peraturan bmbc 2014

Upload: ricky-adhani-abigail

Post on 10-Oct-2015

184 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

  • BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP V-2014 (BMBC V - GPMB Series)

    Aula Gymnastium Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 18-19 Oktober 2014

    BUKU

    PERATURAN DAN KETENTUAN

    Panitia BMBC 2014

  • KETENTUAN UMUM

    1. NAMA KEGIATAN

    BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series

    2. PENYELENGGARA Pengurus Wilayah GPMB Jawa Barat, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung Yayasan Grand Prix Marching Band Jakarta ANDALAN Production

    3. MOTTO

    Bersaing dalam lomba secara sportif dan bersahabat Kerjasama dan berlomba dalam suasana kekeluargaan Menang dengan rasa bangga, kalah dengan sikap ksatria

    4. MAKSUD DAN TUJUAN

    a) Memeriahkan Hari Jadi Kota Bandung. b) Memberikan kegiatan yang sehat dan terarah bagi pelajar tingkat SD, SMP, SMA dan Generasi

    Muda, agar terhindar dari kenalakan remaja dan tindakan-tindakan yang kurang terpuji dan Menggalang persahabatan diantara band peserta.

    c) Memotivasi generasi muda untuk terus-menerus memperdalam dan menambah ilmu pengetahuan khususnya di bidang marching band agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

    d) Menjadikan kegiatan ini sebagai puncak kulminasi kegiatan drumband/marching band, sekaligus menggairahkan kegiatan unit-unit drumband/marching band di sekolah-sekolah, Instansi Pemerintah dan Perusahaan BUMN Pemerintah/Swasta.

    5. WAKTU DAN TEMPAT

    BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series akan dilaksanakan pada hari SABTU dan MINGGU tanggal 18 - 19 Oktober 2014, di Aula Gymnastium UPI Bandung, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

    6. PESERTA A. Peserta adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Corps yang bersedia mentaati serta

    mematuhi Peraturan dan Ketentuan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    B. Peserta BMBC (National Competition) akan dikelompokkan sebagai berikut :

    1) DIVISI JUNIOR

    1. Peserta dari Divisi Junior terdiri dari siswa/siswi aktif SEKOLAH DASAR yang resmi terdaftar di sekolah yang menjadi peserta BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    2. Pemain yang sudah menjadi Alumni dari Sekolah tersebut tidak diperkenankan (dilarang) memperkuat unit Sekolahnya.

    3. Batas usia pemain Divisi Junior adalah 12 (dua belas) tahun. 4. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah. 5. Pemain yang berasal dari Sekolah lain dilarang untuk diturunkan sebagai pemain pada

    Sekolah yang bukan sekolahnya (dilarang bermain di sekolah yang berbeda). 6. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa Diskualifikasi atau

    pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.

    7. Peralatan Perkusi tidak dibatasi, Pit Instrument tidak dibatasi, Peralatan Tiup dapat terdiri dari Melodion/Pianika/Recorder atau Trumpet.

    8. Diperkenankan menggunakan peralatan musik elektronik dan pengeras suara. (lihat ketentuan rinci tentang peralatan)

    KOMPOSISI PEMAIN DIVISI JUNIOR a) Tidak ada batasan jumlah minimal pemain. b) Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti. c) Official maksimal 8 orang.

    2) DIVISI DRUM BAND (SENIOR)

    1. Peserta dari Divisi Drum Band (Senior) terdiri dari siswa/siswi aktif dari SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ATAS (SMP/SMA) atau SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/SEKOLAH KEAGAMAAN/PONDOK PESANTREN yang menjadi peserta BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    2. Pemain yang sudah menjadi Alumni dari Sekolah tersebut tidak diperkenankan (dilarang) memperkuat unit Sekolahnya.

    3. Batas usia pemain Divisi Drum Band adalah 16 (enam belas) tahun untuk tingkat SMP dan 19 (sembilan belas) tahun untuk tingkat SMA.

    4. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah. 5. Pemain yang berasal dari Sekolah lain dilarang untuk diturunkan sebagai pemain pada

    Sekolah yang bukan sekolahnya (dilarang bermain di sekolah yang berbeda). 6. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa Diskualifikasi atau

    pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya. 7. Peralatan Perkusi tidak dibatasi, Pit Instrument tidak dibatasi, Peralatan Tiup Tidak

    Dibatasi 8. Diperkenankan menggunakan peralatan musik elektronik dan pengeras suara. (lihat

    ketentuan rinci tentang peralatan)

    KOMPOSISI PEMAIN DIVISI DRUM BAND (SENIOR) a) Tidak ada batasan jumlah minimal pemain. b) Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti. c) Official maksimal 8 orang.

    3) DIVISI MARCHING BAND (OPEN)

    a. Peserta dari Divisi Marching Band (Open) adalah band peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/BUMN, Perusahaan Swasta dan Organisasi Umum yang menjadi peserta BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    b. Untuk Pemain dari Divisi Marching Band (Open) ini tidak dikenakan batasan usia maksimum.

    c. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Penanggung Jawab/Purek/Team Manager dari Band Peserta tersebut.

    d. Pemain yang sudah didaftarkan di Divisi Marching Band (Open) tidak dapat didaftarkan kembali sebagai pemain di Divisi Drum Band/Senior (dilarang bermain ganda).

    e. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.

    f. Peralatan Perkusi tidak dibatasi, Pit Instrument tidak dibatasi dan Peralatan Tiup tidak dibatasi.

    g. Diperkenankan menggunakan peralatan musik elektronik dan pengeras suara. (lihat ketentuan rinci tentang peralatan)

  • KOMPOSISI PEMAIN DIVISI MARCHING BAND (OPEN) a) Tidak ada batasan jumlah minimal pemain. b) Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti. c) Official maksimal 8 orang.

    C. Peserta BMBC (International Competition) tidak ada pengelompokkan peserta/divisi.

    7. INFORMASI DAN PENDAFTARAN

    Pendaftaran peserta dimulai tanggal 1 April 2014 s.d. tanggal 7 September 2014, Biaya Pendaftaran Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)/band peserta untuk satu mata lomba yang dipertandingkan. Biaya Uji Arena Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)/Jam. Uang pendaftaran dan Uji arena dapat diserahkan secara langsung kepada panitia atau melalui transfer melalui rekening BANK MANDIRI dengan nomor rekening : 130000-5231314 atas nama Ir. DONNY DWI SETIA, MM. SEKRETARIAT PENDAFTARAN : Jl. 17 Agustus II No. 22 A Bandung Telp. 022-92871234 .. TECHNICAL MEETING akan dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 7 September 2014, Jam 10.00 WIB s.d. selesai. Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi :

    YUNI : 0899 8138260 / 0819 31329554 SUPRIYADI : 0812 1441014 SJAMSUL HADI : 0821 78719340

    8. PENGUNDURAN DIRI Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditanda tangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

    9. DAFTAR NAMA DAN TANDA PENGENAL

    a. Pada waktunya, band peserta dari semua divisi akan menerima blangko daftar nama pemain yang wajib diisi oleh peserta. Daftar nama pemain tersebut memuat data pemain Inti, Pendukung, Pemain Cadangan dan Official. Setelah blangko daftar nama pemain tersebut diisi lengkap, harus disyahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan bagi peserta dari Junior dan Drum Band (Senior), bagi peserta dari Divisi Marching Band (Open) harus disyahkan oleh Purek/Penanggung Jawab/Team Manager/Pimpinan Instansi/Perusahaan, Pimpinan Organisasi dan/atau Pimpinan Perkumpulan yang bersangkutan, kemudian daftar nama pemain tersebut wajib dikirim kembali ke Sekretariat Panitia selambat-lambatnya tanggal 7 September 2014.

    b. Setelah daftar nama pemain tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, maka kepada peserta yang bersangkutan akan dikirim Kartu Tanda Pengenal untuk diisi dan ditempeli pas photo berukuran 2 x 3 cm. Setelah diisi dan ditempeli pas photo, kartu Tanda Pengenal tersebut harus segera dikirim kembali ke Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    c. Setelah kartu tanda pengenal tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, dan setelah diperiksa dan distempel oleh Sekretariat Panitia maka unit peserta dapat mengambil kembali Kartu Tanda Pengenal tersebut di Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    d. Semua anggota peserta (Pemain Inti, Pemain Pendukung, Pemain Cadangan maupun Official) harus memakai Kartu Tanda Pengenal. Setelah inspeksi/Rollcall Kartu Tanda Pengenal boleh dilepaskan saat akan memasuki arena lomba untuk bertanding.

    e. Roadies atau helpers dari peserta wajib memakai seragam

    10. DISKUALIFIKASI Diskualifikasi dikenakan terhadap peserta yang melanggar ketentuan sebagai berikut : a. Belum mengembalikan formulir pendaftaran.

    b. Belum melunasi uang pendaftaran. c. Belum menyerahkan daftar nama anggotanya. d. Memakai pemain yang namanya tidak tercantum dalam daftar nama pemain dari peserta yang

    bersangkutan. e. Peserta menggunakan pemain yang namanya juga terdaftar dalam daftar nama pemain dari

    peserta lain. f. Pembina, pelatih dan/atau oficial lainnya memberi petunjuk atau isyarat-isyarat kepada unitnya

    yang sedang tampil di arena lomba. g. Peserta membawa alat komunikasi yang memungkinkan peserta yang bersangkutan berhubungan

    dengan oficial dan/atau sebaliknya saat sedang melakukan pagelaran atau penampilannya. h. Setelah dipanggil untuk ketiga kalinya dan selanjutnya ditunggu selama 90 (sembilan puluh) detik,

    tetapi peserta yang bersangkutan belum juga hadir di arena lomba. i. Perkecualian untuk hal ini apabila keterlambatan hadir disebabkan oleh suatu keadaan atau ke-

    jadian force majeur yang wajib dibuktikan secara meyakinkan yang tidak dapat disangsikan kebenarannya, maka untuk peserta tersebut giliran penampilannya akan dilaksanakan pada giliran terakhir dari babak tersebut.

    j. Membuat kegaduhan yang diluar batas kewajaran dan/atau kerusuhan di dalam maupun di luar arena (termasuk para suporter/pendukung).

    k. Mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh dan melanggar etiket/susila/sara, mengejek, men-cemooh dan bersikap menantang terhadap penyelenggara, petugas dan/atau juri yang termasuk dalam jajaran Kepanitiaan BMBC.

    l. Menggunakan bendera untuk color guard yang memakai disain dan warna bendera suatu negara.

    11. PROTES Penilaian Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, kecuali untuk salah penjumlahan angka/nilai yang akan diperbaiki sebagaimana mestinya. Bila peserta merasa dirugikan dapat mengajukan protes secara tertulis kepada Ketua Bidang Lomba yang ditanda tangani oleh Team Manager serta membayar biaya protes sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) selambat-lambatnya 1 (satu) jam setelah pengumuman hasil penilaian yang kemudian akan ditangani oleh Dewan Juri.

    12. PENYERAHAN HADIAH Penyerahan Piala Kejuaraan dan Trophy untuk para pemenang akan dilaksanakan setelah Upacara Penutupan selesai. Peserta yang berhasil meraih/memperoleh salah satu Piala atau Trophy tersebut di atas wajib mengikuti Upacara Penutupan. Bila peserta yang dimaksud di atas tidak mengikuti/hadir pada Upacara Penutupan, maka Piala tersebut menjadi milik Panitia Penyelenggara.

