tutorial net support

Click here to load reader

Post on 22-Jul-2015

36 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

NET SUPPORTDIVISI TKJ

Disusun Oleh : 1. Ibrahim Hafiz 2. M. Rifai Soleh 3. Nurul HikmahNet Support

1

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

A. Tentang Net Support

Merupakan kelas pelatihan software solusi terkemuka, Guru dengan menyediakan kemampuan untuk mengajar, memonitor dan berinteraksi dengan siswa baik secara individu, seperti yang telah ditetapkan untuk grup atau keseluruhan kelas. Menggabungkan lanjutan kelas PC pemantauan, real-time Presentasi dan Penjelasan alat yang inovatif dengan Customised Ujian suite, Internet dan aplikasi kontrol, otomatis Pelajaran, Printer Manajemen, Instant Messenger kontrol, Content Desktop Monitoring dan Keamanan, ini versi terbaru NetSupport School meningkat untuk menghadapi tantangan dan Persyaratan today modern kelas. Menggabungkan Lanjutan kelas PC Pemantauan, real-time Presentasi dan Penjelasan alat yang inovatif dengan Customised Ujian suite, Internet dan aplikasi Kontrol, Otomatis Pelajaran, Printer Manajemen, Instant Messenger Kontrol, Monitoring dan konten Desktop Keamanan, versi terbaru ini NetSupport School meningkat untuk menghadapi tantangan Persyaratan dan modern kelas hari ini. Ini adalah suatu cara untuk memperingan pengeluanan bagi sekolah ataupun instansi, karena jika membuat labs bahasa yang memerlukan software yang baik biasanya anda akan merogoh kocek yang lumayan cukup banyak NET SUPPORT SCHOOL adalah sebuah program yang cukup berguna dimana kita bisa menjalankan sebuah manajemen jariangn yang terkontrol oleh suatu server, program ini juga dapat dipakai untuk sebuag lab bahasa pada suatu sekolah atau instansi yang membutuhkannya, pengoperasiannya cukup mudah, anda tinggal menginstal program adminnya pada server dan program klieannya pada semua koputer yang ada pada satu jaringan dengan admin. Tool ini dibuat untuk memudahkan para pengajar di sekolah dalam hal pemberian tutorial pembelajaran yang praktis. Software ini mengizinkan para pengajar untuk memberikan pelajarannya secara terorganisir dan terkontrol. Misalnya dalam aplikasi Internet, pengajar dapat membatasi siswa-siswanya untuk tidak mengakses website-website yang dianggap negatif (filtrasi). Tak hanya itu saja, tampilan software ini user friendly, sehingga menambah kenyamanan bagi user yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows. Untuk komunikasi, tool ini juga menyediakan fasilitas chat sehingga pengajar dan siswa dapat melakukan tanya jawab walaupun sudah di luar jam pelajaran.

B. Cara Menginstal Net SupportSebelum menginstal aplikasi netsupport Anda harus menentukan terlebih dahulu komputer mana yang akan diinstal sebagai Server ( Typical Installations ) dan komputer mana yang ingin diinstal menjadi Client ( Client Only ). Kalau Anda menginstall ke setiap komputer menjadi Server ( Typical Instalations ) maka tidak akan ada gunanya,

Net Support

2

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

karena seluruh komputer nantinya akan dapat meremote dan mengendalikan tiap komputer yang ingin dia kendalikan. Untuk lebih jelasnya dalam penginstalasian program aplikasi netsupport ikuti langkah-langkah berikut: Hal yang harus dilakukan dalam instalasi program aplikasi Netsupport, pertama Anda lakukan instalasi Netsupport untuk komputer yang akan dijadikan sebagai Server (komputer yang dapat melakukan segala hal, seperti keterangan diatas), kemudian menginstalasi Netsupport untuk komputer yang akan dijadikan sebagai Client. Langkahlangkahnya penginstalasiannya sebagai berikut:

Siapkan Software Netsupport, kemudian open setup Pilih Option I Agree kemudian klik Next Kemudian klik Next dan setelah itu akan muncul pilihan untuk menentukan ke setiap komputer apakah nantinya akan dijadikan Server atau Client. Pilih typical installation, karena nantinya komputer akan kita jadikan sebagai Server yang dapat mengendalikan komputer Client. Kalau memilih Client Only maka komputer inilah yang akan kita jadikan sebagai Client. Setelah memilih maka klik Next. Kemudian menentukan letak file (data) dimana programNetsupport itu berada. Dan klik Next untuk melakukan penginstalasian. Setelah selesai penginstalasian dan menyalin file , maka akan muncul suksesnya penginstalasian Netsupport Manager. Kemudian klik Finish dan setelah itu berikan nama Komputer yang akan dijadikan Server atau Client tetapi harus disamakan dengan nama mesin komputer. Kemudian klik OK untuk mengakhiri proses instalasi.

