petunjuk cara menjawab soal latihan · antara pilihan berikut, yang bukan termasuk manfaat jaringan...

Post on 03-Feb-2020

23 Views

Category:

Documents

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

1

SOAL LATIHAN OLIMPIADE SAINS KUARKKELAS 3-4 SDL E V E L 2

PETUNJUK CARA MENJAWAB SOAL LATIHAN:1. Gunakan pensil untuk mengisi jawaban. (Pada saat menjawab soal-soal olimpiade sesungguhnya nanti, kalian harus menggunakan pensil khusus, yaitu 2-B)

2. Hitamkan bulatan/lingkaran berisi huruf yang sesuai dengan jawaban yang benar. Contoh: Soal No: 1. Dari arah mana matahari terbit? a. barat. b. timur. c. atas. d. bawah. Jawaban yang benar adalah: b. Maka bulatan yang dihitamkan adalah B

3. Cara menghitamkan harus penuh: Contoh yang BENAR: Contoh yang SALAH:

4. Jawaban untuk beberapa soal dapat kalian temukan dalam cerita-cerita yang terdapat pada Komik Sains KUARK ini. Jadi, sebelum menjawab soal-soal, bacalah dahulu semua cerita atau info Kuark, juga eksperimen, yang ada dalam Komik Sains KUARK ini.

1. Pada gambar di samping terdapat berbagai persendian. Berikut terdapat per- nyataan dari beberapa orang mengenai persendian: α.Gracememahamibahwasebuahpersendianadalahsebagaisuatulokasiyang menghubungkanantaraduatulangataulebih. β.Haroldeemenganggapbahwadiadapatmenggerakkansemuapersendianyang terdapatdalamtubuhnya. γ.Ingridmengetahuibahwapersendiaanhanyaterdapatpadarangkaanggota geraknya saja, sedangkan pada tengkorak maupun rangka badannya tidak samasekali. Daripernyataanbeberapaorangtersebut,dapatkitaketahuibahwa: a. HanyapemahamanGracesajayangtepat,sedangkananggapanHaroldee danpengetahuanIngridtidaktepat. b. PemahamanGracedananggapanHaroldeesajayangtepat,sedangkan pengetahuanIngridtidaktepat. c. PemahamanGrace,anggapanHaroldeedanpengetahuanIngridmengenai persendianadalahtepat. d. PemahamanGrace,anggapanHaroldeedanpengetahuanIngridmengenaipersendianadalah tidak tepat.

2. Semuasatwapastimengalamitahappertumbuhanuntukmenjadidewasa.Sejumlahsatwamengalami tahappertumbuhansecarametamorfosis.Nah, pernyataan yang tepat mengenai metamorfosis pada satwaadalah: a. Semuasatwayangmengalamimetamorfosis,selaluberasaldariindukyangovipar. b. Semuasatwayangbermetamorfosissecarasempurna,pastimengalamitahapanmenjadilarva. c. Sebelumdewasa,semuasatwayangbermetamorfosismemilikibentukdankelengkapananggota tubuhyangberbedadengansaatdewasa. d. Semuapernyataan:a,bdancmengenaimetamorfosispadasatwaadalahtepat.

3. Seseoranghendakmenancapkanpaku-pakupadagambardisampinginipadabalok kayuyangsama.Menurutmu,pakumanakahyang membutuhkan gaya dorong yang paling kecil? a. Pakui.KarenaPakuimemilikiukuranketinggianyanglebihkecil dari antara semua paku yang terdapat pada gambar. b. Pakuii.BentukPakuiilebihseimbangdaripadapaku-pakuyanglain, sehinggalebihtidakmudahbengkokketikaakandipukul. c. Pakuiii.KarenaPakuiiimemilikiluaspermukaanbagiandasaryang palingkecildariantarasemuapakuyangterdapatpadagambar. d. Tidakada.Semuapakuyangterdapatpadagambarmembutuhkan gayadorongyangsama,karenajari-jaripadapangkalpakusamabesar.

