format prosiding semnas unj 2012

4
TEMPLATE PENULISAN PROSIDING SEMINAR FISIKA UNJ Penulis 1*) , Penulis 2 Penulis Selanjutnya 1 Nama Institusi, Alamat, Kota dan Kode Pos 2 Nama Institusi, Alamat, Kota dan Kode Pos * ) Email: [email protected] Abstrak Panduan ini terdiri dari instruksi dan contoh format untuk membuat makalah di prosiding SNF 2012 yang diterbitkan oleh Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta. Jumlah halaman makalah maksimal 5 (lima) halaman dan dapat dikumpulkan melalui alamat email atas nama Iwan Sugihartono ke ([email protected] ) atau Esmar Budi ([email protected] ). Makalah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Makalah dimulai dengan Abstrak dalam bahasa Indonesia (atau bahasa Inggris) dengan huruf ukuran 9-poin. Abstrak dalam bahasa Inggris dapat pula ditampilkan setelah Abstrak bahasa Indonesia. Judul Abstrak bercetak tebal dengan ukuran huruf 10-poin dan terletak terpusat seperti pada contoh ini. Abstrak tidak boleh lebih dari 200 kata. Penyajian makalah diperbolehkan sesuai selera penulis, tetapi secara garis besar harus terdiri dari Pendahuluan, Metode Penelitian atau Eksperimental, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka yang disajikan secara berurutan. Abstract English version of the abstract can be written here. Keywords: Tulislah maksimum enam buah kata kunci dalam bahasa Inggris dengan huruf miring berukuran 6-poin.

Upload: al-amin

Post on 07-Aug-2015

123 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Fisika

TRANSCRIPT

Page 1: format prosiding semnas UNJ 2012

TEMPLATE PENULISAN PROSIDING SEMINAR FISIKA UNJ

Penulis1*), Penulis2Penulis Selanjutnya1Nama Institusi, Alamat, Kota dan Kode Pos2Nama Institusi, Alamat, Kota dan Kode Pos

*) Email: [email protected]

Abstrak

Panduan ini terdiri dari instruksi dan contoh format untuk membuat makalah di prosiding SNF 2012 yang diterbitkan oleh Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta. Jumlah halaman makalah maksimal 5 (lima) halaman dan dapat dikumpulkan melalui alamat email atas nama Iwan Sugihartono ke ([email protected]) atau Esmar Budi ([email protected]). Makalah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Makalah dimulai dengan Abstrak dalam bahasa Indonesia (atau bahasa Inggris) dengan huruf ukuran 9-poin. Abstrak dalam bahasa Inggris dapat pula ditampilkan setelah Abstrak bahasa Indonesia. Judul Abstrak bercetak tebal dengan ukuran huruf 10-poin dan terletak terpusat seperti pada contoh ini. Abstrak tidak boleh lebih dari 200 kata. Penyajian makalah diperbolehkan sesuai selera penulis, tetapi secara garis besar harus terdiri dari Pendahuluan, Metode Penelitian atau Eksperimental, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka yang disajikan secara berurutan.

Abstract

English version of the abstract can be written here.

Keywords: Tulislah maksimum enam buah kata kunci dalam bahasa Inggris dengan huruf miring berukuran 6-poin.

Page 2: format prosiding semnas UNJ 2012

1. Pendahuluan

Silahkan tulis makalah dengan format MS Word dan dikumpulkan print out nya rangkap 3 (tiga) bersama-sama dengan versi digitalnya dalam CD yang telah diberi nama judul paper dan penulisnya.

Untuk memudahkan penyelesaian penulisan makalah yang sesuai dengan format yang diinginkan, Panduan ini dapat diminta melalui alamat email [email protected] atau [email protected]. Penulis dapat langsung menulis makalah pada format versi digital yang tersedia sehingga tidak perlu berfikir lagi tentang aturan penulisan yang rinci. Jika penulis ingin menulis makalah dengan membuat format sendiri, maka panduan ini harap dibaca dan diperhatikan dengan baik.

