133541356 sejarah sip

Upload: akhmad-fauzi

Post on 02-Mar-2018

219 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • 7/26/2019 133541356 Sejarah Sip

    1/6

    SEJARAH MESIN BUBUT

    Andreas TM

    A-50

    2007-3-004

    Tidak mudah bagi seseorang untuk memproduksi object silindris dari kayu.Buktinya adalah adanya cacat kecil yang tertinggal/ada pada kayu yangmenyebab kebusukan kayu dengan mudah. Bagaimanapun logikanya berasaldari seseorang yang menemulan keuntungan gerakan berputar daripada dayadorong semata roda kemudi digunakan sebagai pengganti eretan kemudiankeinginan untuk memutar objek untuk mempermudah pekerjaan. Hal ini ditandaisaat bangsa Sumeria menemukan roda/kemudi pada 3500 3000sebelummasehi.

    Pump-drill for making fire. Indian bow lathe.

    Seluruh mesin bubut secara alamiah bekerja dengan memutar benda kerja. Untukmenjelaskan dan menggambarkan gerakan ini kita harus kembali menilik zaman

    prasejarah. Orang telah memanfaatkan daya gerak yang telah dipakai untuk memintal

    gelondongan besar wol berpuluh ribu tahun yang lalu. Hampir bisa dipastikan mesinpemutar yang digunakan untuk membuat tembikar adalah mesin pertama yang digunakan

    oleh nenek moyang kita. Prinsip pembuatan api secara tradisional dengan memutar

    batang yang saling bertumpu adalah penggunaan mekanik yang pertama, prinsip yangdigunakan sama dengan prinsip pengeboran yang digunakan sekarang.

    esin bubut yang awal masih dikendalikan oleh tangan, adalah mesin bubut yang

    menyajikan format membubut yang paling awal, terutama bahan!bahan yang kecil. "idak

    hanya kayu tetapi juga gading, tulang, batu mulia dan logam mulia. Perhiasan berupaemas juga banyak yang dibuat di mesin bubut. esin bubut juga digunakan di rancang

    bangun, terutama dalam pembuatan arloji dan jam.

  • 7/26/2019 133541356 Sejarah Sip

    2/6

    . !rang "esir yang pertama mengembangkan suatu mesin bubut yangdioperasikan oleh # orang. Seseorang akan memutar kayu dan menambahdengan suatu tali. Selain itu dipasang suatu alat tajam untuk memotong bentuk

    pada kayu. !rang!rang $oma meningkatkan penemuan disain a%al orangmesir dengan penambahan suatu busur yang memutar. &%al mesin bubut busur

    juga dikembangkan dan digunakan di 'egara (erman) dan *erancis +nggris. ,iabad pertengahan suatu pedal menggantikan pemutar yang dijalankan dengantangan -tangan tukang tidak memegangi benda/kayu yang berputar. *edal padaumumnya dihubungkan di suatu kutub) sering suatu anak pohon lurus. Sistemhari ini memanggil/hubungi 1 musim semi/ mata air kutub1 mesin bubut - lihat*olelathe. musim semi/ mata air kutub "esin bubut 2apakah bersamasamamenggunakan ke dalam itu a%al abad #0. Suatu mesin bubut yang dikendalikanoleh # orangdisebut mesin bubut besar) yang dapat digunkan untuk berputarsecara terusmenerus -seperti mesin bubut masa kini.

    Sepanjang reolusi industri) alat bubut yang diperlengkapi dengan mesin dapatbekerja dengan cepat dan dapat mengerjakan bahan metal. "otor jugamemproduksi suatu kecepatan hal pemutaran lebih besar) pembuatan itubagi/kepada dengan cepat menghasilkan pekerjaan mutu tinggi. Hari ini mesinbubut yang paling komersil adalah produksi massal mempertimbangkanpengoperasian dengan komputer yang dapat bekerj dengan akurat dan tanpaongkos meman4aatkan kecerdasan manusia.

    Sekilas catatan sejarah mesin bubut :

    1350sm

    Bukti pertama suatu sambungan putaran ditemukan di dalam pusaraTutankhamune di "esir. Tidak ada keterangan bagaimana sambungan itudibuat .

    300sm*enggambaran pembubutan kayu yang paling a%al juga ada di dalam di suatupusara orang mesir yang melukiskan dua manusia yang sedangmengoperasikan suatu mesin bubut) satu orang memutar benda kerja dan yanglain memegang alat yang digunakan untuk memotong.

  • 7/26/2019 133541356 Sejarah Sip

    3/6

    00sm6aman mesin bubut besi. 7immerbridge memutar bebatuan dan menjadikannyamenjadi bentuk yang bernilai. Serpihan batu 8akram dapat dilihat di "usium+nggris pusat.

    6aman $oma.Bisa memutar kayu dan batu. 8ontohnya ada di 9indolanda.

    Sa:ons.&dalah mesin bubut kayu yang bagus) mereka harus mencari inoasi sebabmereka adalah pembuat barang tembikar yang telah tertinggal) sekitar ;00 tahundi belakang tehnologi orang roma%i. 8ontohnya ada di (oric) Banyak beriburibu piringpiring) mangkok besar dan cangkir/piala kayuyang diperlukan untuk perjamuan penobatan $ichard yang dijuluki sang SingaHati. Tahun #=; seorang bangsa%an menyetok #350 piring besar danmangkok.

    #5; *erka%inan ?d%ard dan ?leanor di 8astile) ;00 mangkok dan 500pinggan. *ersediaan besar) akakah ini adalah alasan untuk pengembangan yanglambat di dalam bidang pembuatan barang tembikar@

    #50."esin bubut dilukiskan di dalam jendela kaca stained 8hartres) *erancis.

