radar tegal 24 okt 2013

24

Click here to load reader

Upload: jaelani-hutabarat

Post on 19-Mar-2016

444 views

Category:

Documents


143 download

DESCRIPTION

RADAR TEGAL 24 okt 2013

TRANSCRIPT

Page 1: RADAR TEGAL 24 okt 2013

CMYK

Bank Syariah Mandiri Dibobol* Sing mbobol ora ngerti syariat?

Rano dan PDIP Diminta Jaga Nafsu* Kudune puasa!

CMYK

Harian Pertama Kebanggaan Wong Tegal

RADAR TEGAL

KAMIS, 24 OKTOBER 2013 Rp. 2.500,-

Razia Satpol PP di Lokalisasi DollySelamatkan 4 PSK yang Disekap dan Makan Sepiring Berempat

Lokalisasi Dolly memanglekat dengan trafficking atauperdagangan manusia. Dini

hari kemarin (23/11) SatpolPP Surabaya bekerjasama

dengan Polsek Sawahanberhasil menyelamatkan

empat pekerja sekskomersial (PSK) yang

disekap di Wisma PermataBiru. Ironisnya, bak budak

mereka hanya diberi makansepiring berempat.

AWALNYA, Selasa malam sekitarpukul 23.30 petugas gabunganSatpol PP , Polsek Sawahan, Ko-mando Garnisun Tetap (kogartap)

III, dan Kecamatan Sawahan ber-kumpul di kantor kecamatan untukmenggelar razia di lokalisasi Dolly.Namun, tiba-tiba tim Reskrim Pol-sek Sawahan mendapat informasiadanya penyekapan PSK di WismaPermata Biru. Tak pelak, seluruhpetugas langsung meluncur ke wis-ma yang beralamat di Jalan Jarak 39A tersebut.

Hanya 10 menit, petugas telahsampai di lokasi. Petugas langsungmerangsek masuk ke wisma ber-lantai dua tersebut. Di lantai satu,petugas sama sekali tidak menjum-pai adanya PSK. Namun, petugastidak menyerah, mereka langsungmenuju ke lantai dua wisma.

Saat petugas menaiki lantai duawisma tersebut, mereka cukupkesulitan. Sebab, kondisi lantai duagelap gulita. Semua lampu dalamkeadaan mati. Akhirnya, petugashanya bisa meraba-raba di lantaidua yang terdapat banyak kamartersebut.

Keadaan yang sunyi senyap tidakmembuat petugas kehilangan akal.Mereka melihat ada salah satu ka-mar dalam keadaan terkunci. Pada-hal, kamar lain terbuka. Akhirnya,petugas meminta pengelola wismauntuk membuka kamar tersebut.

Tidak disangka, ada empat pe-rempuan muda berada di dalam

ke hal 7 kol 1

FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

DISELAMATKAN - Sejumlah wanita yang disekap selama 4 hariberhasil diselamatkan oleh Kepolisian dan Satpol PP dari WismaPermata Biru, Dolly, Surabaya, Selasa (22/10) dinihari.

Berhasil Turunkan TingkatKematian Jamaah Haji

JAKARTA - Tim pengawasan pengendalian(wasdal) kesehatan haji 2013 terus memantaukondisi kesehatan jamaah. Ketua Tim WasdalKesehatan Haji 2013 Tjandra Yoga Aditama me-ngatakan, tingkat atau perbandingan jumlahjamaah haji yang meninggal mengalami penuru-nan dibandingkan tahun lalu.

“Saya meninjau langsung sampai di kota Ma-dinah. Tepatnya di Balai Pengobatan Haji Indo-nesia (BPIH) Madinah,” katanya dalam keterangantertulis kemarin.

Pejabat yang juga menjadi Dirjen PengendalianPenyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2-PL)Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu me-ngatakan, dalam kunjungannya ini ada dua tin-jauan penting.

APA MANING...

ke hal 7 kol 1

Lima Kasus Pilwalkot DihentikanHAL. METROPOLIS

Geger, Seleksi CPNS DiperjualbelikanHAL. RADAR BREBES

Ubah WDP Jadi WTPHAL. RADAR PEMALANG

Gudang Obat Nyamuk TerbakarHAL. INSIDEN

INDEKS

ADI MULYADI/RATEG

BERPELUKAN DAN MENANGIS - Jamaah haji KotaTegal, berpelukan dengan sanak familinyasambil berurai air mata. Disahkan DPR

dengan BanyakCatatanUntuk Enam Bulan, RemunerasiKemendikbud Sedot Rp 989,8 M

JAKARTA - Pengesahan anggaran remunerasi KementerianPendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Komisi X DPRkemarin tidak berjalan mulus. Pengesahan itu diwarnai banyakcatatan. Kemendikbud diputuskan menerima tunjanganremunerasi, dengan sorotan negatif terkait kinerja aparaturnya.

Pemberian alokasi remunerasi di Kemendikbud ber-dasarkan surat Menteri Keuangan tertanggal 30 Juli 2013.Alokasi itu merupakan tunjangan kinerja karena Kemen-dikbud dinyatakan siap menjalankan reformasi birokrasi.Anggaran remunerasi yang diusulkan adalah Rp 989,8 M.Uang itu akan dibayarkan kepada 58.584 pegawai untuk masapembayaran Juli-Desember 2013.

JOGJA - Ribuan warga Jogja sejakpagi telah memadati Jalan Malio-boro, mulai dari Kepatihan hinggaKeraton Jogjakarta. Meski harusberdesak-desakan, mereka rela me-nunggu untuk menyaksikan iring-iringan Kereta Kirab pengantin GKRHayu dan KPH Notonegoro, kema-rin (23/10). Mereka juga ingin turut

serta mendoakan dan merestui ke-dua mempelai.

Pantauan Radar Jogja, sejak pukul07.30 warga telah berjejer sepanjangjalan Malioboro. Meski dihalangipagar aparat kemanan dari TNI/Polri,namun tak menyurutkan keinginanwarga untuk melihat Kirab tersebut.Pukul 09.15, iring-iringan Kereta

berjumlah 12 dan 360 an prajurit inidimulai.

Mereka mengawal Kirab GKR Ha-yu dan KPH Notonegoro menujuBangsal Kepatihan. Ribuan wargasaling berdesakan ingin mengaba-dikan momen itu menggunakanberbagai gedget yang mereka siap-kan.

Ribuan Warga Padati Acara KirabGKR Hayu dan KPH Notonegoro

17 PengacaraAjukan JudicalReview PerppuMK

JAKARTA - 17 pengacara yang tergabung dalam ForumPengacara Konstitusi mengajukan uji materi (judicial reviewterhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang(Perppu) Nomor 1 Tahun 2013 tentang Mahkamah Konsti-tiusi (MK) di Gedung MK kemarin (23/10).

Mereka menilai bahwa Perppu tersebut tidak memenuhisyarat formil dan meteriil. Perwakilan Forum PengacaraKonstitusi Robikin Emhas mengatakan bahwa presidenmemang berhak menerbitkan Perppu berdasarkan Pasal 22ayat (1) UUD 1945. ke hal 7 kol 1

ke hal 7 kol 1ke hal 7 kol 1

Kerugian Negara CapaiRp 59 Miliar

JAKARTA - Halaman Bareskrim Mabes Polri kemarinkedatangan 11 kendaraan golongan menengah hinggamewah. Kesebelas kendaraan itu merupakan barang buktikasus pembobolan Bank Syariah Mandiri di Bogor denganmodus Kredit fiktif. Tersangkanya pun tidak tanggung-tanggung, Kepala Cabang Utama dan Pembantu BSM Bogor.

Kasus tersebut terungkap dari laporan BSM Pusat yangmendapati kredit macet bernilai miliaran rupiah dari BSMCabang Pembantu Jalan Baru Bogor. Setelah diusut, munculdugaan adanya kredit fiktif dari bank tersebut. BSM pusat punmelapor ke Mabes Polri, dan kemarin Bareskrim Polrimenangkap para tersangka.

BankSyariahMandiriDibobol

ke hal 7 kol 5

Rano dan PDIP DimintaJaga Nafsu

JAKARTA - Wakil Gubernur Baten Rano berpe-luang naik jabatan menjadi gubernur jika Ratu AtutChosyiah tersandung kasus hukum yang di-hadapinya saat ini. Namun, politikus Partai Gol-kar Bambang Soesatyo meminta Rano dan PDIP,parpol yang mengusungnya, melihat kasus yangsedang dihadapi gubernur Banten itu secarajernih.

“Atut masih saksi. Kalau tersangka harus dipu-tus dan mempunyai kekuatan hukum tetap, baruboleh bicara,” kata Bambang Soesatyo di gedungDPR kemarin (23/10).

Wakil Bendahara Umum DPP Golkar itu jugameminta para elite PDIP menahan diri agar koalisiyang sudah terjalin dalam memenangi pilkadaBanten tetap berjalan dengan baik. “Bagaimana-pun, kita ingin meningkatkan hubungan ini untuk2014. Jangan sampai nafsu kekuasaan ini masukketika Atut belum menjadi tersangka,” pintaBambang.

POLITIK

ke hal 7 kol 6

MOCH ASIM/RADAR JOGJA

LAMBAIKAN TANGAN - GKR Hayu mendampingi suaminya, KPH Notonegoro, melambaikan tangan kepadamasyarakat yang memadati sepanjang jalan Malioboro, Jogjakarta, saat prosesi kirab pengantin, Rabu (23/10).

MUSTAFA RAMLI/JAWA POS

TOLAK PERPPU - Aliansi Masyarakat Sipil Tolak Perppu MK atau AMST-Perppu (dari kiri) Neta S Pane, Jerry Sumampouw,Ray Rangkuti bersama Anggota Komisi III Fraksi Golkar Bambang Soesatyo, Fraksi PDIP Ahmad Basarah, Fraksi PKSAboe Bakar Al Habsyi dan Fraksi PPP Ahmad Yani memberikan pernyataan, Rabu (23/10) di Gedung Parlemen,Jakarta.

DOK.RATEG

Rano Karno

Page 2: RADAR TEGAL 24 okt 2013

2 OPINIRADAR TEGAL

KAMIS24 OKTOBER 2013

BlackCampaignOleh: Iman Teguh S.

KATA-KATA mampu menembus bentengatau geladak kapal yang paling tahanmeriam sekalipun. Napoleon lebih takutkata-kata daripada moncong meriam. Dia

bisa lebih lembut dari sutera tetapi bisalebih tajam dari samurai ToyotomiHideyosi, pendekar Jepang jaman

Azuchi Momoyama.Black campaign itu ada. Apalagi disaat-saat calon kepala

daerah mengkampanyekan diri kepada publik. Black campaignmerupakan sisi lain keping uang. Disatu sisi model kampanyebersih terbuka dan disisi lain kampanye terselubung denganmaksud menjatuhkan lawan.

Kampanye offensive yang mencoreng muka lawan untukdijauhi pemilih. Seturut dengan UU No. 32/2004 “kampanyepemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yangselanjutnya disebut kampanye adalah kegiatan dalam rangkameyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi, danprogram pasangan calon” (pasal 1 ayat 23). Berbeda dengankampanye hitam yang selalu bermuatan menjatuhkan lawan.

Kenali black campaign.Secara hara’ah black campaign bisa diartikan sebagai

kampanye kotor menjatuhkan lawan dengan menggunakan isunegatif tidak berdasar. Dahulu “kampanye hitam ini” juga dikenalsebagai whispering campaign melalui mulut ke mulut, bisa bisalebih canggih dengan menggunakan media elektronik.

Secara umum black campaign memiliki ciri yang sangat pokokyaitu lebih banyak bual daripada fakta. Memang mungkin sajaterdapat satu atau dua fakta tetapi dia akan diolah sedemikianrupa untuk dilontarkan untuk mempengaruhi opini publik kearahyang negatif. Black campaign bisa merupakan seranganterbuka. Metode ini sangat mudah dikenali berniat menjatuhkanlawan. Berisi sisi negatif lawan dan selalu dilebih-lebihkandengan fakta yang tidak jelas kebenarannya. (*)

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrik Ngresula ini via SMSke 085225272499, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal . Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa juga menggunakan Bahasa Tegal.Dapatkan Kaos Ngresula, yang berisi SMS Ngresula pilihan (hanya Rp 60.000/pcs).

Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surat tugas dan tidak dibenarkan meminta/menerimaimbalan dalam bentuk apapun dari narasumber.

Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo, Direktur: Moh. Sukron

Pemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: M. Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Iman Teguh Supriyono. Redaktur: ZuhlifarArrisandy, Moch. Arifin, M. Riza Pahlevi, Khikmah Wati, Arief Nur Rahardian Sidiq. Sekretaris Redaksi/Persh: Yully Trieyani. Kota Tegal: M Saekhun, Laela Nurchayati, Rohman Gunawan,Abidin Abror, Agus Wibowo, Adi Mulyadi. Brebes: Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: Teguh Supriyanto. Slawi: Iman Teguh Supriyono (Kepala Perwakilan), Hermas Purwadi, Yeri Novelli, M.Ghoni, M. Fatkhurrohman. Pemalang: Embong Sriyadi (Kepala Perwakilan), Agus Pratikno, Moh. Khasanudin. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan, M Yahya, DedyIrawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Novian Setyo W. Desain Iklan: A.Sekhudin. Iklan: Hesti Prastyani, Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus

Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi. Pemasaran: Sunarjo (Manager), Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Wahyu, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari, Lita Rahmiati, Astri Prayudita, Syafriani Maulidah, Mubin,Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. Promosi (Off Print): Taufiq Ismail. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004. Semarang: M. Yusuf Abadi. Jakarta :Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks. Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIKDampyak -Tegal.

Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 25.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 17.000/baris, Iklan Colour: Rp 37.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 75.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000.Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT Wahana Semesta Tegal

Jangan Ngomong yang ManisAKU mewakili masyarakat kota tegal..nich kusus’nya

bwat para calon wali kota lan wakil’e..jangan ngmng ygmanis2 dulu...mndingan ngmng seadanya...dri padanantinya gak kbkti apa gak malu sama msyarakat kota tegal.

087730356404

Gudang Sampah Ning KaliBADE melu ngresula, ironis nemn sung,lurah da-

nawarih,kec.balapulang priben donge..degen lurah tpiana wargane sing gudang sampah ning kali dideleng-na...apamatane rabun?gawe penampungn sampahumum y kena oh..trims om rateg.tolong di muat ya om..

085742082835

Mbeneri Dalan Kaya KreditASSALAMUALAIKUM. um aku wong brebes pn melu

ngresula bkan olh.kye ning desa-desa khususe ningkec.ktanggungan tlong lah sing dwe pngkat scepete dbneri kabeh melas sing lwat bkan pada tiba.mksh

087830230793

Halaman SenimanASSALAMUALAMIQM..um radar,ng koran dimein

puisi,cerpen apa liane..ngk gampang ana sg ngrim puisiapa liane secara rutin sampe seminggu olh door prize..trm

085813540631

Menghalalkan Segala CaraPENDIDIKAN arep maju kepriben...pendidike bae meng-

halalkan segala cara ben lolos sertifikasi...wis dipecat ora ngajarbisa lolos melu PLPG...... Sapa kuwi sing ngelolosaken....

087848500445

Karanganyar Banyak SampahKARANGANYAR PENUH SAMPAH BERCECERAN. Aku

pan ngresula maring masyarakat desa karanganyar,knpbudaya bersih belum tercipta. buktine ng kali2 esh akehsampah,ng dalan2 esh ana plastik lan kertas2.wajahkaranganyar tercoreng karna ulah para brayahe dhewek.

085813540631

KPU Dodol PINKPU kab tegal jgn bermain api dg pilbup bsk rakyat

menghendaki sukses tp kpu justru bermain main dganggaran. ketua omongane gak konsisten ktnya danapilbup lbh bsr dr pilgub ternyata BOHONG BSR. HR KPPSDi potong jualan emblem pin lg.kpps pilih Mundur dr pdkerja tdk sesuai kr tanggung jwbe. KPU NE BAE KON DADIKPPS BEN Ngrasakna duite.

085870362228

Masih Ada PungutanASSALAMUALAIKUM WRWB..bidan desa di tengki

kebanyakan masih memungut biaya kelahiran,bahkan ibu2yg dirujuk ke rumah sakitpun bidan masih memungutbiaya.pdhal sudah mendapat dr pemerintah,tolong di tindaklanjuti,trus untk mslh posyandu di desa tengki lor dipungutbiaya 4ribu,,n kegiatan posyandu dri awal bulan puasasampe sekarang belum diaktfkan kembali,tolong ada tindaklanjut masalah ini,,dan tolong minta pengawasannya untukbidan2 di tengki utara.trimakasih atas perhatiannya.

085713436334

PengumumanKEPADA para pengirim SMS Ngresula, kami

mohon maaf, karena kendala teknis, nomor Ngre-sula yang lama mengalami kerusakan. Sebagaigantinya, nomor Ngresula yang baru sebagai beri-kut: 085225272499. Harap maklum dan mohonmaaf. Silahkan sampaikan kritik, unek-unek dan sa-ran melalui SMS Ngresula Radar Tegal.

Pemilih Cerdas, Bupati Berkualitasbahkan terbaik.

Pemilih cerdas mampu meli-hat nurani manakah calon pe-mimpin yang benar-benar cer-das, memiliki kemampuanmembawa Kabupaten Tegal se-lama 5 tahun ke depan. Jika ma-sih belum ada gambaran juga,maka istikharah bisa menjadipilihan. Memang dalam duniapolitik semuanya serba me-mungkinkan. Tapi yang jelas, kitatetap berkewajiban mengantar-kan masa depan Tegal ini maudiamanahkan pada sosok pe-mimpin yang bagaimana. “Sede-kah politik” atau dalam bahasayang lain adalah political buying,tentu ada menyimpan harapanbisa kembali secepatnya bagipara ‘investor’nya. Inilah imbasatas ongkos demokrasi yang su-dah terlampau mahal.

Mengingat biaya pilkada yangtidaklah murah, maka tak layak-lah jika kita abstain dalam pil-kada Tegal pada 27 Oktober 2013mendatang. Percayalah, andatidak akan pernah dirugikan ha-nya untuk berada dalam bilikyang bisa dilakukan hanya duamenit. Pastikan anda menjadisalah satu yang menjadi pemilihcerdas, sehingga kemenanganyang akan muncul dalam pilka-da Tegal kualitasnya sebandingdengan kemenangan dalam pe-rang paling heroik seperti dalamperang mu’tah.

Dalam perang ini dikisahkan

atau cara berkomunikasi lang-sung akan memperlihatkan kual-itas seorang pemimpin. Orangyang memiliki kualitas me-mimpin yang baik akan terpancaraura seorang pemimpin. Namunjika soft skill tak dimiliki, mau dimake –up setebal apapun, akantetap luntur juga. Orang yangmemiliki jiwa kepemimpinanyang baik berani tampil menjadiyang terdepan tanpa harus selalumengandalkan yang kedua.

Kita sangat berharap besar,pilkada Tegal baik di Kota mau-pun Kabupaten Tegal yang ber-langsung beberapa hari lagi akanmelibatkan sebagian besar pemi-lih cerdas yang mampu memilihpemimpin atas dasar pertimba-ngan akal pikiran, nurani, dankedewasaan dalam memilih. Pe-milih yang benar-benar dapatmempertanggungjawabkan ke-putusan pilihannya. Bukan pe-milih yang terdorong karena atasdasar janji calon kepala daerah.

Memang mustahil bagi seba-nyak 1.183.537 pemilih di Kabu-paten Tegal mampu mengenalsecara lebih mendalam pasangancabup dan cawabup yang akanbertarung memperebutkan suarasecara demokratis pada Minggumendatang. Tapi dengan melihattrack record, bertanya pada orangyang tepat, latar belakang ke-luarga, maka tidak menutup ke-mungkinan mereka punya ke-cenderungan pilihan yang baik,

HASIL survey parameter yangbekerjasama dengan Radar Tegalbukan satu temuan yang me-ngejutkan. Lewat obrolan diwarteg sambil makan siang punmampu membuktikan sebuahfakta yang kualitas kebenaran-nya sekelas hasil survey. Sebuahfakta yang menunjukkan bahwasebagian besar pemilih Tegalcenderung mengharapkan uanguntuk menentukan pilihan, tan-pa harus melihat latar belakang,track record, maupun partaipolitik. Tak peduli belum atausudah kenal dengan pasangancalon, asal ada uang, maka pili-han akan jatuh kepada pemberiuang. Ini biasanya terjadi di kala-ngan menengah bawah yangsecara pendapatan ekonomimasih lemah. Ditambah lagi be-lum sadar benar arti demokrasisemacam pilkada. Sehingga me-reka cenderung pragmatis da-lam menentukan pilihan.

Meski politik uang masuk ka-tegori pelanggaran kampanye,namun banyak di lapangan be-ragam temuan mengindikasikanadanya politik uang yang dila-kukan secara diam-diam, bah-kan terang-terangan.

Panwaslu pun seakan tidakberdaya karena banyaknya la-poran money politic ternyatatidak dibarengi dengan kesiapanpelapor sebagai saksi. Sehinggatak ada follow up atas laporankarena kekurangan berkas pe-

lapor dan saksi.Dengan modal uang, maka ca-

lon yang kurang layak bisa dila-yakkan dengan berbagai macampolesan propaganda melaluiiklan di media massa. Sementaracalon pemimpin yang tidak men-dapat memiliki dana besar men-jadi tersingkirkan, karena seba-gian besar pemilih sudah di-bungkam dengan harga yangmurah, bahkan sangat murah.

Pemilih perlu memahami bah-wa bahasa media lebih tepatnyaadvertorial adalah bagian trikdari permainan politik yang pe-nuh berbagai intrik kebohonganuntuk mencapai satu tujuan ke-kuasaan. Lewat media, opinipublik sengaja dibentuk untukmemberikan kesan tak laik men-jadi baik, yang baik menjadi keli-hatan sangat baik.

Namun sejatinya pesona‘make up’ media massa lewatiklan-iklan dan advertorial bisaluntur ketika mereka dihadap-kan pada satu pengalaman yangreal. Katakanlah pada kesempa-tan debat publik yang terjadibeberapa waktu lalu. Kualitasleadership pasangan cabup dancawabup akan terlihat jelas. Ma-na calon pemimpin yang benar-benar layak, atau yang memak-sakan diri untuk dinilai layakmeski secara kapabilitas belum-lah layak.

Bagaimana cara dia bicara didepan publik, melakukan agitasi,

Oleh: Ali Irfanpasukan kaum Muslimin danPasukan Romawi sejatinya me-rasa gentar satu sama lain me-lihat kekuatan lawan. Di satu sisi,pihak kaum Muslimin melihatbetapa tidak imbangnya kekua-tan militer musuh dengan per-lengkapan senjata modern dankendaraan perang yang lengkap.Sementara di pihak Romawi,meski memiliki 200.000 pasukanjuga tidak kalah gentar melihatpasukan lawan meski jumlahnyahanya 3000 pasukan, tapi trackrecord kemenangan pasukanpihak pertama jauh lebih banyakdibandingkan kekalahannya.Padahal secara jumlah lawanpasukan kaum muslimin hampirtidak pernah imbang, baik darisegi jumlah pasukan maupunpersenjataan. Jika bukan karenakepemimpinan yang luar biasa,maka kemenangan mustahil bi-sa didapatkan.

Tahukah anda apa rahasia ke-menangan pasukan Muslimindalam perang ini? Panglima pe-rang Abu Ruwaihah dengan pe-nuh semangat mengatakan, “De-mi Allah…kita tidak memerangimanusia karena banyaknya bila-ngan dan kekuatan persenjataan(pendanaan), tetapi karenamembela agama Islam yang Allahmuliakan kita dengannya…” (*)

Ali Irfan, Guru Sekolah IslamTerpadu MI Luqman Al Hakim

Suka Maen LupaASSLMKM Rateg..aku sangat sependapat dg pe milik

nmr 081548035391 bawasanya aku muak dg para calonbupati,calon DPR baik pusat maupun daerah yg cumabisa berslogan dan pamer wajah pd baliho yg terlihattanpa dosa. kenyataannya setelh dpt jbatn mereka maenlupa dg janji2nya.. Kota BUMIAYU semakin hari semakinsemrawut, jalan2 utama kaya kubangan kerbo ,Para LSMpintere mung ngomonge tok. Aku jadi heran apa merekangga punya malu melihat situasi yg semacam itu..?

081903206928

Page 3: RADAR TEGAL 24 okt 2013

GemblengMasyarakatCirebon

Jln. Semeru No.3 Tegal Jawa Tengah, 52125, http://www.poltran.infoKAMIS, 24 OKTOBER 2013 3

Beri PemahamantentangKeselamatan Jalan

PENGABDIAN Politeknik Ke-selamatan Transportasi Jalan(Poltran) kepada masyarakatuntuk sadar akan keselematantransportasi jalan terus dilaku-kan. Dalam waktu empat hari ini,Poltran mengembleng sejumlahelemen masyarakat Cirebonyang diharapkan bisa menjadicontoh.

Penggemblengan bertajukDiklat Masyarakat Angkatan X,ini dilangsungkan di Balai Kotadan Dinas Perhubungan Cire-bon. Kegiatan dibuka langsungoleh Asisten Perekonomian danPembangunan Setda Kota Ci-rebon Drs Moh Korneli MSi,Rabu (23/10).

Jumlah peserta yang mengi-kuti sebanyak 25 orang. Merekaperwakilan dari juru parkir, Or-ganda, club sepeda motor, DinasPendidikan, serta mahasiswa.Diklat dilangsungkan mulai Ra-bu kemarin hingga Sabtu lusa.

Usai membuka kegiatan, DrsMoh Korneli MSi mengatakan,program yang dilakukan PoltranTegal sangat-sangat bagus. “Ka-mi memberikan apresiasi atasdiselenggarakannya program inidi Kota Cirebon,” katanya.

Dia berharap, setelah mengi-kuti diklat, peserta dapat menu-larkan pengetahuan ke masyara-kat lainnya.

Dengan begitu maka masya-

rakat Kota Cirebon lambat lautsadar akan keselamatan trans-portasi jalan.

Sementara Bagian AkdemikPoltran, Satrio Laksonoyudomengungkapkan, program pe-ngabdian masyarakat berupadiklat keselamatan ini dilaksa-nakan hampir menyeluruh kesejumlah daerah di Indonesia.Seperti di Jawa, Kalimantan, Ma-kasr hingga beberapa daerahlainnya.

“Untuk angkatan X, diklat di-laksanakan di Kota Cirebon, de-ngan peserta juru parkir, clubmotor, anggota organda sertamahasiswa,” katanya.

Materi yang diberikan dalamdiklat di antaranya tentang pera-turan lalu lintas, serta rambu,marka dan perlengkapan jalan

lainnya. Kemudian keselamatanlalu lintas, pertolongan pertamapada kecelakaan, disiplin berlalulintas, pencegahan kecelakaanlalu lintas, dan asuransi kecela-kaan lalu lintas.

Penyampaian materi didesainsebanyak 40 jam pelajaran. Ma-teri diberikan tidak hanya teoritetapi juga prakteknya. Pemateriyang dihadirkan tidak hanya dariPoltran, namun menggandengpula dari instansi terkait lain didaerah tersebut. Di antaranyaJasaraharja, Polres, Dinas Kes-ehatan dan Dinas PerhubunganKota Cirebon.

“Tujuan dari kegiatan ini untukmemberikan bekal pengetahuandan meningkatkan kesadaran ma-syarakat akan keselamatan trans-portasi jalan,” pungkasnya. (adi)

CAPTION FOTO

Gambar-gambar berikut merupakan cuplikan pembukaan danpelaksanaan Diklat Masyarakat Angkatan X, yang digelar Poltrandi Kota Cirebon. Foto-foto terdokumentasi dari bidikan kamerapunggawa Poltran.

Waspadai Serangan Hepatitis BJuara III Lomba Pidato Tingkat Kota

ADI MULYADI/RATEG

FOTO BERSAMA - Punggawa Poltran berfoto bersama dengan Ketua KPA Kota TegalHabib Ali Zaenal Abidin usai menerima piala lomba pidato kampanye penggunaankondom.

TARUNA Politeknik Keselamatan Trans-portasi Jalan (Poltran) Tegal mulai me-nunjukkan taringnya di bidang non kese-lamatan transportasi jalan. Itu dibuktikandengan digondolnya tropi juara III lombapidato tingkat kota, dalam rangka Kampa-nye Penggunaan Kondom sebagai UpayaPencegahan Penularan HIV/AIDS yang digelar Komisi Penaggulangan AIDS (KPA)Kota Tegal.

Pada ajang lomba yang dilangsungkan 16Oktober di Pendopo Balai Kota Tegal itu, Pol-tran mengirimkan 4 orang perwakilannya.Dari total perwakilan yang dikirim, satu or-ang di antaranya berhasil meraih juara III.

Kepala Unit Kesehatan Poltran dr IksirohEl Husna MKes mengatakan, empat personelyang dikirim merupakan perwakilan tarunadan pegawai. Mereka adalah Taruna MadyaA jurusan PKB, Arif Sidik dan Taruna MadyaA jurusan TKO, Bagas Yahmianto. KemudianTaruna Madya B jurusan MKTJ, Hanung Kur-niawan dan pegawai Unit Kesehatan, EsaRara Regina.

“Dari keempat perwakilan tersebut, se-muanya berhasil masuk final. Tapi yangberhasil membawa pulang piala adalah Ta-runa Madya A jurusan TKO, Bagas Yah-mianto. Pidato yang disampaikan bertajukKondom Sikontrasepsi Efektif PencegahHIV/AIDS,” katanya, Rabu (23/10).

Menurut Husna, untuk menghadapi lom-ba dimaksud, perwakilan Poltran hanyabersiap-siap selama sepekan. Seleksi awaladalah penilaian sinopsis yang dikirim se-belumnya. Peserta yang lolos atau masuk fi-nal kemudian mempresentasikannya dihadapan dewan juri di Pendopo Balai Kota

Tegal.“Ini kali pertama Poltran mengikuti ke-

giatan lomba tingkat kota. Hasilnya cukupbagus dengan membawa satu piala,” ung-kapnya.

Sementara itu, sebelumnya Ketua KPAKota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin me-ngatakan, dalam 3 bulan terakhir, jumlahpenderita HIV/AIDS di Kota Tegal menga-lami peningkatan hingga 10 orang.

Kondisi tersebut merupakan hal yangcukup memprihatinkan dan dibutuhkanperhatian serius dari berbagai kalangan ma-syarakat dan pemerintah. Karenanya perludilakukan upaya untuk menekan persebaranvirus dimaksud. Salah satunya melaluikampanye penggunaan kondom.

Disebutkan angka estimasi penderita HIV/AIDS di Kota Tegal mencapai 177 orang.Namun demikian baru terdeteksi 72 orangpada bulan Mei 2013 ini. Angka tersebutbertambah pada bulan Agustus menjadi 82orang.

“Untuk jumlah korban meninggal akibatpenyakit ini, tercatat sudah mencapai 21 or-ang,” katanya.

Dengan kondisi semacam ini, Habib Alimenegaskan perlu adanya tindakan pre-ventif untuk menanggulanginya. Salah satuupaya yang dilakukan oleh pemerintah kotadan KPA adalah kampanye penggunaankondom.

Kampanye ini, sambung Habib Ali, selaindengan praktek kampanye langsung di lapa-ngan, KPA juga berkampanye melalui lombapidato yang isinya berkaitan dengan peng-gunaan kondom sebagai upaya preventifpenanggulangan HIV/AIDS. (adi)

PenularannyaLebih Cepat dariHIV/AIDS

SEMENTARA ini masyarakatmasih beranggapan kalau penya-kit paling menakutkan adalahHIV/AIDS. Padahal ada penyakityang lebih ganas dan perlu di-waspadai, yakni Hepatitis B.

Karenanya untuk memberikanpemahaman, Unit KesehatanPoliteknik Keselamatan Trans-portasi Jalan (Poltran) Tegalmenggelar seminar kesehatanyang membahas tentang Hepati-tis B, belum lama ini. Seminardilaksanakan hanya sehari ber-tempat di Aula Puspita Poltran.

Menurut Kepala Unit Kese-hatan Poltran, dr Iksiroh El Hus-na MKes, pelaksanaan seminarkesehatan dikerjasamakan de-ngan sebuah perusahaan far-masi dari Prancis, Sanofi Pasteur.Narasumber yang menyampai-kan materinya pun dari perusa-haan tersebut, yakni dr Ahmad

Faizin Mahfudz. “Sementara sayasendiri bertindak sebagai mode-ratornya,” kata dia.

Lebih jauh disampaikan, padaMei lalu, Unit Kesehatan Poltran

juga menggelar kegiatan samadengan sasaran taruna dan taruni.Kali ini sasaran atau pesertanyaadalah para pegawai Poltran.

Materi yang dibahas dalamseminar ini antara lain tentangpengenalan penyakit Hepatitis Bdan cara pencegahannya. Dije-laskan Husna, penyakit HepatitisB itu tidak seperti virus lain. Ini bisaberjalan kronis. Dapat menjadikanker hati serta bisa pula Cirrho-sis Hepatitis, yang tidak bisa di-sembuhkan, kecuali dengancangkok hati. Penyakit tersebutjuga merupakan penyakit pem-bunuh setelah penyakit jantung.

Kenapa Hepatitis B lebih ganasdari HIV/AIDS? Husna mene-

rangkan, dari cara penularannyahampir sama persis dengan virusHIV/AIDS. Hanya saja HepatitisB lebih cepat penularannya.

“Penularan HIV/AIDS jumlahdarah minimum untuk bisa me-nular 0,1 cc. Sedangkan Hepati-tis B penularannya hanya butuh0,0004 atau 4 per 10.000. Jaditetesan darah sedikit saja sudahbisa menularkan Hepatitis B.Karenanya ini lebih berbahayadari HIV/AIDS.”

Ditambahkan, seminar kese-hatan tentang Hepatitis B iniakan ditindaklanjuti denganpemberian vaksin kepada pega-wai. Rencananya vaksin akandiberikan pada pekan ini. (adi)

ADI MULYADI/RATEG

SAMPAIKAN MATERI – dr Ahmad Faizin Mahfudz sedangmanyampaikan materi tentang penyakit Hepatitis B.

ADI MULYADI/RATEG

PANDU ACARA – dr Iksiroh El Husna MKes sedang memandu jalannya seminar kesehatan.

ADI MULYADI/RATEG

TAYANGAN SLIDE – Peserta seminar serius melihat tayangan-tayangan slide tentang Hepatitis B.

