i(ompas - pustaka.unpad.ac.idpustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/06/kompas-20090627...di...

Post on 29-May-2019

228 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

o Senin

12317 18 19

\:"0 Jan 0 Peb

I(OMPASo Setasa

4 520

o Mar

o Rabu-6 7

21 22

OApr OMei

o Kamis 0 Jumat8 9 10 1123 24 25 26

8Jun o Jut 0 Ags

8 Sabtu

12 13

@> 28

OSep OOkt

o Minggu14 15 16

29 30 31

ONov ODes

'liAYANG AJENENYAPA AUDIENS MlJDA

Di atas panggung itu, RaulGonzales, striker klubsepak bola Real Madrid,bergerak lincah. Berkausbola, tetapi wajahnya kokmerah dan berkayu? Ter-

nyata, dia adalah si Cepotyang tengah menyamarmenjadi pemain bolakenamaan Spanyol itu.

OLEH YULVIANUS HARJONO

Kena wajahnya yang

merah itu, Cepot pundikejar-kejar banteng.Berganti kostum mata-

or, tokoh kenamaandari wayanggolekyang mungil initemyata berhasil menaklukkansang banteng! Seketika, tawa dantepuk tangan pun membahana diAuditorio Conde Duque de Ma-drid, Spanyol.

Ini adalah rekaman pertun-jukan grup wayang ~en ParwaPujangga, Bekasi, yang dipimpinWawan Gunawan, saat tampil diFestival de Titeres de Canarias2009, awal Mei lalu. Lewat adeg-an goro-goro yang sarat bobo-doran inilah Wawan menyapapublik di Madrid dengan suasanahangat.

Wayang ajen ini memang tidaklazimnya wayang yang selama inikita kenal. "Ini adalah wayangteater-vokal. Di dalamnya mun-cuI unsur humor, dakwah, pesan,seni tradisi, dan hiburan," ujarWawan,Jumat (26/6).

Baginya,fungsi wayang sebagaimedia untuk mengikat penontondan menyampaikan pesan adalahyang utama. Penonton di sini bu-kanlah penonton yang "itu-itu"saja, alias yang dari dulu memangmenggemari wayang.

"Pertanyaannya sekarang, ba-gaimana caranya membangun pe-nonton barn?" katanya. Untuk bi-sa mengikat atau memesona au-diens baru, ungkap. Wawan, wa-

yang harus bisa bertransformas!:._

4'__________

DOKWAWANGUNAWAN Terlepas dari kontroversipengakuan apakah wayang ajenbetul-betul tergolong wayangatau tidak, ia mengatakan, di du-

bahasa wayang yang ada seka- nia luar, wayang garapan merekarang tidak mudah dimengerti, ini sangat diapresiasi. Pada tahunbertele-tele dan tidak menarik. ini saja setidaknya ada sembilanInilah yang mestinya diubah," undangan pertunjukan di luarpapar Kepala Subbagian Kerja negeri. Pada 2010, ada 11negaraSarna Pusat Penelitian dan Pe- yangmengundang.ngembangan Departemen Kebu- Di Spanyol, Direktur Festivaldayaan dan Pariwisata ini. de Titeres de Canarias 2009

Pemah suatu ketika, saat men- Fransisco Britto menjuluki timcoba mengenalkan wayang de- ini sebagai "Minimax". Denganngan Orang Indonesia (kelom- sumber daya minimalis, penam-pok fan Iwan Fals) di kota tempat pilannya sangat maksimal. Agus-tinggalnya, Bekasi, awalnya ia di- tus 2010, rencananya tim daricemooh. Anggapan ini berbalik Spanyol akan datang ke Indone-180 derajat saat adegan puncak sia untuk membuat film doku-pertunjukan, yaitu ketikaAdipati menter mengenai kisah perjalan-Kama berpamitan dengan Dewi an wayang ajen.

, , . . ~ ~ =--

Pementasan wayang ajen

Generasi muda

Tidak ada pakem dan larangandalam wayang ini kecuali matidalam berkreasi! Tidak main-main, Wawan yang kerap berko-laborasi dengan Arthur F Nalan(sutradara) dan Dodong Kodir(ilustrator musik) pun meng-usung misi besar: memikat gene-rasi muda melalui wayang jenisini.

"Sering saya bertanya ke anak-anak muda, mengapa Anda tidaksuka wayang? Kenapa lari ke du-gem dan hiburan lain? Dari dia-log harmonis dengan kaum mu-da, temyata mereka menganggap

Kliping Humas Un pad 2009-

--

Surtikanti, dalam lakon KamaTanding.

Adegan ini diiringi lagu,bema-da sedih "Hadapi Saja" ala IwanFals. Cocok dengan nuansa adeg-an sedih dan klimaks saat itu."Luar biasa saat itu apresiasi 01.Lapangan penuh oleh mereka,"kenangnya.

Arthur F Nalan, pengamat wa-yang yang juga sutradara wayangajen, menuturkan, berdasarkanpengalaman pentas di beberapanegara, wayang inovasiipi bisaditerima baik oleh publik inter-nasional. "Di Vietnam, ada satupertunjukan yang kami tampil-kan ditonton anak-anak. Ceritadisesuaikan dengan lev~l anak-anak tentunya," ujar man tan Ke-tua STSI Bandung ini.

Dibuat film

--

-----Pertunjukanwayang ajendengan ceritaberjudul."NyanyianAirKehidupan"dengan dalangWawanGunawandipentaskan diKampusUni-versitas Pa-djadjaran,Jalan DipatiUkur,KotaBandung,Feb-ruarl tahunlalu.

-- ~

top related