Paku iPaku ii

Paku iii

2

4. Jikasebuahbatangtumbuhankitapotongsecaramelintang,makaakanterlihatbahwabatang tersebut tersusun atas: jaringan epidermis, jaringan dasar, dan jaringan pengangkut. Nah di antarapilihanberikut,yang bukan termasuk manfaat jaringan epidermis batang bagi tumbuhan adalah: a. melapisidanmelindungijaringan-jaringansebelahdalamdaribatangtumbuhan. b. sebagailapisanantiairyangdapatmencegahterjadinyapembusukanpadabagianbatang. c. sebagailapisanpemilihdanpenyaringzat-zathara(nutrisi)yangdiperlukanolehtumbuhan. d. mengaturpertukarankeluarmasuknyaudarapadabatang(sebagaisaranapernapasan).

5. Mukabumimerupakanbagiandarilitosferdariplanetbumi.Diantarapilihanberikutinipernyataan yang kurang tepat mengenai muka bumiadalah: a. Bentukdarimukabumiadalahtidakrata.Keadaaniniterlihatjelaskarenaadapermukaanyang berbentukmenjulang,cekung,danadapulayangdatar. b. Mukabumiyangterdapatdibagiandaratanselaludalamkeadaankeringdantidakditutupioleh air.Mukabumiyangditutupiairhanyalahlautan. c. Mukabumiyangterdapatdibagianlautanlebihluasdaripadamukabumiyangterdapatdibagian daratan.Karenaperairanlautlebihluasdaridaratan. d. Tidakada.Semuapernyataan:a,bdancmengenaimukabumiadalahtepat.

6. Cacingtanahdapatmemengaruhikeadaantanahmenjadigemburdansubur.Ditanahyanggembur dansubur,tanamanpalawijasepertijagungdapatbertumbuhdengansangatbaik.Nah,menurutmu dapatkahhubungan antara cacing tanah dan tanaman jagung tersebut tergolong sebuah simbiosis? a. Ya.Karenahubungancacingtanahdantanamanjagungbersifatsalingmemberimanfaat.Cacing tanahmendapatkanmakanannyadaritanamanjagung,dantumbuhanjagungmendapatkanzat-zat haradaricacingtanah. b. Tidak.Karenacacingtanahmerupakankelompokhewan,sedangkanjagungmerupakankelompok tanaman.Sedangkansuatusimbiosishanyaterjadipadasesamakelompokhewanataupunsesama kelompoktumbuhan. c. Ya.Karenacacingtanahmaupuntanamanjagungtergolongmakhlukhidupyangberbedajenis. Suatusimbiosisterjadijikaadahubunganyangeratantaraduajenismakhlukyangberbeda. d. Tidak.Karenacacingtanahtidakberhubunganlangsungdengantanamanjagungtersebut. Sedangkansuatusimbiosisterjadijikaadahubunganlangsungantaraduajenismakhlukyang berbeda.

7. Hewanpadagambarke-1dangambarke-2tergolongmakhluk yangmengalamimetamorfosis.Nah,pernyataanmanakahyang merupakan ciri yang menyamakan mereka di dalam metamor- fosis,tetapi yang sekaligus juga merupakan ciri yang membe- dakan dengan hewan pada gambar ke-3adalah: a. berasaldaritelur. b. menetasmenjadilarva. c. mengalamitahapkokon. d. pernahmenjadinimfa.

8. Seorangpasienmengalamibenturanyangsangatkeras,sehinggabagiansendisutura(sendikampuh) nyamengalamilukaparah.Seorangdokterahlibedahsegeramengoperasiuntukmenyelamatkan nyawanya.Nah menurutmu, yang paling mungkin dioperasi oleh dokter ahli bedah tersebut adalah bagian ........................ dari pasien. a. kaki b.badan c.tangan d. kepala

9. Seekorindukhewanmeletakkansejumlahtelurdidalamair.Salahsatudaritelur-teluritukemudian menetasmenjadilarva.Larvatersebutlalusegerabertumbuhmenjadikokon.Setelahbeberapa lamakemudian,daridalamkokonitukeluarseekormakhlukhidupdewasayangmiripindukhewan yangmeletakkantelur.Makhlukdewasatersebutadalahdiriku.Nah,diantarapilihangambar berikut ini, manakah yang paling mungkin merupakan diriku?

a. b. c. d.

