panduan pkl 2015

Upload: garnis-septiawaty-mitafahrany

Post on 01-Mar-2016

61 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

PKL

TRANSCRIPT

BUKU PANDUAN PKL 200708

PANDUAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN & PENILAIANPRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)Disusun Sebagai Panduan dan Untuk Pelaksanaan Kegiatan & Penilaian Matakuliah PKL bagi Mahasiswa Angkatan XII (2012)Semester Genap (VI) Tahun Akademik 2014/2015

Jurusan Manajemen Informatika

Politeknik Pos Indonesia

2015Pembimbing Internal:

Penguji I (Ketua):

Penguji II (Anggota):

IDENTITAS PEMILIKBUKU PANDUAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN & PENILAIANPRAKTEK KERJA LAPANGANNAMA: ____________________NPM

: 2123________________KELAS: 3___________________

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

POLITEKNIK POS INDONESIA

2015KATA PENGANTARSegala puji bagi Allah SWT., Sumber dan Pemilik ilmu pengetahuan yang dengan ilham, kekuatan dariNya, Buku Panduan Pelaksanaan Kegiatan & Penilaian Praktek Kerja Lapangan (PKL) khususnya mahasiswa angkatan XII (2012) Jurusan Manajemen Informatika ini dapat diselesaikan.

Buku ini disusun untuk memberi gambaran tentang prosedur PKL, kewajiban dan sebagainya, termasuk petunjuk pembuatan laporan PKL. Tidak semua butir diuraikan secara rinci, karena pertimbangan sebagian materi telah diberikan pada beberapa matakuliah dan sebagian lagi telah diinformasikan pada pembekalan PKL, selebihnya akan dipertajam ketika proses bimbingan internal [dengan dosen pembimbing pada Jurusan Manajemen Informatika] maupun dari pengalaman di lapangan [dengan pembimbing perusahaan/eksternal].

Tidak ada manusia maupun hasil karyanya yang sempurna, sehingga masukan untuk berbagai kekurangan Buku Panduan Pelaksanaan Kegiatan & Penilaian PKL ini tetap diharapkan. Terimakasih atas kerjasama banyak pihak, dan semoga banyak manfaatnya. Aamiin.

Bandung, Februari 2015Koordinator PKL,

Ttd.Maniah, S.Kom., M.T.NIK. 21267080DAFTAR ISI

DAFTAR ISI ............................................................................................... 4BAB I PENDAHULUAN ................................................................................. 5BAB II MEKANISME PKL .............................................................................. 7BAB III KERANGKA PENULISAN LAPORAN PKL ............................................. 11BAB IV TEKNIK PENULISAN LAPORAN PKL ................................................... 18BAB V PENILAIAN ...................................................................................... 22LAMPIRAN ................................................................................................. 25B A B I P E N D A H U L U A NLATAR BELAKANG Salah satu persyaratan akademik yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia selama menjalani masa studinya adalah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Petunjuk umum PKL dan kewajiban yang menyertainya perlu dibuat lebih jelas sehingga mengurangi kesalahpahaman yang dapat berakibat pada kurangnya pengalaman praktis dan kompetensi mahasiswa.

Praktek Kerja Lapangan adalah tugas akademik yang diwajibkan kepada mahasiswa untuk mempelajari sistem nyata (dunia kerja sesungguhnya) dengan cara magang di suatu perusahaan/instansi atau institusi, pada bagian atau divisi tertentu, dalam kurun waktu yang ditentukan.

Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia menyaratkan PKL sebagai pembelajaran praktek yang berfokus pada Sistem Informasi di suatu perusahaan, sesuai kompetensi utamanya. Apapun jenis perusahaan dan sistem informasinya.

Buku Panduan Pelaksanaan PKL ini menyajikan bagian-bagian penting yang menjadi patokan bagi mahasiswa dalam melaksanakan PKL, termasuk didalamnya prosedur, waktu PKL, sistematika pembuatan laporan, bimbingan dan lain-lain.KARATERISTIK PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA POLITEKNIK POS INDONESIA

Praktek Kerja Lapangan di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. PKL berbobot 3 Satuan Kredit Semester (SKS), tercantum di Semester VI sejak Kurikulum 2008 , dst.;2. PKL dapat dilaksanakan jika mahasiswa telah lulus matakuliah inti di semester 1 s/d 5;3. PKL dilaksanakan pada semester genap (VI).

4. Tujuan PKL :

a. Bagi mahasiswa, diharapkan :

Mendapatkan pengalaman praktek kerja di dunia kerja sesungguhnya; Mampu berinteraksi dengan lingkungan kerja melalui kinerja yang baik, sesuai dengan etika/norma yang berlaku di perusahaan/instansi atau institusi tempat praktek kerja; Dapat menggali pengetahuan yang berkaitan dengan sistem informasi, di sistem nyata; Dapat mengidentifikasi permasalahan yang ditemui pada sistem informasi di sistem nyata dan dapat memberikan saran alternatif perbaikan yang sesuai dengan kaidah sistem informasi; Mampu mengkomunikasikan pengalaman yang diperoleh dari PKL, secara lisan (presentasi) ataupun tertulis (dokumentasi) dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.b. Bagi Jurusan Manajemen Informatika, diharapkan :

Mendapatkan umpan balik terhadap proses belajar mengajar dari industri, yang diantaranya tercermin dari hasil PKL mahasiswa, hal ini pada gilirannya juga akan meningkatkan kualitas mahasiswa; Terjalinnya kemitraan dengan industri.

