas Bermunculan Negara yang merdeka dan berdaulat Adanya perubahan dari konsep lama kepada konsep baru merupakan hal yang tidak

dapat dielakan. Hal ini menggambarkan kekuatan masyarakat internasional yang tidak dapat terbendung.

Perubahan terlihat pula dalam konsep ilmu hukum yang berkenaan dengan perjanjian, kewajiban Negara, nasionalisasi, hukum laut

Kemajuan teknologi mengakibatkan pula perubahan terhadap masyarakat internasional dan hubungan internasional

o Kemudahan dalam perpindahan tempato Batas antara Negara menjadi tidak lagi dirasakan : komunikasi, informasi,

mengakibatkan kriminalitas yang kompleks dan terkadang belum memiliki pengaturannya.

Hukum internasional menjadi hukum yang sifatnya koordinasi, tidak lagi terdapat strata vertikal antara anggota Bangsa-Bangsa.

Page 9: Hukum Internasional Sp 2011

III. Sejarah Hukum Internasional dan Perkembangannya (versi pribadi)

Hukum tidak pernah terlepas dari sejarah, antara kedua bidang tersebut terjalin hubungan yang erat. Melalui sejarah dapat dilihat bagaimana evolusi hukum, perkembangannya, serta megetahui latar belakang terciptanya suatu peraturan. Oleh karena itu, seorang ahli hukum hendaklah mengetahui serta memahami sejarah bidang hukum yang digelutinya.

Sejarah merupakan karya para ahli sejerah yang diakui dan telah menjadi sebuah karya tulis. Sejarah berisikan kejadian-kejadian masa lalu yang dianggap penting serta memberikan arti khusus pada cerita dan kejadian tersebut di ulang kembali.

Dalam rangka mengetahui dan memahami bagaimana perkembangan hukum internasional haruslah dimulai dari sejarah, bagaimana hukum internasional tersebut terbentuk. Sejarah hukum internasional yang akan disampaikan kehadapan saudara semua merupakan ringkasan dari meteri mengenai sejarah hubungan internasional yang dimulai sejak 1919 sampai dengan 2009. Hal ini berbeda dengan buku karangan Muchtar K dan Etty R dimana mereka memulai menceritakan mengenai sejarah hukum internasional sejak kebudayaan India kuno5.

Setelah berakhirnya perang dunia pertama, Eropa mendominasi dunia sehingga masyarakat internasional melihat Eropa sebagai suatu contoh dan panutan, namun sebaliknya saat akan berkecamuknya perang dunai kedua dan setelahnya, Eropa yang melihat bagaimana disisi lain terjadi kemajuan, sehingga pandangan Eropa tertuju kepada kemajuan Negara-negara lain.

Setelah perang dunia kedua terlihatlah dunia yang modern dan terdapatnya permasalahana geopolitik dan geoekonomi.

Bab 1. Akibat dari perdamaian 1919/1920 : penghancuran yang kalah dan stabilitas di Eropa.

Setelah perang dunia pertama perdamaian tercipta, namun perdamaian tersebut merupakan perdamaian pihak yang menang dalam peperangan. Bukan perdamaian yang tercipta atas kehendak dan kesadaran kedua belah pihak, yang kalah dan yang menang dalam perang. Dikenal pula dengan perjanjian perdamaian, para pemenang perang dunia pertama menandatangan perjanjian untuk menekan mereka yang kalah dalam pertempuan. Berikut ini beberapa perjanjian yang dilakukan antara kedua belah pihak yang telah bertempur.

- Perjanjian Versailles, 28 Juin 1919, ditandatangani oleh Jerman- Perjanjian Neuilly 27 Nopember 1919 ditandatangani oleh Bulgaria- Perjanjian Truanon 4 Juni ditandatangani oleh Honggaria

Perjanjian-perjanjian tersebut merupakan rekayasa para pememang perang dunai pertama untuk menindas mereka yang kalah dalam perang, yaitu jerman dan sekutunya.

A. Semangat Perdamaian- Gagasan Wilson (1856-1924)

5 Dimana tidak dijelaskan secara rinci sejak tahun berapa kebudayaan india kuno dimulai.

Page 10: Hukum Internasional Sp 2011

Wilson merupakan Presiden Amerika Serikat periode 1913-1921, dia berasal dari partai demokrat. Awalnya dia mempertahankan politik mengasingkan sejak 1923, warisan dari Presiden terdahulu Monrow. Politik mengasingkan adalah politik untuk terlepas dari campur tangan dan kegiatan di benua eropa. Namun pada akhirnya Amerika turut tangan dalam urusan di benua Eropa dikarenakan tentara Jerman hampir menguasai wilayah laut dan jika dibiarkan merupakan ancaman bagi keamanan Amerika sendiri. Perang dunia kedua yang dianggap adalah perang untuk kebebasan dan hak melawan Jerman yang melanggar perjanjian²-perjanjian. Wilson menginginkan perdamaian yang berkepanjangan.

Dalam idenya menganai perdamaian, Wilson mengemukakan empat belas pokok pikiran. Dimana dia menggagas suatu perhimpunan internasional yang dinama, Liga Bangsa-Bangsa (LBB) yang kemudian berubah menjadi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

- Nasionalisme Clemenceau (1841-1929)

Adalah seorang dokter Perancis yang terpilih dari partai kiri moderat, menjadi orang nomor satu di Perancis sejak nopember 1917. Kepemimpinannya sangat nasionalisme, menjauhkan mereka yang mengkritik terhadap pemerintahan Perancis. Kehawatiran utamanya adalah kebangkitan Jerman dan balas dendamnya dikarenakan kekalahan perang dunia pertama.

