buku panduan pkl unair surabaya 2015

48
BUKU PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AIRLANGGA 2015

Upload: dedikinchinjunga

Post on 18-Jan-2016

163 views

Category:

Documents


34 download

DESCRIPTION

Berisi panduan dan format laporan PKL Unair 2015

TRANSCRIPT

BUKU PANDUANPRAKTEK KERJA LAPANGAN

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKATUNIVERSITAS AIRLANGGA

2015

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saya mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat rahmat dan hidayah Nya, telah tersusun Buku Panduan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa FKM Unair.

Buku panduan ini merupakan salah satu buku panduan pelaksanaan pendidikan yang sangat penting dalam menyelesaikan pendidikan di FKM Unair.

PKL ini dilaksanakan dengan maksud agar mahasiswa mengenal dan memahami masyarakat dan hubungannya dengan permasalahan-permasalahan kesehatan yang ada, instansi kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat, melakukan identifikasi masalah, diagnosis masalah, pengembangan program dan upaya pemecahan masalah kesehatan masyarakat.

Akhirnya saya mengucapkan selamat menjalani PKL semoga berhasil dengan baik.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surabaya, 5 Januari 2015Koordinator PKL

1

1. PENDAHULUANDalam upaya menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang profesional

dan siap kerja sesuai bidangnya di masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) telah merancang dan mengembangkan kurikulum kegiatan akademik lapangan dengan pendekatan Evidence Based Learning (EBL) yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa FKM. Kurikulum tersebut adalah mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Pada prinsipnya PKL adalah strategi pembelajaran atau bentuk pengajaran yang membelajarkan secara bersama-sama antara kemampuan psikomotorik (ketrampilan), pengertian (pengetahuan) dan afektif (sikap) yang dimiliki mahasiswa dengan menggunakan sarana laboratorium. Laboratorium yang dimaksud berupa komunitas atau masyarakat.

Kompetensi yang akan dicapai dari adanya kegiatan PKL ini adalah kompetensi 4 dan kompetensi 5 dari kompetensi SKM secara keseluruhan. Kompetensi 4 adalah Pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kegiatan dukungan sosial (kemitraan) serta advokasi dibidang kesehatan masyarakat untuk meningkatkan jejaring dan aksesibilitas pelayanan kesehatan masyarakat. Sedangkan kompetensi 5 adalah Pengkajian status kesehatan masyarakat berdasarkan data, informasi dan indikator kesehatan (evidence based) untuk pengambilan keputusan dalam menyelesaikan masalah di bidang kesehatan masyarakat.

Dengan PKL diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan semua pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya selama perkuliahan sehingga mampu mengintegrasikannya untuk diterapkan di masyarakat.

1.1. Definisi dan Dasar Praktek Kerja Lapangan (PKL)PKL merupakan proses belajar mengajar di luar kampus dengan tujuan memberi

pengalaman kepada mahasiswa untuk mengenal dan memahami masyarakat, masalah-masalah kesehatan di masyarakat maupun institusi pelayanan kesehatan.

1.2. Keterkaitan PKL dengan Kurikulum dan Tujuan Pendidikan di FKMPKL sebagai aplikasi dari semua teori perkuliahan di FKM Unair dapat dijelaskan

sebagai berikut : 1. Memahami perilaku, norma, nilai di masyarakat, dan mampu melakukan komunikasi

dengan masyarakat.2. Memahami dan dapat menggambarkan masalah kesehatan masyarakat secara

komprehensif.3. Memahami tentang gambaran, struktur organisasi, dan kinerja institusi pelayanan

kesehatan.4. Memahami tentang proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data menjadi informasi

yang baik, sekaligus menyediakan data dan informasi tersebut untuk digunakan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.

1.3. Beban Studi PKLPKL di FKM Unair dilaksanakan 2 (dua) kali, yaitu PKL 1 (3 SKS) dan PKL 2 (2

SKS). PKL tersebut merupakan PKL series. Dalam pelaksanaannya, PKL 1 dan 2 dilakukan

2

di akhir semester VI untuk mahasiswa dari jalur SMA, dan pelaksanaan PKL 1 dan 2 dilakukan di akhir semester V untuk mahasiswa dari kelas alih jenis.

1.4. Sasaran PKLSasaran PKL adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakatsemester VI yang

berasal dari jalur SMA, dan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat akhir semester V untuk yang berasal dari kelas alih jenis. Sedangkan untuk sasaran kegiatan PKL itu sendiri adalah masyarakat dan beberapa institusi pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di tingkat masyarakat.

2. TUJUAN DAN TAHAPAN PELAKSANAAN PKLTujuan UmumMahasiswa setelah mengikuti kegiatan PKL diharapkan mampu merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi program kesehatan di masyarakat.

Tujuan Khusus1. Mahasiswa mengenal karakteristik masyarakat, masalah kesehatan masyarakat, dan

sistem pelayanan kesehatan.2. Mahasiswa dapat melaksanakan identifikasi masalah kesehatan dan mengetahui penyebab

terjadinya masalah tersebut di masyarakat.3. Mahasiswa dapat melakukan intervensi masalah kesmas berdasarkan hasil kegiatan PKL

1.4. Mahasiswa dapat mengaplikasikan kemampuan soft skill selama kegiatan PKL.

Secara lebih detail dan spesifik untuk masing-masing PKL, berikut adalah tujuan dan tahapannya :2.1. Praktek Kerja Lapangan 1

PKL 1 mempunyai beberapa tahapan yang meliputi pengenalan mahasiswa pada masyarakat, dan keadaan kesehatan masyarakat. Pada tahap ini mahasiswa melakukan identifikasi masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat sampai dengan determinan penyebab masalah. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan kepada institusi yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Tujuan dan tahapan pada pelaksanaan PKL 1 sebagai berikut: 1. Pengenalan Masyarakat dan masalah Kesehatan Masyarakat, berupa:

1.1. Survei masyarakat:1.1.1. Tujuan Umum:

Agar mahasiswa mengenal karakteristik masyarakat dan masalah kesehatan masyarakat

1.1.2 Tujuan Khusus:1. Mampu berkomunikasi dengan masyarakat.2. Mampu memahami dan menggambarkan struktur masyarakat.3. Mampu memahami dan menggambarkan struktur organisasi

masyarakat.

3

4. Mampu memahami nilai-nilai, norma, dan perilaku masyarakat terutama berkaitan dengan masalah kesehatan masyarakat.

5. Mampu memahami dan menggambarkan masalah kesehatan di masyarakat.

6. Mampu mengidentifikasi dan menggambarkan keadaan lingkungan fisik, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat dalam rangka terkait dengan masalah kesehatan masyarakat.