    13. PENUTUP a. Setiap peserta berhak menerima Tanda Bukti Prestasi Bandung Marching Band Championship

    dari setiap mata lomba yang diikutinya. b. Hal-hal lain yang belum termasuk dalam Peraturan dan Ketentuan BANDUNG MARCHING BAND

    CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series ini akan diatur lebih lanjut

    Panitia BMBC 2014

  • DISPLAY COMPETITION 1. DIVISI PESERTA (Lihat Ketentuan Umum)

    NATIONAL COMPETITION Divisi Junior (SD) Divisi Senior (SMP-SMA) Divisi Marching Band (OPEN)

    2. DURASI PENAMPILAN NATIONAL COMPETITION Divisi Junior (SD), Total = 15 menit Divisi Senior (SMP-SMA), Total = 20 menit Divisi Marching Band (OPEN), Total = 20 menit KETERANGAN Total Waktu Penampilan sudah termasuk : Penyiapan Pit Instrument dan Property, March In, Pemanasan (Warm Up/Pre-Show), Penampilan (Show), March Out, dan Pengeluaran alat / property dari arena lomba.

    3. WAKTU DAN TEMPAT

    Display Competition BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series akan dilaksanakan pada hari SABTU dan MINGGU tanggal 18-19 Oktober 2014, di Aula Gymnastium UPI Jalan Dr. Setiabudhi 229, Bandung, Jadwal Lomba setiap Divisi akan ditentukan pada saat Technical Meeting.

    4. PENJELASAN TEKNIS DISPLAY

    A. UKURAN LAPANGAN Mata lomba display dilaksanakan di ruangan tertutup (Indoor), dengan ukuran arena lomba display (lapangan) adalah seluas lapangan basket, sekitar 25 m x 40 m.

    B. PERALATAN ALAT MUSIK a. Peralatan Perkusi tidak dibatasi, dapat terdiri dari Battery Percussion dan Hand Cymbals. b. Peralatan tiup yang digunakan adalah semua alat tiup brass dan semua alat wind/reed

    instrument. c. Peralatan Pit Instrument tidak dibatasi (termasuk timpani, drum set, latin percussion, percussion

    accessories), d. Instrument Keyboard Percussion (Marching Bells, Xylophone, Vibraphone dan Marimba) atau

    Soloist/Narator/Penyanyi dapat menggunakan amplifier listrik dan/atau alat elektronik lainnya yang berfungsi sebagai alat pengeras suara.

    e. Diperbolehkan menggunakan peralatan musik elektronik dan peralatan band rhythm section (Guitar, Bass Guitar, dan Keyboard, Shyntesizer).

    f. Peralatan Single tone, non-keyed horns (seperti : peluit, sirine, animal calls, dll.) dapat dipergunakan hanya untuk membangun effect dan tidak digunakan sebagai bagian suatu melody.

    g. Tidak diperbolehkan menggunakan alat musik elektronik (sequenzer) untuk menghasilkan suara ritmik tertentu atau memainkan materi yang sudah direkam terlebih dahulu. (Penalty 10)

    SUMBER LISTRIK a. Panitia BMBC akan menyediakan 1 (satu) sumber listrik yang dipasang tepat di garis tengah

    bagian depan arena lomba. Panitia BMBC tidak akan bertanggung jawab apabila terjadi gangguan listrik dari PLN atau sebab-sebab lainnya sehingga listrik mati yang terjadi pada saat band peserta sedang tampil. Panitia BMBC berhak mengijinkan atau tidak mengijinkan band peserta menggunakan listrik untuk alasan keselamatan dan keamanan band peserta.

    b. Band peserta dapat menyediakan sendiri sumber listriknya dengan menggunakan tenaga Baterai (Accu) atau Generator yang tidak mengeluarkan suara mesin yang berisik, yang dapat terdengar di arena lomba ataupun di tempat duduk juri dan penonton.

    c. Band peserta harus bertanggung jawab terhadap pengoperasian semua peralatan listrik yang digunakannya termasuk peralatan musik elektronik dari kerusakan dan dari keadaan yang membahayakan keselamatan pemain. Semua peralatan tersebut harus dioperasikan oleh pemain. (Penalty : 5 10).

    SOUND SYSTEM a. Panitia BMBC menyediakan sound system standar (Cube, Loudspeaker) untuk digunakan oleh

    band peserta, akan tetapi Band peserta dapat menyediakan sendiri sound system (Cube, Loudspeaker) yang dibutuhkan dalam penampilannya dengan menggunakan tenaga baterai (Accu) atau Genset yang tidak berisik.

    b. Kegiatan check sound dan penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara dilakukan oleh staff khusus dari band peserta. Penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara dapat dilakukan selama Show berlangsung.

    c. Penggunaan Mixer diperbolehkan, akan tetapi harus dioperasikan oleh staf dari band yang bersangkutan. (Penalty : - 2,5)

    PERALATAN COLOR GUARD DAN PROPERTY a. Corak dan warna bendera color guard tidak dibenarkan menyerupai bendera kebangsaan suatu

    negara. (Penalty : - 2,5) b. Boleh menggunakan peralatan tambahan lain seperti Tongkat, Payung, Saber, Riffle, dan

    sebagainya. c. Dapat menggunakan property tambahan yang diperlukan untuk penampilan (Screen Background,

    Moving Wall, Gapura, kursi, tangga dan sebagainya). d. Peralatan besar dan berat serta sukar untuk disandang (Pit instrument), dapat ditempatkan

    terlebih dahulu di atas arena. Dengan catatan bahwa hal itu baru boleh dilaksanakan apabila giliran penampilannya telah tiba dan tidak mengganggu peserta yang sedang tampil terlebih dahulu.

    e. Tidak diperbolehkan menggunakan pyrotechnics, kembang api, obor, cairan yang mudah

  • terbakar atau canisters, Peralatan pembuat effect, mesin asap, tabung bertekanan, hewan/binatang, balon berisi helium, laser dan lighting, penghasil panas, penghasil asap, petasan serta benda lain yang mudah terbakar di dalam atau di sekitar arena lomba. (Penalty : Diskualifikasi).

    f. Selama penampilan, Pemain dilarang menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih/officialnya.

    g. Peserta tidak diperbolehkan membawa rostrum untuk field commander, karena panitia telah menyiapkan/menyediakannya. (Penalty : - 2,5)

    h. Tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor di dalam arena (Penalty : Diskualifikasi). i. Diperbolehkan menggunakan kursi roda bagi pemain yang berkebutuhan khusus. j. Tidak diperbolehkan merusak lantai arena karena sebab-sebab : menyeret timpani, menyeret

    roda yang terkunci dll. (Penalty -10) k. Dilarang menggunakan bedak/converti atau terompet/klakson bertekanan udara (Penalti : -0,1

    s.d. diskualifikasi). l. Peserta dilarang memasang sesuatu yang bersifat permanen di arena lomba. (Penalti : -0,1 s.d.

    diskualifikasi). m. Tidak ada ketentuan khusus tentang kostum pemain, akan tetapi disarankan para pemain

    menggunakan kostum yang pantas/sesuai dengan penampilan dan tidak melanggar norma-norma etika dan kesusilaan.

    n. Band peserta dapat menggunakan property-property lain yang dibutuhkan dalam penampilan. o. Diperbolehkan menggunakan music stand selama penampilannya. p. Partitur lagu yang dimainkan tidak perlu diserahkan kepada juri.

    4. REPERTOIRE

    a. Setiap peserta diperkenankan untuk membawakan lagu-lagunya tanpa dibatasi jumlahnya, baik itu merupakan lagu-lagu yang terpisah atau berdiri sendiri maupun merupakan suatu rangkaian lagu-lagu yang biasanya disebut medley atau suatu rangkaian lagu-lagu dari suatu musical play.

    b. Tidak ada lagu wajib yang harus ditampilkan oleh unit peserta. Peserta bebas menentukan lagu-lagu yang akan ditampilkannya.

    c. Ijin penggunaan materi yang mempunyai hak cipta adalah tanggung jawab band yang bersangkutan.

    5. PERMAINAN SOLO DAN DUET a. Peserta diberi kesempatan, untuk menampilkan permainan Solo untuk alat tiup atau perkusi,

    serta permainan duet untuk alat tiup yang akan dinilai tersendiri terlepas dari unit secara keseluruhan.

    b. Panjang permainan Solo dan Duet tersebut ditentukan paling sedikit harus 1(satu) kalimat lagu sesuai dengan metrum/sukat lagu tersebut.

    c. Tiap peserta hanya diperbolehkan untuk menampilkan 1(satu) orang solist untuk permainan Solo dan 1 (satu) pasang pemain untuk permainan duet.

    6. PELAKSANAAN PERSIAPAN PENAMPILAN

    a. 60 (enam puluh) menit sebelum jadwal penampilan yang telah ditentukan, peserta yang bersangkutan beserta seluruh personilnya harus sudah hadir ditempat lomba.

    b. Setibanya peserta ditempat lomba, Team Manager harus segera melaporkan kedatangan unitnya kepada Panitia Penyelenggara (d.h.i. Seksi Roll Call), dimana kepadanya akan diberikan formulir kedatangan yang wajib diisi saat itu juga. Kemudian saat itu juga akan diberikan suatu tanda yang wajib dipakai oleh Field Commander Utama/Drum Majorette Utama.

    c. Selama waktu menunggu giliran penampilannya, peserta dapat memanfaatkan waktunya untuk pemanasan di luar arena pertandingan, sepanjang tidak menganggu pelaksanaan serta jalannya lomba.

    d. 15 (lima belas) menit sebelum giliran penampilannya, peserta secara lengkap harus sudah siap ditempat yang telah ditentukan (pintu masuk arena lomba), pada saat itu pula akan dilakukan pemeriksaan oleh seksi Roll Call.

    e. Bila sudah tiba saatnya untuk tampil, seorang petugas akan memberikan isyarat kepada peserta untuk memasuki arena lomba, sedangkan cara memasuki arena lomba di serahkan sepenuhnya kepada band peserta dengan memperhatikan ketentuan tentang durasi penampilan.

    f. Selanjutnya peserta menempatkan diri pada posisi untuk Preshow/Warming Up (Pemanasan) yang boleh diatur/dipilih sendiri demi efektivitas pemanasan dengan cara membelakangi Tribune Utama (VVIP Box). Setelah pemanasan selesai dilakukan, peserta boleh berpindah tempat keposisi awal/start yang dipilihnya sendiri.

    g. Selama peserta mempersiapkan diri, Pemandu Acara mengumumkan data-data dari peserta yang bersangkutan sesuai dengan apa yang ditulis oleh Team Manager pada formulir yang diisinya disaat melapor pada seksi Roll Call

    h. Setelah peserta selesai warming up serta siap pada posisi awal/start yang ditandai dengan menghadap kembali ke arena lomba dalam keadaaan sikap istirahat ditempat, maka Pemandu Acara akan bertanya kepada juri sebagai berikut : Dewan Juri yang terhormat, sudah siapkah Anda? Semua Juri mengangkat tangannya sebagai jawaban/pertanda bahwa mereka sudah siap.

    i. Selanjutnya Pemandu Acara akan mengajukan pertanyaan kepada Drum Major/Drum Majorette atau Field Commander (bagi peserta yang tidak memakai Drum Major/Drum Majorette) sebagai berikut : Drum Major/Drum Majorette/Field Comander sudah siapkah unit Anda?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Drum Major/Drum Majorette/ Field Commander menyiapkan unitnya, kemudian memberi hormat ke arah Tribune Utama (VVIP Box) dengan gaya dan caranya sendiri. Khusus untuk Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander, setelah pemandu acara mengajukan pertanyaan seperti tersebut di atas, maka segala gerakan dan tindakannya sudah mulai dinilai. Setelah Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander memberi hormat, Pemandu Acara akan memberi isyarat kepada peserta yang bersangkutan sebagai berikut : Silahkan Anda mulai.

    j. Pada akhir penampilannya, Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander wajib memberikan hormat kepada Tribune Utama (VVIP Box). Setelah memberi hormat Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander supaya tetap ditempat dahulu, sampai seorang petugas Panitia BMBC menyerahkan suatu tanda Bukti Prestasi BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    k. Peserta lalu bergerak keluar arena lomba dengan memperhatikan ketentuan march out.

