radar tegal 30 jan 2015

24
SOSOK CMYK Harian Pertama Kebanggaan Wong Tegal RADAR TEGAL Rp. 3.000,- JUMAT, 30 JANUARI 2015 Sudahkah Janjinya Terbukti? *Loken wis katon bukti janjine? BW Lapor Ombudsman *Bar sing ngkon pan ngendi maning? Saya kira Pak Joko- wi se- d a n g berjalan di batas yang tipis. Antara memenuhi harapan publik dan tuntutan politik yang tinggi.” PHILIPS J. VERMONTE Pengamat Politik CSIS Lebih banyak m a - salah yang belum kelar ketimbang masalah yang sele- sai dengan baik.” BAMBANG WIDODO UMAR Pengamat Kepolisian dan Keamanan UI Seolah- olah Presi- den merestui tinda- kan kriminalisasi yang terus diarah- kan ke KPK. Kalau kita compare de- ngan Presiden SBY, rasanya dalam ka- sus ini SBY masih lebih baik dari pada Jokowi.” ZAINAL ARIFIN MOCHTAR Direktur Pukat UGM Jogjakarta K i n i sang- gupkah Presiden Jokowi memadamkan keba- karan di mana-ma- na, akibat bola pa- nas yang dilempar- kannya?.” H. MOHAMAD HEKAL MBA Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra BW Lapor Ombudsman Terkait Tindakan Penangkapan JAKARTA–Bambang Wi- djojanto terus melawan tin- dakan penangkapan dirinya oleh Bareskrim Mabes Polri. Setelah melapor ke Komnas HAM, Bambang mengadu- kan perkaranya ke Ombuds- man. Di waktu bersamaan, sejumlah pengacara juga melaporkan penang- kapan Bambang ke Divpropam Mabes Polri. Bambang mendatangi Ombudsman yang ber- kantor tak jauh dari Gedung KPK bersama se- jumlah kuasa hukumnya. ”Saya kesini setelah diskusi dengan kuasa hukum. Kami melihat ada- nya mal administrasi terhadap proses penang- kapan saya,” ujar pria yang akrab disapa BW ini. WAHYU DWI NUGROHO/RM MELAPOR-Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (kiri) tiba di kantor Ombudsmen , di Jakarta, Kamis (29/1). JAKARTA–Sikap patriot seorang Komjen Budi Gunawan tengah diper- taruhkan hari ini (30/1). Kapolri terpilih itu menghadapi pilihan hadir atau tidak dalam panggilan KPK sebagai tersangka kasus korupsi. Jika tidak hadir, tentu Budi tidak bisa menjadi teladan bagi anggota polri. Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha mengatakan, penyidik mem- butuhkan keterangan Budi Gunawan. Hari Ini BG Diperiksa sebagai Tersangka ke hal 7 kol 5 ke hal 7 kol 1 DINDA KANYA DEWI Emosi Mengalir SELAIN ber- bakat akting dan tarik sua- ra, artis Din- da Kanya Dewi pu- nya kebo- lehan lain. Model yang juga bintang sinetron itu pan- dai merangkai ke hal 7 kol 5 Sudahkah Janjinya TERBUKTI? ke hal 7 kol 5 PENEGAKAN hukum dan pemberantasan ko- rupsi menjadi buah bibir dalam 100 hari peme- rintahan Jokowi-JK. Banyak kebijakan kontro- versial yang muncul. Mulai dari pemilihan Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasona Laoly, melantik HM. Prasetyo sebagai Jaksa Agung, dan penunjukan Komjen Budi Gunawan sebagai Calon Kapolri. Untuk dua nama terakhir, kebijakan Presiden Jokowi membuat aktivis antikorupsi meradang. KPK dan PPATK yang diyakini mampu menjaga ritme pemberantasan korupsi malah diabaikan. ILUSTRASI: DNP/RATEG

Upload: jaelani-hutabarat

Post on 07-Apr-2016

335 views

Category:

Documents


21 download

DESCRIPTION

Radar Tegal 30 jan 2015

TRANSCRIPT

Page 1: Radar Tegal 30 jan 2015

SOSOK

CMYK

Harian Pertama Kebanggaan Wong Tegal

RADAR TEGALRp. 3.000,-JUMAT, 30 JANUARI 2015

Sudahkah Janjinya Terbukti?*Loken wis katon bukti janjine?

BW Lapor Ombudsman*Bar sing ngkon pan ngendi maning?

Saya kiraPak Joko-wi se-d a n g

berjalan di batasyang tipis. Antaramemenuhi harapanpublik dan tuntutanpolitik yang tinggi.”

PHILIPS J. VERMONTEPengamat Politik CSIS

L e b i hb a n y a km a -

salah yang belumkelar ketimbangmasalah yang sele-sai dengan baik.”

BAMBANG WIDODO UMARPengamat Kepolisian dan

Keamanan UI

Seolah-o l a hP r e s i -

den merestui tinda-kan kriminalisasiyang terus diarah-kan ke KPK. Kalaukita compare de-ngan Presiden SBY,rasanya dalam ka-

sus ini SBY masih lebih baik daripada Jokowi.”

ZAINAL ARIFIN MOCHTARDirektur Pukat UGM Jogjakarta

K i n is a n g -g u p k a h

Presiden Jokowimemadamkan keba-karan di mana-ma-na, akibat bola pa-nas yang dilempar-kannya?.”

H. MOHAMAD HEKAL MBAAnggota DPR RI Fraksi Partai

Gerindra

BW LaporOmbudsmanTerkait Tindakan Penangkapan

JAKARTA–Bambang Wi-djojanto terus melawan tin-dakan penangkapan dirinyaoleh Bareskrim Mabes Polri.Setelah melapor ke KomnasHAM, Bambang mengadu-kan perkaranya ke Ombuds-man. Di waktu bersamaan,

sejumlah pengacara juga melaporkan penang-kapan Bambang ke Divpropam Mabes Polri.

Bambang mendatangi Ombudsman yang ber-kantor tak jauh dari Gedung KPK bersama se-jumlah kuasa hukumnya. ”Saya kesini setelahdiskusi dengan kuasa hukum. Kami melihat ada-nya mal administrasi terhadap proses penang-kapan saya,” ujar pria yang akrab disapa BW ini.

WAHYU DWI NUGROHO/RM

MELAPOR-Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (kiri) tiba di kantor Ombudsmen , di Jakarta, Kamis (29/1).

JAKARTA–Sikap patriot seorangKomjen Budi Gunawan tengah diper-taruhkan hari ini (30/1). Kapolri terpilihitu menghadapi pilihan hadir atau

tidak dalam panggilan KPK sebagaitersangka kasus korupsi. Jika tidakhadir, tentu Budi tidak bisa menjaditeladan bagi anggota polri.

Kabag Pemberitaan KPK PriharsaNugraha mengatakan, penyidik mem-butuhkan keterangan Budi Gunawan.

Hari Ini BG Diperiksa sebagai Tersangka

ke hal 7 kol 5 ke hal 7 kol 1

DINDA KANYA DEWI

EmosiMengalir

SELAIN ber-bakat aktingdan tarik sua-ra, artis Din-

da KanyaDewi pu-nya kebo-lehan lain.

Model yangjuga bintang

sinetron itu pan-dai merangkai

ke hal 7kol 5

Sudahkah JanjinyaTERBUKTI?

ke hal 7 kol 5

PENEGAKAN hukum dan pemberantasan ko-rupsi menjadi buah bibir dalam 100 hari peme-rintahan Jokowi-JK. Banyak kebijakan kontro-versial yang muncul. Mulai dari pemilihanMenteri Hukum dan HAM (Menkum HAM)Yasona Laoly, melantik HM. Prasetyo sebagai JaksaAgung, dan penunjukan Komjen Budi Gunawansebagai Calon Kapolri.

Untuk dua nama terakhir, kebijakan PresidenJokowi membuat aktivis antikorupsi meradang.KPK dan PPATK yang diyakini mampu menjagaritme pemberantasan korupsi malah diabaikan.

ILUSTRASI: DNP/RATEG

Page 2: Radar Tegal 30 jan 2015

Seratus Hari yangMengecewakan

RADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comJURNAL GURU2

BAGI guru yang ingin karya tulisnya diterbitkan di halamanini, bisa dikirim melalui email [email protected] juga foto dengan pose santai. Terima kasih.

Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo,Direktur: Moh. Sukron. Pemimpin Umum: Moh. Sukron.Pemimpin Redaksi: M. Sekhun. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Zuhlifar Arrisandy. Koord. Liputan: M. Fathurrohman.Redaktur: Embong Sriyadi, Khikmah Wati, Laela Nurchayati, Adi Mulyadi. Kota Tegal: Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, K. Anam Syahmadani. Brebes:Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: Teguh Supriyanto. Slawi: Hermas Purwadi, Yeri Novelli, Muh. Fatkhudin. Pemalang: Moh. Khasanudin (Kepala Perwakilan), AgusPratikno, M. Ridwan, Siti Maftukhah. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan (Koordinator), M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Rizki

Fauzan. Desain Iklan: A.Sekhudin. Iklan: Taufiq Ismail (Manager), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi. Event/Off Print: Wahyu Suroto. Pemasaran:Sunarjo (Manager), Wahyu Subagyo, Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari (Perpajakan), Lita Rahmiati, Astri Prayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi,Moh. Erlin, Imron Rosyadi. HRD: Hesti Prasetyani. Manager Cetak Komersil: M. Abduh. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004. Jakarta :Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 3.000/eks. Percetakan: PT Wahana Java SemestaIntermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal.

Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 30.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 20.000/baris, Iklan Colour: Rp 40.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 80.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000. Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PTWahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT Wahana Semesta Tegal.

Percetakan Radar Tegal menerima cetak komersil untuk koran, tabloid, majalah, buku, LKS, dll.

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrikNgresula ini via SMS ke 082220810043, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal . Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa jugamenggunakan bahasa Tegalan. Isi ngresula mutlak menjadi tanggung jawab pengirim SMS, email, dan surat. Dapatkan Kaos Ngresula, yang berisi SMS Ngresula pilihan (hanya Rp 60.000/pcs).

Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surat tugas dan tidak dibenarkan meminta/menerimaimbalan dalam bentuk apapun dari narasumber.

Berharap dari Sekadar SilatOleh: Zuhlifar Arrisandy

KITA tentu berharapPresiden Joko Widodo(Jokowi) tidak sekadarmembentuk Tim Indepen-den atau Tim 9 untuk me-nyelesaikan kisruh di tubuh

Polri dan Komisi Pemberan-tasan Korupsi (KPK). Reko-

mendasi mereka harus dipe-domani dan dijalankan.

Meskipun, posisi tim itutidak sekuat Tim 8, timsejenis yang pernah di-

buat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saatmencari solusi konflik antara Polri dan KPK.

Saat itu Tim 8 diberi kewenangan untuk menemukanadakah kriminalisasi yang dilakukan Polri kepada komisionerKPK kala itu, Chandra Hamzah dan Bibit Samad Riyanto.Sebaliknya, Tim 9 bentukan Jokowi hanya berfungsimemberikan masukan.

Namun, Tim 9 bentukan Jokowi bisa efektif apabilarekomendasinya didengar. Misalnya, tentang tidakdiperlukannya pelantikan Komjen Budi Gunawan dansebaiknya mengajukan Kapolri baru. Itu adalah solusi pal-ing tepat karena kekisruhan antara Trunojoyo, MarkasBesar Polri, dan Kuningan, kantor KPK, berawal dariditunjuknya Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri.

Penunjukan Komjen Budi Gunawan yang (sangat tidakmungkin Jokowi tidak tahu) catatan buruknya dimiliki KPKadalah muara dari konflik antara Polri dan KPK. Konflik kaliini lebih parah karena hulunya berasal dari keputusanistana.

Dengan tidak dilantiknya Budi Gunawan, tersangkakorupsi tersebut bisa lebih fokus menghadapi kasushukumnya. Jika Jokowi konsisten agar penegakan hukumdijalankan, langkah itu adalah yang paling tepat.

Sebab, kita tidak bisa membayangkan punya seorangKapolri yang harus hilir mudik ke KPK untuk menjalanipemeriksaan. Karena kasus dugaan gratifikasi BudiGunawan terjadi di lingkungan internal Polri, kita juga tidakbisa membayangkan adakah anggota Polri yang beranimenjalani saksi pemeriksaan KPK jika Budi Gunawanmenjadi Kapolri.

Toh, Jokowi juga sudah mengantongi dukungan dariberbagai komponen masyarakat. Bahkan tokoh-tokohnasional pun tetap percaya, Presiden Jokowi bisamenuntaskan dan menyelesaikan persoalan pelik ini,dengan tetap berpihak pada kemauan rakyat sertakepentingan bangsa dan negara. Ini pula lah agaknya yangingin disampaikan secara tersirat kepada partai pendukungdan pengusungnya. Sehingga tanpa sungkan lagi, Jokowipun mesra melakukan pertemuan dengan mantanpesaingnya di pilpres, Prabowo Subianto.

Jokowi juga mesti menyiapkan skenario terburuk apabilapara pimpinan KPK saat ini, yang semua sudah dilaporkanke Bareskrim, menjadi tersangka. Jika Jokowi peduli denganpemberantasan korupsi, langkah antisipasi perlu dilakukan.

Tak perlu malu meniru langkah pendahulunya, PresidenSBY, yang membikin perppu pengangkatan Plt pimpinanKPK dengan sosok yang berintegritas untuk mengisikekosongan apabila komisioner saat ini ramai-ramai menjaditersangka. Saat itu SBY memilih Mas Achmad Santosa,Waluyo, dan Tumpak Hatorangan Panggabean untukmenjadi pimpinan sementara.

Prinsipnya, pro pemberantasan korupsi tidak cukuphanya di mulut. Juga, tak cukup hanya dipidatokan di ataskapal dengan banyak simbol. (*)

28 Januari 2015 lalu, peme-rintahan Presiden Joko Wido-do-Jusuf Kalla genap berusia100 hari. Selama itu pula, rak-yat Indonesia menaruh hara-pan besar kepada Jokowi un-tuk bisa melakukan peruba-han yang lebih baik bagibangsa ini.

Mungkin karena harapanyang besar dari rakyatlah Jo-kowi sempat dijadikan covermajalah Time edisi Oktober2014. Dalam cover itu, majalahterbitan Amerika tersebut me-nuliskan headline: A NewHope dengan huruf kapital.

Apalagi jika kita mengingatkembali pidato pelantikanJokowi di gedung MPR/DPR,Senayan, Jakarta, Senin 20Oktober 2014, harapan itu,tampaknya, akan terwujud.Dalam penutup pidato pe-lantikan presiden yang ber-judul ’’Di Bawah KehendakRakyat dan Konstitusi’’, Joko-wi dengan tegas mengatakan,’’Sebagai nakhoda yang diper-caya oleh rakyat, saya me-ngajak semua warga bangsauntuk naik ke atas kapal Re-publik Indonesia dan berlayarbersama menuju IndonesiaRaya. Kita akan kembangkanlayar yang kuat. Kita akan ha-dapi semua badai dan gelom-bang samudra dengan kekua-tan kita sendiri. Saya akanberdiri di bawah kehendakrakyat dan konstitusi.’’

Tapi, apa yang terjadi? Be-lum 100 hari pemerintahan-nya berjalan, Jokowi justrumembuat sejumlah janji yangdiingkari sendiri. Bahkan, ba-

ru-baru ini, Jokowi dinilai me-ngecewakan publik dalammenyikapi persoalan tentangpenolakan publik atas pen-calonan Komisaris JenderalBudi Gunawan (BG) sebagaiKapolri dan penangkapanWakil Ketua KPK BambangWidjojanto (BW) olehBareskrim Polri.RAPOR JOKOWI

Sebagaimana dicatat TheNew York Times pada 17 Ja-nuari 2015, sosok Jokowi saatini mulai kehilangan kilaunya.Dalam artikel yang ditulis ko-responden The New York Ti-mes yang berjudul For Indone-sians, President’s Political Out-sider Status Loses Its Luster, JoeCochrane mendata sejumlahkebijakan dan keputusan Jo-kowi yang dinilai merusakcitra sendiri.

Memang, ketika terpilih,Jokowi segera saja menjadiapa yang disebut Cochranesebagai political outsider.Artinya, Jokowi telah meme-gang jabatan penting dan di-anggap mampu mengubahsistem yang sudah ada, me-ngubah hal yang tidak bisadiubah, serta memberikanharapan yang cerah bagirakyat.

Namun, sebagaimana Co-chrane mencatat lebih lanjutdengan cerdas, satu-satunyayang bisa ditebak dalam duniapolitik di Indonesia adalahketidakpastian itu sendiri. Ki-ni Jokowi justru lebih banyakmemberikan sejumlah keke-cewaan bagi para pendu-kungnya.

Belum genap 100 hari me-mimpin pemerintahan, dia su-dah membuat empat inkon-sistensi sekaligus. Pertama,saat Jokowi memutuskan un-tuk menaikkan harga BBM.Padahal, pada masa kampa-nye pilpres, dia telah berjanjidi depan anggota IPOI (IkatanPersaudaraan Ojek Indone-sia) pada 16 Juni 2014 di JalanBorobudur 18, Jakarta Pusat,untuk tidak menghapus sub-sidi BBM.

Kedua, ketika Jokowi me-ngumumkan kebinetnya. Se-belum mengumumkan kabi-net, dia berjanji untuk tidakberkompromi dan tidak tran-saksional dalam menyusunkabinet. Namun, Jokowi ma-lah menyusun kabinet yangpenuh dengan transaksi sertakompromi.

Terdapat beberapa namamenteri yang di luar ekspektasipublik dan merupakan titipanpetinggi parpol koalisi pen-dukung Jokowi. Misalnya,Puan Maharani (menteri ko-ordinator bidang pembangu-nan manusia), Ryamizard Rya-cudu (menteri pertahanan),Rini Soemarno (menteri ba-dan usaha milik negara), sertaTedjo Edhy Purdijatno (men-teri koordinator bidang poli-tik, hukum, dan keamanan).

Ketiga, saat Jokowi memu-tuskan memilih jaksa agungdari Partai Nasdem, M. Pra-setyo. Padahal, sebelumnyaSekretaris Kabinet Andi Wid-jajanto menegaskan bahwaJokowi tidak akan memilihjaksa agung dari kader partai.

Dalam pernyataannya, Rabu29 Oktober 2014, Andi me-mastikan Jokowi akan menun-juk jaksa agung dari kalanganprofesional internal atau darieksternal Kejaksaan Agung.

Keempat, yang juga sangatmenyakitkan hati publik, pe-nunjukan Komjen Budi Gu-nawan (BG) sebagai calontunggal Kapolri pada 9 Januarilalu. Penunjukan BG itu dinilaitelah mengkhianati rakyat se-kaligus konstitusi karena BGtelah ditetapkan sebagai ter-sangka korupsi oleh KPK. Se-telah penetapan tersangka itu,Jokowi justru tidak menga-nulir pencalonan BG, malahdibiarkan menggantung. Aki-batnya, persoalan tersebutsempat meluas dengan di-tangkapnya BW oleh Bares-krim Polri yang dinilai banyakpihak sebagai aksi balas den-dam Polri terhadap KPK.JADILAH PEMIMPIN

Sangat jelas terlihat, raporJokowi lebih banyak merahdaripada birunya. Meski diasudah melakukan sesuatuyang sangat disukai publik –misalnya, kebijakan ofensifuntuk menyelamatkan keka-yaan laut Indonesia melaluiMenteri Kelautan Susi Pudji-astuti; program tiga kartu sakti(kartu Indonesia sehat, kartuIndonesia pintar, dan kartukeluarga sejahtera); kebijakanpenurunan harga BBM; danrencana membangun 13 ben-dungan baru pada 2015 untukmengejar swasembada pa-ngan, hal itu tidak bisa menu-tupi empat kesalahan politik-

Oleh: Asrudin*)nya tersebut. Hal tersebutterlihat dari besarnya ekspresikekecewaan publik yang ter-gambar di laman media sosialFacebook dan Twitter.

Meski ada yang membeladengan menyatakan bahwarapor merah itu timbul karenaJokowi tersandera pemain po-litik berpengaruh lainnya se-perti Megawati, Surya Paloh,dan Jusuf Kalla, hal tersebuttetap tidak bisa dijadikan ala-san pembenar. Menjadi seo-rang pemimpin memang tidakmudah. Dia harus siap mem-bela kepentingan rakyat dankonstitusi, bukan kepenting-an elite politik partai pendu-kungnya.

Karena itu, 100 hari pertamaini harus dijadikan pelajaranoleh Jokowi untuk bisa mem-perbaiki kesalahan agar kedepan Indonesia menjadi le-bih baik dan kepercayaan pu-blik kembali tumbuh.

Caranya sangat mudah,tunjukkan saja kepada publikbahwa Jokowi merupakanstrong leader yang bisa me-nyelaraskan janji dengan rea-lisasi serta bisa menyelaraskankata dengan perbuatan. Itusaja kata kunci yang dibu-tuhkan publik dari seorangJokowi. Jika itu berhasil dila-kukan, revolusi mental seba-gaimana yang diusung Jokowisejak masa kampanye PemiluPresiden 2014 akan menjadisebuah gerakan nasional. Se-moga! (**)

*) Peneliti di LingkaranSurvei Indonesia Group

TANGGAL 31 Januari men-jadi momen bersejarah bagiNahdlatul Ulama (NU). Sebab,pada tanggal itulah NU didiri-kan. Sejak awal berdirinya, NUtidak pernah absen dalam me-ngawal perkembangan bang-sa. Resolusi jihad HadratusSyaikh Hasyim Asy’ari adalahsalah satu momentum khid-mat NU untuk mempertahan-kan kemerdekaan bangsa.NKRI akhirnya bisa berdirikukuh dan menunjukkan jatidirinya di tengah bangsa-bangsa lain.

Dalam perjalanan pemba-ngunan bangsa, NU senan-tiasa mengawal dan memberi-kan warna. Penegasan terha-

NU, Fatwa Antikorupsi, dan Hukuman Mati (Bag.1)Oleh: Fatkhul Anas

dap bentuk negara Indonesiasebagai darus salam adalahikhtiar NU dalam menjaga ke-ragaman bangsa. NU tidakmemberikan label darul Islambagi Indonesia, mengingatbangsa ini dibangun oleh ele-men yang plural. Bangsa inijuga terdiri atas keragamanyang kompleks, baik dari segikepercayaan, suku, bahasa,maupun budaya.

Di tingkat masyarakat, sudahsejak dulu NU melakukan pem-berdayaan melalui gerakan dak-wah dan pendidikan. Pesan-tren, sekolah, serta komunitaspengajian di masyarakat kotahingga desa senantiasa eksishingga saat ini. Itu adalah upaya

NU untuk menjaga iklim religiusbangsa dan membina kader-kader bangsa agar memilikimoral yang luhur.FATWA ANTIKORUPSI

Kali ini, pengawalan NU ter-hadap bangsa dihadapkanpada tantangan yang kom-pleks. Upaya pelemahan ter-hadap KPK oleh beberapaoknum menjadi isu yang be-gitu sengit.

KPK sedang digerogoti dansepertinya ada upaya masifuntuk mematikan peran lem-baga tersebut dalam pene-gakan antikorupsi. Jika KPKbenar-benar lemah, perju-angan untuk melawan korupsitentu akan terseok-seok, bah-

kan bisa jadi akan menemu-kan jalan buntu.

KPK selama ini menjadisimbol bagi upaya nyata da-lam pemberantasan korup-si. KPK merupakan kadountuk rakyat di tengah iklimkorupsi bangsa yang begitukondusif. Sayangnya, kadotersebut saat ini sedang di-guncang dan terus diserang.Akankah KPK bubar dankoruptor menang?

Di sinilah NU dituntutmemberikan sikap yang tegasuntuk memerangi korupsi. NUperlu menengok kembali fat-wa yang dikeluarkan dalamMunas NU di Pondok Gedepada 2002. NU secara tegas

memberikan keputusan bah-wa koruptor ketika mati tidakperlu disalati para ulama, kiai,dan tokoh-tokoh agama Is-lam. Cukup masyarakat biasayang melakukannya.

Keputusan tersebut meru-pakan sikap yang lahir dariittiba’ (mengikuti) Nabi Mu-hammad SAW. Pernah suatuketika Nabi MuhammadSAW tidak mau menyalatisahabatnya, tetapi menyu-ruh para sahabat untuk me-nyalatinya. Para sahabatyang keheranan terhadap si-kap Nabi SAW tersebut me-ngajukan pertanyaan me-ngapa beliau tidak mau me-nyalatinya. (Bersambung)

PDAM PayahKiye aku pan melu takon. Pimen

kiye PDAM, aku wis ndaftar suwedurung dipasang-pasang ngantipatang wulan. Sampe saprene yaduring dipasang. Duit wes metu Rp450 ewu padahal. Payah.

081542029337

Ibu. Loken aku sing kerja ning biropan di-KO Bu? Tega nemen yah. DPhotel Rp 5 juta, pan diganti dinas?Payah ah, ora nduwe prinsip ramahlingkungan.

08157777792

Lampune PadaMati

Yth. Kepala DPU Kota Tegal. Mo-hon maaf Pak, lampu di Jl. Srikandikomplek GOR Wisanggeni tiba-tibasatu jalur mati semua. Sementar boxnyala. Mohon diperbaiki Pak. Soal-nya kalau malam gelap. Matur suwun.

085647641600

Ngiri Sung!Mau nyambung unek-unek yang

dari M. Hazobe di Ngresula tanggal29 Januari 2014 mengenai BrebesBerhias. Lebih baik lagi, dihiasidengan tulisan asmaul khusna se-perti di Kota Tegal yang dari PasificMall sampai perbatasan Tegal-Bre-bes. Semga bisa dipertimbangkan.Aku sebagai orang Brebes, ngirisama Kota Tegal.

087730734323

MbahayaniNemen

Kang Jon, tulung nang Jl. KaptenIsmail No. 82 Tegal, ana wit-witanmati tinggal rubuhe. Bahaya nemenkanggo penduduk Tegal. Saran kang-go wali kota Tegal sewaktu blusukan.

089658537351

Donge DitundaAku sing biro wisata, krungu-

krungu Dinas Pendidikan KotaTegal nglarang siswa SMA piknik keluar pulau. Lamon bisa aturanberlaku mulai tahun ngarep bae Bu.Soale lamon ndadak, wis akeh singkadung kontrak karo biro wisata.Terus hotel-hotel ning Bali karo bisjuga wis di-DP. Kasihanilah daku

Page 3: Radar Tegal 30 jan 2015

JAWA TENGAHRADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 3

Hasil Sidakdi Sejumlah Mall

PEKALONGAN - Disperin-dakop dan UMKM Kota Peka-longan, menemukan puluhanbuah apel impor jenis RoyalGala yang masih dijual di su-permarket Giant dalam sidak,Kamis (29/1) siang. Pihak pe-ngelola supermarket, akhir-nya diminta menarik apelyang mengandung bakter list-eria monocytogenes tersebutdari rak penjualan.

Sidak tersebut dilakukanatas tindaklanjut dari instruksiKementrian Perdaganganyang melarang dua produkapel impor karena disinyalirterkontaminasi bakteri yangdapat mengakibatkan infeksiserius tersebut. Selain ke Gi-ant, sidak juga dilakukan dibeberapa supermarket lainseperti Hypermart, Carrefourdan Robinson.

Kasi Pengawasan Disperin-dagkop UKM, Setya Budi me-ngatakan, dalam sidak itu adasebanyak 58 buah apel jenisroyal gala yang akhirnya di-tarik. “Kami Temukan ada 58buah masih di jual di etalase.Kemudian kami minta untukditarik, dan sampelnya diba-wa untuk diperiksa,” kata dia.

Dia menjelaskan, tidak se-mua apel impor yang beredarterindikasi bakteri itu. Hanyaapel jenis royal gala dan gran-ny smith produksi Bidart Bros,Bakersfield dari California,Amerika, yang diduga me-ngandung bakteri. Usai dita-rik, dikatakan Setya pihaknyaberharap agar pengelola su-

permarket dapat memusnah-kan apel tersebut.

Sidak serupa, akan kembalidilakukan Jumat (30/1). Pihak-nya akan menyasar sejumlahlos buah untuk meninjau ke-beradaan apel impor. Selainitu, Disperindag juga akan me-mantau penjualan buah dipasar-pasar tradisional. “Se-belumnya kami sudah meme-

Tarik ApelRoyal Gala

M AINUL ATHO/RADAR PEKALONGAN

DITARIK - Puluhan apel impor jenis Royal Gala ditarik dariSupermarket Giant, setelah ditemukan masih dijual.

riksa los buah di jalan PatiUnus tapi hasilnya sudah ber-sih. Besok kami tinjau kem-bali,” kata dia.

Staf Senior Giant, M Mudrikmenjelaskan, sebelumnya Gi-ant sudah menarik apel imporjenis Granny Smith. Semen-tara untuk Royal Gala yangbaru ditemukan, belum sem-pat ditarik. (nul/hun)

KucurkanAnggaranRp 207 Juta

TEMANGGUNG - Pemerin-tah Kabupaten Temanggungmengelontorkan anggaransebesar Rp207 juta, untukmembenahi kawasan rest areadi Desa/Kecamatan Kledung.Hal ini dilakukan untuk me-nunjang pengembangan du-nia pariwisata di daerah lem-bah Sindoro Sumbing.

Plt Kepala Dinas Kebudaya-an Pariwisata Pemuda danOlahraga Kabupaten Temang-gung, Bibit Aminatun menga-takan, anggaran sebesar ituakan digunakan untuk mem-bangun pusat kuliner dantempat bermain anak.

“Masih kosong, selama ini

belum ada tempat untuk ber-jualan,” katanya Kamis, ke-marin.

Selain itu, anggaran terse-but juga akan dialokasikanuntuk memperbaiki fasilitaspendukung yang ada, sepertitoilet dan musala.

“Fasilitas umumnya sudahada. Tapi airnya memang be-lum ada mengalir dengan baik,jadi perlu diperbaiki,” katanya.

Menurutnya, rest areaKledung berada di antaraGunung Sindoro dan Gu-nung Sumbing, terletak dipinggir jalan raya Sema-rang-Purwokerto di Keca-matan Kledung. Daerah inimemiliki panorama alamyang indah dengan udarayang sejuk.

Sehingga sangat cocok dija-dikan tempat untuk beristira-

SETYO WUWUH/TEMANGGUNG EKSPRES

DIPERBAIKI - Untuk mengembangkan potensi tempat wisata, pemerintah melakukan pembenahan rest area Kledung .

Pemerintah Benahi Rest Area Kledunghat bagi pelancong.

“Sangat beda dengan restarea yang lainnya. Rest areaKledung memiliki kelebihandengan pemandangan alamdan udaranya yang masih se-juk,”tuturnya.

Diakuinya, seiring dengandi bangun rest area tersebut,pemerintah juga membangunUMKM Center untuk pusatoleh-oleh khas Temanggungdan Kecamatan Kledung. Na-mun, belum berfungsi secaraoptimal.

“Memang sudah ada, tapikami akui pengelolaan belumberjalan seoptimal yang kamiinginkan. Diharapkan denganadanya penambahan pusatkuliner ini bisa meramaikanrest area Kledung,” harapnya.Dia mengatakan tidak jauhdari rest area Kledung, yakni

di Desa Tlahab terdapat objekwisata Posong yang mulai ra-mai dikunjungi wisatawanbaik domestik maupun man-canegara. Melalui objek wisa-ta di lereng Gunung Sindorotersebut wisatawan dapat me-nikmati keindahan matahariterbit.

