makna yang terkandung dalam pembukaan uud 1945

3
Makna yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945 memiliki pengertian yang berbedabeda, yang pada prinsipnya merupakan cita-cita dan tujuan dari terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berikut pembahasan mengenai makna yang terkandung di setiap alinea Pembukaan UUD 1945. a. Alinea pertama Pengertian yang terkandung, yaitu 1) adanya pengakuan bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi hak kodrat dari setiap bangsa untuk merdeka, 2) adanya pernyataan bahwa bangsa Indonesia tidak menyetujui adanya penjajahan di atas dunia karena hal ini tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan, 3) adanya suatu keinginan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan, dan 4) adanya pernyataan bahwa bangsa Indonesia siap membantu bangsabangsa lain untuk merdeka. b. Alinea kedua Pengertian yang terkandung dalam alinea kedua Pembukaan UUD 1945 ini adalah 1) bahwa perjuangan bangsa Indonesia telah sampai pada saat yang tepat, yaitu kemerdekaan; 2) bahwa bangsa Indonesia menghargai dan menghormati para pahlawan bangsa yang telah mengantarkannya ke depan pintu gerbang kemerdekaan; 3) bahwa kemerdekaan bukan merupakan akhir perjuangan bangsa Indonesia, melainkan hanya suatu jembatan untuk menuju terwujudnya cita-cita bangsa, yaitu suatu keadaan masyarakat yang adil dan makmur. c. Alinea ketiga Alinea ini mengandung pengertian sebagai berikut. 1) Adanya pengakuan religius bahwa kemerdekaan yang diperoleh merupakan berkat dan rahmat Allah yang Maha Kuasa. 2) Bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia dimotivasi oleh keinginan yang luhur untuk menjadi suatu bangsa yang bebas dari penjajahan. 3) Adanya pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. d. Alinea keempat Alinea ini mengandung pengertian: 1) adanya keinginan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; 2) adanya keinginan untuk memajukan kesejahteraan umum; 3) adanya keinginan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa; 4) ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi; 5) dasar negara, yaitu Pancasila.

Upload: juliyat-fadli

Post on 18-Dec-2015

77 views

Category:

Documents


13 download

DESCRIPTION

UUD45

TRANSCRIPT

Makna yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945Setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945 memiliki pengertian yang berbedabeda,yang pada prinsipnya merupakan cita-cita dan tujuan dari terbentuknyaNegara Kesatuan Republik Indonesia. Berikut pembahasan mengenai makna yangterkandung di setiap alinea Pembukaan UUD 1945.a. Alinea pertamaPengertian yang terkandung, yaitu1) adanya pengakuan bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi hak kodratdari setiap bangsa untuk merdeka,2) adanya pernyataan bahwa bangsa Indonesia tidak menyetujui adanyapenjajahan di atas dunia karena hal ini tidak sesuai denganperikemanusiaan dan perikeadilan,3) adanya suatu keinginan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri daripenjajahan, dan4) adanya pernyataan bahwa bangsa Indonesia siap membantu bangsabangsalain untuk merdeka.b. Alinea keduaPengertian yang terkandung dalam alinea kedua Pembukaan UUD 1945ini adalah1) bahwa perjuangan bangsa Indonesia telah sampai pada saat yang tepat,yaitu kemerdekaan;2) bahwa bangsa Indonesia menghargai dan menghormati para pahlawanbangsa yang telah mengantarkannya ke depan pintu gerbangkemerdekaan;3) bahwa kemerdekaan bukan merupakan akhir perjuangan bangsaIndonesia, melainkan hanya suatu jembatan untuk menuju terwujudnyacita-cita bangsa, yaitu suatu keadaan masyarakat yang adil dan makmur.c. Alinea ketigaAlinea ini mengandung pengertian sebagai berikut.1) Adanya pengakuan religius bahwa kemerdekaan yang diperolehmerupakan berkat dan rahmat Allah yang Maha Kuasa.2) Bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia dimotivasi oleh keinginan yangluhur untuk menjadi suatu bangsa yang bebas dari penjajahan.3) Adanya pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.d. Alinea keempatAlinea ini mengandung pengertian:1) adanya keinginan untuk melindungisegenap bangsa Indonesia danseluruh tumpah darah Indonesia;2) adanya keinginan untuk memajukankesejahteraan umum;3) adanya keinginan untuk mencerdaskankehidupan bangsa;4) ikut serta melaksanakan ketertibandunia berdasarkan kemerdekaan danperdamaian abadi;5) dasar negara, yaitu Pancasila.Makna Setiap Alinea Dalam Pembukaan UUD 1945

Makna Setiap Alinea Dalam Pembukaan UUD 19451. Alinea Pertama,

Dari pembukaanUUD 1945, yang berbunyi :Bahwa kemerdekaan itu ialah hal segala bangsa, oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan perikeadilan kalimat tersebut menunjukkan keteguhan dan kuatnyamotivasibangsaIndonesiauntuk melawan penjajahan untuk merdeka, dengan demikian segala bentuk penjajahan haram hukumnya dan segera harus dienyahkan dari muka bumi ini karena bertentangan dengan nilai-nilai kemanusian dan keadilan.

2. Alinea Kedua,

Yang berbunyi :Dan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakya Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Kalimat tersebut membuktikan adanya penghargaan atas perjuangnan bangsa Indonesia selama ini dan menimbulkan kesadaran bahwa keadaan sekarang tidak dapat dipisahkan dengan keadaan kemarin dan langkah sekarang akan menentukan keadaan yang akan datang. Nilai-nilai yang tercermin dalam kalimat di atas adalah negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur hal ini perlu diwujudkan.

3. Alinea Ketiga,

Yang berbunyi :atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaannya.

Pernyataan ini bukan saja menengaskan lagi apa yang menjadi motivasi riil dan materil bangsa Indonesia untuk menyatakan kemerdekaannya, tetapi juga menjadi keyakinan menjadi spritualnya, bahwa maksud dan tujuannya menyatakan kemerdekaannya atas berkah Allah Yang Maha Esa. Dengan demikian bangsa Indonesia mendambakan kehidupan yang berkesinambungan kehidupan materiil dan spritual, keseimbangan dunia dan akhirat.

4. Alinea Keempat,Yang berbunyi :kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada :Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Dengan rumusan yang panjang dan padat ini pada aline keempat pembukaanUndang-Undang Dasar 1945ini punya makna bahwa

1. Negara Indonesia mempunyai fungsi sekaligus tujuan, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,

2. Keharusan adanya Undang-Undang Dasar,

3. Adanya asas politik negara yaitu Republik yang berkedaulan rakyat,

4. adanya asas kerohanian negara, yaitu rumusan Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusian yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.