m.e.n. indo dec 2013-jan 2014

74
December 2013 - January 2014 MENGGERINDA DENGAN CEPAT & BERKUALITAS BERTUALANG KE DUNIA PRECISION ENGINEERING

Upload: eastern-trade-media

Post on 26-Mar-2016

262 views

Category:

Documents


6 download

DESCRIPTION

Metalworking Equipment News Indonesia

TRANSCRIPT

Page 1: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

December 2013 - January 2014

Menggerinda dengan Cepat & Berkualitas

Bertualang ke dunia Precision engineering

Page 2: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

New LaunchTurning center yang compact, memiliki performa tinggi dengan produktivitas tak tertandingi

YAMAZAKI MAZAK SINGAPORE PTE LTD21, Joo Koon Circle, Jurong, Singapore 629053Tel: +(65) 6862 1131 (12 lines) Fax: +(65) 6861 9284www.mazak.com.sg

YAMAZAKI MAZAK INDIA PVT. LTD.Tel: +(91) 2137 668800 Fax: +(91) 2137 668829www.mazakindia.in

MAZAK (THAILAND) CO., LTD.Tel: +(66) 2402 0650Fax: +(66) 2402 0651www.mazakthai.com

YAMAZAKI MAZAK VIETNAM CO., LTD.Tel: +(84) 8 3736 1838 Fax: +(84) 8 3730 6851www.mazak.com.vn

PT. YAMAZAKI MAZAK INDONESIATel: +(62) 21 2937 5280Fax: +(62) 21 2937 5281www.mazak.com.sg

YAMAZAKI MAZAK SINGAPORE PTE LTDMalaysia Representative officeTel: +(60) 3 8076 6970 / 8076 8670Fax: +(60) 3 8076 3643 www.mazak.com.sg

QUICK TURN PRIMOS50 S / 100 S / 150 S

QUICK TURN PRIMOS series

ENQUIRY NO 050

QUICK TURN PRIMOS 50 SChuck size: 5”Spindle speed: 5000 min-1

QUICK TURN PRIMOS 100 SChuck size: 6”Spindle speed: 5000 min-1

QUICK TURN PRIMOS 150 SChuck size: 8”Spindle speed: 4000 min-1

Kaca depan besar

Kaca depan bersudut 45˚ memudahkan pemantauan machining benda kerja.

Pintu depan mesin kecil dan ringan

Pintu depan didesain memiliki bukaan besar yang memudahkan akses untuk mengurangi kelelahan operator.

Pedal kaki untuk chuck

Pedal kaki dengan plat dasar didesain untuk menghindari overturning yang memastikan pengoperasian yang aman.

Didesain untuk memudahkan perawatan

Tanki oli pelumasan terletak di bagian depan mesin. Bagian lain yang memerlukan pengecekan setiap hari juga terletak di bagian depan dan belakang mesin untuk memudahkan perawatan.

Akses yang mudah

Garis sumbu spindle terletak dekat dengan bagian depan mesin.

* QUICK TURN PRIMOS 150 S

* QUICK TURN PRIMOS 150 S

Didesain untuk kelancaran pembuangan chip

Bukaan yang besar di bawah area machining untuk memudahkan pembuangan chip

Pembuangan chip

Chip hasil machining dengan mudah dikeluarkan dari bagian belakang mesin.

Page 3: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Powering your productivity

Reduce your machining times by up to 60% with Vortex, Delcam’s latest patent pending high-speed roughing technology. Vortex gives you:

• Longer tool life• Optimum cutting conditions• Better surface finish quality• Faster metal removal rates• The ability to machine 2, 3 and 5-axis parts

Revolutionising High Speed Roughing!

Visit Delcam at

Hall A, Stand No A\228

Do you want to design, manufacture and inspect EDM, electrodes quickly and accurately?

Fast, integrated design, manufacture and inspection for EDM electrodes

Everything is perfect. I’m of the opinion I’m not buying a machine –

the productivity paid for it.

Brian Bendig, Cavalier Tool & Manufacturing

www.delcam-electrode.com

Small Heath Business Park | Birmingham | B10 0HJ | UK+44 (0)121 766 5544 | [email protected]

PT. Delcam IndonesiaOffice 1 : Gedung Perkantoran Pulomas Satu

G.1 Lt-3 Room 12A, JI. A. Yani No. 2 Jakarta 13210Office 2 : Ruko Golden Boulevard block Q 41 , Jl. Pahlawan

Seribu, BSD City, Tangerang 15322

ENQUIRY NO 052

DelcamElectrode

Page 4: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Solusi CNC dari Beckhoff sepenuhnya skalabel, mulai dari panel pengoperasian hingga teknologi drive yang aman. EtherCAT, field-bus Ethernet real-time, membentuk dasar untuk komunikasi cepat dan teknologi kontrol yang sangat dinamis.

SoluSi CNC teriNtegraSidari panel operasi mesin perkakas hingga servo drive yang aman

Kontrol berbasis-PC: PaKet CnC lengKaP dan teruKurDi EMO 2011, pameran perdagangan terkemuka dunia untuk pengerjaan logam, Beckhoff telah menyajikan paket solusi kontrol CNC skalabel yang komprehensif. Hal penting yang patut disorot dari booth Beckhoff mencakup komponen-komponen teknologi drive baru untuk segmen kinerja yang lebih tinggi dan lebih rendah dan generasi perangkat lunak TwinCAT3 baru, yang memungkinkan rekayasa lebih efisien, yakni melalui integrasi C code dalam CNC.

Solusi CNC Beckhoff didasarkan pada teknologi Kontrol PC Beckhoff yang mengintegrasikan semua fungsi-fungsi mesin dalam satu platform perangkat keras dan perangkat lunak. Paket CNC Beckhoff adalah perangkat modular dan skalabel yang menawarkan solusi kontrol yang dapat disesuaikan, secara optimal dan efisien, untuk tugas apa saja, dari pusat pemrosesan dental padat hingga mesin-mesin pemotongan plasma yang rumit.

Frank Saueressig, Product Manager CNC di Beckhoff Automation, memberikan komentar tentang kehadiran Beckhoff di pameran dagang di Hanover tersebut: “Dibandingkan dengan EMO 2007, solusi CNC kami kini sangat lengkap. Dengan memperluas teknologi drive dan mengintegrasikan teknologi keselamatan ke dalam lapisan I/O dan gerakan, kami kini mampu menawarkan paket-paket solusi lengkap yang disesuaikan secara individu untuk seluruh rangkaian mesin perkakas.”

Sistem kontrol CNC dari Beckhoff telah teruji dan terbukti di banyak sektor, termasuk mesin-mesin pengerjaan kayu dan pemotongan/pengelasan. “Tujuan kami berikutnya adalah menguasai pasar dengan memposisikan solusi berbasis-PC kami yang fleksibel sebagai sebuah

alternatif bagi penyedia CNC konvensional: Kontrol berbasis-PC dari Beckhoff memberikan dasar untuk mengintegrasikan visualisasi, teknologi keselamatan, teknologi pengukuran, Pemantauan Kondisi, dan robotik ke dalam controller mesin, di samping PLC, kontrol CNC dan gerakan.”

sKalabilitas dari PerangKat lunaK hingga driveSkalabilitas solusi CNC Beckhoff mencakup seluruh sistem kontrol:

1. Perangkat lunak | TwinCAT menawarkan arsitektur perangkat lunak modular untuk fungsi-fungsi PLC, gerak, dan CNC.

2. Perangkat keras PC | Kinerja terukur untuk aplikasi apa saja: mulai dari “Compact Embeded PC” dengan interface I/O terintegrasi hingga PC Industri dengan prosesor multi-core.

3. Panel pengoperasian | Beraneka ragam Control Panel tersedia untuk operasi dan pemantauan: mulai dari panel sentuh hingga panel khusus-CNC untuk mesin-mesin perkakas.

4. Komunikasi | Fieldbus kecepatan-tinggi EtherCAT mengintegrasikan semua bidang operasi: I/O, gerak, dan keselamatan. Fieldbus konvensional atau sistem Ethernet industri seperti PROFIBUS atau PROFINET dapat diintegrasikan melalui terminal EtherCAT.

5. Teknologi Drive | Solusi drive lengkap dengan berbagai macam kinerja mulai dari koneksi servo dan stepper motor dalam format Bus Terminal standar; hingga seri drive AX5000 EtherCAT untuk kisaran power menengah dan

tinggi (hingga 118 KW), dengan servomotor yang sesuai.

6. Teknologi Safety | Solusi Keselamatan TwinSAFE yang terukur: mulai dari terminal safety I/O hingga Safety Controller berbasis-PC yang kompleks.

twinCat 3: simulasi real-time, integrasi C Code dan duKungan multi-CoreGenerasi perangkat lunak teranyar TwinCAT 3 dari Beckhoff menawarkan sebuah, arsitektur kontrol modular dengan dukungan multi-core dan tingkat integrasi yang tinggi bagi fungsionalitas PLC, gerak , dan CNC. Arsitektur multi-saluran TwinCAT CNC - dengan opsi pertukaran axis dan spindle fleksibel - menawarkan fleksibilitas yang diperlukan untuk mewujudkan fungsi-fungsi berbeda pada mesin yang sama.

CNC Beckhoff telah diperluas dengan fungsionalitas high-speed cutting (HSC) untuk pemotongan milling permukaan bentuk bebas yang optimal. TwinCAT Kinematic Transformation library memungkinkan sistem kinematis robot untuk dipetakan dalam perangkat lunak untuk kemudahan integrasi ke dalam sistem kontrol.

Platform teknik TwinCAT 3 diintegrasi sepenuhnya dalam Visual Studio® dari Microsoft. Menggunakan kerangka kerja yang telah akrab ini merupakan dasar yang memperluas opsi-opsi pemrograman: Di samping perluasan IEC 61131-3 yang berorientasi pada objek, TwinCAT 3 kini juga menawarkan bahasa-bahasa dunia IT, yakni C dan C++, sehingga C code dapat diintegrasikan dalam CNC. Melalui Matlab®/Simulink®, TwinCAT 3 kini juga cocok untuk aplikasi dalam bidang-bidang ilmiah seperti simulasi digital sistem teknis kompleks.

Page 5: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

ENQUIRY NO 000

Paket CNC Lengkap: Berbasis-PC efisien, teruji dan skalabel.

Dengan solusi kontrol CNC berbasis-PC dari Beckhoff, Anda tidak hanya mengintegrasikan semua fungsi-fungsi mesin ke dalam satu platform perangkat keras dan perangkat lunak. Lebih dari itu, Anda memiliki paket CNC lengkap yang terukur dengan baik dengan solusi kontrol individu yang dapat dikonfigurasi untuk semua industri dan jenis-jenis pemesinan. Di samping itu, sistem ini menawarkan fleksibilitas menakjubkan: Kontrol berbasis-PC dari Beckhoff menawarkan dasar untuk mengintegrasikan visualisasi, teknologi keselamatan, teknologi pengukuran, Pemantauan Kondisi, dan robotik dalam controller mesin, di samping PLC, kontrol CNC dan gerakan.

PC Industri

Terminal EtherCAT

IPC

I/O

Motion

Automation

www.beckhoff.com.sg/CNC

Beckhoff Automation Pte. Ltd.Phone: + 65 6697 [email protected]

EtherCAT Servo Drive

ServomotorsServo/stepper motors

ENQUIRY NO 011

Page 6: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 20144

Cutting tools/MaChine toolsProgram Perangkat Lunak Byte-ing untuk GrindingGrinding dilakukan dengan menggunakan program perangkat lunak dan batu gerinda. Oleh Dipl Ing Ira Schroers

20

sheet Metal FabriCationPilih Alat Gouging yang Tepat Untuk Perbaikan LasKeputusan di balik pemilihan alat gouging bisa meliputi banyak aspek. Oleh Erik Brine, product manager, Manual Systems, Hypertherm

23

ContentsDecember 2013 - January 2014

industry FoCusVisi Produk Elektronik Berkualitas Untuk memanfaatkan peningkatan tingkat permintaan konsumen di Asia, produsen harus menyiapkan teknologi mutakhir untuk mengurangi kesalahan dan mendongkrak produktivitas. Oleh Didier Lacroix senior VP, International Sales & Services, Cognex

28

teChnology insightsPE VentureAsia Pacific Metalworking Equipment News (APMEN) berdialog dengan Dr. John Yong, director of the Precision Engineering Centre of Innovation (PE COI) untuk mengetahui lebih banyak mengenai Precision Engineering (PE) dan arti pentingnya di Singapura. Oleh Joson Ng

31

22 Studi Kasus: Grinding dengan Kualitas & KecepatanSebuah perusahaan mengklaim bahwa proses grinding pada gearshaft bisa dilakukan lebih cepat dari sebelumnya tanpa mengorbankan kualitas. Kontribusi dari Christine Isenmann, marketing consultant (Communication), Erwin Junker Maschinenfabrik

25 Proses Multi-Wire Weld untuk Pengelasan yang Lebih EkonomisPengelasan tandem dapat meningkatkan fleksibilitas dan kinerja. Oleh Dipl Ing (FH) Franz Joachim Roßmann, untuk Fronius

Opini: Michael Grimm Menyangkut Precision Engineering (PE)Asia Pacific Metalworking Equipment News (APMEN) menemui Michael Grimm, director of Sales, (Key Accounts, Asia Pacific) Kennametal Singapore dan mewawancarainya tentang masalah seputar PE. Oleh Joson Ng

33

soFtware & MeasureMentDemi MutuDengan semakin jelasnya peran manufaktur aditif dalam industri presisi tinggi, ada peningkatan kebutuhan akan daya ulang dan konsistensi, yang dapat dicapai dengan perangkat lunak pengendalian mutu. Oleh Sherlyne Yong

35

Page 7: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

PT TRUMPF Indonesia • German Centre, 4th floor, suite 4260-4290 • JI Kapt. Subijanto Dj Block COA No.1 BSD City

15321 Tangerang • BSD City • Indonesia • Phone: +62 21 25650016 • Fax: +62 21 25650017 • E-mail: [email protected]

TruLaser Seri 1000www.laser-processing-made-easy.com

Semudah mengoperasikan CD player di rumah Anda: cukup tekan play, pause, atau stop. Itu saja.

Muat di pabrik manapun, muat juga di kantong anggaran Anda. Untuk sumber laser, Anda bisa

memilih antara CO2 atau solid-state. Jadi, apapun pekerjaan Anda, semuanya menjadi mudah.

TRUMPF_TruLaser_Serie1000_210x278_Indoniesen.indd 1 10.10.12 13:04

www.sg.trumpf.com/2d-laser

ENQUIRY NO 068

Page 8: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 20146

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA (M.E.N.I.) is published 6 issues per year by Eastern Trade Media Pte Ltd1100 Lower Delta Road, EPL Building #02-05 Singapore 169206 Tel: (65) 6379 2888 Fax: (65) 6379 2806.

SUBSCRIPTION RATES: M.E.N.I. is available to readers on a per annum subscription basis: US$97.00. Refer to the subscription card in each issue for further details. For change of address, please notify our Circulation Manager. For more subscription information Fax: (65) 6379 2806 Singapore E-mail: [email protected]

68pg

10 Business News65 Product Finder67 Exhibition Programmes68A Product Enquiry Card

regulars

Refer to Advertising Index

For Advertiser's Enquiry Numbers

Prospek Manufaktur KedirgantaraanDengan perkembangan perjalanan udara dan kemampuan rantai suplai lokal, industri kedirgantaraan bisa jadi solusi Indonesia menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Oleh Sherlyne Yong

49

Dimensi Baru Teknologi Waterjet Lima AxisBengkel potong waterjet presisi di seluruh dunia memasuki dimensi baru dalam bisnisnya dengan teknologi waterjet lima-axis canggih. Oleh Nancy Lauseng, marketing manager, Jet Edge

42

Faktor-faktor Pembatas untuk Mencegah Mesin CrashKombinasi pembatas torsi mekanis dan pembatas torsi elektronik bisa banyak berperan dalam mencegah mesin crash. Oleh Niilo Nykanen, application engineer, R+W Antriebselemente

44

ContentsDecember 2013 - January 2014

Belajar TerbangBaru-baru ini, Asia Pacific Metalworking Equipment News (APMEN) berada di sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Singapore Institute of Manufacturing Technology (SIMTech) untuk menggali lebih banyak tentang kebutuhan, teknologi, dan solusi bagi kesuksesan perintisan industri aerospace. Oleh Joson Ng

55

Memberdayakan Bisnis di Sektor Mesin Industri dengan PLMSebuah platform serbaguna yang berfungsi sebagai penghubung bagi berbagai mekanisme di dalam suatu perusahaan merupakan sasaran yang harus dicapai oleh banyak organisasi. Oleh Rajiv Ghatikar, VP & GM pada ASEAN/Australasia, Siemens PLM Software

46

Menyatukan SemuanyaPerakitan otomotif tiba dan membanjiri Asia. Oleh Michael E Neumann

57

Menuju Deburring Manual yang SederhanaMeski banyak pihak menganggap deburring sebagai proses yang cukup sederhana, namun proses ini telah melewati beberapa peningkatan modern dalam beberapa tahun terakhir, menghemat biaya dan waktu. Oleh Shahnawaz Abdul Hamid

52

Mengapa Harus Memakai Sistem Multisensor Penggabungan beberapa sensor dalam satu platform dapat menghasilkan pengukuran yang lebih efisien. Oleh Nate Rose, applications engineering manager, Optical Gaging Products

37

60 events & exhibition• Tinjauan Acara: EMO Hannover 2013

APMEN melihat dari dekat tentang apa yang menarik di ajang EMO. Oleh Wong Tsz Hin

FeaturesLebih Banyak Proses Multi-Axis yang Terlibat di Industri DirgantaraDalam industri kedirgantaraan, komponen yang lebih kecil dengan persyaratan akurasi yang lebih tinggi akan memfasilitasi penggunaan sistem pemotong laser lebih banyak yang memiliki kemampuan untuk bergerak ke ranah pengolahan multi-axis. Oleh Mark W Barry, VP, sales & marketing, Prima Power Laserdyne

39

Page 9: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Contact:Benidiktus Yuri SalendraMobile [email protected]

SCK – THE SYNONYM FOR PROCESS OPTIMISATION100% LEAK FREE – 100% CONVINCING – 100% SCK

Process optimisation through innovationIndependent of cooling and lubricant, the SCK is the ideal combined solution for: • MQL-1-channel / MQL-2-channel• Internal coolant up to 50 bar pressure• Dry processing

The high-quality cutting process and ease of installation combine to achieve up to 100 % improved tool life:

• Compact design

• No maintenance required

• Minimum length compensation for extended tap life, (tension/compression mechanism )

• Tap adjustable from both ends

www.bilz.com

ENQUIRY NO 014

Page 10: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

di Ujung Tahun

editor’snote

EastErn tradE MEdia PtE LtdPublished by:

(a fully owned subsidiary of Eastern Holdings Ltd)

Reg No: 199908196C

Head Office & Mailing address:1100 Lower Delta Road,EPL Building #02-05, Singapore 169206 Tel: (65) 6379-2888 Fax: (65) 6379-2806

etm EasternTrade Media Pte Ltd

an Eastern Holdings Ltd company

EastErn HOLDInGs LtDExEcutIvE BOarD

managing director Kenneth Tan

senior editor Joson Ng [email protected]

business development manager Randy Teo [email protected]

sales manager Melvin Wong [email protected]

senior sales manager Derick Chia [email protected]

editorial assistant Sharifah Zainon [email protected]

graphic designer Jef Pimentel [email protected]

contributing graphic designer Puspo Aurum

circulation executive Samantha Tan [email protected]

contributorsChristine IsenmannIra Schroers(FH) Franz Joachim RoßmannErik BrineDidier LacroixSherlyne YongNate RoseNancy LausengMark W BarryMichael E NeumannNiilo NykanenShahnawaz Abdul HamidRajiv GhatikarWong Tsz Hin

All rights reserved. No portion of this publication covered by the copyright herein may be reproduced in any form or means – graphic, electronic, mechanical, photocopying, recording, taping, etc – without the written consent of the publisher. Opinions expressed by contributors and advertisers are not necessarily those of the publisher and editor.

Printed in Indonesia by PT. Persada Utama Tirta Lestari

chairman Stephen Tay

group executive director Kenneth Tan

Sebelum semua orang berpesiar ke tempat tujuan liburannya masing-masing, ada baiknya saya sampaikan sepenggal kabar baik ini.

Menurut HSBC, indeks kinerja manufaktur (PMI) di Indonesia mencatatkan nilai tinggi empat-bulan pada bulan Oktober. Indeks tersebut naik dari 50,2 pada bulan September menjadi 50,9, didorong oleh pertumbuhan output dan meningkatnya angka pesanan baru. Dikatakan, para produsen di Indonesia bereaksi terhadap tren positif ini dengan meningkatkan aktivitas pembelian pada bulan Oktober.

Jika tren ini bertahan hingga Desember, tak diragukan lagi pasar pengerjaan logam akan mengalami peningkatan drastis. Pameran Manufacturing Indonesia akhir tahun akan menjadi indikator aktivitas pembelian setelah nilai indeks PMI yang menggembirakan pada bulan Oktober.

Melihat kebutuhan dan ekspektasi manufaktur yang sedang berkembang di Indonesia, produsen perlu mempertimbangkan relevansi teknologi yang ada saat ini dan bagaimana mereka bisa membaur ke dunia manufaktur yang sudah ada guna menjawab peningkatan pesanan baru.

Dalam edisi terakhir tahun 2013 ini, kami akan membahas topik-topik seperti penggerindaan, pengelasan, dan precision engineering, semua teknologi dan konsep terkait untuk meningkatkan produksi demi menjawab permintaan pada masa mendatang. Sekali lagi, sebentar lagi kita akan sampai di ujung tahun. Atas nama MEN Indonesia, kami mengucapkan Selamat Tahun Baru untuk semua pembaca sekalian.

Joson NgEditor

metalworking equipment news dec 2013 Jan 20148

Optimisme

Page 11: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Covering all angles and markets, Asia Pacific Metalworking Equipment News is the metalworking resource centre in both traditional and new media platforms.

[email protected]: (65) 6379 2888Fax: (65) 6379 2805

www.equipment-news.com

Social MediaAn interactive way to stay engaged with our readers.

eNewsletters Get regular updates from us and our sponsors with this service that reaches 28,500 subscribers.

WebsiteRead our eBooks as well as business news here.

Print MagazineThe most quantifiable way to reach 9,880 qualified readers.

Vietnam Guide BookAn annual to help our Vietnamese readers (8,000 strong) arm themselves with the latest in metalworking technologies.

MEN IndonesiaWith a readership of 8,000, you will be able to gain a foothold in the rising Indonesian metalworking market with this magazine.

Page 12: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Program Pengembangan Industri Otomotif

Indonesia: Dalam kebijakan industri nasional, pemerintah m e n e m p a t k a n i n d u s t r i otomot i f seba ga i indust r i y a n g d i p r i o r i t a s k a n pengembangannya. Sebagai upaya mengantisipasi era FTA regional ASEAN dan Asia Timur dewasa ini, industri otomotif Indonesia dituntut melakukan inovasi dalam menciptakan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pasar baik domestik maupun ekspor.

Apabila kita tidak memenuhi permintaan masyarakat dengan produk otomotif dari dalam negeri, maka pasar dalam negeri akan dibanjiri dengan produk impor. Dan sebaliknya, peluang pasar bebas harus dapat kita manfaatkan agar produk otomotif yang dibuat di dalam negeri mampu diekspor.

Kementerian Perindustrian telah menjalankan program pengembangan industri otomotif secara simultan, sebagai berikut:

1. Program kendaraan angkutan

umum murahPengembangan kendaraan a n g k u t a n u m u m t e l a h

dilaksanakan 10 tahun lalu melalui kebijakan pengenaan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sebesar 0% untuk kendaraan angkutan komersial seperti pick up, truck dan bus komersial.

Program angkutan umum murah (angkutan pedesaan) yang dicanangkan sejak tahun 2010 adalah untuk membuat platform kendaraan angkutan umum (pick up) yang dapat dikonversi menjadi mobil penumpang.

Program ini sesuai dengan arahan Presiden yang tertuang dalam PERPRES No. 15 tahun 2010 yaitu pada Klaster IV Program Pro Rakyat, antara lain program kendaraan angkutan umum murah. Dalam program kendaraan angkutan murah ini Kementerian Perindustrian b e r s a m a B PP Te k no lo g i mendesain prototipe platform da n komponennya . Sejak tahun 2011 telah dilakukan kegiatan brainstorming, survey kebutuhan dan spesifikasi kendaraan serta pengembangan prototipe dengan memberikan bantuan sebagai berikut:

a. Peralatan software kepada BPPT untuk pengembangan desain kendaraan umum a ngk uta n umum mura h berupa Casting Simulation & Analysis Software, Stamping Process Simulation & Analysis Software, Progressive 3D Die Design Software for Solidworks, Progressive Die Design Software, Structural Mechanics Analysis Software, Ma nufactur ing Proce ss Ma na ge me nt S o f t wa re , Simulation Driven Automotive Design (with Optimization) Software, Product Design With Structural/Fatigue/Kinematics Analysis Software, dan Heat Treatment Simulation & Analysis Software.

b. Peralatan hardware kepada BPPT untuk mendukung pengembangan kendaraan angkutan umum murah di BPP Teknologi (Spectrometer, Alumunium Tilting Crucible, L a d d l e Tr a n sp o r t a n d Preheating Unit, Degesser Unit, Bandsaw Machine, Heat Treatment, NOX-Analyser, Hydroca rbon A na lyser,

Gerard79, Luzern, Switzerland

www.equipment-news.com

10 metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 2014

Businessnews Ini Diterjemahkan Dari Bahasa Inggris

Page 13: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

E x hau st G a s A na lyser, Vibration Analyser, Digital T h r e e Po i n t s I n te r n a l Micrometer, U lt ra sonic Thickness Gauge, Material Identification, Video Digital Microscope).

Saat ini program tersebut masih terus berjalan berupa bantuan peralatan dan uji coba untuk pengembangan beberapa merek lokal antara lain Tawon, Gea, dan VIAR. Diperlukan pelaku usaha yang tangguh dan sumber daya manusia (SDM) yang handal agar dapat mentransfer desain dan know how ini menjadi produk mobil komersial.

S e l a n j u t n y a y a n g diperlukan adalah tumbuhnya industri komponen otomotif dan bahan baku baja, plastik, dan karet, serta dukungan finansial Lembaga Keuangan agar komersialisasi mobil angkutan umum murah ini dapat terwujud.

Fasilitas PPnBM 0% yang

diatur da lam Peraturan Pemerintah No.41 tahun 2013 berlaku untuk seluruh kendaraan selain sedan atau station wagon sehingga PP ini dapat dipakai untuk mendukung program kendaraan angkutan umum murah pedesaan.

2. Program mobil penumpang hemat energi dan harga ter jangkau buatan dalam negeriP ro g ra m p e n ge mb a n ga n produksi mobil penumpang hemat energ i da n ha rga ter jangkau buatan da lam negeri atau yang lebih populer disebut Low Cost and Green Car ditujukan agar mampu “survival” dan memenangkan persaingan industri otomotif di era FTA ASEAN dan Asia Timur. Aktivitas Program ini dimulai sejak 4 tahun yang lalu dengan mengadakan pendekatan ke investor, pemilik hak cipta merek (Principal), lembaga riset (R&D), industri komponen,

regulator, dan lain-lain. Program ini telah membuahkan hasil dengan masuknya investasi baru pada 5 (lima) industri mobil dan sekitar 100 industri komponen otomotif, serta industri bahan baku baja dan plastik. Industri komponen yang terbentuk akan dapat menunjang program lain yang simultan sedang dijalankan antara lain: Program Angkutan Umu m Mu ra h (a ng k uta n pedesaan), program manufaktur mobil dengan merek orisinal domestik, dan lain-lain.

3. Program Pengembangan Low Carbon Emission Program Low Carbon Emission bagi mobil buatan dalam negeri untuk semua kapasitas mesin Internal Combustion Engine (ICE) termasuk didalamnya yang mengadopsi teknologi hybrid, converter kit BBG, dan lain-lain. Program ini untuk mendorong produksi mobil yang hemat BBM dan lebih bersih emisi gas buang.

Konstruksi Proyek Arun LNG Storage & Regasification Terminal Dimulai

Jakarta, Indonesia: PT Pertamina (Persero) mulai melaksanakan pekerjaan konstruksi proyek Arun LNG Storage & Regasification Terminal yang akan menjadi tulang punggung pasokan gas sebagai sumber energi untuk menggerakkan denyut nadi ekonomi daerah Aceh dan Sumatera Utara.

D i m u l a i n y a ko n s t r u k s i proyek tersebut ditandai dengan Groundbreaking dan peletakan batu pertama oleh Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto bersama Direktur Utama Rekayasa Industri Mochammad Ali Harsono yang didampingi Direktur Utama Pertagas Hendra Jaya dan Direktur Utama Perta Arun Gas Teuku Khaidir di Plantsite LNG Arun, Lhokseumawe, Aceh Utara.

Hari Karyuliarto mengatakan bahwa 40 tahun lalu Pertamina bersama mitra-mitranya telah Engindeniz, Turkey

www.equipment-news.com

11Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

Businessnews

Page 14: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Pertamina hingga Oktober 2014 akan menginvestasikan sebanyak US$570 juta, dengan US$80 juta diantaranya untuk proyek regasifikasi LNG. Proyek pipa transmisi gas 'open access' Arun-Belawan pada akhir Desember 2013 akan tuntas 50% dari panjang total 340 km sehingga Pertamina optimistis kedua proyek tersebut akan tepat waktu.

Integrasi proyek Arun LNG Storage & Regasification Terminal dan pipa transmisi gas 'open access' Arun Belawan dapat terwujud karena adanya sinergi dari tujuh BUMN yaitu Pertamina, PLN, Pupuk Iskandar Muda, Rekayasa Industri, PTPN 1, PTPN 2, PTPN 3 dan 1 BUMD. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa sinergi positif antara BUMN dan BUMD akan melahirkan hasil positif bagi semua pihak yang terlibat dan pada akhirnya masyarakat juga yang akan merasakan dampak positif dari keberadaan proyek ini.

Wamen ESDM Resmikan Fasilitas Produksi Migas Bawah LautJakarta, Indonesia: Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Susilo Siswoutomo, hari ini meresmikan pembukaan fasilitas manufaktur peralatan produksi migas bawah laut di pabrik GE yang baru diperluas di pulau Batam. Fasilitas ini dilengkapi oleh workshop high bay yang memungkinkan GE untuk memproduksi subsea production treestipe vertikal untuk pertama kalinya di kawasan Asia-Pasifik, dan meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri dalam teknologi GE di Indonesia.

“Perluasan fasilitas subsea equipment GE di Batam merupakan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan sektor manufaktur, menciptakan lapangan kerja, serta mengembangkan sumber daya manusia, khususnya di sektor migas.” ujar Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Susilo Siswoutomo.

Meningkatkan produksi minyak dan gas bumi, serta infrastruktur transportasi lanjut Susilo merupakan prioritas penting guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

GE merupakan perusahan penyedia peralatan dan

menandatangani kontrak jual beli LNG yang menjadi cikal bakal dibangunnya kilang Arun. Ketika era sebagai produsen LNG memasuki masa 'sunset' karena menipisnya pasokan sumber gas, maka Arun LNG harus memasuki perubahan menjadi era baru sebagai LNG Storage & Regasification Terminal.

Proyek konversi kilang LNG menjadi regasifikasi pertama di dunia ini, tuturnya, telah melalui beberapa tahapan penting. Setelah diputuskan oleh pemerintah pada 2012, Pertamina menetapkan Final Investment Decision pada Februari 2013 dan menetapkan Rekayasa Industri sebagai pelaksana Engineering, Procurement, and Construction pada Maret 2013.