    7. KETENTUAN PENAMPILAN a. Peserta diwajibkan melaksanakan suatu pagelaran musik dan display dalam suatu arena

    indoor. b. Penampilan harus menghadap ke arah Tribune Utama (VVIP Box) kecuali apabila pada saat

    tertentu dimana suatu display mengharuskan demikian, tetapi berakhir kembali menghadap ke arah Tribune Utama (VVIP Box)

    c. Pada saat masuk arena lomba (March In) boleh diiringi Cadence, begitu juga pada saat keluar dari arena (March Out).

    d. Total waktu penampilan untuk Divisi Junior adalah maksimal 15 menit, sedangkan untuk Divisi Drum Band (Senior) dan Divisi Marching Band (Open) adalah maksimal 20 menit. Total waktu pernampilan tersebut sudah termasuk : Penempatan peralatan, March In, Pre Show (Warm Up), Penampilan, March Out dan Pengeluaran/Pengambilan Peralatan.

    e. Penghitungan total waktu penampilan dimulai pada saat official/roadies/helper memasuki arena lomba untuk menempatkan peralatan dan berakhir pada saat official/roadies/helper meninggalkan arena lomba (orang terakhir).

    f. Tidak ada lagi penghitungan waktu untuk March In, March Out, Warm Up dan Jeda antar lagu. g. Kelebihan atas total waktu penampilan akan dikenakan penalty sebesar 0,1 untuk setiap 5 detik

    dan kelipatannya dibulatkan keatas dari total waktu penampilan yang telah ditentukan oleh Panitia BMBC.

  • h. Seperti halnya pada awal penampilan, pada akhir penampilanpun Field Commander wajib untuk memberi hormat ke arah Tribune Utama (VVIP Box). Pemberian hormat pada akhir penampilan ini merupakan suatu tanda bahwa acara pagelaran peserta tersebut telah selesai dilaksanakan dan pada saat yang bersamaan penghitungan waktu pagelaran dihentikan.

    i. Setelah itu kepada peserta yang bersangkutan akan diserahkan/diberikan sebuah Tanda Bukti Prestasi BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series yang akan diterima oleh Field Commander.

    j. Field Commander/Drum Majorette dinilai secara terpisah. Untuk peserta yang memakai lebih dari seorang Field Commander/Drum Majorette yang akan dinilai hanyalah Field Commander/Drum Majorette Utama saja.

    k. Selama melaksanakan pagelarannya (lomba), semua alat maupun perlengkapan diperbolehkan untuk setiap waktu diletakkan dilantai arena lomba.

    l. Selama peserta sedang melakukan/melaksanakan pagelarannya, Official atau Roadies dari peserta yang bersangkutan tidak diperbolehkan berada dalam arena lomba. Official, Pelatih dan Roadies diperkenankan berada diarena lomba pada saat pengaturan dan penempatan alat-alat besar di Pit dan perlengkapan lainnya untuk unsur pendukung sebelum unit peserta masuk ke arena lomba (march in). Segera setelah penempatan dan pengaturan alat-alat serta perlengkapan tersebut selesai, yang bersangkutan diharuskan segera keluar meninggalkan arena lomba dan berkumpul/menyaksikan di tempat yang telah ditentukan oleh Panitia Penyelenggara.

    m. Pada saat akan melaksanakan permainan solo atau duet, para pemain yang bersangkutan wajib keluar dari formasi unitnya dan berdiri didepan menghadap Tribun Utama (VVIP Box) lalu memberi hormat dan selanjutnya baru melaksanakan permainannya (Solo atau Duet). Demikian pula halnya bila telah selesai dengan permainan Solo atau Duetnya, mereka wajib pula memberi hormat ke arah Tribune Utama (VVIP Box), lalu baru masuk kembali ke formasi unitnya. Kelalaian keluar dari formasi atau memberi hormat di awal ataupun di akhir permainan solo atau duet dapat mengakibatkan solo atau duet yang dilaksanakan tidak memperoleh penilaian.

    n. Para pemain alat tiup atau perkusi diberi kesempatan untuk keluar dari formasi unitnya guna memainkan satu atau sejumlah alat musik statis tanpa ada kewajiban untuk memberi hormat ke arah Tribune Utama (VVIP Box), tetapi gerakan ini bukan merupakan bagian dari permainan Solo atau Duet.

    o. Seorang pemain atau lebih dan unit peserta yang sedang melakukan pagelarannya tidak diperbolehkan keluar dan/atau melanggar batas arena lomba, misalnya naik dan/atau turun ke/dari tribun penonton maupun keluar dan masuk kembali melalui pintu masuk ataupun pintu keluar. Pelanggaran terhadap ketentuan ini akan dikenakan penalty.

    8. PENILAIAN

    Penilaian Display DIVISI JUNIOR, DIVISI DRUM BAND (SENIOR) dan DIVISI MARCHING BAND (OPEN) akan menggunakan aturan penilaian Drum Corps Europe (DCE) sebagai berikut :

    1. FIELD VISUAL Content Achievement ...

    100 100

    100 : 10 100 : 10

    = 20/2 10

    2. COLORGUARD Content Achievement ...

    100 100

    100 : 10 100 : 10

    = 20/2 10

    3. ENSEMBLE VISUAL Content Achievement ...

    100 100

    100 : 10 100 : 10

    = 20/2 10 VISUAL SCORE 30

    4. FIELD MUSIC Content Achievement ...

    100 100

    100 : 10 100 : 10 = 20/2 10

    5. FIELD PERCUSSION Content Achievement ...

    100 100

    100 : 10 100 : 10 = 20/2 10

    6. ENSEMBLE MUSIC Content Achievement ...

    100 100

    100 : 10 100 : 10 = 20/2 10

    MUSIC SCORE 30

    7. MUSIC EFFECT Content Achievement ...

    100 100

    100 : 10 100 : 10

    = 20 20

    8. VISUAL EFFECT Content Achievement ...

    100 100

    100 : 10 100 : 10

    = 20 20 EFFECT SCORE 40

    SUBTOTAL (EFFECT SCORE + MUSIC SCORE + VISUAL SCORE) 100

    PENALTY ( - ) 0 TOTAL (SUBTOTAL PENALTY) 100

    PENILAIAN UNTUK PERORANGAN

    1. Field Commander (FC) / Drum Major/majorette (DM)

    Musicianship Coordination Showmanship Nilai

    60 20 20 100

    2. Solo Horn (SH) / Duet Horn (DH) / Solo Percussion (SP)

    Teknik Permainan Teknik Penyajian Mutu Suara Nilai

    40 30 30 100

  • 9. DEWAN JURI Dewan Juri Display Divisi Junior, Divisi Drum Band dan Divisi Marching Band terdiri dari para praktisi marching band yang kompeten di bidangnya dengan susunan sebagai berikut : a. Ketua /Koordinator Dewan Juri..................................... 1 orang b. Juri Field Visual............................................................. 1 orang c. Juri Field Music............................................................. 1 orang d. Juri Field Percussion..................................................... 1 orang e. Juri Ensemble Visual..................................................... 1 orang f. Juri Ensemble Music..................................................... 1 orang g. Juri Color Guard............................................................ 1 orang h. Juri Music Effect............................................................ 1 orang i. Juri Visual Effect............................................................ 1 orang j. Juri Field Commander/Drum Majorette......................... 1 orang k. Juri Solo Horn................................................................ 1 orang l. Juri Duet Horn .............................................................. 1 orang m. Juri Solo Percussion...................................................... 1 orang n. Juri Penalty & Time Keeper........................................... 1 orang

    10. PENALTI

    Penalti adalah pengurangan terhadap nilai total peserta. Yang dikenakan sebagai penalti adalah untuk pelanggaran-pelanggaran sebagai berikut :

    a. Melebihi Batas Maksimal Total Waktu Penampilan yang telah ditentukan, untuk setiap kelipatan 5 (lima) detik atau bagiannya dibulatkan keatas.

    0,1

    b. Field Commander tidak memberi hormat di awal penampilannya ........ 0,1

    c. Field Commander tidak memberi hormat di akhir penampilannya 0,1

    d. Seorang atau lebih pemain berada diluar batas arena lomba selama penampilan berlangsung, diperhitungkan untuk setiap pemain yang melanggar ketentuan ini

    0,5/orang

    e. Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan penalti setelah terdengar panggilan yang kedua, jarak antara panggilan pertama dan kedua adalah 90 (sembilan puluh) detik

    0,5

    f.

    Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan penalti setelah terdengar panggilan yang ketiga seperti butir i Namun setelah panggilan ketiga, dan ditunggu selama 90 (sembilan puluh) detik peserta yang bersangkutan belum juga tampil di arena lomba, maka peserta tersebut dapat dikenakan hukuman diskualifikasi

    0,5

    Diskualifikasi

    g. Peserta Divisi TK, Junior dan Drum Band menggunakan alumni atau pemain yang melewati batas umur yang diijinkan

    Diskualifikasi /Pencopotan

    Gelar Kejuaraan

    h. Peserta membawa rostrum untuk field commander 2,5/buah

    i.

    Band peserta menggunakan segala jenis peralatan yang berbahaya seperti penghasil cahaya atau panas, dupa/penghasil asap, tabung bertekanan, kembang api, obor, petasan serta benda lain yang mudah terbakar di dalam atau di sekitar arena lomba, ataupun mengotori arena lomba

    2,0

    j. Band peserta menggunakan hewan dan binatang hidup lainnya (burung, ayam dan sebagainya) pada saat penampilan di dalam atau di sekitar arena lomba

    2,0

    k. Official, Helper atau Roadies dari peserta yang sedang tampil memasuki/berada di arena lomba 1,0

    l. Band peserta menggunakan property (backdrop, moving wall dll) yang membahayakan keselamatan pemain/penonton atau tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh panitia.

    1,0

    11. PEMENANG DAN HADIAH

    KATEGORI PEMENANG UNTUK MASING-MASING DIVISI JUNIOR, DIVISI DRUM BAND DAN DIVISI MARCHING BAND : a. Juara I

    Piala Bergilir Piala Tetap Bendera Juara Selempang Juara

    b. Juara II Piala Tetap Selempang Juara

    c. Juara III Piala Tetap Selempang Juara

    d. Piala Tetap untuk Peringkat IV dan seterusnya Jumlah disesuaikan dengan jumlah peserta

    e. Visual Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah trophy

    f. Percussion Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah trophy

    g. Field Music Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah trophy

    h. Music Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah trophy

    i. Color Guard Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah trophy

    j. General Effect Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah trophy

    k. Front Ensemble Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah trophy

    l. Field Commander Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah medali

    m. Drum Major Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah medali

    n. Solo Horn Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah medali

    o. Duet Horn Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah medali

    p. Solo Percussion Terbaik I, II, dan III masing-masing 1 (satu) buah medali

  • PERATURAN DAN KETENTUAN STREET PARADE 1. WAKTU DAN TEMPAT

    Mata Lomba STREET PARADE BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series akan dilaksanakan pada hari MINGGU tanggal 19 Oktober 2014, Start pukul 07.00 WIB dari Jl. Sultan Agung Bandung, Menyusuri Jl. Merdeka dan Finish di Balaikota Bandung.

