panduan beasiswa bgf 2013

Upload: neetaaa

Post on 16-Oct-2015

30 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

beasiswa

TRANSCRIPT

LOGO UNIVERSITAS / INSTITUSI

KerjasamaBakrie Center Foundationdengan ____________________PANDUAN BEASISWABAKRIE GRADUATE FELLOWSHIP(BGF)TahunAjaran 2013 2014

BAKRIE GRADUATE FELLOWSHIPTahunAjaran 2013 2014 Kerjasama Bakrie Center Foundation dengan ____________

Bakrie Graduate Fellowship (BGF) atau Beasiswa Pascasarjana Bakrie adalah sebuah paket beasiswa yang disediakan oleh Bakrie Center Foundation (BCF) bagi mahasiswa pascasarjana. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa pascasarjana Program Magister ______________ Semester III atau lulusan baru S-1 (fresh graduate) untuk jangka waktu 12 bulan. Untuk tahun 2012 tersedia dana sebesar Rp.______________,- untuk __________ orang mahasiswa penerima.

Calon mahasiswa penerima harus memenuhi beberapa persyaratan akademik dan kepemimpinan (leadership) melalui dua tahap seleksi. Seleksi Tahap I/Seleksi Potensi Akademik dilakukan oleh Program Pascasarjana ____________. Seleksi Tahap II/Leadership Assessment dilaksanakan oleh BCF.Seleksi Tahap I/Kompetensi AkademikSeleksi Tahap I akan dilakukan oleh sebuah Tim Program Pascasarjana yang ditunjuk oleh Rektor. Untuk keperluan ini, dalam usulannya calon mahasiswa penerima diwajibkan untuk melampirkan:1. Ijazah S-1 dilegalisasi,2. Transkrip Akademik S-1 (IPK> 3,50) dilegalisasi,3. Transkrip Semester I S-2 (IPK >3.50) dilegalisasi,4. Transkrip S2 sampaidengan Semester 25. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 minimum 3.50, tanpa nilai D dan IPK selama program S2 minimum 3.50.6. Lolos assesment kriteria kepemimpinan yang akan dilakukan oleh Bakrie Center Foundation.7. Dalam penyusunan tugas akhir/tesis, mahasiswa penerima beasiswa wajib melakukan penelitian tugas akhir di WILAYAH RISET UNGGULAN yang menjadi prioritas bagi UNIVERSITAS seperti tersebut dalam Pasal 4.8. Penelitian yang dilakukan mahasiswa penerima beasiswa wajib dikerjasamakan dengan salah satu pusat penelitian di bawah koordinasi LPPM yang terdapat di instansi UNIVERSITAS.9. Mahasiswa penerima beasiswa wajib menyelesaikan program S2 nya dan dalam waktu paling lama 12 bulan mengikuti Periode Tahun Akademik yang berlaku.10. Mahasiswa penerima beasiswa wajib menyerahkan Curricullum Vitae (CV) yaitu di dalamnya meliputi kompetensi akademik dan lebih disukai yang memiliki pengalaman berorganisasi dalam bentuk pengurus organisasi, bekerja atau usaha sambil kuliah, menulis artikel di media cetak / elektronik atau publikasi ilmiah, prestasi akademik atau non akademik, dan menjadi relawan di lembaga yang terorganisir secara resmi seperti LSM, PMI, ORMAS, dll. 11. Mahasiswa penerima beasiswa wajib menulis publikasi artikel minimum 600 kata, setiap semester baik itu mengenai hal yang berkaitan dengan penelitian tesisnya ataupun isu-isu strategis lainnya yang berkaitan dengan kegiatan program Bakrie Center Foundation (BCF). Publikasi dimaksud adalah di media cetak/ elektronik lokal (daerah). Sebagai penulis, agar juga disebutkan, Penerima Bakrie Graduate Fellowship.12. Dokumen Pengalamanorganisasi, bekerja, berusahadan volunteer /Kegiatan yang pernah diikuti Melalui tahapan ini akan ditetapkan __________ orang calon mahasiswa penerima untuk dikirimkan kepada pihak BCF di Jakarta.Seleksi Tahap II/PenilaianKemampuanKepemimpinanaSalah satu keunggulan program beasiswa ini adalah menghasilkan kader dengan kemampuan akademik dan kepemimpinan mumpuni. Oleh karena itu, selain asesmen kemampuan akademik pada Tahap I, BCF juga akan melakukan penilaian terhadap potensi kepemimpinan calon mahasiswa melaluiwawancara. Undangan wawancara akan dikirimkan oleh pihak BCF secara langsung kepada calonmahasiswa penerima melalui HP dan/atau e-mail.

