panduan penulisan skripsi revisi th 2013

74
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten 2013 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI Program Studi Ilmu Keperawatan

Upload: kartikaningtyas-kusumastuti

Post on 07-Dec-2014

145 views

Category:

Documents


6 download

TRANSCRIPT

Page 1: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

2013

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI

Program Studi Ilmu Keperawatan

Page 2: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

PEDOMAN

PEMBUATAN SKRIPSI

Disusun Oleh

Tim Dosen PSIK STIKes Banten

Contributor :

dr. Resna Soerawidjaja, MScPh

Riksa Wibawa Resna S.Kp, MARS

Dian Puspitasari E, S.Kp

Tirtayenti, SKM, MM

Dieta Nurrika, SKM, MKM

Royani, S.Kep, Ners, M.Kep

Herry Novrida, SKG, M.Kes

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

2

Page 3: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Jl.Rawa Buntu No 10 BSD City Serpong Tangerang Selatan Banten

Tahun 2013

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan

rahmat dan karunia-Nya sehingga telah tersusunnya buku pedoman pembuatan skripsi ini

sebagai salah satu pedoman pembelajaran yang memberikan uraian pelaksanaan kegiatan

skripsi guna mencapai gelar ilmu keperawatan.

Buku panduan ini dibuat dalam rangka memberikan arah kerja bagi mahasiswa yang

akan menjalankan skripsi di Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Banten, oleh karena

itu buku ini berisi semua informasi terkait dengan pelaksanaan pembuatan skripsi.

Banyak pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan buku ini, untuk itu

penyusun mengucapkan banyak terimakasih atas segala kontribusinya. Semua buku ini

dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Kami menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kritik

dan saran membangun sangatlah diharapkan demi penyempurnaan buku ini di masa yang

akan datang.

Serpong, Februari 2013

Tim Penyusun

3

Page 4: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

BAB 1PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Salah satu bentuk kegiatan pendidikan mahasiswa di perguruan tinggi adalah melakukan penelitian. Hasil penelitian ini disusun dalam suatu karya ilmiah untuk dipertanggungjawabkan pada akhir program pendidikannya. Karya ilmiah ini disebut Skripsi.

Skripsi adalah bentuk pengalaman belajar yang meliputi penggalian kembali ilmu yang telah dipelajari dan mengumpulkan pengetahuan baru secara mandiri, melakukan analisis dan sintesis sendiri dengan bimbingan, sehingga menghasilkan tulisan tentang pengetahuan dan penemuan baru.

Dengan penulisan skripsi diharapkan dapat mengembangkan iklim yang dinamis di lingkungan institusi pendidikan tenaga kesehatan dengan cara meningkatkan kemampuan melakukan penilitian-penelitian sederhana dalam upaya memecahkan masalah-masalah kesehatan dan keperawatan khususnya.

Skripsi harus ditulis dengan jelas dan padat, menggunakan ungkapan-ungkapan yang tepat, disusun secara logis dan memperhatikan hal-hal yang bersifat detail secara cermat. Penulis harus teliti dalam menyebutkan keterangan tentang kutipan yang dipergunakannya, dengan mengikuti cara-cara menulis daftar kepustakaan seperti yang dianjurkan dalam pedoman ini.

Dengan pengalaman penyusunan skripsi dimungkinan bagi peserta didik mengungkapkan seluruh domain belajar yang telah dicapainya, baik berupa domain kognitif, afektif maupun psikomotor.

Pembuatan Skripsi tidak hanya bermanfaat bagi peserta belajar, karena kemampuan menganalisis, mensintesis serta mengungkapkan dalam bentuk tulisan sangat diperlukan oleh seorang perawat profesional. Lebih jauh lagi hasil penelitian ini akan sejauh menjadi masukan yang berharga bagi penyelenggaraan program studi untuk menilai sejauh mana program yang disediakan dan diselenggarakan telah dapat mengembangkan kemampuan lulusan dalam mengintegrasikan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperolehnya dalam proses pendidikan, menjadi satu kesatuan ilmu yang sesuai dengan keahlian atau profesinya.

B. Tujuan Penulisan

Buku pedoman penulisan Skripsi ini, bertujuan untuk memberikan arahan kepada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten dalam menulis skripsi. Ketentuan dan format yang terkandung didalamnya merupakan

4

Page 5: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

panduan untuk penulisan skripsi yang berlaku di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

C. Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup skripsi bervariasi , dapat melihat suatu persoalan kesehatan secara menyeluruh, dapat juga melihat satu persatu persoalan kesehatan yang berkaitan dengan aspek-aspek lain ataupun aspek yang khusus sifatnya. Skripsi juga dapat menelaah suatu masalah kesehatan masyarakat atau keperawatan yang belum diketahui oleh pelaksana maupun pengguna jasa layanan keperawatan yaitu dengan cara mengkaji masalah sekaligus mencarikan alternatif jalan keluar.Ruang lingkup dan cakupan topik penulisan skripsi :a. Keperawatan Medikal Bedahb. Keperawatan Gawat daruratc. Keperawatan Anakd. Keperawatan Maternitase. Keperawatan Komunitasf. Keperawatan Keluargag. Keperawatan Gerontikh. Keperawatan Jiwai. Manajemen Keperawatan

5

Page 6: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

BAB 2SKRIPSI

A. Bahan Pembuatan Skripsi

Bahan-bahan yang diperlukan bagi pembuatan skripsi dapat diperoleh dari berbagai sumber. Penulisan skripsi dibuat dalam bentuk laporan hasil penelitian.Hasil penelitian adalah seperangkat data yang dikumpulkan dengan menggunakan urutan yang objektif, sistematik, teliti dan benar. Hasil penelitian dapat merupakan penelitian tersendiri atau penelitian orang lain bila diijinkan digunakan data mentah dari penelitian tersebut. Apabila penelitian tersebut bersifat kuantitatif, baik pengolahan data maupun analisisnya menggunakan teknik-teknik statistik sesuai dengan kebutuhan.

Penelitian dapat berupa penelitian kuantitatif. Peserta didik dapat memilih salah satu diantaranya dengan memperhatikan tingkat kemampuan yang dimilikinya. Pembimbing harus memperhatikan mata ajaran dengan kegiatan penelitian yang telah diambil oleh mahasiswa/i dan menilai kemampuan penelitian mahasiswa/i sebelum diijinkan melakukan penelitian.

B. Sistematika Penulisan

BAB 1 PENDAHULUANDalam Bab I ini dikemukakan dengan singkat dan jelas tentang :

1.1. Latar Belakang Masalah1.2. Rumusan Masalah 1.3. Pertanyaan Penelitian1.4. Tujuan Penelitian

1.4.1. Tujuan Umum1.4.2. Tujuan Khusus

1.5. Manfaat Penelitian : bagi Ilmu pengetahuan, profesi, institusi/lokasi tempat penelitian, peneliti

BAB 2 LANDASAN TEORIDalam BAB II diulas defenisi dan ruang lingkup, proses dari variabel, faktor

pendukung maupun penghambat, elaborasi faktor dependen maupun independen serta berbagai publikasi resmi dari penelitian yang pernah dilakukan, kondisi-kondisi yang dipaparkan dalam sumber yang bersangkutan. Kerangka teori dijabarkan hanya meliputi risk factor saja, karakteristik tidak perlu dipaparkan dalam kerangka teori. Topik/sub judul lain dalam landasan teori yang berkaitan dengan variabel yang diteliti dimungkinkan untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

6

Page 7: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Pada BAB II ini peneliti diharapkan mampu memaparkan secara teoritis dengan membahas berbagai hal yang terkait dengan variabel maupun hal-hal lain yang akan diteliti pada kerangka konsep/kerangka kerja penelitian.

Pemaparan teoritis tersebut tidak hanya terbatas pada pemaparan berdasarkan referensi dari buku-buku akan tetapi pemaparan ini mencakup keseluruhan referensi kepustakaan yang telah diakui keabsahannya antara lain hasil penelitian peneliti terdahulu, referensi kepustakaan di internet, majalah, koran, ataupun jurnal-jurnal lainnya. Diharapkan dengan pemaparan yang terarah dan lengkap dapat membantu mahasiswa/i dalam menjelaskan kerangka penelitian yang dilakukan.

BAB 3 DESKRIPSI LOKASI PENELITIANDalam Bab ini dijelaskan secara rinci gambaran dari lokasi penelitian, diantaranya meliputi profil lokasi penelitian, data yang berhubungan dengan variabel dependen, data hasil periode sebelumnya maupun data-data lain yang berkontribusi terhadap penelitian .

BAB 4 KONSEP PENELITIAN

4.1. Kerangka Konsep

Dalam Bab IV, dijelaskan hubungan berbagai konsep dan atau model dengan penjelasannya. Kerangka konsep diambil dari kerangka teori, diantaranya seperti contoh dibawah ini:

4.2. Definisi operasional Definisi operasional (dibuat disertai dengan lampiran alat ukur) : definisi yang dibuat oleh peneliti untuk keperluan dengan penelitiannya, tetapi tidak menyimpang dengan teori yang ada dan dibuat dalam bentuk dalam tabular

No Variabel Definisi Alat ukur

Cara ukur Hasil ukur

Skala

Variabel dependenKarakteristikFaktor resiko

4.3. Hipotesis : jawaban sementara dari penelitian, tidak ada hubungannya dengan statistik, sesuai dengan teori.

Karakteristik

Variabel dependen

Faktor Resiko

Komponen yang tidak diteliti

7

Page 8: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

BAB 5 METODE PENELITIANDalam Bab ini dijelaskan beberapa pokok yaitu :5.1. Design penelitian diantaranya : case control, cross sectional, pre - post test design5.2. Populasi dan sampel meliputi kriteria inklusi – eklusi, cara pengambilan dan

perlakuan sampel serta lokasi penelitian5.3. Waktu dan tempat penelitian5.4. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian 5.5. Alat pengukuran5.6. Cara mengukur / pengamatan variabel atau konsep yang digunakan dalam

penelitian5.7. Langkah-langkah dalam pengumpulan dan manajemen penelitian di lapangan (alur

penelitian)5.8. Etika penelitian5.9. Analisis data : teknik dan analisis data yang dipakai, semuanya dijelaskan secara

cermat dan jelas baik univariat maupun bivariat

BAB 6 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASANBab ini memaparkan hasil penelitian secara objektif. Untuk analisa data kuantitatif

analisa dilakukan secara bertahap dari distribusi frekuensi (univariat), kemudian analisa bivariat. Sebagaimana tertera berikut ini:

1. Cross sectional Hasil data : Prevalence/percentage

Ratio prevalence / ratio prosentageContoh :

Agama (var. independen)IslamKristenHinduBudha

Pada table 2x2 ratio prevalence dimunculkanUnivariat prosentase dimunculkan sebagai gambaran responden Bivariat a. X2 test hubungan, jelaskan juga ratio prevalence terhadap variabel independen

PRE-POST STUDYBisa dilakukan dengan uji T-test (berpasangan maupun tidak berpasangan)

Contoh Gambar.