    2. PESERTA A. Peserta adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Corps yang bersedia mentaati serta

    mematuhi Peraturan dan Ketentuan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    B. Peserta Street Parade akan dikelompokkan sebagai berikut :

    NATIONAL COMPETITION Divisi Junior (SD) Divisi Senior (SMP-SMA) Divisi Marching Band (OPEN) INTERNATIONAL COMPETITION Tidak ada pembagian Divisi Peserta

    3. INFORMASI DAN PENDAFTARAN

    Pendaftaran peserta dimulai tanggal 1 April 2014 s.d. tanggal 7 September 2014, Biaya Pendaftaran Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)/band peserta untuk satu mata lomba yang dipertandingkan. Biaya Uji Arena Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)/Jam. Uang pendaftaran dan Uji arena dapat diserahkan secara langsung kepada panitia atau melalui transfer melalui rekening BANK MANDIRI dengan nomor rekening : 130000-5231314 atas nama Ir. DONNY DWI SETIA, MM. SEKRETARIAT PENDAFTARAN : Jl. 17 Agustus II No. 22 A Bandung Telp. 022-92871234 .. TECHNICAL MEETING akan dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 7 September 2014, Jam 10.00 WIB s.d. selesai. Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi : YUNI : 0899 8138260 / 0819 31329554 SUPRIYADI : 0812 1441014 SJAMSUL HADI : 0821 78719340

    4. PENGUNDURAN DIRI Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditanda tangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

    5. DAFTAR NAMA DAN TANDA PENGENAL

    a. Pada waktunya, band peserta dari semua divisi akan menerima blangko daftar nama pemain yang wajib diisi oleh peserta. Daftar nama pemain tersebut memuat data pemain Inti, Pendukung, Pemain Cadangan dan Official. Setelah blangko daftar nama pemain tersebut diisi lengkap, harus disyahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan bagi peserta dari Divisi Junior dan Drum Band (Senior), bagi peserta dari Divisi Marching Band (Open) harus disyahkan oleh Purek/Penanggung Jawab/Team Manager/Pimpinan Instansi/Perusahaan, Organisasi dan/atau Perkumpulan yang bersangkutan, kemudian daftar nama pemain tersebut wajib dikirim kembali ke Sekretariat Panitia pada tanggal 7 September 2014, atau selambat-lambatnya pada H-1.

    b. Setelah daftar nama pemain tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, maka kepada peserta yang bersangkutan akan dikirim Kartu Tanda Pengenal untuk diisi dan ditempeli pas photo berukuran 2 x 3 cm. Setelah diisi dan ditempeli pas photo, kartu Tanda Pengenal tersebut harus segera dikirim

    kembali ke Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    c. Setelah kartu tanda pengenal tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, dan setelah diperiksa dan distempel oleh Sekretariat Panitia maka unit peserta dapat mengambil kembali Kartu Tanda Pengenal tersebut di Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    d. Semua anggota peserta (Pemain Inti, Pemain Pendukung, Pemain Cadangan maupun Official) harus memakai Kartu Tanda Pengenal. Setelah inspeksi/Rollcall Kartu Tanda Pengenal boleh dilepaskan saat akan memasuki arena lomba untuk bertanding.

    e. Roadies atau helpers dari peserta wajib memakai seragam.

    6. PENJELASAN TEKNIS STREET PARADE 1. Start dari tempat yang ditentukan (rencananya dari Jl. Sultan Agung Bandung) kemudian menyusuri

    Jalan Merdeka dan Finish di Balaikota Bandung. Jarak tempuh sekitar 1 Km, Lebar jalan 5 m dan waktu tempuh sekitar 10 menit. Urutan Parade berdasarkan hasil undian pada saat Technical Meeting.

  • 2. Band peserta parade terdiri dari : a. Satu orang pembawa papan nama unit; b. Satu orang Drum Major atau Field Commander atau Kedua-duanya; c. Pemain Inti sesuai jumlah minimal pemain masing-masing divisi; d. Minimal 8 orang pengawal barisan dapat ikut berbaris dibelakang atau disamping barisan di

    pinggir jalan yang dilalui peserta dan atau di depan barisan (2 orang di depan, 2 orang di belakang, 2 orang di kiri, dan 2 orang di kanan). Pengawal barisan menggunakan seragam tertentu, Pengawal barisan tidak dinilai tetapi wajib disertakan. Pengawal barisan berfungsi untuk membantu anggota unitnya yang tidak dapat melanjutkan parade karena sebab-sebab tertentu atau memungut asesoris atau peralatan yang terjatuh. Pengawal barisan turut serta mengamankan atau membebaskan jalur jalan dari penonton yang menjorok masuk atau mengganggu barisan.

    3. Formasi Parade

    a. Berada paling depan adalah pembawa papan nama, selanjutnya dengan jarak 2 meter dibelakangnya adalah pembawa Banner (bila ada) atau Drum Major atau Field Commander, disusul maksimal 5 meter dibelakangnya adalah barisan pemain inti dan color guard.

    b. Drum Major/Field Commander boleh bergerak kesamping, masuk kedalam barisan, atau kedepan, tetapi tidak boleh melampaui pembawa papan nama.

    c. Formasi barisan pemain utama dan color guard tidak ditentukan (sesuai pilihan band peserta), posisi pemain dalam bentuk formasi tidak ditentukan.

    d. Pada saat memulai Start atau memasuki garis Finish, bentuk barisan peserta harus berbanjar empat kebelakang, tetapi di sepanjang jalur parade diperbolehkan untuk berimprovisasi (manuver/dinamika/variasi) yang dilakukan sambil berjalan (tidak boleh berhenti) dan tidak mengganggu peserta lainnya.

    4. Pelaksanaan Parade

    a. Sebelum Parade dimulai, band peserta menempatkan diri di belakang garis Start dengan formasi berbanjar empat kebelakang. Selama berada di belakang garis start, sebelum aba-aba start diberikan, band peserta tidak diperbolehkan membunyikan alat apapun.

    b. Band peserta baru dapat memainkan alat musiknya setelah petugas memberi aba-aba start dengan mengibarkan bendera start ke atas.

    c. Musik yang dimainkan oleh band peserta tidak dibatasi jenis dan banyaknya. d. Pada Special Stage, band peserta wajib melakukan atraksi kecil yang dilakukan sambil tetap

    berjalan dengan cara melakukan variasi gerakan, variasi barisan, atau manuver-manuver tertentu. Field Commander/Drum Major wajib melakukan penghormatan ke arah Dewan Juri/Tribun.

    5. Penilaian

    Penilaian mata lomba parade meliputi :

    No. CAPTION NILAI a. MARCHING PERFORMANCE

    1. Keseragaman Berbaris 2. Kelurusan Barisan 3. Jarak Antar Barisan 4. Teknik Baris Berbaris

    40

    b. MUSIC PERFORMANCE 1. Music Analysis Percussion Line 2. Music Analysis Horn Line

    40

    c. COLOR GUARD 10

    d. SHOWMANSHIP 1. Semangat Penampilan 2. Kepercayaan Diri 3. Sikap 4. Variasi Barisan

    10

    JUMLAH TOTAL 100

    6. Dewan Juri

    Dewan juri terdiri dari para praktisi marching band yang kompeten di bidangnya masing-masing dengan susunan sebagai berikut :

    a. Ketua /Koordinator Dewan Juri................................... 1 orang b. Marching Performance............................................... 1 orang c. Music Performance..................................................... 2 orang d. Color Guard................................................................ 1 orang e. Showmanship............................................................. 1 orang f. Penalty........................................................................ 1 orang

    7. Penalti

    a. Jumlah pemain utama dan/atau color guard tidak sesuai dengan ketentuan (-1 point). b. Field Commander/Drum Major tidak melakukan penghormatan pada Special Stage (-1 point). c. Anggota unit (pemain utama/color guard) tidak dapat menyelesaikan parade (-1 point). d. Field Commander/Drum Major tidak dapat menyelesaikan parade (- 1 point). e. Seluruh pemain dari suatu band peserta parade tidak dapat menyelesaikan parade (tidak

    dinilai). f. Diskualifikasi bagi band peserta yang belum membayar uang pendaftaran.

    7. PEMENANG DAN HADIAH STREET PARADE

    Kategori Pemenang Street Parade tiap-tiap divisi (Junior, Drum Band/Senior dan Marching Band/Open) terdiri dari :

    1. Juara 1 : Trophy 2. Juara 2 : Trophy 3. Juara 3 : Trophy 4. Piala Tetap untuk Peringkat 4 s/d Jumlah Peserta.

  • PERATURAN DAN KETENTUAN PERCUSSION BATTLE

    1. WAKTU DAN TEMPAT Mata Lomba PERCUSSION BATTLE BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series akan dilaksanakan pada hari SABTU tanggal 18 Oktober 2014, di Aula Gymnastium UPI Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung.

    2. PESERTA A. Peserta adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Corps yang bersedia mentaati serta

    mematuhi Peraturan dan Ketentuan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    B. Peserta Percussion Battle akan dikelompokkan sebagai berikut :

    NATIONAL COMPETITION 1) DIVISI JUNIOR

    a. Peserta dari Divisi Junior terdiri dari siswa/siswi SEKOLAH DASAR yang resmi terdaftar di sekolah yang menjadi peserta BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    b. Pemain yang sudah menjadi Alumni dari Sekolah tersebut tidak diperkenankan (dilarang) memperkuat unit Sekolahnya.

    c. Batas usia pemain Divisi Junior adalah 12 (dua belas) tahun. d. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah. e. Pemain yang berasal dari Sekolah lain dilarang untuk diturunkan sebagai pemain pada

    Sekolah yang bukan sekolahnya (dilarang bermain di sekolah yang berbeda). f. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa Diskualifikasi atau

    pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya. KOMPOSISI PEMAIN DIVISI JUNIOR a) Minimal 10 Pemain dan Maksimal 30 Pemain. b) Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti. c) Official maksimal 8 orang.

    2) DIVISI MARCHING BAND (OPEN).

    a. Peserta dari Divisi Marching Band (OPEN) adalah band peserta yang berasal dari SMP/SMA, Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/BUMN, Perusahaan Swasta dan Organisasi Umum yang menjadi peserta BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    b. Untuk Pemain dari Divisi Marching Band ini tidak dikenakan batasan usia maksimum, Penggunaan Alumni diperbolehkan.

    c. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Penanggung Jawab/Purek/Team Manager dari Band Peserta tersebut.

    d. Pemain yang sudah didaftarkan di Divisi Marching Band (Open) tidak dapat didaftarkan kembali sebagai pemain di Divisi Drum Band/Junior (dilarang bermain ganda).

    e. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa pembatalan/ pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.

    KOMPOSISI PEMAIN DIVISI MARCHING BAND a) Minimal 10 Pemain dan Maksimal 30 Pemain. b) Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti. c) Official maksimal 8 orang.

