proposal pesantren romadhon 1428

17
PROPOSAL IQOMUR ROMADHON 1428 H SMA AL IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2007 – 2008 TEMA Romadhon Bulan Suci Keberkahan Alloh di Bulan ini Siapa yang menghidupi Niscaya hati kembali fitri

Upload: muhtadin

Post on 08-Jun-2015

2.754 views

Category:

Documents


6 download

TRANSCRIPT

Page 1: Proposal Pesantren Romadhon 1428

PROPOSAL

IQOMUR ROMADHON 1428 HSMA AL IRSYAD KOTA TEGAL

TAHUN PELAJARAN 2007 – 2008

TEMA

Romadhon Bulan SuciKeberkahan Alloh di Bulan ini

Siapa yang menghidupiNiscaya hati kembali fitri

PANITIA PENYELENGGARA IQOMUR ROMADHON

OSIS SMA AL IRSYAD KOTA TEGALAlamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

Page 2: Proposal Pesantren Romadhon 1428

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1428 H / 2007 M

SMA AL IRSYAD KOTA TEGALAlamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

1) MUQODDIMAH

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Rob pengatur Alam Semesta, Yang Maha Kasih dengan segala kasih, Yang Maha Penyayang dengan segala sayang, Raja yang menguasai hari akhir, Yang patut disembah dan dimintai pertolongan, hanya kepada-Nyalah kita menyembah dan memohon petunjuk ke jalan yang lurus bukan jalan yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.

Kita bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan tiada menyekutukan-Nya terhadap sesuatu apapun. Dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya yang tiada nabi setelahnya.

Shalawat dan salam semoga terlimpah atas Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallama, keluarga, para sahabat dan semua orang yang telah mengikutinya. Amma Ba’du.

“Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sebenar-benar taqwa kepada-Nya, dan jangan sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”(Q.S. Ali Imron 3:102)

“Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan puasa atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian termasuk orang-orang yang bertaqwa” (Q.S. Al Baqoroh 2:183)

“Barang siapa yang berpuasa di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah)

Barang siapa yang mendirikan malam di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah, Muttafaq Alaih)

Diwajibkannya puasa bagi seorang yang beriman sejak tahun 2 hijriah setalah diwajibkannya sholat, bukan suatu yang senda gurau. Namun, puasa sebulan penuh merupakan kewajiban yang tidak ada tawar-menawar, yang harus dilaksanakan karena menjadi tolak ukur ketaqwaan. Dengan berpuasa diharapkan ketaqwaan bertambah, meninggalkan maksiat dan keburukan, berakhlak mulia, solidaritas muslim terjaga dan saat yang tepat untuk bertobat, memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada sang Kholiqur Rahman.

Selain itu, Rosulullah mengingatkan kepada kita akan kedatangannya, sebagaimana riwayat dari Anas bin Malik berkata : Bulan Ramadhan telah tiba, maka Rosulullah bersabda :

Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) telah datang kepada kalian. Padanya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang terhalangi darinya, sungguh ia telah terhalangi dari semua kebaikan. Dan tidak ada yang terhalangi darinya kecuali mahrum (yang memang terhalangi dari kebaikan).

Ibnul Qoyyim dalam Zaadul Maad mengatakan bahwa puasa dapat memberikan pengaruh mengagumkan dalam pemeliharaan anggota badan dan kekuatan batin, serta mengatur metabolisme, sehingga tubuh mendapatkan keseimbangan. Dia membersihkan zat-zat yang dapat mempengaruhi kesehatan. Puasa juga akan menjaga kesehatan hati dan anggota tubuh, setelah dikuasai oleh jerat-jerat syahwat. Ia sangat berperan dalam membantu mendatangkan ketakwaan.

Page 3: Proposal Pesantren Romadhon 1428

Terlepas dari itu semua, tidak akan mencapai derajat taqwa, hati bersih, iman yang teguh, dan Islam Kaffah seseorang dengan berpuasa asal-asalan. Perlu diimbangi dengan niat yang sempurna, amalan yang dibenarkan oleh Al Qur’an dan As-Sunnah serta tata cara beribadah yang pernah dituntun oleh Rosulullah , para sahabat, dan para salafush sholih.

Sehingga kesempatan di bulan Ramadhon 1428 H ini, kami berkeinginan untuk mensyi’arkan betapa mulyanya syahrush shiyam dan mengisinya dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Semoga Allah mengaruniakan kepada kita pengamalan puasa sesuai kitabullah dan Sunnatur Rosul .

2) NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini dinamakan : “IQOMUR ROMADHON 1428 H”

3) TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini bertemakan tentang : “Romadhon Bulan Suci Keberkahan Alloh di Bulan ini, Siapa yang menghidupi, Niscaya hati kembali fitri”

4) JUDUL KEGIATAN

Adapun yang menjadi judul dari kegiatan ini adalah : “IQOMUR ROMADHON WA QIYAMUHU”

5) JENIS KEGIATAN

a) Sholat Dhuhab) Kuliah Dhuhurc) Kuliah Ashar d) Buka Bersamae) Tadarus Al Qur’anf) Pengetahuan Umum / Ceramahg) Bekal Beribadah ( I’tikaf Wal Mabiit )

6) MATERI KEGIATAN

a) Fiqihb) Akhlaqur Rosul c) Kaidah-kaidah Islam untuk remaja.

7) METODE KEGIATAN

a) Ceramah Umumb) Praktik dan Pengalaman Belajarc) Diskusid) Tanya Jawab

8) NARA SUMBER

Selaku narasumber dalam kegiatan ini terbagi atas :a) Pemandu Sholat Dhuha

i) Muhtadin Abroriii) Solichun, S.Ag.iii) Fahmi Zulfikar, LC.

b) Kuliah Dhuhuri) Muhtadin Abroriii) Mustofiyah, S.Ag.iii) Solichun, S.Ag.iv) Fahmi Zulfikar, LC.v) Ahmad Hufron, LC.vi) Drs. M. Abduh Al Jihadvii)Drs. Kadinoviii) Ahmad Rosidi, S.Pd.

Page 4: Proposal Pesantren Romadhon 1428

c) Tadarus Al Qur’an i) Tadaarus Al Qur’an menjelang berbuka puasa di pimpin sesuai kelompokii) Tadarus Al Qur’an di kelas dipimpin oleh Guru Pengampu Mata Pelajaran Jam

Pertamad) Buka Bersama Sesuai jadwal terlampire) Bekal Beribadah ( I’tikaf Wal Mabiit )

i) Muhtadin Abroriii) Mustofiyah, S.Ag.iii) Solichun, S.Ag.iv) Fahmi Zulfikar, LC.v) Ahmad Hufron, LC.vi) Drs. M. Yusuf Alwi

9) JADWAL KEGIATAN

Terlampir

10) TUJUAN KEGIATAN

a) Memberi wasiat kepada remaja – generasi – Islam, untuk bertaqwa dan beristiqomah dalam ketaqwaannya.

b) Mendorong remaja – generasi – Islam untuk bertafaquh fiddin yang merupakan salah satu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan

c) Maidan peningkatan ibadah dan menghidupkan bulan suci ROMADHON dalam rangka meraih amal ukhrawi

d) Mempererat jalinan tali Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan mengembangkan Ghirrah terhadap beragama Islam dengan keteguhan yang kuat

e) Masa berlatih hidup mandiri, sederhana dan berakhlaqul karimah dalam I’tikaf wal Mabiit

f) Sarana bermuhasabah, bermunajat dan bertafakur bi fi’lillah

11) LANDASAN KEGIATAN

a) “Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sebenar-benar taqwa kepada-Nya, dan jangan sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”(Q.S. Ali Imron 3:102)

b) “Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan puasa atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian termasuk orang-orang yang bertaqwa” (Q.S. Al Baqoroh 2:183)

c) “Barang siapa yang berpuasa di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah)

d) Barang siapa yang mendirikan malam di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah, Muttafaq Alaih)

12) PESERTA KEGIATAN

a) Peserta Kuliah Dhuhur, Kuliah Ashar, Tadarus Al Qur’an dan Buka Bersama

Remaja Islam SMA Al Irsyad kelas X, XI, dan III yang telah terdaftar sebagai siswa-siswi tahun pelajaran : 2007-2008

b) Peserta I’tikaf Wal Mabiit

Siswa-siswi SMA Al Irsyad kelas X dan XI yang memiliki kemauan dan berminat untuk mendalami Agama Islam dan menegakkannya dimuka bumi. Jumlah peserta minimal 50 orang.

Page 5: Proposal Pesantren Romadhon 1428

13) RENCANA ANGGARAN

Terlampir

14) SUSUNAN PANITIA

Terlampir

15) KHATIMAH

Demikianlah proposal ini kami susun dengan seideal mungkin dan serealistis mungkin. Keberhasilan dan kelancaran kegiatan ini tidak terlepas dari karunia dan petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kemudian peran serta aktif dari semua pihak.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan limpahan petunjuk dan kemudahan serta keridho’an-Nya, sehingga ini dapat berjalan seperti yang direncanakan. Hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala lah kita kembalikan semua urusan. Dialah yang mengetahui segala sesuatu yang ghaib.

