sahabat pena edisi 445 tahun 2014

36
1 Edisi 445 | 2014

Upload: sahabatpena

Post on 18-Jan-2016

306 views

Category:

Documents


25 download

DESCRIPTION

Sahabat para pecinta persahabatan dan pengetahuan

TRANSCRIPT

Page 1: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

1Edisi 445 | 2014

Page 2: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

2 Edisi 445 | 2014

Page 3: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

RedaksiGraha Pos Indonesia Lt. 7AJl. Banda No. 30 Bandung 40115Telp. (022) 4213640, Fax. (022) 4224542www.facebook.com/majalahsahabatpena

Penerbit :

Redaksi menerima sumbangan tulisan dan foto untuk majalah Sahabat Pena.Tulisan dan gambar/foto yang dimuat akan diberi imbalan sepantasnya yang dikirim melalui weselpos.

Redaksi berhak mengubah atau menambah dengan tidak mengurangi isi naskah tersebut.

ISSN 0216 - 3373STT : No. 025/SK/DitjenPPGI/STT/176

SIT : No. 44-6/KAMDA/JB/’74

Daftar Isi

Editorial

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 3Edisi 445 | 2014

SAHABAT PENAEdisi 445 | 2014

Sampul :Maudy Ayunda

Hai Sobat, apa kabar semua?

Tidak terasa kita sudah menginjak bulan April. Bulan yang sangat sibuk bagi Sobat kita yang sudah duduk di kelas tiga Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA). Apalagi kalau bukan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/MA pada tanggal 14 April 2014. UN menjadi sangat penting karena nilainya sangat mempengaruhi kelulusan seseorang. Terkadang siswa yang sehari-hari bagus prestasinya bisa tidak lulus hanya gara-gara pas UN nilainya tidak maksimal. Semoga Sobat semua bisa lancar dan sukses ya menjalani UN-nya.

Oh ya Sobat di bulan April pula pesta demokrasi Indonesia dilaksanakan. Semua warga Indonesia yang sudah memiliki hak pilih menyalurkan haknya dengan mendatangi tempat pemilihan suara pada tanggal 9 April 2014. Pemilu tahap pertama atau lebih dikenal dengan nama Pemilihan Legislatif (Pileg) menentukan siapa saja yang terpilih untuk mewakili rakyat di DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/Kabupaten. Bagi Sobat yang sudah berumur 17 tahun ke atas pasti merasakan pengalaman pertama bagaimana rasanya ikut berpartisipasi dalam Pemilu.

Pemilu sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, melalui Pemilu rakyat menentukan siapa wakil mereka yang duduk di Badan Legislatif. Badan Legislatif mempunyai tiga fungsi penting yaitu membuat undang-undang, menetapkan APBN serta mengawasi pelaksanaan pembangunan. Kita juga masih akan melaksanakan Pemilu tahap kedua pada tanggal 9 Juni 2014. Pada tahap ini kita akan memilih siapa Presiden Republik Indonesia berikutnya. Presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi pemerintahan Republik Indonesia sangat menentukan arah pembangunan Indonesia selanjutnya. Maju tidaknya Indonesia banyak ditentukan oleh siapa presidennya. Jadi pilihlah calon legislatif dan presiden yang menurut Sobat terbaik. Ingat jangan hanya melihat penampilannya saja, tapi lihat juga kinerjanya.

Oh ya, pada edisi kali ini Sahabat Pena akan menampilkan artis cantik Maudy Ayunda dan WINXS. Rubrik Info Sahabat akan membahas serunya Pelatihan Creative Writing di Cianjur. Sobat diajak ikut memprediksi siapa Juara Piala Dunia 2014 pada rubrik Tribun. Menelusuri Rahasia Alam yang belum terungkap pada rubrik Iptek sambil menelaah Tizen pada rubrik ICT. Sementara rubrik Mailbox akan membahas Bayar Angsuran di Kantorpos. Nah jangan lewatkan rubrik profesi yang akan membahas tentang Fisioterapis. Ok Sobat selamat membaca dan menikmati Sahabat Pena.

Salam Persahabatan

Redaksi

04 PErtEmuan WInXS Eksis karena Berkarakter

06 IPtEk 10 misteri alam yang Belum terungkap

08 maIlBoX Bayar angsuran kredit..? Ya di kantorpos Saja!

10 ProfESI fisioterapis meyehatkan Gerak dan fungsi tubuh

12 Info SahaBat Pelatihan Creative Writing ke 24

14 SahaBat kIta maudy ayunda oxford dan Sahabat mancanegara

16 alBum SahaBat

22 trIBun World Cup 2014 apa negara Jagoanmu?

24 SoSIal rumah Singgah, Bikin anak Jalanan Betah

26 WISata taman Bunga nusantara

28 ICt tizen Penantang Serius android

30 CErPEn Sesuatu di ruang musik

33 PuISI

34 ZoDIak

Page 4: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

PERTEMUAN

CTK. 1.85/MMM-MR/20144 Edisi 445 | 2014

WINXS merupakan sebuah girlband remaja Indonesia didirikan pada 9 Maret 2012 yang awalnya bernama BeSSaRa. Awalnya nama BeSSaRa

diambil dari nama keempat personil BeSSaRa, yang terdiri dari Bella, Sharon, Salsha, Cassandra. Single pertama berjudul MTM (Malu Tapi Mau) mendapat sambutan yang baik di masyarakat. Berkat single tersebut nama keempat gadis cantik ini mulai dikenal di masyarakat. BeSSaRa digandrungi remaja karena suaranya yang ceria dan khas.

Tanggal 11 Juni 2012 BeSSaRa pecah. Sharon mengundurkan diri, atas permintaan orangtuanya. Dengan mundurnya Sharon, Manajemen BeSSaRa memutuskan untuk merekrut personil baru, sebagai pengganti Sharon. Setelah melewati audisi ketat, akhirnya terpilihlah Steffi. Dan pada tanggal 6

EKSIS Karena

BerkarakterKarakter tiap personil WINXS berbeda, WINXS yakin ngga kalah eksis dari girlband lainnya.

September 2012, BeSSaRa resmi berganti nama menjadi WINXS. Pergantian nama dilakukan karena mereka bergabung dengan Inbek Entertainment, besutan artis Indra Bekti.

“Awalnya kita ini semua ikut audisi dan lolos berempat, terbentuklah BeSSaRa. Alasan ganti nama jadi WINXS, ngga tahu pasti ya. Tapi memang namanya lebih pas dan lucu aja sesuai image kita. Selain itu juga karena ada personil yang keluar, jadi biar lebih fresh aja. Kita ada di manejemen baru dan dapat temen baru jadi namanya juga harus baru dong,” ucap Bella.

“WINXS itu kan diadopsi dari kata wing, artinya sayap, cuma dimodifikasi diganti huruf g menjadi x

Page 5: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 5Edisi 445 | 2014

dan tambah huruf s biar lebih keren. Jadi intinya kita ini anak-anak yang terbang mengejar mimpi bersama lewat girlband ini,” lanjutnya bersemangat.

Ketika ditanya apa yang membuat WINXS bisa eksis, Bella menjawab, “Setiap personel punya keunggulan masing-masing. Baik dari segi fashion maupun suara. Antara satu personil dengan yang lain selalu kompak dan saling melengkapi.” Hal itulah yang diyakini Bella sebagai keunggulan

Bella Graceva Amanda PutriNama panggilan : BellaTempat/Tgl. Lahir : Jakarta, 6 Juli 2000Agama : IslamHobi : Menyanyi dan AktingWarna favorit : UnguTwitter : @bellagraceva_ap

Stefhanie Zamora HusenNama Panggilan : SteffiTempat/Tgl. Lahir : Jakarta, 15 Desember 2000Agama : KristenHobi : MenyanyiWarna favorit : Biru ToskaTwitter : @steffizmrh

WINXS dan Coboy Junior berada dalam satu manajemen, Inbek Management. Sudah sewajarnya jika keakraban diantara keduanya sangat kental. Keduanya saling mempengaruhi satu sama lain.

Ketika terjadi perpecahan pada Coboy Junior, pengaruhnya sangat dirasakan oleh para personel WINXS. Bastian resmi mengundurkan dari Coboy Junior pada tanggal 23 Februari 2013 yang ditandai dengan gelaran Farewell Concert di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Selatan. Coboy Junior kemudian berganti nama menjadi CJR.

Keluarnya Bastian dari Coboy Junior sangat disesalkan oleh para personel WINXS. “Iya sayang banget jadi bertiga sekarang padahal mereka kompak banget. Tapi itu sudah jadi keputusan mereka,” kata Salshabilla Adriani.

“Kita memang akrab banget dan sering banget tampil bareng. Jadi ngerasa sayang aja kalau harus pisah dan ngga kerja bareng lagi,” timpal Bella.

Lebih lanjut dikatakan Salsha, sebelum keluarnya Bastian, WINXS dan Coboy Junior sempat bekerja sama dalam sebuah pembuatan video klip single terbaru Coboy Junior. “Terakhir WINXS itu sempat diminta jadi model video klip untuk lagu Bubble Gum,” kenang Salsha.

Ia pun mengisahkan lebih rinci keceriaan saat syuting video klip. “Aku inget banget keseruan pas syuting, kan temanya Bubble Gum jadi serba ada gelembung-gelembung gitu. Kita jadi main gelembung pakai pistol air, seru,” bebernya.

Tapi apapun yang sudah terjadi dengan Coboy Junior, persahabatan WINXS dan mantan personil Coboy Junior (Bastian dan CJR) akan selalu mereka jaga.***

Sesali Bastian Keluar dari Coboy Junior

WINXS dibandingkan dengan girlband lainnya.

“Kita masing-masing punya keunggulan dan saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Kekompakan jadi modal kita untuk tetap eksis. Contohnya dalam hal fashion, masing-masing personel punya gaya masing-masing yang bisa digabungkan,” ceplosnya.

“Aku ini bisa dibilang leader dalam gaya rambut, kalau Salsha leader

vocal dan dance, terus Steffi sebagai leader warna,dan Cassandra (Cassie) sebagai leader fashion. Disitu kelihatan kita beda dan punya kekompakan,” tambah Bella lagi.

“Udah rilis empat single, Malu Tapi Mau dan Crush On You di tahun 2012, terus Cute Cool Popular (C.C.P), dan Suka Suka di tahun 2013. Kalau album, mohon doanya saja,” celoteh Cassandra Sheryl Lee atau lebih akrab di sapa Cassie ketika ditanya mengenai single yang sudah WINXS buat.

Cassandra Sheryl LeeNama Panggilan : CassieTempat/Tgl. Lahir : Jakarta, 15 Maret 2001Agama : KristenHobi : Menyanyi, Akting dan ModelingWarna favorit : Pink, BiruTwitter : @cassandraslee

Salshabilla AdrianiNama Panggilan : SalshaTempat/Tgl. Lahir : Jakarta, 12 Agustus 2000Agama : IslamHobi : Menyanyi dan BerenangWarna favorit : BiruTwitter : @salshaabilaa

Biodata Personil WINXS

Page 6: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

MISTERI ALAMyang BELUM TERUNGKAP

1

2

IPTEK

CTK. 1.85/MMM-MR/20146 Edisi 445 | 2014

Alam terkadang menyimpan misteri yang sangat besar. Sampai saat ini banyak fenomena alam yang belum berhasil diungkap oleh ilmu dan pengetahuan manusia. Pada edisi kali ini, Sahabat Pena akan mengungkap beberapa misteri alam yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Segitiga Bermuda adalah wilayah lautan yang berada di Samudra Atlantik yang dibatasi oleh Bermuda (wilayah Inggris) di bagian utara, Miami (Florida, AS) di bagian barat dan San Juan (Puerto Rico) dibagian selatan. Banyak kapal laut dan pesawat terbang yang melintasi daerah ini mengalami gangguan navigasi, bahkan beberapa diantaranya hilang tanpa jejak. Salah satu peristiwa yang terkenal adalah hilangnya Penerbangan 19 (kesatuan angkatan udara dari lima pesawat pembom Angkatan Laut Amerika Serikat) ketika melintasi daerah ini pada tanggal 5 Desember 1945, dan yang mengherankan regu penyelamat yang dikirim pun mengalami nasib yang serupa.

Ada banyak teori dan pendapat mengenai Segitiga Bermuda ini. Ada yang menyebutkan itu hanya kecelakaan akibat kelebihan beban. Tetapi ada pula yang menyebutkan penyebanya adalah adanya Gempa laut yang menyebabkan gelombang besar, gas Metana dan Pusaran Air, Gravitasi, lorong waktu (Worm Hole), sampai adanya

Segitiga Bermuda

Nazca Lines

pangkalan UFO. Semua teori tersebut belum terbukti secara nyata sehingga Segitiga Bermuda tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang.

Terletak di dataran gersang pesisir Peru, sekitar 400 km sebelah selatan dari Lima, geoglyphs terbentang mulai dari Nazca dan pampas hingga Jumana dan mencakup area sekitar 450 km2. Citra garis ini diperkirakan berumur antara 500 SM dan 500 Masehi. Nazca Lines adalah salah satu teka-teki terbesar arkeologi karena kuantitas sifat, ukuran

dan kontinuitas mereka. Geoglyphs menggambarkan makhluk hidup, tanaman dan makhluk serta tokoh-tokoh imajiner sebagai geometris seluas beberapa kilometer. Mereka diyakini memiliki fungsi astronomi ritual.

Setidaknya terdapat 9 citra garis dengan bermacam-macam bentuk makhluk hidup (hewan) yang tergambar pada tanah Nazca Lines,Namun ada 7 yang terbesar diantaranya Laba-laba (panjang 46m), Monyet (panjang 55m), Burung Guano (280m), Kadal (180m), Burung Kalibri (50m), Paus Pembunuh (65m), dan yang terbesar Burung Pelikan (285m).

Nazca Lines memunculkan banyak pertanyaan. Siapa yang telah membuatnya? Peradaban mana yang telah menciptakannya? Lalu bagaimana cara mereka membuatnya? Apakah tujuan dari pembuatan Nazca Lines itu sendiri? Sampai saat ini semua pertanyaan tadi masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

BAGIAN1

Page 7: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

3 Benua Atlantis

4

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 7Edisi 445 | 2014

Benua Atlantis pertama kali diungkapkan oleh Plato melalui buku Timaeus dan Critias sekitar 2500 tahun silam. Benua Atlantis disebut sebagai awal peradaban manusia. Penduduknya memiliki kebudayaan tinggi dan bangsa superior. Namun benua itu telah tenggelam selama ribuan tahun karena berbagai bencana alam.

