manajemen mutu stm pu 2011

4
MANAJEMEN MUTU 1. PENDAHULUAN Pekerjaan Pembangunan Jalan Ruas Sp. Sribawono - Wana - Tj. Aji (Paket No. : Bang - 07.P) adalah salah satu diantara program Kegiatan Pembangunan Jalan Di Kabupaten Lampung Timur yang di laksanakan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2011. Perusahaan kami CV. SINAR TANJUNG MAS dengan alamat Jl. Pulau Nias Gg. Pubian Lk. 1 Kel. Sukabumi Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung, membuat Manajemen Mutu yang menjadi salah satu persyaratan dalam pelelangan pekerjaan : Pembangunan Jalan Ruas Sp. Sribawono - Wana - Tj. Aji (Paket No. : Bang - 07.P). 2. LINGKUP, PENERAPAN, MAKSUD DAN TUJUAN LINGKUP Pedoman dan pengendalian mutu pelaksanaan pekerjaan dilingkungan Dinas Bina Marga Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2011 khususnya pada pekerjaan : Pembangunan Jalan Ruas Sp. Sribawono - Wana - Tj. Aji (Paket No. : Bang - 07.P). PENERAPAN Manajemen Mutu ini digunakan untuk pengendalian dalam hal rencana pelaksanaan / penerapan Spesifikasi Teknik yang tercantum dalam Kontrak. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud Pembuatan Manajemen Mutu adalah : a. Sebagai dasar dalam rencana pelaksanaan dan pengendalian proses pada Pekerjaan Pembangunan Jalan Ruas Sp. Sribawono - Wana - Tj. Aji (Paket No. : Bang - 07.P). b. Untuk menjamin bahwa quality assurance pada setiap tahapan proses dilaksanakan sebagaimana mestinya, sehingga persyaratan-persyaratan mutu yang telah ada dispesifikasi teknik dapat dipenuhi. c. Agar pekerjaan dapat dilaksanakan dan tepat sasaran yaitu, tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya. 3. URAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANA PEKERJAAN a. Direktur Utama Uraian Tugas :- Bertanggung jawab terhadap mekanisme pelaksanaan pekerjaan sehingga menghasilkan konstruksi yang sesuai dengan rencana. - Memimpin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan mencapai sasaran, baik dari segi keuangan fisik atas pekerjaan yang dilaksanakan. - Menganalisa dan menetapkan kebijakan jaminan mutu. - Memeriksa hasil pekerjan yang telah dilaksanakan Site Manager dan Staf. - Mengambil langkah pembenahan guna mencegah kesalahan- kesalahan apabila target tidak tercapai. b. Koordinator Pelaksana

Upload: jherwindo895

Post on 16-Nov-2015

2 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

m

TRANSCRIPT

Pengadaan Dan Pemasangan Pagar Beton Pada Daerah Steril Bendungan Way Rarem (Paket TP

MANAJEMEN MUTU

1. PENDAHULUAN

Pekerjaan Pembangunan Jalan Ruas Sp. Sribawono - Wana - Tj. Aji (Paket No. : Bang - 07.P) adalah salah satu diantara program Kegiatan Pembangunan Jalan Di Kabupaten Lampung Timur yang di laksanakan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2011. Perusahaan kami CV. SINAR TANJUNG MAS dengan alamat Jl. Pulau Nias Gg. Pubian Lk. 1 Kel. Sukabumi Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung, membuat Manajemen Mutu yang menjadi salah satu persyaratan dalam pelelangan pekerjaan : Pembangunan Jalan Ruas Sp. Sribawono - Wana - Tj. Aji (Paket No. : Bang - 07.P).2. LINGKUP, PENERAPAN, MAKSUD DAN TUJUANLINGKUP

Pedoman dan pengendalian mutu pelaksanaan pekerjaan dilingkungan Dinas Bina Marga Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2011 khususnya pada pekerjaan :Pembangunan Jalan Ruas Sp. Sribawono - Wana - Tj. Aji (Paket No. : Bang - 07.P).PENERAPAN

