common mistake versi print 2003

Upload: ahmadhasinur

Post on 09-Jan-2016

85 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

Common Mistake Versi Print 2003

TRANSCRIPT

Common MistakeBanyak loh penggunaangrammarmaupun kata-kata dalam bahasa Inggris yang seringkali masih salah atau terbalik dalam penggunaannya. Di sini kamu bisa mengetahui dan mempelajari kesalahan-kesalahan yang umumnya terjadi. Ini penting banget karena kesalahan-kesalahan umum ini bisa aja membuat kamu jadi salah mengartikan kata atau kalimat dari suatu bacaan."Acquaint" vs "Acquiesce"

"Acquaint"= adalah kata kerja/verbtransitif (membutuhkan objek) yang artinya: "memperkenalkan sesuatu, baik itu benda maupun orang"

Contoh: "This class is designed toacquaintstudents with the region's most influential writers."[Kelas ini dibentuk untuk memperkenalkan para murid dengan penulis paling berpengaruh di daerah itu]

"Acquiesce"= adalah kata kerja/verbintransitif (tidak membutuhkan objek) yang artinya: "menyetujui suatu hal"

Tapi, kata "menyetujui" disinidiiringi dengan keengganan dalam menyetujuinya.Contoh: "They demanded it, and heacquiesced."[Mereka meminta, dan dia setuju (dengan enggan)]

"As a government official, heacquiescedto 3 years of official travel that he had to leave his family."[Karena dia merupakan seorang pegawai pemerintahan, dia terpaksa menyetujui perjalanan dinas selama 3 tahun dimana dia harus meninggalkan keluarganya]"Acquire" vs "Require"AcquireAdalah kata kerja yang membutuhkan objek (verb transitive)yang artinya: memperoleh atau mendapatkan.

Contoh: Iacquiredthe skill of mathematics from my dad.[Aku mendapatkan kemampuan matematika dari ayahku.]

Sinonim: obtain, get, develop, dll

Antonim: lose, drop, dll

RequireAdalah juga kata kerja yang membutuhkan objek (verb transitive)yang artinya: membutuhkan seseorang atau sesuatu.

Contoh: This cake reciperequiresfour eggs.[Resep kue ini membutuhkan 4 buah telur untuk membuatnya.] Being a doctorrequiresyou to have a certain degree from a college.[Untuk menjadi dokter, kamu butuh untuk mempunyai gelar/ level/ tingkatan tertentu di universitas.]

Sinonim: need, oblige, necessitate dll.Antonim: unnecessary, unneeded, dll

Sip itulah perbedaannya, jangan sampe salah ya dalam menggunakan kedua kata tersebut.

Add vs Ad

AddAdddalam bahasa Inggris merupakan kata kerja(verb)yang berarti menambahkan, menjumlahkan, membubuhi, dan semacamnya.

Contoh: Add these numbers!

artinya adalah Jumlahkan angka-angka ini! Can you add your signature here?artinya adalah Bisa tolong bubuhkan (sertakan) tanda tangan Anda di sini? Please add more sugar.artinya adalah Tolong tambahkan lebih banyak gula

AdSedangkan ad (noun)adalah kependekan dari kataadvertisement (iklan), yang merupakan kata benda (noun).

Contoh: Have you seen our new Nike ad?artinya adalah Apakah kamu sudah lihat iklan Nike baru kita? The Macbook ad is banned by the governmentberarti Iklan Macbook dilarang oleh pemerintah.

Simpel banget kan?Hope you had fun!Adverse vs AverseAdverseAdalah kata sifat(adjective)yang berarti bersifat kurang baik, merugikan, tidak diinginkan, menghambat perkembangan. Biasanya kita pakai untuk sebuah kondisi, situasi, atau kejadian. Kita tidak pakai kata adverseuntuk menggambarkan kepribadian seseorang.

Contoh:

The dry weather has anadverseeffect on the garden.[Cuaca yang kering memberikan dampak buruk ke kebun.]

Liat bahwaadversekita pakai untuk menggambarkan cuaca. The flood has anadverseeffect on people.[Banjir memiliki dampak buruk terhadap orang-orang.]Liat bahwa kataadversekita pakai untuk menggambarkan kejadian banjir.

AverseAdalah kata sifat (adjective)yang berarti sifat tidak menyukai sesuatu, sifat enggan, ogah-ogahan terhadap suatu hal. Biasanya hal ini menggambarkan sifat orang yang tidak suka terhadap suatu benda/ proses/ kejadian.

Contoh: Irina is famous for heraversionto flying.[Irina terkenal dengan ketidaksukaannya akan naik pesawat.]Lihat bahwa kataaversekita pakai untuk menggambarkan sikap Irina yang tidak suka terhadap suatu proses naik pesawat.

OK! A few & Few vs A little & Little

Ternyata gak sedikit orang yang suka salah dalam penggunaan a few, few, a little, dan little. Pembahasan ini akan menjelaskan bagaimana kita bisa membedakan bentuk-bentuk tersebut dan pastinya penggunaannya akan dibahas juga.

Dalam bahasa Inggris, little dan few artinya adalah sedikit. Bentuk little digunakan untuk benda yang gak bisa dihitung jumlahnya (uncountable noun) seperti gula, garam, susu, nasi, waktu, uang, dan sebagainya.

Sedangkan bentuk few sebaliknya, digunakan untuk benda yang jumlahnya bisa dihitung (countable noun) seperti botol, teman, pensil, buku, meja, dan lain-lain.

Nah, bagaimana kalo bentuk little dan few tersebut ditambahkan a di depannya sehingga bentuknya menjadi a little dan a few? Yang terjadi adalah kedua bentuk tersebut memiliki makna yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa liat contoh kalimat berikut ini:

1. I havea few orangesin the refrigerator

2. I havefew orangesin the refrigerator

Makna contoh kalimat 1 ingin menjelaskan bahwa jeruk yang dimiliki tinggal sedikit, namun cukup untuk dimakan beberapa orang sehingga kita gak perlu untuk membeli jeruk lagi. Sedangkan pada contoh kalimat 2, few oranges maksudnya adalah jumlahnya sangat sedikit dan gak bisa dikonsumsi untuk banyak orang sehingga kita perlu membelinya lagi.

Cukup jelas dengan penjelasan few dan a few sekarang kita beralih ke penjelasan mengenai little dan a little. Hampir sama seperti bentuk few dan a few, bedanya adalah penggunaan little dan a little khusus untuk benda yang jumlahnya tidak bisa dihitung (uncountable noun).

Lihat contoh berikut dulu ya, setelah itu kita bahas maksud kalimatnya:

3. I havea little moneyleft. I can buy a glass of coffee.

4. I havelittle moneyleft.I need to borrow some money.

Jika kita liat kedua kalimat di atas, terlihat bahwa konteksnya berbeda kan? Contoh kalimat 3 menjelaskan bahwa subjek mempunyai sedikit uang, tapi dia bisa membeli secangkir kopi. Sedangkan contoh kalimat 4 bermakna uang yang dimiliki si subjek sedikit sekali dan dia butuh pinjaman uang dari orang lain. Jelas kan bedanya?

All right vs Alright

Pernah tahu film tahun 2010 yang berjudul The Kids Are All Right?

Kalo iya, ingat terus ya bahwa itu adalah penulisan dalam bahasa inggris yang benar secara formal.

Arti keduanya sama saja, yaitu: oke, gak kenapa-kenapa, baik, maupun benar.

Nah tapi perlu banget diingat bahwa penulisannya dalam bahasa Inggris yang formal itu adalahall right(dipisah ya nulisnya).

Ini dia contohnya: The coffee is all right.[Kopinya lumayan enak.] Tell them I am all right, and tell them not to worry about me.[Katakan pada mereka bahwa aku baik-baik saja dan katakan bahwa jangan cemaskan aku.]

Ingat bahwa kata alright itu sama saja seperti all right, akan tetapi dalam penulisan formal, all right lebih biasa dan lebih pantas untuk digunakan.

Enjoy learning English! Alter vs Altar

Kali ini kita akan membahascommon mistakeantara kata alter dan altar.

Cara bacanya sama yaitu ol-ter atau al-ter.

Altar

Altar dalam bahasa Indonesia juga disebut altar. Ini adalah kata benda(noun) yang artinya meja khotbah di gereja. Bisa juga tempat pemujaan di dalam ritual keagamaan. Contoh:

They sacrifice a cow in thealtar. [Mereka mengorbankan seekor sapi di altar.]

AlterAlter adalah kata kerja (verb) yang berarti merubah sesuatu, biasanya merubah sesuatu yang kecil namun berdampak signifikan. Contoh:

Being unemployed hasalteredmy lifestyle.[Menjadi pengangguran telah merubah gaya hidupku.]

The end.Ambivalent vs Indifferent

Adakah yang tahu perbedaan antara kedua kata di atas?

Ambivalent

Ambivalentdalam bahasa Indonesia disebut juga dengan ambivalen, yang artinya memiliki perasaan yang bertentangan antara sebuah hal pada waktu yang sama.

Misalnya jika kita membenci dan mencintai seseorang sekaligus pada waktu yang bersamaan, berarti kita punya sikap yang ambivalen terhadap orang tersebut.

Ambivalentadalah kata sifat(adjective).

Ini dia contohnya: The president keepsambivalentattitude to terrorism.[Presiden tetap bersikap ambivalen terhadap terorisme.]

Indifferent

Indifferentartinya adalah kenetralan seseorang terhadap suatu hal, seseorang, maupun suatu aksi. Namun kenetralan tersebut disebabkan oleh orang tersebut yang tidak peduli dan tidak bersimpati terhadap suatu isu.

Indifferentadalah sebuah kata sifat (adjective).

Makna lain dariindifferentadalah sifat yang biasa saja, tidak bagus dan tidak jelek (walaupun lebih ke arah jelek).

Ini contohnya: I amindifferentabout football teams. Whoever wins does not matter to me.[Saya netral dan tidak peduli dengan tim sepak bola. Siapa pun yang menang tidak masalah.]

Kita bisa lihat dari kalimat di atas bahwa si pembicaranya memiliki sikap netral terhadap tim sepak bola manapun. Namun kenetralan si pembicara didominasi oleh ketidakpedulian dan ketidaktertarikan si pembicara akan sepak bola.

I didnt choose you as the winner of the dance competition because your dance is indifferent.[Saya tidak memilihmu sebagai pemenang kompetisi tari karena tarianmu biasa saja.]

Nah sudah jelas sekali kan perbedaan antara ambivalentdanindifferent?

This is the end..

American vs British English (Part 1)

Nah kali ini kita belajar sesuatu yang menarik yuk. Gak masuk pelajaran sekolah sih, tapi lumayan banget buat nambah pengetahuan dan kosa kata bahasa Inggris.

Hari ini kita belajar beberapa perbedaanspellingyang dipake di British dan American English.

Biar lebih gampang. American English kita sebutUS. British English jadiUKya.

Pertama yang sering banget kita temuin adalah perbedaan penulisan di kata yg berakhiranourdanor. Yuk mulai!

Contoh US yg berakhiran -or:

Kata Color(=warna). Nah, untuk UK akhirannya jadiour(Colour).

Ini beberapa contoh US lain yg berakhiran or:

flavor, labor, honor, humor, rumor, behavior,danneighbor.

Untuk UK, penulisannya menjadi:

flavour, labour, honour, humour, rumour, behaviour,danneighbour.

Sekarang buat perbedaan penulisan kata berakhiran yze untuk US dan yse untuk UK.

Ada yg udah kebayang apa katanya?

Contoh yang paling sering adalah: analyze (US) vs analyse(UK).

Contoh lainnya:

a. Paralyze (US) vs Paralyse (UK)b. Catalyze (US) vs Catalyse (UK),dan

c. Hydrolyze (US) vs Hydrolyse (UK).

Contoh penulisan lain yang juga berbeda adalah pada:

a. Center (US) vs Centre (UK)=pusat/tengah

b. Airplane (US) vs Aeroplane (UK)=pesawat

c. Ass (US) vs Arse (UK)=pantat

d. Pajamas (US) vs Pyjamas (UK)=piyama, baju tidur

e. Mommy (US) vs Mummy (UK)=mama, ibu

f. Check (US) vs Cheque (UK)= cek, kertas yang buat ditukar uang di bank-bank

Sebetulnya masih banyak lagi kata-kata yang berbeda penulisannya, tapi segini dulu ya.

American vs British English (Part 2)

Nah kali ini kita belajar lagi tentangBritish English(UK) vsAmerican English(US)!

