diktat pigging haiono 2014

37
DATA PRIBADI DATA PRIBADI N A M A : H A D I O N O PANGGILAN : HADI KELUARGA : 1/2 TUGAS : PENYELIA IDENTIFIKASI PESERTA DIKLAT , ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT APARATUR, MENGAJAR DAN ASSESSOR ALAMAT KANTOR : PUSDIKLAT MIGAS, JALAN SOROGO NO.1 CEPU- BLORA JAWA TENGAH. ALAMAT RUMAH : BATOKAN, RT.20 / 0 KECAMATAN KASIMAN KABUPATEN BOJONEGORO JAWA TIMUR TELEPHONE : KANTOR ! 02"#-$21%%% E&'.11( HP. 0%(2 2# 1%20

Upload: agusnurcahyo66

Post on 05-Oct-2015

41 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

Diktat Pigging Haiono 2014

TRANSCRIPT

  • DATA PRIBADI

    N A M A :H A D I O N OPANGGILAN:HADIKELUARGA:1/2TUGAS:PENYELIA IDENTIFIKASI PESERTA DIKLAT , ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT APARATUR, MENGAJAR DAN ASSESSORALAMAT KANTOR:PUSDIKLAT MIGAS, JALAN SOROGO NO.1 CEPU- BLORA JAWA TENGAH.ALAMAT RUMAH:BATOKAN, RT.20 / 03 KECAMATAN KASIMANKABUPATEN BOJONEGOROJAWA TIMURTELEPHONE:KANTOR ; 0296-421888 Ext.1135HP. 0852 2633 1820

  • PRODUCTION GATHERING SYSTEM TRANSPORTATIONSTORAGEMETERINGLIFTING

    PRODUCTION OPERATIONS OF OIL AND GAS FIELD

  • *PRODUCTIONFACILITIESCRUDE OILTRANSPORTATIONCRUDE OILLIFTINGCRUDE OILMETERINGDUMAI METERING STATIONCentral PumpStationOCEAN VESSELMetering Shipping PumpTANK FARMSucker Rod PumpGas BootWash TankFlareGas Plant Shipping TankWater InjectionREFINERYDumai Putri 7TRUNKLINEOIL WHARF OPERATING UNITSHYDROCARBON TRANSPORTATIONGATHERING STATIONCRUDE OIL STORAGETRANSPORTATION FACILITIESPRODUCING FACILITIESSistem Operasi Minyak Mentah di PT. CPIWell (Sumur)

  • Hadiono

  • LATAR BELAKANG Kegiatan industri migas yang sangat padat dan tidak terputus mulai dari memproduksikan migas, mengolah dan mendistribusikan produk-produk migas, diperlukan fasilitas pengolahan dan transporatsi yang tepat dan aman.

    Penggunaan sarana transportasi migas dan produk-produknya yang tepat dapat berpengaruh terhadap biaya, waktu dan keselamatan, sehingga akan memberikan keuntungan kepada perusahaan secara finansial.

    Transportasi dengan menggunakan sistem perpipaan adalah salah satu dari beberapa alternatif transportasi migas yang memberikan manfaat antara lain :1. Ekonomis2. tidak bergantung pada kondisi alam (jalan, musim /cuaca) dan transportasi lain 3. Jangka waktu penggunaan sistem transportasi pipa lebih lama,

    Agar transportasi dengan menggunakan sistem perpipaan dapat beroperasI secara efekti dan efiien, maka perlu dilakukan inspeksi dan perawatan baik secara berkala (periodic) atau sesuai kebutuhan dengan cara Pigging.

  • MAKSUD PIGGING Pigging adalah Kegiatan operasi meluncurkan suatau alat yang disebut Pig kedalam suatu pipa saluran melalui tabung peluncur (pig Launcher), menjalankannya pada tekanan operasi dan menerima atau mengeluarkannya dari dalam pipa saluran melalui tabung penerima yang disebut Pig Receiver. PIG LAUNCHERPIG RECEIVERPIG OPERATION

  • TUJUAN PIGGINGMembersihkan dinding bagian dalam pipa saluranMeningkatkan efisiensi alir pipa saluranMemisahkan beberapa produk dalam operasi transportasi melalui pipa saluranMengeluarkan air (dewatering) setelah perlakuan uji hidrosattis terhadap pipa saluranMemeriksa kondisi dinding bagian dalam pipa saluran (internal inspection)Untuk mengeluarkan pig yang terjepit pada pipa alir.