C. Cara Menyambungkan Net Support ke ClientUntuk memulai NetSupport klik (Awal) (Program) () (NetSupport School NetSupport Sekolah Tutor). NetSupport dikonfigurasi untuk menyambung ke daftar klien dikenal. Namun, bila Anda memulai program, daftar klien dikenal akan kosong dan akan muncul prompt berikut ini:

Net Support

3

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

Menekan tombol Ya untuk menambahkan klien (komputer) untuk anda NetSupport Sekolah sesi. Modifikasi yang Dikenal. Daftar jendela akan muncul.

Masukkan awalan untuk klien nama komputer dalam kotak teks di sebelah tombol Browse. Jika Anda. mengajar di ILC 125, masukkan ILC125 untuk melihat semua NetSupport klien dalam kelas.

Jika sedang mengajar di kelas dan lain ILC menggunakan salah satu laptop cart, memasukkan DL (Dell Laptop) atau GL (Gateway Laptop) tergantung pada laptop keranjang ditugaskan ke kelas. Catatan: Bayar menutup perhatian pada berbagai klien Anda tambahkan ke Dikenal Daftar. The DL klien adalah bernomor DL01-DL15, DL16DL30, dan DL31-DL45. GL klien yang diberi nomor GL01-GL15. Bila semua klien yang tersedia yang cocok dengan kriteria Anda ditemukan, pilih orang yang akan menjadi

Net Support

4

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

bagian dari NetSupport sesi Anda dan klik tombol Add untuk menambahkan mereka ke Dikenal Daftar klien.

Jika Anda perlu untuk menghapus klien dari Daftar Dikenal cukup pilih klien dalam Daftar Dikenal dan klik Hapus dengan tombol. Ini akan menghapus klien dari NetSupport Sekolah sesi. Jika Anda sudah selesai memodifikasi Tahu Daftar klien klik tombol Selesai untuk kembali ke NetSupport jendela utama.

Net Support

5

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

NetSupport School akan melakukan koneksi ke semua klien di Daftar Dikenal dan menampilkan mereka dalam program jendela utama. Catatan: Anda dapat mengubah Dikenal Daftar klien kapan saja selama sesi oleh NetSupport. Sekolah mengklik menu pull-down dan memilih Modifikasi Dikenal Daftar. Secara default, setiap klien (siswa) dikenali dengan nama komputer. NetSupport School memungkinkan Anda untuk mendorong siswa untuk mereka real name. Dengan melakukan ini, daftar klien dalam program windows menjadi lebih bermakna. Hal ini juga sangat berguna ketika menggunakan mengirim / mengumpulkan fitur NetSupport Sekolah.Untuk mendorong siswa untuk nama mereka klik Dapatkan Nama tombol yang terletak di NetSupport School alat utama bar yang terletak di bagian atas jendela program. Dapatkan Nama Siswa yang akan ditampilkan.

Bila semua siswa di kelas telah memasukkan nama mereka mengklik tombol Selesai untuk kembali ke jendela utama program dan terus menggunakan NetSupport School. Catatan: Dianjurkan agar Anda meminta Anda untuk memasukkan mereka siswa pertama dan nama terakhir. Hal ini terutama bermanfaat bila menggunakan mengirim / mengumpulkan fitur NetSupport School. Catatan: jika anda memiliki workstation tidak digunakan oleh siswa dalam kelas, Anda dapat klik Batal tombol dan tombol Selesai untuk mengakhiri Dapatkan Nama tindakan dan terus bekerja dengan NetSupport. NetSupport akan mengidentifikasi klien (siswa) dengan nama aslinya. Anda sekarang telah siap untuk memulai menggunakan NetSupport Sekolah dalam kelas.