Case control

Paparan + Comparable klpk

dan pavorableKasus

8

Page 9: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Paparan -

Paparan +

Paparan -

Penentuan responden pada kasus dan control dipilih harus sudah melalui

pemeriksaan (yang sama).

membandingkan kasus dengan paparan dan kasus tidak dengan paparan

Pada tahap ini, analisa dilakukan dengan membaca dan menterjemahkan hasil penelitian diatas secara objektif dan menterjemahkan hasil penelitian sebelum menampilkan pendapat/subjektif peneliti yang didasari atas kepustakaan yang ada.

Selanjutnya hasil penelitian ini dibahas secara menyeluruh, disini dilakukan perbandingan hasil penelitian tersebut, antara teori dan hasil penelitian terdahulu seperti yang dituliskan dalam tinjauan pustaka. Penekanan pada mekanisme membandingkan (apa yang sama) dan kontras (apa yang berbeda). Terakhir, pada pembahasan inilah peserta diharuskan untuk mengutarakan bagaimana pendapatnya tentang masalah tersebut, setelah melakukan perbandingan antara apa yang ditemukannya dilapangan dengan teori dan hasil penelitian sebelumnya. Kemampuan mengutarakan hasil analisis dan perspektif keilmuan menurut visi peserta, amat dipentingkan dalam bab ini.

BAB 7 SIMPULAN DAN SARAN Bab ini memuat kesimpulan hasil penelitian secara sistematis yang berkaitan

dengan upaya menjawab tujuan penelitian. Pada Bab ini dikemukakan saran-saran yang berkaitan dengan penelitian. Pada bab ini saran-saran tersebut dapat berupa bentuk kebijakan dan upaya praktis pemecahan masalah yang dihadapi dan mungkin bahan atau aspek yang dapat diteliti lebih lanjut. Saran harus dibuat seoperasional mungkin sehingga bermanfaat bagi mereka yang menerima saran tersebut.

Bukan Kasus

9

Page 10: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

BAB 3MEKANISME PEMBUATAN SKRIPSI

A. BOBOT SKSBobot Skripsi dihitung berdasarkan nilai kredit semester setara dengan 6 sks yaitu bekerja selama 5 bulan 7 hari kerja selama 4 jam sehari, baik di lapangan, laboratorium, perpustakaan.

B. SYARAT SKRIPSISyarat Skripsi adalah mahasiswa/i yang sudah menyelesaikan seluruh mata ajaran sampai dengan semester VII untuk program Ilmu Keperawatan baik Reguler/SPK, dan semester IV untuk Program Ilmu Keperawatan Eksekutif DIII dengan indeks prestasi kumulatif minimal 2,00 dan sudah menyelesaikan seluruh SKS akademik dengan ketentuan boleh ada nilai D minimal 1 mata kuliah namun tidak boleh ada nilai E dalam transkrip nilai.

C. PEMBIMBING SKRIPSI1. Pembimbing adalah dosen tetap dan dosen tidak tetap atau seorang ahli yang dapat

memberi petunjuk, saran dan bimbingan bagi mahasiswa2. Setiap mahasiswa memiliki 3 orang : pembimbing materi, pembimbing metodologi,

dan pembimbing lapangan.

3. Bidang keahlian pembimbing disesuaikan dengan minat utama mahasiswa dan ditentukan oleh koordinator Skripsi dan ditetapkan oleh Ketua STIKes Banten

D. TUGAS PEMBIMBING SKRIPSISecara umum tugas pembimbing adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mempersiapkan Skripsinya sejak awal pemilihan bahan dan topik skripsi, membimbing dan mengawasi proses pembuatan skripsi, serta membantu sampai terselesaikannya skripsi tersebut. Tugas-tugas pembimbing dapat diuraikan lebih rinci sebagai berikut :1. Memberi pertimbangan feasibility (kelayakan) menyangkut waktu, dana dan laporan2. Mengarahkan pembuatan skripsi (bobot, memilih judul, topik bahan)3. Membantu peserta dalam memilih alternatif-alternatif pendekatan masalah4. Membantu memilih metode penelitian sesuai bahan skripsi5. Memberi petunjuk dalam pencarian bahan, daftar pustaka atau pengumpulan data

E. SYARAT-SYARAT PEMBIMBING SKRIPSIDosen yang dapat membimbing mahasiswa :

10

Page 11: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

1. Berpendidikan minimal S1 Keperawatan yang sedang melaksanakan studi S2 (pasca sarjana). Tetapi diutamakan pembimbing merupakan lulusan S2 bidang kesehatan.

2. Pembimbing skripsi diharapkan sesuai dengan kekhususan masing-masing, kecuali dianggap perlu dapat dimintakan persetujuan dari ketua program studi.

3. Memiliki pengalaman dalam melakukan proses bimbingan penyusunan karya tulis ilmiah seperti : skripsi, tesis, dan sejenis karya tulis ilmiah lainnya

4. Bila pembimbing tidak memenuhi persyaratan, dapat disesuaikan dengan kebijakan dari ketua program studi Ilmu Keperawatan dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku di STIKes Banten.

F. MEKANISME BIMBINGANMahasiswa dalam melakukan proses pembuatan skripsi akan dibimbing secara

terencana oleh pembimbing yang ditunjuk, buku bimbingan skripsi menjadi alat monitoring baik bagi mahasiswa, pembimbing, koordinator skripsi dan pejabat akademik lain yang berwenang.

Pembimbing dan mahasiswa diwajibkan secara bersama-sama membuat proses pembuatan skripsi beserta jadwalnya dengan ketentuan: minimal wajib melakukan bimbingan dengan ke-3 pembimbing semuanya berjumlah 8 x bimbingan. Jadwal pertemuan yang telah dibuat wajib dipenuhi oleh pembimbing maupun mahasiswa. Bila ada jadwal yang telah dibuat tidak dipenuhi perlu dijelaskan halangan yang telah terjadi dan kemuadian pembimbing dan mahasiswa bersama-sama mencari jadwal pengganti.

Bimbingan dilakukan di instusi pendidikan pada jam kerja institusi dan seminimal mungkin dilakukan di luar institusi, kecuali terjadi kesepakatan antara mahasiswa dan pembimbing mengenai waktu bimbingan skripsi.

Setiap kali bimbingan, mahasiswa/i wajib mengisi lembar konsultasi terkait BAB atau topik yang akan dikonsulkan sebelum pembimbing memberikan saran dan menandatangani lembar konsultasi.

G. TUGAS MAHASISWATugas mahasiswa dalam melaksanakan bimbingan skripsi adalah :1. Menyampaikan topik/tema skripsi2. Membuat jadwal pertemuan dengan pembimbing3. Mengisi lembar konsultasi mengenai BAB atau topik yang akan dikonsulkan pada

saat akan melakukan konsultasi skripsi.4. Melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan kesepakatan5. Melaksanakan kegiatan sesuai jadwal dan mengajukan alasan tertulis bila rencana

tidak sesuai dengan rencana yang telah disepakati

H. PROSEDUR PENGAJUAN DAN PENYELESAIAN SKRIPSIProsedur pengajuan judul skripsi dan uji skripsi adalah sebagai berikut :1. Mahasiswa mengajukan masalah yang meliputi latar belakang dan masalah

penelitian atau judul penelitian sesuai dengan kekhususan yang akan diambil pada koordinator Skripsi

2. Setelah mendapatkan pembimbing, maka judul atau masalah penelitian diajukan kepada pembimbing penelitian untuk mendapatkan persetujuan terhadap masalah yang diambil

11

Page 12: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

3. Masalah/judul yang telah disetujui pembimbing dilaporkan kepada bagian/koordinator Skripsi untuk mendapatkan surat pengesahan terhadap judul/masalah yang diambil

4. Selanjutnya mahasiswa melakukan perbaikan proposal Skripsi dengan pembimbing5. Jika proposal telah dibuat dan disetujui pembimbing, maka mahasiswa melaporkan

ke bagian skripsi untuk kemudian memperoleh surat penyelenggaraan untuk melakukan uji proposal penelitian.

6. Uji proposal penelitian akan dilakukan oleh 2 orang opponent mahasiswa dan 2 orang penguji yaitu : pembimbing materi bertindak selaku penguji dan moderator sidang proposal dan 1 orang penguji diluar pembimbing mahasiswa.

7. Jika proposal telah selesai dibuat, diperbaiki dan disetujui pembimbing maupun penguji proposal, maka mahasiswa melaporkan ke bagian skripsi untuk kemudian memperoleh surat pengantar untuk melakukan pengambilan data di lapangan

8. Selanjutnya mahasiswa melakukan penelitian dan pembuatan laporan akhir skripsi dengan arahan pembimbing

9. Sebelum maju ujian, mahasiswa/i harus memenuhi syarat sebagai berikut: a. Sebelum mendapatkan surat penyelenggaraan ujian skripsi, mahasiswa/i harus

dapat menunjukkan skripsi lengkap yang disertai lembar konsultasi dengan pembimbing yang telah dilaksanakan dan telah mendapatkan persetujuan dari ke-3 pembimbing,

b. Mahasiswa/i pernah menjadi opponent pada sidang proposal rekan mahasiswa/i minimal 1 x dan menjadi observer minimal 2 x pada sidang proposal rekan mahasiswa/i.

c. Laporan skripsi yang sudah disetujui diserahkan maximal 2 hari sebelum pelaksanaan ujian akhir skripsi kepada tim penguji.

10. Ujian Skripsi dilaksanakan oleh 4 orang penguji yang terdiri dari: 1 orang penguji utama, dan 3 orang penguji lainnya yang juga bertindak sebagai pembimbing materi, pembimbing metodologi, pembimbing lapangan.

11. Pelaksanaan ujian skripsi diserahkan kepada panitia ujian untuk kemudian diatur jadwal pelaksanaan ujian akhir skripsi.

