81345478-gambaran-radiologis

20
Gambaran radiologis I. Tuberkulosis Pembagian tuberkulosis : 1. Tuberkulosis anak (infeksi primer) 2. Tuberkulosis dewasa (re-infeksi) Gambaran radiologis TB primer Kelainan Ro dapat berlokasi dimana saja. 1. Gambaran sarang dalam parenkim paru. 2. Komplikasi berupa pleuritis dan atelektasis. Gambaran radiologis TB sekunder Sarang-sarang yang biasanya berkedudukan di lapangan atas dan segmen apikal lobi bawah. Kadang-kadang dapat terlihat di lapangan bawah, biasanya disertai dengan pleuritis. Klasifikasi TB sekunder 1. TB minimal : luas sarang-sarang yang terlihat tidak melebihi daerah yang dibatasi oleh garis median, apeks dan iga 2 depan ; sarang-sarang soliter dapt berada dimana saja, tidak harus berada di daerah tersebut diatas. Tidak ditemukan kavitas (lubang) 2. TB lanjut sedang : luas sarang yang bersifat bercak tidak melebihi luas satu paru. Bila ada lubang tidak melebihi 4 cm. Kalau sifat bayangan sarang-sarang tersebut berupa awan-awan yang menjelma menjadi daeah konsolidasi yang homogen, luasnya tidak boleh melebihi luas satu lobus. 3. TB sangat lanjut : Luas daerah yang dihinggapi sarang- sarang lebih daripada klasifikasi kedua diatas. Atau

Upload: herdy-susetyo

Post on 14-Feb-2015

42 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: 81345478-Gambaran-radiologis

Gambaran radiologisI. Tuberkulosis

Pembagian tuberkulosis :

1. Tuberkulosis anak (infeksi primer)2. Tuberkulosis dewasa (re-infeksi)

Gambaran radiologis TB primer

Kelainan Ro dapat berlokasi dimana saja.

1. Gambaran sarang dalam parenkim paru.2. Komplikasi berupa pleuritis dan atelektasis.

Gambaran radiologis TB sekunder

Sarang-sarang yang biasanya berkedudukan di lapangan atas dan segmen apikal lobi bawah. Kadang-kadang dapat terlihat di lapangan bawah, biasanya disertai dengan pleuritis.

Klasifikasi TB sekunder

1. TB minimal : luas sarang-sarang yang terlihat tidak melebihi daerah yang dibatasi oleh garis median, apeks dan iga 2 depan ; sarang-sarang soliter dapt berada dimana saja, tidak harus berada di daerah tersebut diatas. Tidak ditemukan kavitas (lubang)

2. TB lanjut sedang : luas sarang yang bersifat bercak tidak melebihi luas satu paru. Bila ada lubang tidak melebihi 4 cm. Kalau sifat bayangan sarang-sarang tersebut berupa awan-awan yang menjelma menjadi daeah konsolidasi yang homogen, luasnya tidak boleh melebihi luas satu lobus.

3. TB sangat lanjut : Luas daerah yang dihinggapi sarang-sarang lebih daripada klasifikasi kedua diatas. Atau bila ada lubang, diameter keseluruhan semua lubang melebihi 4 cm.

Cara pembagian kelainan melalui foto Ro :

1. Sarang-sarang berbentuk awqan atau bercak-bercak dengan densitas rendah atau sedang dengan batas tidak tegas. Sarang-sarang ini biasanya menunjukkan proses aktif.

2. Lubang (kavitas), selalu berarti proses aktif kecuali bila lubang sudah sangat kecil, yang dinamakan lubang sisa (residual cavity).

3. Sarang seperti garis-garis (fibrotik) atau bintik-bintik kapur (kalsifikasi) yang biasanya menunjukkan proses telah tenang.

Page 2: 81345478-Gambaran-radiologis

II. Tuberkulosis tulang dan sendi

Gambaran radiologis :

1. Basil tuberkulosis biasanya dalam spongiosa tulang.2. Pada tempat infeksi, timbul osteitis, kaseasi dan likuifaksi → pembentukan pus →

kalsifikasi.