B A B II MEKANISME PRAKTEK KERJA LAPANGAN

2.1. PROSEDUR PRAKTEK KERJA LAPANGAN

PKL ditempuh dengan prosedur sebagai berikut :

1. Mahasiswa yang memenuhi persyaratan melaksanakan PKL (administrasi dan keuangan), dapat mengambil matakuliah PKL, serta wajib mencantumkan pada Kartu Rencana Studi (KRS) pada saat perwalian di awal Semester VI;2. Mahasiswa mendaftarkan identitas diri dan perusahaan tempat PKL yang dituju, kepada bagian administrasi Jurusan Manajemen Informatika, untuk memperoleh surat pengantar PKL yang ditandatangani oleh Direktur Polteknik Pos Indonesia;3. Peserta PKL harus membuat Proposal PKL berisi Sistem Informasi dengan berkonsultasi ke dosen pembimbing internal/Koordinator PKL;4. Peserta PKL mengantar sendiri surat permohonan PKL disertai proposal PKL, kepada pihak berwenang kepada perusahaan yang dituju;5. Peserta PKL yang sudah mendapat persetujuan PKL dari perusahaan ybs., dapat melaksanakan PKL sesuai jadwal yang disepakati, dengan membawa Buku Panduan dan Pelaksanaan Kegiatan & Penilaian Praktek Kerja Lapangan untuk penilaian Pembimbing Eksternal dari perusahaan, yang telah disediakan oleh Jurusan Manajemen Informatika;6. Peserta PKL akan mendapat dosen pembimbing PKL dari Jurusan, yang ditetapkan oleh Koordintor PKL setelah berkonsultasi dengan Ketua Jurusan, dalam hal ini ditujukan untuk bimbingan penulisan Laporan PKL dan persiapan ujian Seminar PKL;7. Mahasiswa mendapat Buku Panduan dan Pelaksanaan Kegiatan & Penilaian PKL. Laporan Kemajuan (Progress Report) akan terlihat setiap kali proses bimbingan PKL dilaksanakan;

8. Selama PKL berlangsung, peserta PKL harus mengisi form-form dan aktifitas harian yang diparaf oleh peserta PKL dan diketahui (paraf/tandatangan) pembimbing/pengawas di lapangan/perusahaan ybs.; secara paralel peserta PKL juga melakukan proses bimbingan dengan Pembimbing PKL dari jurusan.9. Selesai melaksanakan PKL, peserta PKL menyerahkan Laporan PKL yang sudah disetujui oleh Pembimbing internal dari jurusan kepada Koordinator PKL di jurusan;10. Peserta PKL diperkenankan mengikuti sidang PKL, setelah mendapat persetujuan dari pembimbing jurusan, dengan bimbingan (konsultasi) minimal sebanyak 7 (tujuh) kali efektif;11. Nilai PKL diformulasikan berdasarkan proporsi nilai dari dosen pembimbing di perusahaan, dosen pembimbing di jurusan dan nilai seminar PKL;12. Peserta PKL membuat minimal 2 (dua) buku laporan PKL, untuk perpustakaan Politeknik Pos Indonesia dan untuk perusahaan tempat PKL;13. Penyerahan Buku Laporan PKL ke perusahaan tempat PKL disertai dengan Surat Pengantar beserta Tanda Terima Penyerahan Dokumentasi Produk PKL yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Informatika, serta Ucapan Terima Kasih kepada perusahaan yang bersangkutan.LAMA PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Matakuliah PKL berbobot 3 SKS, untuk kegiatan praktek setara dengan 3 x 4 jam pendidikan = 12 jam pendidikan (1 jam pendidikan = 50 menit, sehingga menjadi 600 menit). Satu semester terdefenisi 14 pertemuan + 1 UTS + 1 UAS, sehingga 16 x 600 menit = 9600 menit atau 192 jam kerja. Jika jam kerja = 8 jam/hari, maka minimal lama PKL adalah 24 hari kerja. Toleransi waktu PKL diberikan, sehingga maksimal 30 hari kerja.

Kekurangan data atau informasi yang dibutuhkan untuk menyusun laporan PKL, diharapkan dapat diperoleh di luar waktu PKL.

TEMPAT PRAKTEK KERJA LAPANGAN

1. Pelaksanaan PKL wajib dilakukan di satu institusi/perusahaan saja, dimana institusi yang dipilih diprioritaskan yang mendukung pengembangan Sistem Informasi;2. Pencarian institusi/perusahaan tempat PKL dilakukan oleh peserta PKL atau atas saran/rujukan koordinator, yang diformalkan dengan surat pengantar dari Direktur Politeknik Pos Indonesia.PEMBEKALAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Pembekalan PKL dimaksudkan untuk menambah kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan PKL, sehingga dapat menunjukkan kemampuan yang sebaik-baiknya pada masyarakat.

Pembekalan diberikan oleh Koordinator PKL yang ditunjuk oleh jurusan. Materi pembekalan mengenai Etika, Perencanaan PKL, Pembuatan Laporan, Wawasan Dunia Kerja Bidang Teknologi Informasi atau lainnya yang dianggap perlu.

MATERI PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Proses pembelajaran melalui pengamatan dan kerja selama PKL dikhususkan untuk Sistem Informasi [SI]. Pembangunan Sistem/Pengamatan SI dirancang berdasarkan hasil analisis berbagai komponen sesuai dengan kaidahnya {secara khusus telah dipelajari pada matakuliah ANSI dan SIM}, yang kemudian didokumentasikan menjadi laporan PKL.

