sumur bandung 28062015

57

Upload: budi-anugerah

Post on 09-Feb-2017

82 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sumur bandung 28062015

2015KECAMATANSUMUR BANDUNG

Page 2: Sumur bandung 28062015

KECAMATANSUMUR BANDUNG

2015

Page 3: Sumur bandung 28062015

WALIKOTABANDUNG

kata

sam

buta

nK

ecam

atan

Sum

ur B

andu

ngka

ta s

ambu

tan

Page 4: Sumur bandung 28062015

KECAMATANSUMUR BANDUNG

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha, buku Kecamatan Sumur Bandung dapat launching secara umum ke publik, dan saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pembuatan buku ini. Buku Kecamatan Sumur Bandung merupakan sarana bagi masyarakat untuk mengakses informasi tentang Pemerintah Kecamatan Sumur Bandung yang didalamnya terdiri dari 4 kelurahan yaitu ; Kelurahan Merdeka, Kelurahan Kebon Pisang, Kelurahan Babakan Ciamis, dan Kelurahan Braga.

Buku ini dibuat mengacu kepada Visi Kecamatan Sumur Bandung yaitu Tewujudnya Kecamatan Sumur Bandung Sebagai Tujuan Wisata yang Berbudaya dengan Aparatur Pemerintahan yang Profesional dan Berahlak Mulia. Dalam buku ini juga kami terbuka atas kritik dan saran yang akan membangun bagi perbaikan pelayanan dan substansi agar dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi pelayanan publik yang lebih baik bagi Kecamatan Sumur Bandung.

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

kata

sam

buta

n

Page 5: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

kata

sam

buta

n

Page 6: Sumur bandung 28062015

01 02

DAFTAR ISI

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

dafta

r isi

SITUASI WILAYAHSARANA DAN PRASARANA PENTING

DATA DASAR WILAYAH PERMASALAHAN WILAYAHLingkungan

TPSPSungai CikapundungCibunut

PKL

PurnawarmanAhmad Yani - KosambiOtista - Pasar baru

Pendidikan

SMPN 2SMP 5SMA 3 dan 5SD BanjarsariSLB Cicendo

Kesehatan

Puskesmas BalaikotaRS Mata Cicendo

Peribadatan

Al UkhuwahKatedralVihara Kebon SirihKelenteng Perintis Kemerdekaan

Kawasan Bisnis / Komersil

Segitiga EmasGrand Royal PanghegarKosambiBECPasar Antik Braga

Bangunan Heritage

Sumur Bandung0 KM BandungGedung Merdeka + Museum KAAPenjara BanceuyGIM

Perekonomian

Bank IndonesiaBank BJB

AKTIFITASPUBLIKTaman Balaikota

Taman Musik

Taman Cempaka

Taman Foto

Taman Lalu Lintas

AKTIFITASKELEMBAGAANKarang Taruna

PKK

POTENSIKelurahan Merdeka

Kerupuk GetasStadion SiliwangiTaman Foto

Kelurahan Kebon Pisang

FVOIDKurnia Jaya FashionGigi Palsu Suhardi

Kelurahan Braga

Kopi AromaJalan BragaPenjara BanceuyBank Runtah

03

75

07

85

89

69

BKM

Page 7: Sumur bandung 28062015

03 04

DATA DASARWILAYAH

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

data

das

ar w

ilaya

h

Wilayah Kecamatan Sumur Bandung memiliki potensi wilayah yang cukup beragam yang secara tidak langsung berhubungan dengan karakteristik penduduk di Sumur Bandung. Kecamatan Sumur bandung dipergunakan untuk kegiatan perdagangan, perkantoran dan pendidikan.

Di Kecamatan Sumur Bandung terdapat gedung-gedung pemerintahan seperti Kantor Walikota, Kodam Siliwangi III, Balai Bahasa, Dinas Perikanan, Kantor Pajak, Kodim 068 BS Inspektorat Kota, BPLH Provinsi Jawa Barat, dan Polrestabel Bandung.

Sumur Bandung adalah salah satu Kecamatan tertua di Kota Bandung. Batas wilayah dan jumlah kelurahan di Sumur Bandung ditetapkan melalui PP Nomor 16 Tahun 1997 mengenai Batas Wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Bandung dan Kabupaten Daerah Tingkat II Bandung.Kantor Kecamatan Sumur Bandung terletak di Jalan lombok No. 6 Bandung. Secara keseluruhan, luas kecamatan ini mencapai 340 Ha terdiri dari 4 Kelurahan yaitu Kelurahan Braga, Kelurahan Merdeka, Kelurahan Babakan Ciamis dan Kelurahan Kebon Pisang. Secara administratif dibatasi oleh :

Bagian selatan : Kecamatan RegolBagian Utara : Kecamatan Bandung WetanBagian Timur : Kecamatan BatununggalBagian Barat : Kecamatan Andir dan Kecamatan Cicendo

Page 8: Sumur bandung 28062015

Kondisi Kecamatan yang berada di dekat pusat Kota Bandung, Kecamatan sumur bandung memiliki kepadatan penduduk sebesar 102 jiwa/ ha, dimana komposisi penduduk terdiri dari 17.955 jiwa laki-laki dan 16.888 jiwa perempuan dengan total penduduk sampai dengan mei 2014 sebanyak 34.847 jiwa. Untuk kepentingan administrasi kependudukan 4 kelurahan tersebut terdiri dari 36 Rukun Warga dan 226 Rukun Tetangga.