Manajemen Mutu ini digunakan untuk pengendalian dalam hal rencana pelaksanaan / penerapan Spesifikasi Teknik yang tercantum dalam Kontrak.MAKSUD DAN TUJUANMaksud Pembuatan Manajemen Mutu adalah :

a. Sebagai dasar dalam rencana pelaksanaan dan pengendalian proses pada Pekerjaan Pembangunan Jalan Ruas Sp. Sribawono - Wana - Tj. Aji (Paket No. : Bang - 07.P).b. Untuk menjamin bahwa quality assurance pada setiap tahapan proses dilaksanakan sebagaimana mestinya, sehingga persyaratan-persyaratan mutu yang telah ada dispesifikasi teknik dapat dipenuhi.c. Agar pekerjaan dapat dilaksanakan dan tepat sasaran yaitu, tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya.3. URAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANA PEKERJAAN

a.Direktur UtamaUraian Tugas:-Bertanggung jawab terhadap mekanisme pelaksanaan pekerjaan sehingga menghasilkan konstruksi yang sesuai dengan rencana.

Memimpin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan mencapai sasaran, baik dari segi keuangan fisik atas pekerjaan yang dilaksanakan.

Menganalisa dan menetapkan kebijakan jaminan mutu. Memeriksa hasil pekerjan yang telah dilaksanakan Site Manager dan Staf. Mengambil langkah pembenahan guna mencegah kesalahan-kesalahan apabila target tidak tercapai.b.Koordinator PelaksanaUraian Tugas:-Mengkoordinir semua kegiatan pekerjaan dan bertanggung jawab dalam mutu dan kualitas pekerjaan yang dilaksanakan. Mengendalikan penggunaan bahan, alat dan tenaga sesuai rencana. Mencatat dan mengevaluasi pekerjaan sesuai rencana.

Mengkoordinasi mobilisasi peralatan yang digunakan dilapangan.

Melaksanakan kegiatan dilapangan sesuai dengan Spesifikasi yang direncanakan dan bertanggung jawab kepada Direktur Utama.

Mencatat dan melaporkan semua kegiatan dilapanganc.Highway Engineer

Uraian Tugas:-Mengkoordinir semua kegiatan pekerjaan dan bertanggung jawab dalam mutu dan kualitas pekerjaan yang dilaksanakan.

Mengendalikan penggunaan bahan, alat dan tenaga sesuai rencana.

Mencatat dan mengevaluasi pekerjaan sesuai rencana.

Mengkoordinasi mobilisasi peralatan yang digunakan dilapangan.

Melaksanakan kegiatan dilapangan sesuai dengan Spesifikasi yang direncanakan dan bertanggung jawab kepada General Superintendent.

Mencatat dan melaporkan semua kegiatan dilapangan

d.Quality & Quantity Engineer

Uraian Tugas:-Melaksanakan pengawasan harian agar pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan desain yang ditentukan.

-Setiap saat mengikuti petunjuk teknis dan spesifikasi yang tercantum dalam dokumen kontrak.

-Menyiapkan semua data terinci serta rekomendasi teknis sehubungan dengan variasi volume kontrak.

-Mengecek dan mengukur volume bahan dan pekerjaan yang dihasilkan, untuk dipakai sebagai dasar pembuatan sertifikasi pembayaran bulanan (Monthly Cerificate).

-Mengawasi dan melakukan pengendalian pelaksanaan pekerjaan yang didasarkan peda system pembayaran Day Work.

-Membuatdan menghimpunn semua data sehubungan dengan pengendalian pekerjaan.

-Memantau kemajuan fisik, membuat As Built Drawing.

-Membantu dan bertanggung jawab kepada General Superintendent dalam menyiapakan data untuk Final Payment.e.Pelaksana JalanUraian Tugas:-Melaksanakan kegiatan dilapangan sesuai dengan Spesifikasi yang direncanakan dan bertanggung jawab kepada Site Manager.

-Mencatat dan melaporkan semua kegiatan dilapangan kepada Site Manager.f.Juru UkurUraian Tugas:-Bertanggung jawab kepada Pelaksana.

-Melakukan pengukuran topografi.

-Membuat laporan hasil pengukuran, memeriksa dan mengoreksi hasil pengukuran.g.Juru GambarUraian Tugas:-Bertanggung jawab kepada Pelaksana.