Target model SI yang dibuat pada laporan PKL, minimal sampai dengan Perancangan. Peserta yang membuat implementasi, akan mendapat point/ nilai tambah dari pembimbing internal.KEWAJIBAN, HAK DAN SANKSI

Beberapa kewajiban , hak dan sanksi:

1. Mahasiswa wajib mengambil kegiatan/matakuliah PKL;2. Mahasiswa berhak mendapatkan Buku Panduan Pelaksanaan dan Kegiatan & Penilaian PKL;3. Mahasiswa wajib mematuhi semua aturan yang tertera pada Buku Panduan Pelaksanaan PKL dan mengikuti arahan dari Dosen Koordinator;4. Mahasiswa wajib mengikuti aturan yang diberikan oleh perusahaan tempat PKL, seperti kedisiplinan jam kerja, tata krama: pakaian (yang pantas/formal dan rapih), membuat surat izin atau sakit jika berhalangan hadir, dll.;5. Mahasiswa berhak dibimbing oleh Dosen Pembimbing (Internal). Dalam hal ini Dosen Pembimbing tidak dapat diganti, kecuali jika terjadi sesuatu hal yang menyebabkan Dosen Pembimbing tidak dapat menjalankan fungsinya dalam kurun waktu yang relatif lama, maka Koordinator PKL akan mengalokasikan ke Dosen Pembimbing yang lain;6. Mahasiswa akan mendapat sanksi berupa pembatalan nilai PKL dan keharusan untuk mengulang proses PKL jika terbukti melakukan penjiplakan Laporan PKLnya;7. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat penilaian atau tidak lulus, hingga batas waktu yang telah ditentukan, diwajibkan mengambil kembali Matakuliah PKL melalui Daftar Ulang.BAB III KERANGKA PENULISAN LAPORANPRAKTEK KERJA LAPANGAN

Laporan PKL Jurusan Manajemen Informatika terdiri atas tiga bagian, yaitu Bagian Awal, Bagian Isi, dan Bagian Akhir, yang wajib ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

A. Bagian Awal, mencakup :

1. Halaman Judul

2. Lembar Pengesahan3. Abstrak4. Kata Pengantar

5. Daftar Isi

6. Daftar Tabel 7. Daftar Gambar8. Daftar SimbolB. Bagian Isi, mencakup :

Bab I Pendahuluan

1.1. Latar Belakang

1.2. Perumusan Masalah1.3. Tujuan 1.4. Ruang Lingkup Pembangunan Sistem Informasi

1.5. Sistimatika Kerja

1.6. Sistematika Pembahasan

Bab II Tinjauan Organisasi

2.1. Tinjauan Umum Perusahaan

2.2. Struktur Organisasi

2.3. Deskripsi Kerja Bagian-Bagian yang Terkait Sistem Informasi

Bab III Teori Pendukung

3.1. Konsep Dasar Sistem Informasi

3.2. Teori Terkait Topik3.3. Tools yang digunakan Bab IV Analisa Sistem (yang ada)4.1. Business User4.2. Business Process{Tools bersifat opsional, dapat menggunakan alat pemodelan yang berbeda, sesuai kebutuhan misal flowmap, DFD, use case, UML. Jika digunakan alat Bantu pemodelan UML, maka pada bagian analisa system (yang ada) ini minimal memuat: Bussiness Use case, Definisi actor, Definisi usecase, Scenario usecase, dan activity diagram}4.3. Business Data

4.3.1. Analisa Kebutuhan Data

4.3.1.1. Kamus Data

4.3.1.2. Kamus Data Elementer

4.3.1.3. Kamus Data Komposit

4.3.2. Model Data

4.3.3. Analisis Formulir

4.3.4. Analisis Pengkodean

4.3.5. Analisis Dokumen4.3.6. Analisis Laporan4.4. Business Tools

4.4.1. Perangkat Lunak

4.4.2. Perangkat Keras

4.4.3. Karakteristik Pengguna

4.5. Business Rule4.6. Business Evaluation and Solutions

4.7. Analisis Teori {Optional jika ada, misalkan menggunakan KANO/OCAI}

4.8. Business PlanBab 5 Pembangunan Sistem

5.1. Analisa Kebutuhan Sistem (Mengacu pada SKPL)5.2. Perancangan Sistem (Mengacu pada DPPL)5.3. Implementasi (Jika sampai implementasi)5.4. Analisis dan Pengujian (Mengacu pada PDHUPL){ Hardcopy lengkap dan soft copy Format dokumen perangkat lunak bisa didapat melalui dosen pembimbing atau koordinator PKL}

Bab VI Kesimpulan Dan Saran

6.1. Kesimpulan

6.2. Saran

C. Bagian Akhir, mencakup :

1. Daftar Pustaka

2. Lampiran-lampiran: Lampiran A: Dokumen Pembangunan Perangkat Lunak (SKPL, DPPL, PDHUPL)

Lampiran B: Dokumen terkait

Berikut ini penjelasan lebih lanjut dari bagian-bagian Penulisan Praktek Kerja Lapangan di atas :

A. BAGIAN AWAL

1. Lembar/halaman Judul

Lembar Judul terdiri dari kulit muka luar dan kulit muka dalam. Kulit muka luar dan dalam berisikan judul Praktek Kerja Lapangan, pernyataan mengenai penulisan Praktek Kerja Lapangan, Nama dan NPM, serta Nama Kampus dan Tahun Penulisan. Gunakan kertas jeruk. Contoh Lembar Judul dapat dilihat pada Lampiran.

2. Lembar PengesahanLembar ini memuat tandatangan Dosen Pembimbing, Pembimbing Lapangan dan Koordinator PKL sebagai bukti persetujuan bahwa laporan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa yang bersangkutan telah disetujui untuk diseminarkan. Lembar Persetujuan ini bertuliskan kalimat : "Diterima dan disetujui untuk diseminarkan". Gunakan Kertas jeruk. Contoh Lembar Persetujuan dapat dilihat pada Lampiran.