No

1 8 43

2 8 45

3 12 85

4 8

36 226

53

Jumlah PendudukKelurahan

Babakan Ciamis 8.514

Braga 5.649

Kebon Pisang 11.507

Merdeka

Jumlah

9.327

34.997

RW RT

Jumlah

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

data

das

ar w

ilaya

h

Sumber : Profil Kelurahan

05 06

Page 9: Sumur bandung 28062015

SITUASI WILAYAH SARANA DAN PRASARANA PENTING(Fasos dan Fasum)

Pendidikan

SMPN 2,SMP 5,SMA 3 dan 5, SD Banjarsari, SLB Cicendo

Kesehatan

Puskesmas Balaikota, RS Mata Cicendo.

Peribadatan

Al Ukhuwah, Katedral, Vihara Kebon Sirih, Kelenteng Perintis Kemerdekaan

Kawasan Bisnis / Komersil

Segitiga Emas, Kosambi, BEC, Pasar Antik Braga

Bangunan Heritage

Sumur Bandung, 0 KM Bandung, Gedung Merdeka + Museum KAA, Penjara Banceuy, GIM

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

07 08

Page 10: Sumur bandung 28062015

SMP Negeri 2 Bandung menempati bangunan bekas sekolah Belanda, yaitu Europeesche Lagere School (sekolah rendah diperuntukkan bagi warga Eropa setingkat Sekolah Dasar pada masa kini) yang dibangun pada tahun 1913 oleh Pemerintah Hindia Belanda dan diambil alih oleh pemerintah Indonesia hingga sekarang. Posisinya kira-kira 400 meter di sebelah selatan Kantor Wali Kota Bandung. Tepatnya berada di Jalan Sumatera No 42 Kota Bandung. Dengan lokasi strategis yang dilalui beberapa rute angkutan umum di Kota Bandung. Dengan kondisi bangunan yang masih terawat dan tertata rapi, tetapi ketika sepulang sekolah didepan sepanjang jalan mengalami kemacetan yang diakibatkan oleh parkirnya kendaraan di depan sekolah.

SMPN 2 Kota Bandung

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Pendidikan

SMPN 5 Bandung adalah salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Sekolah ini beralamat di Jl. Sumatera No. 40, Bandung. Sekolah ini didirikan tahun 1920.Sekolah ini adalah bekas dari MULO Bandung. Sekolah ini berada Jalan Sumatera Kota Bandung.

SMPN 5 Kota Bandung

09 10

Page 11: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Bangunan sekolah ini merupakan gedung tua yang dibangun pada zaman pemerintahan Hindia Belanda (tahun 1916), Gedung ini berdiri di atas tanah seluas 14.240 m2 dengan luas bangunan 8.220 m2 menghadap ke utara (Jalan Belitung) dihuni oleh dua sekolah yaitu SMUN 3 Bandung di sebelah barat dan SMUN 5 Bandung di sebelah timur. Batas SMU 3 dan SMU 5 hanya dibatasi oleh jalur koridor tengah yang memanjang dari arah utara ke selatan. Batas koridor ini dapat juga berfungsi sebagai pemersatu antara SMA 3 dan SMA 5 sehingga para warga kedua sekolah ini dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

SMAN 3 Kota Bandung

11 12

Page 12: Sumur bandung 28062015

Sekolah ini berlokasi di Jalan Belitung No 8 Merdeka Kecamatan Sumur Bandung. Dengan fasilitas yang mendukung didalamnya salah satu adalah green house yang merupakan salah satu fasilitas di sekolah tersebut. Selain itu sekolah ini berhadapan langsung dengan taman musik yang terdapat tepat didepan sekolah tersebut, dengan lokasi yang sangat strategis ditambah dengan adanya taman disekitar sekolah menjadikan sekolah tersebut sangat asri sehingga mendukung untuk proses belajar mengajar. Gedung ini berdiri di atas tanah seluas 14.240 m2 dengan luas bangunan

SMAN 5 Kota Bandung

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing 8.220 m2 menghadap ke utara (Jalan Belitung)

dihuni oleh dua sekolah yaitu SMUN 3 Bandung di sebelah barat dan SMUN 5 Bandung di sebelah timur. Batas SMU 3 dan SMU 5 hanya dibatasi oleh jalur koridor tengah yang memanjang dari arah utara ke selatan.

13 14

Page 13: Sumur bandung 28062015

15 16

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

SD Banjasari yang terletak di Jalan Merdeka tepatnya disebrang Kantor Walikota Kota Bandung. Dengan lokasi yang berada di pinggir jalan menjadikan penyebab kemacetan jika waktu sekolah pulang dan masih adanya kendaraan yang masih parkir disembarang tempat sehingga menimbulkan hambatan samping dan menyebabkan kemacetan.