Banyak yang berpendapat bahwa Benua Atlantis tidak pernah ada. Atlantis hanyalah khayalan Plato belaka. Tetapi banyak pula yang berpendapat bahwa Benua

Atlantis memang benar-benar ada. Hanya saja yang menjadi pertanyaan dimanakah letak Benua Atlantis tersebut sekarang. Ada yang mengatakan bahwa Benua Atlantis berada

di segitiga Bermuda, Laut Tengah, Laut Timur, Troya, Antartika, Turki dan berbagai tempat lainnya. Tidak sedikit pula yang berpendapat bahwa benua Atlantis itu dulunya berada di daerah yang merupakan kepulauan Indonesia sekarang. Benar tidaknya kita tunggu saja pembuktian selanjutnya.

5 StonehengeStonehenge adalah monumen prasejarah misterius yang terletak di sebelah utara dataran kapur kota Salisbury Plain, Inggris. Pembangunan Stonegenge diperkirakan dimulai pada 5.000 tahun yang lalu dan kemudian dimodifikasi oleh Britons kuno selama 1.000 tahun.

Stonehenge terdiri dari tiga puluh batu tegak (sarsens). Masing-masing batu berukuran seragam yaitu tinggi 10 meter dan berat masing-masing batu mencapai berat 26 ton. Batu

ini diyakini dibawa dari Marlborough Downs, yang berjarak 20 mil (32 kilometer) di sebelah utara. Kesemua batu tegak tersebut disusun dengan bentuk tegak melingkar atau lebih dikenal sebagai megalithikum.

Berbagai teori muncul mulai dari proses pemindahan batu sampai ke lokasi, lama pembuatan, siapa pembuatnya dan tujuan Stonehenge dibangun.Beberapa aspek memang sudah terkuak, sementara beberapa aspek lainnya masih menjadi misteri.

Bersambung....

El DoradoSeperti semua legenda abadi, kisah El Dorado berisi beberapa potongan-potongan kebenaran. Ketika penjelajah Spanyol mencapai Amerika Selatan pada awal abad ke-16, mereka mendengar cerita tentang suku pribumi yang hidup di pegunungan Andes, di wilayah yang sekarang bernama Kolumbia. Ketika itu pengangkatan kepala suku selalu dilakukan dengan upacara di Danau Guatavita. Cerita tentang upacara berbeda-beda, tetapi mereka secara konsisten menceritakan bahwa kepala suku selalu ditutupi dengan debu emas. Kemudian emas itu dilemparkan ke dalam danau berbarengan dengan dan permata berharga, tujuannya untuk menenangkan dewa yang hidup di bawah air.

Upacara itu seharusnya berhenti pada akhir abad ke-15 ketika El Dorado dan rakyatnya ditaklukkan oleh suku lain. Tetapi orang-orang Spanyol dan Eropa lainnya telah

menemukan begitu banyak emas di sepanjang pantai utara benua. Mereka percaya pasti ada tempat menyimpan kekayaan yang besar di suatu tempat di pedalaman . Orang-orang Spanyol tidak pernah menemukan El Dorado, tetapi mereka berhasil menemukan Danau Guatavita. Mereka mencoba untuk menguras danau tersebut pada tahun 1545, tetapi mereka tidak menemukan harta yang mereka cari. Pencarian El Dorado pun berlanjut sampai sekarang.

Page 8: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014

MAILBOX

8 Edisi 445 | 2014

Keinginan untuk menjadikan Kantorpos sebagai One Stop Payment telah mendorong Pos Indonesia menjalin kerjasama dengan banyak pihak. Tidak

ketinggalan Pos Indonesia telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan pembiayaan layanan kredit, baik kredit barang, elektronik maupun kendaraan bermotor. Melalui kerjasama ini pelanggan bisa melakukan pembayaran angsuran kreditnya melalui Kantorpos.

Untuk saat ini sudah banyak perusahaan yang sudah bergabung di layanan Pospay. Beberapa diantaranya adalah Adira Finance, FIF, WOM Finance, Mandala Finance dan Summit Oto Finance. Ke depannya

Pos Indonesia bertekad untuk bekerjasama dengan semua perusahaan

pembiayaan kredit, sehingga akan semakin memudahkan pelanggan kredit dalam melakukan pembayaran angsurannya.

Membayar angsuran kredit di Kantorpos menyenangkan lho. Selain bisa sekalian mengirim surat dan paket, di Kantorpos Sobat bisa sekalian membayar kewajiban lainnya. Seperti bayar rekening telepon, listrik, PDAM, angsuran kartu kredit, angsuran KPR BTN, bahkan membayar pajak pun bisa dilakukan di Kantorpos. Selain itu bagi Sobat yang mempunyai hobi filateli, Sobat bisa sekalian menambah koleksinya

Bayar Angsuran Kredit..?

Kalau bayar angsuran kredit enaknya di mana ya? Tentu saja jawabannya di Kantorpos dong. Memangnya bisa bayar angsuran kredit di Kantorpos? Wah, kalau ada Sobat yang sampai bertanya dengan pertanyaan ini kebangetan dan gak update banget dech. Kan sudah lama Kantorpos menerima pembayaran angsuran kredit kendaraan bermotor dan angsuran kredit lainnya. Semestinya Sobat sering-sering main ke Kantorpos dech biar gak ketinggalan informasi.

YA DI KANTORPOS SAJA!

Page 9: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 9Edisi 445 | 2014

Pembayaran angsuran yang bisa dilakukan di Kantorpos

dengan membeli prangko seri terbaru. Wah ternyata banyak hal yang bisa dilakukan di Kantorpos ya!

Bagaimana cara melakukan pembayaran angsuran kredit di Kantorpos? Pertama tentu saja Sobat harus datang ke Kantorpos, lalu antrilah di loket yang tersedia. Jangan khawatir mengantri di Kantorpos tidaklah sepanjang dan selama mengantri di bank ataupun tempat pembayaran lainnya. Setelah mendapat giliran, tunjukan nomor kontrak atau kartu pelanggan kepada Petugas pos. Bisa juga dengan menunjukkan resi pembayaran bulan sebelumnya. Bayarlah sesuai dengan jumlah yang diwajibkan. Setelah mendapat resi pembayaran, simpan resi tadi karena resi tadi merupakan bukti pembayaran yang telah Sobat lakukan.

Apakah pelanggan akan dikenakan biaya administrasi jika membayar melalui Kantorpos? Jawabannya iya. Seperti halnya membayar di Bank atau tempat pembayaran lainnya pelanggan dikenakan biaya administrasi setiap melakukan pembayaran angsuran. Jangan khawatir biaya administrasinya tidak mahal kok, hanya berkisar antara Rp. 1.000,00 – Rp. 3.500,00 saja. Besarannya disesuaikan dengan rekomendasi dari perusahaan pembiayaan.

Oh iya, pembayaran angsuran bisa dilakukan di Kantorpos yang dekat dengan Sobat. Jadinya Sobat bisa menghemat biaya transportasi dan waktu pembayaran. Selain itu jika Sobat sedang bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar pulau sekalipun, Sobat bisa membayarnya di Kantorpos setempat.

Bayar

angsuran ke

Kantorpos...

1. PT. Adira Dinamika Multi Finance. Tbk.

2. PT. Adira Quantum Multi Finance. Tbk.

3. PT Federal International Finance (FIF)

4. PT Summit Otto Finance dan PT Oto Multiartha

5. PT Bussan Auto Finance

6. PT. Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk (PT WOM)

7. PT Finansia Multi Finance

8. PT Mega Central Finance

9. PT BFI Finance indonesia Tbk

10. PT Toyota Astra Financial Services

11. PT Suzuki Finance Indonesia

12. PT Saseka Gelora Finance (CIMB Niaga Auto Finance)

13. PT MNC Finance (BHAKTI FINANCE)

14. PT Mandala Multi Finance Tbk

15. PT Mandiri Tunas Finance

16. PT Internusa Tribuana Citra Multi Finance (PT ITC)

17. PT Mega Finance

18. PT Varia Intra Finance (VIF)

19. PT Trihamas Finance

20. PT HD Finance

21. PT Smart Finance

22. PT Nusa Surya Ciptadana (NSC) Finance

23. PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (Columbia)

24. PT Central Santosa Finance

25. PT Sasana Artha Finance (SAF)

26. PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI)

27. PT Astra (ACC)

28. PT Al Ijarah

29. PT Artha Prima

30. PT. Arthaasia

31. PT Bank ANZ Indonesia

32. PT Bank International Indonesia, Tbk

33. Citibank N.A Indonesia

34. PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.

35. The HSBC

36. PT Bank Permata Tbk (GE MASTER)

37. PT Asuransi Takaful Keluarga

38. PT Multindo Auto Finance

Jadi tidak usah khawatir lagi angsuran kreditnya terlambat dibayar dan kena denda.

Sekarang pasti sudah yakin, bahwa tempat membayar angsuran kredit yang terbaik adalah di Kantorpos. Eitts bukan hanya pembayaran angsuran kredit saja, melainkan semua pembayaran, ya di Kantorpos saja. ***

Page 10: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

PROFESI

CTK. 1.85/MMM-MR/201410 Edisi 445 | 2014

Sebelum membahas lebih jauh, tahukah Sobat apa itu fisioterapis? Banyak yang mengira bahwa fisioterapis merupakan nama lain dari masseur atau tukang urut. Ada juga yang beranggapan bahwa

fisioterapis adalah dokter. Anggapan-anggapan tersebut tidaklah benar karena fisioterapi sangat berbeda keahliannya dengan tukang urut dan dokter walaupun dalam beberapa aspek mereka saling mendukung.

Lingkup Fisioterapi

Menurut Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 376/MENKES/SK/111/2007 fisioterapis adalah seseorang yang telah lulus pendidikan formal fisioterapi dan kepadanya diberikan kewenangan tertulis untuk melakukan tindakan fisioterapi atas dasar keilmuan dan kompetensi yang dimilikinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara

dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan. Penanganan fisioterapi dilakukan dengan manual, peningkatan

gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi, dan komunikasi.

Dengan kata lain fisioterapi adalah profesi kesehatan yang bekerja untuk mengidentifikasi dan memaksimalkan kemampuan gerak dan fungsi tubuh manusia. Fisioterapi melihat

gerakan manusia sebagai pusat kesehatan dan kebugaran individu. Gerakan itu merupakan

indikasi bahwa tubuh seseorang itu sehat.

MenyehatkanGERAK dan

FUNGSI TUBUH

FISIOTERAPIS Saat ini tenaga fisioterapis di Indonesia masih sedikit. Padahal kebutuhan tenaga fisioterapis di Indonesia sangatlah besar. Selain dibutuhkan di rumah sakit, tenaga mereka dibutuhkan di berbagai bidang termasuk bidang olahraga dan industri. Bahkan tenaga fisioterapis untuk bidang industri masih sangat minim dijumpai.

Page 11: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 11Edisi 445 | 2014

1. Promotif Mempromosikan kesehatan dan

kesejahteraan bagi individu dan masyarakat umum.

2. Preventif Pencegahan terhadap gangguan,

keterbatasan fungsi, ketidakmampuan individu yang berpotensi untuk mengalami gangguan gerak dan fungsi tubuh akibat faktor-faktor kesehatan/sosial ekonomi dan gaya hidup.

3. Kuratif dan Rehabilitatif Memberikan intervensi untuk

pemulihan integritas sistem tubuh yang diperlukan untuk pemulihan gerak, memaksimalkan fungsi, meminimalkan ketidakmampuan dan meningkatkan kualitas hidup individu dan kelompok yang mengalami gangguan gerak akibat keterbatasan fungsi dan kecacatan.

Lingkup pelayanan fisioterapi diterapkan pada empat dimensi :

Fisioterapi membantu dan mengobati orang yang mempunyai masalah fisik yang disebabkan oleh penyakit, kecelakaan ataupun penuaan. Keterampilan inti fisioterapis meliputi terapi manual, terapi latihan dan penerapan modalitas elektro-fisik. Mereka juga harus memiliki apresiasi terhadap faktor psikologis, budaya dan sosial yang mempengaruhi klien mereka.

Ada beberapa bidang kekhususan (spesialisasi) fisioterapi diantaranya muskuloskeletal, neuromuskuler, kardiopulmoner, pediatri, dan olahraga.

Pendidikan Formal Fisioterapi

Bagi Sobat yang tertarik untuk menjadi seorang fisioterapis hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah mencari pendidikan formal fisioterapi. Saat ini sudah banyak Perguruan Tinggi (PT) yang membuka jurusan Fisioterapi. Untuk jenjang pendidikan diploma 3, jurusan fisioterapis kini sudah banyak tersedia di PT yang kebanyakan tersebar di pulau Sumatera dan Jawa.

Untuk jenjang D4 Sobat bisa mendaftar di STIKES Binawan Jakarta Timur, Poltekkes Surakarta, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadyah Surakarta, dan Poltekkes Makassar. Untuk Sobat yang mau melanjutkan di jenjang S1 jurusan Fisioterapi bisa mendaftar di Fakultas Fisioterapi Universitas Esa Unggul Jakarta, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadyah Surakarta, Jurusan Fisioterapi STIKES Aisiyah Yogyakarta, Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia Jakarta, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar (Bali), Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makasar (Sulawesi Selatan), dan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (DIY).

Setelah lulus pendidikan formal, hal yang harus Sobat lakukan berikutnya adalah lulus uji kompetensi. Uji kompetensi diperlukan unjuk memperoleh ijin melakukan praktek fisioterapi. Untuk keterangan lebih lanjut Sobat bisa menghubungi Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) terdekat. ***

Mathias IboFisioterapis Timnas Sepakbola Indonesia.

Page 12: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

INFO SAHABAT

CTK. 1.85/MMM-MR/201412 Edisi 445 | 2014

Tidak terasa Sobat, penyelenggaraan pelatihan menulis kreatif di Cianjur

ini adalah yang ke-24 kalinya sejak pertama diselenggarakan tahun 2007 lalu... wah sudah banyak juga ya.

Berarti sudah 23 tempat yang disambangi Pos Indonesia dalam memberikan pelatihan menulis bagi remaja SMP dan SMA ini. Kalian masih ingat Sob, tempat mana saja yang pernah kami kunjungi? Ya benar diantaranya Kota Bandung, Cimahi, Cianjur, Jakarta, Bogor, Purwakarta, Subang, Banjaran, Cirebon, Garut,

KE - 24 DI SMAN 1 CIANJUR

Akhir Januari lalu, Pos Indonesia bersama Tim Sahabat Pena kembali menggelar pelatihan Creative

Writing (Menulis Kreatif) bagi

siswa SMA. Kali ini diselenggarakan di

SMAN 1 Cianjur.

Tasikmalaya, Indramayu, Madiun, Ciamis, Surabaya, Lampung, Yogyakarta dan Bali.

Wah seru juga Sob, Sahabat Pena sudah bertemu, bersilaturahmi dan berbagi ilmu menulis dengan teman-teman di kota-kota yang sudah kita datangi itu. Respon mereka selalu baik dan hampir semua merasa sangat beruntung dikunjungi Pos Indonesia bersama majalah Sahabat Penanya. Karena bukan hanya sekedar berkunjung tapi memberikan ilmu menulis yang sangat berharga buat bekal mereka.