Dalam Seleksi Tahap II akan ditetapkan _______ orang penerima BGF dengan besaran beasiswaRp.____________,-per semester untuk 2 (dua) semester. Mahasiswa penerima beasiswa dari sumber lain tidak diperkenankan untuk menerima BGF.Bantuan dana yang diberikan untuk per semester adalah sebagai berikut:

a. Bantuan Pembayaran Uang Kuliah: Rp.___________b.Bantuan biaya hidup : Rp ___________c. Bantuan pembelian buku : Rp ___________d. Bantuan penelitian : Rp ___________Setiap penerima Beasiswa BGF diwajibkan untuk melakukan RISET UNGGULAN dengan bidang-bidang:1. Bidang _________2. Bidang _________3. Bidang ________4. Bidang __________5. Bidang ___________

PendaftaranPendaftaran dilakukan secara manual dengan mengisi Formulir Pendaftaran. Formulirpendaftaran dapat diunduh dari website Program Pascasarjana ________________Pendaftaranyang telah dilengkapi dengan berkas-berkas yang diperlukan untuk Seleksi Tahap I dan Tahap II harap dikirimkan ke Direktur Program Pascasarjana __________ mulai tanggal _________ atau selambatnya tanggal __________.Formulir 1 dan Formulir 2 diketik dengan rapi (font Calibri 10) soft file dikirim via email dan hardcopy dijilid dengan berkas yang lain 3 rangkap.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi Beasiswa BAKRIE GRADUATE FELLOWSHIP (BGF)TahunAjaran 2013-2014Kerjasama Bakrie Center Foundation dengan __________

No.Uraian KegiatanWaktuPJ

A.Seleksi Tahap 1 (Asesmen kompetensi Akademik)

1.Sosialisasi dan Penjaringan Calon-calon Penerima Beasiswa BGF3 Juli 17 Juli 2013 UNIV

2.Penetapan Calon Penerima Beasiswa BGF18-19Juli 2013UNIV

3.Pengiriman Daftar Calon Penerima Beasiswa ke BCF22 Juli 2013UNIV

B.Seleksi Tahap 2 (Asesmen Kepemimpinan)

1.Interview23 Juli 2 Agt 2013 BCF

2.Penetapan Penerima Beasiswa BGF Periode II19 Agustus 2013BCF

Form-1BAKRIE GRADUATE FELLOWSHIPTahunAjaran 2013 2014 Form Pendaftaran

Bersama ini saya yang bertanda tangan di bawah ini melamar untuk mendapatkanBakrie Graduate Fellowship tahun 2013 :

DATA DIRICheck list

1Nama Lengkap

2NPM (S-2)

3Tempat/Tanggal Lahir

4Asal Perguruan Tinggi S1

5Fakultas/Program Studi

Tahun Masuk S1

Tahun Lulus S1

IPK S1

6Tahun Masuk S2

Program Studi

IPK S2 Semester I

IPK S2 Semester II

7Nomor Telepon

8Nomor HP

9Alamat e-mail

10Alamat Surat

Untuk keperluan tersebut, bersama ini saya melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan dan saya menyatakan bahwa seluruh data yang saya tuliskan dan saya lampirkan di atas adalah benar.

Mengetahui/Menyetujui,Ketua Program Studi

Foto 3x4Berwarna__________, __-___- 2013Calon Penerima

..................................................................................

Form-2CURRICULUM VITAE

Foto3x4berwarnaDATA PRIBADINama Lengkap: Nama Panggilan: Jenis Kelamin: Tempat/Tanggal Lahir: Usia: Agama/Kepercayaan: Suku Bangsa:

DATA KELUARGAStatusNamaL/PUsiaPendidikanTerakhirPekerjaan

PENDIDIKANSekolahNama SekolahTahunJurusan

TK

SD

SMP

SMA

Perguruan Tinggi

PENGALAMAN ORGANISASINama OrganisasiJabatanTahunTempat

PRESTASIBidangPeringkatTahunTingkatPenyelenggara

Form-2CURRICULUM VITAE

Foto3x4berwarnaDATA PRIBADINama Lengkap: Nama Panggilan: Jenis Kelamin: Tempat/Tanggal Lahir: Usia: Agama/Kepercayaan: Suku Bangsa:

DATA KELUARGAStatusNamaL/PUsiaPendidikanTerakhirPekerjaan

PENDIDIKAN FORMALSekolahNama SekolahTahunJurusan

TK

SD

SMP

SMA

Perguruan Tinggi

PENDIDIKAN NON FORMALKompetensi Nama LembagaTahunSpesifikasi

PENGALAMAN ORGANISASINama OrganisasiJabatanTahunTempat

PENGALAMAN BEKERJA/BERUSAHA

Nama LembagaJabatanTahunTempat

PENGALAMAN VOLUNTEER

Nama KegiatanJabatanTahunTempat

PRESTASIBidangPeringkatTahunTingkatPenyelenggara

__________, __-___- 2013Calon Penerima

.........................................