"Dengan peletakan batu pertama hari ini serta kemajuan proyek yang telah dicapai menunjukkan komitmen kuat Pertamina dan mitra untuk dapat menyelesaikan pekerjaan besar

ini tepat waktu. Selain prestisius dan menantang karena merupakan yang pertama di dunia, proyek ini juga sangat ditunggu peranannya dalam menjamin pasokan gas untuk pembangkit listrik dan kebutuhan industri di Aceh dan Sumatera Utara. Hal ini seiring dengan akan diselesaikannya proyek pipa transmisi gas 'open access' Arun-Belawan," kata Hari Sabtu (9/11).

Proyek Arun LNG Storage & Regasification Terminal didesain memiliki kapasitas sebesar 400 MMscfd atau setara dengan 3 juta ton per tahun. Pada saat ini proyek tersebut memiliki komitmen pasokan gas sebanyak 120 MMscfd yang dialokasikan untuk PLN.

"Kami akan terus berupaya mencari tambahan pasokan gas agar kapasitas terpasang dari fasilitas tersebut dapat dioptimalkan," ujarnya.

Dikombinasikan dengan proyek pembangunan pipa transmisi gas open access Arun-Belawan,

layanan untuk eksplorasi dan produksi bawah laut bagi industri migas. GE memperluas pabriknya di Batam guna mendukung rencana pemerintah untuk mempercepat pengembangan sumber daya energi lepas pantai dan laut dalam. GE Oil & Gas telah menginvestasikan lebih dari USD15 juta di Batam sejak tahun 2011 untuk perluasan pabrik, upgrade teknologi, dan pembangunan workshophighbay. Perluasan yang diresmikan hari ini merupakan investasi GE terbesar di Batam.

Karyawan di workshop subsea trees ini mendapatkan pelatihan di center of excellence GE Oil & Gas Subsea Systems di Singapura dan Aberdeen, U.K., serta menerima pelatihan tambahan untuk memenuhi kebutuhan tingkat kandungan dalam negeri di Indonesia.

"Kami memperluas fasilitas manufaktur peralatan produksi bawah laut di Batam untuk memenuhi permintaan akan produksi peralatan produksi bawah laut yang terus meningkat akibat semakin banyaknya pelanggan kami yang mencari sumber migas di lokasi-lokasi yang sulit dijangkau di kawasan Asia Pasifik,” ujar Handry Satriago, CEO GE Indonesia.

"Perluasan fasilitas GE di Batam ini merupakan wujud komitmen kami untuk lebih meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri dalam solusi kami di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, guna mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan pencapaian target pertumbuhan energy,” tambah Handry.

www.equipment-news.com

12 metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 2014

Businessnews

Page 15: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Kemenperin Dorong Pertumbuhan Industri Baja Nasional

Nossirom, Germany

Penelitian: Logam yang Retak Pulih SendiriCambridge, AS: Para peneliti MIT telah menemukan bahwa dalam kondisi tertentu, peregangan potongan logam yang telah retak (yakni memberikan gaya yang semestinya akan menarik dan

memutus logam) justru memiliki efek terbalik, yakni retakan menutup dan bagian tepinya menyatu.

Temuan mengejutkan ini dapat menghasilkan bahan yang

mampu pulih sendiri, mampu memperbaiki kerusakan yang baru terjadi sebelum menyebar. Hasi l ini dipublikasikan di jurnal Physical Review Letters dalam sebuah makalah karya m a h a s i s w a G u o q i a n g X u dan profesor di bidang ilmu dan teknik bahan, Michael Demkowicz.

Indonesia: Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat optimistis penyelesaian proyek PT. Krakatau Posco dapat terlaksana sesuai jadwal, sehingga diharapkan akan tumbuh industri hilir yang berbahan baku pelat baja danmampu memberikan nilai tambah tinggi terhadap tumbuhnya industri perkapalan, infrastruktur, permesinan, dan lain-lain.

Hal tersebut disampaikan Menperin dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Istimewa DPR D Kota Ci legon Da la m Rangka Penyerahan Sertifikat Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Warnasari di Cilegon, Kamis – 14 November 2013. Hadir dalam acara tersebut, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Kakanwil BPN Banten Syafriman,

Walikota Cilegon H. Tb. Iman Arivadi, Ketua DPRD Kota Cilegon H. Arief Riva’i Madawi, dan Dirut PT. Karakatau Steel Ivan K. Hakim.

“Serah Terima Sert i f ikat Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Warnasari dari BPN kepada pemerintah Kota Cilegon ini sebagai rangkaian proses untuk melengkapi persyaratan investasi dan pelaksanaan pembangunan fasilitas produksidalam rangka menuju penyelesaian proyek secara keseluruhan dari PT. Krakatau Posco, agar dapat diresmikan beroperasinya pada akhir Desember 2013 oleh Bapak Presiden,” tegas Menperin.

Pembangunan Integrated Steel Mill PT. Krakatau -Posco merupakan potensi yang besar dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas industri baja di Indonesia. Dengan adanya PT. Krakatau-Posco yang akan memproduksi sebanyak 3 juta ton slab per tahun dan adanya investasi 9 industr i logam dasar lainnya, diharapkan akan menghasilkan produk baja yang mampu mensubstitusi kebutuhan pasar domestik sebesar 6,8 juta ton/tahun dari impor yang saat ini mencapai 9 juta ton/tahun.

M e n p e r i n m e m b e r i k a n apresiasi kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian proyek PT. Krakatau Posco, sehingga d i h a r a p k a n a k a n d a p a t menciptakan industr i baja nasional yang memiliki daya saing dan menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi Indonesia.

www.equipment-news.com

13Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

Businessnews

Page 16: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

EMO Hannover 2013 Mencatatkan Hasil MenggembirakanHannover, Jerman: Selama digelar, EMO Hannover 2013 diikuti oleh lebih dari 2.100 peserta dari 43 negara. Total pengunjung mencapai hampir 145.000 dari 100 negara,

J a w a b a n t e r h a d a p temuan mengejutkan ini ada pada bagaimana batas bijih berinteraksi dengan retakan dalam mikrostruktur kristalin suatu logam — dalam hal ini nikel, yang merupakan bahan dasar ‘superalloy’ yang dipakai di lingkungan ekstrem seperti sumur minyak laut dalam.

Dengan membuat model komputer mikrostruktur tersebut dan mempelajari responsnya terhadap berbagai kondisi, "Kami menemukan suatu mekanisme yang pada prinsipnya dapat menutup retakan ketika ada pemberian tekanan," ungkap Prof Demkowicz.

Simulasi komputer terhadap struktur molekuler aloi logam yang menunjukkan batas antar bijih mikrokristalin (garis-garis putih yang membentuk segi enam), menunjukkan retakan kecil (garis horizontal gelap persis di bagian tengah bawah) yang pulih sendiri ketika logam diberi tekanan. Simulasi ini adalah satu dari beberapa simulasi yang dipakai oleh para peneliti MIT untuk mengungkap fenomena baru ini.

Hampir semua logam terbuat dari bijih kristalin kecil yang ukuran dan orientasinya dapat memengaruhi kekuatan dan karakteristik lainnya. Namun d a l a m k o n d i s i t e r t e n t u , Prof Demkowicz dan Mr Xu menemukan bahwa tekanan “mengakibatkan mikrostruktur itu berubah: Ia dapat membuat batas bijih berpindah. Perpindahan batas bijih inilah yang menjadi kunci pemulihan dari retakan," ungkap Prof Demkowicz.

Gagasan bahwa batas bijih

kristal bisa berpindah dalam suatu logam keras memang sudah banyak diteliti dalam satu dasawarsa terakhir, ungkap Prof Demkowicz. Namun, pemulihan-sendiri hanya terjadi pada suatu jenis batas tertentu, yakni batas yang memanjang ke dalam suatu bijih namun tidak penuh (hanya setengahnya). Ini menimbulkan jenis cacat yang dikenal dengan istilah 'disklinasi'.

Disklinasi dijumpai pertama kali seabad yang lalu, tetapi hanya dianggap sebagai hal yang bersifat “cukup tahu saja,” ungkap Prof Demkowicz. Ketika ia dan Mr Xu menemukan perilaku pemulihan sendiri dari retakan, ia mengatakan: “Perlu waktu sejenak bagi kami untuk meyakinkan diri bahwa apa yang kami lihat benar-benar disklinasi.”

Cacat ini memiliki bidang tekan yang kuat, yang “bisa sangat kuat sehingga membalikkan efek yang diakibatkan oleh suatu beban,” ungkapnya. Dengan kata lain, ketika kedua sisi dari suatu bahan yang retak ditarik, bukannya semakin lebar, retakan justru 'sembuh'. “Tekanan dari disklinasi lah yang menimbulkan perilaku seperti ini,” imbuhnya.

S e t e l a h m e n e m u k a n mekanisme ini, para peneliti b e r e n c a n a m e m p e l a j a r i bagaimana merancang a loi logam sehingga retakan akan menutup dan pulih dalam kondisi beban yang lazim terjadi pada aplikasi-aplikasi khusus. Teknik-teknik untuk mengendalikan m ik rost r u k tu r a lo i suda h ada, ungkap Prof Demkowicz, sehingga kita tinggal mencari cara bagaimana agar didapatkan hasil sesuai keinginan.

UCIMU: Pasar Italia Sedang Menanjak

Italia: Pada kuartal ketiga 2013, indeks pesanan alat mesin, d i te r b i t k a n o l e h S t u d i e s Department of UCIMU-Sistemi Per Produrre, menunjukkan bahwa indeks pesanan internal (pasar domestik) telah mulai t u m b u h k e m b a l i , d e n g a n kenaikan sebesar 1,7 persen dibanding periode yang sama p a d a t a h u n s e b e l u m n y a . Nilai indeks absolutnya telah mencapai 17,7 persen.

Luigi Galdabini, presiden UCIMU-Sistemi Per Produrre, mengatakan: “Elemen yang paling menonjol adalah perubahan tren di pasar domestik, yang menunjukkan pemulihan di bidang investasi mesin produksi, meski ini pun kecil.

Sinya l posit i f da lam hal jumlah pesanan internal yang diterima ini jauh lebih besar dibandingkan tingkat keyakinan di kalangan produsen Italia. Ini mungkin juga menunjukkan bahwa pasar sedang kembali ke kondisi stabil, sebuah faktor yang diperlukan untuk memulihkan seluruh sektor manufaktur yang sudah terlalu lama berada dalam kondisi stagnan."

Merujuk pada data ramalan y a n g d i o l a h o l e h O x fo rd Economic, konsumsi alat mesin di Italia akan naik sebesar 4,5 persen pada 2014, 7,1 persen pada 2015, 8,7 persen pada 2016, dan 9,6 persen pada 2017. A ngka - a ngka in i d ikorek si naik jika dibandingkan dengan publikasi sebelumnya pada musim semi lalu.

dalam waktu hanya enam hari. Menurut survei pengunjung,

satu dari l ima pengunjung melakukan pemesanan di tempat pameran. Jumlah yang sama, yakni

20 persen, berniat merampungkan pemesanan setelah pameran. Dan untuk pengunjung dari luar negeri, angka ini mencapai dua kali lipatnya.

www.equipment-news.com

14 metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 2014

Businessnews

Page 17: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Walter Memenangi Penghargaan di EMO 2013

Trumpf Mengakuisisi Perusahaan Mesin Asal China

Hannover, Jerman: Walter AG dan produsen peralatan mesin Starrag AG memenangi MM Award for Innovation karena telah memiliki produk paling inovatif dalam kategori milling: Pembubutan bilah turbin berskala produksi dengan pendinginan cryogenic berbahan CO2.

Ditzingen, Jerman: Trumpf dan produsen peralatan mesin asal China, Jiangsu Jinfangyuan CNC Machine Company (JFY) akan segera bekerja sama karena Trumpf telah membeli 72 persen saham perusahaan asal China itu.

"A k u i s i s i p e r u s a h a a n China yang sangat bergengsi in i sema k in memperkokoh kehadiran kami di pasar mesin

Fitur pendekatan yang dikembangkan oleh perusahaan adalah pasokan cairan pendingin CO2 melalui mesin, spindel, pemegang alat, dan alat, langsung ke bagian mata pisaunya — semuanya tanpa kehilangan tekanan dan berlangsung pada suhu ruang.

Pendinginan ke suhu maksimum minus 73 derajat C terjadi pertama kali di nozzle, ketika CO2 (yang telah berbentuk cairan) mengembang. Oleh karena itu, pengguna dapat melakukan pembubutan 70 persen lebih cepat dibanding jika dengan pembubutan kering. Sebaliknya, pendinginan cryogenic CO2 melipatgandakan masa pakai alat, sepanjang parameter-parameter pemotongan tidak dinaikkan.

Namun para pengembang di perusahaan ini telah menyempurnakan solusinya: Sebuah media channel kedua melengkapi pendinginan CO2. Channel ini dapat digunakan untuk aerosol atau minimum quantity lubrication (MQL), misalnya saja untuk penggilingan aloi berkekuatan tinggi untuk bilah turbin tahan panas. Karena kedua media (CO2 dan MQL) terpisah sepenuhnya dan hanya bersentuhan satu sama lain di mata pisau pemotong alat, efek pelumasan yang efisien pun bisa dicapai.

terpenting di dunia," ungkap Tr u m p f , p r e s i d e n N i c o l a Leibinger-Kammüller. "Bagi ka mi , sebaga i perusa haa n berskala medium, investasi langsung seperti ini sangat t idak biasa, terlebih teknik mesin dik lasif ikasikan oleh pemer inta h China sebaga i sektor kunci."

J F Y a d a l a h p r o d u s e n

p e r a l a t a n m e s i n u n t u k pemrosesan logam lembaran, dan (dalam hal jumlah output) merupakan yang terdepan di China untuk mesin punching dan bending. Dengan saham mayoritasnya di perusahaan itu, Trumpf terus memperluas posisinya d i pa sa r China . Lebih penting lagi, akuisisi ini membuat perusahaan dapat mengakses segmen menengah yang dinamis.

Akuisisi ini merupakan satu dari serangkaian perubahan yang dimaksudkan perusahaan untuk mewujudkan pertumbuhan di pasar-pasar yang menjanjikan dalam tahun-tahun mendatang. Perusahaan terus mengalami pertumbuhan dalam tahun fiskal 2012/13: nilai penjualan perusahaan yang berbasis di Ditzingen itu naik menjadi €2,34 miliar (US$3,2 miliar). Ini adalah angka penjualan tertinggi dalam sejarah perusahaan selama 90 tahun.

www.equipment-news.com

15Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

Businessnews

Page 18: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Peningkatan Investasi di Asia Pasifik Terus Berlanjut: PwCB a l i , I n d o n e s i a : E m p a t puluh dua persen dari Chief Executive Officers (CEO) di Asia Pasifik ‘sangat yakin’ dengan pertumbuhan pendapatan dalam 12 bulan ke depan dan hampir 70 persen di antaranya berniat meningkatkan investasi di region itu, demikian menurut sebuah studi oleh PwC.

Studi tersebut menyurvei sekitar 500 pimpinan perusahaan menya ngk ut sikap mereka terhadap operasi bisnis di region itu, dan menemukan bahwa tingkat kepercayaan diri para eksekutif di Asia Pasifik sedang tinggi-tingginya. Sekitar 42 persen eksekutif mengatakan b a h w a m e r e k a ' s a n g a t yakin' dengan pertumbuhan pendapatan tahun depan, naik dari 36 persen tahun lalu. Untuk jangka waktu yang lebih lama, 52 persen mengatakan mereka yakin dengan pertumbuhan dalam tiga hingga lima tahun ke depan, kira-kira sama dengan tahun 2012.

Survei tersebut menyatakan bahwa urbanisasi di banyak n e g a r a d i A s i a P a s i f i k , meningkatnya kemuncula n kalangan menengah baru, dan kebutuhan akan pengembangan i n f r a s t r u k t u r m e r u p a k a n alasan utama tingginya tingkat keyakinan ini.

“Para eksekutif di region Asia Pasifik berada di tengah-tengah transformasi besar yang didorong oleh peningkatan pendapatan dan kesempatan ekonomi bagi jutaan orang, secara bertahap namun stabil,” ungkap Dennis M Nally, chairman P r i c e w a t e r h o u s e C o o p e r s International. “Meski pun tingkat keyakinan akan pertumbuhan di Asia Pasifik tetap tinggi, negara-negara APEC kini juga dihadapkan dengan berbagai ke t ida k p a s t ia n d i ne ga ra berpertumbuhan lambat, yang sebelumnya hanya terjadi pada pasar maju.”

Da la m su r ve i te rsebut ,

ANTAM Memulai Pembangunan Fasilitas Ore Preparation Line-4

J a k a r t a , I n d o n e s i a : P T ANTAM telah mengumumkan d i mu la i ny a p e mb a n g u na n fasilitas Ore Preparation Line-4, yang merupakan bagian dari Proyek Pengembangan Pabrik Ferronickel Pomalaa. Upacara pemancangan tiang pertama b e r l a n g s u n g d i Po m a l a a , Sulawesi Tenggara.

P r e s i d e n D i r e k t u r p er u sa ha a n , Tato M ira za , mengatakan: "Pembangunan fa s i l i t a s O re P re p a ra t io n L i n e - 4 i n i m e n u n j u k k a n strategi pertumbuhan kami yang terus berlanjut. Setelah pengoperasian pabrik Tayan

C h e m i c a l G r a d e A l u m i n a ANTAM tanggal 28 Oktober 2 013 , k a m i k i n i fo k u s ke proyek Pengembangan Pabrik Ferronickel Pomalaa. Melalui proyek ini, kami t idak saja m e m p e r b e s a r k a p a s i t a s produksi ferronickel, tetapi juga menurunkan biaya operasional melalui pembangunan PLTB Pomalaa."

Fasilitas ini akan mencakup pengembangan rotary dryer berkapasitas 260 ton per jam dan rotary kiln berkapasitas 90 ton per jam. Fasilitas-fasilitas ini akan ber fungsi sebaga i fasilitas pengapuran nikel dan

penyiapan bijih nikel untuk E lect r ic Smelt ing Fur nace nomor 4 dan Electric Smelting Furnace nomor 2.

Fasilitas ini akan dibangun oleh konsorsium Kawasak i H e av y I n du s t r i e s da n P T W i j a y a K a r y a ( P e r s e r o) Tbk. Pembangunan fasilitas O r e P r e p a r a t i o n L i n e - 4 diperkirakan memakan waktu 27 bulan dan menelan dana sebesar US$102 juta.

D e n ga n p e n g e mb a n ga n ESF- 4 dan Ore Preparat ion Line-4, perusahaan diharapkan mampu meningkatkan produksi ferronickel tahunan di Pomalaa menjadi 25.000-27.000 TNi dari yang sebelumnya 18.000-20.000 TNi dengan asumsi 1,9 persen feed bijih Ni.

eksekutif juga diminta untuk menyebutkan pil ihan 'kuda hitam'-nya, yakni negara di Asia Pasifik yang dapat memberikan kejutan dengan kesempatan b i s n i s y a n g m e l a m p a u i perkiraan semula.

Indonesia menjadi pilihan utama, disusul oleh Myanmar, China, Filipina, dan Vietnam. D i a n t a r a k u a l i t a s y a n g d ia n g ga p me n a r i k a da la h meningkatnya jumlah kelas menengah, sumber daya alam yang melimpah, meningkatnya t r a n s p a r a n s i , p r o g r a m pengembangan infrastruktur, dan stabilitas politik.

Penemuan Lainnya• H a m p i r 9 0 p e r s e n C E O

di Asia Pasifik mengatakan bahwa strategi pertumbuhan mereka dipengaruhi oleh meningkatnya pasar konsumen berpendapatan sedang. Dan, hampir separuh kenaikan investasi difokuskan ke produk, layanan, dan distribusi baru — bidang untuk melayani kelas menengah yang sedang bertambah.

www.equipment-news.com

16 metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 2014

Businessnews

Page 19: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Frost & Sullivan: Pasar Pompa Positive Displacement di Asia Tenggara Mengalami Pertumbuhan Singapura: Pengembangan aplikasi-aplikasi baru untuk pompa Positive Displacement (PD) di industri end-user akan menopang pasar PD di Asia Tenggara. Pasar di region ini sedang dalam pertumbuhan, dan tingkat persaingannya sangat tinggi dengan banyaknya pemain regional.

Menurut Frost & Sullivan, pasar di Asia Tenggara memiliki jumlah pendapatan US$680,0 juta pada tahun 2012 dan diperkirakan akan mencapai US$866,1 juta pada tahun 2017. Pengembangan aplikasi di berbagai bidang seperti kelautan, kimia, minuman & makanan, dan pembangkit listrik mendongkrak potensi pasar PD. Meningkatnya biaya energi dan pertimbangan lingkungan menuntut adanya efisiensi energi, sehingga kebutuhan akan pengukuran pemompaan yang tepat dan akurat di industri-industri tersebut semakin melonjakkan tingkat permintaan pompa PD.

“Penegakan undang-undang terkait lingkungan telah menjadi pendorong kuat bagi pasar pompa PD,” ungkap senior research analyst Frost & Sullivan Industrial Automation and Process Control, Vandhana Venkatesan.

“Pembatasan emisi gas, polusi kimia, dan konsumsi energi untuk mengurangi pencemaran lingkungan mendorong penggunaan pompa PD karena konsumsi energi dan emisi limbah kimianya rendah.”

Namun, para pengguna akhir belum banyak mengetahui tentang kemampuan penghematan energi dari pompa PD ini, sehingga volume penjualan pun terbatas. Aspek perawatan bisa menjadi tantangan lain karena kelangkaan tenaga ahli di Asia Tenggara membuat pengguna akhir enggan membeli peralatan canggih.

“Semakin ketatnya kompetisi membuat para pemasok pompa PD harus meningkatkan layanan teknis purnajual dan layanan tambahan lainnya,” ungkap Ms Venkatesan. “Para vendor PD harus menyediakan alat tambahan bagi pengguna akhir, seperti solusi manajemen aset yang akan menjamin efisiensi energi dan mengurangi risiko berhentinya operasional alat.”

• Sekitar satu dari lima CEO mengupayakan produk dan layanan berkemampuan mobile seperti transaksi.

• Pe n g e mb a n ga n ja r i n ga n broadband dan transportasi k o t a a k a n m e n u n j a n g p e r t u m b u h a n e k o n o m i , d e m i k i a n j u g a d e n g a n perubahan di bidang peraturan dan hambatan hukum serta infrastruktur perdagangan.

• Konsistensi peraturan di region tersebut dapat memicu investasi tambahan. Seperlima

CEO me n gata k a n b a hwa apabila peraturan terka it kekayaan intelektual, tata-kelola perusahaan, dan jasa diselaraskan, mereka 'sangat mungkin' untuk menambah investasi.

• Diskusi multi perdagangan di antara negara-negara APEK disambut baik oleh sekitar 70 persen CEO reg iona l , sementara 22 persen sisanya memandang bahwa itu akan memicu biaya administratif da n ket ida kpa st ia n ya ng lebih besar.

Stratasys Membuka Kantor di Singapura

Singapura: Stratasys telah membuka kantor di Singapura. Kantor baru ini akan membuat perusahaan mampu memenuhi permintaan pelanggan di Asean dan juga pasar 3D printing lokal.

P e m e r i n t a h S i n g a p u r a baru-baru ini mengumumkan d u k u n g a n n y a k e s e k t o r indu st r i denga n inve sta si sebesar S$500 juta (US$400 juta) untuk lima tahun ke depan mela lui program ‘Future of Manufacturing’. Program ini dirancang untuk mendorong perkemba nga n da n adopsi teknologi manufaktur canggih.

Jonathan Jaglom, GM, Asia Pacific & Japan, mengatakan: “Adopsi 3D printing, terutama di region Asia Pasifik, telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Selain Singapura, negara-negara lainnya termasuk China dan Jepang juga telah menyatakan dukungannya ke sektor industri itu. Kami harap tingkat pengadopsian di region in i terus tumbuh. Sebaga i yang terdepan di industr i , kami berupaya untuk terus menawarkan teknologi mutakhir, membantu menciptakan inovasi dan standar layanan.”

Kehadiran kantor di Singapura akan membuat perusahaan dapat menawarkan solusi dan dukungan yang paling sesuai, baik untuk mitra maupun pelanggannya di negara itu.

Jonathan Jaglom

www.equipment-news.com

17Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

Businessnews

Page 20: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Tianj in, China: DMG Mori t e l a h m e m b u k a p a b r i k baru di zona barat Tianjin E c o n o m i c -Te c h n o l o g i c a l D e v e l o p m e n t A r e a . Pa d a tahap awal, fasilitas ini akan menempati lahan seluas 22.000 meter persegi. Perusahaan berencana membuat model sepert i NHC4000, NHC5000 dalam pabrik dan kapasitas produksinya mencapai 100 unit/bulan (fase pertama). Nilai total investasi pada fase pertama diperkirakan mencapai JPY4 miliar (US$41 juta).

P a b r i k d i T i a n j i n i n i merupakan fasilitas produksi luar-negeri kedua yang dimiliki perusahaan, menyusul pabrik di Amerika Utara yang mulai beroperasi pada tahun 2012. Pabrik Tianjin tidak saja fokus pada produksi machining centre horizontal untuk pelanggan di China, tetapi juga berfungsi

DMG Mori Membuka Pabrik di Tianjin

s e b a g a i b a s i s p r o d u k s i komponen-komponen cor yang akan didistribusikan ke pabrik-pabrik lain di Jepang dan AS.

Pena mba ha n pabr ik in i akan memperkuat jar ingan produksi global perusahaan, yang telah menyebar hingga

E r o p a , A m e r i k a U t a r a , Jepang, dan China. Dengan m e m a n f a a t k a n j a r i n g a n produksi ini, perusahaan akan berupaya mengurangi biaya logistik dan waktu pengiriman guna meningkatkan produk dan layanan bagi pelanggan.

FTP II, 1.174 MW PLTA Ditargetkan Beroperasi

Jakarta, Indonesia: Pemerintah m e n a r g e t k a n p e mb a n g k i t listrik berbasis energi air bisa dikembangkan hingga 1.174 megawatt (MW) pada program percepatan 10.000 megawatt

Robert Linder, Springfield, United States

(MW) tahap kedua. Peningkatan pemanfaatan air sebagai sumber energi ini merupakan salah satu prog ra m p emer inta h untuk mengembangkan energi terbarukan.

D a l a m b u k u R e n c a n a Induk Pengembangan Energi Baru Terbarukan (RIPEBAT) 2010 -2025 saat ini Indonesia memiliki enam provinsi yang potensi tenaga airnya besar untuk dimanfaatkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Enam provinsi tersebut diantaranya Papua, meliputi sungai Memberamo, Derewo, Ballem, Tuuga, Wiriagar/Sun,Kamundan dan K laduk dengan total potensi mencapai 12.725 megawatt (MW).

Potensi terbesar selanjutnya y a i t u K a l i m a n t a n T i m u r, me l iput i su n ga i Ke ray a n , Mentarang, Tugu, Mahakam, Boh, Sembakung dan Kela i dengan total potensi mencapai 6.743 MW. Empat provinsi lain yang memiliki potensi adalah Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

www.equipment-news.com

18 metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 2014

Businessnews

Page 21: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Sementara untuk di seluruh Indonesia, potensi energi skala besar dan kecil tidak kurang da r i 75.670 M W, da n ba ru dimanfaatkan sebesar 4200 MW atau 5,6 persen. Saat ini jumlah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) skala kecil dan besar yang sudah beroperasi 1.941,05 MW , tersebar di 10 lokasi.

PLTA sk a la b e sa r ya ng beroperasi dengan kapasitas terbesar terdiri dari tiga PLTA yakni Cirata (1000 MW), Saguling (700 MW) dan Jatiluhur (150 M W ). Pemerintah prov insi Papua dan Sumatera Utara juga berencana untuk membangun PLTA dengan kapasitas masing-masing 2000 MW dan 763 MW, selain itu saat ini juga tengah berlangsung pembangunan PLTA di Genyem yang berkapasitas 19.2 MW.

Disisi la in, potensi PLTA

ska la mini dan mikro yang sudah teridentifikasi adalah 50 MW , sedangkan yang sudah diba ng un sebesa r 210 M W atau setara dengan 42 persen. Potensi PLTA skala mini dan mikro diduga jauh lebih besar dari angka tersebut diduga lebih dari 500 MW, apalagi jika menggunakan potensi energi hidro skala besar dan kecil. Kenyataannya memang banyak terjadi pembangunan PLTMH di lokasi ya ng sebenarnya memilik i potensi jauh lebih besar dari kapasitas terbangkit d e n g a n b e r b a g a i a l a s a n diantaranya sesuai dengan jumlah listrik, biaya investasi dan sudah dapat dipenuhi oleh sumber daya lokal.

Harga pokok produksi listrik ya ng diba ngk itka n PLTMH sangat kompetitif dibandingkan dengan teknologi pembangkit

lainnya, disamping itu teknologi PLTMH sudah dikuasai oleh ahli dan manufaktur loka l, dengan demik ian harganya sudah kompetitif dibandingkan produk import. Pada awalnya PLT M H ba nya k d ig u na k a n untuk menyediakan listrik di wilayah terpencil dan belum terjangkau jaringan listrik oleh PLN. Biaya investasi umumnya b e ra s a l da r i p e me r i nt a h , bantuan bilateral atau lembaga donor.Ketika harga BBM naik, beberapa instalasi dibangun oleh perkebunan swasta guna menggantikan unit pembangkit l istrik dengan bahan bakar fosi l , demik ian juga ket ika pemerintah membuka peluang bagi produsen listrik swasta u n t u k m e n j u a l k e P L N , beberapa investor membangun PLTMH kemudian listrik yang dihasilkan dijual ke PLN. (SF)

ENQ

UIR

Y N

O

04

9

CT 20

Your nearest representation : Tornos Malaysia Penang +60 4 642 6562Tornos Thailand Bangkok +66 2 746 8840-1 www.tornos.com

From simple to mid complex components, the CT 20 is designed to meet your requirements.

■ 4 or 5 linear axes■ Up to 26 tools■ Up to 10 rotating tools■ FANUC control

T H I N K P A R T S T H I N K T O R N O S

www.equipment-news.com

19Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

Businessnews

Page 22: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201420

Selama berabad-abad, mesin bubut hanya dioperasikan oleh orang. Untuk pemesinan benda

kerja ini berarti kualitas benda kerja hanya bisa sebaik stabilitas mesin dan keandalan serta pengalaman dan kemampuan sang operator.

Walaupun itu tugas yang sulit, (misalnya: di manual alat grinding, setiap sudut dan permukaan yang akan digerus membutuhkan penjepitan baru. Untuk setiap proses pengukuran, benda kerja harus dilepas dari mesin, diukur, kemudian kembali dijepit. Kesalahan sangat mudah terjadi dan tingkat penolakannya tinggi) karena itu, presisi yang

Grinding dilakukan dengan menggunakan program perangkat lunak dan batu gerinda. Oleh Dipl Ing Ira Schroers

PerangkatLunak

Program

Byte-ing untuk Grinding

luar biasa dapat dicapai dengan keberadaan orang yang tepat.

Pemesinan dengan Perangkat LunakLangkah pertama automasi sudah dimulai oleh mesin Numeric Control (NC). Sistem kontrolnya membaca perintah kontrol yang ada pada penyebar data dan mengonversinya menjadi urutan gerakan. Keuntungan besarnya saat i tu adalah mengubah penyebar data, (pada waktu itu masih memakai plester berlubang) mesin dapat dengan cepat beradaptasi dengan tugas baru, itulah sebabnya mengapa kontrol NC pada awalnya terutama digunakan dalam alat bubut.

Dengan kemajuan perkembangan teknologi, teknologi komputer juga mendapat peran dalam proses produksi. Teknologi CNC mulai digunakan pada pertengahan tahun 70-an. Alat ini memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi dan yang memungkinkan dilakukannya rasionalisasi dalam produksi bagian secara tunggal dan rangkaian.