III. Tuberkulosis pada tulang panjang

Gambaran radiologis :

1. Paling sering di daerah metafisis. Terlihat lesi destruktif berbentuk bulat atau lonjong.

2. Akut, batas tidak tegas ; kronik, batas tegas dengan sklerosis pada tepinya.

IV. Tuberkulosis pada tulang belakang

Biasanya di daerah thrakal atau lumbal. Lesi biasanya pada korpus vertebra dan proses dapat bermula di 3 tempat, yaitu :

1. Dekat diskus intervertebra atas atau bawah (disebut tipe marginal).

♥ Lesi destruktif, biasanya terdapat didepan korpus vertebra dan cepat merusak diskus.

♥ Proses dapat terjadi pada dua atau lebih vertebra yang berdekatan.

♥ Korpus vertebra berbentuk baji dan pada tempat tersebut timbul gibbus.

♥ Abses paravertebral di daerah thorakal. Bila sudah lama timbul kalsifikasi.

2. Di tengah korpus (disebut tipe sentral).

♥ Abses pada begian tengah korpus vertebra.

♥ Bila lesi meluas ke tepi tulang, proses selanjutnya seperti tipe marginal.

3. Di bagian anterior korpus (disebut tipe anterior atau subperiosteal).

♥ Proses berlangsung di bawah periost dan meluas dibawah ligamen longitudinal anterior.

V. Pneumonia

Gambaran radiologis :

Page 3: 81345478-Gambaran-radiologis

Bayangan homogen berdensitas tinggi pada satu segmen, lobus paru atau pada sekumpulan segmen lobus yang berdekatan, berbatas tegas.

VI. Pneumothoraks

Gambaran radiologis :

Terdapat gambaran radiolusen tanpa struktur jaringan paru (avascular pattern) dengan batas paru berupa garis radioopak tipis berasal dari pleura viseral. Jika pneumothoraks luas, akan menekan jaringan paru keaharah hilus atau paru akan kolaps di daerah hilus dan mendorong mediastinum ke arah kontra lateral. Sela iga akan menjadi lebar.

Udara yang bertambah dan terperangkap, akan mendesak mediastinum dan paru yang sehat (herniasi). Menyebabkan tension pneumothoraks dengan gejala gangguan nafas hebat.

VII. Pleuritis

Gambaran radiologis :

1. Pleuritis akut

♥ Penebalan pleura.

♥ Sedikit cairan dalam rongga pleura.

♥ Pergerakan diagfrahma terbatas, atau diagfrahma letak tinggi.

2. Pleuritis kronik

♥ Bayangan penebalan pleura yang tidak teratur di antara dinding iga samping dengan jaringan paru dan penarikan diagfrahma keatas.

♥ Kalsifikasi pada penebalan pleura.

VIII. Efusi Pleura

Gambaran radiologis :

1. Perselubungan homogen menutupi struktur paru bawah, bersifat radioopak dengan permukaan atas cekung, berjalan dari lateral atas ke medial bawah.

2. Jaringan paru akan terdorong ke arah sentral / hilus.3. Mediastinum terkadang terdorong ke arah kontra lateral.

Page 4: 81345478-Gambaran-radiologis

Terjeamhan

Tujuan dari radiograf dada skrining adalah untuk mengidentifikasi orang dengan TB aktif (16). Meskipun radiografi sering digunakan bersamaan dengan uji kulit tuberkulin, itu adalah metode screening awal pilihan ketika hasil uji kulit tuberkulin mungkin tidak bisa diandalkan, ketika membaca dari tes kulit mungkin tidak praktis, dan / atau pada saat risiko penularan dari terdiagnosis kasus tinggi seperti yang terjadi dalam pengaturan institusional (penjara, rumah sakit, jangka panjang fasilitas perawatan) (17).

Skrining radiografi untuk TB aktif pada populasi berisiko tinggi mungkin menunjukkan temuan yang konsisten dengan infeksi sebelum dan / atau saat ini. Fokus Ghon mengacu pada tempat awal keterlibatan parenkim pada saat infeksi pertama, sebuah kompleks Ranke adalah kombinasi dari fokus Ghon dan kelenjar getah bening membesar atau kalsifikasi; dan Simon fokus adalah nodul apikal yang sering kalsifikasi dan hasil dari penyemaian hematogen pada saat infeksi awal (19).

Menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh American Thoracic Society dan CDC (22), orang yang terinfeksi dengan M tuberkulosis, yang dibuktikan dengan tes kulit tuberkulin positif, harus diklasifikasikan berdasarkan klinis, bakteriologis, dan evaluasi radiografi ke dalam salah satu berikut tiga kategori: (a) infeksi TB, penyakit tidak, (b) infeksi TB, aktif secara klinis, dan (c) infeksi TB, secara klinis tidak aktif. Sebuah rontgen dada normal memiliki nilai prediktif negatif yang tinggi untuk keberadaan TB aktif. Namun, frekuensi negatif palsu ujian adalah sekitar 1% dalam populasi imunokompeten dewasa (36,50) dan meningkat menjadi -15% 7% pada orang HIV-seropositif individu (51-53).

Pada rontgen dada skrining tunggal, deteksi kelainan-parenkim, nodal, atau pleura-dengan atau tanpa kalsifikasi terkait, harus menghasilkan interpretasi aktivitas penyakit tak tentu (54,55) (Gambar 1). Diferensiasi radiografi antara penyakit aktif dan tidak aktif hanya dapat andal dibuat atas dasar evolusi temporal (22,56,57). Kurangnya perubahan radiografi selama 4 - untuk 6-bulan Interval umumnya menunjukkan penyakit tidak aktif (22,56). Namun, karena bahkan stabilitas jangka panjang dari temuan radiografi sesekali mungkin berhubungan dengan penyakit budaya-positif, Miller dan MacGregor (56) menekankan bahwa temuan tersebut harus digambarkan sebagai "radiografi stabil" daripada "tidak aktif."

Page 5: 81345478-Gambaran-radiologis

Gambar 1a.

Kultur sputum positif TB pada seorang wanita 82 tahun Asia. (a) Tampak dekat radiografi lobus kanan atas menunjukkan daerah tidak jelas dari opacity meningkat (panah) yang berhubungan dengan kalsifikasi di wilayah retroclavicular. (b) Sesuai tipis bagian CT scan diperoleh dengan 1-mm collimation menunjukkan kekeruhan nodular yang berisi fokus kalsifikasi (panah) di segmen apikal. Sisa dari studi CT toraks (tidak ditampilkan) diperoleh pada collimation 7 mm mengungkapkan tidak ada kelainan lain yang dapat menjelaskan budaya positif.

Gambar 1b.

Kultur sputum positif TB pada seorang wanita 82 tahun Asia. (a) Tampak dekat radiografi lobus kanan atas menunjukkan daerah tidak jelas dari opacity meningkat (panah) yang berhubungan dengan kalsifikasi di wilayah retroclavicular. (b) Sesuai tipis bagian CT scan diperoleh dengan 1-mm collimation menunjukkan kekeruhan nodular yang berisi fokus kalsifikasi (panah) di segmen apikal. Sisa dari studi CT toraks (tidak ditampilkan) diperoleh pada collimation 7 mm mengungkapkan tidak ada kelainan lain yang dapat menjelaskan budaya positif.

Gambar 2.

Dada radiograf diperoleh seorang gadis 4 tahun menunjukkan limfadenopati hilus terisolasi kiri (panah) tanpa keterlibatan parenkim terkait.

Gambar 3.

Dada radiograf diperoleh anak 4-tahun menunjukkan limfadenopati hilus kanan (panah) yang berhubungan dengan konsolidasi lobus kanan atas. Limfadenopati paratrakeal kanan (tidak ditampilkan) juga hadir.

Gambar 4.

Tertunda tipis bagian CT scan diperoleh dengan 1-mm collimation setelah pemberian material kontras intravena pada wanita 29 tahun Asia menunjukkan penampilan khas limfadenitis TB dengan atenuasi rendah sentral dan peningkatan pelek perifer (panah).

Page 6: 81345478-Gambaran-radiologis

Gambar 5.

Dada radiograf diperoleh anak Hispanik 7-bulan-tua menunjukkan limfadenopati kanan paratrakeal (panah lurus) dengan mendominasi konsolidasi multilobar di paru kanan. Moderat atelektasis lobus kanan bawah dengan perpindahan inferior dari celah utama (panah melengkung) dikaitkan. Limfadenopati hilus kanan (tidak ditampilkan) juga hadir.

Gambar 6.