SD Banjarsari

Page 14: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

SLB Cicendo yang berada di Jalan Cicendo No.2 Kota Bandung. Sekolah tersebut masih menggunakan gedung lama, lokasi yang strategis yang dapat ditempuh oleh angkutan dan damri untuk mencapai lokasi tersebut. Gedung SLB Bandung termasuk dalam kategori benda cagar budaya yang dilindungi UUI No. 5 /1992 tentang Mengandung Nilai Sejarah, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan, ditinjau dari historis-arkeologis. Sama halnya dengan nasib bangunan bersejarah lain di

SLB Cicendo

Bandung, pengajuan pengajuan artefaktual SLB Cicendo sebagai bangunan cagar budaya, sejak Juni 2006, belum kunjung ditandatangani Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala.

17 18

Page 15: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Rumah Sakit Mata merupakan pusat mata nasional yang berada Jalan Cicendo No. 4 Kota Bandung . Diresmikan oleh Gubernur Jenderal J.B. Van Heutsz pada tanggal 3 Januari 1909. Pada awalnya bernama koningen Wilhelmina Gasthuis voor Ooglijders dengan direktur pertamanya dr. CHA Westhoff.

Sempat menjadi Rumah Sakit Umum pada jaman pendudukan Jepang tahun 1942-1945, menggantikan posisi Rumah Sakit Rancabadak yang menjadi Rumah Sakit Militer. Kemudian berganti nama sesuai dengan nama jalan dimana rumah sakit ini berapa menjadi Rumah Sakit Mata Tjitjendo pada tahun 1980.

Rumah Sakit Mata Cicendo merupakan satu-satunya rumah sakit mata milik pemerintah republik Indonesia yang berada dibawah Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Rumah Sakit berdekatan dengan SLB Cicendo, letaknya yang sangat strategis dapat ditempuh dengan menggunankan angkutan dan damri. Gedung yang baru direlokasi menjadikan gedung ini sangat megah dan terawat layaknya rumah sakit pada umumnya selain itu lokasi parkir yang ada dipinggir jalan, menjadikan timbulnya kemacetan dan mengganggu arus kendaraan yang melewati jalan Cicendo.

RS Mata Cicendo

Kesehatan

19 20

Page 16: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Puskesmas Balaikota UPT Puskesmas Tamblong beralamat di Jln. Wastukencana No.2 Wilayah Kerja Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung Kota bandung. Masuk jam kerja pukul 07.45 dan buka pelayanan pukul 08.00, pulang jam kerja pukul 14.00. Puskesmas Balaikota melayani pasien meliputi Balai Pengobatan, Pelayanan ibu hamil, imunisasi, KB. Dengan jenis puskesmas adalah non perawatan.

Puskesmas Balai Kota

21 22

Page 17: Sumur bandung 28062015

Peribadatan

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Masjid Agung Al Ukhuwah berada tepat di tengah-tengah kota Bandung dekat dengan pusat pemerintahan kota Bandung, Gedung DPRD, BEC Mall,dan BIP Mall letaknya di Jl Wastu Kencana no 27 Bandung diatara jalan Aceh dan Wastu. Lokasi yang sangat strategis menjadikan mesjid ini selalau ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan.

Masjid Agung Al Ukhuwah

Dengan lokasi parkir yang cukup luas sehingga tidak menimbulkan kemacetan di sekitar masjid tersebut. Tempat yang sangat bersih dan rapi memberikan kenyamanan masyarakat beribadat di mesjid ini.

23 24

Page 18: Sumur bandung 28062015

25 26

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Gereja Katedral Bandung, atau Katedral Santo Petrus, adalah sebuah gereja yang terletak di Jalan Merdeka, Bandung,Indonesia.Bangunan ini dirancang oleh Charles Prosper Wolff Schoemaker dan bergaya arsitek turneo - Gothic akhir. Dilihat dari atas, bentuknya menyerupai salib yang simetris. Katedral Santo Petrus mempunyai luas tanah sebesar 2.385 m² dan luas bangunan sebesar 785 m².

Katedral

Page 19: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Yang belokasi di Jalan Kebon Sirih No 21 Kota Bandung. Bangunan dua lantai di Jalan Kebon Sirih Nomor 21 itu tampak tak berbeda dengan bangunan lainnya. Namun, keberadaan patung di atas bangunan menandakan jika bangunan tersebut merupakan sebuah vihara. Dan itu pun ditegaskan dengan tulisan di bawah patung tersebut, Vihara Maitreya Datu.

Vihara Maitreya Datu

27 28

Page 20: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Mesjid ini bersebrangan dengan Pasar Antik Braga dan bersebelahan dengan lokasi pertokoan Banceuy Permai menjadi daya tarik tersendiri dengan arsitektur yang khas mesjid ini menjadi terkesan unik. Mesjid ini ramai dikunjungi.