Berkat kontrol elektronik dan perangkat lunak, produk yang membutuhkan lebih banyak presisi dan kompleksitas saat ini dapat diproduksi dengan biaya yang hemat. Melalui penggunaan perangkat lunak dikombinasikan dengan pengukuran modern dan teknologi pendorong, saat ini proses dapat dioperasikan dengan keandalan dan kemampuan produksi yang tinggi dalam rentang kualitas yang pada beberapa tahun yang lalu masih tak terbayangkan. Hal ini juga berlaku untuk pembuatan alat stepped dan pembuat profil, misalnya. Pemotong pohon pinus dan pengebor penggilingan benang serta alat mikro untuk sektor medis hanya dapat diproduksi berkat bantuan perangkat lunak modern.

Program Perangkat Lunak Modern untuk GrindingP e n g g u n a m e m b u t u h k a n program yang membuat mereka dapat memproduksi bagian yang kompleks semurah dan

Proses peel grinding dengan kontur memanjang (kiri) atau pendular grinding dengan permukaan prismatik (kanan) – perangkat lunak modern dapat menaklukkan semua tantangan.

Teknologi perangkat lunak modern mempermudah dan mempercepat proses produksi pembuatan bilah

turbin

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Cutting toolsMaChine tools

Page 23: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

21

Enquiry No. 6001Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

secepat mungkin. Pada saat yang sama, persyaratan presisi pada benda kerja semakin meningkat. Bertahun-tahun yang lampau, angka 0,01 mm mungkin sudah cukup, tapi kini tingkat presisinya harus mencapai 0,005 mm. Sebagai perbandingan: sehelai rambut manusia tebalnya adalah 0,07 mm. Untuk mencapai tingkat presisi seperti ini, perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, dan kontrol mesin harus selaras satu sama lain. Ini hanya mungkin dilakukan jika pengembang perangkat lunak memiliki keahlian yang relevan dan memiliki pengetahuan yang memadai tentang matematika, teknologi kontrol, dan teknologi grinding.

Kisah serupa juga terjadi di Walter. Perangkat lunak ToolStudio tersedia untuk pemrograman dan pemesinan virtual, serta menjadi database pengetahuan untuk perkakas grinding.

Dengan Grips, Blohm, Ewag, dan Jung menawarkan alat bantu pemrograman untuk profil batu gerinda dan mengembangkan p r o g r a m g r i n d i n g y a n g parameternya dapat dibuat khusus sesuai aplikasi untuk masing-masing keluarga benda kerja. Kesamaan untuk semua solusi perangkat lunak ini adalah sistem yang sederhana, operasi intuitif, dan antarmuka pengguna yang ramah berbasis Windows. Tapi solusi perangkat lunak ini tidak berarti menandai akhir dari pengembangan.

Masa Depan Perangkat Lunak Grinding?Pentingnya perangkat lunak grinding akan semakin meningkat, karena di masa depan akan menjadi ciri pembeda yang paling penting dalam peta persaingan. Ewag, misalnya, sedang membuat standardisasi lebih lanjut dari perangkat lunak ini, Walter berfokus pada alat profil dan regrinding, sementara Studer, dengan pelatihan dan pemrograman Studer, mengerjakan sebuah program yang akan memungkinkan pelanggan untuk mengeksekusi ‘grinding dry runs’ pada laptop.

Blohm Jung saat ini sedang melakukan tes awal untuk kalibrasi otomatis benda kerja menggunakan scan 3D; ini akan membuat mesin dapat memilih program grinding yang sesuai dengan bantuan gambar CAD dan kemudian menggerus benda kerja berdasarkan gambar. Tapi satu kesamaan dari semua perkembangan ini: semakin kompleks proses perangkat lunak yang berjalan di latar belakang, maka pengoperasian mesinnya semakin sederhana.

Berkat kontrol elektronik dan perangkat lunak, produk yang membutuhkan lebih banyak presisi dan kompleksitas saat ini dapat diproduksi.

D e n g a n t i m s p e s i a l i s perangkat lunak, perangkat lunak StuderTechnology dikembangkan dalam waktu sekitar lima tahun. Sistem ini menyimpan seluruh pengetahuan praktis proses grinding milik perusahaan di dalam database dan menyarankan penyetelan optimal untuk parameter pemesinan, terlepas dari pengetahuan operator.

Perangkat lunak grinding StuderGrind dan semua modul p e r a n g k a t l u n a k l a i n n y a mengakses database ini ketika mulai memprogram proses grinding baru. Keuntungannya adalah waktu peralihan dan persiapan lebih singkat dan tanpa penolakan, serta hasil produksi yang optimal sejak awal.

Geometri cerobong dari penempaan dapat diproduksi dalam satu penjepitan hanya dalam beberapa menit dengan menggunakan perangkat lunak grinding modern

Cutting toolsMaChine tools

Page 24: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201422

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Alih-alih menghubungkan m e s i n g e r i n d a konvensional, semakin b a n y a k p r o d u s e n

dan pemasok otomotif yang mengandalkan teknologi ringkas dan hemat biaya untuk proses produksi crankshaft, camshaft, atau gearshaft.

Di antaranya ada Getrag Ford Transmissions, salah satu produsen transmisi terbesar di dunia. Mereka memiliki tiga Jucenter 6L terpasang. Dengan mesin ini, kapasitas maksimum lebih dari 2 juta gearshaft dapat dicapai dalam operasi tiga shift.

Di dalam mesin gerinda ini terdapat sebuah konsep tentang mesin yang dapat mendukung perputaran ekonomi dan memungkinkan potensi penghematan yang signifikan.

Mempertahankan Kualitas & KuantitasKecenderungan untuk membuat transmisi dengan penambahan gear ratio yang lebih kecil untuk mencapai efisiensi bahan bakar yang lebih baik, memerlukan

Konsep mesin manufaktur baru harus mencapai akurasi komponen yang lebih tinggi seraya meningkatkan hasil produksi alat itu.

Studi Kasus:

konsep mesin produksi baru untuk mencapai akurasi komponen yang lebih tinggi seraya meningkatkan hasil produksi alat tersebut. Karena itu, kualitas produk, waktu siklus, biaya unit, output dan keandalan proses harus selalu berada pada level yang konstan. Etos kerja ini memberikan bukti nyata — apa yang sebelumnya dilakukan dengan tiga mesin sekarang dapat dicapai dalam satu mesin.

Hasil produksi yang berkualitas. Presisi jangka panjang mesin dimungkinkan berkat guideway dan sistem penggerak hidrostatik. Sistem yang sama memberikan kestabilan dan peredaman yang dinamis. Menurut produsennya, Jucenter 6L adalah mesin gerinda pertama yang memungkinkan proses grinding lengkap terhadap

gearshaft selesai dalam waktu siklus kurang dari 45 detik.

Dengan ketersediaan mesin 97 persen, (lini manufaktur tradisional yang menggunakan tiga mesin hanya bisa mencapai 91,7 persen) produksi tahunan sebesar 800.000 gearshaft dapat diproduksi. Mengurangi jumlah mesin dan biaya tenaga kerja — manfaat lain.

Untuk menambah kinerja secara keseluruhan pada waktunya, Junker Operator Panel (EJOP) memungkinkan struktur operasi standar dari semua mesin yang diproduksi oleh produsen. Dengan demikian, tahap pengenalan atau pelatihan ulang dikurangi seminimal mungkin.

Enquiry No. 6002Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Sebuah perusahaan mengklaim bahwa proses grinding pada gearshaft bisa dilakukan lebih cepat dari sebelumnya tanpa mengorbankan kualitas. Kontribusi dari Christine Isenmann, marketing consultant (Communication), Erwin Junker Maschinenfabrik

Grindingdengan Kualitas & Kecepatan

Cutting toolsMaChine tools

Page 25: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

23

Pengelasan merupakan proses penyatuan dua bagian logam dengan melebur permukaannya

menggunakan filler metal yang dilelehkan oleh panas busur las. Karena kegagalan las bisa berdampak fatal (misalnya pada aplikasi di kapal atau jembatan), hampir semua las harus bebas dari cacat untuk menjamin kualitas yang baik.

Cacat yang paling umum terjadi pada las adalah retakan, inklusi (terperangkapnya gas atau kontaminan lain seperti kerak dan karat) dan tidak sempurnanya penetrasi atau peleburan las. Ketika ditemukan, cacat-cacat ini harus dihilangkan dan diganti dengan las yang baru. Biasanya, ini dilakukan dengan penggerindaan (grinding) atau pemahatan (gouging).

Keputusan di balik pemilihan alat gouging bisa meliputi banyak aspek. Oleh Erik Brine, product manager, Manual Systems, Hypertherm

Jika mempertimbangkan kecepatan dan produktivitas, gouging menjadi metode pilihan untuk membuang las dengan cepat dan mudah. Di samping untuk perbaikan las, gouging lazim dipakai untuk scrapping atau pembongkaran, juga ‘back-gouging’, yang merupakan proses pembuangan lapisan kerak pada las multi-layer.

Saat ini, ada beberapa solusi metal gouging yang beredar di pasaran. Dengan pemilihan teknologi yang tepat, insinyur dapat membuang dan memperbaiki las dengan lebih mudah.

Di asia, hand grinding, carbon arc, dan plasma merupakan teknologi gouging yang paling banyak digunakan. Dan meskipun carbon arc telah lama dipandang sebagai sistem gouging yang mumpuni untuk berbaga i

kebutuhan, plasma kian menjadi solusi pilihan karena kemajuan teknologi baru-baru ini telah membuat metode ini lebih mudah dipakai dan lebih produktif.

Metode GougingDalam metode carbon arc gouging, busur listrik dihasilkan di ujung elektrode grafit atau karbon. Panas yang dipicu kemudian melelehkan logam, dan bentuk lelehan ini dibuang oleh terpaan udara untuk membentuk ulir. Proses ini dapat digunakan pada baja ringan, besi tuang, aloi nikel, tembaga, dan aluminium, tetapi tidak cocok untuk baja tahan karat karena akan berkarat bila menjalani carbon arc gouging.

Plasma gouging menggunakan penembakan gas lembam pada kecepatan tinggi. Pada saat yang sama, arus dari sumber listrik membentuk busur listrik melalui gas, sehingga mengionisasi gas untuk membentuk busur plasma.

Busur plasma dapat memahat dan memotong semua bahan yang menghantarkan listrik, dan paling sering digunakan pada baja ringan, baja tahan karat, dan aluminium, sehingga membuatnya lebih unggul dibanding metode carbon arc. Sistem plasma juga dapat memahat atau memotong logam-logam yang kotor, dicat, atau berkarat.

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Pilih Alat Gouging yang Tepat Untuk

Perbaikan Las

Plasma dapat memahat dan memotong jenis bahan yang lebih banyak

SheetMetalFabrication

Page 26: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201424

Dengan ilmu dasar mengenai carbon arc dan plasma, perusahaan-perusahaan di Asia mungkin dapat langsung memutuskan sistem gouging mana yang akan digunakan berdasarkan kebutuhan bisnis mereka. Namun untuk faktor-faktor yang lebih spesifik seperti kemudahan pemakaian, polusi, biaya, dan produktivitas, produk ini mengandung perbandingan-perbandingan yang harus dipertimbangkan perusahaan-perusahaan tersebut sebelum memutuskan akan menggunakan carbon arc ataukah plasma.

Kemudahan Pemakaian& Kualitas GougeTahun-tahun belakangan ini, kemudahan pemakaian proses teknis telah semakin menjadi faktor penentu keputusan di Asia, terutama karena hal tersebut meminimalkan p e l a t i h a n , m e n i n g k a t k a n keselamatan, dan akhirnya meningkatkan keuntungan. Jika carbon arc dibandingkan dengan plasma, operator lebih mudah membiasakan diri dengan plasma.

Ketika carbon arc digunakan untuk gouging, busur listriknya sulit dikendalikan. Karenanya, sudah biasa bila dalam metode ini kita jumpai terlalu banyak logam yang dibuang atau pun deposit karbon pada logam dasar.

Inilah yang terjadi, bahkan bila

operator sudah berpengalaman. Di lain sisi , plasma hanya memerlukan sedikit latihan untuk menghasilkan gouge yang mulus, bersih, dan konsisten. Akibatnya, ketika sistem plasma digunakan, operasi sekunder (seper t i grinding) untuk menyempurnakan lapisan permukaan gouge tidak lagi diperlukan.

Selain itu, plasma dapat memahat berbagai jenis logam. Plasma cocok untuk bahan bersifat besi dan non-besi yang menghantarkan listrik, juga untuk logam dalam segala kondisi.

S e m e n t a r a i t u , c a r b o n arc goug ing hanya dapat menangani jenis-jenis logam tertentu. Ini berarti, pengelas yang menggunakan s istem plasma hanya perlu memakai satu alat untuk mengerjakan berbagai logam, sementara yang menggunakan sistem carbon arc mungkin harus berganti-ganti antar sistem sesuai jenis bahan yang dikerjakan.

PolusiPenyediaan lingkungan kerja yang aman semakin menjadi aspek penting bagi para produsen di Asia. Pada carbon arc gouging, tiupan udara kerap menguapkan logam lelehan menjadi titik-titik halus, menghasilkan asap yang terlalu banyak. Emisi ini dapat

mengandung uap logam, debu karbon, dan produk sampingan logam, yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Sementara pada plasma gouging, logam yang dicairkan didorong keluar dari ulir dengan cara yang lebih lembut, sehingga asap yang dihasilkan lebih minim.

Selain itu, seperti gouging mekanis lainnya, carbon arc gouging relatif bising. Kendati penggunaan pelindung telinga tetap disarankan bagi pengguna plasma gouging, plasma merupakan alternatif yang lebih hening, dengan tingkat kebisingan yang biasanya lebih rendah 5 hingga 10 decibel.

Biaya & ProduktivitasBiaya modal awal untuk sistem carbon arc gouging umumnya lebih rendah dibanding sistem plasma. Namun, karena plasma mampu memahat empat kali lebih cepat dibanding carbon arc, dan hanya memerlukan sedikit grinding atau tidak sama sekali untuk pembersihannya, biaya per komponen yang diproduksi menjadi lebih kecil. Selain itu, komponen habis pakai pada sistem plasma memiliki masa pakai yang lebih panjang. Jika menimbang semua faktor ini, plasma gouging menjadi pilihan yang secara ekonomi lebih efisien.

Selain itu, sistem plasma tidak saja dapat dipakai untuk gouging, tetapi juga untuk pemotongan. Pengguna akhir berpotensi mendapatkan nilai lebih besar dari peralatannya, dan dapat lebih cepat memperoleh imbal hasil positif atas investasi sistem plasmanya.

Di Asia, carbon arc dan plasma gouging sama-sama memiliki posisi mapan dalam proses gouging logam. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya, dan pemilihan di antara keduanya bergantung pada kebutuhan bisnis masing-masing perusahaan.

Enquiry No. 6101Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Plasma menghasilkan gouge yang mulus, bersih, dan konsisten

SheetMetalFabrication

Page 27: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

25

Pengembangan proses las baru untuk dipakai di teknik mesin, galangan kapal, dan produksi kendaraan selalu

berpusat pada kebutuhan untuk mendongkrak produktivitas. Dahulu, perhatian khusus diberikan pada pengurangan waktu pengelasan dengan meningkatkan kecepatan pengelasan, dan/atau pada peminimalan pembubutan dan pelurusan sesudah pengelasan yang diperlukan dalam pengelasan irisan besar pelat-pelat berdinding tebal.

Selain proses-proses satu-kawat dengan laju deposisi yang lebih tinggi seperti submerged-arc dan electroslag welding, berbagai upaya telah difokuskan pada pengembangan sistem pengelasan dengan beberapa elektrode sekaligus.

Sistem ini disebut proses

Pengelasan tandem dapat meningkatkan fleksibilitas dan kinerja. Oleh Dipl Ing (FH) Franz Joachim Roßmann, untuk Fronius

Proses Multi-Wire Weld untukPengelasan yang Lebih Ekonomis

pengelasan double-wire dan tandem. Keunggulan terbesar dari kedua jenis proses dua-kawat ini adalah laju deposisi dan kecepatan pengelasan yang jauh lebih tinggi, sementara input panasnya lebih rendah.

Keunggulan lain dari pengelasan dua-kawat dalam suatu weld-pool bersama adalah weld-pool-nya lebih besar, dan dikeraskan belakangan. Selain itu, proses dua-kawat juga meningkatkan kemampuan gap-bridging dengan memutar obor las ke arah samping, sehingga bisa dilakukan pembasahan yang luas ke dinding samping di top-pass tanpa perlu osilasi.

Pengelasan simultan dengan beberapa elektrode telah lama menjadi metode pengelasan high-performance yang ekonomis dan efisien. Namun, pada kenyataannya, semakin jelas bahwa pengguna

kesulitan dalam mengidentifikasi p a r a m e t e r s e c a r a b e n a r. Penyebabnya adalah kompleksitas sistem dan proses pengelasan tersebut yang tetap saja belum hilang hingga sekarang.

Sebelum menggali lebih jauh, kita akan melihat perbedaan antara proses pengelasan double-wire dan tandem.

Pengelasan Double-WireDalam pengelasan double-wire, atau dikenal juga dengan pengelasan parallel-wire, dua elektrode kawat dilelehkan menggunakan obor bersama dan kedua kawat ada di satu tenaga listrik. Bergantung pada kebutuhan dayanya, pengelasan dilakukan entah dengan sumber listrik bersama atau sendiri-sendiri. Pengendalian proses las secara sendiri-sendiri tidak dimungkinkan karena hanya ada satu tegangan yang bisa sebagai variabel kontrol.

Oleh karena itu, kedua elektrode hanya dilelehkan pada kecepatan wirefeed yang kurang-lebih sama. Laju deposisi yang tinggi ini tidak diperlukan di semua aplikasi pengelasan. Misalnya saja pada lap-weld yang irisan kelimnya kecil . Meskipun kecepatan pengelasannya lebih tinggi, input panasnya masih tinggi sehingga semakin menyulitkan pekerjaan.

Kecepatan pengelasan yang tinggi juga memicu masalah tersendiri seperti undercutting. Untuk mencegah hal ini, busur harus dibuat sependek mungkin. Di lain pihak, dalam pengelasan double-wire, kita tidak mungkin mengendalikan busur dip-transfer. Ketika busur lebih panjang, interferensinya juga akan lebih besar. Oleh karenanya, efek negatif seperti pemercikan (spattering) dan interupsi proses hampir mustahil untuk dicegah. Pengelasan tandem merupakan pilihan yang lebih baik dalam hal ini.

Pengelasan TandemTidak seperti pengelasan double-wire, pengelasan tandem selalu

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

SheetMetalFabrication

Page 28: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201426

menggunakan dua sumber listrik yang saling diberi penyekat dan sebuah obor yang konduksi arusnya terisolasi. Dengan metode ini, semua jenis busur (dip-transfer, spray, dan pulse) bisa dikombinasikan dalam satu sistem yang sama. Masing-masing tegangan busur bisa diukur sendiri-sendiri dan digunakan sebagai variabel kontrol.

U n t u k m e m a k s i m a l k a n kestabilan, digunakanlah proses pengelasan tandem (mis. TimeTwin) yang menyinkronkan dua busur yang digunakan dalam pulse-welding dalam perbedaan fase sebesar 180 derajat. Kendati kecepatan wirefeed bisa saja berbeda, ini pun hanya mungkin terjadi dalam batas yang sangat sempit.

Karena pergeseran fase tersebut, weld-pool dalam TimeTwin tetap lebih hening — spattering pun lebih sedikit dibanding pada pengelasan double-wire atau pengelasan tandem konvensional, dan busurnya pun lebih stabil. Proses tandem biasanya memiliki ciri input panas yang lebih rendah dibanding pada proses double-wire.

Pada sebagian pekerjaan pengelasan, input panas yang sudah rendah ini pun masih bisa menjadi masalah. Fillet weld adalah contohnya. Jika weld-pool terlalu cair, kelim akan mengendur apabila pengelasan dilakukan pada irisan

kelim yang besar dalam pekerjaan out-of-position atau posisi PB. Dalam posisi-posisi pengelasan ini, kestabilan proses juga menerima dampaknya. Kasus-kasus seperti ini memerlukan proses lebih stabil yang input panasnya jauh lebih rendah dan dapat disetel secara presisi.

Fleksibilitas & Kontrol yang Lebih Tinggi pada Pengelasan TandemUntuk aplikasi yang memerlukan kestabilan proses yang lebih besar dan kontrol proses las yang tak terganggu di seluruh kisaran daya, sistem pengelasan tandem adalah pilihan yang lebih cocok (Gambar 1).

S i s t e m p e n g e l a s a n i n i dilengkapi dengan dua sumber daya digital yang bekerja sendiri-sendiri. Ini memungkinkan proses pengelasan disesuaikan secara tersendiri menurut persyaratan aplikasi di setiap kasus. Artinya juga, wire-feeder mana pun dapat dipilih (dengan keterbatasan fisik yang ada).

Akibatnya, bisa dipilih kecepatan wirefeed yang sangat berbeda. Bahkan, kita bisa menggunakan proses las yang sepenuhnya berbeda. Solusi kawat kembar ini memampukan penggunanya untuk mengeksploitasi dua proses Cold-Metal-Transfer (CMT), atau menggabungkan proses pengelasan GMA pulsed-arc (‘Lead’) dengan

proses CMT (‘Trail), semuanya dalam satu sistem (Gambar 2).

Fitur paling khas dari proses CMT adalah elektrode digerakkan maju mundur secara cepat dan terkendali selagi pengelasan berlangsung. Hubung-singkat (ketika elektrode menyentuh weld-pool) menginisiasi gerak terbalik elektrode. Setelah berlalunya durasi pembakaran busur yang ditentukan, kawat berubah arah dan bergerak balik menuju objek kerja. Tidak seperti busur pulse atau spray, tetesan terlepas secara terkendali selama terjadinya hubung-singkat.

Pada CMT, panjang busur mengalami sedikit atau bahkan nihil fluktuasi, karena kawat ditarik dalam jarak tertentu tanpa terpengaruh oleh jarak stickout. Input panasnya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan busur dip-transfer konvensional, karena hubung-singkat tidak terputus pada kondisi aliran-arus yang tinggi (seperti yang terjadi pada busur dip-transfer konvensional), melainkan justru pada ampere yang rendah yakni ketika kawat ditarik.

Peluruhan tetesan ke dalam weld-pool secara terkendali juga berarti bahwa spattering yang terjadi sedikit atau tidak ada sama sekali, sehingga proses jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan busur (pulse) konvensional.

Gambar 1: Sistem pengelasan tandem CMT Twin memiliki dua sumber daya digital yang bekerja sendiri-sendiri

Gambar 2: CMT Twin memulai proses ketika proses busur pulse dan proses CMT digabungkan

SheetMetalFabrication

Page 29: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

27

Dalam CMT Twin, sifat positif ini bisa digabungkan dengan keunggulan proses pengelasan busur pulse GMA. Misalnya, elektrode kawat pertama (‘lead’) dapat mencapai penetrasi yang dalam dengan busur pulse dan/atau ampere pengelasan yang tinggi, sementara elektrode berikutnya (‘trail’) bekerja dalam mode CMT dan mengisi kelim sesuai kebutuhan, dengan kecepatan wirefeed dan input panas yang lebih rendah.

K a r e n a C M T P r o c e s s mengeluarkan tekanan busur yang lebih kecil terhadap weld-pool, dengan hasil weld-pool yang tetap lebih tenang, gangguan proses busur pulse pada elektrode ‘lead’ pun lebih kecil. Sebaliknya, hal ini membuat pulsing tetap lebih pendek dengan daya yang lebih tinggi (= penetrasi dalam).

Hasilnya, kecepatan pengelasan yang tinggi. Jika sebuah fillet weld dilas pada sambungan pangku (lap-joint) berupa dua lembaran logam setebal 2 mm, kecepatan pengelasan bisa mencapai 4 m/menit (Gambar 3). Karena input panas yang lebih rendah, sistem pengelasan tandem bekerja lebih baik dibanding proses tandem konvensional dari segi kemampuan gap-bridging.

Kombinasi proses mana yang harus dipilih untuk sistem pengelasan ini akan bergantung pada kebutuhan penerapan masing-masing tugas pengelasan, yakni dari segi kecepatan pengelasan, laju deposisi, dan kemampuan gap-bridging.

Untuk fillet weld yang harus dilas pada posisi PB atau out-of-position, pilihan terbaiknya adalah kombinasi busur pulse (‘lead’) dengan proses CMT (‘trail’). Kombinasi ini membuat si pengelas dapat mencapai hasil ‘textbook’, bahkan ketika mengelas fillet weld a6 dalam posisi horizontal-vertikal (PB) (Gambar 4).

Dibandingkan dengan proses tandem konvensional, kombinasi proses busur pulse dan CMT dengan jalan ini (parameter-parameter lain tetap sama) akan mengurangi input panas antara 10 dan 20 persen. Input panas dari kombinasi CMT-CMT masih tetap lebih rendah, yang berarti bidang aplikasi baru kini dapat dibuka untuk pengelasan tandem.

Sebagai contoh, CMT Twin memungkinkan pengelasan out-of-position terhadap root-pass (Gambar 5) yang tidak akan mungkin dilakukan oleh proses pengelasan lainnya, atau mahal bila pun bisa. Butt-weld juga dapat dilas

secara lebih efisien, karena weld-pool lebih hening dan penetrasi dalam terhadap elektrode ‘lead’ mengurangi risiko cacat leburan, yang juga berarti bahwa kita dapat memilih sudut lebih kecil.

Mudah DitanganiUntuk menjamin hasil las yang baik sedari permulaan, (dalam CMT Twin) elektrode ‘trail’ tidak akan bekerja sebelum proses elektrode ‘lead’ stabil dan sumber listrik elektrode ‘trail’ telah menerima sinyal aman untuk memulai.

T i n g g i n y a k e s t a b i l a n proses dan tingkat pengaruh timbal-balik yang lebih rendah telah memungkinkan Fronius menarik karakteristik optimal untuk beragam aplikasi. Ini mengoordinasikan proses bagi pengguna, sehingga mereka dapat jauh lebih mudah dalam mengidentifikasi parameter yang benar.

KesimpulanCMT Twin menggabungkan keunggulan TimeTwin dan CMT ke dalam satu sistem. Dibandingkan dengan proses dua -kawat konvensional, keunggulannya adalah keandalan proses yang tinggi, kualitas kelim, kemampuan gap-bridging, kecepatan, dan minimnya pembubutan sesudah pengelasan. Berkat sifat-sifat ini, sistem pengelasan tandem menawarkan hasil pengelasan yang lebih baik dibanding proses double-wire atau tandem konvensional.

Ini jelas terlihat terutama ketika kita menyambung lembaran ringan pada kecepatan tinggi karena input panas tidak melampaui nilai optimumnya. Sistem pengelasan ini juga unggul dalam hal kemudahan penanganan. Semua kemampuan ini menjadikan sistem pengelasan CMT Twin cocok dipakai di industri otomotif dan pemasok, galangan kapal dan teknik mesin, serta di bidang pembangkit listrik.

Enquiry No. 6102Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Gambar 3: Fillet weld yang dilas pada sambungan pangku (lap-joint) berupa dua lembaran logam setebal 2 mm.

Gambar 4: CMT Twin membuat pengguna dapat mencapai hasil ‘textbook’, bahkan ketika mengelas fillet weld a6 dalam posisi PB)

Gambar 5: Gambar ini menunjukkan kelim pipa yang mana pelat baja 19 mm telah dilas dalam posisi PB, dalam tiga pass.

1 mm

2 mm

5 mm

SheetMetalFabrication

Page 30: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201428

Pasar produk elektronik k o n s u m e n d i A s i a Tenggara sedang naik-naiknya. Di Thailand,

Business Monitor International (BMI) yakin bahwa pangsa pasar mereka akan bertambah sekitar 12 persen pada tahun 2013. Ini akibat faktor-faktor seperti pengenalan perangkat 3G mobile dan migrasi ke TV digital. Lisensi TV digital, yang diberikan pada bulan Oktober 2013, akan mendorong jumlah pembelian unit televisi, karena kalangan rumah tangga akan beralih ke televisi digital.

Sekitar 100.000 rumah baru akan dibangun di Bangkok dan provinsi-provinsi sekitarnya. Ini merupakan bagian dari program pembangunan rumah, yang juga diharapkan akan mendorong tingkat permintaan. Pendorong utama pertumbuhan produk elektronik konsumen adalah beredarnya unit TV Light

Untuk memanfaatkan peningkatan tingkat permintaan konsumen di Asia, produsen harus menyiapkan teknologi

mutakhir untuk mengurangi kesalahan dan mendongkrak produktivitas. Oleh Didier Lacroix senior VP, International

Sales & Services, Cognex

Visi Produk Elektronik

Berkualitas

Emitting Diode (LED) dan 3D, tablet, dan smartphone.

Di Singapura, kecilnya jumlah penduduk terimbangi oleh tingginya tingkat kesejahteraan dan melek teknologi para penduduknya, demikian menurut BMI. Pada awal-awal 2013, permintaan desktop dan notebook tetap lebih baik dibandingkan negara-negara maju lainnya. Konsumen juga membeli smartphone, tablet, TV hybrid/convertible dan terhubung-internet dalam jumlah yang kian banyak.

Di Vietnam, BMI yakin bahwa pasar smartphone murah akan menguntungkan dalam tiga tahun ke depan. Tingkat penetrasi smartphone di Vietnam hanya 11 persen pada tahun 2012, meskipun masih lebih tinggi dibanding negara-negara lainnya yang masih satu region. BMI melihat bahwa potensi Smartphone Vietnam akan terbuka dalam tiga sampai lima tahun mendatang.

Se i r ing masuknya para produsen untuk memanfaatkan peluang di Asia, kualitas produk menjadi faktor penting yang dapat memengaruhi reputasi dan penjualan mereka. Machine vision menawarkan kemampuan yang dapat menjamin terbebasnya line produksi dari kesalahan.

Tak jarang, machine vision menggantikan proses Quality Control (QC) dan mempercepat pemeriksaan. Hal ini akan mengurangi tingkat kesalahan secara efektif dan membantu meningkatkan volume produksi secara keseluruhan. Tak kalah penting juga adalah dapat diulang-ulangnya pemeriksaan yang terus memenuhi standar aplikasi — sesuatu yang mustahil dicapai oleh operator QC manusia.

Kebutuhan ProduksiProdusen produk elektronik

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggrisIlker, Izmir, Turkey

IndustryFocus

Page 31: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

29

konsumen telah mengenalkan produk yang memanfaatkan Microelectromechanical Systems (MEMS) dengan kemampuan unik. MEMS harus diposisikan secara akurat dalam sebuah housing plastik dengan toleransi hingga submikron. Ini dimaksudkan untuk meluruskan komponen-komponen mekanis pada cetakan dengan komponen-komponen yang saling terhubung pada housing.

Perangkat MEMS memerlukan pemeriksaan in-process yang andal di setiap tahap proses produksi yang kompleks. Sebelumnya, pemeriksaan ini dilakukan oleh operator manusia menggunakan mikroskop, dan memakan waktu hingga lima menit. Akibatnya, pabrik memerlukan 15 pemeriksa (manusia) agar volume produksi yang tinggi tetap terkejar.

Masalah besarnya adalah, pemeriksa (manusia) tidak dapat melakukan pengukuran presisi secara konsisten sebagaimana yang diperlukan oleh aplikasi ini. Produsen khawatir bahwa keterbatasan ini akan menimbulkan kerusakan produk di lapangan, yang dapat berpengaruh buruk terhadap reputasi produk itu sendiri. Namun, aplikasi ini sulit dibuat otomatis karena housing plastik bersifat fleksibel sehingga sulit dipermanenkan.

Akhirnya, solusi muncul dalam bentuk alat inspeksi yang menggunakan dua kamera CDC-200 dan sebuah frame grabber MVS-8100. Dengan solusi ini, produsen dapat melakukan lebih dari 500 pengukuran di sembilan tahapan produksi.

Dengan waktu siklus yang tidak sampai 30 detik per tahap, prosesnya meliputi pemuatan, pengeluaran, dan pemindahan komponen selama inspeksi. Sistem pemeriksaan berbasis visi yang otomatis ini menjamin terpenuhinya tingkat toleransi hingga angka submikron. Sistem ini juga menawarkan fleksibilitas sehingga kita dapat dengan mudah mengakomodasi perubahan desain dan penyempurnaan proses.