SMAN 1 Cianjur sebagai Tuan Rumah

Seperti juga pelatihan Creative Writing sebelumnya, pelatihan yang diselenggarakan di SMAN 1 Cianjur juga berlangsung tiga hari mulai dari tanggal 28 sampai dengan 30 Januari 2014. Peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari 15 sekolah. Adapun kelima belas sekolah tersebut yaitu SMAN 1 Cianjur, SMAN 2 Cianjur, SMA Pasundan 1 Cianjur, SMA Pasundan 2 Cianjur, SMA Mardi Yuana Cianjur, SMA PGRI Cianjur, SMAN 1 Cibeber, SMAN 1 Cilaku, SMAN 1 Ciranjang, SMAN 1 Mande, SMAN 1 Pacet, SMAN 1 Sukaresmi, SMA Pasundan Cikalong

Kulon, SMA Maarif Pacet, dan SMAN 1 Warungkondang.

Setiap sekolah mengirimkan masing-masing 2 siswa, dan khusus tuan rumah (SMAN 1 Cianjur) mengirimkan 32 peserta. Ups banyak sekali ya Sob, enggak apa-apa namanya juga tuan rumah punya hak istimewa hehe...

Masih sama dengan pelatihan sebelumnya, materi yang diberikan terdiri dari 6 materi, yang dimulai dengan paparan Pengenalan Pos Indonesia yang disampaikan oleh Bapak Bambang Dwi Purwanto, selaku

Vice Presiden Komunikasi Korporat PT Pos Indonesia (Persero). Kemudian dilanjut materi Pengenalan Majalah Sahabat Pena oleh Ibu Tita Puspitasari, selaku Manajer Media PT Pos Indonesia (Persero).

Setelah Pengenalan Pos Indonesia dan Majalah Sahabat Pena, pelatihan dimulai dengan materi inti yakni Pengantar Menulis Kreatif oleh Bapak Drs. Mahpudi, MT., kemudian dilanjut dengan materi yang cukup menarik dan sangat ditunggu oleh peserta yaitu Penulisan Cerpen yang dibawakan oleh Bapak M. Irfan Hidayatullah, M.Hum.

Page 13: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 13Edisi 445 | 2014

Berkunjung ke Kantorpos

Hari Terakhir Pelatihan

Di hari kedua, peserta pelatihan diajak berkunjung ke Kantorpos Cianjur 43200 yang terletak di Jalan Siti Jenab Cianjur. Kunjungan ini dimaksudkan agar seluruh peserta pelatihan dapat mengetahui dan memahami berbagai aktifitas yang terjadi di Kantorpos, mulai dari bagian depan (customer service dan loket) hingga aktifitas di bagian belakang Kantorpos. Atau lebih dikenal dengan istilah CPTD (collecting, prosessing, transporting dan delivery). Diharapkan semua peserta pelatihan dapat memahami proses CPTD yang ada di Kantorpos.

Banyak dari teman-teman peserta pelatihan yang cukup tercengang dengan aktifitas di Kantorpos saat ini. Mereka sama sekali tidak menyangka bahwa Kantorpos sekarang ini sudah

memiliki teknologi perposan yang cukup canggih dalam mengelola layanan-layanannya.

Seusai acara kunjungan rombongan kembali ke ruang pelatihan untuk mengikuti materi selanjutnya yaitu Penulisan Scenario/Script. Nah Sob, ini adalah materi yang paling menarik. Instruktur yang membawakannya Bapak Dian Sukmawan, S.Pd. Sekedar informasi saja instruktur yang satu ini adalah penulis script/scenario dari acara-acara ngetop di beberapa TV Swasta. Pastinya kalian pernah nonton dong acara Extravaganza, Sketsa, Pesantren Rock n Roll, dan satu lagi yang paling ngetop saat ini acara YKS (Yuk Keep Smile). Nah Sobat, Pak Dian Sukmawan ini adalah salah satu penulis script dari acara-acara tersebut. Sifatnya yang ceria

Di hari ketiga, materi pelatihan tak kalah seru. Sesi pertama peserta diajak berkenalan dengan dunia filateli. Materi Pengenalan Filateli juga merupakan materi yang disukai peserta pelatihan. Materi ini dipandu oleh Bapak Drs. Mahpudi, MT. Semua peserta menyimak dengan baik paparan tentang dunia perprangkoan. Sungguh sesuatu yang sangat baru bagi mereka, ternyata dari sebuah prangko berukuran mungil, bisa menyimpan informasi yang begitu berharga. Demikian pula nilai sebuah prangko bisa mencapai harga yang amat fantastik.

Seusai materi Pengenalan Filateli, dilanjut dengan materi terakhir dari pelatihan ini yaitu Penulisan Puisi. Materi yang satu ini juga cukup mendapat antusias dari para

dan kocak selalu mengundang gelak tawa peserta pelatihan. Dengan caranya Pak Dian dapat memberi wawasan pada peserta pelatihan bagaimana menulis script drama pendek ataupun film pendek. Hebatnya, teman-teman kita langsung pada bisa membuat script hanya dengan belajar sekitar 2 jam, wah TOP pokoknya...

Materi selanjutnya yaitu Penulisan Artikel yang dibawakan oleh Bapak Drs. Erwan Juhara, MM. Setelah memberikan materi, Pak Erwan selalu memberi tugas kepada para peserta untuk menuliskan pengalaman berkunjung ke Kantorpos. Wah tampak teman-teman kita dengan senang hati mencurahkan semua pengalaman dan pengamatannya selama kunjungan di Kantorpos dalam bentuk tulisan.

peserta pelatihan, terlebih yang membawakannya adalah Bapak Drs. Teddy Tardiana. Seorang penyair, seniman dan juga vokalis dari sebuah grup nasyid legendaris SNADA. Tak urung kelas menjadi hidup, penuh gelak tawa dan keceriaan dari para peserta karena cara Pak Teddy membawakan materinya sangat menyenangkan. Banyak joke yang dilontarkan Pak Teddy yang membuat kelas kian semarak. Cara penyampaian materi puisi seperti itu relatif efektif karena sebagian besar siswa merasa bahwa menulis puisi itu adalah sesuatu yang sangat mudah dan sangat menyenangkan .

Seusai materi Penulisan Puisi, berarti usai pula pelatihan yang telah berjalan selama tiga hari ini. Waduh kelihatannya para peserta masih betah

ya mengikuti pelatihan ini. Mereka seakan enggan untuk beranjak pulang.

Pelatihan ditutup secara resmi oleh Bapak Suhana, yang mewakili Kepala Kantorpos Cianjur 43200, sebelum ditutup secara resmi, panitia sempat mengumumkan 3 peserta terbaik dari pelatihan ini. Ketiga peserta itu adalah: Hilda Mega Pratiwi dari SMAN 1 Cianjur, Ratu Mutmainah Dari SMAN 1 Mande dan Pandu Pangestu dari SMAN 1 Sukaresmi. Ketiga peserta terbaik mendapat hadiah yang sangat menarik dari Pos Indonesia.

Nah Sobat, selanjutnya Pos Indonesia bersama Tim Sahabat Pena, akan berkunjung ke sekolah mana lagi ya? Kita tunggu saja di edisi depan. Siapa tahu sekolah Sobat giliran berikutnya... Semoga saja.(Nie)

Page 14: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

SAHABAT KITA

CTK. 1.85/MMM-MR/201414 Edisi 445 | 2014

S etelah itu gadis kelahiran Jakarta, 19 Desember 1994 ini berturut-turut membintangi film-film berkualitas seperti Sang Pemimpi (2006). Kala itu ia berperan sebagai gadis melayu bernama Zakiah

Nurmala sekaligus menyanyikan salah satu soundtrack-nya yang berjudul Mengejar Mimpi.

Sejak itu, pemilik nama lengkap Ayunda Faza Maudya ini mulai diperhitungkan sebagai artis belia berbakat di Indonesia. Tidak hanya akting dia juga meraih kesuksesan di dunia modeling, menjadi salah satu finalis GADIS Sampul di tahun 2009.

Masih di tahun yang sama, Maudy kian sukses setelah membintangi film drama musikal ‘Rumah Tanpa Jendela’ ditahun 2009. Dan di tahun 2011, ia menjajal aktingnya dengan pesepakbola tampan, Irfan Bachdim dan Kim Jeffrey Kurniawan dalam film ‘Tendangan dari Langit’.

Dalam tarik suara karirnya juga tak kalah gemilang. Maudy pernah merilis album yang berjudul ‘Panggil Aku’, dalam album yang berisi 10 lagu ini Maudy memasukkan salah satu lagu ciptaannya berjudul ‘Tetap Bersama’. Karir menyanyinya tidak hanya berhenti sampai di situ. Dalam film terbarunya, ‘Perahu Kertas’ yang dirilis tahun 2012 silam juga mendapuknya untuk mengisi soundtrack film dengan judul yang sama.

Oxford danSahabat Mancanegara

Dia cantik, muda ditambah karir yang gemilang. Siapa lagi kalau bukan Maudy

Ayunda, aktris bersuara merdu yang pintar memainkan alat musik ini mengawali karirnya pada tahun 2003

lewat dunia akting, di film ‘Untuk Rena’ sebagai pemeran utama.

Bukan Maudy namanya jika tak punya banyak anugerah. Selain karir keartisannya begitu sukses ia juga terbilang berhasil dalam bidang akademis. Terbukti, dara berusia 19 tahun itu lolos menjadi mahasiswi di Universitas Columbia, Amerika Serikat, dan Universitas Oxford, Inggris. Sebuah prestasi yang membanggakan.

Diakui Maudy, memang pada awalnya sang bunda melarangnya untuk kuliah di luar negeri dengan alasan Maudy masih bisa mengembangkan karirnya. “Awalnya mama memang ngga bisa kasih aku ijin, katanya tunda dulu setahun, masih banyak yang bisa aku kembangin lagi, contohnya karir,” ucapnya baru-baru ini.

Seru Dapat Teman-teman

Page 15: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 15Edisi 445 | 2014

Namun cewek yang pernah digosipkan berpacaran dengan Adipati Dolken ini memantapkan niatnya untuk kuliah di luar negeri. Akhirnya ia berani mengambil keputusan untuk memilih kampus tempatnya menimba ilmu. “Aku baru aja make decision untuk ambil Oxford itu pas seminggu setelah dapat pengumuman lolosnya,” rincinya.

Alasan pemeran Kugy di film ‘Perahu Kertas’ ini memilih Oxford karena peringkat akdemis dan lokasinya yang strategis. Menurut Maudy, majalah Time pernah menobatkan Oxford sebagai universitas terbaik ke dua dunia. Selain itu Oxford juga terkenal soal politik dan filsafat seperti jurusan yang diambilnya yaitu Philosophy, Politics, dan Economic.

“Oxford bagus banget. Mereka juga well-known, khususnya di bidang politik sama filosofi dan aku keterima di jurusan itu.Sudah mimpi dari dulu, aku beruntung banget. Sayang kalau nggak aku ambil,” imbuhnya.

Lebih rinci dituturkan, sistem belajar di Oxford ternyata tak seperti kuliah pada umumnya di Indonesia. “Awal masuk kuliah harus menjalani masa ‘Matriculation’ sebagai pengantar sebelum benar-benar memasuki kurikulum kuliahnya,” kisah Maudy.

“Terus lucunya tuh di sana belajarnya kayak lagi les privat. Kelas kita benar-benar kecil, jadi cuma 3 atau 4 orang, cuma gurunya, profesornya, dan 2 murid. Jadi cepet paham juga,” tambahnya soal sitem belajar mengajar di Oxford.

Konsep perkuliahannya, lanjut Maudy pun penuh dengan essay dan lebih mengutamakan penilaian lewat sesi diskusi di kelas. “Jadi di kelas itu bener-bener bahas essay bersama professor. Kita harus memberikan argumen, kalau nggak essay kita bisa dianggap failed,” ucapnya.

Meski begitu, Maudy tetap betah dan begitu menikmati setiap sesi kuliahnya. Punya teman-teman yang memiliki latar belakang suku, agama, dan negara yang berbeda, menambah keunikan tersendiri, membuatnya kian nyaman. “Seru aja dapat teman-teman yang berbeda-beda dan punya kebiasaan unik,” ceplosnya.

Bukan masalah akademik dan sosial yang menjadi kendala tinggal di negeri orang. Makanan, ya urusan lidah tak pernah bisa dibohongi. Ia mengisahkan masa-masa sulitnya satu bulan pertama di Inggris. “Belum sebulan udah kangen banget sama masakan Indonesia. Terus nggak lama, ada sodara aku datang bawain masakan Indonesia, seneng banget. Aku ini asli Indonesia lho,” selorohnya.

“Cari makanan yang sesuai lidah orang Indonesia memang susah di sini, Kalau sarapan aku biasa di coffee shop, apa lagi kalau coffe shop-nya punya sejarah udah enak aja deh,” beber Maudy soal kebiasaan makan.

Maudy kian semangat bercerita, apalagi saat ia merayakan Valentine tahun ini. Maudy mengaku Valentine tahun ini lebih berkesan dari tahun-tahun sebelumnya, karena merayakannya di Inggris.

Biasanya, tutur Maudy, di Jakarta ia selalu merayakan dengan makan malam dan nonton film romantis bersama teman-teman terdekatnya. Berbeda di negeri Ratu Elizabeth yang punya beberapa kebiasaan unik. Salah satunya pesta kostum yang sudah jadi tradisi di Oxford.

“Biasanya sih kalau sama temen-temen di Jakarta paling makan malam dan nonton film romantis bareng. Di Inggris Valentine-nya sama kayak di Indonesia kasih bunga dan coklat juga, tapi ada yang unik, disini suka bikin pesta kostum,” kisahnya seru.

Valentine di Oxford

Ditanya soal kekasih, Maudy hanya tersenyum. Ia mengaku sedang fokus mengejar masa studinya di Oxford selama tiga tahun. Harapannya, ia dapat lulus tepat waktu dan tidak ketinggalan dengan teman-temannya di Mentari International High School, Jakarta yang sudah mulai kuliah lebih dulu setahun darinya. “Aku fokus ngejar studi dulu biar bisa lulus bareng-bareng sama temen SMA aku,” tutur Maudy.

Beneran fokus atau takut dimarahi sama orangtua nih, kalau kepergok pacaran? Ia menegaskan. tak pernah ada larangan untuk pacaran dari orangtua. “Boleh pacaran, nggak dilarang. Jangan sampe gak pernah pacaran juga,” tandasnya menutup pembicaraan.***

Page 16: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

ALBUM SAHABAT

CTK. 1.85/MMM-MR/201416 Edisi 445 | 2014

KELOMPOK PEMBACASobat, Pelatihan Creative Writing untuk daerah Cianjur - Jawa Barat, telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cianjur pada 28 - 30 Januari 2014. Berikut ini biodata peserta pelatihan yang juga merupakan kelompok Pembaca Sahabat Pena Cianjur.