- xxB. xx

Bab 2. Pembentukan Organisasi Internasional LBB dan PBB

A. LBB dan PerangB. Pembentukan PBB : menegakkan keadilan dengan hukum

Page 11: Hukum Internasional Sp 2011

Sejarah Sesuai panduan buku Mochtar :

Sejarah Hukum Internasional

Sistem Hukum Internasional merupakan suatu produk, kasarnya dari empat ratus tahun terakhir ini,

yang berkembang dari adat istiadat dan praktek-praktek Negara-negara Eropa Modern dalam

hubungan serta komunikasinya dengan Negara lain. Tapi kita pun perlu melihat jauh sebelum

perkembangan zaman Eropa Modern yaitu pada periode kuno, beberapa Negara telah melaksanakan

Hukum Internasional secara tidak langsung, dan adapun para ahli yang lahir sebelum zaman Eropa

Modern tersebut yang dipandang memunculkan dasar-dasar dari pemikiran mengenai adat-istiadat

yang ditaati oleh masyarakat serta adanya beberapa kasus sejarah seperti penyelesaian

arbitrasi(perwasitan) pada masa Cina Kuno dan awal Dunia Islam yang memberikan seumbangan

terhadap evolusi system modern Hukum Internasional.

Sejarah Hukum Internasional dalam perkembangannya mengalami beberapa periode evolusi yang

terbilang berkembang dengan cepat dan menarik. Fase-fase tersebut dapat kita bagi dan bahas sebagai

berikut :

A. Periode Kuno

a. India

Menurut Penyelidikan Bannerjee pada abad Sebelum Masehi, Kerajaan-kerajaan India sudah

mengadakan hubungan satu sama lain, baik itu Hubungan antar kasta, suku bangsa dan Raja-raja yang

diatur oleh adanya kebiasaan

b. Yahudi

Dalam Kitab Perjanjian Lama, mengenal ketentuan mengenai perlakuan terhadap orang asing dan cara

melakukan perang

c. Yunani

Pada saat itu dibagi menjadi dua Golongan, yaitu Golongan Orang Yunani dan Luar Yunani. Mereka

juga sudah mengenal arbitration atau perwasitan dan diplomat yang tinggi tingkat perkembangannya.

Sumbangan terbesar dari masa ini adalah Hukum Ala (Hukum yang berlaku mutlak dimana saja dan

berasal dari rasio, menurut Profesor Vinogradoff, hal tersebut merupakan embrio awal yang

mengkristalisasikan Hukum yang berasal dari adat istiadat., contohnya adalah dengan todak dapat

diganggugugatnya tugas seorang kurir dalam peperangan serta perlunya pernyataan perang terlebih

dahulu

Page 12: Hukum Internasional Sp 2011

d. Romawi

Sebenarnya pada masa ini, orang-orang Romawi Kuno mengenal dua jenis Hukum, yaitu Ius Ceville

(Hukum bagi Masyarakat Romawi) dan Ius Gentium (bagi Orang Asing). Hanya saja, pada zaman ini

tidak mengalami perkembangan pesat, karena pada saat itu masyarakat dunia merupakan satu

Imperium, yaitu Imperium Roma yang mengakibatkan tidak adanya tempat bagi Hukum Bangsa-

Bangsa. Hukum Romawi tidak menyumbangkan banyak asas. Asas yang kemudian diterima hanyalah

asas Pacta Sun Servanda (setiap janji harus ditepati)..

e. Eropa Barat

Pada masa ini, Eropa mengalami masa-masa chaotic (kacaubalau) sehingga tidak memungkinkannya

kebutuhan oerangkat Hukum Internasional. Selain itu, selama abad pertengahan, muncul dua hal

utama yang menjadi penghalang Evolusi, yaitu kesatuan duniawi dan rohani sebagian besar Eropa

dibawah Imperium Romawi Suci dan struktur Feodal Eropa Barat.

B. Periode Modern

Pada periode inilah, Hukum Internasional berkembang dengan sangat pesat. Dimulai pada masa

pencerahan atau Renaissance, yang merupakan revolusi keagamaan yang telah

memperokporandakanbelenggu kesatuan politik dan rohani Eropa. Teori-teori kemudian

dikembangkan pada saat itu untuk menyongsong kondisi secara intelektual.

Perkembangan yang terjadi adalah :

a. Traktat Westphalia

Hukum Internasional modern sebagai suatu sistem hukum yang mengatur hubungan antara negara-

negara, lahir dengan kelahiran masyarakat Internasional yang didasarkan atas negara-negara nasional.

Sebagai titik saat lahirnya negara-negara nasional yang modern biasanya diambil saat

ditandatanganinya Perjanjian Perdamaian Westphalia yang mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun di

Eropa.

Perdamaian Westphalia dianggap sebagai peristiwa penting dalam sejarah Hukum Internasional

modern, bahkan dianggap sebagai suatu peristiwa Hukum Internasional modern yang didasarkan atas

negara-negara nasional, sebabnya adalah :

1. Selain mengakhiri perang 30 tahun, Perjanjian Westphalia telah meneguhkan perubahan

dalam peta bumi politik yang telah terjadi karena perang itu di Eropa.

Page 13: Hukum Internasional Sp 2011

2. Perjanjian perdamaian mengakhiri untuk selama-lamanya usaha Kaisar Romawi yang suci.

3. Hubungan antara negara-negara dilepaskan dari persoalan hubungan kegerejaan dan

didasarkan atas kepentingan nasional negara itu masing-masing.

4. Kemerdekaan negara Nederland, Swiss dan negara-negara kecil di Jerman diakui dalam

Perjanjian Westphalia.

