bab iii

Download BAB III

Post on 30-Oct-2014

14 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

BAB IIIKomputer dan Internet3.1. Sejarah Komputer Komputer elektronik generasi I - generasi V. Terciptanya komputer elektronik generasi pertama dipacu oleh perang dunia II. Sebuah komputer dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat dengan University Pensnsylvania dengan nama Elektronic Numeikal and Computer (ENIAC). ENIAC terdiri dari 18000 tabung hampa udara, 70.000 resistor, dan 5 juta sambungan solder. ENIAC membutuhkan 160 Kilowatt tenaga listrik untuk dapat beroperasi. Tenaga listik sebesar itu cukup untuk menghidupkannya. Komputer ini dibuat oleh John Presper Ekert (1919-1995) dan W.Maucly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer dengan tujuan umum dengan kecepatan 1000 kali Mark I. Sejarah perkembangan komputer dapat dikelompokan menjadi empat kategori (Hartono, 1999), yaitu: 1. 2. 3. 4. Alat manual (manual device), mempergunakan alat-alat sederhana di mana tangan masih memegang peranan penting. Alat mekanik (mechanical device), yaitu alat mekanik yang digerakkan secara manual oleh tangan. Alat mekanik elektronik (elektro mechanical device), yaitu alat mekanik yang digunakan oleh motor elektronik. Alat elektronik (electronk device), yaitu alat yang bekerja secara elektronik.

Bahasa mesin umumnya mempunyai 50 sampai dengan 300 perintah. Sebagian besar perintah-perintah tersebut digunakan untuk memindahkan data dalam mesin, operasi aritmatika, dan logika. Masukan dan keluaran dikendalikan dengan meletakkan ke dalam register-register. Sebagai contoh, sebuah cakram dapat diperintah untuk membaca dengan menaruh nilai-nilai pada alamat cakram atau alamat memori utama kesebuah register. Istilah komputer berasal dari bahasa latin, computare, yang berarti menghitung (to compute). Sedangkan menurut Brapp (1980), mendefenisikan komputer merupakan sebuah mesin yang menggunakan sirkuit elektronik untuk memanipulasi data yang diekpresikan dalam simbol-simbol, sesuai dengan aturan khusus yang telah ditentukan sebelumnya secara otomatis. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proces) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

Pengantar Sistem Informasi is Easy

30

Sebuah komputer memiliki prosesor, memori, terminal, cakram (disk), koneksi ke jaringan, peralatan masukan/keluaran, dan lain-lain. Ini merupakan sebuah sistem yang kompleks. Menulis program untuk mengelola alat tersebut secara benar dan optimal adalah adalah pekerjaan yang sangat sulit.

3.2. Perangkat Keras pada Komputer (hardware)Perangkat keras (hardware) adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai hardware atau perangkat keras. Contoh dari hardware adalah sebagai berikut: 1. Input device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain. 2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktivitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu: a. Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device. b. Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dan lain-lain) serta data logika (perbandingan). 3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu: a. Read Only Memory (ROM). Read Only Memory (ROM) adalah memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. b. Random Access Memori (RAM). Random Access Memori (RAM) adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer dimatikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer. Agar data yang dibuat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka

Pengantar Sistem Informasi is Easy

31

diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA Card, dan lain-lain. 4. Monitor/screen. Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketik pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU). 5. Casing Unit. Casing unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central procesing unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan system unit. 6. Central Procesing Unit (CPU). Central Procesing Unit adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis procesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.

3.3. Perangkat Lunak pada Komputer (software)Tanpa perangkat lunak atau (software), sebuah komputer hanyalah sebuah kumpulan logam yang tidak berguna. Dengan perangkat lunak, maka komputer dapat manyimpan, memproses, dan menampilkan kembali infomasi. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu program sistem dan program aplikasi. Program sistem adalah program untuk mengelola operasi komputer, sedangkan program aplikasi dibuat untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh pengguna komputer. Program sistem yang paling utama adalah sistem operasi (operating system) yang berfungsi untuk mengendalikan semua sumber daya komputer dan menyediakan sekumpulan layanan pada pemakai sehingga dapat memanfaatkan sumber daya tersebut. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu: 1. Sistem operasi, seperti DOS, Unix, Novell, OS/2, Windows, dan lain-lain. Software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.

Pengantar Sistem Informasi is Easy

32

2. Program utility, seperti Norton utility, Scandisk, PC Tools, dan lain-lain. Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari sistem operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. 3. Program aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll, dan lain-lain. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. 4. Program paket, seperti MS-Word, MS-Excel, Lotus 125, dan lain-lain. Merupakan program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Dewasa ini ada dua jenis komputer elektronik yang kita kenal, yaitu analog dan digital. Komputer analog menggunakan sirkuit elektronik dan arus listrik untuk menggambarkan sebuah proses atau sebuah sistem. Mesinmesin analog dipakai dalam bidang rekayasa dan kendali dari suatu proses produksi. Mereka tidak dipakai untuk mengolah data untuk manajemen. Pengertian brainware atau perangkat manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari brainware adalah programmer, netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer. Hubungan antara hardware, software dan brainware dapat kita lihat pada gambar berikut (Gambar 3.1).

Gambar 3.1. Hubungan hardware, software, dan brainware. (Sumber: http://ghadinkz23.blogspot.com/2012/04/pengertian-HardwareSoftware-dan.html).

Pengantar Sistem Informasi is Easy

33

Pengertian hardware, software, dan brainware di atas tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut memiliki keterkaitan untuk menciptakan sebuah komputer yang berguna. Hardware atau perangkat keras komputer apabila ada tanpa software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan. Apabila hardware dan software komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat brainware untuk mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang tidak memiliki fungsi. Bisa dikatakan hanyalah sebuah robot yang diam. Jadi, brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen penting untuk mengoperasikan komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionalitas dan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.

3.4. Perkembangan Sistem OperasiSistem operasi adalah program yang terpenting yang bekerja di komputer. Setiap komputer mempunyai sebuah sistem operasi untuk menjalankan program-program lainya. Sistem operasi menjalankan tugastugas dasar seperti mengenali masukan dari papan ketik, mengirim keluaran ke layar monitor, mengenali berkas dan direktori pada cakram, dan mengontrol peralatan lainya. Fungsi utama sistem operasi adalah, menyembunyikan kompleksivitas operasi komputer dan menyediakan seperangkat perintah yang lebih nyaman untuk digunakan oleh programer. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang bekerja dalam kernel mode atau supervisor mode yang terlindung dari intervensi pemakai komputer. Sedangkan compiler dan editor bekerja