riset

Post on 04-Mar-2016

213 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

PEMASARAN

TRANSCRIPT

Segmentation

SegmentationMercedez Benz

Sejarah SingkatMercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai saat ini. Selain terkenal berteknologi tinggi, Mercedes-Benz juga memiliki tingkat keamanan tinggi.Asal mula Mercedes-Benz berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz Patent Motorwagen. Dengan bantuan dari Gottlieb Daimler dan teknisi Wilhelm Maybach. Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz.

Segmentasi GeografisDijual ke seluruh duniaMercedes-Benz merupakan perusahaan multinasional yang telah melakukan ekspansi perusahaan ke negara lain. Salah satu faktor yang mendorong perusahaan memutuskan untuk ekspansi ke Indonesia yaitu dilihat dari jumlah populasi penduduk yang besar serta tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup baik untuk ukuran negara berkembang.

Penjualan LokalPenjualan mobil mewah di Indonesia cukup bersinar, pada tahun 2010 memimpin pangsa pasar dengan kuantitas penjualan sekitar 460 unit per bulan yang laku terjual. Dibandingkan rival lainnya Mercedes Benz memimpin dengan market share sebesar 70% disusul BMW 18% Lexus sebesar 8% Audi sebesar 2% dan rival lainnya sebesar 2%.Hal tersebut disebabkan karena penetrasi pasar mobil mewah di Indonesia sudah dari dulu dikuasai oleh Mercedes Benz. Sehingga faktor first mover begitu kuat di benak konsumen mobil mewah Indonesia. dibarengi dengan design yang menawan serta fasilitas unggulan yang dimiliki brand asal Jerman ini membuat harga jual kembali relatif stabil yang berimbas kepada pasar mobil bekas (secondary market)

Sumber: http://triatmono.info/2010/08/17/mercedes-benz-memimpin-dalam-penjualan-mobil-mewah-di-indonesia/

Penjualan InterlokalPenjualan mobil Mercedes-Benz di Amerika Serikat (AS) menunjukkan grafik yang menggembirakan. Penjualan Mercedes-Benz di AS meningkat 9 persen pada Januari 2015 lalu.

Tak hanya itu, Mercedes-Benz kini memimpin dalam daftar penjualan mobil mewah. Tercatat sebanyak 24,619 mobil baru Mercedes telah terjual di AS sepanjang Januari lalu.

Dan seperti yang dilansir Automotive News, dari total penjualan Mercedes bulan lalu, jenis Vance-made GL-Class menjadi yang terlaris. Total 1000 lebih GL-Class terjual.

Selain GL-Class, penjualan Mercedes juga didongkrak dengan penjualan beberapa model andalannya Mercedes M-Class, R-Class dan C-Class yang tahun lalu laku terjual lebih dari 235 ribu unit.

Keberhasilan Mercedes mendominasi pasar mobil mewah di AS ini disambut gembira sang CEO, Stephen Cannon. Bahkan Cannon menyebut Januari lalu sebagai Januari yang terbaik selama ini.

Sebagai catatan, sebagai penantang serius Mercedes-Benz di pasar mobil mewah Amerika Serikat ada Lexus dan BMW.

Sumber; http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/585642-mercedes-benz-kuasai-penjualan-kelas-mobil-mewah

Segmentasi PsikografiStrategi Pemasaran Mercedes-Benz yang baru difokuskan pada kenyamanan, stabilitas, keamanan dan inovasi model mereka, sehingga konsumen akan merasa prestigious ketika menggunakan Mercedes Benz.Type Mercedes Benz

Mercedes type SLK 50 (1,5 M)Mercedes Benz Indonesia (MBI) menyebutnya roadster terbaru SLK dengan sebutan sebuah lambang inovasi pada desain, teknologi, serta performa. Mercedes-Benz SLK terbaru ini hadir dengan performa terbaiknya, dengan salah satu keunggulan mutlak MAGIC SKY CONTROL pertama di dunia dalam sebuah roadster yang bisa merubah suasana menjadi terang atau gelap hanya dengan menekan sebuah tombol.