3. Abstrak

Abstrak adalah gambaran singkat tentang isi Laporan Praktek Kerja Lapangan secara keseluruhan, terdiri dari minimal 200 kata yang memuat secara ringkas cakupan PKL, meliputi: Latar Belakang, kebutuhan dan Tujuan, Metodologi penelitian, Hasil keluaran/output, dan manfaat serta penggunaannya. Abstraksi hendaknya singkat, padat dan jelas.4. Kata Pengantar

Kata Pengantar merupakan ungkapan penulis yang berisikan penjelasan selintas tentang PKL, tempat/institusi dan alamatnya.

Selain hal tersebut tercantum pula ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap telah membantu dalam proses PKL dan penyusunan laporannya, dapat juga berisi harapan penulis terhadap hasil karyanya. Ucapan terima kasih mendahulukan pihak eksternal, kemudian pihak internal dengan urutan yang memperhatikan jabatan.

Kata Pengantar hendaknya singkat, jelas, hendaknya tidak lebih dari satu halaman. Bagian akhir tercantum bulan, tahun laporan tersebut diselesaikan, dengan tertanda Penulis (Tim PKL).

4. Daftar Isi

Daftar isi rapat kiri kanan (justified)5. Daftar Tabel/Gambar

Semua tabel/gambar yang terdapat di dalam uraian dan tidak merupakan lampiran, dibuatkan daftar yang memuat nomor tabel/gambar, judul tabel/gambar, dan nomor halaman tempat tabel/gambar tercantum.

6. Daftar Simbol

Semua simbol yang digunakan di dalam uraian dan tidak merupakan lampiran, dibuatkan daftarnya, dengan nomor halaman sekian i. B. BAGIAN ISI

1. Bab I Pendahuluan

1.1. Latar Belakang Latar Belakang PKL berisi uraian mengenai keadaan/kondisi yang memperlihatkan adanya sesuatu yang penting dan menarik untuk dilakukannya PKL di tempat tersebut. Gejala tersebut dapat disajikan dan dijelaskan dengan dukungan data/tabulasi data, diagram atau dalam bentuk lainnya.1.2. Perumusan Masalah

Berisi uraian tentang model SI yang dipelajari di tempat PKL (misal inventori, penggajian dll) dari jenis maupun operasionalnya. Kemudian dirumuskan untuk dibangun atau dikembangkan. 1.3. Tujuan

Tujuan PKL berisi uraian tentang manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan PKL, di tempat tersebut. Tujuan dibagi ke dalam dua bagian: tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum mencakup aspek manfaat secara umum yang bisa diperoleh dari PKL. Tujuan khusus menjelaskan manfaat yang terkait langsung dengan sistem yang dipelajari/dibuat.

1.4. Ruang Lingkup

Ruang Lingkup PKL mendeskripsikan kemampuan (apa yang di tangani) dan batasan (apa saja yang tidak ditangani) dari pengembangan (disain dan atau implementasi) Sistem Informasi.

1.5. Sistimatika Kerja

Bagian ini berisi uraian singkat tentang tahapan melaksanakan magang/PKL baik pra maupun pada saat PKL dilaksanakan dan pembuatan laporan. Tahapan tersebut dapat dibagi tiga: (1) Pra PKL seperti; Pembekalan PKL, Studi Literatur, Survei Tempat dan Pengajuan Surat Pengantar PKL. (2) Pelaksanaan PKL, termasuk didalamnya Tempat, Lama PKL dan Waktunya, Bimbingan, Pengumpulan Data (melalui observasi, wawancara, dll), Analisis, Perancangan, kesimpulan. (3) Pasca PKL: Dokumentasi dan Seminar. Jika PKL sampai pada tahap implementasi, maka tahapannya ditambah Implementasi dan Pengujian, disimpan setelah perancangan.

1.6. Sistematika Pembahasan

Sistematika Pembahasan berisi uraian singkat tentang struktur penulisan isi masing-masing bab.

2. Bab II Tinjauan Organisasi

2.1. Tinjauan Umum Perusahaan

Berisi gambaran umum perusahaan, seperti uraian ringkas tentang sejarah, bidang garapan (produk/jasa) perusahaan, visi dan misi, dan lain-lain yang dianggap perlu.

2.2. Struktur Organisasi

Berisi diagram/struktur organisasi perusahaan tersebut, dengan penandaan (bold) pada divisi/bagian tempat saudara PKL .

2.3. Deskripsi Kerja Bagianbagian yang terkait Sistem Informasi

Berisi fungsi kerja dari tiap unit pada divisi/bagian tempat PKL, yang akan mendukung pada indikasi pelaku atau pengguna, proses, aliran data dan seterusnya.

3. Bab III Teori Pendukung

Memuat teori yang diperlukan untuk pembahasan laporan PKL, seperti konsep dasar SI, model sistem, model data, teori yang terkait Sistem dan lain-lain.

4. Bab IV Analisa Sistem

Bab ini berisi analisis terhadap sistem yang berjalan.5. Bab V Pembangunan Sistem

Pada bab ini hanya berisi uraian singkat, sementara detailnya mengacu pada lampiran Dokumen Pebangunan Perangkat Lunak6. Bab VI Kesimpulan Dan Saran

Berisikan tentang Kesimpulan dan Saran.

VI.1. Kesimpulan

Kesimpulan dirumuskan atas dasar hasil pembahasan bab-bab sebelumnya yang mencerminkan hasil interpretasi dari PKL.