Perbedaan antara Bahasa Inggris untuk UK dan US kali ini lebih ke arah penggunaan kata, gak cuma di spelling-nya aja.

OK langsung liat aja ya:

1. Pertama adalah penggunaando upuntuk UK danfix upuntuk US. Artinya: memperbaikiEx (UK):The car looks so great now that it has been done up.Ex (US):The car looks so great now that it has been fixed up.[Mobil ini benar-benar terlihat bagus sekarang setelah diperbaiki.]

US tidak memakaidone upmelainkanfixed up.

2. Selanjutnya penggunaan kata have dan take.UK menyebut kata-kata berikut menggunakan have: have a bath, have a shower, have a holiday, dll.

Sedangankan US menggunakan kata take: take a bath, take a shower, take a vacation, dll.3. Untuk membicarakan sesuatu yang tidak mungkin terjadi, UK biasa menggunakan cantdan US menggunakan must notEx (UK):Marley hasnt come to the hospital. He cant have read the memo."Ex (US):Marley hasnt come to the hoapital. He must not have read the memo.[Marley gak dateng ke RS. Dia pasti gak baca memonya deh.]

4. Sekarang ke bagian spelling. Ada beberapa contoh katanya nih.a. Grey (UK) vs Gray (US) = warna abu-abu.

b. Aluminium (UK) vs Aluminum (US) =aluminium

c. Cosy (UK) vs Cozy (US) =suasana yang nyaman/enak

d. Sceptic (UK) vs Skeptic (US) =skeptis

e. Tyre (UK) vs Tire(US) =bagian dari ban

f. Moustache (UK) vs Mustache (US) =kumis

g. Artefact (UK) vs Artifact (US) =artifak

Nah, segini dulu ya tentang perbedaan tentang bahasa Inggris di UK dan US-nya.

American vs British English (Part 3)

Perbedaan antaraBritish English&American Englishgak cuman dipronunciation, ada jg di penulisan kata-kata dan penggunaan kata-katanya.

Nah sekarang akan dibahas contoh kata-kata yang beda antaraBritish English&American Englishtapi sebenarnya untuk merujuk ke satu benda yg sama.

Ingat ya, biar lebih gampang: American English kita sebutUS(United States). British English jadiUK(United Kingdom) ya.

Langsung liat aja nih contoh-contoh berikut:

1. BiskuitUK =biscuit, sedangkan US =cookies1. PenghapusUK =rubber, US =eraserTapi di US rubber merupakan slang dari condom.

1. SampahUK =rubbish, US =garbage, trashUK rubbish juga merupakan bahasa informal untuk menyatakan suatu hal yang berkualitas buruk/ jelek.1. Kentang gorengUK =chips, US =(French) friesNah(potato) chips di US berarti keripik kentang, sedangkan UK menggunakan crisps utk itu.

1. TrotoarUK=pavement, US=sidewalk1. Tukang posUK =postman, US =mailman,mail carrier.

1. AntreanUK =queue, US =line1. Baju hangat rajutUK =jumper, US =sweaterTapi "jumper" di US merupakan baju terusan yang gak berlengan, biasanya sebagai luaran.

1. PermenUK =sweet, US =candy2. LiftUK =lift, dan US =elevator3. Sepak bolaUK =football, US =soccerKalo "football" di US merujuk ke "american football" bkn sepak bola.

4. Lantai pertama dalam sebuah gedungUK =ground floor, dan US =first floor5. FilmUK =film, US =movieKalo "pergi ke bioskop" UK =go to the cinemas,US =go to the movies.6. Celana panjang(jangan lupa pake "s" krn dianggap sepasang)

UK =trousers, US =pants

Masih banyak banget kata-kata yang beda antaraBritish English&American Englishyang merujuk ke hal yang sama.

OK! Sekian dulu ya pembahasan kali ini.

a.m. vs p.m.Kamu sering bingung gak sih tentang penggunaan a.m. dan p.m. dalam bahasa Inggris? Sebenarnya mudah saja.Kita mulai dari cara bacanya dulu ya. Cara baca a.m. adalah ey-em. Sedangkan p.m. dibaca pi-em (em dibaca em seperti pada kata ember).

A.M. adalah kependekan dari Ante-Meridiem, yang artinya before noon. Bentuk ini berasal dari bahasa Latin (anteartinya sebelum).

Jadi,kalau ada bentuk seperti 2.00a.m., artinya adalah jam 2 yang sebelumnoon.Noonyang dimaksud adalah jam 12 siang. Berarti jam 2 pagi kan?

Perhatikan cara penulisan yang benar: 2.00a.m. (a titik m titik).

Bagaimana dengan p.m.?

P.M. adalah kependekan dari Post-Meridiem, yang artinya after noon.Asalnya juga dari bahasa Latin (postartinya sesudah).

Jadi kalau bentuknya 4.00p.m., artinya adalah jam 4 sesudahnoon.Noonyang dimaksud adalah jam 12 siang. Berarti jam 4 sore.

Perhatikan juga cara penulisannya: 4.00p.m. (p titik m titik).

Bagaimana menyebut jam 12 dalam a.m. dan p.m.?

Nah jam 12.00 malam itu adalah tanda dimulainya suatu hari dan berdasarkan kesepakatan, kita menyebutnya 12 a.m..

Sedangkan jam 12.00 siang disebut 12.00 p.m. berdasarkan kesepakatan.

Apakah kamu masih bingung tentang jam 12?

Kalau bingung, gak masalah. Sebenarnya tidak disarankan untuk menyebut a.m.maupun p.m.untuk jam 12. Cukup sebut 12.00middayatau 12.00midnight.

Lagipula, sebenarnya udah ada jam 00 .00 sampai dengan 23.59 untuk memudahkan kita.

Tapi ada baiknya untuk kita juga tau a.m.dan p.m..Announce, Renounce, and DenounceAnnounceAdalah kata kerja(verb)yang berarti mengumumkan sesuatu.

Contoh: Theyannouncedthe death of their family in the newspaper.[Mereka mengumumkan kematian keluarganya di koran.]

RenounceAdalah kata kerja (verb)yang berarti meninggalkan, melepaskan sesuatu secara resmi atau di depan publik. Biasanya konteks yang digunakan adalah ideologi, kepercayaan, sistem (walaupun bisa juga dipakai di konteks lain).

Contoh: The governmentrenouncedthe use of violence.[Pemerintah meninggalkan penggunaan kekerasan.]

Her ex-husbandrenouncedhis claim to the family house.[Mantan suaminya melepaskan tuntutannya atas rumah keluarga.]

DenounceAdalah mengecam sesuatu di depan publik.

Contoh:

He was widelydenouncedas a traitor.[Dia dikenal sebagai pengkhianat.]

OK itulah perbedaannya, jangan sampe salah ya dalam penggunaannya.

Anonymous vs UnanimousKamu yang biasachattingpakekomputer atau masuk ke forum online pasti tahu arti dari anonymous. Tapi jangan ketuker dengan kata unanimous ya. Cara baca keduaadjectiveini berbeda, tetapi kalau diliat sekilas strukturnya mirip banget.

AnonymousAsal katanya adalah bahasa Yunanian tidak + onoma namaberarti tidak bernama.

Berarti namanya tidak diketahui atau orang tersebut tidak bisa diidentifikasi dengan nama.

Kalo kita sedang masuk forum online, kita pasti sering liat yang namanya anonymous postyang berarti adalah postingan dari seseorang yang identitasnya tidak diketahui. Kata bendanya adalah anonymity.

Contoh: This interesting book was written by ananonymouswriter.[Buku yang menarik ini ditulis oleh seorang penulis yang namanya tidak tertulis (gak bisa diidentifikasi).]

UnanimousAsal katanya adalah bahasa latin unus satu + animus jiwa/pikiran.Berarti, kita bisa mengartikannya sebagai dengan suara bulat.

Jadi kalo ada 2 atau lebih orang memilikiunanimous decision, berarti keputusan orang-orang tersebut dicapai dengan suara bulat. Dengan kata lain, keputusan tersebut didukung oleh semua orang di dalam grup itu tanpa pengecualian.

Kata bendanya adalahunanimity.

Contoh: The jury decided aunanimousverdict of guilty.[Para juri memutuskan putusan itu secara bulat (semua jurinya mendukung keputusan tersebut tanpa kecuali) bersalah.]

Sip! Udah ngerti ya perbedaannya.

"A shopping bag" vs "A bag of shopping"

Pembahasan ini akan menjelaskan perbedaan dua kata yang kebanyakan

orang masih bingung nangkep artinya nih.

Ok, kita kasihcluetentang makna dari dua kata ini. Pertama, ada yang

mempunyai arti sebagai tas belanjaan secara fisik. Yang kedua sebagai

tas yang benar-benar penuh belanjaan.

Di bab Noun + Noun udah dijelaskan bagaimana dua kata bisa digabung

dan membentuk satu kata baru.Ingat bahwa kata yang pertama merupakan adjective(kata sifat).

Begitu halnya dengan "a shopping bag". Kata ini merupakan gabungan dua

kata, shopping danbag. Shoppingdalam kata tersebut merupakan

adjective. Sehingga, maksud kata ini adalah tas yang biasanya

digunakan untuk berbelanja. Kondisinya sekarang kita gak perlu tau apakah

tas tersebut berisi belanjaan atau tidak, yang penting kita tau bahwa

benda ini hanya sekedar tas belanjaan, secara fisik tentunya. Itu saja.

Nah, kita udah ketemu satu jawaban. Berarti, "a bag of shopping"

bermakna sebagai tas yang penuh belanjaan. Tak penting bagi kita tau

bentuk tasnya seperti apa, yang jelas kita tau bahwa tas tersebut

berisi penuh dengan belanjaan.

Ok, udah tau kan bedanya sekarang? Semoga kamu gak kekecoh lagi ya..

A vs An

A dan an digunakan untuk menunjukkan bahwanoun(kata benda) yang dimaksud jumlahnya satu. Kedua bentuk ini letaknya sebelumnoun.

Berikut di bawah ini adalah contoh penggunaan a dan an:

1. She hasa pencil.

[Dia mempunyai sebuah pensil]

2. I live inan apartment.

[Aku tinggal di sebuah apartemen]

3. My father hasa small house.

[Papa saya mempunyai sebuah rumah kecil]

4. Liam Gallagher boughta newspaper.

[Liam Gallagher membeli sebuah Koran]

Kita menggunakan a untuknounyang berawalan huruf konsonan, sedangkan an digunakan untuknounyang berawalan huruf vokal. Pada kalimat 2, ditunjukkan bahwanoun-nya berawalan huruf vokal. Untuk memberi keterangan bahwa jumlahnountersebut hanya satu, maka sebelum kata apartment perlu diletakkan an. Berbeda dengan contoh kalimat 1, 3, dan 4, yangnoun-nya berawalan huruf konsonan. Untuk memberi penjelasan bahwa jumlah bendanya hanya satu, maka sebelum kata pencil, small house, dan newspaper perlu diletakkan a.

Tapi, penggunaan a dan an mempunyai pengecualian nih untuk beberapanounyang berawalan U dan H. Berikut di bawah ini adalah beberapa poin-poin yang perlu kamu perhatikan:

A digunakan kalonounyang berawalan U dibacanya yu. Misalnya adalah university. Cara baca kata university adalah yu-ni-ver-si-ti. Meskipun university diawali huruf vokal, kita mesti menggunakan a bukan an di depannya karena cara bacanya yu. Contoh lainnounseperti itu misalnya unit dan usual event.

An digunakan kalo H tidak dibaca padanounyang berawalan H. Misalnya adalah hour. Cara baca kata hour adalah a-wer. Jadi, meskipun hour bukan diawali oleh huruf vokal, tapi kita tetap menggunakan an. Contoh kata benda lain seperti ini misalnya honor, honest person, dll.

Baby sitter, Sweater, &Legging

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang beberapa kata yg seriiing banget orang salahpronunciation-nya.

Sebelumnya, ada sedikit penjelasan dulu nih tentang cara baca la zenius di Bahasa Inggris. Misal: eye (baca: ay) = mata

Book(baca: buuk) = buku . Nah buat huruf E, yang cara nyebutnya seperti di kata help, kita menggunakan huruf dengan coretan di atas (baca: hlp).

Tapi untuk huruf E yang cara nyebutnya seperti di kata learn=belajar (baca: lern) kita menggunakan huruf e biasa, tanpa coretan.