10. Padatumbuhantertentuapabilaterdapatkelebihanmakananmakakelebihanituakandisimpan sebagaicadanganmakanandibagianbatang.Nah, jaringan yang terdapat pada batang yang mungkin menyimpan cadangan makananituadalah...................................... a. ... jaringan pengangkut. b. ... jaringan dasar. c. ...jaringanepidermis. d. Pilihan:a,bdancdapatmenyimpancadanganmakanan.

Salamander Bercak

Ikan Agnatha

Ngengat Atlas

Nyamuk Aedes Aegypti

Gambar ke-1

Gambar ke-2

Gambar ke-3

3

11. Denganmengolahgaya(kakas),seorangsenimandapatmengubah suatubahanyangsemulabentuknyatakberaturanmenjaditeratur menyerupaibentuktertentu.Jikalamanyaprosespembuatanpatung olehseorangseniman,bersangkutpautdenganbesarnyakakas yangakandiaberikanpadabahan,makauntukmembuatpatung yang mirip dengan gambar di samping ini, bahan manakahdiantara pilihan di bawah ini, yang akan membutuhkan waktu terlama?

a. b. c. d.

12. Akumerupakansuatugununglautyangmemilikiketinggian4.205meterdaripermukaanlaut.Tetapi jikakalianmengukurketinggiandirikudaribagiandasarku,makaketinggiankumelebihi10.000 meter.Pengukuransemacaminimenjadikankusebagaigunungtertinggidimukabumi.Nah, gunung apakah aku? a. EngkauadalahgunungEverest. b. EngkauadalahgunungMaunaKea. c. EngkauadalahgunungKilimanjaro. d. EngkauadalahgunungOlimpus.

13. Seperti yang terdapat pada penyebutan nama- nya,keduamakhlukpadagambardisampingini sama-samatinggaldilaut,danmemilikihubung- anyangerat.Hubunganyangeratinipaling mirip dengan yang terdapat padapilihan berikut, yaitu: a. BurungKuntulKerbau(Bubulcusibis) dengan Domba (Ovisaries). b. TumbuhanKantungSemarBertaring (Nepenthesbicalcarata)dengan Semut Tukang Kayu (Camponotusschmitzi). c. CacingPita(Taeniasaginata)dengan Sapi Penyusu (Bostaurus). d. PausOrca(Orcinusorca)denganAnjingLaut(Phocavitulina).

14. Salahsatukegunaanbatangadalahsebagaipengangkutcairanmineral(yaitucampuranairdengan zat-zathara)dariakarmenujudaun,sertamendistribusikan(menyalurkan)zat-zatmakanan (berupacairanyangmengandungzattepung)daridedaunankeseluruhbagiantumbuhan.Kedua fungsiiniberkaitaneratdengankeberadaanxilemdanfloempadabatangsuatutumbuhan. Nah,daripemahamaninidapatkitaketahuibahwa: a. bilakitacicipi,makacairanyangberadadidalamfloemlebihmanisdaripadayangberadadi dalamxilem. b. masing-masingcairanyangberadadidalamxilemmaupunyangdidalamfloemcenderung (condong)bergerakmelawanarahgravitasibumi. c. jikasemuaxilemataupunfloempadabatangtumbuhanrusak,makatumbuhantersebutpasti langsungmati. d. Semuapilihan:a,bdancyangberkaitandengankeberadaanxilemdanfloempadabatangsuatu tumbuhan,adalahtepat.

15. Gerakan-gerakan pada gambar, dimung- kinkan terjadi karena adanya persendian. Nah, di antara gambar- gambar itu, manakah orang yang persendi- annya mengalami gerak secara aduksi? a. αdanε. b.βdanγ. c.β. d. δ.

Patung Si Raja Rimba

EsPlastisinJatiPualam

Umang-Umang (Kelomang Laut)

Anemon Laut

α β γ εδ

4

16. Xilemdanfloemmerupakanjaringanpengangkut.Tumbuhantertentutidak memiliki xilem maupun floem. Nahdiantarapilihanberikut,tumbuhan manakah yang dimaksudkan?

a. b. c. d.