Kesimpulan memuat kelebihan dan kekurangan sistem setelah dilakukan ujicoba. Kesimpulan (conclusion) bukan merupakan ringkasan (summary). Kesimpulan harus menjawab tujuan, tercapai atau tidak.VI.2. Saran

Saran merupakan tindak lanjut dari kesimpulan, berupa anjuran atau rekomendasi, yang menyangkut aspek operasional, kebijaksanaan, maupun konsep. Saran hendaknya bersifat konkrit, realistis, praktis, dan terarah kepada pemecahan masalah.

C. Bagian Akhir

Bagian Akhir dari penulisan Laporan PKL terdiri dari Daftar Pustaka dan Lampiran.

1. Daftar Pustaka

Berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan laporan PKL. Daftar Pustaka minimal memuat 5 sumber Pustaka yang digunakan. Daftar pustaka yang berasal dari buku maksimal terbitan 10 tahun kebelakang. 2. Lampiran - lampiran

Berisi semua Lampiran-lampiran yang diperlukan, misal lampiran berupa Tampilan Layar dan beberapa atribut PKL seperti di bawah ini:LAMPIRAN Aa. Listing program atau tampilan antar muka dari perangkat lunak sistem informasi yang dibangun (prototype) atau yang dipelajari;b. Bahan-bahan yang berkaitan dengan Laporan PKL dan berfungsi melengkapi penjelasan/uraian, contoh Formulir. [Dapat ditambah dokumen terkait lainnya].LAMPIRAN Bc. Copy surat Pengantar ke perusahaan yang tempat PKL;d. Copy surat balasan/jawaban atau surat keterangan telah Praktek Kerja Lapangan sebagai persetujuan dari perusahaan yang telah ditandatangani dan dicap oleh pimpinan perusahaan (surat aslinya diserahkan ke jurusan); e. Form Kehadiran dan Aktifitas Harian di perusahaan yang telah ditandatangani dan dicap oleh Pembimbing di Perusahaan (apabila perusahaan mempunyai form tersendiri);

f. Penilaian dari Pembimbing Perusahaan.

BAB IV TEKNIK PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

A. UKURAN KERTAS DAN UKURAN HURUF1. Ukuran kertas adalah A4 (29,7 x 21 cm), berat minimum 70 gram.

2. Ketebalan kulit muka dan kulit belakang tidak lebih dari 1 mm (soft cover), warna biru dilaminasi (kertas omega nomor 63 contoh sesuai warna buku panduan dan kegiatan).

3. Apabila dipakai pengolah kata MS-Word, jenis huruf yang dipakai adalah Times New Roman, Normal, ukuran 12 [khusus untuk judul uraian dapat dipakai ukuran 14], jarak antar baris satu setengah (1,5) spasi, dicetak dengan tinta hitam.

4. Batas teks adalah 4 cm dari tepi atas dan tepi kiri, dan 3 cm dari tepi kanan dan tepi bawah kertas. [Lihat Lampiran]B. PENULISAN LAPORAN1. Ringkasan (abstrak) dibuat dalam bahasa Indonesia, minimal terdiri dari 200 kata dan tidak lebih dari 1 (satu) halaman, dan dicetak dengan spasi tunggal.2. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lampiran dicetak dengan spasi tunggal.3. Penomoran bab dan sub-bab dapat dilakukan dengan dua cara, seperti yang diuraikan pada halaman berikut.

a. BAB I PENDAHULUAN

A. B. C. atau

b. BAB I PENDAHULUAN 1.1

1.2

1.3 4. Penomoran halaman dimulai dari nomor 1 untuk tiap bab dengan mencantumkan nomor bab dan diletakkan di sisi kanan batas marjin, bagian bawah halaman. Misal nomor halaman II-1 artinya halaman 1 di Bab II. Penomoran halaman judul, halaman persetujuan, Daftar Isi, Daftar Tabel, dan Daftar Gambar menggunakan i, ii, iii, .. (angka romawi kecil).

5. Penomoran bab menggunakan angka romawi I, II (untuk bab II), dst. Penomoran lampiran menggunakan A-1 {lampiran A halaman 1}, B-3 {lampiran B halaman 3} dst.

6. Penomoran gambar dilakukan dengan menyebutkan nomor bab, diikuti nomor urut gambarnya pada bab tersebut, misalnya Gambar 2.5, artinya gambar nomor 5 di bab 2. Nomor dan Judul Gambar diletakkan di bawah gambar bagian tengah, penulisannya dengan huruf kapital di awal kata dengan ukuran font 11.

7. Setiap gambar harus dilengkapi dengan legend yang diletakkan di bawah gambar atau di samping kanan gambar untuk menjelaskan arti simbol-simbol yang dipakai. Gambar dicetak dengan tinta hitam.

8. Penomoran tabel dilakukan dengan menyebutkan nomor bab, diikuti nomor urut tabelnya pada bab tersebut, misalnya Tabel 3.7, artinya tabel nomor 7 di bab 3.

9. Nomor dan Judul Tabel diletakkan di atas tabel, di sebelah kiri, penulisannya dengan huruf kapital di awal kata dengan ukuran font 11. Bila tabel lebih panjang dari 1 halaman, maka sambungan tabel pada halaman berikutnya diberi judul dengan tulisan : Nomor dan Judul Tabel . [Lanjutan]. Contoh: Tabel 3.7 Data Pegawai [Lanjutan]10. Penggunaan huruf (Yunani) pada suatu persamaan harus dijelaskan artinya, apabila penggunaan huruf (Yunani) cukup banyak, penjelasan artinya dapat diberikan dalam suatu halaman khusus.

11. Setiap persamaan harus diberi nomor urut. Penomoran dilakukan dengan menyebutkan nomor bab dan nomor urut dan nomor urut persamaan pada bab yang bersangkutan. Misal Persamaan 3.5 artinya persamaan nomor 5 di bab 3.