Page 4: RADAR TEGAL 24 okt 2013

INTERMEZO KAMIS24 OKTOBER 2013

RADAR TEGAL

4

Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399Hotel Karlita (0283) 358050Orange Karaoke (0283) 322022Riez Palace Hotel (0283) 353773, hunting (0283) 358978Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284

Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo

- Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon (0283) 342330 (0283) 342331

- d’POSO resto (0283) 6144277

- Anggraeni Hotel (0283) 881011

Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes

-Anggraeni Hotel (0283) 6184090 JL.Raya Timur No.9 Jatibarang-Brebes

TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran (0283) 325429

2. Pelayanan Gangguan PLN (0283) 342245

3. Polresta Tegal (0283) 356115

4. Rumah Sakit Umum Kardinah (0283) 356067 / 341938

5. Pelayanan Gangguan PDAM (0283) 356175 / 358316

6. Stasiun Besar Tegal (0283) 353018

7. Terminal Bis Tegal (0283) 354696 / 354695

8. Rumah Sakit Amanah Mahmudah (0283) 6183504

AGENDA HOTELHOTEL KARLITARabu dan Sabtu , Show DJ and Dancer Performance pukul 23.00-03.00 WIB di Zodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

HOTEL BAHARI INN Tegal- Setiap HariLive Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam 19.00 WIB

- SabtuHappy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00 - 03.00 WIB

RIEZ PALACE HOTEL

- Senin sampai SabtuPick up service Gratis. Layanan antar jemput gratis setiaphari kerja. Dari atau ke Stasiun KA & Terminal Bus TegalSpesial menu “Afternoon Tea” tiap pukul 17.00-19.00 WIB diAbunawas Resto lt.4

- Sabtu malam Minggu, jam: 20.00 - 23.00 WIBLive Music

Susah Tahan Logat BetawiBANYAK cerita menarik di balik peng-

garapan film 99 Cahaya Langit di Eropa.Mulai dinginnya cuaca Austria yangmenghambat syuting, hingga Dewi San-dra yang harus menahan logat Betawi-nya.

Film 99 Cahaya Langit di Eropa me-masuki proses editing. Dibintangi AchaSeptriasa, Abimana Aryasatya, RalineShah, Dewi Sandra, Marissa Nasution,dan Fatin Shidqia Lubis, film itu ren-cananya dirilis awal Desember. ProduserMaxima Picture Ody Mulya mengung-kapkan tentang perkembangan film ter-barunya itu saat ditemui di Balairung Uni-versitas Indonesia, Depok, Jawa Barat,kemarin.

”Syuting sudah selesai semua, tinggalediting. Mungkin saat ini sudah jalan 60persen lebih,” ujarnya.

Seperti kebanyakan film yang me-ngambil lokasi syuting di luar negeri,pengurusan izin dan cuaca menjadikendala utama pengambilan gambar.Syuting film yang menceritakan pengala-man spiritual Hanum Rais dan RanggaAlmahendra di beberapa kota Eropaseperti Wina (Austria), Cordoba (Spa-nyol), Paris (Prancis), dan Istanbul (Turki)itu pun sempat terhambat beberapahari.

”Memang kendala dari awal itusoal perizinan. Ternyata izinitu tidak mudah, kononada beberapa syu-ting di sana yangtidak sukses.

Sebenarnya kedutaan disana bisa membantu,tetapi tetap susah,”katanya.

Biaya produk-sinya pun em-pat kali lebihbesar darisyuting di In-donesia. Mi-salnya, pihak-nya harusmerogoh ko-cek Rp 180 ju-ta untuk syu-ting tiga haridi sebuah uni-versitas di Eropa.Untuk mensiasatisusahnya perizi-nan, Ody meng-gunakan konsepdirect on the spotdalam pengam-bilan gambarnya.

” A k -hir-

nya kita menggunakan guide, danternyata lebih nyaman dengan di-

rect on the spot daripada peri-zinan biasa. Paris itu paling

repot, kalau yang lain se-perti Turki nggak sesulititu,” terangnya.

Museum Louvre di Pa-ris menjadi salah satulokasi yang nyaris ‘dilu-pakan’ karena sulitnyamendapat izin syuting didalamnya. ”Kita jelaskan,ini bukan film Hollywood,ini lokal di Indonesia saja,akhirnya bisa juga,” ucap-nya.

Untuk cuaca, Austriadiakuinya paling tidakbersahabat. Sebab, saatdia bersama timnya da-tang, negara di Eropa

Ten-

gah itu tengah memasuki musim dingin.”Di Austria lagi musim dingin, pagi masihgelap, ada matahari tetapi dingin. Parisjuga sama,” tuturnya.

Untungnya, cuaca tidak mempenga-ruhi para pemain, semisal Dewi Sandra.”Aku berperan sebagai Marion, orangPrancis. Aku ilmuwan yang mengajak,merangkul sosok Hanum yang dipe-rankan Acha. Membuka pelan-pelandengan cara yang unik,” kata perempuanketurunan Inggris itu.

Logat berbicara menjadi kesulitannyadalam melakoni peran Marion. Memilikidarah Betawi dari sang ibu, Sandra be-rusaha gaya bicaranya yang terkadang‘nyablak’ tidak keluar.

”Aku berusaha bagaimana biar aksenPrancisnya dapat. Berusaha banget su-paya logat Betawinya nggak keluar. Jadiharus tahan. Reading saja keringatan amacoach-nya, nahan supaya nggak kecep-losan,” ungkapnya.

Kesulitan lain dialaminya saat syutingdi Museum Louvre. ”Kesulitannya ada-lah bagian syuting di Museum Louvre.

Kita mau ambil sesuai cerita dalam bu-kunya, tetapi bagaimana caranya

supaya kita dapat senatural mung-kin. Kita nggak bisa tutup Mu-

seum Louvre yang segitu bes-ar. Setiap hari banyak turis

yan datang untuk lihat luki-san Monalisa,” pung-

kasnya. (dny/jpnn)

SHIREEN SUNGKAR

Foto Pre-wedding di Dalam AirMENDEKATI hari H pernikahan yang akan

digelar November 2013, pasangan Shireen Sung-kar dan Teuku Wisnu mulai sibuk melakukanberbagai macam persiapan. Mereka pun mela-kukan fitting baju pengantin di sebuah butik.Kemudian dilanjutkan dengan pemotretan pra-nikah (pre-wedding).

Uniknya, pasangan yang dipertemukan dalamsinetron Cinta Fitri ini melakukan foto prewed-dingnya di dalam air. Untuk sesi foto, merekamengambil lokasi di sebuah hotel di Jakarta.Semua dilakukan dalam satu hari, apakah inidadakan?

“Mendadak, sebenarnya nggak dadakan jugasih,” ujar Shireen.

Putri pasangan Fanny Bauty dan Mark Sungkarini mengungkapkan, jadwalnya yang terlalu sibukmembuat mereka harus menyempatkan mem-persiapkan pernikahan. “Waktunya terlalu sing-kat, sebisanya dan sesempatnya,” tambah pemainfilm Wanita Tetap Wanita itu

Untuk foto pranikah sendiri mereka menge-nakan tujuh baju, salah satunya dilakukan didalam air. Shireen mengungkapkan, sebenarnyadia ingin melakukan pemotretan di suatu tempatyang indah, karena tidak sempat, akhirnya diamenggunakan fasilitas kolam renang di sebuahhotel di kawasan Jakarta Pusat.

“Sebenarnya pengen ke tempat indah, tapinggak mungkin,” tukas adik dari Zaskia Sungkaritu.

Karena dilakukan secara bersamaan, mantankekasih Adly Fairuz ini mengaku capek. Namun,dia mengaku senang karena bisa mempersiapkanpernikahannya sendiri.

“Semua bagus, cuma capek banget karena didalam air, matanya sakit,” tutur wanita kelahiran

Jakarta, 28 Januari 1992 ini.Mengenakan tujuh pakaian dalam prewed-

ding, Shireen merasa semua pakaian yang dike-nakannya bagus. “Memang semua bajunya bagus,terima kasih untuk desainernya juga,” pung-kasnya. (dew/jpnn)

GISEL

Wajib Bangun Pukul 5 PagiHAMPIR dua bulan ini Gisel men-

jalani kehidupan sebagai nyonya Ga-ding Marten. Menjalani mahligai rumahtangga, Gisel mengaku masih harusberadaptasi dengan kebiasaan sangsuami. Dia pun rupanya belum bisamemasak buat suami.

Jika ketika masih single, jebolan Indo-nesian Idol ini bisa bangun tidur seenak-nya, tidak demikian saat ini. Wanitakelahiran Surabaya, 16 Nopember 1990itu harus bangun pagi setiap hari. Pasal-nya Gading harus sudah berangkatkerja memandu program acara musik dipagi hari.

Karenanya mau tidak mau Gisel harusikut bangun untuk menyiapkan keper-luan suami. “Paling adaptasinya ba-ngunkan dia (Gading) jam 5. Karena diakan isi acara musik pagi-pagi. Maunggak mau jadi ikut bangun. Kalau entartidur lagi ya nggak apa-apa,” jelas wanitayang kini tinggal di Jagakarsa, JakartaSelatan itu.

Tak hanya membangunkan, pemilik

nama lengkap Gisella Anastasya inijuga menyiapkan sarapan untuk Ga-ding. Untungnya, Gading tidak terlalubanyak tuntutan. Biasanya Gisel hanyamenghidangkan secangkir kopi dannugget goreng untuk sang suami.

“Kopi atau palingan nugget. Kalaupagi-pagi dia nggak bisa makan ba-nyak,” tutur sinden dalam Opera VanJava itu.

Dia pun memuji suami yang dini-kahinya 14 September lalu. “Orangnyanggak rempong, bukan tipe laki-lakiyang menuntut wanita banget,” imbuhmantan kekasih Desta itu.

Sebagai istri baru, Gisel mengakumasih belum bisa masak untuk Gading.Tetapi pelantun lagu Pencuri Hati inisesekali tetap menyediakan cemilan

untuk sang suami. “Masak sih belum,harusnya sih pengin. Tapi belum adakesempatan, waktunya masih susah,”tuturnya.

Selain itu, Gisel juga menikmati ko-munikasi dengan Gading yang selalumenjemputnya usai bekerja. “Pulang-nya bareng dia, kalau dulu biasanyadiantar ke rumah mama. Kalau sekarangnggak, pulangnya sama-sama ke ru-mah,” ucapnya.

Sebagai pasangan yang sudah me-nikah, memiliki momongan adalah tu-juan berikutnya. Namun rupanya Ga-ding dan Gisel memutuskan untuk me-nunda momongan. Hal itu diutarakanoleh Gading yang mengatakan inginmenikmati waktu berduaan denganGisel. (dny/jpnn)

SETIBA di tanah air, usai me-nunaikan ibadah haji pasanganselebriti Sultan Djorghi dan An-nisa Trihapsari berharap dapatmembuka lembaran baru dalamhidupnya ke depan. Malah, pa-sangan ini selalu melontarkankata-kata ampun dan maaf kepa-da orang-orang sekelilingnya.

Menurut Annisa, keberang-katan menunaikan haji itu harusdengan niat. Bukan hanya inginmendapatikan gelar haji atau-pun hajjah selesai beribadah ketanah suci. Annisa sangat berke-inginan usai menjalankan rukunislam ke lima itu, bisa menjadimanusia lebih baik daripadasebelumnya.

”Insya allah semua bisa diha-puskan, ini jadi lembaran baru.Dan mudah-mudahan apa yangsudah kemarin kita lakuin tidakterulang lagi jelek-jeleknya,” kata

Annisa di Cordova Lounge Ban-dara Soekarno Hatta, Tangerangkemarin.

Sambil ditemani sang suami,Annisa mengaku, banyak me-miliki pengalaman selama perja-lanan ke tanah suci. Meski meng-gunakan Haji plus, tetapi banyakcerita dan kejadian yang dialamilangsung.

”Selama perjalanan haji kema-rin, Subhanallah banget yah.Bukan karena ibadah haji plus,kita juga ada pengalaman bisadiambil hikmahnya,” ucapnya.

Misalkan, saaat melemparjumrah, Annisa menceritakan,bersama suami berputar-putar,dan jalan sepanjang empat kilo-meter. Padahal, dengan me-ngambil perjalanan paket hajiplus seharusnya bisa lebih dekat.

”Tapi yaitulah, haji harus ber-sabar ,” imbuhnya. (dny/jpnn)

ANNISA TRIHAPSARI

Tak Ingin Sekadar Gelar

LUNA MAYA

Ingin DonorkanOrgan Tubuh

ARTIS Luna Maya memiliki hati yang mulia. Hal ini dikarenakanmantan kekasih Ariel Noah itu berniat mendonorkan organtubuhnya pada orang yang membutuhkan jika dia meninggalnanti.

“Kalau meninggal dan organ tubuhnya berfungsi dengan baik,bisa membantu orang yang butuh, kenapa nggak?” ujar wanitakelahiran Bali, 26 Agustus 1983 itu.

Pemain film Pesan Dari Surga itu memiliki pemikiran lain darikebanyakan orang. Daripada jasadnya hanya terkubur begitusaja, wanita yang sempat tersandung kasus video mesum denganAriel ini ingin jasadnya berguna bagi orang lain.

“Baru sempat mikir saja daripada dikubur gitu saja, mendingdonor,” imbuh mantan host Dahsyat itu.

Agar organnya bisa dimanfaatkan untuk orang lain, dia punrajin memeriksa kesehatan ke rumah sakit. “Kadang saya bolong.Tetapi kalau rajin, seminggu tiga kali,” ucapnya.

Tak hanya itu, dia juga berusaha menjalani gaya hidup sehat.dua tahun terakhir ini, pemain film 30 Hari Mencari Cinta itumenjadi seorang vegetarian seperti ibunya. Menurutnya, ibunyaitu sudah 30 tahun tidak mengonsumsi daging. Hanya sayur danbuah-buahan.

“Benar-benar Alhamdulilah, ibu saya tidak pernah ke rumahsakit. Kalau sakit, paling yang ringan-ringan saja. Karena diamengatur hidupnya dengan baik,” pungkasnya. (dew/jpnn)

DEWI SANDRA

Page 5: RADAR TEGAL 24 okt 2013

KAMIS, 24 OKTOBER 2013 5

DI era digital saat ini,pemanfaatan internetseolah sudah menjadi

gaya hidup bagi ma-syarakat. Hal ini ten-

tunya juga memberikandampak pada pola

hidup, termasuk dalaminteraksi jual beli.

Saat ini, ada satu trend yangsedang mengemuka di dunia,bahkan di Indonesia, yakni be-lanja online (online shop). Anekaonline shop saat ini tumbuhsubur bak jamur di musim hujan.Namun, konsumen wajib me-waspadainya. Karena terkadangmodus penipuan pun dapat meng-hantui.

Di awal kemunculannya di In-donesia, online shop hanya di-gunakan oleh masyarakat darikalangan atas. Karena berbe-lanja online membutuhkan kom-puter, jaringan internet, dan kartudebet untuk melakukan tran-saksi jual-beli tersebut.

Namun, seiring berjalannyawaktu dan dikarenakan olehfaktor kenyamanan dan kece-patan, sekarang mulai dari ibu-ibu pejabat hingga kalanganmahasiswa banyak yang me-manfaatkan berbelanja denganonline.

Ini tentunya menjadi anginsegar bagi pelaku bisnis onlineshop untuk semakin meman-faatkan peluang yang ada.

’’Sekarang mulai banyak ke-lompok maupun individu di dae-rah-daerah berkembang yangberusaha untuk menumbuhkanjiwa kewirausahaan pada ma-syarakat,’’ tandas Petit Sri Kar-tika, salah seorang pemilik bisnisonline aneka fashion di Tegal.

’’Hal ini tentunya bernilai baik.Karena bertujuan untuk melatihsikap di masa sulit ketika lapa-ngan pekerjaan semakin sempit.Sehingga bisa bertahan dan tidakmenyerah serta bisa bangkit un-tuk menciptakan lapangan pe-kerjaan bagi diri sendiri, danbahkan untuk orang lain,’’ sam-bung Tika, sapaan akrabnya.

Tika mengatakan, seiring de-ngan bertambahnya waktu, mu-lai muncul entrepreneur mudayang mampu menciptakan la-pangan pekerjaan. Sejalan de-ngan keadaan tersebut, para re-maja Tegal pun mulai banyakyang mencoba untuk berwirau-

saha.’’Hal tersebut dapat dilihat dari

munculnya online shop yangdibuat oleh para remaja Tegal.Bahkan dengan kemajuan tek-nologi telekomunikasi, para pe-laku bisnis online shop saat inijuga bisa memanfaatkan Black-berry Messenger (BBM) atau so-cial media seperti Facebook danTwitter untuk menawarkan ber-agam produknya ,’’ ujar wanitaramah ini.

’’Bermacam produk bisa kitadapatkan secara online. Darimulai baju, sepatu, tas, kosmetik,perlengkapan ibadah, hinggakomputer dan aksesorisnya, jualbeli mobil, hingga perabot ru-mah tangga, semuanya bisa kitabeli secara online,’’ lanjut kar-yawati salah satu bank ini.

Lebih lanjut Tika menjelaskan,sejumlah kelebihan dimiliki on-line shop. Sehingga membuatkonsumen merasa nyaman me-manfaatkan jasa online shopuntuk membeli beragam kebu-tuhannnya.

’’Kelebihan online shop itu diantaranya, hemat tenaga. Ka-rena tidak perlu repot-repot an-tre di kasir untuk pembayaran.Belum lagi jika toko yang di-kunjungi ramai pembeli, pastikita akan menunggu untuk di-layani. Dengan online shop, kitabisa ’melayani diri sendiri’ de-ngan cepat tanpa harus me-nunggu waktu lama. Jika produkyang mau kita beli sudah ada,maka tinggal ’klik’,’’ jelasnya.

Selain hemat, berbelanja on-line juga dapat mengurangi rasalelah. Karena konsumen tidakperlu lelah menuju ke mall. Ber-belanja dengan memanfaatkan

jasa online shop, konsumen bisaberbelanja sambil santai di ma-na pun.

Konsumen juga tidak perlumerasakan kerepotan memba-wa kantung-kantung belanja yangmenumpuk. Karena, denganberbelanja melalui online, kon-sumen hanya tinggal menunggubarang-barang yang dibeli di-kirim ke rumah.

Selain itu, melalui jasa onlineshop, konsumen juga akan lebihmudah membandingkan hargamelalui online shopping.

Umumnya, situs online shopmenjual barang yang sama de-ngan situs online shop lainnyanamun harganya bisa saja ber-beda.

Berbelanja dengan meman-faatkan jasa online shop juga bisadilakukan kapan pun, termasukdi tengah malam sekalipun. Se-hingga tidak menghambat bera-gam aktivitas lainnya.

Beragam kelebihan jasa onlineshop tentunya dapat membuatkonsumen nyaman berbelanja.

Namun Tika menegaskan, disamping kelebihan tersebut ten-tunya terdapat pula kelemahanonline shop.

Salah satunya, adanya kon-sumen yang mempertanyakankebenaran tentang onlineshop.

’’Ini karena tidak sedikit onlineshop yang hanya fiktif belaka danmengambil keuntungan darikonsumen yang membeli secaraonline. Banyak pengalaman kon-sumen yang membeli (berbe-lanja, Red) secara online. Misal-nya, uang sudah ditransfer, tapibarang yang sudah dipesan ter-nyata tidak dikirim,’’ ungkapnya.

Cegah Online Shop Fiktif’’Hal tersebut yang akhirnya

menyebabkan konsumen mem-beri penilaian atau kesimpulanmenyimpulkan semua onlineshop tidak bisa dipercaya. Ka-renanya, untuk bertransaksi me-lalui jasa online shop, konsumenjuga dituntut untuk tetap was-pada, berhati-hati,’’ sambungnyalagi.

Tidak hanya konsumenyang dituntut untuk was-pada dalam memanfa-atkan jasa online shop,namun para pelaku bis-nis online shop ini punjuga dituntut untukberhati-hati.

’’Karena kan ada pu-la konsumen yang sudahmenunjukkan tanda-tanda’nggak beres’, maka kami (pe-milik bisnis online shop, Red)juga harus berhati-hati. Kon-sumen yang seperti itu tidakakan kami layani,’’ tegasnya.

’’Jadi, baik konsumen mau-pun pelaku bisnis online shopsama-sama saling berhati-hati, waspada. Pastikan dulukebenaran online shop ter-sebut dan pastikan juga bah-wa calon konsumennya itujelas, baru lakukan transaksi.Ini demi keamanan bersama,’’lanjutnya.

Lebih lanjut Tika menjelas-kan, guna menyelamatkankonsumen dan mencegahhadirnya online shop fiktif,maka dia pun kerap meng-gelar bazar online shop.

Bazar ini digelar Tika de-ngan menggandeng sejum-lah pemilik online shop baikdari dalam kota maupun dariluar Kota Tegal.

’’Saya dan teman-temansudah beberapa kali meng-gelar bazar dengan tujuansebagai ajang memperkenal-kan online shop yang benar-benar berjualan dan jujur,serta menunjukkan sikapprofesional dalam berwirau-saha,’’ terang Tika. (hes)

BIODATANama : Petit Sri KartikaPanggilan : TikaTempat, Tanggal Lahir : Tegal, 24 Juli 1989

Orangtua- Ayah : Karno- Ibu : Sri Panganti

Pendidikan:- SDN 03 Dukuh salam- SMP N 01 slawi- SMA N 03 slawi- FPIK Universitas Diponegoro (UNDIP)

Hobi : Travelling

Pekerjaan : 1. Mantri BRI Unit Prupuk Tegal. 2. Owner Suta Shop, Jalan Gatot

Subroto No. 18, RT 1 RW 2, Dukuh Salam, Slawi, Kabupaten Tegal.

HESTI PRASTYANI/ RADAR TEGAL

BAZAR – Dengan sesekali menggelar bazar online shop, makakonsumen pun akan semakin yakin untuk berbelanja online.

Petit Sri Kartika

PADA setiap tren gaya hidupuntuk kesehatan atau kebuga-ran, sebaiknya ada peringatan“tidak selalu cocok bagi setiaporang”. Pasalnya, ada beberapatren yang justru berdampak ne-gatif bagi penganutnya, misalnyarisiko kekurangan nutrisi danterkulai lemah di tempat tidur.Nah, agar tidak terjebak dalamtren semata, ada baiknya Andamenggali sebanyak-banyaknyainformasi mengenai suatu me-tode sebelum menjalaninya.Berikut lima tren kebugaran dankesehatan yang mungkin belumtentu cocok untuk Anda.1. Diet Bebas Gluten

Diet bebas gluten dapat me-nyehatkan bagi mereka yangbenar-benar membutuhkannya.Namun menurut Desiree Niel-sen, ahli gizi dari Amerika Serikat,metode ini sebenarnya tidak ha-rus dilakukan bagi mereka yangtidak alergi terhadap gluten.Karena itu, Nielsen menyaran-kan agar melakukan tes alergiterlebih dahulu sebelum me-mulai metode diet ini. Namuningat, tes tidak akan memberikanhasil positif ketika Anda sedangmelakukan diet bebas gluten.2. Lari Lumpur

Terinsipirasi latihan militer, larilumpur pun menjadi tren untukmemperoleh tubuh yang bugar.Lari ini juga melibatkan tanta-ngan seperti memanjat ataupunmerangkak sehingga dapat me-latih banyak otot sekaligus. Ma-salahnya, medan lumpur dapatsangat membahayakan. Pasal-nya, lumpur dapat membuatpermukaan menjadi licin se-hingga dengan mudah Anda bi-sa kehilangan keseimbangandan terjatuh saat tengah mela-kukan aktivitas tersebut. Itulah

mengapa, risiko cedera dari akti-vitas ini sangat tinggi.3. Diet “Raw Food”

Diet makanan mentah atau“raw food” menentang prosesmemasak karena dapat merusakenzim, vitamin, dan mineral yangada dalam makanan. Namunmenurut Nielsen, asam lambungpun secara alami dapat merusakenzim dari makanan. Serta, adabeberapa nutrisi yang sebenar-nya lebih mudah dicerna denganproses pemasakan terlebih da-hulu, seperti karoten pada wor-tel.4. Cross Fit

Keamanan latihan CrossFitsebetulnya terjamin, pasalnyakecepatan dan intensitas latihanbergantung pada individu yangmenjalaninya. Lingkungan so-sial yang kondusif dalam latihanini dapat memotivasi, namun dilain sisi, hal ini bisa juga mem-buat tertekan. Karena itu, pelakuCrossFit pun melakukan porsilatihan yang berlebihan dariyang seharusnya mereka laku-kan. Maka untuk mendapatkanmanfaat dari latihan ini, pastikanAnda mengetahui seberapa jauh

kemampuan Anda. Ikutilah jugakelas kecil dengan kemampuanrata-rata peserta yang setaradengan Anda, sehingga tekananuntuk melakukan porsi latihanyang berlebihan cenderung ber-kurang.5. Diet Detoks

Tubuh memiliki mekanismepembuangan racun-racun darimakanan. Namun mekanismetersebut dinilai tidak cukup un-tuk membuang residu racun se-hingga dibutuhkanlah diet de-toks. Masalahnya, menurut Niel-sen, diet detoks juga dapat meng-ganggu keseimbangan bakteribaik di saluran pencernaan. Da-lam diet detoks juga terdapatkeharusan untuk mengeliminasialkohol dan junk food, tetapi diettersebut juga mengharuskan un-tuk meniadakan makanan yangbernutrisi dan memiliki efek“pembersihan” seperti brokoliatau kale. “Melakukan metodediet detoks selama satu atau duaminggu saja dalam setahun jugatidak bisa terlalu memberikanmanfaat pembersihan sepertiyang dijanjikan,” kata Nielsen.(hkc)

Masih Banyak Wanita Malu Periksa PayudaraRASA malu ternyata men-

jadi salah satu penghalang uta-ma wanita enggan memerik-sakan kesehatan payudaranya.Kondisi ini diakibatkan pan-dangan masyarakat terutamawanita yang mengganggap pa-yudara sebagai sesuatu yangsangat pribadi. Akibatnya, se-bagian wanita tak mau me-meriksakan diri. Padahal, ke-sehatan payudara menjadi kun-ci utama mencegah serangankanker pada organ kelaminsekunder wanita.

“Kesadaran wanita untukmemeriksakan payudaranyamasih sangat rendah. Karenarasa malu dan takut, wanitalebih suka menutupi masalahpada payudaranya, baik de-ngan pakaian maupun kon-sumsi obat alternatif,” kataonkolog dari Rumah SakitDharmais, Jakarta, Dr. MarthaRoida Manurung.

Sebanyak 80 persen wanita,lanjut Martha, tidak pahamtentang pemeriksaan payu-dara dan menganggap generalcheck-up sudah menjelaskankondisi payudaranya. Pada-hal, payudara menuntut pe-meriksaan yang lebih men-detail, baik dengan ultrasono-grafi (USG) maupun mammog-rafi. Akibatnya wanita kerap takmenyadari benjolan pada pa-yudara, yang bisa menjadi awalmula kanker.

Kondisi ini didukung ka-rakter kanker payudara yangtidak menimbulkan sakit, ataugejala khusus. “Umumnya wa-nita tidak merasakan apapunsampai akhirnya payudara mem-

bengkak, yang menandakankanker sudah memasuki ting-kat lanjut. Kalau sudah beginipenyembuhan sulit dilaku-kan,” kata Martha.

Untuk mencegah kanker ter-jadi, Martha menyarankan wa-nita sedini mungkin pedulipada kesehatan payudaranya.Hal ini harus dilakukan saatwanita mulai menstruasi. Ri-siko kanker semakin besar ber-samaan dengan peningkatanumur, dikarenakan makin ba-nyaknya toksin yang masuk kedalam tubuh.

“Bila merasa malu wanitabisa melakukan pemeriksaanpayudara sendiri yang disebutSADARI. Cukup beberapa de-tik wanita bisa terhindar daririsiko kanker payudara,” kataMartha. Jika ditemukan ben-

jolan wanita bisa melanjut-kannya dengan USG atau ma-mmografi.

Martha menyarankan tesUSG untuk wanita berumurlebih dari 35 tahun. Sedangkanwanita yang berumur kurangdari 35 dapat menggunakanmammografi. Hal ini didasar-kan pada perbedaan kepada-tan payudara antar usia.

“Dengan adanya metodeSADARI, mammografi danUSG maka tidak ada lagi alasanmenunda pemeriksaan. Tidakperlu malu dan lakukanlah de-ngan segera,” kata Martha.

Rendahnya kesadaran wa-nita memeriksakan kesehatanpayudara juga diakui KetuaYayasan Kesehatan PayudaraJakarta, Rima Melati. “Keba-nyakan wanita merasa malu

dan memilih pengobatan alter-natif saat ditemukan ada ma-salah pada payudara. Pola pikirini harus diubah,” ujarnya.

Rima menyarankan wanitatidak takut dan malu memerik-sa payudara. Jika ditemukanada masalah, wanita juga tidakperlu khawatir menghadapiterapi yang harus dijalankan.Selama wanita menjalankanpengobatan sesuai saran dok-ter, maka pasien tidak perlukhawatir. Selain memeriksa-kan diri, Wanita juga disaran-kan menjaga pola makan, ker-ja, dan istirahat. “Seimbang-kan asupan daging dan sayur.Hal ini penting untuk menjagadaya tahan tubuh sehinggabisa bertahan dari serangankanker,” ujar Rima yang jugasurvivor kanker payudara. (hkc)

5 Tren Kesehatan Ini Mungkin Tak Sehat

Page 6: RADAR TEGAL 24 okt 2013

JAWA TENGAH KAMIS24 OKTOBER 2013

RADAR TEGAL

6

PUSPASARI PRAMUDYA WARDANI

SukaRaftingSETELAH menjadi Duta Wisata Kabupaten Kendal 2008, membuat

ia ketagihan menjadi objek jepretan kamera. Selain itu, Puspa —sapaanakrabnya— juga terjun ke dunia modeling. Kini, setelah lulus DIIIManagemen Fisip Undip, Puspa bekerja di kantor Pegadaian Kendalbagian frontliner.

Ia mengaku kerap dilanda kejenuhan dengan pekerjaannya tersebut.Untuk mengusir rasa jenuh itu, Puspa kerap menerima job sebagaimodel pemotretan. Selain itu, ia juga sering menghabiskan waktulibur kerja untuk traveling ke tempat-tempat wisata. ”Kalau jenuh yajalan-jalan, saya paling suka rafting. Karena menurut saya raftingmembuat badan kembali fresh, ” katanya kepada Radar Semarang.

Selain traveling, Puspa memiliki hobi mendengarkan musik ber-genre pop alternative. Ia mengaku ngefans dengan grup band asalnegeri Barack Obama, Secondhand Serande.

Bahkan, ia mempunyai koleksi berupa poster, kaos, kaset danpernak-pernik band terse-

but. ”Kalau lagu sayasuka yang energik, pal-ing suka sih Second-hand Serande. Lagufavorit saya sepertiFalls For You dan It’sNot Over. Saya juga

punya koleksi be-rupa pernak-pernik

band ini,” akunya.( d e n / a r o /

ce1)

PN SemarangDimintaTundaEksekusi

SEMARANG - Kasus sengketa tanah dan rumah di JalanKapten Piere Tendean nomor 23 A Semarang masih berlanjut.Rencananya, Pengadilan Negeri (PN) Semarang akan melakukaneksekusi terhadap bangunan yang kini ditempati oleh AnitaKusumawati itu.

Kepala PN Semarang telah membuat penetapan eksekusi dengannomor 29/Pdt.Eks/2013/PN.SMG. Keputusan eksekusi tersebut dibuatatas dasar putusan perkara perdata tertanggal 3 Januari 2013 dengannomor perkara 195/Pdt/G/2010/PN.Smg yang dikuatkan MahkamahAgung dengan nomor putusan 22.K/Pdt/2012.

Putusan memuat tanah dan bangunan tersebut menjadi hak penuhAifi Indrastuty Winoto.

Namun pihak Anita bersama Antonius Soegiharsadi Winotomengajukan perlawanan atas putusan MA tersebut. Antonius melaluipenasihat John Richard Latuihamallo meminta kepada PN Semaranguntuk menghentikan eksekusi tersebut.

Alasannya, meski telah ada putusan MA, namun pihaknya masihmelakukan perlawanan. Sehingga ia menilai putusan MA belum memilikikekuatan hukum tetap. ”Dalam Reglemen Acara Perdata Bab X perihalVerzet (perlawanan) Pasal 381 jelas disebutkan bahwa hakim yangmemeriksa perkara perlawanan, jika ada alasannya dapat menundapelaksaanaan putusan sampai ada putusan dari perlawanan itu,”kata John, kemarin.

Maka dari itu, ia meminta Ketua PN Semarang untuk membatalkanatau menunda pelaksanaan eksekui demi kebenaran hukum. ”Jikasampai eksekusi dilaksanakan, maka kami akan melaporkannyakepada Komisi Yudisial. Sebab Ketua PN Semarang saat ini belummemiliki wewenang. Wewenang masih ada di hakim yang menanganiperkara ini,” tandasnya.

Perlawanan diajukan atas dasar putusan PN Semarang dalamperkara tindak pidana penggelapan dengan terdakwa Aifi. PNSemarang menjatuhkan pidana penjara selama 7 bulan kepada Aifikarena terbukti menggelapkan dana pelepasan hak sebesar Rp 175juta terhadap Anita Kusumawati.

Dengan adanya putusan tersebut, membuktikan bahwa tanahdan bangunan menjadi objek sengketa adalah milik kliennya.

Sebab, Aifi terbukti telah menerima uang pelepasan hak di ataskuitansi bermeterai dan juga sudah menandatangani suratpernyataan bahwa ia telah menerima uang pelepasan hak jual belitanah. (bud/ton/ce1)

PERISTIWABelanjaDaring, 2 PemudaTertipu

SEMARANG – Hati-hati jika berbelanja elektronik lewat media dalamjaringan (daring) atau online. Jangan sampai mengalami nasib sepertiIndra Surya Admaja (20), Jalan Cimanuk VII/70 RT 7 RW 2, Mlatiharjo,Semarang Timur. Uang Rp 6,8 juta miliknya melayang saat hendakbelanja telepon seluler di media daring.

Indra mengaku, kejadian bermula ketika hendak mencari ponsel dimedia internet. Setelah lama mencari akhirnya ia melihat iklan milikWGR, warga Semarang yang menawarkan 3 iPhone dan 1 tabletSamsung Galaxy seharga Rp 13,6 juta. ”Karena harganya murah,saya langsung tergiur,” katanya.