17. Salahsatufaktorabiotikyangsangatmemengaruhikehidupandimukabumiadalahhidrosfer.Nah, diantarapilihanberikut,manakahpernyataan yang kurang tepat mengenai hidrosfer? a. Awan-awanyangberadadiatmosferbumimerupakanbagiandarihidrosferkarenabahan penyusunutamanyaadalahair. b. Semuaairyangberadadidalamtanahmerupakanbagiandarihidrosferyangbersifattawardan selalumengalirmenujulautan. c. Bagianhidrosferyangterbesardipermukaanbumiadalahbersifatasin(karenamengandung kadargaramyangtinggi). d. Keberadaanhidrosfermemengaruhiterjadinyacuacamaupuniklimdiatmosferbumi,karena keberadaanhidrosfermemengaruhiterjadinyahujan.

18. Gaya(kakas)yangberupatarikanataupundoronganselaindapatmengubahgerakbenda,dapatpula mengubahbentukbenda.

Nah,diantaragambardiatas,manakahperubahan bentuk yang dipengaruhi oleh kakas berupa tarikan? a. Gambar:1,2dan3. b.Gambar:1dan3 c.Gambar:2. d.Gambar:3.

19. Jenisgerakanpadasuatusendimanusiadapatberupa:aduksi,abduksi,fleksi,ekstensiataupun rotasi. Semakin banyak: jenis gerakan dan arah gerakanyangsuatusendidapatlakukan,maka derajat gerakan dari sendi itu akan semakin tinggipula.Nah,diantarapilihanberikutpernyataan yang benaradalah: a. Derajatgerakan:sendiputar>sendipeluru. b. Derajatgerakan:sendiluncur<sendiengsel. c. Derajatgerakan:sendipelana=sendielipsoidal. d. Derajatgerakan:sendiengsel>sendipelana.

20. Walaupuntergolongsebagaisesamakelompok serangga,keduahewaninibermusuhansatudengan yanglainnya.Salahsatunyamerupakanpemangsa bagihewanyanglainnya,bahkansejakmerekame- netasdaritelur.Nahdiantarapilihanberikut, pernyataan yang benar berkaitan dengan kedua hewan pada gambaradalah: a. Larvadarihewanαmemilikikebiasaanmengon- sumsilarvadarihewanβketikaberadadalamair. b. Nimfadarihewanαmemilikikebiasaanmengon- sumsilarvadarihewanβketikaberadadidalamair. c. Larvadarihewanαmemilikikebiasaanmenyerangpupadarihewanβketikaberadadidarat. d. Nimfadarihewanhewanαmemilikikebiasaanmenyerangnimfadarihewanβdaridaratan.

Kaktus PagodaPaku Tunjuk LangitLumut HatiRumput Teki

Induk Betina Hewan α Induk Betina Hewan β

SEBELUM DIBERIKAN KAKAS

SESUDAH DIBERIKAN KAKAS

1 2 3

Karet penghapus

Adonan terigu Pegas

5

21. Saatkitamengalamikehausan,makakadarairdidalamtubuhkitamenurun,sedangkankadar garammeningkat.Dalamkeadaanyangdemikian,makakitadapatmengonsumsiairyangberasaldari ......................................,danyangsudahdimasak. a. selat b. teluk c. danau d. pantai

22. Batanglogamyangterdapatpadagambar sedang diuji kekuatannya dengan memberi- kangaya(kakas)padabagiantertentu. Nah, benda tersebut dikatakan dipuntir, yaitu dengan memberikan: a. kakas di bagian kedua ujung batang logam,yangarahkeduanyasama-sama memutardanberarahyangsama. b. kakasdibagiankeduaujungbatanglogam, yangarahnyasama-samamemutartetapi salingberlawananarah. c. kakasberupadorongandibagiankeduaujungbatanglogam,yangarahkeduanyasaling berlawananarah. d. kakasberupatarikanataudorongandisalahsatuujungbatanglogam,sedangujungyanglainnya beradadalamkeadaandiam,dantidakdiberikankakas.