Sistem pemeriksaan presisi otomatis ini melakukan fungsinya 15 kali lebih cepat dibanding pemeriksa manual (manusia). S i s t e m i n i m e n a w a r k a n konsistensi yang dapat diulang-ulang, yang tidak dapat dicapai oleh operator manusia.

Komponen dimuat secara manual ke dalam nest khusus yang dipasang pada suatu platform X-Y 0,02 mikron. Operator memilih suatu recipe sebelum mengaktifkan perintah pemulaian siklus melalui layar sentuh komputer khusus dan keyboard komputer standar.

Mengomunikasikan Gambar Ketika nest dimasukkan ke area pemeriksaan, gambar komponen akan dibuat secara otomatis oleh onboard reader. Lokasi fitur pada unit ditentukan oleh kamera digital berbasis Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS) menggunakan lensa beresolusi rendah.

Kamera lain yang memiliki lensa beresolusi tinggi mengukur fitur-fitur tersebut secara akurat. Light-curtain menjamin keselamatan operator, karena langsung menghentikan mesin bila terdapat objek yang menghalangi tirai selagi yang belakangan beroperasi.

K a m e r a m e n g g u n a k a n teknologi sensor piksel aktif CMOS untuk mengubah energi cahaya menjadi data gambar digital. Kamera mengubah data ini menjadi streaming digital, sebelum memecahnya menjadi paket-paket data, sesuai dengan protokol komunikasi kamera CogLink. Kemudian, ia akan mengirimkan streaming digital ini melalui serial bus berkecepatan tinggi menuju ke frame grabber. Paket-paket data akan disatukan kembali sehingga gambar hasil jepretan kamera akan tersedia di perangkat lunak yang dijalankan pada PC host.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tantangan utamanya adalah mengokohkan komponen yang frame-nya terbuat dari bahan plastik yang mudah lentur. Untuk memecahkan masalah ini, dikembangkanlah rancangan mekanis rumit menggunakan kinematic constraint fixture enam titik dan gaya jepit rendah gesekan yang dapat diulang-ulang. Komponen bersandar pada sebuah vacuum bed yang menariknya ke tiga bola penopang karbid untuk mempertahankan bidang datar yang konstan. Pergerakan sumbu X dibatasi dengan penggunaan pin registrasi di semua sisi komponen.

S e b u a h s n u g g e r y a n g menumpang di atas unit geser rendah gesekan tersebut akan

Kualitas produk di industri elektronik sangat menentukan keberhasilan.

Gabstero, US

IndustryFocus

Page 32: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201430

Enquiry No. 6201Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

mengaktifkan pengunci pada komponen dan menahan komponen terhadap bagian belakang fixture, sehingga posisi komponen di bidang sumbu X dapat dipertahankan. Gaya yang diberikan tetap rendah untuk menghindari kerusakan bentuk plastik secara permanen. Komponen dapat dilepas dari fixture, dipasang kembali, diukur kembali, semuanya dapat diulang-ulang dengan toleransi 0,2 mikron.

Alat untuk PengukuranUnit juga menggunakan cetakan iris yang direkatkan ke substrat keramik yang dipasang ke sebuah housing plastik. Sirkuit fleksibel dipasang ke housing ini. Tahap pemeriksaan berikutnya memeriksa dan mengukur perekat pada keramik, sebelum pemasangan cetakan.

Karena di tahap ini tidak diperlukan pengukuran yang terlalu akurat, digunakanlah kamera beresolusi rendah untuk memeriksa perekat. Beberapa ratus fungsi kaliper dan line finder dari library VisionPro digunakan untuk mengukur jumlah perekat pada substrat, sehingga menjamin terpenuhinya spesifikasi.

Bahkan bila pun ada noise di latar belakang gambar, alat kaliper ini tetap dapat digunakan untuk menemukan tepi atau pasangan

tepinya. Inspeksi berbasis visi selesai hanya dalam waktu beberapa detik, dan waktu siklus 30 detik sisanya digunakan untuk memuat, memindahkan, dan mengeluarkan komponen.

Jika perekat substrat lolos dalam pemeriksaan, cetakan iris diletakkan ke substrat tersebut. Platform X-Y menggerakkan fiducial (objek untuk titik acuan/titik ukur) satu gerak demi satu gerak, menuju bagian tengah gambar dari kamera beresolusi-tinggi kedua. Kemudian, digunakan alat penentu lokasi komponen dan fitur untuk menemukan lokasi fiducial pada cetakan menggunakan kamera beresolusi rendah. Alat ini mampu menemukan objek secara akurat, tanpa terpengaruh oleh variasi tampilan komponen akibat variasi proses, permukaan yang memantulkan cahaya, oklusi parsial, perubahan cahaya non-linear, atau formasi gambar yang tidak rata.

Kemudian, kamera beresolusi tinggi menyimpan gambar yang digunakan untuk menentukan offset dan putaran fiducial dengan toleransi submikron jika merujuk ke golden standard dari National Institute of Standards and Technology (NIST).

Penempatan KomponenLangkah berikutnya adalah memasang sirkuit fleksibel pada

substrat. Sirkuit fleksibel membuat board tetap memiliki bentuk sesuai yang diinginkan dan diproduksi dengan komponen-komponen yang sama dengan yang dipakai untuk PCB keras.

Sirkuit fleksibel memiliki fiducial yang pemeriksaannya sama persis dengan cetakan MEMS. Setelah sirkuit fleksibel diperiksa, langkah berikutnya adalah penyatuan kawat antara sirkuit fleksibel dan cetakan MEMS, sebelum akhirnya dienkapsulasi. Kemudian, unit diperiksa ulang untuk mengukur enkapsulasi melalui metode yang sama dengan yang dipakai untuk mengukur perekat pada tahap pemeriksaan sebelumnya.

Mesin pemeriksaan presisi ini mampu melakukan lebih dari 500 pengukuran di sembilan tahapan proses yang berbeda. Dengan kata lain, kecepatan yang dihasilkan adalah 120 komponen per jam, sehingga pemeriksaan menyeluruh dapat dilakukan hanya dengan satu operator. Kinematic fixture menghasilkan repeatability yang lebih baik dari 0,2 mikron saat melepas dan memasang kembali komponen.

S istem pemeriksaan in i mengukur fitur besar dan kecil pada satu komponen, dan menghubungkan pengukuran antara kamera beresolusi tinggi dan rendah. Kamera dan frame grabber menawarkan resolusi tingkat tinggi yang diperlukan untuk menjamin terpenuhinya toleransi tingkat submikron di setiap unit.

Di line produksi berpresisi tinggi, proses QC manual sering tidak memenuhi standar yang ditentukan akibat subjektivitas dan kesalahan operatornya. Namun dengan investasi yang tepat, teknologi dapat mengisi celah ini dengan hadirnya machine vision, sehingga produk selalu memenuhi ekspektasi kinerja dari pasar konsumen.

Pendorong utama pertumbuhan produk elektronik konsumen datang dari smartphone

Iceviking, Iceland

IndustryFocus

Page 33: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

31

Memilih ‘PE’ di PE COI

• Penempaan Cairan Bagian dengan Aspek Rasio Tinggi Pembentukannearshapeuntukbagian

denganaspek rasio tinggidiantaranyaaluminium,magnesium,dantembaga

• Pemecah Getaran Penggilingan Mencegah mesin bergemeretak

dengan memprediksi parameteryangoptimal

• Pembentukan Putar Komponen Logam Pembentukandinginnearnetshape

untukkomponenberonggasilinder

Precision Engineering adalah pendukung kunci untuk sebagian besar industri manufaktur

di Singapura, baik itu perkakas maupun proses,” kata Dr. Yong. Pernyataan ini tepat berlaku untuk pengerjaan logam dan juga kondisi manufaktur di Singapura. Menurut dia, alasan untuk mengatakan hal seperti itu adalah, tidak seperti negara-negara lain yang sektor PE biasanya menjadi kemampuan yang tertanam dalam sektor tertentu seperti laut atau teknologi kedokteran, PE memiliki peran yang jauh lebih penting di Singapura.

“Dalam konteks Singapura, PE itu sendiri sebuah sektor,” katanya. “Ini sektor yang cukup signifikan di Singapura, dengan kontribusi 11,1 persen dari seluruh output manufaktur tahun 2012, menurut survei ekonomi MTI.” Dengan ketergantungan usaha manufaktur terhadap PE di Singapura, maka penting untuk mengikuti perkembangan di sektor ini.

Asia Pacific Metalworking Equipment News (APMEN) berdialog dengan Dr. John Yong, director of the Precision Engineering Centre of Innovation (PE COI) untuk mengetahui lebih banyak mengenai Precision Engineering (PE) dan arti pentingnya di Singapura. Oleh Joson Ng

Tren Teknologi PE Dalam pengerjaan lembaran logam, Yong merasa bahwa bidang kombinasi stamping dan forging akan lebih populer dalam lima tahun ke depan.

Ia mengatakan: “Pada saat ini, pembentukan lembaran diarahkan untuk memproduksi bagian dengan ketebalan yang konstan. Namun, industri semakin menuntut bagian dengan berbagai ketebalan. Hal ini dapat dicapai dengan pemesinan tapi tidak hemat biaya. Kondisinya mirip dengan forging; menempa bahan massal tebal menjadi lembaran tipis dengan ketebalan yang berbeda-beda ternyata tidak hemat energi. Oleh karena itu, sekarang ada kebutuhan untuk mengembangkan proses tersebut. Di PE COI, kami sedang mengembangkan proses hibrida untuk memproduksi komponen dengan beragam ketebalan.”

Walaupun proses pemesinan banyak ditemukan di banyak

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

bengkel kerja di Singapura, dia menekankan pentingnya bagi perusahaan untuk memanfaatkan mesin lima-axis. Bagi Dr. Yong, ini tentang memahami kemampuan mesin dan menggunakannya untuk menghasilkan pekerjaan yang bernilai lebih tinggi dan lebih kompleks. Oleh karena itu, penting bagi teknisi untuk menyadari potensi penuh dari mesin mereka.

Sejauh tren teknologi di bidang pemesinan, Dr. Yong melihat kebutuhan yang lebih besar untuk membubut bahan eksotis seperti Inconel dan titanium, terutama karena meningkatnya permintaan dari sektor kedirgantaraan dan migas. Menurut dia, penting bagi perusahaan PE membekali diri dengan kompetensi yang relevan untuk pasar negara berkembang karena memang diperlukan kemampuan tertentu untuk melayani industri tersebut.

“Kami bekerja sama dengan perusahaan yang tertarik untuk masuk ke sektor-sektor yang tumbuh itu. Dengan demikian, kami telah memulai dan akan meluncurkan beberapa proyek industri kolaborati f dalam pemesinan serta pengelasan bahan eksotis. Pengalaman ini penting; tanpa itu, maka perusahaan multinasional tidak akan menganggap Anda (sebagai produsen kontrak). Kami sedang mempersiapkan perusahaan kami agar siap mengerjakan proyek-proyek di bidang tersebut,” ujarnya.

Terakhir, APMEN menanyakan kepada Dr. Yong tentang fenomena

Dr John Yong

PE Venture

technology InsIghts

Page 34: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201432

dan pelek menjadi produsen roda. Sembilan tahun silam, Dr. Yong

dan timnya bekerja dengan mereka pada sebuah proyek cetakan roda aluminium. Bersama-sama, mereka berhasil mengembangkan kemampuan pabrik produksi untuk menghasilkan roda logam campuran berkual i tas dan berkinerja tinggi. Selain proses pengecoran, perlakuan panas dan simulasi pengetahuan juga disampaikan.

Contoh terakhir yang diberikan oleh Dr. Yong adalah Tru-Marine. Dikisahkan bahwa perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pemeliharaan, perbaikan dan overhaul turbocharger di laut, lepas pantai, pembangkit listrik dan aplikasi lokomotif itu berkolaborasi dengan PE COI dalam sebuah proyek yang melibatkan pengembangan prosedur reklamasi. Laser Aided Additive Manufacturing (LAAM) digunakan untuk mencapai keuntugan dalam kualitas dan produktivitas.

PECOI terletakdiSingapore InstituteofManufacturingTechnology (SIMTech),

lembagarisetmilikAgencyforScience,TechnologyandResearch(A*STAR).Pusat

risetinimenampilkandanmempromosikanPEmelaluialihteknologi&pengetahuan

sertapengembangan industri.Untukmelakukannya,pusatmengidentifikasibidang

pertumbuhanyangtinggi(biasanyayangmemilikiCAGRlebihdaridelapanpersen)

danberusahamembangunrantainilaidiSingapurauntukmelayanisektor-sektoritu.

Bekerjabersama instansipemerintahdanperusahaanmultinasional lainnya,

konsorsiumbekerjadenganpemahamanekosistemdanmembahastemuanmereka

sertamembuatproposalselamasesidiskusiindustri.Misalnya,ketikacelahdalamrantai

nilaiteridentifikasi,makadibuatlahstrategiuntukmenanganirantaitersebut.

MenurutDr.Yong,prosesinibiasanyamembutuhkanwaktusekitarenambulandan

datayangdikumpulkandiperbaruisetiaptahun.Praktikinipentingkarenajikacelah

dalamrantainilaitidakditangani,makaproyekbernilaitinggiitumungkindialihkanke

yanglain.Misalnya,simulasilapisanpermukaandanperlakuanpanasadalahbeberapa

bidangyangkurang(dalamhalkeahlian)melayanisektoryangtumbuhdiSingapura.

IdentifikasidantindakanperbaikanselanjutnyasangatpentinguntukmembantuUKMdi

Singapurabergerakdalamarahyangbenar,khususnyaterhadapproduksibernilaitinggi.

“Dimasalalu,perusahaanPEhanyamencariproyekbuilt-to-print.Kedepan,mereka

lebihmencariproyekyangmemilikinilaitambahatauruangproduk.Dalamruangproduk,

merekamembangundenganspesifikasidanmenggabungkanelemendesain.Kuncinya

adalahmembangunmodul-modulbukannyakomponen.Disinilahkamiinginmembantu

mengalihkanarahperusahaan,”kataDr.Yong.

PE COI

pemanfaatan gun drilling untuk pengeboran di sektor minyak & gas. Ia membagi jawabannya menjadi dua bagian. “Dalam industri ini, eksplorasi minyak akan dilakukan lebih dalam dan alat untuk melaksanakan pekerjaan itu akan berhadapan dengan lingkungan yang lebih keras.

Untuk meminimalkan jumlah sendi di tiang bor, tabung yang digunakan untuk mengebor lubang akan lebih panjang dan rasio aspek bor juga akan lebih tinggi. Kedua, pengembangan material akan menyebabkan penggunaan bahan eksotis yang lebih tinggi yang lebih bisa tahan terhadap suhu tinggi dan lebih tahan aus,” katanya.

Eksplorasi AktifPeta PE di Singapura sedemikian rupa perkembangannya sehingga sebagian besar perusahaan yang terlibat dalam sektor ini kemungkinan besar adalah produsen kontrak. Bersikap proaktif, menerima tantangan, dan memiliki semangat untuk mencari peluang baru adalah saran Dr. Yong untuk para pemilik bengkel kerja PE di negara tersebut.

“Banyak perusahaan PE akan melihat sektor ini dan mengkaji kemampuan yang mereka miliki. Mereka biasanya datang kepada kami dengan membawa gambar dan menanyakan cara terbaik untuk membuat bagian. Melalui proyek kolaborasi industri, kami bantu mereka memahami beberapa proses

baru. Eksposur ini juga berfungsi untuk mendidik mereka. Dari sana, mereka dapat mengidentifikasi bidang-bidang yang paling dekat dengan bisnis mereka saat ini dan mencoba mendapatkan bisnis di bidang tersebut,” lanjutnya.

Pedagang yang Jadi ProdusenSebagai direktur PE COI, Dr. Yong memiliki banyak kisah sukses yang menyoroti pentingnya PE. Ia menyebutkan tiga contohnya kepada APMEN.

“Component Technology mulai mengerjakan proyek R&D bersama kami. Melalui ini, perusahaan mengembangkan sistem pengukuran pengikat kabel optik 3D pertama di dunia. Sistem ini membantu mengurangi waktu pemeriksaan dari 10 detik menjadi 0,3 detik,” katanya.

Kisah distributor peralatan yang berubah jadi perusahaan OEM ini bukan satu-satunya yang dia lihat; perusahaan lainnya adalah Stamford Tyres. Mereka berubah dari distributor dan pengecer ban Enquiry No. 6301

Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Pusat riset mengembangkan banyak pengetahuan teknis bersama-sama dengan perusahaan swasta.

Enquiry No. 6302Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

technologyInsIghts

Page 35: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

33

APMEN: Menurut pandangan Anda, apa definisi dari Precision Engineering (PE)? Komponen besar dari PE adalah proses yang stabil dan dapat diulang-ulang. Anda setuju dengan itu? Apa saja tren teknologi dalam PE?Michael Grimm (MG): PE adalah istilah yang memiliki arti luas. Artinya bisa dimulai dari definisi toleransi dalam fase perancangan komponen. Kita melihat di bidang mesin misalnya, toleransi semakin ketat untuk mencapai standar polusi terbaru dan untuk mendapatkan tenaga mesin yang sama meski ukurannya hanya separuh dari mesin yang ada 10 tahun lalu.

Ini hanya bisa dimungkinkan apabila toleransi yang lebih ketat tersebut mampu dipertahankan dalam kondisi produksi massal. Untuk dimensi yang kritis, harus dicapai kemampuan statistik sebesar Cpk 1,67 atau bahkan 2,0, yang pada dasarnya menurunkan toleransi menjadi setengahnya.

Di satu pihak, ini memerlukan mesin yang dapat menjamin kestabilan proses, misalnya dengan machine bed yang dibuat dari cor-coran mineral yang memiliki stabilisasi panas internal. Di lain pihak, ‘faktor

Asia Pacific Metalworking Equipment News (APMEN) menemui Michael Grimm, director of Sales, (Key Accounts, Asia Pacific) Kennametal Singapore dan mewawancarainya tentang masalah seputar PE. Oleh Joson Ng

Precision Engineering (PE)

Michael Grimm Menyangkut

manusia’ harus diminimalkan. U n t u k p e r t i m b a n g a n i n i , d i s a r a n k a n a u t o m a t e d manufacturing cells/lines yang dilengkapi alat pengukuran in-process dan ‘penyetelan-mandiri’.

APMEN: Teknologi terbaru apa yang dapat ditawarkan Kennametal di bidang ini?MG: Saat mengembangkan peralatan untuk pembubutan p re s i s i , k a m i f o k u s p a d a peminimalan pengaruh manusia terhadap kinerja alat.

Kami menggunakan desain ‘fool proof’ (sangat gampang)

s e h i n g g a d a p a t d i h i n d a r i perakitan insert pemotongan yang salah. Untuk peralatan solid atau yang dikeraskan, kami menawarkan layanan rekondisi yang menjamin toleransi yang sama dengan alat baru.

Untuk peralatan yang dapat disetel seperti RIQ reamer, Romicron fine boring tools, dan Expandable Reaming System, kami telah membuat pengaturan alat semudah mungkin.

- RIQ reamer misalnya, tidak m e m e r l u k a n p e n y e t e l a n back-taper yang memakan banyak waktu.

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Michael Grimm

Opini:

Pengaturan alat dibuat semudah mungkin untuk alat yang bisa disetel.

technologyInsIghts

Page 36: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201434

- Romicron System memungkinkan penyetelan diameter yang dapat diulang-ulang dalam langkah sebesar 2 µm yang dapat ‘dirasakan’ di dalam mesin. Proses ini bahkan bisa dibuat otomatis bila spindel mesin memiliki kemampuan CLB (Closed Loop Boring). Romicron AVS juga menyediakan kemampuan automatic balancing agar sistem lebih stabil ketika pembubutan berlangsung dalam kecepatan tinggi.

- Expandable Reaming System akan mencapai tingkat akurasi tiga kali IT6 (hingga 300 persen umur pakai) berkat kemampuan kompensasi keausan yang bisa diperbesar. Akurasi ini dapat mencapai diameter 2 µm dengan menyetel sekrupnya.

APMEN: Apa saran Anda bagi para pemilik fasilitas manufaktur kecil di Asia yang ingin meningkatkan level presisinya di berbagai proses pemotongan logam?MG: Kami sarankan investasi di bidang peralatan, yang dapat menjaga kestabilan proses sehingga keperluan akan campur tangan operator dalam jangka panjang bisa diminimalkan atau bahkan tidak ada sama sekali. Operator selalu berganti-ganti, memiliki keterampilan berbeda,

atau perlu diberi pelatihan. Ini memerlukan sistem otomatis, sehingga operator t inggal memasukkan komponen ke dalam magazine dan/atau berkonsentrasi pada optimalisasi proses produksi secara keseluruhan.

Awalnya, ini mungkin terasa memakan biaya, tetapi akan terasa keuntungannya dalam jangka waktu menengah. Selain itu, hal ini juga memberikan kesempatan baik bagi bengkel mesin untuk mengkhususkan diri dalam operasi -operasi tempat mereka dapat memberi nilai tambah terbesar, yakni membeli komponen yang sudah dibubut dan berkonsentrasi pada pembubutan presisi saja.

APMEN: Apakah ada cerita menarik dari pelanggan tentang bagaimana mereka berhasil mencapai level presisi dan konsistensi yang bagus dalam proses pengerjaan logamnya?MG: Tentu, ada banyak cerita menarik. Salah satu favorit s a y a a d a l a h p e r u s a h a a n pemasok Level 2 di Asia yang m e m p r o d u k s i k o m p o n e n rem dan batang-penghubung (conrod) dalam ukuran lot menengah untuk berbagai OEM di peralatan yang fleksibel.

Perusahaan ini membuat conrod di pusat pembubutan empat-spindel dan kesulitan

mempertahankan toleransi diameter pin (toleransi 40 µm, jendela lapisan permukaan antara Rz 7 dan 13), sehingga angka penolakannya sangat tinggi (mencapai 100 pc per hari), umur pakai alat singkat (hanya 100 pc), dan pengaturan alat yang rumit (dua jam per set-up, pengaturan tidak dapat diandalkan, diameter alat ukur berbeda dan diameter komponen aktual berbeda, rusaknya elemen pengaturan, dan akhirnya biaya perbaikan yang tinggi) — meski pun ia sudah menggunakan reamer mahal dari perusahaan global terkenal. Akhirnya, hal tersebut memicu output harian yang tidak konsisten dan biaya yang tinggi.

Dengan beralih ke Romicron System, umur pakai alat lebih dari dua kalinya, angka penolakan berkurang menjadi di bawah 0,5 persen, waktu set-up alat berkurang menjadi 15 menit, dan biaya perbaikan alat menjadi nihil.

Output pelanggan itu pun kini konsisten, sementara periode henti mesin dan biaya per komponen berkurang drastis. Selain itu, dengan menggunakan parameter pemotongan yang lebih canggih, kita dapat menghemat sebanyak empat detik dalam waktu siklus per komponen.

Enquiry No. 6303Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Ekspansi selalu dapat dibalikkan: Putar kunci L untuk mengerutkan reamer.

Untuk mencapai pembubutan presisi, diperlukan fokus ke investasi peralatan, yang dapat menjaga kestabilan proses dengan pengaruh operator yang minim atau bahkan tidak ada sama sekali.

technologyInsIghts

Page 37: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

35

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Kita hidup dalam zaman kepuasan instan yang menjadikan ketepatan waktu sebagai kuncinya,

demikian pula yang berlaku di industr i manufaktur, yang menjadikan produktivitas dan efisiensi sebagai kualitas mulia yang harus dimiliki. Dengan kondisi pasar yang cepat berubah dan persaingan yang ketat, produsen harus lincah agar tetap ada dalam permainan.

Kesalahan, t idak peduli seberapa besar atau kecil, akan merugikan seluruh proses produksi. Ini terutama berlaku untuk Additive Manufacturing (AM) — yang digunakan untuk bagian dengan kompleksitas tinggi dan volume rendah — yang satu kesalahan bisa sangat mahal.

Kebangkitan Manufaktur AditifAM yang digadang-gadang sebagai revolusi industri selanjutnya te lah memperoleh banyak perhatian dengan pengenalan pencetakan 3D, dan diperkirakan akan memainkan peran penting dalam masa depan manufaktur. AM memungkinkan pembuatan bagian dengan perkakas minimal, dan cocok untuk memproduksi bagian yang unik, kompleks, dan bervolume rendah.

Sementara pencetakan 3D telah banyak didominasi oleh pembuatan bagian plastik, ada fokus baru yang tumbuh dengan logam sebagai bahan utama termasuk industri kedirgantaraan, biomedis, dan

Dengan semakin jelasnya peran manufaktur aditif dalam industri presisi tinggi, ada peningkatan kebutuhan akan daya ulang dan konsistensi, yang dapat dicapai dengan perangkat lunak pengendalian mutu. Oleh Sherlyne Yong

migas yang mengeksplorasi potensi aplikasinya. Misalnya, European Space Agency dan European Commission sedang mengkaji upaya membangun kemampuan untuk memproduksi bagian logam yang bermutu tinggi dan kerumitan yang tinggi di ruang angkasa di masa depan.

Namun, teknologi ini tidak sempurna meskipun semua fasilitas sudah tersedia. Beberapa tantangan yang dihadapi melibatkan daya ulang dan konsistensi, adanya masalah yang disebabkan oleh powder feed yang tidak cukup, pembentukan pori, dan cacat fusi telah mengakibatkan bagian mengalami scrapping.

Dengan ciri khas volume produksi rendah yang melekat pada AM, cacat tunggal dapat mengakibatkan biaya yang nyata. Untuk menyempurnakannya, bagian logam cetak 3D memiliki spesifikasi teknik yang menuntut k a re n a a p l i k a s i n y a , y a n g membutuhkan presisi.

K e m a m p u a n m e n g a t a s i masalah ini pada akhirnya akan menghasilkan penghematan biaya, waktu, dan yang paling penting, bahan, sehingga tujuan keberlanjutan dapat dicapai dan nirlimbah juga tercapai. Prosedur pengendalian mutu sangat penting untuk tujuan ini, sehingga penyimpangan yang ada antara bagian proyeksi dan aktual dapat diketahui, dan kesenjangan ditutup jika perlu.

Parameter MutuDengan statusnya sebagai pendatang relatif baru dalam dunia manufaktur, salah satu tantangan utama dalam AM adalah pengendalian mutu. Saat ini tes standar untuk kinerja mesin, alat desain dan pemodelan terbatas, ketidakcukupan data mengenai sifat bahan, serta kontrol proses yang terbatas dirasakan masih kurang.

Namun, alat tersebut penting karena gradien termal yang terlibat dalam bagian yang difabrikasi dengan AM. Gradien termal yang besar menghasilkan tegangan sisa, yang terjadi ketika bahan mendingin dan mengeras dengan masing-masing lapisan tambahan.

Ini juga meningkatkan warping dan distorsi, dan inilah alasan di balik perbedaan ukuran bagian aktual dibanding model virtual. Dalam kasus yang parah, retakan bahkan bisa terbentuk di bagian yang difabrikasi.

Kinerja selama aplikasi juga dapat terpengaruh karena bagian dapat terdistorsi secara tidak terduga dalam lingkungan siklus termal. Namun, hal ini dapat diminimalkan dengan perencanaan jalur alat yang cerdas.

Terutama untuk Laser-Based Additive Manufacturing (LBAM), proses pemantauan yang mengamati perilaku melt pool sangat penting untuk memastikan bahwa bagian sudah memenuhi ukuran yang dibutuhkan perusahaan.

Dipasangkan dengan kontrol

Demi Mutu

U.S. Army RDECOM, Aberdeen, US

software&MeasureMent

Page 38: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201436

loop tertutup yang umpan baliknya dapat mempengaruhi output laser dan kecepatan scan, sistem pemantauan proses ini mencegah cacat struktural yang disebabkan oleh pembentukan pori atau diskontinuitas dari melt pool. Hal ini juga memungkinkan pengukuran langsung metrik penting yang mempengaruhi sifat mikrostruktur dan mekanik.

Kontrol Loop TertutupHasil akhir dari pengendapan logam bergantung pada beberapa variabel yang di antaranya meliputi suhu dan ketebalan lapisan. Akibatnya, kontrol loop tertutup diperlukan untuk memastikan integritas setiap lapisan yang diendapkan.

S e b a g a i p e n y e m p u r n a , sistem tertutup membantu memperhitungkan penyimpangan yang ada ketika model CAD

dikonversi menjadi file Solid To Layer (STL), yang memungkinkan terjadinya kesalahan karena parameter pengirisan.

Meskipun demikian, ini masih jarang digunakan di lingkungan AM saat ini, tapi itu akan segera berubah. Industri ini telah mengerahkan segenap upaya untuk meningkatkan AM secara keseluruhan, dan komponen inti dari upaya ini termasuk kontrol loop tertutup untuk pemantauan pengolahan yang lebih baik.

Misalnya, National Institute of Standards and Technology berencana mengembangkan metode uji standar dan model prediktif, menggunakan fisika berbasis model proses aditif logam dan pengukuran real time yang meliputi visi kecepatan tinggi, termal kecepatan tinggi, dan sebuah sensor porositas di lokasi.

Terbukt i , in i mencakup perkembangan perangkat lunak juga. Memiliki perangkat lunak yang tepat merupakan bagian integral untuk mengelola dan memahami informasi yang dikumpulkan. Laporan yang berisi analisis dan korelasi antara berbagai pekerjaan dapat dihasilkan untuk mengidentifikasi bidang-bidang bermasalah dan peluang peningkatan proses dan kualitas.

Fitur Perangkat LunakP e r a n g k a t l u n a k s e r i n g diremehkan dibanding perangkat keras seperti sistem sensor dan visi. Ini suatu kesalahan karena perangkat lunak dapat disamakan dengan pikiran sistem pemantauan, yang memainkan peran penting untuk memahami data, mengubahnya menjadi informasi berguna yang dapat digunakan untuk proses masa depan yang lebih baik.

Dalam kasus AM, sebagian besar perangkat lunak yang tersedia berkisar seputar status, kontrol, dan pelaporan. Misalnya, EOS telah merilis suite untuk sistem laser sintering, yang dapat

memantau proses produksi pada beberapa sistem yang saling terkait secara serentak. Ini juga mengkonsolidasikan data yang disimpan pada mesin dan menyajikan gambaran informasi dan statistik penting.

P r o g r a m p e r a n g k a t l u n a k y a n g m e m f a s i l i t a s i penyesuaian parameter biasanya memperhitungkan fitur seperti k u a l i t a s p e r m u k a a n d a n kekasaran, ketebalan dinding min imum, kekuatan tar ik , kekuatan luluh, kekerasan, dan konduktivitas termal.

Mengontrol variabel-variabel ini, terutama ketebalan lapisan, membantu pengguna memenuhi kebutuhannya, baik dalam hal kecepatan, kinerja, maupun permukaan. Misalnya, lapisan paling tipis akan menghasilkan kualitas permukaan terbaik, tetapi juga yang paling memakan waktu.

Terlepas dari semua fungsi ini, fitur inti dari perangkat lunak pengendalian mutu adalah memberikan umpan balik tepat waktu. Kemampuan untuk memantau kualitas bagian secara real time pada saat sedang diproduksi memungkinkan fleksibilitas, sehingga perubahan dapat dilakukan sebelum sesuatu berjalan serba salah. Contohnya termasuk mengadaptasi lapisan sesuai dengan riwayat termal komponennya. Pada akhirnya, ini sangat mengurangi biaya manufaktur dan inspeksi pasca-manufaktur.

Yang paling penting, perangkat lunak sangat penting untuk sistem kontrol loop tertutup yang mengutamakan informasi. Dengan semakin populernya AM untuk industri presisi tinggi seperti kedirgantaraan dan migas, maka penting bagi proses pengendalian mutu untuk memanfaatkan perkembangan teknologi. Karena hanya dengan umpan balik itulah, maka kemajuan, daya ulang, dan konsistensi dapat dicapai.

