tor sahara 2016

4
HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG DASAR PEMIKIRAN Bahasa Arab merupakan bahasa yang memiliki kontribusi besar terhadap dunia Internasional sehingga pernah menjadi bahasa PBB. Bahkan sampai saat ini, bahasa Arab masih tetap bertahan keinternasionalannya, sejajar dengan kedua bahasa Internasional modern yakni bahasa Inggris dan Perancis. Namun pada era globalisasi ini, aplikasi bahasa Arab kurang disadari oleh masyarakat secara universal terutamanya dikalangan masyarakat awam. padahal kalau saja kita melihat sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, tidak sedikit para cendikiawan yang menulis literatur-literatur dengan menggunakan bahas Arab. Bahasa Arab merupakan bahasa medium ekspresi yang telah memunculkan ribuan karya monumental semisal al Qanun fi al Thibb (Aturan dalam kedokteran) karya Ibnu Sina, al-Madkhal ila ‘Ilm al-Nujum (Observasi Pergerakan Bintang) karya Abu Nashar, Maqashid al Falasifah (Tujuan Para Filosof) karya al-Ghazali, dan segudang literatur lain yang dijadikan referensi di banyak universitas di Eropa. Sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai mahasiswa bahasa Arab untuk membumikan kembali bahasa Arab agar dapat dirasakan keberadaannya dalam semua aspek keilmuan, tentunya dengan membuktikan bahwa bahasa Arab itu merupakan Fondasi Khazanah keilmuan Islam. Dengan dasar tersebut, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab memandang perlu adanya event yang dapat memberikan solusi yaitu dengan mengadakan kegiatan “SAHARA (Semarak Apresiasi Khazanah Arab) 2016” yang mencakup beberapa kegiatan, yang diharapkan dapat memberikan konstribusi positif, baik dalam bidang pendidikan, seni, sosial dan bidang lainnya.

Upload: himapba

Post on 28-Jan-2016

192 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

TOR (Term Of Reference) SAHARA 2016 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung

TRANSCRIPT

Page 1: Tor Sahara 2016

HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

DASAR PEMIKIRAN

Bahasa Arab merupakan bahasa yang memiliki kontribusi besar terhadap dunia Internasional sehingga pernah menjadi bahasa PBB. Bahkan sampai saat ini, bahasa Arab

masih tetap bertahan keinternasionalannya, sejajar dengan kedua bahasa Internasional

modern yakni bahasa Inggris dan Perancis. Namun pada era globalisasi ini, aplikasi bahasa Arab kurang disadari oleh masyarakat secara universal terutamanya dikalangan masyarakat awam. padahal kalau saja kita melihat sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, tidak sedikit para cendikiawan yang menulis literatur-literatur dengan menggunakan bahas Arab.

Bahasa Arab merupakan bahasa medium ekspresi yang telah memunculkan ribuan

karya monumental semisal al Qanun fi al Thibb (Aturan dalam kedokteran) karya Ibnu Sina,

al-Madkhal ila ‘Ilm al-Nujum (Observasi Pergerakan Bintang) karya Abu Nashar, Maqashid

al Falasifah (Tujuan Para Filosof) karya al-Ghazali, dan segudang literatur lain yang

dijadikan referensi di banyak universitas di Eropa.

Sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai mahasiswa bahasa Arab untuk membumikan kembali bahasa Arab agar dapat dirasakan keberadaannya dalam semua aspek keilmuan, tentunya dengan membuktikan bahwa bahasa Arab itu merupakan Fondasi Khazanah keilmuan Islam.

Dengan dasar tersebut, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab memandang perlu adanya event yang dapat memberikan solusi yaitu dengan mengadakan kegiatan “SAHARA (Semarak Apresiasi Khazanah Arab) 2016” yang mencakup beberapa kegiatan, yang diharapkan dapat memberikan konstribusi positif, baik dalam bidang pendidikan, seni, sosial dan bidang lainnya.

Page 2: Tor Sahara 2016

TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan Semarak Apresiasi Khazanah Arab (SAHARA) 2016 ini memiliki tujuan yaitu :

1. Membangkitkan apresiasi dan kreativitas siswa/ mahasiswa terhadap seni, budaya serta keilmuan bahasa Arab.

2. Membumikan keilmuan bahasa Arab sebagai bahasa multifungsional di era modern.

3. mengembangkan sikap kompetitif yang berwawasan global. 4. menjalin silaturahmi antar generasi muda yang siap berprestasi.