Nama : Hilda Mega PratiwiTTL : Cianjur, 29 November 1996Alamat : Jl. KH Saleh No. 50 RT 03/RW 03 Kp. Leles

Desa Sukamanah Kec. Karangtengah Kab. Cianjur 43281

Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Membaca buku, wisata kuliner, bersepeda,

menjelajahi internetCita-cita : Dokter/AkuntanKesan : Pelatihan ini menambah wawasan dan pengalaman saya,

terutama dalam mengenal Pos lebih jauh, menulis cerpen, artikel, script, puisi, dan belajar filateli. Alhamdulillah bisa mengikuti kegiatan langka dan luar biasa ini dari awal hingga akhir :D

Pesan : Pesan untuk saya dan juga peserta lain, agar apa pun yang kita dapat di pelatihan ini untuk selalu diamalkan kepada para pelajar lain agar tidak terhenti begitu saja. Congrats for the participants. Be a success writer! Semangat juga Pos Indonesia ^_^

Nama : Ratu MutmainnahTTL : Cianjur, 08 November 1996Alamat : Jl. Gunteng Kp. Ciroyom RT 01/RW 08 Desa Bojong

Kec. Karang Tengah Cianjur 43281 Sekolah : SMA Negeri 1 MandeHobi : Membaca buku, mendengarkan musik, nyanyiCita-cita : Dokter atau bidanKesan : Acara ini sangat menarik, membuat saya menjadi lebih

senang menulis dan memberikan banyak motivasi.Pesan : Sepertinya akan lebih menarik jika lebih banyak pesertanya.

Nama : Pandu PangestuTTL : Jakarta, 15 Oktober 1996Alamat : Kp. Babakan Girang RT 03/RW 02 Desa Pakuon

Kec. Sukaresmi Kab. Cianjur 43254Sekolah : SMA Negeri 1 SukaresmiHobi : Sepakbola dan olahraga lainnya, menulisCita-cita : Pesepakbola Profesional dan penulisKesan : Kegiatan ini sangat positif untuk para pelajar, disini

kita di beri ilmu tentang bagaimana cara menulis kreatif, menulis itu menyenangkan.

Pesan : Kalau bisa kegiatan ini terus berlangung ke setiap sekolah.

Page 17: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 17Edisi 445 | 2014

Nama : Adinda Gita Rahmalia PuteriTTL : Cianjur, 16 Mei 1998Alamat : Jl. Gunteng Gg. Delima No. 34 RT 01/RW 10

Cianjur Jawa Barat 43216Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : MembacaCita-cita : JurnalisKesan : Menambah pengetahuan tentang menulis, memberi

pengalaman, memberi gambaran tentang cara baik menulis, menambah teman.

Pesan : Waktu lebih di minimalisir.

Nama : Wida Rahma Fauzia SambasTTL : Cianjur, 17 Februari 1997Alamat : Kp. Harjalaksana RT 09/RW 01 Desa Neglasari Kec.

Bojongpicung Kab. Cianjur 43283Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Othello, membacaCita-cita : Wartawan, penulisKesan : Alhamdulillah, di acara Creative Writing saya bisa

bertemu dengan orang-orang/pembicara yang hebat, juga bertemu teman-teman baru. Acaranya sangat membantu saya dalam menulis.

Pesan : Semoga acara ini diselenggarakan di seluruh kota di Indonesia. Penulis “YES” Creative “SUKSES”

Nama : SarinahTTL : Cianjur, 11 September 1996Alamat : Jl. KH Opo Mustopa No. 15 Kp. Kandang Sapi RT

03/RW 02 Kec. Karang Tengah CianjurSekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : MembacaCita-cita : AkuntanKesan : Acara ini sangat luar biasa, banyak memberikan ilmu

terutama dalam bidang sastraPesan : Tetap semangat ^,^

Nama : Diana Sri SuryaniTTL : Cianjur, 03 Agustus 1998Alamat : BTN Bumi Emas Blok E2 No. 20 Cilaku Cianjur

43285Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Membaca, menulisCita-cita : DosenKesan : Alhamdulillah luar biasa acaranya. Menambah

wawasan tentang dunia tulis menulis dan saya jadi punya persiapan lebih untuk FLSZN nanti.

Pesan : Lanjutkan program ini Pos Indonesia, karena ini acara yang benar-benar kreatif dan mendidik. Dan kalau bisa semua sekolah di Indonesia di kunjungi untuk program ini. Move on Pos Indonesia!

Nama : Santi MuhriantiTTL : Cianjur, 22 Maret 1998Alamat : Kp. Bojongkoneng No. 10 RT 01/RW 03 Desa

Cikaroya Kec. Warungkondang Kab. Cianjur 43261Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Menonton film, membaca novel/buku fantasiCita-cita : Psikolog, editor, penulisKesan : Sangat banyak mendapat pelajaran yang berharga,

pengalaman tak terlupakan, ilmu yang dapat di bagi, dan motivasi pembangun diri.

Pesan : Tetap terus selenggarakan acara yang dapat membuat penulis Indonesia menjadi penulis berkualitas.

Nama : Nurul RahmiTTL : Cianjur, 19 November 1997Alamat : Jl. Prof. Moch. Yamien Gg. Warga No. 1268 B

Cianjur 42312Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Menulis, membaca, nonton filmCita-cita : Penulis/perawat/astrada, jurnalis Kesan : Mengikuti pelatihan Creative Writing sangat

menyenangkan. Selain itu, narasumbernya hebat dan ilmunya sangat berguna.

Pesan : Terus adakan Creative Writing di tiap sekolah.

Nama : Euis MelaniTTL : Cianjur, 22 Mei 1996Alamat : Kp. Cilenjang RT 01/RW 02 Desa Sindangsari

Kecamatan Cilaku Kabupaten CianjurSekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : MembacaCita-cita : AkuntanKesan : Seru banget, dari tidak tahu menjadi tahu, pokoknya

luar biasa!Pesan : Semoga sukses Creative Writing

Nama : Fatya Nurul AiniTTL : Cianjur, 20 Agustus 1997Alamat : Jl. Raya Andir II No. 166 RT 01/RW 09 Ciranjang

Cianjur 43282Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Baca novelCita-cita : Dokter gigiKesan : Saya sangat senang sekali karena acara ini sangat

bagus, dan di sini saya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat serta sangat berkesan.

Pesan : Terus adakan acara ini dan semoga di SMAN 1 Cianjur ada lagi

Nama : Rianti Sri AndaniTTL : Cianjur, 12 September 1998Alamat : Kompleks SMPN 2 Cianjur Babakan Tasik Cianjur

Jawa Barat 43212Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Menggambar, menulis puisi, belajar bahasa asingCita-cita : Penulis, pelukis, PNS, penyanyi, musikusKesan : Acara yang sangat mengesankan, memotivasi

sekaligus mendidik.Pesan : Pelatihan lebih enjoy, mungkin break diantara acara dapat

dilakukan.

Nama : Nida FitriaTTL : Cianjur, 12 Januari 1997Alamat : Perumahan Rancabali No. 84 Cianjur RT 02/RW 04

Kelurahan Muka Kecamatan Cianjur 43215Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Menulis puisi, menulis lirik lagu, baca novelCita-cita : Penulis film dan penulis novel berkualitasKesan : Pelatihan ini membuat wawasan bertambah tentang

menulis. Saya jadi ingin lebih mendalami tentang cara membuat tulisan yang bermutu bagi bangsa.

Pesan : Kalau bisa materinya ditambah dengan menulis novel dan pematerinya Raditya Dika, serta jangan 3 besar yang dipilih tapi 10 besar siswa terbaik.

Page 18: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/201418 Edisi 445 | 2014

Nama : Virgindary RachmaTTL : Cianjur, 18 april 1996Alamat : Jl. Didiprawira Kusuma No. 799 RT 03/RW 15 kel.

Solokpandan Kec. Cianjur Kab. CianjurSekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Menari, menyanyi, menulis cerpen dan puisiCita-cita : Guru/Duta besarKesan : Menyenangkan, sangat bermanfaat, sangat menarik.Pesan : Dibuat lebih banyak pesertanya, tapi untuk keseluruhan luar biasa

menurutku. Sangat seimbang antara serius dan lucunya.

Nama : Ulfah NurfadilahTTL : Cianjur, 9 Maret 1997Alamat : Kp. Babakan Sari RT 02/RW 10 Kel. Sawah Gede

Kec. Cianjur Kab. CianjurSekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Menulis, menggambar, E-Network, mendesainCita-cita : Animator, penulis, programmer, arsitek, guruKesan : Sangat bermanfaat dan juga sangat memotivasi untuk

menulis dan menjadi penulis.Pesan : Jangan berhenti menulis, karena dengan berhenti menulis berarti

berhenti mengukir sejarah.

Nama : Ruly RahmawatiTTL : Cianjur, 31 Agustus 1997Alamat : Kp. Gombong Kaler RT 04/RW 07 Ds. Mekar Sari

Kec/Kab CianjurSekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : BersepedaCita-cita : Sosiolog, ReporterKesan : Sangat menyenangkan dapat bertemu pemateri-

pemateri yang sudah hebat dalam bidangnya. Menambah wawasan saya dalam bidang menulis.

Pesan : Jangan sampai kesan-kesan baik yang sudah kita timbulkan pada acara pelatihan ini hilang begitu saja ketika acara ini sudah selesai.

Nama : Fathya Dinna Noor SyariefTTL : Medan, 27 mei 1998Alamat : BTN Sabandar Permai RT 03/RW 11 Desa

Sabandar Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat 43281

Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Membaca, menulis, bersepedaCita-cita : Reporter, penulis, editor, pengusahaKesan : Pengalaman yang menarik, menambah wawasan, dan

memotivasi agar rajin menulis.Pesan : Semakin sering dan terus menyelenggarakan acara kreatif seperti

ini dan melahirkan bibit-bibit penulis kreatif di masa depan.

Nama : Nadiya Laila RohmahTTL : Cianjur, 26 Januari 1997Alamat : Graha Pratama Blok I No. 17A RT 03/RW 16

Sirnagalih – Cilaku – CianjurSekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : MemasakCita-cita : ManagerKesan : Senang sekali bisa mengikuti pelatihan Creative

Writing. Disini saya bisa mendapatkan wawasan tentang pentingnya menulis dan cara mengirim surat di Kantorpos. Pokoknya ga bakal nyesel ikut pelatihan ini dan narasumbernya hebat-hebat dan rame-rame.

Pesan : Terus adakan pelatihan ini, karena pelatihan ini membuat generasi muda lebih semangat untuk menulis.

Nama : Gina Sahla ArozakTTL : Brebes, 29 Mei 1998Alamat : Kp. Surupan Ds. Sukasarana Kec. Karangtengah

Kab. Cianjur 43212Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Membaca, Berenang, berjelajahCita-cita : Pramugari, Fashion DesignerKesan : Saya sangat senang mengikuti acara ini. Acara yang

luar biasa! Dengan adanya acara ini, saya menjadi lebih termotivasi untuk menulis.

Pesan : Acara Creative Writing ini lebih banyak lagi dan melahirkan penulis kreatif yang baik.

Nama : Hasna Fauzia WidyaniTTL : Bandung, 1 April 1997Alamat : Jl. Siliwangi No. 108 RT 01/RW 02 Kel. Sawah

Gede Kec. Cianjur 43212Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Bersosial MediaCita-cita : DokterKesan : Sangat menarik, memotivasi untuk menjadi penulis yang

hebatPesan : Kalau bisa tahun depan diadakan lagi dan lebih menarik lagi.

Nama : Galih Rasyidi Suharman AdijayaTTL : Cianjur, 26 Juni 1997Alamat : Jl. Siliwangi Gang Laksana 2 No. 08 RT 01 RW 16

Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur 43213Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Membaca Koran, bermain catur, mendengarkan

musikCita-cita : Ketua MPR, Apoteker, Penulis BukuKesan : Sangat menambah wawasan, saya ingin lenih tahu tentang

Pos, prangko, dan bawaannya mau berkreatifPesan : Semoga dengan acara ini makin banyak karya dari penulis muda

Cianjur

Nama : Zulfikar AlamsyahTTL : Cianjur, 11 Agustus 1998Alamat : Kp. Warung Jambu RT 01/RW 08 Kec.

Karangtengah Desa Hegarmanah Kab. CianjurSekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Menyanyi, menulis, menonton filmCita-cita : Penulis, dosen, dan penyanyi hebatKesan : Mengikuti acara ini sungguh sangat berkesan.

Apalagi saat kunjungan ke Kantorpos. Dengan mengikuti acara ini saya makin tertarik untuk menjadi penulis.

Pesan : Untuk Pos Indonesia makin maju dan terus adakan program-program edukasi. Untuk teman-teman seperjuangan semoga menjadi penulis-penulis hebat di masa yang akan datang.

Nama : Hesty NoviantiTTL : Cianjur, 07 Januari 1999Alamat : Jl. Raya Bandung Kp. Sabandar Hilir RT 04/RW 06

Cianjur 43281Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Menggambar, menulis dan nontonCita-cita : Pengusaha, penulis, dan pelukisKesan : Setelah mengikuti pelatihan saya menjadi bersemangat

membuat karya tulis.Pesan : Untuk Pos Indonesia semakin sukses dan semakin dekat dengan

masyarakat.

Page 19: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 19Edisi 445 | 2014

Nama : Muhamad DidihTTL : Cianjur, 12 Juli 1996Alamat : Kp. Pabuaran Ds, Kademangan Kec. Mande Kab.

CianjurSekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Membaca dan menari tradisionalCita-cita : DiplomatKesan : Menyenangkan, instrukturnya komunikatif dan materinya

menarikPesan : Semoga acara serupa dapat berkesinambungan

Nama : Ira OktavianiTTL : Bandung, 06 Oktober 1997Alamat : Pesona Cianjur Indah blok N1 No. 2Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Mendengarkan musikCita-cita : Dokter hewanKesan : Asik, rame, banyak yang aku peroleh dari pelatihan ini.

Jadi minat untuk jadi penulis naskah/script.Pesan : Lain kali pelatihnya yang rame dan asik kaya kang Uuk.

Nama : Nadya Elma PuspayaniTTL : Cianjur, 30 Desember 1997Alamat : Kp. Kandangsapi RT 05/RW 06 Desa Sindangasih

Kec. Karangtengah Cianjur 43281Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Membaca, main musik, menyanyi, travelling,

berenangCita-cita : Penyanyi, penulis, pianis di orkestra, ahli bahasa

Inggris, komposerKesan : Kurang lama pelatihannya. Seru! Menambah ilmu dan

mempermudah akses untuk menjadi penulis.Pesan : Pelatihan diadakan lebih lama. Lebih sering ke smansa ya!

