notulen rapat ptm-26102010

Upload: mkozin

Post on 14-Jul-2015

153 views

Category:

Documents


16 download

TRANSCRIPT

NOTULEN RAPAT PUSAT TEKNOLOGI MATERIALHari/Tanggal Waktu Tempat Pimpinan Rpt Notulen Peserta : Selasa/26 Oktober 2010 : Pukul 13.35 15.40 WIB : Ruang Rapat Lt.22 Gd II BPPT Jakarta : Dr Ir Barman Tambunan (Dir PTM) : Ir Nuning Aisyah : Staf PTM sejumlah 27 orang (daftar hadir)

Pembahasan : 1. Plt. Direktur PTM mengharapkan perhatian serius dari seluruh staf terhadap undangan rapat pusat. Mohon yang berhalangan hadir dapat mengkonfirmasi dengan alas an yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. 2. Ir. Joni Sah, M.Eng secara resmi menjadi Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Bidang Logam Paduan sehubungan dengan telah dikeluarkannya surat pelimpahan wewenang dari Deputi TIEM. 3. Informasi dari Rapim TIEM pada 22 Oktober 2010 sbb: Formasi CPNS 2010 untuk PTM sebanyak 5 orang dengan komposisi 1 : 2 : 2 untuk bidang logam; keramik; dan polimer. Unit kerja masih bisa mengusulkan perubahan formasi jika dianggap perlu. Kemungkinan masih ada kesempatan untuk penambahan anggaran kegiatan DIPA 2011, hal ini menunggu surat resmi dari Telah disampaikan capaian kinerja PTM berdasarkan IKU, masih ada beberapa output yang belum terealisasi (rekomendasi, prototipe). Untuk kuisioner kepuasan pelanggan terhadap kinerja PTM, perlu konfirmasi ulang ke BE sebagai pihak yang akan membuat kuisioner tsb. Akan ada pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di unit kerja TIEM, waktu belum ditentukan. 4. Hasil rapat pembangunan Material Maju BPPT: Tim PTM (Direktur, PNandang dan PNendar) sudah mempresentasikan kebutuhan lab material yang mencakup kegiatan fuel cell, biomaterial, logam serta diusulkan lab pendukung kegiatan photovoltaic dan karet alam. Untuk Lab Karet, wakil PTM (Bu Indri) telah mengikuti pertemuan di STP mengenai peluang pengembangannya dengan pihak Jepang. Hasil diatas akan diperdalam melalui pertemuan dengan Biro Perencanaan dengan Tim Lab Material dari PTM (PNandang, PNendar, PKozin dan PGiri). 5. Hal-hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap koordinator kegiatan insentif: Harus paham mengenai kondisi keuangan kegiatan meskipun tidak memegang keuangan secara langsung. Usahakan kegiatan AMAN dari segala sisi. Mengetahui setiap SPPD yang dilakukan (ada laporan). Kegiatan yang didalam RKAKL-nya terdapat kata PEMBUATAN harus bisa mempertanggungjawabkan realisasinya karena dianggap sebagai barang inventaris. Diharap setiap koordinator menyampaikan bahan presentasi monev BE, laporan kemajuan, dan realisasi anggaran kepada Direktur PTM. Hal ini sudah diinformasikan secara resmi melalui nota dinas kepada tiap koordinator, tetapi kenapa baru 2 dari 21 kegiatan insentif yang menyampaikan??? Jika ada kendala dalam laporan ini, mohon disampaikan kepada kepala unit.

1

6. Staf PTM yang diundang untuk presentasi (pemakalah, speaker, dsb) di forum-forum besar diluar PTM/BPPT, dimohon memberikan info mengenai keikutsertaan dalam forum tsb kepada kepala unit. 7. Tulisan-tulisan yang pernah di-published di berbagai forum mohon bisa dikumpulkan sebagai data base di akhir tahun kegiatan, jika memungkinkan bisa dibukukan. 8. Follow up pertemuan dengan Kemenhan adalah perlunya standarisasi engine untuk ranpur, ranmil, dsb (engine militer). Perlu dikoordinasikan dengan pihak BTMP untuk fokus pada desain sedangkan PTM mendapat porsi pemilihan material dan proses manufaktur. 9. Wakil PTM untuk Tim NAsional rekomendasi kebijakan adalah PTjutjuk dan PBambang. 10.Akan ada pertemuan dengan pihak Kedeputian PKT (salah satunya PArwanto) untuk membahas kesiapan program kegiatan di PTM yang telah dilaksanakan sebelumnya. Rencananya tim dari PKT akan datang ke PTM pada 28 Oktober 2010 untk meminta masukan secara detail dengan laporannya mengenai hasil kegiatan dan kesiapan untuk masuk ke pasar, termasuk didalamnya kegiatan fuel cell, biomaterial dan bbrp kegiatan laiinya (total ada 6 kegiatan yang dinominasikan) 11.Tanggal 26 Nopember 2010 adalah batas akhir penilaian fungsional perekayasa, harap menjadi perhatian bersama. (sebagai info tambahan sudah 60 orang perekayasa yang sudah di BS kan sementara dan 100 orang akan mendapatkan warning dengan alasan angka kreditnya). 12.Pemetaan kegiatan Tim Bidang PTM untuk perumusan kegiatan 2012: a. Tim 1 (Polimer): Akan mengadakan pertemuan pada Kamis 28 Oktober 2010 Mengikuti Seminar Polimer di Bali tanggal 3-4 Nopember 2010 Rekomendasi dari pertemuan dengan Dirjen EBT di Kementrian ESDM. MoU dengan pihak Malaysia diharapkan bisa terealisasi dengan baik. b. Tim 2 (Keramik): Akan mengadakan pertemuan pada Rabu 27 Oktober 2010 Fokus pada pengembangan material silikon. Sebagai informasi, telah ada kerangka acuan dari PTKKE berupa Studi Kelayakan Sel Surya di Indonesia yang dituangkan dalam proposal senilai 7 miliar rupiah. c. Tim 3 (Logam): Akan mengadakan pertemuan pada Senin 1 Nopember 2010 Kegiatan penandatangan PKS di Tegal tanggal 2 Nopember 2010. Ada 2 PKS yaitu dukungan teknologi dari PTM-BPPT dan kontrak dengan koperasi Tegalindo. Hal ini mengacu pada link dapur peleburan yang dikelola pihak bisnis di kota Tegal FGD Baja akan diselenggarakan pada 11 Nopember 2010 di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta dengan dukungan dana dari Menko Perekonomian. Acara ini akan dihadiri 70-100 orang peserta.

2

13.Untuk penyerapan SPPD DIPA dan Insentif, mohon menyerahkan surat tugas sebelum pelaksanaan, karena Direktur PTM hanya akan mengeluarkan surat tugas sebelum keberangkatan dinas. 14. Konsinyering PTM yang semula dijadwalkan pada hari Kamis 28 Oktober 2010 ternyata belum bisa terlaksana. Akan dibicarakan lebih lanjut sejalan dengan pertemuan/pembahasan di Tim Bidang PTM.

3