Selai itu, Perjanjian Westphalia meletakan dasar bagi susunan masyarakat Internasional yang baru,

baik mengenai bentuknya yaitu didasarkan atas negara-negara nasional (tidak lagi didasarkan atas

kerajaan-kerajaan) maupun mengenai hakekat negara itu dan pemerintahannya yakni pemisahan

kekuasaan negara dan pemerintahan dari pengaruh gereja.

Ciri masyarakat Internasional yang terdapat di Eropa yang dasarnya diletakkan oleh Perjanjian

Westphalia. Ciri-ciri pokok yang membedakan organisasi susunan masyarakat Internasional yang baru

ini dari susunan masyarakat Kristen Eropa pada zaman abad pertengahan :

1. Negara merupakan satuan teritorial yang berdaulat.

2. Hubungan nasional yang satu dengan yang lainnya didasarkan atas kemerdekaan dan

persamaan derajat.

3. Masyarakat negara-negara tidak mengakui kekuasaan di atas mereka seperti seorang

kaisar pada zaman abad pertengahan dan Paus sebagai Kepala Gereja.

4. Hubungan antara negara-negara berdasarkan atas hukum yang banyak mengambil oper

pengertian lembaga Hukum Perdata, Hukum Romawi.

5. Negara mengakui adanya Hukum Internasional sebagai hukum yang mengatur

hubungan antar negara tetapi menekankan peranan yang besar yang dimainkan negara

dalam kepatuhan terhadap hukum ini.

6. Tidak adanya Mahkamah (Internasional) dan kekuatan polisi internasional untuk

memaksakan ditaatinya ketentuan hukum Internasional.

7. Anggapan terhadap perang yang dengan lunturnya segi-segi keagamaan beralih dari

anggapan mengenai doktrin bellum justum (ajaran perang suci) kearah ajaran yang

menganggap perang sebagai salah satu cara penggunaan kekerasan.

Dasar-dasar yang diletakkan dalam Perjanjian Westphalia diperteguh dalam

Perjanjian Utrech yang penting artinya dilihat dari sudut politik Internasional,

karena menerima asas keseimbangan kekuatan sebagai asas politik internsional.

b. Bermunculan para Pakar Hukum Internasional

i. Hugo Grotius

Page 14: Hukum Internasional Sp 2011

Hukum Internasionalnya berlaku Hukum Alam yang telah terlepas dari pengaruh keagamaan dan

kegerjaan. Banyak didasarkan pada praktek Negara dan perjanjian Negara sebagai Sumber Hukum

Internasional.

ii. Fransisco Vittoria

Dalam bukunya Relectio de Indis, bahwa Negara dalam tingkah lakunya tidak boleh bertindak sesuka

hati (Ius Intergentes)

iii. Fransisco Suarez

Menulis De Legibius ae deo Legislatore mengemukakan bahwa suatu Hukumatau akedah objektif

yang harus dituruti oleh Negara-negara dalam hubungan antara mereka.

iv. Balthazar Ayala & Alberico Gentilis

Pemisahan antara etika agama dan hukum.

v. Christian Wovlf

Suatu negara meliputi Negara-negara dunia

vi. Zouche, Bynkershoek, dan Von Martens

Receuil Des Traites (kumpulan perjanjian yang masih merupakan suatu kumpulan yang berharga

hingga sekarang)

c. Revolusi Perancis

Pergeseran kekuasaan pemerintahan dari tangan raja ke tangan rakyat

d. Konferensi Perdamaian jenewa (1864)

e. Konferensi Perdamaian Den Haag (1899)

f. Konferensi Perdamaian Den Haag (1907)

Melahirkan Mahkamah Arbitrase Permanen yang isinya:

§ Negara sebagai kesatuan politik teritorial

Page 15: Hukum Internasional Sp 2011

§ Konferensi Internasional berlaku universal

§ Dibentuk mahkamah Internasional Arbitrase permanen

Setelah perjanjian perdamaian Den Haag 1907 (masa konsolidasi), terjadi:

1. Perjanjian melarang perang untuk mencapai kepentingan

nasional (Briand Kellog Pact 1982, Paris)

2. Didirikan liga bangsa-bangsa 1919 (PBB 1945).

Page 16: Hukum Internasional Sp 2011

IV. Hakikat Dan Mengikatnya Hukum Internasional

Bab 1. Sifat Hakikat Hukum Internasional

Masyarakat internasional yang diatur oleh hukum internasional adalah suatu tertib hukum

koordinasi dari sejumlah negara-negara yang masing-masing merdeka dan berdaulat. Sehingga,

berbeda halnya dengan tertib hukum nasional (yang bersifat subordinasi), dalam tertib hukum

koordinasi (hukum internasional) tidak terdapat lembaga-lembaga yang disangkutpautkan dengan

hukum dan pelaksanaannya:

- dalam hukum internasional tidak terdapat kekuasaan eksekutif;

- dalam hukum internasional tidak terdapat lembaga legislatif;

- dalam hukum internasional tidak terdapat lembaga kehakiman (yudisial);

- dalam hukum internasional tidak terdapat lembaga kepolisian.

Lembaga-lembaga atau badan-badan di atas adalah lembaga-lembaga yang diperlukan guna

memaksakan berlakunya suatu ketentuan hukum.

Dikarenakan keadaan yang demikianlah sehingga beberapa pihak menyangkal sifat mengikat

hukum internasional, misalnya Hobbes, Spinoza, Austin. Menurut John Austin, hukum internasional

itu bukanlah hukum melainkan sekadar aturan-aturan moral positif (rules of positive morality).