Dijelaskan, objek wisataPosong dikelola oleh BadanUsaha Milik Desa Tlahab. Se-tiap bulan objek wisata alamini dikunjungi sekitar 2.000hingga 3.000 wisatawan. Di-harapkan, pembenahan restarea Kledung bisa mening-katkan kunjungan wisata didaerah perbatasan Kabupa-ten Temanggung dan Wono-sobo ini.“Kedua tempat wisataini sangat berdekatan, salingmenguntungkan,” tandasnya.(set/hun)

CEPU - Kabupaten Blorakehiangan salah satu tempatperbelanjaan besar di wila-yahnya. Sebab, Swalayan Bra-vo ludes terbakar pada Kamis(29/1) dini hari.

Hingga kemarin belum di-ketahui apa penyebab koba-ran si jago merah. Polres Bloramasih menyelidiki penyebabterjadinya kebakaran padapusat berbelanjaan terbesar,yang berada di KecamatanCepu, Blora ini.

”Hingga kini (kemarin) kamibelum bisa menyimpulkanpenyebab kebakaran TokoSwalayan Bravo yang ada diDesa Balun, Kecamatan Ce-pu, Jateng itu,” kata Kasat Res-krim Polres Blora AKP Asnan-to, ketika dihubungi lewat te-lepon kemarin.

Untuk memastikan penye-bab terjadinya kebakaran,tentunya akan didatangkantim ahli untuk melakukan pe-nyelidikan tersebut. Dijelas-kan kronologis kebakaran diSwalayan Bravo tersebut di-perkirakan terjadi pada Kamis(29/1) pukul 2.00 WIB.

Akibat kebakaran tersebut,lanjut dia, sebagian besar isibarang dagangan ludes ter-bakar. ”Kalaupun ada barangdagangan yang selamat, jum-

lahnya tidak banyak. Menge-nai kerugian juga belum diesti-masi seluruhnya,” ujarnya.

Dijealskan, tidak ada kor-ban jiwa dalam musibah terse-but, sebab saat peristiwa terja-di toko dalam kondisi tutup.Api berhasil dipadamkan se-kitar pukul 08.00. Dan hinggakemarin sore tim pemadamkebakaran yang diterjunkandi lokasi kebakaran masih me-madamkan bara api, yang di-mungkinkan masih ada.

”Hingga Pukul 14.00 upayapemadaman bara api meng-habiskan 80 tangki air. Air di-ambilkan dari Pertamina danPDAM setempat,” jelasnya.Sebagai antisipasi terhadaphal-hal yang tidak diinginkan,di lokasi diterjunkan sejumlahpersonel kepolisian. Meski-pun swalayan tersebut me-ngalami kebakaran, beberapapekerja ada yang datang kelokasi yang dimungkinkan ti-dak mengetahui peristiwa ter-sebut sebelumnya.

Dipaparkan, Swalayan Bra-vo Cepu merupakan pusatperbelanjaan terbesar saat inidi Kecamatan Cepu. Pusatperbelanjaan yang terletak diJalan Randublatung Tambak-romo, Cepu tersebut, diper-kirakan dibangun pada tahun

Swalayan Bravo Ludes Terbakar

EKO JULIYANTO/RADAR KUDUS

LUDES - Petugas melakukan pemadaman si jago merah,yang melalap swalayan Bravo Kecamatan Cepu Blora.

2010. Bravo menyediakan ber-bagai barang untuk keperluanrumah tangga dari mulai pa-kaian, kosmetik, dan perala-tan dapur.

Tim Pemadam kebakaranyang diterjunkan, yakni dariPemkab Blora, Pusdiklat Mi-gas, BPBD dan Bojonegoro.Anggoro, warga Cepu yangberada di lokasi kejadian me-

nambahkan, hingga kini ma-sih muncul kepulan asap dariswalayan yang terbakar ter-sebut.

Peristiwa tersebut, lanjutdia, mengakibatkan kemace-tan arus lalu lintas hingga satukilometer lebih karena banyakpula warga yang menontonproses pemadaman tersebut.(eko/hun)

BATANG - Pegawai TidakTetap (PTT) di wilayah Peme-rintah Kabupaten Batangakhirnya dapat tersenyum le-bar. Pasalnya, mulai Januari2015 ini gaji PTT naik Rp 400ribu, dari yang awalnya Rp 850ribu, sekarang menjadi Rp1.250.000. Hal tersebut meru-pakan kabar baik bagi paraPTT yang bekerja selama ini.

Bupati Yoyok Riyo Sudibyo,saat memberikan sambutandalam kegiatan Sosialisasi

BPJS Kesehatan dan Ketena-gakerjaan, di Kantor DinasPendapatan Pengelolaan Ke-uangan dan Aset Daerah(DPPKAD), mengatakan, un-tuk menaikkan gaji sebesar Rp400 ribu tidaklah gampang,perlu perjuangan yang luarbiasa. Karena kebutuhan diPemkab sangatlah banyakdan harus tercover.

“Hal ini menolong gaji PTTuntuk setara dengan gajiUMK, karena selama ini gaji

PTT belum setara denganUMK. Sehingga diperjuang-kan dan hal ini tidak segam-pang yang dibayangkan,” tu-tur Yoyok.

Ditambahkan, dengan ada-nya kenaikan agaji PTT ini diha-rapkan bisa disyukuri. Semogadengan kenaikan gaji ini paraPTT bisa lebih semangat danikhlas dalam bekerja. Dirinyaakan berusaha semaksmialmungkin, tingkatkan kesejah-teraan para PTT. (rul/hun)

Gaji PTT Naik Rp 400 Ribu

Page 4: Radar Tegal 30 jan 2015

AGENDA HOTELHOTEL KARLITA

Rabu dan Sabtu, Show DJ and Dancer Performance pukul23.00-03.00 WIB di Zodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

HOTEL BAHARI INN Tegal

- Setiap Senin & Jumat

Live Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam 19.00 WIB

- Sabtu

Happy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00 - 03.00 WIB

Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399

Hotel Karlita (0283) 358050

Orange Karaoke (0283) 322022

Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284

Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo

- Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon (0283) 342330 (0283) 342331

- d’POSO resto (0283) 6144277

- Anggraeni Hotel (0283) 881011

Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes

- Dian Hotel (0283) 877216

JL. Cendrawasih No 304 Tanjung- Brebes

- Hotel Dedy Jaya (0283) 673133 / 673158

TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran (0283) 325429

2. Pelayanan Gangguan PLN (0283) 342245

3. Polresta Tegal (0283) 356115

4. Rumah Sakit Umum Kardinah (0283) 356067 / 341938

5. Pelayanan Gangguan PDAM (0283) 356175 / 358316

6. Stasiun Besar Tegal (0283) 353018

7. Terminal Bis Tegal (0283) 354696 / 354695

8. Rumah Sakit Amanah Mahmudah (0283) 6183504

9. Pelayanan 24 Jam (0283) 340999, 340399,

RS Mitra Keluarga Tegal 3390390

UGD, Laboratorium, Radiologi, Apotek, Ambulance

Jl. Sipelem No. 4 Kemandungan Tegal

RADAR TEGALJUMAT, 30 JANUARI 2015

website : radartegal.com,epaper: epaper.radartegal.com4

BAHTSUL MASAILHukuman Mati Bagi Bandar NarkobaAssalamu’alaikum wr. wb.

Baru-baru ini muncul ko-ntrovesi mengenai hukumanmati bagi bandar narkoba.Ada pihak yang setuju, adajuga pihak yang tidak setuju.Yang ingin saya tanyakan, apa-kah boleh dalam pandanganhukum Islam menghukummati bandar narkoba? Kamimohon penjelasannya, danatas penjelasannya kamiucapkan terimakasih. Wassa-lamu’alaikum wr. wb. (AgusTriyono/ Jakarta)

Assalamu’alaikum wr. wbPenanya yang budiman, se-

moga selalu dirahmati AllahSWT. Sebagaimana kita keta-hui bersama bahwa narkobamerupakan momok yang me-nakutkan bagi kita semua ka-rena besarnya dampak negatifyang ditimbulkan. Bahkan di-laporkan setiap hari ada 40nyawa melayang akibat kega-nasan narkoba. Ini artinya se-tiap satu hari kita kehilangan40 generasi bangsa kita, mere-gang nyawa sia-sia.

Memang tidak ada nash

yang secara sharih menje-laskan tentang ketentuan hu-kuman had atau kafarat bagibandar narkoba. Padahal ban-dar narkoba jelas merupakanaktor penting yang berperansebagai penyedia barang ha-ram yang telah memakan kor-ban yang tidak sedikit, meru-sak generasi bangsa kita, danmenimbulkan efek negatif(mafsadah) yang luar biasabesarnya.

Di dalam hukum Islam di-kenal istilah takzir. Menurutkesepakatan para ulama, tak-zir merupakan hukuman yangdisyariatkan atas pelanggaranatau kemaksiatan yang di da-lamnya tidak terdapat keten-tuan hukuman had dan ka-farat. Hal ini sebagaimanadikemukakan Ibnu Taimiyah.

“Para ulama telah sepakatbahwa hukuman takzir itudisyariatkan untuk setiap pe-langgaran (ma’shiyah) yangtidak terdapat ketentuan hu-kuman had dan kafarat”. (Ib-nu Taimiyah, Majmu’ al-Fat-wa, Iskandaria-Dar al-Wafa`,

cet ke-3, 1426 H/2005 M, juz,30, h. 39).

Pertanyaan penting yang ha-rus diajukan di sini adalah apa-kah hukuman takzir diper-bolehkan sampai pada tarafmenghukum mati? Dalam pan-dangan kami, jelas diperboleh-kan sepanjang pelanggaranyang dilakukan menimbulkandampak negatif (mafsadah)yang massif. Bahkan member-ikan hukuman takzir dengancara menghukum mati pernahdilakukan pada masa sayyidinaUmar bin al-Khaththab ra.

Umar bin al-Khaththab rapernah mengumpulkan parasahabat senior yang alim danmengajak mereka untukmendiskusikan tentang huku-man yang setimpal bagi pela-ku liwath. Mereka pun kemu-dian mengeluarkan fatwa agarpelakunya dihukum mati de-ngan cara dibakar.

“…bahwa sayyidina Umarbin al-Khaththab ra mengum-pulkan para sahabat senioryang alim dan mengajak me-reka bermusyawarah menge-

nai hukuman yang layak bagipelaku liwath. Kemudian me-reka pun memberikan fatwahukuman mati bagi pelakutersebut dengan cara mem-bakarnya. Model hukuman inimerupakan model yang palingmengerikan dalam bab huku-man takzir…” (Abdurrahmanal-Juzairi, al-Fiqh ‘ala Mad-zahbib al-Arba`ah, Bairut-Daral-Fikr, juz, 5, h. 249).

Berangkat dari penjelasanini maka menghukum matibandar narkoba itu jelas di-perbolehkan dengan pertim-bangan bahwa ia telah mela-kukan suatu tindak kejahatanyang membawa dampak ne-gatif yang sangat luar biasabagi kelangsungan kehidu-pan manusia.

Bahkan dalam beberapa ka-sus kami pernah mendengarbahwa para bandar narkobayang tertangkap kemudiandipenjara, masih saja bisamenjalankan bisnisnya daridalam penjara. Ini artinya hu-kuman penjara ternyata tidakbisa memberi efek jera. Dan

sudah barang tentu hukumanmati pantas diberikan kepa-danya. Sebab, kejahatan yangia lakukan ternyata tidak dapatdicegah.

Nahdlatul Ulama sendiridalam Muktamar ke-31 di As-rama Haji Donohudan-Boyo-lali-Jawa Tengah telah memu-tuskan kebolehan untukmenghukum mati bagi pema-sok psikotropika dan narko-tika.

Alasan yang dikemukandalam keputusan tersebutadalah karena menimbulkanmafsadah yang besar. (Lihat,Ahkam al-Fuqaha‘, Khalistadan Lajnah Ta’lif Wan Nasyr,cet ke-1, 2011, h. 618-624).

Demikian jawaban yang da-pat kami kemukakan. Dan su-dah menjadi kewajiban bagikita semua untuk berperangmelawan narkoba. Semua pi-hak harus saling bahu-mem-bahu menyelamatkan generaibangsa ini dari ancaman nar-koba. Karena ini juga merupa-kan bagian dari jihad di jalanAllah. (nu.or.id/ima)

JAKARTA - Zaskia AdyaMecca tak bisa menduga jikafilm terbarunya berjudul ‘H-ijab’ mendapatkan tuduhanpahit. Film ‘Hijab’ yang disu-tradarai Hanung Bramantyomasih menuai kritik. Film terse-but dianggap tak sesuai de-ngan ajaran agama Islam.

Padahal, film tersebut di-angkat berdasarkan realitasyang nyata di kehidupan se-hari-hari dan dikemas secarakomedi dan drama secara be-rimbang. Menanggapi kriti-kan tersebut, para pemeran‘Hijab’ menggelar jumpa persdi Bilangan Sudirman, Ja-karta, Selasa (27/1).

“Kita berkumpul disini untuk menjelaskanfilm ‘Hijab’ yang katanyatidak mencerminkan aja-ran agama,” kata ZaskiaAdya Mecca seperti yangd i l a n s i rINDOPOS( G r u p

JPNN.com), Rabu (29/1).“Kami menjelaskan bahwa

film ini bukanlah film yang me-nyudutkan Islam tapi lebihkepada kehidupan nyata wa-nita-wanita berhijab yang mo-dern dan ingin sekali berkrea-tivitas tanpa interfensi darisang suami”.

Zaskia Adya Mecca yangjuga turut berperan dalammemproduksi film ‘Hijab’ me-ngaku sebelumnya sudahmendiskusikan film dengan

Majelis Ulama Indone-sia (MUI). Hasilnyaketua lembaga

tersebut, DinS y a m s u d -din, mem-beri res-pon posi-

tif. Tokohulama itu

menilai ti-

dak ada yang salah dari film‘Hijab’.

“Beberapa waktu lalu kamimengundang khusus ketuaMUI dan menggelar nontonbersama. Alhamdulilah men-dapat respon positif dari be-liau,” beber Zaskia.

“Bahkan beliau menghim-bau kepada seluruh masya-rakat untuk berbondong-bondong menonton film ‘Hi-jab’ dan berpesan agar tidakbepikiran negatif terlebih da-hulu karena temanya”.

Setelah muncul dibioskop, rupanya

ada segelintir or-ang yangmengkritikt a n p a

alasan kuatkarena ti-

dak menonton sepenuhnyafilm tersebut. Penilaian jugasemakin tidak objektif, saatmenuduh Hanung yang ber-tindak sebagai sutradara di-cap anggota Jaringan IslamLiberal (JIL).

“Tak pernah terbayangkanakan menuai reaksi yang cu-kup keras dari beberapa pihakseperti sekarang. Suami sayadibilang JIL padahal bukan.Dihakimi pembuat film ‘Hijab’adalah pembenci Islam, Andabayangkan dituduh memben-ci sesuatu yang sangat sayacintai, dan dituduh mengko-

mersialisasikan aga-m a , ”

ungkapnya.Senada dengan Zaskia

Mecca, Carissa Putri pun me-ngatakan bahwa film ‘Hijab’tidak menyinggung pihak ma-napun dan paham agama Is-lam.

“Dari segi cerita saja tidakmenyinggung pihak manapunapa lagi faham agama Islam,”kata Carissa. “Ini terjadi nyatadi kehidupan sehari-hari ma-lah banyak unsur komedinyayang pastinya menghibur.”

Carissa juga menambahkanbahwa film ‘Hijab’ bisa dinik-mati oleh semua kalanganbukan hanya muslim saja. Tika

Bravani juga turut angkatbicara.

“Kita tidak mau adakonflik di sini. Banyakyang belum menontonfilm ini tapi sudah ber-

fikiran negatif. Jadinonton dulu baru

bicara dan ja-ngan berima-

jinasi,” kataTika. (cr-05/ima)

Film Hijab Lecehkan Islam?

MESKI menjadi salah satuorang terkaya dalam sejarah,pemakaman Raja Arab SaudiAbdullah yang meninggal pa-da Jumat pagi kemarin dila-kukan secara sederhana.

Jenazah Raja Abdullah di-makamkan secara sederhanatanpa batu nisan mewah be-rtuliskan namanya di sebuahpemakaman umum di Riyadhpada Jumat sore, 24 Januari2015. Tidak ada penghorma-tan atau pun tangisan daripara pejabat dan rakyatnya.

Arab Saudi memang mela-rang kesedihan atau berka-bung berlebihan karena di-anggap berdosa, mirip denganpenyembahan berhala.

Tidak ada masa berkabungresmi di Arab Saudi, hanyapengibaran bendera secarapenuh di seluruh wilayah ke-rajaan. Meskipun Raja Ab-dullah populer di kalanganrakyatnya, tidak ada acara tu-

run ke jalan-jalan kota untukmemperingati kematiannya.

Kantor-kantor pemerintahberoperasi normal seperti bia-sanya. Mereka tutup pada hariJumat dan Sabtu yang meru-pakan hari libur reguler. Mere-ka akan buka seperti biasa pa-da hari Minggu.

Setelah salat Ashar, jenazahRaja Abdullah di bawa ke mas-jid dengan ambulans untukdisalati. Setelah itu, jenazah-nya diangkat ke pemakamanoleh saudara laki-laki Abdul-lah. Pemakaman Abdullah di-hadiri oleh jajaran pemimpinmuslim, para pangeran, ulamadan pengusaha Arab.

Kesederhanaan itu meru-pakan perubahan yang sangatdrastis ketika ia menjadi pe-nguasa Saudi. Sebuah kawatdiplomatik AS tahun 2006mencatat Abdullah secara pri-badi minta pengawalan leng-kap seperti Air Force One saat

Pemakaman Sederhana Rajaberkunjung ke AS denganBoeing 747.

Kendati demikian, diban-ding saudara dan keponakan-nya, Abdullah termasuk sosokyang hemat. Dia memilih berli-bur di sebuah kamp padangpasir daripada di istana me-wah Mediterania. Dia jugadikenal sebagai sosok yangtegas dalam membatasi akseskeluarganya dalam istana.

Menurut laporan, dia me-merintahkan para pangeranuntuk membayar tagihan tel-epon mereka dan memesantiket penerbangan nasional dimuka.

Abdullah dan warga kera-jaan Arab Saudi secara umumadalah penganut Wahabi. Pa-ham keagamaan ini menge-cam berdirinya makam-ma-kam megah yang dikeramat-kan seperti yang dilakukanbanyak kaum Sufi dan Syiah..(worldbulletin/ima)

PESEPAKB OL A mudaJerman Danny Blum mengu-mumkan telah memeluk Is-lam. Blum menggambarkanIslam sebagai agama hara-pan dan kekuatan.

“Islam telah memberikuharapan dan kekuatan. Sa-lat bisa mendamaikan jiwa,”Blum mengatakan kepadakoran Bild pada Senin ke-marin.

Blum merasa ia adalahsosok yang mudah marahdan tersinggung. Blum ber-gabung dengan FC Nurn-berg di Bavaria pada Julitahun lalu. Klub itu bermaindi Divisi Kedua di sistemsepakbola profesional Jer-man, Bundesliga.

Tidak lama setelah berga-bung Nurnberg, dia memu-tuskan untuk menjadi mualaf.

Hidup dalam kemewa-han. Tidak punya tanggungjawab. Dan tidak tahu apayang diperbuat setelahpensiun. Itulah pertanyaan-pertanyaan yang mengg-elayuti Blum.

Setelah berbicara ten-tang agama kepada teman-nya, Blum akhirnya memilih

Islam.“Aku telah berkunjung ke

masjid dan jantungku ber-debar. Aku merasa agamainilah yang cocok untukkudan ingin aku pelajari,” kataBlum.

Sejak itu, dia salat limawaktu dan hanya makanmakanan halal.

Saat memberitahu keduaorang tuanya, pemain 24 ta-hun ini mengatakan merekatakut pada awalnya.

“Mereka non-muslimyang taat. Tapi kemudianmereka bilang ‘jalani yangmenurut kamu itu benar’.”

Bagi Blum, Islam adalahagama damai. “Keyakinan-ku ini mengatakan janganmemaksa orang melakukanyang tidak mereka suka. Is-lam mengajarkan keinginanitu harus keluar dari hatiyang tulus,” kata Blum.

Jerman diyakini menjadirumah bagi hampir 4 jutamuslim, termasuk 220.000di Berlin saja.

Minoritas muslim di Jer-man dua pertiganya adalahorang Turki. (OnIslam.net/ima)

Pesepakbola MudaJerman Peluk Islam

DOK.ISTIMEWA

SEDERHANA - Makam Raja Arab Saudi Abdullah tampaksederhana tanpa batu nisan mewah bertuliskan namanya.

Danny Blum

Page 5: Radar Tegal 30 jan 2015
Page 6: Radar Tegal 30 jan 2015

RADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com6 NASIONAL

CMYK

Hasil Rapatdengan DPR RI

JAKARTA - Pemerintah ber-sama Dewan Perwakilan Dae-rah (DPD) sudah membahasmasalah honorer kategori dua(K2) pada 21 Januari 2015. Se-nin (2/2) pekan depan, pem-bahasan masalah yang samaakan dilakukan pemerintahdengan Komisi II DPR.

Ketua Forum Honorer K2Indonesia (FHK2I) Titi Pur-waningsih, mengaku menda-pat informasi, dari pihak pe-merintah nantinya akan me-libatkan Kementerian Ke-uangan, Kementerian Penda-yagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi, Ba-dan Kepegawaian Negara(BKN), dan Ombudsman RI.

“Kami sudah mendapatkankonfirmasi dari wakil rakyat diKomisi II, kalau penyelesaianmasalah honorer K2 akan di-bahas pekan depan. Mudah-mudah ini ada titik terangnya,”ungkap Titi kepada JPNN, Ka-mis (29/1).

Dia menyebutkan, pihak-nya terus berupaya agar masa-lah K2 bisa dituntaskan, danada titik terangnya. Merekapun tidak akan berhenti ber-

Kondisi Pesawat QZ8501 BagusDiduga Tak Diterbang-

kan Pilot IriantoBERDASARKAN data yang te-

rekam dari Black Box: CockpitVoice Recorder (CVR) dan FlightData Recorder (FDR), diketahuiternyata kondisi pesawat AirAsiaQZ8501 sebelum mengalami ke-celakaan maut di Selat Karimatadalam keadaan bagus. KomiteNasional Keselamatan Trans-portasi (KNKT) melansir tidakdiketemukan tanda-tanda ke-rusakan dan digunakan secara

proporsional.Dengan begitu, spe-

kulasi soal pesawatdalam kondisi

buruk, saat be-rangkat ter-

b a n t a h -

kan. Namun yang sedikit mengejutkan,ternyata dari data black box pesawat yangterbang pada 28 Desember 2014 dari Su-rabaya menuju Singapura itu tidak diter-bangkan oleh pilot kepala Irianto. Tapipesawat itu dikendalikan oleh Co PilotRemi Immanuel Plesel, yang merupakanWNA Prancis.

“Second in command, yaitu copilotyang biasanya duduk di kokpit sebelahkanan. Saat itu dialah orang yang mener-bangkan pesawat. Istilahnya second incommand sebagai pilot,” kata Ketua TimInvestigasi AirAsia QZ8501 MardjonoSiswosuwarno di kantor KNKT, di kan-tornya, Kamis (29/1).

Menurutnya, Remi yang mengemu-dikan pesawat sejak lepas landas

dari Bandara Juanda Sidoarjo.Namun, kata Mardjono, copilot tidak dilarang untuk

menerbangkan pesawat.Menurutnya, tidak adaaturan yang mengha-ramkan Co Pilot untukmembantu Pilot me-nerbangkan pesawat.Karena itu, tidak adayang aneh dengan

kondisi tersebut.“Tidak kenapa-ke-

napa karena itu diboleh-kan undang-undang,” tu-

kasnya. (adn/indopos/mas/hun)

juang sebelum keputusan me-ngikat dikeluarkan peme-rintah.

“Semangat kita tidak akanpernah padam. Selama belumada hasil, kami tidak akanmenyerah,” ujarnya.

Ditambahkan Ketua TimInvestigasi FHK2I RiyantoAgung Subekti alias Itong,seluruh honorer K2 jangansampai patah semangat.

“Alhamdulillah tugas demitugas dapat kami laksanakandengan tertib, lancar walaupundi sana-sini ada sedikit kerikiltajam. Itu tak akan membuatsemangat kami menyurut, bah-kan menjadi penyemangat un-tuk terus bergerak demi suatuyang dinanti-nanti seluruh ho-norer K2,” terangnya.

Dia pun meminta seluruhketua Korwil dan ketua KordaForum Honorer K2 untuk men-dukung dan menyukseskanagenda ini dengan melaksa-nakan Istighotsah di daerahmasing-masing. Pelaksanaan-nya dikoordinir supaya bisamencapai hasil yang maksimalsesuai dengan yang diharap-kan seluruh honorer. “Kamiharapkan para korwil/kordauntuk berkoordinasi denganPengurus PGRI setempat,” tan-das Itong. (esy/hun/jpnn)

K2 TungguKepastian

Imbas BlusukanMenPan RB

JAKARTA - Menteri Penda-yagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi (Men-PAN-RB) Yuddy Chrisnandimengklaim, blusukan yangsering dilakukan selama men-jabat sebagai menteri, ber-dampak positif untuk perbai-kan pelayanan publik.

Menurut menteri asal Cire-bon ini, instansi-instansi yangdidatanginya telah melaku-kan perbaikan-perbaikan pe-layanan.

Misalnya jam pelayanan di-majukan, jam makan siang te-tap melayani, pelayanan bukahari Sabtu dan Minggu, dansebagainya.

“Kalau saya hanya terimalaporan, pasti baik-baik saja.Setelah blusukan ketahuanmasih banyak penyelenggaralayanan publik yang standarpelayanannya rendah,” kataYuddy di Jakarta, Kamis (29/1).

Yuddy Klaim Layanan Publik Membaik

YAN CIKAL/RADAR BANTENG

TERUS BLUSUKAN - MenPan RB Yuddy Crisnandi berbincang dengan warga, yangmembawa STNK di Samsat Kota Serang, saat blusukan beberapa waktu lalu.

Dikatakan Yuddy, Ditam-bahkannya, pihaknya jugatelah melakukan penilaianpengelolaan pengaduan pela-yanan publik di seluruh ke-menterian/lembaga untukmeningkatkan kualitas pela-yanan publik.

Untuk pelaksanaan eva-luasi, dirinya menerbitkan Pe-raturan MenPAN-RB Nomor 1Tahun 2015 tentang PedomanEvaluasi Kinerja Penyeleng-gara Pelayanan Publik, sertaPeraturan MenPAN-RB No-mor 3 Tahun 2015 tentangRoad Map PengembanganSistem Pengelolaan Penga-duan Pelayanan Publik Na-sional (SP4N).

“Untuk memperbaiki penge-lolaan pengaduan pelayananpublik, kami telah melaksana-kan MoU dengan UKP4 tentangPemanfaatan Sistem AplikasiLAPOR! sebagai Sistem Penge-lolaan Pengaduan PelayananPublik Nasional (SP4N) pada 19Desember 2014,” terangnya.(esy/hun/jpnn)

Menteri TedjoPilih IritBicaraJAKARTA -Ada yang berbeda dari MenkopolhukamTedjo

EdhyPurdijatno setelah belakangan ini menjadi bulan-bulananpublik di media massa maupun media sosial. Politikus PartaiNasDem yang biasanya banyak bicara dan tak pernahmenghindari mediamassa itu kini menjadi lebih pendiam aliaspelit bicara ke wartawan.SaatdatangmenemuiPresidenJokoWidododi IstanaMerdeka

bersama jajaran Kompolnas, Kamis (29/1) sore, Tedjomemilihtak banyak bicara saat jumpa pers. Pertemuannya malam inidenganpresidenuntukmembahasmengenaipolemikpenentuancalonKapolri, serta polemik KPKvsPolri.Namun, tak ada yang menyangka bahwa Tedjo yang juga

Ketua Kompolnas itu hanya bicara tak sampai 2 menit. �Kitatetap pada proses hukumyang berlaku. Belumada arahan daripresidendankita tetappadaproseshukum.Kitahormati hukum,�kata Tedjo singkat dalam jumpa pers jajaran Kompolnas danMenkumhamYasonna Laoly di IstanaMerdeka, Jakarta, Kamismalam, (29/1).SemuaawakmediamassayangmendengarpernyataanTedjo

itu sempat bengong karena tingkah sangmenteri yang berbedadari biasanya. Tedjo awalnya hendak bergegasmeninggalkanruangan jumpapers bersama rombongannya.Namun, langkahTedjo tertahan teriakan sejumlah wartawan yang inginmengajukanpertanyaan.Ia lalu berbalik sebentar dan hanya menjawab singkat

pertanyaan terkait masukan Kompolnas untuk presiden �Kitadiskusi titik temunya adalah sesuai dengan jalur hukum,�ucapnya. (flo/hun/jpnn)

EDI ISMAIL/JP

KETERANGAN PERS - Kepala Basarnas Marsekal Madya F.H.B Soelistyo, beri keterangan soal kelanjutan pencarian korban pesawat Air Asia QZ8501.

KOMPOLNAS

Page 7: Radar Tegal 30 jan 2015

SAMBUNGAN 7RADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

BW Lapor Ombudsmandari halaman 1

Hari Ini BG Diperiksa sebagai ...dari halaman 1

”Oleh karena itu yang ber-sangkutan dipanggil untukdimintai keterangan sebagaitersangka,” ujar Priharsa. Diasendiri belum mendapatkankonfirmasi apakah jenderalbintang itu itu hadir atau tidak.

Priharsa juga belum bisamemastikan apakah pemerik-saan itu akan diikuti denganpenahanan. Jika melihat ma-nuver Budi Gunawan selama

ini (salah satunya terindikasimelarang saksi-saksi hadir),KPK tentu bisa saja memu-tuskan melakukan penahan-an. ”Saya belum tahu, karenakeputusan penahan itu adapada penyidik,” katanya.

Kuasa hukum BG, RazmanArif Nasution mengatakankliennya kemungkinan tidakdatang. Alasannya, surat pe-manggilan untuk BG belumditerimanya. ”Saya tahunyaada pemanggilan baru dari

media,” ujar Razman. Dia me-ngaku masih harus berkoor-dinasi dengan Budi Gunawanterkait pemanggilan itu.

Pertimbangan lainnya, BGkemungkinan tak hadir karenamasih adanya proses prapera-dilan yang diajukannya.”Idealnya kan setelah adaputusan dari proses itu,” kata-nya. Budi Gunawan memangmengajukan praperadilan kePengadilan Negeri Jakarta Se-latan. (gun/fat)

Sesampai di Gedung Ombud-sman, Bambang melakukanpertemuan sekitar 45 menit.

Wakil Ketua Ombudsmanbidang pelayanan dan pela-poran Budi Santoso mengata-kan, setelah menerima lapo-ran tersebut, lembaganyamembentuk tim investigasiyang diketuai komisioner bi-dang pengawasa, PranowoDahlan. Pranowo mengata-kan pengaduan BW akan di-tindaklanjuti dengan mencaribukti adanya mal administrasi.

Ada 120 bentuk pelanggar-an pelayanan publik yang bisadikategorikan mal adminis-trasi. ”Nah dalam laporan yangdisampaikan tim kuasa hukumPak BW, ada beberapa sub-stansi yang bisa dikategorikanmal administrasi,” jelas Pra-nowo.