2. Pengenalan Institusi yang Berhubungan dengan Kesehatan Masyarakat, diantaranya adalah:2.1. Tujuan Umum:

Agar mahasiswa mengenal dan memahami institusi kesehatan lain yang berhubungan dengan Kesehatan Masyarakat dan institusi kesehatan lain yang dirasakan perlu.

2.2. Tujuan Khusus:1. Mempelajari struktur organisasi institusi kesehatan dan institusi yang

berhubungan dengan kesehatan masyarakat.2. Memahami daerah kerja institusi kesehatan dan institusi yang berhubungan

dengan kesehatan masyarakat.3. Memahami tugas pokok dan fungsi institusi kesehatan dan institusi yang

berhubungan dengan kesehatan masyarakat.4. Memahami program kesehatan dan prioritasnya pada institusi kesehatan dan

institusi yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.5. Memahami keterkaitan antara institusi kesehatan dan institusi yang berhubungan

dengan kesehatan masyarakat, dan dengan organisasi masyarakat lainnya.2.2. Praktek Kerja Lapangan II

Kegiatan PKL II mempunyai tahapan yang meliputi penyusunan prioritas masalah dan rencana intervensi termasuk pengembangan program kesehatan sebagai upaya pemecahan masalah.

Tujuan dan Tahapan pada pelaksanaan PKL II sebagai berikut: 1. Pengembangan Program:

1.1. Tujuan Umum:Mahasiswa dapat melaksanakan pemilihan beberapa prioritas pemecahan masalah yang selanjutnya digunakan sebagai upaya pengembangan program pemecahan masalah kesehatan di masyarakat.

1.2. Tujuan Khusus:1. Mampu mengaplikasikan beberapa metode pemilihan prioritas masalah.2. Mampu mencari alternatif pemecahan masalah.3. Mampu berupaya untuk melaksanakan perencanaan program (pelaksanaan

kegiatan).2. Upaya Pemecahan Masalah:

2.1. Tujuan Umum:Mahasiswa dapat melaksanakan upaya pemecahan terhadap masalah kesehatan masyarakat yang sedang terjadi di masyarakat dan memahami teknik dalam pengambilan keputusan.

4

PKL 2Determinan

Penyebab Masalah

Alternatif Pemecahan Masalah

Pemecahan Masalah

Intervensi langsung

Audiensi/advokasi

PKL 1

Diagnosis Masyarakat

Masalah

Penyebab Masalah

Determinan Penyebab Masalah

2.2. Tujuan Khusus:1. Mampu mengaplikasikan upaya pemecahan masalah kesehatan di masyarakat.2. Mampu mencari alternatif pemecahan masalah.3. Mampu melaksanakan pengambilan keputusan.4. Mampu melakukan intervensi masalah kesehatan masyarakat.

3. Tempat Pelaksanaan PKLTempat pelaksanaan PKL 1 dan 2 FKM Unair berada di wilayah kerja Puskesmas

Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya.

4. METODE PELAKSANAAN PKL

Gambar Alur Kegiatan PKL 1 dan 2 di Kota Surabaya

4.1. PKL 1Untuk PKL 1 dilaksanakan bagi mahasiswa semester VI Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yang merupakan tahap penting dalam pengenalan tentang masyarakat, masalah kesehatan masyarakat, dan beberapa institusi yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Secara garis besar hasil akhir yang akan didapat mahasiswa antara lain adalah mahasiswa akan mendapatkan gambaran secara detail dan rinci mengenai suatu komunitas, baik berupa gambaran fisik maupun non fisik, seperti gambaran potensi dari suatu komunitas. Setelah mendapatkan gambaran tersebut mahasiswa mencoba untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan kesehatan masyarakat yang ada sampai dengan penyebab dan

5

determinan penyebab masalahnya. Tahapan aktivitas diatas dijelaskan di bawah ini sebagai berikut:1. Penetapan tempat PKL 1 melalui diskusi dengan pimpinan Fakultas Kesehatan

Masyarakat Universitas Airlangga dan tim PKL, karena lokasi lapangan pelaksanaan dari PKL 1 akan ditindaklanjuti pada PKL 2 yang dilakukan oleh mahasiswa semester VII Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

2. Audiensi dan pengurusan izin PKL 1, baik ke masyarakat maupun ke beberapa institusi yang terkait dengn pelaksanaan PKL.

3. Pelaksanaan pembekalan PKL oleh koordinator PKL. 4. Pelaksanaan kegiatan PKL 1, meliputi pengumpulan data di masyarakat dan kunjungan ke

institusi yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.5. Penyusunan laporan PKL 1 berdasarkan hasil pengumpulan data dan kunjungan ke

institusi.6. Seminar hasil pengumpulan data di masyarakat.7. Perbaikan laporan, baik laporan pengumpulan data di masyarakat maupun hasil

kunjungan ke institusi.8. Evaluasi akhir terhadap hasil kegiatan PKL 1 yang dilaksanakan oleh koordinator PKL .9. Laporan pelaksanaan PKL 1.

4.2. PKL 2Pelaksanaan PKL 2 ini merupakan tindak lanjut dari PKL 1, dengan lokasi lapangan PKL 2 sama dengan PKL. Hasil dari kegiatan PKL 1 akan dijadikan landasan bagi mahasiswa untuk mengidentifikasi alternatif pemecahan masalah kesehatan masyarakat sekaligus mahasiswa diharapkan dapat merekomendasikan langkah problem solving yang memungkinkan untuk dilaksanakan. Sehingga diharapkan dampak dari adanya kegiatan PKL ini masyarakat yang dijadikan tempat untuk PKL derajad kesehatan masyarakatnya mengalami perubahan menjadi lebih baik. Prosedur tersebut dijelaskan di bawah ini sebagai berikut :1. Pengurusan izin dan audiensi lokasi PKL 2 berdasarkan lokasi PKL 1 sebelumnya, baik

ke masyarakat maupun institusi yang berkaitan dengan kegiatan PKL. 2. Pelaksanaan kegiatan PKL 2, meliputi verifikasi ulang data dan informasi PKL 1,

pengembangan program, dan upaya pemecahan masalah.3. Penyusunan laporan PKL 2 berdasarkan hasil pengumpulan data, diagnosis masalah

kesehatan di masyarakat, dan persiapan intervensi.4. Seminar hasil diagnosis masalah kesehatan di masyarakat dan persiapan intervensi.5. Intervensi pengembangan program dan upaya pemecahan masalah kesehatan di

masyarakat.6. Penyusunan dan perbaikan laporan hasil kegiatan. Untuk laporan hasil pengambilan data

dan hasil intervensi dirangkum menjadi 1 (satu).7. Laporan akhir pelaksanaan PKL 2.8. Evaluasi akhir terhadap hasil kegiatan PKL 2.