Bergegas, Indra menghubungi nomor terlapor dan terjadinegoisasi kesepakatan harga. Indra lantas mentransfer Rp 6,8juta lewat ATM BCA KCP Suari Semarang pada 5 September2013. ”Sisanya boleh ditransfer jika barang sudah dikirim,”imbuhnya.

Usai mentransfer Indra menunggu barang kiriman. Sayang, satuminggu berlalu barang tak kunjung datang. Panik, ia menghubungiterlapor guna menanyakan barang. ”Setiap saya telepon, hanya janjiterus, tapi barang tidak dikirim juga,” tambahnya. Jengkel sudah tidakada jalan keluar, akhirnya Indra membawa kasus tersebut ke jalurhukum.

Nasib serupa dialami Pram Sunarya (21), warga Jalan GabahanNo 204, Gabahan RT 8 RW 1, Semarang Timur. Niatnya membeliiPad di media daring justru membuatnya celaka. Barang tidakdapat, sedangkan uangnya Rp 4,1 juta melayang. ”Minggu (20/10) saya hendak membeli iPad di internet karena harganyamurah,” akunya.

Setelah berselancar, akhirnya ia mendapat barang yang diinginkan.Ia lantas menghubungi nomor telepon 085387979793 dan diterimaseorang perempuan mengaku bernama SN. Setelah lama negoisasi,iPad dibanderol dengan harga Rp 4,1 juta. Uang itu kemudian dikirimdua kali di BCA Jalan Pemuda. ”Begitu uang ditransfer barang tidakdikirim. Saat saya mencoba menelepon, ternyata nomor sudah tidakaktif,” ujarnya.

Dua pemuda itu akhirnya melaporkannya ke polisi. Kasus dugaanpenipuan itu masih dalam penyidikan petugas Reskrim PorlestabesSemarang. (fth/ton/ce1)

REMBANG – Sebuah truk ber-muatan tebu terbalik setelahmengalami pecah ban belakangdi jalur pantura tepat depan SMKYos Sudarso Rembang turut Ke-camatan Kota Rembang kema-rin. Meski tidak ada korban jiwa,akibat kecelakaan tunggal ter-sebut arus lalu lintas panturasempat tersendat sekitar satujam lantaran muatan truk se-berat enam ton tercecer di te-ngah jalan.

Suyono, pengemudi truk na-has tersebut mengatakan, peris-tiwa tersebut terjadi sekitar pu-kul 13.00. Saat melintas dari arahtimur ke barat melaju denganpelan.

Namun tiba-tiba ban belakangbagian kiri meletus. Lantarantidak mampu mengendalikanlaju kendaraannya, akhirnyabanting setir ke kanan dan akhir-nya truk terguling. ”Kemung-kinan karena ban saya sudah tua,sehingga tidak kuat menahanmuatan dan akhirnya meletus,”katanya.

Kendati tidak ada korban jiwaakibat musibah tersebut, Suyo-no yang merupakan warga Sido-wayah, Kecamatan Kota Rem-bang itu diperkirakan mengala-mi kerugian jutaan rupiah.

Selain bak truk mengalami ru-sak berat, kaca bagian depan trukjuga pecah. ”Ya namanya musi-bah, mau bagaimana lagi,” ujar-nya.

Sementara pemilik tebu Mus-lim, warga Desa Gegersimo, Ke-camatan Pamotan, yang datang

ALI MAHMUDI/RADAR KUDUS

BERCECERAN - Sebuah truk pengangkut tebu terguling hingga muatannya berceceran di tengah jalan pantura tepat depan SMKYos Sudarso Rembang kemarin.

Pecah Ban Belakang, Truk Tebu Terbalik

ke lokasi mengatakan, sebenar-nya truk pengangkut tebunya itusudah disesuaikan dengan kon-disi truk yang sudah tua. Jika truk

dalam kondisi normal bisanyamampu membawa muatan tebuantara 8-9 ton.

Usai kejadian, sejumlah ang-

gota Satlantas Polres Rembangsegera turun ke jalan untuk me-ngatur arus lalu lintas agar tidaktersendat. Butuh waktu hampir

dua jam untuk membersihkantebu dan mengevakuasi trukyang terbalik di tengah jalan ter-sebut. (ali/lil)

SEMARANG - Sidang kasusdugaan kampanye terselubungyang dituduhkan jaksa KejariSemarang kepada Ketua UmumDewan Pimpinan Nasional(DPN) Partai Keadilan dan Per-satuan Indonesia (PKPI), LetnanJenderal TNI (Purn) Sutiyoso(67), dilanjutkan.

Pengadilan Negeri (PN) Se-marang, Rabu (23/10) pagi me-nolak nota keberatan yang di-sampaikan penasihat hukummantan Gubernur DKI Jakartaitu.

Sesuai dengan Undang-un-dang (UU) tindak pidana pemilu,perkara tersebut akan harus se-lesai dalam waktu tujuh hari atautujuh kali persidangan. Saat ini,Sutiyoso sudah menjalani 3 kalisidang.

Empat hari yang tersisa, Suti-yoso harus benar-benar meman-faatkan waktu untuk mencer-mati sidang. Sebab, jika tidakhati-hati dan dakwaan jaksaterbukti, Sutiyoso bisa dikena-kan pidana bui 1 tahun dan den-da Rp 12 juta.

Majelis hakim yang dipimpinFathul Bari menyatakan, eksepsipenasihat hukum perihal ke-

salahan jaksa dalam menuliskangelar Sutiyoso tidak bisa dijadi-kan pertimbangan untuk mele-paskannya dari dakwaan jaksa.

Sedangkan keberatan lainmengenai anggapan bahwaperkara sudah kedaluwarsa,menurut majelis hakim tidakmenjadi masalah, karena su-dah sesuai aturan. ”Majelis ha-kim menolak secara keselu-ruhan eksepsi penasihat hu-kum. Menyatakan dakwaansah dan dapat dijadikan dasaruntuk melanjutkan perkara,”kata Fathul.

Menanggapi putusan terse-but, Sutiyoso meminta keadilandan berusaha mematuhi prose-dur hukum. Ia mengaku hinggasaat ini masih bingung denganperaturan kampanye yang tidakboleh dilanggar.

”Kami masih bingung antarakampanye yang boleh dan tidak.Acara kemarin jelas halalbihalal,yang hadir adalah kader partaidan kemudian saya bicara didepan kader. (Sedangkan) iklanTV, itu kampanye atau bukan?”tanya Sutiyoso.

Sidang ditunda hingga Kamis(24/10) ini dengan agenda pe-

meriksaan saksi. Rencananya jaksaakan menghadirkan 11 saksi. Saksidi antaranya adalah dua mantananggota KPU Jawa Tengah, HasyimAsy’ari dan Fajar Subhi. ”Saya akandimintai keterangan sebagai ahli.Jadi saya akan menerangkan se-suai peraturan KPU dan aturanmainnya,” kata Fajar.

Hasyim Asy’ari merupakananggota KPU periode 2003-2008, sedangkan Fajar merupa-kan Ketua KPU periode 2008-2013.

Menurut Fajar, ia akan di-mintai keterangan dalam ka-pasitas kepakarannya, bukanberkaitan dengan fakta yangterjadi di tempat kejadian. ”Sa-ya diminta menjelaskan ten-tang regulasi Pemilu,” katanya.

Selain keterangan dua ahli ini,jaksa juga akan meminta ketera-ngan anggota Panitia PengawasPemilu Kota Semarang serta ma-syarakat yang diduga mengeta-hui terjadinya dugaan pelang-garan yang terjadi.

Dalam kasus ini, Sutiyoso di-dudukkan sebagai terdakwa ber-sama Ketua Dewan PimpinanKota (DPK) PKPI Semarang, Be-ny Setyono. (bud/ton/ce1)

Eksepsi SutiyosoDitolak PN

Tujuh Tahun Bergelut dengan Korban Kekerasan Seksual dan KDRT

Atasi Trauma Anak, Diajak Bermain di Kandang KudaSEJAK 2006, AKP

Kumarsini SHmengabdikan

hidupnya untukmenangani kasus-

kasus anak korbanpelecehan seksual

maupun perempuankorban kekerasan

dalam rumah tangga(KDRT). Berbagai kisah

menarik baik sukamaupun duka dialami

Kepala UnitPerlindungan

Perempuan dan Anak(Kanit PPA)

Polrestabes Semarangini.

LAPORAN: MIFTAHUL A’LA

BAGI AKP Kumarsini, tidakmudah menangani kasus anakdan perempuan korban keke-rasan seksual maupun KDRT.Dibutuhkan kesabaran besardan rasa empati tinggi agar bisamenyelesaikan masalah tanpamenimbulkan masalah baru.Sebab, masalah kekerasan sek-sual dan KDRT sangat rentan,karena bersinggungan denganpsikologis para korban.

”Sudah tujuh tahun sejak 2006

saya menangani persoalan se-perti itu. Ini sebagai bentuk pe-ngabdian kepada masyarakat,”kata perempuan kelahiran Ma-gelang, 19 Mei 1964 ini kepadaRadar Semarang.

Ketika menangani korban ke-kerasan seksual anak misalnya, iamengaku dituntut harus ekstrabersabar. Karena anak korban

kekerasan seksual cenderunglebih pendiam dan enggan ber-cerita. Untuk mengatasinya,yang harus dilakukan denganmengerti dan memahami psi-kologis sang anak.

”Kita tahu, anak-anak korbankekerasan seksual pasti meng-alami trauma. Itu masalah utamayang harus diselesaikan,” ujar

Kumarsini yang menjabat seba-gai Kanit PPA Polrestabes Sema-rang sejak 2012.

Alumnus Fakultas Hukum U-niversitas Darul Ulum IslamicCenter Sudirman GUPPI (Un-daris) Ungaran ini pun memilikiberbagai trik tersendiri ketikaharus menangani korban keke-rasan seksual yang masih usia TK

atau SD. Salah satunya denganmengajak bermain keluar rua-ngan.

Biasanya anak-anak diajakbermain dengan melihat kudamilik Unit Satwa di kompleksMapolrestabes Semarang.

Dengan begitu, trauma anak-anak korban kekerasan seksualbisa sedikit hilang. Anak punakan mulai ceria dan tidak ter-tutup.

”Jika sudah begitu, pelan-pelan mereka akan bercerita danberbicara sendiri. Tinggal di-arahkan untuk mengenal siapapelakunya. Karena sejauh inipelaku kekerasan seksual pastidilakukan orang dekat, dan kor-ban pasti kenal,” jelasnya.

Pun untuk penanganan masa-lah KDRT. Dibutuhkan kesaba-ran dan rasa empati yang tinggi.Sebab, rata-rata korban yangdatang melapor masih diliputitingkat emosional tinggi. Bahkantak jarang, korban KDRT (Ke-kerasan Dalam Rumah Tangga)itu datang dengan kondisi tubuhluka-luka.

”Pelayanan harus maksimalagar bisa meredam emosi kor-ban KDRT. Itu yang harus dila-kukan saat ada yang menjadikorban,” ujar istri dari AKPMarsudi Raharjo SH tersebut.(*/aro/ce1)

MIFTAHUL A’LA/RADAR SEMARANG

EKSTRA SABAR - AKP Kumarsini, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak Polrestabes Semarang.

KPU Jateng Lantik30 KPUK Hari Ini

KUDUS – Lima anggota KomisiPemilihan Umum (KPU) Kabu-paten Kudus dilantik hari ini (24/10) di Kantor KPU Provinsi JawaTengah. Dari 10 orang yang di-pilih, ranking 1 hingga 5 tidak adasatupun dari incumbent. Ketigaincumbent yang mendaftar tidaklolos. Di antaranya, Zamroni (ti-dak masuk 10 besar), Eni Mis-dayani, dan Edy Supratno.

Ketua KPU Provinsi Jawa Te-ngah Joko Purnomo mengata-kan, anggota KPU periode 2013-2018 yang akan dilantik seba-nyak 30 kabupaten/kota di JawaTengah. ”Semuanya akan kamilantik besok (hari ini, Red), pe-ngumuman sudah ada di websiteKPU Jateng,” katanya kemarin.

Ke-10 orang yang dikirim saatproses seleksi dibuat secara ran-king. Dengan begitu, untuk rank-ing 1-5 yang akan menjadi ang-gota KPU. Ranking dibuat, ketikanantinya ada salah satu anggotayang tak bisa menjalankan tugas.Misalnya karena mengundurkandiri bisa langsung digantikan.

Dengan demikian, semua or-ang bisa mengetahui siapa yangakan menggantikan melalui ran-king yang telah diumumkan. ”Ituberlaku lima tahun, jadi ketikaada salah satu yang mundur atausebab lain bisa langsung diganti

sesuai ranking. Seperti penggan-tian antarwaktu (PAW) anggotadewan,” terangnya.

Setelah dilakukan pelantikan,lima anggota KPU diminta kem-bali menentukan ketua. Setelahditentukan, selanjutnya padaSenin (28/10) semuanya dimintamengikuti pembekalan terkaitpelaksanaan pemilu.

Pembekalan akan dilakukanselama empat hari. Materi yangdiberikan cukup banyak dankomplet terkait pemilu. Mulaidari keorganisasian, sistem pe-milihan umum hingga masalahanggaran.

Ditanya terkait incumbentyang tidak lolos, menurutnya ituhal biasa, apalagi di KabupatenKudus sedikit incumbent yanglolos. Bahkan sering tidak masuksepuluh besar.

Lima anggota KPU Kudusyang terpilih sesuai ranking ter-atas hingga terendah adalah,Moh. Khanafi, Naily Syarifah,Eko Budiarto, Sukis Jiwantomo,dan Syafiq Ainurridho. Sedang-kan peringkat enam mulai dariDhani Kurniawan, Eni Misda-yani, Edy Supratno, LambangPribadi dan Sudiyono.

Sementara itu, kendati di Ka-bupaten Kudus seluruh incum-bent tidak lolos, namun di sejumlahkota lain seperti Pati, Jepara, Rem-bang, Grobogan, sejumlah incum-bent dinyatakan lolos dan masukranking lima besar. (lis/lil)

Incumbent Tak Lolos

SOSOK

HUKUM

Page 7: RADAR TEGAL 24 okt 2013

KAMIS24 OKTOBER 2013

SAMBUNGANRADAR TEGAL

7

Kadivhumas Mabes Polri IrjenRonny F Sompie menyatakan,Bareskrim Polri menangkap tigatersangka dalam kasus tersebut.Yakni, Kacab Utama BSM BogorM Agustinus Masrie, Kacab Pem-bantu Jalan Baru Bogor HaerulliHermawan, dan Account OfficerBSM Cabang Pembantu JalanBaru Bogor John Lopulisa.

“Ketiganya masih diperiksa,belum diketahui apakah ditahanatau tidak,” terang Ronny kemarin.

Saat ditanya perihal adanyatersangka lain, Ronny mengelak.Dia memastikan hingga kemarinbaru ada nama tiga tersangka.Namun, sebenarnya penyidikjuga menangkap satu tersangkalagi. “Namanya Iyan Permana.Debitur,” terang Wakil DirekturTindak Pidana Ekonomi KhususBareskrim Polri Kombes RahmatSunanto.

Ronny mengatakan, modusyang dilakukan para tersangkaadalah dengan mencairkan kre-dit terhadap 197 nasabah. Hing-ga saat ini, baru 113 orang nasa-bah yang dinyatakan fiktif.

“Nilainya Rp 102 miliar, de-ngan potensi kerugian negarasebesar Rp 59 miliar,” lanjut man-tan Kapolwiltabes Surabaya itu.Informasi lain menyebutkan jikanilai kredit tersebut mencapai198 miliar.

Ronny tidak menyebutkanlebih lanjut modus yang dilaku-kan para tersangka sehingga kre-dit fiktif tersebut bisa cair. Begitupula dengan waktu terjadinyapengajuan kredit fiktif itu, Ronnymenyatakan masih dipastikanoleh penyidik.

Yang jelas, dalam kasus ter-sebut, polisi menyita 11 ken-daraan, terdiri dari 10 mobil dansebuah motor gede bermerekHonda Gold Wing. Beberapamobil yang disita antara lainHummer, Mercedes Benz SLK,Mercedes Benz E 300, ToyotaAlphard, dan Toyota Fortuner.

Modus pencairan kredit fiktiftersebut, menilik dari pasal yangditerapkan dalam UU PerbankanSyariah, mirip dengan kasus kre-dit fiktif yang dilakukan Yudi Se-tiawan terhadap Bank Jatim danBank Jabar pada 2010. Lewat kre-dit fiktif tersebut, Yudi berhasilmengeruk uang Rp 105 miliar le-

Bank Syariah Mandiri Diboboldari halaman 1

Ribuan Warga Padati Acara Kirab GKR Hayu ...dari halaman 1

GKR Hayu dan KPH Notone-goro yang melintas memakai Ke-reta Kyai Jongwiyat disambutmeriah ribuan warga. Bahkanbanyak dari mereka memanggilnama Ratu Hayu dan PangeranHaryo Notonegoro yang tampakanggun memakai baju warnahijau. Suasana juga tampak me-riah saat Sri Sultan HB X dan GKRHemas menggunakan KeretaKyai Wimono Putro dan PakuAlam naik Kereta Kyai Mondro-juwolo.

Rombongan iring-iringan Ki-rab ini lalu menuju ke BangsalKepatihan. Sampainya di Bang-sal Kepatihan, 12 kereta kudadan pasukan lalu kembali keKeraton. Acara dilanjutkan re-sepsi, ribuan tamu undanganpun hadir di Bangsal kepatihan.Setelah beristirahat sejenak, SriSultan HB X dan GKR Hemaskembali ke Keraton, disusul ke-

dua mempelai, besan, dan ke-luarga.

Parade kereta kuda pada acaraRoyal Wedding ini tentu menjadiperhatian banyak orang. Apalagikesempatan itu sangat langkasehingga banyak warga tak inginsedikitpun melewatkan acaratersebut. Meski harus berdesa-kan bahkan tak bisa melihat se-cara jelas kedua mempelai, me-reka tetap berada di tempat yangsejak pagi ditempati.

“Acara seperti ini sangat lang-ka. Makanya dari pukul 07.00saya sudah datang sama tetang-ga rumah,” kata Neni ,35, wargaGondokusuman Jogjakarta.

Sama halnya dengan Woro,24, mahasiwa asal Purwokertoini sengaja datang ke Jogja untukmenyaksikan Kirab PernikahanGKR Hayu dan KPH Notone-goro. Bersama dua temannya,Devia dan Lusi, ketiga maha-siswa ini terkesan dengan at-mosfer pengunjung ketika kereta

Berhasil Turunkan Tingkat Kematian Jamaah Hajidari halaman 1

Pertama adalah tinjauan soalkasus kematian jamaah haji.Hingga 22 Oktober, Tjandra me-ngatakan secara kumulatif ada139 jamaah haji meninggal duniaatau 0,82/1.000 jamaah. Dia me-ngatakan angka itu lebih rendahdibandingkan dengan musimhaji 2012.

Dalam hitungan hari atauwaktu yang sama, tahun lalujumlah jamaah haji yang me-ninggal mencapai 275 orang(1,30/1.000 jamaah). Catatanselanjutnya di musim haji 2011pada periode yang sama, ada 264

jamaah haji yang meninggal(1,18/1.000 jamaah). Panitia ke-sehatan haji juga menggunakanperhitungan perbandingan, ka-rena jumlah riil jamaah haji se-tiap tahunnya mengalami per-bedaan. Khusus musim haji 2013ini jumlah jamaah haji Indonesiasusut 20 persen karena ada pe-mangkasan kuota dari Arab Sau-di.

“Mudah-mudahan di sisawaktu sampai kepulangan selu-ruh jamaah, angka kematianjamaah haji bisa tetap terjagadengan baik,” tutur dia.

Tjandra berharap petugas hajiterus optimal mengawasi atau

memantau kondisi jamaah haji,khususnya yang berkategori re-siko tinggi.

Tjandra juga menuturkanpersiapan di Madinah. Denganfasilitas ruang perawatan se-banyak 65 tempat tidur, BPIH diMadinah sudah siap untuk me-layani jamaah haji yang datangdari Makkah mulai 25 Oktobernanti. Untuk menekan potensipeningkatan kasus kematianjamaah haji pasca Armina, diasudah menjalin komunikasi in-tensif dengan petugas.

Di antaranya adalah instruksiuntuk menjalankan komunikasiintensif dengan dokter kloter

kuda mulai berjalan di sepan-jang Jalan Malioboro.

“Saya sengaja datang dari Pur-wokerto. Nonton di TV sejak Seninkemarin, kayaknya rame bangetacaranya. Bagus, kan momen se-perti ini jarang sekali,” ujarnya.

Adapun parade kereta itu ma-sing-masing melintas sesuai ruteyang ditentukan. Untuk keretapengantin berjalan dari KebenKeraton kemudian melalui JalanRotowijayan, lalu melewati Mas-jid Agung Kauman sampai sisitimur Museum Sonobudoyo.Kereta lantas belok ke kiri lalumasuk Jalan Trikora lewat Ger-bang Pangurakan.

Sedangkan kereta rombonganSultan dari keraton melewatibagian tengah alun-alun lang-sung menuju Jalan Trikora danbergabung dengan kereta pe-ngantin. Mereka semua lantasmelewati Perempatan KantorPos Besar.

Setelah itu parade kereta kuda

ini lalu melintas di Jalan AhmadYani depan Benteng Vredeburgdan Istana Gedung Agung me-nuju Jalan Malioboro. Titik fi-nishnya pukul 10.00 WIB diBangsal Kepatihan atau kom-pleks Kantor Gubernur DIJ diJalan Malioboro.

Selain parade kereta kuda ya-ng menjadi perhatian ribuanwarga, pasukan pengawal GKRHayu dan KPH Notonegoro ataudisebut Bregada juga mampumembius penonton. Ada empatkelompok Bregada pengawaliring-iringan Kirab, seperti Bre-gada Prajurit Daeng, BregadaPrajurit Wirobrojo, Bregada Pra-jurit Ketanggung, dan BregadaPrajurit Mantrijero. Masing-ma-sing Bregada berjumlah 60 pra-jurit dengan identitas pakaianberbeda-beda. Sehingga bisadibayangkan jumlah pengawalyang banyak ini menjadi mo-mentum yang langka di Jogja-karta. (fid)

untuk mengatasi jamaah dengankesehatan buruk. Langkah lain-nya adalah, pemeriksaan kese-hatan dengan cara turun lang-sung ke kloter. Diantaranya pe-meriksaan dengan peak flowmeter untuk menilai kelayakanparu dan 6 minutes walk untukkondisi kardiovaskular.

Selain itu Tjandra juga mene-kankan pemantauan kelayakanterbang pulang ke tanah air. Diamengatakan pemantauan kese-hatan untuk kelayakan terbangini penting, karena koordinasidengan RS Arab Saudi, BPIH Ma-dinah, BPIH Jeddah selama inicukup rumit. (wan)

“Berdasarkan ketentuan di-maksud, secara konstitusionalpresiden memiliki kewenangansubjektif untuk menerbitkanPerppu dengan syarat terdapatkegentingan yang memaksa. Na-mun UUD 1945 tidak menentu-kan apa yang disebut dengankegentingan yang memaksa itu,”kata Robikin kemarin.

Lalu Robikin melanjutkan,melalui Putusan MK Nomor 138/PUU-VII/2009 tanggal 8 Februari2010, MK telah menentukan 3

syarat agar suatu keadaan dapatdisebut sebagai kegentinganyang memaksa. Syarat tersebutadalah adanya kebutuhan men-desak untuk menyelesaikan ma-salah hukum secara cepat ber-dasarkan undang-undang (UU),lalu UU yang dibutuhkan ter-sebut belum ada sehingga terjadikekosongan hukum.

Selain itu, kekosongan hukumtersebut tidak dapat diatasi de-ngan cara membuat UU secaraprosedur biasa karena akan me-makan waktu yang cukup lama.“Pertanyaannya kemudian, apa-

17 Pengacara Ajukan Judical Review Perppu MKdari halaman 1

Anggota Komisi X Ferdian-syah mengatakan, anggaran re-munerasi untuk Kemendikbuditu adalah uang gelondongandari Kemenkeu. “Dari penjelas-an rapat tadi, anggaran ini bukanpagu APBN Kemendikbud,” ujarpolitisi Partai Golkar itu.

Dia menyayangkan penjela-san alokasi anggaran remunerasiKemendikbud itu hanya ter-tuang dalam satu lembar papa-ran saja.

Ferdiansyah juga menyorotkinerja Kemendikbud yang me-nurutnya masih buruk. Dia me-ngatakan banyak keluhan per-mohonan perizinan di Kemen-dikbud yang sangat rumit. Selainitu pelayanan terhadap kebija-kan guru atau pendidik juga ma-sih jauh dari ideal.

“Keluhan-keluhan yang ma-suk ke kami adalah, pegawaieselon III dan dibawahnya ituterkesan arogan saat melayanimasyarakat,” katanya.

Menurut Ferdiansyah, setelahmendapatkan persetujuan ang-garan remunerasi ini Kemendik-

bud harus benar-benar bertekadmemperbaiki kinerja pegawai-nya.

Dia menegaskan reformasibirokrasi tidak bisa dijalankanoleh jajaran pimpinan saja. Te-tapi harus diterapkan juga olehpegawai lain hingga di eselon IIIdan dibawahnya. “Saya khawatirpejabat eselon III di Kemen-dikbud banyak yang kaya-kayadari pada pimpinannya. Karenapelayanan birokrasinya banyakkepentingan (suap atau uangpelicin, red),” papar dia.

Ketika memasuki pembacaanhasil rapat, komisi mengajukanempat syarat perbaikan di Ke-mendikbud. Yakni mewujudkanpeningkatan kinerja, pelayanan,dan tata kelola lebih baik. Ke-mudian segera merespon hasilpemeriksaan atau audit terkinidari Badan Pemeriksaan Ke-uangan (BPK).

Selanjutan pelayanan pela-yanan strategis urusan pendidik-an yang ditangani pejabat eselonIII dan dibawahnya harus diper-baiki dan diawasi serius. Terakhirkomisi menuntut agar segeramenuntaskan penyaluran Ban-

tuan Siswa Miskin (BSM). Khu-sus penyaluran BSM ini, ternyatasampai sekarang masih berjalansekitar 35 persen.

Wakil Mendikbud Bidang Pen-didikan Musliar Kasim mengakuibahwa kinerja aparatur dikementeriannya perlu ditingkat-kan. “Kemendikbud sudah me-nandatangani pakta integritas.Komitmen pemberatasan KKNdan penataan aparatur,” ujar man-tan rektor Universitas Andalas(Unand), Padang itu usai rapat.

Musliar menegaskan anggar-an Remunerasi Rp 989,8 M ituuntuk periode pembayaran Juli-Desember 2013. Dia menutur-kan Kemendikbud agak terlam-bat dalam urusan pencairan tun-jangan ini, dibandingkan lem-baga lain yang sama-sama di-tetapkan Juli lalu. Pembayaranremunerasi di Kemendikbud iniberlaku untuk pegawai di kantorpusat maupun satker di daerahtermasuk PNS di PTN. Sedang-kan guru PNS bukan pegawaiKemendikbud.

Besaran pembayaran remu-nerasi di Kemendikbud terdiridari 17 tingkatan atau grade.

Disahkan DPR dengan Banyak Catatandari halaman 1

Tingkatan tertinggi adalah untukpejabat eselon I sebesar Rp19,360 juta (sudah dipotong pa-jak)/bulan. Jadi saat uang re-munerasi periode Juli-Desember2013 cair, masing-masing peja-bat eselon I Kemendikbud men-dapatkan Rp 116 juta lebih.

Remunerasi untuk grade I inidialokasikan untuk 10 orang pe-nerima. Sedangkan grade de-ngan jumlah penerima terba-nyak ada di kelompok 5 (Rp 1,904juta/bulan sudah dipotong pa-jak) untuk 12.916 pegawai. Mus-liar menegaskan secara prinsipgrade pembayaran remunerasiitu didasarkan pada golongankepegawaian.

Tetapi dia menuturkan padakasus tertentu, ada pegawaidengan golongan sama tetapimenerima remunerasi berbeda.“Karena pada prinsipnya remu-nerasi ini didasarkan pada bebankerja,” jelas dia.

Musliar mencontohkan, sa-ma-sama menjabat sebagai ke-pala sub bagian (kasubag), be-ban kerjanya berbeda untuk ma-sing-masing unit utama di Ke-mendikbud. (wan)

kah setelah penangkapan AkilMochtar oleh Komisi Pemberan-tasan Korupsi (KPK) telah meng-akibatkan terjadinya kondisi itusehingga untuk mengatasi danmenyelesaikan keadaan tersebutperlu dibuat Perppu?” tanyanya.

Lebih lanjut, menurutnya un-tuk mengembalikan citra dankepercayaan masyarakat kepa-da MK, pemerintah cukup de-ngan melakukan revisi terhadapUU MK. “Hemat saya, revisi sajaUU MK yang ada,” ujarnya.

Selain itu, belum jelasnya pe-nentuan jadwal sidang di Dewan

Perwakilan Rakyat (DPR) untukmembahas Perppu, juga dising-gung oleh advokat yang berkan-tor di Menara Kuningan, Jakartatersebut. Robikin menjelaskanbahwa masalah tersebut mem-buat Perppu berkurang nilai ke-butuhannya dalam rangkamemperbaiki citra MK.

“DPR tidak juga membahasagenda persidangan untukmembahas penolakan atau per-setujuan Perppu. Yusril danMahfud M.D. juga sepakat bah-wa Perppu tidak diperlukan lagi,”imbuhnya. (dod)

Kredit FiktifBSMBogorNilai : Rp 102 miliarKerugian : Rp 59 miliarDebitur : 197 nama, 113 di antaranya fiktifModus : Mengajukan kredit perumahan fiktif

TERSANGKA:1. Kacab Utama BSM Bogor M. Agustinus Masrie2. Kacab Pembantu Jalan Baru Bogor Haerulli Hermawan3. Account Officer BSM Cabang Pembantu Jalan Baru Bogor JohnLopulisa4. Debitur bernama Iyan Permana

BARANG BUKTI1. Toyota Alphard B 1650 RL tahun 20092. Hummer B 741 FKD tahun 20093. Mercedes-Benz E300 B 741 NDH tahun 20114. Mercedes-Benz SLK B 1 ADG tahun 20115. Honda Jazz F 39 A tahun 20126. Honda CR-V F 1299 L tahun 20127. Honda Freed F 630 CW tahun 20128. Toyota Fortuner F 1030 D0 tahun 20139. Toyota Corolla Altis10. Suzuki Swift11. Honda Gold Wing (moge)

bih. Kasusnya kini ditangani Ba-reskrim dan Kejaksaan Agung.

Penyidik Bareskrim Polri ma-sih belum bersedia menjelaskanmodusnya, namun mengiyakansaat dikatakan modusnya miripyang dilakukan Yudi. Pasal 63 UUPerbankan Syariah memuat ten-tang laporan palsu, menghilang-kan dan mengaburkan dokumenperbankan syariah. Artinya, sa-ngat mungkin modus yang di-gunakan adalah membuat pe-ngajuan kredit dengan meman-faatkan kebijakan trust yangdimiliki bank.

Iyan selaku debitur membuatpengajuan menggunakan nama-nama fiktif dengan nominal dibawah Rp 2 miliar. Tujuannya,ACC pengajuan kredit tidak ha-rus melalui BSM Pusat. Selan-jutnya, giliran Agustinus, Hae-rulli, dan John yang berperan.Mereka menyatakan yakin de-ngan pengajuan penyaluran da-na yang dilakukan Iyan. Dasar-nya, mereka telah melakukanpemeriksaan terhadap Iyan danprospek usahanya sesuai pasal23 (2) UU Perbankan Syariah.

Sementara itu, Corporate Sec-retary BSM Taufik Machrus mem-bantah bahwa kasus itu terjadikarena pengawasan pusat ter-

hadap kantor cabang lemah.“Sebagai informasi awal, tim

legal BSM yang membuat lapo-ran ke polisi,” ungkapnya saatdihubungi Jawa Pos tadi malam.

“Detilnya akan diinformasi-kan besok (hari ini, red). Kamisedang mengumpulkan infor-masi,” sambungnya.

Direktur Eksekutif Departe-men Komunikasi Bank Indone-sia Difi A. Johansyah mengata-kan pihaknya terus memonitormanajemen risiko dan sistempengendalian internal perban-kan. “Termasuk kami memper-hatikan prinsip kehati-hatiandan prinsip syariah dalam ope-rasional bank. Pemenuhangood corporate governance te-rus kami awasi,” jelasnya.

Merujuk data Bank Indonesia(BI) kuartal kedua 2013, Difi me-nyebutkan pihaknya tengahmenginvestigasi 11 kasus duga-an tindak pidana perbankan pa-da 6 kantor bank umum. Darijumlah tersebut, ada tiga kasusdan dua bank umum yang hasilinvestigasinya telah ditindak-lanjuti dalam forum koordinasipenanganan tindak pidana per-bankan. Sedangkan yang dila-porkan kepada penegak hukumbelum ada. (gal/ca/byu)

kamar yang dalam keadaan gelapgulita. Kamar seluas 2 x 2 metertersebut terasa sangat pengap.Saat ditemukan petugas, keem-pat perempuan itu dalam posisiberbaring. Hanya beralas kasur,mereka harus berbagi ruang ge-rak.

Ironisnya, tampak hanya adasepiring nasi yang berada di ka-mar tersebut. Sepertinya, merekahanya diberi makan satu piringberempat. Melihat keadaan ter-sebut, Kepala Satpol PP Sura-baya Irvan Widyanto dan Kapol-sek Sawahan Kompol ManangSoebeti langsung meminta iden-titas mereka.

Empat perempuan tersebutberinisial Rita, 21, asal Kendal;Nurul, 23, asal Bandar, Batang;Nur, 27, asal Pati; dan Tari, 29, asalPemalang. Semua kabupaten itumasuk wilayah Jawa Tengah. DiSurabaya mereka semua tinggal

di Wisma Permata Biru di JalanJarak 39A.

Salah satu perempuan yangdisekap berinisial Rita, 21, me-ngaku jika dirinya dan ketigatemannya disekap sejak pukul20.00.