Nama : Fadil RamadhanTTL : Jakarta, 23 Januari 1998Alamat : Jl. IR. H. Juanda KM 3 Kp. Legok Permai Desa

Sukamanah Kecamatan Cugenang Cianjur Jawa Barat 43252

Sekolah : SMA Negeri 2 CianjurHobi : Mendengarkan musik, membaca Cita-cita : Ahli Hukum, PengacaraKesan : Menambah wawasan, pengetahuan, dan teman baru.

Kebanggaan bertemu penulis dan pemateri terkemuka.Pesan : Tetap kembangkan kegiatan seperti ini untuk menarik minat dan

bakat penulis muda Indonesia.

Nama : Pipit MaspitahTTL : Cianjur, 07 Januari 1996Alamat : Kp. B Pakalongan RT 02/RW 04 Desa Padaluyu

Kec. Cugenang Kab. CianjurSekolah : SMA PGRI CianjurHobi : MenulisCita-cita : PsikologKesan : Saat bertemu dengan para penulis, banyak banget

menginspirasi, tahu apa arti menulis. Jadi tertarik untuk menjadi seorang penulis dan menginspirasi banyak orang

Pesan : Diadakan di tiap sekolah dong! Karena banyak anak-anak yang tidak tahu akan potensinya sendiri, kalau ada yang menginspirasi jadi banyak yang termotivasi.

Nama : Anggit Tresna RengganisTTL : Cianjur, 02 September 1997Alamat : Gg. Arjuna No. 2 Jl. Cibeber Desa Sirnagalih

Kecamatan Cilaku Kabuaten CianjurSekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Berhitung, ngulik rumus kehidupan, photographyCita-cita : Dokter Nuklir, Arsitek lulusan S1 ITBKesan : Senang, karena sekarang saya dapat menghargai

betapa sulitnya mengirim surat, dan apa yang saya harus benahi di dalam majalah sekolah saya, pada saat saya melihat majalah Sahabat Pena.

Pesan : Diharapkan pengajar lebih dapat bersosialisasi dengan yang duduk di belakang dan tidak membatasi suatu pertanyaan, karena itu membatasi cara berpikir seorang murid.

Nama : Hemashella PermataTTL : Cianjur, 01 Desember 1996Alamat : Jl. Didi prawira kusumah No.. 17 Desa Solok

Pandan Kabupaten Cianjur Jawa Barat 43218Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Baca novel, nonton film, travellingCita-cita : PengusahaKesan : Saya sangat senang sekali mengikuti pelatihan

Creative Writing ini. Menambah wawasan dalam hal menulis. Dengan acara ini saya mengerti tentang mengenai artikel, puisi, dll. Selain itu juga disini saya mendapatkan hal baru dan teman-teman baru

Pesan : Semoga acara pelatihan Creative Writing ini di adakan lagi di Cianjur.

Nama : Dinni Rahma WiyantiTTL : Cianjur, 06 Juli 1997Alamat : Jl. Raya Sukabumi Gg. Salagedang 1 No. 14

Cianjur 43251Sekolah : SMA Negeri 1 CianjurHobi : Baca novel, denger musik, nontonCita-cita : DokterKesan : Rame, seru, kadang membosankan tapi selebihnya asik.

Apalagi saat buat script, itu jadi pengalaman buat aku.Pesan : Lain kali pelatihnya yang rame dan asik seperti kang Uuk.

Nama : Nadhifa Aulia ArnesyaTTL : Cianjur, 17 November 1999Alamat : Belka Residence blok B4 No. 5 Jalan Binawan XI

Cianjur, Jawa Barat 43212Sekolah : SMA Negeri 2 CianjurHobi : Membaca fanfiction/novel, mendengarkan musikCita-cita : Dokter bedah saraf, penulisKesan : Menyenangkan, menambah banyak wawasan tentang apa

itu menulis dan juga menjadi ajang untuk para penulis berinteraksi.

Nama : Resti HastutiTTL : Cianjur, 13 November 1997Alamat : Kp. Cikukulu Jl. Gatot Mangkupraja Desa Nagrak

Kec. Cianjur Kab. Cianjur 43251Sekolah : SMA PGRI CianjurHobi : Membaca dan menulisCita-cita : Pengarang, SenimanKesan : Ketika canda dan tawa mengisi hari-hari. Dan ketika

kesedihan yang selalu membangkitkan diriku.Pesan : Jadilah seseorang yang selalu memiliki semangat juang dalam

hidup, sebab orang yang sukses ialah orang yang bersemangat mencapai suatu ilmu.

Page 20: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/201420 Edisi 445 | 2014

Nama : Dewi SusilawatiTTL : Cianjur, 25 Desember 1998Alamat : Kp. Cinawala Desa Padajaya Kec. Cikalongkulon

Kab. Cianjur 43291Sekolah : SMA Pasundan CikalongkulonHobi : Nonton televisi, baca buku cerita tapi kadang-

kadangCita-cita : GuruKesan : Menjadi pengalaman dan lebih tau lagi hal-hal yang

belum saya ketahui sebelumnya dan memberikan begitu manfaat dan semangat bagi kita khususnya bagi saya.

Pesan : Jangan sia-siakan kesempatan ini belum tentu kesempatan yang kedua datang. Terimakasih Pos Indonesia telah menyelenggarakan program ini

Nama : Sri Logamawati Bayu SubektiTTL : Cirebon, 07 November 1996Alamat : Jl. Prof. Moch. Yamien Gg. Warga RT 02/RW 06

Kel./Desa Sayang Kec. Cianjur Kab. Cianjur 43213Sekolah : SMA Pasundan 2 CianjurHobi : Menulis, kuliner, membaca, menjahili orang,

fotografi, pendengarCita-cita : Hakim, psikolog, penulis, perwira AU, desain interiorKesan : Banyak sekali, namun yang paling berkesan adalah

menulis itu mudah. Kelas ini sangat berarti bagi penulis awal seperti saya.

Pesan : Berimajinasilah selama itu positif. 1. Menulis… 2. Menulis… 3. Menulis… Perfect, Obivious, Statecraft.

Nama : Siti Ania AhuriTTL : Cianjur, 05 Agustus 1998Alamat : Kp. Babakan Hilir RT/RW 02/05Sekolah : SMA Negeri 1 SukaresmiHobi : MenulisCita-cita : Dokter/PenulisKesan : Tiada hari tanpa kesan yang menurutku itu menarik

atau tidak. Ketika belajar membuat suatu karya yaitu puisi.

Pesan : Jangan melalaikan shalat. Harus menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Sukses.

Nama : Hudaefatul AzizTTL : Cianjur, 11 Maret 1996Alamat : Bolang Desa Girimukti RT 02/RW 05 Kec.

Campaka Kab. Cianjur 43262Sekolah : SMA Negeri 1 CibeberHobi : Olahraga, penelitian alamCita-cita : DokterKesan : Pengalaman yang tidak terlupakan, yang membuka

ilham saya, bahwasanya menulis itu sangat penting. Dari pelatihan ini banyak sekali hal yang bermanfaat.

Pesan : Terus berlanjut acaranya, semoga acara ini dapat bermanfaat buat orang banyak dan tak pernah mengenal lelah menjadikan anak bangsa berkreasi dan berprestasi. Salam semangat!!!

Nama : Ulfa Siti NurjanahTTL : Cianjur, 06 April 1997Alamat : Kp. Tajurhalang RT 01 RW/06 Desa Sindanglaka

Kec. Karang Tengah Kab. Cianjur 43281Sekolah : SMA Negeri 1 Cilaku CianjurHobi : MenulisCita-cita : Menjadi guru pendidikan luar biasa dan penulisKesan : Sangat menyenangkan dan ilmunya sangat dibutuhkan

oleh saya. Terimakasih semoga acara seperti ini di adakan lagi dan saya ikut kembali

Nama : Resti PebriantiTTL : Cianjur, 09 Februari 1998Alamat : Kp. Ngantay RT/RW 16/04 Ds. Lembahsari Kec.

Cikalongkulon Cianjur 43291Sekolah : SMA Pasundan CikalongkulonHobi : MenyanyiCita-cita : PolwanKesan : Seru, banyak motivasi yang bisa kita ambil untuk

menjadi orang yang hebat kedepannya dan kita lebih berkreatif lagi di bidang apapun serta menambah teman.

Pesan : Lebih banyak lagi anak-anak yang di undang supaya anak-anak menjadi seorang penulis yang lebih hebat lagi. OK.

Nama : Yayang Reni HeryaniTTL : Cianjur, 5 Juli 1997Alamat : Kp. Garogol No. 50 RT 004/RW 003 Desa

Cibulakan Kec. Cugenang Kab. Cianjur 43252Sekolah : SMA Pasundan 2 CianjurHobi : Membaca, bikin orang ketawa, menulisCita-cita : Dokter, pramugari, penulisKesan : Banyak sekali pengalaman dan ilmu menulis yang

saya dapatkan selama mengikuti Pelatihan Creative Writing.

Pesan : Semoga ada kegiatan Pelatihan Creative Writing lagi setelah ini. Semoga juga di selenggarakannya di Cianjur supaya bisa ikutan lagi.

Nama : Tian Jaya PermanaTTL : Cianjur, 01 Desember 1997Alamat : Kp. Cibiuk RT/RW 02/11 Desa Cibiuk. Kecamatan

Ciranjang Kab. Cianjur 43282Sekolah : SMA Negeri 1 MandeHobi : Mendengarkan Musik, membacaCita-cita : Sutradara, PenulisKesan : Menyenangkan, dengan waktu 3 hari mendapatkan

banyak manfaat dari pelatihan Creative Writing. Juga sebagai motivasi saya untuk lebih baik dalam hal menulis. Penulis yes!!! Kreatif sukses!!!

Pesan : Menulislah maka akan dikenang sebelum ditulis dalam batu nisan.

Nama : Ai Rika MulyatiTTL : Cianjur, 30 Mei 1997Alamat : Kp. Sindang RT 03/RW 06 Desa Sukanagalih Kec.

Pacet 43254Sekolah : SMA Negeri 1 SukaresmiHobi : Jalan-jalan (shopping) dan membaca bukuCita-cita : DokterKesan : Menambah wawasan, menarik, dan mendorong diri

untuk mengekspresikan diri ke dalam tulisanPesan : Sukses dan selalu rutin adakan acara pelatihan ini supaya terus

tumbuh generasi penulis berguna dan sukses!

Nama : Lugita NurhajarTTL : Cianjur, 28 Februari 1997Alamat : Kp. Pasir Kalapa Desa Peuteuy Condong

Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur RT/RW 04/06 43262

Sekolah : SMA Negeri 1 CibeberHobi : Meneliti dan menyanyiCita-cita : Menteri Luar NegeriKesan : Saat tahu pentingnya menulis.Pesan : Dengan menulis kita dapat dikenang, dengan menulis kita tidak

akan mudah lupa, dengan menulis kita bisa menemukan jati diri kita, dan dengan menulis pula kita bisa berkarya. “Yang Muda! Yang Berkarya!”

Page 21: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 21Edisi 445 | 2014

Nama : Rida PratiwiTTL : Cianjur, 02 Desember 1997Alamat : Kp. PS Peusing Desa Nanggala Mekar Kec.

Ciranjang 43282Sekolah : SMA Negeri 1 CiranjangHobi : Menulis dan travellingCita-cita : Guru dan fotograferKesan : Sangat memberikan informasi.Pesan : Hendaknya continue diadakannya pelatihan ini.

Nama : Hilda NurjanahTTL : Cianjur, 30 Agustus 1996Alamat : Jl. Prof. Moch. Yamien Gg. At-Taufiq II No. 730 RT/

RW 001/002 Kel. Sayang Kec. Cianjur Kab. Cianjur 43213

Sekolah : SMA Pasundan 1 CianjurHobi : Renang, lariCita-cita : PenulisKesan : Seru, menambah pengalaman tentang menulis kreatif.Pesan : Lebih maju lagi.

Nama : Frans SutaraTTL : Sukabumi, 15 Juli 1997Alamat : Jln. K.H. Asnawi No. 14 B CianjurSekolah : SMA Mardi Yuana CianjurHobi : Menyanyi, menulis, dengar laguCita-cita : Penyanyi, model, aktorKesan : Pengalaman yang luar biasa.Pesan : Lebih ditambah gamesnya biar tidak jenuh.

Nama : Muhammad HadadTTL : Cianjur, 01 November 1997Alamat : BTN Griya Maleber Indah blok B10 No. 4 Kec.

Karangtengah Kab. CianjurSekolah : SMA Al-Azhary CianjurHobi : Membaca dan bermain gameCita-cita : DosenKesan : Senang sekali karena bisa menambah ilmu dalam

menulis serta bertemu dengan orang-orang luar biasa seperti kang Uuk.

Pesan : Semoga acara ini tahun depan diadakan lagi di Cianjur. Namun tempatnya jangan di sekolah karena membuat yang lain sedikit malu.

Nama : Riki M FauziTTL : Cianjur, 15 Februari 1997Alamat : Kp. Pacet RT/RW 01/06 Desa. Cipendawa Kec.

Pacet Cianjur 43253Sekolah : SMA Ma’arif PacetHobi : Membaca komik, novel, dan cerpenCita-cita : Ingin menjadi seorang guru matematikaKesan : Sangat bangga sekali mengikuti pelatihan ini. Mengapa

harus 3 hari? Padahal pelatihan ini sangat bermanfaat. Saya sangat berterimakasih dengan pelatihan ini. Banyak pengalaman, teman baru, ilmu tambahan dan masih banyak lagi.

Pesan : Mudah-mudahan pelatihan ini terus dilaksanakan walaupun 1 kali di daerah. Semoga menjadi sarana pembelajaran yang bermanfaat bagi siapa saja, bukan hanya pelajar dan guru pembimbing, melainkan kepada masyarakat.

Nama : Juanita SafitriTTL : Cianjur, 07 Juni 1998Alamat : Jl. Arif Rahman Hakim No. 56 RT/RW 04/07 Desa

Muka Kel. Muka Kec. CianjurSekolah : SMA Negeri 1 Cilaku CianjurHobi : MenulisCita-cita : Menjadi seorang NovelistKesan : Dengan adanya acara ini, menjadikan kebanggaan

bagi saya dapat belajar menulis kreatif dan lebih tahu ilmu tentang jurnal.

Pesan : Datang lagi ke Cianjur ya, dan mengadakan acara yang sama.

Nama : Tuti AgustinTTL : Cianjur, 02 Agustus 1996Alamat : Kp. Cibogo 03 RT 01/RW 06 Desa MekarGalih

Kec. Ciranjang Kab. Cianjur 43282Sekolah : SMA Negeri 1 CiranjangHobi : Membaca bukuCita-cita : IlmuwanKesan : Pelatihan ini benar-benar menginspirasi.Pesan : Sebaiknya pelatihan ini dilaksanakan secara berkesinambungan.

