bussines plan

Post on 31-Jul-2015

141 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

1. IDENTITAS USAHA :

Nama Perusahaan : First Mom & Child Day Care Bidang Usaha : Jasa

2. KONSEP BISNIS : 2.1. Latar Belakang Pendirian Usaha

Melahirkan adalah sesuatu proses alami yang hampir semua wanita akan melewatinya dan pasca melahirkan banyak tantangan baru yang dihadapi antara lain harus merawat bayi, memulihkan kondisi fisik dan mentalnya. Apalagi pada saat sehabis melahirkan anak pertama. Mungkin kebanyakan wanita masih sangat bingung, bagaimana harus mengurus bayinya, memandikannya, termasuk juga membuat asupan makanan yan baik baginya dan anaknya. Biasanya mereka akan menyewa seorang peiye, untuk membantu mengurusi keperluan sang ibu dan bayi selama 30-40 hari pasca melahirkan. Tugas pei ye ini adalah membantu mengganti popok, membuatkan ramuan bagi sang ibu, dsb.

Namun, untuk mencari pei ye ini hanya bersistem kan dari mulut ke mulut. Dan terkadang sangat sulit untuk mencari pei ye. Untuk itu kami membuka bisnis ini, agar para ibu tidak usah susah-susah mencari jasa pei ye dan tinggal hanya memesan saja. Dan tidak hanya jasa pei ye saja yang kami adakan namun juga jasa penitipan anak. Tempat penitipan anak merupakan bisnis yang akan berkembang dan semakin dibutuhkan di masa mendatang. Semakin banyak pasangan yang sama-sama bekerja, sehingga membutuhkan tempat untuk menitipkan anaknya.

Tujuan kami membuat bisnis ini juga untuk merekrut para wanita yang sudah berusia non produktif (30tahun keatas), sehingga mereka dapat penghasilan tambahan yang menjanjikan. Karena sekarang mencari pekerjaan yang sesuai dengan umur mereka cukup sulit, terutama bagi para wanita yang hanya lulusan SMA ataupun yang putus sekolah. Bisnis jasa pei ye ini sangat memiliki peluang yang besar, karena bisnis ini belum ada di manapun dan permintaan akan pei ye sebenarnya sudah sangat meningkat, termasuk juga bisnis penitipan anak sejauh ini belum banyak khususnya di wilayah Palembang. Dengan semakin berkembangnya kecenderungan pasangan yang bekerja, maka peluang bisnis tempat penitipan anak masih sangat besar untuk berkembang.

Tempat penitipan anak dan penyaluran jasa pei ye ini direncanakan akan dibuka di wilayah Rajawali sebagai kawasan yang dekat dengan kampus dan lingkungan kerja, berlokasi di Rajawali.

Usaha penitipan anak akan dibuka dari pukul 7.30 s.d. pukul 19.00 Tempat penitipan anak menempati bangunan berukuran Ruko 20 m x 10

m, Lantai 1 dan 2 dipakai untuk tempat penitipan anak, lantai 3 untuk mess bagi pei ye. namun pemanfaatan ruangan hanya dipergunakan setengah dari luas yang ada, karena disesuaikan dengan perkiraan awal buka, budget awal, dan fleksibilitas untuk rencana perluasan tempat

penitipan pada tahun-tahun berikutnya. Kapasitas tempat penitipan adalah 30 anak.

Usia Anak yang diterima: 2 bulan - 5 tahun

Fasilitas: Tempat tidur, Tempat bermain, Kamar Mandi, Dapur, Ruang Makan.Desain interior menggunakan aneka warna yang menarik agar anak tidak jenuh.

Di Child daycare(tempat penitipan anak)* Anak akan mendapat pengawasan dari pengasuh yang bertugas.* Pengasuh adalah orang dewasa yang sudah terlatih.* Tersedianya beragam peralatan rumah tangga, alat permainan.* Tersedianya komponen pendidikan seperti anak belajar mandiri, berteman dan mendapat kesempatan mempelajari berbagai ketrampilan contohnya toilet training.

First Mom and Child day care, awalnya akan dibiayai oleh keempat pendirinya sebesar 50 juta rupiah Asumsi: Budget sewa tempat 10 juta Budget desain interior 2 juta Budget invest alat&bahan 5 juta Budget biaya awal lainnya 3 juta

MisiMenyediakan pei ye yang bermutu dan berpengalaman dalam mengurusi ibu pasca melahirkan dan bayi yang baru lah lahir.

Memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas serta bertanggung jawab. Dan tidak hanya berperan sebagai tempat penitipan tetapi berusaha agar anak merasa bahwa tempat penitipan sebagai rumah ke dua.

Apa kelebihan pei ye dan tempat penitipan anak di sini?

Pei ye di sini sudah dilatih sedemikian rupa untuk merawat ibu yang baru melahirkan beserta bayinya. Pei ye juga bisa ditukar bila belum berkenan di hati(1x24jam). Penitipan anak di sini juga memiliki fasilitas taman bermain dan membaca yang lengkap. Dan ditemani para pengasuh yang handal dan terlatih.

3. ASPEK PEMASARAN :

Segmen yang akan dilayani : wanita yang baru melahirkan dan pasutri yang sibuk berkarier dan sudah memiliki anak.Target pasar yang akan dibidik : First Mom -> Kaum Menegah ke atas, khususnya ibu yang baru melahikan.Child day care -> Pasangan suami istri yang bekerja dan memiliki anak. Positioning yang akan dipilih : BIsnis ini bergerak pada bidang jasa. Kami menyediakan jasa pei yek (bagi kelas menengah ke atas)dan jasa penitipan anak (bagi kelas menengah ke bawah).

Penetapan Harga :

1. Jasa Pei ye (Pengasuh Ibu pasca Melahirkan)Kami menyediakan dalam bentuk paket: SISTEM MENGINAP DAN MEMBANTU MENGERJAKAN SEMUA PEKERJAAN RUMAH TANGGA.

(Mencuci pakaian, mengepel, menyapu, dan menyeterika) SELAMA 30 hari. Harga : 5 juta. SISTEM MENGINAP, HANYA MEMBANTU MENGURUSI IBU DAN BAYI (Memasakan makanan,

ramuan bagi ibu, menjaga bayi (tidak melakukan pekerjaan rumah spt menggosok baju, mengepel, menyetrika, mencuci baju) SELAMA 30 Hari. Harga : 4 juta.

SISTEM SHIFT, (setengah Hari pagi-siang, siang-sore) hanya membantu mengurusi kebutuhan sang ibu dan bayi selama 30 hari. Harga : 2 juta. SISTEM HARIAN :

a. Mengurusi ibu dan bayi termasuk mengurusi pekerjaan rumah tangga. @ Rp 150.000/hari

b. Mengurusi ibu dan bayi tidak termasuk mengurusi pekerjaan rumah tangga.@ Rp 100.000/hari

2. Jasa Penitipan Anak SISTEM PER BULAN : PAKET 1 : Biaya Pendaftaran = Rp 50rb, biaya per bulan @Rp 300.000/bln (Sudah termasuk

pemberian susu + makan siang). PAKET 2 : Biaya pendaftaran = Rp 50.000. Rp 250.000 tidak termasuk susu. SISTEM PER HARI : Biaya Pendaftaran = Tidak ada, Per hari : @20rb. Para orang tua hanya membawa Barang Pribadi yang berupa :

Perlengkapan baju dan celana, susu dan botol susu, (Kecuali yang mengambil paket 1) handuk+sabun mandi+sikat gigi

N.B : Bagi yang menitipkan anak balita (usia 1 tahun keatas) akan dikenakan biaya 20 ribu (bagi yang per bulan), untuk biaya buku untuk mewarnai dan krayon.

Gambaran Permintaan Pasar :

Sekarang makin banyak wanita yang bekerja, banyak kaum ibu muda merasa tempat penitipan anak sebagai tempat yang tepat bagi anak-anaknya yang masih balita. Karena mereka tidak percaya dengan asuhan dari pembantu dan baby sister. Hal ini memungkinkan makin tingginya, permintaan jasa penitipan anak. Terlebih lagi yang dekat dengan kantor tempat mereka bekerja. Dan sejauh ini usaha penitipan anak masih sangat sedikit sekali di Kota Palembang ini.

Kendala utama dalam membina bisnis ini, (bisnis penitipan anak) mungkin karena bisnis ini masih baru awal berdiri. Para calon konsumen mungkin masih belum bisa yakin sepenuhnya untuk mempercayakan kita untuk menjaga anaknya, oleh karena itu strategi bisnis untuk mengangani bisnis ini ialah kita harus berusaha meyakinkan para pelanggan dengan selalu menjaga mutu dan kualitas bisnis ini. Kami juga akan memberikan jaminan keamanan, kebersihan dan perlakuan yang baik terhadap anak.