12. Penulisan Header Footer menggunakan huruf Time New Roman, ukuran 10 dan dicetak miring. Header berisi Judul Bab, dan footer berisi tulisan: Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia/Laporan PKL. [Lihat Lampiran 6]. Header tidak ada pada halaman yang memuat Judul Bab.13. Penulisan istilah-istilah asing dicetak miring.

C. Cara merujuk dan menulis daftar rujukan (pustaka)Setiap kali melakukan pengutipan atau perujukan konsep, istilah, definisi, dll diakhiri dengan nomor rujukan yang sesuai dengan daftar pustaka.

Contoh : Minger [5] mengemukakan bahwa meskipun teknologi memegang peranan dalam sistem informasi, akan tetapi sistem informasi memiliki faktor lain yang amat menentukan yaitu yang berkaitan dengan komunikasi dan bahasa manusia.

Di bawah ini beberapa alasan pentingnya perencanaan (planning), yaitu:[3] Tujuan dari pengembangan strategi IS/IT adalah untuk meyakinkan bahwa nilai yang sebaik-bainya dapat dihasilkan dari investasi IS/IT. Agar hal ini dapat dicapai maka sebuah organisasi harus fleksibel dan responsif untuk mengantisipasi datangnya ancaman dan peluang yang tidak tentu waktunya. [1]

1. Daftar Pustaka disusun menurut abjad dan diberi nomor urut mulai dari [1].

2. Judul buku tidak boleh disingkat.

3. Penyingkatan kependekan Jurnal Ilmiah harus mengikuti yang telah lazim dilakukan.

4. Nama keluarga (nama belakang) ditulis terlebih dahulu, diikuti dengan singkatan nama depan.

5. Semua nama pengarang harus ditulis sesuai dengan urutannya di dalam artikel / buku.

Contoh Daftar Pustaka:

[1] Baker, A.A., Sosro, K., Suditomo, B. (1998), Pembakaran hutan di Kalimantan, Majalah Kehutanan, 5, 23 25.

[2] Cotton, F.A. (1998), Kinetics of gassification of brown coal, J. Am. Chem. Soc. 54, 38 43.

[3] Hill, R. (1997), The Mathematical Theory of Plasticity, Oxford Press, Oxford, 545 547.

[4] Stark, H. (1998), The dynamics of surface adsorption, Proceedings of the International Congress on Current Aspects of Quantum Chemistry, London, U.K., Carbo, R., Editor, Prentice Hall, 24 36.

[5] Thomas, J. (1998), Pretreatment of lanthanide, dalam Transition Elements, Bab 2, Scott, A.I., Editor, Oxford, 56 98.

[6] Wijaya, R. (1996), Diagnosis Penyakit Tipus dengan Metode PCR, Disertasi Program Doktor, Institut Teknologi Bandung, 25 29.

[7] Zhao, Hong. (21 Februari 2007), The Indonesian Crisis, http://www.chinanews.com/home.htmBAB V PENILAIAN

A. UJIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN Ujian PKL adalah ujian lisan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan Pelaporan PKL yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing. Pengujian PKL disebut sebagai Sidang PKL.

Ujian PKL bertujuan untuk menilai kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan materi Laporan PKL dan kemampuan berfikir ilmiah.

1. Persyaratan Menempuh Ujian Praktek Kerja Lapangan

Untuk dapat menempuh Ujian PKL, mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

a. Masih terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia, pada saat ujian dilaksanakan.

b. Sedang mengambil matakuliah PKL pada semester yang bersangkutan.

c. Telah menyelesaikan Pelaporan PKL, dengan menunjukkan laporan Kemajuan yang telah ditandatangani serta disetujui oleh Dosen Pembimbing untuk diujikan.

d. Menyerahkan draft laporan PKL yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing sebanyak 2 (dua) eksemplar. Laporan tersebut diserahkan ke Koordinator PKL (Dosen Matakuliah PKL untuk masing-masing kelas), sesuai dengan jadwal. Penandatangan laporan harus diawali dari Pembimbing Lapangan, kemudian Dosen Pembimbing internal, dan terakhir Koordinator Praktek Kerja Lapangan.

1. PengujiTim Penguji Seminar Praktek Kerja Lapangan terdiri dari 2 dosen dengan keanggotaan sebagai berikut :

1) Ketua Sidang merangkap anggota yaitu Dosen Pembimbing PKL;

2) Anggota Sidang, yaitu dosen yang mempunyai keahlian sesuai dengan materi PKL yang dibahas. Dosen Penguji ini ditentukan oleh Jurusan. 2. Jadwal seminar

Jadwal Seminar PKL ditentukan oleh Koordinator PKL, setelah di setujui oleh Ketua Jurusan.

B. PENILAIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

a. Penilaian Praktek Kerja Lapangan dilakukan terhadap komponen-komponen sebagaimana tercantum pada Buku Kegiatan dan Penilaian PKL.

b. Nilai kelulusan PKL diumumkan pada akhir seminar PKL.c. Besar Nilai, Status kelulusan, catatan perbaikan dapat dilihat pada catatan penilaian.d. Penilaian akhir dengan komponen:1. Nilai pembimbingan di lapangan/perusahaan: 25%2. Nilai pembimbingan internal

: 45%3. Nilai sidang (Penguji I dan II)

: 30%* Nilai Kedisiplinan

*: Untuk Nilai Kedisiplinan sebagai berikut :

Termasuk pelanggaran disiplin kegiatan PKL adalah:

NoPelanggaran

1Tidak hadir pada Pembekalan PKL dan Evaluasi tanpa izin

2Tidak hadir pada Jadwal Sidang yang telah ditentukan tanpa izin

3Tidak siap sidang pada Waktu Sidang

4Tidak tepat waktu Pengumpulan Laporan Siap Sidang (Draf Sidang)

5Tidak tepat waktu Pengumpulan Laporan Akhir (Final setelah revisi)

Proses penilaian dengan ketentuan dibawah ini:

Komponen nilai 1-3 dijumlah (bobot nilai 100%) Setelah dijumlah akan muncul nilai angka berikut diberikan huruf mutucontoh:

Pembimbing Internal

: 86.00

Pembimbing Eksternal

: 90.45

Penguji I dan II

: 87 dan 88

Nilai Akhir

: 87.56

Huruf Mutu

: A

Pelanggaran disiplin : 1 kali [nilai akhir turun 1 (satu) level]

Nilai PKL

: B

Pelanggaran disiplin: 2 kali [nilai akhir turun 2 (dua) level]

Nilai PKL

: C

Pelanggaran disiplin: >2 kali [lebih dari 2 kali, nilai akhir :

D=mengulang]

LAMPIRAN

Lembar Judul Dalam Laporan PKL/cover dan cover dalam (spasi : 1,5)Untuk cover dalam menggunakan kertas jeruk

{JUDUL SISTEM INFORMASI }{font ukuran 16, bold}

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Program Studi D III Manajemen InformatikaOleh Nama

NPM

jarak 2 tab

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

POLITEKNIK POS INDONESIA

BANDUNG

2015{font ukuran 16, bold, spasi 1}

Contoh:PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

PENGELOLAAN DATA PELANGGAN RETAIL

PT. GLOBAL (PERSERO), Tbk.PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Program Studi D III Manajemen InformatikaOleh Shifu Po 2093000

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

POLITEKNIK POS INDONESIABANDUNG

2015Lembar Pengesahan Kesatu (menggunakan Kertas Jeruk)LEMBAR PENGESAHAN{JUDUL SISTEM INFORMASI }

Nama

NPM

Laporan Praktek Kerja Lapangan Program Studi D III ini telah diperiksa, disetujui dan disidangkandi Bandung, {tanggal, bulan, 2015}

OlehPembimbing Eksternal,

Pembimbing Internal,Cap Perusahaan

Cap Poltekpos

Nama__

Nama__

NIP/NIK.

NIP/NIK.Menyetujui,

Ketua Jurusan Manajemen Informatika,

Mubassiran, S.Si., M.T.NIP. 10576095Lembar Pengesahan Kedua (menggunakan Kertas Jeruk)LEMBAR PENGESAHAN

{JUDUL SISTEM INFORMASI }

Nama

NPM

Laporan Praktek Kerja Lapangan Program Studi D III ini telah diperiksa, disetujui dan disidangkandi Bandung, {tanggal, bulan, 2015}

Oleh

Penguji I,

Penguji II,

Nama__

Nama__

NIP/NIK.

NIP/NIK.Menyetujui,

Koordinator Praktek Kerja Lapangan,

Maniah, S.Kom., M.T.NIK. 21267080Lampiran-3 : Pembagian Halaman

4 cm

4 cm 3 cm

Batas Teks

Batas Kertas

1,5

Nomor halamanKERANGKA PENULISAN

PROPOSAL KERJA PRAKTEK

A. Bagian Awal :

Lembar Judul

B. Bagian Isi :

a. Latar Belakang PKL

b. Tujuan PKL

c. Ruang Lingkup PKL

d. Waktu dan Jadwal Kegiatan PKL

Contoh Penjadwalan Kegiatan :

Minggu

Aktivitas123414

1. Bimbingan Proposal

2. Pencarian Tempat

3. Magang di Perusahaan{tentatif, karena dimung kinkan pada waktu libur}

4. Bimbingan & Pelaporan

5. Seminar

C. Bagian Akhir : Penutup

Header - Footer

Bab I Pendahuluan

4 cm 3 cm

Batas Teks

Batas Kertas

Manajemen Informatika..

Surat Pengantar dan Tanda Terima Penyerahan Dokumentasi Produk PKL

Bandung, 01 April 2015

Nomor

: 01/PKL-TA/MI-XI/PPI/0415Lampiran: -Perihal

: Permohonan Izin PKL dan Tugas AkhirKepada Yth.

Pimpinan Perusahaan

u.p. Bapak/Ibu

di

Jl. Jalan No. 123

Bandung - 40000Dengan hormat,

Sehubungan dengan matakuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Tugas Akhir (TA) pada Semester Genap (VI) bagi mahasiswa Angkatan XI Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia Tahun Akademik 2014/2015, mahasiswa diwajibkan untuk menganalisis sistem informasi yang terdapat di suatu instansi/perusahaan. Dalam rangka kepentingan tersebut, maka kami mohon kepada Bapak/Ibu selaku Pimpinan agar berkenan mengizinkan mahasiswa kami dibawah ini : NONamaNPMProgram StudiKelasTelepon

1Shifu Po2113000Manajemen Informatika3A0813xxxxxx

untuk melaksanakan kegiatan observasi data dan praktek kerja ditempat yang Bapak/Ibu Pimpin, yang rencananya akan dilaksanakan pada periode bulan Maret April 2014. Kegiatan PKL disyaratkan minimal 24 hari kerja [setara 3 SKS x 4 Jam x 14 Pertemuan]. Pada pelaksanaannya akan mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di tempat Bapak/Ibu.Dalam penyusunan Laporan PKL oleh mahasiswa bersangkutan, hanya sampai pada tahap perancangan saja, tidak membuat aplikasi atau software. Adapun pembuatan software/perangkat lunak akan dibuat berdasarkan hasil rancangan PKL tersebut sebagai kegiatan penyusunan Tugas Akhir, pada periode Juni Juli 2015, yang merupakan kelanjutan dari PKL. Pada masa-masa tersebut, mahasiswa melakukan bimbingan, baik kepada Pembimbing Lapangan maupun pembimbing di kampus. Perlu kami sampaikan bahwa Bapak/Ibu Pembimbing Lapangan dimohon untuk mengisi form-form terkait seperti penilaian, berita acara pelaksanaan PKL dan TA dan serah terima produk PKL dan TA.