  • PERALATAN PIGGING

    Peralatan pigging terbagi menjadi 2 bagian utama yaitu Pig Launcher dan Pig receiver dimana masing-masing bagian utama tersebut memiliki komponen sebagai berikut :Pig BarrelPig Signal ManometerSistem pemipaan Pig.

  • PIG LAUNCHER

  • PIG RECEIVER

  • PERALATAN PIGGING1. Pig Barrel yaitu tabung peluncur (pig launcher) dan tabung penerima (pig receiver) yang dilengkapi dengan beberapa peralatan pendukung seperti : End Closure, Vent valve, Drain.

    Barrel

  • PERALATAN PIGGING) Pig Barreal dilengkapi : Pipa blow down dan venting, peralatan ini dilengkapi dengan katup yang dipergunakan sebagai pengablas tekanan yang ada dalam barrel.

    End Closure, adalah pintu sebagai tempat masuk dan keluarnya pig

    Saluran ablasan (drain) Sebagai tempat membuang cairan di barrel

  • PERALATAN PIGGING)Pig Signalberfungsi untuk mendeteksi apakah pig sudah lewat dari dalam barrel saat diluncurkan.

    ManometerAlat ukur tekanan berfungsi mengukur tekanan kerja dalam operasi pig

  • PERALATAN PIGGING)Sistem pemipaan : By-pass piping, katup-katup (Mainline Trap Valve, Trap Kicker Valve, Main line By-pass valve)

    PigSuatu alat yang diluncurkan dalam pipa berfungsi untuk memisahkan, mendorong, membersihkan dan mengidentifikasi kondisi dalam pipa penyalur.

  • PEMILIHAN PIG Batching/displacement pig Cleaning pig Gauging pig Inspection pig

  • PEMILIHAN PIG

    Menentukan pilihan jenis dan model pig harus disesuaikan dengan tujuan yang diinginkan Batching / displacement pig - untuk mendorong, membersihkan, mengeluarkan cairan dan atau material halus produk korosi. - untuk mengeluarkan udara dan atau air setelah uji hidrostatis pada tahap penyelesaian pemasangan pipa. - sebagai alat pemisah antara satu jensis cairan dengan cairan lainnya.

  • PEMILIHAN PIG Cleaning pig untuk mendorong, membersihkan, mengeluarkan benda asing, kotoran, kerak-kerak dan material padat dari produk korosif

    Gauging pig - dipergunakan pada tahap penyelesaian proyek pemasangan pipa saluran

    - untuk mendorong, membersihkan dan mengeluarkan bebagai kotoran, material sisa konstruksi : germ-geram logam dan kawat las.

  • PEMILIHAN PIG Inspection pig - suatu perangkat pig yang dilengkapi dengan peralatan instrument elektronik, optic dan mekanik, berfungsi untuk malakukan pemeriksaan (survey) kondisi dinding dalam dari pipa saluran.

    inspeksi terhadap dinding dalam pipa antara lain : Mendeteksi cacat korosi (corrosion pitting) Mendeteksi cacat patahan (cracking) Mendeteksi penetrasi logam (welding penetration) Mengetahui adanya ketidak sempurnaan (ovality) lubang pipa atau cacat bentuk pipa (pipa kempot) Mengukur ketebalan dinding pipa.

  • JENIS-JENIS PIG Foam Pig/Polly Pig Bidirectional Pig Brush Pig Ball Pig Intellegenct Pig

  • JENIS-JENIS PIG Foam Pig/Polly Pig

  • JENIS-JENIS PIGBidirectional Pig

  • JENIS-JENIS PIGBrush Pig

  • JENIS-JENIS PIGBall Pig

  • JENIS-JENIS PIGIntellegenct Pig

  • PELAKSANAAN PIGGINGPigging dilakukan berdasarkan kebutuhan dilapanganPeriodecally Pigging dilaksanakan berdasarkan jadwal, perawatan ini biasanya digunakan pada lapangan-lapangan yang banyak mengandung parafine atau scale yang sifatnya mudah menempel pada dinding pipa penyalur.Saat diperlukan Melakukan pigging sesuai dengan kebutuhan lapangan seperti : - Apabila ada problem di dalam pipa saluran- Apabila terdapat kelebihan pressure drop sebesar 100 psi. Setelah pipa dipasang Setelah dilakukan hydrostatic test, dengan menggunakan air sebagai medianya. air harus dikeluarkan dari dalam pipa dengan menggunakan poly pig dengan cara pigging.