Enquiry No. 6401Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Trompenvenlo

Creative Tools, Hamlstad, Sweden

U.S. Army RDECOM, Aberdeen, US

software&MeasureMent

Page 39: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

37

Si s t e m m e t r o l o g i multisensor merupakan mesin pengukur yang menggabungkan teknologi

dalam satu platform dengan perangkat lunak operasional umum, untuk melakukan pengukuran yang lebih banyak terhadap suatu komponen secara otomatis dalam satu penyiapan. Dalam pengukuran dimensional, teknologi-teknologi ini mencakup kombinasi sensor optik dan kontak, berkali-kali dengan berbagai variasi jenis. Kombinasi yang lazim terjadi adalah probe visi dan probe sentuh.

P e n g u k u r a n k o m p o n e n hasil produksi secara presisi mer upakan ha l mendasar dalam kendali mutu produksi. Perusahaan kian bertumpu pada sistem pengukuran multisensor untuk verifikasi pengukuran. Tapi, bagaimana sebenarnya mesin yang memiliki beberapa sensor bisa lebih efisien? Ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dapat dikerjakan oleh masing-masing sensor.

Fungsi Sensor• Pengukuran Video Secara konseptual, pengukuran video memang sederhana, yakni menangkap komponen dengan optik ke suatu kamera, lalu mengukur gambarnya. Gambar tersebut harus terfokus agar pengukurannya akurat. Autofocus dapat memfokuskan titik pada suatu permukaan atau tepian fitur. Lensa zoom dapat memperbesar gambar sehingga detail yang tidak mampu diukur oleh Coordinate Measuring Machine (CMM) dapat dikumpulkan, misalnya titik-titik di sepanjang jejari kritis atau keliling suatu slot. Dan, tidak seperti probing dengan sentuhan satu titik, banyak titik yang dapat dikumpulkan sekaligus di sini.

Pengukuran video terhadap komponen hasil produksi tidak terbatas pada apa yang bisa dilihat dalam satu gambar kamera. Dengan menggerakkan komponen

Penggabungan beberapa sensor dalam satu platform dapat menghasilkan pengukuran yang lebih efisien. Oleh Nate Rose, applications engineering manager, Optical Gaging Products

Sistem Multisensor Mengapa Harus Memakai

dan/atau optik secara akurat lalu melacak posisinya dengan skala beresolusi tinggi, keunggulan pengukuran video dapat diterapkan ke komponen-komponen yang dimensinya berjarak satu meter atau lebih.

Sebagian pihak menganggap p e n g u k u r a n v i d e o h a n y a terbatas pada komponen datar atau pun pengukuran dalam satu bidang datar. Ini tidak lagi berlaku. Kemampuan fokus ke mana saja dalam volume mesin memungkinkan perangkat lunak menyajikan hubungan dimensi dan sudut antara titik-titik tersebut. Pengukuran video berlangsung cepat dan tanpa sentuhan, sebatas mengukur apa yang dapat ditangkap oleh kamera.

• Probe SentuhProbe sentuh merupakan komponen penting lain dalam kendali mutu produksi. Probe sentuh hampir selalu dikaitkan dengan CMM, tetapi merupakan penambahan sensor umum pada sistem pengukuran

video multisensor.Probe sentuh terpicu oleh

sentuhan komponen. Karena dapat terpicu akibat sentuhan permukaan dari arah mana saja, probe dapat mengukur titik-titik pada fitur yang tidak dapat ditangkap oleh video, misalnya bagian dalam lubang silinder.

Kelemahan dari probe sentuh adalah lamban ketika mengukur banyak titik. Setiap titik disentuh dan direkam secara berurutan sehingga memakan waktu untuk menyentuh banyak titik guna mencirikan suatu fitur secara detail. Komponen yang rapuh atau mudah mengalami rusak bentuk juga dapat menimbulkan masalah karena defleksi komponen.

• Pengukuran Laser. Sensor laser merupakan bentuk pengukuran nonkontak lainnya. Jika ditambahkan ke sistem multisensor berbasis video, laser dapat dipasang secara on-axis dengan sistem optik video (Through-The-Lens, TTL), atau pada sumbu

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

software&measurement

Page 40: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201438

Multisensor

terpisah, paralel dengan sistem optik video. Sinar laser yang difokuskan secara akurat pada suatu permukaan menghasilkan lokasi titik persis seperti yang dilakukan oleh probe sentuh.

Keunggulan sensor laser adalah sinar dapat difokuskan ke area yang sangat kecil, tekniknya tidak memerlukan sentuhan, dan kecepatan akuisisi titik data sangat tinggi. Ini membuat sensor laser cocok untuk pengukuran misalnya kedataran dan pengukuran Z pada komponen-komponen rapuh.

Mengoordinasikan Sensor & PengukuranPerangkat lunak metrologi sistem multisensor mengendalikan semua sensor, melacak posisinya dalam volume pengukuran sistem, termasuk segala offset dari satu dengan yang lain, dan mengendalikan akuisisi data.

D a l a m p e n g u k u r a n 3 D , p e r a n g k a t l u n a k i n i mempertahankan posisi seluruh titik data yang diakuisisi dalam volume pengukuran, sehingga titik-titik tersebut dapat dipakai untuk menyusun hubungan-hubungan yang dapat diukur.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari sistem pengukuran m u l t i s e n s o r, k i t a h a r u s

menggunakan sensor terbaik untuk setiap fitur komponen. Misalnya, video unggul dalam hal pengukuran bagian tepi. Tepi ini bisa merupakan keliling suatu komponen, bagian teratas suatu silinder atau slot, atau sekelompok fitur seperti pola lubang-baut. Bahkan, tepi juga bisa mencakup batas antar area yang memiliki perbedaan warna atau tekstur pada suatu permukaan.

Perangkat lunak metrologi dengan mudah mengukur fitur-fitur masuk dalam satu ruang pandang kamera, sementara aplikasi perangkat lunak metrologi yang lebih canggih dapat secara otomatis menggerakkan kamera a t a u k o m p o n e n s e h i n g g a mengikuti suatu tepi secara lebih luas dibanding gambar kamera, mengukur banyak fitur sekaligus, atau mengukur ketiadaan bahan dengan mempertimbangkan luas, dimensi, dan pusat ‘blob’ piksel yang ditunjukkan data tersebut.

K e n d a t i v i d e o m a m p u mengukur titik-titik permukaan, laser bisa lebih cepat dan lebih akurat. Selain mengumpulkan titik demi titik permukaan, sebagian laser dapat memindai permukaan, mengakuisisi titik selagi ia bergerak. Ketika diintegrasikan ke dalam kontrol gerak sistem, laser dapat memindai permukaan yang

memiliki variasi sangat tinggi dan beralur kompleks.

P r o b e s e n t u h d a p a t menambahkan titik-titik data dari permukaan komponen yang tidak terjangkau oleh laser atau video selagi komponen dalam posisi tetap. Misalnya saja, probe dapat mengumpulkan titik-titik dari dinding suatu silinder yang berada pada sumbu yang sama dengan sistem optik. Optik dapat dengan mudah mengukur lingkar teratas tempat silinder berpotongan dengan bidang datar teratas, tetapi tidak dapat mengukur dinding silinder. Probe dapat mengakuisisi titik-titik di sekitar silinder, sekian dalam dari bagian teratas untuk mengukur ketidaklurusan atau asimetri silinder.

Video, laser, dan probe sentuh merupakan jenis-jenis sensor utama yang dipakai dalam metrologi multisensor. Namun ada yang memakai teknologi pemicuan unik, yakni micro-probe. Dan sebagian probe sentuh dapat dipindai, mirip dengan memindai laser, yang tidak saja mampu memindai bagian teratas suatu permukaan, tetapi juga permukaan tegak lurus.

ManfaatAlih-alih menerima informasi yang tidak lengkap, atau menunda keputusan produksi penting karena keterbatasan sistem pengukuran, sistem multisensor CNC dapat beralih sensor selama suatu prosedur otomatis sehingga menghasi lkan pengukuran menyeluruh dan detail dengan sedikit atau tanpa interaksi operator selain memuat dan mengeluarkan komponen.

Bahkan prosedur pengukuran multisensor paling kompleks sekalipun bisa lebih cepat dibanding pengukuran manual pada sistem satu sensor, sehingga mendongkrak efisiensi proses verifikasi pengukuran.

Enquiry No. 6402Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

software&measurement

Page 41: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

39

Pe r u b a h a n f i l o s o f i desain dan tren produk dalam industri sering meninggalkan sektor

manufaktur tidak siap memproduksi desain baru. Perubahan ini biasanya lambat dan tidak kentara, tapi kadang-kadang, perubahannya dramatis dan terlihat jelas. Baru-baru ini, kasus ini terjadi di bidang pengolahan laser industri (Foto 1 & 2).

Dalam industri kedirgantaraan, m i s a l n y a , p ro g r a m u n t u k mengolah benda kerja dan proses laser itu sendiri dikembangkan dengan kerja sama antara pengguna akhir dan produsen sistem laser, untuk memastikan bahwa kemampuan mesin yang relevan telah dipahami dan dimanfaatkan sepenuhnya.

Kemampuan sistem laser terbaru semakin meningkat pesat, dan berdasarkan pengalaman generasi sistem laser sebelumnya dapat menyebabkan hilangnya kesempatan yang signifikan.

Selama dua dekade terakhir, kemampuan sistem laser telah berkembang dengan pesat, melalui beberapa iterasi dari desain komponen kedirgantaraan dan kemampuan sistem laser, untuk menghasilkan komponen secara efisien dan dengan hasil yang berkualitas tinggi.

Salah satu bidang fokus dalam pertumbuhan sistem laser dan teknologi pengolahan laser adalah produksi lubang pendingin efusi dalam desain turbin tingkat lanjut.

Lubang pendingin e fus i berukuran keci l (biasanya berdiameter 0,5-0,75 mm) dan diposisikan pada sudut tertutup yang semakin teliti (sekecil 10 derajat) ke permukaan komponen mes in . Lubang pendingin baru terus menantang pengolahan laser untuk proses pengeboran dan kemampuan sistem laser yang diperluas. Demikian pula, desain komponen telah menawarkan peningkatan tingkat presisi (Foto 3 & 4).

Dalam industri kedirgantaraan, komponen yang lebih kecil dengan persyaratan akurasi yang lebih tinggi akan memfasilitasi penggunaan sistem pemotong laser lebih banyak yang memiliki kemampuan untuk bergerak ke ranah pengolahan multi-axis. Oleh Mark W Barry, VP, sales & marketing, Prima Power Laserdyne

Laser untuk Komponen Tingkat LanjutSepanjang awal penggunaan sistem laser di bidang manufaktur kedirgantaraan, jumlah aplikasinya cukup bervariasi. Sering kali, produsen berinvestasi dalam sistem laser berdasarkan spekulasi tentang kemampuan mereka untuk memperluas manfaat pengolahan yang tercapai pada satu atau lebih komponen uji, ke komponen yang lebih sulit diproses.

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Hal itu mendorong fleksibilitas desain sistem laser, dengan kata lain, sistem menjadi lebih mampu menangani berbagai ukuran, bentuk, ketebalan bahan, dan ukuran lot benda kerja. Pengerjaan besar dalam pembatasan sistem dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan ini. Sistem laser ini memungkinkan untuk memproses benda kerja 3D sambil tetap stasioner. Hal ini memungkinkan beberapa persiapan, mengurangi

Multi-Axis Proses

Lebih Banyak

yang Terlibat di Industri Dirgantara

FeatureS

Page 42: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201440

waktu pergantian antara ukuran lot yang kecil (Foto 5). Namun, untuk komponen yang lebih kecil, sistem lain mungkin lebih cocok.

Sistem Laser Kecil untuk Bagian yang KecilPengolahan laser dalam industri kedirgantaraan saat ini merupakan bagian penting dari strategi untuk mewujudkan peningkatan efisiensi dan pengurangan emisi. Agar pengolahan laser layak untuk produksi volume mesin baru, maka harus mampu melakukan pengolahan laser yang hemat pada komponen lebih kecil yang akan melahirkan mesin generasi berikutnya.

Dengan meningkatnya jumlah lubang, desain baru, dan proyeksi volume mesin baru ditambah dengan suku cadang yang diperlukan untuk pemeliharaan mesin biasa, yang sangat fleksibel, p e m b a t a s a n k e r j a s i s t e m pengolahan laser yang sangat fleksibel yang telah begitu lama mendominasi pasar ini tidak lagi menjadi solusi terbaik untuk setiap situasi.

Salah satu kunci untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar mesin pesawat adalah dengan penggunaan secukupnya udara yang melewati mesin untuk pendinginan yang diperlukan — sisanya digunakan untuk pembakaran dan

daya dorong. Ini telah menciptakan kebutuhan yang semakin meningkat akan presisi di kedua aliran udara melalui lubang pendingin yang dibor laser, dan di posisi potongan dan fitur yang dibor laser. Hasilnya terlihat di seluruh desain dari sistem laser terbaru — dari presisi volumetrik sumbu gerak ke loop kendali yang menjamin presisi dinamis dan gerakan halus.

Penambahan Sumbu untuk Penambahan DimensiMenanggapi kebutuhan yang muncul, Prima Power Laserdyne

memperkenalkan Laserdyne 430 BeamDirector, sistem enam-axis untuk memproses komponen 2D dan 3D. Sistem ini menggabungkan kepala pengolahan laser miring putar BeamDirector untuk memproduksi lubang pendingin efusi yang presisi pada sudut dangkal dan kompleks, menjadi platform sistem yang lebih kecil dan hemat ruang (Foto 6).

Sistem laser 3D modern harus mencakup kontrol yang lebih cepat (bandwidth yang lebih tinggi), lebih cerdas, dan mampu mendukung laju proses lebih cepat serta pola lubang dan fitur lebih rumit. Struktur sistem ini memastikan kekakuan komponen untuk menjaga presisi seluruh kontur kompleks ketika setiap sumbu mesin mengerahkan akselerasi/deselerasi pada rentang kecepatan yang lebih tinggi.

Ketepatan sistem ini juga terlihat pada kemampuan kontrol proses, termasuk sensor kontrol proses. Hal ini dipastikan karena proses laser yang kuat dan berulang, berbeda dengan proses lain yang kualitas hasil benda kerjanya bergantung pada operator. Hal ini dicapai dengan fitur berikut yang ada pada kontrol proses laser Laserdyne S94P yang merupakan jantung dari sistem laser:

Foto 1 & 2: Keramahan lingkungan telah menjadi pendorong dalam desain mesin kedirgantaraan dan sistem laser yang digunakan untuk memproses komponen untuk keduanya.

Foto 3 & 4: Desain dan pembuatan lubang pendingin menjadi kunci untuk efisiensi mesin kedirgantaraan. Mesin generasi berikutnya menuntut pola lubang pendingin yang lebih rapat dan lubang yang lebih kompleks. Hanya sistem laser generasi berikutnya yang dapat menghasilkan pola-pola lubang tersebut secara efisien dan ekonomis.

FeatureS

Page 43: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

41

Enquiry No. 6501Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

1. Automatic Focus Control (AFC) untuk penginderaan benda kerja kapasitif, untuk memastikan bahwa posisi fokus berkas laser tetap pada lokasi yang tepat relatif terhadap permukaan komponen logam.

2. Optical Focus Control (OFC) untuk mengindera dan memelihara posisi fokus berkas laser yang benar relatif terhadap permukaan berlapis penghalang panas.

3. Breakthrough Detection (BTD) untuk mengebor lubang yang bersih dan konsisten dengan jumlah pulsa minimal.

4. Feature Finding secara otomatis mencari perkiraan lokasi fitur benda kerja tertentu, termasuk tonjolan dan lubang.

Karena program bagian (kadang-kadang secara umum d i s e b u t s e b a g a i p ro g r a m N C ) y a n g m e n g g e r a k k a n sistem laser juga merupakan faktor yang mempengaruhi presisi, maka produsen sistem fabrikasi logam lembaran laser telah mengembangkan utilitas pemrograman.

Utilitas ini menghasilkan kontrol laser dan gerak yang terintegrasi yang dioptimalkan

untuk sistem laser tertentu. Keduanya membantu dalam pemrograman lubang berbentuk dan pemrograman otomatis pola lubang pada benda kerja silinder dengan trepanning, pengeboran perkusi, dan pengeboran cepat.

Pengguna sistem laser hanya perlu memberikan informasi tentang benda tertentu yang akan dibor, karena detail dari sistem laser yang diperlukan untuk mengoptimalkan hasil, kualitas, dan pengulangan proses sudah ada dalam rutinitas tersebut. Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, tujuan desain utama untuk 430 BeamDirector adalah menghasilkan kinerja yang tidak bergantung pada keterampilan dan pengetahuan operator (dan pemrogram) tentang desain sistem.

Di tempat la in , kontrol proses dan verifikasi merupakan persyaratan pent ing bag i lingkungan manufaktur masa kini. SPC (Statistical Process Control) Data Acquisition menyediakan alat bagi sistem kontrol untuk memonitor dan merekam, ketika bagian program mengeksekusi proses kunci dan informasi sistem.

Program bagian berisi kode yang menentukan data yang akan diambil oleh fitur Akuisisi Data SPC. Sistem memonitor parameter kunci (yaitu: waktu, tanggal, suhu, posisi yang diperintahkan dan/

atau daya laser aktual, kondisi pulsa, dll.) dan menyimpan data itu sebagai file teks. Data dari teks mudah diambil untuk analisis lebih lanjut dan/atau diarsipkan untuk menyediakan catatan proses permanen.

Masa MendatangSeperti disebutkan sebelumnya, pengembangan proses tidak boleh diabaikan dalam rangka mewujudkan kinerja dan kualitas tertinggi dari sistem. Dengan desain komponen kedirgantaraan baru, ada tantangan baru dalam gerakan, tipe fitur, dan penempatan posisi.

D i m a s a m e n d a t a n g , penggunaan pengolahan laser akan terus tumbuh. Sistem pengolahan laser yang tua dan berskala besar yang sesuai untuk memproduksi komponen golongan kecil dan menengah hingga ukuran besar akan terus dibeli dan digunakan.

Desain sistem baru akan mengambil porsi yang lebih besar dari instalasi sistem di masa depan. Ini adalah evolusi alami dari desain peralatan untuk mendukung penggunaan ruang yang lebih efisien sambil menghasilkan toleransi yang lebih tinggi. Ini adalah definisi nyata dan makna dari nilai.

Foto 5: Salah satu contoh dari sistem pembatas kerja besar adalah Laserdyne 795, sistem mesin laser lima-axis, yang dirancang untuk mengebor, memotong, dan mengelas bagian 3D menengah hingga besar dengan sistem gerak berkas bergerak.

Foto 6: Sistem ini menggabungkan kepala pengolahan laser miring putar untuk produksi otomatis lubang pendingin efusi.

FeatureS

Page 44: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201442

Dengan kecangg ihan s istem pemotongan waterjet saat ini, bengkel dapat memotong bagian

bebas lancip, siku, persiapan las, chamfer lubang, blisk, intricate hub dan perakitan bilah, tabung, dan berbagai bagian canggih lainnya. Kemampuan canggih ini memungkinkan bengkel untuk mendapatkan keunggulan atas pesaing mereka dan mengambil banyak jenis baru proyek. Dengan sistem pemotongan waterjet yang canggih, bengkel juga mampu menghasilkan lebih banyak bagian secara eksklusif dengan waterjet, menghemat waktu dan uang, dan mengalokasikan peralatan dan tenaga kerja terampil lainnya untuk proyek-proyek tambahan.

Penggunaan waterjet alih-alih alat pemotong tradisional untuk menghasilkan bagian yang

canggih ini memberi manfaat pemotongan waterjet ke seluruh bagian baru. Dengan teknologi ini, bengkel dapat memotong bagian dari semua material dan ketebalan tanpa menimbulkan daerah pengaruh panas (HAZ: Heat-Affected Zone). Tidak ada pengerasan atau perombakan, dan tidak ada perubahan molekul pada material.

Mencakup Semua SudutBiasanya, sistem pemotongan waterjet lima-axis memerlukan tingkat pemrograman yang lebih tinggi dan pertimbangan operasional tambahan.

Sebelum membeli sistem pemotongan waterjet canggih, bengkel harus memeriksa spesifikasi pabrik untuk batas sudut pemotongan bagian kepala untuk memastikan sistem memenuhi

kebutuhannya, demikian disarankan oleh pembuat mesin Brian Wallace, yang menjalankan laboratorium tes pemotongan untuk produsen waterjet Jet Edge. Bengkel juga harus memastikan bahwa sistem memiliki batas pengaman perangkat lunak dan pelindung pengaman untuk mencegah pemotongan di luar dinding tangki, untuk mencegah cedera dan menghindari lubang potong di tangki.

“Pemrograman ini lebih menantang dan urutan potong harus dievaluasi secara hati-hati,” Mr Wallace mengingatkan. “Misalnya, jika permukaan akan dipotong lebih dari sekali, mungkin perlu dibuat tab untuk mencegah agar bagian tidak bergerak, dan bagian yang memerlukan pemotongan sudut eksternal yang luas mungkin memerlukan porsi material yang lebih besar ketika menyarangkan bagian bersama-sama.”

P e m o t o n g a n s u d u t j u g a m e l i b a t k a n f i x t u r i n g pent ing dan per t imbangan keselamatan, tambahnya.

“Pemotongan di sudut ekstrem menyebabkan turbulensi tangki lebih banyak dan bisa menggerakkan material yang dipotong jika tidak dijepit,” katanya. “Sudut potong ini juga bisa menjadi masalah keamanan, yang membutuhkan penggunaan pengaman atau pelindung Lexan.”

Ketika memotong di sudut eks t rem, i a menyarankan menggunakan orifice kecil . “Menurut saya, memotong dengan orifice kecil dalam tangki dengan turbulensi sedikit, berarti gangguan material lebih sedikit dan mungkin menghasilkan potongan yang lebih baik, tentu saja, dengan mengorbankan waktu pemotongan,” ujarnya.

Ketika memotong pada sudut, penting memastikan bahwa material berada pada posisi datar dan lurus, tegasnya.

“Ini sangat penting ketika memotong sudut, atau kontrol taper,” tambahnya. “Pemetaan

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Dimensi BaruTeknologi Waterjet Lima AxisBengkel potong waterjet presisi di seluruh dunia memasuki dimensi baru dalam bisnisnya dengan teknologi waterjet lima-axis canggih. Oleh Nancy Lauseng, marketing manager, Jet Edge

Features

Page 45: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

43

material atau kontrol ketinggian aktif dapat membantu mengoreksi untuk kondisi material yang melengkung atau tidak sejajar, t e t a p i t i d a k s e p e n u h n y a menghilangkan ketidakakuratan material potong yang tidak tegak lurus dengan alat pemotong.”

Menjaga Jarak yang BenarMempertahankan kebuntuan nozzle yang benar juga penting, tambah Jeff Schibley, regional manager perusahaan untuk wilayah Great Lakes.

“ M i s a l n y a , d e n g a n gerakan pelat 0,125”, ketika memotong lubang diameter 0 , 5 ” d e n g a n k o m p e n s a s i taper, akan menghas i lkan perubahan diameter lubang 0,020”,” katanya. “Lengkungan pelat selama dipotong tidak mempengaruhi potongan 2D seperti pada potongan bevel atau kompensasi taper.”

D i a m e n y a t a k n b a h w a perangkat lunak waterjet seperti IGEMS membuatnya relatif mudah untuk memotong bevel ke pelat datar, tetapi menambahkan bahwa kapan saja Anda mulai m e m i r i n g k a n n o z z l e d a n memotong kepala dari titik fokus 0,0, maka itu menjadi sangat

penting. Setiap perbedaan tinggi dapat mempengaruhi akurasi total bagian.

Perubahan nozzle lebih memakan waktu dengan sistem yang canggih, karena kebutuhan untuk memeriksa kembali titik fokus dan membuat penyesuaian. “Anda mungkin menggunakan nozzle 0.010”/0.030” kali 4” ketika memotong material tipis dan nozzle 0.015”/0.045” kali 4” ketika memotong material tebal,” sarannya.

Perhatian KhususBengkel harus menyadari bahwa ada beberapa pemeliharaan tambahan dengan sistem lima-axis. Sistem ini biasanya memiliki bagian bergerak yang lebih banyak berkaitan dengan komponen gerak kepala pemotongan yang memerlukan perakitan dan keselarasan presisi. Tank slat juga akan perlu diganti lebih sering ketika memotong pada sudut, dan beberapa grate permukaan kerja mungkin tidak cocok untuk pemotongan dengan lima-axis.

Ketika mempertimbangkan sistem seperti ini, bengkel harus mencari produsen satu sumber yang juga menawarkan pelatihan operasional lima-axis gratis.

Enquiry No. 6502Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Brian Wallace

Contoh bevel dan chamfer yang dapat dipotong dengan mesin waterjet lima-axis

“Dengan sistem waterjet canggih khususnya, sangat penting untuk mengambil sumber sistem dari perusahaan yang merekayasa dan membuat sistem secara utuh, termask pompa, kontroler, dan sistem geraknya,” saran David Anderson, international sales manager perusahaan. “Dengan begitu, jika mengalami masalah atau membutuhkan jaminan kerja atau layanan, Anda hanya perlu menghubungi satu perusahaan untuk meminta dukungan.”

Bengkel waterjet juga harus hati-hati mengevaluasi pilihan pompa mereka ketika upgrade ke sistem lima-axis. Ketika memotong material yang tebal, mungkin bermanfaat untuk meng-upgrade ke pompa 90.000 psi, daripada menggunakan pompa tradisional 55.000 psi, tetapi tidak semua produsen menawarkan pompa tekanan yang lebih tinggi ini.

P o m p a t e k a n a n t i n g g i akan membuat bengkel dapat memproses bagian 40 sampai 50 persen lebih cepat, dan biaya operasi yang lebih rendah sebanyak 40 persen dengan mengurangi pemakaian garnet.

Dengan taper compensating cutting head, operator dapat memotong bag ian dengan pengaturan kua l i tas yang lebih rendah sambil tetap mempertahankan bagian straight edge. Hal ini memberikan kelebihan tekanan pompa tinggi, sehingga Anda dapat meningkatkan kecepatan potong, menjaga kualitas tepi dan memotong tanpa lancip dengan sistem penghapusan lancip.

Dengan sistem lima-axis, bengkel waterjet memiliki keunggulan daya saing dan membuka sumber pemasukan tambahan. Sistem ini memang membutuhkan pertimbangan tambahan, tetapi dengan pelatihan dan pemeliharaan yang tepat, ini adalah aset berharga yang akan membawa bisnis Anda ke dimensi baru.

Features

Page 46: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201444

Pembatasan arus elektronik tidak selalu 100 persen efektif dalam mencegah kelebihan beban torsi dalam

sistem mekanis. Pada motor servo, relatif mudah untuk menetapkan batas torsi dalam pemrograman parameter mesin. Ketika melakukan itu, kita harus ingat bahwa batas torsi elektroniknya hanya berlaku pada motor. Ini artinya elektronik motor tidak memperhitungkan massa gigi, kopling, dan poros, langsung ke bagian penggerak.

Sering kali, proses manufaktur melibatkan banyak komponen transmisi tenaga mekanis dari motor. Selain itu, penggerak servo dan/atau PLC yang memantau torsi motor tidak dapat mengambil kondisi torsi cukup cepat untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Di tempat lain, dalam peralatan rotasi, sering ada roda gigi dan poros yang memiliki banyak gaya putar inersia yang tidak digerakkan secara elektronik. Selain itu, aplikasi linier memberikan gaya inersianya ke dalam komponen rotasi

Kombinasi pembatas torsi mekanis dan pembatas torsi elektronik bisa banyak berperan dalam mencegah mesin crash. Oleh Niilo Nykanen, application engineer, R+W Antriebselemente

Faktor-faktor Pembatas untuk

menggerakkannya ketika mereka berhenti atau crash.

Menyelidiki Mesin yang CrashJika kita kaji apa yang terjadi dalam mesin yang crash, melihat persamaan gaya tumbukan berikut ini sering kali berguna:

F = (0,5m x v2)/s

Keterangan: F = gaya dalam Newton m = massa dalam kilogramv = kecepatan dalam meter per detiks = jarak berhenti dalam meter

Dengan mengkaji persamaan ini maka kita bisa tahu bahwa gaya yang diberikan oleh tumbukan berbanding lurus dengan massa dan/atau kecepatan, dan berbanding terbalik dengan jarak berhenti. Artinya, semakin besar komponennya, dan semakin cepat bergeraknya, maka semakin besar gaya tumbukan yang terjadi selama crash.

Bagi banyak desainer mekanis,

ini cukup jelas, walaupun banyak pemrogram elektronik tidak menjelaskan prinsip ini ketika membatasi nilai arus dan/atau torsi. Karena jarak berhenti berbanding terbalik dengan gaya tumbukan, maka semakin kecil, semakin besar gaya yang diberikan oleh crash. Ini bisa jadi sangat sulit untuk diprediksi dan direncanakan oleh desainer sistem. Dengan demikian maka cukup mudah untuk mengetahui massa komponen transmisi tenaga mekanis dan seberapa cepat akan bergeraknya. Yang sulit diukur adalah menerka kemungkinan mesin akan crash dan apa yang akan jadi penyebabnya.

Pemeriksaan selanjutnya persamaan gaya dari sudut pandang desain mekanis, kita dapat mengetahui bahwa efek dari mesin yang crash dapat dikurangi dengan menjaga massa bagian yang bergerak seminimum mungkin. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah menggunakan bahan ringan seperti aluminium alih-alih baja, jika memungkinkan. Dengan alasan ini, ada perusahaan yang memproduksi serat karbon berongga dan poros jalur aluminium.

Memperlambat kecepatan bagian yang bergerak juga mengurangi gaya yang terkait dengan sistem mesin yang crash. Walaupun menurunkan kecepatan sering kali bukan pilihan yang baik dalam dunia bangunan mesin manufaktur, desainer dapat berkreasi. Misalnya, dalam operasi pembentukan logam tertentu, membuat beberapa bagian secara lambat dapat jadi pilihan daripada membuat bagian-bagian tunggal dengan sangat cepat.

Meredam LedakanKarena massa dan kecepatan berbanding lurus dengan gaya inersia, mengurangi salah satunya jelas akan menurunkan gaya tumbukan pada mesin yang crash. Namun, mencegah crash dan/atau mengurangi jarak terjadinya adalah hal yang sulit.

Salah satu metode yang jelas

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Mencegah Mesin Crash

Features

Page 47: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

45

untuk melindungi operator dan mencegah kemacetan yang disebabkan faktor eksternal adalah dengan memastikan adanya perlindungan yang tepat. Ini merupakan persyaratan OSHA dalam banyak proses dan mencegah operator menjatuhkan alat, pakaian, dan bahkan anggota badannya ke bagian yang bergerak.

Membatasi switch di ujung jalur aktuasi bersamaan dengan hentian bemper yang lembut juga bisa sangat membantu. Aplikasi gerak linier seperti memindahkan meja potong pusat mesin dengan sekrup bola juga bisa menguntungkan.

Salah satu contohnya adalah meja yang bergerak melewati batas switch dengan gaya inersia yang cukup dari benda kerja yang mematikan proses dengan bergerak melewati batas switch, tapi masih mengenai bemper lembut di perhentian mekanis. Ini adalah kasus ketika jarak berhenti meningkat secara signifikan, sehingga mengurangi gaya tumbukan crash tersebut.

Membuat Tutup PelindungKarena banyaknya orang-orang dari berbagai latar belakang yang terlibat dalam desain mesin, cara kerja mesin pada skala besar dari sesuatu pekerjaan kadang terabaikan karena orang cenderung fokus pada bidang spesialis masing-masing.

Misalnya, insinyur penggerak mekanis berkonsentrasi pada proses dan komponen penggerak tanpa memikirkan kemampuan penuh dari motor dan elektronik. Sebaliknya, pemrogram dan desainer listrik tidak selalu mempertimbangkan

bagaimana gaya inersia mekanis total dari sistem penggerak dapat mempengaruhi setelan mereka yang berlebihan.