Besar harapan kami bahwa mahasiswa kami memperoleh kesempatan untuk melaksanakan kegiatan PKL dan Tugas Akhir dan mendapat bimbingan dan pembinaan Bapak/Ibu.Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan perkenan Bapak/Ibu kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Direktur,

DR. Agus Purnomo, M.Si.NIK. 212.Bandung, .............................2015Nomor: ......./DOKPKL/MI/PPI/2015Lampiran: Tanda terima

Perihal: Ucapan Terima Kasih dan Penyerahan Dokumentasi

Produk PKL Mahasiswa Jurusan Manajemen InformatikaKepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan

di

Tempat

Dengan hormat,

Salam sejahtera dari kami manajemen Politeknik Pos Indonesia Bandung. Kami haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Pimpinan, yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa kami khususnya Jurusan Manajemen Informatika (MI) untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan atau instansi/kantor yang Bapak/Ibu pimpin. Pada kesempatan ini izinkanlah mahasiswa kami menyerahkan dokumentasi PKL berupa :

satu buah compact disk berisi dokumen terkait laporan PKL;

dokumentasi perancangan {judul PKL}___________________________________________________________________________

Produk ini dibuat melalui masukan ataupun permintaan dari unit/bagian di perusahaan atau instansi/kantor Bapak/Ibu berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan serta model yang mendukung pembangunan atau pengembangan Sistem Informasi atau perangkat lunak lainnya.

Disamping itu, sebagai wujud terima kasih, kami memberikan cinderamata bagi Bapak/Ibu (Pembimbing Lapangan) yang telah membimbing dengan baik mahasiswa kami.

Demikian kami sampaikan, besar harapan kami agar kerjasama ini dapat terjalin kembali di waktu yang akan datang. Kami mohon kesediaan Bapak/Ibu Pimpinan untuk mengisi bukti tanda terima penyerahan dokumentasi produk PKL (terlampir). Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Jurusan Manajemen Informatika,

Mubassiran, S.Si., M.T.

NIK. 10576095Lampiran surat nomor : ......./DOKPKL/MI/PPI/2015TANDA TERIMA

Kepada Yth.

Ketua Jurusan Manajemen Informatika

di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini kami menyatakan bahwa dokumentasi berupa perancangan atau implementasi perangkat lunak hasil dari Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa angkatan XII (2012) Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Pos Indonesia dibawah ini :

NoNPMNamaKelas

1212.....3..

telah kami terima dan produk PKL tersebut akan kami*:

pergunakan sepenuhnya;

pergunakan tetapi dengan modifikasi;

tidak dipergunakan, karena________________________________

________________________________________________________Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih.

___________________ 2015Pihak yang menerima,

Cap perusahaan

______________________

NIP.

DAFTAR PUSTAKA

[1] Agraini, Nidya, dkk. 2003. Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDK Politeknik POS Indonesia. Tugas Akhir tidak diterbitkan. Bandung : Politeknik Negeri Bandung.

[2] Fitri, Ilhamul, dkk. 2003. Perancangan Perangkat Lunak Sistem Inventarisasi Barang Di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (P3TMB) Bandung. Tugas Akhir tidak diterbitkan. Bandung : Politeknik Negeri Bandung.

[3] STIA LAN. 1999. Pedoman Penulisan Skripsi. Tanpa Penerbit.

[4] Universitas Negeri Malang, 2000. Penulisan Karya Ilmiah, Edisi ke-4, UM PRESSDaftar Nomor Induk Dosen (Dapat dijadikan acuan untuk penulisan nama dan gelar Pembimbing/Penguji).

No.Nama DosenNomor

1.Mubassiran, S.Si., M.T.NIP. 10576095

2.Sari Armiati, S.T., M.T.NIP. 450900035

3.Ari Yanuar Ridwan, S.T., M.T.NIP. 10578094

4.Maniah, S.Kom., M.T.NIK. 21267080

5.Yusril Helmi, S.T., M.T.NIK. 21274085

6.Shiyami Milwandhari, S.Kom., M.TNIK. 10984131

7.Supono, S.T., M.T.NIK. 10983133

8.Virdiandry P, S.T.NIK. 21386106

Contoh Label CD PKL

Isi file pada CD:Terdiri dari 2 (dua) folder :

1. Laporan PKL

2. Aplikasi

Untuk laporan PKL terdiri dari:

1. Pra BAB (cover, lembar pengesahan, halaman i mulai dari abstrak dst.)

2. BAB I-VI3. Daftar Pustaka4. Lampiran/Dokumen Tambahan

{Font ukuran 14,bold}

{ukuran logo proporsional}

1,5 cm

1,6 cm

Nomor halaman

1,5 cm

SISTEM INFORMASI RECEIVING BATCHING SENSUS EKONOMI 2015 DI BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI JAWA BARAT

Isi CD :

Nama NPM 1. Laporan PKL

2. Aplikasi

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

POLITEKNIK POS INDONESIA

BANDUNG

2015

PAGE 29