Budi maupun Pranowoenggan menyebutkan jenis maladministrasi yang terjadi padapenangkapan BW. Mereka ber-alasan hal itu bisa menggang-gu proses investigasi. ”Beriwaktu kami untuk mengum-pulkan data dan dokumen dariberbagai pihak dulu untuk me-nindaklanjuti laporan ini,” ung-kap Budi Santoso.

Dalam menginvestigasi,Ombudsman akan berkoor-dinasi dengan pihak-pihakterkait, baik Polri, KomnasHAM, maupun tim indepen-den bentukan Presiden JokoWidodo. Hasil investigasi yangdilakukan Ombudsman itunantinya juga akan diserah-kan ke sejumlah pihak itu danPresiden. ”Dalam hasil inves-tigasi itu kami memberikansejumlah rekomendasi untuksegera ditindaklanjuti,” terangBudi.

Dalam catatan Ombuds-man, Polri selama ini termasukinstansi yang pelayanannyapaling banyak dilaporkan se-telah pemerintah daerah(pemda). ”Pelayanan yangpaling banyak dikeluhkan ter-kait penundaan berlarut ter-hadap penanganan perkara,”ujar Budi.

Banyak pihak menudingpenangkapan Bambang atasperkara keterangan palsu da-lam persidangan hanya reka-yasa. Penanganan kasus itudikaitkan dengan balas den-dam karena sebelumnya KPKmenjerat Kapolri terpilih Kom-

jen Budi Gunawan sebagaitersangka kasus korupsi.

Tudingan balas dendam itusalah satunya didasarkan atasbanyaknya perkara yang se-rupa dengan kasus Bambang,tapi selama ini tak pernahditangani. Indonesia Corrup-tion Watch (ICW) mencatatsetidaknya ada 19 laporan ka-sus semacam BW yang hinggakini belum mendapatkan tin-dakan dari Bareskrim. Padahalkasus-kasus itu juga menyitaperhatian publik dan pela-porannya sudah dilakukancukup lama.

Dari 19 kasus itu antara lainada perkara laporan sejumlahpetinggi redaksi Majalah Tem-po (Bambang Harymurti, Ach-mad Taufik, Teuku Iskandar Alidan Bernarda Rurit) terhadapbos Artha Graha, Tomy Wi-nata.

Laporan yang dilakukanpada 2004 itu dilakukan ka-rena Tempo menganggapterjadi dugaan sumpah palsuyang dilakukan Tomy Winatadalam persidangan pence-maran nama baik terhadapdirinya di PN Jakarta Pusat, 27Oktober 2003. Tomy didugamembuat sumpah paslu ka-rena membantah telah diwa-wancarai wartawan Tempoterkait berita berjudul ”AdaTomy di Tenabang”.

Laporan terkait pasal yangsama juga pernah dilakukanDaan Dimara (mantan Komi-sioner KPU) terhadap HamidAwaluddin (mantan Komi-sioner KPU dan MantanMenteri Hukum dan HAM)pada 2006. Pelapor saat itumenyatakan Hamid di bawahsumpah tidak mengakui telahmenghadiri rapat untuk me-nentukan harga segel suratsuara, pada Juni 2004. Pada-hal para saksi menyebutkanbahwa Hamid hadir padarapat itu.

Sementara 46 Advokat yangtergabung dalam Forum Ad-vokat Seluruh Indonesia (Fak-si) melaporkan dugaan pe-langgaran yang dilakukanKomjen Budi Gunawan danIrjen Budi Waseso ke DivisiPropam dan Irwasum MabesPolri. Keduanya dinilai me-langgar undang-undang danetika profesi polisi.

Koordinator Faksi PetrusSalestinus menjelaskan, BudiGunawan telah dipastikanoleh sejumlah petinggi PDIP

merupakan orang dekat danbahkan menyumbang pemiki-ran soal keamanan dalam visi-misi Jokowi-Jusuf Kalla. Apayang dilakukan BG itu me-langgar UU nomor 2/2002 ten-tang kepolisian. Terutama, pa-sal 8 dimana polisi tidak bolehterlibat politik praktis.

Untuk usul dalam bidangkeamanan, telah diatur bahwapolisi hanya bisa mengusul-kannya ke Majelis Permusya-waratan Rakyat dan DPR. ”Inipelanggaran undang-undangyang jelas sangat kentara. Po-lisi harus memberikan sanksiyang setimpal,” terangnya.

Selain itu, kesalahan Ka-bareskrim Budi Waseso jugacukup fatal. Yakni, melakukanpenangkapan terhadap BWdengan tidak sesuai prosedur.Ada banyak ancaman dan ke-kerasan verbal. ”Ini seharus-nya tidak dilakukan pejabatnegara ke pejabat negara yanglainnya,” tegasnya.

Apakah yakin laporan ter-hadap polisi akan ditindak-lanjuti juga oleh polisi? Diamengatakan bahwa pihaknyaakan melihat Polri ini sudahberubah atau belum. ”Kalauternyata masih sama denganorde baru, maka lebih baikdibubarkan,” tegasnya.SAKSI BG TIDAK HADIR

Sementara itu, dalam per-kembangan penanganan ka-sus korupsi yang melibatkanBudi Gunawan, KPK kembalikesulitan menghadirkan saksi.Kemarin (30/1) ada sejumlahpemanggilan terhadap saksi.Lagi-lagi saksi yang berkaitanlangsung dengan Budi tak ha-dir. Kali ini sepupu Budi, Susa-ningtyas. Dia mengaku takhadir karena sakit diare.

”Saya sudah mengkonfir-masi ke Pak Johan Budi,” ujarSusaningtyas melalui pesanpendek. Dia mengatakan siaphadir pada pemanggilan se-lanjutnya. Politikus Partai Ha-nura itu mengaku tidak tahumengenai perkara yang men-jerat Budi. ”Saya tidak tahu,mungkin penyidik perlumenggali informasi dari pihakkeluarga,” paparnya. Susa-ningtyas mengklaim sau-daranya itu tak terkait denganperkara Bantuan LikuiditasBank Indonesia (BLBI) danaliran-aliran dana dari BUMN.

Selain Susaningtyas, peny-idik juga menjadwalkan Sin-tawati Soedarno Hendroto

(ibu rumah tangga) dan TossinHidayat (PNS). Namun, ke-duanya tak hadir tanpa mem-berikan keterangan. Ketidak-hadiran tiga orang itu meleng-kapi mangkirnya sejumlah po-lisi aktif yang juga dipanggilsebagai saksi. Saat ini ada se-kitar 13 saksi yang telah di-panggil namun hanya satusaksi yang hadir. Para saksi itukebanyakan berstatus polisiaktif.

Nah, terkait ketidakhadi-ran para saksi ini, KPK men-sinyalir ada perintah tertulisdari perintah petinggi polri.”Kami tengah mengklarifikasiitu. Katanya ada TR (telegramrahasia) yang menyebut Wa-kapolri setuju dengan pe-manggilan saksi. Kemudian,ada TR lain yang menyatakantidak perlu datang,” kata Bam-bang.

Jika memang benar ada TRyang meminta para saksi tidakhadir, berarti itu melanggaranundang-undang. Aturan da-lam UU Tindak Pemberantas-an jelas mengatur hal tersebutpada pasal 21,22, dan 24.

Menurut Bambang apa ya-ng dilakukan penyidik KPKdengan memeriksa para saksisebenarnya ingin memasti-kan jika korupsi yang dila-kukan BG sebenarnya untukkepentingannya pribadi, bu-kan institusi. ”Jadi kami bu-kan ingin menjadikan ba-nyak polisi sebagai tersang-ka. Kami tidak menggunakankasus ini untuk menjerat se-mua orang yang memberi-kan sesuatu pada BG,” jelasBambang.

Mengenai rencana pe-manggilan paksa, KPK akanlebih dulu menempuh jalur”melapor” ke Presiden denganmenembuskan surat pang-gilan kedua. Pimpinan KPKjuga berencana menempuiWakapolri untuk menanyakankomitmen dukungan atas pe-nanganan perkara korupsi se-perti yang sudah disepakati didepan presiden.

Jika hal itu tidak berhasil,KPK akan menghadap presi-den untuk mendiskusikan haltersebut. Dalam pertemuandengan presiden itu, pimpin-an KPK ingin menanyakanapakah bisa menggunakankekuatan lain seperti TNI ka-lau tidak ada jaminan dari polriuntuk memenuhi panggilanpenyidik.(gun/idr/fat)

kata-kata menjadi puisi. Aktris27 tahun tersebut menutur-kan sudah lama menggemaripuisi. Dia rajin menulis sajaksejak masih kuliah.

Kegemaran Dinda menulispuisi sebenarnya muncul ka-rena terpaksa. Dia bercerita,saat masih menjadi mahasiswiFakultas Ekonomi UniversitasAtmajaya Jakarta, dirinya me-ngikuti salah satu kegiatankemahasiswaan. Nah, akti-vitas tersebut mewajibkansetiap anggota untuk mem-buat puisi sekaligus membaca-kannya di hadapan yang lain.

Malu dan tidak punya pili-han, bintang film layar lebarMama Cake itu akhirnya men-deklamasikan puisi karangan-nya. ”Ternyata, asyik juga yamembaca puisi,” kata Dinda disela-sela peluncuran trailerfilm horor terbarunya, TuyulPart 1, di Jakarta Selasa (27/1).

Ketika membaca puisi, dia me-ngungkapkan cukup mengha-yati. Dinda tidak jarang berlinangair mata saat membacakan puisidalam acara ulang tahun saha-batnya. ”Emosi rasanya mengalirbegitu saja, bahkan kadang maunangis,” katanya.

Kini, lanjut dia, jumlah ko-leksi puisi karyanya tidak da-

pat diingatnya lagi. Dinda me-nuturkan, dirinya menggarappuisi dalam buku harian yanghampir setiap malam diisi de-ngan curahan hatinya. Judulpuisi hasil karyanya, antaralain, Jauh Dekat, Puisi untukSahabat, dan Dongeng Ce-ngeng. ”Aku orangnya me-mang agak kolot. Zaman se-karang semua pakai blo. Akumasih pakai buku diary, ha-haha,” selorohnya.

Dinda kemudian berpikiruntuk memublikasikan puisikaryanya itu dalam sebuahbuku. ”Pengin sih seperti itu.Tapi, belum tahu kapan,” ujar-nya. (dod/c6/sof/fat)

Emosi Mengalirdari halaman 1

Tidak seperti saat Presidensedang menjaring calonmenteri.

Suara sumbang muncul ka-rena tindakan tidak tegas Joko-wi selaku pemimpinnegara.”Seolah-olah Presidenmerestui tindakan kriminalisasiyang terus diarahkan ke KPK.Kalau kita compare dengan Pre-siden SBY, rasanya dalam kasusini SBY masih lebih baik daripada Jokowi,” ujar Zainal ArifinMochtar, Direktur Pusat KajianAnti Korupsi (Pukat) UniversitasGadja Mada (UGM) Jogjakarta.

Kalau kondisinya terus se-perti ini, Zainal menilai rakyatwajib menagih janji kampanyeJokowi-JK. Jokowi tidak bisamelaksanakan janji karena di-duga terbelenggu kepenting-an orang-orang yang selamaini merasa menjadikannyaPresiden. Terutama partai pe-ngusung Jokowi, PDIP danPartai Nasdem.

Tudingan itu sangat ber-alasan, karena sebagaimanadiketahui, Komjen Budi Gu-nawan yang dipaksakan men-jadi Kapolri selama ini dikenaldekat dengan Ketua UmumPDIP Megawati Soekarno Pu-tri. Sedangkan pemilihan Jak-sa Agung M. Prasetyo yang takdilakukan lewat screening KPKdan PPATK (Pusat Pelaporandan Analisa Transaksi Ke-uangan) diketahui merupa-kan politikus Partai Nasdem.

Hal positif lainnya yang te-lah terjadi pada 100 hari pe-merintahan Jokowi-JK ialahkebijakan menolak grasi se-jumlah gembong narkoba.Kebijakan ini dinilai positifuntuk menunjukan keseriusanpemerintah dalam memberantaspenyalagunaan narkoba.

Terkait dengan bidang kea-manan dan pertahanan, ki-nerja Jokowi dianggap samasekali tidak memuaskan. Pada100 hari kinerja Jokowi, ben-trokan terjadi antara Polri-TNIdi Batam dan satu anggota TNItewas. Dalam waktu yang ber-dekatan, terjadi bentrokanantara Polisi dengan warga diPinai yang juga menimbulkankorban jiwa.

Bentrokan berujung jatuh-nya korban jiwa ini menggeruskeyakinan masyarakat atas

janji-janji Presiden Jokowidalam bidang keamanan. Pe-ngamat Kepolisian dan Ke-amanan Universitas Indone-sia (UI) Bambang WidodoUmar menjelaskan, konflikantara dua Polri dan TNI iniberawal dari tidak terintegra-sinya lembaga-lembaga se-tingkat kementerian tersebut.”Semua serba jalan sendiri-sendiri,” paparnya.

Lalu, bagaimana penyele-saiannya hukum untuk keduabentrok tersebut? Bambangmenilai, saat ini kedua kasustersebut mengambang dantanpa penyelesaian. Padahalseharusnya ada tindakan te-gas yang membuat masya-rakat memahami bahwa Pre-siden Jokowi memang me-miliki pemikiran yang majudalam bidang keamanan danpertahanan. ”Mau tidak mau,hubungan antara TNI danPolri merenggang,” terangnya.

Namun, ada kelebihan lainyang juga perlu diperhitung-kan, yakni penenggelamankapal pencuri ikan. Peneng-gelaman kapal itu memberi-kan dampak yang positif ter-hadap intensitas pencurianikan di Indonesia. ”Kalau un-tuk yang satu ini kita bisa beri-kan jempol,” paparnya.

Dengan begitu Bambangmengatakan, kalau kinerjapemerintahan Jokowi dalambidang keamanan dan per-tahanan dinilai dari skala 5hingga sepuluh. Maka, pan-taslah kalau untuk menda-patkan nilai 6. ”Lebih banyakmasalah yang belum kelar ke-timbang masalah yang selesaidengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, terkait de-ngan komunikasi yang dila-kukan Presiden dengan DPR,Pengamat Politik CSIS PhilipsJ. Vermonte menuturkan bah-wa komunikasi politik lem-baga kepresidenan dengandengan partai di DPR masihperlu diperbaiki. Apalagi ter-kait komitmen membangunpeople center, itu masih perluditerjemahkan lagi.

Dalam hal pengambilan ke-putusan, ada hal-hal dimanaJokowi melakukan kebijakanbaik, ada yang diributkan.Dalam kasus Kapolri, masya-rakat menginginkan komit-men yang lebih kuat terhadap

semangat anti korupsi. ”Sayakira Pak Jokowi sedang ber-jalan di batas yang tipis. Antaramemenuhi harapan publikdan tuntutan politik yang ting-gi. Ini wajar karena harapan-nya tinggi sekali kepada Jo-kowi. Saya kira kalau Jokowibisa melewati ujian ini, diaakan menjadi presiden yanglebih baik,” ungkapnya.

Berbeda dengan diplomasiluar negeri. Dalam 100 hariJokowi-JK, bicara soal diplo-masi luar negeri Jokowi, sudahpasti ada satu kata yang terasabeda dengan rezim SusiloBambang Yudhoyono (SBY),yakni ketegasan. Saat men-jalankan kebijakan yang ber-kaitan dengan negara lain,Jokowi tak pernah takut. Con-toh saja, eksekusi warga ne-gara asing terdakwa mati yangdilakukan 18 Januari lalu. Haltersebut sempat membuatduta besar Brazil dan Belandamenarik diri. Boleh dibilanghal itu hampir mustahil di-lakukan oleh SBY yang sangatdermawan soal grasi.

”Boleh dibilang ini Jokowimemanfaatkan bonus fondasiyang dibangun SBY. Selama 10tahun kan SBY terus meyakin-kan bahwa Indonesia adalahnegara bersahabat dan tifakagresif. Tentunya sekarang inisudah waktunya pemerintahuntuk menguatkan kedaulat-an. Dan langkah dari Jokowi inipatut diacungi jempol,” ujarpengamat hubungan inter-nasional Teuku Rezasyah.

Mulai dari isu perbatasanhingga visi menjadi negaramaritim terus digembar-gem-borkan. Ditambah lagi, per-nyataan yang menarik hati ba-nyak rakyat perantauan adalahkeberpihakan pemerintah ke-pada WNI dalam membuat ke-putusan luar negeri. Namun,publik tak mau terjebak dalameuforia soal slogan ”mengem-balikan kehadiran negara da-lam memberi rasa aman kepada WNI”.Sebab, ini masih baru garis start darimarathon yang super panjang.

Namun, Pak Jokowi masihpunya pekerjaan rumah. Sampaisaat ini pihaknya belum melihatadanya rencana ratifikasikonvensi-konvensi ILO terkaitburuh migran dalam rencanajangka panjang pemerintah.(idr/gun/dim/bil/fat)

Sudahkah Janjinya Terbukti?dari halaman 1

Presiden NyatakanTunggu Praperadilan

BOGOR–Saran Tim Inde-penden bentukan PresidenJoko Widodo menyusul po-lemik KPK-polri, tidak serta-merta diikuti Presiden. Ter-utama, menyangkut saran un-tuk segera membatalkan pe-lantikan Komjen Budi Guna-wan sebagai Kapolri.

Kemarin (29/1), usai me-lakukan pertemuan denganKetua Umum DPP Partai Ge-rindra Prabowo Subianto diIstana Bogor, Presiden menya-takan kalau masih mengikutiproses praperadilan yang di-ajukan Budi Gunawan. ”Kitaini kan harus menghormatiproses-proses hukum yangada, sekarang ini kan ada pro-ses praperadilan, semua harusdihormati,” kata Jokowi.

Presiden menyatakan, si-kap tersebut adalah bentukkomitmennya untuk tidakmengintervensi persoalanhukum. Karena itu, dia me-minta agar semua pihak untuksabar menunggu. ”Suatu saatakan kami putuskan, sudah,jangan ngejar-ngejar,” tandas-nya.

Menyikapi penetapannyasebagai tersangka, Budi Gu-nawan telah melayangkangugatan prapreadilan kepadaKPK ke Pengadilan NegeriJakarta Selatan, pada 19 Ja-nuari 2015, lalu. Tim kuasahukum Budi Gunawan meni-lai, KPK telah melakukan ke-salahan dalam menetapkanBudi Gunawan sebagai ter-sangka. Lembaga antirasuahitu dianggap telah mengguna-kan pasal yang salah. ”Jadi,semuanya tunggu, yang sa-bar,” imbuh Jokowi kembali.

Presiden menyatakan hal

Tak Ikuti SaranTim Independen

tersebut sesaat setelah me-lepas Prabowo Subianto me-ninggalkan Istana Bogor. Ke-duanya sempat melakukanpertemuan tertutup sekitar 45menit. Presiden sudah lebihdulu berada di Istana Bogor.Yaitu, sejak pagi hari. Jokowihadir untuk memimpin per-temuan seri ke-3 pemerintahpusat dengan para bupati se-luruh Indonesia.

Di sela-sela pertemuan de-ngan para bupati masih ber-langsung, sekitar 14.05 WIB,Prabowo datang di Istana Bo-gor. Mengendari salah satukoleksi Lexus putihnya yangbernopol B 17 GDR, Prabowotampil rapi dengan balutanbaju batik warna coklat.

Baju safari warna krem de-ngan dua saku di dada yangmenjadi ciri khasnya saat pe-laksanaan Pilpres 2014 lalu,tidak dipakainya ketika itu.Namun demikian, sambil ter-

senyum, Prabowo masih sem-pat mengacungkan satu jarikepada awak media sambilberlalu menuju istana tempatpertemuan. Satu adalah no-mor urut Prabowo saat berkontesdengan Jokowi memperebutkantiket RI 1 saat pilpres. “

Waktu itu, Prabowo menga-ku pertemuannya dengan Jo-kowi, utamanya bukan untukmembicarakan persoalan poli-tik. Menurut dia, kehadirannyasekadar kunjungan balasan ataskedatangan Jokowi di kedia-mannya, sesaat sebelum dilan-tik sebagai presiden, beberapawaktu lalu. Selain itu, mantanDanjen kopassus tersebut jugamelaporkan tentang keperca-yaan terkini yang didapatnyakembali sebagai ketua federasipencak silat dunia.

Meski demikian, Prabowomengakui kalau pembicara-annya dengan Jokowi jugasempat menyinggung tentang

polemik KPK-Polri. ”Ya, jaditadi kami singgung sebentar,seputar komitmen beliaumemperkuat dan menjaga se-mua institusi negara,” kata dia,usai pertemuan.

Pada kesempatan itu, diahanya mengungkapkan ten-tang dukungannya terhadappolri maupun KPK. Keduanya,menurut dia, sama-sama pen-ting untuk bersama-sama di-jaga. Dia mengaku, tidak sam-pai masuk pada pembahasanseputar pro kontra perlu ti-daknya Budi Gunawan dilan-tik sebagai kapolri pasca statussebagai tersangka KPK. ”Uru-san pengangkatan itu sebetul-nya adalah tugas dan hak es-kekutif,” tuturnya.

Prabowo hanya menegas-kan, kalau dirinya sepakatagar seluruh pihak sepakatuntuk menghormati apapunkeputusan yang akan diambilpresiden nantinya. (dyn/fat)

NATHALIA/JPNN.COM

BERTEMU–Presiden Joko Widodo bersama Prabowo Subanto jumpa pers usai bertemu.

JAKARTA –Partai DemokrasiIndonesia Perjuangan (PDIP)menolak anggapan telahmengintervensi pengambilankeputusan Presiden Joko Wi-dodo. PDIP malah menuding or-ang-orang di sekitar Jokowi saatini menjauhkan dia dari partaipolitik pendukungnya.

Dugaan itu dilontarkananggota Fraksi PDIP Masin-ton Pasaribu dalam diskusiyang diadakan Poros War-tawan Jakarta (PWJ) di Ja-karta, kemarin (29/1). Menu-rut Masinton, dalam kasuspencalonan Komjen BudiGunawan sebagai Kapolri,tidak benar PDIP, bahkan

Ketua Umum Megawati Soe-karnoputri, memerintah Jo-kowi untuk memilih mantanajudan Mega saat menjadipresiden itu. ”Seakan-akanPak Jokowi itu boneka, itusalah,” ujar Masinton.

Menurut dia, dalam bebe-rapa hal, Jokowi bekerjasendiri. Dia menyebut, da-lam kinerjanya yang sudahmemasuki 100 hari ini, tidakada tekanan dari partai ter-hadap presiden ke-7 RI ter-sebut. Masinton menyebut,justru saat ini posisi Jokowisebagai presiden semakinjauh dari PDIP yang menjadipartai utama pendukung-

nya. ”Yang terjadi, justru adaupaya lingkungan istanayang menjauhkan Jokowidari parpol pendukungnya,”ujar mantan aktivis 98 itu.

Indikasi tersebut, kata Ma-sinton, terlihat dalam bebe-rapa waktu terakhir. Menurutdia, beberapa pekan ini PDIPmengalami kesulitan untukberkomunikasi dengan Joko-wi. ”Bahkan, PDIP menyam-paikan pesan, satu mingguatau dua minggu belum tentusampai ke presiden. Itu selaludipagari,” kata ketua umumRelawan Pembela Demokrasi(Repdem), sayap PDIP, ter-sebut. (bay/c7/fat)

PDIP Tuding IstanaJauhkan Jokowi dari Partai

Page 8: Radar Tegal 30 jan 2015

JUMAT, 30 JANUARI 2015 8

BEBASVISAPEMBEBASAN visa lima negara tam-

bahan di Indonesia disambut baik GarudaIndonesia. Direktur Garuda Arif Wibowoyakin, wisatawan asing ke IndonesIaakan semakin meningkat.

INDUSTRIPEMERINTAH berencana membangun

13 kawasan industri di seluruh Indonesia.Terutama di luar Jawa dalam rangkapemerataan ekonomi. Diharapkan, itu bisamembantu mengurangi pengangguran.

Jenis Hrg Dasar Buyback5 Gr 2.645.000 010 Gr 5.240.000 025 Gr 13.025.000 050 Gr 26.000.000 0100 Gr 51.950.000 0250 Gr 129.750.000 01 Kg 518.000.000 0

29-1-2015

BISNIS

Kang Bang Indonesia, Solusi untuk SemuaKualitas Tebaik, Harga Terjangkau

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

BERI PENJELASAN – Konsumen mendapatkan penjelasan di Pameran KangBang Indonesia, lantai dasar Pacific Mall Tegal.

RINA, marketing KangBang Indonesia mengatakan, perusahaannya

mengkhususkan diri dalam mem-buat dan mendesain plavon PVC,lantai kayu, lemari, kitchen set dankayu berteknologi tinggi terbaruWPC seperti papan ekologi, lantaiWPC dan sebagainya.

Bagi masyarakat Tegal dan se-kitarnya yang sedang memba-ngun rumah baru atau renovasirumah, tinggalkan kebiasaan lamauntuk menggunakan plafon atau

lantai vinyl sebelum melihat pro-duk baru Kang Bang. Calon kon-sumen bisa datang ke TB LogamGemilang Jalan Kolonel SudiartoB 16, Panggung Kota Tegal. Kon-sumen juga bisa datang ke pame-ran di lantai dasar Pacific MallTegal.

Lihat dan buktikan kualitasnya.Masyarakat yang selama ini ma-sih menggunakan gypsum ataubahan kayu lainnya, pihaknyamenyediakan berbagai kebutu-han dengan bahan alumunium.

Selain kuat, anti karat, tidak ra-puh, anti air juga anti rambatanapi sehingga tidak mudah ter-bakar.

”Plafon Kang Bang tentunyasangat terjamin dengan harga.Bisa dibandingkan dengan bahanbangunan interior rumah yanglama,” katanya.

Kang Bang Plafon Indonesia,sambungnya, adalah perusahaanyang memproduksi dinding pla-fon PVC. Dinding plafon PVCKang Bang Plafon merupakanproduk yang ringan, lentur danmudah dibongkar-pasang dengansistem knock down. Sesuai dengandesain yang diinginkan. Denganvariasi bentuk dan warna yangmenarik sehingga cocok untukkebutuhan desain interior mau-

pun aplikasi rumah terlihat mod-ern. Produknya, juga bisa digu-nakan semua bangunan.

Produk seperti PVC HPL dapatdigunakan untuk melapisi furni-ture, lemari dan sebagainya. Ada-pun PVC HPL yang diproduksimerupakan PVC HPL yang antiair, anti pnas, anti rayap sertatidak menyebabkan bau yangmembahayakan kesehatan. Uku-ran PVC HPL adalah 1,22 meterkali 2,44 meter dengan harga ber-variasi mulai Rp 200 ribu per lem-bar.

“Proses pengerjaan PVC HPLmudah dipotong, tidak terbelahsaat dipotong, sistem pengerjaanyang praktis cukup dilem tanpapengecatan sehingga hemat biayamaterial,” ujarnya. (gun/ima)

Kang Bang Indonesia, bertujuan untuk menjadi industri ber-teknologi tinggi pertama yang membuat produk ramah ling-

kungan. Khususnya bagi keindahan rumah tangga dengan men-ciptakan produk yang tahan air guna memenuhi persyaratan

desain serta menyesuaikan kebutuhan perlengkapan furnishing didalam rumah tangga.

TEGAL - Minggu (1/2)mendatang, PT Pegadaian(Persero) akan menghelatsebuah kegiatan yang diberitajuk ‘Gumregah Nyeng-kuyung Pegadaian SetiapMinggu Ramai Orang’ ataudisingkat Guyub Semarang.Adapun, acaranya akan di-warnai dengan senam ber-sama dan karaoke oleh ke-luarga karyawan Pegadaian,nasabah dan masyarakatsekitar.

Rencananya, Guyub Se-marang diselenggarakan diunit Pegadaian Talang, mu-lai pukul 06.30 sampai de-ngan selesai. Di akhir acara,sepeda onthel disiapkan se-bagai doorprize.

“Kami ambil bentuknyasenam dan karaokean. Yangakan diikuti oleh keluargabesar Pegadaian, nasabah

dan masyarakat sekitar. Ke-giatan ini pertama kali, ren-cananya akan diselengga-rakan rutin setiap bulan de-ngan acara berbeda,” kataPemimpin Cabang Pega-daian Kejambon ChaeruSjaroni, di kantornya, Kamis(29/1) siang.

Roni, sapaan akrabnyamenjelaskan, pihaknya me-milih senam bersama karenamerupakan kegiatan yangmudah dan murah. Semen-tara bagi yang hobi karaoke,disediakan fasilitas lengkap.Dalam sela-sela kegiatannanti, Pegadaian akan mem-berikan sosialisasi produkke masyarakat.

Seperti diketahui, Pega-daian memiliki beberapaproduk. Di antaranya kredit(pinjaman) angsuran bu-lanan yang diberikan kepa-

da Usaha Mikro Kecil danMenengah (UMKM) untukpengembangan usaha de-ngan sistem gadai. Produkyang dinamakan Krasidaini, merupakan solusi ter-percaya untuk mendapat-kan fasilitas kredit yang ce-

pat, mudah dan murah.Kemudian, Kreasi. Yakni,

kredit dengan angsuran bu-lanan yang diberikan kepadaUsaha Mikro Kecil dan Me-nengah (UMKM) untukpengembangan usaha de-ngan sistem Fidusia. SistemFidusia berarti agunan untukpinjaman cukup dengan BPKBsehingga kendaraan masihbisa digunakan untuk usaha.

Kreasi merupakan solusiterpercaya untuk menda-patkan fasilitas kredit yangcepat, mudah dan murah.

“Kami ingin masyarakatlebih mengenal Pegadaian,dimana kantornya dan apasaja produknya. Bagi ma-syarakat yang membutuh-kan pendanaan segar, bisadatang ke Pegadaian,” te-rangnya menutup wawan-cara. (nam/ima)

Pegadaian Rancang Guyub Semarang

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

PELAYANAN – Suasana pelayanan di PT Pegadaian (Persero) Kejambon, Kamis (29/1) siang.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

Chaeru Sjaroni

JAKARTA - Terus merosot-nya harga minyak dunia ber-dampak positif pada sektorhilir PT Pertamina (Persero).Dalam waktu dekat, anggaranuntuk investasi bakal diberi-kan lebih besar. Komposisi-nya, 50:50 atau sama banyakdengan investasi hulu migas.

Dirut PT Pertamina DwiSoetjipto menjelaskan, sebel-umnya anggaran investasimemang lebih banyak dialo-kasikan untuk hulu migas. Ni-lainya sampai 70 persen. Hilirmendapat kenaikan nilai in-vestasi karena butuh pem-bangunan infrastruktur.Meski demikian, produksiMigas dipastikan tidak ter-ganggu.

“Dananya terkait denganbusiness development,” te-rangnya. Dwi memang tidak

menjelaskan dengan rinci kom-posisi pembagian investasiitu. Yang pasti, jebloknya mi-nyak dunia membuat Perta-mina harus memangkas ang-garan.

Lebih lanjut dia menjelas-kan, anggaran sektor hulu se-benarnya direncanakan se-kitar USD 5 sampai 7 miliar.Namun, harga minyak duniaternyata tetap rendah. Akhir-nya, manajemen memutus-kan untuk melakukan efisien-si. Dana investasi dipotongmenjadi USD 3 sampai 5 miliar.Pemotongan harus ada untukdialihkan ke sektor lebih me-nguntungkan.