12. Setelah ujian skripsi, mahasiswa mengadakan perbaikan skripsi sesuai dengan jadwal yang ditentukan pada saat penilaian sidang ujian skripsi

13. Mahasiswa yang diminta melakukan perbaikan harus melakukan konsultasi dengan pembimbing mengenai hal-hal yang harus diperbaikinya

14. Apabila laporan skripsi telah diperbaiki, mahasiswa diwajibkan meminta persetujuan pembimbing sebelum kemudian meminta persetujuan pada penguji yang pada saat sidang skripsi melakukan proses ujian

15. Skripsi yang telah disetujui oleh seluruh ke-4 penguji kemudian diserahkan kepada koordinator skripsi untuk kemudian diperbanyak sebanyak jumlah pembimbing dan penguji bagi mahasiswa yang bersangkutan

16. Mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan laporan skripsi dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Kaprodi Ilmu Keperawatan STIKes Banten maka tidak dapat mengikuti yudisium dan dinyatakan gagal pada semester yang bersangkutan dan diwajibkan mengulang kembali seluruh proses skripsi dan melakukan registrasi akademik dan keuangan pada semester berikutnya

17. Ketentuan-ketentuan lain yang tidak tertulis dalam pedoman ini diatur dalam surat keputusan Kaprodi Ilmu Keperawatan STIKes Banten

12

Page 13: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

BAB 4PEDOMAN TEKNIS PENULISAN

A. KERTAS DAN PENGETIKAN1. Bahasa

Dalam skripsi penulisan dilaksanakan dalam bahasa indonesia berpedoman pada pedoman ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD)

2. PengetikanTata Cara Pengetikan :a. Font yang digunakan untuk judul Bab adalah Times New Roman ukuran 14

dengan keseluruhan menggunakan huruf kapital dan angka arab (1,2,3 dst).b. Font yang digunakan untuk isi bab adalah Times New Roman ukuran 12c. Penggunaan metode italic atau cetak miring digunakan untuk kata-kata dalam

bahasa asing3. Kertas

a. Kertas berukuran A4 dengan ketebalan 80 gramb. Sampul skripsi berwarna biru dongker

4. JumlahJumlah halaman untuk skripsi minimal 40 halaman tidak termasuk bagian pembukaan dan lampiran

B. UKURAN TEPI KERTAS (MARGIN)a. Batas tepi yang digunakan dalam batas tepi kanan: 4 cm, batas tepi kiri: 3 cm, batas

tepi atas 3 cm dan batas tepi bawah : 3 cmb. Semua tabel atau gambar harus berada dalam marginc. Sub judul bagian bawah halaman harus diikuti dengan dua baris penuh dibawahnya,

kalau tidak memungkinkan sub judul harus dimulai pada halaman berikutnya.

C. SPASISpasi yang digunakan dalam pengetikan adalah 1,5 spasi, kecuali untuk penulisan abstrak dan referensi dari web site menggunakan 1 spasi (single line).

D. PENOMORAN HALAMAN1. Nomor halaman ditik tanpa petik ataupun garis kecil dan ditempatkan disamping

kanan 1,5 spasi dari batas margin atas dan 3 cm dipinggir kertas. Pada halaman

13

Page 14: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

yang memuat judul utama (bab), nomor halaman dicantumkan dihitung atau diketik 1,5 spasi dari batas margin bawah berjarak 3 cm.

2. Semua halaman dinomori, pada judul kata pengantar sampai dengan daftar isi/gambar.

E. JUDUL DAN TABEL GAMBAR1. Judul tabel /gambar adalah penggambaran isi tabel/gambar, singkat dan tegas2. Judul tabel /gambar harus sama dalam segala hal dengan yang tertera dalam daftar

tabel/gambar.3. Setiap tabel/gambar harus ditik mulai dari batas margin kiri4. Bila judul terlalu panjang atau diletakkan 2 (dua) spasi dibawah gambar, halaman

lain dapat ditambahkan di sebelah muka.

F. SUB BAGIAN1. Penomoran bab, sub bagian dan seterusnya bersifat baku.2. Huruf atau nomor yang sudah dipakai atau suatu bab tidak dapat dipakai lagi atau

bab seterusnya 3. Penomoran menggunakan pola sebagai berikut :

1. PENDAHULUAN 1.1 Subbab Derajat Kesatu 1.1.1 Subbab Derajat kedua Butir yang Pertama 1.1.2 Subbab Derajat kedua Butir yang Kedua 1.1.2.1 Subbab Derajat ketiga Butir yang Pertama Tingkatan subbab maksimal 3

G. PENATAAN SKRIPSI Bagian Pendahuluan

a. Sampul depanb. Halaman sampul dalamc. Halaman pernyataan keaslian skripsid. Halaman pengesahane. Halaman ucapan terima kasihf. Halaman abstrakg. Halaman daftar isih. Halaman daftar gambari. Halaman daftar tabelj. Halaman daftar lampiran

Bagian Utama Susunan bagian ini tergantung tergantung bahan yang digunakan untuk skripsi

(Lihat Bab II) Bagian Akhir

a. Daftar pustakab. Lampiran – lampiranc. Ralat (Bila ada)

14

Page 15: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

BAB 5BAGIAN-BAGIAN SKRIPSI

A. BAGIAN PENDAHULUAN

Sampul Depan ( Cover ) Sampul skripsi berwarna biru tua dengan bahan karton tebal dilapisi linen

dan selubung plastik transparan. Huruf – huruf pada sampul dicetak dengan tinta warna kuning emas, menyebutkan judul Skripsi secara lengkap, nama lengkap penulis, NPM, Logo STIKes Banten diatur agar simetris dengan huruf besar dan tahun pembuatannya. Pencetakan dari kiri ke kanan bila halaman sampul menghadap ke atas.

Jenis huruf yang digunakan adalh Times New Roman dengan huruf kapital, yang diletakan ditengah, dengan ketentuan ukuran sebagai berikut :1. Judul skripsi ukuran huruf 16 pt2. kata ”SKRIPSI” ukuran 16 pt3. Kata ”oleh” 12 pt4. Nama mahasiswa, ukuran huruf 14 pt dan digaris bawahi5. NPM,ukuran huruf 14 pt6. Logo STIKes Banten ukuran tinggi 3,5 cm 7. Nama Jurusan dan Institusi ukuran huruf 14 pt8. Semester dan tahun akademik ukuran huruf 14 ptContoh format penulisan sampul depan (cover) skripsi ini dapat dilihat pada lampiran.

Halaman Sampul DalamHalaman judul sama dengan halaman sampul, dicetak pada kertas HVS

putih dengan tinta hitam. Seperti halnya halaman sampul, halaman ini juga dicetak dengan komposisi huruf dan letak masing-masing bagian secara sistematis. Format penulisan pada halaman sampul dalam sama dengan sampul depan (Cover) namun antara logo STIKes Banten dan nama departemen disisipkan kalimat sebagai berikut :

”Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Keperawatan”

15

Page 16: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Kalimat pernyataan di atas menggunakan huruf Times New Roman dengan huruf kapital yang dicetak tebal (Bold) dan diletakkan di tengah.

Halaman Pernyataan Keaslian Skripsi Halaman pernyataan keaslian ditulis pada halaman baru. Halaman ini antara lain

membuat judul skripsi, pernyataan penulis tentang keaslian karya tulisnya dan tanda tangan serta nama penulis.

Kata PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI pada halaman ini ditulis dengan huruf Times New Roman dengan huruf kapital yang diletakkan ditengah,dengan ukuran huruf 16 pt yang dicetak tebal (bold). Jarak kata tersebut adalah 3 spasi dari tepi atas kertas. Isi teks ditulis dengan huruf Times New Roman 12 pt, berjarak 1,5 spasi. Judul Skripsi pada halaman ini ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal serta diletakkan ditengah. Sedangkan untuk kalimat isi pernyataan tidak dicetak tebal dan tidak perlu diletakan ditengah. Untuk tempat tanggal, tanda tangan, nama, dan NPM diletakkan disebelah kanan dengan nama penulis digarisbawahi. Tanggal yang tercantum adalah tanggal penyelesaian skripsi. Format penulisan bisa dilihat dilampiran.

Halaman PengesahanHalaman ini memuat judul skripsi,pernyataan pengesahan,nama dan tanda tanga

dosen pembimbing serta tanggal pengesahan skripsi.Kata PENGESAHAN pada halaman ini ditulis dengan huruf Times New Roman

dengan huruf kapital yang diletakan ditengah dengan ukuran 16 pt yang dicetak tebal (bold). Jarak kata tersebut adalah 3 spasi dari tepi atas kertas.

Isi teks pada halaman ini ditulis dengan huruf Times New Roman 12 pt berjarak 1,5 spasi. Jusul skripsi pada halaman ini ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal (bold) serta diletakan ditengah. Sedangkan untuk isi kalimat pengesahan tidak dicetak tebal dan tidak perlu diletakan ditengah.

Bila terdapat satu pembimbing maka tempat nama pembimbing dan tanda tangan diletakkan di sebelah kanan dengan nama pembimbing digarisbawahi. Namun apabila terdapat dua pembimbing maka tempat nama pembimbing dan tandatangan diletakkan sebelah kiri untuk pembimbing pertama dan sebelah kanan untuk pembimbing kedua dengan nama pembimbing tersebut digarisbawahi. Contoh Format penulisan ada di lampiran.

Abstraka. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, masing-masing

dimulai pada halaman barub. Abstrak tidak melampaui 500 katac. Isi abstrak adalah menggambarkan isi dari tiap bab secara ringkas.d. Pada abstrak perlu disampaikan sumbangan mandiri yang menonjole. Isi teks pada abstrak menggunakan jarak baris 1 spasif. Halaman ini memuat judul skripsi disertai nama penulis, NPM, nama Institusi,

Jurusan, nama pembimbing yang diletakkan dalam satu baris kolong. Baris kolom kedua berisi judul yang ditulis dengan menggunakan huruf kapital

dan dicetak tebal (bold) serta diletakan ditengah-tengahh. Baris kolom ketiga merupakan isi Abstrak yang diawali dengan kata ABSTRAK

yang terletak disebelah kiri dengan menggunakan huruf kapital dan dicetak tebali. Kalimat pertama isi abstrak skripsi berjarak 2 spasi dari kata ABSTRAK

16

Page 17: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

j. Awal paragraf baru dipisahkan dengan 2 spasi dari kalimat paragraf yang mendahuluinya

k. Contoh pada lampiran

Halaman Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar,Daftar LampiranDaftar ini memberikan petunjuk kepada pembaca agar dapat dengan cepat

mengetahui tabel, gambar, singkatan serta lampiran apa saja yang terdapat di skripsi.