Segmentasi DemografiMercedes Benz membidik pasar dalam target usia 25-50 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Tentunya bidikan pasar Mercedes Benz mengarah pada konsumen yang berpendapatan tinggi dan berkantong tebal

TargetingTarget pasar dari Mercedes Benz adalah kalangan masyarakat yang memiliki gaya hidup mapan dan berpendapatan cukup tinggi. Serta konsumen yang menginginkan kenyamanan juga kemewahan dalam berkendara.

PositioningUntuk Strategi pemasaran di Indonesia sendiri, kini Mercedesbenz mempositioningkan brandnya: Mercedes Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia.Merek Mercedesbenzsecara konsisten telah dikenal mewah, harga premium, teknologi yang mutakhir dan kualitas unggul.Namun, dalam membedakan dirinya dari merek lain terkenalyang ada di Indonesia, Mercedes lebih memfokuskan pada kualitas dan premium tidak sekedardari keunggulan teknologisaja.

Strategi PasarFokus kepada kenyamanan, stabilitas, keamanan, dan inovasiMeningkatkan penjualan melalui iklan dan promosiBerfokus pada Customer SatisfactionStrategi marketing yang dilakukan Mercedes Benz adalah dengan membuat kampanye pemasaran di seluruh dunia

SegmentaTIONBMWTARGETINGPOSITIONING

HISTORICALBayerische Motoren Werke AG (BMW) yang dalam bahasa Inggris Bavarian Motor Works, sebuah perusahaan yang dikenal dengan segmentasi produk yang identik dengan kemewahan serta fasilitas canggihnya. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan yang memproduksi merek dagang MINI, dan merupakan perusahaan induk dari Rolls-Royce Motor.Sedangkan di Indonesia sendiri BMW pertama kali menginjakkan kakinya pada tahun 1976. Pada masa pertama kali tersebut BMW datang dengan menggandeng mitra lokalnya yaitu PT Tjahya Sakti Motor yang juga merupakan rekanan atau anak perusahaan dari PT Astra International Tbk. Sektor bisnis yang mereka jalankan adalah menyediakan serta melakukan saluran pendistribusian produk otomotif roda 4 dari BMW secara Completely Built Up (CBU) atau Completely Knocked Down (CKD). Kemasan mewah, moderen, canggih melekat pada merek BMW baik produk, kantor pusat, pelayanan dan lain sebagainya.

SegmentasiBMW idealnya harus mampu menghasilkan produk di tiap kelas kendaraan. Namun beberapa kelas tidak dimiliki oleh BMW, sepertinya BMW tetap hanya ingin mempertahankan bentuk dan kelas sedan sebagai Backbone produknya. Namun dengan adanya produk kendaraan yang dirakit di Indonesia (Completely Knock Diassembling /CKD) idealnya BMW mampu menurunkan harga jual kendaraan pada kelas kelas produk yang mengalami perakitan melalui CKD. Sehingga dengan turunnya harga tersebut membuat segmentasi pasar atau konsumen BMW menjadi lebih luas dibandingkan sebelumnya.

TargetingBMW mampu bertahan hingga kini dengan fokus strategi yang mereka tetapkan tanpa kompromi sejak awal berdiri dengan berfokus pada kelas premium, Grup mobil dan sepeda motor BMW menginspirasi banyak orang diseluruh dunia.Perusahaan otomotif BMW berfokus pada konsumen berpenghasilan menengah ke atas dengan harga jual lebih mahal dibandingkan dengan rata-rata harga mobil Jepang.

PositioningBMW berorientasi pada pengemudi dengan memberikan kenyamanan dalam melakukan akselerasi di setiap berkendara. Agresifitas dan efisiensi mesin pun diuji dengan mesin yang mumpuni. Dengan tampilan yang sporty dan elegan mampu mengintimidasi konsumen yang memiliki gaya hidup glamour namun tetap ingin sporty.