Semua kegiatan PKL 1 dan 2 ini, meskipun merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa namun mahasiswa tetap harus melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan penting dalam suatu komunitas.

6

Setiap akhir dari kegiatan PKL 1 dan 2, nantinya akan dipresentasikan di tingkat kelurahan, yang akan dihadiri oleh berbagai macam unsur yang ada di suatu wilayah komunitas, antara lain Muspida setempat, pihak Puskesmas, ataupun kader posyandu yang ada di suatu komunitas tersebut.

5. PEMBIMBING KELOMPOKPembimbing kelompok kegiatan PKL adalah staf pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Airlangga yang telah ditentukan dan ditunjuk sebagai pembimbing kelompok. Pembimbing kelompok mempunyai tugas sebagai berikut:1. Membimbing dan menyusun proposal dan laporan akhir PKL.2. Mengarahkan mahasiswa agar PKL dapat terlaksana sesuai dengan tujuan PKL,

membimbing diskusi dan konsultasi, dan melakukan pemantauan dan supervisi lapangan.3. Melatih mahasiswa agar berdisiplin selama kegiatan di lapangan.4. Melakukan koordinasi dengan institusi di lapangan seperti: kepala desa/kelurahan, kepala

puskesmas, dan masyarakat.5. Sebagai nara sumber pada waktu pelaksanaan responsi atau seminar proposal dan seminar

hasil PKL.6. Menilai kemampuan mahasiswa dalam kelompok yang dibimbing.

6. TATA TERTIB PELAKSANAAN PKL Selama kegiatan PKL mahasiswa wajib mematuhi tata tertib PKL sebagai berikut:

1. Hadir dan mengisi daftar presensi PKL untuk setiap kegiatan, misalnya pembekalan, seminar proposal, pengambilan data di masyarakat, seminar hasil, intervensi program (PKL 2), dan kunjungan ke institusi (PKL 1).

2. Berpakaian rapi dan sopan bagi seluruh mahasiswa selama mengikuti PKL, termasuk saat pengambilan data di masyarakat, pelaksanaan intervensi, dan kunjungan ke institusi.

3. Secara aktif melakukan pertemuan untuk bimbingan dan konsultasi dengan para pembimbing kelompok PKL yang dijadualkan sendiri oleh mahasiswa dengan persetujuan pembimbing kelompok yang bersangkutan.

4. Menyusun laporan hasil kegiatan PKL.5. Menyelenggarakan seminar proposal PKL dan seminar hasil PKL.6. Mengumpulkan laporan hasil kegiatan seluruh PKL ke masing-masing koordinator PKL,

baik PKL 1 maupun PKL 2.Bagi mahasiswa yang karena sesuatu hal tidak dapat mengikuti masa PKL, baik PKL 1 maupun PKL 2 yang sepenuhnya (absen) diwajibkan untuk membuat surat izin yang ditujukan kepada koordinator PKL, dengan menyebutkan alasan ketidakhadiran dilengkapi dengan dokumen penguat atau bukti alasan, dan wajib mengganti kegiatan PKL pada masa yang telah ditetapkan pada tahun berikutnya.

7. PENGELOLAAN PROGRAM PKL Secara terstruktur pengelolaan kegiatan PKL ini berada di bawah Wakil Dekan I

dengan pelaksana oleh Koordinator PKL, dan Dekan sebagai penanggung jawab.

Hal tersebut di atas dapat digambarkan pada bagan di bawah ini:

7

Dekan

Wakil Dekan I

Koordinator PKL

Dosen Pembimbing PKLStafPengajar di masing-

masingDepartemen

8. BIAYA PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL 1 dan PKL 2)Semua biaya untuk pelaksanaan PKL dibebankan kepada anggaran yang telah

ditetapkan oleh Universitas Airlangga. Komponen biaya PKL digunakan untuk administrasi; transportasi pembimbing lapangan, pembimbing atau supervisor institusi, dan wakil desa/ kelurahan, biaya pembimbingan, baik untuk pembimbing kelompok, pembimbing atau supervisor institusi, dan pembimbing lapangan, dan termasuk institutional fee pada institusi yang dikunjungi.

10. WAKTU PELAKSANAAN PKLWaktu pelaksanaan PKL 1 dan 2 dilakukan pada akhir semester V sampai dengan

awal semester VI(Januari-Maret 2015). Total waktu pelaksanaan PKL 1 dan 2 akan memakan waktu di lapangan sampai dengan 5 minggu, dengan rincian sebagai berikut :PKL 1

No. KegiatanMinggu1 2 3 4 5

1. Pemberkalan dan penerjunan2. Perkenalan dengan perangkat desa3. Pengambilan data sekunder4. Pengambilan data primer5. Analisis6. Seminar hasil

PKL 2

No. KegiatanMinggu1 2 3 4 5

1. FGD untuk penentuan intervensi2. Intervensi3. Analisis4. Seminar hasil

11. TATA TERTIB PELAKSANAAN PKL

Selama kegiatan PKL mahasiswa wajib mematuhi tata tertib PKL sebagai berikut:

8

1. Hadir dan mengisi daftar presensi PKL untuk setiap kegiatan, misalnya pembekalan,

seminar proposal, pengambilan data di masyarakat, seminar hasil, intervensi program.

2. Berpakaian rapi dan sopan bagi seluruh mahasiswa selama mengikuti PKL, termasuk saat

pengambilan data di masyarakat, pelaksanaan intervensi, dan kunjungan ke institusi.

3. Secara aktif melakukan pertemuan untuk bimbingan dan konsultasi dengan para

pembimbing kelompok PKL yang dijadualkan sendiri oleh mahasiswa dengan persetujuan

pembimbing kelompok yang bersangkutan.

4. Menyusun laporan hasil kegiatan PKL.

5. Menyelenggarakan seminar hasil PKL.

6. Mengumpulkan laporan hasil kegiatan seluruh PKL ke koordinator PKL, baik PKL 1

maupun PKL 2.