Kendala pada bisnis Peiye, adalah pada orang-orang yang kita akan rekrut untuk menjadi pei ye, karena menjadi pei ye juga memiliki tanggung jawab yang besar, dan harus telaten dan juga terampil dalam mengangani ibu yang habis melahirkan dan juga merawat bayinya. Dalam menangani hal ini kami akan membuka system pengembalian pei ye selama 1x 24 jam, bila konsumen tidak puas dengan cara kerja dari pei ye yang sudah kami sediakan. Konsumen pun juga sebenarnya bisa memilih pei ye sendiri. Selain berusaha memuaskan konsumen kami pun akan berusaha mensejahterakan pei ye, dengan system kenaikan gaji dan THR.

Promosi :

Bagi 10 pendaftar pertama bebas biaya pendaftaran. System promosi ini kami akan jalankan dengan system pembagian brosur, dan sisanya dari mulut ke mulut.

Perencanaan dan Proses Produksi :

Pertama-tama kami akan merekrut para wanita yang tidak memiliki pekerjaan tetap (khususnya para ibu yang sudah pernah memiliki anak). Kami akan melatih mereka bagaimana merawat ibu yang pasca melahirkan dan bayinya. Tentu untuk melatih mereka tidaklah terlalu sulit lagi mengingat mereka sendiri sudah pernah melahirkan. Disamping dilatih untuk merawat para ibu yang baru melahirkan dan bayinya, sambil mereka menunggu giliran untuk dipesan oleh pelanggan yang membutuhkan, mereka juga akan dipekerjakan untuk menjaga anak-anak di tempat penitipan.

Kami juga akan mengadakan kegiatan rutin dalam penitipan anak,seperti :

Kegiatan Bayi1. Begitu datang bayi diukur suhu tubuhnya2. Bayi kemudian mandi matahari sekitar 15 menit3. Dilanjutkan dengan mandi pagi sambil di pijat (baby massage).4. Setelahnya bayi akan diberi makan sesuai usianya atau menyusui jika masih berusia di bawah 6

bulan sambil diberikan terapi musik berupa musik-musik instrumental5. Biasanya bayi-bayi ini akan tertidur sekitar 1 jam6. Usai bangun diajak bermain hingga saatnya makan siang atau minum susu kembali.7. Jadwal selanjutnya bayi akan diajarkan bernyanyi dan dilanjutkan dengan tidur kembali.

8. Setelah bangun saatnya bayi-bayi ini bebas beraktivitas atau bermain dan dilanjutkan dengan cemilan berupa bubur bayi atau susu kembali.

9. Selesai itu, bayi-bayi akan dimandikan, lalu menonton atau bermain dan diberikan susu kembali.10. Sambil bermain bayi akan menunggu orangtuanya menjemput.

Kegiatan Balita1. Saat tiba balita juga diukur suhu tubuhnya dan bermain bebas sebentar.2. Lalu tiba saatnya sarapan sehat3. Dilanjutkan dengan circle time yang berisi nyanyi, musik dan gerakan-gerakan.4. Kemudian anak-anak ini mulai belajar seperti menulis, mengenal bentuk, warna dan huruf.5. Selanjutnya saatnya pemberian susu dan bermain di dalam ruangan hinga waktunya anak-anak

untuk makan siang.6. Selesai makan, maka anak-anak ini diajarkan untuk gosok gigi serta toilet training dan

dilanjutkan dengan story telling di tempat tidurnya hingga anak-anak ini tertidur siang sambil ditemani musik-musik instrumen.

7. Selesai tidur siang, anak-anak diberikan camilan sore yang dilanjutkan dengan proses belajar kembali.

8. Anak-anak bebas bermain dan beraktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan yang dilanjutkan dengan mandi sore.

9. Selesai mandi, maka waktunya minum susu10. Sambil bermain kembali si anak menunggu orangtuanya menjemput.

Pada awal pembukaan penitipan kami mungkin, hanya merekrut 5 orang wanita untuk menjadi calon pei ye, dan sekaligus mereka akan dilatih dengan cara ikut ambil bagian dalam tempat penitipan anak. Mereka akan disediakan tempat tinggal di lantai 3.

top related