(1088) muhammad dwi nurcahyo

Upload: anggasetiyawan

Post on 07-Jan-2016

252 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

a

TRANSCRIPT

  • Muhammad Dwi Nurcahyo141710101088Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan Hasil Pertanian

  • Definisi ManajemenManajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. (Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan 1985)

  • Lewis dkk. (2004:5) mendefinisikan manajemen merupakan proses mengelola dan mengkoordinasi sumber daya-sumber daya secara efektif dan efisien sebagai usaha utk mencapai tujuan organisasi.

  • Fungsi ManajemenMenurut Nickels, McHug and McHugh (1997)Perencanaan Perencanaan atau Planning, yaitu upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.PengorganisasianPengorganisasian atau Organizing, yaitu proses bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang cepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan bisa memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi bisa bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

  • PengimplementasianPengimplementasian atau Directing, yaitu proses implementasi program agar bisa dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.PengendalianPengendalian dan Pengawasan atau Controlling, yaitu proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, dan diimplementasikan bisa berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

  • Definisi Manajemen MutuPengertian manajemen mutu (Total Quality Management) menurut Hadari Nawari (2005:46) Manajemen Mutu adalah manejemen fungsional yang difokuskan pada peningkatan kualitas, agar produknya sesuai dengan standar kualitas dari masyarakat yang dilayani dalam pelaksanaan tugas pelayanan umum (public service) dan pembangunan masyarakat (community development).