Bagi mahasiswa yang karena sesuatu hal tidak dapat mengikuti masa PKL, baik PKL 1

maupun PKL 2 yang sepenuhmya (absen) diwajibkan untuk membuat surat izin yang

ditujukan kepada koordinator PKL, dengan menyebutkan alasan ketidakhadiran dilengkapi

dengan dokumen penguat atau bukti alasan, dan wajib mengganti kegiatan PKL pada masa

yang telah ditetapkan pada tahun berikutnya.

11.PENILAIAN KEGIATAN PKL

Selama pelaksanaan PKL, dilakukan pemantauan dan supervisi oleh pembimbing.

Terdapat beberapa aspek yang dinilai dalam PKL meliputi (untuk lebih detail bisa dilihat di

lampiran file yang ada di luar file ini) :

1. Kehadiran saat pembekalan.

2. Persiapan lapangan: identifikasi masalah, penyusunan proposal.

3. Seminar proposal.

4. Pengumpulan data di lapangan.

5. Seminar hasil PKL 1 dan seminar hasil dan rencana intervensi PKL 2.

6. Hasil intervensi program PKL 2.

7. Evaluasi akhir.

Bobot penilaian adalah berdasarkan nilai sebagai berikut:75 – 100 A 4,070 – 74,9 AB 3,565 – 69,9 B 3,060 – 64,9 BC 2,555 – 59,9 C 2,040 – 49,9 D 1,0< 40 E 0

9

12. LAPORAN PKLLaporan hasil kegiatan di lapangan digandakan sebanyak 7 (tujuh) rangkap, yang akan

diserahkan masing-masing 1 (satu) bendel kepada:1. Kecamatan lokasi PKL.2. Kelurahan lokasi PKL.3. Puskesmas lokasi PKL.4. Dinas Kesehatan Kota Surabaya.5. Ruang Baca Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.6. Arsip dosen pembimbing lapangan masing-masing kelompok.7. Arsip koordinator PKL.

14.PERSONIL PKL

1. Koordinator:a. Hario Megatsari, S.K.M., M.Kes.b. Nuzulul Kusuma Putri, S.K.M., M.Kes.c. Riris Diana R., S.K.M., M.Kes.

2. Dosen Pembimbing PKL:a. Oedojo Soedirham, dr., M.PH., M.A., Ph.D.b. Dr. Annis Catur Adi, Ir., M.Si.c. Indriati Paskarini, SH., M.Kes.d. Ratna Dwi Wulandari, S.K.M., M.Kes.e. Maya Sari Dewi, S.K.M., M.Kes.f. Pulung Siswantara, S.K.M., M.Kes.g. Yuly Sulistyorini, SKM., M.Kesh. Kurnia Dwi Artanti, dr., M.Kes.i. Kusuma Scorpia L., dr., M.Kesj. Tito Yustiawan, drg., M.Kes.

15. LAIN-LAIN

Hal-hal yang belum diatur dalam buku panduan ini akan diinformasikan secepatnya melalui Koordinator PKL kepada mahasiswa maupun dosen pembimbing kelompok.

LAMPIRAN 1

10

INSTRUMEN PENGAMBILAN DATA PRAKTEK KERJA LAPANGAN 1FKM – UNAIR

No. Variabel Penjelasan Jenis DataI CIRI-CIRI GEOGRAFIS KOMUNITAS1 Iklim Kumpulan gejala cuaca, curah

hujan dan angin pada suatu tempatSekunder

2 Lokasi Letak suatu daerah berdasarkan jarak dari pusat pemerintahan kecamatan, kabupaten dan propinsiPerbatasan wilayah administrasi dari sebuah lokasi (peta)

Sekunder

3 Jenis Permukaan Bentuk topografi dari permukaan tanah dari suatu tempat

Sekunder

II KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS1 Total Populasi Jumlah penduduk seluruhnya satu

tahun terakhir, menurut data yang tercatat di administrasi Desa (melihat buku register Desa)

Sekunder

2 Distribusi penduduk menurut sex, umur, pekerjaan, agama, suku dan ras

Jumlah penduduk (angka absolut dan relatif) menurut karakteristik:

1. Jenis kelamin: laki-laki dan perempuan

2. Umur: sesuai pengelompokkan umur yang ada pada data Desa (register/KSK)

3. Pekerjaan: sesuai pengelompokkan jenis pekerjaan yang ada pada data Desa

4. Agama: sudah jelas

5. Suku: sesuai suku yang ada di Indonesia, a.l. Jawa, Madura dll

6. Ras: berdasarkan suku bangsa a.l. Arab, Cina, India, dll

Primer

3 Status perkawinan - Distribusi penduduk yang menikah dan tidak menikah (belum menikah, janda, duda). WUS, PUS

- Jumlah kejadian perkawinan satu tahun terakhir, distribusi usia perkawinan, menurut data terakhir yang tercatat di administrasi Desa

Sekunder

4 Angka migrasi Jumlah penduduk (angka absolut dan relatif) yang melakukan:

1. Migrasi masuk ke desa tersebut dalam satu tahun terakhir per

Sekunder

11

No. Variabel Penjelasan Jenis Data

1000 penduduk

2. Migrasi keluar ke desa tersebut dalam satu tahun terakhir per 1000 penduduk

5 Pola migrasi Pola migrasi dari desa tersebut ke desa lain, dari desa tersebut ke kecamatan/kabupaten/kota atau ke kota lain

Primer

6 Keberadaan kelompok sosial

Keberadaan kelompok atau perkumpulan sosial kemasyarakatan, jumlah dan jenisnya.

Sekunder

7 Angka ketergantungan Jumlah penduduk berumur <15 tahun ditambah penduduk berumur >60 tahun dibagi penduduk umur 15-60 tahun yang ada di desa tersebut x 100%

Sekunder

8 Karakteristik keluarga Menyatakan tipe keluaraga yang ada di desa tersebut (keluarga inti (nuclear family), keluarga batih (extended family))

Primer

9 Tingkat pendidikan Persentase penduduk menurut tingkat pendidikan formal terakhir yang ditamatkan

Sekunder

10 Angka pendapatan dan kemiskinan

Tingkat pendapatan rata-rata masyarakat desa (per hari/minggu/bulan/tahun/musim).

