tugas pengantar mk uii_15 september 2015

Upload: dwi-budi-utomo

Post on 07-Jan-2016

213 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

manajemen konstruksi

TRANSCRIPT

SOAL KUIS SI 3051 MANAJEMEN KONSTRUKSI

KULIAH MANAJEMEN KONSTRUKSI MAGISTER TEKNIK SIPILUNIVERSITAS ISLAM INDONESIA SOAL TUGAS PENGANTAR-SURVEI 15 September 2015

Dr. Ir. Purnomo SoekirnoPETUNJUK PENYELESAIAN TUGAS1. Baca dan Pelajari seluruh soal terlebih dahulu.2. Sebelum menjawab, lakukan Studi Pustaka atau Kajian Literatur sesuai permasalahan atau soal nya.3. Jawab secara ringkas, dan lengkapi informasi sesuai sumber atau pustaka rujukan.4. Tidak dibenarkan mengkopi atau menyalin dari proyek yang ada secara utuh, karena tugas ini hanya proyek Fiktif.5. Untuk menyelesaikan Tugas Ini dapat saling berdiskusi antar mahasiswa, tetapi laporan atau jawaban adalah hasil karya setiap mahasiswa. Bila terdapat 2 atau lebih hasil karya yang sama, semuanya DINYATAKAN TIDAK LULUS (NILAI E).

Tugas ini disusun dalam bentuk Power Point (ppt) dan diserahkan melalui email [email protected] , selambat-lambat nya Kamis 10 Oktober 2015 jam 24.00 .

PUSTAKA

Manajemen Konstruksi 15 September 2015

KOMPONEN BANGUNAN DAN KUALITAS (1)Setiap BANGUNAN agar ber fungsi sesuai tujuan pembangunannya (BERKUALITAS) harus terdiri dari 3 komponen bangunan : Komponen ARSITEKTUR, Komponen STRUKTUR, dan Komponen PELENGKAP atau Komponen Lain-Lain.

Komponen ARSITEKTUR merupakan RUANG sebagai WADAH atau TEMPAT fungsi2 bangunan tersebut dan ESTETIKA agar bangunan lebih nyaman, sehat, aman, indah dll. Kualitas komponen Arsitektur ditentukan oleh Karateristik Kualitasnya seperti antara lain : BENTUK, DIMENSI/UKURAN dan JARAK, LETAK(TATA LETAK), BAHAN, UNSUR ESTETIKA DLL.

Komponen STRUKTUR merupakan Komponen yang MENERIMA, MEMIKUL, DAN MENYALURKAN BEBAN BANGUNAN ke tanah pendukungnya (sering disebut tanah keras) , agar BANGUNAN KUAT DAN STABIL dalam berfungsi (sesuai komponen Arsitekturnya). Kualitas komponen STRUKTUR ditentukan oleh Karateristik Kualitasnya seperti antara lain : SISTEM STRUKTUR, DIMENSI/UKURAN dan JARAK, BAHAN, CARA MEMBUATNYA/METODA KONSTRUKSI DLL.

KOMPONEN BANGUNAN, BANGUNAN BERKUALITAS, dan JAMINAN KUALITAS (2)Komponen PELENGKAP atau KOMPONEN LAIN-LAIN (seperti komponen Elektrikal , Mekanikan dll) merupakan Komponen agar bangunan lebih Aman, Nyaman, Efisien (seperti contohnya lampu, Lift dsb) dan dll. Kualitas komponen PELENGKAP ditentukan oleh Karateristik Kualitasnya seperti antara lain : SISTEM KOMPONEN PELENGKAP, JUMLAH/KAPSITAS, LETAK/TATA LETAK, BAHAN, DLL. Untuk mendapatkan BANGUNAN BERKUALITAS tahapan kegiatan/ prosesnya adalah sebagai berikut 1. Disain/Perencanaan/Perancangan (yang berkualitas) Hasil/Produk Disain , 2. Hasil/Produk Disain (yang berkualitas) Pelaksanaan Konstruksi, 3. Pelaksanaan Konstruksi (yang berkualitas) Hasil/Produk atau Bangunan (Berkualitas). Seluruh rangkaian kegiatan/proses tersebut di kenal dengan kegiatan PROYEK (Konstruksi). Catatan: Sebelum kegiatan Disain di dahului kegiatan Studi Kelayakan

Agar dijamin Bangunan yang dibangun berkualitas, seluruh kegiatan/proses dan hasil/produk harus berkualitas MANAJEMEN KUALITAS TERPADU (Total Quality Control-TQC) JAMINAN KUALITAS (Quality Assurance QC) BAGIAN AIDENTITAS PRIBADI Identitas Pribadi Mahasiswa1. Nama , Alamat, Usia , Foto, No HP, Alamat email,dan lain-lain yang perlu.2. Riwayat Pendidikan S1 atau setara : Program Studi, Perguruan Tinggi (Nama dan alamat), Tahun Lulus dan IPK. 3. Riwayat Pekerjaan (Pekerjaan sekarang dan sebelumnya): Instansi tempat bekerja, Bidang/Lingkup pekerjaan, Jabatan, Tahun/Lama di bidang atau jabatan atau perkerjaan. 4. Latar Belakang atau alasan menempuh S2 di UII.5. Harapan selama dan setelah menempuh S2 di UII. 6. Ringkasan (Ilmu) yang ingin (harapan) diperoleh melalui Mata Kuliah Manajemen Konstruksi.

BAGIAN B

BANGUNAN, KUALITAS, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI Apakah yang dimaksud dengan BANGUNAN. Berikan 4 contoh-Foto Bangunan disekitar Kampus UII yang masing2 berbeda FUNGSI nya.

Jelaskan yang dimaksud KUALITAS atau MUTU, dan jelaskan yang dimaksud dengan KUALITAS atau MUTU BANGUNAN Jelaskan yang dimaksud dengan PROYEK (KONSTRUKSI), dan Gambarkan TAHAPAN suatu PROYEK KONSTRUKSI dari kebutuhan/ide sampai siap untuk digunakan atau dimanfaatkan.

Uraikan yang dimaksud dengan KUALITAS PROYEK (KONSTRUKSI) dengan 2 contoh proyek Jalan dan proyek Bangunan Gedung.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan MANAJEMEN dan MANAJEMEN KONSTRUKSI.

TERIMA KASIH DAN SELAMAT BEKERJA