Penulisan cara baca model ini bukan cara penulisan standard international, tapi la zenius aja. Biar lebih mudah dibacanya. Tapipronunciation-nya sih sama dengan pronunciation bhs inggris US atau UK.

Contoh pertama yang sering salah sebut itu adalah katababysitter.Biasanya suka dibaca jadi bybi-sister

Tapi kayaknya yang ini udah tau ya, kalo yang bener, bacanya bybi-sitter. Kalo sister =saudara perempuan

Kalositteritu dari kata sit= duduk.

Contoh kedua adalah katasweater.Kamu menyebutnya gimana?swi-ter atau sw-ter?

Yak! Yang betul adalah yang kedua, sw-ter. Kalo kamu bilang swi-ter itu tulisannya sweeter artinya lebih manisKalo sweateritu dari kata sweat(baca: swt) artinya keringat

Katalegging(celana ketat yang suka dipake cewek-cewek) bacanya lgging atau ljjing?Yang bener itu lgging. Karena asalnya dari kata leg = kaki.

Kalau ada orang-orang di sekitar kamu yang masih salah penyebutannya, bantuin betulin ya. Sip!

Beaurocracy vs BureaucracyHow do you spellbirokrasiin English?Is itBeaurocracy?Hehe.

Itu kesalahan yang sering banget terjadi, ketikaEnglish learnersmencoba menuliskan kata birokrasiin English.

Yang benar adalah Bureaucracy.

Asal katanya adalah bureau(bahasa Prancis) yg berarti meja. Nah dari sana,The Englishmengambilnya.

The Englishmerubah tulisannya menjadi bureau. Artinya apa? Meja kerja dan biro (bagian dari suatu instansi).

Lalu ada juga bureaucratdalam Bahasa Inggris yang artinya birokrat.

Nah, birokrasi juga berasal dari akar yang sama.

Bureaucracyadalah cara menuliskannya dengan benar.

Sebagai tambahan info, sinonim dari kata bureaucracyadalah red tape.

Enjoy!

Been vs Gone

Hmm, kamu pernah denger kata been dangonesebelumnya? Ada beberapa orang yang menge-tweetatau menge-postkalimat menggunakan kata beendangoneyang ternyata artinya salah. Inilah salah satu alasan kenapa kita akan membahas penggunaan beendangoneyang benar.

Gimana kalo kita mulai dari contoh dulu? Coba perhatiin contoh kalimat benar yang menggunakanbeendangonedi bawah ini: Morrissey is on holiday. He hasgoneto Jakarta.[Morrissey sedang berlibur. Dia sudah/ sedang dalam perjalanankeJakarta] Morrissey is back home now. He hasbeento Jakarta.[Morrissey sudah balik pulang sekarang. Diatelah meninggalkan Jakarta]

Pertama yang mesti diinget adalah penggunaan been dan gone harus ditambahkan dengan "to" setelahnya.Nah, berikutnya kita perlu tau dulu nih perbedaan mendasar dari dua kata tersebut. Ok, maksud contoh pertama apa ya kira-kira? Trus, apa bedanya dengan contoh kedua?

Jadi gini, maksud kalimat pertama dicontoh 1menjelaskan bahwa:

Morrissey sedang dalam liburan. Berikutnya ada kalimat"He has gone to Jakarta".Apa maksudnya nih? Gonedi sini bermaksud kalo Morrissey sedang dalam perjalanan ke Jakarta atau bisa juga dia sudah berada di Jakarta dari beberapa hari lalu. Poinnya adalahsubjectsudah berada di tempat yang dia tuju atau bisa jadi dia sedang dalam perjalanan menuju ke sana.

Selanjutnya kecontoh 2.

Maksud kalimat pertama di contoh tersebut, Morrissey sudah pulang ke rumah sekarang. Bagaimana dengan kalimat berikutnya"He has been to Jakarta"?Bedanya dengangone,beendi kalimat ini menjelaskan kalo dia sudah tidak lagi di Jakarta. Artinya, Morrissey telah meninggalkan Jakarta.

Ya, baru saja sudah dijelasin penggunaanbeendangoneyang benar.

Oiya satu lagi, penggunaanbeenjuga bisa berartivisited (pernah berkunjung). Namun, dalam konteks di mana beenbisa bermakna sebagai visited, setelah katabeenharus ditambahkanto.Berikut ini adalah contoh kalimatnya:

"I have neverbeento London. Have youbeenthere?"[Gue gak pernah berkunjung ke London. Lo udah pernah ke sana belom?]

Itu tadi contoh pengunaan been (to)yang bisa bermakna visited. Ok, sekian penjelasan tentangbeendan gone.

Be Going To vs Will

Dalam bahasa Inggris, ada dua modus dalam mengekspresikan konsep yang dalam bahasa Indonesia kita sebut dengan kata akan, kedua modus tersebut adalah be going to dan will. Di artikel ini akan dijelaskan mengenai perbedaan kedua modus tersebut.

Misalnya, dua kalimat berikut:

(a) Heis going to succeedbecause he works hard.dan

(b) Hewill succeedbecause he works hard.[Dia akan sukses karena dia bekerja keras.]

Dalam kedua contoh di atas mengenai konsep akan, pada dasarnya tidak ada perbedaan. Jadi, intinya dalam pemakaian yang seperti ini, be going to dan will tidak ada bedanya sama sekali.

Perbedaan baru muncul kalo ada pengandaian kapan hal yang akan diekspresikan itu direncanakan.

Bingung?

Biar lebih jelas, perhatikan contoh kalimat berikut:

(c) I bought some wood because Iam going to

build a bookcase for my room.[Aku membeli kayu karena aku akan merakit rak buku

untuk kamarku.]

Dalam contoh yang satu ini, am going to tidak bisa digantikan dengan will.

Kenapa?

Karena penggunaan be going to itu digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang sifatnyasudah direncanakan sebelumnya. Jadi, sebuah rencana yang dibuat sebelum ekspresi tersebut terkeluarkan. Dalam hal ini rencana si pembicara adalah untuk merakit rak buku.

Terus kapan will digunakan? Misalnya dalam kalimat seperti ini:

(d) That bag is too heavy for you to carry alone. Illhelpyou.

[Kamu bakal kesusahan kalo bawa tas itu sendirian.

Sini, aku bantu angkat.]

Dalam contoh (d), will digunakan untuk mengekspresikan sebuah keputusan yang dibuat pembicara saat dia mengekspresikan kalimat tersebut.

Ngerti, kan? Dalam hal ini keputusan yang dimaksud adalah si pembicara menolong temannya dengan membawakan tasnya. Keputusan ini dia buatbukan dalam rencana yang telah ia pikirkan sebelumnya, melainkan saat ia mengekspresikan kalimat tersebut.

Nah, itu lah perbedaan penggunaan be going to dengan will.

"Borrow" vs "Lend"

"Borrow"= kata kerja/verbtransitif (membutuhkan objek) dan jugaintransitive(tidak membutuhkan objek) yang artinya: "meminjam sesuatu dari orang lain

Contoh: I'mborrowinga friend's car for the weekend. [Gue lagi meminjam mobil temen gue untuk akhir pekan.]

Heborrowedthe book from the library.[Dia meminjam buku itu dari perpustakaan.]

Sinonim: "adopt", "embrace", "take on", "take up", dll

"Lend"= kata kerja/verbtransitif (membutuhkan objek) dan jugaintransitive(tidak membutuhkan objek) yang artinya: "meminjamkan sesuatu kepada orang lain

Contoh: The bank wouldn'tlendus the money.[Bank itu gak akan meminjamkan kita uang.]

Many banks won'tlendto people with bad credit.[Banyak bank gak akan meminjamkan (uang) kepada orang-orang yang keuangannya buruk.]

Sinonim:"advance", "loan"Antonim:"borrow"Bought vs Brought

Karena penulisannya yang mirip, ga sedikit nih orang yang suka tertukar ketika menggunakan kedua kata ini. Supaya lebih mengerti dan di kedepannya ga salah penggunaannya, sekarang langsung aja ke pembahasan.

1. Bought(verb)Merupakan bentukpast simple(V2) danpast participle(V3) dari buy yang artinya membeli.

Ex.:"I bought a cup of coffee last night."[Saya membeli secangkir kopi tadi malam.]Ex.:"He bought his mother some flowers"[Dia membelikan Ibunya bunga.]

2. Brought (verb)Merupakan bentukpast simple(V2) danpast participle(V3) dari bring yang artinya membawa.Ex.:Yesterday, I brought cake to my friend's party."[Kemarin, aku membawa kue ke pesta temanku.]Ex.:Her scream brought the police."[Teriakannya mengundang polisi untuk datang.]

Sebenernya, artinya beda banget ya antara bought dan brought, jadi kalo sering dipake latihan pasti ga bakal terbalik lagi.

Breathe vs Breath

Kali ini, akan dijelaskan mengenai perbedaan antara breath dan breathe.

Sebenarnya gampang banget, kita cuma sering gak teliti dalam melihat huruf e di belakang dan akhirnya suka ketuker antara dua kata itu.

1. Breathe

Breathe (pakai huruf e), artinya adalah bernafas.

Yup, ini adalahverb(kata kerja).

Ex: The higher you climb the mountain, the harder it is to breathe.

[Semakin tinggi kamu mendaki gunung, semakin sulit untuk bernapas.]

Cara baca breathe adalah briy. Cara baca simbol di belakang itu mirip sama cara th dalam thinking.

2. Breath

Breath (tanpa huruf e), artinya adalah nafas. Dan ini adalahnoun(kata benda).

Ex: Take a deep breath.

[Ambil napas yang dalam. / Tarik napas dalam-dalam.]

Cara baca breath adalah br. Cara baca simbol di belakang itu mirip sama cara th dalam thinking.

Nah diinget-inget ya bahwabreathe[briy] adalah kata kerja (verb) = bernapas danbreath[bre] adalah kata benda (noun) = napas.

Censor vs CensureKita bahas censordancensureya kali ini.

Masing-masingnya adalah kata yang memiliki fungsi sebagai kata kerja (verb)dan kata benda (noun).

Censor

Nah untuk gampangnya kita mulai dengan kata yang lebih dekat dengan kita, yaitu censor.

To censoradalah menyensor atau memeriksa sesuatu (biasanya buku dan film) dan menghilangkan bagian yang dianggap tidak tepat/ mendidik/ berbahaya terhadap keamanan. Penyensornya juga disebut sebagai censor. Penyensoran atau kata benda dari sensor ini disebut censorship.

Contoh: My film wascensored.[Film saya disensor.]

Censure

To censureadalah mengkritik dan mencela dengan tajam atau pedas secara resmi. Kata bendanya adalah censure.

Contoh nih:

Some ministers werecensuredfor their indecisiveness during the crisis.[Beberapa menteri dikritik karena kebimbangannya (dalam mengambil keputusan).selama krisis.]

The end.

Cleaner vs Cleanser

1. Cleaner

(asal katanya dari clean = bersih) sebagainoun(kata benda) berarti:

(1) Orang yang bekerja untuk membersihkan interior di suatu gedung atau tempat.

Ex: He works as a cleaner in my office.

[Dia bekerja sebagai tukang bersih-bersih di kantorku.](2) Suatu mesin atau zat kimia tertentu yang digunakan untuk membersihkan sesuatu.Ex: Ive just bought a floor cleaner.

[Aku baru aja membeli pembersih lantai.]

Cleaner juga bisa berlaku sebagaiadjective(kata sifat) yang artinya: lebih bersih.

Ex: My room is cleaner than my brothers."[Kamar ku lebih bersih daripada kamar adek ku.]

2. Cleanser

(asal katanya dari cleanse = rinse atau membersihkan) adalah kata benda (noun) yang artinya: Substansi zat untuk membersihkan sesuatu, biasanya merupakan kosmetik untuk membersihkan bagian wajah.

Ex: This aloe vera facial cleanser my mom bought me is really good.

[Pembersih wajah lidah buaya yang dibelikan ibuku ini bener-bener bagus deh.]

Perbedaan cara baca kedua kata tersebut adalah:

Cleaner(dibaca: kliner)

Cleanser(dibaca: klnser)

INGAT! Untuk perbedaan cara penyebutan huruf E.

huruf e seperti dalam kata elang atau buah apel dan

huruf seperti dalam kata ember

Commonly Mispronounced Words

Nah sekarang kita bakalan bahas kata-kata yang sering dipake di bahasa Inggris, yang ternyata sering banget salah cara nyebutnya.