Masjid Al-Imtizaj

29 30

Page 21: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Jalan Ahmad Yani Kota Bandung. Di kawasan ini terdapat pusat bisnis yang sering disebut segi tiga emas. Nama tersebut melekat karena letaknya berada di antara tiga jalan, yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan Gandapura, dan Jalan Gudang Utara. Kompleks bisnis segi tiga emas ini berada tepat di depan Jaya Plaza pusat perdagangan komputer dan barang elektronik. Pusat bisnis ini memang tidak jauh dari Stasiun Cikudapateuh yang kerap dilewati kereta api komuter seperti jurusan Padalarang-Cicalengka. Jika tertarik ke segi tiga emas setelah turun dari kereta api tinggal berjalan saja. Dari stasiun ke pusat bisnis tersebut jaraknya kurang dari 100 meter.

Kawasan Bisnis Segitiga Emas

Kawasan Bisnis/Komersil

31 32

Page 22: Sumur bandung 28062015

33 34

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Hotel ini adalah salah satu hotel bintang lima yang ada di kota Bandung. Beralamat di jalan Merdeka no 2, Hotel Panghegar berdiri dilokasi yang sangat strategis karena terletak di pusat Kota. Berdiri pada tahun 1924 dengan nama Hotel Van Hengel , Hotel Panghegar memiliki pelayanan memuaskan dan telah lama menjadi salah satu hotel pilihan para wisatawan yang sedang berlibur di kota Bandung.

Grand Royal Panghegar

Page 23: Sumur bandung 28062015

35 36

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Pasar Kosambi berada di Jalan Jend. Ahmad Yani, KM 3 ke arah timur Alun-Alun kota Bandung. Secara konsep, pasar Kosambi ini memiliki karakterisitik yang serupa dengan Pasar Baru Bandung misalnya, bedanya hanya pada barang-barang yang dijual—Pasar Baru lebih menjual aneka pakaian, sepatu, tas, dan lainnya. Pasar ini juga termasuk pasar tradisional yang akan rame terutama ketika liburan sekolah maupun hari raya menjelang. Lokasinya sangat tidak terawat dan banyak pedagang-pedagang yang menggunakan bahu jalan sehigga menimbulkan kemacetan yang cukup panjang disekitar pasar.

Kosambi

Page 24: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Bandung Electronic Center yang berlokasi di Jalan Purnawarman Kota Bandung merupakan pusat belanja berbagai elektronik terbesar dan terlengkap di Jawa Barat. Lokasi ini selalu ramai dikunjung setiap harinya dan banyak angkutan umum yang berhenti di sembarang tempat dan menyebabkan kemacetan di depan pusat perbelanjaan tersebut selain itu banyaknya PKL yang berada di pedestrian menjadikan para pejalan kaki menggunakan pinggiran jalan untuk lokasi berjalan mereka sehingga menimbulkan kemacetan selain dari berhentinya angkutan umum yang sembarangan.

BEC

37 38

Page 25: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Pasar Antik Braga yang berada di Jalan Braga Sumur Bandung Kota Bandung menjadi lokasi tujuan pengunjung dari segala kalangan dengan menjual berbagai barang antik lokasi ini selalu ramai dikunjungi. Tepat depan pasar antik braga adanya kemacetan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terparkir dipinggir pasar tersebut, parkir yang tidak memadai menjadi pinggiran

Pasar Antik Braga

jalan braga tersebut dijadikan tempat parkir untuk pengunjung sehingga menimbulkan kemcetan disekitar pasar tersebut. Selain itu adanya PKL yang berada di pedestrian yang mengganggu pejalan kaki baik pengunjung pasar maupun masyarakat yang ingin melewati daerah tersebut.

39 40

Page 26: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Lokasi sumur yang satu ini terletak di lantai dasar Gedung PLN Distribusi Jawa Barat. Keberadaannya sangat terawat. Bahkan airnya sering diambil oleh para pejabat PLN dan masyarakat umum untuk dibawa pulang. Menurut kabar, air itu sangat mujarab untuk mengobati berbagai penyakit. Uniknya lagi, aula gedung PLN ini

Sumur Bandung

Heritage

pun diberi nama Bale Sumur Bandung. Pemberian nama aula itu pun mengandung cerita mistik yang menarik untuk disimak. Menurut Kusnadi (52), Kuncen Sumur Bandung di gedung PLN, nama aula tersebut merupakan pemberian penghuni gaib sumur purba itu.

41 42

Page 27: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Tugu atau monument “Kilometer Nol” tersebut diresmikan gubernur Jawa Barat pada thun 2004. Selain tugu terdapat juga monumen mesin penggilingan (stoomwals) kuno disertai sebuah batu prasasti beruliskan sejarah yang menaungi keberadaannya. Tugu dan monument mesin stoomwals ini didedikasikan bagi rakyat Priangan yang menjadi korban kerja paksa saat membangun Jalan Raya Pos. Tugu atau monumen “Kilometer Nol” yang kini letaknya persis di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat atau tepat di seberang hotel Savoy Homan di jalan Asia Afrika Bandung. Lokasi yang berada dipusat Kota Bandung yaitu di Jalan Asia Afrika menjadikan disekitar lokasi tersebut sangat ramai , lalu lintas kendaraan yang berada di sekitar lokasi tersebut menjadikan daya tarik tersendiri yang menjadi obyek wisata.