Dada radiograf diperoleh seorang anak 3 tahun Hispanik menunjukkan limfadenopati hilus mediastinum dan kanan. Atelektasis dari lobus kanan bawah hadir dengan depresi dari celah utama (panah).

Gambar 7.

Dada radiograf diperoleh pada wanita 25 tahun Asia menunjukkan penurunan volume paru kanan dengan pergeseran mediastinum ke kanan. Pada bronkoskopi, stenosis berat hak lobus bronkus utama dan atas diidentifikasi.

Gambar 8.

Dada radiograf diperoleh pada wanita 19 tahun menunjukkan efusi sisi kanan besar pleura (panah melengkung) terkait dengan limfadenopati hilus kanan (panah lurus).

Gambar 9a.

Atypical distribusi TB postprimary pada seorang pria 62-tahun. (a) Rontgen dada menunjukkan massa 5-cm kavitas dengan dinding tebal yang tidak teratur (panah besar) dan sekitarnya kekeruhan nodular berdekatan di lobus kiri atas. Sebuah definisi penyakit 5-mm nodul (panah kecil) hadir di lobus, kontralateral kanan atas. (b) CT scan diperoleh dengan 7-mm collimation menunjukkan lokasi massa kavitas (panah) di segmen anterior lobus atas kiri

Page 7: 81345478-Gambaran-radiologis

Gambar 9b.

Atypical distribusi TB postprimary pada seorang pria 62-tahun. (a) Rontgen dada menunjukkan massa 5-cm kavitas dengan dinding tebal yang tidak teratur (panah besar) dan sekitarnya kekeruhan nodular berdekatan di lobus kiri atas. Sebuah definisi penyakit 5-mm nodul (panah kecil) hadir di lobus, kontralateral kanan atas. (b) CT scan diperoleh dengan 7-mm collimation menunjukkan lokasi massa kavitas (panah) di segmen anterior lobus atas kiri.

Gambar 10.

Tampak dekat radiografi dari zona paru bagian atas pada seorang pria 56-tahun Hispanik menunjukkan definisi penyakit kekeruhan parenkim (panah putih) yang berhubungan dengan komponen nodular dan linier di pinggiran lobus atas bilateral. Sebuah efusi pleura loculated kanan (panah hitam) hadir.

Gambar 11.

Target 1,5-mm-collimation CT scan dari lobus atas kiri pada wanita 40 tahun menunjukkan, tidak teratur marginated 2-cm tuberculoma (panah besar) menunjukkan kavitasi pusat dan terkait dengan kecil, nodul berdekatan (panah kecil).

Gambar 12.

Dada radiograf diperoleh pada seorang pria 39 tahun Asia menunjukkan tingkat udara-cairan (panah) dalam suatu massa 8-cm kavitas terletak di basal, unggul lateral, dan posterior segmen basal dari lobus kanan bawah.

Gambar 13a.

Postprimary pola TB pada seorang pria 54 tahun Hispanik. (a) diperoleh pada radiograf presentasi menunjukkan area fokus konsolidasi konfluen (panah besar) di lobus atas bilateral. Dalam paru-paru kanan, beberapa definisi penyakit, 5-8-mm nodul (panah kecil) dapat diidentifikasi, dalam paru-paru kiri lebih parah terkena, pola bronkopneumonia adalah mendominasi hadir di lobus bawah. (b) radiograf diperoleh 3 bulan setelah memulai pengobatan menunjukkan peningkatan yang telah terjadi, dengan resolusi nodul paru kanan. Kekeruhan Reticulonodular bertahan dalam bilateral zona atas dan kiri paru-paru lebih rendah.

Page 8: 81345478-Gambaran-radiologis

Gambar 13b.

Postprimary pola TB pada seorang pria 54 tahun Hispanik. (a) diperoleh pada radiograf presentasi menunjukkan area fokus konsolidasi konfluen (panah besar) di lobus atas bilateral. Dalam paru-paru kanan, beberapa definisi penyakit, 5-8-mm nodul (panah kecil) dapat diidentifikasi, dalam paru-paru kiri lebih parah terkena, pola bronkopneumonia adalah mendominasi hadir di lobus bawah. (b) radiograf diperoleh 3 bulan setelah memulai pengobatan menunjukkan peningkatan yang telah terjadi, dengan resolusi nodul paru kanan. Kekeruhan Reticulonodular bertahan dalam bilateral zona atas dan kiri paru-paru lebih rendah.