Oh iya, di materi Commonly Mispronounced Words ini, akan dipakai penulisan cara baca a la zenius ya, bukan yg internasional supaya lebih gampang dibaca.

Perjanjiannya gini: untuk huruf E.

Kalo e (biasa) bacanya seperti di kata elang/ buah apel.

Kalo (pake coret atas) bacanya spt di kata ember.

(1) Wi-Fi.Walaupun kepanjangannyawireless fidelity(baca: waierles fideliti), bacanya tetep way-fay, bukan way-fi atau wii-fii.

(2) Mirip dengan Wi-Fi, Sci-Fi juga bacanya say-fay walaupun kepanjangannyascience fiction(baca: sains fiksien)

(3) Sour = asam.Bacanya: sawer, bukan sowr

(4) Spinach = bayam.Cara baca yang benar: spinich, bukan spinach.

(5) Lettuce = selada.Cara bacanya bukan ltyus tapi > ltis (untuk UK) & ltes (US). T nya tipis, hampir gak terdengar

(6) Purpose = tujuan.Bacanya perpes (baca R-nya tipis, hampir gak kedengeran). Bukan perpows

(7) Stomach = perut.Bacanya kira2 stamekh. Huruf A-nya agak gak jelas disebutnya.

(8) Queue = (verb) mengantre/ (noun) antrean.

Cara baca benernya simpel, sama seperti kalo kita baca alfabet Q dlm bahasa Inggris, yaitu kyu. Bukan kyui.

(9) Sweater = baju hangat.

Dibaca swter. (E yg pertama dibaca spt di ember). Bukan switer, kalo yang pengucapannya seperti itu adalah sweeter dan artinya lebih manis (untuk perbandingan).

(10) Island = pulau.Dibaca: aylen. Bukan islen

(11) High = tinggi.Dibaca: hay (seperti kalo kita menyapa orang Hai!), bukan hayg atau hig.

(12) Determine = menentukanYang betul bacanya: ditermen (baca bagian -men nya agak berbeda antara US dan UK; -men untuk US dan lebih seperti min untuk UK),bukan di-ter-mayn

(13) Archive = arsip.Cara baca benernya: arkayf, bukan archif

(14) Delete = menghapus.Bacanya deliyt. (cara baca E-nya antara E & I). Bukan dlt atau dilt, dllnya.

(15) Tomb = makam.

Cara bacanya: tum (cara baca T-nya agak ada bunyi C-nya sedikit). Bukan tom

(16) Awry = kacau, salah.

Cara baca yang bener: eray. Bukan aw-ri, ow-ri, dsb.

(17) Awkward = canggung.Bacanya owkwerd (UK) atau awkwerd (US); sebernya A-nya rada membaur dengan bunyi O jg.

(18) Hyperbole = hiperbola.Cara bacanya: hayperbeli, bukan hayperbowl

(19) Stomachache = sakit perut. Bacanya stamekyk.

Headache = sakit kepala. Bacanya hdyk.

(20) Even = bahkan, bacanya iven (E spt di buah apel).

Event = acara, bacanya ivnt (E spt di ember)

(21) Vehicle = kendaraan.

Cara baca yang benernya: vihikel atau viyikel. Bukan vihaykel atau yg lainnya.

(22) Cucumber = timun.Bacanya kyukamber. Kalo untuk UK, r nya tidak terlalu dibaca, agak ngambang.

(23) Theme = tema

Bacanya thiim (baca I nya agak panjang). Bukan thm atau them

Oh iya, yang mau dengerin langsung cara ngucapinnya, bisa cek aja di Cambridge Dictionaries Online atau Merriam-Webster, dll jg ada. :)

Compliment vs Complement

Compliment

Kata compliment ini bisa berarti kata benda (noun) ataupun kata kerja (verb). Kalo sebagai kata benda, artinya adalah pujian maupun salam. Kalo dalam kata kerja, artinya adalah memuji atau mengekspresikan kekaguman.

Contoh:

I complimented my mother on her new haircut.[Aku memuji Ibuku atas potongan rambut barunya.]

Carry my compliments to your wife, Mr. Archibald.[Sampaikan salamku untuk isterimu, Pak Archibald.]

Complement

Nah kata complement ini juga bisa kita artikan sebagai kata benda (noun) dan kata kerja (verb). Kalo sebagai kata benda, maksudnya adalah pelengkap; kalo sebagai kata kerja artinya adalah melengkapi.

Contoh:

The bottle of wine is a perfect complement to the classical music.[Botol anggur adalah pelengkap sempurna musik klasik.]

My high bonus complements my low salary.[Bonus tinggi yang gue dapet melengkapi gaji gue yang rendah.]

Jangan lupa, kedua kata compliment dan complement dibaca dengan sama, yaitu: komplement (e dibaca seperti kata elang dan huruf o dibaca seperti antara O dan A.)

Enjoy!

Continuous vs Continual

Banyak orang memperlakukan kata sifat continuous dan continual sebagai sinonim yang menggambarkan keterangan waktu. Akan tetapi, artinya memiliki sedikit perbedaan. Sekarang kita akan menjelaskan satu-persatu dengan singkat mengenai perbedaannya.

Continuous

Jika sebuah benda berbunyi secara continuous, artinya adalah benda tersebut berbunyi dalam suatu durasi tanpa berhenti, tanpa interupsi.

Contoh:

I have been feelingcontinuouspain in my head for 3 minutes[Gue merasa kesakitan terus-menerus di kepala selama 3 menit.]

Bisa kita lihat bahwa si pembicara menggunakan kata continuous, berarti selama 3 menit terakhir kepalanya sakit terus tanpa interupsi.

Continual

Jika sebuah benda berbunyi secara continual, artinya benda tersebut berbunyi dalam periode waktu relatif panjang, biasanya ada interval waktu interupsi.

Oh iya, ingat juga bahwa konotasi kata continual ini sedikit negatif, lebih sering kita pakai untuk menggambarkan hal-hal yang terjadi berulang-ulang dan menjengkelkan.

Contoh:

I have hadcontinualproblems with this computer since 2000

[Gue telah punya masalah yang terus-menerus dengan komputer ini sejak tahun 2000.]

Bisa kita lihat bahwa si pembicara menggunakan kata continual. Itu artinya adalah bahwa permasalahannya tidak terjadi terus-menerus tanpa berhenti, tetapi ada interval waktu di mana komputernya gak bermasalah.

Counsel vs Council

Kembali ngomongin kata-kata yang sering salah pakai nih ya. Kali ini ada kata counseldan council. Keduanya dibacanya sama persis nih yaitu kaun-sel. *Huruf e dibaca seperti pada kata emas

Counsel

Counsel dalam konteks kata benda (noun) bisa berarti sebuah saran (formal nih penggunaannya). Supaya gampang, inget aja kata konsultasi.

Kalo dalam kata kerja, artinya adalah memberikan saran biasanya secara profesional.

Contoh:

The provocative cartoonist wascounseledto return to his country for the sake of safety.[Kartunis provokatif tersebut disarankan kembali ke negaranya demi keselamatan.]

Council

Kalo counciladalah kata benda(noun)yang berarti penasihat atau dewan atau majelis yang berperan sebagai pemberi saran. Mereka biasanya memiliki pertemuan secara reguler.

Contoh:

Obi Wan is summoned by Jedicouncil.[Obi Wan diminta untuk hadir oleh dewan Jedi.]

Sip, semoga kalian bisa pakai kata yang benar nih mulai sekarang.

Date

Common mistakekali ini adalah tentang penulisan tanggal. Kita harus inget kalo penulisan tanggal harus disertai akhiran, seperti st, nd, rd, atau th.

Langsung aja ya.

Untuk tanggal yang berakhiran 1 (1, 21, 31) kecuali 11, kita menulisnya dengan akhiran st atau first.

Ex (1): 1 Februari (first of February / 1stof February)

Ex (2): 21 Desember (twenty first of December / 21stof December)

Tanggal berakhiran 1 TIDAK PERNAH ditulis oneth atau 1th.

Khusus tanggal 11, kita menyebutnya dengan eleventh/11th.

Untuk tanggal yang berakhiran 2 (2, 22) kecuali 12, kita menulisnya dengan akhiran nd atau second.

Ex (1): 2 Maret (second of March / 2ndof March)

Ex (2): 22 Juni (twenty second of June / 22ndof June)

Khusus tanggal 12, kita menyebutnya twelfth/12th.

Untuk tanggal yang berakhiran 3 (3, 23) kecuali 13, kita menulisnya dengan akhiran rd atau third

Ex (1): 3 Juli (third of July / 3rdof July)

Ex (2): 23 April (twenty third of April / 23rdof April)

Khusus tanggal 13, kita menyebutnya thirteenth/13th.

Tanggal-tanggal yang berakhiran SELAIN 1, 2 dan 3, penulisannya cukup ditambahkan th, seperti:Fourth,fifth,sixth,seventh,eighth,ninth,tenth,eleventh,twelfth,thirteenth,fourteenth,fifteenth,sixteen,seventeenth,eighteenth,nineteenth,twentieth, dst.

Ada beberapa penulisan yang perlu diperhatikan:

5th(fifth, bukan fiveth)

8th(eighth, bukan eightth)

9th(ninth, bukan nineth)

15th(fifteenth, bukan fiveteenth)

19th(nineteenth, bukan ninteenth)

20th(twentieth, bukan twentyth)

Dessert vs Desert

Nah, kali ini kita akan membahas 2 buah kata yang keduanya sering banget kita pakai, tapi gak kalah sering juga disalahgunakan. Jangan kebalik nih kalo lagi pakai kata ini: Dessert dan Desert.

Pertama kita mulai dengan kata Dessert cara baca a la zenius-nya adalah dizert (huruf e dibaca seperti di kata elang.)

Ini adalah kata benda, di mana kita paling sering menemukan kata benda ini di menu restoran yang paling belakang. Apakah ini? Ini adalah hidangan pencuci mulut. Cara ngingetnya bisa kayak gini. Ingat aja, dessert huruf s-nya banyak. Biasanya pencuci mulut berbau es, macam es buah, es kelapa, es podeng, es krim, pokoknya es-nya tuh banyak.

Lain halnya dengan Desert.

Biasanya artinya ada 2, dan cara baca keduanya pun beda.

1. Yang pertama, sebagai kata benda ataunoun.

Desert dibaca d-zert (huruf dibaca seperti di kata ember dan e dibaca seperti di kata elang) yang berarti padang yang tandus dan sangat luas, dengan vegetasi yang hampir tidak ada.Nah diingatkan bahwa desert bukan cuma berarti padang pasir, melainkan ada juga istilah ice desert yaitu padang es (udah pasti tandus juga.)

2. Desert bisa juga kita pakai sebagai kata kerja yang dibaca de-zert (huruf e dibaca seperti elang) yang artinya adalah menelantarkan.

Contoh:

He deserted his wife and flew back to his country.

[Dia menelantarkan isterinya dan kembali ke negaranya.]

The end.Different vs Difference

Perbedaan penggunaan different dan difference adalah sebagai berikut:

DifferentAdalah kata sifat (adjective) yang artinya: berbeda

Contoh:

You are certainly different from any women Ive met before, my love.

[Kamu jelas berbeda dengan wanita manapun yang pernah kukenal sebelumnya, sayangku.]

DifferenceAdalah kata benda (noun) yang artinya: Perbedaan

Contoh:

Can you tell the differences between this picture and that picture?

[Bisakah kamu menyebutkan perbedaan-perbedaan antara gambar ini dengan gambar itu?]

Dalam konteks matematika, kata difference digunakan untuk menyatakan selisih.

Contoh:

What is the difference between 20 and 12? (The answer is 20 12 = 8)

[Berapakah selisih antara 20 dan 12? (Jawabannya 20 12 = 8)]

Diffident vs DividendDiffidentAdalah kata sifat (adjective) yang artinyalack of self-confidence(kurangnya rasa percaya diri/ pemalu)

Contoh: I am adiffidentperson.[Aku adalah orang yang pemalu.]

Sinonim: shy, insecureAntonim: brash(agresif)

DividendAdalah kata benda (noun)yang artinya bonus (keuntungan yang dibagi bersama) = konteksnya keuangan.

Contoh: The directors of a corporation usually declare thedividendsperiodically.[Para direktur perusahaan biasanya mengumumkan dividen/ bonus dalam jangka waktu yang beraturan.]Sinonim:extra, payment, extra, surplus

"Diner" vs "Dinner"

"Diner"adalahnoun(kata benda) yang artinya: "kantin atau restoran" atau bisa juga orang yang makan di restoran.