    300.Serikat perusahaan Aondon perusahaan mesin bubut Aondon. 8atatan yangkurang beruntung karena kebakaran yang melanda.

    33."esin penggergaji bertenaga air di &usburg) 'egara (erman.

    ;05.

    +lustrasi Biara%an yang memutar "anik"anik $osario) memutar kayu denganbantuan busur biola 'uremburg) 'egara (erman.

  • 7/26/2019 133541356 Sejarah Sip

    4/6

    Giant wheel lathe, mid 18th Century.

    Leonardo Da in!i"#

    drawing of a lathe.

    500.Aeonardo da 9inci menemukan suatu mesin bubut pedal dengan suatu tuasmekanisme gerakputar berlanjut. Bearing lemah dan kelurusan memproduksi4riksi tinggi dan mengakibatkan tenaga yang kecil untuk memutar benda kerja.

    500 C007emunduran pertama dari permintaan mesin bubut untuk membubut potongankayu sebagai dampak pengenalan tentang 8&"*D$&' T+"&H *DT+H ,&'H+T&".

    5>.Serikat pekerja *andai bubutkayu membuat pelatihan bagi para pemagang diaula Euild di Aondon. peserta membuat) mengukur) sekop) sekop)mangkuk/pasu) baki) ember) rodatenun dan kursi.

    C00."asa mesin bubut bertenaga air) %alaupun dalam jumlah sedikit karena selalumenempatkan dekat dengan suatu sumber air.

    C35.

    *engetsaan Belanda yang mempertunjukkan Tukang bubut yang membuat kakikursi. "esin bubut telah dapat membuat mangkok sampai boneka.

    CC.Aukisan oleh 9ann !stade melukiskan bangku dengan stop kontak putaran.

    C= C=0.(oseph "o:on menulis) Berlatih "ekanik Seni "embubut.

  • 7/26/2019 133541356 Sejarah Sip

    5/6

    =.8atatan yang pertama menyangkut istilah 7ursi Findsor menunjuk tentangsuatu kursi taman.

    #0.Aondon) Serikat pekerja operator bubut mempunyai ;0 anggota. Total #= orangsedang berada dalam 7ota besar Aondon. ?nambelas adalah Tukang bubut)tetapi hanya dipandang sebagai tukang bubut pembuat mebel.

    #5.Seseorang bernama +ngrams membeli enam kursi kayu bubutan seharga enamshilling lebih enam pence -sen +nggris untuk setiap kursi dari Findsor.

    30.

    &dert. &kan dijual Segala rupa kursi Findsor dicat hijau (ohn Bro%nmenandai tokonya dengan tandaG Tanda Tiga 7ursi dan Semacam *ohon kenaridi 7uburan St.*aulGS.

    50.7emerosotan dalam bidang mangkok yang diakibatkan masuknya kaca/gelasdan tembikar murah. 7emunduran lebih lanjut setelah pengenalan tentangkaleng dan barang berlapis porselen.,i daerah lain tukang roda dilibatkan di -dalam produksi kursi.?d%in Aascelles dan Tuan =3.Tuan Aongridge Eateshead membeli enam 7ursi Findsor. yang dikirimkan *adaatas paket itu 9ulcan di ba%ah 8apt.Ha%kes. dikirim) dengan kereta takdikenal

    >=.Sensus Buckinghamshire merekam 5= pembuat kursi di -dalam dan di sekitarFycombe Tinggi. ,ia melaporkan beberapa G pekerjaan dilakukan di luar tookkursi. B!,E+'EIIII7ursi sedang didistribusikan dgn ditumpuk diatas gerbong kereta ke kota pabrikdi Bagian tengah negara.

    =0 =3.*erubahan situasi pembuatan mangkuk memasuki kemunduran) usahapembuatan kursi bertambah. "esin bubut untuk membuat mangkok sangat beratdan sulit diperbaiki. Spindle mesin bubut sangat ringn dan dapat dijinjing.

  • 7/26/2019 133541356 Sejarah Sip

    6/6

    =50.Spindle "esin bubut) meningkat dalam jumlah diatas 00 di 8hilterns) tetapicatatannya hanya sedikit sebab perkembangannya selalu bergerak.,ari jumlah >30 hingga > dan >50 sampai .

    .>00Gs.8atatan yang paling a%al upah pekerja. "ereka menerima lima shilling untukmemproduksi #5# bagian) ketika saban minggu menerima duabelas shilling danenam pence -sen +nggris . "ereka harus lebih dulu menghasilkan C30 bagiansetiap minggu untuk suatu upah kecilII Sam $ock%ell bodger dan mengepalai pembuatan sampai >C0) meskipundemikian ia menggunakan mesin bubut pedal.

    Suatu situasi aneh hidup. "eskipun demikian mesin bubut pembuat mangkokyang merosot lebih a%al itu menyajikan arsip yang terbaik dari tiga generasikeluarga Aailey.

    =#C Filliam Aailey membangun suatu tempat kerja pada Turner green diBucklebury) Berkshire) beberapa =7" dari 'e%bury. *utra nya Eeorge dan cuculelaki Eeorge Filliam yang dipekerjakan disana dari tahun ke tahun sampai EFdipensiunkan di tahun >5= pada umur ==. "ereka tidak menggunakan tenagamaupun cahaya buatan meskipun keduaduanya sudah tersedia di tahun >3.

    "ereka mempunyai dua mesin bubut jenis Sa:on yang dapat membuatmangkuk dan sendok besar dari pohon yang berdiameter #0 inci .

    #iambil dari$

    Sejarah singkat mesin bubutoleh $rian G. %owarth

    Sejarah singkat mesin bubutoleh &tuart 'ing

    History of Lathe; (ikipedia

    http://en.wikipedia.org/wiki/Image:Lathe.PNG