Gambar 14.

Tipis-bagian CT scan diperoleh dengan 1-mm collimation pada seorang pria 26-tahun Hispanik menunjukkan beberapa 2-4 mm nodul centrilobular dan linier, bercabang kekeruhan (panah) di segmen superior lobus kanan bawah.

Gambar 15.

CT scan diperoleh dengan 8-mm collimation pada seorang pria 41 tahun menunjukkan penebalan mural eksentrik (panah lurus) yang melibatkan aspek proksimal bronkus segmental medial lobus tengah kanan berhubungan dengan sekresi endobronchial (panah melengkung) lebih distal. Gejala pasien pada presentasi adalah, ringan non-produktif batuk dengan sisi kanan mengi. Bronkial spesimen biopsi terkandung bidang necrotizing peradangan granulomatosa dari mana M tuberculosis ditumbuhkan pada budaya.

Gambar 16a.

TB empiema pada seorang pria 77 tahun Asia. (a) Tujuh milimeter collimation CT scan dari lobus kanan atas menunjukkan nodul 2-cm (panah) dengan kavitasi pusat di wilayah subpleural posterior yang tidak terdeteksi pada radiografi. (b) Tujuh milimeter collimation kontras ditingkatkan CT scan diperoleh pada tingkat bronkus segmental unggul (panah melengkung) menunjukkan pengumpulan cairan sekitar elips dibatasi oleh pleura visceral dan parietal menebal dan meningkatkan. Jumlah kecil udara (panah lurus) terlihat di wilayah nondependent menunjukkan

Page 9: 81345478-Gambaran-radiologis

Gambar 16b.

TB empiema pada seorang pria 77 tahun Asia. (a) Tujuh milimeter collimation CT scan dari lobus kanan atas menunjukkan nodul 2-cm (panah) dengan kavitasi pusat di wilayah subpleural posterior yang tidak terdeteksi pada radiografi. (b) Tujuh milimeter collimation kontras ditingkatkan CT scan diperoleh pada tingkat bronkus segmental unggul (panah melengkung) menunjukkan pengumpulan cairan sekitar elips dibatasi oleh pleura visceral dan parietal menebal dan meningkatkan. Jumlah kecil udara (panah lurus) terlihat di wilayah nondependent menunjukkan adanya fistula bronkopleural.

Gambar 17.

Tampak dekat radiografi paru kanan seorang pria 35-tahun HIV-seropositif menunjukkan tak terhitung, 1-3-mm nodul tersebar difus melalui parenkim paru, dengan node yang tepat terkait kalsifikasi hilus (panah).

Gambar 18a.

Miliaria tuberkulosis pada wanita 27 tahun Asia. Tipis-bagian CT scan diperoleh pada 1-mm collimation dan ditampilkan di (a) paru-paru dan (b) mediastinum menunjukkan jendela yang tak terhitung, tajam marginated, 1-2-mm nodul dalam distribusi menyebar dan acak. Temuan yang terkait, yang meliputi tuberculoma lobus kanan tidak teratur marginated tengah (tanda panah melengkung), loculated efusi pleura kanan (panah terbuka), dan limfadenopati mamaria interna (panah lurus), menunjukkan bahwa penyebaran miliaria terjadi sebagai akibat dari TB primer.

ambar 18b.

Miliaria tuberkulosis pada wanita 27 tahun Asia. Tipis-bagian CT scan diperoleh pada 1-mm collimation dan ditampilkan di (a) paru-paru dan (b) mediastinum menunjukkan jendela yang tak terhitung, tajam marginated, 1-2-mm nodul dalam distribusi menyebar dan acak. Temuan yang terkait, yang meliputi tuberculoma lobus kanan tidak teratur marginated tengah (tanda panah melengkung), loculated efusi pleura kanan (panah terbuka), dan limfadenopati mamaria interna (panah lurus), menunjukkan bahwa penyebaran miliaria terjadi sebagai akibat dari

Page 10: 81345478-Gambaran-radiologis

Gambar 19.

Dada radiograf diperoleh pada seorang pria 28-tahun HIV-seropositif menunjukkan konsolidasi di lobus kiri atas berhubungan dengan mediastinum (panah ganda) dan hilus kiri (panah tunggal) limfadenopati.