B. BAGIAN UTAMADalam bagian ini tercantum teks secara ilmiah memaparkan penelitian yang

dilakukan serta hasil-hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut. Penyajiannya lugas dan sistematis, menggunakan bahas Indonesia sesuai dengan kaidah dan tata bahasa yang berlaku. Peng-indonesian istilah mengikuti pedoman umum pembentukan istilah, sedangkan ragam bahasa baku mengikuti kamus umum bahasa Indonesia.

C. BAGIAN AKHIRBagian ini merupakan bagian akhir skripsi yang ditandai oleh judul

”BAB..”,namun penomoran halamannya melanjutkan halaman sebelumnya. Bagian ini terdiri dari beberapa bagian :

a. Daftar Pustakab. Daftar Lampiran c. Ralat

D. KUTIPAN DALAM NASKAH SKRIPSI DAN TEKNIK MENULIS DAFTAR PUSTAKA

Kutipan Dalam Naskah SkripsiDi dalam naskah skripsi, pengacuan sumber informasi data merupakan bagian

kalimat dengan mencantumkan nama penulis yang diacu dalam tahun serta halaman yang memuat informasi tersebut dalam tanda kurung, contoh : (Sampoerna,1992:15) atau menurut Sampoerna,1992:15 menyatakan bahwa.......dan seterusnya.

Kutipan yang pendek dapat dimasukan dalam naskah dengan diberi tanda kutip pada permulaan dan akhir kutipan. Bila kutipan terdiri dari beberapa baris, maka kutipan harus diawali pada alenia baru dan diketik dengan satu spasi dengan 5 ketukan ke dalam. Untuk beberapa bagian dari kutipan yang perlu dihilangkan, karena tidak penting, maka bagian itu diberi tiga titik.

Daftar PustakaSumber informasi yang dicantumkan dalam daftar pustaka dapat berupa :1. Kutipan dari buku/e-book/jurnal/majalah ilmiah/literatur keperawatan

minimal 15, dan buku selain keperawatan disesuaikan kebutuhan dengan minimal terbitan 5 tahun terakhir dari waktu pembuatan skripsi

2. Sumber non buku/non jurnal tidak dibatasi

17

Page 18: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

3. Literatur internet yang diperbolehkan diantaranya: berakhiran ac.id; co.id; go.id; or.id

4. Blogspot.com dan wikipedia tidak diperkenan menjadi rujukan5. Monografi

Sumber informasi yang dimasukan dalam daftar pustaka sebaiknya benar-benar dibaca secara langsung oleh penulisnya. Sumber informasi tersebut harus relevan dengan masalah penelitian. Penggunaan abstrak sebagai acuan sedapat mungkin dihindari. Bilamana dianggap perlu benar, maka akhir acuan ditulis keterangan (abstrak).

Kelengkapan Daftar PustakaJudul daftar pustaka diketik secara sistematis di atas di bidang pengetik. Empat

spasi dibawahnya, di batas kiri bidang pengetikan diketik pustaka acuan pertama. Baris kedua dan selanjutnya untuk tiap pustaka acuan dimulai. Lima ketukan ke dalam dari batas kiri bidang pengetikan, dengan jarak baris dua spasi. Pustaka acuan berikutnya dimulai dibatas kiri bidang pengetikan. Setiap tanda baca diberi jarak satu ketukan bebas, kecuali antara :a. Nama lengkap penulis, editor atau lembaga yang bertanggung jawab atas

penerbitan pustaka tersebut.b. Judul buku, artikel, bab, dari buku atau makalahc. Data penerbitan untuk majalah, volume/tahun, nomor, tahun penertiban dalam

artikel tersebut.

Ketentuan umum penulisan daftar pustaka/referensi

Ketentuan umum penulisan skripsi mengacu pada format penulisan scientific style : APA Style (American Psychological Association), disusun berdasar alphabetikal nama pengarang yang disusun secara berurutan mulai dari huruf A s.d Z sebagai berikut:

a. Sumber yang dikutip dalam uraian/teks harus ditulis lengkap dalam “Daftar Referensi“. Sebaliknya, sumber yang terdaftar dalam Daftar Referensi harus ditulis dalam teks sebagai kutipan.

b. Nama penulis ditulis nama keluarga/nama belakang terlebih dahulu, kecuali nama Cina, Jepang, Korea, karena nama keluarga sudah di awal. Contoh : Nama : Kwik Kian Gie. Penulisan : Kwik Kian Gie. Nama : Heribertus Andi Mattalata. Penulisan : Mattalata, Heribertus Andi. Nama : Joyce Elliot-Spencer. Penulisan : Elliot-Spencer, Joyce. Nama : Anthony T. Boyle, PhD. Penulisan : Boyle, Anthony T. Nama : Sir Philip Sidney. Penulisan : Sidney, Philip. Nama : Arthur George Rust Jr. Penulisan : Rust, Arthur George, Jr. Nama : John D. Rockfeller IV. Penulisan : Rockfeller, John. D., IV

c. Gelar kebangsawanan, akademik, dan keagamaan tidak perlu ditulis. d. Jika tidak ada nama penulis, judul karya dituliskan sebagai tema utama. e. Pada format APA, huruf pertama dari judul karya atau judul tambahan ditulis dengan huruf kapital. f. Baris kedua setiap sumber ditulis dengan jarak 5 ketuk/spasi dari margin kiri baris

18

Page 19: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

pertama dengan jarak antar baris 1,5 spasi. g. Daftar diurutkan berdasarkan abjad nama keluarga/nama belakang dengan jarak 1,5 spasi.

19

Page 20: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

FORMAT APA (American Psychological Association)

Sumber Tercetak1. Buku dengan seorang pengarangNama Akhir, Nama Pertama dan Nama Tengah. (Tahun Tebit). Judul Buku. (halamanpertama sampai halam terakhir dari referensi tertentu atau satu nomor halamanjika referensi itu memiliki halaman tunggal. Kota meliputi negara, provinsi,atau kabupaten jika kota tidak dikenal: Penerbit.Atau:Nama Akhir, Nama Pertama dan Nama Tengah. (Tahun Tebit). Judul Buku. Kotameliputi negara, provinsi, atau kabupaten jika kota tidak dikenal: Penerbit.Dalam teks: (Pengarang, tahun terbit).Contoh:Scott, J.C. (1993). Perlawanan kaum tani (pp. 90-91). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.AtauScott, J.C. (1993). Perlawanan kaum tani. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.Dalam teks: (Scott, 1993).

2. Buku dengan dua pengarangNama akhir, nama pertama dan nama tengah pengarang pertama, Nama akhir, namapertama dan nama tengah pengarang kedua. (tahun terbit). Judul buku (halamanpermulaan hingga halaman akhir dari referensi khusus atau satu halaman jikamengacu pada satu halaman)}. Kota termasuk negara, provinsi atau kabupatenjika kota tidak dikenal}: Penerbit.AtauNama akhir, nama pertama dan nama tengah Pngarang pertama, Nama akhir, namapertama dan nama tengah Pengarang kedua. (tahun terbit). Judul buku. Kotatermasuk negara, provinsi atau kabupaten jika kota tidak dikenal}: Penerbit.Dalam teks: (Pengarang I & Pengarang II, tahun terbit).Contoh:Abdullah, T., & Surjomohardjo, A. (1985). Ilmu sejarah dan historiografi; arah danperspektif (pp. 21-22) Jakarta: Gramedia.AtauAbdullah, T., & Surjomohardjo, A. (1985). Ilmu sejarah dan historiografi; arah danperspektif . Jakarta: Gramedia.Dalam teks: (Abdullah & Surjomohardjo, 1985).

3. Buku dengan Tiga PenulisNama akhir, nama pertama dan nama tengah Pengarang pertama, Nama akhir, namapertama dan nama tengah Pengarang kedua, Nama akhir, nama pertama dannama tengah Pengarang ketiga. (tahun terbit). Judul buku (halaman permulaanhingga halaman akhir dari referensi khusus atau satu halaman jika mengacupada satu halaman)}. Kota termasuk negara, provinsi atau kabupaten jika kotatidak dikenal}: Penerbit.AtauNama akhir, nama pertama dan nama tengah pengarang pertama, Nama akhir, namapertama dan nama tengah pengarang kedua, Nama akhir, nama pertama dannama tengah pengarang ketiga. (tahun terbit). Judul buku Kota termasuknegara, provinsi atau kabupaten jika kota tidak dikenal}: Penerbit.Dalam teks: (Pengarang I, Pengarang II & Pengarang III, tahun terbit).

20

Page 21: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Contoh:Ekadjati, E.S., Hardjasaputra, S., & Marlina, I. (1985). Sejarah kota Bandung 1945 –1979 (p.63). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Keudayaan, Direktorat Sejarahdan Nilai Tradisional.AtauEkadjati, E.S., Hardjasaputra, S., & Marlina, I. (1985). Sejarah kota Bandung 1945 –1979. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Keudayaan, Direktorat Sejarah danNilai Tradisional.Dalam teks: (Ekadjati, Hardjasaputra, Marlina, 1985).

4. Buku Edisi Kedua atau Lainnya(Contoh dua pengarang)Nama akhir, nama pertama dan nama kedua pengarang pertama, & Nama akhir, namaawal dan nama kedua pengarang kedua. (tahun terbit). Judul buku (xth ed.)(halaman permulaan hingga halaman akhir dari referensi khusus atau satuhalaman jika mengacu pada satu halaman)}. Kota termasuk negara, provinsiatau kabupaten jika kota tidak dikenal}: Penerbit.AtauNama akhir, nama pertama dan nama kedua pengarang pertama, & Nama akhir, namaawal dan nama kedua pengarang kedua. (tahun terbit). Judul buku (xth ed.). Kotatermasuk negara, provinsi atau kabupaten jika kota tidak dikenal}: Penerbit.Dalam teks: (Nama akhir pengarang pertama & kedua, tahun terbit).Contoh:Latif, Y., & Ibrahim, I.S. (1996). Bahasa dan kekuasaan; politik wacana di panggungOrde Baru (cet. ke-2) (121). Bandung: Mizan.AtauLatif, Y., & Ibrahim, I.S. (1996). Bahasa dan kekuasaan; politik wacana di panggungOrde Baru (cet. ke-2). Jakarta: Gramedia.Dalam teks: (Latif & Ibrahim, 1996).