Contoh:

"When we get sick of cooking dinner at home, we like to go out to eat at adiner"[Ketika bosan dengan memasak makan malam di rumah, kita suka pergi makan di sebuah tempat makan.]

Sinonim:"cafe", "beanery",dll

"Dinner"adalahnoun(kata benda) yang artinya: "makan malam" atau bisa juga "jamuan makan malam yang biasanya diawali dengan suatu upacara untuk memperingati sebuah momen penting"

Contoh:

1. I am planning to ask them todinnersoon.[Gue sedang merencanakan untuk mengajak mereka makan malam nanti]

2. Three hundred people attended his retirementdinner.[Tiga ribu orang menghadiri jamuan makan malam pensiunannya]

Sinonim:"banquet", "feast", dll.

(Divorce, Divorc, Divorce) vs (Widow and Widower)

Kali ini yang akan dibahas adalah tentang duda dan janda, dan seperti yang kebanyakan kamu tau, seseorang dapat disebut menjadi duda atau janda dikarenakan perceraian atau karena pasangannya telah meninggal dunia.

Dalam bahasa Inggris, sebutan seorang janda atau duda berbeda nih sesuai dengan penyebab mereka tidak lagi memiliki pasangan. Kita bahas satu per satu yuk.

1. Divorce (noun)Tentunya merupakan kata benda yang udah sering kita denger ya pastinya, artinya adalah: perceraian. Divorce juga ada dalam bentukverb[kata kerja] yang artinya adalah bercerai atau menceraikan.

Cara pengucapan untuk divorce adalah di-vowrsSedangkan bentukadjective-nya [kata sifat] adalah: divorced [sudah bercerai]

Contoh:

My husband and I have beendivorcedfor 3 years.[Saya dan suami saya telah bercerai selama 3 tahun.]

Untuk duda yang dikarenakan perceraian, istilah dalam bahasa Inggrisnya adalahdivorc(baca: di-vowrs-s)

Sedangkandivorceadalah istilah untuk janda atau wanita yang telah bercerai.

Cara bacanya sedikit berbeda antaraAmerican English & British English.US = di-vowrs-s; UK = di-vowrs-si ( seperti pada kata ember).

2.Widow & WidowerWidow dan widower termasuknoun[kata benda] yang merupakan istilah untuk duda dan janda yang pasangannya telah meninggal.

Widowadalah sebutan untukwanitayang suaminya telah meninggal (bukan karena bercerai), khususnya jika dia tidak menikah lagi.

Widoweradalahlaki-lakiyang istrinya telah meninggal, khususnya jika dia tidak menikah lagi.

Sedikit info tambahan nih, pernah denger jenis laba2 beracun yang disebutBlack Widow?

NamaBlack Widowberasal dari kepercayaan bahwa setelah laba-laba jantan membuahi betina, laba-laba betina itu akan membunuh dan memakan si jantan. Dan hanya yang betina saja yang gigitannya beracun.

Ternyata hal tersebut benar setelah dilakukan observasi di dalam sebuah kandang di laboratorium di mana si jantan tidak bisa kabur, tetapi di alam bebas, setelah pembuahan, biasanya si jantan bisa kabur atau melarikan diri.

OK! Selamat belajar.

"Download" vs "Upload"

"Download"kata kerja/verbtransitif (membutuhkan objek) yang artinya: "mengunduh" atau makna lainnya adalah "mengambil data atau dokumen dari Internet"

Contoh:

1. HedownloadsOasis songs from the Internet.[Dia mengunduh lagu-lagu Oasis dari Internet.]

2. That new program makesdownloadingfaster.[Program baru tersebut membuat pengunduhan menjadi lebih cepat.]

Nah, pada contoh kalimat 2downloadingberposisi sebagainoun(kata benda) yang artinya pengunduhan.

"Upload"kata kerja/verbtransitif (membutuhkan objek) yang artinya: "menggunggah" atau bisa juga bermakna "memasukkan data atau dokumen ke dalam Internet"

Contoh:

1. Sheuploadedthe pictures from her digital camera to her computer.[Dia menggunggah gambar-gambar tersebut dari kamera digital-nya kekomputer.]

2. You mustuploadthat files to the Internet.[Kamu harus memasukkan data-data itu ke Internet.]

Dual vs Duel

Sekarang kita masuk ke bagian yang lumayan seru nih. Adacommon mistakesdari kata duel dan dual. Ingat nih, cara baca keduanya sama aja (baca: dyuwel, e dibaca seperti elang atau buah apel), makanya hati-hati jangan sampai salah mengartikan. Kita mulai ya!

Apa sih arti dari katadual?

Asal katanya dari bahasa latindualisyang berartidua. Ini adalah kata sifat yang berarti terdiri dari 2 bagian, elemen, aspek, dan sebagainya.

Pernah dengar kata dual nationality kan? Itu artinya memiliki dua kebangsaan pada waktu yang bersamaan.

Contoh lainnya:

She has adualrole as a mother and a wife.[Dia memiliki 2 peran sebagai ibu dan sebagai istri.]

Nah sekarang kita masuk ke bagianduel.

Ini adalah kata benda yang juga berasal dari bahasa Latinduellumyang merupakan campuran daribellumatau perang dandualisatau dua

Artinya, pertarungan antara 2 orang. Itu adalah makna yang kita gunakan sampai sekarang.

Duel adalah perkelahian antara 2 orang untuk menyelesaikan persoalan tertentu (biasanya dengan senjata). Kalo di Harry Potter, duel dilakukan dengan menggunakan tongkat sihir.

Nah, contoh tambahannya begini, duel juga bisa berarti perkelahian atau persaingan sengit antara 2 pihak (tanpa harus berperang secara harfiah).

Contoh kalimatnya:

The movie captured a clich duel between the antagonist and the protagonist.[Film itu merekam duel yang klise antara antagonis dan protagonis.] The duel between democrats and republicans has lasted for a long time.[Persaingan antara partai demokrat dan republikan telah berlangsung dalam waktu yang lama.]Nah kayak gitu deh contohnya.

Sebagai info tambahan, kata duelbisa juga dipakai sebagai kata kerja to duel yang artinya adalah berduel.

"Effect" vs "Affect"

"Effect"sebagai kata benda (noun) yang artinya:"pengaruh", "dampak"

Contoh:1. The experience has had a badeffecton her.[Pengalaman itu telah memberikan pengaruh yang buruk buat dia.]

2. Computers have had a profoundeffecton our lives.[Komputer telah memberikan dampak yang besar buat hidup kita.]Sinonim:"aftermath", "consequence", "result",dll

Antonim:"antecedent", "causation", "cause",dll

"Affect"kata kerja/verbtransitif (membutuhkan objek) yang artinya: "mempengaruhi", "memberikan dampak"

Contoh:1. Both buildings were badlyaffectedby the fire.[Kedua bangunan itu terkena dampak yang buruk akibat kebakaran.]

2. The divorceaffectedevery aspect of her life.[Perceraian itu mempengaruhi setiap aspek kehidupannya.]

Sinonim:"influence"Elicit vs IllicitKali ini kita akan membahas lagicommon mistakedalam bahasa Inggris antara kata elicitdan illicit.

ElicitAdalah sebuah kata kerja (verb)yang berarti memperoleh, membangkitkan, mendapatkan informasi atau reaksi atas perlakuan atau perkataan seseorang.

Kata bendanya adalah elicitation.

Contoh: The questionnaire was intended toelicitinformation on smoking habit.[Kuesioner itu ditujukan untuk mendapatkan informasi mengenai kebiasaan merokok.]

IllicitAdalah kata sifat(adjective)yang berarti dilarang oleh hukum, adat istiadat, masyarakat, maupun aturan.

Kata bendanya adalah illicitness.

Contoh: Some cultures treat sex before marriage as anillicitconduct.[Beberapa budaya menganggap hubungan seksual sebelum menikah sebagai perbuatan yang terlarang.]

Cara baca keduanya mirip banget.Elicitdibaca ilisit;

Illicitdibaca illisit

Nah, jangan sampe ketuker ya dalam penggunannya.

Enjoy!

Enjoy yourself vs Amuse yourself

Kali ini kita akan membahas penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Pernah gak sih kamu dengar ekspresi berikut ini ketika lagi melangsungkan percakapan? Nah kita bahas secara singkat ya! Soalnya artinya beda lho!

Enjoy yourself!Ekspresi ini sama artinya denganhave a pleasant time!ataupunhave a good time!. Mungkin kalo kita bandingkan dengan bahasa Indonesia, artinya adalah selamat bersenang-senang atau semoga waktumu menyenangkan ya.

Begitulah penggunaannya.

Amuse yourself!Kalian tahu kata kerjato amuse?Artinya adalah menghibur. Orang atau sesuatu yangamusingadalah orang/ sesuatu yang membuat kita tersenyum atau tertawa (menghibur). Maksud dari ekspresi amuse yourself adalah menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu yang menghibur agar orang tersebut tidak bosan.

Contoh dalam percakapan Cart:The party was a huge success and all of our guests seemed to enjoy themselves.[Pestanya sukses besar dan semua tamu kita terlihat menikmati waktunya.]

Barn:Mr. Leung didnt enjoy the party. He had to drink several bottles of wine to amuse himself.[Pak Leung tidak menikmati pestanya. Dia harus minum beberapa botol anggur untuk menghibur dirinya agar tidak bosan.]

Nah begitulah perbedaan antara amuse yourself dan enjoy yourself.

The end.Ensure vs InsureKali ini kita bahas lagi kata-kata yang rada membingungkan, yaitu: ensuredan insure.

Keduanya adalah kata kerja (verb). Makna keduanyaberbedadalamBritish English. Kalo dalamAmerican English,keduanya bisa saling dipakai untuk makna yang sama. Nah sekarang langsung aja ke pembahasannya.

EnsureKata kerja (verb)ini berarti memastikan bahwa sesuatu terjadi (to ensure) atau tidak terjadi (to ensure against).

Contoh:

I mustensurethat everybody changes their email password regularly.[Aku harus memastikan bahwa semua orang mengganti kata sandi emailnya secara reguler/ teratur.]

Heensuresagainst employee theft.[Dia memastikan agar pencurian oleh karyawan tidak terjadi.]

InsureKata kerja (verb) ini berarti mengasuransikan.

Contoh:

The house isinsuredfor ten million Rupiahs.[Rumah ini diasuransikan sebesar sepuluh juta rupiah.]

Artikelnya simpel banget nih, soalnya perbedaannya juga simpel.

Jadi jangan salah ya dalam penggunaannya.

"Envelop" vs "Envelope"

EnvelopMerupakantransitive verb(kata kerja yang membutuhkan objek) yang artinya: membungkus, menutupi, menyelimuti, dll.

Nah, berikut di bawah ini adalah contoh kalimat yang menggunakan kata envelop:

Ex: The house looked scary,envelopedin mist

[Rumah tersebut terlihat menyeramkan, diselimuti oleh kabut]EnvelopeMerupakannoun(kata benda) yang artinya: sesuatu yang digunakan untuk menutup atau membungkus. Atau dengan kata lain artinya adalah amplop.

Ok, berikut di bawah ini adalah contoh kalimat yang menggunakan kata envelope:

Ex: I have sent thatenvelopeto the post office near my office

[Aku telah mengirimkan amplop itu ke kantor pos dekat kantorku]

Envious vs Jealous

Dalam bahasa Indonesia, arti dari kedua kata di atas adalah iri hati. Tapi dalam bahasa Inggris, kata-kata ini artinya berbeda.

EnviousAdalah iri hati di mana kita menginginkan sesuatu yang dimiliki orang lain atau posisi yang dicapai orang lain. Tapi ingat ya, orang yang enviousbukan berarti ingin merebut hal tersebut dari orang lain.

Misalnya: I amenviousof her wealth.[Aku iri akan kekayaannya.]

JealousAdalah iri hati di mana orang yang iri ini ingin melindungi apa yang ia miliki (misalnya cinta, kasih sayang, maupun waktu), tidak ingin hal yang dimiliki itu direbut oleh orang lain. Dibandingkan dengan envious, jealousmemiliki intensitas emosi negatif yang lebih tinggi.

Misalnya: Iamjealousof him, he flirted with my girlfriend.[Aku iri dengannya, dia menggoda pacarku.]

Nah begitulah bedanya, tapi ada tambahan satu kata lagi nih, yaitu covetous.Covetousadalah enviousditambah dengan ketamakan dan kemarukan.