“Kami mulai disekap hari ini.Kami hanya diberi makansepiring berempat, dalam ke-adaan gelap, terpaksa makandengan diterangi cahaya darihandphone,” ujarnya pada Irvandan Manang.

Tak pelak, sekitar pukul 00.10petugas langsung mengaman-kan penjaga Wisma Permata Birubernama Sugiyanto dan seorangkasir bernama Sukardi. Setelahpetugas memborgol keduanya,mereka langsung digiring ke kan-tor Polsek Sawahan.

Dikonfirmasi soal kejadiantersebut, pengelola wismaSugiyanto menolak jika keempatperempuan tersebut disebutPSK baru.

“Mereka bukan PSK baru kok,”ujarnya kepada Jawa Pos.

Namun, soal penyekapan ya-ng dilakukan di lantai dua wisma,dia enggan berkomentar. KasirWisma Sukardi juga menolakmenjelaskan soal penyekapanyang berhasil digagalkan satpolPP dan polisi tersebut.

Sementara itu Kepala SatpolPP Surabaya Irvan Widyantomengatakan empat perempuanyang dipekerjakan sebagai PSKtersebut memang terbukti se-bagai PSK baru. Sebab, barubekerja selama 15 hari. “Ini PSKbaru,” ujarnya.

Karena itu sesuai dengan Per-da 7/2009, maka wisma PermataBiru ini bakal ditutup dan tidakboleh beroperasi. Dia mengata-kan, wisma tersebut tidak bolehberoperasi selamanya.

“Tidak ada toleransi, wismaharus tutup,” tegasnya.

Menurut dia, ada dua ke-mungkinan mengenai keempat

PSK tersebut. Yakni PSK dipeker-jakan di wisma Permata Biru ataudirencanakan untuk didistribu-sikan atau dijual ke wisma lain.“Mengingat wisma ini dikatego-rikan wisma kecil,” terangnyaditemui setelah membebaskanpenyekapan itu.

Bagian lain, Camat SawahanMuslich Hariadi mengatakan,sesuai dengan kesepakatan pada2011 antara pemkot, RT, RW, danmucikari tidak dibolehkan ada-nya PSK baru. Jika, terbukti adaPSK baru, maka wisma tersebutmendapat sanksi berupa penu-tupan secara total.

“Tahun ini, baru wismaPermata ini yang terbuktimembawa PSK baru,” ujarnya.

Selain itu, polisi mengambiltindakan tegas terhadap dua or-ang yang ditangkap pada raziaSelasa malam (22/10). Penjagadan Kasir Wisma Permata Biru diJalan Jarak 39A itu dijadikantersangka. Polisi menggunakan

Pernyataan itu dia sampaikanlantaran ada rumor bahwa RanoKarno mulai mengincar kursigubernur pasca mencuatnya ka-sus suap Ketua Mahkamah Kon-stitusi nonaktif Akil Mochtaryang menyeret nama Ratu AtutChosyiah. Kabar itu pertamadiembuskan oleh anggota Ko-misi III DPR FPG Nudirman Mu-nir beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Wa-kil Sekretaris Jenderal DPP PDIPAhmad Basarah mengatakanbahwa Rano Karno tidak akanmengincar kursi gubernur. Tanpadiincar pun, Rano yang secaraotomatis akan menjadi gubernurbila proses hukum di KPK me-nyatakan Ratu Atut bersalah.

Lagi pula, saat ini Ratu Atut ber-status saksi.

“Pernyataan Bamsoet itu ber-laku untuk semua. Bila nanti ter-bukti Bu Atut bersalah, otomatisPak Rano akan menggantikan-nya,” katanya.

Basarah mengajak semua pihakmenghormati proses hukum yangberjalan di KPK dan tidak ada pihakyang boleh mencampuri.

Dia juga tidak ingin proseshukum yang dihadapi Atut di-anggap Golkar sebagai celahbagi Rano mengincar posisi gu-bernur Banten. “Jangan dilihatsebagai upaya Pak Rano menjadigubernur Banten. Kita harus hor-mati proses hukum dan menge-depankan asas praduga tak ber-salah,” tuturnya. (fat/JPNN/c4/fat)

Rano dan PDIP Diminta ...dari halaman 1

pasal 2 undang-undang nomor21 tahun 2007 tentang pembe-rantasan tindak pidana perda-gangan orang.

Para tersangka itu adalah Su-giyanto, 44, asal dari Modo, Re-ngel, Tuban, dan Sukardi, 45,yang berasal dari Ngebruk, Sum-ber Pucung, Malang. Selama diSurabaya mereka tinggal di wis-ma Permata Biru.

Kapolsek Sawahan KompolManang Soebeti menuturkanpenangkapan dua orang ter-sebut berdasar keterangan saksiempat PSK yang disembunyikanoleh para tersangka. Empat PSKitu baru berkerja tiga bulan ter-akhir. Bahkan ada yang bekerjabaru 15 hari. “Mereka ini dijeratdengan utang untuk mengikatmereka agar mau bekerja sebagaiPSK,” kata dia saat ditemui diMapolsek Sawahan kemarin.(idr/jun/zuk/end)

Selamatkan 4 PSK yang Disekap dan Makan Sepiring Berempatdari halaman 1

Page 8: RADAR TEGAL 24 okt 2013

CCCCCMMMMMYYYYYKKKKK

CCCCCMMMMMYYYYYKKKKK

BISNISKAMIS , 24 OKTOBER 2013 8

RADAR TEGAL

Bank Jateng Slawi SerahkanHadiah Tabungan Bima

Adapun nasabah Tabungan Bima Bank JatengCabang Slawi yang beruntung mendapatkanToyota Avanza yang merupakan hadiah ke-1adalah Cantik Mutiara Cahaya dari Slawi.Sementara yang mendapatkan Honda Varioadalah Sri Handayani, Pagiyanten, pemenangkoin emas Nurhayati dari Pagiyanten dan tele-vise dibawa pulang oleh Rindriyati,Sumurpanggan, Kota Tegal. Tidak lupa,kepada semua pemenang dia dan seluruhkaryawan Bank Jateng Cabang Slawimengucapkan selamat. Bagi nasabah yangbelum beruntung, tidak perlu khawatir karenamasih banyak kesmepatan memenangkanhadiah dan tingkatkan terus saldo tabunganyang dimiliki.

“Selamat dan semoga hadiah yangdiperoleh bisa dimanfaatkan denganbaik,” katanya.

Cantik Mutiara Cahaya, nasabah yangmendapatkan Toyota Avanza mengakukaget begitu mendapat kabar bahwa dirinyamemenangkan undian Tabungan Bimaperiode I. Selama menjadi nasabah BankJateng, dia mendapatkan pelayanan yangbaik serta profesional dan ramah. Hadiahtersebut nantinya akan digunakan sendiridan menjadi kenang-kenangan yang tidakakan dia dan keluarga lupakan. Prosespengundian yang berjalan dengan fair jugapatut mendapatkan apresiasi sehinggasemua nasabah yang memenuhipersyaratan memiliki peluang yang samauntuk mendapatkan hadiah.

“Terima kasih kepada Bank Jatengkarena kami bisa mendapatkan hadiahutama,” jelasnya. (adv/gun)

KOIN EMAS – Nurhayati berhasil mendapatkan koin emas dalamundian Tabungan Bima Bank Jateng Periode I tahun 2013.

SERAHKAN HADIAH – Pemimpin Bank Jateng Cabang Slawi Adhib Noor Rosyid (duadari kanan) menyerahkan kunci mobil kepada Cantik Mutiara Cahaya.

Periode I Tahun 2013

SLAWI - Bank Jateng Cabang Slawi, Rabu(23/10) menyerahkan hadiah Undian Gratis

Berhadiah bagi nasabah Tabungan Bimaperiode I, Januari-Juni 2013. Sementarapenarikan undian dilaksanakan pada 27 Sep-tember di Bank Jateng Cabang Pemalang.

Pemimpin Bank Jateng Cabang Slawi AdhibNoor Rosyid membenarkan hal itu.Menurutnya, penyerahan hadiah kali inimerupakan tindak lanjut dari hasil penarikanundian yang telah dilaksanakan sebelumnya.Kali ini, nasabah Tabungan Bima Bank JatengCabang Slawi berhasil mendapatkan ToyotaAvanza, Honda Vario, koin emas serta televisi.

HADIAH TV – Rindriyati mendapatkan hadiah LED TV 32’ dalamundian Tabungan Bima periode I tahun 2013.

SLAWI – Yamaha AgungMotor kembali melanjutkanprogram resik-resik (bersih-bersih) desa yang digelar di

lokasi berbeda di wilayah eks-Karesidenan Pekalongan. Kali

ini, kegiatan serupa di-laksanakan di Perumahan

Griya Prajamukti, Kalisapu,Minggu (20/10) dan mendapat

sambutan positif dari wargasekitar.

Promosi Yamaha AgungMotor Ade Himawanmengatakan, konsep

acara yang diusung kali ini samadengan sebelumnya. Di sini, de-ngan dukungan warga sekitardiadakan kegiatan kerja baktimembersihkan selokan, sampahdan sebagainya agar lingkungansekitar menjadi bersih.

Setelah selesai kerja bakti,warga dan pengunjung bisa me-nikmati hiburan berupa organtunggal serta berbagai gamesmenarik dengan sederet doorprize yang telah disiapkan. Bah-kan, dalam kegiatan kali ini, ter-dapat beberapa transaksi pen-jualan. Salah satunya adalahpembelian Yamaha Mio GT olehSutarmi (50). Melalui acara se-perti ini, diharapkan YamahaAgung Motor bisa terus menjadi

bagian dari masyarakat.“Melalui resik-resik desa seperti

ini kami bisa berinteraksi secaralangsung dengan warga sekitar,”ujarnya.

Di sisi lain, lanjutnya, di setiapkegiatan, tidak ketinggalan ma-syarakat sekitar bisa melihat daridekat berbagai tipe sepeda mo-tor terbaru keluaran Yamahayang bisa menjadi pilihan dandisesuaikan dengan kebutuhanmasing-masing. Bagi masyara-kat di wilayah lain yang belum

SEMARANG – Saat kondisiekonomi Indonesia yang cen-derung tak stabil seperti sekarangini, penjualan emas masih cukupbaik. Meski begitu, tren pem-belian emas berubah. Masya-rakat cenderung membeli emasuntuk investasi, sementara pem-belian emas untuk fungsi per-hiasan menurun.

Bagi masyarakat kalangan ter-tentu, emas masih menjadi in-vestasi yang baik di tengah kon-disi ekonomi Indonesia yang be-lum stabil seperti ini. MenurutKetua Asosiasi Pengusaha Emasdan Permata Indonesia (APEPI)Semarang Bambang Yuwono,karakteristik masyarakat Indo-nesia adalah ketika mereka me-miliki uang maka akan membeliemas tanpa mempedulikan har-ga saat itu.

”Begitu juga ketika merekamembutuhkan uang sewaktu-waktu bisa menjual emas kapansaja. Untuk itu kita tak bisa mem-prediksi mengenai penjualanemas, kapan akan membaik dankapan akan menurun. Kondisiekonomi yang tak stabil sepertisekarang pun penjualannya ma-sih cukup baik,” tegasnya.

Sementara menurut HumasPT Pegadaian Kantor Wilayah XIJateng-DIJ Subandi, saat ini ma-syarakat cenderung membeliemas untuk investasi. Karena itumasyarakat tertentu melirik pa-da emas batangan, bukan yang

berupa perhiasan. Hingga saatini, dirinya mengatakan, pen-jualan emas batangan produksiAneka Tambang (Antam) selalumengalami peningkatan.

”Peningkatan penjualan inijuga karena untuk proses pem-belian emas Antam tak sulit,”jelasnya kepada Radar Sema-rang, baru-baru ini.

Sementara, harga perhiasanemas yang hingga saat ini belumstabil membawa angin segar ba-gi pedagang perhiasan nonemasserta aksesori. Perhiasan sepertiperak dipadu batu alam, saat inicukup diminati sebagai perhia-san pengganti emas.

Salah satu pedagang perhia-san perak di salah satu mal diSemarang, Herman (40) menga-takan, semenjak nilai tukar ru-piah terhadap US dolar melemahdan membuat harga emas me-njadi tidak stabil, ada pening-katan penjualan barang daga-ngannya. Sejak beberapa bulanlalu, omzetnya bahkan naik hin-gga 40 persen. Herman menga-takan, tren yang terjadi saat ini,orang tidak lagi berpikir tentangapakah barang tersebut emasatau bukan, namun yang pen-ting perhiasan tersebut harusterlihat mewah dan tidak mu-rahan. (ars/smu/ce1)

Resik DesaBarengYamahaAgung Motor

dikunjungi, tidak perlu berkecilhati karena acara sejenis masihakan digelar di beberapa lokasisebagai bagian dari apresiasiatas kepercayaan masyarakatselama ini kepada Yamaha A-gung Motor di dalam menda-patkan berbagai tipe sepeda mo-tor Yamaha.

“Semua bisa berbaur menjadisatu dalam membersihkan ling-kungan sekaligus melihat daridekat tipe motor apa saja yangada,” tandasnya. (gun)

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

TAMPIL KOMPAK – Warga tampil kompak membersihkanlingkungan sekitar dalam gelaran Yamaha Agung resik-resikdesa.

Tren Pembelian Emas untuk Investasi

DOK/RASE

NAIK TURUN – Penjualan emas untuk perhiasan saat ini menurun,namun penjualan emas batangan untuk investasi justru naik.

TEGAL – Masyarakat Tegal dan se-kitarnya yang membutuhkan berbagaiponsel seperti BlackBerry atau ponselyang mengusung OS Android sepertiSamsung, Lenovo dan sebagainya bisadatang ke Icon Smartphone Corner diJalan A Yani Kota Tegal. Di sini semuakebutuhan tersebut bisa didapatkandengan mudah serta akan dilayanisecara ramah dan profesional agar apayang diinginkan bisa segera dibawapulang.

Hal ini diungkapkan Berlin DwikiAsmara, kepala Toko Icon SmartphoneCorner. Menurutnya, kebutuhan ma-syarakat akan smartphone saat ini terusmeningkat dengan selera yang berbeda

antara satu konsumen dengan lainnya.Itulah sebabnya di sini semakin banyakmenyediakan merek dan tipe agarkeinginan tersebut dapat dipenuhidengan cepat dan lebih dekat tanpaharus ke luar kota.

Untuk mendukung itu semua, adaprogram menarik yang bisa diman-faatkan mulai 16 Oktober hingga 16November yaitu cash back Rp 100 ribudan gratis powerbank. Kepada masya-rakat Tegal dan sekitarnya, segeramanfaatkan promo terbaru agar bisamendapatkan benefit lebih. Jika masihragu, bisa datang langsung dan pilihsendiri smartphone yang diinginkan.

“Semua tersedia lengkap di Icon

Smartphone Corner,” ujarnya.Siska (29) warga Jalan Blimbing Kota

Tegal usai melihat deretan smartphoneyang ada mengaku senang karena apayang dia inginkan tersedia. Selain itu,pilihan yang beragam juga memudah-kan konsumen dalam memilih agardapat disesuaikan dengan selera sertakebutuhan masing-masing. Lokasiyang strategis juga memudahkannyadalam menjangkau sehingga smartp-hone terbaru yang sedang tren bisasegera dibawa pulang.

“Kami juga bisa mendapatkan pro-gram terbaru mulai dari cash backhingga mendapatkan powerbank,”terangnya. (gun)

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

LEBIH BERAGAM – Berbagai smartphone terbaru tersedia lengkap di Icon Smartphone Corner.

Icon Smartphone Corner

TAWARKANBERAGAM PILIHAN

Page 9: RADAR TEGAL 24 okt 2013

27 Oktober 2013

47 HARI LAGI

N

y

o

b

l

o

s

!

!

N

y

o

b

l

o

s

!

!

Y

u

u

u

h

h

h

3 HARI LAGI

CMYK

METROPOLISRADAR TEGAL

9KAMIS, 24 OKTOBER 2013

CMYK

Pastikan Pelayanan Masyarakat BagusIkmal ke RSI, Uyip Blusukandi Debong Tengah

CALON Wali Kota Tegal, Ikmal Jaya, berko-mitmen memberikan pelayanan terbaik padamasyarakat. Khususnya bidang kesehatan.Karena itu, kemarin (23/10), dia turun ke lapa-ngan langsung, dan menyerap aspirasi parapasien Jamkesmas, di RSI Harapan Anda.

Kedatangan Ikmal di rumah sakit swasta,yang berlokasi di Jalan Ababil Kelurahan Ran-dugunting, Kecamatan Tegal Selatan itu, di-sambut antusias. Dengan mengenakan busa-na identitasnya, yakni baju batik tulis bermotifkupu-kupu, dia masuk ke Ruang Bougenvile.Di sana terdapat lebih dari 10 pasien Jam-kesmas, yang sedang dirawat inap.

ADI MULYADI/RATEG

DIKERUBUTI MASSA - Warga dan anak-anak sekolah di DebongTengah, yang melihat kedatangan Calon Wakil Wali Kota, EdySuripno, langsung mengerubuti untuk sekadar bersalaman danfoto bersama.

DOK UMEN TIM PEMENANGAN

SALAMI PASIEN - Calon Wali Kota Tegal, Ikmal Jaya, menyalamipasien Jamkesmas, di Ruang Bougenvile RSI Harapan Anda.Selain menyalami, Ikmal menyerap semua aspirasi pasien.

Drs HM Nursholeh MMPd

BekerjauntukRakyatW A L A U P U N

menjadi pemimpinakan dipertang-gungjawabkan di ha-dapan Allah SWT.Niat Drs HM Nur-sholeh MMPd atauKang Nur, menjadicalon wakil wali ko-ta, dalam pilwalkot,Minggu (27/10) te-tap bulat. Sebab, di-rinya semata-mataberibadah serta be-kerja demi rakyatKota Tegal.

“Saya sudah berjanji, untuk mengabdi padamasyarakat. Saya bersama Hj Bunda Sitha bulat,mengikuti Pilwalkot Tegal. Namun sekali lagi, sayamaju jadi calon wakil wali kota, bukan karenaambisi pribadi. Tapi untuk rakyat, dan perubahanKota Tegal ke arah lebih baik,” ucap Nursholeh.

Dia menambahkan, sesuai visi Paslon ‘TegalBERSINAR’ (BERsama hj bunda SItha dan kangNur mengAbdi Rakyat), terwujudnya Kota Tegalyang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pela-yanan Prima. Titik tekannya, pada peningkatankesejahteraan masyarakat dan pelayanan prima.“Kami akan berusaha maksimal, bekerja demirakyat. Kalau dipercaya memimpin Kota Tegal 5tahun ke depan, kami akan bekerja penuhwaktu.” (hun)

KANCA BATIR

Lima KasusPilwalkotDihentikan

M SAEKHUN/RATEG

LANTUNKAN AYAT SUCI - Paslon nomor urut 3, Hj Bunda Sitha-Kang Nur, melantunan ayat suci Al-Quran, dalam Istighotsah dan Pengajian Umum bersama ulama serta habib.

UlamadanHabib, DoakanHj Bunda Sitha-Kang Nur

UNTUKMEMENANGKAN

PILWALKOT

Dinilai TakCukup Bukti

SAMPAI saat ini, tak ada kasuspelanggaran Pemilihan Wali Ko-ta-Wakil Wali Kota (Pilwalkot)Tegal, yang diungkap tuntas olehPanwaslu. Bahkan 5 kasus yangdiproses, akhirnya dihentikandengan alasan tidak cukup buktidan kadaluarsa.

Menurut Ketua Panwaslu,Toto Pranoto ST, hasil penyidik-an akhirnya menghentikan la-poran perusakan puluhan ban-ner milik Paslon nomor urut 3, HjBunda Sitha-Kang Nur. Sebab ti-dak cukup bukti dan kadaluarsa.Atas dasar itulah, Panwaslu me-mutuskan untuk menghenti-kannya.

“Kami tidak dapat menindak-lanjuti laporan perusakan pu-luhan banner milik paslon nomorurut 3, yang dilaporkan TimKampanye ‘Tegal BERSINAR.’Lantaran kadaluarsa, hingga ba-tas waktu yang ditentukan, kamitidak dapat mengungkap pelakuyang merusaknya.”

Lebih lanjut dia mengungkap-kan, kasus pilwalkot yang di-hentikan, terkait laporan TimKampanye Paslon nomor urut 1,Ikmal-Uyip. Berhubungan de-ngan kampanye hitam, yang di-sebar melalui SMS. Hasil rapatTim Penegak Hukum Terpadu(Gakumdu), memutuskan ka-susnya tidak cukup bukti. Oto-matis dihentikan, dan tidak akanditindaklanjuti.

ULAMA dan habib mendo-akan, agar Pasangan Calon (Pas-lon) Wali Kota-Wakil Wali KotaTegal nomor urut 3, Hj Siti Ma-sitha Soeparno-Drs HM Nursho-leh MMPd, atau Hj Bunda Sitha-Kang Nur, dapat memenangkatpilwalkot, Minggu (27/10). Halini terungkap, dalam Istigho-tsah dan Pengajian Umum ‘Te-gal Damai,’ bersama ulama sertahabib, di lapangan KecamatanTegal Timur, Selasa (22/10) ma-lam.

Sekitar jam 20.00, ribuan wargadan santri Pondok Pesantren Gi-ren Talang, pimpinan KH AhmadSaidi bin KH Said, ulama maupunhabib mendatangi lokasi tersebut.Kegiatan diawali dengan istigho-tsah, dipimpin KH Misbah. Se-telah itu, sekitar pukul 21.15, di-gelar pengajian umum.

Suasana dingin tak dirasakanribuan masyarakat. Dengan se-mangat, mereka mengikuti aca-ra tersebut, dengan membacatahlil, takbir, dan zikir. Berbeda

M SAEKHUN/RATEG

FOTO BERSAMA - Paslon nomor urut 3, Hj Bunda Sitha-KangNur, foto bersama ulama serta habib usai kegiatan.

ABIDIN ABROR/RATEG

ANTUSIAS - Kampanye terakhir Paslon nomor urut 4, HendriaPriatmana-Endang Sutarsih, disambut antusias oleh warga.

PASANGAN Calon Wali Kota-Wakil Wali nomor urut 4, HendriaPriatmana SE-Hj Endang Su-tarsih SH, dalam kampanye pu-taran akhir kemarin, tetap me-milih menemui warga di berbagaipelosok kelurahan. Mereka me-nyatakan optimis, dengan hasilperolehan suara, yang bakal di-peroleh dalam pemilihan, Ming-gu (27/10). “Kami optimis de-ngan hasil perolehan suara.”

Hendria menambahkan, war-ga sudah cerdas menentukanpilihan. Meski sebelumnya me-nentukan siapa yang bakal dipi-lih, bisa jadi ketika pencoblos-an, mereka menentukan calonlain.

“Saya yakni masyarakat cer-das menentukan pilihan. Jangangolpot. Kalau begitu berarti tidak

ikut membangun kota.”Berdasarkan pantauan Radar,

dalam kampanye terakhir Pas-lon Hendria-Endang, menyam-bangi warga di Kelurahan Min-taragen, Kecamatan Tegal Ti-mur. Sedang wilayah yang di-datangi antara lain KampungPaweden. Masyarakat me-nyambut hangat kehadiran pas-lon nomor empat itu. Hendria-Endang tak lupa mohon doarestu dan dukungannya, dalampilwalkot yang digelar serentak,Minggu (27/10).

Dari situ, kedua paslon ber-sama tim kampanye, menerus-kan silaturahmi menemui wargadi Jalan Bali, Kelurahan Minta-ragen. Biasa disebut KampungTengpa.

Kampanye Terakhir, Hendria-Endang Tetap Optimis

GUNA membantu masyarakatyang tuna netra, KPU menyiapkan420 surat suara template. Sehinggasetiap TPS, akan mendapat alatbantu template. Pengiriman dila-kukan bersamaan dengan pengi-riman logistik pilwalkot, hari ini(Kamis, 24/10).

Menurut Divisi Pemungutan danPenghitungan Suara KPU, SaefurRokhim, 420 template telah siap,tinggal didistribusikan ke TPS. Tem-plate dipakai warga yang tuna ne-tra, dan menguasi huruf braille.Sedangkan warga tuna netra, na-mun tak menguasai huruf braille,akan memakai Formulir C7 ataupendamping. “Pendamping diusa-hakan keluarga dekat, disaksikan

petugas KPPS. Tapi, agar pendam-ping tidak mempengaruhi, apalagimencoblos. Pendamping sebatasmemberikan informasi dan petun-juk, supaya surat suara tidak rusak.”

Dia mengungkapkan, sebagaibentuk antisipasi, semua TPS Pil-walkot Tegal yang berjumlah 420,bakal disediakan template. Adapuntemplate digunakan atau tidak,bergantung apakah di TPS ada pe-milih tuna netra, serta mengusaihuruf braille atau tidak. Bila tidakada, alat bantu template tidak dipa-kai. “Kami targetkan, partisipasimasyarakat dalam pilwalkot mak-simal. Kami mengimbau warga,Minggu (27/10) datang ke TPS,”tutur Saefur Rokhim.

Sedikitnya 420 Template Siap DidistribusikanSementara anggota KPU, Ari-

sandi Kurniawan SPd mema-parkan, semua logistik yang akandigunakan dalam pilwalkot su-dah siap. Mulai surat suara, ATK,tinta, alat, dan alas coblos, for-mulir, termasuk alat bantu tem-plate. Semua logistik dikirim kePPK, hari ini (Kamis, 24/10).Menghindari hal-hal tidak di-inginkan dan sabotase, pengiri-man dikawal aparat kepolisianbersenjata lengkap. (hun)

M SAEKHUN/RATEG

WargaDesakRealisasiFasilitasUmum

WARGA Perumahan Tegal Residence, kembalimendesak pada pengembang, agar merealisasi-kan seluruh fasilitas umum (fasum) yang dijan-jikan. Hal itu terungkap, dalam rapat DPRDbersama pengembang PT Karya Gemilang Permaiserta perwakilan warga, kemarin (23/10), dipimpinWakil Ketua Dewan, H Yakin Basuki.

Salah seorang perwakilan warga, Darsonomengatakan, selama ini fasum dijanjikan pe-ngembang belum seluruhnya terwujud. Antaralain pembangunan saluran air, jalan, lampu pene-rangan, lapangan olah raga, dan penyelesaianmasalah masjid. Karena itu, meminta DPRD turutmendesak pengembang, supaya memenuhi tun-tutan masyarakat. “Selama ini dijanjikan, namuntak kunjung ada kepastian. Pengembang harusmembuktikannya.”

Hal senada diungkapkanYanto. Menurutnya,mendekati musim penghujan, warga merasakuatir. Saat ini tidak ada saluran pembuangan, bilahujan lebat turun akan terjadi banjir. “Kamimeminta saluran dibangun, supaya kompleksperumahan tidak kebanjiran,” imbuhnya.

Di tempat sama, Direktur PT Karya GemilangPermai, selaku pengembang Perumahan TegalResidence, Pratikwo menandaskan, pembangu-nan masjid serta pengaspalan jalan telah dila-kukan. Untuk saluran air akan dikoordinasikandengan instansi terkait serta masyarakat. Pihak-nya berupaya memenuhi prosedur masalah per-ijinan.

Sementara Wakil Ketua DPRD, H Yakin Basukimeminta pengembang maupun pemkot, menun-taskan persoalan tersebut. Pengembang harusmembuat laporan kronologis, dan upaya dilaku-kan maupun belum terhadap tuntuntan warga.Selain itu, DPRD membuat surat resmi ke walikota, menindaklanjuti masalah itu, termasukrealisasi fasilitas umum. (hun)

HUNIAN

TEMPLATE - Divisi Pemungutandan Penghitungan Suara KPU,Saefur Rokhim, menunjukkanalat bantu template, yang akandipakai dalam pilwalkot.

dengan kegiatan sejenis. Karenapada Istighotsah dan PengajianUmum ‘Tegal Damai’ bersamaulama serta habib, pembacaanayat suci Al-Quran maupun sari-tilawah, dikumandangkan olehCalon Wali Kota dan Calon WakilWali Kota Tegal, Hj Bunda Sitha-Kang Nur. Ribuan warga denganhikmat, mendengarkannyasampai selesai.

Di hadapan pengunjung, KH

Fatullah memaparkan, melaluiistighotsah dan pengajianumum, diharapkan niat PaslonHj Siti Masitha Soeparno-DrsHM Nursholeh MMPd, atau HjBunda Sitha-Kang Nursholehdikabulkan oleh Allah SWT. Ka-rena sangat mulia, demi meng-abdikan diri pada masyarakat,selain beribadah kepada SangPencipta.

ADI MULYADI/RATEG

BERDIALOG - Calon Wali Kota Tegal, IkmalJaya, berdialog dan menyerap seluruhaspirasi petani, di persawahan KaligangsaMargadana, kemarin.

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

Page 10: RADAR TEGAL 24 okt 2013

KAMIS24 OKTOBER 2013

PEMALANGRADAR TEGAL

10

NGENDONG

PENTOL RAH

PeranStrategisPENGAWAS pemilu lapa-

ngan (PPL) memiliki perananpenting dalam menyukses-kan penyelenggaraan pemiluDPR, DPD dan DPRD pada 9April 2014 menda-tang. Karenanya, petugasPPL di sejumlah desa diKecamatan Bodeh Kabu-paten Pemalang harus su-dah siap dan memahamitugas dan fungsinya terkaithal tersebut.

Suatu ketika seorang pe-ngawas pemilu lapangan(PPL) di Kecamatan Bodehmenanyakan, apa penting-nya (urgensi) pengawasanpemilu di Indonesia. Perta-nyaan tersebut bukan hanyamenjadi pertanyaan seoranganggota PPL saja tetapisebagian besar masyarakatdi Indonesia menanyakansejauhmana pentingnya

pengawasan pemilu di Indonesia.Seberapa efektifkah pengawasan yang dilakukan Badan

Pengawasan Pemilu (Bawaslu) dan jajaran di bawahnya padapelaksanaan pemilu selama ini dan yang akan datang. Pertanyaantersebut menjadi wacana dalam masyarakat terkait langsung padapelaksanaan pemilu di Indonesia.

Jika ditinjau dari perspektif pemilu yakni agar tercipta derajatkompetisi yang sehat, partisipatif, dan mempunyai derajatketerwakilan yang lebih tinggi, serta memiliki mekanismepertanggungjawaban yang jelas, penyelenggaraan pemilu harusdilaksanakan secara lebih berkualitas dari waktu ke waktu.“Implementasi dari upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitasadalah membentuk dan melaksanakan fungsi pengawasan pemilu,”kata Mohammad Sobirin ST, mantan ketua Panwaslu KecamatanBodeh di pilgub lalu.

Maka dari itu, lanjut Sobirin tugas PPL itu terkait pelanggaran pemilu,mencatat siapa pelaku pelanggaran, dan melaporkannya kePanwascam, termasuk mendengar terjadinya pelanggaran. PetugasPPL harus mengenali wilayah kerjanya masing-masing, jangansampai tak paham, karena petugas PPL bertugas melakukanpengawasan di wilayahnya terkait proses penyelenggaraan pemilu.

Pada pemilu mendatang ada 12 peserta dan diharapkan berlangsungjurdil. Pemilu itu sendiri syarat untuk mendapatkan pemerintahan yangsah. Dia berharap PPL dan Panwaslu Kecamatan membangunkemitraan dan komunikasi, sehingga pemilu berjalan aman dan sukses.

“Petugas PPL jangan sampai saling mencari kesalahan, termasukkesalahan pihak lain yang kemudian dijadikan objek”, terang priakelahiran Pemalang 10 Mei 1979 itu.

Menurutnya, tugas PPL mengawasi penyelenggaraan ataupelaksanaan Pemilu. Mengawasi peserta Pemilu dan Caleg, hanyamelihat dan mengawasi. Artinya jika ada pelanggaran, maka harusdilihat langsung kebenarannya di lapangan, di datangi apa benarkejadiannya.

”Harus dilihat langsung,” kata alumni Universitas MuhammadiyahSurakarta itu serius.

Jika memang terjadi pelanggaran, catat juga siapa yangmelakukannya, termasuk lokasi dan waktu pelanggaran. Juga apakahpelanggaran ini termasuk pelanggaran kode etik atau pelanggaranlainnya.

Harapan besar dari PPL bahwa untuk tugas PPL bisa dilanjutkansampai pada pilpres mendatang, tetapi panwaslu kecamatan tetapmelakukan evaluasi kinerja PPL dan pelantikan ulang PPL. “Yangterakhir petugas PPL harus memiliki catatan integritas dan kinerjayang baik sesuai peraturan,” pungkasnya. (rid)

dok.rateg

Mohamamd Sobirin, ST

KTSRampung,Bagi-bagiHadiahPEMALANG – Kegiatan Tengah Semester (KTS) I tahun pelajaran

2013/2014 yang dilaksanakan selama tiga hari (17–19/10) lalu yangdiisi dengan berbagai lomba telah berhasil mengumpulkan beberapajuara. Para juara tersebut kemudian naik ke atas panggung untukmenerima hadiah dari panitia.

Panitia lomba dalam rangka kegiatan tengah semester (KTS) I SMPNegeri 7 Pemalang, Drs. Budiharjo mengatakan, lomba dilaksanakanselama tiga hari mulai Kamis hingga Sabtu lalu. Ada delapan jenislomba yang diujikan kepada para siswa yang merupakan pilihan daribeberapa lomba yang disiapkan oleh panitia.

Menulis puisi dengan tema “Nasionalisme dan Kepahlawanan”,basket, karaoke, membaca puisi, pidato Nasionalisme dan KarakterBangsa, pengucapan naskah pembukaan UUD 1945, joget Caesardan lomba menggambar dengan media tong sampah.

Khusus untuk lomba joget Caesar, diikuti oleh semua siswa darikelas VII sampai dengan IX yang masing-masing tingkatanmengirimkan 1 regu dengan rincian 1 kelas mengirimkan satu pesertayang selanjutnya digabung dengan kelas paralelnya hingga menjadisatu regu. Untuk lomba jenis olahraga dilaksnakan di lapangan bas-ket, untuk joget Caesar di halaman SMP sedangkan lomba lainnya diruang kelas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Tampak terlihat beberapa siswa saat menerima hadiah lomba yangmereka ikuti. Walaupun hanya tingkat sekolah mereka bangga bisamemperoleh juara. “Hal itu bukti bahwa siswa tersebut memiliki bakat,”katanya.

