20120216-studi kasus total

Upload: dwi-ananda-putri

Post on 05-Jul-2018

214 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • 8/15/2019 20120216-Studi Kasus Total

    1/4

    STUDI KASUS PRODUK PERBANKAN SYARIAH

    Diskusikan dengan teman anda. produk ang !o!ok pada kasus ang dise"utkan.Suatu kasus dapat "erisi #e"i$ dari % &a'a"an.

    NO KASUS PRODUK  

    %. Seorang pengusa$a tempe ingin mengem"angkan

    usa$ana di daera$ #ain. Se"agian moda# ia te#a$ mi#iki(tapi masi$ "e#um "isa "eroperasi karena "e#um !ukupuntuk mem"e#i mesin penggi#ing kede#ai. Ia datang ke "ankanda( menga&ukan permo$onan pin&aman. Akad apa anganda ta'arkan)

    *. Seorang mantan pedagang mendatangi "ank anda danmemo$on pem"iaaan untuk "er&ua#an "arang+"arangke#ontong Berdasarkan penga#amanna "erdagang( iadapat memprediksi "a$'a turn+o,er "arang ke#ontongan disekitar tempat ia tingga#( sangat potensia#. Iamemperkirakan moda# akan kem"a#i da#am satu ta$un.

    Produk apa ang anda ta'arkan)

    -. Seorang pemi#ik toko "a$an pakaian "erniat untukmenam"a$ "arang daganganna dengan pakaian &adikarena "anakna permintaan. ika ia memi#iki se"agianmoda# untuk itu akad apa ang menurut anda !o!ok untukpem"iaaan sema!am ini)

    /. Seorang petani ingin mengo#a$ sa'a$ mi#ikna se#uas /$ektar. Perkiraan pendapatan dari sa'a$na ada#a$ / tonpadi per $ektar. Ia #a#u menga&ukan permo$onan untukpenge#o#aan ini. Produk apa ang anda usu#kan)

    0. Seorang pega'ai negeri menga&ukan permo$onan untukreno,asi ruma$na tipe -1. Produk apa ang andata'arkan)

    1. Seorang tukang "e!ak ingin mempero#e$ pin&aman untukmemi#iki "e!ak. Produk apa ang !o!ok untuk pem"iaaansema!am ini)

    2. Se"ua$ departemen pemerinta$ ingin mem"antu petanidengan !ara menediakan kredit mura$ untuk pertaniandan perke"unan. Akad apa ang anda ta'arkan agar dapat

    me#i"atkan tiga pi$ak3 departemen terse"ut( petani dan"ank anda)

    4. Seorang pedagang "akso ke#i#ing ang sukses "ermaksudakan mene'a se"ua$ toko untuk di&adikan 'arung "akso.

     Ternata ia memi#iki ta"ungan ang $ana !ukup untukmem"e#i "a$an dan pera#atan( sedangkan untuk se'a tokoia "ermaksud memo$on pin&aman dari "ank anda. Se"agaitam"a$an in5ormasi( de,e#oper toko itu mem"erikan opsi

    1

  • 8/15/2019 20120216-Studi Kasus Total

    2/4

    kepadana untuk mem"e#i toko itu &ika ia suda$ mampu.Produk apa ang menurut anda sesuai)

    6. Seorang kontraktor &a#an mendatangi anda danmengkon7rmasi anda "a$'a tender pem"uatan &a#anpropinsi sepan&ang *8 km te#a$ dimenangkanna. Ia inginmendapatkan pem"iaaan dari anda untuk moda#pem"uatan &a#an terse"ut. Akad ang anda sediakan)

    %8. Se"ua$ perusa$aan BU9N ang menisi$kan *(0:keuntunganna ingin mena#urkan keuntungan itu #e'at"ank anda( tapi dengan sarat untuk usa$a ke!i# danmoda# itu $arus "ergu#ir. Akad apa ang anda 7kirkan)

    %%. Se"ua$ departemen pemerinta$ ingin mem"antu petanidengan !ara menediakan kredit mura$ untuk pertaniandan perke"unan. Akad apa ang anda ta'arkan agardapat me#i"atkan tiga pi$ak3 departemen terse"ut( petanidan "ank anda)

    %*. Para ne#aan di Ka#i"aru menge#u$kan para tengku#akang memin&amkan uang dengan "unga tinggi dandengan &aminan ikan+ikan ang akan mereka tangkap. ikamereka tidak mampu mendapatkan ikan( gi#iran pera$u+pera$u mereka ang akan diam"i#. 9ereka datang ke"ank anda untuk meminta pem"iaaan agar dapatmenggantikan ke'a&i"an mereka kepada para tengku#akitu. Apa ang anda ta'arkan)