Namun pendapat Austin tersebut terbantahkan oleh dua hal:

Pertama, tidak adanya badan pembuat atau pembentuk hukum bukanlah berarti tidak ada

hukum. Misalnya hukum adat;

Kedua, harus dibedakan antara persoalan ada-tidaknya hukum dan ciri-ciri efektifnya hukum.

Tidak adanya lembaga-lembaga yang diasosiasikan dengan hukum dalam tubuh hukum

internasional (eksekutif, legislatif, kehakiman, kepolisian, dsb) adalah ciri-ciri atau pertanda

bahwa hukum internasional belum efektif tetapi bukan berarti bahwa hukum internasional

itu tidak ada.

Page 17: Hukum Internasional Sp 2011

Bab 2. Teori-teori tentang Dasar Kekuatan Mengikat Hukum Internasional

Jika pada kenyataannya hukum internasional tidak memiliki lembaga legislatif, eksekutif,

yudisial, maupun kepolisian tetapi pada kenyataannya pula hukum internasional itu mengikat, maka

timbul pertanyaan: mengapa hukum internasional itu mengikat? Bagaimana penjelasannya?

Dalam hubungan ini telah timbul beberapa teori atau ajaran yang mencoba memberikan

landasan pemikiran tentang mengikatnya hukum internasional, yaitu:

(1) Mazhab atau Ajaran Hukum Alam;

(2) Mazhab atau Ajaran Hukum Positif; dan

(3) Mazhab Perancis.

(1) Mazhab/Ajaran Hukum Alam.

Menurut Mazhab Hukum Alam, hukum internasional mengikat karena ia adalah bagian dari

“hukum alam” yang diterapkan dalam kehidupan bangsa-bangsa. Negara-negara tunduk atau terikat

kepada hukum internasional dalam hubungan antarmereka karena hukum internasional itu

merupakan bagian dari hukum yang lebih tinggi, yaitu “hukum alam”. Tokoh-tokoh dari mazhab ini,

antara lain, Hugo Grotius (Hugo de Groot), Emmeric Vattel, dll.

Kontribusi terbesar ajaran atau mazhab hukum alam bagi hukum internasional adalah bahwa

ia memberikan dasar-dasar bagi pembentukan hukum yang ideal. Dalam hal ini, dengan menjelaskan

bahwa konsep hidup bermasyarakat internasional merupakan keharusan yang diperintahkan oleh

akal budi (rasio) manusia, mazhab hukum alam sesungguhnya telah meletakkan dasar rasionalitas

bagi pentingnya hidup berdampingan secara tertib dan damai antarbangsa-bangsa di dunia ini

walaupun mereka memiliki asal-usul keturunan, pandangan hidup, dan nilai-nilai yang berbeda-beda.

Meskipun demikian, ia juga mengandung kelemahan yang cukup mendasar yaitu tidak

jelasnya apa yang dimaksud dengan “hukum alam” itu. Akibatnya, pengertian tentang hukum alam

itu menjadi sangat subjektif, bergantung pada penafsiran masing-masing orang atau ahli yang

menganjurkannya.

(2) Mazhab/Ajaran Hukum Positif

Ada beberapa mazhab yang termasuk ke dalam kelompok Mazhab atau Ajaran Hukum Positif, yaitu:

Page 18: Hukum Internasional Sp 2011

a. Mazhab atau Teori Kehendak Negara atau Teori Kedaulatan Negara;

b. Mazhab atau Teori Kehendak Bersama Negara-negara;

c. Mazhab Wina (Vienna School of Thought).

a. Mazhab/Teori Kehendak Negara.

Ajaran atau mazhab ini bertolak dari teori kedaulatan negara. Secara umum inti dari ajaran

atau mazhab ini adalah sebagai berikut: oleh karena negara adalah pemegang kedaulatan, maka

negara adalah juga sumber dari segala hukum. Hukum internasional itu mengikat negara-negara

karena negara-negara itu atas kehendak atau kemauannya sendirilah tunduk atau mengikatkan diri

kepada hukum internasional.

Bagi mazhab ini, hukum internasional itu bukanlah sesuatu yang lebih tinggi dari kemauan

negara (hukum nasional) tetapi merupakan bagian dari hukum nasional (c.q. hukum tata negara)

yang mengatur hubungan luar suatu negara (auszeres Staatsrecht). Para pemuka mazhab ini, antara

lain, Georg Jellinek, Zorn, dll.

Kritik dan sekaligus kelemahan dari ajaran ini adalah bahwa ajaran ini tidak mampu

menjelaskan bagaimana jika negara-negara itu secara sepihak menyatakan tidak hendak lagi terikat

kepada hukum internasional, apakah dengan demikian hukum internasional tersebut tidak lagi

mengikat?

Ajaran ini juga tidak mampu menjelaskan negara-negara yang baru lahir sudah langsung terikat oleh

hukum internasional terlepas dari mereka setuju atau tidak?

b. Mazhab atau Teori Kehendak Bersama Negara-negara.

Mazhab ini berusahan untuk menutup kelemahan Mazhab/Teori Kehendak Negara

sebagaimana telah dikemukan di atas. Menurut mazhab ini, hukum internasional itu mengikat bukan

karena bukan karena kehendak negara-negara secara sendiri-sendiri melainkan karena kehendak

bersama negara-negara itu di mana kehendak bersama ini lebih tinggi derajatnya dibandingkan

dengan kehendak negara secara sendiri-sendiri. Dikatakan pula oleh mazhab ini bahwa, berbeda

halnya dengan kehendak negara secara sendiri-sendiri, kehendak bersama ini tidak perlu dinyatakan

secara tegas atau spesifik.