23. Disampingterlihatsebuahfototanamananggrek dengan tanaman inangnya (tanamanyangditumpangi olehanggrektersebut). Nah, seandainya kita men- cabut tanaman anggrek tersebut sampai ke akar- akarnya maka kemungkinan yang terjadiadalah: a. Tanamananggrekmaupuntanamaninangnyamasih dapattetaphidup,karenasimbiosismerekabersifat komensalisme.Tanamananggrekhanyamenumpang dantidakmengambilmakanan/zatmakanandari tanaman inangnya. b. Tanamananggrekmaupuntanamaninangnyamasih dapattetaphidup.Tetapikarenasimbiosismereka bersifatmutualisme,makamasing-masingpertum- buhankeduatanamantersebuttidaksepesat(se- subur)ketikatanamananggrekmelekatpadatanam- an inangnya. c. Tanamananggrekmaupuntanamaninangnyaakan segeralayudanmati,karenasimbiosismereka bersifatmutualisme.Tanamananggrekmembutuhkan tempatmelekatkanakarnya,sedangkantanamaninangnyamembutuhkanairdanzatharayang terdapat pada dedaunan anggrek. d. Hanyatanamananggreknyasajayangakansegeralayu,sedangkantumbuhaninangakansemakin bertumbuhpesat,karenasimbiosismerekabersifatparasitisme.Tanamananggreksangatber- gantungpadazatmakananyangterdapatpadabatangtumbuhaninang.

24. Bagianyangditunjukkanpadagambardisampingsedangmengalamicedera tulang.Bagiantersebutharusdiberibahanpenyanggadantidakbolehdi- gerakkansampaibagianitusembuh.Nah, nantinya sesudah sembuh bagian tersebut dapat kembali digerakkan secara ........................... a. abduksi-aduksi,karenabagiantersebutmerupakansendipelana. b. fleksi-ekstensi,karenabagiantersebutmerupakansendiengsel. c. rotasi,karenabagiantersebutmerupakansendiputar. d. abduksi-aduksi,karenabagiantersebutmerupakansendiluncur.

25. Akumerupakansuatudaerahjurangyangsangatdalam.Akuditutupiolehperairanyangmemiliki kadar garam yang tinggi. Aku merupakan daerah jurang yang paling dalam di muka bumi. Nah, aku adalah: a. PalungCayman. b. PalungManila. c. PalungMariana. d. PalungSunda.

Keadaan Sebelumnya Keadaan Sesudahnya

6

26. Brandonmengoleksiempatjenisseranggapada suatuinsektarium.Suatuketikahewan-hewan peliharaanBrandoniniterlepas.Sesudahbebe- rapalamakemudian,terlihatbahwadedaunan bayammilikibunyarusakkarenadimakanoleh larva-larvadarisalahsatuseranggapeliharaan Brandon. Nah, menurutmu serangga yang manakah itu? a. Rayap. b. Kupu-kupu. c. Jangkrik. d. Belalangsembah.

27. Gambardisampingmerupakanpotretdarilingkarantahunsuatu tumbuhanberbatangkayu.Daripotrettersebutdapatkitaketahui, pernyataan berikut yang benaradalah: a. Padajari-jarilingkaranyangterlihatlebihbesarmenandakanbahwa tumbuhantersebutlebihbanyakmendapatkanairdaritanah. b. Pertumbuhanlingkarantahunbermuladaripusatlingkaranmenujuke bagianterluar,yaitumenujubagiankulitbatang. c. Padajari-jarilingkaranyangterlihatlebihbesarmenandakanbahwa jumlahxilemnyalebihbanyakdaripadajari-jarilingkaranyangterlihat lebihkecil. d. Semuapernyataan:a,bdancmengenaipotretlingkaran tahunpadagambardisamping,adalahbenar.

28. Tentulahpermukaankaroseri(badanmobil)yangterdapat padagambardisampingmendapatkansuatukakas,sehingga karoseriyangsemulamulusituberubahmenjadipenyok. Jenis kakas yang menyebabkan penyok tersebut, pasti- lah mirip dengan jenis kakaspadapilihanberikut,yaitu:

a. b. c. d.

29. JamurrotiPenicilliumdenganbakterihidupsalingmemengaruhisatudenganyanglain.Hubungan salingmemengaruhiinimiripsekalidenganhubungan Black Walnut (sejenis kenari hitam) dengan tanaman inangnya. Nah,hubungansemacamitutergolong................................ a. simbiosiskomensalisme. b. simbiosis parasitisme. c. simbiosisamensalisme. d. interaksi predasi.