Tegal, 14 September 2007Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1428 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

K e t u a Sekretaris

MUHAMAD TOYIB RAHMAT VUADI

Mengetahui

Wakasek Ur. Kesiswaan Pembina OSIS/OPPBMS

Drs. M. YUSUF ALWI Drs. TRI SETIADI

Mengetahui,Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 6: Proposal Pesantren Romadhon 1428

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1428 H / 2007 M

SMA AL IRSYAD KOTA TEGALAlamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

PANITIA KEGIATAN

Pelindung : Kepala SMA AL IRSYAD KOTA TEGAL

Penasehat : Wakasek Kesiswaan

Wakasek Kurikulum

Wakasek Sarana Prasarana

Wakasek Humas

Koordinator BP

Penanggung Jawab : 1. Wakasek Ur. Kesiswaan

2. Pembina OSIS/OPPBMS

Ketua : Muhamad Toyib Kls. XI IPA 2

Wakil Ketua : Moh. Erfan Efendi Kls. XI IPA 1

Sekretaris : 1. Muhtadin Abrori

2. Rahmat Vuadi Kls. XI IPA 1

Bendahara : 1. Mustofiyah, S. Ag.

2. Ayu Paramita Kls. XI IPA 2

Seksi-seksi :

1. Sie. Acara : 1. Awan Onasis, S. Si.

2. Moh. Sidiq Abdu Wahid Kls. XI IPA 1

3. Moh. Idris Kls. X. 4

4. Riski Amalia Kls. X. 4

5. Tia Fauziah Kls. X. 4

6. Desi Yuliana Kls. X. 4

7. Astrika Hernaningsih Kls. X. 6

8. Suskantini Kls. X. 7

2. Sie Dekorasi : Sulistyo

3. Sie Konsumsi dan Perlengkapan : 1. Sulistyo

2. Kris Hendra

3. Moro Abdullah

Page 7: Proposal Pesantren Romadhon 1428

Keamanan : Drs. Herry Susdiyanto

Satpam SMA Glatik

Pembantu Umum : Wali Kelas

Karyawan

Pengurus OSIS

Tegal, 14 September 2007Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1428 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

K e t u a Sekretaris

MUHAMAD TOYIB RAHMAT VUADI

Mengetahui

Wakasek Ur. Kesiswaan Pembina OSIS/OPPBMS

Drs. M. YUSUF ALWI Drs. TRI SETIADI

Mengetahui,Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 8: Proposal Pesantren Romadhon 1428

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1428 H / 2007 M

SMA AL IRSYAD KOTA TEGALAlamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

RENCANA ANGGARAN KEGIATAN PESANTREN ROMADHON

NO. URAIAN BIAYA SUMBER

1. Konsumsi Buka Puasa Bersama Siswa Rp. - Siswa

2. Dokumentasi Rp. 100.000,- Sekolah

3. Konsumsi Buka Puasa Bersama Guru dan Panitia Rp. 10.000,- x 10 Orang x 3 keg

Rp. 300.000,- Sekolah

4. Transport Guru dan Panitia Rp. 15.000,- x 10 Orang x 3 Keg

Rp. 450.000,- Sekolah

5. Transport Nara Sumber dari SMA Al Irsyad 3 Orang x 3 Keg. x 30.000

Rp. 270.000,- Sekolah

6. Transport Nara Sumber dari Luar SMA Al Irsyad Tegal 2 Orang x 3 Keg. x 100.000,-

Rp. 600.000,- Sekolah

Jumlah Total Rp. 1.720.000,-

Terbilang : Satu juta tujuh ratus dua puluh ribu rupiah.

Tegal, 14 September 2007Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1428 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

K e t u a Sekretaris

MUHAMAD TOYIB RAHMAT VUADIMengetahui

Wakasek Ur. Kesiswaan Pembina OSIS/OPPBMS

Drs. M. YUSUF ALWI Drs. TRI SETIADI

Mengetahui,Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 9: Proposal Pesantren Romadhon 1428

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1428 H / 2007 M

SMA AL IRSYAD KOTA TEGALAlamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

KEGIATAN PESANTREN ROMADHON

NO. WAKTU URAIAN KEGIATAN NARA SUMBER PENJAB1. 07.30 Cheking dan Absensi Peserta - Sekretaris

2. 07.45 Sholat Dhuha berjama’ah1. Muhtadin 2. Ah. Hufron, Lc.3. Fahmi Zulfikar, Lc.