Inilah inti dari ajaran Vereinbarungstheorie yang dikemukakan oleh Triepel. Melalui ajarannya

itu Triepel sesungguhnya berusaha untuk mendasarkan teorinya pada cara mengikat hukum

kebiasaan internasional. Maksudnya, dengan mengatakan bahwa kehendak bersama negara-negara

Page 19: Hukum Internasional Sp 2011

untuk terikat pada hukum internasional itu tidak perlu dinyatakan secara tegas atau spesifik ia

sesungguhnya bermaksud mengatakan bahwa negara-negara itu telah menyatakan persetujuannya

untuk terikat secara implisit atau diam-diam (implied).

Kendatipun telah berusaha menjawab kritik terhadap kelemahan Mazhab/Teoeri Kehendak

Negara, Mazhab/Teori Kehendak Bersama Negara-negara ini tetap saja mengandung kelemahan,

yaitu:

Pertama, mazhab ini tidak mampu memberikan penjelasan yang memuaskan terhadap

pertanyaan: kalaupun negara-negara tidak dimungkinkan menarik persetujuan untuk terikat

kepada hukum internasional secara sendiri-sendiri, bagaimana jika negara-negara tersebut

secara bersama-sama menarik persetujuannya untuk terikat pada hukum internasional?

Apakah dengan demikian berarti hukum internasional menjadi tidak ada lagi?

Kedua, dengan mendasarkan kekuatan mengikat hukum internasional itu pada kehendak

negara, maka (seperti halnya pada Mazhab/Teori Kehendak Negara) mazhab ini pun

sesungguhnya hanya menganggap hukum internasional itu hanya sebagai hukum perjanjian

antar negara-negara. Pendapat ini, sebagaimana telah disinggung di atas, telah terbukti

sebagai pendapat yang tidak benar. Sebab hukum internasional bukan semata-mata lahir

dari perjanjian internasional.

c. Mazhab Wina

Kelemahan-kelemahan yang melekat pada mazhab-mazhab yang meletakkan dasar kekuatan

mengikat hukum internasional pada kehendak negara (yang kerap juga disebut sebagai aliran

voluntaris) melahirkan pemikiran baru yang tidak lagi meletakkan dasar mengikat hukum

internasional itu pada kehendak negara melainkan pada adanya norma atau kaidah hukum yang

telah ada terlebih dahulu yang terlepas dari dikehendaki atau tidak oleh negara-negara (aliran

pemikiran ini kerap disebut sebagai aliran objektivist). Tokoh terkenal dari aliran ini adalah Hans

Kelsen yang mazhabnya dikenal dengan sebutan Mazhab Wina (Vienna School of Thought).

Menurut Kelsen, ada dan mengikatnya kaidah hukum internasional didasarkan oleh ada dan

mengikatnya kaidah hukum lain yang lebih tinggi. Ada dan mengikatnya kaidah hukum yang lebih

tinggi itu didasarkan oleh ada dan mengikatnya kaidah hukum yang lebih tinggi lagi. Demikian

seterusnya hingga sampai pada suatu puncak piramida kaidah-kaidah hukum yang dinamakan kaidah

dasar (grundnorm) yang tidak lagi dapat dijelaskan secara hukum melainkan harus diterima adanya

sebagai hipotesa asal (ursprungshypothese). Menurut Kelsen, kaidah dasar dari hukum internasional

itu adalah prinsip atau asas pacta sunt servanda.

Page 20: Hukum Internasional Sp 2011

Kelemahan dari mazhab atau teori ini adalah bahwa memang sepintas tampak bahwa

konstruksi pemikiran mazhab ini tampak logis dalam menerangkan dasar mengikatnya hukum

internasional. Namun, mazhab ini tidak dapat menerangkan mengapa kaidah dasar (grundnorm) itu

sendiri mengikat? Lagipula, dengan mengatakan bahwa kaidah dasar itu sebagai hipotesa, yang

merupakan sesuatu yang belum pasti, maka berarti pada akhirnya dasar mengikatnya hukum

internasional digantungkan pada sesuatu yang tidak pasti. Dengan demikian, seluruh konstruksi

pemikiran yang mulanya tampak logis itu pada akhirnya menjadi sesuatu yang menggantung di

awang-awang.

Lebih jauh lagi, dengan mengatakan bahwa grundnorm itu sebagai persoalan di luar hukum

atau tidak dapat dijelaskan secara hukum maka berarti persoalan tentang dasar mengikatnya hukum

internasional akhirnya dikembalikan lagi kepada nilai-nilai kehidupan manusia di luar hukum yaitu

rasa keadilan dan moral – yang berarti sama saja dengan mengembalikan dasar mengikatnya hukum

internasional itu kepada hukum alam.

Mazhab Perancis

Suatu mazhab yang mencoba menjelaskan dasar mengikatnya hukum internasional dengan

konstruksi pemikiran yang sama sekali berbeda dengan kedua mazhab sebelumnya (Mazhab Hukum

Alam dan Mazhab Hukum Positif) muncul di Perancis. Karena itu, Mazhab ini dikenal sebagai Mazhab

Perancis. Pelopornya, antara lain, Leon Duguit, Fauchile, dan Schelle.