30. Sepertikatayangterdapatpadanamaku,akutermasukhewan yangmemilikihabitatdilaut.Nah,diantarapilihanberikut, manakah pernyataan yang tepat mengenai diriku? a. Akuadalahhewanyangbermetamorfosissecarasempurna. b. Akuberasaldarisebutirteluryangmenetasdidaerahsungai. c. Akubersimbiosissecaraparasitterhadapikan-ikanyang lebihbesar. d. Semuapilihan:a,bdancmengenaiikanLampreyLaut adalahtepat.

31. Akuadalahsuatupersendian,yangterletakdibagianpangkalpaha.Akudapatkamugerakkanke segalaarah,sesuaikeinginanmu.Nah,adalagipersendian yang mirip dengan diriku yaitu yang terletakdibagian………………………………. a. pergelangankaki. b. gelangbahu. c. pergelangantangan. d. leher.

Serangga-serangga

peliharaan Brandon

mulai dari rayap,

kupu-kupu, jangkrik dan

belalang sembah

Lingkaran Tahun

Keadaan Bagian Mobil Sebelumnya

Keadaan Bagian Mobil Sesudahnya

Aku adalah Ikan Lamprey Laut

7

32. Ketikaberjalan-jalandikebunbuahstroberi,Gunardiedanpamannyamenemu- kansatupupayangbergelantungdisebuahrantingtumbuhanstroberi. Nahdiantarapilihanberikut,manakah pernyataan yang benar tentang pupa yang dimaksud? a. PupayangditemukanGunardiedanpamannyapastilahberasaldarikelompok hewanserangga. b. Pupayangdikebunstroberiitusebelumnyaadalahberupatetasandari sebutirtelur,yaitularva. c. Pupatersebutmerupakanhasildarisuatuhewanyangbermetamorfosis secarasempurna. d. Semuapilihan:a,bdancmengenaipupayangditemukanGunardiedan pamannyadikebunbuahstroberi,adalahbenar.

33. Perhatikangambardisamping!Peristiwatersebutberkaitanerat dengan gaya (kakas) yang bersifat alami (bukanpengaruhyangber- asaldarimanusia). Nah,kakastersebutpastilahberupa......................... a. ... tarikan, karena kakas tersebut berupa gaya tarik bumi yang menarikkeatasseluruhcairanyangberasaldaridalamgunung berapi. b. ...dorongan,karenasumberkakastersebutberasaldaridalambumi yangmampumemberikantekananmelawangaya(kakas)tarikbumi. c. ...tarikan,karenacairanyangberasaldaridalambumibergerak menujuawanyangmerupakansumberpenyebabkakastersebut. d. ...dorongan,karenacairanyangberadadiperutbumiakanselalu bergerakkeatasdantidakpernahakankembaliketempatnyayangsemula.

34. Adanyatetumbuhandimukabumimemengaruhikeadaancuacadaniklim,karenaternyatatetum- buhanberperanpentingdalamsiklusair,terutamadalampembentukanawan.Air yang berada dalam tubuh tumbuhan dapat menguapmenjadiuapairyangmembentukawan.Peristiwaseperti\ itukitakenalsebagai: a. evaporasi. b. transpirasi. c. presipitasi. d. infiltrasi.

35. Akuadalahtanaman yang menumpang pada tanaman yang terdapat pada gambar di samping. Sumber makananku semuanyaberasaldaritanamanitu.Jikatanamanitulayu danmati,makaakupunakanikutlayudanmatijuga. Nah,akuadalah: a. Benalu. b. TaliPutri. c. AnggrekHitam. d. Padma Raksasa.

36. Aku merupakan zat yang bersifat kental yang terdapat pada setiap sendimu.Jikatingkatkekentalankuberubah, maka gerakan pada sendimu itu akan terganggu. Nah menu- rutmu,siapakahaku? a. Engkauadalahcairandarah. b. Engkauadalahcairansinovial. c. Engkauadalahcairansaliva. d. Engkauadalahzatkalsium.