Pemberian hadiah lomba dalam rangka KTS I tahun pelajaran 2013/2014 yang diselenggarakan di halaman sekolah tersebut berlangsungmeriah. Mereka juga menampilkan beberapa kesenian seperti paduansuara Gending Sriwijaya, menyanyi dan yang lainnya .(rid)

M RIDWAN/RADAR PEMALANG

BERI HADIAH – Ketua Panitia Drs Budiharjo saat memberikanhadiah lomba dalam rangka KTS I tahun pelajaran 2013/2014SMP 7 Pemalang.

PEMALANG – Mendasari hasilpemeriksaan BPK (Badan Peme-riksa Keuangan) yang menya-takan bahwa opini laporan ke-uangan di Kabupaten Pemalangmasih wajar dengan pengecua-lian (WDP). Ada beberapa upayayang dilakukan oleh PemerintahKabupaten Pemalang, diantara-nya melalui DPPKAD menye-lenggarakan Pembekalan Sen-sus dan Validasi Barang MilikDaerah di Hotel The WinnerPemalang.

Pembekalan sensus dan vali-dasi barang milik daerah yangdiikuti oleh seluruh pengurusbarang dari masing-masing sa-tuan kerja dari tingkat SD, SMP,SMA, Puskesmas, dan dinas ins-tansi lainnya itu diikuti olehsekitar 1000 orang yang waktu-nya ditentukan sesuai jadwalselama 4 hari. Dimulai 23-24, dan28-29 Oktober mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) AsetDPPKAD Kabupaten PemalangTunggak Priyono mengatakan,kegiatan pembekalan sensusdan validasi barang dilakukankarena barang-barang terutamapada sekolah-sekolah di Pema-lang yang jumlahnya sekitar 700-an sekolah bangunannya adalahmilik pemerintah daerah. Tetapitanahnya ada yang masih milikdesa.

“Karenanya, dengan validasinantinya dalam KIB (Kartu In-ventaris Barang) yang penggolo-ngannya ada A, B, C dan sete-rusnya. Khusus pada barang-barang yang bukan milik peme-rintah daerah dalam kolom kete-rangan diberi catatan penje-lasan,” kata Priyono.

“Tidak semuanya tanah itumilik desa, ada sebagian yang

disamping bangunannya, ta-nahnya juga sudah menjadi milikpemerintah daerah.” tegas Pri-yono.

Dari kegiatan pembekalantersebut, seluruh peserta nan-tinya paling lambat tanga 31Desmber 2013 sudah harus me-laporkan, mendata dan men-validasi asset-aset yang ada dilingkungan kerjanya masing.Mudah-mudahan bisa selesaidan bisa diketahui. Hal tersebutagar asset milik pemerintah ka-bupaten Pemalang benar-benarterdokumen dengan baik.

“Jelas antara asset Pemda de-ngan desa bisa diketahui,” terangPriyono.

Dikatakan pula, sementara inimasih belum jelas yang kaitan-nya dengan tanah-tanah baikPuskesmas, sekolah dan itu jum-lahnya masih banyak.

Kepala DPPKAD KabupatenPemalang Ni Wayan Asrini me-nyampaikan, sesuai penegasanbupati setelah acara ini harusada progresnya. Kehadiran BPKsebagai nara sumber tentunyauntuk memberi semangat kepa-da kita tentang pengelolaan ba-rang yang lebih baik lagi.

“Pada intinya Pemalang sudahbaik namun demikian agar lebihbaik lagi,” terang Asrini.

Disampaikan juga, bahwapembekalan diambilkan narasumber dari BPK dan DPPKADKabupaten Pemalang. Diharap-kan melalui membekalan sen-sus dan validasi barang milikdaerah yang diikuti seluruhpengurus barang dari masing-masing satuan kerja tersebutselain bisa diketahui mana yangaset pemda dan mana yang asetdesa. (rid)

Ubah WDPJadi WTP

M RIDWAN/RADAR PEMALANG

IKUTI PEMBEKALAN – Pengurus Barang dari seluruh SKPD diKabupaten Pemlaang saat mengikuti Pembekalan Sensus danValidasi Barang Milik Daerah di Hotel The Winner Pemalang.

Melihat dariDekatPerpustakaan SD Negeri 04 Kreo

DEMI terwujudnya anak didikyang cerdas dan gemar membacabanyak sekolah yang berupayauntuk memenuhi segalakeperluan yang dibutuhkan siswa-nya. Antara lain yaitu tersedianyagedung perpustakaan besertasegala kelengkapan buku-bukuyang merupakan jendela duniadisamping ruangan yang rep-resentatif untuk membaca.

Seperti yang dilakukan di SDNegeri 04 Kreo Kecamatan Ran-dudongkal. Di mana para siswasekolah tersebut banyak yang ge-

mar membaca sehingga sekolah te-rus melakukan upaya untuk ge-dung perpustakaan yang nyaman.

Perpustakaan yang diberi na-ma Perpustakaan Kasih Ilmutersebut memang sudah lamaada, tinggal bagaimana mem-berikan sarana dan prasaranayang lebih lengkap termasukperbaikan gedung yang renca-nanya akan diperbaiki untukkenyamanan. Apalagi setelahmelihat minat baca yang tinggidari siswanya.

Kepala SD Negeri 04 Kreo Su-mitro SPd mengatakan, sekolahharus mendukung belajar uta-manya untuk kemajuan dan ke-cerdasan anak. Apalagi masihsekolah dasar yang perlu bimbi-ngan penuh dari para tenagapendidiknya,

Tingkatkan Minat Baca“Perpustakaan harus berfung-

si sebagaimana mestinya sesuaidengan visinya yaitu terciptanyaperpustakaan sebagai taman ba-caan,” ungkapnya, Rabu (23/10).

Menurut Kepala Perpustaka-an Kasih Ilmu Nunik Virgiani,pelayanan prima yang diterap-kan membuat siswa merasa be-nar-benar diperhatikan. Sehing-ga mereka lebih senangmembaca di perpustakaan wa-laupun ruangan yang sekarangini masih dirasa kurang repre-sentatif.

“Ke depan saya berharap agarsegala kekurangan yang terjadidapat terpenuhi, karena tidakmenutup kemungkinan dengantersedianya ruangan yang bagusminat siswa akan semakin ber-tambah,” pungkasnya.(maf)

SITI MAFTUKHAH/RADAR PEMALANG

PANTAU PERPUSTAKAAN - Kepala SD Negeri 04 Kreo Sumitro SPd bersama petugas perpustakaansaat memantau siswanya yang sedang membaca dengan bimbingan petugas perpustakaan.

PEMALANG - Petani manggadi Desa Asemdoyong Kecama-tan Taman, Kabupaten Pema-lang yang dinilai Gubernur JawaTengah Ganjar Pranowo cukupbaik, namun demikian masihperlu pembinaan secara seriusoleh pemerintah daerah. Utama-nya pembinaan dalam sisi teknikpemasarannya dan permoda-lannya sehingga terus berkem-bang dapat membangun keman-dirian masyarakat petani di desaitu.

“Pertanian mangga di Kabu-paten Pemalang ini sangat bagus,hanya perlu pembinaan, karenasecara terus menerus bisa panendiluar musim,” kataya saat mela-kukan kunjungan kerja kepadaPetani Mangga Desa Asemdo-yong Taman, Rabu (23/10).

Menurut gubernur upayapembinaan yang harus terusdilakukan untuk mencarikansolusi yang terbaik untuk petanimangga agar mereka dapat terusberkembang. Upaya-upaya yangakan dilakukannya, setelah pi-haknya mendengar langsung ke-luh-kesah permasalahan yangsedang dihadapi oleh petanimangga.

Di antaranya masalah obat-obatan yang dibutuhhkan har-ganya sangat mahal, sehinggaberpengaruh terhadap penda-patannya. Selain itu masalahpermodalan yang minim sertamasalah pemasaran hasil panenmangga, sehingga hasil panen-nya masih dijual kepada teng-kulak dengan harga yang jauh

lebih murah dan dapat mengu-rangi hasil keuntungannya.

Menurut gubernur, dengansistem opsetion yang dilakukanoleh petani mangga jika dilihatsecara tekhnologi sangat baik.Sehingga dia berkeinginan agarpemerintah dapat memberikanbantuan seperti penyedian obat-obatan.

Di sisi lain pihaknya akanmemperbaiki system pemasa-rannya. Karenanya, lanjut guber-nur, jika dihitung-hitung sistempemasaran yang bisa dilaku-kannya sendrii akan mendapatkeuntungan hingga 50 persenlebih.

Hanya saja, apabila ada unit

yang mengelolanya untuk me-masarkannya. Dengan menge-pak atau peking sendiri makaakan ada keuntungan lebih yangbisa dinikmati oleh para petanimangga.

“Saya ingin petani mangga inidapat keuntungan yang le-bih,bukan keuntungan yangpas-pasan dan hanya dinikamtioleh pedagang,”tegasnya.

Sehingga untuk bisa mem-berikan nilai untuk petani mang-ga, dia berharap kepada bupatidan dinas pertanian yang adauntuk bisa dan terus melakukanpembinaan. Pihaknya juga akanterus berupaya untuk mencari-kan solusinya. (apt)

Ganjar: Petani Mangga Perlu Dibina

PEMALANG – Untuk mening-katkan rasa kepedulian kepadasesama warga, Badan Pertana-han Nasional (BPN) KabupatenPemalang, Rabu (23/10), me-ngunjungi sejumlah panti asu-han. Kunjungan ini dilakukanoleh Kepala BPN Kasten Situ-morang SH bersama jajarannyauntuk memberi bantuan kepadaanak-anak yatim berupa dana,beras, dan mi instan.

Sejumlah panti asuhan yangdikunjungi di antaranya pantiasuhan anak yatim di Desa Pager-gunung Kecamatan Ulujami dibawah Yayasan Tarbiyatul Quranyang diasuh KH Abdul Karim.Selain itu Panti Asuhan Aisyiyahdi Desa Jatirejo dibawah Pim-pinan Cabang Aisyiyah Keca-matan Ampelgading Pemalangdiketuai Nurohman Suhadi.

Kepala BPN KabupatenPemalang Kasten Situmorang SHmengatakan, kegiatan kun-

jungan dan anjangsana kepantiasuhan ini adalah inisiatif pribadiyang dilakukan bersama kawan-kawan karyawan yang ada diBPN Pemalang. Yaitu denganmemberikan perhatian secarapribadi agar bisa turun kebawahmelihat anak-anak yatim yangada di pantia asuhan.

“Mereka itu adalah saudara-saudara kita dan anak-anak ya-tim dipanti asuhan ini bagiandari hidup kita,”katanya.

Menurutnya, kunjunganyang dilakukan seperti ini untukmembangun kebersaan denganwarga yang ada di panti asuhandengan harapan dapat berman-faat untuk kelangsungan hidup-nya. Adapun bentuk bantuanyang diberikan berupa batuanberas, mie instan dan dana untukmembantu untuk memenuhikebutuhannya.

“Mudah-mudahan dengandukungan dan bantuan ini anak-

anak panti asuhan mendapatpendidikan yang baik tanpa ada-nya orang tua serta akan dapatperlakuan yang baik,” pinta dia.

Kasten Situmorang menje-laskan acara kunjungan ke panti-panti asuhan ini a dalam rang-kaian peringatan hari ulang ta-hun Undang-undang Pokok Ag-raria (UUPA) ke-53. Selain itu,dalam momentum HUT ini jugabanyak kegiatan yang dilakukandi antaranya kegiatan yang me-nyangkut kinerja dan layanan diBPN.

Sehingga diharapkan pela-yanan masyarakat akan lebihefekti f dan lenih ditingkatkanlagi.

Di samping kegiatan lainseperti upacara, jalan sehat ber-sama karyawan dan karyawatiyang tujuannya untuk memper-erat hubungan keluarga besarBPN guna upaya peningkatanlayanan dan kinerjanya. (apt)

BPN Bangun Kebersamaan

AGUS P/RADAR PEMALANG

MEMANEN MANGGA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowodidampingi Bupati H Junaedi memetik buah mangga yang sudahsiap di panen di Desa Asemdoyong kamarin.

PEMALANG – Mengawali da-lam pembentukan kelompoksadar tramtibum (pokdartib) dijajarannya, Pemerintah Kabu-paten Pemalang melalui SatuanPolisi pamong Praja (Satpol PP)mendapat apresiasi dari SatpolPP Provinsi Jawa Tengah. Ini di-sampaikan langsung oleh KasatPP Provinsi Jawa Tengah M ArifIrwanto pada pembukaan kegia-tan Pemeliharaan Trantibum(Ketentraman dan KetertibanUmum) di Jawa Tengah yangdilaksanakan di aula A gedungSLB Negeri 1 Pemalang, Selasa(22/10) lalu.

Dikatakan Arif, Pemalang ada-lah satu-satunya kabupaten/kota di Jateng yang memilikimodel penanganan ketentra-

man dan ketertiban umum ber-basis masyarakat. Jajaran SatpolPP memiliki kewajiban untukbahu membahu memberdaya-kan masyarakat dalam penye-lenggaraan ketentraman danketertiban umum (trantibum).

“Apalagi sebentar lagi akanada even pemilu legislatif danpresiden di 2014 nanti,” kata Arif.

Pembelajaran positif ini, sam-bungnya direncanakan akan di-angkat sebagai model atau per-contohan dalam penangananTrantribum di Jawa Tengah 2014mendatang.

Staf Ahli Bupati Bidang Hu-kum dan Politik, Dian Subagyomengatakan, RPJMD 2011–2016mentargetkan pembentukanpokdartib di 222 desa. (rid)

Pokdartib Modeldi Provinsi

Page 11: RADAR TEGAL 24 okt 2013
Page 12: RADAR TEGAL 24 okt 2013
Page 13: RADAR TEGAL 24 okt 2013

KABUPATENTEGALRADAR TEGAL

13KAMIS24 OKTOBER 2013

LINTASSLAWI - Jamaah haji asal Ka-

bupaten Tegal, kemarin tiba dipendapa Kabupaten Tegal. Me-reka disambut haru oleh kelu-arganya. Bahkan ada yang takkuasa menahan air matanyahingga menangis histeris. Praktis,petugas Satpol PP turut menga-mankan mereka karena dikwa-tirkan terjadi hal yang tidak dii-nginkan.

Tercatat di Kemenag Kabupa-ten Tegal, jumlah jamaah hajitahun 2013 sebanyak 864 orang.Dari jumlah itu, empat orangdiantaranya meninggal dunia ditanah suci. Ke empat orang itumasing-masing bernama Nasirdari kloter satu, Abdurahman,Maskudi dan Slamet dari klotertiga.

Ketua Tim Pembimbing HajiDaerah Kabupaten Tegal, Ber-lian Adji mengatakan, hingga ke-marin, tiga kloter sudah tiba diTegal. Sedangkan kloter empatdirencanakan tiba pada Rabu(23/10). “Jadi total jumlah ja-maah haji Kabupaten Tegal dariKloter 1 dan 2 yang telah tiba diPendapa Pemkab Tegal seba-nyak 456 orang. Sedangkan klo-ter 3, sebanyak 370. Untuk kloterempat yang tiba hari Rabu, se-banyak 36 jamaah,” kata KabagKesra Setda Tegal ini. (yer)

Suasana haru dan isak tangissaudara dan keluarga jamaahhaji yang menjemput mewarnaikepulangan mereka. Tampak PjBupati Tegal, Ir Satriyo Hidayat,Asisten Administrasi Pemba-ngunan, Ir Toto Subandriyo MM,Forum Muspida dan sejumlahPejabat di lingkungan PemkabTegal turut menyambut keda-tangan tamu Allah tersebut.

Dari jumlah keseluruhan ja-maah haji Kabupaten Tegal yang

YERRY NOVEL/RADAR SLAWI

DISAMBUT - Sejumlah jamaah haji asal Kabupaten Tegal, disambut haru oleh keluarganya saat tiba di Pendapa Pemkab Tegal,kemarin.

Jamaah Haji Disambut Haru

terbagi dalam empat Kloter ter-sebut, rangkaian kedatangandiawali dengan Kelompok Ter-bang (Kloter) 1 yang berjumlah 2armada bus tiba pada Senin (21/10) Pukul 15.00 WIB.

Selanjutnya berselang 5 jam,tepatnya Pukul 20.150 WIB me-nyusul giliran kedatangan jama-ah haji Kloter 2 yang berjumlah 9armada bus memasuki areaPemkab Tegal.

Sementara dua kloter terakhir

yakni Kloter 3 dengan jumlah 9bus tiba pada, Selasa (22/10)siang sekitar pukul 11.00 WIB danberselang beberapa jam Kloter 4yang berjumlah 1 armada bustiba pada Pukul 19.00 WIB.

Asisten Administrasi Pemb-angunan, Ir Toto SubandriyoMM mewakili Pemerintah Kabu-paten Tegal menyampaikan sela-mat datang kepada para jamaahhaji Kabupaten Tegal. Dirinyaberharap sepulang dari tanah

suci Makkah, jamaah haji bisamenjadi haji yang mabrur danmeningkat amal ibadahnya. “Se-moga bisa menjadi haji yangmabrur,” ungkapnya.

Sementara itu, dari total jum-lah 844 Jama’ah Haji KabupatenTegal yang kembali hanya 840jama’ah, empat orang meninggaldunia. “Jamaah yang meninggalyakni Nasir asal Getas Kerep, Ab-durrahman asal Bandasari Du-kuhturi, Masduki asal Pesarean

dan Agus asal Dukuhsalam,” ujarIta Faryati staff PenyelenggaraHaji dan Umroh KementrianAgama Kabupaten Tegal.

Pantauan dilapangan, meskiterjadi keterlambatan, namunproses kepulangan seluruh rom-bongan haji yang berjumlah 4Kloter tiba dengan selamat danlancar di halaman Pendopo Ka-bupaten Tegal dibawah penga-manan ketat dari Petugas SatpolPP dan Polres Tegal. (yer)

SLAWI - Sebanyak 999 kiaiyang tersebar di sejumlah desa diKabupaten Tegal, sepakat men-dukung pasangan calon Bupatidan Wakil Bupati Tegal Enthus-Umi. Pernyataan sikap itu disam-paikan saat kegiatan Halaqah diGedung Nahdlatul Ulama (NU)Slawi, Rabu (23/10) siang.

“Kegiatan ini sebagai wujuddukungan terhadap pasanganEnthus-Umi,” kata Katib SyuriahNU Kabupaten Tegal, KH M Ha-syim Miftah.

Hasyim mengemukakan, parakiai itu merupakan kiai dari kam-pung atau desa di wilayah Kabu-paten Tegal. Mereka bukan daristruktur NU maupun dari PartaiKebangkitan Bangsa (PKB). Me-reka adalah kiai murni yang se-hari-hari beraktifitas di masjidmaupun mushala desa. “Setiapdesa ada tiga sampai lima kiaiyang hadir di sini. Jumlah total-nya sebanyak 999 kiai,” kata Ha-syim.

Menurut Hasyim, kegiatantersebut sekaligus untuk me-nampik isu bahwa terjadi perpe-cahan di tubuh NU. Sebab sela-ma ini, banyak yang meng-klaimNU mendukung pasangan calonlain. Padahal, warga NU tetapsolid dan kompak dalam membe-rikan dukungan terhadap En-thus-Umi.

“NU menjadi rebutan. Banyak

999 Kiai Dukung Enthus-Umiyang mengklaim NU terutamadari pasangan calon lain,” kataHasyim.

Sementara itu, calon BupatiTegal Enthus Susmono dalamsambutannya berjanji, jika diri-nya terpilih nanti, tidak akan me-nerima fee proyek. Enthus me-ngaku justru akan mensejah-terakan rakyat Kabupaten Tegal,supaya tidak tertinggal. “Jika NUbisa menang dalam pilkada nan-ti, ini merupakan sejarah di Indo-

nesia. Artinya, warga NU benar-benar solid dan kompak,” kataEnthus.

Kegiatan halaqah itu, jugadihadiri KH Dimyati Rois dariPonpes al Fadlu wal FadhilahKendal, KH Subhan Makmunpengasuh Ponpes Luwung RagiBrebes dan Bendahara UmumDPP PKB, H Bachrudin Nasori.Selain mereka, hadir pula KetuaDPC PKB Kabupaten Tegal AFirdaus Assyirozi. (yer)

YERRY NOVEL/RADAR SLAWI

HALAQAH - Calon Bupati Tegal Enthus Susmono dudukberdampingan dengan Bendaha Umum DPP PKB H Bahrudin Ndan Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal dalam acara Halaqah diGedung NU Slawi, Rabu (23/10).

ZUHLIFAR ARRISANDY/RADAR SLAWI

DIELUKAN PENDUKUNG – Calon Bupati dari PDI Perjuangan, HRojikin AH SE SH saat berorasi di hadapan lebih dari 100-anribu massa pendung dan simpatisannya di LapanganKemantran, Rabu (23/10).

SaatnyaBantengPulangKandangKRAMAT - Kampanye terbuka terakhir pasangan calon (paslon)

ROJIKIN ber BUDI, Rabu (23/10), di Lapangan Kemantran benar-benar digunakan untuk membuktikan soliditas jajaran PDI PerjuanganKabupaten untuk menghadapi pemilihan bupati (pilbup), Minggu (27/10) mendatang. Bagaimana tidak, lebih dari 100-an ribu massapendukung dan simpatisan duet H Rojikin AH SE SH-H Budiharto SHMM itu seolah membaut lautan merah lapangan yang berada di jaluralternatif Kramat-Slawi itu.

Kampanye yang diawali lantunan irama gambus Grup Nasida RiaSemarang itu, tak sedetik pun ditinggalkan massa yang menyemutmemadati semua penjuru lapangan. Sekitar pukul 15.00 WIB, ketikaRojikin hadir di tengah-tengah lautan massa pendukung dansimpatisannya, Rojikin langsung digendong salah seorangpendukungnya menuju panggung utama.

Ketua DPC PDI Perjuangan itu begitu dielu-elukan lebih dari 100-anribu pendukungnya untuk segera berorasi. Meski begitu, Rojikin tidaklangsung melakukan orasi kampanye terakhirnya namun justrumemacu adrenalin massa moncong putih itu dengan sholawatan,lagu Tegalan dan dangdut. Cara itu ternyata sangat efektif membakarsemangat massa yang menyemut.

Dalam orasinya, Rojikin mengajak massa pendukung dan simpatisanPDI Perjuangan untuk kembali bersatu. Apalagi, salah satu programunggulannya yakni Kartu Tegal Sehat (KTS) merupakan programuntuk meningkatkan harkat dan martabat derajat kesehatan seluruhwarga di Kabupaten Tegal, utamanya yang masih berada di bawahgaris kemiskinan. “Ini adalah program adopsi dari Mas Jokowi yangsaat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta. Program ini terbukti berhasildan sudah saatnya diterapkan di sini. Apalagi Mas Jokowi dan sayaadalah sama-sama kader PDI Perjuangan,” tegasnya disambut tepuktangan massa yang hadir.

Rojikin menegaskan, dia dan Budiharto merupakan satu-satunyapaslon yang direkomendasi partai. Jadi, tandas Rojikin, jika dijumpaiatribut PDI Perjuangan yang digunakan paslon lainnya adalahpembohongan dan sebagai kader partai berhak melaporkan kepadayang berwenang.

Selain Rojikin juga tampil sesepuh PDI Perjuangan Marsinggih. Dalamorasinya, pendiriu Symphoni Kebangsaan itu, berpesan wargaKabupaten Tegal jangan mau diadu domba. Sebagai warga yangcerdas, Marsinggih mengajak, untuk menolak praktik-praktik kotordalam berdemokrasi.

“Lawan money politic, karena kalau tidak sekarang kapan lagi.Menentukan pemimpin tidak boleh dengan cara menggadaikan hatinurasni,” ungkap dia. (zul)

HERMAS PURWADI/RADAR SLAWI

BERJUBEL - Kandidat calon bupati, HR Himawan Keskawa SHMH tersendat langkahnya menuju panggung utama terhalangribuan simpatisan yang merindukan perubahan di wilayahKabupaten Tegal.

RibuanSimpatisanBanjiriJatimulyaSURODADI - Setelah sempat membanjiri lapangan Ekoproyo Talang,

ribuan simpatisan Himawan-Budi Sutrisno kembali menjejali lapangansepakbola Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi dalam gelarkampanye terbuka putaran terakhir. Paslon nomor urut 2 yang diusungPartai Demokrat, Gerindra, dan PKPB ini bisa jadi menjadi satu-satunyapaslon yang taat aturan pembagian zona. Hal ini dibuktikan meski dikampanye terbuka putaran akhir berada di zona III yang mencakupKramat, Suradadi, Warureja dan Tarub simpatisan yang datang benar-benar berasal dari zona tersebut dan mampu membanjiri lapangansepakbola kebanggaan wong Surodadi.

Dalam kesempatan ini ketua tim kampanye Himawan-Budi , HajiFatchuddin Rosyidi SH yang dipercaya menjadi orator pertama kembalimengajak ribuan simpatisan untuk mengajak kerabat memilih pemimpinyang pinter-bener dan kober. Dimana ketiga hal itu dimiliki pasanganHimawan-Budi.

Dia juga menyatakan paslon 2 bertekad untuk mewujudkan birokrasibersih, efektif, dan efisien, serta mewujudkan pelayanan fasilitaspublik yang lebih baik, disamping pemberian santunan sosial yangtepat sasaran. Sementara itu jurkam kedua Basir yang merupakanketua Praja memastikan figur paslon nomor 2 ini juga bertekadmewujudkan kesejahteraan petani diwilayah Surodadi-Warureja-Kramat yang menjadi penyangga pangan Kabupaten Tegal.

Niat baik untuk ‘ndandani’ Kabupaten Tegal yang lebih bersih,berwibawa, dan adil yang disuarakan paslon HR Himawan KeskawaSH MH-dr Budi Sutrisno MKes dihadapan ribuan kader simpatisannyaitu mendapat appaluas panjang . Calon bupati HR Himawan KeskawaSH MH kembali menyorot budaya memberi ‘iming- iming’ pada rakyatyang sering dilakukan kandidat yang maju dalam bursa pemilukada,tanpa mengukur realitas anggaran yang dimiliki pemkab. “Saya tidakakan memberi janji apapun pada jenengan. Saya lebih sukamengedepankan kerja sesuai ketentuan yang berlaku. Percumamengobral janji namun tidak disesuaikan dengan anggaran yang dimilikipemkab. Ini adalah langkah awal saya untuk mewujudkan KabupatenTegal yang bersih disemua lini birokrasi,” tegasnya. (her)

BOJONG — Calon Bupati Te-gal nomor urut 3 terus menda-patkan simpati dari semua lapi-san masyarakat Kabupaten Te-gal. Cabup satu–satunya yangmenerapkan model kampanyeblusukan dari satu desa ke desaini berkesempatan memancing,sekaligus bersilaturahmi bersa-ma ratusan warga KecamatanBojong di Pemancingan AgusBojong belum lama ini.

Tak kurang 400 warga Bojong

Jalin Silaturahmi, Fikri Mancing Barengdan sekitarnya yang memangmemiliki hobi mancing ikan an-tusias mengikuti mancing ba-reng calon bupati Fikri Faqih.Salah seorang pemancing, Soli-kun mengaku, senang denganagenda ini dan dia pun tak sung-kan untuk meneriakkan yel–yelFikri Berkah, Tegal Bungah yangdipandu pemandu sorak. “FikriBerkah, Tegal Bungah. Fikri...Menang,” teriak Solikun dan ra-tusan pemancing mania lainnya.

Suasana mancing bersama Fikripun semakin gayeng dengan tam-bahan doorprize dari panitia. Sua-sana pun bertambah ramai, saatFikri mendapatkan ikan kakapberukuran besar yang kemudiandisambut sorak–sorai dukunganuntuk cabup yang berpasangandengan Kahar Mudakir di Pilbup27 Oktober mendatang itu.

Fikri mengatakan, agenda ke-rakyatan seperti memancing ha-rus didukung oleh Pemkab Te-gal. Alasannya, karena agendatersebut akan menciptakan rasakerukunan dan kekompakanantar warga. “Nuansa Ttegal Bu-ngah harus dihidupkan sesuaidengan jargon kami. Program–program berbasis kerakyatanpun sudah kami rancang untuksegera dieksekusi setelah kamiterpilih nanti,” kata Fikri yangjuga merupakan wakil ketua DP-RD Jawa Tengah ini.

Warga Bojong dan sekitarnyapun menegaskan siap mendu-kung dan memenangkan pasa-ngan yang mengusung jargonFikri Berkah (Bersama Kahar)Tegal Bungah (Berbudaya, Ung-gul, dan Sejahtera). Program prorakyat dan tepat sasaran, kelakmenjadi prioritas Fikri-Kahar ditiga sektor pembangunan yaitupendidikan, kesehatan, dan in-frastuktur. (zul)

ZUHLIFAR ARRISANDY/RADAR SLAWI

DUKUNGAN PENUH – Warga Bojong dan sekitarnya siap membe-rikan dukungan penuh untuk memenangkan Fikri Faqih di Pe-milukada, Minggu (27/10) nanti.

SLAWI - Kampanye hitamberupa selebaran berlogoPDI Perjuangan untuk men-dukung pasangan calon Dok-ter Edi-Abasari (DOA) bere-dar di wilayah KabupatenTegal.

Hal itu membuat Tim Pe-menangan Pemilu pasangancalon Rojikin-Budhiharto(Ridho) lapor ke Panwaslusetempat. Tim ini melapor-kan tim kampanye pasangancalon Dokter Edi-Abasari.

Laporan tertulis bernomor015/EX/TP. ROJIKIN ber Bu-dhi/X/2013 tertanggal 22 Ok-tober 2013. Laporan yangditanda tangani Ketua HarianDPC PDIP dan Sekretarisnyaitu, diserahkan langsung keKPU Kabupaten Tegal. Da-lam laporan tertulis telah di-temukan di lapangan adanyapelanggaran yang dilakukanoleh pasangan calon nomorlima. Yakni dalam bentukselebaran yang mencantum-kan Bung Karno dan logo PDIPerjuangan serta ajakan un-tuk mencoblos pasangan ca-lon nomor lima. “Itu berten-tangan dengan rekomendasiDPP PDI Perjuangan nomor4083/IN/DPP/VII/2013, bah-wa DPP PDIP hanya mere-komendasikan H Rojikin AHdan Budhiharto,” tegasnya.

Pada laporan itu, Tim Pe-menangan Ridho memintaPanwaslu untuk memberi-kan sanksi kepada pasangancalon nomor lima. Merekajuga mendesak Panwaslumencabut selebaran terse-but yang banyak tersebar di

Kampanye HitamDilaporkan

Kabupaten Tegal guna meng-hindari hal-hal yang tidakdiinginkan oleh massa PDIPerjuangan. “Panwaslu ha-rus memberikan sanksi,” pin-tanya.

Ketua Panwaslu Kabupa-ten Tegal, M Kodir menga-takan, dalam selebaran ituada tiga gambar dan satu logoyang dicantumkan. “Yangdipersoalkan oleh tim peme-nangan Ridho adalah gambarSoekarno dan logo PDI Per-juangan,” kata dia.

Terhadap laporan ini, lanjutKodir, Panwaslu akan melaku-kan kajian kembali. Analisasementara yang bisa dilan-jutkan adalah pencantumanlogo PDI Perjuangan. Sedang-kan pencantuman gambarSoekarno, tidak bisa diproses,karena merupakan tokoh na-sional yang menjadi milik se-mua masyarakat Indonesia.“Kita akan kaji dulu,” ucapnya.

Terpisah, Sekretaris timkampanye DOA, Sahuri me-ngatakan, tim pemenanganpemilu DOA ataupun pasa-ngan DOA tidak menyebarselebaran tersebut. Karenaselama ini dan sudah men-jadi kesepakatan tim suksespasangan DOA untuk meng-gelar kampanye secara san-tun. Sehingga jika melapor-kan tim kampanye maupunpasangan DOA, itu salah sa-saran. Bahkan pasangan DOApun mendapat selebaranyang isinya memojokkan ca-lon. Namun black campaigntersebut hanya disikapi se-cara bijak oleh calon. (yer)

Page 14: RADAR TEGAL 24 okt 2013

KAMIS24 OKTOBER 2013

RADAR TEGAL

14

RSUD Brebes (0283) 671431

RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481

RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222

RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/ 889548

Hotel Dedy Jaya Brebes (0283) 673133 / 673158

RS Dedy Jaya (0283) 672145/ 672525

TELEPON PENTING

RADARBREBES

PengembanganSiswaMelaluiPembiasaan

TONJONG - Pendidikan karakter tidak hanya cukup diajarkan melaluimata pelajaran di dalam kelas saja, tapi sekolah bisa menerapkanpendidikan karakter melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan yang pelak-sanaannya dapat dilakukan secaraspontan, terprogram, atau melaluiketeladanan.

“Pembinaan dilakukan melalui se-jumlah kegiatan-kegiatan yang ber-sifat pembiasaan. Sebab, pendidikanagama merupakan salah satu kom-ponen penting dalam merealisasikantujuan pendidikan tersebut,” kataKepala Sekolah SMP Negeri 03Paguyangan Drs Sobar Yakub, terkaitkegiatan siswa di sekolahnya dalampembinaan keagamaan kepada parasiswa-siswi.

Proses pembelajaran agama kepada para siswa, lanjut dia, tidakhanya melalui teori-teori yang disampaikan guru di dalam ruang kelas.Tetapi yang paling penting adalah pembelajaran agama yang dilakukanmelalui pembiasaan dan latihan-latihan.

Berkaitan dengan itu, memanfaatkan momen Idul Adha lalu, parasiswa dilibatkan secara langsung dalam proses pemotongan hewankurban. Dimana SMP 03 Paguyangan melaksanakan pemotongan 1ekor sapi.

“Kegiatan ini sangat baik bagi para siswa. Dimana dalam momenIdul Adha melalui pemotongan kurban bisa mengajarkan siswamengasah kepekaan sosial, sekaligus untuk mempraktekkan materi-materi ibadah yang telah diajarkan dalam pelajaran agama di sekolah,”jelasnya.

Daging kurban yang dihasilkan selanjutnya dibagikan langsungoleh para siswa ke sejumlah pedukuhan di wilayah DesaKedungolang. Di antaranya Dukuh Cigobang, Cipanas dan DukuhSlarang. “Pendistribusian ke sejumlah pedukuhan di sekitar sekolah.Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan kegiatan sosial lainnya,”pungkas Sobar. (pri)

WONGE DEWEK

DOK.RADAR BREBES

Drs Sobar Yakub

Orang BupatiDisebut-Sebut

BREBES - Proses seleksi CalonPegawai Negeri Sipil (CPNS) diKabupaten Brebes dibuat gegerdengan munculnya isu jual belidi dalamnya. Seleksi CPNS inidinilai sudah tidak murni lagikarena diduga penuh rekayasadan permainan.