Gambar 20a.

Komplikasi TB masa kanak-kanak menyebabkan hemoptisis berulang pada seorang pria kulit hitam muda. (a) pandangan radiografi Detil diperoleh ketika pasien adalah 28 tahun menunjukkan rongga (panah) di lobus kiri atas. (b) Sebelas tahun kemudian, pandangan radiografi rinci menunjukkan perkembangan nodul (panah) di rongga. (c, d) Sesuai 8-mm-collimation, terlentang dan 1-mm-collimation, rentan CT scan menunjukkan ketergantungan bola jamur mobile (panah padat) relatif terhadap posisi pasien. Bronkiektasis (panah terbuka) berdekatan dengan rongga dan atelektasis dari lobus kiri atas hadir.

Gambar 20b.

Komplikasi TB masa kanak-kanak menyebabkan hemoptisis berulang pada seorang pria kulit hitam muda. (a) pandangan radiografi Detil diperoleh ketika pasien adalah 28 tahun menunjukkan rongga (panah) di lobus kiri atas. (b) Sebelas tahun kemudian, pandangan radiografi rinci menunjukkan perkembangan nodul (panah) di rongga. (c, d) Sesuai 8-mm-collimation, terlentang dan 1-mm-collimation, rentan CT scan menunjukkan ketergantungan bola jamur mobile (panah padat) relatif terhadap posisi pasien. Bronkiektasis (panah terbuka) berdekatan dengan rongga dan atelektasis dari lobus kiri atas hadir.

Gambar 20c.

Komplikasi TB masa kanak-kanak menyebabkan hemoptisis berulang pada seorang pria kulit hitam muda. (a) pandangan radiografi Detil diperoleh ketika pasien adalah 28 tahun menunjukkan rongga (panah) di lobus kiri atas. (b) Sebelas tahun kemudian, pandangan radiografi rinci menunjukkan perkembangan nodul (panah) di rongga. (c, d) Sesuai 8-mm-collimation, terlentang dan 1-mm-collimation, rentan CT scan menunjukkan ketergantungan bola jamur mobile (panah padat) relatif terhadap posisi pasien. Bronkiektasis (panah terbuka) berdekatan dengan rongga dan atelektasis dari lobus kiri atas hadir.

Page 11: 81345478-Gambaran-radiologis

Gambar 20d.

Komplikasi TB masa kanak-kanak menyebabkan hemoptisis berulang pada seorang pria kulit hitam muda. (a) pandangan radiografi Detil diperoleh ketika pasien adalah 28 tahun menunjukkan rongga (panah) di lobus kiri atas. (b) Sebelas tahun kemudian, pandangan radiografi rinci menunjukkan perkembangan nodul (panah) di rongga. (c, d) Sesuai 8-mm-collimation, terlentang dan 1-mm-collimation, rentan CT scan menunjukkan ketergantungan bola jamur mobile (panah padat) relatif terhadap posisi pasien. Bronkiektasis (panah terbuka) berdekatan dengan rongga dan atelektasis dari lobus kiri atas hadir.

GAMBARAN RADIOLOGIS TB MILIERDibuat oleh: Hafifa,Modifikasi terakhir pada Thu 25 of Aug, 2011 [16:04 UTC]

 ABSTRAK

Tuberculosis milier adalah jenis tuberculosis yang bervariasi mulai dari infeksi kronis, progresif lambat hingga fulminant akut yang disebabkan oleh penyebaran hematogen atau limfogen dari bahan kaseosa terinfeksi ke dalam aliran darah dan mengenai banyak organ dengan tuberkel tuberkel berbentuk mirip padi. Penegakan diagnosis TB paru dapat dilakukan dengan pemeriksaanradiologis. Pasien datang dengan keluhan batuk dan sesak nafas sejak 2 minggu yang lalu. Dari pemeriksaan fisik ditemukan adanya demam, gizi kurang, pada pemeriksaan paru ditemukan ronki basah kasar, untuk  pemeriksaan sputum sewaktu – pagi – sewaktu, belum diperiksa. Namun pada pemeriksaan radiologis didapatkan kesan  TB  Milier  pada pemeriksaan foto  Thorax