2. Metode Penelitian

Ukuran kertas yang digunakan adalah standar A4 dan batas kiri 30 mm, kanan 20 mm, atas dan bawah masing-masing 25 mm. Untuk penulisan teks digunakan format dua kolom. Jarak kedua kolom 6 mm (0.24 inch). Jenis tulisan yang digunakan adalah Times Roman. Judul paper diletakkan di baris pertama halaman satu dan terpusat dengan menggunkan ukuran huruf 14-poin serta bercetak tebal. Setelah judul diletakkan baris kosong ukuran

14-poin. Kemudian dituliskan nama penulis (12-poin), lalu baris kosong (10 poin) dan diketikkan nama institusi serta alamat (10-poin) para penulis secara terpusat. Nama penulis yang dapat diajak untuk korespondensi harap diberi garis bawah. Untuk memulai penulisan Abstrak, diletakkan baris kosong 2 kali masing-masing 12 poin.

Subjudul diberi nomor urut dan diketik dengan huruf besar bercetak tebal dengan ukuran 12-poin. Isi teks diketik dengan huruf ukuran 10-poin. Antara baris terakhir teks dengan subjudul diletakkan baris kosong 16-poin. Antara subjudul dengan baris awal teks diletakkan baris kosong 10-poin. Istilah bahasa Inggris harus ditulis dengan huruf miring. Penulisan persamaan menggunakan equation dan harus diikuti dengan nomor yang mengacu pada jumlah persamaan yang ditulis. (lihat contoh persamaan 1)

(1)

3. Hasil dan Pembahasan

Makalah harus berupa hasil penelitian. Dengan demikian, maka di dalam makalah kemungkinan berisi pula tabel dan gambar-gambar dari hasil penelitian.

Table 1. Contoh tabel dengan format dua kolom.

No. Nama Pemakalah Institusi1. Dr. Esmar Budi Jurusan Fisika FMIPA UNJ

Tabel 2. Posisi tabel di dalam format satu kolom.

Syarat pengumpulan makalah lewat surat

1. Prin out makalah rangkap 3 (tiga)2. Versi digital dalam CD

Tabel dapat ditampilkan dalam format satu kolom (Tabel 1) atau dua kolom (Tabel 2) jika memang perlu. Tabel dimulai dengan judul Tabel (10-poin) yang dicetak miring. Huruf di dalam tabel berukuran 10-poin. Tabel diletakkan secara terpusat dan batas Tabel tidak boleh melewati batas kolom.

Hasil eksperimen dapat ditampilkan dalam bentuk Gambar (grafik atau ilustrasi, lihat contoh Gambar 1). Judul Gambar (10-poin) diletakkan di bawah Gambar dengan huruf dicetak miring. Gambar dapat mengisi satu kolom atau dua kolom penuh. Letak Gambar adalah terpusat. Resolusi foto yang discan tidak boleh kurang dari 300 dpi. Penomeran Tabel dan Gambar harus berurutan.

Gbr 1. Contoh gambar diletakkan di dalam format satu kolom.

Daftar acuan harus diletakkan pada akhir makalah dan ditulis berurutan seperti yang dirujuk di dalam teks. Jika merujuk acuan di dalam teks, maka harus ditandai dengan huruf Arab dengan kurung kotak, seperti [1]. Penulisan daftar acuan harus menampilkan judul dari acuan, sebagai contoh dapat dilihat di akhir panduan ini.

Page 3: format prosiding semnas UNJ 2012

4. KESIMPULAN

Panduan ini diberlakukan untuk memudahkan para penulis dalam menulis makalah untuk prosiding SNF 2012. Akhirnya, tim editor berharap agar seminar berjalan dengan lancar dan makalah dapat dijilid dalam sebuah prosiding SNF 2012.

UCAPAN TERIMAKASIH

Ucapan terimakasih dapat dituliskan, seperti: Terimakasih kepada pihak pemberi dana penelitian, kepada lembaga/ orang yang membantu penelitian, kepada orang yang membantu dalam diskusi, dll.

DAFTAR ACUAN

Jurnal[1] S. Iwan, S.T. Tan, J.L. Zhao, and X.W. Sun,

Growth process of ZnO nanotubes using MOCVD , J. Crystal Growth. 874 (2010), p. 329-333.

Buku[2] Strunk Jr W, White EB. The elements of

style. 3rd ed. New York, Macmillan (1979), p. 200-210

Prosiding[3] T. Toriyama, Y. Tanimoto, S. Sugiyama,

Singgle crystalline silicon nano wire piezoresistors for mechanical sensors, Transducers ’01 Eurosensors XV Digest of technical papers, Munich (2001), p. 1002-1005.