b. indonesia 2012

2
S O A L UJIAN TENGAH SEMESTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA MATA KULIAH : Bahasa Indonesia HARI/TANGGAL : November 2012 DOSEN PENGAMPU : Dewi Nurdiyanti, SST., M.Pd. WAKTU : 90 Menit SIFAT UJIAN : Close Book SEMESTER : 1 Petunjujuk: 1. Berdoalah sebelum mengerjakan sola ujian ini. 2. Cantumkan nama, NIM, dan tandatangan pada lembar jawaban 3. Jawablah soal yang dianggap mudah terlebih dahulu 4. Kerjakan semua soal sendiri-sendiri (tidak bekerja sama) 1. Perbaiki kalimat dalam paragraf berikut sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia yang benar. Setelah selesai memilih legislatip tanggal lima april yang lalu, kini rakyat Indonesia mulai tertuju lagi perhatian kepada pemilihan presiden. Lima pasang calon kandidat presiden sudah siap untuk berlaga dipentas pesta demokrasi yang paling sangat bergengsi untuk mempertaruhkan karir politiknya. Beliau mulai sibuk mencari dukungan dan simpati masyarakat keorganisasi-organisasi masa dan lembaga ke agamaan dengan cara mengadakan acara dengan dalih silaturahmi dan memperingati maulid Nabi. 2. Buatlah satu kalimat inti, kemudian ubah kalimat inti tersebut menjadi kalimat non inti! 3. Jelskan perbedan antara kalimat tunggal dan kalimat majemuk dan berikan contohnya. 4. Jelakan 2 syarat pembentukkan paragraf! 5. Jelaskan termasuk kedalam paragraf apakah contoh paragraf berikut ini!

Upload: dewinurdiyanti

Post on 20-Nov-2015

8 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

latihan soal

TRANSCRIPT

S O A LUJIAN TENGAH SEMESTERUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

MATA KULIAH: Bahasa IndonesiaHARI/TANGGAL: November 2012DOSEN PENGAMPU: Dewi Nurdiyanti, SST., M.Pd.WAKTU: 90 MenitSIFAT UJIAN: Close BookSEMESTER: 1Petunjujuk:1. Berdoalah sebelum mengerjakan sola ujian ini.2. Cantumkan nama, NIM, dan tandatangan pada lembar jawaban3. Jawablah soal yang dianggap mudah terlebih dahulu4. Kerjakan semua soal sendiri-sendiri (tidak bekerja sama)1. Perbaiki kalimat dalam paragraf berikut sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia yang benar.Setelah selesai memilih legislatip tanggal lima april yang lalu, kini rakyat Indonesia mulai tertuju lagi perhatian kepada pemilihan presiden. Lima pasang calon kandidat presiden sudah siap untuk berlaga dipentas pesta demokrasi yang paling sangat bergengsi untuk mempertaruhkan karir politiknya. Beliau mulai sibuk mencari dukungan dan simpati masyarakat keorganisasi-organisasi masa dan lembaga ke agamaan dengan cara mengadakan acara dengan dalih silaturahmi dan memperingati maulid Nabi. 2. Buatlah satu kalimat inti, kemudian ubah kalimat inti tersebut menjadi kalimat non inti!3. Jelskan perbedan antara kalimat tunggal dan kalimat majemuk dan berikan contohnya.4. Jelakan 2 syarat pembentukkan paragraf!5. Jelaskan termasuk kedalam paragraf apakah contoh paragraf berikut ini!Budi tinggal bersama ibunya yang telah menjanda di sebuah rumah dekat mesjid. Setelah ibunya meninggal, dia diajak ke rumah pamannya di sebuah perkampungan kumuh yang sangat jauh dari mesjid. Anak-anak muda di kampung itu terkenal dengan kenakalannya dan mereka senang bergerombol di mulut-mulut gang sambil menenggak minuman keras dan mengganggu orang-orang yang lewat. Akhirnya Budi pun terpengaruh menjadi pemabuk dan suka berkelahi. Dia tidak segan-segan melukai seseorang ketika mabuk dan sering terlibat aksi tawuran antarkelompok remaja kanpung itu. Kini Budi menringkuk di dalam tahanan polisi, padahal dahulu ia seorang anak yang baik dan rajin shalat.

SELAMAT BEKERJA, SEMOGA SUKSES.................