0 Km Bandung

43 44

Page 28: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Gedung Merdeka yang terletak di Jalan Asia Afrika Bandung ini, pada tahun 1895, hanya berupa bangunan sederhana. Bangunan yang mempunyai luas tanah 7.500 meter persegi. Lokasi yang strategis menjadi obyek wisata Kota Bandung dan selalu ramai dikunjungi baik hari libur maupun saat hari kerja. Gedung yang terawat dan masih tampak megah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk sekedar foto disekitar gedung tersebut.

Gedung Merdeka

45 46

Page 29: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu museum yang berada di kota Bandung. Terletak di Jl.Asia Afrika No.65. Museum ini merupakan memorabilia. Konferensi Asia Afrika. Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika. Museum ini selalu ramai dikunjungi baik wisatawan dalam Kota Bandung maupun dari luar baik sebelum peringatan Konferensi KAA maupun setelah peringatan tersebut. Museum KAA menjadi daya terik tersendiri untuk menarik wisatawan. Lokasi parkir yang luas dan tersedianya Riverspot Cikapundung menjadikan tempat ini lokasi istirahat yang sangat menarik.

Museum KAA

47 48

Page 30: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Hanya satu sel bekas Soekarno dan salah satu bagian menara pengawas dari bangunan penjara ini yang dibiarkan tersisa hingga sekarang. Bagian menara terlihat dari pinggir Jalan Banceuy yang mengarah ke Jalan Naripan dan Jalan Cikapundung. Tak jauh dari situ, sekitar 200 meter ke dalam area pertokoan Banceuy Permai, berdiri sel tahanan nomor 5. Saat ini lokasi tersebut sedang dalam renovasi.

Penjara Banceuy

49 50

Page 31: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Gedung Indonesia Menggugat yang berada di Jalan Perintis Kemerdelan No. 5 Kota Bandung. Bangunan sejarah sekaligus museum ini yang masih terawat dan bersih ini merupakan saksi bisu pengadilan Soekarno dan kawan-kawan atas tuduhan hendak menjatuhkan pemerintah Hindia Belanda.

GIM

51 52

Page 32: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Balai Kota Bandung terletak di dalam kompleks Balai Kota Bandung, tepatnya diantara dua jalan protokol, yaitu jalan Merdeka dan jalan Wastukencana. Pintu masuk utamanya terletak di jalan Wastukencana. Yang didalamnya terdapat DPRD dan Kantor Walikota Bandung selain itu di sekitar lokasi tersebut terdapat taman bersejarah

Balai Kota Bandung

Pemerintahan

serta beberapa patung dan air mancur selain menjadi lokasi pemerintahan balaikota menjadi tujuan wisata dari berbagai kalangan dengan lokasi yang bersih dan tertata rapi.

53 54

Page 33: Sumur bandung 28062015

55 56

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Kecamatan Sumur Bandung adalah salah satu kecamatan tertua di Kota Bandung. Kantor kecamatan Sumur Bandung terletak di Jl. Lombok no.6, Bandung. Kecamatan ini terdiri dari 4 kelurahan, 36 Rukun Warga dan 230 Rukun Tetangga. Di Kecamatan ini terdapat banyak gedung pemerintahan seperti Kantor Walikota Bandung, Kodam III Siliwangi, Dinas Perikanan, Kantor Pajak, Balai Bahasa, Kodim 068 BS, Inspektorat Kota, BPLH Provinsi Jawa Barat, dan Polrestabes Bandung

KecamatanSumur Bandung

Page 34: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Kantor Kelurahan Braga Kota Bandung yang terletak di Jalan Pecinan Lama No. 13 Kelurahan Braga Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung.

Kelurahan Braga

Kantor Kelurahan Kebon Pisang terletak di Jalan Baranang Siang No 71 Kota Bandung

Kelurahan Kebon Pisang

Kantor Kelurahan Babakan Ciamis Kota Bandung yang terletak di Jalan Kebon Sirih No. 2A Kota Bandung

Kelurahan Babakan Ciamis

Kantor Kelurahan Merdeka Kota Bandung yang terletak di Jalan Patrakomala No.364 Kota Bandung

Kelurahan Merdeka

57 58

Page 35: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Stadion ini merupakan stadion yang pernah menjadi homebase klub sepakbola kembanggaan Bandung yaitu Persib Bandung. Stadion ini dibangun pada tahun 1954 dan hingga kini kepemilikan stadion dikelola oleh Kodam III/ Siliwangi.

Sarana olahraga siliwangi merupakan sarana olah raga yang berada di pusat kota bandung. Sarana olah raga siliwangi terletak di jalan Lombok dengan beberapa sarana olah raga yaitu sepakbola, tenis, golf, bowling, billiard dan kolam renang.