Nama : Sarah Tri NuraniTTL : Cianjur, 24 November 1997Alamat : Jl. Didiprawira kusumah Kp. Baru CianjurSekolah : SMA Pasundan 1 CianjurHobi : Olagraga, beladiriCita-cita : FotograferKesan : Menyenangkan, bisa lebih mengetahui tentang

menulis kreatif.Pesan : Bisa mengadakan pelatihan Creative Writing lagi di sekolah

lainnya.

Nama : Alicia AndrianaTTL : California, 23 September 1996Alamat : Villa Bukit Cipendawa B2-19 CipanasSekolah : SMA Mardi Yuana CianjurHobi : Menggambar, menyanyi, membacaCita-cita : Arsitek, Interior DesignerKesan : Berkesan banget, bisa memotivasi saya buat menulis

dan berkaryaPesan : Adakan lagi ya acara seperti ini ^^

Nama : Yudi FirmansyahTTL : Cianjur, 06 Oktober 1996Alamat : Kp. Sukadingin RT 01/RW 011 Cimacan Ds.

Palasari Kec. Cipanas Kab. Cianjur Jawa Barat Indonesia 43253

Sekolah : SMA Negeri 1 PacetHobi : Menulis, membaca, dan berkomunikasiCita-cita : Guru bahasa dan sastra Indonesia, pujangga dan

penulisKesan : Menulis dan membaca membuat hidup berkesan luas dan berharga.

Dengan menulis kita berbudaya saat ini dan juga bersejarah di masa yang akan datang. Di situlah cerminan hidup berbahasa.

Pesan : Tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih buruk. Karena aku adalah saya, dan saya adalah aku bersama nafas mengepal dunia selama nadi dalam jiwa berirama dengan nyaring dan berkeseimbangan.

Page 22: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

TRIBUN

CTK. 1.85/MMM-MR/201422 Edisi 445 | 2014

BAGIAN I

Apa NegaraJAGOANMU?

Nah dari 32 negara peserta piala dunia 2014 ini, negara mana yang menjadi jagoan Sobat? Siapa saja kandidat terkuat untuk

mengangkat tropi piala dunia? Mari kita bahas beberapa negara yang diunggulkan untuk meraihnya.

Penyelenggaraan Piala Dunia 2014 di Brazil tinggal tiga bulan lagi. Rasanya hanya tinggal menghitung hari saja penyelenggaraan turnamen sepakbola terakbar sejagad

akan dimulai. Sebanyak 32 negara dari tujuh konfederasi telah memastikan diri menjadi pesertanya.

Brazil tergabung di Grup A bersama negara Kroasia, Meksiko dan Kamerun. Brazil

memang layak untuk dijagokan untuk meraih tropi piala dunia keenamnya. Brazil dengan sepakbola indahnya adalah negara paling konsisten sepanjang penyelenggaraan piala dunia. Mau bukti? Lima tropi Piala Dunia merupakan bukti sahihnya. Brazil meraihnya pada tahun 1958, 1962,1970, 1994, dan 2002.

Brazil juga tidak henti-hentinya melahirkan pemain sepakbola dengan talenta luar biasa. Sebutlah Pele, Garincha, Zico, Romario, Rivaldo, Ronaldo dan yang teranyar tentu saja adalah Neymar. Faktor lainnya adalah kehandalan pelatih

Luiz Felipe Scolari. Scolari merupakan pemain sekaligus pelatih yang berhasil meraih piala dunia.

Selain itu tentu saja faktor tuan rumah merupakan salah satu faktor yang menguntungkan. Tercatat 6 (enam) negara tuan rumah yang berhasil menjadi juara Piala Dunia. Keenam negara tersebut adalah Uruguay (1930), Italia (1934), Inggris (1966), Jerman (1974), Argentina (1978), dan Prancis (1998). Tapi Brazil pernah mengalami pengalaman pahit ketika menjadi tuan rumah tahun 1950. Ketika itu di final mereka dikalahkan oleh Uruguay dengan skor 1-2. Kekalahan yang terjadi di stadion kebanggaan rakyat Brazil, Maracanã. Kekalahan itu begitu menyakitkan sehingga dikenang sebagai Tragedi Maracana (Maracanazo).

Membicarakan tim Panzer ini tidak akan ada habis-habisnya.

Mereka merupakan salah satu kekuatan tradisonal Piala Dunia. Tengoklah raihan tropi Piala Dunia yang mereka raih. Tercatat tiga kali mereka meraihnya pada tahun 1954 di Swiss, tahun 1974 di Jerman dan tahun 1990 di Italia. Mereka juga empat kali menjadi runner up pada tahun 1966, 1982, 1986 dan 1992.

Jerman menempati rangking 2 dari daftar yang dikeluarkan FIFA.

Brazil

JermanPenampilan mereka yang stabil di hampir semua turnamen menyebabkan mereka selalu diunggulkan pada tiap turnamen yang diikutinya. Jerman juga tidak pernah berhenti menciptakan bintang sepakbola seperti Gerd Müller, Franz Beckenbauer, Lothar Matthäus, Bastian Schweinsteiger, dan Mesut Özil.

Keperkasaan Jerman terlihat pada Piala Dunia 2014. Jerman melenggang mulus melangkah ke Brazil tanpa sekalipun mengalami kekalahan. Jerman terlalu digjaya bagi para pesaingnya di kualifikasi. Patut kita tunggu akankah langkah Jerman yang tergabung di grup G bersama Portugal, Gana dan Amerika Serikat akan semulus fase kualifikasi?

Page 23: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 23Edisi 445 | 2014

Spanyol bersama Belanda, Chili dan Australia bergabung di Grup B.

Jangan pernah menghilangkan Spanyol dari daftar kandidat perebut Piala Dunia 2014. Spanyol merupakan juara bertahan pada penyelenggaraan Piala Dunia 2014. Spanyol meraih Piala Dunia pada tahun 2010. Spanyol mengalahkan Belanda 1-0 di pertandingan final yang dilangsungkan di stadion Johanesburg, Afrika Selatan. Selain itu Spanyol merupakan negara pertama yang berhasil meraih tiga turnamen besar secara berurutan. Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012.

Spanyol merupakan negara peringkat pertama dari daftar peringkat yang dikeluarkan oleh FIFA (13 Maret 2014). Spanyol menjadi peringkat pertama selama empat tahun belakangan.Spanyol berhasil mematahkan dominasi Brazil yang merupakan pemegang peringkat pertama sebelumnya.

Kejayaan Spanyol tidak lepas dari peran dua klub raksasa yang mereka miliki, Real Madrid dan Barcelona FC. Kedua kesebelasan tersebut merupakan klub yang disegani di Eropa dan dunia. Dari kedua klub tersebut bercokol kebanyakan para pemain timnas Spanyol. Selain itu banyak pemain Spanyol yang bermain di klub-klub top Eropa lainnya seperti Bayern Muenchen, Manchester City, Arsenal, dan Manchester United.

Oh iya, keberhasilan Spanyol juga tidak bisa dipisahkan dari senjata andalan mereka “Tiki Taka”. Walaupun kini rahasia permainan Tiki taka sudah banyak diketahui, tetapi senjata ini masih sangat menakutkan bagi lawan yang menghadapinya.

Membicarakan Argentina di Piala Dunia orang akan langsung teringat dengan maestro

sepakbola dunia Diego Armando Maradona. Berkat kepiawaian Maradona, Argentina berhasil meraih Piala Dunia keduanya pada tahun 1986 setelah mengalahkan Jerman 3-2 di Final yang berlangsung di Mexico City, Mexico. Sebelumnya Argentina meraih Piala Dunia pertamanya di Buenos Aries, Argentina pada tahun 1978.

Harapan Argentina untuk meraih tropi pada Piala Dunia 2014 ini banyak disandarkan kepada Lionel Messi. Lionel Messi merupakan peraih 4 kali Ballon D’or secara berurutan dari tahun 2009-2012. Messi yang dipercaya menyandang ban kapten kesebelasan Argentina memang merupakan andalan tim Argentina. Piala Dunia 2014 ini akan menjadi ajang pembuktian seorang Lionel Messi bahwa dirinya layak disejajarkan dengan legenda sepakbola Argentina sebelumnya Mario Kempes dan Maradona.

Di kualifikasi Argentina memuncaki kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Conmebol. Penampilan Argentina bersama Lionel Messi sangat menjanjikan. Kita tunggu saja kiprah Argentina yang akan memulai kiprahnya di grup F bersama Bosnia Herzegovina, Iran dan Nigeria.

Spanyol

Argentina

Page 24: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

Bikin Anak Jalanan Betah

SOSIAL

Rumah Singgah

CTK. 1.85/MMM-MR/201424 Edisi 445 | 2014

Kedatanganku ke rumah singgah ini atas undangan sahabat saya yang berjuang memelihara dan menampung anak jalanan di daerah Jakarta Utara, tepatnya di daerah Plumpang Semper. Adalah Mas Siswandi yang

saat ini telah berpulang ke Rahmatullah, yang tidak pernah lelah melindungi anak-anak jalanan dan selalu berusaha meluruskan kebiasaan mereka yang hidup di jalanan menjadi orang-orang yang berguna bagi masyarakat.

Perjuangannya menampung dan memelihara anak jalanan masih terekam dibenakku dan ingin berbagi dengan pembaca “Sahabat Pena”. Cukup banyak orang yang mempunyai kiprah dan niat luhur mendirikan rumah singgah di Jakarta ini, namun yang benar-benar mencari uang sendiri untuk memberi makan anak jalanan dan mengontrak rumah untuk anak jalanan hanya sedikit. Diantaranya Mas Siswandi ini.

Rumah kayu sederhana berlantai dua yang sangat sempit ini dihuni oleh sekitar 20 orang, sebagian anak jalanan sedang pergi keluar rumah. Mereka belum

bisa seratus persen meninggalkan kebiasaannya mencari penghasilan di jalanan. Baik sebagai pengamen, kerja serabutan ataupun menjadi peminta-minta. Namun Mas Sis selalu berusaha untuk mengajak pulang dan tinggal di rumah singgah menjelang maghrib tiba.

Setelah sholat maghrib, Mas Sis selalu mendidik agama kepada anak-anak itu dan memotivasi agar menjadi anak-anak yang berguna bagi masyarakat sekaligus berkarya untuk mendukung penghidupannya. Banyak juga anak jalanan yang tidak bisa membaca dan menulis, maka Mas Sis yang mengajari mereka untuk membaca dan menulis.

Saya datang disambut oleh Mas Sis dan anak-anak jalanan dengan memamerkan hasil karya mereka untuk di jual. Es Plastik atau biasa kita sebut Es Bonbon menjadi karya mereka setelah seseorang telah menyumbangkan sebuah lemari es pada rumah singgah yang mereka beri nama “HIMATA” . Selain es bonbon yang mereka jual, mereka juga membuat sabun untuk mencuci

Diantara rumah-rumah mungil semi permanen di pinggiran sungai di daerah Jakarta Utara, saya susuri gang becek beraroma busuk. Di sana sini tampak ibu-ibu mengepel lantai dan menyapu jalanan gang karena semalam air sungai meluap dan menutupi jalanan gang yang siang ini aku susuri menuju sebuah rumah tempat para anak jalanan ditampung. Rumah untuk menampung anak jalanan ini kerap disebut “Rumah Singgah”.

Page 25: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 25Edisi 445 | 2014

Oleh : Teddy Tardiana

mobil dan mencuci piring. Anak-anak mahasiswa kerap datang untuk mengajari apa saja yang bisa mereka jual.

Kebanyakan permasalahan anak jalanan ini diakibatkan oleh permasalahan ekonomi dan perhatian dari orangtua mereka. Kebanyakan kegiatan mereka di jalanan itu dengan motivasi untuk menutupi kebutuhan makan mereka sehari hari.

Perjuangan Mas Sis dalam membina anak-anak jalanan ini sangat luar biasa. Mas Sis pernah menuturkan, bila anak-anak ini tidak didekati dengan hati, anak-anak ini tidak akan bisa nurut dan berhasil. Karena perilaku anak-anak jalanan ini sangat susah diatur. Sering sekali Mas Sis membujuk siang malam seorang anak jalanan yang enggan untuk tinggal di rumah singgah, mereka masih suka tidur di emperan toko dan di kolong jembatan. Tapi perjuangannya sangat ulet.

Pernah suatu saat Mas Sis tidak punya uang sama sekali untuk membeli beras untuk anak-anak jalanannya makan siang. Sambil menangis Mas Sis berkeliling mencari beras. Untuk anak-anak jalanan, tanpa peduli dirinyapun lapar dan dahaga. Namun

Tidak hanya berjuang di wilayah Plumpang Semper saja. Mas Sis juga segera membangun rumah singgah di daerah Depok. Sumbangan dari dalam dan luar negeri berdatangan ditambah lagi hasil usaha anak-anak jalanan ini berkembang pesat. Anak-anak yang dititipkan pun sudah berdatangan dari kalangan yang sangat beragam.

Semua perjuangan Mas Sis ini diteruskan oleh anak-anak jalanan yang telah beranjak dewasa. Mas Sis telah berpulang dengan titipan yang sangat berguna. Selamat jalan Mas Sis, sungguh teladan bagiku untuk berjuang seperti Mas Sis. Doaku selalu menyertaimu. Kabar meninggalnya Mas Sis membuat air mataku berlinang malam itu.***

Merekapun kini menjadi guru bagi anak-anak

miskin dan yatim piatu di lingkungannya.

perjuangannya itu membuahkan hasil yang sangat mengagumkan.

Saya datang kembali ke rumah singgah itu beberapa tahun kemudian, bukan untuk melihat mereka membuat es bonbon, tapi saya datang untuk menjadi MC untuk meresmikan rumah singgah tembok mewah yang bersih dan luas berlantai dua. Sumbangan dari sebuah perusahaan pertambangan terkemuka di Indonesia. Anak-anak jalanan yang aku temui beberapa tahun yang lalu telah berubah menjadi anak pelajar yang bersih dan berprestasi. Perilaku mereka sebagaimana layaknya seorang pelajar yang mempunyai martabat dan akhlak tinggi, karena merekapun kini menjadi guru bagi anak-anak miskin dan yatim piatu di lingkungannya.

Sebuah masjid dan madrasah telah pula berdiri dengan megah tidak jauh dari rumah singgah yang telah diresmikan. Murid-muridnya bukan hanya anak jalanan, tapi juga anak-anak sekitarnya yang tidak sanggup untuk bersekolah di tempat yang lain. Sekolah ini gratis dengan tenaga pengajar adalah kaum relawan yang ikhlas dan anak-anak jalanan yang telah beranjak dewasa dan berpendidikan.

