desain sop ukt - pbti.info .lisensi penguji nasional agar dapat dapat melaksanakan program ukt bagi

Download DESAIN SOP UKT - pbti.info .lisensi Penguji Nasional agar dapat dapat melaksanakan program UKT bagi

Post on 15-Jun-2019

229 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PENGURUS BESARTAEKWONDO INDONESIA

STANDARDOPERATIONALPROCEDURE(SOP)

UJIAN KENAIKAN TINGKATUKT

P E L A K S A N A A N

STANDARDOPERATIONALPROCEDURE(SOP)

PENGURUS BESARTAEKWONDO INDONESIA

STANDARDOPERATIONALPROCEDURE(SOP)

Ditetapkan Tanggal

Dibuat Oleh

:

Revisi

Disetujui Oleh

30 Januari 2017

Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

03/PBTI/I/2017

-

Ketua Umum PBTI

:

:

No. Dokumen

:

:

PENGURUS BESAR TAEKWONDO INDONESIA

1

a PENDAHULUANDalam rangka tertib organisasi tentang Pelaksanaan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Geup, Poom/ DAN Kukkiwon dilingkungan taekwondo Indonesia maka harus dilaksanakan sesuai Standard Operational Procedure (SOP) Pengurus Besar Taekwondo Indonesia.

1. TUJUAN

Prosedur ini mengatur tata cara tentang Pelaksanaan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Geup, Poom/ DAN Kukkiwon agar berstandarisasi dan berkualitas.

2. RUANG LINGKUP

2.1. Prosedur ini diberlakukan dilingkungan seluruh anggota taekwondo Indonesia dibawah naungan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (Club/ Unit/

Pengcab/ Pengkot/ Pengkab/ Pengprov TI).

2.2. Khusus unntuk anggota taekwondo yang berwarga Negara Asing diperlukan bukti kepemilikan KITAS (Kartu ijin tinggal terbatas) sebagai persyaratan UKT dan mengajukan permohonan sertifikasinya sesuai prosedur yang berlaku.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE

2

3. BADAN YANG BERWENANG

3.1. Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) adalah satu-satunya badan eksekutif tertinggi untuk menjalankan hak eksklusifnya atas penyelenggaraan UKT Geup, POOM / DAN Kukkiwon serta menerbitkan sertifikat Geup.

3.2. Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) adalah badan resmi di daerah/ provinsi yang diberikan kewenangan penuh oleh PBTI sebagai pelaksana Ujian Kenaikan Tingkat khusus Geup secara berkala dan teratur serta konsisten.

3.3. Untuk pelaksanaan ujian POOM / DAN Kukkiwon, Pengprov TI terkait harus terlebih dahulu mengajukan Surat Permohonan Ijin Pelaksanaan UKT ke PBTI dan meminta pengujinya dari PBTI dan atau merekomendasikan nama penguji yang akan bertugas sesuai klasifikasinya dan dari wilayah yang terdekat.

4. BAGIAN TERKAIT

Club/ Unit/ Pengcab TI/ Pengkot TI/ Pengkab TI/ Pengprov TI dan PBTI.

5. REKOMENDASI

5.1. Seluruh permohonan proses sertifikat kenaikan tingkat Geup/ Poom/ DAN Kukkiwon ke PBTI harus ada/ dilampirkan Surat Rekomandasi dari ketua Pengprov TI terkait.

5.2. Pengprov TI adalah perwakilan PBTI di daerah sebagai pemegang otoritas pengajuan sertifikat Geup/ Poom/ DAN Kukkiwon ke Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI).

B KUALIFIKASI PENGUJI1. PENGUJI NASIONAL

1.1. Penguji Nasional adalah Sabuk Hitam minimal penyandang DAN 4 Kukkiwon yang telah dinyatakan lulus Diklat Penguji Nasional yang dilaksanakan oleh PBTI dan memiliki Lisensi Penguji Aktif.

1.2. Dalam melaksanakan tugasnya seorang Penguji harus mendapatkan Surat Tugas yang dikeluarkan oleh PBTI / Pengprov TI dengan mengacu kepada kualifikasi pengujinya.

