ppt pla cat

Post on 05-Nov-2015

107 Views

Category:

Documents

25 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

pengolahan limbah industri cat

TRANSCRIPT

PROSES PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI CAT

PROSES PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI CATDISUSUN OLEH :ASEPDWITA FATMAWATIFIRNA FITRIANI AMININTAN PURNAMA ALIMNIDA RIZKIYAHCat campuran dari zat pewarna yang tersuspensi dalam campuran seperti minyak dan digunakan untuk menutupi permukaan berbagai macam benda.

Bahan Baku Bahan baku utama yang digunakan dalam proses produksi cat adalah resin, pelarut, pigmen dan ekstender. Resin : Alkid, Aklirik, Vinil dan lain-lain Pelarut : Aromatik, Alifatik, Ketone, Alkohol, dan lain-lain Pigmen : TiO2 - Anorganik- Organik Ekstender : Kalsium Karbonat, Kapur, Tanah Liat dan lain-lain; Bahan Pembantu: Plasticizer, zat pewarna dan lain-lain.

Proses Pembuatan CatJenis-Jenis Cat

Limbah CatLimbah CairLimbah PadatLIMBAH PADATKemasan BekasLimbah ini dihasilkan dari bekas kemasan bahan baku/penolong berupa kantong/sak atau karung dari kertas dan plastik. Penanganan limbah ini dilakukan dengan pengumpulan setiap hari kerja dan ditempatkan di TPS pabrik lalu diangkut/dibeli oleh perusahaan daur ulang kemasan. Lumpur / Sludge Limbah ini dihasilkan dari proses pengolahan air limbah di IPAL pabrik. Limbah ini bersifat B3 (bahan beracun dan berbahaya) sehingga penanggulangannya sangat hati-hati mulai dari pengumpulan, pengeringan sampai pada pembuatannya menjadi flintkote sebagai produk sampingan (dengan catatan perusahaan telah memiliki izin pemanfaatan limbah B3 dari Kementerian Lingkungan Hidup). Flinkote ini biasanya digunakan sebagai pelapis anti karat pada logam seperti pada bangunan maupun pada mobil.LIMBAH CAIRSumber LimbahSumber utama limbah cair berasal dari pencucian,pembilasan dan pembersihan tangki serta peralatanproses produksi cat, yaitu : Air pencucian Ceceran dari proses produksi Laboratorium dan bak-bak pencucian Air pendingin dan boiler (blow down) Pencucian alat-alat transportasi bahan-bahan baku dan penolong pembuatan cat Peralatan pengendalian pencemaran udara yang menggunakan air seperti wet-scrubber dan alat lainnya.

Pengolahan limbah cair industri cat dapat menggunakan teknologi pengolahan limbah secara fisik, kimia dan biologi untuk mengurangi kadar parameter utama limbah cair yang dihasilkan. Banyak logam berat yang terkandung dalam limbah cair produksi cat, seperti : merkuri (Hg), timbal (Pb), cadmium (Cd), kromium (Cr6+), seng (Zn), besi (Fe) dan titanium (Ti) serta parameter lainnya, tergantung pada jenis bahan baku dan bahan tambahan yang digunakan.Proses PengolahanUmumnya terbagi menjadi 6 bagian, diantaranya :Ekualisasi debit limbah dengan tangki pengumpul Pengaturan pHPengendapan lumpurPengentalan atau pengeringan lumpurFiltrasi atau penyaringanTangki penyimpanan akhir 1. Ekualisasi debit limbah dengan tangkiTujuan utama dari instalasi tangki ekualisasi di dalam suatu instalasi pengolahan air limbah adalah untuk mencapai debit air limbah yang konstan atau mendekati konstan. Tercapainya debit yang konstan akan bermanfaat bagi unit-unit pengolahan selanjutnya, antara lain: Meningkatkan performa proses biologi akibat tidak adanya shock loading Meningkatkan kualitas efluen serta performa thickening (pengentalan lumpur) dalam tangki sedimentasi kedua karena solids loading yang konsisten Mengurangi luas area permukaan filter Meningkatkan kontrol penambahan bahan kimia dan keterandalan proses pengolahan kimia2. Pengaturan pHpH adalah faktor yang penting dalam proses penyisihan logam. Hal ini disebabkan karena untuk setiap logam memiliki kondisi dimana dia bisa mengendap. Seperti contoh adalah dalam penyisihan logam kromium (Cr6+) yang bersifat oksidator kuat dimana sebelum diendapkan kromium (Cr6+) diubah dahulu menjadi kromium (Cr3+) yang lebih tidak berbahaya. Proses ini hanya dapat terjadi apabila keadaan pH nya asam sehingga perlu dikondisikan dahulu. Setelah menjadi kromium (Cr3+) baru dapat diendapkan tetapi setelah pH dinaikkan kembali.3. Pengendapan lumpurMetode pengendapan dengan koagulasi dipilih karena dalam limbah cat terdapat konstituen kimia seperti kation-kation yang dapat diubah menjadi bentuk senyawa tak larut dengan menambahkan koagulan. Pada metode ini biasanya digunakan suatu koagulan sintetik. Koagulan yang umumnya dipakai adalah kapur, garam-garam aluminium seperti aluminium sulfat , garam-garam besi seperti ferri sulfat dan PAC (polyaluminium chloride).

4. Pengentalan atau pengeringan lumpurSistem ini menggunakan pengental dan penjernih yang dilanjutkan dengan belt filter press atau gulungan pengeringan sedangkan air yang dihasilkan oleh perlakuan ini dikembalikan ke unit awal pengolahan limbah. Pada prinsipnya, proses yang berlangsung di dalam BFP adalah memeras cake (lumpur dengan konsentrasi padatan yang tinggi) di atas belt (sabuk berjalan) sehingga air yang masih terkandung di dalam cake dapat keluar dan lumpur menjadi kering.Tahapan proses pada sludge dewatering dengan BFP yaitu Flokulasi , Feeding , Penirisan , Penyaringan , Kompaksi dan Pengeringan , Pembuangan dan Pembersihan Belt.5. Filtrasi atau penyaringanFiltrasi merupakan proses pengolahan air limbah dengan cara mengalirkan air limbah melewati suatu media filter (lapisan berpori) yang disusun dari bahan-bahan butiran dengan diameter dan tebal tertentu. Lapisan berpori ini dapat terdiri dari bermacam-macam bahan, seperti granular (kerikil), pasir, batuan kecil, antrasit, pecahan kaca, abu.

6. Tangki penyimpanan akhir Air hasil olahan ini digunakan kembali dalam proses produksi sehingga mengurangi jumlah penggunaan air bersih dan mengurangi jumlah air limbah yang dibuang ke lingkungan. Penanganan limbah cair untuk industri pembuatan cat terutama dilakukan pada saat pencucian peralatan pada pembuatan cat solvent-based yang tidak boleh tercecer dan masuk ke saluran drainase melalui pemeliharaan lingkungan pabrik yang baik dan benar, sehingga pembuatan cat solvent-based dalam pembuangan limbah diharapkan mencapai zero waste.TERIMAKASIH

top related