  • KECEPATAN PIGPada dasarnya, dalam kondisi operasi normal pig meluncur di dalam pipa dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan aliran fluidanya

    Kecepatan Minimum : 3,5 s.d. 4,5 meter / detik

    Kecepatan Maksimum :18 s.d. 24 meter / detik

  • KECEPATAN ALIRKecepatan alir gas

    .

    T = L / VDimana : Q = Laju alir, MMscfdP = Tekanan dowm stream, PsiT = Temperatur down stream, Rd = Diameter dalam pipa, InchiV = Kecepatan Pig, MPHt = Waktu yang ditempuh, jamL = Panjang Pipa, MileR = 4/9 x (F-32) 1 mile = 5280 feet)

  • OPERASI PIG1. Persiapan 2. Pelaksanaan 3. Differential Pressure perbedaan tekanan antara Launcer dengan receiver

  • PERSIAPAN PELAKSANAAN PIGGING

    Sebagai pedoman pelaksanaan pigging pada jalur pipa bertekanan maka perlu memperhatikan hal-hal sbb:1. Memberitahukan tanggal dan jam pelaksanaan pigging pada operator refenery atau PPP.2. Standard Operating Prosedur (SOP) pigging disesuaikan dengan waktu dan tempat pelaksanaan pigging yang disetujui oleh ka Ops.produksi.3. Membuat team work yang handal dam berpengalaman, karena pelaksanaannya berpengaruh terhadap penyaluran migas, keselamatan tenaga kerja, keselamatan asset perusahaan dan dampak lingkungan.4. Mempersiapkan peralatan kerja, alat transportasi, perlengkapan safety tenaga kerja dan sarana komunikasi.

  • Peralatan Kerja Yang DibutuhkanPeralatan pendukung yang dibutuhkan pada waktu pelaksanaan pigging adalah sebagai berikut :

    1. Lampu senter 6 V dc 1 buah2. Grease 1 kg3. Toll kit4. Kunci pipa 24 dan 185. Radio komunikasi6. Kendaraan 7. P3K Kit 1 kotak8. Fire extinguisher (chemical powder) cap 60 kg, 2 unit.

  • PELAKSAAN PIGGINGAda 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan saat pigging :

    1. Purging : mengeluarkan udara dari dalam barrel.2. Equalizing : menyamakan tekanan di barrel dengan tekanan main line3. Differential Pressure perbedaan tekanan antara Launcer dengan receiver

  • OPERASI PIGGING

  • STARTING CONDITIONPIG LAUNCHING

    Trap is pressurized and full of liquid, Vlve A, B and C are open. Valve D and E are closed.

    PIG RECEIVER

    Trap is empty at atmospheric pressure. Valve B, D and E are open. Valve A and C are closed. Closed door is closed and secured.ClosedOpenOpenPig-sigClosedClosedOpenOpenOpenflow

  • Prosedur Peluncuran Pig (Pig Launching)

    Lakukan menutup valve A dan CKosongkan tabung peluncuran dengan membuka valve D terlebih dahulu, kemudian valve E agar gas dan cairan keluar semua.Jika tabung benar-benar sudah kosong (tekanan 0 psi), buka tutup tabung atau closure dan masukkan pig sampai berada di reducer (X) atau dekat valve A.Tutup closure dan yakinkan sudah rapat, tutup valve D dan valve E biarkan masih terbuka, buka valve C pelan-pelan sehingga udara akan terdorong keluar melalui valve E. Jika udara sudah benar-benar keluar tutup valve E secara perlahan-lahan diharapkan tekanan seimbang.Buka valve A, pig sudah siap diluncurkan.Perlahan-lahan tutup valve b setengah untuk menaikkan aliran melalui valve C dibelakang pig, lanjutkan menutup valve B sebesar 75 % sampai pig meluncur dari pig trap menuju pipa utama. Ini dapat diketahui dari pig-signal.Catat waktunya disaat pig meluncurJika pig sudah meluncur, buka valve B 100 %, kemudian tutup valve A dan C.

