risqiyah

Post on 12-Aug-2015

85 Views

Category:

Education

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

MATERI FIQIH THAHARAH

NAMA :RISQIYA

PEGERTIAN THAHARAHSecara bahasa, thaharah artinya

membersihkan kotoran, baik kotoran yang berwujud maupun kotoran yang tidak berwujud.

Adapun secara istilah, thaharah artinya menghilangkan hadats, najis, dan kotoran dengan air atau tanah yang bersih. Dengan demikian, thaharah adalah menghilangkan kotoran yang masih melekat di badan yang membuat tidak sahnya shalat dan ibadah lain.

Pengertian Hadats

Hadats secara etimologi (bahasa), artinya tidak suci atau keadaan badan tidak suci – jadi tidak boleh shalat. Adapun menurut terminologi (istilah) Islam, hadats adalah keadaan badan yang tidak suci atau kotor dan dapat dihilangkan dengan cara berwudhu, mandi wajib, dan tayamum. Dengan demikian, dalam kondisi seperti ini dilarang (tidak sah) untuk mengerjakan ibadah yang menuntut keadaan badan bersih dari hadats dan najis, seperti shalat, thawaf, ’itikaf.

Pengertian Kotoran dan Najis

Kotoran berasal dari kata kotor, artinya tidak bersih, seperti pakaian yang kena keringat. Adapun najis adalah sesuatu yang keluar dari dalam tubuh manusia atau hewan seperti air kencing, kotoran manusia atau kotoran hewan. Dengan demikian, kesimpulan sementara adalah kotor belum tentu najis, sedangkan barang yang terkena najis pasti kotor.

Hukum Asal Segala Sesuatu adalah Suci Terdapat suatu kaedah penting yang harus

diperhatikan yaitu segala sesuatu hukum asalnya adalah mubah dan suci. Barangsiapa mengklaim bahwa sesuatu itu najis maka dia harus mendatangkan dalil. Namun, apabila dia tidak mampu mendatangkan dalil atau mendatangkan dalil namun kurang tepat, maka wajib bagi kita berpegang dengan hukum asal yaitu segala sesuatu itu pada asalnya suci. Menyatakan sesuatu itu najis berarti menjadi beban taklif, sehingga hal ini membutuhkan butuh dalil.

PENUTUPSegala sesuatu dapat kita nikmati dan

kita rasakan dengan indah karena kita menerima dan mensyukurinya

Kami sampaikan kepada semua temen-temen yang telah memberi semangat dan motifasi dan paling khusus buat dosen saya tercinta hari ini yang menjadi bagian dari semangat dan idola kami.

Kurang lebihnya dari kami mungkin banyak kekeliruan yang sengaja maupun tidak

top related