Persentase penduduk menurut kategori keluarga sejahtera dari BKKBN atau menurut kategori keluarga miskin dari BPS

Primer

III PERDAGANGAN DAN BISNIS KOMUNITAS1 Pertanian Jenis, bentuk dan luas atau jumlah

kegiatan manusia yang dilakukan untuk membudidayakan flora dan fauna (monografi desa, luas daerah pertanian dan jumlah serta jenis hewan)

Sekunder

2 Industri dan ekonomi lokal Segala bentuk industri dan perusahaaan serta kegiatan ekonomi dari warga yang berada dalam lingkungan geografis kelurahan sasaran

Sekunder

3 Tipe transportasi Sarana yang digunakan untuk memindahkan barang maupun orang dari suatu tempat ke tempat tertentu

Primer

Moda transportasi (barang, manusia, individu dan masal)

Bentuk dan jumlah sarana transportasi berdasarkan benda yang diangkut

Primer

4 Infrastruktur transportasi Jenis dan panjang jalan dalam suatu wilayah, berdasarkan

Sekunder

12

No. Variabel Penjelasan Jenis Datapemanfaatan

IV SARANA DAN PRASARANA KOMUNITAS1 Jumlah sekolah (formal

dan informal)Jenis dan jumlah institusi yang memberikan pelayanan pendidikan baik berupa pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, institusi resmi, swasta maupun perorangan

Sekunder

2 Sarana rekreasi Pelayanan jasa yang digunakan oleh masyarakat untuk menghabiskan waktu luang mereka

Primer

3 MCK, SPAL Sarana yang digunakan untuk kegiatan mandi, mencuci dan buang air besar maupun kecil secara bersama-sama

Primer

4 Sumber air Sarana yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka sehari-hari

Primer

V KARAKTERISTIK SOSIAL, BUDAYA DAN POLITIK1 Struktur pemerintah lokal Gambaran posisi dan peran

anggota masyarakat yang merupakan pengelola masyarakat dan biasanya digambarkan dalam diagram.Gambaran ini ada yanbg bersifat formal maupun informal

Primer

2 Struktur Pemerintahan Lokal

Gambaran posisi dan peran anggota masyarakat yang merupakan pengelola masyarakat dan biasanya digambarkan dalam diagram.Gambaran ini ada yanbg bersifat formal maupun informal

Primer

3 Struktur formal Gambaran posisi dan peran pengelola masyarakat yang didasarkan pada aturan formal

Primer

4 Struktur informal Gambaran posisi dan peran pengelola pemerintahan yang didasarkan pada aturan tidak tertulis masyarakat

Primer

5 Sistem Pendidikan Rangkaian konsep dan/atau institusi yang mengelola peningkatan pengetahuan dan ketrampilan anggota masyarakat

Primer

6 Sistem Pendidikan Formal Pemerintah

Rangkaian konsep dan/atau institusi yang mengelola peningkatan pengetahuan dan ketrampilan anggota masyarakat yang diselenggarakan oleh dan didasarkan pada aturan pemerintah

Primer

7 Sistem Pendidikan Formal Rangkaian konsep dan/atau Primer

13

No. Variabel Penjelasan Jenis Datanon-pemerintah institusi yang mengelola

peningkatan pengetahuan dan ketrampilan anggota masyarakat yang diselenggarakan oleh institusi non-pemerintah

8 Sistem Pendidikan non-formal pemerintah

Rangkaian konsep dan/atau institusi yang mengelola peningkatan pengetahuan dan ketrampilan vokasional anggota masyarakat yang diselenggarakan oleh dan didasarkan pada aturan pemerintah

Primer

9 Norma Berbagai aturan yang tidak tertulis yang menjadi kesepakatan dan dipatuhi oleh anggota masyarakat yang mengatur perilaku

Primer

10 Nilai Pandangan masyarakat terhadap sesuatu yang dianggap berharga. Nilai ini menentukan sistem nilai yang ada di masyarakatMisal ‘keperawanan’ mempunyai nilai yang tinggi;‘penguasaan agama’ mempunyai nilai yang tinggi di masyarakat agamis

Primer

11 Sistem Nilai Rangkaian pandangan masyarakat terhadap sesuatu ynag dianggap berharga. Sistem nilai ini menentukan bagaimana anggota masyarakat harus berperilaku berkaitan dengan mempertahankan sesuatau y ang berharga tersebutMisal bagaimana berupaya mempertahankan ‘keperawanan’ karena mempunyai nilai yang tinggi

Primer

12 Adat kebiasaan Serangkaian kegiatan yang dilakukan yang bersumber dari generasi sebelumnya.

Primer

VI STATISTIK VITAL1 Live birth rate Jumlah bayi yang lahir hidup

dibagi dengan jumlah kelahiran seluruhnya (lahir mati dan hidup) di desa tersebut dalam satu tahun x 100%

Primer

2 Fetal mortality rate Jumlah kematian janin (bayi yang masih di dalam kandungan) dibagi jumlah seluruh kelahiran hidup di desa tersebut dalam satu tahun x 100%

Primer

3 Infant Mortality rate Jumlah bayi (umur <1 tahun) yang meninggal dibagi jumlah seluruh kelahiran hidup di desa tersebut

Primer

14

No. Variabel Penjelasan Jenis Datadalam satu tahun x 100%

4 Neonatal death rate Jumlah bayi usia <1 bulan yang meninggal dibagi jumlah seluruh kelahiran hidup di desa tersebut dalam satu tahun x 100%

Primer

5 Crude Death rate Jumlah seluruh kematian dibagi jumlah penduduk di desa tersebut dalam satu tahun x 100%

Primer

6 Specific Death Rate based on age and cause of death

Persentase kematian menurut kelompok umur dan penyebab kematian

Primer

7 Maternal mortality rate Jumlah ibu yang meninggal karena kehamilan, persalinan dan nifas dibagi jumlah seluruh kelahiran hidup di desa tersebut dalam satu tahun x 100%

Primer

8 Crude Birth rate Jumlah seluruh kelahiran hidup dibagi jumlah penduduk di desa tersebut dalam satu tahun x 100%

Primer

VII ANGKA MORBIDITAS1 Penyakit infeksi Penyakit menular atau penyakit

infeksiadalah sebuah penyakityang disebabkan oleh sebuah agen biologi (seperti virus, bakteria atau parasit), bukan disebabkan faktor fisik (seperti luka bakar) atau kimia (seperti keracunan).