Strategi PemasaranPerusahaan besar ini menggunakan strategi diferensiasi untuk mencapai visi dan misinya. Strategidiferensiasi mendorong perusahaan atau unit bisnis menciptakan atau menghasilkan produk atau jasa yang unik dan bernilai, yang memungkinkan perusahaan dapat menjual pada harga premium. Perusahaan ini melakukan diferensiasi dengan tujuan terutama untuk memperoleh keunikan dibandingkan dengan para pesaingnya dan dinilai penting oleh pembelinya. Diferensiasi tumbuh dari rantai nilai perusahaan BMW, dimana setiap rantai aktivitas perusahaan ini merupakan sumber potensial bagi keunikan yang dapat ditawarkan dan menarik para pembeli. Kualitas bahan baku atau proses teknologimenjadi sumber diferensiasi yang membedakan secara signifikan dengan produk kompetitornyaC-Class3 Series

TampilanBMW 320i Sport

Mercedes-Benz C 200 Avantgarde

PenilaianMasih unggul untuk kesan berkendaranyaRevolusi ubahan tampilannya begitu menggodaRating4,5 bintang4,5 bintangHarga (OFR)Rp 649 jutaRp 739 juta0-100 kpj7,3 detik7,3 detikBBM (kombinasi)9,4 kpl9,2 kplBobot Kosong1.475 kg1.480 kgTop Speed235 kpj250 kpjSumber: http://www.autocarindonesia.com/

MesinBMW 320i Sport

Mercedes-Benz C 200 Avantgarde

Mesin2,0 liter 4-silinder segaris twin-turbo, bensin2,0 liter 4-silinder segaris twin-turbo, bensinInstalasiDepan, longitudinal, RWDDepan, longitudinal, RWDTenaga184 hp @ 5.000 rpm184 hp @ 5.500 rpmTorsi270 Nm @ 1.250-4.500 rpm300 Nm @ 1.200-4.000 rpmTenaga/Bobot125 hp/ton124 hp/tonOutput Spesifik92 hp/liter92 hp/literTransmisiOtomatis 8-percepatanOtomatis 7-percepatanSumber: http://www.autocarindonesia.com/UkuranBMW 320i SportMercedes-Benz C 200 Avantgarde

Panjang4.624 mm4.686 mmLebar1.811 mm1.810 mmTinggi1.429 mm1.442 mmSumbu Roda2.810 mm2.840 mmTangki Bensin57 liter66 liter + 7 liter (reserve)Kapasitas Bagasi480 liter480 literSumber: http://www.autocarindonesia.com/

AkselerasiBMW 320i SportMercedes-Benz C 200 Avantgarde

Suspensi DepanDouble-joint front axle with spring struts and anti-roll barAirmatic four-link front axleSuspensi BelakangFive-link rear axle with elastokinematicsAirmatic multi-link independent with five-link conceptRemCakram ventilasi (depan)Cakram ventilasi (belakang)Cakram ventilasi (depan)Cakram ventilasi (belakang)Ban225/50 r17225/50 R17Sumber: http://www.autocarindonesia.com/

KesimpulanMana yang terbaik di antara keduanya? Kesan berkendara BMW masih terlalu sulit untuk diabaikan dan harganya jauh lebih kompetitif berkat perakitan lokal. Mercedes-Benz unggul dalam hal kemewahan dan dari segi tampilan jauh lebih menggoda. Pihak Mercedes-Benz Indonesia dipastikan akan merakit C-Class secara lokal, dan banderolnya pun akan semakin kompetitif dalam beberapa bulan mendatang.Tetapi bagi siapapun yang menyukai proses berkendara, tentu saja fungsionalitas akan lebih diutamakan dibandingkan keindahan desain sekalipun. Meski sudah berumur, BMW masih unggul dalam pertemuan yang terlambat tiga tahun ini.

top related