Kabupaten Brebes tahun 2013ini mengadakan seleksi hanyauntuk formasi bagi tenaga hon-orer yang masuk Kategori II (K II)dengan alokasi 250 orang. Ber-edar kabar, alokasi dan namapeserta seleksi yang sudah di-kapling dengan imbalan mem-bayar sejumlah uang. Bahkanuntuk satu formasi CPNS ter-

tentu agar bisa lolos seleksi di-hargai Rp 50 hingga 135 juta.

Dugaan jual beli formasi CPNSK II ini mencuat menyusul se-jumlah tenaga honorer yangmenjadi peserta mengaku di-tawari oleh oknum yang me-ngaku orang kepercayaan bu-pati. Untuk formasi SMA dipatokharga Rp 135 juta. Alasannya,formasi SMA relatif sedikit. Se-dangkan untuk formasi S1 gurukependidikan dipatok harga Rp50-85 juta, karena formasinyabanyak.

“Istri saya sudah ditelpon ber-kali-kali oleh orang yang ngaku-nya orang dekat Bupati. Dia me-nawarkan istri saya agar bisa lolosseleksi dengan membayar uang pu-luhan juta. Ngakunya orang bupati,ada jaminan, katanya begitu,”

tutur salah seorang warga.Tak hanya itu, dari sekitar 250

formasi yang disediakan PemkabBrebes, 150 formasi di antaranyadiduga sudah dikapling bagi or-ang-orang bupati. Meski de-mikian, mereka yang masuk da-lam kapling itu tetap dikenaibiaya. Ujian seleksi CPNS di Ka-bupaten Brebes, rencananyaakan dilaksanakan awal Novem-ber mendatang.

Informasi lain juga memper-kuat adanya kabar tersebut. Ke-tua KNPI Kabupaten Brebes Ga-nis Faruqi Akbar juga mengakumengetahui terkait dugaanpraktik jual beli tersebut. Tidaksekedar tahu, dirinya malah sem-pat diminta menjadi broker un-tuk mencari tenaga honorer K IIyang berminat menggunakan

jalur cepat tersebut.Modus yang digunakan me-

reka, lanjut Ganis, target yangberminat diminta menunjukansaldo rekening senilai harga yangdipatok. Kemudian, mereka jugadiminta untuk menyerahkanbukti tenaga honorer K II dannomor ujian seleksi CPNS. Se-dangkan untuk pembayaran di-lakukan setelah mereka positifditerima.

“Saya ditelpon seseorang, dia-jak kerjasama cari target honorerK II yang ikut tes. Dia menjamin100 persen lulus dengan hargaRp 50 juta. Saya dibebaskan mautarif berapa ke target. Tapi sayamenolak tawaran kerjasama itu.Kasihan bagi K II yang mengabdilama harus tersingkir dengancara tidak adil. Apalagi, upaya itu

juga bagian korupsi dan nepo-tisme yang harus dibersihkan,”tandasnya.

Sementara itu, Sekda Kabu-paten Brebes H Emastoni EzamSH menepis kabar tersebut. Me-nurut dia, isu jual beli tersebutadalah isu murahan yang selalumuncul ketika menjelang seleksiCPNS. Pihaknya meminta ma-syarakat untuk tidak percaya danmengikuti ajakan dan tawaranadanya jalur cepat tersebut.

“Kami tegaskan, kabar ter-sebut sangat tidak benar. Pemkabakan melaksanakan seleksi se-suai aturan dan secara normatif.Apalagi, sudah ada penanda-tanganan fakta integritas di pro-vinsi,” tandas Emastoni didam-pingi Kabag Humas Setda BrebesDrs Atmo Tan Sidik. (ism)

Geger, Seleksi CPNSDiperjualbelikan

MENGHADAPI musim hu-jan yang mulai berlangsung,harga sejumlah komoditaspertanian di desa penghasilsayur mengalami penurunancukup drastis. Data yang di-dapat dari Desa PandansariKecamatan Paguyangan, pe-nurunan harga ini sangat me-mukul para petani, setelahmerasakan dampak dari mu-sim kemarau.

Kepala Desa PandansariSukamdo menyampaikan,beberapa jenis sayuran yangmengalami penurunan hargayakni wortel yang saat ini ha-nya Rp 700 dari sebelumnyalaku dijual Rp 3000 per kilo-gram, kubis (kol) Rp 400 darisebelumnya Rp 1.500 per kilo-gram dan bawang daun Rp1.500 dari sebelumnya Rp

3.000 per kilogram.“Para petani saat ini dalam

kondisi terpuruk, karena har-ga sayuran yang anjlok. Sebe-lumnya mereka juga kesulitansaat musim kemarau,” kataKamdo, Rabu (23/10).

Dikatakan, penurunan har-ga yang terjadi saat ini dipe-ngaruhi cuaca yang sedangdalam masa transisi dari mu-sim kemarau ke musim peng-hujan. Dimana hal itu ber-dampak pada kondisi lahandan juga hasil tanaman.

“Banyak tanaman yang ku-alitas hasil panennya menu-run. Pertumbuhan tidak ber-kembang maksimal sehinggasaat dilempar ke pasar nilaijualnya rendah,” jelas Kamdo.

Meski demikian lanjut dia,tidak semua jenis sayuran

yang dihasilkan dari desanyamengalami penurunan harga.Seperti halnya kentang yangmasih bertahan dengan hargajual Rp 6.000 per kilogram.

“Untuk kentang harganyarelatif stabil dalam batas nor-mal,” ujarnya.

Meski mengalami penu-runan harga yang mengaki-batkan kerugian, namun parapetani tetap melakukan ak-tifitas seperti biasa melakukanperawatan terhadap tanama-nnya.

“Bagaimanapun juga tana-man kebun sudah menjadisandaran ekonomi bagi ma-yoritas warga di sini. Kare-nanya meski diterpa penu-runan harga, tapi petani tidakkapok dan terus melanjutkan,”kata Kamdo. (pri)

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

BERSIHKAN - Petani wortel Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan membersihkanhasil panen sebelum dikirim ke pasar di tengah penurunan harga.

Harga Sayur Terjun BebasHARVIYANTO/RADAR BREBES

WORKSHOP - Sejumlah pengajar Madrasah Diniyah, TPQ danPondok Pesatren tengah mengikuti workshop di HotelAngraeni, Jatibarang

LembagaPendidikanAgamaMulaiDiakuiPemerintah

JATIBARANG - Keberadaan Madrasah Diniyah (Madin), TamanPendidikan Al Quran (TPQ) dan Pondok Pesanteren (Ponpes) kianmendapat pengakuan dari pemerintah. Meskipun harus melaluiperjuangan yang keras, tanpa henti dan pantang putus asa.

“Proses mendapatkan pengakuan dari pemerintah cukup berat.Untuk itu perlu adanya penguatan kelembagaan dan peningkatankualitas,” papar Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan PondokPesantren (Kabid PD Pontren) Kantor Wilayah Kementerian Agama(Kemenag) Provinsi Jawa Tengah Drs H Solikhin MM ditemui saatWorkshop Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan PembuatanLembaga Pendidikan pada Pendidikan Agama Islam KementerianAgama Kabupaten Brebes, di Hotel Anggraeni Jatibarang, Selasa(23/10).

Selain Madrasah Diniyah, tambah dia, beberapa program kegiatankeagamaan juga telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Diantaranya, program Perkemahan Pramuka Santri, Musabaqoh QiraatulKutub (MQK) atau Musabaqoh Pembacan Kitab Kuning, PekanOlahraga dan Seni Madrasah Diniyah (Porsadin) dan Festival AnakSholeh Indonesia (FASI) sudah mendapat pengakuan nasional danmendapat anggaran dari Pemerintah.

Untuk meningkatkan mutu kelembagaan, dia berharap agarpengelola Madin, TPQ maupun Pondok Pesantren menerapkan Edu-cation Management Information System (EMIS) atau Sistem informasimanagemen pendidikan.

Menurutnya, dengan penerapan EMIS akan semakin terpadu danterintegrasi dengan berbagai lembaga dari pusat hingga daerah. Pihaknya juga menyayangkan terhadap daerah yang belum melakukandukungan anggaran terhadap keberadaan pendidikan agama. Padahal,anggaran pendidikan dari APBN yang 20 persen, harus pula dimilikioleh Madin, TPQ maupun Ponpes.

Dia melihat, ketika Jawa Barat dan Jawa Timur mendapatkan alokasianggaran dari pemerintah sangat besar, maka di Jawa Tengah punseharusnya sama.

Plt Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (KasiPD Pontren) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab BrebesMakmur Yusuf SPd berharap peserta dapat meningkatkan mutupendidik, tenaga kependidikan dan lembaga pendidikan dilingkupkemenag.

“Workshop ini untuk meningkatkan mutu pendidikan, tenagakependidikan dan lembaga kependidikan di lingkungan kemenag,”terangnya. (har)

AJIB AH...

Hari Ini DilantikBREBES - Komisi Pemilihan

Umum (KPU) Provinsi Jawa Te-ngah akhirnya menetapkan limaorang sebagai komisioner KPUKabupaten Brebes periode2013-2018. Pengumuman hasiluji kelayakan dan kepatutancalon anggota KPU KabupatenBrebes disampaikan melalui ple-no 22 Oktober lalu.

Berdasarkan peringkat, pe-serta seleksi yang menempatiposisi pertama adalah salah sa-tu redaktur Radar Tegal, Mua-mar Riza Pahlevi SIP, disusul Wi-dyawati SP, Masykuri SPd, Moh

Subkhan SSi, Ahmad Hanfan SEMM, Akhmad Baequni MPd,Imron Rosadi SPt, Ali Rojihi ST,Ir Eko Patriyanto dan rankingterakhir Tri Utami BarliantiniSIP.

“Selanjutnya lima nama pe-ringkat teratas dari 10 nama di-tetapkan sebagai anggota KPUKabupaten,” ungkap Ketua KPUProvinsi Jateng, Drs Joko Pur-nomo dalam rilisnya.

Selanjutnya para anggotaKPU Kabupaten terpilih terse-but direncanakan dilantik pada24 Oktober 2013 di Semarangbersama dengan anggota KPUdari berbagai daerah lainnya di

BREBES - Panitia PengawasPemilu (Panwaslu) KabupatenBrebes sampai dengan ini masihmenunggu instruksi dari BadanPengawas (Banwas) Provinsi Ja-wa Tengah terkait pergantianKetua Panwaslu Brebes.

Anggota Bidang SDM PanwasBrebes, M.A Ma’ruf MPd Selasa(23/10) mengatakan, dari infor-masi yang didapat, saat ini KetuaPanwaslu Brebes, Ahmad Han-fan, SE. MM masuk dalam 5 besarrektrutmen anggota KPU Brebes.Dan tidak lama lagi yang ber-sangkutan secara resmi akandilantik oleh KPU Provinsi.

Meski demikian, tambah dia,Panwas Brebes belum melaku-kan langkah untuk pergantianposisi Ketua. “Kita masih me-nunggu intruksi dari BawasluProvinsi Jawa Tengah terkait de-ngan pergantian Ketua,” ujar diaditemui di ruang kerjanya.

Seperti kebiasaan sebelum-nya, terang dia, pergantian Ke-tua Pawas biasanya diambil darinomor urut tertinggi berikutnyadalam proses rektruitmen ang-gota Panwas sebelumnya. “Ti-dak bermaksud mendahului ke-putusan Banwas Provinsi, tapibiasanya pergantian dilakukandengan menunjuk nomor urutterbaik rekruitmen panwas be-berapa waktu lalu,” ujar dia.

“Pergantian bisa juga diambildari Panwascam terbaik atau

Pergantian KetuaPanwas TungguInstruksi Banwas

PPL terbaik”.Sedangkan untuk pergantian

staf Panwas yang masuk menjadiKPU Brebes, tambah dia, Panwasakan melakukan kajian terlebihdulu.

Dikatakan, untuk rektruitmenstaf, Bawaslu RI memang telahmemberikan kewenangan ke-pada Panwas untuk melakukanrektruitmen baik yang berasaldari unsur PNS maupun NonPNS guna mendukung kinerjaPanwas. “Kalau nantinya me-mang dibutuhkan, ya kita akanmelengkapinya lagi untuk dipo-sisikan sebagai staf Panwas yangsebelumnya diemban oleh MohSubhan,S.Si.”

Moh Subhan saat dikonfirmasimembenarkan kalau dirinya men-dapat surat dari KPU Provinsiterkait dengan pengumuman 5besar Anggota KPU periode1013-2018. Surat pengumumansekaligus undangan pelantikananggota KPU Brebes itu diterimapada Selasa, 23 Oktober.

“Saya sudah mendapat suratitu, dan untuk pelantikan sendiriakan dilakukan pada tanggal 24Oktober di Kantor KPU JawaTengah Jalan Veteran Nomor 1ASemarang,” jelas dia.

Terkait dengan posisinya diPanwas Brebes, ia juga mengakusudah melayangkan surat pe-ngunduran diri sebagai staf keKantor Panwas Brebes. (har)

Jateng.Untuk diketahui, proses se-

leksi dan rekrutmen anggotaKomisi Pemilihan Umum (KPU)Kabupaten Brebes sejak tanggal21 Agustus hingga 27 Agustus2013 diikuti b71 pendaftar. Ber-kas administrasi diseleksi mulai28 - 29 Agustus dan menjaring 50orang.

“Setelah itu disaring 15 - 20 or-ang, lalu seleksi kesehatan danpsikologi hingga menjadi 10 or-ang melalui wawancara dan akandikirim ke KPU Provinsi untukdipilih 5 orang anggota,” kataSekretaris KPU Brebes, Ziza Tr-itura Ananda. (ism)

Anggota KPU Brebes Ditetapkan

BREBES - Kesuksesan pro-duksi padi varietas SRI di ber-bagai daerah, rupanya mengins-pirasi Kabupaten Brebes untukmengikuti jejak mereka. DinasPertanian dan Tanaman Pangan(DPTPH) setempat kini tengahmenyiapkan kawasan percon-tohan sebelum dikembangkan diKota Bawang itu.

“Padi SRI ini masih sangatasing bagi masyarakat kita. Kalaulangsung dikenalkan, mungkinbanyak yang tidak tertarik. Se-hingga kami berencana untukmembuat wilayah demplot dulusebagai percontohan pertama,”ujar Kabid Sarana dan PrasaranaDPTPH Brebes, Sodikin, ke-

marin.Menurutnya, pola tanam padi

SRI ini jauh lebih menguntung-kan dibanding dengan pola per-tanian padi konvensional. Selainitu, varietas ini juga diketahuilebih ramah terhadap lingku-ngan mengingat prosesnyamenggunakan sistem serba or-ganik dengan masa tanam yanglebih singkat.

“Untuk satu butir benih padiSRI bisa menghasilkan 87 ana-kan, kalau yang konvesnionalpaling banyak 64 anakan. Ar-tinya, di lahan sekitar satu hek-tare produksinya bisa mencapai8 sampai 9 ton padi SRI. Biasanyahanya 6 ton,” ungkap dia.(ism)

Brebes RintisProduksi Padi SRI

Page 15: RADAR TEGAL 24 okt 2013

KAMIS24 OKTOBER 2013

PEKALONGANRADAR TEGAL

15

Lima Kasus Pilwalkot Dihentikandari halaman 9

Seribu Buruhakan KawalUsulan UMK

Pastikan Pelayanan Masyarakat Bagusdari halaman 9

Dalam tausyiahnya, KH Bu-chori menegaskan, KH AhmadSaidi bin Said (pengasuh PondokPesantren Giren Talang), men-dukung paslon nomor urut 3, HjBunda Sitha-Kang Nur, bukantanpa ada alasan. Bahkan tidakmendukung karena uang. Na-mun misi tauhidiyah. Apalagipaslon nomor urut 3 telah ber-silaturahmi ke Pondok Pesan-tren Giren, dan menandatanganikontrak politik. “Guna membe-

rikan pendidikan agama yangcukup bagi anak, supaya kenaldengan akidah ahlusunnah wal-jamaah. Sehingga tidak buta aga-ma, serta taat perintah atau ajar-an agama Islam.”

Dia menambahkan, karenasudah baligh, wajib kenal denganAllah SWT. Apalagi usianya 9tahun. Paslon nomor 3, Hj BundaSitha-Kang Nur kontrak politik.Mereka komitmen saat terpilihjadi wali kota-wakil wali kota 5tahun ke depan. “Atas dasar ter-sebut, KH Ahmad Saidi bin KH

Said, merestui Paslon nomorurut 3, Hj Bunda Sitha dan KangNur. Semua orang tua ingin pu-nya anak soleh dan solehah. Ka-mi mengajak masyarakat memi-lih atau mencoblos Hj BundaSitha-Kang Nur,” imbuhnya.

Lebih lanjut KH Buchori men-jelaskan, pihaknya berharapwarga memilih pemimpin yangmemiliki kontrak politik jelas.Bukan lantaran uang. “Jangansampai akidah anak-anak diga-daikan, gara-gara uang. Sebabtelah menandatangani kontrak

“Tiga kasus lain yang dihen-tikan, dugaan money politicsyang dilakukan paslon nomorurut 1, dalam jalan santai KPU.Lalu pemberian kartu sehat

oleh Paslon nomor urut 2, Ju-madi-Wahyudi. Kemudianpemberian hadiah jalan santaiPaslon nomor urut 3, Hj BundaSitha-Kang Nur,” tandas Totolagi.

Karena telah dihentikan, pa-

Melihat kedatangan Ikmal,para pasien dan keluarga yangmenunggui, terlihat kaget. Calonwali kota incumbent pun me-nyalami satu persatu pasien.

Dia (Ikmal) juga menyerapaspirasi. Baik usulan atau ke-luhan disampaikan pasien, yangmerupakan warga kurang mam-pu.

“Kampanye hari ini, kami se-ngaja datang menjenguk pasienJamkesmas. Kami ingin men-dengar langsung aspirasi, terkaitpelayanan kesehatan di KotaTegal, langsung dari pasien,” im-

buhnya.Dia menambahkan, pada 5 ta-

hun ke depan, salah satu misinyamewujudkan birokrasi profe-sional dan bersih, berorientasipada pelayanan publik. Pela-yanan kesehatan merupakansatu dari pelayanan publik. Ka-rena itu, dengan mendengardan menyerap aspirasi lang-sung, ke depan pelayanan ke-sehatan makin ditingkatkan.Sehingga visi ‘Wujudkan Ma-syarakat Kota Tegal yang AdilBerkemakmuran dan MakmurBerkeadilan,’ dapat terealisasisecara sempurna.

Di tempat sama, Humas RSI

Harapan Anda, Said Basalamahmenuturkan, kedatangan calonwali kota nomor 1 ke rumah sa-kitnya, untuk menjenguk pasienJamkesmas di Ruang Bougen-vile. “Ikmal langsung berbin-cang-bincang dengan pasiententang pelayanan kesehatan.”

Terkait dengan pilwalkot, Saidmenguraikan, jajaran RSI Ha-rapan Anda netral. Maksudnya,pilihan diserahkan kepada setiappersonel.

Di tempat terpisah, Calon Wa-kil Wali Kota nomor urut 1, EdySuripno, blusukan di DebongTengah, Kecamatan Tegal Sela-tan. Dia yang didampingi istri

tercinta, Ratna Edy Suripno, danistri Ikmal, Rosalina Ikmal Jaya,menyapa warga sekitar, sertameminta dukungan maupundoa restu.

Edy juga mendatangi para to-koh masyarakat, dan tokoh aga-ma di Debong Kulon. Dalam giatblusukannya, Edy tak ubahnyaseperti seorang artis. Setiap war-ga dan anak sekolah yang me-lihatnya, langsung mengejar ha-nya untuk bersalaman atau fotobersama. Edy juga menyamba-ngi para pelaku UMKM, yakniperajin tempe dan tahu. Terma-suk perajin batu batu di wilayahtersebut. (adi)

parnya, lima kasus pilwalkotyang dilaporkan ke Panwaslu,tidak akan dilanjutkan. Hal itujuga atas dasar pertimbanganGakumdu, terdiri dari Panwaslu,Polres Tegal Kota, dan KejaksaanNegeri (Kejari) Tegal. (hun)

politik, kami memiliki harapanbesar pada Paslon nomor urut 3,Hj Bunda Sitha-Kang Nur.”

Kemudian, Istighotsah danPengajian Umum ‘Tegal Damai’bersama ulama serta habib, di-akhiri dengan doa dipimpin Ha-bib Ahmad bin Habib MukhsinAl Athos. Dalam kesempatan itu,Habib Ahmad mendoakan su-paya pilwalkot berlangsungaman dan lancar. Terutama HjBunda Sitha-Kang Nur menangpilwalkot, Minggu (27/10). (msaekhun)

Untuk Memenangkan Pilwalkot Tegaldari halaman 9

Kampanye Terakhir, Hendria-Endang ...dari halaman 9

Di wilayah pinggiran pantaitersebut, Hendria-Endang me-nyempatkan diri mengunjungigalangan kapal. Dari aspirasiyang berhasil diserap, warga me-ngeluhkan rumahnya belummemiliki jamban dan masalah airbersih.

Setelah itu, paslon nomor urutempat ini, melanjutkan perja-lanan menemui masyarakat di

Jalan Panggung Timur. Hendria-Endang menemui abang becak,yang kebetulan tengah mangkalpinggir jalan.

Dari situ, perjalanan diterus-kan ke Jalan Slamet, KampungKalibuntu. Di sini, paslon terse-but menemui warga sambilberjalan kaki. Dalam silaturah-minya itu, keduanya tak lupamohon doa restu, dan duku-ngan penuh.

Dari Kampung Kalibuntu, pa-

sangan calon bersama tim me-lanjutkan perjalanan menemuiwarga Kelurahan Slerok, Keca-matan Tegal Timur. Selain mem-bagikan gambar pasangan no-mor empat ini mohon doa restu.Sebagian besar kelurahan di Ko-ta Tegal, dalam masa kampanyetelah didatangi. Termasuk me-ngunjungi pasar tradisional, dansentra usaha masyarakat. Disam-ping mendatangi perkampung-an padat penduduk. (din)

BATANG – Satuan Polisi Pa-mong Praja (Satpol PP) Kabu-paten Batang didampingi PanitiaPengawas (Panwas) setempatmenggelar penertiban alat pe-raga kampanye Pileg 2014 di wi-layah kota Batang. Langkah ter-sebut dilakukan karena pemasa-ngan alat peraga yang sudah di-lakukan Caleg dinilai melanggaraturan dalam pemasangannya.

Puluhan alat peraga kampa-nye Pileg 2014 yang ditertibkantersebut berupa banner, balihodan panflet yang dipasang dipohon serta melintang di jalandan di jalan-jalan protokol.

Ketua Panwaslu KabupatenBatang, Umar Abdul Jabar SAg disela-sela pemantauan mengata-kan, penertiban alat peraga ter-sebut mengacu pada PKPU No-mor 15 Tahun 2013 tentang Peru-

bahan atas PKPU Nomor 01 Ta-hun 2013 tentang Pedoman Pe-laksanaan Kampanye PemiluAnggota DPR, DPD dan DPRD.

“Pada PKPU Nomor 15 Tahun2013 khususnya Pasal 17 ayat 1,dijelaskan bahwa kampanye pe-milu dalam bentuk pemasanganalat peraga di tempat umum ti-dak ditempatkan pada tempatibadah, rumah sakit atau tem-pat-tempat pelayanan kesehat-an, gedung milik pemerintah,lembaga pendidikan (gedungdan sekolah), jalan-jalan proto-kol, jalan bebas hambatan, sa-rana dan prasarana publik, ta-man dan pepohonan,” jelas Umaryang didampingi anggota DivisiPengawasan dan Hubla Pan-waslu Kabupaten Batang, EkoSaputro SSos.

Dikatakan pula bahwa pada

huruf b pasal tersebut juga dije-laskan jika peserta pemilu dapatmemasang alat peraga kampa-nye di luar ruang dengan keten-tuan, baliho atau papan reklame(billboard) hanya diperuntuk-kan bagi partai politik satu unituntuk satu desa/kelurahan. Ataunama lainnya memuat informasinomor dan tanda gambar parpoldan/atau visi-misi, program, jar-gon, foto pengurus parpol yangbukan calon anggota DPR danDPRD.

Pada huruf tersebut juga dije-laskan bahwa calon anggotaDPD dapat memasang balihoatau papan reklame (billboard)satu unit untuk satu desa/kelu-rahan atau nama lainnya. Se-mentara bendera dan umbul-umbul hanya dapat dipasangoleh parpol dan calon anggota

DPD pada zona atau wilayahyang ditetapkan oleh KPU bersa-ma pemerintah daerah.

“Sesuai aturan yang ada,spanduk dapat dipasang olehparpol dan calon anggota DPR,DPD dan DPRD dengan ukuranmaksimal 1,5x7 meter hanya satuunit pada satu zona atau wilayahyang ditetapkan oleh KPU ber-sama pemerintah daerah,” te-gasnya.

Ditambahkan, Panwaslu Ka-bupaten Batang saat ini masihmenunggu SK Bupati Batang ten-tang Zona/Wilayah mana sajananti yang akan diatur sesuaidengan PKPU Nomor 15 Tahun2013 tersebut. Namun, Panwas-lu juga mengimbau kepada par-pol atau caleg masing-masinguntuk mentaati aturan terkaitpemasangan alat peraga. (rul)

KAJEN - Seribu buruh yangtergabung dalam Serikat PekerjaNasional (SPN) Kabupaten Pe-kalongan, Kamis (24/10), akanmendatangi Kantor GubernurJateng. Aksi itu dilakukan seba-gai langkah pengawalan usulanUpah Minimum Kabupaten(UMK) agara direalisasikan.

Rencananya, seribuh buruhakan menuju ke Kantor Guber-nur Jateng dengan berkumpul diKantor DPC SPN Kabupaten Pe-kalongan sekira pukul 08.00.Selanjutnya mereka akan ber-temu dengan ribuan pekerja dariKota Pekalongan, tepatnya diJalan Jenderal Sudirman.

Namun tidak hanya itu saja,nantinya mereka akan bertemulagi dengan ribuan pekerja daridaerah lain seperti Batang, Ken-dal, Pemalang bahkan se-JawaTengah. Mereka menuju Sema-rang akan menaiki sepeda motorsecara beriringan.

Ketua DPC SPN KabupatenPekalongan, Ali Soleh kepadaRadar, Rabu (23/10), mengata-kan bahwa seribu orang pekerjaasal Kota Santri akan mengawalusulan angka yang telah diaju-kan ketika sidang pengupahan diDinsosnakertrans KabupatenPekalongan. Adapun angka ituRp 2.608.000 yang sesuai denganhasil survey.

“Kita akan berkumpul di Kan-tor DPC SPN kemudian bertemudengan ribuan pekerja dari KotaPekalongan bahkan daerah lain-nya se- Jawa Tengah. Kita sudahdidisposisikan untuk bertemudengn Gubernur Jateng, GanjarPranowo sekira pukul 16.00,”terangnya.

Pihaknya meminta supayausulan angka yang diajukan SPNdirealisasikan, namun apabilatidak maka semua akan mengge-lar aksi mogok kerja daerah. ”Ka-lau tidak terealisasikan semuaakan menggelar aksi mogok ker-ja daerah.

Sebelumnya, sidang dewanpengupahan di Aula Dinsosna-kertrans Kabupaten Pekalong-an, Senin (21/10) memanas. Pa-salnya masing-masing pihak te-

tap mempertahankan angkahingga tidak tercapai kesepa-katan. Adapun angka yang dike-luarkan oleh Apindo pada si-dang menaikkan usulan angkaUMK di Kabupaten Pekalongansemula Rp 1.080.000, menjadi Rp1.130.000, sedangkan SPN masihpada usulan semula yakni Rp2.608.000. Sedangkan Apindodan SPN masing-masing berun-ding melalui setengah kamarpun tak ada kesepakatan. (yon)

NURUL FATAH

DITERTIBKAN - Satpol PP melakukan penertiban alat peraga Caleg yang pemasanganya melanggar aturan.

Langgar Aturan, Alat Peraga Kampanye Ditertibkan

PEKALONGAN - KPU ProvinsiJawa Tengah, telah menetapkanlima orang anggota KPU KotaPekalongan periode 2013-2018yang diumumkan dalam web-site KPU pada Rabu (23/10) ma-lam pukul 00.00.

Dari lima nama yang ditetap-kan, tiga nama diantaranya me-rupakan incumbent. Masing-masing M Taufiqurrahman, Basirdan Edi Harsoyo. Sementara duanama anggota lain yang meru-pakan pendatang baru adalahRahmi Rosyada, dan Priyadi Tra-hutomo.

Bersama lima anggota KPUKota Pekalongan, dari websiteKPU Provinsi juga diumumkanlima nama anggota KPU dari 30kabupaten/kota yang masa ja-batannya berakhir bersamaan.Direncanakan, anggota KPU se30 kabupaten/kota akan menja-lani pelantikan hari ini (Kamis24/10). “Sore ini, kami akan be-rangkat ke Semarang untuk me-lakukan gladi bersih guna per-siapan untuk pelantikan ang-gota KPU periode 2013-2018yang direncanakan digelar besoksesuai dengan akhir masa ja-batan kami periode lalu,” tuturanggota KPU terpilih, Edi Har-soyo, Rabu (23/10).

Dikatakan Edi, usai menjalanipelantikan para anggota KPUakan langsung menjalankan tu-gasnya. Karena, masih ada be-berapa pekerjaan, dan tugas

yang masih harus diselesaikandiantaranya sosialisasi, pemuta-khiran data dan beberapa tugaslainnya.

Sementara mengenai pemba-gian divisi tugas masing-masinganggota, dikatakan Edi usai di-lantik baru pihaknya akan meng-gelar pertemuan bersama duaanggota yang baru untuk mela-kukan koordinasi terkait pem-bagian tugas, dan divisi masing-masing.

“Usai pelantikan, terlebih duluakan dilakukan pembekalan ter-hadap seluruh anggota KPUterpilih baik incumbent maupunyang baru. Pembekalan akan di-lakukan di Semarang dijadwal-kan mulai hari Minggu (27/10)sampai hari Selasa (29/10). Se-telah pembekalan selesai, kamiakan mulai bekerja,” terang Edilagi.

Salah satu anggota KPU yangbaru, Priyadi Trahutomo, me-ngaku sudah mulai mempersiap-kan diri untuk menjalani tugasbarunya. Priyadi, mengibarat-kan mendapatkan tugas baru iniseperti pindah ke rumah baru,dimana dirinya harus menem-patkan barang-barang sesuaidengan tempatnya.

“Yang terpenting disini adalahkoordinasi. Karena disini adalahkerja tim. Maka yang paling pen-ting adalah koordinasi antaralima divisi yang ada di KPU ini,koordinasi secara intens dan

kontinyu,” tuturnya.Selain itu, Priyadi juga me-

nyebut bahwa media juga mem-punyai peranan penting dalammengawal, dan menjadi salahsatu bagian tim kerja KPU. Media,dikatakannya akan sangat mem-bantu terutama dalam masalahsosialisasi ke masyarakat.

Ditanya mengenai pengala-mannya dibidang kepemiluan,Priyadi mengakui bahwa penga-laman dirinya di bidang pemilusangat awam atau nol besar. Ka-rena, profesi sebelumnya adalahseorang konsultan.

Untuk itu, adanya tiga incum-bent yang kembali terpilih se-bagai bagian dari lima anggotaKPU diakuinya akan sangatmembantu. “Insya Aallah sayaakan berupaya menjalankan tu-gas ini dengan dukungan dariberbagai pihak, termasuk teman-teman dari incumbent KPU. Sayaakan menimba ilmu dari mereka.Saya akan coba bekerja kerasdan menjalankan tugas bersamasegala konsikuensinya denganbaik,” ucapnya lagi.

Anggota KPU Kota Pekalo-ngan, termasuk dari 30 daerahyang masa jabatannya habis pa-da 24 Oktober. Sementara em-pat kabupan/kota, baru akanmenjalani pelantikan pada bu-lan Desember nanti. Satu lain-nya, yaitu Kabupaten Banyu-mas, justru sudah dilantik ter-lebih dahulu. (nul)

Tiga Incumbent KembaliJabat Anggota KPU

PEKALONGAN - Dinas Kese-hatan (Dinkes) Kota Pekalonganmencatat, sejak Januari hinggaOktober tahun ini, terjadi seba-nyak 56 kasus warga yang ter-serang penyakit Demam Ber-darah Dengue (DBD).

Bahkan, dua orang di antara-nya dinyatakan meninggal aki-bat penyakit yang dibawa olehnyamuk jenis Aedes Aegypti. Ka-sus kematian terakhir akibatDBD, terjadi di Kelurahan Banyu-urip Alit sekitar satu mingguyang lalu.

Demikian diungkapkan Ke-pala Dinkes setempat, dr DwiHeri Wibawa MKes yang ditemuidalam kegiatan donor darah ke-marin. Dwi Heri mengatakan,serangan DBD memang intensterjadi selama musim kemarau

lalu. Namun menjelang tibanyamusim peralihan atau panca-roba, serangan penyakit DBDkemungkinan bisa meningkat.

“Untuk itu kami mengimbaukepada masyarakat agar mewas-padai penyakit tersebut men-jelang masuknya pancaroba,”pesannya.

Kewaspadan yang harus dila-kukan masyarakat, lanjut DwiHeri, diantaranya dengan me-mantau tandon air, terutamayang berada di luar rumah. Ka-rena, tandon air yang berada didalam rumah sudah dapat ter-pantau setiap hari.

Adanya tandon air berpotensimenjadi perindukan nyamukAedes Aegypti yang merupakanpenghantar penyakit DBD. Se-hingga Kepala Dinkes meminta

kepada masyarakat agar seringmelakukan pemantauan, danpembersihan terhadap tandonair di sekitar rumah.

Selain itu, pihaknya juga akankembali mengintensifkan ge-rakan pemantau jentik nyamukyang akan dilakukan bersamawarga. Melalui gerakan tersebut,dirinya berharap petugas danwarga bisa bersama melakukanpencegahan terhadap muncul-nya serangan DBD.