Sekunder

2 Penyakit noninfeksi dan kronis

Non infeksi : Penyakit yang tidak disebabkan oleh kuman, tetapi disebabkan karena adanya problem fisiologis atau metabolisme pada jaringan tubuh manusia. Penyakit-penyakit tersebut contohnya : penyakit degeneratifKronis : Penyakit yang berlangsung sangat lama. Beberapa penyakit kronis yang sering menyebabkan kematian kepada si penderitanya antara lain: AIDS, Serangan jantung, Kanker

Sekunder

3 Penyakit Akibat Kerja Penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan, alat kerja, bahan, proses maupun lingkungan kerja.WHO membedakan empat kategori Penyakit Akibat Kerja :1. Penyakit yang hanya disebabkan oleh pekerjaan, misalnya Pneumoconiosis.2. Penyakit yang salah satu penyebabnya adalah pekerjaan, misalnya Karsinoma Bronkhogenik.

Sekunder

15

No. Variabel Penjelasan Jenis Data3. Penyakit dengan pekerjaan merupakan salah satu penyebab di antara faktor-faktor penyebab lainnya, misalnya Bronkhitis khronis.4. Penyakit dimana pekerjaan memperberat suatu kondisi yang sudah ada sebelumnya, misalnya asma.

4 Angka cakupan imunisasi Jumlah bayi yang mendapatkan imunisasi dasar lengkap (BCG, Polio, DPT, hepatitis B, campak) dibagi jumlah bayi yang ada di desa setempat

Sekunder

5 K1 dan K4 K1 : Cakupan ibu hamil yang mendapatkan pelayanan antenatal sesuai standar yang pertama kali pada masa kehamilan trimester I di satu wilayah kerja pada kurun waktu tertentuK-4 : cakupan Ibu hamil yang telah memperoleh pelayanan antenatal sesuai dengan standar paling sedikit 4 kali pada trimester III di satu wilayah kerja pada kurun waktu tertentu.

Sekunder

N1 kunjungan neonatal pada minggu pertama (0-7 hari)

N2 kunjungan neonatal pada usia 8-28 hari

VIII FAKTOR RESIKO1 Perilaku Respons individu terhadap suatu

rangsangan.Respons ini terdiri dari 3 komponen yaitu (1) respons yang bersifat kognitif atau disebut sebagai ‘pengetahuan’; (2) respons yang bersifat afektif atau disebut sebagai ‘sikap’; dan (3) respons yang bersifat motorik atau yang disebut sebagai ‘praktek’ atau ‘tindakan’

Primer

2 Pengetahuan Komponen kognitif dari perilaku sebagai hasil dari penginderaan rangsangan. Diukur melalui apa yang seseorang ketahui tentang sesuatu hal

Primer

3 Sikap Komponen afektif emosional dari perilaku.Diukur dari kecenderungan emosi (senang – tidak senang; setuju – tidak setuju) terhadap sesuatu.Ada 3 tingkatan dari sikap:

Primer

16

No. Variabel Penjelasan Jenis Data1. Kepercayaan bahwa perilaku tersebut bermanfaat atau tidak bermanfaat;2. Perasaan emosi terhadap perilaku yang akan dilakukan3. Kecenderungan untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan

4 Tindakan Komponen motorik dari perilaku. Komponen ini merupakan sesuatu yang dilakukan oleh individu sebagai respons dari stimulus

Primer

X SISTEM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT KOMUNITAS1 SDM Formal adalah orang yang mempunyai

keahlian di bidang kesehatan dan diakui secara hukum yang berlaku di RI

Primer

2 SDM Informal adalah orang yang mempunyai keahlian di bidang kesehatan yang tidak mempunyai bentuk legalitas secara resmi dari Pemerintah (pusat, provinsi maupun daerah) namun oleh masyarakat tetap dipercaya di bidang kesehatan

Primer

3 Jenis yankes formal Puskemas ; temukan data mengenai : jumlah, struktur organisasi, program

Pustu, posyandu, polindes, bidan di desa, BPS, RSIA, DPS (dokter praktek swasta), poskesdes ; temukan data mengenai : jumlah, struktur organisasi

Primer

4 Jenis yankes informal Jenis pelayanan kesehatan yang tidak dilindungi oleh aturan-aturan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia

Primer

5 Jenis yankes sukarela layanan kesehatan yang tersedia di tingkat desa atau sekitar desa dimana masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengaksesnya, temukan data mengenai : jumlah, struktur organisasi

Primer

6 Program pemerintah di bidang kesehatan di desa

segala aktivitas atau kegiatan yang di koordinasikan oleh desa dari pemerintah pusat/provinsi/kabupaten yang berhubungan dengan kesehatan, temukan data mengenai : deskripsi, jumlah, struktur organisasi, contoh : KRR,

Primer

17

No. Variabel Penjelasan Jenis Dataposyandu lansia, jamkesda, jamkesmas, desa siaga,

7 Sistem rujukan suatu tatanan kesehatan yang memungkinkan terjadinya penyerahan tanggung jawab secara timbal balik atas timbulnya masalah dari suatu kasus atau masalah kesehatan masyarakat, baik secara vertikal maupun horizontal, kepada yang berwenang dan dilakukan secara rasional.

Primer

XI SISTEM BANTUAN SOSIAL KOMUNITAS1 Partisipasi pada program

pemerintah di bidang kesehatan

tingkat keikutsertaan masyarakat pada program pemerintah, cara pengukuran disesuaikan dengan program pemerintah, misal posyandu, parameternya menggunakan D/S, data sekunder : laporan dari posyandu, atau apapun

Primer

2 Asuransi sosial masyarakat lokal

suatu sistem yang berkembang di masyarakat untuk dapat membantu anggota masyarakat yang sedang bermasalah dengan kesehatannya, sistemnya dilihat, data primer

Primer

3 Program yang dikembangkan masyarakat lokal di bidang kesehatan

segala aktivitas atau kegiatan yang di kembangkan oleh elemen-elemen yang ada di desa yang berhubungan dengan kesehatan, temukan data mengenai : deskripsi, jumlah, struktur organisasi

Primer

Kesimpulan dari informasi yang didapatkan kemudian dibuat analisis SWOT.

18

LAMPIRAN 2DAFTAR PRESENSI MAHASISWA PKL

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AIRLANGGA

HARI/TGL : ........................................... KECAMATAN: ……………………

KELOMPOK : ………………………..... KAB/KOTA :……………………..

RT/RW :………………………......

NO. NIM NAMA TANDA TANGAN

1. 1

2. 2

3. 3

4. 4

5. 5

6. 6

7. 7

8. 8

9. 9

10. 10

11. 11

12. 12

13. 13

14. 14

15. 15

............................................, ............................................Dosen Pembimbing

(................................................................)