37. Siklus hidrologimerupakansirkulasi(peredaran)airyangterjadisecarateraturdipermukaanbumi. Siklusinisangatmemengaruhilingkungankarenamerupakan penyebab dari: a. tersedianyaselaluairtawardibagiandaratanbumi.Airtawarsangatdibutuhkanolehseluruh makhlukyangberadadidaratan. b. jumlahairyangselalutetapdipermukaanbumi.Airmenjadisumberdayaalamabiotikyangselalu tersedia sepanjang masa. c. temperaturpermukaanplanetBumitidakterlampaupanaskarenasebagianbesarpanasmatahari diserapolehperairanlaut. d. Pernyataan:a,bdancmengenaipengaruhsiklushidrologiterhadaplingkungan,adalahtepat.

Letusan Gunung Berapi

Tanaman Tetrastigma

Ini adalah diriku

8

38. Makhlukyangterdapatpadagambardisampingmerupakansalah satutahapdarimetamorfosis.Nah,diantarapilihanberikut manakah ciri yang benar berkaitan dengan makhluk pada gambar di samping? a. Berudutersebutbersifatherbivora,sedangkansesudahdewasa bersifatkarnivora. b. Berudutersebuthanyadapathidupdidalamair,tetapisesudah dewasadapathidupdiairmaupundidarat. c. Berudumemilikicarabernapasmiripikanyaitudenganmengguna- kaninsang,sedangkansesudahdewasabernapasmenggunakankulitatauparu-paru. d. Semuapernyataan:a,bdancmengenaiciridariseekorberudu(kecebong),adalahtepat.

39. Agilmengukurmassadariketigabendadisamping(yaitu:telur,gelasdanbatukerikil), dan ter- nyatamasing-masingbermassa150gram,200gramdan400gram.Agilhendakmengetahuipengaruh sebuahkakasterhadapbentuk,yaitudenganmenjatuhkanmasing-masingbendadariketinggianyang samayaitu,1meter.Perhatikangambardiatas!Akhirnya,Agilmendapatkanbahwatelurdangelas menjadipecahberantakan,sedangkanbentukbatukerikiltampaknyatidakberubah.

Nah,menurutmudarieksperimenAgiltersebut,samakah besar gaya (kakas) yang dialami oleh masing-masing benda? a. Tidak.Karenamassaketigabendaberbeda-beda.Kakasgravitasimenariklebihbesarbendayang bermassalebihbesar.Dalampercobaantsb.kakasyangterbesarsecaraberurutanadalah:batu kerikil,gelasdantelur. b. Tidak.Karenapengaruhkakasgravitasiakanterlihatjelasdariperubahanbentukyangdihasil- kannya.Semakinbentuksuatubendamudahsekaliberubahmakasemakinbesarkakasyangbenda tersebutalami. c. Tidak.Karenabahandarimasing-masingbendaberbedasatudenganyanglain.Bendayangter- buatdaribahanyangsemakinmudahpecah,pastibendatersebutakanmengalamikakasyang semakinkecil. d. Sama.Karenasemuabendadiatassama-samamengalamijeniskakasyangsama,yaitukakas gravitasibumi.Besarnyakakasinihanyadipengaruhiolehletakketinggianbenda.

40. Perhatikangambar!GelasTransparanIberisi¾ bagian air. Sebagian dari batang tanaman terendam olehair.Nah, menurutmu hal apakah yang mungkin terjadi pada bagian kardus? a. Airakandiserapsecarakapilaritasolehbatang tanaman, air tersebut akan merembes dan mem- basahikardus. b. Air yang menguap di dedaunan, akan mengembun dipermukaanatasGelasTransparanII,lalu turunmenjadititik-titikairyangmembasahi kardus. c. AiryangberadadiGelasTransparanIakan menguap menjadi uap air dan ketika mengenai kardus,akanmengembundanmembasahikardus. d. Kardusmula-mulabasahkarenabatangtanaman ikutmenjadibasah,tetapiakankeringkembali karenaairtersebutterserapolehbagiandedaunan.

Seekor Berudu (Kecebong)

Sepotong Tanaman

Gelas Transparan II

Plastisin

Kardus

Gelas Transparan I

top related