Siliwangi Sepakbola

Sarana Olahraga

59 60

Page 36: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Terletak di Jalan manado Bandung, lapangan tenis di siliwangi terdapat 2 bagian yaitu indoor dan outdoor.

merupakan salah satu sarana olah raga golf yang berada di tengah Kota Bandung. Lokasi yang dekat dekat dengan perkantoran, pusat perbelanjaan dan sekolah, menjadikan suatu tempat yang strategis. Siliwangi Golf terletak di Jalan Lombok Bandung.

Lapangan TenisKodam III siliwangi

Siliwangi Golf Driving Range

61 62

Page 37: Sumur bandung 28062015

Terletak pada gedung yang sama yaitu di Gedung Siliwangi Bowling.

Berada di Jalan Belitung Belakang Stadion Siliwangi.

Siliwangi Bowling dan Billiard

Kolam Renang Graha Tirta Siliwangi

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

63 64

Page 38: Sumur bandung 28062015

65 66

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Pada mula didirikan, Bandung bukanlah sebuah kota, tapi merupakan sebuah daerah bawahan dari kerajaan Sumedang yang kala itu diperintah oleh Pangeran Aria Koesoemadinata (1790). Namun, setelah Gubernur Hindia Belanda Herman William Daendles naik tahta, ia pun memerintahkan kepada Bupati Bandung agar kelak jika ia kembali daerah ini sudah menjadi sebuah kota. Setelah memasuki tahun 1814 hingga tahun 1911 secara bertahap dibangunlah pusat-pusat pemerintahan. Maka dibangunlah gedung-gedung pemerintahan secara serius, seperti mendirikan gedung kantor dagang yang berlokasi di Jalan Asia Afrika, Concordia Sociateit, dan Javasche Bank.

Bank Indonesia

Perekonomian

Page 39: Sumur bandung 28062015

67 68

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Dahulu dikenal dengan nama Bank Jabar Banten adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Bank ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Saat ini Bank BJB memiliki 62 Kantor Cabang, 304 Kantor Cabang Pembantu, 140 Kantor Kas, 987 ATM BJB, 103 Payment Point, 4 Kantor Wilayah, dan 473 Waroeng BJB.

Bank BJB

Page 40: Sumur bandung 28062015

PERMASALAHANWILAYAH

Lingkungan

TPSPSungai CikapundungCibunut

PKL

PurnawarmanAhmad Yani - KosambiOtista - Pasar baru

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

69 70

Page 41: Sumur bandung 28062015

71 72

Kondisi sungai Cikapundung saat ini sudah memiliki kemajuan, seperti tidak adanya lagi sampah-sampah yang ada di sungai terutama sungai cikupundung yang berada di Kecamatan Sumur Bandung. Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampai di sungai memberikan dampak yang luar biasa seperti disekitar sungai tidak tercium bau menyengat lagi dan kondisi yang bersih menjadikan daya tarik tersendiri.

Sungai Cikapundung

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

Page 42: Sumur bandung 28062015

73 74

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

situ

asi w

ilaya

h pr

asar

ana

pent

ing

PKL yang berada di sepanjang jalan Purnawarman yang tepatnya di depan Istana BEC dan belakang Toko Buku Gramedia sangat mengganggu pejalan kaki yang memanfaatkan pedestrian sehingga banyak pejalan kaki yang menggunan pinggir jalan raya sehingga menyebabkan kemacetan sekitar jalan tersebut selain itu, adanya PKL menyebabkan daerah terkesan kumuh dan tidak terawat. Seperti adanya sampah-sampah disekitar jalan tersebut karena diakibatkan tempat sampah yang rusak.

PKL Ahmad Yani Berada di Jalan Sepanjang Ahmad Yani sampai ke Pasar Kosambi menjadikan lalu lintas di jalan tersebut lambat sampai terkadang menimbulkan kemacetan pada jam-jam tertentu. Terutama pagi hari dan sore hari. Lokasi tersebut menjadikan daerah yang kumuh dan tidak tertata dengan rapi. Banyaknya tumpukan sampah dilokasi tersebut sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman berada dilokasi tersebut. Pagi hari PKL menggunakan bahu jalan setengahnya ini menyebabkan kemacetan yang cukup parah ketika pagi hari. Sedangkan pada malam hari, lokasi tersebut digunakan oleh PKL terutama penjual makanan, terkadang lalu lintas tersendat tetapi tidak separah kemacetan dipagi hari.

PKL Purnawarman

PKL Ahmad Yani

Page 43: Sumur bandung 28062015

75 76

AKTIFITASPUBLIK

Taman Balaikota Taman Musik

Taman CempakaTaman TongkengTaman Foto

Taman Lalu Lintas

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

aktifi

tas

publ

ik

Page 44: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

aktifi

tas

publ

ik

Taman Balai Kota Bandung juga menyimpan beberapa patung seperti Patung Dewi Sartika-salah satu pahlawan wanita Jawa Barat, Patung Badak-untuk melambangkan binatang khasa Jawa Barat, badak Putih dan Patung Merpati-untuk memperingati dilepasnya 800 ekor merpati di taman ini. Di akhir pekan, Taman Balai Kota Bandung sering digunakan juga sebagai salah satu tempat berolahraga ringan, seperti lari pagi dan bersepeda. Bahkan, di jalan utama yang mengelilingi taman ini, disediakan jalur khusus untuk pengguna sepeda.