    INTERNATIONAL COMPETITION Tidak ada Pembagian Divisi Peserta

    3. INFORMASI DAN PENDAFTARAN Pendaftaran peserta dimulai tanggal 1 April 2014 s.d. tanggal 7 September 2014, Biaya Pendaftaran Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)/band peserta untuk satu mata lomba yang dipertandingkan. Biaya Uji Arena Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)/Jam. Uang pendaftaran dan Uji arena dapat diserahkan secara langsung kepada panitia atau melalui transfer melalui rekening BANK MANDIRI dengan nomor rekening : 130000-5231314 atas nama Ir. DONNY DWI SETIA, MM. SEKRETARIAT PENDAFTARAN : Jl. 17 Agustus II No. 22 A Bandung Telp. 022-92871234 .. TECHNICAL MEETING akan dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 7 September 2014, Jam 10.00 WIB s.d. selesai. Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi : YUNI : 0899 8138260 / 0819 31329554 SUPRIYADI : 0812 1441014 SJAMSUL HADI : 0821 78719340

    4. PENGUNDURAN DIRI Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditanda tangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

    5. DAFTAR NAMA DAN TANDA PENGENAL

    a. Pada waktunya, band peserta dari semua divisi akan menerima blangko daftar nama pemain yang wajib diisi oleh peserta. Daftar nama pemain tersebut memuat data pemain Inti, Pendukung, Pemain Cadangan dan Official. Setelah blangko daftar nama pemain tersebut diisi lengkap, harus disyahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan bagi peserta dari Divisi Junior, bagi peserta dari Divisi Marching Band (Open) harus disyahkan oleh Purek/Penanggung Jawab/Team Manager/Pimpinan Instansi/Perusahaan, Organisasi dan/atau Perkumpulan yang bersangkutan, kemudian daftar nama pemain tersebut wajib dikirim kembali ke Sekretariat Panitia selambat-lambatnya tanggal 7 September 2014 atau selambat-lambatnya pada H-1.

    b. Setelah daftar nama pemain tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, maka kepada peserta yang bersangkutan akan dikirim Kartu Tanda Pengenal untuk diisi dan ditempeli pas photo berukuran 2 x 3 cm. Setelah diisi dan ditempeli pas photo, kartu Tanda Pengenal tersebut harus segera dikirim kembali ke Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    c. Setelah kartu tanda pengenal tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, dan setelah diperiksa dan distempel oleh Sekretariat Panitia maka unit peserta dapat mengambil kembali Kartu Tanda Pengenal tersebut di Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    d. Semua anggota peserta (Pemain Inti, Pemain Pendukung, Pemain Cadangan maupun Official) harus memakai Kartu Tanda Pengenal. Setelah inspeksi/Rollcall Kartu Tanda Pengenal boleh dilepaskan saat akan memasuki arena lomba untuk bertanding.

    e. Roadies atau helpers dari peserta wajib memakai seragam.

    6. PERALATAN DAN KOSTUM a. Semua peralatan yang digunakan dalam kompetisi hanya peralatan perkusi lengkap dengan

    carriernya (battery percussion), Hand Cymbals, Aksesoris perkusi boleh digunakan tetapi bukan peralatan statis.

    b. Peralatan statis dan peralatan elektronik dilarang digunakan. c. Setiap peserta harus menggunakan kostum/seragam penampilan yang cocok/sesuai untuk sebuah

    kompetisi. 7. ARENA LOMBA

    Ukuran arena lomba adalah 25 m x 40 m. Area untuk Latihan dan warming up akan ditentukan kemudian, disesuaikan dengan keadaan di lokasi kompetisinya. Lokasi Percussion Battle akan diselenggarakan di Aula Gymnastium UPI Jl. Dr. Setiabudi 229 Bandung.

  • 8. PENAMPILAN Peserta wajib hadir 1 (satu) jam sebelum jadwal penampilannya tiba dan melapor kepada petugas Roll Call di lokasi pertandingan. BABAK PERTAMA Pada babak pertama, setiap team akan tampil satu persatu memainkan 1 set cadence secara bergerak selama maksimal 120 detik (2 menit) dan wajib menghadap kepada Dewan Juri. BABAK KEDUA Pada babak kedua, urutan tampil akan ditentukan oleh Dewan Juri berdasarkan hasil penampilan di

    babak pertama. Setiap team peserta akan tampil berhadapan dengan peserta lainnya. Durasi penampilan cadence/percussion feature tidak boleh lebih dari 120 detik/cadence. Setiap peserta menampilkan 2 cadence/percussion features yang berbeda secara bergantian, yang

    dilaksanakan sambil membuat bentuk formasi tertentu. Contoh urutan tampil bila jumlah peserta ada 8 peserta.

    Urutan tampil ke-1 : Peserta No. Urut 1 vs Peserta No. Urut 8 (A) Urutan tampil ke-2 : Peserta No. Urut 2 vs Peserta No. Urut 7 (B) Urutan tampil ke-3 : Peserta No. Urut 3 vs Peserta No. Urut 6 (C) Urutan tampil ke-4 : Peserta No. Urut 4 vs Peserta No. Urut 5 (D) Urutan tampil ke-5 : Pemenang (A) vs Pemenang (C) (E) Urutan tampil ke-6 : Pemenang (B) vs Pemenang (D) (F) Urutan tampil ke-7 : Runner Up (E) vs Runner Up (F) Juara III dan Juara IV Urutan tampil ke-8 : Pemenang (E) vs Pemenang (F) Juara I dan Juara II

    9. PENILAIAN

    Percussion Battle akan dinilai secara langsung dengan aturan sebagai berikut :

    No. Caption Nilai 1 MUSIC SCORE

    30 Content 10 10 x 1,5 = 15 Achievement 10 10 x 1,5 = 15

    2 VISUAL SCORE 30 Content 10 10 x 1,5 = 15

    Achievement 10 10 x 1,5 = 15 3 MUSIC EFFECT

    20 Content 10 = 10 Achievement 10 = 10

    4 VISUAL EFFECT 20 Content 10 = 10

    Achievement 10 = 10 100

    10. DEWAN JURI Dewan Juri terdiri dari para praktisi marching band yang kompeten di bidangnya dengan susunan sebagai berikut : Koordinator Dewan Juri : 1 orang Juri Caption Music : 1 orang Juri Caption Visual : 1 orang Juri Caption Music Effect : 1 orang Juri Caption Visual Effect : 1 orang Penalty & Timer : 1 orang

    11. DISKUALIFIKASI Diskualifikasi dikenakan untuk hal - hal sebagai berikut : a. Keterlambatan peserta mengembalikan formulir pendaftaran, atau melunasi biaya pendaftaran atau

    keterlambatan menyerahkan Blanko Daftar Pemain pada waktu yang telah ditentukan oleh panitia. b. Peserta memakai pemain diluar pemain yang tercatat pada Blanko Daftar Pemain yang telah

    diserahkan pada panitia. c. Ketidakhadiran peserta setelah 3 (tiga) kali pemanggilan dengan jarak tiap pemanggilan 1 (satu)

    menit. d. Peserta akan didiskualifikasi bila menggunakan peralatan : Senjata tajam/api, gas, bahan-bahan

    berbahaya, cairan yang mudah terbakar, binatang, mesin penghasil asap, peralatan elektonik (listik AC/DC), alat penghasil cahaya, lampu, laser, alat komubnikasi, kendaraan bermotor, bedak, converti dan yang mengotori arena lomba.

    e. Peserta akan didiskualifikasi bila selama penampilan pelatih/official team memberikan instruksi/ petunjuk kepada pemainnya, mengeluarkan kata kata kotor, cacian/makian,atau perilaku dan tindakan yang menyebabkan kericuhan/kekacauan dan berdiri di dekat meja juri.

    12. PENALTY Setiap team yang diketahui melakukan latihan dengan suara yang mengganggu peserta lain yang

    sedang tampil akan dikenakan penalty (pengurangan nilai) sebesar 2,5 points. Setiap team yang tampil melebihi batas waktu penampilan akan dikenakan penalty sebesar 0,1 point

    untuk setiap 5 detik dan kelipatannya. Team yang melewati batas arena lomba akan dikenakan penalty sebesar - 1 per-pelanggaran. Setiap team yang melanggar peraturan lomba yang ditetapkan oleh Juri/Panitia akan dikenakan penalti

    sebesar 2,5 point. Semua keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

  • 13. PEMENANG DAN HADIAH Setiap band peserta berhak menerima Tanda Bukti Peserta BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 - GPMB SERIES dari mata lomba yang diikutinya. Dari mata lomba Percussion Battle pada kejuaraan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP 2014 (GPMB SERIES) ini akan ditentukan : Juara 1 : 1 buah trophy Juara 2 : 1 buah trophy Juara 3 : 1 buah trophy Juara 4 : 1 buah trophy Penyerahan Hadiah untuk para pemenang akan dilaksanakan setelah Upacara Penutupan Bandung Marching Band Championship 2014 - GPMB Series selesai dilaksanakan. Seluruh Peserta yang berlaga / bertanding wajib mengikuti Upacara Pennyerahan hadiah pada hari Sabtu, 18 Oktober 2014 (Segera setelah Rapat Dewan Juri selesai dilaksanakan).

    PERATURAN DAN KETENTUAN MARCHING PERCUSSION CONTEST

    1. WAKTU DAN TEMPAT Mata Lomba MARCHING PERCUSSION CONTEST BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series akan dilaksanakan pada hari SABTU tanggal 18 Oktober 2014, di Aula Gymnastium UPI Bandung Jl. Dr. Setiabudi 229 Bandung.

    2. PESERTA A. Peserta adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Corps yang bersedia mentaati serta

    mematuhi Peraturan dan Ketentuan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    B. Tidak ada pengelompokkan Peserta untuk Marching Percussion Contest ini (Tidak ada pembagian divisi), baik untuk National Competition ataupun untuk International Competition.

    3. KETENTUAN TENTANG PEMAIN a. Pemain harus terdaftar secara resmi pada salah satu band peserta yang berpartisipasi pada

    BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series. b. Tidak ada pembatasan usia pemain. c. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Penanggung Jawab/Team

    Manager dari Band Peserta tersebut. d. Pemain yang sudah didaftarkan pada salah satu band peserta tidak dapat didaftarkan kembali

    sebagai pemain pada band peserta lainnya (dilarang bermain ganda). e. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa pembatalan/ pencopotan gelar

    kejuaraan yang telah diraihnya. f. Tidak diperbolehkan menggunakan Field Commander dalam kompetisi ini. KOMPOSISI PEMAIN a) Minimal 10 Pemain dan Maksimal 30 Pemain. b) Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti. c) Official maksimal 8 orang.

    4. INFORMASI DAN PENDAFTARAN

    Pendaftaran peserta dimulai tanggal 1 April 2014 s.d. tanggal 7 September 2014, Biaya Pendaftaran Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)/band peserta untuk satu mata lomba yang dipertandingkan. Biaya Uji Arena Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)/Jam. Uang pendaftaran dan Uji arena dapat diserahkan secara langsung kepada panitia atau melalui transfer melalui rekening BANK MANDIRI dengan nomor rekening : 130000-5231314 atas nama Ir. DONNY DWI SETIA, MM. SEKRETARIAT PENDAFTARAN : Jl. 17 Agustus II No. 22 A Bandung Telp. 022-92871234 .. TECHNICAL MEETING akan dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 7 September 2014, Jam 10.00 WIB s.d. selesai. Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi : YUNI : 0899 8138260 / 0819 31329554 SUPRIYADI : 0812 1441014 SJAMSUL HADI : 0821 78719340

    5. PENGUNDURAN DIRI Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditanda tangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

  • 6. DAFTAR NAMA DAN TANDA PENGENAL a. Pada waktunya, band peserta akan menerima blangko daftar nama pemain yang wajib diisi oleh

    peserta. Daftar nama pemain tersebut memuat data pemain Inti, Pendukung, Pemain Cadangan dan Official. Setelah blangko daftar nama pemain tersebut diisi lengkap, harus disyahkan oleh Penanggung Jawab/Team Manager, kemudian daftar nama pemain tersebut wajib dikirim kembali ke Sekretariat Panitia selambat-lambatnya tanggal 7 September 2014.

    b. Setelah daftar nama pemain tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, maka kepada peserta yang bersangkutan akan dikirim Kartu Tanda Pengenal untuk diisi dan ditempeli pas photo berukuran 2 x 3 cm. Setelah diisi dan ditempeli pas photo, kartu Tanda Pengenal tersebut harus segera dikirim kembali ke Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    c. Setelah kartu tanda pengenal tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, dan setelah diperiksa dan distempel oleh Sekretariat Panitia maka unit peserta dapat mengambil kembali Kartu Tanda Pengenal tersebut di Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    d. Semua anggota peserta (Pemain Inti, Pemain Pendukung, Pemain Cadangan maupun Official) harus memakai Kartu Tanda Pengenal. Setelah inspeksi/Rollcall Kartu Tanda Pengenal boleh dilepaskan saat akan memasuki arena lomba untuk bertanding.

    e. Roadies atau helpers dari peserta wajib memakai seragam.