Orang yang covetousadalah orang yang menginginkan sesuatu yang dimiliki orang lain dengan keinginan yang mendalam untuk merebut hal tersebut.

Nah sudah ngerti bedanya kan?

Everyone vs Every one

Sebelumnya udah ada yang pernah denger kedua kata seperti yang tertera di judul? Kalo udah, apakah ada yang masih bingung dengan perbedaannya?

Kalo kamu masih lupa, tenang sekarang akan dibahas perbedaan dan penggunaannya.

EveryoneEveryone merupakan satu kata, beda dengan every one yang terdiri dari dua kata.

Everyone digunakan hanya untukpeople(banyak atau bahkan semua orang) dalam suatu kelompok atau dengan kata lain bisa berarti everybody.

Berikut di bawah ini adalah contoh kalimat yang menggunakan kata everyone:

Ex: Everyoneenjoyed the concert.

[Semua orang menikmati konser tersebut.]

Nah, everyone pada contoh kalimat di atas menunjukkan semua orang dari sekelompok orang yang menonton konser tersebut.

Jangan lupa ya kalo everyone sama artinya juga dengan everybody.

Every one

Sekarang kita akan membahas tentang every one. Every one digunakan untuk menjelaskan individual yang membentuk suatu kelompok (benda atau orang), yang sama artinya dengan each one.

Oh ya, kalo masih bingung dengan each one, kamu bisa liat pembahasannya di Each and Every.

Nah, berikut ini adalah contoh kalimat yang menggunakan every one:

Ex: She is invited to lots of parties and she goes toevery one.

[Dia diundang datang ke banyak pesta dan dia datang ke setiap pesta tersebut.]

Every one pada kalimat di atas merefleksikan bentuknya sama dengan every party, yang artinya adalah satu pesta di antara sekelompok (banyak) pesta.

Yap, sekian pembahasan mengenai perbedaan dan penggunaan dari kata everyone dan every one.

Review sedikit nih ya.. Jadi, kata everyone memiliki makna yang sama dengan kata everybody, yang artinya semua orang.

Sedangkan kata every one mempunyai makna yaitu setiap atau bisa juga semua. Kata everyone, dalam penggunaannya, lebih sering digunakan untuk menjelaskan benda daripada menjelaskan orang.

"Exorcise" vs "Exercise"

"Exorcise"

Merupakantransitive verb(kata kerja yang membutuhkan objek) yang artinya: mengusir setan

Contoh:

I heard that movie is good. It is about a priest who tries toexorcisedemons from many people in a village.[Aku denger film itu bagus. Film itu bercerita tentang seorang pendeta yang mencoba mengusir setan dari banyak orang di suatu desa]

"Exercise"

Kata exercise bisa digunakan sebagainoun(kata benda),transitive verb, dan bisa sebagaiintransitive verb(kata kerja yang tidak membutuhkan objek).

Jika berperan sebagainoun,exerciseartinya latihan, olahraga, dan semacamnya.

Berikut contoh kalimatnya:

1. Tennis is her favorite kind ofexercise.[Tenis adalah olahraga kesukaannya.]2. Before his daily run, he does stretchingexercise.[Sebelum kegiatan larinya sehari-hari, dia melakukan latihan peregangan.]

Nah, sedangkan jika exercise sebagaiverb, baik itutransitivemaupunintransitive, artinya adalah berlatih, berolahraga, melatih, sebagainya.

Contoh kalimat:

1. For a healthy life, It is really important toexerciseevery day.[Untuk hidup yang sehat, sangat penting untuk berolahraga setiap hari.]

2. Runningexercisesthe leg muscles.[Berlari melatih otot-otot kaki.]

Extinguish vs Distinguish

Kedua kata di atas terlihat mirip tapi mempunyai arti yang berbeda.

ExtinguishExtinguishadalah kata kerja (verb)yang artinya:memadamkan, mematikan, atau memusnahkan.

Contoh:

That burning housewas finallyextinguished.

[Rumah yang terbakar ituakhirnya berhasil dipadamkan.]Sinonimnya: quench, smother, snuff off, dll

Antonimnya: light, ignite

DistinguishDistinguishadalah kata kerja (verb) yang artinya: membedakan.

Contoh:

Whatdistinguishesanimagus and werewolf?[Apaperbedaan antara animagus dan manusia serigala?] konteks: Harry Potter She wasdistinguishedfrom the other girls by the color of her hair.[Dia dibedakan dari cewek-cewek lainnya berdasarkan warna rambutnya.]

Sinonim: differentiate, discriminateAntonim: confuse

Sip!

Good vs Well

Salah satu kesalahan yang lumayan banyak orang sering lakukan adalah penggunaan good dan well dalam obrolan maupun tulisan.

Penggunaan good adalah sebagaiadjectivedan tentunya lebih spesifik digunakan untuknoununtuk menjelaskan nama tempat, orang, dan barang lainnya. Sedangkan well merupakanadverbsehingga lebih spesifik untuk menjelaskan sebuahverb.

Coba lihat contoh-contoh berikut di bawah ini apa ada yangbertentangandengan penjelasan good dan well di atas?

1. I heard a verywellspeaker.[Aku mendengarkan seorang pembicara yang bagus.]

2. Johnny Squire plays the guitar verygood.[Johnny Squire bermain gitar dengan sangat baik.]3. Noel Gallagher does not feelgoodtoday.[Noel Gallagher merasa tidak baik hari ini.]

Di contoh pertama, well menjelaskan si speaker. Berhubung speaker merupakan noun, maka penggunaan welltidak tepat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa well lebih spesifik digunakan untuk menjelaskan sebuahverb. Jadi, kita mesti ganti bentuk well ke bentuk good. Sehingga, bentuk kalimatnya pun menjadi I heard a verygoodspeaker.

Ok, bagaimana dengan contoh kalimat kedua? Nah di sini penggunaan kata good nya juga ga tepat. Konteks contoh kalimat 2 adalah si subjek (Johnny Squire) bermain gitar dengan sangat baik. Sangat baik pada kalimat tersebut menjelaskanverb(play) yang dilakukan oleh Johnny. Karena good merupakanadjectiveyang digunakan untuk menjelaskannoun, maka penggunaan good dalam kalimat tersebut pun salah. Jadi bisa kita ganti dengan well sehingga kalimatnya yang benar menjadi Johnny Squire plays the guitar verywell.

Sedangkan untuk contoh kalimat ketiga, ini yang agak menarik untuk diperhatikan. Jika kita liat kata feel dalam kalimat tersebut, bentuk tersebut termasuk ke dalam sebuahverb[merasa]. Harusnya kita menggunakan well di dalam kalimat tersebut. Tapi, ternyata ada pengecualian untuk kasus ini. Untuk menjelaskan kondisi kesehatan, kita biasa menggunakan kedua bentuk well sedangkan untuk mejelaskan kita sedang merasakan apa (mood), yang digunakan adalah good. Jadi, bentuk kalimatnya pun bisa seperti ini:

1. Noel Gallagher does not feelgoodtoday.[Noel Gallagher lagi merasa (moodnya) ga enak hari ini.]2. Noel Gallagher does not feelwelltoday.[Noel Gallagher lagi merasa ga enak (badan) hari ini.]

Had

Kali ini adalah pembahasan kesalahan yang sering terjadi ketika menggunakan had dalam kalimat dengan bentuk Past Perfect Tense

Kalo lupa, silakan dibuka lagi ya pembahasannya. Nah, yang akan dibahas sekarang adalah penggunaan hadyang berlebihan.

Coba dilihat contoh berikut:

Ex: After they had bought the clothes, they had found a better sale.

Jika ada dua bentuk had seperti pada kalimat tersebut, keliatannya akan sangat membingungkan. Bentuk had berfungsi sebagai penjelas bagi kejadian lampau yang lebih duluan terjadi daripada kejadian lampau lainnya.

Ok, berarti kita mesti benerin nih. Konteks kalimat tersebut adalah setelah mereka berbelanja baju, baru mereka menemukan obral yang lebih baik. Jadi, kejadian yang lebih duluan terjadi pada kalimat tersebut adalah berbelanja dahulu. Oleh karena itu, penggunaan had mesti diletakkan sebelum kata bought.

Nah, bentuk kalimatnya yang benar adalah sebagai berikut:

Ex.: After theyhadbought the clothes,they found a better sale.[Setelah mereka berbelanja baju, mereka menemukan obral yang lebih baik]

Di bawah ini juga merupakan contoh penggunaan had yang berlebihan:

Ex: Ferguson and Dalglish had eaten at that restaurant many times before it had closed.

Untuk kasus di atas, konteks kalimatnya bermaksud menjelaskan bahwa Ferguson dan Dalglish sudah makan duluan di restoran tersebut berkali-kali sebelum restoran tersebut sudah tutup. Maka itu, yang pantas diberi had di depan katanya adalah eaten.

Sehingga kalimatnya yang benar sebagai berikut:

Ex.: Ferguson and Dalglishhadeaten at that restaurant many times before it closed.[Ferguson dan Dalglish sudah makan di restoran tersebut berkali-kali sebelum restoran itu sudah tutup]

Jadi, dalam menggunakan had kita mesti tau dulu ya kejadian mana yang lebih duluan terjadi. Kejadian yang lebih duluan terjadi wajib ditambahkan had di depan katanya. Penggunaan had yang berlebihan dalam suatu kalimat akan sangat tidak bagus.

Nah tapi kalo bentuk kalimatnya seperti ini :

Shehad hadtwo puppies, but unfortunately one died due to illness.[Dia dulu mempunyai dua ekor anak anjing tapi sayangnya satu mati karena terserang penyakit.]

Ini ga berlebihan. Had pertama adalah bagian dari bentuk past perfect tense sedangkan had kedua adalahbentuk past participledariverbhave [memiliki, mempunyai].

Udah ngerti kan mana yang dimaksud dengan penggunaan had berlebihan?

Imminent vs EminentKali ini kita akan membicarakan 2 macam kata sifat (adjective) yang mirippronunciation-nya dan tulisannya, namun berbeda artinya.

ImminentKita mendeskripsikan sesuatu yang imminentadalah sesuatu yang akan terjadi dalam waktu dekat.

Kata bendanya adalah imminence.

Contoh: The doctor diagnosed her with fatal cancer. Realising that death isimminent, she decided to stop working and enjoy the rest of her life.[Dokter mendiagnosis dia dengan kanker yang mematikan. Menyadari bahwa kematian akan terjadi dalam waktu dekat, dia memutuskan untuk berhenti bekerja dan menikmati sisa hidupnya.]

EminentMaksud dari eminentadalah terkenal, dihormati, penting (biasanya dalam kalangan atau profesi tertentu).

Kata bendanya adalah eminence.

Contoh: The article was written by aneminenthistorian.[Artikel itu ditulis oleh sejarawan yang terkenal/ dihormati.]

The end

Incorrect Linking Verb Combinations

Ok, pembahasan ini akan menjelaskan beberapa kesalahan yang lumayan sering terjadi dalam penulisan kalimat bahasa Inggris. Terutama dalam kasus ini, akan dijelaskan kesalahan penggunaan linking verb.

Berikut ini adalah contoh penggunaan linking verb yang salah:

Ex: That bird builtitsnest with branches and leaves.

Penggunaanits(contraction [bentuk singkat] dari it is)pada kalimat di atas sangat tidak tepat karena yang dimaksud dalam kalimat tersebut sebenernya adalahits, yang artinya adalah kepemilikan buat benda mati atau bisa juga sebagai kata ganti untuk hewan.

Dalam contoh kalimat tersebut,itsyang dimaksud adalah sebagai kata ganti kepemilikan si burung akannest(sangkar). Jika kita gantiitsmenjadiits, bentuk kalimatnya menjadi:

That bird builtitsnest with branches and leaves.[Burung tersebut membangun sangkarnyadengan ranting-ranting dan dedaunan.]

Hal seperti ini juga sering terjadi dengan kata ganti his tertukar dengan hes (he is) dan juga your tertukar dengan youre (you are).

Kalimat di bawah ini juga memiliki penggunaanlinking verbyang salah. Bisa diliat contohnya berikut:

Ex: Theresthree possible answers to that question.

Kesalahan penggunaan linking verb yang terdapat di dalam kalimat tersebut adalah is (dariThere is). Konteks kalimatnya ingin menjelaskan bahwa terdapat tiga kemungkinan jawaban yang bisa digunakan dalam menjawab soal tersebut. Nah, karena three possible answers merupakanplural noun, makalinking verbyang tepat untuk kalimat tersebut adalah are.

