gangguan afektif bipolar

Download Gangguan Afektif Bipolar

Post on 25-Dec-2015

11 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

afektif bipolar

TRANSCRIPT

  • Oleh:Astrini Budiartati

  • Gangguan Afektif BipolarDefinisiGangguan yang bersifat episode berulang (sekurang-kurangnya 2 episode) yang menunjukkan suasana perasaan (mood) pasien dan tingkat aktivitasnya jelas terganggu. Gangguan ini pada waktu tertentu tdd peninggalan suasana perasaan / mood serta peningkatan energi dan aktivitas (mania / hipomania) dan pd waktu lain berupa penurunan suasana perasaan / mood serta pengurangan energi dan aktivitas (depresi)

  • Gejala episode manik :Afek yang meningkatKegiatan terus menerus (tdk ada capeknya)Adanya waham kebesaranIritabilitasPada wanita : dandanan menorPada pria : lebih pada ide-ide

  • Gejala episode depresifAfek depresi Kehilangan minat dan kegembiraanBerkurangnya energi yang menuju meningkatnya keadaan mudah lelah dan menurunnya aktifitas.

  • Khas : ada penyembuhan sempurna antar episodeEpisode manik biasanya mulai dengan tiba-tiba, berlangsung antara 2 minggu sampai4-5 bulan, dan episode depresi cenderung lebih lama ( 6 bulan)

  • Pedoman Diagnosis

    F 31.0 Gangguan afektif bipolar, Episode kini Hipomania

    Episode yang sekarang harus memenuhi kriteria untuk hipomaniaHarus ada sekurang-kurangnya satu episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran) di masa lampau.

  • F 31.1 Gangguan afektif bipolar, episode kini manik tanpa gejala psikotik Episode sekarang harus memenuhi kriteria untuk mania tanpa gejala psikotikHarus ada sekurang-kurangnya satu episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran) di masa lampau.

  • F31.2 Gangguan afektif bipolar, episode kini manik dengan gejala psikotikEpisode sekarang harus memenuhi kriteria untuk mania dengan gejala psikotikHarus ada sekurang-kurangnya satu episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran) di masa lampau.

  • F31.3 Gangguan afektif bipolar, episode kini depresif ringan atau sedang

    Episode sekarang harus memenuhi kriteria untuk episode depresif ringan atau sedangHarus ada sekurang-kurangnya satu episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran) di masa lampau.

  • F 31.4 Gangguan afektif bipolar, episode kini depresif berat tanpa gejala psikotik

    Episode sekarang harus memenuhi kriteria untuk episode depresif berat tanpa gejala psikotikHarus ada sekurang-kurangnya satu episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran) di masa lampau.

  • F 31.5 Gangguan afektif bipolar, episode kini depresif berat dengan gejala psikotikEpisode sekarang harus memenuhi kriteria untuk episode depresif berat dengan gejala psikotikHarus ada sekurang-kurangnya satu episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran) di masa lampau.

  • F31.6 Gangguan afektif bipolar, episode kini campuran

    Episode yang sekarang menunjukkan gejala-gejala manik, hipomanik, dan depresif yang tercampur atau bergantian dengan cepat (gejala mania/hipomania dan depresi sama-sama mencolok selama masa terbesar dari episode penyakit yang sekarang, dan telah berlangsung selama 2 minggu)Harus ada sekurang-kurangnya satu episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran) di masa lampau.

  • F31.7 Gangguan afektif bipolar, kini dalam remisi

    Sekarang tidak menderita gangguan afektif yang nyata selama beberapa bulan terakhir ini, tetapi pernah mengalami sekurang-kurangnya satu episode manik,hipomanik atau campuran di masa lampau.

    F 31.8 Gangguan Afektif bipolar lainnya

    F31.9 Gangguan afektif bipolar lainnya

  • Pemeriksaan FisikMenggunakan Mental Status Examination (MMSE) untuk mendiagnosis adanya gangguan bipolar. Status mental penderita tergantung pada keadaan depresi, hipomanic, manic, atau campuran, dengan variasi area MSE ditandai sesuai dengan fase tertentu dari penderita.

  • PENATALAKSANAAN1. Penentuan Kegawatdaruratan Penderita Indikasi Rawat inap :Berbahaya untuk diri sendiriBerbahaya untuk orang lainKetidakmampuan total dari fungsiTidak dapat diarahkan sama sekaliKondisi medis yang harus dimonitor

  • 2. Terapi

    Terapi non farmakologi :KonsultasiDietAktivitasEdukasi penderita

  • Terapi farmakologi

    Pengobatan yang tepat tergantung pada stadium gangguan bipolar yang dialami penderita. Pilihan obat tergantung pada gejala yang tampak, seperti gejala psikotik, agitasi, agresi, dan gangguan tidur.

    (1)Depresi - antidepresi - neuro leptika -ECT(2) Mania - neuro leptika - lithium karbonar