“Yang menciptakan IRR (In-ternal Rate of Return) lebihtinggi. Itu kita prioritaskan,”imbuhnya. Mantan Dirut PTSemen Indonesia itu belum

bisa membeberkan angkapasti karena masih dilakukanpenghitungan. Perubahanrencana belanja diharapkanselesai Februari.

Selain tidak menggangguproduksi Migas, agresifitasPertamina untuk mendapat-kan kontrak blok Migas yangkontraknya sudah atau akanhabis. Dwi Soetjipto memintadukungan agar kontrak-kon-trak itu diserahkan ke Perta-mina saja. Seperti Blok ONJWJawa Barat dan Blok WMO Ja-wa Timur yang habis pada2017-2018.

Dia berharap kontrak di-perpanjang dan dikelola pe-nuh oleh Pertamina. Peru-sahaan pelat merah itu jugasudah mendapat Blok Kampardan Blok Migas di perbatasanIndonesia . (dim/ima)

Harga Minyak Anjlok,Pertamina Pangkas Investasi

TEGAL - Orange Family Ka-raoke terus berkomitmenmemberikan kesempatan pa-da mahasiswa Kota Tegal dansekitarnya untuk bisa meng-ekspresikan diri di bidang tariksuara. Hal itu, ditunjukkandengan berlanjutnya programgratis satu jam bagi mahasiswayang bisa menunjukkan KartuTanda Mahasiswa (KTM).

Demikian dikatakan Mana-jer Orange Family KaraokeFranky Hartanto di OrangeFamily Karaoke, di Jalan Vet-eran, Kamis (29/1).

“Di awal tahun ini, kami me-lanjutkan program lama, yakniuntuk mahasiswa yang me-nunjukkan KTM di awal, bisamendapatkan free room se-lama satu jam. Tentunya, de-ngan syarat dan ketentuanberlaku,” kata Franky.

Franky menjelaskan, ma-hasiswa menjadi salah satusegmentasi Orange Family Ka-raoke. Karena itu, manajemenmemberikan program mena-rik di awal tahun ini. Dia me-nerangkan, Orange Family Ka-raoke memiliki 30 room, terdiridari 14 room small, 12 roommedium dan 4 room large.

Di samping itu, kata Franky,Orange Family Karaoke me-nyediakan menu makanankelas bintang lima, denganharga kaki lima. Berkaitan de-ngan stigma negatif yang se-lama ini ditudingkan padatempat karaoke, Franky me-negaskan, Orange Family Ka-raoke sama sekali tidak menye-diakan Pemandu Lagu (PL)dan minuman keras.

“Tidak semua tempat ka-raoke memiliki imej negatif.Sesuai namanya, Orange Fam-ily Karaoke adalah karaokekeluarga. Di sini tidak ada PLdan minuman keras,” ung-kapnya.

Selain program gratis satujam untuk mahasiswa, saat ini

masih berjalan program Hap-py Birthday di Orange FamilyKaraoke.

Program tersebut, dikhu-suskan bagi masyarakat, mini-mal usia SMA, yang sedang

berulang tahun. “Kalau ma-syarakat pas datang ke sinisedang ulang tahun dan bisamenunjukkan data diri, akandapat satu jam gratis juga,”tutupnya. (nam/ima)

Tunjukkan KTM, Gratis Sejam

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

GRATIS SEJAM – Orange Family Karaoke memberikan satujam gratis bagi mahasiswa yang menunjukkan KTM.

Page 9: Radar Tegal 30 jan 2015

BenahiFungsiTrotoar

METROPOLISRADAR TEGAL

website : radartegal.com,epaper : epaper.radartegal.com

HOT LINE BERLANGGANAN(0283) 323383, 400500Hp. 0854323231234

JUMAT , 30 JANUARI 2015 9BACA HAL. 16

Tukang Palak danMesum Dirazia

ENAM tukang palak liar (parkir) dirazia petugasKepolisian Resort Tegal Kota Kamis (29/1). Takhanya itu, beberapa pasangan mesum juga ikutdiamankan.

Buah Lokal TakKalah Rasanya

GEGER buah apel impor yang mengan-dung bakteri berbahaya menyadarkan kon-sumen untuk mengonsumsi buah lokal. Buahlokal yang varietas tanamannya asli Indone-sia, rasanya tak kalah dengan buah impor.

BACA HAL. 11

Muara Sungai Gung Ketiwon

Memancing kakap putih (Barramundi) di muara sungaiGung Ketiwon dapat dijadikan salah satu hiburan melepaskepenatan setelah seminggu beraktifitas. Di tanggul sungai ini, tepatnyadi Gang 12, Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal,belakangan banyak dikunjungi para pemancing yang berburu ikan predatortersebut. Jika sedang musimnya, hampir setiap hari tempat ini tidak pernah sepi,selalu ada saja pemancing yang singgah. Puncak ramainya terjadimalam Minggu, tempat ini jadi jujugan pemancing yang hausmerasakan sensasi tarikan ikan kakap putih (stright).

WAWAN SETIAWAN, Wartawan Radar Tegal

TIDAK banyak orang tahu, mua-ra sungai Gung Ketiwon Kota Te-gal merupakan salah satu hot-

spot andalan bagi para pe-mancing ikan kakap pu-tih. Terbukti, para pe-mancing sebagian ber-datangan dari luar

Dishubkominfo Siap KawalBANYAK pejalan kaki yang me-

ngeluh saat melintasdi JalanA Yanidan Ve-

teran serta sejumlah jalanprotokol lainnya di Kota Tegal.

Bukannya tanpa alasan, merekamerasa kurang nyaman karenasebagian pemilik usaha menggu-nakan setengah dari trotoar un-tuk memajang dagangannya.

Seperti yang diungkapkanoleh Nurito (49) warga Jalan Musi

yang sedang melintas di Jalan Vet-eran Kota Tegal. Trotoar, katanya,

semestinya menjadi hak bagi pejalankaki untuk melintas dengan aman

dan nyaman.Tetapi kenyataan di lapangan

berkata lain. Pasalnya, banyakpemilik toko yang terlalu me-

maksakan diri dengan me-ngeluarkan dagangannya

sehingga mengganggu ke-nyamanan pejalan kakiyang sedang berjalan ditrotoar. Jika harus ber-jalan di jalan raya, tenturesiko pejalan kakimenjadi lebih besarkarena banyak kenda-raan yang melintasdengan kecepatantinggi.

Jangan KeluyuranSaat Jam SekolahKesbangpolinmasIngatkan Pelajar

UNTUK menekan sekaligusmemberikan edukasi kepadapelajar yang keluyuran saatjam sekolah berlangsung.Kesbangpolinmas Kota Tegalsiap untuk terjun ke lapanganguna melakukan penertibanatau razia.

Kepala KesbangpolinmasKota Tegal, Soeripto mengata-kan, saat ini pihaknya sedangmelakukan persiapan admi-nistrasi. Begitu proses admi-nistrasi selesai, maka sece-patnya akan dilakukan pener-tiban dengan menggandenginstansi lain seperti Satpol PP,Linmas, Polres Tegal Kota ser-ta Dinas Pendidikan Kota Te-gal.

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

BANYAK DIKELUHKAN – Pejalan kaki mengeluh karena masihbanyak trotoar yang digunakan untuk berjualan.

WAKTU TEPAT MANCING KAKAP PUTIH- Pagi sekitar pukul 06.00 hingga 09.00.

- Sore sekitar pukul 16.00 hingga 18.00.

- Siang sekitar pukul 11.00 hingga 13.00.

*) Diolah dari berbagai sumber.

Indonesia memiliki350 ribu Anak Berkebu-tuhan Khusus (ABK), ta-

pi hanya 116 ribu atau 30persennya saja yang dita-

ngani...”

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Tegal

Rachmat Rahardjo SE

SARAPAN PAGI ALA METROPOLIS

TEMUAN adanya kontaminasibakteri ganas Listeria Monocyto-genes pada apel asal Negeri PamanSam Amerika Serikat (AS), menjadi

momentum untuk menghentikanimpor, baik buah-buahan mau-pun sayur-sayuran. Peristiwa ini,seharusnya menjadi titik balik un-

tuk menggalakkan produk lokal,sehingga bisa menciptakan ke-mandirian ekonomi.

Hal itu, dikatakan Ketua KomisiII DPRD Kota Tegal Hj Tuty Alawi-yah SE, Kamis (29/1). “Sebenarnyaini masalah lama, tapi tidak dita-ngani. Ini saatnya mengatakanstop impor, dan kembali galakkanpenggunaan produk lokal yangtidak mengandung bahaya. Se-benarnya, kita ini mampu kok, jikaserius,” ujar Tuty.

Asal, sambung Politisi PAN itu,pemerintah benar-benar beranimenciptakan dan melaksanakanbrand cinta produk dalam negeri,baik untuk buah-buahan mau-pun sayur-sayuran. Kemudian,melindungi petani ataupun pe-dagang. Jangan sampai, ketikapanen, tidak bisa menjual karenaharganya terlalu murah.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

STOP IMPOR - Temuan bakteri ganas pada apel asal AS jadimomentum untuk menghentikan mengonsumsi buah impor.

Stop Impor, Galakkan Produk Lokal

Coba Contoh GresikKOMISI I

DPRD KotaTegal memintaDinas Pendi-dikan (Disdik)Kota Tegal un-tuk bisa men-contoh Kabu-paten Gresik,Jawa Timur,dalam pelaksa-naan sekolahinklusi. Hal ini,disampaikanWakil KetuaKomisi I DPRDKota TegalRachmat Rahardjo SE, Kamis (29/1).

“Pada tahun 2014, terdapat 42 sekolahinklusi. Bahkan saat ini, hampir semua sekolahmendaftarkan diri untuk menjadi sekolahinklusi. Komisi I akan segera berkordinasidengan Disdik, agar Kota Tegal dapat meng-ikuti hal-hal yang baik dari Kabupaten Gresik,dalam pelaksanaan sekolah inklusi,” kataRachmat.

Numpak jaran karo uwane...

Cah sekolah keluyuran sing melaswong tuane...

VISITE

DOK.RATEG

Rachmat Rahardjo SE

MINIMNYA jumlah hakim di Pe-ngadilan Negeri (PN) Kelas IB Te-gal, membuat jadual persidangankerap molor. Walhasil, sidang se-ring berlangsung hingga petanghari. Tentu saja, hal itu dikeluhkanpara pengunjung sidang.

Ketua PN Tegal (Plt) H. Budhy

Hertantiyo SH MH kepada Radartidak menampik jika di tempatnyakekurangan hakim. Semua itu ber-imbas pada proses persidangan. Se-bab, satu majelis hakim bisa mena-ngani banyak perkara dalam sehari.

‘’Akhir 2014 lalu, ada dua hakimyang pindah. Dan awal tahun ini,

sesuai surat yang diterima, adadua hakim yang hendak mutasi,termasuk saya,’’ katanya.

Masalahnya, lanjut Budhy, adahakim keluar tidak ada hakimpengganti. Sehingga, hakim di siniterus berkurang.

KEKURANGANHAKIM - Di balikmegahnyagedungPengadilanNegeri (PN)Kelas IB Tegal,ternyata jumlahhakimnyahanya 4 orang.

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

Minim Hakim, Sidang Kerap Molorke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 1

Page 10: Radar Tegal 30 jan 2015

RADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comPEMALANG10

NGENDONGTerusTingkatkanPrestasi

SD Negeri 08 RandudongkalKecamatan Randudongkal Kabu-paten Pemalang, terus berupayameningkatkan prestasi baik dibidang akademik ataupun non aka-demik bagi guru maupun para sis-wanya, dengan menerapkan ber-bagai program pendidikan dankegiatan bermanfaat lainya.

Kepala SD Negeri 08 Randu-dongkal Tafrichah S Pd mengatakan,keinginanya untuk memajukan per-kembangan sekolah akan terusdilakukan. Melalui berbagai macamupaya yang dimulai dengan menam-bah ilmu pribadi, agar nantinya akanditerapkan untuk memberi manfaatdi lingkungan sekolah baik guru, mu-

rid maupun masyarakat. Dan hal ini bertujuan apa yang menjadiharapan sekolah dapat terwujud, visi dan misinya dapat tercapaidengan baik, yaitu dapat memunculkan prestasi-prestasi anakdidik.

“Upaya akan terus dilakukan sebagai langkah, dalam rangkauntuk memajukan sekolah, mengejar prestasi supaya tdaktertinggal dengan sekolah lain” ungkapnya, Jum’at (29/1).

Harapan ini memerlukan dukungan dari semua pihak, agarberjalan sebagaimana mestinya. Sekolah diharapkan akanmempunyai siswa, yang selain pintar juga memiliki akhlak yangbaik dan berkarakter.

Dimana hal ini merupakan dasar untuk membentuk pribadiyang berakhlakul karimah.

Sehingga memerlukan dukungan dan peran serta dari walimurid maupun masyarakat, agar pelaksanaanya berjalansebagaimana mestinya.

“Sikap spiritual, ketrampilan dan banyak pengembangan diriyang lainya, harus diterapkan dengan benar. Sehinggamemberikan manfaat besar bagi siswa” ujarnya menambahkan.

”Mudah-mudahan keinginan untuk kemajuan dalam duniapendidikan akan terwujud, dan sekolah akan muncul prestasi-prestasi baru di sekolah,” pungkasnya. (maf/sri)

dok.rateg

Tafrichah S Pd

Kristiaji Rugikan Negara Rp 409 JutaTersangkaKorupsiDana KONI

PEMALANG - Kerja kerasjajaran Kejaksaan Negeri Pe-malang dalam menangani ka-sus tindak pidana korupsi te-rus dilakukan. Salah satunyapenanganan kasus dugaanpenyimpangan dana KONI(Komite Olah Raga NasionalIndonesia) yang dilakukanoleh Kristiaji sebagai tersang-kanya. Dalam kasus ini, telahditemukan adanya kerugiannegera yang jumlahnya cukupbesar, kurang lebih hinggamencapai Rp 409 juta.

Kepala Kejaksaan NegeriPemalang Robert PA Pelealumelalui Kasi Intel Hamidi me-ngemukakan, dalam pena-

nganan kasus tindak pidanakorupsi penyimpangan danaKONI, masih dalam tahappertama yaitu melakukan pe-nelitihan berkas.

Setelah itu, lanjut dia, pe-nentuan sikap, apakah berkassudah lengkap atau belum.Apabila dalam 14 hari peni-laian berkas sudah lengkapbaru diterbitkan P21. Kemu-dian memasuki tahap ke duapenyerahan tersangka danbarang bukti dari penyidik kepenuntut umum.

“Setelah semua selesai, ba-ru kemudian ditindaklanjutiuntuk segera dilimpahkan kePengadilan Tipikor di Sema-rang dan tersangka akan men-jalani persidangan,”katanya,kepada Radar, Kamis (29/1)kemarin.

Hamidi yang saat itu ber-

sama Kasi Pidum Sugeng Pra-koso dan Kasi Dadun Dhian P,menjelaskan bahwa dalamkasus ini tersangka baru satuorang dan diperkiraan sebagaipemain tunggal.

Adapun nilai kerugian ne-gara yang telah berhasil dite-mukan kurang lebihnya men-capai Rp 409 juta. Menurut-nya, dana sebesar itu olehtersangka tidak bisa memper-tanggungjawabkannya.

Dari laporan pembukuantahun 2011 dan 2012, ada sisadana kurang lebih sebesar Rp409 juta.

Namun ternyata uang yangada di kas tidak ada. Sehinggaberdasarkan hasil penghitu-ngan BPKP dalam kasus ter-sebut ada kerugian uang ne-gara sebesar kurang lebihmencapai Rp 409 juta.

“Bahkan keterangan daritersangka, saat ditanyakanuang itu kemana, disebutkantelah digunakan untuk keper-luan pribadi,”jelasnya.

Seraya menambahkan, ter-sangka juga saat dalam prosespenyidikan, sempat ada upa-

ya untuk mengembalikanuang tersebut, yaitu denganmenunjukkannya uang ituada dalam rekening.

Hanya saja, setelah itu uangitu dicek kembali sudah tidaktidak ada karena telah diambillagi. (apt/sri)

PerseteruanPOLRIVersus KPK

PULOSARI - Luar Biasa!Perseteruan POLRI versusKPK ternyata mampu di-tuangkan secara apik melaluikarya seni kuda lumping. Itu-lah aksi puluhan seniman le-reng Gunung Slamet, yangtergabung dalam 12 Grup Se-niman Kuda Kepang wilayahPemalang Selatan. Merekamengadakan pertunjukan Ak-si Pertarungan Kuda Kepangdi Lapangan Desa Pulosari Ke-camatan Pulosari, yang meng-gambarkan perseteruan an-tara Komisi PemberantasanKorupsi (KPK) dan POLRI.

Hindarto selaku panitia me-ngatakan, aksi pertarunganKuda Lumping ini memilikipesan damai melalui pertun-

jukan seni Kuda Kepang. Yangmenampilkan hasil kreatifitaswarga, dan merupakan kese-nian sejak jaman nenek mo-yang. Dalam pertunjukanyapeserta membawa Kuda Ke-pang yang bertuliskan POLRImaupun KPK, dan kemudianmereka memainkan pertun-jukan atau aksi melalui KudaKepang tersebut. Diharapkankisruh yang terjadi sekarangakan berakhir dengan perda-maian, dan bersatu untuk per-damaian maupun kemajuanBangsa Indonesia.

“Yang namanya berunjukrasa itu, tidak harus di jalanatau datang ke Jakarta.

Akan tetapi masyarakat cu-kup dengan kreatifitas dan ke-senian yang dimiliki.

Sehingga bisa melampias-kan rasa atau aspirasi merekadapat tercurahkan,” ungkap-nya, Kamis (29/1).

Dimana tujuan utamanyaadalah mereka dapat bersatu,bersama-sama untuk kema-juan Bangsa Indonesia.

Walaupun ada persainganakan tetapi bersaing bagai-mana agar Bangsa Indonesiaini bersatu untuk lebih maju.Khususnya untuk KPK danPolri sebagai penegak hukum,warga masyarakat berharapagar mereka dapat menyele-saikan konflik yang terjadi, biarmasyarakat bisa merasa lebihtenang dan aman.

“Mudah-mudahan adanyaaksi pertunjukan ini, aspirasiwarga masyarakat dapat tersa-lurkan.

Serta kisruh ataupun per-masalahan yang terjadi segeraterselesaikan, sehingga ma-syarakat tidak kebingungan de-ngan kondisi yang terjadi se-karang,” tegas salah satu Seni-man, Slamet Cepet. (maf/sri)

Pesan Damai Seniman Kuda Kepang

SITI MAFTUKHAH/RADAR PEMALANG

BERTARUNG- Seniman Kuda Kepang menggambarkan perseteruan antara KPK dan Polri.

Hari KustaSedunia

PEMALANG – Hari ini, Ka-mis (28/01) merupakan peri-ngatan hari Kusta Sedunia ke-62 tahun 2015. Penyakit me-nular menahun yang dise-babkan oleh kuman kusta(Mycobacterium Leprae)yang menyerang kulit, syaraftepi dan jaringan tubuh lain-nya itu di Pemalang jumlah-nya semakin menurun diban-ding beberapa tahun sebe-lumnya.

Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Pema-lang, dr. Humartono ditemui diruang kerjanya, Kamis (28/01)menyampaikan, kegiatan pe-ringatan Hari Kusta Seduniake-62 tahun 2015 dipusatkandi Jepara.

Ada beberapa kegiatan disana, salah satunya adalahseminar yang diikuti oleh selu-ruh Dinas Kesehatan kabu-paten/ Kota se Indonesia.

“Kami mengirimkan stafnyakesana untuk mengikuti semi-nar tersebut,” ujarnya.

Kaitan dengan penyakitKusta, bahwa KementerianKesehatan RI berupaya untukmenurunkan angka penyakitkusta tersebut, dan di Pema-lang juga sudah turun darisebelumnya.

Jumlah sebelumnya yangratusan penderita, sekarangturun menjadi puluhan pen-derita saja. Tipe penyakitnya-pun sekarang tidak sepertidulu, jika dulu tipenya basahsekarang cenderung ke tipekering “Di Pemalang hampirmerata di tiap-tiap Puskes-mas.

Namun jumlahnya sedikitbahkan ada Puskesmas yangtidak ada penderita Kustanya,”

kata Humartono.Menurunnya angka penya-

kit Kusta di Pemalang adalahkarena berbagai upaya yangdilakukan Dinkes bersamajajaran di bawahnya, yaiturajin mengunjungi ke daerah-daerah yang endemis dan di-tengarai ada penderita Kusta.Tanpa tindakan itu maka tidakakan tahu. Misalnya melaluikunjungan ke sekolah, yaitudengan adanya dokter kecildan kegiatan-kegiatan lain-nya.

Gejala Kusta adalahbercak putih, dan itu gejalaawal. Setelah itu diobatiselama 6 bulan secara terusmenerus akan selesai. Jikamasih pada gejala awal danrutin diobati secara terusmenerus selama 6 bulan,maka akan sembuh.

Namun jika sudah lama,maka pengobatan dapat dila-kukan selama 1 tahun bahkanhingga benar-benar selesaidan sembuh.

Oleh karenanya deteksidini akan lebih baik dari-pada setelah terlihatbarudiobati.

“Sekarang walaupun Kustapenyakit menular, tetapi or-ang tidak takut seperti dulu,ada obatnya dan gratis bisadidapatkan di Puskesmas,”jelas Humartono.

Penyakit Kusta masih ada diPemalang walaupun jumlah-nya sedikit, namun karena je-nis penyakit ini, si penderitatidak mengeluh sakit, makaenggan untuk memeriksakanpenyakitnya.

Mereka baru akan meme-riksa setelah agak parah. Pe-nyakit tersebut biasanya ter-jadi pada kelas ekonomi ba-wah yang terkadang kurangrajin menjaga kebersihan ba-dan. (rid/sri)

Di Pemalang,Kusta Menurun

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

PENDERITA– Salah satu penderita Kusta di Desa SokawangiKecamatan Taman yang hanya ada 2 penderita dalam 1 desa.

PuluhanHektar SawahTerendamBanjir

PETARUKAN – Akibat hujan yang terus menerus, puluhantanaman padi di Desa kendaldoyong Kecamatan Petarukanterendam banjir. Tanaman padi yang rata-rata masih berumurantara 10 hingga 20 hari itu terendam banjir hingga sebagianterlihat seperti habis dimakan ulat, tingal batangnya saja.

Frekuansi hujan yang terjadi secara rutin menyebabkan airmengendap dari arah selatan ke utara.

Sehingga begitu ari sungai penuh, air yang berada di per-sawahan tidak bisa mengalir sehingga menyebabkan banjirdan merendam puluhan hektar sawah yang berada di sekitarsungai tersebut.

Wahidi (43), seorang petani mengatakan, banjir terjadi kemarinmenyebabkan sebagian tanaman padi milik petani terendam.

Tanaman padi yang terendam jumlah sekitar puluhan hektaryang meliputi areal persawahan di sekitar sungai di ke baratdan ke selatan, persawahan di sebelah selatan dan di daerahyang lebih rendah dari aliran sungai.

Banjir juga merendam persawahan di sebelah selatanBalaidesa Kendaldoyong atau timur sungai. “Dimana yang lebihrendah itu terjadi banjir,” ujarnya, kemarin.

Dikatakan oleh Wahidi, bahwa akibat banjir tersebut, sebagianpetani terpaksa harus melakukan tanam ulang, karena tanamanpadi yang baru ditanam beberapa hari hanyut oleh arus airsaat banjir tersebut.

Namun demikian sebagian lagi tidak melakukan tanam ulangkarena batang padi masih menancap di tanah. Hanya sajakarena daunnya habis, perlu perawatan ekstra agar bisa tumbuhnormal kembali. “Tidak semua yang melakukan tanam ulang,termasuk saya tidak karena posisinya agak jauh dari sungai,”kata Wahidi.(rid/sri)

Bahkan ketera-ngan dari ter-sangka, saat di-tanyakan uang

itu kemana, disebutkantelah digunakan untukkeperluan pribadi,”jelasKepala Kejaksaan NegeriPemalang Robert PA Pe-lealu melalui Kasi IntelHamidi.

HamidiKasi Intel Kejaksaan Negeri Pemalang

LINTAS

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

TERENDAM AIR – Padi di wilayah Desa Kendaldoyongterendam banjir akibat air sungai meluap karena banjir.

Page 11: Radar Tegal 30 jan 2015

TEGAL METROPOLISRADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 11

MENINDAKLANJUTI ada-nya warga yang terkena De-mam Berdarah Dengue (DBD)di wilayah Kelurahan Kejam-bon, Kecamatan Tegal Timur,dinas terkait langsung melaku-kan aksi foggingingisasi ataupengkabutan. Fogging selaindilakukan di perumahan war-ga, juga di sekolahan yangletaknya berdekatan denganpemukiman.

Sedangkan wilayah yangdifogging, menurut Ketua RT03 RW VI, Kelurahan Kejam-bon, M Zaenal Arifin, yakni RT03, 06 dan 07 di wilayah RW 06.Sedangkan jumlah anak yangpositif DBD dan sempat men-jalani perawatan di rumah sa-kit sebanyak delapan orang.Dari delapan anak yang ter-kena DBD, lima anak dari SDNKejambon 7, 2 dari SDN Ke-jambon 4, dan satu dari SDKejambon 10. Anak-anak yangterkena DBD masih duduk dikelas 1, 2, 3 ,dan ada yang kelas6.

“Anak yang kena DBD seba-gian warga kami. Enam anakpositif DBD dan dirawat, 3lainnya negatif,” tutur Zaenal.

Tindakan fogging atau pe-ngasapan di sejumlah wilayahdi Kelurahan Kejambon, me-nurut Zaenal, atas instruksiLurah Kejambon, Sodikun.Sebelum itu, dari RT mela-porkan adanya sejumlah war-ga yang terkena DBD.

Dalam kegiatan pengasa-pan yang diadakan di SDNKejambon 7, seluruh ruangankelas dan kantor disemprot.Ruang kelas siang itu dipenuhiasap putih dengan bau khasmenyengat. Aksi pengasapanmenjadi tontonan anak-anak.Tidak hanya ruang kelas danguru yang difogging, penga-sapan dilakukan juga di tem-pat-tempat yang kemungki-nan menjadi sarung nyamuk.Area taman yang dipenuhi

tumbuhan siang itu tidak le-pas dari pengasapan.

Seperti diketahui, foggingutamanya dilakukan di dae-rah-daerah yang sudah terin-dikasi ada penderita DBD-nya. Agar penyebaran tidakmeluas, maka Dinas Keseha-tan mengambil langkah cepatdengan fogging fokus.

Fogging bertujuan untukmematikan nyamuk dewasa,setidaknya nyamuk yang su-dah bisa mengudara. Bukantelur atau jentiknya, yang padasaat yang sama mungkin ber-semayam aman di menara airatau genangan air yang tidakbisa ditembus asap. Foggingmenjadi opsi terakhir ketikawabah deman berdarah ter-jadi di satu wilayah. Tindakankuratif terhadap lingkunganyang banyak nyamuk, yangpatut diduga sebagai vectoratau pembawa virus yang bisamembuat manusia mende-rita. DBD merupakan suatupenyakit yang disebabkanoleh virus dengue yang penu-larannya disebarkan oleh nya-muk Aedes Aegypti.

Karena itu, langkah yangdapat dilakukan untuk mence-gah penyebaran DBD adalahdengan memotong siklus pe-nyebarannya dengan mem-berantas nyamuk tersebut.Cara yang sejauh ini dianggappaling efektif untuk pengen-dalian pemberantasan nya-muk aedes aegypti yang men-jadi vektor virus dengue ada-lah melalui upaya pembe-rantasan sarang nyamuk(PSN). Kampanye PSN perludigalakkan.

Di Indonesia, oleh peme-rintah dalam hal ini Depar-temen Kesehatan, diperke-nalkan semboyan 3M yangsudah akrab ditelinga masya-rakat yakni, Menguras tempatpenampungan air secara ter-atur, Menutup tempat-tempatpenampungan air, dan Me-

ABIDIN ABROR/RATEG

DIASAP - Ruang kelas SD Negeri Kejambon 7 diasapi untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue.

Musim Penghujan, Waspadai Demam Berdarah

PERAYAAN Tahun Baru Im-lek 2566 tak lama lagi segeratiba. Berbagai persiapan me-nyambut tibanya perayaanTahun Baru Imlek, sebagaiacara tahunan yang sangatistimewa hingga kini terus dila-kukan. Persiapan menyambuttibanya Tahun Baru Imlek2566 di Kelenteng Tek HayKiong Tegal dimana seluruhbangunan termasuk pintu pa-gar seluruhnya dicat baru.

Warna bangunan kini sete-lah dilakukan pengecetannampak lebih cerah dan te-rang. Seluruh bangunan kelen-teng didominasi warna merah,kuning, hitam, dan putih. Se-lain ornamen dan bangunanpembersihan tempat periba-datan menjeleng perayaanImlek 2566, termasuk dila-kukan di ruang peribadatan.

Seluruh tulisan dan orna-men yang berada di ruang pe-ribadatan utama selama be-berapa hari terus dilakukanpembersihan. Debu yang me-nempel pada bagian orana-men bagian atas oleh sejum-lah petugas kebersihan lang-sung dibersihkan. Menurutpetugas kebersihan kegiatanpembersihan dari debu dila-kukan rutin setiap menjelangtibanya perayaan Tahun BaruImlek.

Jika Anda kebetulan me-ngunjungi Kelenteng Tek HayKiong Tegal, maka ada sua-sana yang berbeda. BangunanKelenteng Tek Hay Kiong,yang terletak di Jalan Gurame

setelah dilakukan pengecetanwarnanya kini nampak lebihmenyala dan sangat terang.Sedang acara ritual yang akandigelar pada 4 Februari men-datang yakni, kegiatan bersih-bersih Kimsin dan tempatperibadatan. Kegiatan bersih-bersih Kimsin dan pember-sihan altar sembahyang meru-pakan agenda tahunan, yangdiadakan seluruh kelentengmenjelang tibanya perayaanTahun Baru Imlek. Termasukperalatan peribadatan lainnyamenjelang Imlek juga ikutdibersihkan.

Acara membersihkan Kim-sin dan altar sembahyang,atau dalam budaya Jawa dise-but ritual penjamasan dilak-sanakan setiap setahun sekalisetiap menyambut Tahun Ba-ru Imlek. Dalam ritual ini, ra-tusan Kimsin dibersihkan dari

berbagai kotoran dan debuselama satu tahun atau sejakperhelatan Imlek tahun se-belumnya.Ritual penyucianKimsin sebagai lambang se-buah penyucian menghadapiTahun Baru Imlek.

Sedang jumlah Kimsin yangakan dibersihkan menyambutperayaan Tahun Baru Imlek,menurut Tosu Chen Lie Weimencapai ratusan. Ternyata

ngubur barang-barang bekasyang dapat menjadi sarangnyamuk. Menutup pada da-sarnya adalah mencegah agarnyamuk aedes aegypti betinatidak dapat bertelur di tempatpenampungan air.

Dengan menguras bak airdiharapkan, kalaupun nya-muk sempat bertelur dan te-lurnya menjadi larva (jentik-jentik), telur dan larva akanterbuang dan mati. Menguburdimaksudkan untuk mence-gah jangan sampai ada tem-pat-tempat penampungan airhujan yang tidak terkontroldan menjadi tempat berkem-bangnya larva nyamuk vektor.

