student plan mahasiswa universitas jember angkatan 2010

Upload: shufi-musdallifah

Post on 08-Jul-2015

340 views

Category:

Documents


3 download

TRANSCRIPT

STUDENT PLAN MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER ANGKATAN 2010 FAKULTAS STRATA JURUSAN/PROGRAM STUDI NAMA/NIM TELEPON/HP/E-mail : KEDOKTERAN GIGI : S1 : KEDOKTERAN GIGI : SHUFI MUSDALLIFAH/101610101095 : (0331) 324656/ 085258805550

BAB 1. DESKRIPSI DIRISaya adalah seorang MABA ( mahasiswa baru) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember angkatan 2010/2011. Nama lengkap saya Shufi Musdallifah. Tempat dan tanggal lahir saya Tanjung Redeb, 27 Desember 1992. Alamat tinggal saya sekarang Jln. Karimata V blok E No.2, Sumbersari, Jember. Saya tinggal bersama dengan orang tua. Ayah saya bekerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan ibu saya bekerja sebagai wiraswasta. Tinggi badan 164 cm, berat 49 kg. Golongan darah saya O. Penyakit yang pernah saya derita adalah thypus, dan itu yang saya alami sekarang. Sewaktu masih kecil hingga berumur 8 tahun, saya tinggal di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kemudian imigrasi dengan semua keluarga ke Kabupaten jember karena ayah ada penempatan tugas di sana. Saya tinggal di Jember sudah hampir 10 tahun. Disini saya 4 bersaudara, 1 kakak yang telah berkeluarga, dan 2 adik yang masih bersekolah. Kehidupan keluarga kami lumayang berkecukupan. Membicarakan tentang masalah riwayat pendidikan, saya merupakan salah satu lulusan dari Sekolah Dasar (SD) Jemberlor V angkatan 2004. Kemudian menempuh ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di SMP Negeri 3 Jember. Dan melanjutkan ke tingkat SMA di SMA Negeri 1 Arjasa, lulus dengan nilai yang cukup membanggakan buat saya. Setelah lulus, saya mengikuti bermacam macam test Perguruan Tinggi, mulai dari test STAN ( Sekolah Tinggi Akutansi Negara, Ujian Masuk gelombang pertama di Universitas Airlangga, dan SNMPTN di Universitas Jember. Dengan pilihan pertama Fakultas Kedokteran dan pilihan kedua Fakultas Kedokteran Gigi.

Mengenai pengalaman berorganisasi, saya pernah mengikutinya sewaktu bersekolah di jenjang SMP, dengan jabatan sebagai sekretaris II di bidang keagamaan. Bertugas dalam hal yang berhubungan dengan keagamaan. Seperti menjadi koordinator dari siswa atau siswi di sekolah yang ingin menyumbangkan dan menyisihkan sedikit uang saku mereka untuk di sumbangkan dan di zakatkan. Selain itu juga menyediakan fasilitas untuk masjid sekolah. Organisasi ini biasa di kenal dengan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Sedangkan tugas yang terakhir adalah menyebar jadwal jadwal keagamaan yang di adakan sekolah. Beda halnya dengan masa SMA. Ketika awal mula masuk atau yang biasa di kenal dengan MOS ( Masa Orientasi Siswa) ada salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang membuat saya sangat tertarik untuk mengikutinya, yaitu ekstrakurikuler cheerleader. Pada awalnya saya takut dan sangat malu untuk mendaftar di ekstrakurikuler ini, karena saya merasa tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut. Tapi pada akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar bersama dengan teman sekelas saya. Pada awalnya rasa minder itu datang, rasa takut mulai muncul, tapi dari situ saya mendapatkan sebuah tantangan. Bisa atau tidak saya melakukan suatu hal baru, suatu hal yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Akhirnya saya beserta teman-teman launnya menbuat kesepakatan untuk berlatih lebih keras lagi. Hingga akhirnya disuatu hari ada sebuah perlombaan, dan kami berhasil membawa sebuah piala kemenangan yang cukup membanggakan dan mengharumkan nama sekolah. Dari situ saya merasakan suatu kesenangan yang luar biasa yang kita peroleh tidak dengan sia sia, tapi dengan usaha yang cukup keras. Di ekstrakurikuler, ini saya dapat belajar tentang arti suatu kekompakan, kerja sama antar tim, keserasian dalam memadupadankan suatu gerakan, dan dapat mengasah atau mngembangkan kreatifitas. Disini saya menemukan jati diri saya, dan akhirnya menari itu menjadi hoby saya hingga sekarang. Tentang kekuatan dan kelemahan diri, saya merasa lebih banyak kekurangan di banding kekuatan. Jujur, saya merupakan orang yang dengan mudahnya terpengaruh dan percaya pada orang lain. Entah itu pengaruh baik maupun pengaruh buruk, saya gampang sekali terpengaruh. Untuk itu saya lebih selektif pertemanan. Salah satu kelemahan saya lagi adalah saya kurang percaya diri. Kurang percaya akan skills dan kemampuan yang saya miliki. Sedangkan kekuatan yang saya miliki, saya suka dengan suatu tantangan saya akan mencoba untuk menyelesaikan tantangan itu selagi saya bisa dan mampu.

