dosa turunan

Click here to load reader

Post on 19-Jul-2015

109 views

Category:

Spiritual

10 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • SERI PEMAHAMAN ALKITABGPdI ERETAN, KAMIS 25 FEBRUARY 2010TEMA: DOSA TURUNAN

  • APAKAH DOSA ITU MENURUT SAUDARA?1. ADALAH PELANGGARAN TERHADAP HUKUM ALLAH. 1YOH 3:42. BERASAL DARI IBLIS. 1YOH 3:8; YOH 8:443. SEMUA KEJAHATAN 1YOH 5:174. TIDAK MELAKUKAN YANG SEHARUSNYA IA LAKUKAN YAK 4:175. SEGALA SESUATU YANG TIDAK BERDASARKAN IMAN ROM 14:236. MEMIKIRKAN KEBODOHAN AMS 24:97. SEGALA KECENDERUNGAN HATI YANG BELUM DIBARUI KEJ 6:5; 8:21

  • FAKTA ALKITAB TENTANG DOSA TURUNAN Pada hakikatnya setiap manusia sudah jatuh di dalam dosa. Ketika seorang manusia dilahirkan, telah ada benih dosa yang sudah dibawa ke dunia, Ada 3 hal yang telah dibawa manusia ketika dilahirkan, dan 3 hal itulah yang akan terus melekat kepada manusia sampai mati. Keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup adalah 3 hal tersebut. 1 Yohanes 2:16, Roma 8:5-8, Lukas 11:33-36

  • DOSA PADA MANUSIABENIH DOSABERAKARTUMBUHBERBUAHPROSES DOSA, YAKOBUS 1:14

    MATA PIKIRAN HATI PERBUATAN

  • FAKTA ALKITAB TENTANG DOSA TURUNAN

    ROMA 5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa ROMA 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. ROMA 3:10-12MAZMUR 14:1-3, 51:7

  • PANDANGAN KELIRU TENTANG DOSA TURUNAN PEMAHAMAN YANG SUKA DIDENGAR DAN DIKISAHKAN MENGENAI DOSA TURUNAN BIASANYA DIKAITKAN DENGAN PENDERITAAN, KESUSAHAN, SAKIT-PENYAKIT, MALAPETAKA ATAU SETIAP NASIB BURUK YANG SELALU MENIMPA SESEORANG ATAU KELUARGANYA. LALU BERKESIMPULAN : AH, JANGAN-JANGAN SAYA ATAU KELUARGA SAYA SEDANG TERMASUK GOLONGAN ORANG-ORANG YANG TERKENA DOSA TURUNAN. ARTINYA DOSA DARI AYAH ATAU IBU, JUGA BISA DARI KAKEK ATAU NENEK YANG SAAT INI SEDANG DIBALASKAN TUHAN KEPADA KETURUNANNYA.

  • PANDANGAN KELIRU TENTANG DOSA TURUNAN Usaha saya tidak maju-maju. berbagai upaya diberdayakan, tetapi tetap saja tidak membuahkan hasil. Selalu mengalami kerugian. Musibah seringkali menimpa diri dan keluarga. Sakit-penyakit secara terus-menerus bergantian menimpa anggota keluarga. Seringkali mengalami kenyataan hidup sebagai orang yang apes.

  • APAKAH BENAR KETIKA SESEORANG MENGALAMI KENYATAAN-KENYATAAN HIDUP SEPERTI ITU, IA SEDANG MENANGGUNG YANG NAMANYA DOSA TURUNAN ? ! ?

  • APA KATA ALKITAB ?!ULANGAN 24:16 JANGANLAH AYAH DIHUKUM MATI KARENA ANAKNYA, JANGANLAH JUGA ANAK DIHUKUM MATI KARENA AYAHNYA; SETIAP ORANG HARUS DIHUKUM MATI KARENA DOSANYA SENDIRI.

    2. GALATIA 6:5,7 Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri .. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.

  • APA KATA ALKITAB ?!3. WAHYU 20: 12-15Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya. Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api. Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

  • SOLUSI ATAS DOSA TURUNAN ROMA 3:23-27- Semua manusia membutuhkan TUHAN. Manusia yang sudah hilang kemuliaan tidak akan bisa menyelamatkan dirinya sendiri.- Semua membutuhkan Rahmat TUHAN. Rahmat Tuhan (Grace) itulah yang mampu menyelamatkan manusia. Yoh 3:16

  • KESIMPULANIstilah dosa turunan bukanlah untuk dipahami sebagai dosa atau perbuatan salah orangtua secara pribadi yang menurun kepada anak-cucunya.Iman Kristen percaya bahwa Allah adalah kasih. Ia bukanlah Allah pendendam, yang membalasakan kesalahan bapa kepada anaknya.Apabila Allah harus menjatuhkan penghukuman maka Ia akan melaksanakannya berdasarkan pertimbangan-Nya yang adil : bahwa orang yang membajak kejahatan dan menabur kesusahan, ia menuainya juga (Ayub 4 : 8). Dosa turunan hendaknya dipahami sebagai dosa yang diwariskan sejak awal kejatuhan manusia karena tergoda dan mau menjadi seperti Allah (Kej. 3 : 5). Sejak manusia pertama berpaling dari Allah dan meninggalkan Dia maka seluruh ciptaan Nya, langit, bumi dan segenap isinya, telah dirasuki dosa dan dirusakkan. Inilah yang diwariskan dalam hidup manusia turun-temurun. (I Petrus 3 : 18, Roma 6 : 10, 11).

  • TUHAN MEMBERKATI