“Kami akan terus mengingat-kan kepada warga terkait hal ter-sebut. Selain itu, Dinkes jugaakan menyebarkan surat edaranke sekolah-sekolah saat menje-lang liburan. Tujuannya agarmereka juga dapat ikut peduliterhadap pencegahan DBD ini,”imbuhnya.

Ditanya mengenai perlunyasolusi fogging massal? Dwi Herimenyatakan bahwa fogging su-dah dilakukan oleh Dinkes. Na-mun pihaknya juga bisa kem-bali melakukan fogging khususjika muncul laporan penderitabaru.

Fogging akan hanya akandilakukan dengan fokus ke lo-kasi rumah penderita, danlingkungan sekitarnya denganradius sekitar 100 meter.

Sedangkan untuk kelurahanendemis DBD, pihak Dinkes jugatelah memetakan lima kelurahanyang dinyatakan endemis ma-sing-masing Kelurahan Bendan,Kelurahan Kauman, KelurahanPasirsari, Kelurahan Medonodan Kelurahan Kandang Pan-jang. (nul)

Dua Warga Meninggal Akibat DBD

TRIYONO

SIDANG - Tiga kali sidang dewan pengupahan di Aula Din-sosnakertrans Kabupaten Pekalongan tidak ada kesepakatan,karena masing-masing mempertahankan usulannya.

Page 16: RADAR TEGAL 24 okt 2013

CMYK

KAMIS, 24 OKTOBER 2013 16RADAR TEGAL

Gudang ObatNyamuk Terbakar

YERRI NOVEL/RADAR SLAWI

LUDES - Gudang obat nyamuk di Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi ludes terbakar. Diperkirakan, totalkerugian hingga mencapai Rp 1 miliar lebih.

Kerugian Capai Rp 1Miliar Lebih

SURADADI - Sebuah gudang se-kaligus tempat pengolahan bahanbaku obat nyamuk ludes terbakar,Rabu (23/10) dini hari. Gudang ituberada di tepi jalur pantai utara (Pan-tura) wilayah Desa Purwahamba, Ke-camatan Surodadi, Kabupaten Tegal.Dalam peristiwa itu, tidak ada korbanjiwa. Namun total kerugian diper-kirakan mencapai Rp 1 miliar lebih.

Diperoleh informasi, kebakarandiketahui warga sekitar pukul 02.00WIB. Saat itu, api sudah menyala dariatap bangunan. Diduga, api berasaldari hubungan pendek arus listrik.

“Dalam hitungan menit, apilangsung menjalar dan membakarseisi bangunan,” kata Yanto (42) wargadi sekitar lokasi kejadian.

Besarnya api membuat sejumlahwarga sekitar berhamburan karenapanik dan khawatir jika kebakaran

bakal merembet ke permukiman.Menggunakan ember dan peralatanseadanya, warga berusaha mema-damkan api. Namun upaya pema-daman itu tak membuahkan hasil. Se-bab, di dalam gudang itu terdapatratusan karung bahan baku obatnyamuk yang mudah terbakar.

“Bahan baku itu terbuat dari olahantempurung kelapa yang mudah ter-bakar sehingga api cepat menjalar,”ujarnya.

Selain membakar habis seluruhbahan baku obat nyamuk, api jugamenghanguskan sebuah alat peng-hancur tempurung kelapa. Tiga mo-bil pemadam kebakaran yang dike-rahkan ke lokasi tampak kewalahanmengatasi api yang terus membum-bung tinggi.

Beberapa kali tiga mobil pemadamitu bolak-balik mengisi air. Prosespemadaman oleh puluhan petugaspemadam dan seratusan warga se-kitar memakan waktu sekitar tiga jam.Api baru dapat dijinakan sekitar pu-

kul 05.00 WIB.Sementara, pemilik gudang, Abi-

din, mengaku awalnya tidak tahujika gudangnya terbakar. Dia barutahu setelah mendapat laporan dariwarga sekitar. “Tadi saya diberitahuwarga kalau gudang saya terbakar,”katanya.

Abidin juga menyayangkan tigamobil pemadam yang datang terlam-bat dan tiba dalam kondisi tanki tidakterisi penuh. Api baru dapat dikuasaisekitar pukul 05.00 WIB, tiga jamsetelah petugas pemadam dan sera-tusan warga bekerja keras. “Kalautidak terlambat, mungkin masih bisatertolong,” ucapnya.

Sementara, Kapolsek Suradadi,AKP Suratman, membenarkan peris-tiwa kebakaran tersebut. Dia jugamengatakan hal senada jika keba-karan itu berasal dari hubungan aruspendek listrik.

“Diduga karena hubungan aruspendek listrik. Tapi masih akan kamiselidiki lagi,” jelas Suratman. (yer)

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

BUKTI LAPORAN - Dua pengacara HeriMakmuri, Triyanto Patrioko SH dan JokoSantoso SH, menunjukkan bukti laporanpenyerahan barang bukti ke penyidikMapolres Tegal Kota, kemarin.

Dokter SutoroDiadukanke Polisi

TEGAL - Belum rampung menghadapigugatan Rp 3,1 miliar dalam perkara Perdata,dr Sutoro SpTHT warga Jalan Mayjen SutoyoNo. 26 Kota Tegal malah dilaporkan HeriMakmuri warga RT 04 RW IV, Desa KemurangKulon, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Bre-bes, ke polisi. Melalui dua pengacaranya,Triyanto Patrioko SH dan Joko Santoso SH,Heri melaporkan Sutoro dengan Pasal 372 dan378 KUHP tentang dugaan penggelapan danpenipuan.

‘’Sebenarnya materi perkara pidananyasama dengan perdatanya. Hanya saja, dalamperkara pidana yang kami laporkan ke Sat-reskrim Polres Tegal Kota terkait dugaantindak penggelapan dan penipuannya,’’ ung-kap Triyanto Patrioko SH didampingi JokoSantoso SH, kemarin.

Dugaan tindak penipuan terkait persoalanjual beli tanah, sedangkan dalam perkaraPerdata soal wanprestasi atau ingkar janjinya.Proses jual beli tanah antara Heri dan drSutoro sudah berlangsung. Hal itu dibuktikandengan pemberian uang muka sebagai pengi-kat transaksi jual beli.

‘’Kami datang ke sini (Polres Tegal Kota-red)sekaligus memberikan barang bukti kuitansipemberian dan penerimaan uang muka terse-but,’’ katanya.

Dijelaskan Patrioko, alasan kliennya mela-porkan dr Sutoro karena yang bersangkutantidak mengembalikan uang muka yang sudahdiberikan kliennya.

‘’Untuk perkara Perdatanya masih jalan.Dalam sidang mediasi, tiga opsi yang ditawar-kan tergugat semuanya kami tolak. Kami tetappada gugatan,’’ imbuh Joko Santoso.

Sementara, dr Sutoro SpTHT saat ditanyaterkait laporan tersebut, kemarin, membe-narkan jika dirinya dilaporkan Heri Makmurike kantor polisi. “Intinya, saya siap mengha-dapi kasusnya, baik yang Perdata maupunPidana,” katanya singkat.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Tegal Kota,Iptu Ismanto, menyatakan perkara pidanayang dilaporkan Heri Makmuri terhadap drSutoro SpTHT masih dalam pengembanganpenyelidikan. “Masih didalami anggota, nantikita lihat bagaimana hasilnya,’’ ujar Ismantodiplomatis. (gus)

ADITYO DWI/RADAR SEMARANG

OBAT KUAT ILEGAL - Kepala Balai Besar POM di SemarangZulaimah menunjukkan beberapa barang bukti obat dan jamuilegal yang bisa membahayakan kesehatan pemakainya,kemarin.

SitaObatKuat IlegalBALAI Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) di Semarang

berhasil menyita ratusan ribu produk obat tradisional, obat keras, danobat tanpa izin edar. Barang senilai Rp 700 juta tersebut disita dariprodusen di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Sukoharjo.

Kepala Balai Besar POM di Semarang Zulaimah mengatakan, padaoperasi 22-23 Oktober lalu, pihaknya mengamankan 165 item terdiridari 223.453 bungkus obat tradisional, obat keras dan obat tanpa izinedar. Barang bukti ini disita dari distributor berinisial UD di Banyumasdan EW di Sukoharjo. Dua tersangka menyimpan barang ilegal tersebutdi gudang dan menjualnya di toko kelontong bersama dengan barangkebutuhan lain. “Obat tersebut ditemukan di toko kelontong yang didalamnya terdapat gudang,” katanya.

Rata-rata, obat dan jamu yang disita berupa obat kuat khusus pria.Selain itu ada juga amoksilin dan analgesik yang dijual tanpa takarandan dosis yang tepat. Zulaimah mengaku, jika barang tanpa izin edartersebut dikonsumsi, maka bisa membahayakan kesehatan. “Obatkuat yang dicampur jamu itu fatal dan yang punya penyakit jantungbisa kambuh bahkan bisa menyebabkan pada kematian,” ungkapnya.

Kedua tersangka yang berhasil diamankan tersebut akan dijeratpasal 196 dan atau pasal 197 UU No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.Mereka akan mendapat ancaman hukuman maksimal 15 tahun ataudenda Rp 1,5 miliar. (hid)

FOKUS

MantanSuamiGagal GoyangSUDAH bukan suami istri tapi Narto(28) dan Isni (25) masih juga ribut.

Gara-gara soal anak dijadikandalih agar bekas istri mau

main ke rumah, Isni punmarah. Tapi kema-

rahan itu justrudijawab Nartodengan ten-dangan danl e m p a r a nbatu bata,karuan saja

ibu dua anak ituKO dan melapor ke

polisi.Ketika perceraian harus

t e r j a d i , yang jadi korbanbukan saja anak-anak tapi ju-ga “Si Jendul” milik bekas suami.Buktinya, di ba- nyak kejadian,bekas suami masih ngglibet inginketemu mantan istri hanya sekedar untuk berbuat sebagaimanalayaknya suami istri. Padahal, dengan status talak 1 maupun 3,hal itu tak boleh lagi dilakukan. Jika dipaksakan juga, itu samasaja berbuat zina. Baik zina secara syariat agama maupun “zina”alias izine ora nana (tidak ada).

Narto adalah salah satu lelaki yang jadi ”korban” akibathancurnya sebuah rumahtangga. Sebetulnya dia tak meng-inginkan terjadinya perceraian. Tapi gara-gara kemiskinan yangterus melilit, Isni sebagai istri memilih pecah kongsi, membatalkankoalisi permanen yang pernah dibangun sejak 5 tahun lalu.Anehnya, anak-anak yang biasanya dipertahankan oleh mantanistri, justru dibebankan pada Narto.

Lelaki nelayan dari Tambakrejo, Kecamatan Muncar,Banyuwangi, Jawa Timur ini memang kelewatan. Hasil melauthanya pas-pasan tapi hobinya mabok-mabokan. Karuan Isnisebagai istri tak tahan. Sebab tak ada ceritanya pemabok danpenjudi bisa kaya. Karena segala nasihatnya tak digubris, yasudahlah… cerai saja! Lewat Pengadilan Agama Banyuwangi,kebebasan itu diperolehnya. Dan makin bebas lagi, karena hakasuh dua anak jatuh pada sang pemabok. Biar tambah mabokgara-gara ngurus anak, begitu dalih Isni.

Sial betul nasib Narto. Ngurus dua anak saja repot, tapi ”SiJendul” miliknya sudah beberapa bulan telantar sebagai dampakperceraian. Mau cepat-cepat menikah lagi, dia tak punya biaya.Makanya kadang Narto iri sama politisi. Karena kebanyakan duitdari hasil politik daging sapi, ada yang sampai mengoleksi istrisampai dua, tiga bahkan empat. Sedangkan Narto yang cumanelayan miskin, mau ganti istri saja susahnya bukan main.

Sebagai pelarian, Narto kembali suka mabuk-mabukan.Beberapa hari lalu saat dia minum arak di pinggir pantai, diamelihat mantan istrinya hendak membeli nasi goreng tapikehabisan. Narto segera mendekati dan menunjukkan di manawarung nasi goreng yang masih ada. Sambil berjalan menujuwarung, dia merayu-rayu Isni agar mau main ke rumah karenaanak-anak kangen. Padahal sebetulnya, yang paling kangenNarto sendiri, terutama ”Si Jendul” anaknya yang lain.

Ternyata jawaban Isni sangat menyakitkan: ”Ora urus!” Des,jawaban itu membuat Narto naik pitam. Tanpa ba bi bu, Isnilangsung ditendang hingga terjatuh. Lebih sadis lagi, potonganbatu bata diambil dan dilempar ke wajah Isni: pletakkkk! Untungsaja banyak warga yang melihat adegan itu sehingga dilerai.Dalam kondisi wajah simpang siur, Isni pun mengadu ke PolsekMuncar mengusung pasal Kekerasan Dalam Rumah Tangga(KDRT).

Sadis, gagal nggoyang malah nendang! (wan/jpnn)

Pemuda DesaSimpan Ganjadi Saku Celana

BREBES - Upaya pemberantasan peredarannarkoba terus dilakukan Satuan Narkoba PolresBrebes. Bahkan beberapa hari lalu, Satnarkobakembali menangkap pemuda bernama Sukhaerin(26) warga Desa Songgom Lor, Kecamatan Songgom,yang kedapatan menyimpan narkoba jenis ganja disaku celananya. Dari tanggan pelaku, polisi berhasilmengamankan barang bukti berupa ganja seberat1,47 gram. Atas kepemilikan ganja itu, kini tersangkameringkuk di ruang tahanan Mapolres Brebes.

Kasat Narkoba Polres Brebes, AKP Sapari, melaluiKanit KBO, IPDA Suroto, Selasa (23/10), menga-takan, pelaku ditangkap setelah ada laporan yangmasuk jika ada warga Desa Songgom Lor yangmenyimpan ganja. Dari laporan tersebut, lanjutSuroto, Satnarkoba langsung melakukan penye-lidikan dan memburu pelaku. Setelah mendapatinformasi akurat, petugas meringkus pelaku yangsedang berada di Gang Umul Mukminin KelurahanBrebes.

“Kami menemukan ganja yang sudah dilintingmenyerupai rokok di saku celananya, Ganja tersebutdimasukan ke dalam bungkus rokok,” katanya.

Pelaku menyimpan ganja dalam bungkus rokokuntuk mengelabui petugas. Setelah diketahuimemiliki ganja, petugas menggiring pelaku keMapolres Brebes untuk diperiksa.

“Selain ganja kami juga mengamankan telepongenggam pelaku,” imbuh Suroto. Atas perbuatannya,tersangka diancam Pasal 111 Undang-Undang (UU)35/2009 Tentang Narkotika. (har)

Kios Bensin ”Barokah” KobonganTEGAL - Karena bensin tumpah

dekat kompor yang masih menyala,rumah dan kios bensin solar “Baro-kah” di Jalan Kapten Samadikun,Kelurahan Pesurungan Lor, Marga-dana, ludes terbakar, Selasa (22/10)sekitar pukul 17.30 WIB. Tidak adakorban jiwa dalam insiden tersebut.Hanya saja, kebakaran yang terjadi dilingkungan padat penduduk itu sem-pat membuat warga sekitar panik.

Diperoleh informasi, rumah dankios milik Sudargo tersebut terbakarakibat bensin yang disimpan dalambotol tumpah dan mengenai komporyang masih menyala. Sebelumnya,anak Sudargo, yakni Dewi (32) barusaja menutup kios bensin ayahnyadan membawa bensin yang sudahdikemas dalam botol ke rumah. Entahkanapa, botol tersebut jatuh dantumpahannya mengenai komporyang masih menyala. Tak pelak, apimembesar dan menjilat seisi rumah.

‘’Saat api menyala, saya langsungkeluar rumah dan minta tolong war-ga,’’ ungkap Dewi.

Sementara, warga setempat, Ra-santo, mengatakan, melihat ada apimenyala-nyala dirinya bersama war-ga berusaha memadamkan api de-ngan alat seadanya sambil menung-gu mobil pemadam kebakaran da-tang.

“Karena sulit mencari sumber air,terpaksa kami siram dengan air got,”

kata Rasanto.Terpisah, Kapolres Tegal Kota,

AKBP Darmawan Sunarko SIK yangdatang ke TKP bersama WalikotaTegal H. Ikmal Jaya SE AK menyatakanpihaknya masih melakukan penye-lidikan terkait insiden kebakarantersebut. “Masih kami selidiki,” kata-nya. (gus)

TEGAL - Parmanto (56) pengusahashowroom mobil warga Jalan Sum-bing, Kelurahan Panggung, Keca-matan Tegal Timur, Kota Tegal, yangnamanya selalu disebut-sebut NovelFatrio dalam persidangan kasus pen-cucian uang di Pengadilan Negeri(PN) Tegal, kini secara resmi telahditahan Kejaksaan Negeri Tegal (Ke-jari) Tegal.

Sebelumnya, Parmanto ditangkapTim Unit Polda Jawa Tengah (Jateng)

dipimpin Kompol Sulistyaningsih.Menurut Sulistyaningsih, setelahberkasnya lengkap atau dinyatakanP21, pihaknya bergerak ke rumahParmanto di Jalan Sumbing untukmenangkap yang bersangkutan, Ra-bu (9/10/2013) pukul 22.00 WIB.

“Kami hanya menjalankan tugas.Setelah berkas lengkap, kami ber-sama tim menangkap tersangka dirumahnya. Tidak ada perlawanan,”katanya.

Selanjutnya, berkas dan tersangkadikirim ke Kejaksaan Tinggi (Kejati)Semarang dan dilanjutkan ke KejariTegal untuk diproses lebih lanjut.“Tersangka diduga melakukan tindakpidana pencucian uang,” ujar Sulis-tyoningsih.

Terpisah, salah satu Jaksa di KejariTegal, Nursodik SH, saat dikonfirmasimembenarkan pihaknya telah me-nahan Parmanto setelah kasusnyadinyatakan P21. (gus)

Parmanto Resmi Ditahan Kejari Tegal

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

LIHAT KEBAKARAN - Kapolres Tegal Kota, AKBP Darmawan Sunarko SIKdan Walikota Tegal H. Ikmal Jaya SE AK saat meninjau lokasi kebakaran,kemarin.

Page 17: RADAR TEGAL 24 okt 2013

OLAH RAGARADAR TEGAL

17KAMIS , 24 OKTOBER 2013

MILAN - AC Milanboleh saja mengalami

kriris di Serie A. Na-mun di Liga Champions,

I Rossoneri masih belum tersentuhkekalahan. Dini hari kemarin, Milan mampu

mengatasi tekanan, menahan imbang juaraSpanyol Barcelona dengan skor 1-1 pada match day

ketiga Grup H di San Siro.Pada menit ke-9 Milan langsung menggebrak dengan

unggul lebih dulu. Kesalahan koordinasi dua bektengah Barca Javier Mascherano dan Gerard Piquemembuat penyerang Milan Robinho mendapatkanruang.

Pemain asal Brasil itu lantas memberikan umpan ke-pada Kaka yang melesat ke kotak penalti Barca. Dengan

presisi yang tepat, Kaka menyodorkan umpan kepadaRobinho yang langsung menceploskan bola ke

gawang Victor Valdes.Keunggulan Milan tidak bertahan cukup

lama. Barca bangkit melalui gol sang su-perstar Lionel Messi pada menit ke-23. Striker asal Argentina tersebutmengecoh pertahanan rapat Milan

dan menaklukkan kiper kedua MarcoAmelia.Pada babak kedua, Barca yang mendo-

minasi penguasaan bola sebanyak 72 persen gagal mencetak goltambahan. Garis pertahanan yang rendah dan kedisiplinan pemain Milanmenjaga area membuat Xavi dkk frustrasi.

Dengan hasil tersebut, Barca tetap menjadi pemuncak klasemensementara Grup H dengan tujuh poin hasil dua menang dan sekaliimbang. Sementara itu, Milan membayangi di posisi kedua dengan limaangka (satu menang, dua seri).

Pelatih Milan Massimiliano Allegri mengatakan sangat puas denganpenampilan timnya. Dia mengatakan, para pemain cukup sempurnadalam menjalankan taktik.

“Saya ingin mengatakan bahwa pemain saya tampil sangat bagusdan menyulitkan Barcelona. Kami mengkreasi lebih banyak peluangmencetak gol ketimbang lawan,” ucap Allegri kepada La Gazzettadello Sport.

Di sisi lain, Gerardo “Tata” Martino juga menegaskan bahwatimnya melakukan dominasi total terutama pada babak kedua.Menurut Tata, hasil seri tidak pantas dalam laga ini. “Kamikehilangan dua poin. Sebab kamilah yang menciptakan peluangmencetak gol lebih banyak. Atas alasan itu, kami pantas me-nang,” ucap pelatih asal Argentina itu.

“Memang tidak mudah untuk bermain melawan tim denganpemain yang menumpuk di belakang. Apalagi gelandang kami

mengalami penjagaan keras di tengah,” imbuhnya.Dalam laga lain di Grup H, tuan rumah Celtic berhasil mem-

bekap juara Belanda Ajax Amsterdam dengan skor 2-1. Tambahantiga angka membuat Celtic menempati posisi ketiga dengan tiga

poin.Kalau melihat fakta ini, wakil Grup H ke babak 16 besar agaknya akan

menjadi milik Barcelona dan Milan. Pertemuan keduanya dalammatchday keempat 6 November mendatang diprediksi akan menjadipenentu siapa tim yang menjadi juara grup ini. (nur)

DALAM ANGKA3-2-3 - Dalam 10 home kontra Barca,

Milan mencatat kemenangan dan keka-lahan yang berimbang (3 kali), sedangkandua laga lainnya draw.

6-7-6 - Rekor away Barca melawan klubSerie A boleh dibilang tidak bagus, tapi jugatidak jelek. Barca mencatat enam kalimenang, tujuh seri, dan enam kalah.

17 - Secara keseluruhan, Milan danBarca telah bertemu 17 kali. Perinciannya,Barca menang 7 kali, seri 5 kali, dan Milanmenang 5 kali.

80-133 - Jika Kaka adalah pemain Milandengan jumlah penampilan Liga Champi-ons terbanyak (80 laga), dari Barca, XaviHernandez yang terbanyak dengan 133pertandingan. (dns/ttg)

ROBINHOROBINHOROBINHOROBINHOROBINHO

Pujian MengalirUntuk Kaka

KAKA akhirnya melakukan debut untuk AC Milan di LigaChampions musim ini. Datang dari Real Madrid pada musimpanas lalu, pemain Brasil berusia 31 tahun itu langsungmenjadi starter.

Sebulan terakhir, Kaka tidak bisa membela Milan karenacedera hamstring. Pada laga perdananya membela Milansejak hengkang pada 2009 lalu, Kaka tampil tidak menge-cewakan. Dia mencatat assist untuk gol Milan yang dicetakkompatriotnya dari Brasil Robinho pada menit ke-9.

Pelatih Milan Massimiliano Allegri memuji setinggilangit performa Kaka dalam laga yang berakhir imbang 1-1 itu. Kaka yang bermain di sisi kiri dalam skema 4-3-3akhirnya digantikan oleh Urby Emanuelson pada menitke-71.

“Kaka bermain dengan sangat luar biasa. Dia membuktikandirinya sebagai seorang juara,” kata Allegri kepada LaGazzetta dello Sport.

“Beberapa kali dalam pertandingan dia bermain denganperan yang berbeda. Dan dia melakukannya dengan baik.Untuk menjadi juara, Anda tidak hanya harus mem-buktikan dengan kaki, tetapi juga dengan kepala Anda,”imbuhnya.

Kaka sejauh ini hanya bermain tiga kali untuk Milan. Sekalidi Liga Champions, Kaka dua kali berlaga di Serie A. Satumenjadi starter, satu game lagi dia masuk sebagai pemainpengganti.

“Tidak akan pernah mudah untuk bermain melawanBarcelona. Namun saya rasa, kami tampil baik melawanmereka,” kata Kaka.

“Kami berkembang sebagai sebuah tim dan saya kira Milanbisa menjadi tim yang sangat kuat. Saya rasa, kami punyakualitas untuk lebih baik lagi. Individu mungkin akan bisamemenangi pertandingan, namun Anda butuh bermainsebagai tim untuk bisa memenangi gelar,” paparnya.

Pemilik 87 caps untuk tim nasional Brasil tersebut merasabahwa sambutan hangat publik San Siro membuat moti-vasinya berlipat-lipat.

“Saya menemukan atmosfer yang sangat bagus. Sayamengalami lagi kegembiraan bermain sepak bola. Saya inginberterima kasih sekali lagi kepada keramahan dan sikapterbuka yang ditunjukkan fans Milan kepada saya,” imbuhKaka kepada Corriere dello Sport. (nur)

Kaka

FC Sherrif vs Tottenham Hotspur

Agar Lolos Cepat

LIVE

Mulai Pukul 23.45

TIRASPOL - Penampilan TottenhamHotspur di Europa League 2013-2014sangat mengesankan. Spurs menyapubersih dua kemenangan dalam kua-lifikasi fase grup K. Andaikata Spurs bisamembekap juara Moldova FC SherrifTiraspol di kandang lawan Sheriff Sta-dium, malam nanti, Spurs akan lolos kebabak 32 besar (Live SCTV mulai pukul23.45).

Namun, ada sya-rat lain yang harusdipenuhi agarSpurs bisa lolos de-ngan hanya tigalaga. Yakni jika timRusia Anzhi Makha-chkala bermain im-bang melawan tuan rumah Tromso diAlfheim Stadion.

Spurs memang sangat diunggulkandalam partai ini. Dalam dua laga terakhir,pasukan Andre Villas-Boas mampu men-cetak lima gol tanpa pernah kebobolan.Di sisi lain, Sherrif hanya bermain imbangdua kali.

Striker Spurs Jermain Defoe bersinarmusim ini di Europa League. Dia sudahmencetak tiga gol di fase grup. Strikerberusia 31 tahun itu juga menceploskandua gol pada babak kualifikasi melawanDinamo Tbilisi.

Karena penampilan bagus itulah, De-foe menjadi nama yang disorot. Diadiperkirakan mampu melanjutkan pe-nampilan gemilangnya. Europa Leaguemenjadi panggung utama setelah dia

kesulitan menemukantempat utama di PremierLeague.

Jika dia mampu mencetaksatu gol lagi, pemilik 54 capsuntuk tim nasional Inggris ter-sebut akan menyamai rekor golMartin Chivers di kompetisi Eropa.Chivers yang membela Spurs pada 1968-

1976 membuku-kan 22 gol dikompetisi Eropa.

Vi l las-Boasagaknya akanmemberikank e s e m p a t a nkepada Erik La-mela dan Chris-

tian Eriksen. Winger Aaron Lennonyang baru sembuh dari cedera jugabisa tampil sebagai starter.

“Ada perubahan yang bisa di-lakukan. Di PremierLeaguep e r -sai-ng-a nl e -bih intens dan begitu terbuka. Namunkami tidak boleh lengah pada ajang ini,”ucap Villas-Boas seperti dilansir Sports-Mole. (nur/ruk)

Jermain Defoe

Kebekuan Tito-Pep BerakhirBARCELONA - Kebekuan komunikasi

antara dua mantan pelatih Barcelona TitoVilanova dan Pep Guardiola akhirnya ber-akhir. Dan, Tito-lah yang menjadi Ice Break-ing perang dingin antara dia dengan Guar-

diola yang telah berlangsung selamaberbulan-bulan itu.

Ya, sore kemarin (23/10) Titolangsung bergegas ke kediam-

an Guardiola setelah men-dengar mantan bos-nya

saat menukangi klubCatalan selama em-

pat tahun itu da-tang ke Barce-

lona. Bahkan,V i l a n o v a

mengen-d a r a i

sendirisedan

Por-

sche Cayenne miliknya.Belum tahu persis tujuan Guardiola da-

tang ke Barcelona saat timnya BayernMuenchen sedang melakukan persiapanjelang matchday ketiga mereka di LigaChampions dengan melawan Viktoria Plzendini hari nanti.

Menurut media setempat, Guardiolasudah terlihat di Bandara El Prat, Barcelonasejak siang kemarin setelah melakukanpenerbangan dengan pesawat pribadi dariMunich, Jerman.

“Ya, saya memang ke Barcelona, tapi ituuntuk urusan pribadi, “ kata Guardiolakepada media setempat terkait perihalkedatangan dia ke Barcelona tersebut.Setelah urusannya di bandara selesai, Guar-diola langsung menuju kediamannya padapukul tiga sore waktu setempat.

Nah, dalam pertemuan tersebut, Tito danGuardiola terlibat pembicaraan serius sela-ma kurang lebih tiga jam. Itu setelah Vila-nova baru terlihat meninggalkan kediamanGuardiola pada 06.30 setempat. Lima menitkemudian, Guardiola menyusul keluar danmenuju bandara dan langsung menujuMunich dengan sebuah pesawat pribadi.

Meski tidak ada pernyataan resmi terkaitisi pembicaraan mereka, namun pertemuantersebut cukup menjadi jawaban atas stig-

ma publik tentang perang dingin yangterjadi antara keduanya.

Sebagaimana diketahui, Tito sempatkecewa dengan sikap Guardiola yangtidak memperdulikan dirinya saatmengalami kanker tenggorokan be-berapa waktu lalu,” Saat saya sakit,saya butuh teman, dan Pep (Guar-diola) tidak ada di sana,” keluh Tito

belum lama ini.Hubungan itu semakin meruncing se-

telah Guardiola tidak juga menjenguk Titosaat dia melakukan upaya penyembuhandi New York, Amerika Serikat. Padahal,dalam waktu yang sama, Guardiola jugasedang menjalani liburan di negeri PamanSam itu. (dik)

Tito Vilanova

Page 18: RADAR TEGAL 24 okt 2013

KAMIS24 OKTOBER 2013

ALL SPORTSRADAR TEGAL

18

LONDON - Tahun lalu, ArseneWenger merayakan ultah ke-63dengan kekecewaan. Bagaima-na tidak, pelatih yang merayakanhari kelahirannya setiap 22 Ok-tober itu dikado kekalahan be-runtun Arsenal. Masing-masing0-1 dari Norwich City di PremierLeague dua hari sebelum ultahdan 0-2 dari Schalke 04 di fasegrup Liga Champions dua harisetelahnya.

Tahun ini, perayaan ultah We-nger malah lebih buruk. Pelatihkelahiran Strasbourg, Prancis,itu menelan kekalahan 1-2 dariklub Jerman lainnya, BorussiaDortmund, tepat di hari ultah-nya.

Kekalahan tersebut makinmengecewakan Wenger karenaselain terjadi di Stadion Emirates,kandang Arsenal, juga ketikatimnya tengah dalam tren positif.

Sebelum kickoff, The Gunners(sebutan Arsenal) tak terkalah-kan dalam 12 laga beruntun atausejak diperdaya 1-3 Aston Villadalam laga pertama musim ini.Arsenal juga banjir pujian karenamemberikan performa meng-hibur dan banyak gol, khususnyasejak kehadiran Mesut Oezil.

Namun, menghadapi Dort-mund yang memiliki sistem danskema permainan sama, Arsenalboleh dibilang tak beruntung.Kenapa tidak beruntung ? Jikamenilik jalannya pertandingandan peluang dari kedua tim, hasilseri memang terasa lebih fair.

Dortmund membuka skor le-bih dulu melalui Henrikh Mkhi-taryan pada menit ke-16. Gol itudiawali dari kelengahan AaronRamsey sehingga bola dicuriMarco Reus. Empat menit sebe-lum turun minum, Arsenal mem-

(1) ARSENAL VS DORTMUND (2)

ULULULULULTTTTTAH DIKADO KALAHAH DIKADO KALAHAH DIKADO KALAHAH DIKADO KALAHAH DIKADO KALAHbalas melalui Olivier Giroud.

Ketika laga sepertinya bakalberakhir 1-1 dan Arsenal tengahmengontrol permainan, Dort-mund malah mampu memak-simalkan serangan balik cepatuntuk mencetak gol kemena-ngan melalui Robert Lewan-dowki (82'). “Kami hanya bisabercermin bahwa tim kami ma-sih belum matang,” kata Wengerseperti dilansir Sport Review.

“Jika Anda sulit memenang-kan pertandingan, maka Andajangan sampai kalah,” imbuhpelatih berjuluk The Professortersebut.

Der trainer Dortmund JuergenKlopp juga menganggap keme-nangan timnya tak lepas daribantuan dewi fortuna.

“Ini memang bukan keme-nangan yang layak karena ter-kadang kami tidak menangmeski melakukan 30 tem-bakan, tapi bisa menangdengan mencetak duagol meski hanya me-lakukan tiga tem-bakan,” ungkappelatih yanga k r a bdisapa

Kloppo itukepada Kicker.

Berbeda dengan

Klopp, defender Dortmund Ne-ven Subotic menilai timnyalayak menang. “Kami lebih ba-nyak berlari, mungkin 10 kmlebih banyak dari Arsenal.Kami juga menunjukkan se-mangat untuk bisa meme-nangkan pertandingan,” tu-turnya.

Meski kalah, Arsenal masihmemuncaki klasemen grup Fdengan raihan enam poin. Se-iring Dortmund dan Napolijuga memiliki poin sama, pe-nentuan peringkat mengguna-kan selisih gol di antara ketigatim tersebut. Hasilnya, TheGunners paling baik dengansurplus satu gol.

“Grup kami ketat dan sulit.Namun, masih memungkinkanbagi kami lolos asalkan me-m e n a n g i

laga tan-dang,” ujarWenger ke-pada SkySports. (dns/bas)

OLIVIERGIROUD

Lewy Seharusnya DiusirROBERT Lewandowski mungkin tak akan

mencetak gol kemenangan Borussia Dort-mund seandainya wasit Jonas Eriksson (Swe-dia) menonton re-play insiden padamenit ke-64. Kalaitu, Lewandowskitertangkap kameramenyikut wajahLaurent Koscielny.

Insiden itu mem-buat Lewy, sapaanakrab Lewandow-ski, hanya diganjarkartu kuning olehEriksson. Sedang-kan dari kacamatapelatih Arsene We-nger, Lewy layak di-usir keluar lapa-ngan alias meneri-ma kartu merahlangsung.

“Seharusnya me-mang demikian(kartu merah). Tapi,saya tidak melihat-nya dengan jelas dan posisi wasit lebih baikketimbang saya,” ucapnya seperti dilansirLondon 24.