Net Support

6

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

D. Gambaran Cara Kerja Net Support

E. Hal hal yang dapat Dilakukan Menggunakan Net Support1) Mengontrol PC

Net Support

7

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

2) ChattingCara melakukan Chatting pada LAN (Local Area Network) langkah-langkahnya sebagai berikut:

Buka Program Netsupport Control pada menu start All Program Pilih Netsupport Control Kemudian menghubungkan pada setiap Komputer Client yang akan dipakai untuk Chatting. Dengan cara, mengoneksikan ke seluruh Komputer Client. Setelah semua Komputer Client telah tersambung atau terhubung dengan Server, maka hal selanjutnya adalah memblok Komputer Client. Kemudian pada Toolbar diatas, pada menu Chat lalu tekan tombol Chat dan setelah itu akan muncul gambar Create Discussion dan kemudian ketik Topik yang akan dibicarakan. Klik OK dan semua komputer akan dapat berchatting dengan Komputer yang lain. Jika Chatting ingin mengakhiri program Chatting antar Komputer Client, maka pada komputer server menekan tombol Close pada Komputer Server.

Net Support

8

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

3) Mengirim Informasi

Langkah yang harus dilakukan dalam memberikan informasi pada Komputer Client antara lain:

Pilih dahulu Komputer Client yang ingin diberikan sebuah message (informasi) kemudian pada menu Browse. Kemudian klik Komputer yang Anda pilih lalu klik kanan pada mouse dan tekan message. Setelah menekan tombol message kemudian langkah selanjutnya adalah memberikan informasi pada Komputer Client tersebut. Setelah informasi yang akan disampaikan pada Komputer Client telah ditulis maka hal selanjutnya adalah mengirim informasi dengan menekan tombol Send. Pengiriman informasi telah selesai.

4) Sharing File

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengirim data ke Komputer Client dengan menggunakan Netsupport Control sebagai berikut:

Buka Program Netsupport Control pada menu start All Program Pilih Netsupport Control Kemudian pada Folder Browse di pilih untuk mencari komputer Client dan lalu klik tombol OK. Maka komputer Server akan mencari Komputer Client didalam jaringan komputer. Setelah selesai maka akan diketemukan komputer Client. Kemudian pilih Komputer Client yang akan ditransfer file(data) dan selanjutnya koneksikan Komputer Client tersebut. Setelah Komputer Client telah terhubung dengan Komputer Server maka langkah selanjutnya pada Toolbar diatas adalah mencari icon File Transfer. Kemudian diklik dan menentukan letak file (data) yang akan ditransfer. Kemudian tekan tombol OK dan pengiriman data sudah selesai.

Net Support

9

KOPASUS IT SMA PLUS PGRI CIBINONG

5) Membuat Soal UjianLangkah-langkah membuat soal ujian : 1. klik start kemudian buka program net support school test designer 2. kemudian setelah tampilannya muncul masukan user name dan password, kemudian klik icon questions 3. Setelah itu klik icon toolbar create, maka akan muncul tampilan create a question dan plih jenis soalnya lalu klik create 4. kemudian masukan soal beserta jawaban yang benar dan salahnya, lalu klik tombol next untuk melanjutkan 5. setelah itu maka akan muncul tampilan question resources, pada bagian ini anda dapat menambahkan objek gambar, audio, bahkan video, setelah itu klik next 6. setelah itu akan muncul tampilan question details, kemudian klik create subject kemudian klik create topic dan jika sudah selesai klik finish Langkah-langkah mempublish soal ujian : 1. klik start kemudian buka program net support school pro designer 2. Setelah itu klik icon exam editor, klik icon create maka akan muncul tampilan exam details 3. Masukan judul, deskripsi, dan tentukan waktu ujian lalu klik next 4. Setelah muncul tampilan exam questions tentukan subject soal yang akan di publish dengan klik add a question (Anda diperbolehkan untuk mengatur skor), kemudian klik finish 5. Setelah kembali ke menu utama klik file yang akan dipublish lalu klik icon publish 6. setelah muncul tampilan publishing exam klik tombol publish, maka akan muncul tampilan publish exam (klik tombol change untuk mengedit dan klik tombol ok untuk mengabaikannya) Langkah-langkah praktek ujian : 1. Pada tampilan utama net support school, klik menu school dan klik testing console dan klik tombol next lalu Anda diminta untuk menentukan soal mana yang akan digunakan untuk ujian, jika sudah klik tombol finish 2. Anda akan dibawa ke jendela test console, jika semua peserta telah siap klik icon start test 3. Jika sudah selesai anda dapat melihat hasil ujian peserta dengan mengklik icon report, maka akan ditampilkan jendela test report, dan klik exit test jika anda ingin mengakhiri ujian

Net Support

10