workshop csr kalteng 2011

4

Click here to load reader

Upload: dw-kristianto

Post on 02-Jul-2015

57 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: Workshop Csr Kalteng 2011

Workshop CSR KALTENG 2011 Ditunda

Workshop CSR Kalteng 2011 yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 22-23 April 2011 terpaksa ditunda sampai tanggal 24-25 Mei 2011. Mundurnya kegiatan ini selama satu bulan adalah hasil rapat panitia yang terabung dalam Konsorsium Betang. Kenapa kegiatan ini terpaksa ditunda? berikut petikan wawancara Radar Sampit dengan ketua panitia Workshop CSR KALTENG 2011 Dw.kristianto.

Apa yang menyebabkan kegiatan tersebut ditunda?

Penundaan kegiatan ini sebenarnya bukan keinginan dari panitia, tapi karena masukan dari berbagai pihak terutama calon peserta dan mitra dalam penyelengaraan kegiatan ini.

Dari rood show yang dilakukan ke beberapa perusahaan diwilayah Sampit rata-rata beberapa perusahaan ada agenda pada jadwal yang telah ditentukan. Pertimbangan lain yang juga sangat penting kanapa kami memilih tanggal tersebut untuk pelaksanaan kegiatan Workshop CSR KALTENG 2011, adalah moment hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-54 yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2011. Kami rasa moment ini sangat tepat sebagai upaya mendorong langkah bersama untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan sosial melalui optimalisasi dan peningkatan program-program CSR di Provinsi ini.

Bagaimana kesiapan penitia sendiri dalam pelaksanaan kegitan ini?

Secara teknis panitia sudah sangat siap, termasuk kesiapan dari pembicara, meski demikian suksesnya acara ini adalah kehadiran dari peserta yang sudah ditargetkan oleh penitia. Secara resmi kami sudah mengirim surat kepada para peserta dan dengan masukan dari peserta untuk menunda kegiatan ini. maka, dengan dasar pertimbangan tersebut kami menunda acara ini selama satu bulan.

Adakah agenda besar yang akan dibahas dalam workshop CSR KALTENG 2011?

Seperti telah kami sampaikan juga dalam proposal bahwa langkah mendeklarasikan Kalimantan Tengah menjadi Provinsi Hijau dan melaksanakan konsep pembangunan berkelanjutan merupakan langkah ideal, genuine dan visioner. Komitmen Gubernur Kalimantan Tengah Bapak Agustin Teras Narang selayaknya kita dukung, saya sendiri sebagai akademisi mencoba berkontribusi untuk mewujudkanya melalui berbagai penelitian dan kegiatan-kegiatan riil salah satunya adalah mendesain operasionalisasi program-proram tersebut yang diintegrasikan dengan program-program CSR. Kegiatan ini memang merupakan langkah awal menuju agenda bersama dalam mewujudkan kegiatan-kegiatan pembangunan di Kalimantan Tengah dengan mensinergikan kegiatan-kegiatan CSR dari sektor swata maupun BUMN. Seperti kita ketahui bersama bahwa pilar pembangunan nasional adalah pemerintah, masyarakat dan sektor swasta. Sehingga proses-proses dalam mensinergikan semua potensi dalam rangka pembangunan khusunya di provinsi Kalimantan Tengah perlu terus diupayakan.

Apa sesungguhnya program CSR itu?

CSR atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Tangung Jawab Sosial Perusahaan, menurut Tomi Oktavianor (2008) adalah komitmen berkelanjutan oleh bisnis untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi sambil meningkatkan kualitas hidup tenaga kerja dan keluarga mereka serta masyarakat lokal atau masyarakat luas. Banyak program yang bisa dilakukan dalam implementasi kerja-kerja CSR salah satunya pemberdayaan masyarakat sekitar, biasiswa sekolah sampai kesejateraan karyawan dalam lingkup perusahaan. Potensi ini selayaknya kita kelola dengan baik sehingga relasi sosial antara perusahaan dan masyarakat juga lingkungan bisa berlangsung saling menguntungkan.

