184062146-leaflet-jadi

3
IMUNISASI TETANUS TEXOID (TT) PADA IBU HAMIL PUSKESMAS ASTANAJAPURA Imunisasi Tetanus Toksoid adalah proses untuk membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan terhadap infeksi tetanus. Penyakit tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh racun kuman Clostridium tetani. Penyakit ini sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan kejang dan kegagalan pernapasan, yang berujung pada kematian. Paling rentan adalah bayi baru lahir dan ibu yang melahirkan. Oleh karena itu, Pencegahan tetanus pada ibu dan bayi dilakukan dengan mengimunisasi ibu yang sedang hamil. Apa sih Imunisasi TT ituuuuu ?????

Upload: marisa-ummie-bian-assyidiq

Post on 09-Jul-2016

215 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

IMUNISASI TETANUS TEXOID (TT) PADA

IBU HAMIL

PUSKESMAS ASTANAJAPURA

Imunisasi Tetanus Toksoid adalah proses untuk membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan terhadap infeksi tetanus.

Penyakit tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh racun kuman Clostridium tetani.

Penyakit ini sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan kejang dan

kegagalan pernapasan, yang berujung pada kematian. Paling rentan adalah bayi baru lahir dan ibu yang melahirkan. Oleh karena itu, Pencegahan tetanus pada ibu dan bayi dilakukan dengan mengimunisasi ibu yang sedang hamil.

Apa sih Imunisasi TT ituuuuu ?????

Umur kehamil

an

Imunisasi TT sebaiknya diberikan sebelum kehamilan 8 bulan untuk mendapatkan imunisasi TT lengkap dan dapat diberikan sejak diketahui positif hamil.

1. Melindungi bayinya yang baru lahir dari tetanus neonatrus. Tetanus neonatrus adalah penyakit yang terjadi pada bayi berusia kurang 1 bulan, yang disebabkan oleh kuman yang menyerang system saraf pusat

2. Melindungi ibu terhadap kemungkinan tetanus terhadap luka

BAGAIMANA EFEK SAMPINGNYA……… ??

Biasanya hanya nyeri ringan, kemerahan dan pembengkakan pada tempat suntikan, efek samping tersebut berlangsung 1-2 hari

TEMPAT PELAYANAN UNTUK MENDAPATKAN IMUNISASI TT ??

1. Puskesmas

2. Rumah Sakit

3. Posyandu

4. Rumah Bersalin

5. Bidan Praktik

Apa Saja Manfaat Imunisasi TT pada Ibu Hamil ????

TETANUS !!!