1.3. Penguji Nasional berhak ditunjuk sebagai Penguji UKT dan penandatangan sertifikat Geup serta bertanggung jawab kepada PBTI /Pengprov TI yang menugaskannya.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE

3

2. PENGUJI DAERAH

2.1. Penguji Nasional dalam pelaksanaan kegiatan UKT, dapat dibantu oleh Penguji Daerah.

2.2. Penguji Daerah adalah penyandang minimal DAN 3 Kukkiwon yang memiliki sertifikasi Penguji Daerah hasil Diklat Penguji Daerah yang dilaksanakan oleh Pengprov TI dengan Instruktur Diklat seorang yang telah berlisensi Penguji Nasional.

2.3. Penguji Daerah tidak memiliki hak menandatangani sertifikat Geup dan Penguji Daerah diajukan oleh Pengkab/pengkot TI terkait.

C PENGUJIDIKLAT & PENYEGARAN1. Program Diklat dan Penyegaran Penguji Nasional Taekwondo Indonesia hanya

diselenggarakan oleh PBTI (Komisi UKT) dan ditetapkan sebagai Kalender Kegiatan Tahunan PBTI dan dievaluasi hasil kegiatandan pelaksanaannya.

2. Diklat Penguji Nasional bertujuan merekrut para Sabuk Hitam untuk memiliki lisensi Penguji Nasional agar dapat dapat melaksanakan program UKT bagi para taekwondoin sesuai ketentuan yang berlaku dan mengembangkan Taekwondo didaerahnya dan program Diklat dilaksanakan minimum sekali dalam 2 (dua) tahun atau bisa lebih cepat sesuai dengan kebutuhan nasional.

3. PBTI menerbitkan Sertifikat Penguji Nasional untuk peserta yang dinyatakan lulus Diklat Penguji Nasional.

4. PBTI menerbitkan Lisensi Penguji Nasional berupa Kartu Penguji Nasional yang berlaku selama 4 (empat) tahun untuk peserta Diklat Penguji yang dinyatakan lulus.

5. Bagi Penguji yg lisensinya habis masa berlaku, maka Lisensi ini dapat diperpanjang melalui Penyegaran Penguji Nasional.

6. Penguji Nasional yang belum mengikuti penyegaran terakhir tidak memiliki lisensi aktif untuk menjadi penanggung jawab UKT dan kehilangan hak untuk menandatangani sertifikat Geup.

1.4. Penguji Nasional diajukan oleh Pengprov TI setempat sebagai Penguji dengan melaporkan kepada PBTI untuk mendapatkan rekomondasi/ surat tugas sebagai penguji dalam suatu kegiatan UKT di daerahnya.

No. Kelas Penguji Nasional DAN - Kukkiwon Keterangan

1

2

3

4

Kelas 3

Kelas 2

Kelas 1

Kelas S

DAN - 4

DAN 5 - 6

Dan 7

DAN 8 - 9

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE

4

E

1. Table Kelas dan Tingkatan DAN kukkiwon

2. Promosi Kelas Penguji ini diputuskan oleh Ketua Umum PBTI atas rekomendasi dari Komisi UKT dan Bidang Pembinaan Prestasi PBTI.

KUALIFIKASI PENGUJI vsTINGKATAN YANG DIUJI

D PENGUJI NASIONALKELAS

1. Kualifikasi penguji dan tingkatan yang diuji

Tingkatan yangDiuji

Kualifikasi Penguji Keterangan

Geup 10-2 ke Geup Diatasnya

Geup 1 ke DAN 1 ;

DAN 1 ke DAN 2 ;

DAN 2 ke DAN 3.

DAN 3 ke DAN 4.

DAN 4 ke DAN 5.

DAN 5 ke DAN 6.

Penguji Nasional Kelas 4(DAN 4/KKW)

Dibantu Penguji Daerah sebagai Assisten Penguji

Penguji Nasional Kelas 2(DAN 5-6/KKW)

Dibantu Penguji Nasional Kelas 3

Penguji Nasional Kelas 2(Hanya DAN 6/KKW)

Dibantu Penguji Nasional Kelas 2(DAN 5/KKW)

DAN 6 ke DAN 7.