Selain yang tak kalah pen-ting untuk selalu menjaga ling-kungan yang sehat. Mengenaikebiasaan membuang sam-pah, harus diakui masih ba-nyak anggota masyarakat kitayang belum menyadari per-lunya pengelolaan sampahyang baik. Ini sulit diubah.Tingkat pendidikan memangdapat mempengaruhi, begitupula kampanye-kampanye.Akan tetapi, ada faktor yangjuga penting. Akankah ma-syarakat kita tetap membuangsampah sembarangan kalaudi depan rumahnya tersediatempat sampah yang secarateratur, mungkin setiap hari,dibersihkan oleh petugas.

Masyarakat tidak perlu su-sah-susah mengubur kaleng-kaleng bekas,namun cukupmembuangnya di tempatsampah yang telah tersedia.Bagi masyarakat kelas mene-ngah ke atas, mungkin hal tadibisa diadakan secara swada-ya. Mereka dapat membayarpetugas untuk membawatumpukan sampah ke tempatpenampungan sementara.Menurut Zaenal, aksi foggingatau pengasapan diwilayah-nya tersebut akan dilakukankembali pada Kamis menda-tang. (din/wan)

Buah Lokal Tak Kalah RasanyaGEGER buah Impor yang

mengandung bakteri menya-darkan konsumen untukmengkonsumsi buah lokal.Buah lokal adalah buah yangvarietas tanamannya asli In-donesia dan ditanam petanidi Indonesia. Dengan demi-kian,buah lokal itu buahyang dihasilkan petani Indo-nesia terlepas dari mana asalvarietasnya. Indonesia me-miliki kekayaan sumber da-ya alam yang sangat luar bia-sa. Iklim, lahan, memung-kinkan musim panen dapatdilakukan berbeda-beda di-tiap daerah, sehingga poten-si buah lokal sangat besar.

Buah-buahan mengan-dung banyak sumber giziyang sangat diperlukan olehtubuh kita contohnya vita-min, mineral, antioksidan,karbohidrat dan serat. Nilaigizi buah lokal lebih baikkarena tidak melalui penyim-panan lama atau pengawetan

yang menurunkan kualitas.Selain lebih segar, beberapabuah tropis juga terbukti le-bih unggul kandungan vita-minnya dibandingkan buahsubtropis.

Buah mangga yang me-miliki nama latin,mangiferaindica merupakan salah satubuah yang memiliki sumberbeta-karoten, kalium, dan vi-tamin C.Setelah sebelumnyabuah mangga sempat mem-banjiri pasaran, kini mema-suki musim penghujan buahyang banyak dijual di pa-saran adalah buah rambu-tan, jeruk, melon, salak, pi-sang dan durian. Buah-bua-han Indonesia merupakanjenis buah tropis yang me-miliki rasa yang nikmat, se-hingga banyak industri ma-kanan dan minuman yangmemanfaatkan buah sebagaipeluang usaha.

Buah kini banyak diolahdijadikan tepung, makanan

ringan (snack), kue, puding,permen, keripik, selai, ma-nisan, jus, sirup, wine, danmasih banyak lagi. Tidak ha-nya buah-buahan yang ba-nyak dihasilkan dari bumipertiwi, sudah lama petanikita juga banyak mengha-silkan sayur-sayuran dan be-ragam komoditas pertanianlain.

Untuk meningkatkan dansekaligus mengembangkanpotensi buah lokal dantermasuk jenis sayur-sayu-ran, maka sebagai bentukkecintaan sekaligus bersa-maan ramainya salah satubuah Impor, yang terkenabakteri seperti disarankanpejabat terkait PemerintahKota Tegal untuk membelibuah-buahan lokal.

Seorang konsumen Mu-fid, menuturkan untuk kon-sumsi buah kelurganya lebihmemilih untuk membelibuah lokal. (din/wan)

ABIDIN ABROR/RATEG

BUAH LOKAL - Buah mangga memiliki rasa nikmat dan harganya sangat murah.

Kegiatan Bersih-Bersih Kelenteng Terus Dilakukantidak hanya ratusan Kimsin,yang nanti akan dibersihkanmenyambut tibanya Imlek.Seluruh piranti sembahyangtermasuk bendera kebesaranmenjelang tibanya perayaanImlek juga akan ikut diber-sihkan.

Menurut Tosu Chen LieWei, kegiatan bersih-bersihatau penjamasan tersebutdilakukan secara bertahap.Untuk tahap awal yang diber-sihkan adalah altar sembah-yang dan termasuk pirantisembahyang lainnya. Setelahmembersihkan altar dan pi-ranti sembahyang yang ada diKelenteng Tek Hay Kiong Te-gal, sebagai puncaknya dila-kukan acara bersih-bersihratusan Kimsin.

Acara bersih-bersih Kimsindilaksanakan pada 4 Februariatau Cap Jie Gwee Cap Lak.Berbeda pada umumnya dimana acara bersih-bersihKimsin hal itu biasanya dila-kukan di mana Dewa DapurChauw Kung Kong naik kelangit lapor Thian. (din/wan)

ABIDIN ABROR/RATEG

ORNAMEN - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek seluruhornamen di Klenteng Tek Hay Kiong Tegal, terus dibersihkan.

Page 12: Radar Tegal 30 jan 2015
Page 13: Radar Tegal 30 jan 2015

RADAR TEGAL 13JUMAT, 30 JANUARI 2015

Antisipasi AncamanKeutuhan NKRI

MUH. FATKHUDIN/RADAR SLAWI

PAPARAN–Sekjan PB NU KH Marsudi Syuhud (empat dari kanan) bersama bupati Tegal dan wakil bupati Tegal saat acara halaqoh.

GERAKAN yang mengancam ke-utuhan Negara Kesatuan Republik In-donesia (NKRI) harus diantisipasioleh setiap warga negara. Terutamaumat Islam dan warga nahdliyin. Halitu dikatakan Sekretaris Jendral (Sek-jen) PB NU DR KH Marsudi Syuhudsaat Halaqoh yang dilaksanakan diPendopo Amangkurat KabupatenTegal, Sabtu (24/1) lalu.

Dalam halaqoh yang dimoderatoriSepudin MA. KH Marsudi menyam-paikan, untuk mengantisipasi ter-hadap pergerakan yang mengancamkeutuhan NKRI, maka sebagai warga

negara yang ber-akhlakul karimahwajib menjaga serta mempertahan-kan kedaulatan DKRI. Seluruh an-caman yang datang dari dalam mau-pun dari luar harus diantisipasi ber-sama oleh masyarakat dan umat Is-lam.

”Mari kita kobarkan semangatyang tinggi untuk berjuang dan relaberkorban demi nusa dan bangsayang kita cintai ini tanpa pamrih,”tegasnya.

Dia menjelaskan, semangat ke-bangsaan dan nasionalisme meru-pakan suatu ibadah. Karena itu, dalam

ajaran agama Islam sangat mengan-jurkan untuk rela mempertahankankedaulatan bangsa dan negara.

”Saat ini banyak ancaman yangmelanda bangsa, maka dari itu kitaharus mengantisipasi dengan mem-berikan pendidikan moral dan aga-ma pada generasi penerus, yakniajaran ahlussunah waljamaah,”urainya.

Halaqoh dalam rangka memperi-ngati Maulid Nabi Muhammad SAWitu juga menghadirkan langsung Bu-pati Tegal Enthus Susmono dan Wa-bup Tegal Umi Azizah serta sejumlah

Setda dan SKPD. Selain itu, hadir pulasejumlah tamu undangan, mulai dariulama dan tokoh agama di KabupatenTegal.

Sementara itu, dalam kegiatan ha-laqoh ini merupakan bentuk ikhtiaruntuk menggali semangat kebang-saan dan nasioanlisme. Hal itu untukmeneladani dan mencontoh dari per-juangan Nabi Muhammad SAW dalammemerangi kebatilan di jaman ja-hiliyah. Dimana Rasulullah SAW mem-perjuangkan kaum yang lemah de-ngan niat yang suci serta semangatjuang yang tinggi. (muh/fat)

KONFERCAB GP Ansor Kabupaten Tegalpada November 2014 lalu memenangkan DidiPermana sebagai ketua. Namun, hingga saatini keputusan masih menunggu pimpinanpusat turun. Sebab, masih ada polemik yangperlu diselesaikan oleh pimpinan pusat.Sementara itu, pembentukan struktural ke-pengurusan GP Ansor juga belum tersusundan belum ada rencana kapan diadakanpelantikan.

Sekretaris GP Ansor PAC Balapulang IkbalFaisal saat ditanyakan perihal keberlanjutandari hasil konfercab Ansor mengatakan, jikadilihat dari perkembangan, saat ini keputusanmenjadi ranah Pimpinan Pusat GP Ansor.”Semuanya menunggu hasil kajian dan rapatpleno pimpinan pusat GP Ansor,” kata dia.

Saat ditanya terkait dibentuknya strukturalkepengurusan, dirinya mengaku belum me-ngetahui adanya pembentukan kepengu-rusan.

”Yang jelas semua anggota dan pengurusAnsor sedang menunggu keputusan pusat,baru menuju langkah selanjutnya,” paparnya.Dia berharap, pimpinan pusat segera turundan memberikan keputusan yang terbaik bagiGP Ansor Kabupaten Tegal.

Sementara itu, mantan Ketua GP AnsorKabupaten Tegal H Muslih saat dikonfirmasibelum mau memberikan keterangan terkaitkelanjutan konfercab GP Ansor dan rencanakedepan. (muh/fat)

CATATAN

GP Ansor TungguPimpinan PusatPIMPINAN Cabang IPNU-IPPNU

Kabupaten Tegal mengadakan per-temuan rutin perdana di MI Al-Hidayah, Desa Kreman, Kecama-tan Warureja, Minggu (25/1). Hadirdalam pertemuan rutin itu segenappengurus pimpinan cabang dananak cabang serta ranting sekitar.

Ketua PC IPNU Aditio Prasetyomengatakan, kegiatan rutinan ter-sebut merupakan aplikasi dari rang-kaian program kerja PC IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal. Tujuan-nya untuk mempererat tali sila-turahim antar pengurus IPNU-IPPNU dan memperkokoh ukhu-wah Islamiyah serta memperkuatgarda depan NU. ”Semakin rutindilaksanakan, IPNU-IPPNU akansemakin kompak,” katanya.

Dalam kegiatan rutinan tersebutjuga dimanfaatkan oleh anggotadan pengurus untuk melakukandiskusi tentang permasalahan ke-kinian yang ada ditubuh IPNU-IPPNU. Diskusi juga bisa berkaitandengan kegiatan-kegiatan yangakan dilaksanakan oleh IPNU-IPPNU, baik dari tingkatan cabang,anak cabang, dan ranting. ”Banyakdiskusi yang dibahas dan itu me-ngikuti masalah kekinian,” papar-nya.

Kemudian, dengan sering dilak-sanakan pertemuan rutin, IPNU-

IPPN juga akan terus mempererathubungan dengan pimpinan NUdari cabang hingg ranting. Banyakkegiatan IPNU-IPPNU yang harusdisinergikan dengan pengurus NU.Oleh sebab itu, dalam pertemuan

rutin ini juga dibahas sinergitasdengan pengurus NU.

”Kami akan terus melakukan si-laturahim dengan PCNU dan siner-gitas program kegiatan,” tandasnya.(muh/fat)

IPNU Adakan Pertemuan Rutin

MUHAMMAD FATKHUDIN/RADAR SLAWI

PIDATO–Ketua IPNU Aditio Prasetyo sambutan dihadapan anggota.

Arti SebuahRefleksiBagiNUOleh PC NU Kabupaten Tegal

BELAKANGAN ini banyak media komunikasi mulai dari televisi,radio, surat kabar, dan yang lainnya memberitakan tentangkonflik antara KPK dan Polri. Dimana ujung-ujungnya mau tidakmau harus menyeret Presiden Jokowi melakukan sikap tegassebagi orang nomor wahid di negeri Indonesia ini.

Belakangan untuk menyelesaikan konflik di antara dua institusinegara tersebut, terpaksa harus membentuk tim sembilan yangkonon masa kerjanya satu bulan. Di antara hasilnya tim sembilanmengusulkan agar Budi Gunawan (BG) untuk tidak dilantik.Karena konflik KPK dan Polri tersebut, munculah sebuahspekulasi penilaian pada sosok presiden, baik yang pro maupunyang kontra.

Di antara mereka ada yang mencoba merefleksi kinerjapresiden selama seratus hari dengan kalimat seratus hari yangmengecewakan (lihat Jawa Pos, 28/01/2015) ada yangtersandra oleh wibawa (Jawa Pos 26/01/2015). Barangkali itubagian dari risiko seorang pemimpin. Belakangan masih dalamJanuari 2015 ini, rakyat Kabupaten Tegal telah mengadakanrefleksi kepemimpinan bupati dan wakil bupati Tegal selamasatu tahun.

Tidak hanya itu, suatu kinerja institusi baik lembaga keuanganmaupun bukan pada awal tahun seperti saat ini biasanyamengadakan refleksi, berupa laporan pertanggung jawaban,evaluasi, atau lainnya. Bagi institusi memang idealnya palingtidak ada sebuah refleksi satu tahun sekali.

Sebenarnya apa sih refleksi itu? dalam kamus bahasa Indo-nesia, refleksi bisa diartikan, pertama gerakan, pantulan, di luarkemauan (kesadaran) sebagai jawaban suatu hal atau kegiatanyang datang dari luar. Kedua, gerakan otot (bagian badan)yang terjadi karena suatu hal di luar kemauan atau kesadaran.Ketiga, cerminan , gambaran.

Kalau mau kita bandingkan, kata refleksi sebenarnya tidakjauh dengan kata reflek, yakni gerakan otomatis dan tidakdirancang terhadap rangsangan dari luar yang diberikan suatuorgan atau bagian tubuh yang terkena. Contoh gerakan reflekorang akan menjerit ketika terkena bara api. Orang akantersenyum ketika mendapatkan kabar gembira. Orang akanketawa terbahak-bahak ketika melihat sesuatu yang lucu. Samasaja dengan sikap diam ada sesuatu berarti bisa diartikan tidakmasalah atau boleh.

Dalam sejarah zaman nabi Muhammad SAW. ternyata reflekini menjadi salah satu bagian dalam penentuan hukum. Ketikadiam itu dapat diartikan boleh. Kita tentu masih ingat bahwasunah itu ada tiga macam, yakni sunah fi’liyah, sunah qauliyah,dan sunah taqririyah. Dari ketiganya, pada sunah taqririyah itudapat didefinisikan sesuatu yang timbul dari sahabat yang telahdiakui oleh Rasulullah SAW, baik berupa ucapan maupunperbuatan.

Pengakuan tersebut adakalanya dengan sikap diamnya dantidak adanya keingkaran beliau atau dengan adanya persetujuandan penrnyataan penialaian baik terhadap sikap ini.

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslimmenceritakan tentang diamnya nabi pernah terjadi ketika NabiSAW dan para sahabat bertamu ke suatu kaum. Dimana merekadisuguhkan daging dhob (biawak padang pasir) panggang dankemudian Nabi SAW membentangkan tangannya yang muliauntuk mengambil daging itu. Dan serta merta sahabatmengatakan wahai Rasulullah itu adalah daging dhob. LangsungRasulullah SAW menarik tangannya kembali dan tidak jadimencicipi dhob tersebut.

Kemudian para sahabat bertanya, ”Apakah haram wahaiRasulullah?” Kemudian Rasulullah SAW menjawab, ”Tidak,hanya saja daging dhob ini tidak ada di tempatku, maka akumerasa tidak suka untuk memakannya. Kemudian Nabi SAWmenyuruh para sahabat untuk melahap daging itu dan Nabimelihat dan membiarkan mereka.

Refleksi itu adalah kata kerja sebagai gerakan cepat yangdilakukan oleh semua persendian atau berbagai komponenrakyat. Sendi masyarakat diberi kebebasan untuk mengung-kapkan pendapat dan penilaiannya dalam sebuah kepemimpinan.Sebagai pemimpin tentu harus merasa terbantu dengan adanyasebuah refleksi. Refleksi ibarat control karenanya jangan sampaimenganggap gerakan refleksi itu muncul sebagai antikepemimpinan dan perbuatan makar.

Organisasi NU pada praktiknya telah lama mengenal perilakurefleksi. Dengan adanya pertemuan bulanan, laporan tahunanorganisasi, dan pergantian kepengurusan tentu itu sebagaiwahana untuk merefleksikan sebagai sebuah kepemimpinan.Tinggal sebenarnya titik permasalahannya bagaimana responitu muncul sehingga ada sebuah gerakan reflek.

Ketika respon yang muncul itu baik, maka gerakan refleknyaakan baik dan ekspresi wajahnya akan baik. Refleksi itu munculkarena adanya stimulan. Untuk mendapatkan gerakan refleksiyang baik, maka bagaimana seseorang atau sebuah institusiitu melakukan kinerja yang baik. Meski demikian, agarmemunculkan keobjektifan dalam sebuah refleksi, maka harusmemunculkan pemikiran yang seimbang antara positif dannegatifnya.

Bagi organisasi NU tentu sangat butuh adanya refleksi, karenarefleksi itu adalah sebuah keinginan tata organisasi yang idealdan lebih baik kedepan. Kalau itu yang dikehendaki berarti NUsangat butuh. Jangan menganggap bahwa gerakan refleksi itusama dengan gerakan oposisi. Justru itu akan berpengaruhkepada refleksi-refleksi berikutnya.Wallahu a’lam. (*)

Page 14: Radar Tegal 30 jan 2015

RADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comRADAR BREBES14

RSUD Brebes (0283) 671431

RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481

RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222

RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/889548

RS Dedy Jaya, Jl. A. Yani No. 57 Brebes (0283) 672145/672525

- IGD/Ambulance (0283) 3287503

TELEPON PENTING

LINTAS

AJIB AH...

DOK RADAR BREBES

PEMBUKAAN - Badan Kepegawaian Daerah memberikanbimbingan teknis kepada ratusan pejabat SKPD.

124PejabatDigemblengBREBES - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah

Kabupaten (Pemkab) Brebes memberikan pembinaan teknispenyusunan perencanaan kebutuhan pegawai kepada SKPDdi aula instansi tersebut, Kamis (29/1). Kegiatan ini diikuti oleh124 pejabat yang membidangi kepegawaian di tiap SKPD.

Sekretaris BKD Brebes, Daru Andini mengatakan, kegiatanini sebagai sosialisasi UU tentang Aparatur Sipil Negara (ASN),serta program optimalisasi kebutuhan ASN sistem e-Formasi.Diharapkan, peserta dapat menyusun perencanaan kebutuhanPegawai ASN tahun 2015 pada SKPD masing-masing secaratepat waktu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “NantinyaSKPD bisa menghitung kebutuhan formatur pegawai riil sebagaiperencanaan yang dikirim ke Menteri Aparatur Negara danReformasi Birokrasi pada Februari nanti. 2014 lalu, Brebesmendapatkan 47 Formasi dan yang memenuhi syarat pasinggrade nilai ujian untuk lulus CPNS menggunakan CAT 43 orang,sedangkan 4 formasi kosong karena peserta seleksi nilainyatidak memenuhi syarat pasing grade,” katanya.

Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan, pemerintah saatini terus memantapkan program reformasi birokrasi dalamupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.Reformasi birokrasi adalah langkah strategis untukmembangun ASN agar lebih berdaya guna dan berhasildalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pem-bangunan nasional. “Segenap ASN harus melakukanpembenahan birokrasi secara internal dan melakukaninovasi dibidang pelayanan publik, sehingga mampu men-donkrak pertumbuhan ekonomi dan mendatangkan investasiyang membawa pengaruh positif bagi kesejahteraanmasyarakat pada umumnya dan kesejahteraan ASN padakhususnya,” ujarnya. (ism/adi)

Lantaran TakTertampung diRumah Sakit

BREBES - Kasus Demam BerdarahDengue (DBD) di Kabupaten Brebesterus meningkat seiring tingginyaintesitas dan curah hujan akhir-akhirini. Korban penyakit akibat gigitannyamuk aides aegypty ini terus ber-jatuhan. Bahkan sejumlah Puskesmasdan RS di Kota Bawang dipenuhi pa-sien DBD hingga tidak lagi bisa me-nampung.

Kemarin, (28/1) sore, Tiar Ahmad

AlFarizi, bayi laki-laki warga DesaTegalglagah, Kecamatan Bulakamba,yang usianya belum genap satu tahunitu meninggal akibat DBD. Anak pa-sangan Warja dan Kartika ini tidakbisa mendapatkan pelayanan kese-hatan semestinya lantara tidak ter-tampung di rumah sakit.

Orang tua korban mengaku anak-nya tidak sempat mendapatkan pela-yanan medis karena ruangan di se-jumlah rumah sakit di Brebes dan KotaTegal yang sudah tidak menampung.Saat ini, data pasien di RSUD Brebessudah menampung 59 pasien DBD,tiga diantaranya meninggal dunia.

Di medio Januari ini, Dinas Kese-hatan memastikan kasus DBD sudah30 kejadian dan 2 meninggal dunia.Selama tahun 2014 di Kabupaten Bre-bes tercatat ada 538 kejadian dengankorban meninggal dunia mencapai12 orang merata di seluruh kecama-tan.

Kepala Dinas Kesehatan Brebes, drGunadi Parwoko MKes mengimbaumasyarakat untuk terus waspada danmengantisipasi kejadaian DBD. Pe-ran serta masyarakat dalam pem-berantasan sarang nyamuk denganmenjaga lingkungan dengan men-jalankan program 3M (menguras, me-

nutup, mengubur) barang-barangyang menampung air untuk mence-gah tumbuhnya penyakit DBD dansebagainya.

“Pencegahan dan pemberantasansarang nyamuk minimal seminggusekali, ini utama. Kalau fogging itumemang adakalanya perlu, tapi yangpaling efektif adalah kembali ke ma-nusianya. Difogging itu yang kenahanya nyamuk dewasa, jentiknya ti-dak. Nah, jentiknya ini dalam waktu 10hari akan menjadi nyamuk dewasatapi kalau tidak ada sarangnya makakita bisa memutus mata rantai pe-nularan DBD,” paparnya. (ism/adi)

DBD Renggut Nyawa Balita

BREBES - Mangrove me-rupakan satu jenis tanamanyang banyak berkembang didaerah pesisir pantai. Lan-taran letak geografisnya, Ka-bupaten Brebes menjadi salahsatu daerah di wilayah Pantu-ra barat Jawa Tengah yang me-miliki kekayaan alam berupatanaman magrove. Sadar me-miliki potensi lokal tersebut,Pemerintah Kabupaten (Pem-kab) Brebes mewacanakanpembuatan destinasi wisatabaru. Melalui Dinas Pariwi-sata, Kebudayaan, Pemudadan Olah Raga (Disparbud-pora), pemkab segera menyu-sun masterplan untuk konsepwisata mangrove di sebagianwilayah pesisir KecamatanBrebes. Wisata mangrove inidinilai cukup prospek men-dulang pemasukan daerah ji-ka terlaksana.

“Kalau optimis, saya op-timis. Wisata mangrove inirelatif baru di Jawa Tengah,khususnya wilayah barat dansangat prospek,” kata KepalaDisparbudpora, Ir Amin BudiRaharjo di ruang kerjanya, Ka-mis (29/1).

Rencana pembuatan wisatamangrove ini sudah lama ter-dengar, namun baru tahun inipemkab serius menggarapnyadengan membuat master-

plan. Amin memastikan, saatini pihak konsultan yang akanmerancang desain besar danblueprint kawasan wisatamangrove segera bekerja. Di-harapkan 2015 ini, konsep ter-sebut sudah bisa diselesaikan.Dengan begitu tahun depanbisa langsung diupayakansumber anggarannya, baikdari pusat, provinsi maupundari APBD kabupaten, hinggapihak swasta sekalipun.

“Berapa biayanya, kitatunggu masterplannya. Se-bab disitu ada kalkulasi danspesifikasi penunjang wisatalainnya,” ungkapnya.

Sebagai gambaran, Aminmengilustrasikan wisatamangrove ini merupakan opti-malisasi keberadaan hutanmangrove di Kaliwlingi DesaPandansari dan Desa Randu-sanga Kulon, Kecamatan Bre-bes yang terintegrasi denganwisata bahari Pantai Parin.Secara sederhana, pengga-bungan konsep wisata pan-tai, wisata lingkungan hutanmangrove dengan arena pe-mancingan yang menjanji-kan surga bagi para peman-cing. Selain peluang untukmenumbuhkan UMKM danekonomi kreatif yang tersediadi sekitar lingkungan. Konsepwisata bahari itu diyakini ba-

kal menjadi keunggulan dankeunikan tersendiri bagi pe-ngelolaan dan perkemba-ngan wisata di KabupatenBrebes.

“Nanti selain Parin ada ku-liner, pengunjung bisa menik-mati wisata hutan mangroveyang sangat asri. Mereka bisamenuju ke hutan mangrovedengan menaiki perahu wi-sata dari laut maupun darisungai.

Di situ juga difasilitasi. Bagiyang selama ini menjadi tem-pat pemancingan, dikem-bangkan lagi. Ini sangat ba-gus, tinggal dibuat masterplanuntuk mendapat dan menge-lola anggaran dari berbagaisumber selain APBD,” paparAmin.

Meski begitu, rencana ter-sebut juga tidak akan berartiapa-apa tanpa ada dukungandari SKPD terkait dan ma-syarakat. Sebab, konsep dasarwisata yang meliputi acceci-bility, aktivitas (atraksi) dansarana pendukung butuh ker-jasma dengan instansi lain.Seperti penyediaan infrastruk-tur oleh DPU dan Dinas Pe-ngairan ESDM, pengelolaanperikanan oleh Dinas Kelaua-tan dan Perikanan, Dishub-kominfo serta SKPD lainnya.(ism/adi)

Wisata Hutan Mangrove

MANGROVE - Pemkab Brebes berencana membuat destinasi wisata hutan mangrove.

DampakCuaca Ekstrem

PAGUYANGAN - Petanidisejumlah daerah peng-hasil komoditas sayuranyang ada di wilayah Ka-bupaten Brebes bagianselatan teracam merugiakibat cuaca ekstrem yangterjadi akhir-akhir ini. Sa-lah satunya di daerah sen-tra penghasil sayuran De-sa Cipetung, KecamatanPaguyangan. Para petaniyang berada di bawah kakiGunung Slamet tersebutmangaku hasil tanaman-nya mengalami penuru-nan produksi.

“Panen kali ini menga-lami penurunan. Ini ka-rena kondisi cuaca. Ham-pir sepanjang musim ta-nam hingga panen, curahhujan masih tinggi,” kataAbdulah (45) seorang pe-tani, Kamis (29/1).

Dikatakan Abdulah,tingginya curah hujanmembuat tanaman sayurtidak dapat berembangmaksimal. Hal itu dika-renakan terhambatnyaproses pemupukan danjuga tidak tercukupinyapasokan sinar mataharisebagai syarat utama un-tuk dapat melakukan fo-tosintesis.

“Pagi kami semprot pu-puk, tapi menjelang siangsudah turun hujan. Belumlagi kondisi cuaca yang se-lalu mendung kadang ter-jadi hampir sepanjang ha-

ri. Akibatnya kadar airtinggi membuat tanamanmenjadi busuk terutamapada jenis sayuran,” te-rang dia.

Hal yang sama diung-kapkan petani di wilayahDesa Sridadi, KecamatanSirampog, Suhendar (37).Menurut dia, apabila kon-disi seperti ini berlang-sung lama, maka penu-runan panen sayur bisamencapai 30 persen. Se-bab sebagian dari sayuranyang dipanen tersebut ru-sak dan tidak dapat di jual.

“Jika sudah begitu kamimembiarkan tanaman ti-dak dipanen, hingga mem-busuk di kebun. Itu dila-kukan karena harga jualturun dan hasil panen ti-dak seimbang dengan bi-aya yang harus dikeluar-kan jika kita memanen,”ungkapnya.

Terpuruknya hasil per-tanian diperparah denganmasuknya hasil produksipertanian yang sama dariderah lain. Hal tersebutmengakibatkan anjloknyaharga di tingkat petani lo-kal.

“Meskipun demikian,keadaan ini tidak mem-buat petani takut untukmenanam sayuran mes-kipun cuaca sedang takbaik seperti sekarang ini.Sebab bertani sayuran su-dah menjadi penopangekonomi mereka, meski-pun kadang menderita ke-rugian,” kata Suhendar.(pri/adi)

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

SAYURAN - Petani sedang membersihkan tanamansayuran diladangnya. Kondisi cuaca ekstrem hasilproduksi sayuran turun hingga 30 persen.

Produksi SayuranTerancam Turun

Empat Shetler Segera DifungsikanBREBES – Hingga saat ini pembangunan selter yang ada di

empat lokasi sudah memasuki tahap akhir. Bangunan berupalantai dan kontruksi besi penyangga kini sudah terpasang rapi.Seperti tampak di salter Alun-alun Brebes, lantai selter berupakeramik kini sudah semuanya terpasang, termasuk atapbangunan. Ketua Koperasi Pasar Makmur Jaya Brebes, MSilaban ditemui Kamis (29/1) mengaku, saat ini pekerjaanpembangunan shelter sudah 90 persen. “Saat ini tinggalfinisingnya saja,” ujar dia.

Menurutnya, setelah kontruksi selter terpasang semua,pekerjaan akan dilanjutkan dengan pepecetan, pemasanganinstalasi listrik dan papan informasi. Dia mentargetkan seluruhbangunan selter akan selesai pada minggu kedua bulan Februarimendatang. Pemanfaatan bangunan selter untuk pedagangnantinya akan ditandai dengan peresmian oleh Bupati. “Kamijuga tengah berkordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKMuntuk bisa menghadirkan pejabat dari kementerian dalamperesmian nanti,” pinta dia.

Menurut dia, selter dibangun di empat titik yang telahditentukan. Di ntaranya di sebelah timur Alun-alun Brebes,samping Kantor Telkom Brebes, Pujasera dan di komplekMonumen Perjuangan. Selter nantinya akan dibagi menjadi 50kios yang akan dibagikan kepada 50 pedagang anggota KopasMakmur Jaya. Silaban menyebut, realisasi pembangunan selterdi empat tempat itu didapat dari bantuan pemerintah melaluiKementerian Koperasi dan UKM.

Dia menambahkan, bantuan senilai Rp 400 juta yangditerimanya sudah digunakan untuk pembangunan shelter sesuaidengan pengajuan. Selesainya pekerjaan, shelter tersebut sudahbisa digunakan untuk aktivitas pegadang. Disamping itu,keberadaan shelter itu juga diharapkan bisa merubah wajahKota Brebes menjadi rapi dan tertata. (har/adi)

ISMAIL/RADAR BREBES

Page 15: Radar Tegal 30 jan 2015

SAMBUNGAN 15RADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

Surga Bagi Pemancing Ikan Kakap Putihdari halaman 9

Jangan Keluyuran Saat Jam Sekolahdari halaman 9

Coba Contoh Gresikdari halaman 9

4 RT SerentakDifogging

Minim Hakim, Sidang Kerap Molordari halaman 9

Stop Impor, Galakkan Produk Lokaldari halaman 9

Benahi Fungsi Trotoardari halaman 9

Upaya tersebut, jangan di-salah artikan sebagai bentuktindakan yang sengaja dila-kukan untuk mencari-cari ke-salahan. Pasalnya, razia pela-jar merupakan bentuk kasihsayang serta perhatian Pem-kot Tegal kepada kalanganpelajar yang keluyuran saatjam sekolah berlangsung.

