paparan musrenbang wonogiri 2016

24
BAPPEDA Kabupaten Wonogiri 22 Januari 2016

Upload: 93220872

Post on 15-Apr-2017

752 views

Category:

Economy & Finance


11 download

TRANSCRIPT

Page 1: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

BAPPEDA Kabupaten Wonogiri

22 Januari 2016

Page 2: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.(1)Rencana Pembangunan Jangka

Panjang Daerah (RPJP) yang merupakan kebijakan pembangunan dengan jangka waktu 20 tahun;

(2)Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk jangka waktu 5 tahun; dan

(3)Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk jangka waktu 1 tahun.

Page 3: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Salah satu tahap yang harus dilalui dalam proses penyusunan Rencana Pembangunan adalah melalui penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Page 4: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

RPJP Daerah, khususnya Tahap III Pelaksanaan RPJP Daerah tahun 2015 – 2019 dengan visi sebagai berikut “WONOGIRI YANG SEJAHTERA, DEMOKRATIS DAN BERDAYA SAING”

Musrenbang Tahun 2016 Penyusunan RKPD Tahun 2017

RPJM Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun 2016-2021 yang pada dasarnya merupakan implementasi atas visi, misi dan program Kepala Daerah terpilih 9 Desember 2015.

berpedoman

berdasarkan

Page 5: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

Musrenbang juga harus berpedoman pada Prioritas Nasional dan Provinsi Jawa Tengah.

Prioritas Nasional Prioritas Provinsi Jateng

PEMBANGUNAN BERKULAITAS MENUJU BANGSA BERDAULAT, MANDIRI DAN BERKEPRIBADIAN”, dengan prioritas pokok:1.Kedaulatan Pangan,2.Kemandirian Energi,3.Kemaritiman dan 4.Pembangunan Pariwisata dan Industri

NAWA CITA

“Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari (Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi)”7 misi

Page 6: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

PRIORITAS JAWA TENGAN TAHUN 2017.1.PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI MELALUI PEMBANGUNAN PERTANIAN DALAM ARTI LUASNSERTA PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN ENERGI SECARA BERKELANJUTAN, 2.PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN SECARA TERPADU MELALUI PENGURANGAN BEBAN MASYARAKAT MISKIN, PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MISKIN SERTA PEMBERDAYAAN USAHA EKONOMI MIKRO DAN KECIL BAGI MASYARAKAT MISKIN,3.PENINGKATAN KUALITAS DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DIBERBAGAI BIDANG DAN LAYANAN SOSIAL DASAR MASYARAKAT SECARA BERKELANJUTAN,4.PENGUATAN POTENSI EKONOMI KERAKYATAN BERBASIS KOMODITAS LOKAL, INDUSTRI KREATIF DAN SENTRA/KLASTER DALAM RANGKA PERCEPATAN PENGURANGAN PENGANGGURAN,5.PEMANTAPAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DENGAN MEMPERHATIKAN KEBERLANJUTAN SUMBERDAYA ALAM DAN LINGKUNGAN HIDUP, 6.PEMANTAPAN IMPLEMENTASI REFORMASI BIROKRASI MENUJU PENYELENGGARAAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BERSIH DAN BAIK.

Page 7: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.

2. Membangun tatakelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.

3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

4. Memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.

5. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar

internasional.7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-

sektor strategis ekonomi domestik.8. Melakukan revolusi karakter bangsa.9. Memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial

Indonesia.

Nawa Cita

Page 8: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

1. Membangun Jawa Tengah berbasis Trisakti Bung Karno, berdaulat dibidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang kebudayaan.

2. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, menanggulangi kemiskinan dan pengangguran.

3. Mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Jawa Tengah yang bersih, jujur dan transparan, “mboten korupsi, mboten ngapusi”.

4. Memperkuat kelembagaan sosial masyarakat untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan.

5. Memperkuat partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan proses pembangunan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

6. Meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

7. Meningkatkan infrastruktur untuk mempercepat pembangunan Jawa Tengah yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Misi Jawa Tengah

Page 9: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

V I S I :MEMBANGUN WONOGIRI SUKSES, BERIMAN, BERBUDAYA, BERKEADILAN, BERDAYA SAING, DAN DEMOKRATIS.

Page 10: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

V I S I :MEMBANGUN WONOGIRI SUKSES, BERIMAN, BERBUDAYA, BERKEADILAN, BERDAYA SAING, DAN DEMOKRATIS.