Page 2: Workshop Csr Kalteng 2011

Terus apa itu Konsorsium Betang

Seperti kita ketahui bersama bahwa kegiatan Worksop CSR KALTENG 2011 ini atas inisiatif dari empat lembaga yaitu

1. Program Studi Ilmu Sosial dan Politik Fakultas Ekomoni Universitas Palangka Raya, 2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. 3. YAYASAN JARI INDONESIA Kalimantan Tengah. 4. Radar Sampit Biro Palangka Raya

Dalam rapat evaluasi kepanitiaan kami merasa bertangung jawab untuk mengawal proses ini dengan baik, maka dengan dasar tersebut kami membuat Konsorsium Betang dengan anggota empat lembaga di atas yang nantinya akan terus terbuka bagi para pihak yang ingin bergabung.

Apa tujuan dari bergabungnya empat lembaga tersebut dalam Konsorsium Betang?

Tujuan dari dibentuknya Konsorsium Betang (Forum CSR Untuk Kalimantan Tengah) antaralain: 1. Menjadikan kemitraan ini sebagai media membangun model penerapan CSR di perkebunan,

pertambangan, dan kehutanan dalam rangka meningkatkan kualitas program CSR dan mendorong terwujudkan praktek Corporate Social Responsibility dalam kerangka pencapain MDGs, Provinsi hijau dan Pembangunan Berkelanjutan di Kalimantan Tengah

2. Mendorong pelaksanaan good governance dan good corporate governance khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

3. Menjadi media bertukar informasi dan pembelajaran bagi para pihak dalam pelaksanaan dan pengembangan program CSR di perusahaannya.

4. Meningkatkan motivasi pengusaha/perusahaan untuk terus melakukan inovasi bisnisnya yang mengacu pada formulasi strategi bisnis yang memperhatikan Corporate Social Responsibility dan Business Ethics sebagai upaya bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

5. Dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan sensitif dalam merespon berbagai fenomena sosial yang berkembang di masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas program CSR di Indonesia.

6. Turut menumbuh kembangkan kreativitas masyarakat yang mandiri berbasis budaya.

Apa Program-program Konsorsium Betang yang telah coba disusun?

Beberapa agenda yang coba telah kita susun meski masih menunggu respon & assessment dari stakeholde(unit management perusahaan/sektor swasta) antara lain :

1. Mendorong lahirnya Forum CSR Provinsi Kalteng (anggotanya adalah perusahaan-perusahan yang melakukan kerja-kerja CSR), upaya mengharmonisasikan kerja-kerja CSR di lingkup provinsi Kalimantan Tengah, baik antar swata dengan pemerintah, swasta dengan masyarakat dan stakeholder lain.

2. Menyelengarakan pelatihan-pelatihan terkait dengan peningkatan kwalitas SDM di bidang CSR.3. Mendokumentasikan kerja-kerja CSR di Kalteng sebagai media pembelajaran/publikasi/komunikasi

dengan stakeholder.4. Melahirkan model kerja-kerja CSR yang genuine/khas KALTENG.

Agenda rutin yang bisa dilakukan adalah oleh Kemitraan ini antara lain: 1. Award/Pemberian penghargaan untuk perusahaan yang telah melakukan kerja CSR dengan baik dan

berdampak nya terhadap kemandirian masyarakat, 2. Pameran CSR sebagai media pembelajaran dan publikasi terbuka. 3. Menyusun dokumentasi dan panduan-panduan untuk penerapan CSR di Kalimantan Tengah. 4. Melakukan penelitian dan kajian bersama untuk membangun model CSR yang genuine. 5. Memfasilitasi pelatihan-pelatihan terkait dengan penerapan kerja-kerja dan progeam CSR di berbagai

perusahaan di Kalimantan Tengah.

Sebagai langkah awal dari Konsorsium Betang maka kami menyelengarakan Kegiatan Workshop CSR Kalteng 2011 ini. Untuk itu kami mohon do,a dan dukunganya demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kalimantan Tengah.