Dalam garis besarnya, mazhab ini meletakkan dasar mengikatnya hukum internasional –

sebagaimana halnya bidang hukum lainnya – pada faktor-faktor yang mereka namakan “fakta-fakta

kemasyarakatan” (fait social), yaitu berupa faktor-faktor biologis, sosial, dan sejarah kehidupan

manusia. Artinya, dasar mengikatnya hukum internasional itu dapat dikembalikan kepada sifat alami

manusia sebagai mahluk sosial yang senantiasa memiliki hasrat untuk hidup bergabung dengan

manusia lain dan kebutuhan akan solidaritas. Kebutuhan dan naluri sosial manusia sebagai individu

itu juga dimiliki oleh negara-negara atau bangsa-bangsa (yang merupakan kumpulan manusia).

Dengan kata lain, menurut mazhab ini, dasar mengikatnya hukum internasional itu, sebagaimana

halnya dasar mengikatnya setiap hukum, terdapat dalam kenyataan sosial yaitu pada kebutuhan

manusia untuk hidup bermasyarakat.

Page 21: Hukum Internasional Sp 2011

V. Hubungan Hukum Nasional dengan Hukum Internasional

Hukum internasional adalah bagian hukum yang mengatur aktivitas entitas berskala

internasional. Pada awalnya, Hukum Internasional hanya diartikan sebagai perilaku dan hubungan

antar negara namun dalam perkembangan pola hubungan internasional yang semakin kompleks

pengertian ini kemudian meluas sehingga hukum internasional juga mengurusi struktur dan perilaku

organisasi internasional dan, pada batas tertentu, perusahaan multinasional dan individu.

Hukum bangsa-bangsa dipergunakan untuk menunjukkan pada kebiasaan dan aturan hukum

yang berlaku dalam hubungan antara raja-raja zaman dahulu. Hukum antar bangsa atau hukum antar

negara menunjukkan pada kompleks kaedah dan asas yang mengatur hubungan antara anggota

masyarakat bangsa-bangsa atau negara. Hukum Internasional terdapat beberapa bentuk perwujudan

atau pola perkembangan yang khusus berlaku di suatu bagian dunia (region) tertentu : (1) Hukum

Internasional regional : Hukum Internasional yang berlaku/terbatas daerah lingkungan berlakunya,

seperti Hukum Internasional Amerika / Amerika Latin, seperti konsep landasan kontinen (Continental

Shelf) dan konsep perlindungan kekayaan hayati laut (conservation of the living resources of the sea)

yang mula- mula tumbuh di Benua Amerika sehingga menjadi hukum Internasional Umum. (2)

Hukum Internasional Khusus : Hukum Internasional dalam bentuk kaedah yang khusus berlaku bagi

negara-negara tertentu seperti Konvensi Eropa mengenai HAM sebagai cerminan keadaan,

kebutuhan, taraf perkembangan dan tingkat integritas yang berbeda-beda dari bagian masyarakat

yang berlainan. Berbeda dengan regional yang tumbuh melalui proses hukum kebiasaan.

Hukum Internasional didasarkan atas pikiran adanya masyarakat internasional yang terdiri

atas sejumlah negara yang berdaulat dan merdeka dalam arti masing- masing berdiri sendiri yang

satu tidak dibawah kekuasaan lain sehingga merupakan suatu tertib hukum koordinasi antara

anggota masyarakat internasional yang sederajat.

Hukum Nasional di Indonesia merupakan campuran dari sistem hukum hukum Eropa, hukum

Agama dan hukum Adat. Sebagian besar sistem yang dianut, baik perdata maupun pidana, berbasis

pada hukum Eropa kontinental, khususnya dari Belanda karena aspek sejarah masa lalu Indonesia

yang merupakan wilayah jajahan dengan sebutan Hindia Belanda (Nederlandsch-Indie). Hukum

Agama, karena sebagian besar masyarakat Indonesia menganut Islam, maka dominasi hukum atau

Syari'at Islam lebih banyak terutama di bidang perkawinan, kekeluargaan dan warisan. Selain itu, di

Indonesia juga berlaku sistem hukum Adat, yang merupakan penerusan dari aturan-aturan setempat

dari masyarakat dan budaya-budaya yang ada di wilayah Nusantara.

Page 22: Hukum Internasional Sp 2011

Dalam perkembangan teori-teori hukum, dikenal dua aliran besar mengenai hubungan antara

hukum nasional dengan hukum internasional. Monisme dan dualisme. Untuk memperjelas hubungan

antara hukum Nasional dan Internasional, maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini

adalah bagaimana hubungan hukum nasional dan internasional.

Bab 1. Pengertian Hukum Internasional

Hukum internasional dapat didefinisikan sebagai sekumpulan hukum yang sebagian besar

terdiri atas prinsip-prinsip dan peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh negara-negara, dan oleh

karena itu juga harus ditaati dalam hubungan- hubungan antara mereka satu dengan lainnya, serta

yang juga mencakup : (a) organisasi internasional, hubungan antara organisasi internasional satu

dengan lainnya, hubungan peraturan-peraturan hukum yang berkenaan dengan fungsi-fungsi

lembaga atau antara organisasi internasional dengan negara atau negara-negara ; dan hubungan

antara organisasi internasional dengan individu atau individu-individu ; (b) peraturan-peraturan

hukum tertentu yang berkenaan dengan individu-individu dan subyek-subyek hukum bukan negara

(non-state entities) sepanjang hak-hak dan kewajiban-kewajiban individu dan subyek hukum bukan

negara tersebut bersangkut paut dengan masalah masyarakat internasional” (Phartiana, 2003; 4)

Sejalan dengan definisi yang dikeluarkan Hyde, Mochtar Kusumaatmadja mengartikan

’’hukum internasional sebagai keseluruhan kaidah-kaidah dan asas-asas hukum yang mengatur

hubungan atau persoalan yang melintasi batas-batas negara, antara negara dengan negara dan

negara dengan subjek hukum lain bukan negara atau subyek hukum bukan negara satu sama lain’’.