KASUS

Seorang laki – laki, 33 tahun datang dengan keluhan utama demam sudah sejak 3 hari yang lalu. Batuk dan sesak nafas dirasakan sudah sejak sejak 2 minggu yang lalu, awalnya batuk  ringan dan juga kering. Lama kelamaan batuk menjadi berdahak , dahaknya kental dan berwarna putih. Batuk berlangsung sejak 2 bulan yang lalu, dan kambuh-kambuhan. Pasien juga mengeluh sesak nafas  dan  tidak berkurang dengan posisi duduk, tidak ada bunyi saat sesak nafas. Pasien sering keringatan pada malam hari, badan juga terasa lemah, nafsu makan menurun. Pasien tidak merasa mual maupun muntah. Pasien sebelumnya berobat di Balai Pengobatan Paru (BP4), pengobatan selama 1 bulan dan setelah obat habis penyakit kambuh lagi. Pasien juga merupakan seorang perokok aktif sejak 10 tahun yang lalu. Tidak ada keluarga yang mempunyai riwayat batuk lama maupun sakit serupa dengan pasien.

Page 12: 81345478-Gambaran-radiologis

Pada pemeriksaan didapatkan Keadaan umum Sedang, Kesadaran compos mentis dan kesan gizi kurang, Tekanan darah 130/70 mmHg, Nadi 84 x/menit, Pernafasan 24x/menit, Suhu 37,8ºC. Konjungtiva kedua mata tidak anemis, sklera tidak ikterik, pupil isokor, reflek cahaya normal, tidak terdapat nafas cuping hidung, tidak terdapat bibir kering, lidah tremor, Leher Tampak simetris, limfonodi tidak teraba, JVP tidak meningkat. Thorak suara jantung reguler, tidak terdapat bising jantung. Pemeriksaan paru didapatkan vocal fremitus yang melemah  dan  terdapat ronkhi basah kasar. Abdomen tampak datar, tidak ada sikatrik dan masa, peristaltik normal, Perkusi timpani, Palpasi supel, tidak nyeri tekan, hepar dan lien tidak teraba. Ekstremitas Akral hangat, gerak bebas, tidak ada edema dan sianosis.

Pemeriksaan penunjang  belum dilakukan pemeriksaan sputum sewaktu-pagi-sewaktu . Sedangkan pemeriksaan radiologis memberik kesan berupa tuberkel halus (millii) yang tersebar merta (difus) di seluruh lapangan paru menyerupai gambaran “badai kabut” (snow storm appearance) dengan bentuk yang khas dan ukuran yang hampir seragam (1-3 mm).

DIAGNOSIS

Tuberculosis milier

TERAPI

Memberikan obat anti tuberculosa dengan rumus 2 RHZE/ 4 RH dan kortikosteroid bila perlu.

DISKUSI

Tuberculosis Miliaris adalah jenis tuberculosis disebabkan oleh penyebaran hematogen atau limfogen dari bahan kaseosa terinfeksi ke dalam aliran darah dan mengenai banyak organ dengan tuberkel-tuberkel mirip benih padi.

Pada anak dan orang dewasa, Tuberkulosis Milier terjadi bila fokus di paru pecah dan masuk ke dalam arteri atau vena sehingga terjadi bakterimia. Kuman penyebab penyakit kronis seperti tuberkulosa ini sering menyebabkan berbagai macam reaksi imunologi, yang akibatnya bisa lebih parah dari pada akibat erosif kuman. Dalam hal tuberkulosis terbentuk granuloma-granuloma yang berbatas tegas oleh sifat kronis penyakit tuberkulosis dan reaksi imunologik penderita.

Apabila bakteri pirogen memasuki pembuluh darah, artinya terjadi septisemia. Maka reaksi antara septisemia dan reaksi imunologik ini menentukan apakah nantinya tanda dan gejala penyakit akan menjadi ringan atau berat. Begitu pula dengan prognosisnya baik atau buruk, serta apakah penyebaran basil tuberkulosis terkendali atau tidak.

Page 13: 81345478-Gambaran-radiologis

Manifestasi klinis TB milier dapat bermacam-macam, bergantung pada banyaknya kuman dan jenis organ yang terkena. Gejala yang sering dijumpai adalah keluhan konik yang tidak khas yaitu

1.      Demam

2.      Batuk

3.      Sesak nafas

Pada penyakit yang ringan (baru tumbuh) belum dirasakan sesak nafas. Sesak nafas akan ditemukan pada penyakit yang sudah lanjut, dimana infiltrasinya sudah setengah bagian paru-paru.