    7. PERALATAN DAN KOSTUM ALAT MUSIK a. Peralatan Perkusi tidak dibatasi, dapat terdiri dari Battery Percussion dan Hand Cymbals. b. Peralatan Pit Instrument tidak dibatasi (termasuk timpani, drum set, latin percussion, percussion

    accessories), c. Instrument Keyboard Percussion (Marching Bells, Xylophone, Vibraphone dan Marimba) atau

    Soloist/Narator/Penyanyi dapat menggunakan amplifier listrik dan/atau alat elektronik lainnya yang berfungsi sebagai alat pengeras suara.

    d. Diperbolehkan menggunakan peralatan musik elektronik dan peralatan band rhythm section (Guitar, Bass Guitar, dan Keyboard, Shyntesizer).

    e. Peralatan Single tone, non-keyed horns (seperti : peluit, sirine, animal calls, dll.) dapat dipergunakan hanya untuk membangun effect dan tidak digunakan sebagai bagian suatu melody.

    f. Tidak diperbolehkan menggunakan alat musik elektronik (sequenzer) untuk menghasilkan suara ritmik tertentu atau memainkan materi yang sudah direkam terlebih dahulu. (Penalty 10)

    SUMBER LISTRIK a. Panitia BMBC akan menyediakan 1 (satu) sumber listrik yang dipasang tepat di garis tengah bagian

    depan arena lomba. Panitia BMBC tidak akan bertanggung jawab apabila terjadi gangguan listrik dari PLN atau sebab-sebab lainnya sehingga listrik mati yang terjadi pada saat band peserta sedang tampil. Panitia BMBC berhak mengijinkan atau tidak mengijinkan band peserta menggunakan listrik untuk alasan keselamatan dan keamanan band peserta.

    b. Band peserta dapat menyediakan sendiri sumber listriknya dengan menggunakan tenaga Baterai (Accu) atau Generator yang tidak mengeluarkan suara mesin yang berisik, yang dapat terdengar di arena lomba ataupun di tempat duduk juri dan penonton.

    c. Band peserta harus bertanggung jawab terhadap pengoperasian semua peralatan listrik yang digunakannya termasuk peralatan musik elektronik dari kerusakan dan dari keadaan yang membahayakan keselamatan pemain. Semua peralatan tersebut harus dioperasikan oleh pemain. (Penalty : 5 10).

    SOUND SYSTEM a. Panitia BMBC menyediakan sound system standar (Cube, Loudspeaker) untuk digunakan oleh band

    peserta, akan tetapi Band peserta dapat menyediakan sendiri sound system (Cube, Loudspeaker) yang dibutuhkan dalam penampilannya dengan menggunakan tenaga baterai (Accu) atau Genset yang tidak berisik.

    b. Kegiatan check sound dan penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara dilakukan oleh staff khusus dari band peserta. Penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara dapat dilakukan selama Show berlangsung.

    c. Penggunaan Mixer diperbolehkan, akan tetapi harus dioperasikan oleh pemain dari band yang bersangkutan. (Penalty : - 2,5)

    PROPERTY a. Dapat menggunakan property tambahan yang diperlukan untuk penampilan (Screen Background,

    Moving Wall, Gapura, kursi, tangga dan sebagainya). b. Peralatan besar dan berat serta sukar untuk disandang (Pit instrument), dapat ditempatkan terlebih

    dahulu di atas arena. Dengan catatan bahwa hal itu baru boleh dilaksanakan apabila giliran penampilannya telah tiba dan tidak mengganggu peserta yang sedang tampil terlebih dahulu.

    c. Tidak diperbolehkan menggunakan pyrotechnics, kembang api, obor, cairan yang mudah terbakar atau canisters, Peralatan pembuat effect, mesin asap, tabung bertekanan, hewan/binatang, balon berisi helium, laser dan lighting, penghasil panas, penghasil asap, petasan serta benda lain yang mudah terbakar di dalam atau di sekitar arena lomba. (Penalty : Diskualifikasi).

    d. Selama penampilan, Pemain dilarang menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih/officialnya.

    e. Peserta tidak diperbolehkan membawa rostrum untuk field commander, karena panitia telah menyiapkan/menyediakannya. (Penalty : - 2,5)

    f. Tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor di dalam arena (Penalty : Diskualifikasi). g. Diperbolehkan menggunakan kursi roda bagi pemain yang berkebutuhan khusus. h. Tidak diperbolehkan merusak lantai arena karena sebab-sebab : menyeret timpani, menyeret roda yang

    terkunci dll. (Penalty -10) i. Dilarang menggunakan bedak/converti atau terompet/klakson bertekanan udara (Penalti : -0,1 s.d.

    diskualifikasi).

    j. Peserta dilarang memasang sesuatu yang bersifat permanen di arena lomba. (Penalti : -0,1 s.d. diskualifikasi).

    k. Tidak ada ketentuan khusus tentang kostum pemain, akan tetapi disarankan para pemain menggunakan kostum yang pantas/sesuai dengan penampilan dan tidak melanggar norma-norma etika dan kesusilaan.

    l. Band peserta dapat menggunakan property-property lain yang dibutuhkan dalam penampilan. m. Diperbolehkan menggunakan music stand selama penampilannya. n. Partitur lagu yang dimainkan tidak perlu diserahkan kepada juri.

    8. ARENA LOMBA

    Ukuran arena lomba adalah 25 m x 40 m. Area untuk Latihan dan warming up akan ditentukan kemudian, disesuaikan dengan keadaan di lokasi kompetisinya. Lokasi Marching Percussion Contest akan diselenggarakan di Aula Gymnastium UPI, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung.

  • 9. PENAMPILAN URUTAN PENAMPILAN

    Urutan penampilan ditentukan berdasarkan hasil undian pada Technical Meeting tanggal 7 September 2014. PELAKSANAAN TEKNIS DAN KETENTUAN PENAMPILAN a. Tidak ada pembatasan Jumlah dan Jenis materi yang dibawakan oleh peserta, tetapi tetap mengacu

    kepada batas waktu penampilan yang telah ditetapkan. b. Penampilan tidak harus selalu menghadap Tribune kehormatan. c. Total waktu penampilan adalah 12 menit mencakup : Waktu persiapan, March In, Preshow

    (Warm Up), Waktu Penampilan, March Out dan Waktu Take Out (Pengambilan peralatan/ property). Waktu penampilan minimum adalah 4 menit.

    d. Perhitungan waktu penampilan dimulai pada saat official/roadies/helper memasuki arena lomba untuk menempatkan peralatan dan berakhir pada saat orang terakhir dari official/roadies/helper meninggalkan arena lomba.

    e. Apabila total waktu penampilan kurang dari dan atau melebihi batas waktu yang telah ditentukan, peserta akan dikenakan penalty waktu sebesar 0,1 poin per 5 detik kekurangan/kelebihan dibulatkan keatas.

    f. Di awal dan di akhir penampilan, Section Leader dan atau pemain lainnya wajib memberi hormat ke arah Tribune Kehormatan dengan gaya tersendiri.

    g. Peserta wajib hadir di arena lomba 1 (satu) jam sebelum giliran waktu penampilannya tiba. h. Peserta wajib melapor kepada Roll Call segera setelah peserta tiba di arena lomba. i. Selama menunggu giliran tampil di arena lomba, peserta dilarang membuat kegaduhan. j. Pada saat gilirannya, peserta akan dipanggil oleh petugas untuk bersiap-siap. k. Setelah melihat peserta dalam keadaan siap, pembawa acara akan bertanya kepada Dewan Juri :

    Dewan Juri yang terhormat, Apakah anda sudah siap?. Dewan juri mengangkat tangannya sebagai jawaban telah siap.

    l. Selanjutnya pembawa acara mengatakan kepada peserta : Percussion Leader, sudah siapkah team anda ?. Untuk menjawab pertanyaan ini, Section Leader memberi hormat kearah Tribune Kehormatan dengan gaya tersendiri. Setelah memberi hormat pembawa acara akan memberi aba aba : Anda dapat mulai, dan band peserta dapat memulai penampilannya.

    m. Pada akhir penampilan, Percussion Leader wajib memberi hormat ke arah Tribune Kehormatan dengan gaya tersendiri.

    n. Pada akhir penampilannya, peserta tetap di tempat untuk menerima Tanda Bukti Peserta dan setelah itu dapat meninggalkan arena lomba.

    10. PENILAIAN

    Marching Percussion Contest akan dinilai dengan aturan sebagai berikut :

    11. DEWAN JURI

    Dewan Juri terdiri dari para praktisi marching band yang kompeten di bidangnya dengan susunan sebagai berikut : Koordinator Dewan Juri : 1 orang Juri Performance Analysis : 1 orang Juri Visual : 1 orang Juri General Effect : 2 orang Penalty & Timer : 1 orang

    12. DISKUALIFIKASI Diskualifikasi dikenakan untuk hal - hal sebagai berikut : a. Keterlambatan peserta mengembalikan formulir pendaftaran, atau melunasi biaya pendaftaran atau

    keterlambatan menyerahkan Blanko Daftar Pemain pada waktu yang telah ditentukan oleh panitia. b. Peserta memakai pemain diluar pemain yang tercatat pada Blanko Daftar Pemain yang telah

    diserahkan pada panitia. c. Ketidakhadiran peserta setelah 3 (tiga) kali pemanggilan dengan jarak tiap pemanggilan 1 (satu) menit. d. Peserta akan didiskualifikasi bila menggunakan peralatan : Senjata tajam/api, gas, bahan-bahan

    berbahaya, cairan yang mudah terbakar, binatang, mesin penghasil asap, peralatan elektonik (listik AC/DC), alat penghasil cahaya, lampu, laser, alat komubnikasi, kendaraan bermotor, bedak, converti dan yang mengotori arena lomba.

    e. Peserta akan didiskualifikasi bila selama penampilan pelatih/official team memberikan instruksi/petunjuk kepada pemainnya kecuali bila ada permasalahan berkaitan dengan sound system, mengeluarkan katakata kotor, cacian/ makian,atau perilaku dan tindakan yang menyebabkan kericuhan/kekacauan dan berdiri di dekat meja juri.

    13. PENALTY

    Semua ketentuan penalty yang tercantum pada point 11 tentang Peralatan dan Kostum diberlakukan. Setiap team yang diketahui melakukan latihan dengan suara yang mengganggu peserta lain yang

    sedang tampil akan dikenakan penalty (pengurangan nilai) sebesar 2,5 points. Setiap team yang tampil melebihi batas waktu penampilan akan dikenakan penalty sebesar 0,1 point

    untuk setiap 5 detik dan kelipatannya.

    1 Performance Analysis Composition Performance Quality

    15 25

    40

    2 Visual Composition Performance Quality

    10 10

    20

    3 General Effect Music Effect Overall Effect

    20 20

    40

    Total Nilai 100

  • Team yang melewati batas arena lomba akan dikenakan penalty sebesar - 1 per-pelanggaran. Setiap team yang melanggar peraturan lomba yang ditetapkan oleh Juri/Panitia akan dikenakan penalti

    sebesar 2,5 point. Semua keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

    14. PEMENANG DAN HADIAH Setiap band peserta berhak menerima Tanda Bukti Peserta BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 - GPMB SERIES dari mata lomba yang diikutinya. Dari mata lomba Marching Percussion Contest pada kejuaraan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP 2014 - GPMB Series ini akan ditentukan : Juara 1 : 1 buah trophy Juara 2 : 1 buah trophy Juara 3 : 1 buah trophy Performance Analysis : Terbaik I, II dan III : Trophy Visual : Terbaik I, II dan III : Trophy General Effect : Terbaik I, II dan III : Trophy Penyerahan Hadiah untuk para pemenang akan dilaksanakan setelah Upacara Penutupan Bandung Marching Band Championship 2014 - GPMB Series selesai dilaksanakan. Seluruh Peserta yang berlaga / bertanding wajib mengikuti Upacara Penutupan tersebut, pada hari Sabtu, 18 Oktober 2014 (Segera setelah Rapat Dewan Juri selesai dilaksanakan).