  • Prosedur Penerimaan Pig (Pig Receiver)

    Tutup valve pembuangan D dan isi tabung penerimaan dengan membuka valve C secara perlahan-lahan sehingga udara keluar melalui valve E.Tutup valve E kemudian buka valve C 1005 sehingga tekanan seimbang antara dalam barrel dengan dalam mainline.Sementara valve C masih terbuka, buka valve A dan tabung sekarang siap untuk menerima pig.Jika pig sudah tiba catat waktunya dan kemungkinan pig masih berhenti diantara valve A dan Tee (titik X).Tutup valve B sebesar 50 %, ini akan mendorong pig masuk ke dalam tabung karena aliran akan semakin banyak melalui valve A.Jika pig sudah berada di dalam trap dengan melihat tanda signal, buka valve B penuh 100% tutup valve A dan CBuka valve pembuangan D dan E sampai tekanan dalam tabung 0 psi.Setelah tabung benar-benar kosong atau 0 psi (valve D dan E masih terbuka), kemudian buka closure dan keluarkan pig.Tutup closure rapat-rapat.

  • PEKERJAAN SETELAH PIGGINGMengeluarkan pig dan memeriksa kondisinya, pig dianggap normal jika mengalami keausan sebesar 0,2 cm.Pig reciver diposisikan pada posisi semula siap pakai (stand by).Membersihkan areal pig reciver dari ceceran liquid untuk memcegah oil spill.Mencatat tekanan jalur pipa sebelum dan sesudah dilakukan pigging untuk evaluasi sejauh mana keberhasilan pigging. Membuat laporan kegiatan pigging.

  • Hambatan-hambatan Dalam Pigging 1. Pig tidak sampai ditujuan.Apabila hal seperti ini terjadi akan menimbulkan kerugian, yaitu hilangnya pig atau kerugian produksi yang diakibatkan pipa tidak dapat difungsikan.

    2. Pig terhenti atau terjepit biasanya akibat dari banyaknya pasir atau kerak di dalam pipa, penyebab yang lainnya tentang berhentinya pig dikarenakan adanya penurunan tekanan dalam pipa saat dilakukan pigging.

    Apabila pig terjepit didalam pipa alir maka untuk mengeluarkan pig yang terjepit/terhenti pada pipa alir, ada beberapa cara yang perlu dilakukan antara lain ; - menambah tekanan pompa - menghancuran pig dengan memasukan bahan kimia - Dilakukan pemotongan pipa di tempat pig terjepit, hal ini dilakukan apabila berbagai cara telah dilakukan.

  • PEMELIHARAAN PIGSetelah pig digunakan, maka segeralah dibersihkan dengan air panas atau air yang sudah dicampur dengan bahan pembersih untuk menghindari Korosi dan untuk memudahkan pemeriksaan, jangan menggunakan uap panas (steam) pada bagian pig yang menggunakan bahan urethane.Ganti cup bila sudah terlalu tipis pada salah satu bagiannya, atau diameternya sudah mengecil.Spring (pegas) pemeliharaannya sangat penting, sebab bila ada pegas yang rusak akan mempercepat kerusakan cup dan brush.Periksa jangan sampai ada mur dan baut yang longgar, gantilah bila ada yang rusak.

  • KECEPATAN ALIR MINYAKKecepatan alir Minyak di dalam pipa saluran minyak

    ....................(US Unit)

    .....................(Metric Unit)

    Dimana : S = Kecepatan alir, mph (mps)Q = Jumlah alir persatuan waktu, bpd (liter per menit)d = Diameter dalam pipa, inch (mm)

  • KECEPATAN ALIR Kecepatan alir Gas di dalam pipa saluran gas

    ....................(US Unit)

    .....................(Metric Unit)

    Dimana : S = Kecepatan alir, mph (kph)Q = Jumlah alir persatuan waktu, mcfd (mcmd)d = Diameter dalam pipa, inch (mm)Pb = Absolute base pressure = 15 psia (1.033 bar)P = Tekanan jaringan pipa, psia (bar)Fpv = Supercompressibility factor.T = L / V

    *