Taman Balaikota

77 78

Page 45: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

aktifi

tas

publ

ik

Taman yang berlokasi di Jalan Belitung yang bersebrangan dengan SMAN 5 Bandung. Taman tersebut selalu ramai dikunjungi, tempat itu jadi bisa jadi tempat bagi band-band yang ingin manggung.

Taman Musik

79 80

Page 46: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

aktifi

tas

publ

ik

Sebuah taman rekreasi yang ada di jantung kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya berada di Jalan Belitung No 1 Kota Bandung. Selain sebagai taman dan tempat bermain, di sini juga dijadikan pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas. Taman lalu lintas sering dibuat sebagai daya tarik dalam taman yang lebih besar . Dalam kasus lain, mereka sekali pakai taman dan sering dalam skala kecil . Mereka dapat ditemukan di daerah perkotaan maupun pedesaan. Masih adanya pedagang kaki lima disekitar taman tersebut yang berada di jalur pedestrian yang mengganggu pejalan kaki. Taman yang terawat menjadikan tujuan pengunjung baik di akhir pekan maupun hari biasa terutaman oleh anak-anak .

Taman Lalu Lintas

81 82

Page 47: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

aktifi

tas

publ

ik Taman Cempaka atau sekarang sering disebut dengan Taman Fotografi terletak di Jalan Cempaka. Di Taman Fotografi sering kali diadakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia fotografi. Taman ini juga sering dihampiri oleh para komunitas fotografi dibandung.

Taman Fotografi

83 84

Page 48: Sumur bandung 28062015

AKTIFITAS KELEMBAGAAN

Karang Taruna PKK

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

aktifi

tas

kele

mba

gaan

85 86

BKM

Page 49: Sumur bandung 28062015

87 88

Karang Taruna yang berada di Kelurahan kebon pisang dilingkungan RW 11 terdapat beberapa kegiatan rutin yang saat ini masih dilaksanakan adalah kegiatan bersih-bersih yang dilakukan di lingkungan RW 11. Selain adanya kegiatan-kegiatan dalam acara peringatan hari-hari besar seperti Agustusan.

Karang Taruna

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

aktifi

tas

kele

mba

gaan

PKK yang ada dilingkungan Kelurahan Kebon Pisang RW 11 yang diketuai oleh Ibu Teti menjelasakan mengenai beberapa program yang dilakukan oleh anggota ibu PKK lainnya dilingkungan tersebut. Yaitu adanya pembinaan keterampilan membuat karya dengan memanfaatkan bahan dari daur ulang seperti kantong plastik, botol plastik, dan lain sebagainya dapat dimanfaatkan untuk membuat karya, biasanya hasil karya tersebut dijual ketika ada pameran atau pemesanan. Selain itu adanya kegiatannya peduli lingkungan seperti berkebun dan membuat pupuk kompos dan pengeloaan sampah organik dengan memanfaatkan sampah disekitar RW 11. Dan yang terakhir adalah jumat bersih dilakukan oleh ibu disekitar RW 11. Selain itu program tambahan lainnya adalah adanya senam yang dilakukan setiap minggu, sekolah “ibu” yang dilakukan sebulan sekali.

PKK

Badan Keswadayaan Masyarakat kecamatan Sumur Bandung adalah salah satu lembaga swadaya yang dikelola secara langsung oleh masyarakat kota Bandung. Lembaga ini dipercaya oleh pemerintah untuk menyalurkan dana secara langsung kepada masyarakat miskin. Dengan berazaskan pada Pancasila dan UUD 19545, diharapkan keberadaan BKM dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan dana bantuan langsung dari pemerintah untuk dikelola menjadi unit usaha bagi masyarakat.

BKM

Page 50: Sumur bandung 28062015

POTENSI

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

pote

nsi

Kelurahan Merdeka

Kerupuk GetasPernak PernikStadion SiliwangiTaman Foto

Kelurahan Kebon Pisang

FVOIDBoga RasaEksa JayaKurnia Jaya FashionIndika CookiesGigi Palsu SuhardiBordir / Topi Opang

Kelurahan Braga

Kopi AromaBanceuyBursa KoranJalan BragaPenjara Banceuy

89 90

Page 51: Sumur bandung 28062015

91 92

Stadion Siliwangi adalah sebuah stadion yang berada di Jln. Lombok, Bandung. Saat berdirinya memang lebih diperuntukkan bagi pembinaan jasmani anggota Kodam III/Siliwangi. Hal tersebut karena memang Stadion Siliwangi adalah milik Kodam III/Siliwangi, bukan milik Pemprov Jabar atau Pemkot Bandung. Seiring belum dimilikinya stadion yang lebih representatif di Kota Bandung untuk menggelar kegiatan olahraga yang besar, stadion dengan kapasitas sekitar 25.000 penonton tersebut seolah identik dengan kandang Persib Bandung.

