45667323-leaflet-sadari.doc

3
BAGIAN FAMILY MEDICINE FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA 2015 Periksa payudara sendiri (SADARI ) ialah salah satu cara untuk mengenal payudaranya sendiri sehigga diharapkan dapat untuk mendeteksi secara dini setiap perubahan yang mungkan merupakan awal terjadinya kanker payudara. Yang perlu diperhatikan saat SADARI? 1. Terabanya benjolan, berupa nodul asimetris atau simetris. 2. Adanya penebalan kulit. 3. Perubahan ukuran dan bentuk payudara. 4. Retraksi ( pengerutan kulit ) atau distorsi ( putting masuk ke dalam ). 5. Keluar cairan dari putting susu padahal tidak sedang menyusui. 6. Nyeri pada payudara tanpa ada penyebab yang jelas. 7. Pembengkakan lengan atas. 8. Teraba benjolan di ketiak atau leher. Langkah-langkah SADARI PERTAMA Berdiri didepan cermin, dada

Upload: yudi-pratama

Post on 09-Nov-2015

55 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

BAGIAN FAMILY MEDICINEFAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS SYIAH KUALA

2015Periksa payudara sendiri (SADARI ) ialah salah satu cara untuk mengenal payudaranya sendiri sehigga diharapkan dapat untuk mendeteksi secara dini setiap perubahan yang mungkan merupakan awal terjadinya kanker payudara.Yang perlu diperhatikan saat SADARI?

1. Terabanya benjolan, berupa nodul asimetris atau simetris.

2. Adanya penebalan kulit.3. Perubahan ukuran dan bentuk payudara.4. Retraksi ( pengerutan kulit ) atau distorsi ( putting masuk ke dalam ).5. Keluar cairan dari putting susu padahal tidak sedang menyusui.6. Nyeri pada payudara tanpa ada penyebab yang jelas.7. Pembengkakan lengan atas.8. Teraba benjolan di ketiak atau leher.Langkah-langkah SADARIPERTAMA Berdiri didepan cermin, dada dibusungkan dan tangan diletakkan di pinggang. Perhatikan UKURAN, BENTUK dan WARNA payudara, serta puting. Wajib memeriksakan ke dokter, jika ada kulit payudara pada satu tempat masuk kedalam, berkerut, kemerahan , terdapat luka yang sulit menyembuh atau membengkak. Puting susu retraksi/masuk kedalam atau letak abnormal.

KEDUA Kemudian angkat tangan, perhatikan payudara seperti pada langkah pertama diatas. Kemudian tekan / pencet puting susu. Jika ada cairan abnormal yang keluar, maka segeralah periksakan diri ke dokter.KETIGA Berbaring dengan tangan (pada sisi yang sama dengan payudara yang akan diperiksa) , diletakkan dibawah kepala. Tangan kiri dipakai untuk memeriksa payudara kanan begitu sebaliknya. Raba seluruh payudara (seperti pada gambar) mulai dari atas kebawah, sisi kiri ke sisi dalam, dari lekukan ketiak sampai kearah payudara.

Bisa juga mulai dari puting, dengan arah melingkar terus sampai ke sisi luar lingkaran payudara. Pastikan seluruh payudara terdeteksi, raba dengan kekuatan yang ringan, halus tapi mencapai seluruh kedalaman payudara (bisa merasakan tulang iga dibelakang payudara)KEEMPAT Langkah terakhir, lakukan dengan berdiri atau duduk. Lakukan perabaan seperti pada langkah ke tiga. Beberapa wanita sering melakukan pada waktu mandi, karena lebih mudah melakukan perabaan payudara dalam keadaan kulit payudara basah.

TERIMA KASIH