5. Artikel dalam Jurnal(Contoh dua pengarang)Nama akhir, nama pertama dan nama kedua pengarang pertama, & Nama akhir, namaawal dan nama kedua pengarang kedua. (tahun terbit). Judul artikel. JudulJurnal, volume(issu), halaman awal – halaman akhir dari referensi khusus{halaman permulaan+ jika halaman-halaman tidak berlanjut}.AtauNama akhir, nama pertama dan nama kedua pengarang pertama, & Nama akhir, namaawal dan nama kedua pengarang kedua. (tahun terbit). Judul artikel. JudulJurnal, volume(issue), halaman awal – halaman akhir dari keseluruhan artikel{halaman permulaa+ jika halaman-halaman tidak berlanjut}.Dalam teks: (nama akhir pengarang pertama & nama akhir pengarang kedua, tahunpublikasi).Contoh:O’Connell, J. F., & Perkins, G. M. (2003). The economics of private liberal artscolleges. Journal of Business, 76(3), 501.AtauO’Connell, J. F., & Perkins, G. M. (2003). The economics of private liberal artscolleges. Journal of Business, 76(3), 499-514.Dalam teks: (O’Connell & Perkins, 2003).

21

Page 22: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

6. Artikel Majalah(Contoh satu pengarang)Nama akhir pengarang, inisial nama awal. Inisial nama tengah (tahun, bulan {tanggalpublikasi }). Judul artikel. Judul majalah, volume, halaman permulaan –halaman akhir dari referensi khusus {halaman permulaan+ jika halamanhalamanitu tidak bersambung}.atauNama akhir pengarang, inisial nama awal. inisial nama tengah (tahun, bulan {tanggalpublikasi }). Judul artikel. Judul majalah, volume, halaman permulaan –halaman akhir dari seluruh artikel {halaman permulaan+ jika halaman-halamanitu tidak bersambung}.Dalam teks: (Pengarang, tahun publikasi).Contoh:Serrill, M. S. (1990, April 2). Soviet Union war of nerves. Time, 135, 29.atauSerrill, M. S. (1990, April 2). Soviet Union war of nerves. Time, 135, 26-30.Dalam teks: (Serrill, 1990).

7. Artikel-artikel Surat Kabar(Contoh untuk satu orang pengarang)Nama akhir pengarang, inisial nama awal. inisial nama tengah (tahun, bulan {tanggalpublikasi }). Judul artikel. Judul Surat Kabar, halaman permulaan – halamanakhir dari referensi tertentu {halaman permulaan+ jika halaman-halaman itutidak bersambung atau nomor halaman jika mereferensi halaman tunggal}.AtauNama akhir pengarang, inisial nama awal. inisial nama tengah (tahun, bulan {tanggalpublikasi }). Judul artikel. Judul Surat Kabar, halaman permulaan – halamanakhir dari seluruh artikel {halaman permulaan+ jika halaman-halaman itu tidakbersambung atau nomor halaman jika mereferensi satu halaman }.Dalam teks: (Pengarang, tahun publikasi).Contoh:Rood, L. (2005, December 31). The steep costs of driving drunk. Des Moines Register,p. A12.AtauRood, L. (2005, December 31). The steep costs of driving drunk. Des Moines Register,p. A12-A13.Dalam teks: (Rood, 2005).

8. Artikel Surat Kabar, Tidak Ada Pengarang.Judul artikel. (Tahun, Bulan, Tanggal {tanggal publikasi}). Judul surat kabar, hlm.permulaan – halaman akhir dari referensi tertentu {pp. halaman permulaan+ jikahalaman-halaman tidak berlanjut atau jumlah halaman jika satu halamanartikel}.AtauJudul artikel. (Tahun, Bulan, Tanggal {tanggal publikasi}). Judul Surat Kabar, halamanpermulaan – halaman akhir dari artikel keseluruhan {halaman permulaan+ jikahalaman-halaman tidak berlanjut atau jumlah halaman jika satu halamanartikel}.Dalam teks: (“Judul Artikel {dapat diperpendek},” tahun dipublikasikan).

22

Page 23: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Contoh:Gas prices: Pollution rules may be eased. (2006, April 26). The Seattle Times, p. A5.atauGas prices: Pollution rules may be eased. (2006, April 26). The Seattle Times, pp. A1+.Dalam teks: (“Gas Prices,” 2006).

Sumber-sumber Elektronik

1. Artikel Encyclopedi Online(Contoh satu pengarang)Nama akhir pengarang, nama pertama dan nama kedua. (Tahun dipublikasikan). Judulartikel. Judul Karya Referensi. Tanggal, bulan dan tahun diperoleh {tanggaldiperoleh dari Web}, dari URLDalam teks: (Pengarang, tahun dipublikasikan).Contoh:Hart, J. (2006). Water pollution. Microsoft Encarta Online Encyclopedia 2006.Diperoleh tanggal 19 April 2006, darihttp://encarta.msn.com/encyclopedia_761572857/Water_Pollution.htmlDalam teks: (Hart, 2006).

2. Artikel Ensiklopedi Online, Tidak ada nama pengarangJudul artikel. (Tahun diterbitkan). Judul karya referensi. Tanggal, bulan dan tahundiambil {tanggal diambil dari Web}, dari URLDalam teks: (“Judul Artikel,” tahun dipublikasikan).Contoh:Common cold. (2006). Microsoft Encarta Online Encyclopedia 2006. Diambil tanggal10 November 2006, darihttp://encarta.msn.com/encyclopedia_761578766/Common_Cold.htmlDalam teks: (“Common Cold,” 2006).

3. Artikel dalam DVD atau Ensiklopedi CD ROM(Contoh seorang pengarang)Nama akhir pengarang, nama awal dan nama kedua (Tahun dipublikasikan). Judulartikel. Judul karya referensi [DVD {atau CD-ROM}]. Kota {meliputi negara,provinsi, atau desa jika kota tidak dikenal}: Penerbit.Dalam teks: (Pengarang, tahun publikasi).Contoh:Hart, J. (2006). Water pollution. Microsoft Student 2007 [DVD]. Redmond, WA:Microsoft Corporation.Dalam teks: (Hart, 2006).

4. Artikel dalam DVD atau Ensiklopedi CD-ROM, Tidak ada penulisJudul artikel. (Tahun dipublikasikan). Judul Karya Referensi [DVD {atau CD-ROM}].Kota {meliputi negara, provinsi, atau desa jika kota tidak dikenal}: Penerbit.Dalam teks: (“Judul Artikel,” tahun diterbitkan).Contoh:Common cold. (2006). Microsoft Student 2007 [DVD]. Redmond, WA: MicrosoftCorporation.Dalam teks: (“Common Cold,” 2006).

23

Page 24: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

5. Artikel Jurnal Online(Contoh lima pengarang)Nama akhir pengarang, nama awal dan nama kedua I, II, III, IV & V. (Tahundipublikasikan). Judul Artikel. Judul Jurnal, volume(issue), halaman permulaanhalamanakhir dari referensi tertentu {jika tersedia}. Tanggal, bulan dan tahundiambil {tanggal diambil dari Web}, dari URLatauNama akhir pengarang, nama awal dan nama kedua I, II, III, IV dan V. (Tahundipublikasikan). Judul Artikel. Judul Jurnal, volume(issue), halaman permulaanhalamanakhir dari keseluruhan artikel {jika tersedia}. Tanggal, bulan dan tahundiambil {tanggal diambil dari Web}, dari URLDalam teks: (Pengarang1, Pengarang 2, Pengarang 3, Pengarang 4, & Pengarang 5,tahun dipublikasikan).Contoh:Muntner, P., He, J., Cutler, J. A., Wildman, R. P., & Whelton, P. K. (2004). Trends inblood pressure among children and adolescents. Journal of the AmericanMedical Association (JAMA), 291(17), 2110-2111. Retrieved May 22,2007, fromhttp://jama.ama-assn.org/cgi/content/abstract/291/17/2107atauMuntner, P., He, J., Cutler, J. A., Wildman, R. P., & Whelton, P. K. (2004). Trends inblood pressure among children and adolescents. Journal of the AmericanMedical Association (JAMA), 291(17), 2107-2113. Retrieved May 22, 2007,fromhttp://jama.ama-assn.org/cgi/content/abstract/291/17/2107Dalam teks: (Muntner, He, Cutler, Wildman, & Whelton, 2004).

6. Artikel Majalah Online(Contoh seorang pengarang)Nama akhir pengarang, nama awal dan nama kedua (tanggal, bulan, tahun {tanggalpublikasi}). Judul artikel. Judul Majalah, volume. Tanggal, bukan dan tahundiambil {tanggal diambil dari Web}, dari URLDalam teks: (Pengarang, tahun dipublikasikan).Contoh:Nash, J. M. (2006, February 20). Where the waters are rising. Time, 165. Diperolehtanggal 25 April 2006, fromhttp://www.time.com/time/magazine/0,9263,7601050425,00.htmlDalam teks: (Nash, 2005).

7. Artikel Surat Kabar Online(Contoh seorang pengarang)Nama akhir pengarang, nama awal dan nama kedua. (tanggal, bulan dan tahun {tanggalpublikasi}). Judul Artikel. Judul Surat Kabar. Tanggal, bulan dan tahundiperoleh {tanggal diperoleh dariWeb}, dari URLDalam teks: (Pengarang, tahun dipublikaksikan).Contoh:Waxman, S. (2005, April 19). Hollywood welcomes new crop of moguls. The New YorkTimes. Diperoleh tanggal 2 Januari 2007, darihttp://select.nytimes.com/gst/abstract.html?res=F70F16FC345A0C7A8DDDAD0894D

24

Page 25: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

D404482Dalam teks: (Waxman, 2005).

8. Dokumen Pemerintah Online, Tidak Ada PengarangLembaga Pemerintah. (Tahun dipublikasikan). Judul Publikasi. (halaman permulaanhalamanakhir dari referensi tertentu {atau nomor halaman jika mereferensi satuhalaman}). Kota {meliputi negara, provinsi atau desa jika kota tidak dikenal}:Penerbit {jika tersedia}. Tanggal, bulan dan tahun diperoleh {tanggal diperolehdari Web}, dari URLatauLembaga Pemerintah. (Tahun dipublikasikan). Judul Publikasi. Kota {meliputi negara,provinsi atau desa jika kota tidak dikenal}: Penerbit {jika tersedia}. Tanggal,bulan dan tahun diperoleh {tanggal diperoleh dari Web}, dari URLDalam teks: (Lembaga Pemerintah, tahun diterbitkan).Contoh:U.S. Department of Education, Office of Innovation and Improvement. (2004).Innovations in Education: Alternative Routes to Teacher Certification (pp. 2-3).Washington, D.C.: Education Publications Center. Retrieved April 20, 2006,from http://www.ed.gov/admins/tchrqual/recruit/altroutes/report.htmlAtauU.S. Department of Education, Office of Innovation and Improvement. (2004).Innovations in Education: Alternative Routes to Teacher Certification.Washington, D.C.: Education Publications Center. Retrieved April 20, 2006, darihttp://www.ed.gov/admins/tchrqual/recruit/altroutes/report.htmlDalam teks: (U.S. Department of Education, Office of Innovation and Improvement,2004).