Pengalaman tidak menarik yang pernah saya alami adalah ketika saya dipaksa untuk mengikuti suatu kegiatan di sekolah, yaitu acara pemilihan putra putri SMAJA yang diikuti oleh setiap perwakilan antar kelas. Saya dipilih menjadi perwakilan kelas X.3 dulu dengan pemaksaan dari temanteman sekelas. Sebenernya saya tidak ingin mengikutinya, karena harus diwajibkan memakai kebaya untuk acara lomba tersebut. Padahal bagi saya saat itu pakaian kebaya adalah pakaian yang sangat saya benci. Karena bahan kainnya yang gatal dan membuat orang yang memakainya menjadi gerah dan kepanasan. Akhirnya hari perlombaan itupun tiba. Ternyata setelah melihat diri saya dengan balutan kebaya di cermin, saya merasa menjadi seorang wanita yang berkarakter anggun. Hingga akhirnya saya

mendapatkan Juara II Kategori Putri Berbakat. Pada akhirnya pengalaman yang menurut saya tidak menarik menjadi pengalaman menarik.

BAB 2. MOTIVASI MEMILIH PROGRAM STUDISaya memilih progam studi ini, karena dari kecil cita cita saya adalah ingin menjadi seorang dokter. Ingin bekerja dalam bidang kesehatan. Selain itu, saya juga ingin membanggakan kedua orang tua saya, ingin kedepannya saya memiliki kehidupan yang mapan, dan masa depan cerah. Ingin membantu sesama, karena bagi saya tugas seorang dokteer adalah memberikan pelayanan ke masyarakat. Secara tidak langsung itu dapat membantu sesama manusia.

BAB 3. RENCANA PENGEMBANGAN POTENSI DIRI 3.1 VISIVisi hidup saya adalah saya ingin menjadi seorang manusia yang berpendidikan, bermoral,beragama dan memiliki tata karma. Menjadi seseorang yang memiliki masa depan cerah. Menjadi seseorang yang dapat berbakti dan membahagiakan kedua orang tua saya. Dan menjadikan pribadi yang lebih baik dari hari ke hari, baik itu hati maupun akhlak.

MISIMisi untuk mencapai visi hidup saya tersebut, murni yang perlu saya jalani adalah sebagai berikut : a) b) c) Meningkat kualitas mutu pendidikan saya. Berusaha sekuat tenaga untuk menggapai cita cita Meningkatkan taraf moral, keagamaan dan tata krama yang saya miliki

3.2

CITA CITAKeinginan kongkrit tentang cita cita saya kedepan atau profesi yang saya inginkan adalah

menjadi spesialis ortodonsia. Meskipun belum mengetahui betul apa itu ortodonsia, tapi saya sudah memiliki ketertarikan yg sangat kuat dan ingin melanjutkan profesi saya sampai kesana.

3.3

RENCANA PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIKKarna saya bukan termasuk orang yang cerdas, jadi target IP saya (indeks prestasi) adalah

3,00 dengan masa lama study 4 tahun. Langkah langkah untuk mencapainya adalah dengan belajar giat dan dapat membagi waktu yang baik antara bermain dan belajar.

3.4

RENCANA PENGEMBANGAN SOFT SKILLS/EKSTRA KULIKULER

Disini saya tertarik untuk mengikuti senat kemahasiswaan, karena disini saya ingin mencoba lagi untuk belajar berorganisasi seperti saat waktu masih di jenjang SMP dulu. Selain itu saya juga berminat untuk mengikuti UKM LISMA, karena disitu terdapat suatu jegiatan yang merupakan salah satu hoby saya yaitu menari.

3.5

RENCANA RENCANA KEGIATAN KREATI LAIN

Saya disini ingin mengajak teman teman untuk melakukan kegiatan kerja bakti setiap pagi pada hari jumat. Karena saya melihat kondisi lingkungan fakultas kedokteran gigi kurang terjaga dan kurang terawat.