Page 26: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

WISATA

CTK. 1.85/MMM-MR/201426 Edisi 445 | 2014

Untuk mencapai lokasi Sobat bisa berangkat dari arah Bogor atau pun Cianjur. Waktu tempuhnya pun hanya sekitar 1 jam saja baik dari Bogor ataupun dari Cianjur.

Setelah membayar harga tiket sebesar Rp. 25.000,-, kita langsung disambut oleh patung maskot TBN yaitu angsa hitam. Angsa hitam dipilih sebagai maskot karena daya tahan tubuhnya yang luar biasa.

Untuk menjelajahi TBN bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bagi Sobat yang senang berolahraga bisa memilih berjalan kaki. Selain berjalan kaki pengunjung juga disediakan kendaraan untuk mengelilingi TBN. Yang termurah adalah menggunakan kendaraan terbuka yang dinamai Wara Wiri dengan ongkos 4 ribu per orang. Bisa juga menggunakan Dotta Train dan Garden Tram dengan biaya dipatok 30 ribu per orang.

Sepanjang mata memandang disuguhi pemandangan pohon dan bunga. Begitu kita menuruni tangga, di depan kita

Bagi Sobat pecinta bunga dan tanaman, lokasi wisata yang satu ini wajib untuk dikunjungi. Lokasi wisata seluas 23 hektar ini menyajikan beraneka ragam taman, lengkap dengan aneka tanaman dan bunga. Objek wisata yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 september 1995 ini terkenal dengan sebutan Taman Bunga Nusantara (TBN).

Taman Bunga NUSANTARA

terhampar display karpet bunga berwarna warni. Display bunga tersebut disusun tidak kurang dari 20 ribu tanaman bunga potong. Wah banyak sekali ya!

Bagi Sobat yang menyukai tumbuhan air seperti teratai, jangan lupa untuk mampir di Taman Air. Letaknya ada disebelah kiri dari display bunga. Jika kita terus menyusuri jalan dari Taman Air, kita akan menemukan Taman Perancis. Di Taman Perancis kita bisa menikmati arsitektur taman yang dibangun begitu simetris dengan air mancur yang ditempatkan di bagian tengah dan di sudut taman. Pokoknya kita akan dibuat terkagum-kagum menikmatinya.

Di depan Taman Perancis kita akan menemukan taman yang isinya berbagai macam bunga mawar. Kita bisa

Page 27: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 27Edisi 445 | 2014

menjumpai mawar putih, kuning, merah dan merah muda disini. Jelas saja karena kita berada di Taman Rose.

Selanjutnya kita akan mencapai taman yang dipenuhi oleh bunga dahlia. Beraneka ragam bunga dahlia disajikan disini. Tidak heran jika taman ini dinamakan Taman Dahlia. Tidak jauh dari Taman Dahlia terdapat air mancur yang unik yang diberi nama Air Mancur Musikal. Air mancur ini akan bergoyang mengikuti irama musik yang mengiringinya.

Jika kita ingin melihat secara jelas keseluruhan TBN, kita bisa menggunakan menara pandang. Di menara tiga tingkat ini kita bisa melihat

ke segala penjuru tanpa terhalang oleh pepohonan. Tidak jauh dari menara pandang kita akan melihat ada Taman Labirin (Maze garden). Di taman ini kita akan menyusuri jalan setapak yang berliku dan dibatasi oleh tanaman perdu. Ada beberapa jalan buntu yang akan membuat kita tersesat. Sayangnya beberapa pengunjung telah merusak taman ini dengan sengaja menerobos tanaman pembatas.

Dari dalam negeri, TBN menampilkan keindahan Taman Bali. Gapura menandai pintu masuk ke taman ini. Di dalamnya kita bisa menjumpai berbagai tanaman khas Indonesia seperti bunga

sepatu, dan bunga kamboja. Di taman ini kita bisa menjumpai Candi, Bale Bengong, Kul-kul, Aling-aling dan beberapa patung khas Bali.

Beda lagi dengan Taman Mediterania. Di taman ini Sobat akan menemukan rumah khas Mediteranian dengan hamparan pasir dan tanah berwarna putih dan dihiasi berbagai jenis kaktus dan beberapa tanaman khas Mediterania.

Dekat taman Mediternia kita akan menjumpai berbagai taman yang berisi berbagai jenis palem. Kita akan terkagum-kagum melihat ketinggian pohon palem yang ada di Taman Palem ini. Tidak kurang dari 100 jenis palem dari seluruh penjuru dunia ada di taman ini.

Jika Sobat ingin menikmati suasana taman di negeri Paman Sam, Sobat bisa merasakannya di Taman Amerika. Taman ini menampilkan gaya pedesaan (Country Classic Garden) dengan ciri khasnya jalan setapak batu bata merah, gazebo putih, dan tatanan warna bunga yang indah. Bagian lain yang

ditampilkan adalah Native Garden yang mencerminkan keadaan semak dan ilalang yang terdapat di Amerika.

Suasana tenang bisa dirasakan di Taman Jepang. Di taman ini sobat akan disuguhi taman lengkap dengan gazebo yang mengelilingi kolam yang berisi ikan. Air kolam yang mengalir akan menggerakan bambu dan akan menciptakan irama yang menenangkan.

Oh iya di TBN juga ada Rumah Kaca lho. Bangunan yang ditutupi oleh kaca ini menaungi banyak bunga dan pohon. Hawanya terasa lebih panas dari udara di luar. Jelas saja karena panas dari sinar matahari terperangkap di rumah kaca ini sehingga suhunya lebih tinggi dari udara sekitar. Seperti itulah bumi kita ketika lapisan ozon semakin banyak yang bolong karena polusi.

Selain taman-taman tadi di TBN ada juga berbagai jenis topiari. Ada topiari kelinci, bebek, beruang, jerapah dan yang paling besar adalah topiari merak. Ada juga arena bermain anak yang menyajikan berbagai permainan seperti go kart, kereta mini, arung apung dan berbagai permainan lainnya.

Nah Sobat demikian kunjungan Sahabat Pena ke Taman Bunga Nusantara di Cianjur. Saran bagi yang mau berkunjung ke sana, usahakan untuk berkunjung pada pagi hari atau menjelang sore, karena suhu pada siang hari sangat panas dan menyengat. Oh iya, TBN ini juga cocok untuk penelitian, piknik keluarga, piknik sekolah, acara kantor, foto prewedding, dan lokasi sinetron. ***

Page 28: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

PENANTANG SERIUS

I C T

CTK. 1.85/MMM-MR/201428 Edisi 445 | 2014

Bisa dibilang bahwa tahun 2012 dan tahun 2013 adalah tahunnya Android. Operating System (OS) yang dibesut oleh Google dan konsorsiumnya berhasil meraih 80% pangsa pasar sistem operasi untuk perangkat mobile.

Angka ini jauh di atas pencapaian OS lainnya yang telah lebih dulu ada. iOS, Blackberry OS, dan Mobile Windows

tidak berdaya menghadapi keperkasaan Android.

Teknologi berubah dalam waktu singkat, yang paling laris saat ini mungkin besok paling susah untuk dijual. Harapan inilah yang kini dijadikan penyemangat oleh pengembang OS baru. Ada beberapa pengembang yang mencoba untuk membuat OS baru yang diharapkan mampu bersaing dengan Android dan iOS. Firefox meluncurkan OS Firefox-nya yang merupakan OS berbasis HTML5. Kemudian Ubuntu mengeluarkan Ubuntu Touch yang memungkinkan split screen multi-tasking. Ubuntu Touch juga berbasis HTML5. OS baru lain yang berharap untuk bersaing dengan OS lain di pasar adalah Tizen OS. Tizen OS didukung oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Intel dan Samsung .

sebagai berikut :•WebRTC. Protokol komunikasi

dengan browser untuk media yang berbeda.

•Jendela antar muka berbasis pada kerangka grafis Pencerahan (EFL) dari Linux, lebih ringan dari GTK (Maemo) atau Qt (Meego).

•Pustaka grafis 2D Kairo.•HTML 5 mendukung spesifikasi

lengkap sampai saat ini.

Smartphone Samsung saat itu semuanya tergantung pada OS Google, Android. Untuk mengurangi ketergantungan pada Android, Samsung berencana untuk membangun sistem operasi sendiri. Sementara Intel saat itu sedang mencari partner setelah resmi berpisah dengan Nokia yang lebih memilih Windows Mobile. Akhirnya Samsung, Intel dan beberapa perusahaan lainnya berkolaborasi membuat OS baru yang diberi nama Tizen OS. Tizen juga mendapat dukungan dari Yayasan Linux.

Tizen OS versi 1.0 diluncurkan pada tanggal 30 April 2012 dan diberi nama Larkspur. Ini adalah Tizen OS versi stabil yang pertama dengan fitur

Sebelumnya, iOS adalah sistem operasi terlaris karena digunakan oleh Apple

yang popularitasnya sangat tinggi pada waktu itu. Kemudian Google meluncurkan OS Android di pasar yang mengambil kepopuleran dari tangan iOS. Android menjadi OS terlaris sejak itu.

OS Baru Saingan Android

Page 29: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

Keuntungan Menggunakan Tizen OS

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 29Edisi 445 | 2014

•API ponsel Tizen untuk digunakan oleh aplikasi HTML 5.•Fungsi lokasi.•Wi-Fi Direct memungkinkan ponsel untuk terhubung

satu sama lain tanpa melalui access point.

Ponsel yang menggunakan Tizen OS 1.0 mendapat tanggapan kurang bagus dari pengguna yang mencobanya. Kebanyakan dari mereka mengatakan

Apa keuntungan menggunakan Tizen OS dibandingkan dengan OS yang sudah ada di pasar seperti Android dan iOS? Seperti Android, Tizen adalah sebuah OS yang berisfat open source. Fitur utamanya adalah kompatibilitas dengan berbagai platform mobile, artinya bahwa aplikasi yang dibuat menggunakan Tizen OS masih kompatibel dan dapat digunakan di OS lain seperti iOS dan Android hanya dengan perubahan kecil pada kode aplikasi.

Hal ini tentu saja sangat menarik perhatian bagi para pengembang aplikasi. Kebanyakan pengembang tentu lebih memilih mengembangkan aplikasi menggunakan Tizen OS. Alasannya tentu saja karena mereka bisa dengan mudah mengembangkan aplikasinya untuk dijalankan di OS lain. Sehingga tidak heran jika nantinya aplikasi Tizen OS akan lebih banyak dan lebih up to date dari OS lainnya.

tidak ada perbedaan signifikan antara prototipe Tizen OS dengan Android dan iOS. Mereka memiliki fitur yang sama persis.

Para pengembang bekerja keras untuk mengatasi hal tersebut. Setelah melalui proses pengembangan yang tidak kenal lelah akhirnya diluncurkanlah Tizen OS Versi 2.2.1 pada tanggal 9 November 2013.

Oh iya, menurut beberapa kalangan Tizen OS adalah OS yang menawarkan dukungan HTML5 terbaik dibandingkan dengan OS yang ada di pasaran saat ini. Mengapa acuannya harus HTML 5? HTML 5 adalah versi terbaru dari bahasa HTML. HTML 5 difokuskan untuk mendukung aplikasi berbasis web, dimana aplikasi web telah menjadi saingan bagi aplikasi desktop dan aplikasi mobile. Beberapa contoh aplikasi web yang besar yaitu Facebook, Twitter, Yahoo! dan Google.

Berikut ini alasan-alasan mengapa HTML5 akan lebih banyak digunakan dalam mengembangkan aplikasi di masa yang akan datang : 1. Lebih sederhana.2. Lebih rapi dan terstruktur.3. Mengurangi penggunaan plug in.4. Penyimpanan data yang lebih baik.

Nah Sobat demikianlah sekilas ulasan mengenai Tizen OS. Kehadiran Tizen OS diyakini akan membuat para pengembang Android tidak bisa tidur tenang. Mereka akan semakin terpacu untuk mengembangkan kemampuan Androidnya. Sementara para pengembang Tizen OS pun tentu tidak akan berpuas diri sampai di sini saja. Nah Sobat siapa pun pemenang dari persaingan ini, para pengguna gadgetlah yang paling diuntungkan. Gadget mereka pastinya akan menggunakan OS yang terbaik.***

Page 30: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014

CERPEN

30 Edisi 445 | 2014

SESUATU DIRUANG MUSIK

Oleh :Ani Nurhayanti

Ibu Sally sempat beberapa kali

histeris saat keluar dari ruang musik.

“Di sana ada suara-suara aneh!”, teriaknya pada suatu hari.

Guru-guru yang lain ikut menimpali tidak kalah seru. Aku sendiri bersikap acuh, tak peduli.

“Kelas musik itu memang rada angker. Kadang-kadang bukan suara piano saja yang bunyi. Apa pun yang berbau musik pasti akan terdengar!“seru Bu Sally berapi-api.

Awalnya aku sendiri heran, kenapa kabel-kabel selalu dicabut. Kenapa pula puzzle-puzzle tidak dibiarkan ditempatnya. Tapi dilepas dan dipisahkan. Ternyata hal itu memang sengaja dilakukan,

untuk menghindari bunyi. Suara dari puzzle yang kalau dicabut, kemudian dipasangkan kembali akan menghasilkan lagu.

“Jangan ketakutan seperti itu, paling itu halusinasimu saja, Bu”, kataku menenangkan.

“Lha, aku ndak parno. Yang lain sudah tahu, kamu sendiri saja yang ketinggalan jaman.”

“Kenapa jadi bawa-bawa jaman?““Kalau ketinggalan berita, itu

sudah ndak aneh,”jawabnya sambil memanyunkan bibir.

Aku melongo takjub, sambil manggut-manggut setuju. Yang lain

Page 31: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 31Edisi 445 | 2014

tertawa saja mendengar kata-kata yang dilontarkan Bu Sally padaku. Tidak protes atau membela.

Esoknya, ketika aku datang ke sekolah. Perbicangan tentang keangkeran kelas musik makin santer merebak.

Sekarang bukan saja guru-guru, anak-anak ikut bergosip ala detektif. Sebetulnya, tidak tahu juga sih, detektif itu kalau bergosip seperti apa. Tapi perbincangan mereka benar-benar serius. Ini jelas tidak dapat dibiarkan. Harus segera ditindaklanjuti agar tidak kebablasan.

Gawatnya, pasien halusinasi semakin bertambah. Bukan hanya Ibu Sally, tapi ada Ibu Imas, Ibu Asih, dan Ibu Dora. Tentu saja, ini menambah kerjaan baru bagiku. Satu saja sudah sulit, apalagi ditambah beberapa pasien. Bisa-bisa aku yang malah ikutan gila seperti mereka.

“Bu Leti, berita ini benar-benar kenyataan“, ujar Bu Asih, sesama rekan kerjaku.

“Kenapa beritanya baru terdengar sekarang-sekarang, tidak dari dulu?”tanyaku tidak puas.