Sehingga kalimatnya yang benar adalah:

Therearethree possible answers to that question.[Ada tiga kemungkinan jawaban untuk soal tersebut]

Yap, sekian penjelasan tentang kesalahan penggunaan linking verb.

Isle vs Aisle

Kita belajar lagi ya tentang common mistake, kali ini tentang kataisledanaisle.Keduanya cara bacanya sama (ayl) tapi artinya beda lho.

Langsung aja ya.

IsleIsleadalah kata benda(noun)yang berarti pulau kecil. Ingat aja kata island.

Contoh:

I travelled to the BritishIsles.[Gw pergi ke pulau-pulau kecil di Britania.]

AisleAisleadalah kata benda (noun)yang artinya lorong. Lorong yang dimaksud di sini adalah lorong kecil tempat kita lewat di antara barisan-barisan tempat duduk macamnya di gereja, teater, bioskop, pesawat terbang, kereta api.

Contoh:

The bride tripped over when passing through theaisle.[Mempelai perempuan itu tersandung ketika melewati lorong (di sini maksudnya

lorong gereja).]

The end

Lie vs Lay

Kali ini kita akan membahas sedikit perbedaan kata Lie (baca: lay) & Lay (baca: ly); baca spt "ember".

LieLieygverbmempunyai arti:

1) berbohong

2) tiduran/ rebahan.

Nah, yang akan bahas di sini adalah yg arti kedua ya.

Liemerupakanintransitive verb

Ex: Anns cat likes toliein front of my door.[Kucingnya Ann senang tiduran di depan pintuku.]

Nah, bentukpresent/ infinitive (V1)dariLie =LieBentukpast (V2) =LayDan bentukpast participle (V3)-nya adalah =Lain

Jadi kl ngeliat kalimat harus jeli nih krn (V2)-nya sama dengan kata Lay (put down)

Liat contoh di bawah ini:

Ex:Shelayback in the dentist's chair and tried to relax.[Dia tiduran di kursi dokter gigi itu dan berusaha untuk santai.]

Bisa diliat ya,Laydi kalimat di atas adalah V2 (Lay) dariLieyang artinya tiduran atau rebahan, krn ada tried (V2 jg).

Ex:A penlayon the desk.[Sebuah bolpen terletak (terbaring) di atas meja.]

Laydi kalimat di atas adalah V2 drLie. Karena bolpennya (subjek) yg berbaring".

Mesti diinget juga, kalo "Lie" yang artinya berbohong bentukpresent/ infinitive (V1)dariLie =LieBentukpast (V2) =LiedDan bentukpast participle (V3)-nya adalah =Lied

LayLay merupakantransitive verb(diikuti dgn objek).

Kalo Lay artinya meletakkan sesuatu khususnya ke bidang yg datar. Sinonimnya:Put down

Ex: Ilaythe cat on my bed.[Aku meletakkan kucing itu di tempat tidurku.]

Betukpresent/ infinitive (V1)dariLay=LayBentukpast (V2)=LaidBentukpast participle (V3)-nya adalah =Laid

Liat contoh di bawah ini:

Ex: Im listening to Westlifes song, ILayMy Love on You.[Aku mendengarkan lagunya Westlife,I Lay My Love on You.]

Bisa diliat ya,Laydi kalimat di atas adalah V1 dariLay, krn "my love" (objek) dikenai kegiatanLayoleh I.

Ex:Helaidthe tray down on the table.[Dia meletakkan nampan itu di atas meja.]

Bisa diliat ya,Laiddi kalimat di atas merupakan V2 dariLayyang artinya meletakkan.Tray(objek) dikenai kegiatanLay.Biar lebih gampangnya:

Lie --> subjek yg melakukan lie.

Lay --> objek yg dikenakan kegiatan lay

OK! Uda bisa ya bedain keduanya sampe di sini.

Pleasant vs Peasant

Ada lagi nih kata yang mirip-mirip tapi artinya berbeda jauh, yaituPleasantvsPeasant.Sering denger?

PleasantPleasant(baca: pl-zen)

*Huruf dibaca seperti pada kata ember dan huruf e dibaca seperti pada kata emas

adalah kata sifat (adjective) yang artinya: enjoyable/ menyenangkan,nice, lovely,dsb.

Contoh: My friends and I had apleasantevening together.[Aku dan temen-temenku melewati malam ini dengan senang.]

Sinonim:amiable, friendly, pleasing.dll.Antonim:unpleasant, nasty

Nah, sekarang yang tanpa huruf L, yaitu,

PeasantPeasant(baca: p-zent)

adalah kata benda (noun) yang artinya: petani atau orang yang tinggal di desa

Contoh:

Manypeasantslive in this country.[Banyak petani yang tinggal di desa ini.]

Sinonim:farmerAntonim:royalty(warga kerajaan, seperti king, queen, dll)

Practice vs Practise

Nah, kali ini kita akan kembali lagi mempelajari perbedaan kata practicedan practisedalam bahasa Inggris. Sering banget ditemukan penggunaan kata ini yang salah.

Kamu tahu apa bedanya kedua kata dalam judul di atas?

Sebenarnya keduanya itu tergantung apakah kita sedang dalam konteksAmerican EnglishatauBritish English.

American EnglishKataPractice(dengan C)diAmerican English,bisa berfungsi sebagai:

kata benda ataunoun(artinya penerapan ataupun latihan yang berulang-ulang), dan

kata kerja atauverb(artinyaberlatih).

British EnglishKataPractice(dengan C)diBritish English,fungsinya adalah sebagaikata benda ataunoun(artinya penerapan ataupun latihan yang berulang-ulang).

Sedangkan kata Practise(dengan S) berfungsi sebagaikata kerja atauverb(artinyaberlatih).

Untuk membedakan maknanya, kita di sini pakaiBritishEnglishsaja ya!!Jadi begini contohnya:

I cant go with you because I have violinpractice.[Aku tidak dapat pergi denganmu karena aku ada latihan biola.]

Di sini fungsi kata practiceadalah sebagaikata benda (noun).

I have topractiseviolin every day.[Aku harus latihan biola setiap hari.]

Di sini, fungsi kata practise"adalah sebagaikata kerja (verb).

Principle vs Principal

Nah kali ini kita akan membicarakan kata-kata yang sering disalahartikan oleh English learners. Kata-kata kali ini adalah principle dan principal. Kita mulai ya!

PrinciplePrincipleadalah kata benda. Artinya bisa prinsip moralitas sebagai standar tingkah laku yang baik. Dalam contohnya seperti ini:

I cant lie, it is against myprinciples.[Gue gak bisa berbohong, itu melawan prinsip gue.]

Arti keduanya adalah ide dasar yang menjelaskan atau mengatur bagaimana sesuatu bekerja. Contoh:

The country works on theprinciplethat all men are made equally.[Negara ini bekerja berdasarkan prinsip bahwa orang-orang dilahirkan dengan kedudukan yang sama.]

PrincipalPrincipaladalah kata benda dan kata sifat. Dalam kata sifat,, principalberarti paling penting. Contoh:

Palm oil is theprincipalexport from Indonesia. [Kelapa sawit adalah ekspor paling penting dari Indonesia.]

Principaldalam kata benda berarti orang yang berwenang dan memiliki otoritas paling tinggi di dalam suatu organisasi, institusi, maupun grup. Termasuk di dalamnya adalah kepala sekolah, aktor utama dalam sebuah konser ataupun opera, pemain utama dalam setiap bagian orkestra.

Contoh: It is a consulting firm whoseprincipalis located in Jakarta. [Ini adalah firma konsultasi yang pusatnya berlokasi di Jakarta.]

The end.

"Rise" vs "Raise"

"Rise"

= yang berperan sebagai kata kerja/verbintransitif (tidak membutuhkan objek) artinya:

"naik", "bangun", "bangkit", "muncul"

Contoh:1. Bubblesroseto the surface of water.[Gelembung-gelembung muncul ke permukaan air.]2. Smoke was rising into the air.

[Asap naik ke udara.]3. The sunrisesevery morning.[Matahari selalu terbit/muncul setiap pagi.]Sinonim:"accelerate", "build up", "roll up",dll.

Antonim:"contract", "decrease", "recede", "wane",dll.

Pada contoh kalimat 1,rosemerupakan bentuk past (lampau) daririse.Sedangkan pada contoh kalimat 2 dan 3,risingdanrisesmerupakan bentuk present (sekarang) daririse.

"Raise"= kata kerja/verb transitif (membutuhkan objek) yang artinya:

"menaikkan, mempertinggi, membangun, atau mengangkat posisi/barang"

Contoh:

1. Raiseyour hand if you know the answer![Angkat tangan jika kamu tahu jawabannya!]2. Raiseyour arms above your head![Angkat senjatamu di atas kepala!]

3. Heraisedhis head and looked around.[Dia mendongakkan kepalanya dan melihat sekitarnya.]Sinonim:"boost", "crane", "elevate", "heighten", "lift", "pick up", "take up", "up", "uphold", "uplift", "upraise", dll.

Antonim:"drop", "lower",dll.

Some and Any

Ini nih, ada satu kebingungan yang sering terjadi dalam pembelajaran bahasaInggris, yaitu pemakaian some dan any.

Nah, kapan kita pake some,dan kapan kita make any?

Pada konteks jumlah, kedua kata tersebut adalah petunjuk jumlah untuk kata benda.

Kita bisa mengatakan bahwa some mengartikan sedikitatau sebagian.

Sedangkan any bisa kita artikan tidak ada biladimasukkan ke dalam kalimat negatif,serta sedikit atau sebagian dalamkalimat pertanyaan.

SomeDalam kalimat positif, biasanya digunakan some.

Contoh:

I have bought some food.[Aku habis membeli sedikit makanan.]

Pengecualian terjadi bila ada katanever,without,hardly. Bila ada katatersebut, baru kita gunakan any.

Contoh:

I did my homework without any help.[Aku mengerjakan PRku tanpa bantuan orang lain.]

AnyDalam kalimat negatif, biasanya digunakan any.

Tapi tetap harus diingatbahwa dia harus ditemani not sebagai indikator kalimat negatif.

Jadiharus not..any,karena kalo any sendiri, ia tidak memiliki arti negatif.

Contoh:

I have not bought any food.[Aku tidak membeli makanan apa pun.]

Dalam kalimat pertanyaan, biasanya yang digunakan adalah any.

Contoh:

Have you brought any food?[Apakah kamu membeli makanan?]

Penggunaan some dalam kalimat pertanyaan baru digunakan bilapertanyaannya mengekspektasikan jawaban yes.

Contoh:

Would you like some juice?[Apakah kamu mau sedikit jus?]

Dalam contoh seperti ini, diandaikan bahwa orang yang bertanya cenderungmenerima tawaran yang ditawarkan.

Stationery vs Stationary

Mungkin kamu udah tau perbedaan makna di antara kata stationary dan stationery.

Kita coba ya. Mana yang biasa ditemuin di toko buku?Yes, jawabannya adalah stationery.

StationeryStationery adalah kata benda(noun)yang artinya perlengkapan tulis-menulis (contohnya pensil, spidol, penggaris, sampai kertas karton, dan seterusnya). Nah kata benda stationery ini adalah kata benda masal, jadi kita selalu menghitungnya sebagai katasingularatau tunggal.

StationaryStationary adalah kata sifat (adjectives)yang berarti tidak bergerak atau tidak berubah.

Contoh:

The car decelerated until it wasstationary.

[Mobil itu melambat sampai akhirnya tidak bergerak.]

Nah udah ngerti kan bedanya stationary dan stationery?

The end and enjoy!

Stimulant vs StimulusPersamaannya, keduanya adalah sesama kata benda (noun). Asal katanya juga dari kata stimulareyang berarti menstimulasi. Maksud dari menstimulasi adalah mendorong, merangsang.

StimulantKata stimulantmenunjuk ke sebuah substansi atau obat yang merangsang keaktifan sesuatu (biasanya sih otak). Maknanya bisa kita pakai secara harfiah maupun figuratif.

Contoh yang secara harfiah: Caffeine is astimulant.[Kafein adalah perangsang (perangsang keaktifan otak).]

Contoh yang secara figuratif: Coal has acted as astimulantto the countrys economy.[Batubara berperan sebagai perangsang ekonomi negara.]StimulusKata stimulusmenunjuk ke sesuatu hal yang merangsang aktivitas, pertumbuhan, ataupun usaha (kita tidak lagi membicarakan obat-obatan seperti di atas).

