55947429 virus kuning pada cabai kelompok 5

6
VIRUS KUNING PADA CABAI Secara ilmiah bahwa penyakit virus kuning (nama resmi menurut kesepakatan para pakar penyakit virus pada tanaman) pada cabai disebabkan oleh geminivirus Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV), dan ditularkan oleh vektor yaitu hama kutu kebul Bemisia tabaci. Penyakit ini dapat menyerang tanaman inang lain selain cabai, antara lain tomat, tembakau, gulma babadotan (Ageratum conyzoides), dan gulma bunga kancing (Gomphrena globosa). Penyakit kuning cabai di Indonesia disebabkan oleh virus dari kelompok/Genus Begomovirus (singkatan dari: Bean golden mosaic virus), Famili Geminiviridae. Geminivirus dicirikan dengan bentuk partikel kembar berpasangan (geminate) dengan ukuran sekitar 30 x 20 nm. 1. TANAMAN INANG (FAKTOR YANG MENDUKUNG) Cabai (Capsicum annuum L.) 2. KARAKTERISTIK PATOGEN: a. Nama Patogen : Gemini virus b. Sifat Patogen : Parasit Obligat c. Klasifikasi i. Family : Geminiviridae ii. Genus : Begomovirus

Upload: muhammad-jamil

Post on 27-Oct-2015

101 views

Category:

Documents


9 download

DESCRIPTION

jj

TRANSCRIPT

Page 1: 55947429 Virus Kuning Pada Cabai Kelompok 5

VIRUS KUNING PADA CABAI

Secara ilmiah bahwa penyakit virus kuning (nama resmi menurut kesepakatan para pakar penyakit virus pada tanaman) pada cabai disebabkan oleh geminivirus Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV), dan ditularkan oleh vektor yaitu hama kutu kebul Bemisia tabaci. Penyakit ini dapat menyerang tanaman inang lain selain cabai, antara lain tomat, tembakau, gulma babadotan (Ageratum conyzoides), dan gulma bunga kancing (Gomphrena globosa).

Penyakit kuning cabai di Indonesia disebabkan oleh virus dari kelompok/Genus Begomovirus (singkatan dari: Bean golden mosaic virus), Famili Geminiviridae. Geminivirus dicirikan dengan bentuk partikel kembar berpasangan (geminate) dengan ukuran sekitar 30 x 20 nm.

1. TANAMAN INANG (FAKTOR YANG MENDUKUNG)

Cabai (Capsicum annuum L.)

2. KARAKTERISTIK PATOGEN:a. Nama Patogen : Gemini virusb. Sifat Patogen : Parasit Obligatc. Klasifikasi

i. Family : Geminiviridae

ii. Genus : Begomovirus

Page 2: 55947429 Virus Kuning Pada Cabai Kelompok 5

iii. Species : Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV)

d. Tanaman Inang LainTomat (Solanum lycopersicum), cabe rawit , tembakau, gulma babadotan (Ageratum conyzoides) dan gulma bunga kancing (Gomphrena globosa)

3. NAMA PENYAKIT (DESKRIPSI GEJALA)

Gejala pada cabai merah pertama kali muncul pada daun muda/pucuk berupa bercak kuning di sekitar tulang daun, kemudian berkembang menjadi urat daun menjaring berwarna kuning (vein clearing), cekung dan mengkerut dengan warna mosaic ringan atau kuning. Gejala berlanjut hingga hampir seluruh daun muda atau pucuk berwarna kuning cerah, dan ada pula yang berwarna kuning bercampur dengan hijau, daun ceukung dan mengkerut berukuran lebih kecil dan lebih tebal.

a. Fungsi Fisiologis Yang TergangguFotosintesis Terhambat, dikarenakan tanaman tersebut dikuasai oleh Gen virus kuning (virus Gemini) sehingga klorofil tidak berfungsi.

b. Mekanisme Infeksi

Page 3: 55947429 Virus Kuning Pada Cabai Kelompok 5

Virus Gemini ditularkan hanya oleh vektor yaitu vektor kutu kebul (B. tabaci). Menularkan Gemini virus secara persisten (tetap ; yaitu sekali makan pada tanaman yang mengandung virus, selamanya sampai mati dapat menularkan)

menghisap tanaman cabai yang sudah terkena virus kuning hinggap pada tanaman cabai yang masih sehat mengeluarkan lendir yang masih mengidap virus kuning virus tersebut menyebar didalam tubuh tanaman yang bersamaan dengan cairan yang ada didalam tubuh tanaman tersebut.

Virus tersebut berbentuk Gen yang dapat merusak jaringan pada tanaman yang berupa kromosom atau RNA/DNA. Dan juga menghentikan kerjanya Gen kromosom / klorofil yang berupa asam amino. Sehingga tanaman tersebut dikuasai oleh Gen virus kuning (virus gemini).

c. Tipe Gejala : Vein clearing

d. TandaDedaunan berwarna kuning, tulang daun menebal dan bergulung dan karenanya daun terlihat keriting dan batangnya kerdil.

4. FAKTOR LINGKUNGAN YANG MENDUKUNG TERJADINYA PATOGENESIS (SEPERTI BAGAN BERIKUT):

1. Infeksi

3. Inokulasi2. Invasi-Reproduksi

4. Penetrasi

Page 4: 55947429 Virus Kuning Pada Cabai Kelompok 5

Infeksi : vector B. tabaci, penyambungan

Faktor lingkungan yang mendukung : ketahanan tanaman

Reproduksi :transkripsi & translasi

Faktor lingkungan yang mendukung :ketahanan tanaman.

Inokulasi : partikel virus

Faktor lingkungan yang mendukung : vector, carrier, alat pertanian

Penetrasi : vektor Bemisia tabaciFaktor lingkungan yang mendukung : iklim baik secara langsung maupun tidak langsung. Iklim tersebut meliputi temperatur, kelembaban udara relatif dan curah hujan berpengaruh langsung terhadap siklus hidup, keperidian, lama hidup, serta kemampuan diapause serangga.

Sumber

http://faperta.ugm.ac.id/perlintan2005/brt0003.htmhttp://anggi-87.blogspot.com/http://geminivirus-indonesia.blogspot.com/

Page 5: 55947429 Virus Kuning Pada Cabai Kelompok 5

TEKNIK PERLINDUNGAN TANAMAN IVIRUS KUNING PADA CABAI

AGROTEKNOLOGI CKELOMPOK 5

150510100115 Garetha Damayanti 150510100116 Sintong Putra P 150510100117 Vitara Octavenny P 150510100118 Muhammad Andhika P 150510100119 Raden Arif K 150510100120 Dickdoyo Langgeng W

Page 6: 55947429 Virus Kuning Pada Cabai Kelompok 5

FAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS PADJADJARAN

2010