“Stt…“ Bu Asih mendekatkan mulutnya ditelingaku. “Mungkin datangnya baru-baru sekarang Bu. Sepertinya ruang musik adalah ruangan yang dianggap cocok dan pas sebagai rumah barunya.”

Hiyyy, bulu kudukku langsung merinding seketika. Hampir saja aku terhanyut oleh kata-katanya, membujukku untuk percaya dan takut. Mulutku komat-kamit mulai bersuara, berdehem beberapa kali.

Perasaan empati tiba-tiba menjalari tubuhku. “Bu Asih, yang sabar ya. Saya berdo’a semoga Ibu

tidak mendengar suara-suara aneh lagi. Percayalah, itu hanya sementara. Dunia kita sudah berbeda dengan mereka. Semoga Ibu cepat sembuh dari perasaan-perasaan takut.”

Mendengarku berkata seperti itu, Bu Asih melengos kesal. Mulutnya ditekuk, tidak tertawa, tidak pula tersenyum. Dan esoknya, semua guru memusuhiku. Alasannya sepele. Aku dianggap makhluk aneh yang tertinggal zaman. Tidak ada yang mengajakku bicara, tidak ada yang menegur sapa. Semua guru hanya bicara kalau ditanya. Persis seperti robot. Aku menjadi orang terkucil.

Malamnya, pikiran-pikiran aneh mulai berseliweran dikepalaku. Bagaimana kalau mereka benar dan aku salah.

“Ahh, kenapa gara-gara tidak percaya masalah jadi rumit seperti ini?“Aku tertawa geli. Semoga hari ini saja mereka berlaku seperti itu.

Masih terlalu pagi ketika mereka semua benar-benar mendiamkanku. Aku teramat bimbang, Bukan sehari atau dua hari. Lebih. Setelah kuhitung-hitung jari, ini adalah hari ketujuh. Kuacungkan jempol, mereka kuat sekali memegang prinsip mendiamkanku. Sudah seperti memegang kepercayaan saja rupanya.

Demi membela kehormatanku, maka kuputuskan datang lebih awal ke sekolah. Sepertinya aku mulai terbawa tidak waras. Tapi biarlah, demi harga diriku.

Masih terlalu pagi, saat aku menggedor-gedor gerbang sekolah. Nekat minta dibukakan pintu. Tidak ada siapa-siapa. Terpaksa kudiamkan diriku mematung di depan gerbang. Satu jam berlalu saat satpam datang.

“Pagi sekali sudah datang, Bu?” sapa Tejo padaku yang malas tersenyum.

“Ah, saya juga baru datang”, jawabku menahan malu. Untung Tejo tidak banyak bertanya. Aku merunduk dan segera pergi. Tak berkata apa-apa.

Aku mulai mempercepat langkahku, mengamati pintu ruang musik. Mendekatkan daun telingaku. Tak ada suara di sana.

“Yang kulakukan ini benar tidak ya?” kataku mulai marah-marah sendiri. Memegangi kepalaku yang tidak panas.

‘Cekrek ,,,!’ Pintu berhasil kubuka.‘Kreeeettt..’ Sekarang giliran

kuseret keluar gagang pintu ruangan.Mataku mulai memandangi

ruangan, memicingkan mata seperti kucing. Kabel-kabel yang tercerabuti sengaja kupasang. Puzzle-puzzle musik yang dilepas, kuambil dan kuletakkan kembali sesuai pasangnnya. Dan segala macam benda yang akan menimbulkan bunyi segera kunyalakan. Lama, benda-benda ini bukannya berbunyi malah membuatku jenuh menunggu. Apa aku hentikan saja rencana gila ini.

Pegal. Tubuhku hendak berdiri saat seseorang membuka ruangan musik.

“ Pagi, Bu?” sapa Bu Sally hangat.

“Bu Sally, kukira siapa?”

“Pagi benar sudah datang, sengaja ya?”

Page 32: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/201432 Edisi 445 | 2014

Aku memalingkan mukaku. Bersikap acuh mendengar pertanyaannya. Malu rasanya.

“Bu Leti sengaja ya? Pasti mau membuktikan sesuatu di sini?” sindirnya lagi, lebih menusuk. “Bagaimana kalau ibu ajari saya main piano saja, sudah dipasang kabelnya. Sayang kan? ” tambahnya.

“ Baiklah. Bu Sally sebaiknya duduk di samping saya, kita main bersama.“ Yah, dari pada menunggu sesuatu yang belum bisa dipastikan kebenarannya lebih baik main musik sekalian.

Permainan musiknya tidak terlalu bagus, tidak terlalu jelek juga. Biasa saja. Mestinya aku pura-pura percaya saja dari kemarin, daripada berlaga mempertahankan argumenku yang sama-sama tidak jelas halang - hujurnya. Dengan begitu mereka semua tidak akan mogok bicara padaku.

“Mogok??“ Spontan wajahku beralih pada Bu Sally. Aku mulai

memperhatikan wanita di depanku. Ada perasaan takut yang tiba-tiba

menjalar di tubuhku. Merinding.“Bu Sally?” tanyaku

menyelidik.Wanita itu merengut kesal.

“Ada apa? Kenapa menatap saya seperti itu?”

Aku nyengir, menggaruk kepalaku yang tidak gatal.

“Saya ke kantor dulu, silahkan dilanjutkan misinya,“ucapnya sembari berlalu.

Aku menghela nafas panjang. Termenung. Akhirnya kuputuskan keluar juga dari ruangan musik. Tak ada apa-apa. Gosip murahan.

Di kantor sudah banyak guru yang berkumpul. Mereka sama seperti kemarin, mendiamkanku. Hanya Bu Sally yang masih tersenyum.

“Ibu-ibu dengarlah, dari tadi pagi saya di ruang musik. Tidak ada apa-apa di sana. Tidak ada bunyi-bunyi aneh,”seruku membuat pengumuman.

Mereka semua memandangku dengan cemas. Kali ini pandangannya berbeda dari kemarin. Pandangan simpati.

“Sepertinya Bu Leti harus memeriksakan diri ke dokter.”

“Saya tidak sakit.”“Ibu sakit!”“ Tidak!”“ Ibu Leti, tadi pagi saya dan Bu

Asih mendengar ada bunyi piano di ruang musik. Karena penasaran, kami dekati. Dan kami melihat Ibu sedang

bicara sendiri.”“Siapa bilang,

saya itu tadi sedang bercakap dengan Bu Sally.“

Mereka semua saling berpandangan. “Bu Sally? Dari pagi kami tidak meihat Bu Sally!”

“Lha, kan Bu Sally ada di depan Ibu-Ibu semua. Ini Bu Sally!“ kataku sembari mendekati Bu Sally.

Mereka semua tetap geleng-geleng kepala. Aku semakin keheranan. Ini sebenarnya aku sedang bermimpi atau mereka yang tidak beres? Sementara itu, Bu Sally masih ada di tempatnya, menatapku dengan sedih.

Telepon berdering. Bu Dini mengangkat telepon. “Iya, Pa! Apa? Kapan? Di mana?”

Pelan, bu Dini menutup gagang teleponnya.

Sejurus kemudian wajah Bu Dini mengarah pada kami, “Bu Sally ditabrak mobil!”

Aku ternganga tak percaya. Sementara di sampingku wanita bernama Sally itu masih duduk manis sambil memandangku. Suaraku tercekat di kerongkongan. Aku ingin bangun dari mimpi ini. Aku butuh dokter??***

Page 33: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

CTK. 1.85/MMM-MR/2014 33Edisi 445 | 2014

PUISI

Suaraku

Keperihan di hidupkuBagai ungkapan hati

Kesenangan dalam hidupkuBagai kekosongan dalam kenyataan

Saatlah perih jalanan iniTapi tak begitu

Dengan suaraku

Miris

Terbangun dalam angin pagiMatahari tak tampak menyinariMenyelinap dalam kedinginan

KelaparanKehausan

Menepi dengan keringatTerbuang jauh dengan senyuman

Kami menungguCahaya ilmu

Tapi gelap gulita mengunjungikuOh, tidak... Miris

Karya :Novi Nurhadianti

SMA Negeri 1 Banjaran

Alamat :Kp. Sirnasari RT 03 RW 05 Desa

Batukarut Kec. Arjasari Kab. Bandung 40377

Hujan Air Mata di Sudut Kota Hujan

Sesak bukan kepalangKetika duka menyapa rindu

Belum kering air mata kemarin mengalirKini telah membanjir kembali

Teriakku seakan tak dihiraukanHujan air mata di tengah ribuan potong kepala

Yang mengarakku di sudut kota hujanRindu yang menari bersama tangisan langitMenyita emosi dan tirani yang beradu rindu

Kibas lontar dedaunan mengajakku untuk berpejamSeribu duka di masa lalu bertabut dalam ingatan

Merenggut senyum hingga tangis tak lagi dapat terhenti

Tenunan Suci

Si usang itu kini menunjukkan akan bilangan semu yang mengingatkanku dalam dongeng lamamu

Antara benang dan jarum yang merajut sebuah kain suciSudut mataku kini bergerak dan mengingat akan tenunan

ibumu duluKemanakan tenunan itu? Kau jadikan serbet?

Atau kau jadikan celemek untuk menadahi ompol di masa kecilmu?

Tenunan itulah yang menjadi tempat saat kau diayun menjelang tidur

Dan tenunan itu juga yang memelukmu rapat seperti dekapan sang malaikat

Karya :Dwi Nabuda

Alamat :Jl. Tengiri Raya No. 53 RT. 02 RW. 09

Perumnas Pabean Kencana, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu

Page 34: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

SCORPIO

SAGITARIUS

TAURUS

GEMINI

CANCER

LEO

VIRGO

LIBRA

AQUARIUS

PISCES

ARIES

CAPRICORN

CTK. 1.85/MMM-MR/201434 Edisi 445 | 2014

KERJA keras, jalan menuju kesuksesan. Tak ada sesuatu yang dapat diraih hanya dengan berleha-leha atau bermalas-malasan.Studi : Belajar jangan hanya apabila ada ulangan, tapi harus dilakukan terus-menerus.Persahabatan : Lalui hari-hari yang indah bersama teman-

teman kamu. Jangan hanya dinikmati sendiri.Amor : Bila baik untuk kamu, ga usah ragu nyatakanlah sama

si dia.

BILA kamu mendapat keuntungan jangan merasa tinggi hati dan lupa diri. Bersyukurlah dan tetap rendah hati. Studi : Hati-hati ketika mengikuti ujian. Tetap tenang dan ga usah grogi.Persahabatan : Perlu adanya saling membantu dan mendukung untuk mencapai tujuan yang sama.

Amor : Jarang bertemu bisa menambah kerinduan dan romantis ketika bertemu.

BERLAKU APRIL - MEI 2014

SYUKURI apa yang yang telah kamu miliki. Dengan bersyukur, maka akan menambah kenikmatan.

Studi : Lakukanlah belajar dengan variasi untuk menghindari kebosanan.Persahabatan : Perbedaan pendapat harus menjadi hikmah dan menambah wawasan. Hindari perpecahan.

Amor : Bila naksir si dia ungkapkan saja, agar cepat ada kepastian.

Kamu saatnya untuk merencanakan masa depan. Dengan rencana tersebut akan jadi jelas, apa yang harus kamu

lakukan.Studi : Kamu harus berusaha mencoba mempraktekkan ilmu yang telah dipahami.Persahabatan : Di hari libur, sekali-kali perlu membuat suatu

kegiatan yang bisa dinikmati bersama.Amor : Tampaknya si dia ingin lebih mendapat perhatian darimu.

NIKMATILAH kesuksesan walaupun kecil. Kesuksesan kecil akan mendorong untuk mencapai kesuksesan besar.Studi : Kamu harus melengkapi sarana dan sumber belajar agar belajar bisa lancar.Persahabatan : Kamu harus supel. Manfaatkan setiap ada

kesempatan untuk mendapatkan teman yang baru.Amor : Jangan terlalu banyak berharap dari si dia.

KAMU jangan cepat putus harapan ketika mengalami kegagalan. Akan tetapi justru harus berjuang lebih keras lagi.

Studi : Belajarlah dengan baik dan sungguh-sungguh agar mencapai prestasi belajar.Persahabatan : Dengan teman jangan perhitungan. Membantu teman hendaknya dilakukan dengan ikhlas.

Amor : Kamu jangan terlalu serius karena belum tentu jadi pasangan hidup.

PADA dasarnya suatu kejadian itu netral. Tergantung bagaimana sikap dan tanggapan kamu terhadap kejadian tersebut.

Studi : Kamu perlu belajar dari teman yang lebih paham. Tidak perlu malu dan gengsi.Persahabatan : Kritikan teman harus diterima dengan senang hati. Ini sebagai sinyal untuk memperbaiki diri.

Amor : Perlu kamu pikirkan kelanjutan dari hubungan selama ini dengan si dia.

HADAPI kenyataan yang ada dan kamu perlu introspeksi diri. Tidak perlu menyalahkan orang lain atau keadaan.

Studi : Selama belajar perlu ada selingan, sehingga tidak mudah jenuh atau bosan.Persahabatan : Bumbui pertemanan dengan canda ria. Jangan terlalu serius menanggapi teman yang beda

pendapat.Amor : Perlu suasana baru untuk menambah rasa romantis.

HADAPILAH masalah hidup dengan sabar. Tidak lupa terus berusaha dan berdoa untuk mengatasi masalah tersebut.Studi : Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat.Persahabatan : Lakukan silaturahim, sehingga bisa menambah teman baru dan mempererat teman lama.

Amor : Si dia tampaknya berubah pikiran. Cari tahu, mengapa hal ini terjadi.

BILA kamu yakin bahwa itu benar, jalani saja. Jangan hiraukan orang lain yang kelihatannya iri terhadap kamu.

Studi : Kamu perlu banyak belajar dari pengalaman orang lain.Persahabatan : Untuk menghangatkan dan menambah keceriaan pertemanan perlu berbagi cerita yang menarik

dan lucu.Amor : Tak ada salahnya memberi kejutan sama si dia sebagai

bukti perhatian.

KETERBATASAN diri tidak perlu menjadi putus harapan. Kerja keras dan semangat bisa menjadi jalan menuju sukses.

Studi : Banyak membaca bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan.Persahabatan : Perlu tukar pikiran dan pengalaman sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan rencana

masa depan.Amor : Perlu dibicarakan dengan tenang ketika beda

pandangan dengan pasangan.

PERLU bersikap optimis. Pandanglah sinar terang di balik kegelapan, sehingga menimbulkan semangat hidup.

Studi : Perlu meningkatkan konsentrasi belajar di sekolah maupun di rumah.Persahabatan : Saling menghargai dan menerima kondisi masing-masing akan menjaga keutuhan pertemanan.

Amor : Kamu harus penuh pengetian biar si dia tambah sayang !

Page 35: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

35Edisi 445 | 2014

Page 36: Sahabat Pena Edisi 445 Tahun 2014

36 Edisi 445 | 2014