Desainer listrik umumnya dilatih untuk menerapkan berbagai tingkat perlindungan yang berlebihan pada sirkuit. Sebagian besar kotak kontrol industri biasanya memiliki pemutus utama dan/atau sekering dan perlindungan pada setiap sirkuit cabang. Banyak perangkat satuan yang juga memiliki perlindungan kelebihan bebannya sendiri.

Konsep ini juga dapat dilihat, di tingkat yang lebih rendah, dalam desain mekanis bangunan mesin. Sering kali, komponen penggerak seper t i sabuk , rantai, dan kopling dirancang menggunakan sekering mekanis. Banyak sistem yang dibangun dengan rangkaian pin geser untuk melindungi jalur penggerak.

Pemutus Sirkuit Mekanis Sebuah teknologi baru yang muncul di pasar adalah pembatas torsi mekanis. Ini dapat digunakan untuk membatasi torsi serta rantai linear atau sabuk tarik. Pembatas torsi pada dasarnya adalah pemutus sirkuit mekanis. Alih-alih memiliki komponen yang putus dan harus diganti, pembatas torsi dapat dijalankan dan disetel ulang berkali-kali selama umur pakainya.

Keuntungan menggunakan p e m b a t a s t o r s i m e k a n i s dibandingkan pin geser dan/atau mengandalkan sabuk atau kopling untuk memecah dalam kondisi kelebihan torsi adalah karena tersedia dalam desain yang bebas pemeliharaan. Keuntungan terbaik menggunakan pembatas torsi mekanis dalam hubungannya dengan membatasi torsi elektronik adalah biasanya dapat diinstal sangat dekat ke perangkat yang bisa mengalami crash, serta beberapa titik di dalam sistem.

Pembatas torsi mekanis d i rancang untuk seket ika mendeteksi kondisi kelebihan torsi dan melepaskannya dengan sangat

cepat. Sering kali, pembatas torsi mekanis mampu melepaskan jalur penggerak yang kelebihan torsi sebelum perangkat elektronik seperti motor servo mulai mengambil alih kondisi tersebut.

Dalam mengembangkan studi dan bidang karier mekatronik, pembatas torsi mekanis memungkinkan pengintegrasian desain mekanis dan listrik. Sebuah sakelar jarak elektronik dapat diposisikan dekat mekanisme aktuasi yang bergerak saat ada kelebihan beban.

Sistem ini bekerja dengan baik karena kelebihan beban terdeteksi dan dibuang, diikuti oleh sinyal elektronik ke PLC atau pengendali proses untuk mematikan bagian dari sistem yang kondisinya kelebihan torsi. Karena pembatas torsi dapat ditempatkan di beberapa bagian mesin, sumber kemacetan dapat dideteksi dengan sangat cepat menggunakan sensor jarak.

Sebagai rangkuman, nilai torsi proses puncak harus diketahui. Nilai ini harus dihitung melalui jalur penggerak kembali ke motor servo dan diprogram ke dalam parameter penggerak servo. Ingatlah bahwa ini hanya akan benar-benar melindungi motor kondisi kelebihan torsi.

Reaksi pilihan bebas terbaik untuk membatasi torsi pada proses ini adalah menginstal pembatas torsi mekanis yang secara praktis dekat dengan bidang yang macet (baik untuk pemeliharaan proses maupun menyetel ulang pembatas). Pada dasarnya, pembuat mesin harus menyadari untuk tidak menaruh semua telur dalam satu keranjang ketika mengurangi crash pada mesin.

Pemutus sirkuit, sekering, dan pembatas elektronik harus digunakan pada berbagai tingkat desain listrik. Pembatas torsi, pelindung, dan bemper harus digunakan pada desain mekanis. Seperti biasa, berkonsultasilah dengan produsen masing-masing komponen jika ada pertanyaan atau masalah.

Enquiry No. 6503Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Pembuat mesin harus berhati-hati ketika mengurangi mesin yang crash.

Features

Page 48: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201446

Permintaan besar dari konsumen global akan barang produksi telah memacu permintaan

akan peralatan mesin, dan hal ini mengakibatkan pertumbuhan sektor permesinan industri di Asia.

Menurut Ernst and Young, selama satu dekade menjelang 2020, proporsi peralatan mesin dan transportasi (tidak termasuk mobil penumpang) diperkirakan akan semakin besar dalam ekspor dari negara-negara Asia Pasifik. Ekspor permesinan dan transportasi dari Cina diramalkan akan meningkat dari 751 miliar dolar AS di tahun 2010 menjadi 2.557 miliar dolar AS; Indonesia dari 17 miliar dolar AS menjadi 59

Sebuah platform serbaguna yang berfungsi sebagai penghubung bagi berbagai mekanisme di dalam suatu perusahaan merupakan sasaran yang harus dicapai oleh banyak organisasi. Oleh Rajiv Ghatikar, VP & GM pada ASEAN/Australasia, Siemens PLM Software

Memberdayakan

Bisnis

miliar dolar AS; dan Malaysia dari 86 miliar dolar AS menjadi 235 miliar dolar AS.

Tapi, meskipun menjanjikan, pasar ini masih menghadapi banyak tantangan. Pasar ASEAN seperti Singapura dan Malaysia tengah menghadapi kompetisi yang semakin ketat dari pasar yang baru muncul seperti Vietnam dan Myanmar, yang kian menarik bagi perusahaan global yang mengincar investasi di bidang pabrik produksi. Para pembuat mesin industri juga harus menghadapi semakin banyak persyaratan regulasi baru yang berdampak pada biaya dan daya saing.

D i T h a i l a n d , m i s a l n y a , p e r u s a h a a n m e n g h a d a p i

naiknya biaya akibat penerapan upah minimum pekerja oleh pemerintah. Meskipun pemerintah memberikan konsesi dalam bentuk pemotongan pajak untuk mengurangi dampak tersebut, perusahaan yang padat karya dan berorientasi ekspor masih mengalami kesulitan untuk bersaing di platform global.

Menata Lingkungan Kerja SamaDewasa ini, ada permintaan pasar baru untuk rancangan mesin yang lebih fleksibel yang bisa cepat beradaptasi dengan produk baru, serta mesin yang bisa diintegrasikan dengan mudah dengan pabrik yang sudah ada. Perusahaan menghadapi tekanan untuk terus berinovasi dan mengoptimalkan produk mereka sembari memastikan perolehan laba yang pantas dari investasi inovasi.

I n o v a s i t e r u s m e n e r u s merupakan penggerak utama pertumbuhan, kinerja, dan penentuan nilai. Kenyataan bahwa basis persaingan bergeser ke arah keunggulan dalam manajemen pelayanan dan suku cadang juga sama pentingnya. Produsen juga diharuskan secara drastis mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengembangkan peralatan industri baru sembari memastikan bahwa mesin tersebut dapat beroperasi dengan uptime yang mendekati 100 persen.

Perusahaan mesin industri harus membangun platform rekayasa dan produksi berbasis kerja sama yang memungkinkan mereka merancang mesin modular dan mendukung banyak varian mesin.

Banyak di antara platform dan varian tersebut dikembangkan oleh tim desain dan rekayasa global dan diproduksi oleh banyak pabrik di seluruh dunia, termasuk Asia. Operasi ini harus melacak jadwal proyek, alokasi sumber daya, spesifikasi pelanggan, dan semua pengetahuan seputar produk/proses yang dihasilkan oleh rantai nilai yang tersebar.

D e n g a n m e n g a c u p a d a

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

di Sektor Mesin Industri dengan PLM

Features

Page 49: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

47

persyaratan ini, para pembuat mesin dan pemasok mereka beralih ke teknologi Product Lifecycle Management (PLM) sebagai basis untuk menata lingkungan kerja sama yang fleksibel yang dapat memfasilitasi rekayasa dan produksi global.

Platform PLM sangat mumpuni dalam memperluas proses desain produk melalui proses yang memungkinkan terpenuhinya persyaratan desain, pelaksanaan analisis real time dari tujuan desain dan evaluasi kinerja dari sudut pandang produksi.

Perkembangan Peran PLM dalam Penetapan Awal Rencana Proses PLM senantiasa memainkan peran penting dalam mengembangkan rencana proses produksi yang sudah ditetapkan. Pemilihan, d e s a i n , s p e s i f i k a s i , d a n dokumentas i seputar a la t dan urutan operasi produksi, serta perencanaan pergerakan suku cadang di sekitar pabrik

bisa menjadi tugas yang sama pentingnya dengan desain produk.

Peran PLM yang demikian semakin berkembang karena perusahaan saat ini tengah mencari cara untuk meminimalkan masalah yang harus dibereskan di bengkel. Para insinyur harus m e m p e rh i t u n g k a n s e m u a kemungkinan serta menyediakan dokumentasi dan instruksi yang tepat dan terstruktur untuk produk-produk yang semakin disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, ada tekanan biaya dan waktu untuk mengurangi jumlah siklus pembuatan purwa rupa dan mengalihkan kapasitas produksi untuk pesanan pelanggan, bukan untuk menyelesaikan operasi produksi yang kompleks.

Hasilnya adalah transisi pengembangan proses produksi dari bengkel ke meja kerja. Ini meliputi simulasi yang akurat dari proses produksi. Model simulasi ini memungkinkan para insinyur untuk tidak sekadar merancang dan mengembangkan proses produksi, tetapi juga mendukung o p e r a s i p ro d u k s i . A s p e k produksi digital ini membuat tim manajemen lebih fleksibel dalam merencanakan operasi yang tersebar.

Perusahaan menawarkan konfigurasi yang lebih fleksibel dari mesin-mesin yang kompleks berdasarkan pilihan platform dan modul yang sama. Hasilnya adalah banyak sekali konfigurasi y a n g d a p a t d i p e s a n o l e h pelanggan. Akibatnya, sulit sekali menghasilkan rencana proses produksi yang dapat m e m p e rh i t u n g k a n s e t i a p kombinasi.

B e b e r a p a p e r u s a h a a n permesinan menjawabnya dengan menambah tugas PLM agar mencakup ‘perakitan’ unsur-unsur dalam rencana proses produksi untuk memenuhi setiap pesanan pelanggan. Dokumentasi produksi yang dibuat secara terotomasi ini dapat menghemat waktu dan biaya.

Adopsi Pendekatan Holistik untuk Desain Mesin industri dewasa ini semakin kompleks. Sistem sudah semakin terintegrasi, dengan berbagai fungsi untuk mencegah, melacak, dan memunculkan peringatan kegagalan sistem. Tren ini mendorong para pembuat mesin untuk mengambil pendekatan holistik pada rancangan yang mencakup rekayasa sistem, termasuk rancangan kelistrikan, mekanika, dan perangkat lunaknya. Pendekatan holistik mengharuskan rantai nilai saat ini memperhatikan tata letak sistem dan kinerja sistem melalui model tata letak 2D/3D dan rekayasa digital.

PLM memungkinkan organisasi merealisasikan proses terpadu ini dengan mengomunikasikan perubahan desain ke seluruh disiplin fungsional operasi. Ia memfasilitasi lingkungan pengembangan produk terpadu yang kaya, yang menjawab kebutuhan semua disiplin melalui satu sumber pengetahuan produk dan proses.

Peran PLM dalam Strategi Organisasi Titik awal produksi mesin adalah membangun pengertian bersama seputar PLM di seluruh tim manajemen. Tim manajemen yang memandang PLM sebagai sesuatu yang dibutuhkan oleh departemen teknik akan melihat banyak keuntungan PLM, tapi tim manajemen yang memahami bahwa PLM dapat menghilangkan penundaan dan meningkatkan kerja sama di semua fungsi akan bisa melihat lebih banyak lagi. Menganggap PLM sebagai ‘pembungkus” untuk mengemas dan mendistribusikan file teknik mungkin merupakan langkah awal, namun PLM juga menawarkan potensi keuntungan lainnya bila diterapkan untuk menampilkan seluruh data produk.

Nilai yang sesungguhnya berawal dari pemahaman bahwa PLM dapat dijalankan di dalam kelompok teknik dan di seluruh

Pegangan tangan interaktif memantapkan posisi dan axis alat dengan cepat.

Perangkat lunak CAM memiliki kemampuan pemrograman canggih yang dioptimalkan untuk suku cadang mesin.

Features

Page 50: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201448

perusahaan untuk mencapai efisiensi, produktivitas, dan kualitas, serta:

• Kolaborasi — dengan menghubungkan orang, produk, dan informasi proses

• Kelincahan — dengan mengelola perubahan di dalam lingkungan yang tersebar secara global

• Pengetahuan — dengan memungkinkan para spesialis untuk menciptakan, menangkap, dan mengomunikasikan keahlian mereka

• Penggunaan ulang — dengan menyederhanakan pencarian dan pemilihan, serta mendukung pencarian informasi secara mendalam

Nilai dari PLM bagi departemen penjualan memberikan pemahaman seputar nilai PLM bagi para

pelanggan. Penggunaan PLM untuk memodelkan dan menganalisa konfigurasi mesin tertentu untuk pelanggan telah memenuhi harapan yang semakin besar dari para pembuat keputusan seputar visualisasi 3D dan prediksi kinerja mesin. Tapi ini baru awalnya.

Pertanyaan pelanggan seputar cara kerja dengan bahan yang tidak lazim dapat dijawab dengan menelusuri data PLM untuk menemukan rujukan ke bahan tersebut. Jika diperlukan, pencarian tersebut dapat mencakup lembar informasi data dan mesin yang terpasang. Tanggapan yang cepat dan akurat membantu memelihara citra perusahaan dan meraih pemesanan berikutnya.

Prioritasnya adalah menggali nilai PLM dalam hubungannya dengan strategi bisnis organisasi. PLM dapat didefinisikan sebagai strategi informasi karena ia membangun struktur data yang

untuk Pembuat Alat Mesin & Produksi Suku Cadang Memaksimalkan Mesin Virtual

Solusi produksi digital untuk para pembuat mesin, termasuk mesin virtual,

dapat digunakan khusus oleh pembuat alat mesin untuk memperhitungkan dan

memvalidasi desain alat mesin baru. Selain itu, sebagai suatu langkah validasi yang

penting dari proses desain, mesin virtual bisa lebih mendukung pengembangan

tahap awal dari siklus CNC dan halaman-halaman antarmuka operator yang

spesifik pada antarmuka manusia-mesin. Yang paling penting, replika virtual dari

alat mesin ini dapat menggambarkan bagaimana suatu mesin akan beroperasi —

bahkan sebelum mesin tersebut dibuat.

Pengguna akhir juga diuntungkan oleh alat mesin tersebut. Mesin virtual ini

bisa digunakan untuk banyak tugas yang sifatnya non produktif, seperti pengujian

program, pemeriksaan setup, bahkan pelatihan operator. Kode program bisa diedit

dan perubahan dapat diverifikasi langsung di mesin virtual ini sehingga menghemat

waktu yang berharga daripada bila dilakukan pada mesin yang sesungguhnya.

Terkait produksi suku cadang, solusi produksi digital dapat digunakan untuk

menetapkan dan mengoptimalkan rencana produksi yang kemudian dapat

dihubungkan untuk dilaksanakan di bengkel. Jembatan antara perencanaan

produksi dan bengkel membuat perencanaan dan lingkungan produksi jadi lebih

efisien dan memungkinkan pengguna mengurangi waktu siklus produksi dan

meningkatkan mutu. Di samping itu, informasi setup alat mesin yang dikirim secara

elektronik dan dimasukkan secara terotomasi juga memperbesar keyakinan bahwa

informasi dan peralatan produksi yang benar sudah berada di tempat dan waktu

yang tepat untuk produksi.

Enquiry No. 6505Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6504Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Program NC bisa dibuat dengan lebih cepat untuk komponen prismatik dengan pendekatan berbasis volume yang melacak bahan yang belum terpotong dan langsung menampilkan tinjauan visual dari operasi pembubutan yang direncanakan.

Pembubutan multitahap melacak bahan yang sedang diproses dari

stasiun ke stasiun.

utuh dan membuat sistem jadi terkonsolidasi. Anda juga bisa menyebut PLM sebagai strategi perusahaan karena ia memungk inkan organ isas i g l o b a l u n t u k b e r i n o v a s i , mengembangkan, mendukung, dan menghentikan produknya sebagai satu perusahaan, sembari menyerap praktik terbaik dan berbagai pelajaran.

Sebagai strategi informasi dan strategi perusahaan, PLM juga menguntungkan perusahaan yang sudah menerapkannya, seperti Hyundai Heavy Industries, Sandvik Coromant, dan Zoomlion. Semua perusahaan ini telah membuktikan bahwa PLM ternyata mampu memberdayakan bisnis untuk membuat keputusan terpadu berdasarkan informasi di setiap tahap lifecycle produk sehingga meraih banyak sekali keuntungan.

Features

Page 51: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

49

Lama disebut-sebut sebagai salah satu pasar yang paling cepat berkembang di Asia, Indonesia telah

menarik banyak investor dengan jumlah penduduk dan sumber daya alam yang melimpah. Negara ini adalah rumah bagi lebih dari 230 juta penduduknya sehingga tidak mengejutkan jika dipandang sebagai pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara. Negara ini kaya akan sumber daya alam, yang telah mendorong perkembangan pesat dalam industri pertambangan, selain industri otomotif dan minyak & gas.

Bukan cuma negara-negara Barat yang berupaya memasuki pasar yang ekspansif ini, melainkan negara-negara Asia juga. Negara-negara seperti Jepang (investor asing langsung terbesar kedua di Indonesia pada tahun 2012) dan India telah berinvestasi dalam proyek-proyek di berbagai sektor. Jepang menghabiskan total

US$2,29 miliar di sektor manufaktur, termasuk pengolahan karet, tekstil, pulp & paper, kimia, dan otomotif.

Sementara itu, India telah menjajaki peluang di sektor-sektor seperti energi, pariwisata, otomotif, teknologi informasi, dan infrastruktur, dengan Investasi Asing Langsung (FDI) sebesar US$78.1 juta tahun lalu. Kedua negara juga berupaya mencapai target perdagangan bilateral sebesar US$25 miliar pada tahun 2015, bertepatan dengan pelaksanaan ASEAN Economic Community (AEC).

Peran ManufakturBagian dari daya tarik Indonesia adalah kekebalan parsial terhadap gelombang ekonomi global, didukung oleh kekuatan pasar domestik. Namun, ketergantungan negara terhadap permintaan domestik juga menjadi pedang bermata dua karena menghadapi tekanan ganda dalam bentuk

permintaan global yang lemah dan meningkatnya inflasi. Hal ini lebih diperparah oleh isu-isu yang mencakup melebarnya kesenjangan pendapatan, biaya yang terlibat dalam pembangunan infrastruktur, serta ketergantungan yang berlebihan pada ekspor komoditas.

Purchasing Managers’ Index (PMI) HSBC untuk Indonesia mengungkapkan kontraksi tajam dalam aktivitas manufaktur pada Agustus, dengan indeks mencapai level terendah dalam 15 bulan terakhir. Secara umum, industri manufaktur merasa terjepit karena permintaan domestik berkurang. Kondisi serupa juga melanda industri otomotif, yang berhasil bangkit dari tren resesif global tahun lalu hanya berkat kuatnya permintaan domestik.

Hasil yang menggembirakan itu sekaligus menimbulkan rasa khawatir karena manufaktur sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi. Bukan karena kurang stabil, tapi juga menciptakan kesempatan kerja yang besar bagi banyak penduduk di negara itu. Pemerintah memahami hal ini dan sedang berusaha untuk meningkatkan industrialisasi melalui Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) dan kebijakan yang memberikan insentif kepada produsen untuk membangun seluruh rantai produksi di tingkat lokal, dengan harapan menambah nilai terhadap output. Ini termasuk pembatasan ekspor produk pertambangan dan pelaksanaan bea masuk anti-dumping terhadap produk baja.

Meski demikian, masih banyak yang harus dilakukan karena sektor tradisional Indonesia yang kuat (misalnya: otomotif, minyak & gas) semakin jenuh dengan banyaknya pemasok. Menimbang hal itu, barangkali fokus pada sektor kedirgantaraan bisa menjadi solusi untuk lesunya perekonomian Indonesia.

Era Tinggal LandasIndustri kedirgantaraan Indonesia

Dengan perkembangan perjalanan udara dan kemampuan rantai suplai lokal, industri kedirgantaraan bisa jadi solusi Indonesia menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Oleh Sherlyne Yong

ProspekManufaktur Kedirgantaraan

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggrisPrayitno, Los Angeles, US

Features

Page 52: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201450

dapat dibagi menjadi dua sektor: manufaktur (OEM) dan jasa manufaktur (MRO). Menurut Ravikumar Madavaram, konsultan — Asia Pacific, Aerospace & Defense, Frost & Sul l ivan, yang pertama bernilai sekitar US$400 juta tahun lalu, setengah di antaranya didominasi oleh produsen pesawat nasional PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Model bisnis PTDI berfokus pada empat bidang struktur dan komponen aero, jasa pemeliharaan, perakitan pesawat dan helikopter, serta teknologi dan pengembangan. PTDI telah menjalin kontrak jangka panjang dengan Aerocopters, Spirit Aerosystems, Korean Air, dan juga menjadi pemasok eksklusif untuk komponen sayap Airbus A380. Namun, tentu saja ini ada harganya.

“Jenis pekerjaan yang digarap Indonesia pada umumnya adalah manufaktur padat karya. PTDI memang memiliki perjanjian kontrak dengan Boeing, Airbus, dan banyak perusahaan lainnya,” kata Mr Madavaram. Karena perkembangan di bidang ini bergantung pada teknologi, maka kemajuannya lambat.

Hal yang sama juga berlaku untuk OEM yang telah mendirikan basis di Indonesia, yang melakukannya terutama untuk menekan biaya tenaga kerja lebih rendah dan untuk lebih melayani pasar regional. Masih ada kelangkaan produksi dengan nilai tambah padat teknologi.

Namun, semua ada s is i baiknya. PTDI memulai sebuah proyek besar yang jika berhasil, maka akan mengubah seluruh peta manufaktur kedirgantaraan. PTDI berusaha mengembangkan pesawat baru sendiri, yang pasti akan meningkatkan kemampuan lokal sebagai negara berkembang dengan rantai suplai sendiri.

Rantai Suplai Lokal“Manfaat bagi perusahaan-perusahaan Indonesia melakukan hal ini adalah bahwa negara telah membangun beberapa bentuk

pesawat sebelum tahun 1996. PTDI telah mengembangkan sebuah pesawat bernama N250 yang berhasil terbang, tetapi rencana itu harus dibatalkan karena krisis Asia pada saat itu. Mereka telah merombak program yang sama dan mencoba membuat sebuah pesawat baru. PTDI akan mulai memiliki rantai suplai sendiri, sehingga juga akan mempengaruhi pasar manufaktur kedirgantaraan di Indonesia,” ujar Mr Madavaram.

Bagian in i berasal dar i kecenderungan OEM untuk membangun kompetensi di Indonesia dengan komponen dari produsen lokal. Walaupun tidak jelas apa arti proyek tersebut bagi wilayah tersebut, satu hal yang pasti — proyek akan berdampak pada pasar lokal, terutama dalam hal logistik.

Misalnya, kerja sama outsourcing masa lalu PTDI dengan UKM PT Ina Indotech Engineering (IEE) menghasilkan pengembangan alat manufaktur untuk memproduksi pesawat NC 212-400, dan membantu UKM tersebut untuk menjadi pemasok independen.

Terbukti, proyek-proyek lokal yang melibatkan manufaktur pesawat akan sangat meningkatkan upaya dan perkembangan dalam produksi rantai suplai. Perjanjian komprehensif antara Airbus Military dan PTDI untuk pengembangan pesawat NC212i turut mendorong

mimpi ini terbang lebih tinggi. Tentunya, perkembangan

teknologi masih sangat penting untuk terlaksananya hal ini. “Kedirgantaraan adalah sektor yang sangat spesifik, yang membutuhkan banyak investasi sebelum dapat memperoleh hasi l . Sampai sekarang, kami belum melihat investasi apa pun dari pemerintah, juga belum ada ketegasan dalam meningkatkan kemampuan sektor ini,” lanjut Mr Madavaram.

Dia menjelaskan bahwa bidang ini kekurangan dana karena pemerintah baru belakangan ini melihat buah dari perkembangan ekonominya. Sebaliknya, ia mengharapkan pemerintah untuk menyalurkan dana ke R&D dalam tiga sampai empat tahun ke depan, sehingga kemajuan teknologi akan terjadi sejak tahun 2020 dan seterusnya.

Dipicu oleh Permintaan DomestikBerbeda dengan pembuatan komponen pesawat, masa depan untuk sektor jasa dan MRO terlihat jauh lebih jelas. Menurut Mr Madavaram, “Pasar MRO untuk tahun lalu saja sudah bernilai sekitar US$540 juta dolar. Ini lebih besar dari pasar manufaktur dan diperkirakan akan tumbuh pesat, mencapai US$800 juta dolar pada tahun 2020.”

Alasannya adalah meningkatnya

Proyek lokal turut meningkatkan industri kedirgantaraan Indonesia

Prayitno, Los Angeles, US

Features

Page 53: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

51

Enquiry No. 6506Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

kemakmuran dan penerbangan di antara orang Indonesia. Tidak seperti manufaktur komponen, pasar MRO berhubungan langsung dengan konsumsi domestik. Perjalanan udara secara umum diperkirakan akan meningkat di Asia Pasifik selama beberapa tahun ke depan, dengan Indonesia menjadi salah satu pasar utamanya.

Dengan demikian, maskapai p e n e r b a n g a n I n d o n e s i a memperluas operasinya sebagai persiapan mereka atas lonjakan perjalanan domestik. Lion Air dan Sriwijawa Air lebih banyak melakukan pesanan untuk pesawat komersial. Secara khusus, Lion Air mendapat sorotan setelah memesan armada lebih dari 400 pesawat, termasuk pesawat Boeing 737 Max, Airbus A320, dan A320neo.

Sebagai antisipasi lebih lanjut terhadap peningkatan perjalanan udara, Lion Group memiliki rencana untuk membeli 50 unit pesawat sub-20 N219 dari PTDI, yang akan memberikan manfaat ganda dengan biaya operasional dan pemeliharaan yang lebih murah.

Mereka juga membangun fasilitas MRO di pulau Batam, yang akan menangani pemeliharaan berat untuk penerbangan di bawah

kelompok Lion, bersama-sama dengan pemeriksaan berat untuk pelanggan pihak ketiga. Fasilitas ini akan terdiri atas empat hanggar untuk pesawat berbadan lebar, bengkel perbaikan komponen dan overhaul, serta pusat MRO mesin, yang memungkinkan mereka mengerjakan sekaligus airframes dan mesin, serta gigi pendaratan, avionik, dan unit daya tambahan.

Peningkatan fokus pada keselamatan penerbangan juga memacu perkembangan jasa MRO untuk industri kedirgantaraan. Maskapai Indonesia memiliki rekam jejak masalah keselamatan yang kurang baik, yang mempengaruhi persepsi kualitas penerbangan di negara ini.

Akibatnya, para pelaku industri — maskapai dan pemerintah — telah meningkatkan upaya untuk mengubah persepsi itu. Misalnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mencari produk yang dapat menawarkan manajemen lalu lintas udara.

Masa Depan KedirgantaraanTidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia masih memiliki jalan panjang yang harus ditempuh guna membangun kemampuan dalam

industri kedirgantaraan. Dengan kegiatan manufaktur didominasi oleh industri otomotif, jelas bahwa negara ini sudah memiliki proses untuk pembuatan komponen.

Meski demikian, mengalihkan proses tersebut ke pembuatan pesawat tentu membutuhkan kemajuan teknologi yang lebih tinggi, yang hanya akan tersedia dengan peningkatan pendanaan untuk kepentingan R&D. Terlepas dari tantangan yang ada, penting bagi Indonesia untuk meningkatkan kemampuannya, terutama dengan akan datangnya AEC pada 2015.

“Ketika itu terjadi, pasar akan lebih terbuka untuk kompetisi lokal dan regional,” kata Mr Madavaram. Sangat mungkin produsen Indonesia akan menerima persaingan dari pemain di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Selain sebagai tantangan, persaingan mungkin tidak selalu menjadi hal yang buruk, karena bisa juga membawa lebih banyak kemajuan teknologi ke negara ini.

Untuk mendorong impor teknologi, fokus yang lebih besar harus diberikan pada pembangunan kerangka hukum yang melindungi produsen.

Pada akhirnya, industri kedirgantaraan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Walau agak terbelakang pada saat ini, meningkatnya permintaan untuk perjalanan udara di wilayah ini pasti akan memacu pertumbuhan di sektor ini.

Ini bidang berprospek cerah yang dapat membantu meringankan stagnasi pertumbuhan di industri otomotif, seraya mengurangi efek ketergantungan pada ekspor komoditas. Dengan perubahan infrastruktur dan realokasi dana yang diharapkan selama beberapa tahun ke depan, manufaktur kedirgantaraan juga bisa menjadi sektor andalan Indonesia di masa mendatang.

Industri kedirgantaraan dapat membantu meringankan stagnasi pertumbuhan di industri otomotif.

Yoppy, Kawasaki, Japan

Features

Page 54: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201452

Proses menghilangkan sisa logam dari tepian b e n d a k e r j a , y a n g u m u m n y a d i k e n a l

s e b a g a i d e b u r r i n g , t e l a h digunakan selama lebih dari satu abad di bengkel logam. Ketika sebuah logam mengalami proses pemesinan, seperti pemotongan, pengeboran, pengeboran atau pembubutan, akan ada gerigi dan tonjolan pada tepian logam, yang di industri dikenal sebagai burr (sisa logam setelah pemesinan).

Proses deburr ing t idak hanya meningkatkan estetika

Meski banyak pihak menganggap deburring sebagai proses yang cukup sederhana, namun proses ini telah melewati beberapa peningkatan modern dalam beberapa tahun terakhir, menghemat biaya dan waktu. Oleh Shahnawaz Abdul Hamid

Menuju

produk jadi, tapi juga mencegah timbulnya masalah keselamatan. Burr berpotensi menimbulkan komplikasi, dengan tingkat keparahan komplikasi bergantung pada lingkungan tempat benda kerja tersebut berada.

Sebagai contoh, sebuah tabung logam dapat membahayakan perapatan dengan lem dan integritas keseluruhan sistem HVAC (pemanas, ventilasi dan pendingin udara) jika belum dilakukan deburring hingga tuntas.

Mungkin yang lebih serius, benda kerja logam yang sama

yang digunakan di ruang bersih farmasi secara tidak sengaja dapat menyebabkan masuknya partikel asing ke dalam proses pembuatan obat. Akibatnya, perusahaan farmasi telah dikenal dengan sistem kendali mutu yang ketat, sehingga semakin menantang para perakit produk logam dan artikel untuk menghasilkan lapisan permukaan yang sempurna.

Pemesinan Lebih Baik, Burr Lebih SedikitDeburring mungkin terlihat sebagai proses yang agak

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

yang SederhanaDeburring Manual

Damian Searles, Brisbane, Australia

Features

Page 55: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

53

mudah dan sederhana, padahal tidak. Dalam beberapa tahun terakhir, alat deburring baru telah diperkenalkan dalam upaya membuat proses pengilangan burr lebih hemat biaya dan efisien.

Secara tradisional, sebagian besar deburring dicapai melalui penggunaan alat deburring manual sederhana, dengan curved sickle yang cepat menghilangkan burr yang terl ihat dengan mata telanjang. Atau, bisa juga menggunakan zat abrasif seperti amplas. Meski ini adalah metode yang sudah dicoba dan teruji, tapi ini sulit dilakukan jika benda kerja memiliki permukaan yang sulit dijangkau. Juga mungkin tidak layak untuk benda kerja yang besar, atau yang terbuat dari logam berat.