Seperti kegiatan sebelum-nya, mereka yang terjaring

razia akan didata dan dikum-pulkan untuk diberikan pem-binaan. Tujuannya adalahagar mereka menyadari kesa-lahan dan mau berubah se-hingga bisa menjadi generasipenerus bangsa yang akanmeneruskan cita-cita perjua-ngan para pendahulu.

“Tunggu saja, dalam waktudekat pasti kami akan turun kelapangan,” katanya.

Setelah mendapat pembi-naan, lanjut Ripto, pihak seko-

lah yang pelajarnya terjaringrazia akan dipanggil dan me-reka akan dikembalikan keguru atau pihak sekolah ma-sing-masing.

Adapun sasaran dari raziatersebut diantaranya pusatperbelanjaan atau mall sertawilayah lain yang kerap di-jadikan tempat nongkrongpelajar saat jam sekolah ber-langsung.

Harapannya, dengan tin-dakan tegas tersebut, para pe-

lajar bisa mendapatkan efekjera sehingga bisa mengikutikegiatan belajar mengajar se-suai dengan waktunya.

Jika ingin bermain dengantema atau sekedar jalan-jalan,bisa dilakukan sore hari di luarjam sekolah sehingga tidakmerugikan diri sendiri.

“Kami akan terus berkoor-dinasi dengan instansi terkaitagar upaya tersebut bisamemberikan perubahan,” te-gasnya. (gun/wan)

Kota Tegal, seperti Pemalang,Brebes, Cirebon, Kendal, Ba-nyumas, bahkan Semarang.Ukuran dan berat ikan kakapputih di tempat ini terbilanglumayan, rata-rata yang ber-hasil ditangkap 1 hingga 2 ki-logram, bahkan tak jarang pe-mancing yang mengalami pu-tus senar pancing.

Rudi (36) pemancing wargasekitar kepada Radar menga-takan, muara sungai Gung Ke-tiwon memang lokasi palingcocok untuk memancing ikankakap putih. Sebab di lokasiini, ikan kakap putih denganmudah berhabitat.

“Habitat ikan kakap putihmemang banyak hidup di lautpada kedalaman 1 hingga 10meter, termasuk di muara su-ngai. Ikan kakap putih bisamasuk ke sungai hingga ber-kilo-kilo sepanjang airnya ma-sih sedikit asin (salinitas ren-dah-red) atau mendekati ta-war. Karena, saat bertelur ataumenetaskan telurnya, ikan ka-kap putih membutuhkan sali-tas air rendah agar anak yangditetaskan bisa bertahan hi-dup hingga tiba saatnya sianak kembali lagi ke muaraatau laut,” katanya.

Saat berat tubuhnya masihdi bawah 2 kilogram, imbuhRudi, ikan kakap putih masihberkelamin jantan atau beti-na. Dan saat bobot tubuhnyadi atas 2 kilogram, barulahkelamin ikan kakap putih jadipermanen, jantan atau betina.Hanya saja, ikan kakap putihbetina bobotnya bisa menca-pai 20 hingga 40 kilogram, se-dangkan yang jantan rata-rata3 sampai 10 kilogram.

Menurut bapak satu anakini, ikan kakap putih yangberanak-pinak menyukai lo-kasi berair cukup dalam takjauh dari kawasan muara yangbanyak ditempati perahu ne-layan. Sedangkan di sungaiGung Ketiwon, di sepanjangalur sebelum muara lokasinyaberkelak-kelok dan banyakterdapat palung dalam. Pa-lung ini lah yang menjadi tem-pat tinggal ikan kakap putih.

“Kakap putih banyak ting-gal di air sekitar muara hinggajembatan Langon. Kakap me-nyukai air yang agak jernih,”ungkapnya.

Hal senada dikatakan AgusWijaya (34) hobiis mancingikan kakap putih asal Keda-wung, Cirebon, Jawa Barat.Bagi para penggemar mancingikan kakap, kata dia, ada kiat

tersendiri untuk mendapat-kan ikan buruannya. Yaknimemancing secara nglicir,yakni menenggelamkan um-pan di tepi sungai dan berpin-dah-pindah di tempat yang di-perkirakan dihuni ikan kakapputih. Atau bisa juga dengancara nenggar, yakni menung-gui umpan yang dilempar ketengah bentangan sungai.

Dua cara tersebut banyakdigunakan untuk memburukakap, tapi masing-masingpemancing tidak selalu samadalam menerapkan kiatnya.Namun yang pasti memancingikan kakap putih pada dasar-nya bisa dilakukan pagi atau-pun sore hari.

“Jika pagi sekitar pukul 6.00hingga 9.00, sore pukul 16.00hingga 18.00,” katanya. Tetapiada kalanya ikan kakap putihakan bereaksi menyantapumpan pada siang hari sekitarpukul 11.00 hingga 13.00,” je-lasnya.

Menurut Agus, memancingikan kakap putih tak beda de-ngan memancing ikan lainnyayang membutuhkan kesabar-an dan ketelatenan. Bagi pe-mancing harus bersiap untukkecewa jika tidak mendapat-kan ikan meski telah berjam-jam lamanya berada di tepi

sungai atau ikan yang me-nyantap umpan ternyata le-pas kembali padahal sudahbeberapa lama dihela.

“Harus sabar dan telaten,selain memilih waktu yang te-pat sesuai kondisi air sungai dimana ikan kakap berada,” je-lasnya. Untuk kondisi terten-tu—seperti air sungai terlalukeruh setelah turun hujan—ikan kakap kurang meresponumpan.

Untuk ikan kakap putih, la-zim digunakan umpan udanghidup yang bisa diperolehdengan harga relatif murah.Yakni Rp 40 ribu per kilogramuntuk jenis udang jari, sedangjenis udang putih harganyaantara Rp 700 hingga Rp 1.000setiap ekornya. Kedua jenisudang tersebut bisa bertahanbeberapa jam di dalam air.

“Di muara sungai Gung Ke-tiwon, pemancing kerap men-dapatkan ikan kakap putihdengan berat setengah hinggasatu setengah kilogram. Te-tapi tidak jarang pula merekamemperoleh kakap denganberat mencapai enam hinggaduabelas kilogram bahkan le-bih,” ujarnya.

Bagaimana, Anda tertarikmemancing ikan kakap putih?(*)

Untuk itu, dia meminta pe-merintah melalui instansi ter-kait untuk melakukan pembe-nahan serta penertiban agarfungsi trotoar bisa kembaliseperti semula.

“Jika masing-masing pihakbisa menyadari, maka pejalankaki tidak akan seperti ini,”keluhnya.

Menanggapi hal itu, KepalaDinas Perhubungan Komuni-kasi dan Informasi (Dishub-kominfo) Kota Tegal, Johardimengaku sudah melakukantindakan tegas. Trotoar, kata-nya, dibuat untuk kenyaman-an dan keamanan pejalan kakidan memang itulah fungsi daritrotoar.

Tiga minggu lalu, pihaknyabeserta Polres Tegal Kota, Sat-

pol PP dan instansi terkaitmelakukan operasi terpadu.Siapa yang melanggar sudahbarang tentu akan dikenakansanksi. Hasil dari operasi ter-padu tersebut juga sangat luarbiasa karena trotoar menjadibersih dan pejalan kaki bisamelintas dengan nyaman.

Hanya saja, untuk penin-dakan pedagang di trotoarbukan menjadi kewenangan

pihaknya tetapi menjadi ke-wenangan Satpol PP. Ke de-pan, pihaknya siap mengawalagar fungsi trotoar bisa kembaliseperti semula sehingga bisadigunakan dengan nyamandan aman oleh pejalan kaki.

“Tentu yang bersalah akandikenakan sanksi, tetapi hasildari operasi kemarin diharap-kan bisa memberi efek jera,”tegasnya. (gun/wan)

‘’Sekarang hakim aktif di sinihanya 4 orang saja. Padahal,idealnya harus ada 9 sampai10 hakim. Sehari-hari ya 4 ha-kim ini yang menangani per-

kara. Saya dan Pak Chairil (ha-kim dan juga Humas PN), su-dah tidak menangani perkarakarena sudah dapat surat pin-dah,’’ jelasnya.

Idealnya, kata Budhy, me-mang sembilan atau sepuluh

hakim agar perkara bisa ber-jalan lancar, singkat, dan tepatwaktu. “Kepada pengunjungsidang atau kerabat yang ber-perkara mohon agar memaha-mi kondisi ini,’’ ujarnya. (gus/wan)

Kata Tuty, pemerintah per-lu mengembalikan sistemekonomi kerakyatan. Yakni,melalui koperasi unit desa(KUD). Ini, untuk menghin-dari monopoli harga dan mo-nopoli produk dari satu ke-lompok.

Kembali soal temuan kon-taminasi bakteri ganas ListeriaMonocytogenes, Tuty memin-ta Badan Pengawas Obat danMakanan (BPOM) dan DinasKoperasi Usaha Mikro Kecildan Menengah Perindustriandan Perdagangan Kota Tegal

turun tangan melakukan pe-meriksaan di tempat-tempatpenjualan buah-buahan diKota Tegal.

Sehingga, hal-hal yang tidakdiinginkan tidak sampai ter-jadi. “Ini harus bergerak cepat,sebelum jatuh korban. Sebab,di Bogor dan Jakarta, karenakontaminasi bakteri ganas List-eria Monocytogenes itu, sudahada yang keracunan,” terang-nya mengingatkan.

Sebelumnya, Kepala DinasKoperasi Usaha Mikro Kecildan Menengah Perindustriandan Perdagangan Kota TegalDrs Chaerul Huda menghim-

bau seluruh pedagang agarmenghentikan dan menarikpenjualan apel asal AS terse-but. “Stop penjualan apel AS,karena jelas-jelas berbahaya,”ungkapnya.

Sementara, Kepala DinasKesehatan Kota Tegal drMoehammad Hafidz MKesmenekankan warga agarmengkonsumsi buah-buah-an dan sayur-sayuran lokalsaja. Hal ini, demi untuk men-jaga keamanan. Buah-buah-an dan sayur-sayuran lokal,kata Hafidz, toh tidak kalahmengandung serat dan vita-min. (nam/wan)

Diketahui, beberapa waktulalu Komisi I DPRD Kota Tegalmelakukan kunjungan kerja keKabupaten Gresik, yang me-rupakan pelopor pembuda-yaan pendidikan inklusi di In-donesia. Kabupaten Gresik,diakui pemerintah telah me-ngembangkan pendidikan in-klusi dengan baik, sehinggadiberi award pada Novemberdua tahun lalu.

Kata Rachmat, Ditjen Pen-didikan Dasar Khusus Layan-an Khusus (PK-LK) Kemen-dikbud Murdjito menjelaskan,Indonesia memiliki 350 ribuanak berkebutuhan khusus(ABK), tetapi hanya sekitar 116ribu atau 30 persen yang dita-ngani. Dikatakannya, pena-nganan ABK tidak hanyamembangun sekolah atau Se-kolah Luar Biasa (SLB).

Namun yang lebih penting,mampu menciptakan inovasi

dan kreasi untuk ABK terse-but. Dari keterangan BupatiGresik Sambari Halim Radi-anto, sambung Rachmat, kinijumlah ABK di KabupatenGresik mencapai 1.309 anak,dan menjadi perhatian ter-sendiri dalam proses pendi-dikan.

Menurut Rachmat, hal lainyang menonjol di KabupatenGresik, yakni adanya UPT Re-source Centre. UPT ini mem-berikan pelayanan gratis ke-pada masyarakat untuk mela-kukan konsultasi, diagnosa,terapi wicara, motorik, peri-laku, occupasi, rekomendasimelanjutkan sekolah bagiABK, pelatihan tenaga kepen-didikan untuk ABK, informasi,maupun sosialisasi.

“Komisi I melihat sendiribagaimana hasil kerja Resour-ce Centre. Di mana pada saattinjauan, mendapati dua ABKmenjalani terapi jalan dan te-rapi wicara. Tampak dari eks-

presi wajah mereka penuhkeceriaan datang ke sekolahResoure Centre,” tuturnya.

Lebih jauh disampaikan,sekolah inklusi merupakansekolah biasa yang mengako-modasi semua peserta didikbaik anak normal maupunABK. Pendidikan inklusi, me-laksanakan hak setiap anakuntuk tidak terdiskriminasi-kan secara hukum sebagai-mana tercantum dalam Kon-vensi Persatuan Bangsa Bang-sa (PBB) tentang hak anak.

Pendidikan inklusi meng-hendaki sistem pendidikandan sekolah lebih menjadikananak sebagai pusat dari pem-belajaran fleksibel dan dapatmenerima perbedaan karakte-ristik dan latar belakang setiapanak untuk hidup bersama.“Hal ini merupakan langkahawal untuk mempromosikanhidup yang lebih toleran, da-mai dan demokrasi,” tutupRachmat. (nam/wan)

MENINDAK lanjuti laporanmasyarakat karena ada bebe-rapa warganya yang didugaterkena demam berdarah. Se-cara serentak, 4 RT yakni RT 3,4, 6 di RW 6 Kelurahan Kejam-bon, Kamis (29/1) difoggingatau pengkabutan.

Sejumlah petugas berke-liling menyemprot rumahwarga dan beberapa SekolahDasar (SD) yang ada di lingku-ngan tersebut.

Tindakan cepat tersebut di-apresiasi oleh Ketua RT 3 RW 6Kelurahan Kejambon, M Zae-nal Arifin.

Menurutnya, ada beberapawarganya yang dirawat di ru-mah sakit dan ada indikasiterkena serangan demam ber-darah. Selanjutnya, dia me-laporkan hal itu kepada ins-tansi terkait serta meminta

agar dilakukan fogging.Tidak perlu menunggu la-

ma, keinginan warga langsungdikabulkan dan wilayahnyaserta beberapa RT di sekitarlangsung defogging oleh pe-tugas. Banyaknya kebun atautanan kosong yang beradadisekitar pemukiman warga,jelasnya, membuat genanganair dengan mudah terjadi, apa-lagi curah hujan saat ini cukuptinggi.

Dia berharap agar foggingyang dilakukan bisa mem-buahkan hasil yaitu membu-nuh jentik nyamuk agar tidakberkembang biak lagi.

“Secara bergantian ada 4 RTyang hari ini difogging. Wargajuga sangat antusias dengancepatnya respon dari peme-rintah,” katanya.

Warga lainnya, Iman me-

ngaku senang karena denganfogging jentik-jentik nyamukyang ada di rumah dan peka-rangan bisa dibasmi. Cuacayang saat ini kurang mendu-kung, katanya, sangat rentanterutama terhadap kesehatananak-anak.

Mereka kerap bermain di luarrumah dan kurang memper-hatikan lingkungan, apakahdisitu ada genangan air yangdipenuhi jentik nyamuk atautidak. Semakin cepat upayapencegahan dan penanggula-ngan, maka diharapkan tidakada lagi warga yang terkenademam berdarah atau penyakitlain akibat gigitan nyamuk.

“Tindakan cepat sepertiinilah yang kami nantikan se-hingga lingkungan bisa ter-bebas dari nyamuk,” tandas-nya. (gun/wan)

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

COFFE MORNING - Kapolres Tegal Kota, AKBP Bharata Indrayana SIK, bersama unsur penyidik lainnya saat coffe morning .

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

SEMPROT RUMAH – Petugas melakukan fogging di RT 3 RW 6 Kelurahan Kejambon.

DALAM kerangka sistemperadilan pidana (criminaljustice system), peran aparaturpenegak hukum khususnyapenyidik sangat strategis. Di-mana peran penyidik meru-pakan pintu gerbang utamadimulainya tugas pencariankebenaran materil, karena me-lalui proses penyidikan se-jatinya upaya penegakan hu-kum mulai dilaksanakan.

Selama ini, lingkup tugasdan tanggung jawab penyidikdalam sistem penegakan hu-kum masih menyisakan ba-nyak permasalahan, sehinggamuncul kesan kurang terjalinkoordinasi dan sinergitas yangdapat berdampak pada ber-kurangnya kredibilitas ins-

titusi penegak hukum di matamasyarakat.

Mengantisipasi permasala-han tersebut, serta demi men-jalin silaturahmi dan koordiansiantar pengembang fungsi crimi-nal justice sytem, Kapolres TegalKota AKBP Bharata IndrayanaSIK mengajak para penyidiklainnya dari berbagai lembagayang ada untuk duduk bersa-ma dan sharing.

Mereka yang hadir dalamacara coffe morning, yakni KajariTegal RB Henry Budianto SHMH, Ketua Pengadilan NegeriTegal (Plt) H. Budhy HertantiyoSH MH, serta para penyidik,PPNS dan Kejaksaan.

Dalam sambutanya, kapol-res menyatakan selain sebagai

ajang silaturahmi antar penyi-dik, kegiatan yang diprakarsaijajarannya ini juga sebagaisimulasi. Diharapkan dapatberlanjut dan berkesinambu-ngan karena masalah penyi-dikan dan masalah hukumtentunya tidak lepas dari koor-dinasi antar intansi terkait,.

‘’Hal ini tentunya berkaitandengan di lapangan. Dalampelaksanaan tugas penyidikkerap menemukan banyakpermasalah ataupun kendalasehingga perlu berbagi atausharing, terutama agar dapatmengemban tugas yang telahditetapkan sehingga menca-pai suatu keadilan, keman-faatan dan kepastian hukum,’’katanya.

Dalam kesempatan terse-but disampaikan pula tentangarahan dan pembinaan teknisdari para narasumber, sepertiKetua PN Tegal dan Kajari,termasuk dari para penyidikterkait permasalah yang diha-dapi.

‘’Kegiatan ini cukup mena-rik dan bisa menambah wa-wasan. Karena yang hadir disini dari berbagai kalangan,termasuk lembaga yang men-jelaskan tentang kinerja ma-sing-masing bidang,’’ kata ha-kim PN Tegal, Ennand Sugiar-to SH, saat memberikan ko-mentar terkait acara terse-but. Enand berharap acaracoffe morning bisa dilesta-rikan. (gus/wan)

Bharata Ajak Penyidik Lain Coffe Morning

Page 16: Radar Tegal 30 jan 2015

JUMAT , 30 JANUARI 2015 16RADAR TEGAL

Polisi Ungkap Maling MobilPATROLI

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

CEK - Anggota Satreskrim Polres Tegal Kota, Hendi saat melakukan pemeriksaan terhadap noka dan nosin mobil Boks.

Aksi Saling Kejar

BERMULA hendak mela-kukan penindakan tilang, De-di Awaludin anggota SatlantasPolres Tegal Kota, Kamis (29/1) kemarin, justru berhasil me-ngungkap dan menangkappelaku pencurian mobil. Na-mun, upaya untuk menang-kap pelakunya polisi berpang-kat Brigadir itu juga harus ke-jar-kejaran dengan pelakuyang akhirnya berhasil di-tangkap. Kini lantaran kasusitu masuk dalam ranah hukumpidana, akhirnya diserahkanke unit Satreskrim.

Diperoleh informasi, peng-ungkapan kasus pencuriankendaraan bermotor (curan-mor) jenis mobil ini bermula,sekitar pukul 13.15 WIB, Bri-gadir Dedi Awaludin sejak pagikemarin tengah berjaga di PosTerminal. Namun di siang de-ngan terik matahari yang cu-kup menyengat, Dedi melihatada mobil Boks dengan NopolB 9282 BAF menerjang lampumerah yang sedang menyala.Melihat adanya pelanggaran,Dedi pun berusaha untuk me-ngejar pengemudi mobil bokswarna hitam yang terus mela-ju. Di Jalan Gajahmada, mobilitu sempat menepi lantaranBrigadir Dedi dengan sepedamotornya terus menggiring-nya untuk berhenti. Namundemikian, pengemudi mobilboks plat Jakarta itu ternyatakembali tancap gas. Hinggaakhirnya aksi kejar-kejaranantara polisi dengan pelang-gar lalulintas itu pun berlang-sung sengit. Tapi di Jalan YosSudarso atau di lampu merahTempa masuk wilayah Pang-

gung, mobil itu berhasil dihen-tikan oleh Dedi, lantaran kon-disi lalin di pantura cukup pa-dat. Termasuk mobil itu punberhasil untuk menepi.

‘’Usai berhasil kami henti-kan, dua orang keluar dari mo-bil. Tapi, setelah keluar darimobil, mereka langsung mela-rikan diri dan meninggalkanmobilnya,’’ terang Dedi.

Melihat kecurigaan itu, pi-haknya juga berusaha untukmengejar salah satu orang darimereka. Termasuk, dirinya

meminta bantuan kepadaanggota polisi lainnya. Hinggaakhirnya, satu orang berhasildiamankan. Dan satu orangberhasil kabur.

Sementara Kasat LantasPolres Tegal Kota AKP AgusTriyono SH menjelaskan, bah-wa dari hasil pemeriksaan se-mentara satu orang yang ber-hasil dimintai keterangannyayakni bernama Moh Hamdan(31) warga asal Prepedan RT 3RW 9 Kalideres Jakarta Barat.Sedangkan satu orang yang

berhasil kabur bernama Gu-nadi.

‘’Dari hasil cek fisik yang di-lakukan terhadap mobil ituternyata Noka dan Nosin tidaksama dengan STNK dan bukuKIR yang dibawa oleh pelaku.Dari hasil pemeriksaan semen-tara pelaku juga mengakuibahwa mobil tersebut hasilcurian di Jakarta,’’ terangnya.

Sementara lantaran kasus-nya bukan hanya sekedar pe-langgaran lalin saja, makakasusnya diserahterimakan ke

unit Satuan Reserse Kriminal.Termasuk barang bukti mobilboks warna hitam dan satuorang pelaku ikut diserahkanke penyidik.

Di ruang terpisah Kasat Res-krim AKP Belnas PalipadangSE mengaku langsung meme-rintahkan anggotanya untukmengejar pelaku yang berhasilkabur. Termasuk melakukanupaya tindaklanjut dalam tin-dak kejahatan pencurian mo-bil yang kini juga tengah ma-rak. (gus/sri)

SEDIKITNYA enam tukangparkir pemalak liar terjaringrazia preman oleh Jajaran pe-tugas Kepolisian Resort TegalKota Kamis (29/1) kemarin.Beberapa pasangan mesumjuga ikut diamankan UnitSatuan Sabhara.

Kasat Sabhara AKP Aries SHmengatakan, bahwa razia pre-man yang digelar ini juga me-nyusul banyak aduan dari ma-syarakat yang meresahkankeberadaan mereka sukamemalak.

‘’Ya, salah satunya ini, juruparkir liar dan para calo.’’

Menurutnya, mereka dalammelakukan aksinya yakni de-ngan modus memungut uangmasyarakat, yang tidak masukke PAD.

‘’Razia demi menciptakankondisi wilayah Kota Tegalaman dari tindak kejahatan.’’

Mereka yang terjaring raziajuga langsung dibawa ke Ma-polres Tegal Kota untuk dibe-rikan pengarahan dan pem-binaan. Termasuk membuatsurat pernyataan untuk tidakmelakukan aktifitas lagi.

‘’Kami berhasil mengaman-kan pasangan mesum di wis-ma dan hotel. Dan menggagal-kan seorang gadis ABG yangdiduga hendak diperkosa oleh4 pemuda ,’’ tegasnya.

Aries menambahkan untukkasus dugaan percobaan per-buatan asusila terhadap anakdi bawah umur itu, pihaknyatengah berkordinasi denganpimpinan. Apakah kasusnyadilempar ke Reskrim atau se-

kedar pembinaan saja.KENAL DI FB

Sementara Kepala Kepo-lisian Resor Tegal Kota AKBPBharata Indrayana SIK mene-gaskan, kasus yang menimpaseorang gadis ABG, akan di-lihat perkembangannya.

‘’Jika memang nanti, kor-bannya minta dilanjutkan un-tuk proses penyidikan, kamipun siap untuk menindaklan-juti,’’ tegasnya.

Sementara di ruang terpi-sah, Bunga (nama samaran)gadis ABG yang merupakankorban tindak asusila oleh 4anak pemuda, mengaku kalaudia sebelumnya hanya me-ngenal satu pemuda dari 4 or-ang pelaku. Berawal dari per-kenalannya melalui dunia ma-ya Face Book (FB) dirinyaakhirnya berkenalan dan jan-jian untuk bertemu.

‘’Tadi siang awalnya sayahendak mennyervise HP di Ja-lan Kapten Sudibyo Tegal. Na-mun, saya diajak ke kost temanFB itu. Namun kemudian, se-sampai di kost-kostan sayadipaksa untuk melayani me-reka. Ya, celana saya juga sem-pat dibuka paksa oleh mereka.Hingga ada polisi datang,’’ aku-nya sambil menangis.

Gadis yang mengaku masihduduk di bangku kelas I SMKdi Kota Tegal ini juga mengakushok atas kejadian ini. Sebab,meski sudah berontak dan me-lakukan perlawanan, namunABG yang memiliki wajah imutitu tetap tak berdaya dan hanyabisa menangis. (gus/sri)

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

PEMBINAAN - Kasat Sabhara AKP Aries saat memberikanpembinaan kepada para jukir palak saat diamankan.

Tukang Palak KenaRazia Sat Shabara

SEBANYAK 13 orang penga-men berhasil diamankan da-lam operasi terpusat Cem-paka, Rabu (28/01) kemarin.Operasi dilakukan oleh per-sonil dari Shabara, Binmas, In-tel dan Reskrim tersebut mela-kukan razia di tempat-tempatmangkal oleh preman.

Yang tertangkap, Saputra(16) asal Sragi Pekalongan,Syarif (15) Tegal, Widiarto (18)Pelutan Pemalang, Amsory(19) Indramayu, Kamal (19)Panjang Pekalongan, Abdul-lah (19) Petarukan Pemalang,Eko (15) Sragi Pekalongan danIlham (17) Sragi Pekalongan.Sedangkan 3 lainnya perem-puan yaitu Siti Hotimah (26)Sragi Pekalongan, Sherin Fer-nada (15) Tegal dan Aelly (16)asal Tegal. Kesebelas orang itutertangkap di traffic light Co-mal. Selain itu ada dua orang

dewasa yang ditangkap di traf-fic light Sirandu yaitu Supardi(53) asal Bojongbata Pema-lang dan Abdul Hawersi (40)asal Pelutan Pemalang.

Kapolres Pemalang AKBPDedi Wiratmo, SIK melaluiKasubag Humas AKP Harso-

no di dampingi Kasat ReskrimAKP Edi Purnama Lillah me-nyampaikan, operasi Cempa-ka dilakukan dengan sasaranpremanisme akan terus dilak-sanakan. Terutama para pela-ku yang meresahkan masya-rakat. (rid/sri)

Operasi Cempaka Amankan 13 Pengamen

Personil Polsek DigemblengTEROBOSAN baru diambil Unit Laka Lantas Polres Tegal

dengan terjun membekali seluruh personil polsek di jajaranMapolres Tegal. Pembekalan kali ini menyangkut polapelatihan peningkatan Kemampuan Tindakan PertamaTempat Kejadian Perkara ( TP TKP) Laka Lantas.

Kapolres AKBP Tommy Wibisono SIK melalui KasatLantas AKP I Komang Yuwandi Sastra didampingi KanitLaka Iptu Rochim SH menegaskan, diharapkan dari tero-bosan yang dilakukan pihaknya membuat semua personildi jajaran polsek punya kemampuan untuk memberikantindakan pertama ketika menemui insiden laka lantas.

“ Kami melakukan giat pelatihan ini dengan membagirayon. Ada enam rayon dimana untuk satu rayon diikuti tigapolsek. Saat ini pelatihan digelar di Rayon IV dengan me-libatkan jajaran Polsek Slawi, Dukuhwaru, dan Pagerbarang.Tiap- tiap polsek mengirimkan dua pertiga personilnya,”ujarnya disela- sela giat pelatihan di Polsek Slawi Kamis (29/1) kemarin. Materi yang diberikan, pengenalan penggunaanDS D.TOOLS atau foto grametri untuk mengetahui prosesawal terjadinya laka lantas. (her/sri)

HERMAS PURWADI / RADAR SLAWI

KUPAS MATERI - Kanit Laka didampingi Kapolsek Slawibekali personil tiga polsek terkait TP TKP Laka Lantas.

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

DIPERIKSA POLISI – Beberapa anak jalanan yang seringmengamen dan mengganggu pemakai jalan diperiksa.

PerkosaMantan PacarKATANYA sih membela ke-

hormatan istri, tapicara Subar (28)justru melawanhukum. Hanyadibilang istrinyawanita murah-an oleh bekas

kekasihnya, Sar-kini (18)—bukan

nama sebenarnya—langsung diperkosabersama temannya.Akibatnya, dua pe-

muda bergajulan itu ditangkap petugas Polres Tegal.“Enyong lara ati,” kata Subar di depan polisi.

Jika bukan jodoh, meski sudah pacaran beberapatahun lamanya, bisa saja putus. Selanjutnya, justru siwanita atau lelaki yang sebelumnya tak pernah dijadikanpacar, tahu-tahu dibawa ke pelaminan untuk menjadisuami istri. Jodoh, rejeki dan kematian memang misteriIllahi. Makanya jangan disesali, jika dulu kekasihnyacantik, yang jadi istrinya sekarang seperti merconbantingan, ya disyukuri...

Rupanya Sarkini, warga Adiwerna, Slawi, KabupatenTegal, tidak bisa menerima kenyataan itu. Dulu diapacaran sekian lama dengan Subar disertai janji sehidupsemati. Tapi sekitar 3 bulan lalu, Subar justru menjatuhkanpilihannya pada gadis lain tanpa peduli seperti apakehancuran hati Sarkini karena ditinggal kawin.

Seharusnya Sarkini bersyukur, karena tidak jadiistrinya lelaki yang suka ingkar janji. Lebih bersyukurlagi, meski diputus oleh Subar, tapi kondisi fisiknya masihutuh. Karena pacaran mereka masih terkendali. Jikasekedar main-main di “kelurahan” itu sih biasa, yangpenting Subar belum sampai masuk “balaikota”. Dengankata lain, keperawanan Sarkini masih utuh dibuntel plastik.

Sarkini masih syok ditinggal kawin oleh Subar. Ketikaketemu teman-temannya, mereka kadang ada juga yangmenyinggung hubungannya yang kandas di tengah jalan.Katanya kok kayak calon Kapolri saja, sudah lolos ujikelayakan tidak dilantik-lantik. “Tapi ora nganti nduwe‘rekening gendut’ nang weteng owh ya?” sendiri temanakrabnya.

Paling menyakitkan, Sarkini dimintai juga komentarnyasoal istri Subar sekarang. Mestinya dia menjawab netralkayak Presiden Jokowi tersandera “Betari Durga” dalamkasus polisi lawan KPK jiilid II. Tetapi Sarkini justrumenjelek-jelekkan istri Subar. “Kowen ngarti, bojoneSubar kuwe wadon gampangan,” katanya penuh agitasi.

Akhirnya komentar miring itu sampai juga ke telingaSubar. Mestinya dia cukup menelan saja omongan bekaskekasihnya itu, namanya juga orang kecewa. Tapi diatidak, justru ucapan itu dinilai sebagai penghinaan. Masakisrtri dibilang wanita murahan. Lalu wanita yang mahalansepertia apa?

Begitu sakit hati Subar, tanpa pikir panjang dia inginmembalas dengan cara memperkosanya. Tambah konyollagi, rencana jahat itu justru dilaksanakan denganmengajak Sukiman (23) temannya. “Tapi mengko akundisit sing manjat ya boss?” kata Sukiman yang inginmenjadi pelaku perdana.