Wenger pun berusaha menahan diri untuktidak mengomentari kepemimpinan wasitkarena berisiko sanksi dari UEFA. “Bukan sayayang memutuskan jalannya pertandingan,”

tandasnya.Sebelum memastikan gol keme-

nangan Dortmund, Lewy memangnyaris menjalaniquiet game. Statistikmencatat, striker 25tahun itu hanya me-lepaskan satu tem-bakan, kesulitanmelepaskan diri da-ri pengawalan Kos-cielny, serta kerapkalah dalam duelbola udara (40 per-sen).

Koran lokal Dort-mund, Ruhr Nach-richten, bahkanmemberikan ratingburuk atas penam-pilan Lewy. Yakni,dua dari lima. “Dia(Lewy) baru munculsetelah turun minum,lebih banyak berkutatdi sayap, dan minim te-ror di depan gawang”.

Demikian tulis koran yang libur di hariMinggu tersebut.

Penilaian berbeda disampaikan pen-cetak gol pertama Dortmund HenrikhMkhitaryan. Playmaker internasional Ar-menia itu malah menyebut Lewy sebagaibintang lapangan. (dns/bas)

ROBERTLEWANDOWSKI

HASIL KEMARIN (23/10)

GRUP ESteaua vs Basel 1-1(Tatu 88/Diaz 48)Schalke 04 vs Chelsea 0-3(Torres 5, 69, Hazard 87)

KLASEMEN SEMENTARA1. Chelsea 3 2 0 1 8-2 6

2. Schalke 04 3 2 0 1 4-3 6

3. Basel 3 1 1 1 3-3 4

4. Steaua Bucuresti 3 0 1 2 1-8 1

GRUP FArsenal vs Dortmund 1-2(Giroud 41/Mkhitaryan 16, Lewandowski 82)Marseille vs Napoli 1-2(A.Ayew 86/Callejon 42, Zapata 67)

KLASEMEN SEMENTARA1. Arsenal 3 2 0 1 5-3 6

2. Dortmund 3 2 0 1 6-3 6

3. Napoli 3 2 0 1 4-4 6

4. Marseille 3 0 0 3 2-7 0

Keterangan: Penentuan posisi tiga besar ditentukan dari selisihgol ketiganya dengan Arsenal +1, Dortmund 0, Napoli -1)

GRUPGAustria Wien vs Atletico Madrid 0-3(Garcia 8, Costa 20, 53)Porto vs Zenit 0-1(Kerzhakov 86)Kartu merah: Herrera 6 (Porto)

KLASEMEN SEMENTARA1. Atletico Madrid 3 3 0 0 8-2 9

2. Zenit 3 1 1 1 2-3 4

3. Porto 3 1 0 2 2-3 3

4. Austria Wien 3 0 1 2 0-4 1

GRUP HAC Milan vs Barcelona 1-1(Robinho 9/Messi 23)Celtic vs Ajax 2-1(Forrest 43-pen, Kayal 53/Schone 90+4)Kartu merah: Biton 88 (Celtic)

KLASEMEN SEMENTARA1. Barcelona 3 2 1 0 6-1 7

2. AC Milan 3 1 2 0 4-2 5

3. Celtic 3 1 0 2 2-4 3

4. Ajax 3 0 1 2 2-7 1

Keterangan: Matchday 4 dihelat 6 November 2013

Penebusan Luka Mercedes di India

JUERGEN Klopp hanya me-nonton laga di Stadion Emirateskemarin dari tribun penonton.Der trainer Borussia Dortmunditu memang masih menjalaniskors keduanya atas perilakunyamemaki ofisial keempat dalamlaga di kandang Napoli (18/9).

Di tribun penonton, Kloppkembali berulah meski kali ini takakan berbuah skors. Itu terkaittamparannya kepada Jens Leh-mann saat keduanya bertemu dilorong tribun VIP sebelum kick-off. Lehmann adalah mantankiper Arsenal (2003-2008 dan2011) sekaligus Dortmund (1999-2003).

Tamparan Klopp tak pelakmenjadi bahasan media-mediaJerman. Klopp tidak memberi-kan penjelasan, sedangkan Leh-mann menganggapnya sebagaiguyonan antarteman. “Dia me-nyapa duluan. Saya tidak tahu

dia sedang diskors. Dia menam-par, tapi bukan apa-apa,” kataLehmann yang memilih men-dukung Arsenal ketimbangDortmund itu kepada Bild.

Ekspresi Klopp di tribun saatmerayakan gol Dortmund takkalah menarik perhatian. Diaberjingkrak-jingkrak dan me-rangkul dua petinggi Dortmund(presiden Reinhard Rauball danCEO Hans-Joachim Watzke) se-layaknya sikapnya kepada pe-main di lapangan.

Ada sindiran Klopp lebih baikberada di tribun penonton ketim-bang di bench karena Dortmundselalu menang saat dirinya dis-kors. Bukti Klopp lebih nyamanmenonton adalah saat turun mi-num. Ketika kebanyakan pelatihyang diskors memilih ke ruangganti untuk menemui anak asuh-nya, Klopp memilih menikmatisandwich dan kopi. (dns/bas)

Tampar Lehmann,Nyaman di Tribun

JUERGENKLOPP

NEW DELHI - Hasil mengecewakan menghampiriLewis Hamilton di Grand Prix Jepang dua pekan lalu.Pembalap tim Mercedes itu gagal menyelesaikanbalapan karena mobilnya mengalami masalah padamesin. Kekecewaan itu masih harus ditambahtertutupnya peluang untuk meraih gelar juara dunia.

Hasil di GP Jepang adalah yang terburuk bagiHamilton musim ini. Untuk pertama kalinya di musim2013, pembalap Inggris tersebut tak bisa menye-lesaikan perlombaan. Kini, Hamilton membidikbalapan India sebagai penawarluka.

Bagi Mercedes, hasil bagus diIndia juga bisa mengembalikanstatus sebagai salah satu timyang bertarung untuk gelar jua-ra kategori konstruktor. Dalamdua balapan terakhir, Mercedes

di klasemen akhir. Hasil itulah yangmereka kejar di empat balapan terakhir.“Jika kami bisa maksimal, kami me-

miliki potensi mendapatkan hasil bagussebelum balapan berakhir,” tegas juara dunia

musim 2008 tersebut.Sayangnya, ambisi Hamilton tak diiringi dengan

catatan yang bagus bagi Mercedes di India. Tahunlalu, mereka gagal meraih poin.

“Tiga balapan terakhir menunjukkan pada kamibahwa kami harus benar-benar bertarung untukmengamankan posisi kedua di klasemen kons-truktor” beber Toto Wolff, director of motorsportsMercedes.

Usai GP Jepang, posisi Mercedes merosot keperingkat ketiga klasemen konstruktor. Merekatergeser oleh Ferrari yang unggul sepuluh poin saja(297-287). Sementara Lotus membuntuti di posisikeempat dengan 264 poin. Posisi teratas masih di-

miliki Red Bull-Renault yang punya 445 poin. (ady)

memang tampil loyo. Total, mereka hanya bisamengumpulkan 20 angka. Jumlah itu terting-gal jauh dari Lotus yang mengoleksi 58poin di dua seri terakhir.

“Kami harap bisa mendapatkan pe-kan yang hebat setelah dua seri yangsangat sulit,” terang Hamilton sebagaimana dilansirGP Update.

Hamilton bakal menjadi tumpuan utama bagi Mer-cedes untuk mewujudkan ambisi

itu. Meski sudahpasti gagal menjadi

juara dunia, Hamil-ton atau Mercedesmasih memiliki pe-luang untuk mendu-duki posisi runner up

Page 19: RADAR TEGAL 24 okt 2013

KAMIS24 OKTOBER 2013

ALL SPORTS 19RADAR TEGAL

BUKAN PARTAI SANTAIJEPARA - Pro Duta memang telah

mengantongi satu tiket untuk me-ngikuti verifikasi calon peserta ISLmusim depan. Dengan tujuh poin yangmereka koleksi saat ini di playoff IPLgrup K, mustahil mereka terdepak daritiga besar. Meski demikian, bukanberarti Pro Duta akan bermain santailawan Bontang FC di SGBK malamnanti. Pasalnya, mereka kini mema-sang target jadi juara grup. SedangkanBontang, meski hampir pasti tak lolos,mereka bertekad untuk memanfaat-kan momentum sekecil apapun gunamerengkuh kemenangan.

CEO Pro Duta Wahyu Wahab me-ngaku senang karena timnya telahmenyusul Persijap dalam perburuanmengamankan satu tiket verifikasi.Jika di laga-laga sebelumnya Wahyumaupun sang pelatih Dejan Antonictak mematok target tinggi, kali inidirinya menandaskan bahwa timnyamembidik posisi pimpinan klasemenyang saat ini masih diduduki Persijap.

”Kami tetap memburu kemenangan

di laga akhir, puncak klasemen haruskami rebut, kami ingin buktikan kalaukami tak kalah kelas dibanding tuanrumah Persijap,” paparnya.

Ambisi itu didukung kondisi primadari semua pemain Pro Duta. DonnyF Siregar yang sempat cedera telahmerumput sejak menit pertama kalamenghadapi PSLS. Demikian jugadengan pemain belakang Ramadhanidan bek sayap kanan Fariz BagusDhinata. Sebelumnya mereka harusmenerima skorsing akibat kartu merahdi laga pembuka lawan Persijap. Na-mun kini sudah dibolehkan main lan-taran telah menjalani hukuman takboleh main di dua laga sebelumnya.

Kami tetap ingin memburu keme-nangan, bila perlu dengan skor besardan puncak klasemen harus kami re-but,” imbuh Wahyu.

Posisi puncak klasemen memangtak hanya soal gengsi. Sebab skenariountuk mencari juara IPL musim iniadalah dengan mengadu juara grup Kdan grup L pada 29 Oktober. Peme-

nang di pertandingan tersebut akandiberi kesempatan untuk menjajal Se-men Padang pada 2 November gunamemperebutkan gelar juara IPL.

”Kami tak mau sekadar lolos, tapiharus ada prestasi riil yang harus kamiraih,” begitu tegas Wahyu.

Sementara, kubu Bontang tetapakan memaksimalkan peluang yangada guna merengkuh kemenangan.”Peluang kami untuk lolos memangberat, tapi kami harus memaksimalkanpeluang yang ada sebaik mungkinuntuk tetap meraih kemenangan di

pertandingan sisa,” ujar Chaerudin,asisten manajer Bontang.

Bontang sendiri sebenarnya ber-main tak terlampau buruk sepanjanggelaran playoff. Sempat menang 4-3lawan PSLS, tim ini lantas takluk olehPersijap 0-3, kemudian mereka di-jungkalkan PSM dengan skor 6-1.

”Sejak awal memang sudah kamiprediksi bahwa semua lawan kamiadalah lawan yang berat dan punyakualitas, antisipasi atas kualitas setiaplawan sudah kami lakukan sampai saatini,” ungkapnya.

M JUMRI/BONTANG POST

BERTEMU LAGI - Duel antara Bontang FC dengan Pro Duta FC dalam lanjutan IPL di Stadion Mulawarman Bontang, (18/9) lalu. Tuan ru mah dibantai 1-6.Kedua tim akan kembali bertemu dalam playoff IPL grup K di SGBK, Jepara.

Bontang FC v Pro Duta

Antisipasi itu seyogyanya memangditujukan terhadap serangan darisayap. Pasalnya, dalam dua laga ter-akhir, enam gol yang bersarang kegawang Tirta Bayu diawali dari se-rangan sektor sayap. Saat melawanPersijap, gol ketiga yang dicetak lewatsundulan Noor Hadi di menit 63’ lahirdari umpan silang kaki Fauzan Jamal.Demikian juga dengan dua golbomber PSM Andi Oddang di menitawal, gol M Rahmat menit 48’, golSyamsul Bachri menit 50’, serta golAswar Samsuddin di menit 78’, se-

muanya lahir lewat skema umpansilang. Bila tak diantisipasi, Bontangbisa kembali tumbang, karena ProDuta justru punya sayap-sayap lin-cah dengan speed kencang sepertiArif Sajali maupun Ghazali M Siregar.

Laskar Khatulistiwa (julukan Bon-tang FC) sendiri sebenarnya masihpunya kans untuk lolos. Hanya, syarat-nya cukup berat. Yakni mereka harusmenang dengan selisih minimal tujuhgol atas Pro Duta sambil berharap PSMkalah dengan selisih skor minimaldelapan gol atas Persijap. (gul/aji)

Perkiraan PemainBontang FC (4-4-2): Tirta Bayu (pg),Sudirman, Usman, Ridwansyah (c),Basri BS, Arbadin, Rachman, JimmyKidega, Firman Usman, Yossi Aditya P,Hendri SatriyadiPelatih: Cammara Fode

Pro Duta (4-3-3): Dennis Romanovs(pg), Ramadhani, Agus Nova, M Rifqi (c),Hermawan, Agus Pranoto, Donny FSiregar, Abdul Madjid Mony, Arif Sajali,Girts Karlsons, Ghazali M SiregarPelatih: Dejan Antonic

Hasil Play Off Kemarin (23/10)Grup L (Bantul)

Perseman vs Persepar 2 - 4 (0-1)Cornelis Kaimu 65', 87'/Emile Mbaba 19', 76', Kim San Duk 51',Faisol Priyo 90')

PSIR vs Persiraja 5 - 3 (3-2)

(Christian Lenglolo 5', 48', 90', Yoni Ustaf 7', 17'/Septi Hariansyah41', Angga Parnanda 43', Fahrizal Dilla 90+’)

Klasemen Sementara Grup L1. Persiba Bantul 3 2 1 0 9-4 7

2. Persepar Palangkaraya 3 2 1 0 9-4 7

3. Perseman 3 1 1 1 7-6 4

4. PSIR Rembang 3 1 1 1 8-9 4

5. Persiraja Banda Aceh 4 0 0 4 6-16 0

Klasemen Sementara Grup K

1. Persijap Jepara 3 2 1 0 9-1 7

2. Pro Duta FC 3 2 1 0 8-1 7

3. PSM 3 2 0 1 9-2 6

4. Bontang FC 3 1 0 2 5-12 3

5. PSLS 4 0 0 4 3-18 0

Daftar Pencetak gol:5 gol : Girts Karlson (Pro Duta), Noor Hadi (Persijap)

4 gol : Christian Lenglolo 1-pen (PSIR), Emile Bertrand Mbamba(Persepar)

3 gol : Andi Oddang, Syamsul Bachri (PSM), Hendri Satriyadi(Bontang FC), Marcio Souza (Perseman)

2 gol : Yoni Ustaf, Zainal Arifin, Heru Wibowo (PSIR), CornelisKaimu (Perseman), Septi Hariansyah, Fahrizal Dilla (Persiraja),M. Rahmat (PSM), I Made Wirahadi, Roberto Kwateh, EzequielGonzales (Persiba), Julio Alcorse (Persijap)

1 gol : Kim San Duk, Faisol Priyo, Romy Agustiawan, AntonioTeles, Basri Lohy (Persepar), Agus Nova, Yusuf Efendi, ArifSajali (Pro Duta), Ahmad Setiawan, Jimmy Kindega (BontangFC), Evaldo Silva, Dedy Djunaidedy (Persijap), Aswar Samsudin(PSM), Valentino Telaubun, John Pattikawa (Perseman), AnggaParnanda, Nurul Zikra (Persiraja), Johan Manaji, SlametNurcahyo, Ugik Sugiyanto (Persiba), Camara Fassawa, ZalWandi, Nanda Lubis (PSLS)

JEPARA - Langkah PersijapJepara untuk mampu menjuaraigrup K laga playoff IndonesianPremier League (IPL) ditentu-kan pada dua laga sore dan ma-lam nanti. Selain dua laga ter-sebut, juara grup juga ditentu-kan jumlah gol yang dilesakkanoleh Persijap maupun Pro Duta.

Maklum, kedua tim itu saat inisama-sama mengemas tujuhpoin dari tiga laga. Persijap ma-sih berada di papan atas, karenaunggul selisih gol. Persijap ber-hasil mengoleksi sembilan goldan kebobolan satu gol, semen-tara Pro Duta mengemas dela-pan gol dan kemasukan satugol.

Jika dalam laga nanti Persijapberhasil mengalahkan PSM, ma-ka total perolehan poin Persijapsebanyak sepuluh poin. Begitupula Pro Duta. Jika berhasil me-ngalahkan Bontang FC malamnanti, maka perolehan poinnyajuga sepuluh. Sehingga juaragrup akan ditentukan agregatgol kedua tim itu.

Jika dilihat dari lawan padadua laga hari ini, lawan Persijapyaitu PSM jelas tidak bisa di-remehkan. Terbukti pada musimpertama IPL, klub asal Bumi Kar-tini harus kalah 1-2 di kandangPSM. Berbeda dengan Pro Dutayang menghadapi lawan ”lebihringan” yaitu Bontang FC.

Tidak hanya kendala itu, PSMpun saat ini masih berpeluangmasuk di posisi dua besar. Syarat-nya, klub berjuluk Ayam Jantandari Timur itu mampu menga-

lahkan Persijap yang digelar pu-kul 15.30 di Stadion Gelora BumiKartini (SGBK). Saat ini PSM sen-diri mengoleksi enam poin daritiga laga.

Jika melihat komposisi pe-main dalam pertandingan soreini melawan PSM, kans LaskarKalinyamat (julukan Persijap)untuk memenangi laga cukupterbuka. Apalagi beberapa pe-main andalan PSM mengalamicedera setelah melawan Bon-tang FC pada pertandingan se-belumnya.

Di antara pemain PSM yangcedera yaitu, Andi Oddang ce-dera lengan kanan, Endra Wijayacedera engkel kanan, M Rahmatcedera lutut kanan, dan SyamsulChaeruddin cedera hamstringkiri. Padahal Andi Oddang, MRahmat, dan Syamsul berkon-tribusi besar dalam gol yangdilesakkan tim berjuluk Juka Ejaitu ke gawang Bontang FC mau-pun saat meladeni PSLS Lhok-seumawe.

“Saya tidak yakin mereka bisaditurunkan saat melawan Per-sijap. Paling tidak saya konsul-tasi terlebih dahulu dengan pe-ngurus dan dokter tim,” paparpelatih PSM Imran Amirullahusai melawan Bontang FC. Hasillaporan tim dokter, kondisi MRahmat kemarin ada kemajuan.Sehingga sangat mungkin di-turunkan laga.

“Target kami tetap poin mak-simal. Saya berharap para pe-main kondisi fisiknya tidakdrop,” harapnya.

Dalam pertandingan penen-tuan itu juga, Imran Amrullahmengaku akan mengantisipasiruang gerak striker Noor Hadidan Julio Alcorse serta umpan-umpan matang bek GunawanDwi Cahyo ke lini depan. “Semuapemain Persijap harus diwas-padai. Terutama striker NoorHadi dan Julio Alcorse serta bekGunawan Dwi Cahyo,” papar-nya.

Kondisi PSM agak berbedadengan Persijap yang seluruhpemainnya siap tempur. Terma-suk Agung Supriyanto yang telahselesai terkena sanksi kartu me-rah saat melawan Pro Duta diawal laga playoff lalu.

Tidak adanya pemain klubasal Kota Ukir ini yang cedera,tidak lepas dari hasil rotasi yangkerap diterapkan Raja Isa saatmenjalani tiga pertandinganplayoff. Kepada Jawa Pos RadarKudus, Raja Isa mengaku, meng-hadapi PSM anak-anak asuhnyaakan tetap tampil all out. Dalamlaga itu dia berambisi agar tim-nya mampu memperpanjangrekor tidak terkalahkan di kan-dang.

Namun dirinya menegaskantidak terpengaruh dengan per-saingan gol yang harus dihadapitimnya dengan Pro Duta untukmenempati posisi teratas grup K.

Pelatih asal Malaysia itu me-ngaku hanya konsentrasi di lagaterakhir melawan PSM.

“Kami akan tampil fokus se-perti biasanya,” terangnya sing-kat. (zen/aji)

PerkiraanPemainPersijap (4-4-2): Joko Ribowo (pg), Murwanto, Evaldo Silva (c),Gunawan Dwi Cahyo, Danial, M Fauzan Jamal, Anam Sahrul,Khanif Muhajirin, M Widya Wahyu, Julio Alcorse, Agung SupriyantoPelatih: Raja Isa

PSM (4-3-3): Ngurah Komang (pg), Aswar Samsuddin, M Rasul,Ketut Mahendra, Febre Santis, Kurniawan, Rasyid Bakri, FandiEdy, Kaharuddin, Rifly Tamara, Abdul RahmanPelatih: Imran Amirullah

TAWAKKAL/FAJAR/JPNN

JANGKAU BOLA - Pemain tengah PSM Makassar Syamsul Haeruddin (kiri) berusaha menjangkaubola dari kaki pemain Persijap Jepara Murwanto dalam laga IPL di Stadion Andi Matalatta Makassar,(26/7) lalu. Kedua tim akan kembali bertemu dalam playoff grup K IPL di SGBK Jepara.

Persijap vs PSM

Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan

JAKARTA - Mayoritas pe-main Indonesia belum me-nemui halangan berarti padababak pertama turnamensuperseries Prancis Terbuka.Kemarin (23/10), di StadePierrre de Coubertin, wakilIndonesia beberapa bahkanmenang telak.

Tiga wakil tunggal putraTommy Sugiarto, DionysiusHayom Rumbaka, dan SonyDwi Kuncoro membekap la-wan-lawannya. PerjuanganSony yang paling terjal de-ngan bermain rubber gameatas Marc Zwibeler 21-19, 16-21, 21-9. Tommy dan Hayomrelatif mudah. Tommy me-nang 21-16, 21-14, atas RajivOuseph. Lalu Hayom men-jinakkan Victor Axelsen 21-12,21-9. Sayang di babak keduahari ini, Sony dan Hayom ha-rus bersua.

Namun, hasil buruk dia-lami ganda putra IndonesiaAngga Pratama/Ryan AgungSaputro. Satu-satunya wakilIndonesia di nomor gandaputra itu dikalahkan 23-25, 16-21 pasangan Jepang TakeshiKamura/Keigo Sonoda.

Dari statistik yang dirilistournamentsoftware, agresi-vitas Angga/Ryan sangat ren-dah dibandingkan lawan-nya. Dari kesuksesan smash,Angga/Ryan kalah tujuh ber-banding 12. Lalu permainandi depan net, Kamura/So-noda juga lebih baik. Yakni 14berbanding enam.

Pelatih ganda putra pelat-nas Herry Iman Pierngardisangat kecewa dengan ke-kalahan anak asuhnya itu.Setelah bermain deuce padagame pertama, Angga/Ryanmerosot tajam performanyadi game lanjutan.

“Mentalnya harus dipoles.Di game pertama, sudah ke-tinggalan jauh lalu bisa me-nyusul. Di game kedua lang-sung kendor,” tulis Herry me-lalui pesan singkat.

Dalam analisis Herry, se-lain mental kekalahan anakasuhnya terletak pada funda-mental permainan. Anggadirasa masih lemah dalamurusan endurance. Bahkan,Angga harus menurunkanberat badannya beberapakilo lagi untuk bisa maksimaldi lapangan.

“Kalau Ryan masalah ada dismash yang tak mematikan.Tenaga tangan ketika mela-kukan smash harus diting-katkan. Saya akan memberikapola latihan sendiri buat Ang-ga dan Ryan setelah di Indo-nesia,” tambah Herry. Duapekerjaan rumah tersebut di-anggap Herry IP harus dikejarmenjelang SEA Games akhirtahun mendatang.

Sementara itu, dari ajangBWF World Junior Champi-onships (WJC) untuk kate-gori beregu di Bangkok ke-marin, Indonesia berhasilmenggebuk Sri Lanka danAS. (dra/ang)

Angga Pratama/Ryan Agung

Angga/RyanTersingkir diBabak Pertama

JagoanCrossingvsAlergiUmpanSilangBontang FC sering kecolongan dari sisi sayap akibat lemahnya sektor kanandan kiri yang digalang Ridwansyah dan Basri BS. Sektor itu sering jadi bulan-bulanan. Sebaliknya, Pro Duta justru mengandalkan akselerasi dan akurasiumpan-umpan yang dikirim dari sayap-sayapnya.

Data gol Pro Duta melalui serangan sayap :

Lawan Pencetak Gol Skema

Persijap Girts/24’ Umpan lambung menyilang M Rifqi dari kananPSM Girts/87’ Freekick Ghazali MS dari sayap kananPSLS Agus Nova/15’ Umpan silang Arif Sajali dari sayap kanan

Girts/34’ Umpan silang M Rifqi dari sayap kiri Girts/47’ Setelah menerima sodoran Sajali dari kiri Girts/49’ Sontekan umpan Ghazali dari sayap kiri Arif Sajali/85’ Solo run dari sayap kanan

Data kebobolan Bontang FC dari sisi kiri/kanan pertahanan :

Lawan Pencetak Gol Skema Kebobolan

Persijap Noor Hadi/63’ Sundulan hasil umpan silang Fauzan dari kananPSM Andi Oddang/1’ Sontekan hasil umpan Kaharudin di sayap kanan

Andi Oddang/3’ Sontekan hasil umpan silang Kaharudin di kanan M Rahmat/48’ Hasil umpan silang Kaharudin dari kanan Syamsul/50’ Hasil umpan lambung Andi Oddang di sayap kiri Aswar S/78’ Hasil umpan Andi Oddang di sayap kanan

Page 20: RADAR TEGAL 24 okt 2013
Page 21: RADAR TEGAL 24 okt 2013
Page 22: RADAR TEGAL 24 okt 2013
Page 23: RADAR TEGAL 24 okt 2013
Page 24: RADAR TEGAL 24 okt 2013

CMYK

24RADAR TEGAL

KAMIS, 24 OKTOBER 2013

Indahnya Kebersamaandi Hari yang Penuh Makna

MENJELANG Hari Raya IdulAdha santri SMP InsanCendekiaBias Assalam berlatih menjalan-kan puasa Arafah, dan pada saatitu juga santri-santri sedangmenjalankan Ujian Tengah Se-mester (UTS). Tentu saja itu ada-lah tantangan tersendir iuntuksantri-santri SMP Insan Cende-kia Bias Assalam . Tetapi Alham-dulillah semua santri bisa tetapmenjalankan puasa Arafahsampai maghrib menjelang.Danketika menjelang maghrib,santri-santri bersiap untukberbuka. Mereka membuat be-berapa ta’jil, seperti esbuah. Dantibalah saat adzan maghrib ber-kumandang, maka santri-santripun berbuka dengan ta’jil yangsudah mereka buat. Setelah itusantri-santri segera berwudhuuntuk menunaikan salahsatukewajiban mereka, yaitu menu-naikan sholat. Seusai sholat taklupa santri-santri membaca Al-Qur’an atau tilawah terlebih da-hulu. Lalu selesai mereka berti-lawah, mereka segera mengam-bil peralatan makan untuk me-ngisi sebagian perut mereka. Se-telah makan, semua santri ber-siap-siap untuk sholat isya. Adayang sedang berwudhu, sholatsunnah dan ada yang menunggu

waktu isya dengan menguman-dangkan takbir. Setelah sholatisya, para santri bersiap-siapuntuk melaksanakan takbir keli-ling. Setelah semua siap, takbirkeliling pun dimulai. Para santrimembawa obor yang diberikanoleh Ustad satu persatu, lalu mu-lailah perjalanan para santri, be-rawal dari Jl.Betet menuju Jl.Ge-latik lalu Jl.JalakTimur kemudianJl.Merpati ke Jl.Kepodang dankembali keJl.Gelatik terakhir keJl.Dadali. Sepanjang jalan taklupa para santri munguman-dangkan takbir sambil mem-

bawa obor dan memukul kento-ngan. Diperjalanan banyak seka-li warga-warga yang antusiasmelihatnya dan ikut berpartisi-pasi. Takbir keliling usai pada jam20.30, dan setelah takbir kelilingusai, para santri kembali ke asra-ma masing-masing dan kembalimengumandangkan takbir didalam asrama masing-masing.Pada esok harinya , para santribangun pada jam 03.30.Sepertibiasa para santri melakukanholat tahajud dan kegiatan-kegiatan rutinnya. Danpada jam05.30 para santri bersiap untuk

menuanaikan sholat ied di Lapa-ngan Pengadilan kota tegal. Sho-lat ied di pimpin oleh BapakDr.Slamet Riyadi. Selesai melak-sanakan sholat para santri men-dengarkan khutbah sampai se-lesai. Para santri terlihat lapar,setelah selesai mendengarkankhutbah, para santri kembali keasrama untuk makan pagi. Se-telah cukup kenyang, para santribersiap-siap untuk melaksana-kan tugas sebagai panitia idulqurban. Pada kesempatan idulqurban tahun ini, para santriSMPIC memang terlibat lang-

sung dalam kepanitiaan pemo-tongan hewan qurban. Melaluiwawancara langsung denganketua panitia Bapak Satriyo Nu-groho, bahwa jumlah hewanqurban tahun ini adalah 2 ekorsapi dan 19 ekor kambing. Da-ging hewan qurban tersebutakan dislurkan pada warga di Jl.Dadali (warga sekitar BIAS ASSA-LAM), warga di Jl. Nanas (wargasekitar Kebun Pendidikan BIASASSALAM). Pembagian dari da-ging hewan qurban itu sendiribertujuan untuk kita berbagikepada kaum dhuafa. (TIM)

DOK.SEKOLAH

Takbir keliling.

DOK.SEKOLAH

Sholat Idul Adha 1434 H Santri SMPIC BIAS Assalam.

DOK.SEKOLAH

Sarapan pagi setelah sholat Id.

DOK.SEKOLAH

Proses pemotongan hewan qurban.

DOK.SEKOLAH

Memasak untuk panitia Idul Qurban.

Suasana KhidmatPelantikan Pengurus OSIS

RABU, 16 Oktober 2013 pada pukul 13.30 WIB,seluruh santri SMP Insan Cendekia BIAS ASSALAMKota Tegal mengikuti Upacara Pelantikan PengurusOSIS periode 2013/2014 di Ruang Serba Guna SMPInsan Cendekia BIAS ASSALAM Kota Tegal.Upacara Pelantikan pengurus OSIS ini adalahkepungurusan OSIS yang pertama di SMP InsanCendekia BIAS ASSALAM Kota Tegal. Upacaradiselenggarakan dengan penuh khidmat. Suasanatenang dan tertib pun sangat terasa dari mulaiupacara baru dimulai hingga selesai. UpacaraPelantikan Pengurus OSIS Periode 2013/2014 di-laksanakan dengan suasana acara sebagai berikut:

Pembacaan Surat Keputusan Kepala SMPIC BIASASSALAM tentang susuna Pengurus OSIS Periode2013/2014 yang dibacakan langsung oleh KepalaSMPIC BIAS ASSALAM Bapak Imam Jazuli, S.S

Kemudian dilanjutkan amanat Pembina Upa-cara, dalam keempatan kali ini Bapak Drs. Mulyanto(Ketua Yayasan BIAS ASSALAM Kota Tegal), me-nyampaikan beberapa pesan yang intinya bahwakita diharapkan bisa mengikuti jejak Bapak BJ.Ha-bibie sebagai pendiri utama ICMI

Pengucapan janji Pengurus OSIS dipimpin olehKetua OSIS Periode 2013/2014, M. Alam Majid.

Kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan Pe-ngurus OSIS oleh Kepala SMPIC BIAS ASSALAM.

Acara Upacara Pelantikan Pengurus OSIS ditu-tup dengan do’a yang pimpin oleh Wakil KepalaSMPIC BIAS ASSALAM Bapak Nanang Kurniawan,S.Pd I. (TIM)

Makna PengorbananDarah mengalir membasahi tanahSatu persatu terjatuh tanpa dayaNamun itu hanya simbolis belaka

Karena sebenarnya ada makna dari itusemua

Pengorbanan�.Ya� Pengorbanan�..Yang dibalut dengan ketulusan

Untuk berbagi memberi apa yang kita milikiHarta yang paling kita cintai

Pengorbanan yang bermaknaPenenang hati pengobat luka

Pelita cahayaPenghias ketenangan jiwa

Karya: Tim Music Bass

TIMMUSICBASSPenanggung Jawab : Imam Jazuli, SS

Pembimbing : Aetisna Retnaningtias, S.Psi

Ketua : Salma Nurazizah GS

Wakil Ketua : Zahyta Jihan Tsabatina

Wartawan : M. Zidni Ilman

: Nur Phaninggar Hyang Padmasari

Kreatif : M. Ari Johan

: Dewi Balqis Abdulgani

: Alifa Rizki Syahfitri

Editing : M. Alam Majid

: M. Irfa Dhiyauddin R

: Aafiyah Syahnada

Puisi

KARYAKU

BELAJAR BERSAMA BAPAK POLISIKAMIS, 17 OKTOBER 2013 SEMUA SANTRI KELAS VII SMPIC BIAS

ASSALAM melakukan kegiatan belajar di luar sekolah. Diampingi oleh 6orang guru, santri kelas VII SMPIC BIAS ASSALAM berkunjug ke KantorKepolisian Resort Tegal Kota. Di kantor Polisi tersebut santri banyakbelajar dari bapak polisi. Dari mulai awal masuk ke kantor polisi, santridipersilahkan menuju ruang serbaguna. Di dalam ruangan tersebutsantri diberi pengetahuan tentang tertib lalulintas. Santri terlihat antusiasmendengarkan dan melihat tayangan-tayangan yang disampaikan olehbapak polisi. Bapak polisi juga mempraktekan gerakan senam rambu-rambu lalulintas, kemudian salah satu santri juga mencoba untukmempraktekannya. Setelah memperoleh banyak penjelasan dari bapakpolisi ternyata para santri merasa kurang puas dan ingin mengetahuilebih dalam lagi temtang tertib lalu lintas. Bapak polisi memberi kesempatankepada para santri untuk mengajukan pertanyaan. Pertanyan-pertanyaanpun meluncur dari beberapa santri dan santri punmendengarkan dengan seksama jawaban dari pak polisi.

Dari ruang serbaguna, kemudian kamidiberi kesempatan melihatruang tahanan. Dan kami juga dapat melihat kegiatan para tahanan didalam sel melalui CCTV. Disitu kamki juga dijelaskan oleh Bapak polisiyang bertugas sebagai kepala tahanan tentang kondisi para tahanan.Dari mulai kasus-kasus yang dilakukan sampai berapa lama prosesyang harus dijalani. “Sebagai polisi kita tidak boleh gegabah dalammengambil tindakan, tidak asal tangkap. Bukti-bukti yang dikumpulkanharus kuat dan melalui beberapa proses” kata bapak polisi. (TIM)