D a l a m k a s u s t e r s e b u t , penggunaan peralatan deburring yang lebih canggih mungkin diperlukan. Namun demikian, mungkin terlalu dini untuk berbicara tentang peralatan tersebut tanpa terlebih dahulu menanyakan apakah lingkungan

pemesinan saat ini menyadari perlunya burr yang lebih sedikit terbentuk se te lah proses pemesinan tertentu. Kita harus mempertimbangkan alat pemotong yang tersedia yang membantu mengurangi pembentukan burr. Lagi pula, tujuan utama deburring adalah agar permukaan logam bebas dari tonjolan dan tepi.

D a l a m h a l i n i , p ro s e s p e n g h a p u s a n l o g a m n o n -tradisional dapat dipertimbangkan. Pemesinan jet abrasif, pemesinan kimia, pemesinan ultrasonik, dan pemesinan jet air hanyalah beberapa proses penghilangan l o g a m n o n - t r a d i s i o n a l , diperkenalkan sejak tahun 1960-an, yang telah menghemat puluhan ribu jam kerja untuk deburring.

Proses-proses non-tradisional dikenal konsisten menghasilkan tepian berkualitas tinggi yang bebas burr. Namun, sebagian di antaranya, misalnya pemesinan kimia, dikenal menghasilkan efek lingkungan yang tidak diinginkan, sehingga tidak bisa digunakan secara luas.

Sebaliknya, alat pemotong yang lebih baik dalam bidang proses tradisional, yang ditemukan selama dekade terakhir, juga telah berpengaruh dalam mencegah pembentukan burr. Mungkin tidak ada peningkatan dalam pemotongan yang lebih signifikan dibandingkan pengenalan alat insert karbida yang dapat diganti. Ujung alat ini, yang memungkinkan penggantian dengan nyaman dan mudah, memastikan bahwa alat selalu tajam, dan meminimalkan pembentukan burr.

Era Baru DeburringWa l a u p u n s u d a h b a n y a k kemajuan dalam pemotongan dan proses pemesinan lainnya, faktanya burr mas ih ada , sehingga proses deburring selalu penting di masa lalu dan kini.

M e n u r u t l a p o r a n r i s e t berjudul ‘Your Burr Technology Efforts Changed The World’ oleh LaRoux K Gillespie, saat ini total ada 117 proses deburring, naik dari 17 proses pada 1973. Pada tahun 2000, lebih dari

Komponen logam harus benar-benar menjalani proses deburring untuk mencegah komplikasi

Mic

hael

& C

hris

ta R

iche

rt, B

erlin

, Ger

man

y

Features

Page 56: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201454

1.000 perusahaan membuat dan memasok produk dan layanan deburring.

Ada tiga proses deburring yang terutama dilihat sebagai kontributor utama dalam era baru efektivitas deburring yang ditingkatkan. Ketiganya adalah deburring sikat mesin, finishing massal, dan deburring robot. Ketiganya telah menjalani proses peningkatan yang menjadikannya penting untuk proses manufaktur saat ini.

D e b u r r i n g s i k a t m e s i n mengacu pada penggunaan sikat yang menempel pada poros mesin putar untuk menghilangkan dan memperhalus benda kerja. Hal ini biasanya menghasilkan waktu deburring yang lebih sedikit, dibandingkan deburring manual dengan tangan. Ini juga memungkinkan lapisan benda kerja yang lebih baik. Proses ini mengharuskan operator untuk memindahkan benda kerja dalam gerakan bolak-balik di sepanjang sikat bergerak.

D a l a m b e b e r a p a t a h u n terakhir, penggunaan s is ir br i s t l e -d i sk d iband ingkan sikat kawat telah mengurangi

tekanan yang diperlukan dari operator, menghasilkan getaran lebih rendah yang dialihkan ke tangan operator.

Tidak seperti pada deburring sikat mesin, finishing massal tidak mengharuskan operator untuk memegang benda kerja saat melakukan deburring. Ini lebih otomatis, dengan benda ker ja d imasukkan mela lu i proses mekanis untuk mencapai lapisan permukaan tertentu. Meski biaya deburring mesin tersebut mungkin mahal, namun penghematan dari segi waktu bisa lebih besar. Mesin ini sekarang sudah lazim ada di pabrik-pabrik yang memproduksi bagian logam untuk aplikasi di bidang kedokteran, pertahanan, dan optik.

Seperti proses pengerjaan logam lain yang sejak saat itu sudah beralih ke robot untuk meringankan kendala tenaga kerja, deburring robot juga tidak ada bedanya. Namun, deburring pada robot juga berguna dalam arti mereka mampu menangani dan menghaluskan bagian yang terbukti jadi tantangan bagi operator manusia: panas, berat,

dengan banyak tepian tajam. Selain itu, robot dihargai untuk akurasi dan konsistensinya.

Apa Lagi Selanjutnya?Walaupun teknologi deburring telah melalui banyak ekspansi dalam beberapa dekade terakhir, masih banyak kesempatan dan bidang untuk perbaikan berkelanjutan.

P e n g g u n a a n p e r a n g k a t lunak untuk menentukan lokasi terbentuknya burr, kodifikasi standar tepi, serta kebutuhan lebih lanjut untuk peminimalan burr adalah beberapa bidang yang harus menjadi perhatian ilmuwan dan peneliti di masa depan.

Saat ini bahkan ada diskusi tentang tepi timbul mikroskopis dan kelainan bentuk, atau micro-burr, yang akan membutuhkan tingkat kecanggihan yang lebih tinggi dalam hal deteksi dan penghapusan. Hanya waktu yang akan menentukan bagaimana subtopik ini akan mempengaruhi kajian integritas dan finishing permukaan, serta seni klasik deburring.

Enquiry No. 6507Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Akankah robot-robot masa depan menggantikan pekerja seperti ini?

Sulacozza, Slovenia

Features

Page 57: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

55

Menghadapi dunia manufaktur global yang kompet i t i f , n e g a r a s e p e r t i

Singapura tidak mungkin bersaing dalam hal biaya. Inilah hal yang telah dilihat bertahun-tahun lalu, dan strategi serta kebijakan yang muncul setelah realisasi itu memuncak dengan munculnya Singapura sebagai salah satu pusat industri aerospace di Asia.

Arah yang diambil oleh pemerintah ini telah memberikan peluang kepada para produsen kontrak di negara itu kesempatan untuk bersaing dalam hal kualitas dan bukan dalam hal biaya, sehingga mereka memiliki keunggulan dibanding kompetitor-kompetitor di lingkup regional.

Namun, di industri aerospace, m e m p r o d u k s i k o m p o n e n berkualitas bukanlah tugas mudah. Ada banyak tantangan besar bagi para pemasok. Jika ‘ujian’ ini berhasil dilewati, jalan yang diambil oleh suatu perusahaan pemasok komponen aerospace akan dipenuhi dengan kesempatan berlimpah, yang akhirnya memberikan imbal hasil yang memuaskan.

Berbagai pakar industri telah mengutarakan pandangannya tentang cara sukses melakukan penetrasi industri aerospace dengan

Baru-baru ini, Asia Pacific Metalworking Equipment News (APMEN) berada di sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Singapore Institute of Manufacturing Technology (SIMTech) untuk menggali lebih banyak tentang kebutuhan, teknologi, dan solusi bagi kesuksesan perintisan industri aerospace. Oleh Joson Ng

Belajar Terbang

mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Selain pembicara dari SIMTech, tampil juga perwakilan dari Siemens, Walter Tools, dan DMG/Mori Seiki.

Harsha B Y, regional product manager di Siemens, menyinggung tentang aplikasi Siemens NX untuk produksi komponen aerospace. Terkait segmen alat pemotong, Carlos Magon, tools application engineer di Walter menyampaikan beragam solusi pembubutan canggih untuk Heat Resistant Super Alloys (HRSA).

Di bidang peralatan mesin, Richard Kellett dari DMG/Mori

Seiki Aerospace Excellence Centre mengutarakan pandangannya tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan agar sukses di industri aerospace.

Apa yang Anda Miliki? Apa yang Anda Butuhkan?Melihat terus meningkatnya permintaan di industri ini, Mr Kellett menyoroti pentingnya kreativitas di bidang aerospace. “Tanpa inovasi, Anda hanya sama baik dengan kompetitor Anda,” ungkapnya.

Ia melanjutkan dengan tiga jenis komponen utama dalam industri aerospace. Antara lain komponen

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Richard Kellett mengutarakan pandangan penting mengenai industri aerospace.

Features

Page 58: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201456

mesin jet, roda pendaratan, dan komponen struktural. Karena ada banyak sekali komponen dan kemungkinan di industri ini, ia meminta para peserta untuk mundur sejenak dan berpikir.

“Ketahuilah apa yang Anda miliki, apa yang paling Anda kuasai,” ungkapnya. Ia menambahkan, bagus sekali bila kita dapat menyebutkan daftar kemampuan produksi dan menyajikannya dalam format tabel sehingga bisa dipakai untuk alat unjuk yang kuat bagi calon pelanggan.

S e l a i n m e n u n j u k k a n kemampuan suatu produsen kontrak, ada juga sertifikasi yang harus dipikirkan untuk membuka pintu terlebih dahulu. Menurut Mr Kellett, produsen memerlukan sertifikasi AS9100. Kedua, sebaiknya produsen mendapatkan sertifikasi ISO 14001. Sertifikasi-sertifikasi yang terkait pelanggan menghimpun serangkaian sertifikasi yang diperlukan perusahaan untuk memasuki industri.

Menanamkan Mentalitas yang BenarSetiap orang ingin benar. Namun di industri aerospace, benar bukanlah pilihan, melainkan keharusan mutlak. Ini ditegaskan oleh Mr Kellett. “Kita harus benar sedari kali pertama,” ungkapnya.

Sela in i tu , menurutnya, pemantauan proses juga menjadi

aspek penting bagi sektor aerospace. “Mereka ingin Anda menawarkan sesuatu sehingga mereka dapat melacak komponen. Mereka ingin mengetahui umur pakai komponen, dari saat tiba di bengkel Anda hingga saat keluar. Sebagai contoh, Anda tidak saja mengukur kecepatan spindel dan mencatatnya, tetapi juga mengukur pendingin dan tekanan karena ini merupakan catatan penting. Anda harus menjamin bahwa Anda tahu telah membuat komponen dengan baik.”

Selain masalah keterlacakan, produsen juga harus berbaur ke dalam budaya kerja pelanggan. Ia mengatakan: “Ketika Anda mengunjungi pelanggan dan berusaha mendapatkan pesanan darinya, ia menjadi tolok ukur Anda terkait apa yang ingin Anda capai dan harus seperti apa perusahaan Anda.”

Mencabangkan DiriDalam iklim produksi sekarang ini, tidak ada bagusnya kalau kita hanya bagus di satu bidang. Inilah etos yang harus ditanamkan oleh para produsen, terutama bila mereka ingin menjadi pemasok di industri aerospace.

Ia mengatakan: “Anda harus bekerja sama dengan para pemasok dan mitra lain agar dapat mendapatkan pesanan dari OEM. Perusahaan pemasok memiliki tanggung jawab yang kian besar hingga mencakup produksi, perakitan, dan pengujian. Jika Anda hanyalah pemasok yang mampu menawarkan layanan pembubutan murah, Anda tidak akan menang. Anda akan menang bila Anda menawarkan satu paket pekerjaan, ilmu, atau keahlian.”

Mr Kellett mengatakan kepada pemirsa bahwa mereka harus menggabungkan kemampuan m e m b u b u t k o m p o n e n dengan ilmu di bidang NDT, pembers ihan , pengecatan & p e r l a k u a n p e r m u k a a n , dokumentasi, penandaan, dan

pengemasan & penyortiran. Ia juga menegaskan, jika berbicara masalah pengemasan, “pikirkanlah Jepang,” karena segala bahaya yang merusak komponen akhir harus dihindari.

Buka Mata dan TelingaJika ingin sukses, pemasok di industri aerospace juga harus peka terhadap apa yang sedang terjadi di industri ini. Demikian saran Mr Kellett. Dengan dasar itu, ia pun menyinggung masalah bahan. Mengambil contoh penggunaan titanium (bahan yang eksotis) dan aluminium (bahan yang populer), ia mengatakan: “Jika Anda menggunakan sesuatu yang sudah populer seperti aluminium, artinya Anda harus siap dengan banyak pesaing. Sementara itu, bahan yang kurang populer (seperti titanium) memerlukan pembubutan yang lebih canggih. Pikirkan tentang bahan yang dapat Anda proses.”

Di bidang komponen, trennya adalah semakin banyak masing-masing komponen mesin yang digabungkan ke dalam satu komponen tunggal, sehingga meningkatkan keandalannya. Meskipun ini adalah kabar bagus, produsen harus mengeluarkan dana besar demi keandalan yang lebih baik karena prosedur produksi semakin kompleks. Ia mengatakan: “Menarik sekali bila Anda menyimak apa saja jenis-jenis komponen baru yang akan hadir, dan mendapatkan keunggulan bersaing karena menjadi produsen pertamanya.”

Terakhir, di bidang CAD/CAM, ia berbicara tentang penggunaan sistem CAM yang mampu menghasilkan dokumentasi seperti gambar dan prosedur sehingga memiliki keunggulan, karena programmer cenderung menghabiskan banyak waktu membuat dokumentasi pendukung program alih-alih untuk membuat program itu sendiri.

Enquiry No. 6508Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Carlos Magon

Features

Page 59: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

57

Dorongan untuk tertata d a n m e m p r o d u k s i produk secara efisien mungkin merupakan

salah satu alasan utama dibuatnya line produksi. Bagi sebagian industri, ini dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Namun bagi industri otomotif, ini merupakan keharusan dan juga sebuah norma. Jika mendengar istilah otomotif, pasti yang langsung melintas di benak kita adalah berbagai robot serta deretan mesin. Lepas dari masalah teknologi, konsep di balik line produksi ini layak untuk dibicarakan.

Di dalam pabrik perakitan, b a g i a n - b a g i a n k e n d a r a a n ditambahkan ke suatu produk secara berurutan oleh pekerja atau robot dengan sistem pemuatan otomatis, untuk membuat produk jadi secara lebih cepat dan tertata. Dalam berbagai line ini, biasanya

pekerja hanya melakukan satu operasi. Ini mungkin karena prinsip yang dipegang di balik penyiapan perakitan.

S a a t H e n r y F o r d mengembangkan line perakitan, banyak pihak berpikir ia ingin agar bagian komponen bergerak sedekat mungkin dari satu pekerja ke pekerja berikutnya. Dengan satu operator atau sekelompok operator ditugasi satu pekerjaan, misalnya memasang roda, maka akan lebih banyak jumlah kendaraan yang dapat dihasilkan dalam waktu tertentu karena sekarang ada banyak pekerja yang mengerjakan berbagai bagian kendaraan secara serentak.

ProsesProdusen mobi l b iasanya memperoleh bagian-bagian mobil dari berbagai pemasok tingkat satu atau dua, yang harus

memenuhi kriteria ketat yang ditetapkan produsen. Bagian-bagian tersebut kemudian masuk ke pabrik perakitan untuk perakitan final kendaraan.

Setelah masuk line perakitan, rangka kendaraan melewati beberapa tahapan perakitan. Bagian-bagian penting kemudian dipasang ke kendaraan saat melewat i tahap ins ta las i . Setelah itu, mesin dan transmisi ditambahkan.

Badan kendaraan kemudian d i b u a t , d i i k u t i d e n g a n pemasangan komponen final dari badan tersebut. Setelah tahap ini, kendaraan melewati tahap pengecatan. Kemudian, pekerja memasang komponen bagian dalam kendaraan seperti lampu-lampu, pedal, dan karpet. Terakhir, jika kaca depan sudah terpasang dan pelumas sudah ditambahkan, kendaraan siap diuji

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Menyatukan SemuanyaPerakitan otomotif tiba dan membanjiri Asia. Oleh Michael E Neumann

Features

Page 60: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201458

coba guna melihat pemenuhan standar kualitas yang ditetapkan produsen.

Robot Memainkan Peran yang Sangat PentingSelama proses perakitan, robot digunakan di berbagai tahapan. Misalnya, robot digunakan dalam pemasangan kaca depan, mesin, transmisi, dan bahkan proses pengecatan. Penggunaan robot di pabrik perakitan mobil merupakan contoh nyata sifat robot yang serba bisa. Dari pengangkatan beban berat hingga pengecatan, robot masuk ke dalam proses secara sempurna.

Kini , ada banyak sekal i produsen robot yang hadir di pasaran. Di antara yang sudah mapan adalah Fanuc, Denso, Yaskawa Motoman, Kuka, dan Reis. Fanuc mengklaim robot-robotnya dapat melakukan spot welding, arc welding, sealing, pengecatan, dispensing, dan perakitan kendaraan.

Selain itu, robot tersebut juga dapat melakukan aplikasi pembuangan bahan, seperti pemotongan (cutt ing) dan pengasahan (grinding). Dengan memanfaatkan perangkat lunak penglihatan robot, solusi robot akan dapat melokalisasi objek secara cermat/presisi. Oleh karena itu, waktu yang diperlukan untuk penyetelan ulang lengan robot pun akan berkurang, sehingga meningkatkan produktivitas dan efektivitas solusi robot.

Salah satu produsen robot, Yaskawa Motoman belakangan ini mengembangkan robot MC2000 ‘Master Cut’, yang dirancang untuk melakukan pemotongan laser lubang-lubang kecil dan sudut-sudut tajam secara akurat. Menurut p ihak produsen , keakuratan jalur pemotongannya dapat berada dalam kisaran 0,1 mm, bergantung pada aplikasinya.

Robot ini mengunggulkan kemampuan bebannya yang mencapai 50 kg, sehingga sangat

cocok untuk remote laser welding head. Robot ini memiliki jangkauan horizontal 2.038 mm, jangkauan vertikal 3.165 mm, dan kemampuan pengulangan ±0,07 mm. Selain pemotongan bahan, robot six-axis ini dapat digunakan untuk aplikasi laser welding dan dispensing.

Perusahaan juga memproduksi (salah satunya) robot pengecat yang dapat digunakan untuk primer, lapisan dasar, lapisan akhir, lapisan bening, dan spray dispensing, menggunakan bahan dasar air, pelarut, serbuk, glaze, dan perekat/lem.

Robot ini mampu melapisi bagian-bagian kompleks dalam hampir semua ukuran dan bentuk, termasuk permukaan yang berceruk, melengkung, dan berkontur - tanpa lubang atau kerut. Robot pengecat dapat diprogram untuk melakukan pelapisan bahan ke berbagai area komponen dalam berbagai ketebalan film.

Setelah masuk line perakitan, rangka kendaraan melewati beberapa tahapan perakitan.

Features

Page 61: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

59

Mendorong Produksi Mobil Di area produksi yang luas seperti pabrik perakitan, paket pengelolaan adalah keharusan agar semuanya dapat dipastikan berjalan lancar, yang telah menghasilkan solusi-solusi di pasaran yang ditawarkan oleh berbagai pengembang.

S o l u s i S i e m e n s P L M ’s Tecnomatix untuk produsen asli (OEM) otomotif misalnya, merupakan program perangkat lunak yang mengklaim dapat mempercepat waktu produksi s e b e s a r 2 0 p e r s e n , d a n meningkatkan produktivitas pekerja hingga 10 persen.

P e r a n g k a t l u n a k i n i memfasi l i tasi perencanaan d a n p e re k a y a s a a n m u l t i -user dan multi -site. Sistem ini memungkinkan pengguna membuat representasi hierarkis dari proses produksi perakitan akhir yang dikenal dengan Bills of Process (BOP). BOP ini mencakup logika dan alur proses, dan mendefinisikan hubungan antara operas i , sumber daya produksi, dan bagian-bagian produk.

Evaluasi dini terhadap waktu

perakitan, anggaran proyek, dan biaya produksi juga menjadi mungkin untuk dilakukan. Selain itu, perangkat lunak ini juga memungkinkan penyeimbangan line dan menyediakan perkiraan awal kinerja line perakitan, termasuk output dan pemanfaatan sumber daya. Di antara solusi yang ditawarkan perangkat lunak ini adalah simulasi 3D terhadap operasi manusia dan robot, termasuk pemasangan jok mobil, panel instrumen dan kaca depan, analisis ergonomi dan urutan kerja, serta optimasi waktu eksekusi.

Perusahaan pembuat lainnya, Epicor, menawarkan Automotive Manufacturing Software, yang merupakan Enterprise Resource Planning (ERP) global dan solusi perangkat lunak industri otomotif yang dirancang untuk produsen dan bisnis otomotif yang menyediakan produk dan jasa bagi industri otomotif.

Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk menyempurnakan waktu tunggu dan mengurangi pemborosan waktu dengan jalan penerapan strategi yang ramping bagi produsen otomotif, dan

menawarkan visibilitas dengan sebuah solusi end-to-end yang mencakup dasbor built-in.

Pergeseran Teknologi & LokasiEntah itu robot atau pun program perangkat lunak automasi, p e r a k i t a n o t o m o t i f t e l a h mengalami perkembangan pesat sejak masa Henry Ford. Pabrik perakitan juga telah berpindah jauh dari lokasi biasanya. Dari Detroit di AS ke ‘New Detroit’ di Pune, India, migrasi global perakitan otomotif telah dimulai secara sungguh-sungguh.

Produsen-produsen mobil Jepang juga telah mengikuti tren ini, dengan mendirikan pabrik-pabrik di Thailand dan Indonesia. Melihat investasi yang melekat pada proyek-proyek besar ini, Asia memang layak untuk disebut sebagai pusat produksi mobil dunia.

Investas i in i t idak sa ja menguntungkan penduduk lokal dari lapangan pekerjaan yang dihasilkan, tetapi juga membawa serta teknologi dan filosofi produksi yang sudah berkembang selama bertahun-tahun.

Enquiry No. 6509Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Setelah masuk line perakitan, rangka kendaraan melewati beberapa tahapan perakitan.

Features

Page 62: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201460

EMO Hannover 2013 , sa lah satu pameran perdagangan internasional terbesar untuk industri

mesin perkakas, diselenggarakan pada 16-21 September 2013, di Hannover, Jerman.

Dengan tema utama ‘Intelligence in Production’ (Kecerdasan dalam Produksi), lebih dari 2.100 peserta pameran dari 43 negara ikut ambil bagian dalam acara tersebut untuk menampilkan inovasi mereka kepada 145.000 pengunjung perdagangan yang datang dari lebih dari 100 negara. Sekitar 60 persen dari peserta pameran dan 41 persen pengunjung berasal dari luar negeri, dengan 17 persen dari total pengunjung berasal dari Asia.

Pada upacara pembukaan, Karel De Gucht , European C o m m i s s i o n e r f o r Tr a d e ,

menyarankan bahwa pasar keuangan di Eropa telah kembali stabil. “Anda mungkin tidak menyadari, tapi musim panas ini adalah musim panas pertama selama beberapa tahun terakhir ini yang tanpa krisis terkait euro,” katanya.

Dia menambahkan bahwa menurut data bulan Agustus, perekonomian zona euro dan Uni Eropa telah kembali ke pertumbuhan positif, “didorong oleh output yang sangat baik di Jerman, Prancis, dan Inggris.”

Walaupun negara-negara yang paling parah terkena krisis sudah menunjukkan kemajuan, dengan Irlandia menjadi negara pertama yang meninggalkan program bailout (dana talangan) pada akhir tahun dan mantapnya pertumbuhan ekonomi Spanyol

dan Portugis, ia mengingatkan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan karena pertumbuhan angka hanya menunjuk ke arah pemulihan yang lambat, dan total output Eropa masih di bawah puncak pertumbuhan pada tahun 2008. Selain itu, perusahaan juga harus memperhatikan kesulitan di India dan pasar negara berkembang lainnya.

Untuk membantu perusahaan di Eropa bersaing di dalam dan luar negeri, kebijakan perdagangan Eropa telah dibuat menguntungkan dengan menurunkan bea cukai dan biaya lainnya di perbatasan, mengurangi kebutuhan untuk melakukan pengujian tambahan di negara berbeda, dan memastikan adanya persaingan yang adil.

Secercah HarapanMeski prospek ekonomi global tampak suram dan perlambatan pasar negara berkembang seperti China, banyak perusahaan tetap optimis. Salah satunya adalah Iscar, produsen perkakas dari Israel yang berafiliasi dengan IMC Group. Sebagaimana dijelaskan oleh Hadas Zeira, marketing communications manager perusahaan, mereka telah mengamati tren yang menunjukkan krisis ekonomi di Eropa berakhir dan industri pulih secara bertahap.

“Industri pengerjaan logam itu seperti industri perminyakan, dunia tidak bisa hidup tanpanya,” katanya. Dengan industri otomotif mencakup sekitar 40 persen dari industri pengerjaan logam, pasar ini telah menjadi trendsetter yang harus dicermati oleh perusahaan.

Mr. Zeira mengatakan bahwa agar produsen tetap kompetitif, mereka harus meningkatkan produktivitas. “Kami telah bekerja sama dengan produsen mesin untuk membuat perkakas yang memiliki kecepatan dan umpan yang tinggi.”

Selama tahun lalu, perusahaan telah merilis sekitar 15.000 produk baru di bawah kampanye

EMO Hannover2013

APMEN melihat dari dekat tentang apa yang menarik di ajang EMO. Oleh Wong Tsz Hin

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Tinjauan Acara:

events&exhibitions

Page 63: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

61

Lebih dari 2.100 peserta dari 43 negara ikut ambil bagian dalam pameran untuk menampilkan inovasinya.

High-Q-Line untuk memastikan bahwa perkakas dapat berfungsi seefisien mesin.

Demikian pula, produktivitas menjadi fokus dari desain produk pengembang teknologi alat pemotong AS, Greenleaf Corp. Perusahaan ini menampilkan seri terbaru produk mereka, termasuk high feed mill yang memanfaatkan insert karbida dan keramik unik untuk industri alat pemotong, insert keramik dengan whisker reinforced yang menawarkan nilai kinerja lebih tinggi dari insert keramik lainnya dan insert nitrida silikon yang diperkuat dengan agen penguat khusus serta karbida berlapis untuk aplikasi besi cor.

“Ketika dunia semakin kecil dan perusahaan lebih kompetitif secara global, produktivitas adalah hal pertama dan terpenting yang mereka cari,” ujar David E Rydbom, VP of sales and marketing.

Cara perusahaan memerangi p e r l a m b a t a n e k o n o m i adalah dengan memperluas kehadirannya di wilayah lain. Dengan kehadirannya yang sudah tumbuh di Eropa, perusahaan akan membuka kantor penuh di China yang akan menyediakan persediaan dan dukungan teknis untuk kawasan tersebut.

Mr Rydbom meramalkan bahwa sektor kedirgantaraan, pembangkit listrik, dan medis akan terus naik,

sementara industri otomotif mendapatkan kembali beberapa bentuk stabilitasnya.

Fokus ke Pasar AsiaSelain peluang, globalisasi juga memberikan tantangan bagi produsen Asia. Hal ini terutama berlaku mengingat kondisi pasar saat ini karena mereka harus menyeimbangkan antara dua front. HPMT Industries, produsen alat pemotong dari Malaysia dan salah satu dari banyak peserta pameran Asia di acara itu, percaya bahwa ini adalah waktu yang baik untuk melihat lebih dekat ke rumah.

Sebagaimana dijelaskan oleh Khoo Seng Giap, COO perusahaan, setelah membangun basis klien dan memperkuat bisnis mereka melalui pameran beberapa tahun yang lalu, perusahaan sekarang akan memfokuskan upayanya ke pasar negara berkembang di Timur, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Untuk mencapai itu, perusahaan akan mendesain ulang programnya sehingga ada produk tertentu yang melayani pelanggan Eropa dan Asia.

“Proposisi nilai ke Eropa dan proposisi nilai ke Asia sebenarnya sangat berbeda,” terang Mr Khoo. “Produk kami lebih cocok untuk lingkungan Eropa, yang pelanggannya memahami alat dan cara penerapannya. Di

Eropa, Anda harus efisien dan Anda membutuhkan bantuan dan alat yang baik untuk mendukung mesin. Namun, di Asia, lingkungan kerja dan kompetensi teknisnya sulit dioptimalkan, sehingga harga menjadi faktor yang lebih penting.”

Perusahaan juga mengamati bahwa persyaratan dan kebutuhan pasar masing-masing negara di Asia itu sendiri sangat berbeda dan oleh karena itu akan mengembangkan produk yang menargetkan masing-masing pasar.

“Kami akan menyiapkan unit manufaktur di Indonesia,” t a m b a h n y a . S e t e l a h i t u , mereka akan melihat ke upaya memperluas jaringan penjualan dan meningkatkan upaya branding dan pemasaran, yang di antaranya meliputi desain ulang situs web perusahaan dan penambahan halaman daftar produk yang menampilkan semua produk yang ditawarkan dalam katalog, penasihat alat untuk membantu pelanggan mengoptimalkan alat-alat mereka dan katalog umum.

Bilz adalah perusahaan lain yang sepenuhnya menghargai potensi pasar Asia. “Saya dapat melihat bahwa unsur-unsur bisnis tertentu yang diambil oleh China bergerak kembali ke Eropa. Namun, pasar negara berkembang masih harus diperhatikan karena biaya overhead jauh lebih rendah di sana,” kata Andy Hooper, general sales manager perusahaan. “Di China, gelembung mulai meledak dan kita melihat PDB pada angka digit tunggal, tetapi masih positif.”

Pertumbuhan di China dan Asia Tenggara adalah motivasi di balik keputusan perusahaan untuk mendirikan kantor regional dan berinvestasi dalam staf lokal di Shanghai, China, dan Thailand. Di samping itu, perusahaan juga akan memperluas jangkauannya di Indonesia dan Vietnam melalui jaringan distributor dan penjualan.

Saat ini, perusahaan beroperasi dari dua pabrik, di Jerman dan India. Meski ada kesalahpahaman

events&exhibitions

Page 64: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201462

umum bahwa produk yang dibuat di pabrik India lebih rendah mutunya daripada yang dari pabrik Jerman, Mr Hooper menjelaskan bahwa kedua pabrik itu memiliki standar mutu yang sama. “Berdasarkan biaya overhead India, pada dasarnya kami dapat menghadirkan kualitas dengan harga yang lebih rendah. Kami menggunakan keuntungan harga ini secara khusus untuk menjual produk ke Asia.”

Upaya RebrandingBilz juga akan melakukan investasi dalam membangun kesadaran merek yang kuat dan tentunya bukan satu-satunya perusahaan yang melihat pentingnya branding.

Selain meluncurkan 18 world premiere di acara itu, DMG Mori Seiki mengumumkan pada konferensi pers bahwa semua produk mereka akan dipasarkan dengan merek DMG Mori. Pada saat yang sama, semua penawaran mesin akan tersedia seragam dalam warna hitam atau putih. Pada 1 Oktober 2013, Mori Seiki telah diganti merek menjadi DMG Mori Seiki, sementara Gildermeister Aktiengesellschaft

telah diganti merek menjadi DMG Mori Seiki Aktiengesellschaft.

Korber Schlei fr ing juga mengalami perubahan nama merek. Pada konferensi pers terpisah, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan bergabung dengan United Grinding Technologies USA untuk mendirikan United Grinding, Korber Solutions. Sebagai bagian dari perubahan pemasaran, Studer, Magerle, Blohm, Jung, Schaudt, Mikrosa, Walter, dan Ewag akan menjadi merek dengan nama baru.

Mengenai apa yang harus dilakukan perusahaan selama perlambatan ekonomi, Moshe Sharon, mantan presiden TaeguTec dan saat ini direktur perwakilan perusahaan di perusahaan induknya IMC, memperingatkan bahwa perusahaan tidak boleh terlalu reaktif terhadap kondisi pasar karena “mengurangi investasi akan merugikan ketika perekonomian pulih. “

“Pada saat resesi, kita perlu lebih banyak berinvestasi dan melakukan pengembangan,” sarannya. “Kita harus memanfaatkan waktu. Dalam arti, kita meningkatkan aktivitas.

Tidak masalah jika itu dilakukan di industri lain. Ini memang lebih berisiko, tapi memangnya apa yang tidak berisiko?”