19

LAMPIRAN 3

Departemen Pendidikan NasionalUniversitas Airlangga

LAPORAN PKL 1

Oleh :

KELOMPOK……… (ANGKA ROMAWI)

RT/RW : ………………………………………Kelurahan :............................................................Kecamatan : .............................................................Kota : Surabaya

Fakultas Kesehatan MasyarakatUniversitas Airlangga

Surabaya2015

20

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN

PRAKTEK KERJA LAPANGAN 1FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS AIRLANGGADI RT/RW.......KELURAHAN ......KECAMATAN........

KOTA SURABAYA

Nama Mahasiswa NIM1. ………………………………… …………………………………2. ………………………………… …………………………………3. ………………………………… …………………………………

............., ………………………………Lurah................ Dosen Pembimbing

………………………………… …………………………………NIP. (kalau ada) NIP.

MengetahuiKoordinator PKL FKM Unair

Hario Megatsari, SKM., M.KesNIP. 19820912 200801 1006

21

Isi Laporan :

SAMPULHALAMAN PENGESAHANDAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN- Latar Belakang Masalah- Rumusan Masalah- Tujuan PKL 1

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKABerisi teori landasan memilih prioritas masalah dan rencana strategi intervensi berdasarkan data yang diperoleh

BAB 3 REALISASI KEGIATAN- Prosedur kerja dan proses pelaksanaan kegiatan selama PKL 1- Hasil kegiatan berupa data dan informasi yang diperoleh selama PKL 1

BAB 4 PEMBAHASAN

Berisi bahasan hasil kegiatan dengan kajian teoritis, dan dilengkapi dengan kenyataan yang ditemui di lapangan

BAB 5 RENCANA INTERVENSI

Rencana intervensi masalah kesehatan yang akan dilaksanakan pada PKL 2 mendatang, berdasarkan hasil PKL 1

BAB 6 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Kesimpulan dan rekomendasi hasil kegiatan PKL 1

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

- RINGKASAN KEGIATAN dalam bentuk tabel- DAFTAR HADIR MAHASISWA- DAFTAR SPONSOR (bila ada)- FOTO – FOTO

22

Departemen Pendidikan NasionalUniversitas Airlangga

LAPORAN PKL 2

Oleh :

KELOMPOK……… (ANGKA ROMAWI)

RT/RW : ………………………………………Kelurahan :............................................................Kecamatan : .............................................................Kota : Surabaya

Fakultas Kesehatan MasyarakatUniversitas Airlangga

Surabaya2015

23

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN

PRAKTEK KERJA LAPANGAN 2FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS AIRLANGGADI RT/RW.......KELURAHAN ......KECAMATAN........

KOTA SURABAYA

Nama Mahasiswa NIM1. ………………………………… …………………………………2. ………………………………… …………………………………3. ………………………………… …………………………………

............., ………………………………Lurah ......... Dosen Pembimbing

………………………………… …………………………………NIP. (kalau ada) NIP.

MengetahuiKoordinator PKL FKM Unair

Hario Megatsari, SKM., M.KesNIP. 19820912 200801 1006

24

Isi Laporan :

SAMPULHALAMAN PENGESAHANDAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN- Latar Belakang dan Rumusan Masalah (berdasarkan hasil PKL 1)- Tujuan dan Manfaat

Berisi tujuan umum dan khusus dari kegiatan PKL 2 dan manfaat yang didapatkan dari kegiatan PKL 2 bagi masyarakat, dinas kesehatan setempat, dan FKM Unair

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKABerisi teori yang mendasari berhasil atau tidaknya suatu intervensi program

BAB 3 KERANGKA OPERASIONALBerisi bagan yang berbentuk alur pemikiran tentang pelaksanaan kegiatan PKL 1 dan 2

BAB 4 REALISASI KEGIATANHasil kegiatan berupa intervensi masalah kesehatan

BAB 5 PEMBAHASAN

Berisi bahasan hasil kegiatan dengan kajian teoritis, dan dilengkapi dengan kenyataan yang ditemui di lapangan

BAB 6 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Kesimpulan dan rekomendasi hasil kegiatan PKL 2

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

- RINGKASAN KEGIATAN dalam bentuk tabel- DAFTAR HADIR MAHASISWA- DAFTAR SPONSOR (bila ada)- FOTO - FOTO

25

Aturan penulisan yang lain :1. Kertas A4 70 gr2. Batas kiri (3 cm), atas (3 cm), bawah (3 cm), kanan (4 cm)3. Spasi 1,54. Penulisan halaman di tengah bawah semuanya5. Penulisan judul tabel, gambar, grafik, foto dan lain sebagainya posisinya diatas dari tabel,

gambar, grafik, foto dan lain sebagainya. 6. Penulisan sumber tabel, gambar, grafik, foto dan lain sebagainya, diletakkan di pojok kiri

bawah dari tabel, gambar, grafik, foto dan lain sebagainya.

26

LAMPIRAN 4

EVALUASI HARIAN KEGIATAN MAHASISWA PKLFAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS AIRLANGGA

I. Identitas Mahasiswa

1. Nama

2. NIM

3. Jenis Kelamin

4. Telp./HP

5 E mail

6 Kelompok

7. RT/RW

8. Kelurahan

9. Kecamatan

10. Kota

11. Dosen Pembimbing

27

EVALUASI HARIAN KEGIATAN MAHASISWA PKLFAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS AIRLANGGA

II. Laporan Kegiatan Harian Mahasiswa

1. Hari/Tanggal

2. Nama Kegiatan

3. Tempat

4. Orang lain yang terlibat

1.

2.

3.

4.

5.

5. Tujuan Kegiatan

6. Uraian Kegiatan

7. Kesimpulan

(………………….…………………….)

28

LAMPIRAN 5

ALAPORAN KEGIATAN KELOMOK MAHASISWA PKL

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKATUNIVERSITAS AIRLANGGA

I. Identitas Kelompok

1. Kelompok

2. RT/RW

3. Kelurahan

4. Kecamatan

5. Kota

6. Dosen Pembimbing

II. Jenis Kegiatan Mahasiswa

1. Hari/Tanggal

2. Nama Kegiatan

3. Tempat

5. Tujuan Kegiatan

6. Uraian Kegiatan

III. Daftar Hadir Kegiatan Mahasiswa PKL (bila yang hadir banyak, boleh dilampirkan copy absensi)

29

LAMPIRAN 6

DAFTAR KELOMPOK PKL MAHASISWA PSKM ALIH JENIS FKM UNAIR 2015

KELOMPOK 1 LOKASI DOSEN PEMBIMBING1 ANDINTA REFITLIANTI

RT 1-6RW 1Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Oedojo Soedirham, dr., M.PH., M.A., Ph.D.