TEMA KEGIATAN

“Revitalisasi Eksistensi Bahasa Arab sebagai Fondasi Khazanah Kebudayaan Islam”

فات اإلسالمية(االثقتنشيط كيان اللغة العربية ركيزة لتهذيب )

LANDASAN

1. Al Quran surat Yusuf : 2 dan Al Hadist 2. Tri Dharma Perguruan Tinggi 3. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Himpunan Mahasiswa Pendidikan

Bahasa Arab (HIMA PBA) UIN Sunan Gunung Djati Bandung 4. Program kerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Periode 2014-

2015

SASARAN

1. Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2. Mahasiswa (PTN/PTAIN/PTS/Sederajat) se-Indonesia 3. Siswa SMA/MA/SMK sederajat se-Jawa Barat, DKI, dan Banten 4. Masyarakat Umum

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan “SAHARA 2016” ini diisi dengan berbagai bentuk kegiatan yaitu:

1. Perlombaan (Tingkat Jawa Barat, DKI, Banten dan tingkat Nasional) Waktu : 15-19 Februari 2016 Tempat : Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Perlombaan yang kami selengarakan merupakan ajang kompetisi bagi generasi muda yang siap bersaing dan berkarya sesuai disiplin ilmu demi membangun bangsa kearah lebih maju.

Page 3: Tor Sahara 2016

Perlombaan tingkat Jawa Barat, DKI, Banten a. Kategori siswa SMA/MA sederajat

1) Pidato 2) Story Telling

Perlombaan tingkat Nasional a. Kategori Mahasiswa

1) Debat 2) Insya/Essay 3) Pidato

b. Kategori Umum 1) Kalighrafi 2) Nasyid

2. Penampilan Guest star Nasyid Waktu : 16 Februari 2016 Tempat : Aula Multipurpose UIN SGD Bandung

Pada kegiatan ini yang menjadi bintang tamu yaitu Ali Sastra dan The Jenggot, selain sebagai bintang tamu, mereka juga sebagai Juri nasyid, yang akan memeriahkan panggung nasyid.

3. Exspose Karya PBA Waktu : 18 Februari 2016 Tempat : Aula Multipurpose UIN SGD Bandung

Exspose Karya ini merupakan kegiatan yang memperkenalkan karya-karya dari para pengrajin ilmu baik dari kalangan mahasiswa dan alumni mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati, sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang memiliki karya tulis serta memberikan wawasan dan membangkitkan minat berkarya kepada khalayak, selain itu akan mendatangkan penulis muda sebagai pembicara untuk memberikan teknik mudah dalam memulai atau mengembangkan suatu karya tersebut.

4. Inagurasi Waktu : 18 Februari 2016 Tempat : Aula Multipurpose SGD Bandung

Inagurasi ini merupakan kegiatan penutup dengan melibatkan penampilan seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN SGD khususnya dan mahasiswa lain pada umumnya, serta sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas mahasiswa, khususnya dalam kesenian. Tujuannya, mahasiswa diharapkan menjadi insan produktif.

Page 4: Tor Sahara 2016

ROUNDOWN ACARA

HARI,

TANGGAL WAKTU ACARA TEMPAT

PENANGGUNG

JAWAB

Minggu,

14 Februari

2016

14.00 – selesai Technical Meeting Auditorium FTK Bid. Acara & PJ

Setiap Lomba

Senin,

15 Februari

2016

07.00 – 09.00 Pembukaan Aula Multipurpose

UIN SGD

Bid. Acara

09.00 – Selesai Penyisihan Debat

Bahasa Arab

Aula Multipurpose

UIN SGD

Bid. Acara & PJ

Lomba

09.30 – 12.00 Pidato Bahasa Arab

Siswa

Auditorium FTK Bid. Acara & PJ

Lomba

09.30 – 16.30 Kaligrafi Aula SC lt. 1 Bid. Acara & PJ

Lomba

13.00 – 16.00 Story Telling Auditorium FTK Bid. Acara & PJ

Lomba

Selasa,

16 Februari

2016

07.00 – 11.00 Pidato Bahasa Arab

Mahasiswa

Auditorum FTK Bid. Acara & PJ

Lomba

13.00 – 15.00 Final Debat Bahasa

Arab

Auditorum FTK Bid. Acara & PJ

Lomba

Rabu,

17 Februari

2016

07.00 – Selesai Nasyid &

Penampilan

Bintang Tamu

Aula Multipurpose

UIN SGD

Bid. Acara & PJ

Lomba

07.00 – 10.00 Insya/essay Auditorium SC lt.1 Bid. Acara & PJ

Lomba

Kamis,

18 Februari

2016

07.00 – 11.00 Expose Karya PBA Aula Multipurpose

UIN SGD

Bid. Acara

11.00 – 12.00 Penutupan &

Pengumuman

Kejuaraan

Aula Multipurpose

UIN SGD

Bid. Acara

13.00 – Selesai Inagurasi & PBA

Award

Aula Multipurpose

UIN SGD

Bid. Acara

PANITIA

Panitia kegiatan “SAHARA (Semarak Apresiasi Khazanaah Arab) 2016” semuanya merupakan anggota aktif Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultaas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung.

PENUTUP

Demikianlah Term Of Reference SAHARA 2016 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini kami buat, mudah-mudahan dapat menjadi kerangka acuan kegiatan SAHARA 2016.