    PERATURAN DAN KETENTUAN PIANIKA DAN BRASS ENSEMBLE CONTEST

    1. WAKTU DAN TEMPAT Mata Lomba PIANIKA dan BRASS ENSEMBLE CONTEST BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series akan dilaksanakan pada hari SABTU tanggal 18 Oktober 2014, di Aula Gymnastium UPI Bandung Jl. Dr. Setiabudi 229 Bandung.

    2. PESERTA A. Peserta adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Corps yang bersedia mentaati serta

    mematuhi Peraturan dan Ketentuan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    B. PIANIKA ENSEMBLE : Khusus untuk Divisi JUNIOR (SD) BRASS ENSEMBLE : Tidak ada pembagian divisi

    3. KETENTUAN TENTANG PEMAIN a. Pemain harus terdaftar secara resmi pada salah satu band peserta yang berpartisipasi pada

    BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series. b. Tidak ada pembatasan usia pemain. c. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Penanggung Jawab/Team

    Manager dari Band Peserta tersebut. d. Pemain yang sudah didaftarkan pada salah satu band peserta tidak dapat didaftarkan kembali

    sebagai pemain pada band peserta lainnya (dilarang bermain ganda). e. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa pembatalan/pencopotan gelar

    kejuaraan yang telah diraihnya. f. Tidak diperbolehkan menggunakan Field Commander dalam kompetisi ini. KOMPOSISI PEMAIN a) Minimal 4 Pemain dan Maksimal 12 Pemain. b) Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti. c) Official maksimal 8 orang.

    4. INFORMASI DAN PENDAFTARAN

    Pendaftaran peserta dimulai tanggal 1 April 2014 s.d. tanggal 7 September 2014, Biaya Pendaftaran Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)/band peserta untuk satu mata lomba yang dipertandingkan. Biaya Uji Arena Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)/Jam. Uang pendaftaran dan Uji arena dapat diserahkan secara langsung kepada panitia atau melalui transfer melalui rekening BANK MANDIRI dengan nomor rekening : 130000-5231314 atas nama Ir. DONNY DWI SETIA, MM. SEKRETARIAT PENDAFTARAN : Jl. 17 Agustus II No. 22 A Bandung Telp. 022-92871234 .. TECHNICAL MEETING akan dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 7 September 2014, Jam 10.00 WIB s.d. selesai. Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi : YUNI : 0899 8138260 / 0819 31329554 SUPRIYADI : 0812 1441014 SJAMSUL HADI : 0821 78719340

    5. PENGUNDURAN DIRI Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditanda tangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

  • 6. DAFTAR NAMA DAN TANDA PENGENAL a. Pada waktunya, band peserta akan menerima blangko daftar nama pemain yang wajib diisi oleh

    peserta. Daftar nama pemain tersebut memuat data pemain Inti, Pendukung, Pemain Cadangan dan Official. Setelah blangko daftar nama pemain tersebut diisi lengkap, harus disyahkan oleh Penanggung Jawab/Team Manager, kemudian daftar nama pemain tersebut wajib dikirim kembali ke Sekretariat Panitia selambat-lambatnya tanggal 7 September 2014.

    b. Setelah daftar nama pemain tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, maka kepada peserta yang bersangkutan akan dikirim Kartu Tanda Pengenal untuk diisi dan ditempeli pas photo berukuran 2 x 3 cm. Setelah diisi dan ditempeli pas photo, kartu Tanda Pengenal tersebut harus segera dikirim kembali ke Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    c. Setelah kartu tanda pengenal tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, dan setelah diperiksa dan distempel oleh Sekretariat Panitia maka unit peserta dapat mengambil kembali Kartu Tanda Pengenal tersebut di Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    d. Semua anggota peserta (Pemain Inti, Pemain Pendukung, Pemain Cadangan maupun Official) harus memakai Kartu Tanda Pengenal. Setelah inspeksi/Rollcall Kartu Tanda Pengenal boleh dilepaskan saat akan memasuki arena lomba untuk bertanding.

    e. Roadies atau helpers dari peserta wajib memakai seragam.

    7. PERALATAN DAN KOSTUM Peralatan yang digunakan adalah alat tiup brass saja yang dapat terdiri dari : Soprano Cornet, Cornet,

    Trumpet, Flugel Horn, Mellophone, French Horn, Tenor Horn, Trombone Valve/Slide, Baritone, Euphonium, Tuba, Contrabass, dan Sausaphone.

    Tidak diperbolehkan menggunakan wind/reed instrument. Penggunaan mutes tidak dilarang. Penggunaan alat tiup konvensional atau alat gesek tidak diperbolehkan. (Penalty -10) Peralatan Single tone, non-keyed horns (seperti : peluit, sirine, animal calls, dll.) dapat dipergunakan

    hanya untuk membangun effect dan tidak digunakan sebagai bagian suatu melody. (Penalty 10) Tidak diperbolehkan menggunakan alat musik elektronik untuk menghasilkan suara ritmik tertentu.

    (Penalty 10) Ijin penggunaan materi yang mempunyai hak cipta adalah tanggung jawab band yang bersangkutan. Tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor di dalam arena (Penalty : Diskualifikasi). Diperbolehkan menggunakan kursi roda bagi pemain yang berkebutuhan khusus. Tidak diperbolehkan menggunakan pyrotechnics, kembang api, obor, cairan yang mudah terbakar atau

    canisters, Peralatan pembuat effect, mesin asap, alat bertekanan udara, hewan/binatang, balon berisi helium, laser dan lighting. (Penalty : Diskualifikasi).

    Dilarang menggunakan bedak/converti atau terompet/klakson bertekanan udara (Penalti : -0,1 s.d. diskualifikasi).

    Peserta dilarang memasang sesuatu yang bersifat permanen di arena lomba. Tidak ada ketentuan khusus tentang kostum pemain, akan tetapi disarankan para pemain

    menggunakan kostum yang pantas/sesuai dengan penampilan dan tidak melanggar norma-norma etika dan kesusilaan.

    Diperbolehkan menggunakan music stand selama penampilannya. Partitur lagu yang dimainkan tidak perlu diserahkan kepada juri.

    8. ARENA LOMBA

    Ukuran arena lomba adalah 25 m x 40 m. Area untuk Latihan dan warming up akan ditentukan kemudian, disesuaikan dengan keadaan di lokasi kompetisinya. Lokasi Brass Ensemble akan diselenggarakan di Aula Gymnastium Jl. Dr. Setiabudi 229 Bandung.

    9. PENAMPILAN URUTAN PENAMPILAN Urutan penampilan ditentukan berdasarkan hasil undian pada Technical Meeting tanggal 7 September 2014. PELAKSANAAN TEKNIS DAN KETENTUAN PENAMPILAN a. Tidak ada pembatasan Jumlah dan Jenis materi yang dibawakan oleh peserta, tetapi tetap mengacu

    kepada batas waktu penampilan yang telah ditetapkan. b. Penampilan tidak harus selalu mengadap Tribune kehormatan. c. Total waktu penampilan adalah 10 menit mencakup : Waktu persiapan, March In Waktu

    Penampilan, March Out dan Waktu Take Out (Pengambilan peralatan/ property), Waktu penampilan minimum adalah 4 menit.

    d. Perhitungan waktu penampilan dimulai pada saat official/roadies/helper memasuki arena lomba untuk menempatkan peralatan dan berakhir pada saat orang terakhir dari official/roadies/helper meninggalkan arena lomba.

    e. Apabila total waktu penampilan kurang dari dan atau melebihi batas waktu yang telah ditentukan, peserta akan dikenakan penalty waktu sebesar 0,1 poin per 5 detik kekurangan/kelebihan dibulatkan keatas.

    f. Di awal dan di akhir penampilan, Brass Ensemble Leader dan pemain lainnya wajib memberi hormat ke arah Tribune Kehormatan dengan gaya tersendiri.

    g. Peserta wajib hadir di arena lomba 1 (satu) jam sebelum giliran waktu penampilannya tiba. h. Peserta wajib melapor kepada Roll Call segera setelah peserta tiba di arena lomba. i. Selama menunggu giliran tampil di arena lomba, peserta dilarang membuat kegaduhan. j. Pada saat gilirannya, peserta akan dipanggil oleh petugas untuk bersiap-siap. k. Setelah melihat peserta dalam keadaan siap, pembawa acara akan bertanya kepada Dewan Juri :

    Dewan Juri yang terhormat, Apakah anda sudah siap?. Dewan juri mengangkat tangannya sebagai jawaban telah siap.

    l. Selanjutnya pembawa acara mengatakan kepada peserta : Brass Ensemble Leader, sudah siapkah team anda ?. Untuk menjawab pertanyaan ini, Leader memberi hormat kearah Tribune Kehormatan dengan gaya tersendiri. Setelah memberi hormat pembawa acara akan memberi aba aba : Anda dapat mulai, dan band peserta dapat memulai penampilannya.

  • m. Pada akhir penampilan, Leader wajib memberi hormat ke arah Tribune Kehormatan dengan gaya tersendiri.

    n. Pada akhir penampilannya, peserta tetap di tempat untuk menerima Tanda Bukti Peserta dan setelah itu dapat meninggalkan arena lomba.

    10. PENILAIAN Brass Ensemble akan dinilai dengan aturan sebagai berikut :

    1 SOUND QUALITY Tone Quality, Intonation, Blend, Balance 20

    2 MUSICALITY Interpretation, Phrasing, Expression, Dynamics, Sensitivity/Nuance, Style, Tempo

    40

    3 TECHNIQUE Articulation, Attacks, Concentration, Fluency, Note Accuracy, Posture/Position, Releases, Rhytmic

    25

    4

    GENERAL Music Selection : Suitability, Variety Instrumentation Stage Behavior : Attitude, Appearance, Discipline

    15

    Total Nilai 100

    11. DEWAN JURI

    Dewan Juri terdiri dari para praktisi marching band yang kompeten di bidangnya dengan susunan sebagai berikut : Koordinator Dewan Juri : 1 orang Juri Sound Quality : 1 orang Juri Musicality : 1 orang Juri Technique : 1 orang Juri General : 1 orang Penalty & Timer : 1 orang

    12. DISKUALIFIKASI Diskualifikasi dikenakan untuk hal - hal sebagai berikut : a. Keterlambatan peserta mengembalikan formulir pendaftaran, atau melunasi biaya pendaftaran atau

    keterlambatan menyerahkan Blanko Daftar Pemain pada waktu yang telah ditentukan oleh panitia. b. Peserta memakai pemain diluar pemain yang tercatat pada Blanko Daftar Pemain yang telah

    diserahkan pada panitia. c. Ketidakhadiran peserta setelah 3 (tiga) kali pemanggilan dengan jarak tiap pemanggilan 1 (satu) menit. d. Peserta akan didiskualifikasi bila menggunakan peralatan : Senjata tajam/api, gas, bahan-bahan

    berbahaya, cairan yang mudah terbakar, binatang, mesin penghasil asap, peralatan elektonik (listik AC/DC), alat penghasil cahaya, lampu, laser, alat komubnikasi, kendaraan bermotor, bedak, converti dan yang mengotori arena lomba.

    e. Peserta akan didiskualifikasi bila selama penampilan pelatih/official team memberikan instruksi/petunjuk kepada pemainnya kecuali bila ada permasalahan berkaitan dengan sound system, mengeluarkan

    katakata kotor, cacian/ makian,atau perilaku dan tindakan yang menyebabkan kericuhan/kekacauan dan berdiri di dekat meja juri.