Page 11: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

V I S I :MEMBANGUN WONOGIRI SUKSES, BERIMAN, BERBUDAYA, BERKEADILAN, BERDAYA SAING, DAN DEMOKRATIS.

Page 12: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

V I S I :MEMBANGUN WONOGIRI SUKSES, BERIMAN, BERBUDAYA, BERKEADILAN, BERDAYA SAING, DAN DEMOKRATIS.

Page 13: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

1. Menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada potensi unggulan daerah.

2. Meningkatkan derajat kesehatan dengan mengurangi ketimpangan antara perdesaan dengan perkotaan, terutama di wilayah perbatasan dan masyarakat miskin.

3. Memberikan kesempatan memperoleh pendidikan secara merata dilapisan masyarakat terutama di wilayah perbatasan dan masyarakat miskin.

4. Pembangunan infrastruktur publik sebagai penunjang tumbuhnya ekonomi kerakyatan.

5. Meningkatkan pelayanan birokarasi yang mudah, cepat dan baya ringan dengan berpedoman kepada peraturan perundang undangan yang berlaku.

Page 14: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

Menyusun Rencana Kerja Tahun 2017 sesuai dengan1.Tema Kabupaten Wonogiri Tahun 2016 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2017.2.Memperhatikan aspirasi masyarakat hasil musrenbang desa/kelurahan dan hasil musrenbang kecamatan.3.Aspirasi DPRD melalui hasil reses.

Untuk menjamin kesinambungan dalam sistem perencanaan pembangunan dan

mendukung tercapainya sasaran dan tujuan pembangunan Kabupaten Wonogiri

maka kepada semua SKPD untuk :

Page 15: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

Jadwal Musrebang Kabupaten Wonogiri Tahun 2016 Penyusunan RKPD Tahun 2017.

1. Musrenbang Desa/Kelurahan diselenggarakan mulai Bulan Januari 2016 (6 jan – 15 jan 2016) dengan berpedoman UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan PP Nomor 60 Tahun 2014 Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

2. Musrenbang Kecamatan diselenggarakan mulai Bulan Pebruari 2015 (2 peb – 15 peb 2016).

3. Musrenbang Kabupaten diselenggarakan paling lambat Bulan Maret 2016, atau sebelum Musrenbang Provinsi.(22 maret 2016)

4. Musrenbang Provinsi diselenggarakan pada minggu pertama atau minggu kedua Bulan April 2016, atau sebelum Musrenbang Nasional.

Page 16: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

PROGRAM PRIORITAS PERTAMA DAERAH PENJABARAN DARI VISI DAN MISI SELAMA LIMA TAHUN KE DEPAN YAITU :

 1.PROGRAM PENINGKATAN JALAN DAN JEMBATAN DENGAN MENGINVENTARISASI KEMBALI JALAN-JALAN DI KABUPATEN WONOGIRI SELANJUTNYA AKAN DIBUAT ROAD MAP PEMBANGUNAN JALAN SELAMA 5 TAHUN BERSERTA ANGGARAN DAN SUMBER PENDANAANNYA. MULAI PERUBAHAN APBD TAHUN 2016 PEMERINTAH KABUPATEN WONOGIRI AKAN MENCANANGKAN PROGRAM “WONOGIRI MULUS”. 2.PROGRAM PEMELIHARAAN JALAN BERKALAN TETAP DILAKUKAN SEPANJANG KERUSAKAN BERSIFAT KECIL.

Page 17: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

3. PROGRAM PEMBANGUNAN PASAR TRADISIONAL MULAI TAHUN ANGGARAN 2017 AKAN DIBANGUN PASAR YANG SUDAH ADA DETAIL ENGINEERING DESIGN (DED). SEDANGKAN BAGI PASAR YANG BELUM DISUSUN DED NYA AKAN DIRENCANAKAN PENYUSUNANNYA UNTUK PEMBANGUNAN PASAR TAHUN BERIKUTNYA.

4. PROGRAM PEMBERDAYAAN KOPERASI, DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS KELEMBAGAAN KOPERASI, AKAN DIANGGARKAN BANTUAN HIBAH KEPADA KOPERASI RT, UNTUK ITU AKAN DISIAPKAN KELENGKAPAN PEMBERIAN HIBAH MENURUT KETENTUAN PERMENDAGRI 32 TAHUN 2011 DAN PERMENDAGRI 39 TAHUN 2012.