Benar saja, Sarkini berhasil diajak keluar rumah dankemudian dibawa ke pinggir sawah. Di sanalah gadismalang itu diperkosa bergantian. Tak diketahui jelas, siapayang menodai kali pertama, dan siapa pula yang jadigenerasi penerus. Yang jelas, beberapa jam setelahkejadian, Subar-Sukiman dijemput petugas Polres Tegaluntuk mempertanggungawabkan perbuatannya.“Enyong lara ati, masa bojoku diomongi wadongampangan,” kata Subar di depan petugas.

Donge ente aja gampang merkosa owh! (wan)

Page 17: Radar Tegal 30 jan 2015

website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comRADAR TEGAL JUMAT , 30 JANUARI 2015 17

ALL SPORTSHalaman 18

ALL SPORTSHalaman 19

AREMAOPTIMISJUARA

ANCAMANSERIGALA

MENTALITASBARCA2 Atletico Madrid v Barcelona 3

MADRID – Neymar menye-lamatkan Barcelona dari nerakaVicente Calderon di perempat fi-nal kedua Copa del Rey, diniharikemarin. Sempat tertinggal duakali dari Atletico Madrid, Barcaakhirnya keluar sebagai peme-nang berkat dua gol Neymar dangol bunuh diri Miranda. Azul-grana lolos ke semifinal untukmenghadapi pemenang laga Vil-larreal kontra Getafe.

Tim asal Catalan itu menga-lahkan Atletico Madrid de-ngan skor 3-2 atauagregat 4-2. Na-mun keme-n a n g a nd i r a i hd e -ngan

susah payah. Atletico yang ber-main dengan 10 pemain di awalbabak kedua dankembali berku-rang menjadi9 pemainpada me-nit 84,unggull e b i hd u l ud i

awal pertandingan lewat gol ce-pat Fernando Torres meman-

faatkan kesalahan umpanJavier Maschera-

no.

Barca bereaksi cepat melaluigol Neymar pada me-nit 9 hasil kerjasamaLionel Messi dan LuisSuarez. Barca di atasangin karena unggulgol tandang. Itumembuat Atleticotampil semakin agresif.

Skuad besutanDiego Sime-one harusmenang dengan selisih dua

gol. Hasilnya, Los Colchone-ros kembali unggul pada menit

30 lewat eksekusi penalti RaulGarcia.

Atletico mendapat penalti se-telah Juanfran dijatuhkan Mas-

cherano di kotak terlarang mes-ki dalam tayangan ulang sang

pemain jelas dilanggar diluar kotak terlarang.

Kembali, keung-g u l a n

Atlet icotidak berlang-

sung lama. Kali ini, gawangAtletico harus kebobolan

oleh gol bunuh diri Miran-da pada menit 38. Dua

menit berselang, Ney-mar melengkapi

penderitaan Atle-tico lewat gol

keduanya me-manfaatkan

kerjasamaM e s s i

d a n

A n -dres Inies-ta.

Posisi Atletico di ba-bak kedua menjadi tersu-dut setelah Gabi mendapat kar-tu merah akibat kelakuannya saatjeda turun minum. Torres, Arda

Turan, dan kawan-kawan me-mang masih sempatmengancam gawangBarca dalam bebe-rapa kesempatan.Namun permainanmereka semakin de-fensive saat kembali

mendapat kartu me-rah pada menit84. Skor 3-2 un-tuk kemenangan

Barca ti-dak ber-u b a hh i n g g aakhir laga.

” S a y amenyukaicara timbereak-s i

s e -t e l a h

k e b o -bolan de-

ngan carayang aneh pa-

da menit perta-ma. Neymar me-

nunjukkan karakter-nya seperti biasa. Dia

memberikan banyak ban-tuan kepada tim. Pertandingan

ini menjadi miliknya dan tak adasatupun yang bisa mengubahitu,” kata pelatih Barca Luis Enri-que usai pertandingan sepertidilansir MARCA.

Pelatih Atletico Diego Sime-one mengakui keunggulan Barcadan kesalahan yang dia lakukandi babak kedua. ”Kami memulaidengan baik, tetapi kami me-ngendur di babak kedua. Itu ke-putusan saya. Saya mengatakankepada pemain untuk tidak me-ngambil resiko di babak keduadan fokus agar tidak kebobolan

lagi. Saya pikir itu keputusanterbaik untuk tim dan

klub setelah apayang terjadi dibabak kedua,”Simeone men-jelaskan.Barca bermain

lebih intens. Keda-tangan Luis Suarez se-

makin menguatkan skuad mere-ka. (ish/zul)

BARCA BERPELUANGBARCA BERPELUANGBARCA BERPELUANGBARCA BERPELUANGBARCA BERPELUANGRAIH TREBLERAIH TREBLERAIH TREBLERAIH TREBLERAIH TREBLE

KEBERHASILAN Barcelona menembussemifinal Copa del Rey menjadikan merekasebagai salah satu dari tujuh tim di limaliga top Eropa yang secara matematisberpeluang meraih tiga gelar di kompetisitop alias treble winners musim ini. Siapasisanya?

1. BARCELONALiga Primera: Peringkat DuaCopa del Rey: SemifinalLiga Champions: Babak 16 besar

2. BAYERN MUENCHENBundesliga: Peringkat PertamaDFB Pokal: PerempatfinalLiga Champions: Babak 16 Besar

3. BAYER LEVERKUSENBundesliga: Peringkat KetigaDFB Pokal: PerempatfinalLiga Champions: Babak 16 Besar

4. BORUSSIA DORTMUNDBundesliga: Peringkat 17DFB Pokal: PerempatfinalLiga Champions: Babak 16 Besar

5. ARSENALPremier League: Peringkat LimaPiala FA: PerempatfinalLiga Champions: Babak 16 Besar

6. PSGLigue 1: Peringkat TigaCoupe de France: Perempatfi-nalLiga Champi-ons: Babak16 Besar

7. JUVENTUSSerie A:Peringkat SatuCoppa Italia:SemifinalLiga Champi-ons: Babak 16Besar

SALAH satu momen palinganeh dalam laga antara Atle-tico Madrid melawan Barce-lona dini hari kemarin, terjadimenit ke-47. Yakni ketika gelan-dang Atletico Arda Turan me-lempar sepatu ke arah hakimgaris.

Saat itu, pertandingan me-mang berada dalam tensi yangsangat panas. Atletico yangbutuh kemenangan, tertinggal2-3. Apalagi pada jeda babakpertama, Atletico terpaksabermain dengan 10 pemain.

Kapten tim, Gabi menda-patkan kartu merah langsung,karena berkonfrontasi denganwasit Jesus Gil Manzano dilorong menuju ruang ganti.

Kepada harian olahraga

Spanyol AS, Manzano me-ngatakan Gabi telah berlakutidak pantas karena melaku-kan protes keras sambil ber-teriak dan menuding-nudingke arahnya.

Turan tampaknya terpe-ngaruh dengan kondisi itu.Pemain asal Turki itu frustrasiketika mendapatkan penga-walan sangat ketat dari DaniAlves dan Ivan Rakitic.

Saat menggiring bola, Alvesberhasil melakukan teklingkepada Turan. Dari tayanganulang televisi, cara merebutbola full back kanan asal Brasilitu bersih.

Namun Turan merasa sa-ngat tidak puas. Dia lantas me-lepas sepatu kirinya dengan

cara menendang keras. Dantiba-tiba saja, secara menge-jutkan, dia melempar sepatu

itu ke hakim garis. Untungnya,lemparan itu tak mengenaiasisten wasit. (nur/zul)

Lempar Sepatu, Turan Hanya Kartu KuningGol : 1-0 (Torres, 1); 1-1(Neymar, 9); 2-1(Garcia, 30 pen);3-2 (Miranda,38 own goal),2-3 (Neymar, 41)

Agregat : 2-4Stadion : Vicente CalderonPenonton: 53.800Wasit : Jesus Gil

Atletico Madrid v Barcelona

3 Tendangan melebar 74 Tendangan ke arah gawang 718 Pelanggaran 123 Tendangan sudut 41 Offside 1

25% Penguasaan bola 75%6 Kartu kuning 32 Kartu merah 05 Penyelamatan 2

Neymar Dipuja, Neymar DicelaNEYMAR memang pahlawan bagi Barca.

Tetapi tidak demikian bagi para pemainAtletico Madrid. Bukan. Para pemain Atle-tico mengutuk Neymar bukan karena duagolnya yang membuat mereka tersingkirdari Copa del Rey, melainkan karena sikapdan tindak tanduk bintang asal Brasil itu dilapangan.

Neymar dianggap bersikap buruk saat dilapangan. Yang paling vokal mengkritikNeymar adalah Gabi, kapten Atletico yangmendapat kartu merah di lorong menujuruang ganti saat jeda babak pertama. Gabimendapat kartu merah setelah beradumulut dengan Neymar dan memproteswasit di lorong stadion.

Di lorong Gabi langsung menemui Ney-mar dan terlibat adu argumen. Dia mem-beberkannya kepada wartawan usai per-tandingan. ”Cara bermain Neymar menge-salkan, terutama saat dia menang. Dia se-lalu membuat gesture di lapangan. Tak adayang menyukai kekalahan, dalam tensitinggi, sikapnya itu memancing kema-rahan,” kata Gabi seperti dilansir FootballEspana.

”Dia akan mendapat masalah di sepan-jang karirnya. Suatu hari dia akan men-dapat masalah seperti yang dia alami saatini. Tetapi, jika dia memang mengingin-kannya, itu tak akan menjadi masalah,”Gabi menambahkan.

Gabi juga mengungkapkan penyebabdirinya mendapat kartu merah. Versi Gabi,dia memprotes wasit Jesus Gil Manzano dilorong menuju kamar ganti saat jeda turunminum. Dia memprotes keputusan wasitkarena tidak memberikan penalti kepadatimnya saat Jordi Alba melakukan hand-ball di kotak penalti. Wasit meresponsdengan memberikan kartu merah kepa-danya. (ish/zul)

GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES

GAGAL TOTAL – Arda Turan (kanan) gagal menjagapergerakan Lionel Messi (tengah).

Neymar

REUTER/SERGIO PEREZ

KANS TREBLE – Pemain Barcelonamerayakan keberhasilan mereka me-nembus semifinal Copa del Rey.

Page 18: Radar Tegal 30 jan 2015

RADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.comALL SPORT18

WOLFSBURGVBAYERNMUNCHEN

WOLFSBURG - Kemenangandari markas Wolfsburg,

pada lanjutan Bun-desliga 2014/15

spieltag 18, Sab-tu (30/1) dini-

hari WIB, ba-kal mem-

buat posisiB a y e r n

M u n -

chen ma-kin nya-

man. TapiTim Serigala

b e r n a f s um e n g -

h e n t i k a nrekor tak terka-

lahkan The Ba-

varians. Modalnya keangkeranVolkswagen Arena, yang musimini belum pernah ditaklukkanoleh tamu-tamu Kevin DeBruyne dkk dari kompetisidomestik.

Ya, Bayern Munchen beram-bisi langsung panas saat me-mulai paruh kedua (ruckrunde)Bundesliga 2014/15, setelah li-bur musim dingin selama lebih

dari satu bulan. The Bavar-ians (julukan Munchen)bertekad memperpanjangrekor tak terkalahkan mere-ka musim ini di kompetisi lo-

kal.Sekaligus menambah keung-

gulan poin dari Wolfsburg yangmenguntit.

Kebetulan, Munchen memu-lai ruckrunde dengan berha-dapan langsung kontra Die Wol-fe (julukan Wolfsburg) di Volk-swagen Arena, Sabtu (30/1) dini-hari WIB. Kemenangan dari kan-dang tim besutan der trainer Di-eter Hecking tersebut bakalmembuat jarak poin antara ke-duanya melebar, dari 11 poinmenjadi 14 poin.

Seluruh skuad hingga parapetinggi klub FC Hollywood (ju-lukan lain Munchen) menyadarihal itu. Semuanya juga sepakat,tim harus langsung tampil ‘jos’sejak menit awal dalam lawatan

ini. Karena jika kalah momen-tum, tuan rumah bisa mengam-bil alih dan punya potensi me-nyulitkan armada polesan JosepGuardiola. Takluk di laga ini,akan membuat defisit angka ke-dua kubu menjadi 8 angka.

Untuk itu, tim tamu benar-benar mewaspadai jebakanyang bakal disiapkan Tim Seri-gala di kandangnya. Munchenjelas ogah mengulang kesalahantiga tim yang berada di posisienam besar klasemen semen-tara. Yakni Bayer Le-verkusen, BorussiaMonchengladbachdan Augburg yangmembawa oleh-oleh kekalahan ma-sing-masing 1-4, 0-1dan 0-1 saat berta-mu ke VolkswagenArena pada paruhpertama.

Dan potensi se-ngitnya duel kali ini, dapat ter-cermin dari kemenangan tipisMunchen 2-1 atas Wolfsburgpada paruh pertama musim inidi Allianz Arena, Agustus silam.Tim tamu pun telah berlatih sela-ma tiga pekan, termasuk mere-but dua kemenangan dalam duafriendly match di libur musimdingin. Tapi tuan rumah tak maukalah dengan mencatat satukemenangan lebih banyak padaperiode yang sama.

”Jika kami menang di laga ini,secara matematis, kompetisibelum kami menangkan,” katader bomber Munchen, ThomasMuller seperti dilansir situs resmiklub.

Di laga ini, tim tamu hanyatidak dapat memakai tenaga tigapilarnya karena cedera, yakniPhilipp Lahm, Javi Martinez danThiago Alcantara. Untungnya,

Mehdia Benatia, David Alabatelah pulih. Tapi bek sentral timjuara bertahan Bundesliga danPiala Jerman tersebut, JeromeBoateng, bersikap lebih hati-hatidan mewaspadai Kevin DeBruyne.

”Wolfsburg tim yang bagusdan berhak di peringkat kedua.Mereka sangat agresif, terampilsaat menyerang dan selalu ber-bahaya. De Bruyne punya naluriserang luar biasa. Kami haruslangsung ‘on’ saat start,” koar

Boateng.Pep Guardiola

yang dalam bebe-rapa hari terakhirdigoyang rumorogah memperpan-jang kontrak diMunchen yang ha-bis Juni 2016 hanyaingin timnya fokus.”Semua tahu sulitdan intensnya pa-

ruh kedua musim nantinya.Tapi kami sudah siap menge-luarkan seluruh kemampuanterbaik, termasuk melawanWolfsburg.

Langsung menghadapi pe-ringkat kedua, justru bagusbagi kami untuk langsung me-ngambil inisiatif. Tim harustahu pentingnya dampak 1-2atau tiga laga awal 2015,” tan-das Guardiola.

Lalu bagaimana dengan tuanrumah? ”Kekalahan kami di kan-dang Munchen akibat terlalubanyak memberi lawan ruanggerak di babak I dan kami terlalumudah kebobolan. Tapi di babakII kami lebih baik. Kami tampiloke dalam tiga friendly match.Dari level fisik, kami siap tempur.Kemenangan di kandang selalupenting,” sembur Dieter Hec-king. (sbn/zul)

SIARAN LANGSUNG

Sabtu (31/1)pukul: 02:30 dinihari WIB

Munchen belum terkalahkandari 17 spieltag Bundesligamusim 2014/15 (14 menang,3 seri).

Wolfsburg sejauh ini belumterkalahkan di kandang sen-diri pada Bundesliga 2014/15,memetik tujuh kemenangan,

plus dua imbang. Satu-satunya keka-lahan armada Dieter Hecking di Volks-wagen arena musim ini terjadi padafase grup Europa League, 0-2 dariEverton (27 November 2014).

Wolfsburg tak pernah me-ngalahkan Munchen dari limaperjamuan terakhir di Volks-wagen Arena pada ajang

Bundesliga. Hasilnya 4 kemenangandiperoleh tim tamu, sisa satu lagalainnya imbang.

Dari 13 bentrok terakhirkedua kubu di berbagaikompetisi, Munchen menang12 kali dan sisa satu laga

lainnya berujung imbang.

Dari total 25 laga resmi yangdilakoni Munchen musim2014/15. Mereka hanya

menelan dua kekalahan, tiga kaliditahan imbang dan meraup 20 keme-nangan. Dua kekalahan diterimamasing-masing dari Borussia Dort-mund (0-2), Piala Super Jerman, 13/08/14) dan Manchester City (2-3, fasegrup Liga Champions, 25/11/14). Duakekalahan ini terjadi di kandang lawan.

Kemenangan kan-dang terakhir Wolfs-burg atas Munchen

di Volkswagen Arena, yang jugamerupakan kemenangan terakhir DieWolfe atas Die Bayern terjadi padaBundesliga 4 April 2009 dengan skor5-1.(sbn/zul)

DALAM ANGKA

20

5

13

28

2009

KEPERGIAN Xherdan Sha-qiri ke Inter Milan dan Pierre-Emile Hojbjerg ke Augsburgpada bursa transfer musimdingin Januari 2015, disebutOttmar Hitzfeld sebagai per-tanda hati-hati buat der trainerMunchen, Josep Guardiola.Utamanya, untuk tidak mere-mehkan hasrat membara ber-main para pelapis yang seringjadi penghangat bangku ca-dangan.

Meski Shaqiri serta Hojbjerghanya berstatus dipinjamkanselama setengah musim, tapiini jadi indikasi tenaga merekatidak dibutuhkan Guardiola disisa musim ini. Hittzfeld yangpernah mempersembahkanberbagai trofi bergengsi buatMunchen dan Dortmund. Me-nyarankan agar pelatih berusia44 tahun itu mampu terusmembuat para pemain bin-tang FC Hollywood tetap ba-hagia hingga akhir musim ini.

Karena potensi memanas-

INGATKAN TIM - ThomasMuller mengingatkan pe-main Bayern Muenchen me-waspadai eksplosifitasWolfsburg musim ini.

TIGALAGATERAKHIRWOLFSBURG15/01/15 Ajax Cape Town 1 – 4 Wolfsburg (Friendly match)

18/01/15 Chippa United 3 – 4 Wolfsburg (Friendly match)

24/01/15 Wolfsburg 2 – 1 Karlsruher SC (Friendly match)

TIGALAGATERAKHIRMUNCHEN20/12/14 Mainz 1 – 2 München (Bundesliga)

18/01/15 Al Hilal 1 – 4 München (Friendly match)

24/01/15 Bochum 1 – 5 München (Friendly match)

TIGAPERTEMUANTERAKHIR23/08/14 München 2 – 1 Wolfsburg (Bundesliga)

08/03/14 Wolfsburg 1 – 6 München (Bundesliga)

28/09/13 München 1 – 0 Wolfsburg (Bundesliga)

SIARANLANGSUNGPIALA ASIA 2015JUMAT, 30 JANUARI 2015Iraq vs UEA(Sindo TV pukul 16.00 WIB)

PRIMERA DIVISIONSABTU, 31 JANUARI 2015Rayo Vallecano vs Deportivo(MNC Sports 1 pukul 02.45 WIB)

BUNDESLIGASABTU, 31 JANUARI 2015Wolfsburg vs Bayern Muenchen(Kompas TV/beIN Sports 2 pukul 02.30 WIB)

LIGUE 1SABTU, 31 JANUARI 2015PSG vs Stade Rennais(beIN Sports 1 pukul 02.30 WIB)

Hati-hati Bara Pemain Cadangannya persaingan dari bangkucadangan bisa membahaya-kan stabilitas tim. Jika PhilippLahm, Thiago Alcantara, sertaJavi Martinez yang saat inisedang cedera nantinya pulih,maka opsi pemain di startingeleven Munchen makin ber-variasi dan membuat bingungGuardiola. Dante kini seringjadi cadangan paska keda-tangan Mehdi Benatia dansembuhnya Holger Badstu-ber.

Begitu juga Mario Gotze,Rafinha, Juan Bernat salingbersaing berebut posisi sayap.Walau Gotze kadang seringdiposisikan menggantikanThomas Muller sebagai falsenine jika Robert Lewandowskiabsen. Lalu Javi, Thiago danBastian Schweinsteiger, headto head dengan Xabi Alonso,plus dua bintang muda klub,Sebastian Rode dan GianlucaGaudino.

Dan usai Wolfsburg, ujian

akan datang ketika menjamutim peringkat kelima, Schalke04, Selasa (3/2). Lalu paskamenghadapi dua tim papanbawah, Stuttgart (tandang, 7/2) dan Hamburg (kandang,14/2). Arjen Robben dkk me-mulai leg I babak 16 besar LigaChampions di markas Shakh-tar Donetsk (17/2).

”Seluruh skuad kami dapatbermain bersama, jadi tidakada masalah,” sesumbar Guar-diola di Bild.

Bagaimana saran Hittzfeld?”Tak semua pemain menerimakeputusan meninggalkan me-reka di bangku cadangan. Kon-disi itu bakal makin berbahayadi paruh kedua musim. Ini pe-riode saat para pelapis yangsebelumnya tidak mengeluh,kini mulai menggerutu. Darisitu ada risiko seseorang me-luapkan emosinya dan mele-dak,” kata petuah pria yang telahpensiun melatih tersebut pada1 Juli 2015. (sbn/zul)

Alex Livesey/Getty Images

MINIM KESEMPATAN - Dante (kiri) kini tak lagi menjadi pilihan utama Pep Guardiola.

Spur PastikanFinal Ideal

LONDON – Final ideal diajang Capital One Cup akanberlangsung di StadionWembley antara Chelseaversus Tottenham. Final inijuga mengulang final edisi2008 ketika Tottenhamberhasil merebut trofi Ca-pital One Cup setelah me-ngalahkan Chelsea denganskor 2-1.

Tottenham bermain im-bang 2-2 dengan tuan ru-mah Sheffield United padaleg kedua semifinal CapitalOne Cup. Namun merekaberhak ke final, karena pa-da leg pertama di WhiteHart Lane unggul 1-0 dariSheffield. The Lilywhitesmerebut tiket final berkatagregat kemenangan 3-2dari Sheffield United.

Hal itu tidak diraih de-ngan mudah. Meski hanyamenghadapi tim dari divisiLeagie One, Tottenham ha-

rus bersusah payah. Bah-kan hampir dipaksa me-mainkan babak extra timesaat Sheffield unggul 2-1hingga menit 80.

Beruntung, ChristianEriksen berhasil melesak-kan gol keduanya hanyadua menit menjelang wak-tu normal usai. Hasil im-bang itu sudah cukup un-tuk membawa Tottenhamke final di Stadion Wembleymelawan Chelsea.

”Dalam sepak bola, An-da harus membunuh per-tandingan dan mencetakgol saat mendapat kesem-patan. Kami menciptakanbanyak peluang, tetapi lagaselalu berjalan sulit danSheffield menempatkankami dalam tekanan yangsulit dipercaya, terutamapada 10 menit terakhir,”kata pelatih Mauricio Po-chettino. (ish/zul)

REUTERS/Andrew Yates

PARTAI PUNCAK – Christian Eriksen (kanan) memba-wa Tottenham Hotspur ke final Capital One Cup.

PERKIRAANPEMAINWolfsburg (4-2-3-1): 1-Benaglio (g);34-Rodriguez, 31-Knoche, 25-Naldo,8-Vieirinha; 27-Ar-nold, 22-Gustavo; 9-

Perisic, 14-De Bruyne, 10-Hunt; 12-DostPelatih: Dieter Hecking

BayernMunchen (4-2-3-1): 1-Neuer (g);27-Alaba, 17-Boateng, 4-Dante,13-Rafinha; 3-

Alonso, 31-Schweinsteiger; 7-Ribery,25-Muller, 10-Robben; 9-Lewan-dowskiPelatih: Josep GuardiolaGiuseppe Bellini/Getty Images

Page 19: Radar Tegal 30 jan 2015

Tunggu HasilRUPS PT LI

JAKARTA - Rapat UmumPemegang Saham (RUPS) PTLiga Indonesia (LI) baru akandigelar pada Sabtu besok diPalembang. Tetapi Joko Dri-yono, selaku CEO PT LI kepa-da awak media di Kantor PSSIkemarin sore (29/1) menya-takan bahwa pihaknya akanmemutuskan beberapa halpenting, terutama terkait jad-wal pertandingan Persib Ban-dung melawan Persipura Ja-yapura sebagai penanda kickoff ISL yang sampai saat inimasih belum diputuskan.

Sebab, partisipasi Persib yangmengikuti kualifikasi Liga Cham-pions Asia (LCA) melawanHanoi T&T pada 10 Februari2015. Jika menang, selanjut-nya Persib akan bermain tan-dang di play off menghadapiFC Seoul. Sedangkan, Per-sipura dihadapkan pada jad-wal pembuka fase grup PialaAFC melawan Tampines Ro-ver (Singapura) 24 Februarinanti.

Selain itu, dua klub PersikKediri dan Persiwa Wamenayang sudah resmi dicoret jelasmempengaruhi pengaturanjadwal yang sudah disiapkansebelumnya. Untuk itu, PT LIbelum bisa memastikan kapanlaga kick off ISL 2015 bakaldilangsungkan. Padahal se-belumnya laga tersebut sudahdijadwalkan pada 20 Februari

ALL SPORTS 19RADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

Final InterIsland Cup

MALANG - Arema Cronusoptimistis bisa menaklukanPersib Bandung di partai finalInter Island Cup (IIC) Minggunanti. Kepercayaan diri itumuncul setelah tim pelatihSingo Edan-julukan Arema-memahami gaya permainantim berjuluk Maung Bandung.

Asisten Pelatih AremaJoko Susilo menyebut-kan, karakter permai-nan Arema dan Persibsekilas sama, yakni sa-ma-sama ngotot. Na-mun, kata Gethuk-panggilan Joko Susilo-tetap ada yang beda.“Persib memang ngotot,tapi kami lebih ngotot,” ung-kap Gethuk.

Memang permainan Aremasaat ini lebih agresif diban-dingkan musim lalu. Itu se-telah masuknya beberapa pe-main muda yang memilikispeed seperti Novridani danGilang Ginarsa. Kecepatanpemain muda tersebut diim-bangi oleh Sengbah Kennedy.

Kendati tak sepiawai Gu-satavo Lopez dalam urusanmengatur serangan, Kennedyunggul mobilitas. Daya jelajahgelandang asal Liberia itusangat tinggi. Tidak hanyamembantu menyerang, Ken-nedy juga kerap membantuVictor Igbonefo cs menga-mankan daerah pertahananSingo Edan.

“Kalau musim lalu, permai-nan kami ngoto kombinasi

plamboyan. Karena musimlalu para gelandang kami gayabermainnya slow tapi taktis,”tutur Gethuk lagi.

Lebih lanjut pelatih asal Ci-lacap itu mengungkapkan,dengan gaya permainan kom-binasi itulah yang sulit me-naklukkan Persib saat bersuadi babak semifinal ISL lalu.

“Kalau kami konsisten ber-main impresif mungkin ceritabeda,” tandasnya.

Karenanya, Ge-thuk optimistis,Arema bisa me-ngatasi Persib difinal IIC nanti.

Pada partai final lusa, Aremaakan menurunkan pemain-pemain muda yang memilikikecepatan.

“Ya, bisa jadi pemain mudakami turunkan di babak per-tama,” akunya.

Sementara itu, gelandangPersib, Konate Makan, jugaoptimistis bisa mengulang suk-sesnya. “Kami tidak ada alasankalah dari Arema,” tandasnya.

Pemain asal Mali itu tak ta-

DENPASAR - Empat partaisemifinal tersaji dalam lan-jutan Djarum Superliga Bad-minton 2015 di GOR LilaBhuana, Denpasar, hari ini. Diantara semifinalis kelompokputri, hanya Hokuto Bank Je-pang yang berasal dari liarempat besar saat drawing.Secara mengejutkan Hokutomenyingkirkan Mutiara Ban-dung di grup C.

Hokuto akan berebut tiketfinal melawan sesama tim Je-pang, Renesas. Sementara itu,satu semifinal lainnya mem-pertemukan Jaya Raya Jakartamelawan Djarum Kudus.

Di kategori putra tidak adakejutan. Tim-tim yang masuksemifinal adalah mereka yangmemang memiliki poin teratassaat pengundian. Yakni, Mu-sica Champion Kudus, Jaya Ra-ya Jakarta, Djarum Kudus, danTonami Jepang. Musica akanbersua Tonami, sedangkan Ja-ya Raya melawan Djarum.

Menjelang pertemuan JayaRaya versus Djarum hari ini,manajer Djarum Fung Per-madi kemarin (29/1) mengata-kan target tim tak berubah.Yakni menapak ke partai final.Sehingga pertemuan versusJaya Raya di semifinal bukanjadi alasan kegagalan.

“Kami memaksimalkan se-mua kekuatan yang kami pu-nya. Kami sudah tahu samatahu untuk kekuatan dan ke-lemahannya. Jadi, tinggal ke-siapan akhir pemain di lapa-ngan yang akan menentu-kan,” sebut pria berusia 47tahun itu.

Menurut Fung, mengha-dapi Jaya Raya timnya menar-getkan kemenangan dari duapemain tungal dan satu gan-da. Dan tunggal pertama SungJi-hyun menjadi kunci langkahDjarum. Ji-hyun diprediksiakan bentrok dengan Ratc-hanok Intanon sebagai tung-gal pertama Jaya Raya.

Menilik rekor pertemuankeduanya, dalam sepuluh kalipertemuan Ji-Hyun menangenam kali. Tapi dalam duapertemuan terakhir, Ratcha-nok tampil sebagai peme-nang. Yakni perempat finalPiala Uber 2014 dan semifinalsuperseries premier KoreaOpen.

“Kedua pemain asing, Ratc-hanok dan Ji-hyun sama-sama

punya keluhan main di Bali ini.Pelatih Ratchanok berbicarakepada saya kalau anak asuh-nya belum fit. Sedang Ji-hyunmengeluhkan panasnya suhudi dalam GOR pertandinganini,” ucap Fung.

Optimisme Fung tak lepasdari kekalahan pemain tung-gal Jaya Raya kemarin. Meskimenang 3-2 atas Mutiara Ban-dung, namun Ratchanok danBusanan Ongbumrungpanyang turun sebagai tunggalpertama dan kedua ditekuktunggal Mutiara.

Ratchanok menyerah darijuniornya sesama pemainThailand, Nichaon Jindapon,21-15,13-21,19-21. SementaraBusanan dibekap Hanna Ra-madini 14-21,21-23. Ratcha-nok dalam tiga kali penam-pilan bersama Jaya Raya dibabak penyisihan kalah duakali. Statistik Busanan lebihbaik. Dari empat kali turun,tiga diantaranya sukses di-menangi.

Untuk gandanya, Fung akanmengubah komposisinya.Shendy Puspa Irawati yangbaru sekali tampil mungkinakan dipasangkan denganMelati Daeva Oktavianti, Jen-na Gozali, atau Komala Dewidan dipasang ganda pertama.

Sementara Vita Marissa/Rosyita Eka Putri Sari kemung-kinan akan dipertahankan dandiplot sebagai ganda kedua.“Ji-hyun dan Febe (Maria Fe-be Kusumastuti, Red), sayaharapkan bisa mencuri poindan satu ganda kami menga-mankan langkah kami ke fi-nal,” sebut Fung.

Di sisi lain, pelatih tim putriJaya Raya, Joko Riyadi menu-turkan, performa Ratchanokbelum maksimal. Pemain ber-usia 19 tahun itu mengalamikelelahan karena baru sajapulang dari liga di Tiongkok.