Penguji Nasional Kelas 1(DAN 7/KKW)

Penguji Nasional Kelas 2Penyandang DAN 6/KKW

DAN 7 ke DAN 8.

Penguji Nasional Kelas S(DAN 8-9/KKW)

Penguji Nasional Kelas 1Penyandang DAN 7/KKW

Penguji Nasional Kelas S(DAN 9/KKW)

Dilakukan langsung oleh PBTI dengan Pengujiyang mendapatkan mandat dari Kukkiwon ataudiuji langsung oleh tim penguji dari Kukkiwon.

Tim Penguji KukkiwonDilakukan oleh Penguji dari Kukkiwon,dengan rekomendasi PBTI.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE

5

2. Bagi Pengprov TI yang akan melaksanakan UKT Geup namun belum memiliki Penguji Nasional sesuai klasifikasi tersebut, dapat mengajukan permohonan kepada PBTI untuk menugaskan Penguji Nasional yang telah memenuhi persyaratan, dan apabila Pengprov TI tersebut tidak mampu secara finansial, maka PBTI akan menugaskan Penguji Nasional dari daerah terdekat ke daerah tersebut dan seluruh biaya transportasi dan honor penguji tersebut ditanggung oleh PBTI.

3. Pengprov TI wajib memberikan kesempatan kepada penguji Nasional yang berada di daerah untuk bertugas secara adil dan merata dalam UKT Geup.

4. SK Penguji Nasional untuk ujian DAN diterbitkan oleh PBTI, sedangkan SK Penguji Nasional untuk ujian Geup diterbitkan oleh Pengprov TI terkait.

5. Ujian yang diselenggarakan dengan tidak memenuhi ketentuan diatas dianggap tidak sah dan tidak dapat diproses sertifikatnya di PBTI.

F PROSEDUR1. TANGGUNGJAWAB PENGPROV TI TERKAIT Ketua pengprov TI/ Sekum TI

1.1. Wajib melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Geup untuk Club/Unit/ Pengcab/Pengkot/ Pengkab, setiap 3 (tiga) bulan sekali dan atau paling lambat 4 (empat) bulan sekali.

1.2. Mengajukan Permohonan Ujian Kenaikan Tingkat DAN Kukkiwon serta Penguji Nasional dan atau mangajukan rekomandasi penguji nasional minimal 1

(satu) bulan sebelum pelaksanaan UKT dilaksanakan ke PBTI.

1.3. Melaporkan dan memproses hasil UKT Geup/Poom/ DAN ke PBTI 3 (tiga) minggu setelah penyelenggaraan UKT dilaksanakan.

1.4. Melengkapi seluruh persyaratan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh PBTI.

1.5. Membayar/mentransfer biaya proses sertifikat yang akan diproses ke rekening PBTI sesuai biaya yang telah ditetapkan oleh PBTI dan melampirkan bukti transfer Bank.

2. TANGGUNGJAWAB PBTI Sekretariat PBTI dan Team Produksi PBTI

2.1. Menerima Surat Permohonan dan seluruh berkas dari pengprov TI terkait. 2.2. Melakukan pengecheckan/ verifikasi pembayaran via transfer Bank dari

Pengprov TI terkait.

2.3. Apabila seluruh administari yang diberikan dan pembayaran telah sesuai maka proses sertifikat Geup/Poom/DAN segera diproses dibagian produksi sertifikat PBTI.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE

6

G SERTIFIKASI GEUP

PENGURUS BESARTAEKWONDO INDONESIA

DIAGRAM PROSES

PBTI

Melaporkan hasi l UKT Geupdan mengajukan Permohonan

Proses Sertifikasi Geup.

Memeriksa Seluruh Kelengkapan Persyaratan Administrasi

Bi la Persyaratan Administrasi Lengkap

maka Pengprov TI terkait mengajukan

Permohonan PenerbitanSertifikasi Geup

ke PBTI

Mengirimkan Sertifikat Geupyan