2 ARIF RAHMAN HAKIM3 DITA VIDYA WIJAYA4 EFI ISNAYNI5 FITRIANI PUTRI EKA NINGSIH6 HABIBATIN NURUL FAJRIYAH7 INDRA DWI OCTA YUWANTO8 MELA AGUSTI WIDYASARI9 NOLA FITRIA10 RIZKY PRIHANDARI11 TITIEZ FATMA ZAHARA12 TRIO LINDA FAMILIA ENDRA RINI

KELOMPOK 2 LOKASI DOSEN PEMBIMBING1 ANI SUKARSIH

RT 7-12RW 1Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Dr. Annis Catur Adi, Ir., M.Si

2 DHENY NOVANTIO3 FAIDHOTUL KHOIRIYAH4 FEBRIANI NUR UMAMI5 LUSHA AYU ASTARI6 MARTHA SRI WAHYUNI7 OLIEVIA RACHMA AKHSANI8 PUTERI FEBRIANA ARIVANTY9 RIANA ANUGRAH ANANINGRUM10 RIDWAN RAHMADI11 SACHARINA SURYA NINGRUM12 SRI UTAMI

KELOMPOK 3 LOKASI DOSEN PEMBIMBING1 ANITA DIYANTI PUTERI

RT 1-4RW 2Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Indriati Paskarini, SH., M.Kes

2 DIENI FIKRIANTI3 DWI AULIA RIF'AH4 FAJAR GUMELAR5 JAMALUDIN ABDUH AL GHOZALI6 NINDY DEWI ASTUTI7 NINDYANNI DESYA SARTIKA8 RENDYS SEPTALIA9 RIFQATIL AINI10 SAFLIN AGUSTINA11 SHOFA ROSHIFANNI12 WAWAN SUPRA WISMANA

KELOMPOK 4 LOKASI DOSEN PEMBIMBING

30

1 AMEN DESINA SARI

RT 5-8RW 2Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Ratna Dwi Wulandari, S.K.M., M.Kes.

2 ANALISA SAWIJI PUTRIYEKTI

3 ANIS BONI SAFITRI

4 AQSO AMPRI HARAHAP

5 HELMY ILMIAWATI

6 IKE RAHAYU

7 KURNIA WAHYU UTAMI

8 LINDAWATI

9 M. QUSHAI YUNIFIAR M.

10 NITA ISTIQOMAH

11 SENJAYANI

12 ULUL ILMIYAH

KELOMPOK 5 LOKASI DOSEN PEMBIMBING1 AKHMAD RIANOR ASRARI PUADI

RT 9-12RW 2Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Maya Sari Dewi, S.K.M., M.Kes.

2 ELLIYANUAR RURI JUWITASARI3 INDRI RIZA PRIESCISILA4 ISHA WINDA SANDYA5 KURNIA MARGAWATI6 LINCE VERAWATI7 MYTA DESY YANI8 NOOR ARDIANSYAH9 RIZKI FITRIANA HAMBYAH10 SHYLVI INDAH TRIYANI11 SUMARTINI12 YUSHI ROHANA

KELOMPOK 6 LOKASI DOSEN PEMBIMBING

1 ANJAS DWI PURWANTO

RT 1-7RW 4Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Pulung Siswantara, S.K.M., M.Kes.

2 DEVI KANIASARI

3 EDWINDI REFRESITANINGRUM

4 EMA SURYANINGTYAS

5 INDAH RATNASARI

6 NURUL AYUNINGTYAS

7 RAFITA ESTU WULANDARI

8 TUTUT NUZULURROHMANA

9 UFIYAH HAKIMAH

10 VENDRA HARDINANTA

11 WINDA WAHYUNI PUTRI

12 ZEINFAHMI DWIRESKI WIBAWA

KELOMPOK 7 LOKASI DOSEN PEMBIMBING1 ANA SETYARINI

31

RT 8-15RW 4Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Yuly Sulistyorini, SKM., M.Kes.

2 BETY CICI ANGRAINI3 DEVI ANGGAR OKTAVIANI4 DIAN ANGGRAINI WIKAMORYS5 EKA WAHYU NINGRUM6 GRACE RUSMINA7 M. RIZKY ANDRIYANTO8 MUNFARIDAH9 NIKENS KRISTINA RAHARJO10 NUR HAMIDAH11 RETNO LIAN AFIDAH12 SUDIRMAN MANUMPA

KELOMPOK 8 LOKASI DOSEN PEMBIMBING1 AGUS PRATAMA

RT 16-22RW 4Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Kurnia Dwi Artanti, dr., M.Kes.

2 ANASTASIA PRASTIWI S

3 DWI OKTAVIA SRI ASMORO

4 ELLY MAGDALENA

5 FANI MEGA MAULIDIA

6 FRINSUS FERIGA DIOSMA

7 NAJAKHATUS SA'ADAH

8 NIKMATUR ROHMAH

9 NURUL FATIMAH

10 QURROTA A'YUNIL HUDA

11 SILVIA NUR FARIDA

12 SUN ELSA NOVITA

13 YULIA INDAH WULANDARI

KELOMPOK 9 LOKASI DOSEN PEMBIMBING1 AMALIA RIZKY FADHILLA

RT 23-30RW 4Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Kusuma Scorpia L., dr., M.Kes

2 DEDI IRWAN3 EFIETA DEWI SEPTATIAN4 EMY MULIAWATI5 GILANG RAMADHAN6 IKA AVRIANTI7 INDHAH SETIATI8 KIKI FAMILIA DIMYATI9 PRAWISTRI YULIADITTA10 PRIESTIANA MUGI RAHAYU11 RINDY ASTIKE DEWANTY12 VITA WULANDARI13 YOGA PRADIPTA

KELOMPOK 10 LOKASI DOSEN PEMBIMBING1 ASTI DEWI RAHAYU F RW 8

Kelurahan Tito Yustiawan, drg., M.Kes.2 DWI KURNIA HARIYATI

32

Tanah Kali Kedinding

3 FITRIA RINARWATI4 INTAN INDAH KARTIKA SARI5 LIS DIANA FAUZA6 M. GUNTUR ARISTA P7 MUGAWATI AISYA8 NURI PINA9 NYCO NUGROHO10 RAKHMANISA LINDHI HANIFA11 RENITA DIAH PARAMITA12 REZKHA MALA LUDYANINGRUM13 SRI LESTARI

33