Panitia

3. 08.15 Dzikir dan Muhasabah1. Muhtadin 2. Ah. Hufron, Lc.3. Fahmi Zulfikar, Lc.

Panitia

4. 08.45 Istirahat Panitia

5. 09.00 Tadaarus Al Qur’an PerkelompokPendamping Kelompok

Panitia

6. 09.15Thoharoh s.d. Sholat (Teori dan Praktik)

1. Muhtadin2. Solichun, S.Ag.3. Musthofiyah, S.Ag.

Panitia

7. 10.45 Narkoba dan Bahayanya Kepolisian Panitia

8. 11.45 Sholat Dhuhur dan Kultum1. Muhtadin 2. Ah. Hufron, Lc.3. Fahmi Zulfikar, Lc.

Panitia

9. 12.30 Istirahat Panitia

10. 13.30Pengembangan dan Peningkatan Bakat Minat

Drs. Royim Panitia

11. 14.30 Persiapan dan Sholat Ashar12. 15.30 Istirahat13. 15.45 Pengurusan Jenazah Depag Kota Tegal Panitia

14. 17.30 Persiapan Buka Puasa / Kultum1. Solichun, S.Ag. 2. Indrati.3. Fahmi Zulfikar, Lc.

Panitia

15. 17.45 Buka Puasa dan Sholat Maghrib1. Muhtadin 2. Solichun, S.Ag.3. Fahmi Zulfikar, Lc.

Panitia

16. 18.30 Khudhurul Bait Panitia

Tegal, 14 September 2007Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1428 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

K e t u a Sekretaris

MUHAMAD TOYIB RAHMAT VUADIMengetahui

Wakasek Ur. Kesiswaan Pembina OSIS/OPPBMS

Drs. M. YUSUF ALWI Drs. TRI SETIADI

Mengetahui,Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 10: Proposal Pesantren Romadhon 1428

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1428 H / 2007

MSMA AL IRSYAD KOTA TEGAL

Alamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

JADWAL PELAKSANAAN PESANTREN ROMADHON

NO. TANGGAL HARI KELASJUMLAH PESERTA

L P TOTAL

1. 29 September 2007 Sabtu Kelas X 85 132 217

2. 1 Oktober 2007 Senin Kelas XI 107 132 239

3. 2 Oktober 2007 Selasa Kelas XII 85 149 234

Jumlah 277 413 690

Tegal, 14 September 2007Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1428 H

SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

K e t u a Sekretaris

MUHAMAD TOYIB RAHMAT VUADIMengetahui

Wakasek Ur. Kesiswaan Pembina OSIS/OPPBMS

Drs. M. YUSUF ALWI Drs. TRI SETIADI

Mengetahui,Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 11: Proposal Pesantren Romadhon 1428

panitia pelaksanaIQOMUR ROMADHON 1428 H / 2007

MSMA AL IRSYAD KOTA TEGAL

Alamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

Nomor : 03/Pan/SMA-ALIR/IX/2007 Tegal, 24 September 2007Lamp. : 1 lembarH a l : Pengisi Materi

KepadaYth. : Bapak Kepala DEPAG Tegal Tegal

diKota Tegal

Assalamualikum Wr. Wb.Dalam rangka kegiatan bulan Romadhon 1428 H. kami pengurus

OSIS/OPPBMS SMA Al – Irsyad Kota Tegal melaksanakan kegiatan PESANTREN RAMADHAN yang akan diselenggarakan besok pada :

Hari : SABTU, SENIN dan SELASATanggal : 29 September, 1 – 2 Oktober 2007Waktu : Pkl. 07.30 s.d. 18.30 WIB.Tempat : Kampus Glatik SMA Al – Irsyad Kota Tegal

Jl. Glatik Kota Tegal ( belakang Hotel PRAMESTY )

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami memohon dengan hormat agar bapak/ibu dapat mengisi materi PENGURUSAN JENAZAH pada kegiatan di atas. Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.Wassalamualikum Wr. Wb.

Penitia Penyelenggara IQOMUR ROMADHON 1428 HSMA Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Tegal

K e t u a Sekretaris

MUHAMAD TOYIB RAHMAT VUADIMengetahui

Wakasek Ur. Kesiswaan Pembina OSIS/OPPBMS

Drs. M. YUSUF ALWI Drs. TRI SETIADI

Mengetahui,Kepala Sekolah

Drs. R O Y I MNIP. 131996134

Page 12: Proposal Pesantren Romadhon 1428