Contoh penulisan referensi

I. BUKU Penulis tunggal Baxter, C. (1997). Race equality in health care and education. Philadelphia: Balliere Tindall.

Penulis dua atau tiga

Cone, J.D., & Foster, S.L. (1993). Dissertations and theses from start to finish: Psychology and related fields. Washington, DC: American Psychological Association.

Tidak ada nama penulis

Merriam-Webster’s collegiate dictionary (10th ed.). (1993). Springfield, MA: Merriam-Webster.

Bukan edisi pertama

Mitchell, T.R., & Larson, J.R. (1987). People in organizations: An introduction to

25

Page 26: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

organizational behavior (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.

Penulis berupa tim atau lembaga

American Psychiatric Association. (1994). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.

Buku berseri/multi volume (editor sebagai penulis)

Koch, S. (Ed.). (1959-1963). Psychology: A study of science (Vols. 1-6). New York: McGraw-Hill.

Terjemahan

Kotler, Philip. (1997). Manajemen pemasaran : Analisis, perencanaan, implementasi (Hendra Teguh & Ronny Antonius Rusli, Penerjemah.). Jakarta: Prenhallindo.

Artikel atau bab dalam buku yang diedit

Eiser, S., Redpath, A., & Rogers, N. (1987). Outcomes of early parenting: Knowns and unknowns. In A. P. Kern & L. S. Maze (Ed.). Logical thinking in children (pp. 58-87). New York: Springer.

Artikel/istilah dalam buku referensi

Schneider, I. (1989). Bandicoots. In Grzimek’s encyclopedia of mammals (vol.1, pp. 300 304). New York: McGraw-Hill.

Makalah seminar, konferensi, dan sejenisnya.

Crespo, C.J. (1998, March). Update on national data on asthma. Paper presented at the meeting of the National Asthma Education and Prevention Program, Leesburg, VA.

II. SERIAL Artikel Jurnal Clark, L.A., Kochanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

Artikel Majalah

Greenberg, G. (2001, August 13). As good as dead: Is there really such a thing as brain death? New Yorker, 36-41.

Artikel surat kabar

Crossette, Barbara. (1990, January 23). India lodges first charges in arms Scandal. New York Times, A4.

26

Page 27: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Artikel surat kabar, tanpa penulis

Understanding early years as a prerequisite to development. (1986, May 4). The Wall Street Journal, p. 8.

Resensi buku dalam jurnal

Grabill, C. M., & Kaslow, N. J. (1999). Anounce of prevention: Improving children's mental health for the 21st century [Review of the book Handbook of prevention and treatment with children and adolescents]. Journal of Clinical Child Psychology, 28, 115 116.

Resensi film dalam jurnal

Lane, A. (2000, December 11). Come fly with me [Review of the motion picture Crouching tiger, hidden dragon]. The New Yorker, 129-131

III. WAWANCARA White, Donna. (1992, December 25). Personal interview.

IV. KARYA LAIN DAN KARYA NONCETAK Acara Televisi Crystal, L. (Executive Producer). (1993, October 11). The MacNeil/Lehrer news hour. [Television broadcast]. New York and Washington, DC: Public Broadcasting Service.

Kaset Video/VCD

National Geographic Society (Producer). (1987). In the shadow of Vesuvius . [Videotape]. Washington, DC: National Geographic Society.

Kaset Audio

McFerrin, Bobby (Vocalist). (1990). Medicine music [Audio Recording]. Hollywood, CA: EMI-USA.

Perangkat lunak komputer

Arend, Dominic N. (1993). Choices (Version 4.0) [Computer software]. Champaign, IL: U.S. Army Corps of Engineers Research Laboratory. (CERL Report No.CH7- 22510)

V. PUBLIKASI ELEKTRONIK Karya lengkap McNeese, M.N. (2001). Using technology in educational settings. October 13, 2001. University of Southern Mississippi, Educational Leadership and Research. http://www.dept.usm.edu/~eda/

27

Page 28: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Artikel dari pangkalan data online

Senior, B. (1997, September). Team roles and team performance: Is there really a link? Journal of Occupational and Organizational Psychology, 70, 241-258. June 6, 2001. ABI/INFORM Global (Proquest) database.

Artikel jurnal di website

Lodewijkx, H. F. M. (2001, May 23). Individual- group continuity in cooperation and competition undervarying communication conditions. Current Issues in Social Psychology, 6 (12), 166-182. September 14, 2001. http://www.uiowa.edu/~grpproc/ crisp/crisp.6.12.htm

Dokumen lembaga

NAACP (1999, February 25). NAACP calls for Presidential order to halt police brutality crisis. June 3, 2001. http://www.naacp.org/president/releases/police_brutality.htm

Dokumen lembaga, tanpa nomor halaman, tanpa informasi tahun penerbitan

Greater Hattiesburg Civic Awareness Group, Task Force on Sheltered Programs. (n.d.). Fund-raising efforts. November 10, 2001. http://www.hattiesburgcag.org

Penulis dan informasi waktu penerbitan tidak diketahui

GVU's 8th WWW user survey. (n.d.). September 13, 2001. http://www.gvu.gatech.edu/user_surveys/survey-1997-10/

Email

Wilson, R.W. (1999, March 24). Pennsylvania reporting data. Child Maltreatment Research. March 30, 1999. [email protected]

CD-ROM

Ziegler, H. (1992). Aldehyde. The Software Toolworks multimedia encyclopedia (CD- ROM version 1.5). Boston: Grolier. Januari 19, 1999. Software Toolworks.

Nickell, Stephen J. (August 1996). Competition and corporate performance. The Journal of Political Economy, 104(4), 724-747. December 15, 2003. Proquest Database (CD-ROM).

BAB 6PENILAIAN UJIAN SKRIPSI

A. Syarat Mengajukan Ujian Skripsi

28

Page 29: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Mahasiswa diperkenankan mengajukan ujian skripsi jika telah menyelesaikan seluruh mata ajaran dengn IP minimal > 2,00 dan telah mengambil seluruh SKS akademik yang sudah ditentukan serta dinyatakan lulus.

B. Permohonan UjianPembimbing bersama-sama dengan penanggung jawab ujian sidang skripsi menetukan waktu ujian skripsi dengan ketentuan:a. Daftar nilai prestasi mahasiswa telah memenuhi ketentuan yang berlaku.b. Naskah skripsi telah disetujui dan ditandatangani oleh pembimbing dan dianggap

telah memenuhi persyaratan oleh pembimbing.c. Melampirkan berkas proposal maupun skripsi yang dilampirkan fotocopy bukti

bimbingan yang telah dilakukan minimal 8 kali bimbingan.d. Usulan nama-nama anggota penguji sebanyak-banyaknya 4 orang dengan susunan 1

orang penguji utama, 3 orang penguji yang bertindak sebagai pembimbing materi, metodologi dan lapangan. Pembimbing diperbolehkan untuk mengusulkan satu calon penguji apabila yang ditunjuk tidak dapat hadir dalam ujian.

e. Ujian dianggap syah bila minimal 1 penguji utama dan 2 orang penguji lainnya hadir dalam ujian, tanpa membedakan penguji institusi atau luar institusi.

C. Persetujuan UjianSelambat-lambatnya 6 (enam) hari sebelum ujian, bagian ujian skripsi

mengumumkan tanggal ujian. Peserta berkewajiban menyampaikan satu eksemplar naskah skripsi (bersampul sementara) yang akan dibagikan kepada setiap anggota penguji dan pembimbing selambat-lambatnya 3 hari sebelum ujian dan susunan tim akan diumumkan 1 hari sebelum ujian.

D. Ujian SkripsiSebelum ujian berlangsung para penguji berkumpul (tanpa dihadiri oleh peserta)

dan berunding mengenai skripsi. Pimpinan ujian (panitera ujian) menjelaskan pokok-pokok yang perlu dinilai dan menjelaskan kekuatan dan kelemahan skripsi serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses.1. Pembukaan oleh pemimpin sidang ujian : 5 menit2. Penyajian oleh peserta : 15 menit3. Tanya jawab : + 60 menit4. Penutup : 10 menit

Segera setelah selesai ujian, para penguji dan pembimbing mengambil suara secara tertutup (tanpa dihadiri oleh peserta). Hasil keputusan setiap penguji kemudian dibacakan oleh pemimpin ujian dalam hal lulus atau tidak lulus. Bila satu atau lebih penguji menyatakan tidak lulus, ia perlu menjelaskan mengapa peserta tidak lulus dan para penguji dapat merundingkan kembali penilaiannya. Pengambilan suara secara tertutup yang kedua kemudian dilakukan. Demikian secara berulang sampai denganketiga kalinya sehingga dapat dicapai kesepakatan yang bulat. Bila tidak ada kesepakatan antar penguji untuk menyatakan mahasiswa yang bersangkutan lulus, maka peserta diharuskan mengulang uji skripsi selambat-lambatnya 2 (dua) minggu setelah ujian pertama. Bila peserta dinyatakan lulus, peserta segera diberi tahu hasil ujian skripsi, dan anggota penguji serta pembimbing kemudian memberi nilai sekurang-kurangnya 3.00 sebagai batas minimum.