Menghadapi Djarum, JayaRaya akan all out. Meski ber-status juara bertahan, Joko takmau anak asuhnya besar ke-pala dengan mahkota yangdiraih dalam dua edisi berun-tun Djarum Superliga.

“Hari ini (kemarin, red) kamijuga diprediksi menang 5-0dari Mutiara. Tapi nyatanyakami malah nyaris kalah. Ar-tinya di lapangan semuanyamasih bisa terjadi,” sebut Joko.(dra/ca/adi)

kut dengan kekuatan SingoEdan yang menurutnya di pra-musim ini sudah ada peru-bahan ketimbang musim lalu.Konate optimis mengulangkemenangan di babak semifi-nal Indonesia Super League(ISL) 2014 lalu.

“Arema sudah banyak peru-bahan memang dibandingmusim lalu. Pemain bagusjuga banyak di sana, tapi ma-sih ada waktu untuk persiapanmelawan Arema, jadi saya ti-dak takut,” ujarnya dilansirlaman resmi klub.

Persib dan Arema akan ber-duel di partai final IIC, Minggu(1/2). Laga yang sempat ter-tunda setahun itu akan dihelatdi Stadion Gelora SriwijayaPalembang.

“Tolong diingat, kami jugadihuni pemain berkualitas.Jadi, jangan berpikir untuk

kalah dari Arema. Kami Ins-ya Allah bisa mengatasi-

nya,” pungkas mantanbintang Barito Putera

ini. (sis/adi)

AREMAOPTIMIS JUARA

FARID FANDI/JAWA POS

SIAP TANDING - Christian Gonzales dkk optimis dapatmenaklukan Konate Makan cs di laga final IIC.

RAKA DENNY/JAWAPOS

PEMAIN KUNCI - Sung Ji Hun menjadi kunci langkah DjarumKudus. Ji-hyun diprediksi akan bentrok dengan Ratchanok.

Amankan PoinPartai Tunggal

Kontrak AndroLevandy

JAKARTA – Amunisiskuad Persija Jakarta masihterus bertambah. Secaradiam-diam striker yang mu-sim lalu bermain bersamaPersikab, Andro Levandy,sudah deal dengan MacanKemayoran. Namun, An-dro belum melakukan pe-nandatanganan kontrak.

“Iya benar saya sudahdeal dengan Pak Ferry be-berapa waktu lalu. Hanyatinggal tanda tangan kon-trak saja,” kata Andro Le-vandy yang mengenakannomor punggung 61.

Sejauh ini, pesepakbolakelahiran Bekasi pada 19April 1987 itu belum men-dapatkan kepastian terkaitpenandatanganan kontrakdengan manajemen Persija.Pasalnya, Presiden klub timibu kota, Ferry Paulus be-lum memberikan kepastiantanggal untuk Andro me-nandatangani kontrak.

Ferry menjelaskan, Androbakal segera meneken kon-trak dan menjadi bagianskuad Macan Kemayoran.“Kami sudah deal denganAndro. Tinggal teken kon-trak saja. Andro akan men-

jadi pelapis sekaligus pemainke-25 Persija,” terang pemilikVilla 2000 itu.

Kata Ferry lagi, Androadalah salah satu pemainyang direkomendasikan headcoach Rahmad Darmawan.Jadi, selama musim 2014/2015 kompetisi IndonesiaSuper League (ISL) Androakan berseragam orange.

“Andro akan dikontraksatu musim. Nantinya, diaakan menjadi striker keem-pat (Yevgeni Kabayev, Bam-bang Pamungkas dan GregNwokolo). Andro akan mem-buktikan kemampuannya,”jelas Ferry yang pernahmenjabat sebagai ManagerPT Astra Motor Sales tahun1983 hingga 1992 tersebut.

Setelah dipermalukan 4-0 ketika melawan GambaOsaka, Persija pun mela-kukan evaluasi efektivitaslini serang pada agenda pe-musatan latihan di lapa-ngan Batalyon Zeni Konst-ruksi 13, Srengseng Sawah.Sebelumnya Persija meng-gunakan satu striker, na-mun Selasa (27/1) kemarincoach RD-sapaan RahmadDarmawan-fokus menggu-nakan dua striker.

Itu pun semakin mem-perlebar peluang calon bom-ber Persija yang memiliki

tinggi 173 meter dan berat70 kg untuk bermain lebihbanyak di skuad utama.“Skema menjadi dua strikerkesempatan bagus buat sa-ya. Ada tambah peluanguntuk bermain,” sambutmantan pemain PS Sum-bawa Barat tersebut.

Pada game season Kamis(29/1) kemarin, Andro ber-main bersama Greg di liniserang yang akan diproyek-sikan coach RD dalam me-ngarungi ISL. Ketika itu, timAndro dan Greg tampil le-bih baik dibanding tim Bepe(panggilan Bambang Pa-mungkas) dan Kabayev. Soal-nya, timnya lebih banyakmendapatkan peluang da-lam penyerangan yang di-bangun Persija.

Dia pun mengungkap-kan kenyamanan bermaindengan Greg. Ke depan, diasudah siap bermain denganGreg dan rekan lainnya jikadiberikan kesempatan Rah-mad masuk di skuat utamaMacan Kemayoran.

“Bagus dia (Greg) ber-mainnya. Dia bisa tahanbola. Saya tinggal cari posisisaja dan tunggu diumpansama dia,” tutup striker yangpernah bermain untuk Per-siba Bantul di Liga TI-Pho-ne 2010 itu. (agn/adi)

SYAWAL/PADANG EKSPRES

LATIHAN - Para pemain Persija Jakarta sedang latihan belum lama ini.

Persija Perkuat Barisan Serang

Kick Off ISL Burengmendatang di Stadion Si JalakHarupat.

Joko menjelaskan dengansituasi ini, pihaknya tidak maugegabah dalam menentukanjadwal laga kedua tim di kickoff ISL 2015. “Kami berharapPersib bisa tampil bagus dikualifikasi LCA, kalau bisa me-laju hingga play off pertamamereka akan main 17 Februari.Itu menjadi persiapan yangkurang ideal jika Persib mainpada jeda yang hanya tiga harisebelum kick off ISL,” terangJoko.

Menurut dia, dengan situasiini, pihak PT LI juga bakal mem-berikan keputusan terbaikbuat kedua tim agar sama-sama mempunyai persiapanyang cukup. “Ini tantanganbuat Persib, tetapi di sisi lainPersipura bisa saja tidak mem-permasalahkan hal ini, tetapikami tetap akan berhati-hatidalam membuat keputusan,”urainya.

Sementara itu, akses antarabandara di Bandung, Hotelmenginap dan Stadion Si JalakHarupat yang menjadi hom-ebase Persib di kancah Asiamenjadi sorotan PT LI. Jokomenjelaskan bahwa saat inibelum ada konfirmasi statusyang jelas terkait akses ter-sebut. “Mudah-mudahan ken-dala itu bisa diatasi denganmekanisme penanganan ofi-sial dan pemain dari kota Ban-dung menuju Stadion,” ka-tanya.

“Update yang ada, fasilitasdan hotel sudah cukup ba-

gus yang jaraknya cukupdekat dengan stadion,”lanjutnya.

Namun, sekali lagi, le-laki yang juga sebagaiSekjen PSSI itu menya-takan bahwa semua per-

tanyaan terkait itu akanterjawab tuntas da-

lam RUPS PT LI,yang akan dilak-

sanakan be-sok. (nap/

ko/adi)

JokoDriyono

Page 20: Radar Tegal 30 jan 2015
Page 21: Radar Tegal 30 jan 2015
Page 22: Radar Tegal 30 jan 2015
Page 23: Radar Tegal 30 jan 2015

INTERNASIONALRADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015website: radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com 23

Castro Minta Guantanamo KembaliSANJOSE - Kubamenindaklanjuti kesepakatannyadengan

Amerika Serikat (AS) untuk memperbaiki hubungan keduanegara.Rabuwaktusetempat (28/1)PresidenKubaRaulCastromenyebutkan tiga syarat yangharusWashingtonpenuhi dalamprosesnormalisasi.SalahsatunyaadalahmengembalikanTelukGuantanamokepangkuanKuba.Di hadapan para pemimpin negara Amerika Latin dan

KepulauanKaribia, Castromengatakan bahwa pengembalianTelukGuantanamoadalah syaratmutlak yang harusWashing-ton penuhi. Dia jugamendesak pemerintahanPresidenBarackObama untuk mencabut embargo dagang yang sudah limadekade berlaku di Kuba. Syarat terakhir adalah menghapusKuba dari daftar negara pendukung terorisme.�KubadanASakansegera terhubung lagi secaradiplomatik.

Tapi, jikasyarat-syarat yangkamiajukan tidakdipenuhi, segenapupaya menuju normalisasi sia-sia,� ungkap Castro kemarin.Rencananya, Kuba segera kembali membuka kedutaan besardi Washington. AS pun akan mengaktifkan lagi kantorperwakilannya di Havana.Terkait dengan normalisasi hubungan Kuba danAS, Fidel

punmemberikan restunya. �Tidak percaya pada kebijakanASbukanberarti tidakmendukungsolusi damai untuk konflik keduanegara. Kami akan selalu mengutamakan kerja sama danpersahabatandengansemuanegaradi dunia, termasukmusuhpolitik kami,� tandas tokoh 88 tahun yang mundur dari kursipresiden pada 2008 itu. (AP/AFP/hep/c11/ami/adi)

PARIS - Wabah ebola tam-pak mulai bisa dikendalikan.Meski begitu, para peneliti dariInstitut Pasteur di Prancis me-minta dunia tetap waspada.Sebab, berdasar hasil pene-litian terbaru, virus ebola telahbermutasi. Mutasi itu terjadibaru-baru ini dan ditakutkanvirus tersebut akan lebih me-nular. “Kami tahu virus initelah berubah banyak. Menge-

REUTERS

VAKSIN - Seorang peneliti sedang mencoba membuat vaksin untuk mengatasi vaksin Ebola di The Jenner Institute di Oxford, Inggris Selatan.

Bermutasi, Ebola Lebih Menulartahui perubahan ini pentinguntuk diagnosis dan perawa-tan. Kami harus tahu bagai-mana virus tersebut berubahguna bisa mengatasinya,” jelaspeneliti genetika manusia diInstitut Pasteur dr Anavaj Sa-kuntabhai. “Sebuah virus bisaberubah dari mematikanmenjadi tak terlalu memati-kan, tapi lebih menular. Danini adalah sesuatu yang kami

takutkan,” tambahnya. Salah satu contoh proses

mutasi itu adalah adanya pa-sien yang tidak menunjukkangejala tertular ebola. Artinya,si pasien bisa berjalan-jalantanpa terdeteksi karena tidakmerasa tertular dan akhirnyamenyebarkan virus itu ke ma-na-mana. Saat ini para penelitidi bidang imunologi sedangmembuat dua jenis vaksin

untuk menangkap ebola terse-but. Salah satunya adalah mo-difikasi dari vaksin campak.Mereka berharap vaksin itubisa memberikan tambahanperlindungan untuk melawanebola. Vaksin tersebut akandiujicobakan pada manusiaakhir tahun ini.

Sejak merebak, virus ebolamerenggut 8.795 nyawa pen-duduk Afrika Barat. Selain itu,

lebih dari 20 ribu orang dila-porkan tertular. Ada ketaku-tan bahwa mutasi tersebutbakal mengakibatkan penula-ran melalui udara. Namun, halitu belum bisa dibuktikan.Sejauh ini belum ada virusyang menular melalui cairantubuh seperti ebola yang bisaberubah penularannya me-lalui udara. (BBC/The Tele-graph/sha/c22/ami/adi)

REUTERS

BERBICARA - Presiden Kuba Raul Castro berbicara padaKTT Komunitas Amerika Latin dan Karibia ( CELAC ).

Gorbachev Peringatkan EropaIhwal PotensiSerangan BalikRusia

MOSKOW - Mantan pe-mimpin Uni Soviet MikhailGorbachev memperingat-kan Eropa potensi seranganbalik Rusia yang berbahayakarena semakin terisolasi se-telah pada Kamis, Uni Eropamenyiapkan sanksitambahan yang lebihkuat untuk peme-rintah Kremlin.

Peringatan pe-mimpin terakhirSoviet tersebutdiberikan saatsetiap harinyakorban berjatuhan di bagiantimur Ukraina yang dikuasaikaum separatis dalam pe-rang selama sembilan bulanyang terancam akan beru-bah menjadi konflik abadi diEropa.

Gorbachev mengatakanbahwa keputusan Barat un-tuk menanggapi kekerasandengan menyalahkan Rusiadan mengeluarkannya dariakses pasar modal AmerikaSerikat (AS) dan Eropa da-pat berubah menjadi pe-rang terbuka yang akanmemberikan pengaruh bu-ruk untuk dunia.

“Akan ke mana ujung se-mua ini? Perang dingin su-dah terjadi secara terbuka.Apa berikutnya? Sayang se-kali saya tidak bisa memas-tikan perang dingin ini akanberubah menjadi perangpanas atau tidak,” kata pe-raih Nobel Perdamaian ber-umur 83 tahun itu.

Pemberontak proRusiapada minggu lalu memba-talkan semua dialog damaidan melakukan seranganbaru yang diikuti pelun-

curan roket ke kotapelabuhan strategis Ma-riupol yang me-ngakibatkan 31orang tewas.

Komandanpemberontakm e n o l a kt u d u h a ns e r a n g a nini walau pe-

ngawas internasional di lo-kasi mengatakan hal seba-liknya.

Namun mereka terus me-ngancam untuk masuk kedaerah industri di bagian ti-mur yang masih dipengaruhioleh tentara proUkraina danpemerintah Barat di bawahkesepakatan damai pada bul-an September di Belarus an-tara kedua kubu yang ber-tikai. “Kami mengumumkanPerjanjian Minsk sudah tidakberlaku,” kata komandan se-paratis Donetsk Eduard Ba-surin kepada wartawan, se-perti dilansir AFP.

AS dan sekutu Eropa-nyamelihat gelombang pembe-rontakan yang terjadi baru-baru ini adalah ancaman ba-lasan oleh Presiden Rusia Vla-dimir Putin karena pada tahunlalu pemerintah pendukungKremlin diusir dari Kiev.

Presiden Ukraina Petro Po-roshenko, yang pasukannyahanya bisa bertahan karenakurangnya persenjataan, te-rus melakukan kontak melaluitelepon dan meminta para pe-mimpin dunia menekan Putin

dan pengikutnya mantanKGB serta para taipan.

Juru Bicara Pre-siden Poroshen-

ko mengata-kan bahwaWakil Presi-den AS JoeBidden, Ra-bu, “mendu-kung tinda-kan presidenUkraina dan

mempertim-bangkan untuk

m e m p e r l u a ssanksi atas

Rusia”.

Sementara itu para pe-mimpin Uni Eropa secarabulat mendukung penam-bahan sanksi atas Rusia.Pernyataan ini dikeluarkandi sela sesi di Brussels, Selasa.

Meskipun baru-baru ini pe-mimpin Yunani dan Siprustidak menyetujui pernyataanini namun itu tidak mempe-ngaruhi suara 28 menteri luarnegeri yang menyetujui ran-cangan tersebut, Kamis. San-ksi Barat sebelumnya yangbersamaan dengan jatuhnyaharga minyak membuat Rusiajatuh ke dalam resesi. Hal inimembuat para investor Baratmenjauh dari Rusia dan mem-buat keadaan ekonomi nega-ra itu mengalami keadaanekonomi yang sama ketikaPutin baru mengawali peme-rintahannya 15 tahun yanglalu.

Namun disinyalir sanksitidak akan mempengaruhipendekatan keras Putin ter-hadap Barat ataupun meng-goyahkan kepercayaan warganegaranya kepada pemerin-tah di Kremlin, demikian AFP.(M054/H-AK/ant)

Mikhail Gorbachev

TOKYO - Perdana MenteriJepang Shinzo Abe, Kamis ke-marin, mengatakan bahwa To-kyo mengaji keaslian pesanterbaru dari kelompok NegaraIslam atau ISIS, yang mengan-cam membunuh sandera asalJepang dan Yordania jika se-orang anggotanya yang dipen-jara, tak dibebaskan. “Kamimengetahui pesan baru itu,”kata Abe saat sidang parlemen.

“Sekarang, kami meguji ke-asliannya, tapi kami akan me-lakukan yang terbaik untukmenjamin pembebasan warganegara Jepang sesegeramungkin,” tambahnya. Tokyomemohon ke Amman untukmembantu penyelamatanwartawan Jepang Kenji Goto,yang telah disandera oleh ke-lompok Negara Islam.

Dalam pesan baru secaradalam jaringan yang diunggahKamis pagi waktu Jepang, paramilisi menuntut agar Ammanmenyerahkan anggota milisiperempuan Sajida al-Rishawi,yang dihukum mati di Yor-dania untuk perannya dalampemboman tiga hotel diAmman yang menewaskan 60orang pada 2006.

Pesan terbaru itu, yang tam-paknya menggunakan suaraGoto, memerintahkan Jordanuntuk melepaskan Rishawisebagai imbalan atas nyawaGoto, atau membunuh pilotYordania Maaz al-Kassasbehyang juga sedang ditahanoleh milisi. Yordania, Rabulalu, menawarkan untuk mele-paskan Rishawi untuk ditukaroleh pilot tersebut, yangAmman telah melakukan ne-gosiasi untuk menyelamat-kannya sejak penangkapan-nya pada bulan Desember.

Jepang telah meminta ban-tuan Yordania dalam upayauntuk membebaskan Gototerutama karena video yangdiluncurkan oleh IS pada akhirpekan mengatakan bahwasandera lain Jepang, HarunaYukawa, telah dipenggal ke-palanya. Setelah awalnya me-netapkan tebusan 200 juta do-lar bagi pembebasan Yukawadan Goto, kelompok NegaraIslam, yang menguasai sejum-lah bagian di Suriah dan Irak,mengubah taktik dan menun-tut Yordania membebaskanRishawi, demikian AFP.(G003/ant)

REUTERS

SANDERA - Sejumlah orang berjalan melewati layar TVmenyiarkan warga Jepang Kenji Goto yang disandera ISIS.

Jepang Kaji KeaslianPesan Baru ISISTawarkanWanita untuk ISIS

DEMI membebaskan pilotnya dari penyanderaan ISIS,pemerintahYordania relamenukarnya dengan seorangwanitabernamaSajida al-Rishawi.Kini ISISsedangmenahanpilotYordania, danmenuntut uang

tebusansebesar 200 jutaUSD.Pilot tersebut bernamaMoazal-Kasasbehyangdisanderakelompokmilisi ISISusai pesawatnyaditembak jatuh di dekatRaqqa, Syria.Yordania pun berpacu dengan waktu karena ISIS sudah

mengeluarkan ancaman akanmembunuhMoaz dan seorangsandera Jepang Kenji Goto. Ultimatum ISIS itu di video yangdisiarkanSelasa lalu. Dilansir dari BBC,Yordania punmemutarotak demimenyelamatkan pilot andalnya yang nahas.NamaSajidaal-Rishawi kemudianmuncul, untukmenjadi alat

tukar.Sajidaadalahseorangmilisial-Qaidayangdivonishukumanmati di Yordania. Dia dihukum karena terlibat dalam seranganpada tahun 2005 yangmenewaskan 60 orang.�Yordania siapmembebaskan tahananSajidaal-Rishawi, jika

pilot LetnanMoazal-Kasasbehdibebaskandandibiarkan tetaphidup,� kata juru bicara pemerintah Yordania Mohammad al-Momanis. (adk/jpnn)

BBC

TERORIS - Seorang pilot Yordania ditangkap dandisandera ISIS, usai pesawatnya ditembak jatuh.

NikahiDiriSendiriBANYAK wanita yang mungkin ber-

nasib sama seperti Yasmin Eleby, 40,perempuan asal Houston, Texas,AS.Berkali-kali mencari jodoh, tetap sajagagalmendapatkanpria idaman.Namun,Elebymenemukancarayang

tidak terpikir oleh para perempuanyang sudah lamamendamba ��theone��. Dia memutuskan untukmenikahi diri sendiri.Ya,menikahdengan pesta keluarga yangmengundangkerabat.Adagaunpengantin. Ada altar. Ada uca-pan selamat. Juga doa.�Aku tidak punya kata-kata

yang menggambarkan pera-saanku,�� ungkap Eleby lewatakun Facebook-nya. Eleby danseluruh undangan tampak ceriadalam pesta yang digelar diHouston Museum of AfricanAmericanCulture itu.Keputusan Eleby untuk me-

nikahi diri sendiri tersebut tidakdatang tiba-tiba. Dia bernazarsejak usia 38 tahun. Kala itu,Elebyberniat, jika tidakkunjungpunya suami pada usia 40tahun,diaakanmenikahidirisendiri.Ya,memangtidakmudahmencarisuami.Sebab,padausiaitu,priayangbaikbiasanyasudahberistri�(mirror.co.uk/c5/sof)

YasminEleby

KUBA

YORDANIA

UNIK

Page 24: Radar Tegal 30 jan 2015

RADAR TEGAL JUMAT, 30 JANUARI 2015 24website : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

Thomas Alva Edison

Penemu ProyektorHitam

THOMASAlva Edisonmerupakanpria berke-b a n g s a a nAmerika Se-rikat, yang la-hir pada 11F e b r u a r i1847 di Mi-lan, O’hio.Thomas ber-hasil mene-mukan pro-yektor film pada tahun 1893. Pada tahun1854, keluarga Thomas pindah ke PortHuron, Michigan. Ibu Thomas bekerjasebagai guru, Thomas diajar ibunyasendiri di rumah. Hal tersebut dilakukankarena Thomas dianggap sebagai siswayang tertinggal dan tidak berbakat, se-hingga gurunya memperingatkan Tho-mas kecil, bila ia tidak dapat belajar disekolah. Ibunya berikeras bahwa Tho-mas Alva Edison merupakan anak yangberbakat dan kemudian ibunya bertekaduntuk mengajar Thomas kecil di rumah.Meskipun hanya belajar di rumah, Tho-mas sudah menunjukkan keingintahuandalam segala hal dan berantusias untukmencoba segala hal.

Saat Thomas Alva Edison berusia se-belas tahun, ia telah membuat sebuahlaboratorium kimia sederhana yang di-bangun di ruang bawah tanah di rumahayahnya. Setahun kemudian Thomaskecil telah berhasil membuat sebuahtelegraf yang masih primitif, namunmasih dapat digunakan.

Di usia dua belas tahun, Thomas be-kerja sebagai penjual koran dan permendi atas kereta api untuk mengumpulkanuang yang digunakan untuk membiayaisemua percobaan yang ia lakukan. Selainberjualan di atas kereta, untuk dapatmemaksimalkan waktu senggangnya, iameminta ijin perusahaan kereta api un-tuk membuat sebuah laboratorium kecildi salah satu gerbong kereta api, yangakan Thomas gunakan untuk melakukanpercobaan serta membaca literaturketika ia sedang tidak berjualan.

Pada tahun 1868, Thomas Alva Edisonmendapatkan pekerjaan sebagai opera-tor telegraf di Boston. Waktu luangnyadigunakan untuk melakukan percobaanteknik dan akhirnya berhasil menemu-kan intercom elektrik. Thomas memper-oleh hak paten pertama untuk alat elec-tric vote recorder, namun tidak ada yangtertarik untuk membeli alat tersebut.Pada tahun 1877 Thomas telah menemu-kan phonograph, ia menyadari sumbercahaya semacam itu sangatlah pentingbagi kehidupan manusia. Thomas men-curahkan segala pikiran, waktu dan tena-ga serta menghabiskan uangnya sebesar40.000 dolar dalam dua tahun untuk me-lakukan percobaan membuat lampupijar.

Thomas Alva Edison telah berhasilmenemukan proyektor untuk film-filmkecil pada tahun 1879. Di tahun 1882 iatelah memasang lampu-lampu listrik dijalan-jalan serta rumah-rumah denganjarak sejauh 1 km di kota New York. Haltersebut merupakan pertama kalinyaterjadi di dunia, lampu listrik dipakai dijalan-jalan. Pada tahun 1890, Thomasmendirikan sebuah perusahaan GeneralElectric. Thomas Alva Edison juga dike-nal sebagai penemu lampu pijar. (*/ima)

YERRY NOVEL/RADAR SLAWI

PENCANANGAN - Kepala SD Muhamadiyah Kemantran Murniasih (kanan) sepakat terapkan sistem manajemen mutu.

CanangkanCanangkanCanangkanCanangkanCanangkan SistemSistemSistemSistemSistemManajemen MutuManajemen MutuManajemen MutuManajemen MutuManajemen Mutu

KRAMAT - Sedikitnya 6 Se-kolah Dasar (SD) dari Kabu-paten Tegal dan Kota Tegalmencanangkan implemen-tasi sistem manajemen mutudan lingkungan sekolah, Ka-mis (29/1). Pencananganyang disertai dengan penan-datanganan oleh seluruh pe-serta itu, dipusatkan di SDMuhamadiyah Kemantran,Kramat Kabupaten Tegal.

Kepala SD MuhamadiyahKemantran Murniasih me-ngatakan, pencanangan inidiikuti 6 kepala SD. Antaralain, Kepala SD Muhammadi-yah Slawi, SD Muhamadiyah1 Kota Tegal, MI IhsaniyahKrandon Kota Tegal, SD Nu-rul Hikmah Kota Tegal, SDNurul Umat Kota Tegal dan SDMuhamadiyah Kemantran.Sebagai narasumber, pihak-

nya menghadirkan BahrunNaim dari Kota Tegal yangjuga sebagai konsultan ISO.

“Kegiatan ini juga dihadiriketua Pimpinan Cabang Mu-hammadiyah (PCM) KramatII,” kata Murniasih, di selaacara.

Dalam pencanangan itu,lanjut Murniasih, narasum-ber memberikan materi ten-tang pengembangan sistemmanajemen mutu pendidik-an di sekolah. Artinya, setiapsekolah harus sudah meme-nuhi 8 standar manajemen.Yakni standar manajemen isi,standar proses, standar pe-nilaian, standar kelulusan,standar sarana prasarana,standar pembiayaan danstandar pengelolaan.

“Kita (SD MuhamadiyahKemantran) sudah hampir

memenuhi 8 standar itu,”ujarnya.

Untuk mengimplementasimanajemen mutu pendidik-an di sekolahnya, Murniasihmengaku saat ini tengah me-lengkapinya. Salah satunya,dengan melakukan doku-mentasi kegiatan. Sejauh ini,sekolahnya selalu melaksa-nakan kegiatan, tapi untukimplementasi dokumennyabelum dilakukan.

“Makanya akan kita leng-kapi,” cetusnya.

Sementara itu, Bahrun Na-im mengatakan, manajemenberbasis sekolah merupakansatu bentuk agenda refor-masi pendidikan di Indonesiayang menjadi sebuah kebu-tuhan. Hal ini untuk member-dayakan peranan sekolahdan masyarakat dalam men-

dukung pengelolaan dan pe-nyelenggaraan pendidikan disekolah. Secara esensial, ma-najemen itu menawarkandiskursus ketika sekolah tam-pil secara relatif otonom, de-ngan tidak mereduksi peranpemerintah, terutama dalambidang pendanaan. Hal ter-sebut tentunya akan beraki-bat pada mutu pendidikan.Apabila mutu pendidikanhendak diperbaiki, maka per-lu ada pimpinan dari para pro-fesional pendidikan.

“Manajemen mutu meru-pakan sarana yang memung-kinkan para profesional pen-didikan dapat beradaptasidengan kekuatan peruba-han yang akan bermuarapada sistem pendidikanbangsa kita,” ucapnya sing-kat. (yer/ima)

AGUS P/RADAR PEMALANG

SOSIALISASI – Sejumlah wali muridsiswa SMP 3 Pemalang usaisosialisasi kurikulum tahun 2016.

Kurikulum2006 KembaliDisosialisasikan

PEMALANG - Sejumlah wali muridsiswa SMP Negeri 3 Pemalang di hala-man sekolah setempat, Kamis (29/1)mengikuti sosialisasi kurikulum tahun2006. Acara sosialisasi ini, dilakukansetelah resmi dikembalikannya darikurikulum 2013 ke 2006.

Kepala SMP Negeri 3 Pemalang Kun-tara mengatakan, sosialisasi dikem-balikannya kurikulum tahun 2006 agarsemua wali murid mengetahui kuri-kulum yang sekarang ini akan diberla-kukan.

Menurutnya , dalam waktu dua ta-hun yang lalu, di SMP ini telah melak-sanakan kurikulum tahun 2013, namunoleh Menteri Pendidikan NasionalAnies Baswedan secara resmi telahdikembalikan ke kurikulum tahun 2006.

“Dalam kurikulum tahun 2013 ini,sebenarnya lebih rinci dibanding de-ngan tahun 2006. Namun suara dariguru dan masyarakat banyak menilaiKurikulum 2013 itu sangat berat. Se-hingga oleh Manteri Pendidikan Na-sional dikembalikan ke tahun 2016,”katanya.

Padahal, lanjut dia, dalam kurikulumtahun 2013 tidak berat. Namun karenamasih baru, sehingga dalam pelaksana-anya, belum semua sekolah mampudan banyak yang masih coba-coba.

Dia menjelaskan, dalam kurikulumtahun 2013, semua guru melakukanpenilaian sikap dan perilaku siswadalam setiap harinya. Hal itu tidakdilakukan lagi sekarang. (apt/ima)

Persiapkan SiswaIkuti Lomba Cerita

PEKALONGAN - Sebanyak143 guru dari SD dan MI di KotaPekalongan, mengikuti Work-shop Bercerita yang digelar Kan-tor Perpustakaan dan Arsip Dae-rah (KPAD), Kamis (29/1) di ru-ang Amarta. Workshop kepadaguru SD/MI itu digelar sebagaisalah satu persiapan akan dige-larnya lomba cerita bagi siswaSD/Mi tahun 2015.

Kepala KPAD Maryati dalamlaporannya menjelaskan, sete-lah mengikuti workshop diha-

rapkan seluruh guru memilikikemampuan untuk bercerita dandapat menularkannya kepadasiswa.

“Kami berharap setelah ini ba-pak ibu guru bisa menyiapkanlomba cerita sedini mungkin bagisiswa- siswinya,” harap dia.

Setelah tahap ini, KPAD jugaakan melakukan seleksi terha-dap siswa peserta lomba. Se-hingga, bekal yang dimiliki gurudiharapkan bisa bermanfaat.

“Idealnya, workshop sepertiini dilaksanakan selama tiga hari.Tapi karena anggaran yang ter-batas, kami hanya bisa gelar se-hari. Semoga tetap dapat mem-

berikan ilmu,” kata dia.Maryati juga menjelaskan da-

lam materi yang disampaikan-nya, untuk mendukung berkem-bangnya imajinasi anak KPADjuga secara konsisten menyedia-kan bahan bacaan bagi anak.Setiap tahunnya, tidak kurangdari Rp250 juta dianggarkan un-tuk pengadaan buku. Jenisnyabermacam-macam.

Sementara itu, Walikota Peka-longan dr HM Basyir Ahmad da-lam sambutannya berpesan agarguru bisa selalu aktif berceritakepada anak. Karena melaluicerita, ilmu yang disampaikanakan terkenang. (nul/ima)

143 Guru SD/MI Ikuti Workshop Bercerita KPAD

M. AINUL ATHO’/RADAR PEKALONGAN

WORKSHOP - Sebagai salah satu persiapan untuk menggelarlomba bercerita, KPAD mengundang 143 guru SD/MI.