Kelurahan Merdeka

Kerupuk Getas merupakan produsen makanan berupa kerupuk ikan mentah yang diproduksi oleh keluarga Pak Sutarman sejak tahun 2003 dengan tenaga kerja sebanyak 3 orang. Untuk produksi seminggu 2x atau sesuai dengan pesanan konsumen yang dipasarkan di pasar Kosambi, Ledeng, dan memasukkan ke toko-toko yang ada di Kota Bandung.

Kerupuk Getas

Merupakan Taman yang ada di Kota Bandung yang merupakan taman campaka yang didalam terdapat beberapa fasilitas diantaranya taman bermain dengan sarana pendukung lainnya seperti tempat sampah. Kondisinya yang bersih dan nyaman menjadikan taman ini banyak dikunjungi oleh semua kalangan. Lokasinya yang berada di tengah komplek menjadikan lokasi ini sangat strategis.

Taman Foto

Stadion Siliwangi

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

pote

nsi

Page 52: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

pote

nsi

Kurnia Jaya Fashion merupakan produsen pakaian berupan pakaian seragam diproduksi oleh keluarga Pak Lukman Nulhakim yang berada di Jalan Baranang Siang No. 199/34B RT 03 RW 11 sejak tahun 1998 dengan tenaga kerja sebanyak 3 orang. Untuk produksi setiap hari yang jumlahnya tidak menentu yang dipasarkan di Bandung-Kabupaten Bandung.

Kurnia Jaya Fashion

Gigi Palsu Suhardi merupakan produsen gigi palsu yang diproduksi oleh keluarga Pak Suhardi yang berada di Jalan Baranang Siang No. 197/34B RT 03 RW 11 telah turun temurun sejak Kakek Pak Suhardi tanpa tenaga kerja yang dibuat sendiri oleh Pak Suhardi . Untuk produksi sesuai dengan pesanan konsumen, untuk konsumennya sendiri Pak Suhardi telah turun temurun baik di Kota Bandung maupun luar Kota Bandung.

Gigi Palsu Suhardi

FVOID merupakan produsen patung dan replika yang diproduksi oleh keluarga Pak Aep yang berada di Jalan Baranang Siang No. 262/34B RT 05 RW 11.

FVOID

Kelurahan Kebon Pisang

93 94

Page 53: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

pote

nsi

Toko Kopi Aroma berdiri sejak 1930-an di Bandung, kalau datang ke Bandung, rasanya ini adalah oleh-oleh Bandung yang wajib ditenteng pulang. Tersedia pilihan kopi Arabica atau Robusta di Kemasan mulai dari seperempat kilogram, setengah kilogram, dan satu kilogram. Sangat disarankan membeli kemasan kecil, dan baru membeli lagi jika sudah habis, agar kopi yang diperoleh selalu segar. Yang berada di Jalan Banceuy No.51 Bandung. Dengan lokasi yang strategis, kopi aroma banyak dikunjungi baik dari Kota Bandung maupun luar Kota Bandung.

Kopi AromaKelurahan Braga

95 96

Page 54: Sumur bandung 28062015

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

pote

nsi

Di Jalan Braga terdapat kompleks pertokoan yang memiliki arsitektur dan tata kota dengan ciri khas arsitektur lama pada zaman Hindia Belanda. Diantara pertokoan tersebut yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama adalah pertokoan Sarinah, Apotek Kimia Farma, dan Gedung Merdeka. Lokasi ramai pada hari-hari libur, lokasi ini juga menjadi salah satu objek wisata di Kota Bandung. Jalan Braga memiliki sebutan lain yaitu “One Stop Holiday” merupakan citra dari Jalan Braga Bandung. Jalan Braga juga merupakan kawasan hiburan dan tempat perbelanjaan yang menjadi favorit pengunjung. Kondisi Braga akan tampak sangat ramai ketika akhir pekan dan libur anak sekolah.

Jalan Braga

Penjara Banceuy adalah nama sebuah penjara di kota Bandung, yang identik dengan Presiden Pertama Indonesia Soekarno, Aktivitas Soekarno di PNI menyebabkannya ditangkap Belanda pada bulan Desember 1929 dan dipenjara di Penjara Banceuy ini, sehingga Penjara ini identik dengan nama nya.Yang terletak di komplek ruko Banceuy Permai didepan Jalan ABC Kota Bandung, saat ini lokasi tersebut sedang direlokasi.

Penjara Banceuy

97 98

Page 55: Sumur bandung 28062015

99 100

Bank runtah adalah salah satu unit usaha masyarakat yang dikelola oleh Ibu Endang. Bank Runtah memproses sampah – sampah rumah tangga seperti plastik, bungkus kopi, dan sampah lainnya menjadi barang – barang daur ulang yang dapat digunakan kembali seperti dompet, tas dan benda unik lainnya yang juga memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat. Bank sampah ini hanya mengumpulkan dan melakukan penyeleksian sampah setiap hari sabtu.

Bank Runtah

Kec

amat

an S

umur

Ban

dung

pote

nsi

Page 56: Sumur bandung 28062015
Page 57: Sumur bandung 28062015

2015KECAMATANSUMUR BANDUNG

2015