Pada akhir ujian pemimpin mengisi dan menandatangani berita acara ujian untuk menyerahkan kepada penanggung jawab ujian skripsi. Apabila hasil naskah ujian

29

Page 30: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

meminta peserta memperbaiki skripsinya, maka peserta memperbaiki naskah skripsi sesuai dengan usul-usul dan kritik-kritik pada saat ujian waktu untuk memperbaiki, mencetak dan menjilid skripsi tidak lebih dari 2 minggu setelah ujian skripsi

E. Penilaian UjianKriteria Penilaian

a. Penilaian Proses Bimbingan1) Jumlah minimal konsultasi dengan pembimbing 8 kali2) Kemampuan dalam penyelesaian dan perbaikan kertas kerja, baik isi

maupun kertas penulisan3) Disiplin dan tepat waktu dalam proses bimbingan4) Nilai proses bimbingan sudah diberikan kepada tim penguji sebelum sidang

dimulai5) Laporan skripsi disesuaikan dengan sistematika penulisan skripsi

b. Penilaian Proses Ujian Sidang Skripsi1) Presentasi dalam bahasa2) Penguasaan skripsi3) Penguasaan data kuliah yang berkaitan dengan penyusunan skripsi

6. Teknik Penilaiana. Penilaian dari tim penguji bobot yang samab. Nilai proses bimbingan adalah nilai rata-rata dari pembimbing adalah nilai rata-

rata dari pembimbing x 40 %c. Nilai ujian sidang adalah nilai rata-rata penguji x 60 %d. Nilai akhir ujian sidang adalah nilai rata-rata penguji ditambah nilai rata-rata

pembimbinge. Peserta ujian dinyatakan lulus apabila nilai ≥ 3,00

7. Sistematika PenulisanYang dinilai pada sistematika penulisan adalah :a. Kesinambungan antar paragraf, antar bab dalam susunan tulisanb. Pengulangan yang tidak perluc. Susunan bahasa, penggunaan istilah asing dan keajekan kesinambungan istilahd. Cara penulisan dan rujukan

8. Isi TulisanYang dinilai pada tulisan adalah :a. Pengungkapan yang jelas dan padatb. Relevansi teori, konsep dan bahasan terhadap permasalahan yang dikemukakan,

ketepatan penggunaan cara pengumpulan data, analisis dan pembahasan masalah yang dihadapi, penarikan kesimpulan serta pengajuan sarana berkaitan dengan penelitiannya yang bersifat tepat guna.

c. Cara penyajian tabel, gambar, dan data

9. PresentasiYang dinilai dalam presentasi adalah :a. Kemampuan peserta dalam batas waktu yang diberikan selama 15 menitb. Kejelasan dalam menyampaikan isi materi

30

Page 31: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

c. Teknik penyajian, keterampilan dan media presentasi (Media presentasi yang dipergunakan adalah power point)

d. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

10. Tanya JawabDalam tanya jawab dinilai :a. Penguasaan peserta dalam pengetahuan yang ada hubungannya dengan

skripsinyab. Kemampuan menjawab secara sistematik, jelas dan logis dalam kaitan dengan

pertanyaan yang diajukan penguji.

11. Pengumpulan Hasil SkripsiSetelah nilai dari tiap penguji terisi, pimpinan sidang skripsi mengumpulkan dan menghitung rata-rata nilai. Angka rata-rata dituliskan dengan dua desimal dibelakang koma. Penilaian tersebut kemudian diserahkan kepada panitia pelaksanaan tugas akhir

BAB 7PENYIMPANAN DALAM CD

31

Page 32: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Penyimpanan skripsi tidak hanya dalam bentuk hardcopy saja namun penyimpanan dapat dalam bentuk file atau softcopy. Sehubungan dengan hal tersebut pula ada pedoman untuk penyimpanan dalam bentuk file atau softcopy ini.

Untuk menjaga kualitas dan kelestarian CD direkomendasikan CD yang dipergunakan adalah yang berkualitas baik dengan merek yang terkenal, seperti verbatim, maxcell, benq,dsb.

Format CDKetentuan format CD untuk skripsi dalam bentuk file (Soft Copy)a. File Soft Copy sripsi disimpan dalam CD berukuran standar (diameter 12 cm/4,6 inci)b. File Soft copy dalam bentuk pdfc. CD diberi label dengan :

Judul Nama penulis NPM Instansi Jurusan

d. Label diletakan pada permukaan CDe. Penulisan label menggunakan huruf Times Nes Roman berukuran 10 pt dengan jarak 1

spasi, yang ketentuan sebagai berikut : Judul,nama penulis dan NPM menggunakan huruf kapital yang dicetak tebal (bold) Nama Institusi,jurusan, dan tahun lulus tidak perlu menggunakan huruf kapital

semua,hanya pada awal kata saja dan tidak perlu dicetak tebal (bold)f. Format label pada permukaan CD dapat dilihat pada lampiran 18

Format Penyimpanan CDCD Disimpan dalam tempat penyimpanan yang terbuat dari plastik bening. Tempat

penyimpanan CD diberi label yang berukuran 12x12 cm. Jenis huruf (font) yang digunakan pada label adalah Times New Roman dengan huruf kapital, yang diletakan di tengah, dengan ketentuan ukuran sebagai berikut : Judul skripsi,ukuran huruf 11 pt,cetak tebal (bold) Kata ”oleh” ukuran huruf 11 pt,cetak tebal (bold) Nama mahasiswa,ukuran huruf 11 pt, cetak tebal (bold) NPM,ukuran huruf 11 pt,cetak tebal (bold) Logo STIKes Banten Nama institusi,jurusan, ukuran huruf 11 pt, cetak tebal (bold) Bulan dan tahun penyelesaian,ukuran huruf 11 pt,cetak tebal (bold) Jarak tiap baris adalah 1 spasi Label ini dimasukan kedalam tempat penyimpanan CD yang terbuat dari plastik bening Format label pada CD dapat dilihat pada lampiran

32

Page 33: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Lampiran 1 Contoh Sampul Depan (Cover)

TINGKAT KETERGANTUNGAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI DESA PASEH

SKRIPSI

OlehFENY KUSUMADEWI

04050607

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

SERPONG 2013

Lampiran 2 Contoh Sampul Dalam

33

Page 34: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

TINGKAT KETERGANTUNGAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI DESA PASEH

Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Keperawatan

OlehFENY KUSUMADEWI

04050607

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

SERPONG 2013

Lampiran 3 Contoh Halaman Pernyataan Keaslian Skripsi

34

Page 35: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

SURAT PERNYATAAN

Dengan Hormat

Saya yang bertandatangan dibawah ini

Nama : Feny Kusumadewi

NPM : 04050607

Mahasiswa Ilmu Keperawatan angkatan 2005

Menyatakan bahwa saya tidak melakukan plagiat dalam penulisan yang berjudul ”

TINGKAT KETERGANTUNGAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS

SEHARI-HARI DI DESA PASEH KABUPATEN SUMEDANG”.

Apabila suatu saat nanti terbukti saya melakukan tindakan plagiat, maka saya akan

menerima sangsi yang telah ditetapkan. Demikian surat permohonan ini saya buat sebenar-

benarnya.

Tangerang Selatan, 20 Februari 2013

Materai 6000

(Feny Kusumadewi)

Lampiran 4 Contoh Halaman Persetujuan Proposal

35

Page 36: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

TINGKAT KETERGANTUNGAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS SEHARI-HARI

DI DESA PASEH KABUPATEN SUMEDANG

Proposal ini telah disetujui untuk diujikan di hadapan sidang penguji proposal Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

Serpong, 20 februari 2013

Pembimbing Materi

(Dian Puspitasari Effendi,SKp, M.Kep)

Pembimbing Metodologi Penelitian

(Hj. Dieta Nurrika, SKM, MKM)

Lampiran 5 Lembar Pengesahan Proposal

36

Page 37: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

TINGKAT KETERGANTUNGAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI DESA PASEH KABUPATEN SUMEDANG

Proposal ini telah disetujui dan dipertahankan di hadapan sidang penguji proposal Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

Tangerang Selatan, 20 Februari 2013

Tim Penguji

Penguji I Penguji II

Riksa Wibawa Resna, SKp, MARS Dian Puspitasari Effendi, SKp, M.Kep

Lampiran 6 Contoh Halaman Persetujuan Skripsi

37

Page 38: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

TINGKAT KETERGANTUNGAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI DESA PASEH KABUPATEN SUMEDANG

Skripsi ini telah disetujui untuk diujikan di hadapan sidang penguji skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

Serpong, 20 februari 2013

Pembimbing Materi

(Dian Puspitasari Effendi,SKp, M.Kep)

Pembimbing Metodologi Penelitian

(Hj. Dieta Nurrika, SKM, MKM)

Lampiran 7 Lembar Pengesahan Skripsi

38

Page 39: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

TINGKAT KETERGANTUNGAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI DESA PASEH KABUPATEN SUMEDANG

Skripsi ini telah disetujui dan dipertahankan di hadapan sidang penguji Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

Serpong, 20 Februari 2012

Tim Penguji

Penguji I Penguji II

Riksa Wibawa Resna, SKp, MARS Dian Puspitasari Effendi, SKp, M.Kep

Penguji III Penguji IV

Hj. Dieta Nurrika, SKM, MKM dr. Husni

Lampiran 8 Contoh abstrak

39

Page 40: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTENPROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANSKRIPSI,2013

……………………………………………..(diisi NAMA MAHASISWA dengan huruf capital & cetak tebal/bold)……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………(diisi JUDUL ABSTRAK dengan huruf capital & cetak tebal/bold)xi + 7bab+…halaman+….tabel+….lampiran+…..pustaka

ABSTRAK

Kata Kunci :…………………………………………………………..NB : abstrak dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris

Lampiran 9 Contoh Halaman Daftar Isi

Kata kunci

LAMPIRAN 9DAFTAR ISI

Pendahuluan…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………MetodePenelitian………………………………..........................................................................................................................................................................................................................……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Hasilpenelitian…………………………………………………………………………………………………

40

Page 41: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

HalamanPERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI iiPENGESAHAN iiiUCAPAN TERIMA KASIH ivABSTRAK vABSTRACT viDAFTAR ISI viiDAFTAR GAMBAR viiiDAFTAR TABEL ixDAFTAR SINGKATAN xDAFTAR ISTILAH/SIMBOL xiBAB 1 PENDAHULUAN 1

1.1 Latar Belakang Masalah 31.2 Perumusan Masalah 1.3 Pertanyaan Penelitian1.4 Tujuan Penelitian : Umum dan Khusus1.5 Manfaat Penelitian : bagi Ilmu pengetahuan, profesi, institusi/lokasi tempat

penelitian, penelitiBAB 2 TINJAUAN PUSTAKA 4BAB 3 DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN 5BAB 4 KONSEP PENELITIAN 64.1 Kerangka konsep 64.2 Variabel penelitian 64.3 Definisi operasional 74.4 Hipotesa 8BAB 5 METODOLOGI PENELITIAN 94.1 Rancangan/design Penelitian 104.2 Tempat dan waktu penelitian 114.3 Populasi dan Sampel 124.4 Etika Penelitian 4.5 Pengumpulan data 134.6 Pengolahan data 144.7 Analisa data 154.8 Jadwal Penelitian 16BAB 6 HASIL PENELITIANdan PEMBAHASAN 175.1 Analisa univariat 185.2 Analisa Bivariat 19BAB 7 SIMPULAN DAN SARAN 21DAFTAR PUSTAKA xiiLAMPIRAN xiii

Lampiran 10 Contoh Halaman Daftar Gambar

41

Page 42: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 2.1 Struktur molekul 1Gambar 2.2 Reactor batch 1Gambar 3.1 Unit operasi 2Gambar 3.2 Pengaruh jumlah katalis 2Gambar 3.4 Konversi asam 3Gambar 4.1 Bagan air 4