B a h k a n s e l a m a k r i s i s ekonomi tahun 2009, perusahaan tidak memberhentikan salah satu stafnya meski banyak p e r u s a h a a n l a i n y a n g m e l a k u k a n n y a . A l a s a n n y a a d a l a h b a h w a d e n g a n melakukan itu, perusahaan akan kehilangan keterampilan dan pengalaman yang telah dimiliki o l e h k a r y a w a n . “ D i m a n a Anda bisa mendapatkan yang sebaik mereka ketika ekonomi membaik lag i ? ” tanyanya . “Selama ada kelangsungan hidup di perusahaan, Anda tidak harus melakukannya.”

Ke depan, ia optimistis terhadap kondisi industri tahun depan. “Saya punya perasaan positif untuk 2014,” tambahnya. “Saya merasa ada peningkatan, sedikit peningkatan dan beberapa pemulihan. Ini beda dengan 2009 yang mempengaruhi setiap orang. Ada kesulitan ekonomi yang serius, tetapi ada kesempatan lain untuk menggantikannya. Proyek bergerak dari satu tempat ke tempat lain dan itu jadi dorongan. Saya melihatnya sebagai situasi yang menunjukkan tren positif.”

Secara keseluruhan, peserta dan pengunjung pameran tampak positif tentang masa depan. Dengan pasar berjuang perlahan pulih, perusahaan telah mampu menemukan pencerahan di pasar berkembang pesat di Timur, khususnya di kawasan Asia Tenggara, yang siap menjadi pusat fokus bagi masa depan industri ini.

Pameran edisi berikutnya akan diadakan di Milan, Italia, pada 5-10 Oktober 2015.

EMO HannoverHanover, Jerman16-21 September 2013

Sekitar 145.000 pengunjung perdagangan datang ke Hannover untuk menjadi bagian dari garda depan industri pengerjaan logam.

Enquiry No. 6601Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

events&exhibitions

Page 65: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

63

Enquiry No. 6602Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6603Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6604Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6605Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Colibri: HSM Spindle

Haas: Rotary Table

DMG Mori: Vertical Machining Centre

Mikron: Milling Cutter

Raksasa ini adalah keluarga paten-tertunda dari spindle f luid-driven untuk berbagai mesin, termasuk aplikasi semi-finishing dan finishing, seperti penggilingan, pengeboran, dan grinding.

Sistem ini menggunakan sumber daya energi yang ada — pompa pendingin tekanan tinggi dan sistem pembilasan asli dari mesin untuk memutar turbin dengan kecepatan rotasi tinggi — hingga 40.000 rpm.

Ini memberikan efek pendinginan dan evakuasi chipping, sehingga meningkatkan efisiensi dan kinerja alat pemotong.

Spindle dapat digenggam secara otomatis oleh pengganti alat dan disimpan di tempat alat sebagai alat biasa. Tersedia dalam tiga model, dengan masing-masing mencakup berbagai diameter dan kecepatan alat yang spesifik serta mendukung berbagai bahan benda kerja dan perkakas mesin.

CrazyMill Cool adalah end miller dalam rentang diameter 0,3-6 mm yang memiliki fitur pendinginan terintegrasi. Saluran pendingin diintegrasikan ke dalam poros karbida.

Penggiling ini membantu mengontrol suhu alat dengan menghilangkan tantangan menggunakan pendinginan eksternal, seperti gangguan dari sisi pemotong dan pembilasan flute, yang mencegah timbulnya chip terus-menerus.

Port pendingin berada di ujung lancip yang menghasilkan efek pendinginan yang stabil dan besar pada tepi pemotongan untuk membantu kecepatan potong yang tinggi. Poros karbida yang kuat membantu mencapai penggilingan yang stabil dan tanpa getar.

HRC210 adalah meja putar yang ringkas dan berkecepatan tinggi yang didorong oleh sistem cam yang menyediakan kecepatan pengindeksan hingga 830 deg/s. Meja ini dapat menghasilkan sekitar 110 ft-lb torsi spindle untuk pemesinan empat-axis terus-menerus dan memiliki rem pneumatik yang menghasilkan 134 ft-lb torsi tahanan untuk pekerjaan stasioner.

Akurasi pengindeksan adalah ± 30 arc-s, dengan pengulangan 4 arc-s. Piringan mesin 210 mm memiliki ketinggian pusat enam inci, dengan lubang percontohan presisi dua inci dan lubang tembus 1,77 inci. Ada enam radial T-slot yang membantu menyederhanakan fixture dan pemasangan benda kerja.

Konsep mesin DMC 650 V didasarkan pada tempat mesin y a n g t e r b u a t dari pengecoran minera l , ya ng memiliki meja kaku

dengan permukaan klem 900 x 570 mm.

Kolom mesin terbuat dari besi cor membentuk

dasar dari slide X/Y, sehingga hanya alat yang bergerak.Melintas cepat di semua sumbu dalam 36 m/menit.

Alih-alih spindle 10.000 rpm, spindle dengan 14.000 rpm dan 121 Nm digunakan dalam versi standar. Jalan lintasan juga meningkat menjadi 650 x 520 x 475 mm.

Yang baru di segmen mesin ini adalah pendinginan drive dan guide. Ball screw nut dan linear guide didinginkan melalui rel tekanan kontak dan panas gesekan secara efektif hilang.

Selain spindle standar dengan 14.000 rpm, versi spindle lebih lanjut hingga 24.000 rpm juga tersedia secara opsional.

events&exhibitions

Page 66: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201464

Tribos-Mini HSK-E 20 polygonal chuck adalah toolholder presisi standar pertama untuk pemesinan mikro dengan antarmuka spindle. Dibandingkan dengan antarmuka lancip pendek konvensional, antarmuka ini menyediakan permukaan kerja aksial

datar untuk toolholder, memastikan akurasi perubahan dan posisi.

To o l ho lde r i n i me m i l i k i konsentrisitas dan akurasi ulang <0,003 mm pada panjang unclamping

2,5 x D dan balancing grade G 2,5 pada 15.000 rpm. Sangat cocok untuk

tangkai alat dalam kualitas h6, mentransmisikan torsi hingga 4,5 Nm (pada diameter 6 mm) dan memungkinkan kecepatan rotasi tinggi hingga 85.000 rpm.

Mirip dengan toolholder poligonal lainnya, mount-nya tidak memiliki bagian yang bergerak, yang menjamin pemeliharaan menyeluruh dan klem bebas aus. Proses penggantian alat yang andal dapat dilakukan dalam hitungan detik dengan bantuan perangkat penjepit hidrolik.

Enquiry No. 6606Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6607Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6608Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6609Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Sandvik Coromant: Cemented-Carbide Grade untuk Memutar Baja

Walter: Milling Cutter

Schunk: Toolholder

Zeiss: Computer Tomograph

Sandvik Coromant telah mengembangkan

GC4325, grade k a r b i d a b e r l a p i s semen untuk m e m u t a r

baja. Grade ini menyediakan potensi

lebih tinggi untuk meningkatkan kecepatan pemotongan dan umur

pakai alat yang lebih lama dan lebih dapat diprediksi dengan keandalan yang tinggi, di atas area aplikasi ISO P25 yang luas.

Sisipan substrat dan lapisan grade ini telah dikembangkan untuk lebih tahan suhu tinggi, sehingga mengurangi efek yang menyebabkan keausan yang berlebihan.

Sebagai bonus, grade ini mampu mempertahankan garis tepi insert pada suhu tinggi, yang diterjemahkan ke dalam kemampuan untuk kecepatan potong yang semakin tinggi dengan keamanan tambahan melalui prediktabilitas yang lebih baik.

Tomograph komputer VoluMax menggabungkan manfaat dari dua metode pengukuran. Ini menghasilkan data volume 3D dalam hitungan detik dan tidak sensitif terhadap fluktuasi suhu.

X-ray memberikan penglihatan penting ke bagian dalam benda kerja. Tomograph komputer menghasilkan model volume 3D yang banyak seperti tomograph komputer di lab pengukuran. Namun, seperti radiografi 2D, ini sama-sama cocok untuk bengkel kerja. Ini dapat digunakan antara suhu 15 dan 40 derajat Celcius dan memberikan hasil pengukuran hanya dalam hitungan detik.

Untuk mencapai waktu pengukuran sesingkat itu, perusahaan telah meningkatkan kekuatan X-ray dibandingkan dengan tomograph komputer yang ada.

F5138 adalah pemotong porcupine pertama dari perusahaan dalam desain Blaxx yang disempurnakan. Insert dengan empat tepi yang dapat diindeks tangensial terbuat dari bahan potongan Tiger-tec Silver diposisikan dalam pemotong untuk memastikan karbida massa besar di arah gaya potong.

Pada saat yang sama, dengan desain kursi insert, badan alat memiliki inti yang diperkuat dan mendapat manfaat dari penampang bahan yang besar. Empat bahan potong tersedia — dari sangat sulit hingga ke sangat keras — memungkinkan untuk memilih bahan potong optimum sesuai dengan bahan komponen: WKP25S dan WKP35S untuk baja dan besi cor, WSM35S dan WSP45S untuk stainless steel dan bahan dengan sifat potong yang sulit.

events&exhibitions

Page 67: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Enquiry No. 6701Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6702Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6703Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6704Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Aerotech: X-Y Linear Motor Stage

Faro: Sistem Pengukuran Portabel Kontak/Non-Kontak

Kjellberg: Fibre Laser System untuk Cutting & Marking

MAE: Mesin Pelurusan Otomatis

A e r o t e c h t e l a h m e m p e r k e n a l k a n

X-Y linear motor stage dengan kinerja geometris

dan dinamis untuk aplikasi yang menitikberatkan aspek

kelurusan dan kedataran. Seri PlanarDL dilengkapi dengan sembilan konfigurasi

lintasan dan kinerja berbeda untuk mendukung beragam pemakaian seperti profilometry permukaan dan scribing semikonduktor dan LED wafer berkecepatan tinggi.

Dengan crossed-roller bearing antigeser, permukaan hasil pembubutan presisi, dan motor linear yang menggerakkan melalui pusat ketegaran (centre-of-stiffness) sumbu, stage ini menghasilkan kelurusan hingga ± 0,4 µm dan kedataran hingga ± 1 µm.

Stage mencapai kecepatan 1 m/s dan akselerasi 1,5 g, sehingga meningkatkan produksi dan keakuratan pemrosesan serta menurunkan biaya kepemilikan. Varian berspesifikasi high-performance juga tersedia, dengan nilai akurasi dan kelurusan hingga ± 400 nm dan orthogonality hingga 1 arc second.

Faro Technologies telah merilis Faro Edge Laser Line Probe ES. Menurut k la im perusahaan tersebut, kekuatan laser line probe yang digabung dengan fleksibilitas FaroArm menghasilkan sistem pengukuran portabel kontak/non-kontak terkecil, teringan, dan paling terjangkau di dunia, yakni Faro Edge ScanArm ES.

Sistem ini mengunggulkan E n h a n c e d S c a n n i n g Technology (EST), yang merupakan kombinasi berbagai penyempurnaan

perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mendongkrak kinerja dengan menyempurnakan kemampuan pemindaian permukaan-permukaan sulit.

Peralatan ini cocok untuk pengembangan, pemeriksaan, dan kendali mutu produk serta menawarkan kemampuan-kemampuan seperti perbandingan point cloud dengan CAD, rapid prototyping, reverse engineering, dan 3D modelling.

D e n g a n h a d i r n y a f ibre la ser system XFocus 500, Kjellberg Finsterwalde semakin melengkapi jajaran produk laser cutting & marking untuk bahan bahan aloi dan non-aloi, termasuk aluminium.

Sistem ini dilengkapi laser performance 500 W dan cocok untuk marking dan cutting baja riwngan berketebalan 0,5 hingga 5 mm, baja tahan karat berketebalan 0,3 hingga 5 mm, dan aluminium berketebalan 1 hingga 3 mm.

Seluruhnya, tersedia sembilan variasi kecepatan pemotongan untuk setiap jenis dan ketebalan bahan.

Produksi poros gigi yang efisien tidak bisa dilepaskan dari proses otomatis dan fleksibel. Mesin pelurusan otomatis M-AH dirancang khusus untuk diintegrasikan ke dalam proses produksi.

Sebuah DMC reader memindai data objek kerja dan menyerahkan hasilnya berikut nilai pelurusan kembali ke komputer sentral. Kemudian, Trilos laser system mengukur kesalahan aus pada roda gigi selama proses, dengan metode tanpa sentuhan (non-kontak). Lalu, sebuah sistem robot melakukan pemuatan dan pengeluaran secara efisien.

Terakhir, prosedur gerakan sistem memungkinkan pemaletan (palletisation) objek kerja secara otomatis.

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news

www.equipment-news.com

65

ProductFinderIni Diterjemahkan Dari Bahasa Inggris

Page 68: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Enquiry No. 6705Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6706Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6707Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

Enquiry No. 6708Turn to page 68a or log on to www.equipment-news.com to enquire

OR Laser: Laser Welding System yang Mobile & Berdaya Tinggi

Rofin: Daya Lebih untuk Pengelasan & Pemotongan

Osborn: Menghilangkan Duri Detail Kecil Secara Kontinu

Seco: Menggiling Bahan-bahan yang Keras

OR Laser, produsen sistem pengelasan laser, telah mengembangkan sebuah laser system (IQ Laser LS) yang mobile dan hand-led. Sistem ini memiliki daya tinggi yakni 300 W.

Lasernya beroperasi dengan diode laser dan bukan lampu flash konvensional. Menurut produsennya, diode-pumped laser ini 15 kali lebih hemat energi dibanding laser-laser lainnya, tidak memerlukan pendinginan dengan air, dan nyaris tidak memerlukan perawatan.

Menjawab kebutuhan p e l a n g g a n a k a n peningkatan kinerja p e n g e l a s a n d a n pemotongan, Rofin telah mengembangkan fibre laser berdaya 6 kW, FL 060.

D e n ga n mo du l pompa yang lebih k u a t , p r o d u s e n mampu menghasilkan daya laser sebesar 6

kW dari empat unit fibre laser yang daya outputnya 1,5

kW, masing-masing sudah memiliki cadangan daya yang cukup.

Unit ini diklaim sangat efisien dan dirancang untuk memberikan keandalan optimal. Dengan pemakaian switchable optical fibre berdiameter 100 µm hingga 800 µm, kualitas sinar dapat diatur secara teliti sesuai pekerjaan pemrosesan.

Osborn International telah mengembangkan mesin otomatis penuh, Sinjet CX-28/BBB-RBC,

y a n g d i tu ju k a n untuk de-burring (penghilangan duri) detail-detail kecil secara kont inu. Mesin ini terdiri dari meja bundar dengan 28 spindel,

yang berputar terus-menerus dan dilengkapi dengan tiga stasiun penyikatan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Solusi lengkap suatu mesin yang digabung dengan robot merupakan pengembangan dari perusahaan ini. Sinjet RBC dijalankan oleh robot spindel kecil dengan sistem visi. Solusi ini fleksibel dan memungkinkan penanganan berbagai detail. Output mesin ini mencapai 30 detail/menit.

Seco memperluas jajaran produk Turbo-nya dengan mengenalkan pemotong helix yang mampu meningkatkan fleksibilitas, stabilitas, dan produktivitas pembubutan pada operasi pemotongan logam yang agresif, misalnya pada aplikasi shouldering di industri aerospace.

Pemotong helix ini tersedia dalam ukuran diameter 32 mm hingga 80 mm, dengan kedalaman pemotongan antara 0,8xD dan 2,0xD, dan mencakup opsi dudukan Seco-Capto.

Jajaran insert Turbo, yang mencakup kelas dan geometri baru untuk pemotong helix ini, meningkatkan kinerja pembuangan logam pada bahan-bahan yang sulit dibubut seperti titanium, aluminium, dan baja tahan karat.

www.equipment-news.com

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201466

ProductFinder

Page 69: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

Dec 2013 - Jan 2014 metalworking equipment news 67

ExhibitionProgrammes

20142013

August27 – 29Inapa SurabayaGrand CitySurabaya, IndonesiaGEM [email protected]

27 – 30MTT Expo Kuala LumpurPWTCKuala Lumpur, [email protected]

september24 – 26MTT Expo Surabaya (Tentative)Grand CitySurabaya, [email protected]

OctOber2 – 4Manufacturing MyanmarMyanmar Convention CentreYangon, [email protected]

mAy15 – 18IntermachBITECBangkok, [email protected]

21 – 24MetaltechPWTCKuala Lumpur, [email protected]/Metaltech

June19 – 22Intermold Thailand 2014BITECBangkok, ThailandReed [email protected]

July8 – 11MTA VIETNAM 2014 SECCHo Chi Minh City, [email protected]

14 – 17EMTE EastpoShanghai New International Expo CentreShanghai, ChinaMP [email protected]

December4 – 7Manufacturing IndonesiaJakarta International Expo KemayoranJakarta, IndonesiaPT Pamerindowww.pamerindo.com

2014mArch11 – 13JEC EuropePorte de VersaillesParis, FranceJEC [email protected]

19 – 22InapaJI Expo KemayoranJakarta, IndonesiaGEM [email protected]

April1 – 3MTA Hanoi 2014ICEHanoi, [email protected]

4 – 13SIMTOS 2014KINTEXSeoul, South [email protected]

Metalworking equipMent news indonesia

Page 70: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

metalworking equipment news Dec 2013 - Jan 201468

HEAD ADVERTISING SALES OFFICE

SINGAPORE

EASTERN TRADE MEDIA PTE LTD 1100 Lower Delta Road, EPL Building, #02-05, Singapore 169206

Tel: 65-6379 2888 Fax: 65-6379 2805/2806 E-mail: [email protected]

This index is provided as an additional service. The publisher does not assume any liability for errors or omissions.

The closing date for placing advertisements is not less than FOUR WEEKS before the date of publication. Please contact our nearest advertising office for more details.

Manufacturers and advertisers that are featured in this issue will send you free information about their products and services. Fill up the Product Enquiry Form on-line at www.equipment-news.com.

advertisingIndex

ADVERTISER PAGE NO. ENQ NO

BECKHOFF AUTOMATION PTE LTD 02/03 011

BILZ WERKZEUGFABRIK GMBH & CO 07 014

DMG/MORI SEIKI INDONESIA FC 051

PT DELCAM INDONESIA 01 052

PT SECO TOOLS INDONESIA BC 023

TORNOS TECHNOLOGIES ASIA LTD 19 049

TRUMPF PTE LTD 05 068

SIEMENS INDUSTRY SOFTWARE PTE LTD IFC 048

YAMAZAKI MAZAK SINGAPORE PTE LTD IBC 050

Page 71: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

MASUKKAN NOMOR PERTANYAAN PRODUK DI SINI UNTUK INFORMASI CEPAT!

PENDAFTARAN NO. PEMBACA ANDA: __________ Tanyalah [email protected] ATAU Lengkapi dan pos ke: Eastern Trade Media Pte Ltd, 1100 Lower Delta Road, EPL Building #02-05 Singapore 169206 OR fax: 65-6379 2806 (Singapore)

Kepada: Manajer, Departemen Sirkulasi,

Dari (Nama Keluarga) ________________________________ (Nama Diberi) ________________________________

Jabatan Petugas: _____________________________________

Perusahaan: ________________________________________

Alamat: ____________________________________________

__________________________________________________

Negara: __________________ Tel: ______________ Fax: ________________ Email: ________________________

Apakah anda ingin menerima (terus menerima)Metalworking Equipment News Indonesia?❑ YA / ❑ TIDAK (tidak sah tanpa tandatangan)

Tandatangan _________________ Tarikh ________________

SAIZ PERUSAHAAN❑ 001 1 – 10 ❑ 002 11 – 30 ❑ 003 31 – 50 ❑ 004 51 – 100 ❑ 005 101+

JENIS USAHA (Silahkan ✔ SATU kotak saja)

Apakah anda menggunakan LOGAM dalam produksi / manufaktur proses anda? ❑ Ya ❑ Tidak

Apakah anda menggunakan peralatan mesin dan peralatan terkait? ❑ Ya ❑ Tidak

Apakah anda menggunakan sistem otomatisasi & peralatan? ❑ Ya ❑ Tidak

Perhatikan: Formulir ini harus dilengkapi dan ditandatangani._______

MASUKKAN NOMOR PERTANYAAN

No. 6 2013

KEGIATAN USAHA ANDA (Harap spesifik)

❑ 221 Basic Metal/Foundaries/Mills

❑ 150 Electrical & Electronics production

❑ 222 Telecommunications Equipment Manufacturing

❑ 120 Aircraft maintenance/components mfg.

❑ 223 Dies & Moulds mfg.❑ 122 Motor Vehicles Parts❑ 123 Shipbuilding

❑ 160 Design & Consultancy Services❑ 180 Govt bodies, Trade Assns, Exhibitions Cos.❑ 200 Agent/Distributor/Trader of Machine Tools & Accessories❑ 224 Mechanical, Fabrication and all other metal engineering works

❑ 078 LAINNYA (Harap sebutkan) _________________________________

❑ 300 CNC Machining

❑ 303 Milling

❑ 306 Gear Cutting

❑ 309 Grinding

❑ 315 Stamping

❑ 318 Shearing

❑ 321 EDM/ECM

❑ 324 Inspection/Measuring/Testing

❑ 301 Design with CAD/CAM

❑ 304 Drilling/Boring

❑ 307 Tapping/Threading

❑ 310 Lapping/Honing

❑ 313 Forging

❑ 316 Rolling

❑ 319 Die Casting

❑ 322 Welding

❑ 302 Turning

❑ 305 Coil Forming

❑ 308 Broaching

❑ 311 Plastic Moulding

❑ 314 Pressworking

❑ 317 Automated Assembly

❑ 320 Beading

❑ 323 Electroplating

❑ 350 LAINNYA (Harap sebutkan) _________________________________________________________________________________________

FUNGSI TUGAS (Harap spesifik)

❑ 021 Manajemen Senior & Tengah

❑ 023 Rekayasa Pemeliharaan

❑ 025 Penelitian & Pengembangan

❑ 028 Pengujian & Pemeriksaan

❑ 030 Penjualan & Pemasaran

❑ 022 Rekayasa Produksi

❑ 024 Kontrol Kualitas / Jaminan❑ 026 Rekayasa Desain

❑ 029 Pembelian / Alih daya

❑ 027 LAINNYA (Harap sebutkan)

www.equipment-news.com

(Lihat Indeks Periklanan untuk nomor pertanyaan Pengiklan)

JENIS PRODUK YANG AKAN DIBELI DALAM 12 BULAN MENDATANG❍ Alat Potong ❍ Alat Mesin ❍ Software ❍ Metrologi ❍ Lainnya_____________

PROSES LOGAM ANDA MENGGUNAKAN? (Harap spesifik)

Page 72: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

www.equipment-news.com

Dari (Nama Keluarga) ___________________________________ (Nama Diberi) ___________________________

Perusahaan: ___________________________________________ Jabatan Petugas: __________________________

Alamat: __________________________________________________________________________________________

Negara: ______________________________________________ Nomor Telepon: _________________________

E-mail: _______________________________________________ Fax No: _________________________________

Tandatangan __________________________________________ Tarikh __________________________________

KEGIATAN USAHA ANDA (Harap spesifik)

❑ 221 Basic Metal/Foundaries/Mills❑ 150 Electrical & Electronics production❑ 222 Telecommunications Equipment Manufacturing❑ 120 Aircraft maintenance/components mfg.❑ 223 Dies & Moulds mfg.❑ 122 Motor Vehicles Parts

FUNGSI TUGAS (Harap spesifik)

JENIS USAHA (Silahkan ✔ SATU kotak saja)Apakah anda menggunakan LOGAM dalam produksi / manufaktur proses anda? ❑ Ya ❑ TidakApakah anda menggunakan peralatan mesin dan peralatan terkait? ❑ Ya ❑ TidakApakah anda menggunakan sistem otomatisasi & peralatan? ❑ Ya ❑ Tidak

SALINAN PRIBADI FORMULIR PEMESANAN CEPAT

❑ 123 Shipbuilding❑ 160 Design & Consultancy Services❑ 180 Govt bodies, Trade Assns, Exhibitions Cos.❑ 200 Agent/Distributor/Trader of Machine Tools & Accessories❑ 224 Mechanical, Fabrication and all other metal engineering works

❑ 078 LAINNYA (Harap sebutkan) _________________________________

❑ 021 Manajemen Senior & Tengah❑ 023 Rekayasa Pemeliharaan❑ 025 Penelitian & Pengembangan

❑ 028 Testing & Inspection❑ 030 Penjualan & Pemasaran

❑ 027 LAINNYA (Harap sebutkan)

❑ 022 Rekayasa Produksi❑ 024 Kontrol Kualitas / Jaminan

❑ 026 Rekayasa Desain❑ 029 Pembelian / Alih daya

PROSES LOGAM ANDA MENGGUNAKAN? (Harap spesifik)

❑ 313 Forging❑ 316 Rolling❑ 319 Die Casting❑ 322 Welding❑ 302 Turning❑ 305 Coil Forming

❑ 308 Broaching❑ 311 Plastic Moulding❑ 314 Pressworking❑ 317 Automated Assembly❑ 320 Beading❑ 323 Electroplating

■ Cek / Bank Draft - dibayarkan kepada Eastern Trade Media Pte Ltd

■ Amex ■ Visa ■ Mastercard

Kirim FORMULIR PEMESANAN ini kepada Departemen Sirkulasi Cepat, Eastern Trade Media Pte Ltd 1100 Lower Delta Road, EPL Building #02-02, Singapore 169206 atau Fax: 65-6379 2806

Perhatikan: Formulir ini harus dilengkapi dan ditandatangani.

Nomor Akun

Tanggal kedaluwarsa Tandatangan

Nama pemegang kad

Mulai Dari:Tahun Bulan

■ Telegraphic Transfer Payment ANZ Bank Address: One Raffles Place, OUB Centre, Level 42, Singapore 048616 Bank Code: 7931 Branch Code: 050 Swift Code: ANZBSGSX Account No.: 703538USD00001 Company: Eastern Trade Media Pte Ltd

❑ 321 EDM/ECM❑ 324 Inspection/Measuring/Testing❑ 301 Design with CAD/CAM❑ 304 Drilling/Boring❑ 307 Tapping/Threading❑ 310 Lapping/Honing

❑ 300 CNC Machining❑ 303 Milling❑ 306 Gear Cutting❑ 309 Grinding❑ 315 Stamping❑ 318 Shearing

❑ 350 LAINNYA (Harap sebutkan)

• Receipt hanya akan dikeluarkan atas permintaan!

ID Keamanan–

HARGA PEMESANANAirmail (1 TAHUN - ENAM ISU)

■ US$97.00

Page 73: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

Siemens PLM Software: Keputusan lebih cerdas, produk lebih baik.

© 2

01

2 S

iem

ens

Pro

du

ct L

ifec

ycle

Man

agem

ent

Soft

war

e In

c. A

ll ri

gh

ts r

eser

ved

. Si

emen

s an

d t

he

Siem

ens

log

o a

re r

egis

tere

d t

rad

emar

ks o

f Si

emen

s A

G.

All

oth

er lo

go

s, t

rad

emar

ks o

r se

rvic

e m

arks

use

d h

erei

n a

re t

he

pro

per

ty o

f th

eir

resp

ecti

ve o

wn

ers.

Jawaban bagi industri.

Inspirasi saja tidak cukup untuk menghasilkan produk hebat. Diperlukan ribuan keputusan agar sebuah ide bagus bisa menjadi kenyataan. Bukan hanya keputusan besar bersejarah, tetapi kumpulan keputusan-keputusan kecil yang menuju ke situ. Faktanya adalah, siapa pun bisa mengambil keputusan yang mengubah kesuksesan produk Anda.

Bagi perusahaan-perusahaan terkemuka di seluruh dunia, Siemens PLM Software adalah lingkungan penting untuk pengambilan keputusan produk yang menjangkau semua aspek. Solusi kami membuat semua orang dilibatkan dalam menjadikan produk Anda “high-definition PLM.” HD-PLM memastikan setiap orang mendapatkan informasi yang diperlukan pada waktu yang tepat (dengan kejelasan yang mutlak) sehingga keputusan diambil dengan lebih cepat dan telah mempertimbangkan semua informasi yang ada.

Tak peduli industri apa pun yang Anda geluti (otomotif, aerospace, elektronik, energi, kelautan, medis, mesin, dan banyak lagi), Siemens PLM Software membantu Anda mengambil keputusan cerdas yang menghasilkan produk-produk hebat. Pelajari selengkapnya di www.plm.automation.siemens.com/en_sg.

Siemens PLM Software menyediakan lingkungan pengambilan keputusan yang menjangkau semua aspek, yang memahami saling bergantungnya berbagai fungsi dalam proses siklus-hidup produk Anda. Hal ini akan membuat setiap orang memperoleh informasi yang tepat dengan konteks yang tepat sehingga ia dapat mengambil keputusan yang juga tepat.

Ide sederhana mengilhami produk ini. Ribuan keputusan membuatnya terwujud.

Hadirilah acara Roadshow Industri Otomotif kami pada:

20 Pebruari 2014 (Kamis) di Cikarang.27 Pebruari 2014 (Kamis) di Karawang.6 Maret 2014 (Kamis) di Tangerang.

Untuk pendaftaran, silahkan hubungi kami di:Tel: +62-21-57942727Fax: +62-21-57942828

Siemens Industry Software Pte LtdHotline: +62-21-57942727Email: [email protected]: www.plm.automation.siemens.com/en_sg ENQUIRY NO 048

Page 74: M.E.N. Indo Dec 2013-Jan 2014

KOMPETENSI PERMESINAN DALAM PELAYANAN ANDA.

KOMPETENSI

TEKNOLOGI

SEMANGAT

PRESISI PERFORMA

FLEKSIBILITAS

KEKUATAN

EFISIEN

HANDAL

TURBO 10 MILL TERBARUSquare shoulder milling berkinerja tinggi untuk semua material. Mesin bekerja lebih cepat dan penggunaan daya lebih sedikit.

FACE MILL DOUBLE OCTOMILLTM 05 TERBARUInsert kecil dengan 16 sisi potong. 1 sisi potong digunakan dan 15 lainnya menunggu untuk perform. SQUARE 6TM MILL KECIL TERBARU6-edge, insert dua sisi. Kinerja terbaru dan ekonomis untuk mesin kecil.

MACHINING DNAYa, terdapat string DNA umum yang menghubungkan sistem milling cutter ini: merupakan kinerja dan efisiensi biaya. Cutting data tinggi, aksi pemoton-gan halus dan memiliki sisi potong yang lebih banyak. Disebarkan dengan support aplikasi dari kami & kompetisi permesinan, tool ini akan memberikan pengukuran yang berbeda dalam lingkungan produksi anda.

WWW.SECOTOOLS.COM/ID

KOMPETENSI PERMESINAN DALAM PELAYANAN ANDA.

KOMPETENSI

TEKNOLOGI

SEMANGAT

PRESISI PERFORMA

FLEKSIBILITAS

KEKUATAN

EFISIEN

HANDAL

TURBO 10 MILL TERBARUSquare shoulder milling berkinerja tinggi untuk semua material. Mesin bekerja lebih cepat dan penggunaan daya lebih sedikit.

FACE MILL DOUBLE OCTOMILLTM 05 TERBARUInsert kecil dengan 16 sisi potong. 1 sisi potong digunakan dan 15 lainnya menunggu untuk perform. SQUARE 6TM MILL KECIL TERBARU6-edge, insert dua sisi. Kinerja terbaru dan ekonomis untuk mesin kecil.

MACHINING DNAYa, terdapat string DNA umum yang menghubungkan sistem milling cutter ini: merupakan kinerja dan efisiensi biaya. Cutting data tinggi, aksi pemoton-gan halus dan memiliki sisi potong yang lebih banyak. Disebarkan dengan support aplikasi dari kami & kompetisi permesinan, tool ini akan memberikan pengukuran yang berbeda dalam lingkungan produksi anda.

WWW.SECOTOOLS.COM/ID

PT SECO TOOLS INDONESIATEL +62 21 80888122FAX +62 21 80888120 ENQUIRY NO 023