arsitektur islami kontemporer

Download ARSITEKTUR ISLAMI KONTEMPORER

Post on 21-Dec-2015

217 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

;jkhgsl.k sjhslh;hsa;ou hakhfu akjhiur bnued beu anbuie bfua hru ahnfu ahur bfu

TRANSCRIPT

ARSITEKTUR ISLAMI KONTEMPORER

ARSITEKTUR ISLAMI KONTEMPORERNadya Laxmi Hibbaty11512053 Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.(QS: Ash-Shaff Ayat: 4)

Arsitektur adalah gabungan dari fungsi, struktur, dan estetika. Sebuah arsitektur harus memiliki fungsi yang mampu memberikan manfaat pada pengguna sesuai kebutuhannya, sebuah arsitektur harus memiliki struktur yang yang kuat sehingga penggunanya aman berkegiatan di dalamnya, dan sebuah arsitektur harus memiliki keindahan yang membuat pengguna menjadi nyaman.

FTSP UII tidak hanya didesain dengan sistem konstruksi yang kokoh, namun juga dengan nilai estetika yang tinggi. Dapat dilihat dari orientasi bangunan,fasad, dan vegetasi yang membuat penghuni merasa nyaman. Bangunan itu tidak hanya kuat saja tetapi juga harus indah, karena dengan keindahan terdapat ketentraman dan memberikan kemanfaatan yang lebih dibandingkan hanya kuat saja.

Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui ( al-baqoroh : 22)

Aspek vegetasi merupakan menjadi prioritas utama yang harus dipikirkan. Vegetasi merupakan view naturalis yang sangat indah untuk menghiasi sebuah tempat mukim. Peletakan vegetasi pada FTSP UII dapat dimanfaatkan bukan hanya sebagai penyejuk lingkungan, tetapi bisa juga untuk diambil keuntungan darinya. Memberikan nilai estestis dan membuat terlihat asri.

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu (an-nisa : 176)

Islam adalah agama yang sarat dengan etika moral dalam segala aspek kehidupan. Menjaga silaturrahim yang baik terhadap satu sama lainnya merupakan etika moral yang bisa dikembangkan kearah arsitektural. Hal ini telah diterapkan pada FTSP UII, yang mana telah tersedia space/tempat untuk saling berkumpul antara mahasiswanya. Penggunaan elemen-elemen islami seperti pilar-pilar besar khas timur tengah, kaligrafi, iwan, lambang segi delapan, juga semakin menambah kesan islami yang kuat pada bangunan FTSP UII. Semua elemen ini dikombinasikan dengan baik sehingga tidak terlihat berlebihan.