Kata pluralnya adalah stimuli, BUKANstimuluses. Nah kata stimulant yang maknanya figuratif sebenernya lebih tepat menggunakan kata stimulus, bukan stimulant(seperti contoh yang batubara di atas).

Contoh: Coal has acted as astimulusto the countrys economy.[Batubara berperan sebagai perangsang ekonomi negara.] The essay will provide astimulusto research in this important topic.[Essay ini akan menjadi perangsang untuk riset dalam topik penting ini.]

The end

Story vs Storey

Nah kali ini kita akan mempelajari perbedaan antara katastorydanstorey.Keduanya punya makna yang berbeda nih.

Tapi sebelum mulai, kamu harus inget dulu bahwa dalamAmerican English, penulisanstoreytidak dipakai(mereka tetap pakaistory).

Pertama, tentunya kamu tau bahwastoryadalah sebuah narasi atau bentuk cerita, baik dalamBritishataupunAmerican English.

Ini contohnya: Do you want to know my story?[Lo mau tau cerita gue gak?]

Kedua, storey (dalamBritish English) ataustory(dalamAmerican English) adalah kata benda yang artinya tingkat atau jumlah lantai dalam suatu bangunan.

Contoh: My new house has threestoreys. [British]

My new house has threestories.[American]

[Rumahku memiliki tiga lantai.]

Nah ngerti kan ya bedanya?

Terrible vs TerrificKali ini kita akan membahascommon mistakeslagi. Sekarang yang akan dibahas adalah tentang duaadjectivesatau kata sifat nih, yaitu:terrible&terrific.

Asal-usul kedua kata ini sama, yaitu dari bahasa Latinterrere yang artinyamenakutkan. Meskipun akar katanya sama, ternyata maknanya dalam bahasa Inggris modern sangat berbeda.

TerribleKita mulai dari kataterrible.Artinya adalah sangat buruk, sangat serius, sangat payah, tidak menyenangkan.

Contoh:

I am aterribleswimmer.[Aku adalah perenang yang sangat payah.] Dont go out, the traffic isterrible.[Jangan keluar, lalu lintasnya lagi buruk banget.] I wasted so much money for aterribletrip![Aku membuan-buang banyak uang untuk sebuah perjalanan yang tidak menyenangkan.]

TerrificBagaimana dengan kataterrific?Pada bahasa Inggrisjaman dulu, artinya adalahmenakutkan. Namun makna yang sekarang sudah berganti, sekarang maknanya berubah menjadi sangat dahsyat, sangat kuat, sangat intens; bahkan bisa diartikan sebagai sangat bagus dalam konteks yang berbeda.Memang makna kedua ini beda banget dengan makna kata ini pada jaman dulu. Biar lebih jelas, berikut adalah contoh-contohnya:

You lookterrificin that dress.[Kamu terlihat sangat menarik mengenakan busana itu.] Your test score isterrific.[Nilai tes kamu bagus banget.] What aterrificblast![Ledakan yang benar-benar dahsyat!]

Jadi, meskipun mirip, jangan salah ya dengan penggunaan terrificdan terrible.

The end.

Thankful vs GratefulThankful dan grateful memang punya kesamaan. Keduanya merupakanadjectiveyang menggambarkan perasaan lega dan lapang.Lalu apa bedanya? Nah berikut adalah pembahasan singkat mengenai perbedaan antara dua kata ini.

Thankfuladalah perasaan lapang,lega, ataubersyukur karenasesuatu yang diinginkan terjadi, atau ketika sesuatu yang buruk tidak terjadi.

Contoh:

I was sothankfulthat Im alive.[Aku sangat bersyukur bahwaaku masih hidup.]

I amthankfulthat my duty is over.[Aku lega karenakewajibanku telah selesai.]

GratefulKata ini lebih menunjukkan apresiasi dan rasa terima kasih kepadaseseorang akan sesuatu yang sudah dilakukan orang tersebut.

Contoh:

"I amgrateful(to him) for all his help.[Saya berterima kasih (kepadanya) atas bantuannya.]

I would be verygratefulif you can give me his number.[Akuakan sangat berterima kasih jika kamu memberikan nomor telponnya.]

Thankfuldangratefulmerupakan kata sifat (adjective).

Kata benda (noun)nyaadalah thankfulnessdangratefulnessatau gratitude.

Contoh:

During the speech, Mr. X expressed hisgratitudefor all the help he had beengiven.[Dalam pidatonya, Mr.X mengekspresikan rasa terima kasihnya atas semua bantuan yang telah diberikan kepadanya.]

Jadi udah ngerti kan perbedaan antarathankfuldangrateful?

Thank God vs Thanks, God

Pasti kamu udah sering denger ungkapan Thank God, sebenernya penulisannya yang bener thank God atau Thanks God? Kan maksudnya terima kasih Tuhan.

1. Thank GodAwalnya berasal dari Thanks be to God yang merupakan ungkapan bersyukur kepada Tuhan. Thank God bisa juga disamain dgn Praise God.

Ex.: Thank God it's Friday.[Puji Tuhan hari jumat juga (weekend).]

Ex.: Thank God we made it.[Puji Tuhan kita berhasil.]

2. Thanks, God

Artinya berterima kasih ke Tuhan. Thanks merupakan kependekan dari thank you jadi maksud dari Thanks, God sama seperti Thank You, God.

Thanks, God" ada di percakapan kamu sama Tuhan (privasi). Tapi banyak orang yang merasa kalo "Thank You, God" lebih pantas karena memiliki kesan lebih menghormati.

Jadi yang benar adalah Thank God dan Thanks, God (jangan lupa tanda koma-nya ya).

Thank God merupakan ucapan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan sedangkan Thanks, God adalah ucapan terima kasih yang kamu ucapkan kepada Tuhan, seperti kamu berbicara personal kepada-Nya.

These vs ThosePenggunaan these dan those pada dasarnya hampir sama dengan this dan that, perbedaannya adalah benda yang dirujuk merupakan plural noun [benda jamak].

Thesesangat mirip sama this,yang menunjukkan keberadaan benda pada jarak yang dekat relatif terhadap pembicaranya, yang artinya adalah ini.

Thosesangat mirip sama that,yang menunjukkan keberadaan benda pada jarak yang jauh relatif terhadap pembicaranya, yang artinya adalah itu.

Bedanya adalah dalam penggunaan thosedan these, benda yang dituju merupakan benda yangplural[jamak].

Perhatikan contoh-contoh berikut:Ex:Theseare my cats.[Ini adalah kucing-kucing peliharaanku.]

Dari kalimatnya, dengan penggunaan kata these, kita bisa tahu bahwa kucing-kucing tersebut berada di dekat si pembicara. Perhatikan bahwa bendanya (cats) ada banyak (lebih dari satu) atau berbentukplural(bentuksingular-nya adalahcat).

Ex:Thoseare swallows.[Itu adalah burung-burung walet.]

Dengan penggunaan those, kita bisa tahu bahwa burung-burung walet berada dalam jarak yang relatif jauh terhadap si pembicara.

Perhatikan bahwa bendanya (burung walet) lebih dari satu (bentuksingular-nya adalahswallow).

Penggunaan these dan those yang berikutnya adalah untuk mengidentifikasi suatu hal atau benda. Entah benda yang ini (jarak dekat terhadap pembicara) atau benda yang itu (jarak jauh terhadap pembicara).

Ketika digunakan dalam konteks seperti ini, thosedan thesediletakkan sebelumpluralnoun[kata benda jamak]

Ex: Thesevasesare antiques.[Vas-vas ini adalah barang antik.]

These di kalimat ini untuk menunjukkan vas-vas (yang ada di dekat si pembicara) adalah barang-barang antik.

Ex:Thoseshoesare handmade.[Sepatu-sepatu itu adalah buatan tangan.]

Sama seperti these, those pada kalimat ini untuk mengidentifikasi sepatu-sepatu tersebut. Maksud pembicara adalah menunjukkan sepatu-sepatu yang itu (berada relatif jauh dari si pembicara) adalah hasil buatan tangan.

Pada dasarnya, these dan those sama penggunaannya dengan this dan that yang membedakan adalah benda yang dirujuk. These and those untuk menjelaskanplural noun[benda jamak].

Selamat belajar.

This vs That

Thisdan thatdi bahasa Inggris merupakan kata demonstratif yang nunjukin letak relatif tempat suatu benda terhadap si pembicara.

Gampangnya, thisdalam bahasa Indonesia artinya ini, alias nunjukin bahwa terdapat benda (termasuk orang) yang berada di dekat pembicara.

Sedangkan thatdalam bahasa Indonesia artinya itu, alias menunjukkan bahwa terdapat benda (termasuk orang) yang berada relatif jauh terhadap keberadaan si pembicara.

Yang perlu diingat adalah penggunaan this dan "that hanya untuk merujuk padasingular noun[benda tunggal]. Hal ini berbeda dengan penggunaan ini dan itu dalam bahasa Indonesia yang dapat digunakan baik untuk beda tunggal ataupun jamak.

Perhatikan contoh berikut:

Ex: Thisis my pencil.[Ini adalah pensilku.]

Dari penggunaan kata this, kita bisa tahu bahwa pensil tersebut berada didekatdengan si pembicara.

Ex: Thatis Freds bicycle.Itu adalah sepedanya Fred.]

Dari kalimat di atas, karena menggunakan kata that, kita bisa tahu bahwa sepedanya Fred berada dalam jarak yang relatif jauh dari si pembicara.

Nah, kalau dalam konteks di atas, kita memakai thisdan thatuntuk menjelaskan letak relatif dari suatu benda terhadap si pembicara,

Ada lagi nih bentuk lainnya dimana this/ that diikuti dengannoun[kata benda] untuk mengidentifikasi benda yang dimaksud. Baik untuk benda yang ini (jarak dekat terhadap pembicara) atau benda yang itu (jarak jauh terhadap pembicara).

Supaya lebih jelasnya, kita lihat contoh berikut.

Ex: This bookis quite interesting.[Buku inicukup menarik.]

Mudah kan? Jadi ketika membicarakan benda ini, kita hanya perlu menaruh this sebelumnoun[kata benda].

Ex: That carbelongs to my father.[Mobil ituadalah punya ayahku.]

Sama seperti penggunaan this, ketika membicarakan benda itu, kita hanya perlu menambahkan that sebelumnoun[kata benda].

Gimana? Udah cukup jelas kan dengan penggunaan this dan that? Yang perlu diperhatikan adalah ketika kita menggunakan this dan that bendanya harustunggal.

Selamat belajar!

To Blame vs To AccuseSekarang kita simak perbedaan antara katato accusedanto blame.Keduanya adalah kata kerja atauverb.

To blame someoneArtinya adalah menyalahkan orang lain.Secara panjang, artinyaadalah menyatakan bahwa seseorang bertanggung jawab atas suatu kesalahan.

Ingat ya bahwa kata to blameadalah kata kerja transitifyang selalu membutuhkan objek.

Contoh:

He alwaysblamessomeone else when something goes wrong.[Dia selalu menyalahkan orang lain ketika sesuatu tidak berjalandengan semestinya.]

Sekarang sedikit pembahasan tentang grammar untuk kata to blame.Langsung pakai contoh aja ya!

At first, peopleblamedthe driverforthe accident.[Pada awalnya, orang-orangmenyalahkansi pengemudi ataskecelakaan itu.] At first, peopleblamedthe accidentonthe driver.[Pada awalnya, orang-orangmembebankankecelakaan itu pada sipengemudi.]

Jika kita cermati kedua contoh di atas,artinya sama saja.

Hanya adastruktur yang ditukar(the accident & driver) disertai denganpreposisi berbeda(for & on).

Kita memakai to blamesomeoneforsomething ketika kitamenyalahkan seseorang atas suatu kejadian.

Kita juga bisa memakai kata to blamesomethingonsomeone ketika kitamembebankan sesuatu masalah pada seseorang.Arti keduanya sama saja.

Nah ekspresito blamebiasanya dipakai ketika menuduh seseorang dengan kurang adil dan kurang berdasar. Biasanya ada unsur kurangfairdalam menilai.

Selain ituto blamebisa kita pakai untuk menyalahkan seseorang atas permasalahan yang kurangpenting.

To accuse someoneArtinya adalah menuduh orang lain bersalah atas kejadian kriminal,pelanggaran hukum, sesuatu yang berbau hukum.

Kita selal