Page 18: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

5. STABILITAS DAN KETERSEDIAAN PUPUK BERSUBSIDI UNTUK MENJAMIN DISTRIBUSI PUPUK KE DAERAH AKAN DIBENTUK SEMACAM SATGAS PENGENDALI PUPUK BERSUBSIDI.

6. PROGRAM PENDUKUNG KEGIATAN SARANA DAN PRASARANA PERTANIAN (PENGADAAN SARANA PRODUKSI PERTANIAN) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI DAN PENGOLAHAN PERTANIAN OLEH MASYARAKAT.

7. PROGRAM PENGEMBANGAN SENTRA TANAMAN LOKAL WONOGIRI UNTUK MEWUJUDKAN WONOGIRI YANG BERDAYA SAING MELALUI PEMANFAATAN SUMBERDAYA LOKAL SEHINGGA MEMILIKI KEMAMPUAN, KETANGGUHAN SERTA KEUNGGULAN YANG MEMPUNYAI DAYA SAING DAERAH DAN NASIONAL.

Page 19: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

8. PROGRAM PENYEDIAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH JENJANG SD/MI/SDLB DAN SMP/MTS/SMPLB NEGERI AKAN DISIAPKAN KONSEP SEKOLAH GRATIS.

9. PROGRAM PEMBERIAN BANTUAN ATAU HADIAH UNTUK PELAJAR BERPRESTASI.

10.PROGRAM UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT UNTUK MEMPEROLEH DERAJAT KESEHATAN YANG MERATA AKAN DIBANGUN PUSKESMAS RAWAI INAP DI DAERAH PERBATASAN.

Page 20: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

SKEMA PENGANGGARAN.Dari total dana alokasi pagu indikatif yang tersedia, kemudian dialokasikan ke berbagai program/kegiatan sesuai urutan prioritas. Prioritas program/kegiatan dipisahkan menjadi :1.prioritas I, 2.prioritas II dan 3.prioritas III,

dimana prioritas I mendapatkan prioritas pertama sebelum prioritas II. Prioritas III mendapatkan alokasi anggaran setelah prioritas I dan II terpenuhi kebutuhan dananya.

Page 21: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

PRIORITAS I 1.Prioritas I merupakan program pembangunan daerah dengan tema atau program unggulan (dedicated) Kepala daerah sebagaimana diamanatkan dalam RPJMN dan amanat/kebijakan nasional yang definitif harus dilaksanakan oleh daerah pada tahun rencana, termasuk untuk prioritas bidang pendidikan 20% (duapuluh persen).2.Program prioritas I harus berhubungan langsung dengan kepentingan publik, bersifat monumental, berskala besar, dan memiliki kepentingan dan nilai manfaat yang tinggi, memberikan dampak luas pada masyarakat dengan daya ungkit yang tinggi pada capaian visi/misi daerah. 3.Di samping itu, prioritas I juga diperuntukkan bagi prioritas belanja yang wajib sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Page 22: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

PRIORITAS II Program Prioritas II merupakan : 1.program prioritas ditingkat SKPD yang merupakan penjabaran dari analisis per urusan. 2.prioritas II berhubungan dengan program/kegiatan unggulan SKPD yang paling berdampak luas pada masing-masing segementasi masyarakat yang dilayani sesuai dengan prioritas dan permasalahan yang dihadapi berhubungan dengan layanan dasar serta tugas dan fungsi SKPD termasuk peningkatan kapasitas kelembagaan yang berhubungan dengan itu.

Page 23: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

PRIORITAS III Prioritas III merupakan prioritas yang dimaksudkan untuk alokasi belanja-belanja tidak langsung seperti:1.tambahan penghasilan PNS, 2.belanja hibah, 3.belanja bantuan sosial organisasi kemasyarakatan,4.belanja bantuan keuangan kepada provinsi/kabupaten/kota dan pemerintahan desa5.belanja tidak terduga.

Pengalokasian dana pada prioritas III harus memperhatikan (mendahulukan) pemenuhan dana pada prioritas I dan II terlebih dahulu untuk menunjukkan urutan prioritas yang benar.

Page 24: Paparan  musrenbang wonogiri 2016

BAPPEDA Kabupaten Wonogiri

23 Desember 2015