    13. PENALTY

    Semua ketentuan penalty yang tercantum pada point 11 tentang Peralatan dan Kostum diberlakukan. Setiap team yang diketahui melakukan latihan dengan suara yang mengganggu peserta lain yang

    sedang tampil akan dikenakan penalty (pengurangan nilai) sebesar 2,5 points. Setiap team yang tampil kurang dari atau melebihi batas waktu penampilan akan dikenakan penalty

    sebesar 0,1 point untuk setiap 5 detik dan kelipatannya dibulatkan keatas. Team yang melewati batas arena lomba akan dikenakan penalty sebesar - 1 per-pelanggaran. Setiap team yang melanggar peraturan lomba yang ditetapkan oleh Juri/Panitia akan dikenakan penalti

    sebesar 2,5 point. Semua keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

    14. PEMENANG DAN HADIAH

    Setiap band peserta berhak menerima Tanda Bukti Peserta BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 - GPMB SERIES dari mata lomba yang diikutinya. Dari mata lomba Brass Ensemble pada kejuaraan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP 2014 (GPMB SERIES) ini akan ditentukan : Kategori Pemenang untuk setiap divisi : Juara 1 : 1 buah trophy Juara 2 : 1 buah trophy Juara 3 : 1 buah trophy Peringkat 4 dst. Sampai dengan jumlah peserta : Trophy Penyerahan Hadiah untuk para pemenang akan dilaksanakan setelah Upacara Penutupan Bandung Marching Band Championship 2014 - GPMB Series selesai dilaksanakan. Seluruh Peserta yang berlaga / bertanding wajib mengikuti Upacara Penutupan tersebut, pada hari Sabtu/Minggu, 18 atau 19 Oktober 2014 (Segera setelah Rapat Dewan Juri selesai dilaksanakan).

  • PERATURAN DAN KETENTUAN BRASS BAND CONTEST / CONCERT BAND

    1. WAKTU DAN TEMPAT

    Mata Lomba BRASS BAND CONTEST/CONCERT BAND BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series akan dilaksanakan pada hari SABTU tanggal 18 Oktober 2014, di Aula Gymnastium UPI Bandung Jl. Dr. Setiabudi 229 Bandung.

    2. PESERTA A. Peserta adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Corps yang bersedia mentaati serta

    mematuhi Peraturan dan Ketentuan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    B. Tidak ada pengelompokkan Peserta untuk Mata Lomba ini (Tidak ada pembagian divisi), baik untuk National Competition maupun untuk International Competition.

    3. KETENTUAN TENTANG PEMAIN a. Pemain harus terdaftar secara resmi pada salah satu band peserta yang berpartisipasi pada

    BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series. b. Tidak ada pembatasan usia pemain. c. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Penanggung Jawab/Team

    Manager dari Band Peserta tersebut. d. Pemain yang sudah didaftarkan pada salah satu band peserta tidak dapat didaftarkan kembali

    sebagai pemain pada band peserta lainnya (dilarang bermain ganda). e. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa pembatalan/pencopotan gelar

    kejuaraan yang telah diraihnya. KOMPOSISI PEMAIN a) Minimal 10 Pemain dan Maksimal 30 Pemain. b) Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti. c) Official maksimal 8 orang.

    4. INFORMASI DAN PENDAFTARAN

    Pendaftaran peserta dimulai tanggal 1 April 2014 s.d. tanggal 7 September 2014, Biaya Pendaftaran Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)/band peserta untuk satu mata lomba yang dipertandingkan. Biaya Uji Arena Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)/Jam. Uang pendaftaran dan Uji arena dapat diserahkan secara langsung kepada panitia atau melalui transfer melalui rekening BANK MANDIRI dengan nomor rekening : 130000-5231314 atas nama Ir. DONNY DWI SETIA, MM. SEKRETARIAT PENDAFTARAN : Jl. 17 Agustus II No. 22 A Bandung Telp. 022-92871234 .. TECHNICAL MEETING akan dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 7 September 2014, Jam 10.00 WIB s.d. selesai. Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi : YUNI : 0899 8138260 / 0819 31329554 SUPRIYADI : 0812 1441014 SJAMSUL HADI : 0821 78719340

    5. PENGUNDURAN DIRI Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditanda tangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

    6. DAFTAR NAMA DAN TANDA PENGENAL a. Pada waktunya, band peserta akan menerima blangko daftar nama pemain yang wajib diisi oleh

    peserta. Daftar nama pemain tersebut memuat data pemain Inti, Pendukung, Pemain Cadangan dan Official. Setelah blangko daftar nama pemain tersebut diisi lengkap, harus disyahkan oleh Penanggung Jawab/Team Manager, kemudian daftar nama pemain tersebut wajib dikirim kembali ke Sekretariat Panitia selambat-lambatnya tanggal 7 September 2014.

    b. Setelah daftar nama pemain tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, maka kepada peserta yang bersangkutan akan dikirim Kartu Tanda Pengenal untuk diisi dan ditempeli pas photo berukuran 2 x 3 cm. Setelah diisi dan ditempeli pas photo, kartu Tanda Pengenal tersebut harus segera dikirim kembali ke Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    c. Setelah kartu tanda pengenal tersebut diterima kembali di Sekretariat Panitia, dan setelah diperiksa dan distempel oleh Sekretariat Panitia maka unit peserta dapat mengambil kembali Kartu Tanda Pengenal tersebut di Sekretariat Panitia sebelum pelaksanaan BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP (BMBC) V 2014 GPMB Series.

    d. Semua anggota peserta (Pemain Inti, Pemain Pendukung, Pemain Cadangan maupun Official) harus memakai Kartu Tanda Pengenal. Setelah inspeksi/Rollcall Kartu Tanda Pengenal boleh dilepaskan saat akan memasuki arena lomba untuk bertanding.

    e. Roadies atau helpers dari peserta wajib memakai seragam.

    7. PERALATAN DAN KOSTUM ALAT MUSIK a. Peralatan Perkusi tidak dibatasi baik yang statis maupun dinamis, dapat terdiri dari Battery Percussion

    dan Hand Cymbals. b. Peralatan tiup yang digunakan adalah alat tiup brass yang dapat terdiri dari : Soprano Cornet, Cornet,

    Trumpet, Flugel Horn, Mellophone, French Horn, Tenor Horn, Trombone, Baritone, Euphonium, Tuba, Contrabass, dan Sausaphone, dan dapat juga menggunakan wind/reed instrument seperti : Melodion/Pianika, Recorder, Flute, Clarinet, Saxophone dll. (Penalty : 0,1 5 point)

    c. Peralatan Front Ensemble tidak dibatasi (termasuk timpani, drum set, latin percussion, boom bass, chimes, percussion accessories dll.),

    d. Instrument Keyboard Percussion (Marching Bells, Xylophone, Vibraphone, Cratales dan Marimba) atau Soloist/Narator/Penyanyi dapat menggunakan amplifier listrik dan/atau alat elektronik lainnya yang berfungsi sebagai alat pengeras suara microphone).

    e. Diperbolehkan menggunakan peralatan musik elektronik dan peralatan band rhythm section (Guitar, Bass Guitar, dan Keyboard/Shyntesizer).

    f. Peralatan Single tone, non-keyed horns (seperti : peluit, sirine, animal calls, dll.) dapat dipergunakan hanya untuk membangun effect dan tidak digunakan sebagai bagian suatu melody. (Penalty 10)

    g. Tidak diperbolehkan menggunakan alat musik elektronik (sequenzer) untuk menghasilkan suara ritmik tertentu (loop) atau memainkan materi yang sudah direkam terlebih dahulu (kecuali suara effect). (Penalty 10)

    SUMBER LISTRIK a. Panitia BMBC akan menyediakan 1 (satu) sumber listrik yang dipasang tepat di garis tengah bagian

    depan arena lomba. Panitia BMBC tidak akan bertanggung jawab apabila terjadi gangguan listrik dari PLN atau sebab-sebab lainnya sehingga listrik mati yang terjadi pada saat band peserta sedang tampil. Panitia BMBC berhak mengijinkan atau tidak mengijinkan band peserta menggunakan listrik untuk alasan keselamatan dan keamanan band peserta.

    b. Band peserta dapat menyediakan sendiri sumber listriknya dengan menggunakan tenaga Baterai (Accu) atau Generator yang tidak mengeluarkan suara mesin yang berisik, yang dapat terdengar di arena lomba ataupun di tempat duduk juri dan penonton.

    c. Band peserta harus bertanggung jawab terhadap pengoperasian semua peralatan listrik yang digunakannya termasuk peralatan musik elektronik dari kerusakan dan dari keadaan yang membahayakan keselamatan pemain. Semua peralatan tersebut harus dioperasikan oleh pemain. (Penalty : 5 10).

  • SOUND SYSTEM a. Panitia BMBC tidak menyediakan sound system (Cube, Loudspeaker) untuk digunakan

    oleh band peserta. b. Band peserta menyediakan sendiri sound system (Cube, Loudspeaker) yang dibutuhkan

    dalam penampilannya dengan menggunakan tenaga baterai (Accu) atau Genset yang tidak berisik.

    c. Kegiatan check sound dan penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara dilakukan oleh staff khusus dari band peserta. Penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara hanya dapat dilakukan pada saat Preshow /Warm Up. (Penalty : - 2,5)

    d. Penggunaan Mixer diperbolehkan, akan tetapi harus dioperasikan oleh pemain dari band yang bersangkutan. (Penalty : - 2,5)

    PROPERTY a. Dapat menggunakan property tambahan yang diperlukan untuk penampilan (Screen

    Background, Moving Wall, Gapura, kursi, tangga dan sebagainya). b. Peralatan besar dan berat serta sukar untuk disandang (Pit instrument), dapat

    ditempatkan terlebih dahulu di atas arena. Dengan catatan bahwa hal itu baru boleh dilaksanakan apabila giliran penampilannya telah tiba dan tidak mengganggu peserta yang sedang tampil terlebih dahulu.

    c. Tidak diperbolehkan menggunakan pyrotechnics, kembang api, obor, cairan yang mudah terbakar atau canisters, Peralatan pembuat effect, mesin asap, tabung bertekanan, hewan/binatang, balon berisi helium, laser dan lighting, penghasil panas, penghasil asap, petasan serta benda lain yang mudah terbakar di dalam atau di sekitar arena lomba. (Penalty : Diskualifikasi).

    d. Selama penampilan, Pemain dilarang menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih/officialnya.

    e. Peserta tidak diperbolehkan membawa rostrum untuk field commander, karena panitia telah menyiapkan/menyediakannya. (Penalty : - 2,5)

    f. Tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor di dalam arena (Penalty : Diskualifikasi).

    g. Diperbolehkan menggunakan kursi roda bagi pemain yang berkebutuhan khusus. h. Tidak diperbolehkan merusak lantai arena karena sebab-sebab : menyeret timpani,

    menyeret roda yang terkunci dll. (Penalty -10) i. Dilarang menggunakan bedak/converti atau terompet/klakson bertekanan udara (Penalti

    : -0,1 s.d. diskualifikasi). j. Peserta dilarang memasang sesuatu yang bersifat permanen di arena lomba. (Penalti : -

    0,1 s.d. diskualifikasi). k. Tidak ada ketentuan khusus tentang kostum pemain, akan tetapi disarankan para

    pemain