(Kusumaatmadja, 1999; 2)

Berdasarkan pada definisi-definisi di atas, secara sepintas sudah diperoleh gambaran umum

tentang ruang lingkup dan substansi dari hukum internasional, yang di dalamnya terkandung unsur

subyek atau pelaku, hubungan-hubungan hukum

antar subyek atau pelaku, serta hal-hal atau obyek yang tercakup dalam

pengaturannya, serta prinsip-prinsip dan kaidah atau peraturan-peraturan hukumnya.

Sedangkan mengenai subyek hukumnya, tampak bahwa negara tidak lagi menjadi satu-

satunya subyek hukum internasional, sebagaimana pernah jadi pandangan yang berlaku umum di

kalangan para sarjana sebelumnya.

Bab 2. Pengertian Hukum Nasional

Page 23: Hukum Internasional Sp 2011

Hukum nasional adalah sekumpulan hukum yang sebagian besar terdiri atas prinsip-prinsip

dan peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh masyarakat dalam suatu negara, dan oleh karena itu

juga harus ditaati dalam hubungan-hubungan antara mereka satu dengan lainnya.

Hukum Nasional di Indonesia merupakan campuran dari sistem hukum hukum Eropa, hukum

Agama dan hukum Adat. Sebagian besar sistem yang dianut, baik perdata maupun pidana, berbasis

pada hukum Eropa kontinental, khususnya dari Belanda karena aspek sejarah masa lalu Indonesia

yang merupakan wilayah jajahan dengan sebutan Hindia Belanda (Nederlandsch-Indie). Hukum

Agama, karena sebagian besar masyarakat Indonesia menganut Islam, maka dominasi hukum atau

Syari'at Islam lebih banyak terutama di bidang perkawinan, kekeluargaan dan warisan. Selain itu, di

Indonesia juga berlaku sistem hukum Adat, yang merupakan penerusan dari aturan-aturan setempat

dari masyarakat dan budaya-budaya yang ada di wilayah Nusantara.

Bab 3. Hubungan Hukum Nasional dan Hukum Internasional

Menurut teori Dualisme, hukum internasional dan hukum nasional, merupakan dua sistem

hukum yang secara keseluruhan berbeda. Hukum internasional dan hukum nasional merupakan dua

sistem hukum yang terpisah, tidak saling mempunyai hubungan superioritas atau subordinasi.

Berlakunya hukum internasional dalam lingkungan hukum nasional memerlukan ratifikasi menjadi

hukum nasional. Kalau ada pertentangan antar keduanya, maka yang diutamakan adalah hukum

nasional suatu negara.

Sedangkan menurut teori Monisme, hukum internasional dan hukum nasional saling berkaitan

satu sama lainnya. Menurut teori Monisme, hukum internasional itu adalah lanjutan dari hukum

nasional, yaitu hukum nasional untuk urusan luar negeri. Menurut teori ini, hukum nasional

kedudukannya lebih rendah dibanding dengan hukum internasional. Hukum nasional tunduk dan

harus sesuai dengan hukum internasional. (Burhan Tsani, 1990; 26)

Berangkat dari pentingnya hubungan lintas negara disegala sektor kehidupan seperti politik,

sosial, ekonomi dan lain sebagainya, maka sangat diperlukan hukum yang diharap bisa menuntaskan

segala masalah yang timbul dari hubungan antar negara. Hukum Internasional ialah sekumpulan

kaedah hukum wajib yang mengatur hubungan antara person hukum internasional (Negara dan

Organisasi Internasional), menentukan hak dan kewajiban badan tersebut serta membatasi

hubungan yang terjadi antara person hukum tersebut dengan masyarakat sipil.

Page 24: Hukum Internasional Sp 2011

Oleh karena itu hukum internasional adalah hukum masyarakat internasional yang mengatur

segala hubungan yang terjalin dari person hukum internasional serta hubungannya dengan

masyarakat sipil. Hukum internasional mempunyai beberapa segi penting seperti prinsip kesepakatan

bersama (principle of mutual consent), prinsip timbal balik (priniple of reciprocity), prinsip

komunikasi bebas (principle of free communication), princip tidak diganggu gugat (principle of

inciolability),

prinsip layak dan umum (principle of reasonable and normal), prinsip eksteritorial (principle of

exterritoriality), dan prinsip-prinsip lain yang penting bagi hubungan diplomatik antarnegara.

Maka hukum internasional memberikan implikasi hukum bagi para pelangarnya, yang

dimaksud implikasi disini ialah tanggung jawab secara internasional yang disebabkan oleh tindakan-

tindakan yang dilakukan sesuatu negara atau organisasi internasional dalam melakukan segala tugas-

tugasnya sebagai person hukum internasional. Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan unsur-

unsur terpenting dari hukum internasional; (a) Objek dari hukum internasional ialah badan hukum

internasional yaitu negara dan organisasi internasional, (b) Hubungan yang terjalin antara badan

hukum internasional adalah hubungan internasional dalam artian bukan dalam scope wilayah

tertentu, ia merupakan hubungan luar negeri yang melewati batas teritorial atau geografis negara,

berlainan dengan hukum negara yang hanya mengatur hubungan dalam negeri dan (c) kaedah

hukum internasional ialah kaedah wajib, seperti layaknya semua kaedah hukum, dan ini yang

membedakan antara hukum internasional dengan kaedah internasional yang berlaku dinegara tanpa

memiliki sifat wajib seperti life service dan adat kebiasaan internasional.