    %-. Para i"u di sekitar peruma$an anda mendatangi anda di"ank dan menge#u$kan ketiadaan "iaa untuk uang mukaku#ia$ anak+anak mereka ang "aru diterima di

    uni,ersitas masing+masing. 9enurut anda mereka mampumem"aar da#am &angka 'aktu -+1 "u#an dan merekamemi#iki "er"agai simpanan "arang "er$arga ang dapatdi&aminkan. Produk apa ang anda ta'arkan)

    %/. Para pengusa$a perke"unan sa'it di Riau dan SumateraUtara mendatangi "ank anda agar mendapatkanpem"iaaan untuk penanaman kem"a#i ;rep#anting<ke"un sa'it se#uas ratusan $ektar( ang diperkirakan"aru akan meng$asi#kan pada ta$un ke 0. Produkpem"iaaan apa ang ter7kirkan o#e$ anda)

    %0. Se"ua$ tra,e# ingin "eker&asama dengan "ank andada#am pen&ua#an paket umro$. =arana apa"i#a "ank anda"isa merekrut nasa"a$na untuk &adi peserta umra$("ank mendapat porsi tertentu dari pen&ua#an paketterse"ut. Produk apa ang anda ta'arkan)

    %1. Seke#ompok pedagang pasar induk menga&ukanpem"iaaan kepada "ank anda dimana pem"iaaan

    2

  • 8/15/2019 20120216-Studi Kasus Total

    3/4

    "ersi5at "atas maksimum dan mengam"i# keuntunganapa"i#a danana dipakai sa&a. Sementara dana ang tidakdigunakan tidak dikenakan keuntungan. Produk apa anganda ta'arkan)

    %2. Di,isi SD9 pa"rik di dekat "ank anda meng$u"ungi andadan ingin me#akukan ker&asama untuk pem"iaaanpengadaan kendaraan "ermotor "agi kara'anna.

    Produk apa ang anda ta'arkan)

    %4. Anda tenga$ men!ari dana+dana mura$ untukpem"iaaan usa$a ke!i# di "ank anda. Se"ua$ perusa$aanpem"iaaan BU9N mena'arkan penempatan danadengan rate 1: per ta$un. Produk apa ang andata'arkan)

    %6. Para peternak sapi menerima ta'aran penggemukan sapipotong dari se"ua$ perusa$aan Austra#ia( dengan saratpara peternak menediakan #a$an dan pakan $e'an. Parapeternak itu meminta "antuan "ank anda untuk proek

    per 1 "u#an terse"ut. Akad apa ang menurut anda !o!okuntuk proek ini)

    *8. Se"ua$ aasan ang menge#o#a #em"aga pendidikan daritingkat SD sampai S9A mendatangi "ank anda danmeminta "antuan untuk pem"angunan gedung "aru ang$ana dapat di"aar per enam "u#an. Produk apa anganda akan siapkan &ika anda memang menetu&uina)

    *%. Seorang kena#an "erniat mem"uka peternakan unggas;"e"ek< ang te#urna dapat di&ua# da#am "entuk te#urasin. 9oda# pri"adina $ana !ukup untuk mem"uat

    kandang dan mem"e#i "e"ek. Sedangkan untuk pakannaia memer#ukan "antuan pem"iaaan dari "ank anda.9enurut anda skema apa ang !o!ok untuk pem"iaaansema!am ini)

    **. Seorang dokter di ruko se"erang peruma$an andameng$u"ungi anda untuk dapat mempero#e$ pem"iaaanguna pengadaan o"at+o"atan. Ia me#akukannna karenaada SPK dari dinas kese$atan setempat. Produk apa ang!o!ok untuk proek ini)

    *-. Be"erapa orang dari kara'an anda "erniat me#an&utkan &en&ang pendidikan ke Strata * dengan "iaa ang#umaan "esar. Tapi "iaa itu masi$ da#am di"a'a$ "atasmaksima# pin&aman seorang kara'an dariperusa$aanna. Produk apa ang anda ta'arkan)

    */. Seorang pengusa$a ang memesan mesin air dari epangmendatangi "ank anda dan meminta pem"iaaan untukpesanan itu. Ia menatakan sanggup mengem"a#ikanpem"iaaan itu da#am &angka 'aktu % ta$un. Ia suda$

    3

  • 8/15/2019 20120216-Studi Kasus Total

    4/4