4.      Nyeri dada

5.      Malaise

Diagnosis TB milier pada anak dibuat berdasarkan adanya riwayat kontak dengan pasien TB dewasa yang infeksius (BTA positif), gambaran radiologis yang khas, gambaran klinis, uji tuberkulin yang positif, uji bakteriologis yang positif.

Gambaran tuberculosis milier berupa bercak-bercak halus yang umumnya tersebar merata pada seluruh lapangan paru. Akibat adanya penyebaran tuberculosis paru secara hematogen akan tampak sarang-sarang sekecil 1-2 mm, atau sebesar kepala jarum (milium), tersebar merata dikedua belah paru. Pada foto toraks, tuberculosis miliaris ini dapat menyerupai gambaran “badai kabut” (snow storm appearance). Penyebaran penayakit tuberculosis paru ini juga dapat terjadi ke ginjal, tulang, sendi, selaput otak (meninges), dan sebagainya.

Pada pemeriksaan radiologi, gambaran tuberculosis milier yang berupa bayangan-bayangan kecil itu kelihatan berbatas sangat tegas. Besarnya pada tiap kasus berlainan, tetapi pada satu kasus biasanya sama besar. Bayangan-bayangan ini sebenarnya disebabkan oleh superposisi dari banyak tuberkel, dan ini mungkin sama sekali tidak mengakibatkan suatu bayangan sebelum jumlahnya cukup banyak atau besarnya cukup luas untuk menyebabkan suatu bayangan karena superposisi. Oleh karena itu radiograf mula-mula mungkin berbentuk normal, akan tetapi akan tampak bayangan-bayangan itu didalam kira-kira 2 minggu. Sementara didalam pengobatan, bayangan-bayangn hilang jauh sebelum tuberkel-tuberkel secara patologis benar-benar menghilang, sehingga sebaiknya pengobatan tetap diteruskan walaupun pasien telah merasa enak badan dan oleh karena gambaran radiologi telah menjadi normal. Mungkin ada tanda-tanda lain dari tuberculosis paru-paru seperti suatu kavitas, atau kelenjar-kelenjar hilus mungkin membesar.

Pengobatan tuberculosis milier dengan obat anti tuberculosis 2 RHZE/ 4 RH yaitu rifampisin, isoniazid, pirazinamid dan etambutol diminum setiap hari selama 2 bulan

Page 14: 81345478-Gambaran-radiologis

kemuadian dilanjutkan rifampisin dan isoniazid diminum setiap hari selama 2 bulan. Pemberian kortikosteroid dapat diberikan pada keadaan tanda/gejala meningitis, sesak napas, tanda/gejala toksik, demam tinggi.

Beberapa komplikasi yang mungikin timbul adalah perdarahan (hemaptoe) massif, aspirasi, syok, pnemonia, abses paru, gagal napas, gagal jantung, efusi pleura. Prognosa kesembuhan TBC Milier, setelah ditemukannya obat anti TBC mengalami perbaikan yang signifikan, kecuali bila ada komplikasi meningitis, serta keterlambatan dan tidak teratur dalam berobat.

 

KESIMPULAN

Tuberkulosis milier merupakan hasil dari penyebaran hematogenik generalisata akut dengan jumlah kuman yang besar. Semua tuberkel yang dihasilkan dari proses ini akan mempunyai ukuran yang lebih kurang sama. Istilah milier berasal dari gambaran lesi diseminata yang menyerupai butir padi-padian/jewawut (millet seed). Secara patologi anatomi lesi ini berupa nodul kuning berukuran 1-3 mm yang tersebar merata (difus) pada paru.    Manifestasi klinis TB Millier hanya memberikan keluhan yang sangat ringan sehingga tidak bisa dijadikan patokan penegakan diagnosis. Pemeriksaan melalui sputum BTA pun tidak bisa memberikan gambaran positif TB Paru. Namun, melalui pemeriksaan radiologis TB Millier bisa ditegakkan dengan pasti karena gambaran radiologis milliary type yang sangat khas.