Jika hukum nasional ialah hukum yang terapkan dalam teritorial sesuatu negara dalam

mengatur segala urusan dalam negeri dan juga dalam menghadapi penduduk yang berdomisili

didalamnya, maka hukum internasional ialah hukum yang mengatur aspek negara dalam

hubungannya dengan negara lain.

Hukum Internasional ada untuk mengatur segala hubungan internasional demi

berlangsungnya kehidupan internasional yang terlepas dari segala bentuk tindakan yang merugikan

negara lain. Oleh sebab itu negara yang melakukan tindakan yang

dapat merugikan negara lain atau dalam artian melanggar kesepakatan bersama akan dikenai

implikasi hukum, jadi sebuah negara harus bertanggung jawab atas segala tindakan yang telah

dilakukannya.

Page 25: Hukum Internasional Sp 2011

Pengertian tanggung jawab internasional itu sendiri itu adalah peraturan hukum dimana

hukum internasional mewajibkan kepada person hukum internasional pelaku tindakan yang

melanggar kewajiban-kewajiban internasional yang menyebabkan kerugian pada person hukum

internasional lainnya untuk melakukan kompensasi.

Bab 4. Hakikat Hukum Internasional

Apa yang menjadi kepentingan hukum internasional adalah memberikan batasan yang jelas

terhadap kewenangan negara dalam pelaksanaan hubungan antarnegara. Hal ini bertolak belakang

dengan kepentingan penyelenggaraan politik internasional yang bertujuan untuk mempertahankan

atau memperbesar kekuasaan. Karena itu, hukum bermakna memberikan petunjuk operasional

perihal kebolehan dan larangan guna membatasi kekuasaan absolut negara.

Realitanya keterkaitan diantara kedua dimensi hubungan ini berujung kepada persoalan

esensi hukum sebagai suatu kekuatan yang bersifat memaksa. Masalah efektifitas hukum dalam

hubungan internasional ini menimbulkan dua konsekuensi yang secara diameteral saling bertolak-

belakang. Pertama, struktur hukum nasional lebih tinggi dari pada hukum internasional. Pemahaman

ini membawa implikasi hukum internasional terhadap kebijakan domestik suatu negara akan diukur

berdasarkan sistem hukum nasional. Di sini hukum internasional baru akan berlaku jika tidak

bertentangan dengan kaedah hukum nasional. Agar berlaku, hukum internasional juga perlu diadopsi

terlebih dahulu menjadi hukum nasional, yaitu

suatu proses yang dilakukan antara lain melalui ratifikasi. Dasarnya adalah doktrin hukum pacta sunc

servanda di mana perjanjian berlaku sebagai hukum bagi para pihak. Perjanjian merefleksikan itikad

bebas yang dicapai secara sukarela oleh subjek hukum internasional yang memiliki kesetaraan satu

sama lain. Sebaliknya, hukum dinilai tidak dapat berfungsi secara efektif jika tidak ada keinginan

negara untuk tunduk di bawah ketentuan yang diaturnya. Kemudian pemahaman kedua sementara

itu mendalilkan bahwa hukum internasional otomatis berlaku sebagai kaedah hukum domestik yang

mengikat negara tanpa melalui proses adopsi menjadi hukum nasional. Menurut paradigma ini,

hukum internasional merupakan fondasi tertinggi yang mengatur hubungan antarnegara. Sumber

kekuatan mengikat hukum internasional adalah prinsip hukum alam(costumary) yang menempatkan

akal sehat masyarakat internasional sebagai cita-cita dan sumber hukum ideal yang tertinggi.

Terlepas dari ada atau tidaknya persetujuan ini, secara yuridis negara dapat terikat oleh prinsip

hukum internasional yang berlaku universal atau oleh kaedah kebiasaan internasional. Customary itu

sendiri membuktikan bahwa praktek negara atas sesuatu hal yang sama dan telah mengkristal,

Page 26: Hukum Internasional Sp 2011

sehingga diakui oleh masyarakat internasional memiliki implikasi hukum bagi pelanggaran

terhadapnya.

Page 27: Hukum Internasional Sp 2011

KESIMPULAN

Menurut teori Dualisme, hukum internasional dan hukum nasional, merupakan dua sistem

hukum yang secara keseluruhan berbeda. Hukum internasional dan hukum nasional merupakan dua

sistem hukum yang terpisah, tidak saling mempunyai hubungan superioritas atau subordinasi.

Berlakunya hukum internasional dalam lingkungan hukum nasional memerlukan ratifikasi menjadi

hukum nasional. Kalau ada pertentangan antar keduanya, maka yang diutamakan adalah hukum

nasional suatu negara.

Sedangkan menurut teori Monisme, hukum internasional dan hukum nasional saling berkaitan

satu sama lainnya. Menurut teori Monisme, hukum internasional itu adalah lanjutan dari hukum

nasional, yaitu hukum nasional untuk urusan luar negeri. Menurut teori ini, hukum nasional

kedudukannya lebih rendah dibanding dengan hukum internasional. Hukum nasional tunduk dan

harus sesuai dengan hukum internasional. (Burhan Tsani, 1990; 26)

Berangkat dari pentingnya hubungan lintas negara disegala sektor kehidupan seperti politik, sosial,

ekonomi dan lain sebagainya, maka sangat diperlukan hukum yang diharap bisa menuntaskan segala

masalah yang timbul dari hubungan antar negara. Hukum Internasional ialah sekumpulan kaedah

hukum wajib yang mengatur hubungan antara person hukum internasional (Negara dan Organisasi

Internasional), menentukan hak dan kewajiban badan tersebut serta membatasi hubungan yang

terjadi antara person hukum tersebut dengan masyarakat sipil.