Lampiran 11 Contoh Halaman Daftar Tabel

42

Page 43: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

DAFTAR TABEL

HalamanTabel 2.1 Struktur molekul 6Tabel 2.2 Reactor batch 6Tabel 3.1 Unit operasi 8Tabel 3.2 Pengaruh jumlah katalis 8Tabel 3.4 Konversi asam 9Tabel 4.1 Bagan air 9

Lampiran 12 Contoh Halaman Daftar Lampiran

43

Page 44: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

DAFTAR LAMPIRAN

HalamanLampiran 1 Struktur molekul 101Lampiran 2 Reactor batch 111Lampiran 3 Unit operasi 112Lampiran 4 Pengaruh jumlah katalis 122Lampiran 5 Konversi asam 123Lampiran 6 Anaisa perambatan 324

Lampiran 13 Contoh Halaman Daftar Singkatan

44

Page 45: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

DAFTAR SINGKATAN

ACK AcknowledgementAWGN Additive White Gaussian NoiseCCI Co-Channel InterferenceCIR Carrier to Interference RatioLOS Lineof sightNACK Negative Acknowledgemen

Lampiran 15 Contoh Label Pada Permukaan CD

45

Page 46: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

6

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

JUNI, 2006

TINGKAT KETERGANTUNGAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI DESA PASEH KABUPATEN SUMEDANG

Feny Kusumadewi04050605

Program Studi Ilmu KeperawatanSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

Serpong 2013

46

Page 47: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Lampiran 16 Contoh Label Pada Penyimpanan CD

TINGKAT KETERGANTUNGAN LANSIA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI DESA PASEH KABUPATEN SUMEDANG

FENY KUSUMADEWI04050407

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

JANUARI 2012

47

Page 48: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Lampiran 17

SURAT TANDA KESEDIAAN MENJADI PEMBIMBING SKRIPSIPROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

Yang bertanda tangan dibawah ini :Nama :Jabatan :Institusi Kerja :

Menyatakan sanggup membimbing Skripsi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten Program Studi Ilmu Keperawatan tersebut dibawah ini :Nama :NIM :

Serpong,...........2013Pembimbing Skripsi

(.............................)

48

Page 49: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

Lampiran 18

SURAT KETERANGAN MENYETUJUI JUDUL SKRIPSIPROGRAM ILMU KEPERAWATAN

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

Yang bertanda tangan dibawah ini :Nama :Jabatan :Menyatakan bahwa telah menyetujui judul skripsi mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan tersebut di bawah ini :Nama :NIM :Judul :

Serpong,...............2013Pembimbing Skripsi

(..............................)

49

Page 50: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

LAMPIRAN 11BUKTI BIMBINGAN SKRIPSI

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

NAMA : NIM :JUDUL :PEMBIMBING :

NO HARI/TANGGAL

MATERI SARAN PARAF/TTD PEMBIMBING

1

2

3

4

5

6

Serpong,................2013Pembimbing

(...................)

50

Page 51: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

PEDOMAN PENILAIAN UJIAN PROPOSAL SKRIPSIPROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

NAMA : …………………………………………………….NIM : …………………………………………………….PROGRAM : …………………………………………………….

NO ASPEK PENILAIANBOBOT

SKORE NILAI

1 2 3 4

1 Sistematika Penulisana. Kesinambungan antar kalimatb. Pengulangan kalimatc. Susunan kalimatd. Cara penulisan kutipan, rujukan,

daftar pustaka

2

2 Isi Tulisana. Bab I

Latar Belakang Masalah Perumusan Masalah Tujuan Masalah Manfaat Penelitian Ruang Lingkup Penelitian

b. Bab II Tinjauan Pustaka

c. Bab III Deskripsi umum lokasi/wilayah

d. Bab IV Kerangka kerja

e. Bab V Konsep Penelitian

3

3 Porsentase Proposala. Penggunaan waktu 15 Menitb. Kejelasan menyampaikan isi/materic. Teknik penyajian, media presentasid. Penggunaan bahasa Indonesia

2

4 Tanya Jawaba. Ketepatan Menjawabb. Kemampuan mengemukakan

argumentasic. Penampilan sikap

3

NILAI TOTAL Tangerang,………………………………

(…………………………………………)

51

Page 52: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

PEDOMAN PENILAIAN UJIAN PROPOSAL SKRIPSIPROGRAM ILMU KEPERAWATAN

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

NAMA : …………………………………………………….NIM : …………………………………………………….PROGRAM : …………………………………………………….

NO ASPEK PENILAIANBOBOT

SKORE NILAI

1 2 3 4

1 Sistematika Penulisane. Kesinambungan antar kalimatf. Pengulangan kalimatg. Susunan kalimath. Cara penulisan kutipan, rujukan,

daftar pustaka

2

2 Isi TulisanBab I

Latar Belakang Masalah Perumusan Masalah Tujuan Masalah Manfaat Penelitian Ruang Lingkup Penelitian

Bab II Tinjauan Pustaka

Bab III Gambaran umum lokasi/wilayah

Bab IV Kerangka kerja

Bab V Metodologi Penelitian

Bab VI Hasil Penelitian

Bab VII Pembahasan

Bab VIII Simpulan dan Saran

3

3 Porsentase Proposale. Penggunaan waktu 15 Menitf. Kejelasan menyampaikan isi/materig. Teknik penyajian, media presentasih. Penggunaan bahasa Indonesia

2

4 Tanya Jawabd. Ketepatan Menjawabe. Kemampuan mengemukakan

argumentasif. Penampilan sikap

3

NILAI TOTAL Tangerang,………………………………

52

Page 53: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

(…………………………………………)

KRITERIA PENELITIAN UJIAN PROPOSAL SKRIPSI/ SIDANG SKRIPSIPROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BANTEN

NO ASPEK PENILAIAN SKOR KRITERIA1 Sistematika Penulisan (Bobot 2)

a. Penulisan Kesinambungan Antar Kalimat

4 75 % ada kesinambungan antara kalimat, alinea, dan Bab

3 65 - 74 % ada kesinambungan antara kalimat, alinea, dan Bab

2 50 - 64 % ada kesinambungan antara kalimat, alinea, dan Bab

1 < 50 % ada kesinambungan antara kalimat, alinea, dan Bab

b. Pengulangan Kalimat 4 25 % ada pengulangan kalimat yang tidak perlu

3 25 - 35 % ada pengulangan kalimat yang tidak perlu

2 36 - 50 % ada pengulangan kalimat yang tidak perlu

1 > 50 % ada pengulangan kalimat yang tidak perlu

c. Susunan Kalimat 4 75 % penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

3 64 - 74 % penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

2 50 - 64 % penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

1 < 50 % penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

NO ASPEK PENILAIAN SKOR KRITERIA

d. Cara Penulisan kutipan, rujukan, table, dan daftar pustaka

4 75 % Cara penulisan benar dan tepat

3 64 - 74 % Cara penulisan benar dan tepat

53

Page 54: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

2 50 - 64 % Cara penulisan benar dan tepat

1 < 50 % Cara penulisan benar dan tepat

2Isi Tulisan (Bobot 3)

a. Latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian

4 75 % Dipaparkan secara runtut, benar dan tepat

3 64 - 74 % Dipaparkan secara runtut, benar dan tepat

2 50 - 64 % Dipaparkan secara runtut, benar dan tepat

1 < 50 % Dipaparkan secara runtut, benar dan tepat

b. Tinjauan Pustaka 4 75 % Dipaparkan sesuai judul dan tujuan

3 64 - 74 % Dipaparkan sesuai judul dan tujuan

2 50 - 64 % Dipaparkan sesuai judul dan tujuan

1 < 50 % Dipaparkan sesuai judul dan tujuan

c. Metoda Penelitian 4 75 % Dipaparkan secara runtut, benar dan tepat

3 64 - 74 % Dipaparkan secara runtut, benar dan tepat

2 50 - 64 % Dipaparkan secara runtut, benar dan tepat

1 < 50 % Dipaparkan secara runtut, benar dan tepat

3Presentasi Skripsi (Bobot 3)

a. Penggunaan Waktu 15 Menit 4 Tepat waktu atau lebih satu menit dari waktu yang ditentukan

3 Lebih atau kurang 2-5 menit dari waktu yang ditentukan

2 Lebih atau kurang 6-10 menit dari waktu yang ditentukan

54

Page 55: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

1 Lebih atau kurang dari 10 menit dari waktu yang ditentukan

b. Kejelasan menyampaikan materi atau isi

4 75 % Disampaikan secara jelas dan mudah dimengerti

3 64 - 74 % Disampaikan secara jelas dan mudah dimengerti

2 50 - 64 % Disampaikan secara jelas dan mudah dimengerti

1 < 50 % Disampaikan secara jelas dan mudah dimengerti

c. Teknik penyajian keterampilan, media presentasi

4 75 % Terampil dan mampu, media menarik, tegas, tepat dan benar

3 64 - 74 % Terampil dan mampu, media menarik, tegas, tepat dan benar

2 50 - 64 % Terampil dan mampu, media menarik, tegas, tepat dan benar

1 < 50 % Terampil dan mampu, media menarik, tegas, tepat dan benar

d. Penggunaan Bahasa Indonesia 4 > 75 % bahasa baku, baik dan benar

3 64 - 74 % bahasa baku, baik dan benar

2 50 - 64 % bahasa baku, baik dan benar

1 < 50 % bahasa baku, baik dan benar

4Tanya Jawab (Bobot 3)

a. Ketepatan Jawaban 4 > 75 % Jawaban sesuai teori

3 64 - 74 % Jawaban sesuai teori

2 50 - 64 % Jawaban sesuai teori

1 < 50 % Jawaban sesuai teori

b. Kemampuan mengemukakan argumentasi

4 > 75 % Argumentasi tepat dan benar

3 64 - 74 % Argumentasi tepat dan benar

2 50 - 64 % Argumentasi tepat dan benar

1 < 50 % Argumentasi tepat dan benar

c. Kemampuan mengemukakan argumentasi

4 75 % Penampilan sopan, pakaian bersih dan rapi

3 64 - 74 % Penampilan sopan, pakaian bersih dan rapi

55

Page 56: Panduan penulisan Skripsi REVISI th 2013

2013 PEDOMAN PEMBUATAN SKRIPSI-STIKES BANTEN

2 50 - 64 % Penampilan sopan, pakaian bersih dan rapi

1 < 50 % Penampilan sopan, pakaian bersih dan rapi

56