-Melaksanakan pengolahan dan penggambaran data topografi, perhitungan volume pekerjaan.h.LogistikUraian Tugas:-Mengurus keperluan material dan peralatan proyek.

Mengendalikan tata laksana keluar masuk material dan peralatan.

Mengarsipkan administrasi pekerjaan yang benar.

-Mencatat dan melaporkan semua keluar masuk material dan peralatan dilapangan kepada Site Manager.

Membukukan biaya-biaya pengeluaran dan melaporkan posisi stok barang pelaksanaan pekerjaan secara periodic.i.Administrasi / KeuanganUraian Tugas:-Mengurus keperluan administrasi proyek.

Mengendalikan tata laksana surat menyurat.

Mengarsipkan administrasi pekerjaan yang benar.

Mengendalikan tata laksana keuangan, mengadakan evaluasi dan pengawasan atas pelaksanaan penggunaan dana proyek.

Membukukan biaya-biaya pengeluaran dan melaporkan posisi kas pelaksanaan pekerjaan secara periodic.j.UmumUraian Tugas:-Membantu pekerjaan dalam bidang urusan rumah Tangga Kantor serta membantu pekerjaan yang sifatnya membantu kelancaran dalam Proyek pekerjaan4. TINJAUAN MANAJEMEN

Perusahaan kami senantiasa menerapkan prinsip-prinsip jaminan mutu seperti :

a. Menyusun Program Kerja Perusahaan.

b. Menyusun Rencana Mutu Kontrak.

Kriteria penerimaan

Bagan alir

Lembar kerja rencana mutu

Daftar Simak

Jadwal Inspeksi dan Tes

c. Melakukan Kaji Ulang Manajemen.

5. PENGENDALIAN DOKUMEN

Pengendalian dokumen dalam bentuk :

Administrasi

Keuangan

Kontrak

6. PENGUJIAN BAHAN DAN ALAT

Dengan berpedoman terhadap bahan dan alat yang akan digunakan serta prosedur yang harus dipenuhi maka hasilnya akan baik, untuk itu cara pengendalian produk perusahaan berpedoman terhadap penggunaan bahan dan alat yang memenuhi kualitas serta spesifikasi.7. IDENTIFIKASI DAN PENELUSURAN PRODUK

Setiap produk yang dihasilkan harus selalu diidentifikasi (berapa, bagaimana, dimana, oleh siapa dan kapan dibuat/ jadi, memenuhi/tidak, dan lain-lain)

8. PENGENDALIAN PROSES

Untuk setiap jenis pekerjaan harus selalu kami ketahui proses pengerjaannya, dimulai dari penyiapan bahan sampai dengan selesai, jadi senantiasa melalui pengendalian bertahap.

9. INSPEKSI DAN TES

Kami selalu menerapkan inspeksi dan tes terhadap masing-masing kontrak, sesuai dengan jadwal yang kami buat dalam rencana Mutu/Quality Plan.

10. PRODUK TIDAK SESUAI

Untuk setiap hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan gambar bestek, kami bongkar dan kami perbaiki bila memungkinkan dan sesuai petunjuk direksi.

11. TINDAK TURUN TANGAN

Apabila terjadi/terdapat kejadian yang mengakibatkan kegagalan konstruksi atau kelalaian yang dilakukan oleh pegawai peruasahaan maka kami pimpinan akan melakukan tindak turun tangan dengan sanksi yang sesuai dengan peraturan perusahaan.

12. PENGELOLAAN DAN PENYIMPANAN

Sistem pengadaan tenaga kerja diperusahaan kami adalah pendidikan dan pelatihan dan apabila pekerjaan sudah selesai dipelihara, sedangkan untuk pengelolaan peralatan setelah/sebelum proyek adalah pendataan/pengecekan untuk peralatan kami tempatkan di gudang.

13. AUDIT

Kegiatan audit kami lakukan antara lain sebagai berikut : membuat file yang telah dilaksanakan secara konsisten.14. PERSONIL

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai dan karyawan perusahaan senantiasa menugaskan karyawan untuk ikut serta dalam kursus pelatihan dan keterampilan.

Bandar Lampung, 05 Oktober 2011

CV. SINAR TANJUNG MASKARNADO SASTRADirektur