makalah pompa dan kompresor

Download Makalah Pompa Dan Kompresor

Post on 16-Jan-2016

83 views

Category:

Documents

17 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

mmm

TRANSCRIPT

makalah PEMAPARAN POMPA Pompa Roda Gigi Dalam ( Internal Gear Pump)Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pompa dan KompresorDosen Pengampu : Danar Susilo Wijayanto, ST., M. Eng.

Disusun oleh :Abdul Wahid Arrohman( K2512004)Fuadillah Pangestu( K2512036)Ramadhan Ozzy F( K2512054)Redi Ernowo Putro( K2512056)Ridho Akhya Fadilah( K2512060)Ririn Rohma Wijayanti( K2512062)Suparyani( K2512070)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESINJURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK DAN KEJURUANFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA2015KATA PENGANTARPuji syukur penulis panjatkan kehadhirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya penulis berada dalam keadaan sehat walafiat sehingga dapat menyelesaikan tugas makalah Pemaparan pompa dengan judul Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump) yang telah kami susun sedemikian rupa berdasarkan referensi dari berbagai sumber. Mata kuliah Pompa dan Kompresor adalah salah satu mata kuliah (MK) yang wajib ditempuh bagi setiap mahasiswa khususnya di Program Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Keberhasilan penulisan makalah ini tidak terlepas dari bantuan serta arahan dari berbagai pihak baik itu secara individu maupun secara umum terutama bimbingan dan pengarahan yang tulus dan ikhlas dari pembimbing, untuk itu penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:1. Bapak Danar Susilo Wijayanto ST. , M. Eng. selaku dosen Pembimbing. 2. Orangtua yang terus memberikan motivasi. 3. Teman-teman Program Pendidikan Teknik Mesin 2012 yang telah mendukung dan memberi arahan serta kritikan demi terselesainya makalah ini. Penulis menyadari dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan yang terdapat di dalamnya, untuk itu penulis sangat mengharapkan adanya kritikan dan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Penulis berharap semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi penulis sendiri dan orang lain pada masa-masa yang akan datang.

Surakarta, 11 April 2015

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL iKATA PENGANTAR iiDAFTAR ISI iiiDAFTAR GAMBAR vBAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang 1B. Batasan Pembahasan 2C. Tujuan Penulisan 2BAB II PEMBAHASANA. Definisi Pompa (Pump) 3B. Definisi Pompa Roda Gigi (Gear Pump) 5C. Karakteristik Pompa Roda Gigi (Gear Pump) 6D. Kebaikan Pompa Roda Gigi (Internal Gear pump) 7E. Definisi Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear pump) 7F. Bagian-bagian Pompa Gear Dalam (Internal Gear Pump) 8G. Bahan Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump) 8H. Prinsip Kerja Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump) 9I. Cara Kerja Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump) 10J. Aplikasi Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump) 10K. Perawatan Pada Gear Pump 11L. Perhitungan Pompa (Pump) 12M. Kelebihan Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump) 14N. Kekurangan Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump) 14O. Perbedaan Internal Gear Pump dengan Eksternal Gear Pump 14BAB III PENUTUPA. Kesimpulan 16B. Kritik dan Saran 16DAFTAR PUSTAKA 17

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Instalasi Pompa3Gambar 2. Impeler4Gambar 3. Proses Pemompaan4Gambar 4. Klasifikasi Pompa5Gambar 5. Komponen Pompa Roda Gigi6Gambar 6. Bagian-bagian Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump)7Gambar 7. Pompa Roda gigi dengan gigi dalam (internal gear) 9Gambar 8. Cara kerja Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump)10Gambar 9. Skema prinsip Kerja pompa roda gigi dalam 15Gambar 10. Skema prinsip kerja pompa roda gigi luar15

16

BAB IPENDAHULUAN

A. Latar BelakangPompa adalah suatu alat atau pesawat yang digunakan untuk memindahkan fluida cair (liquid) dari suatu tempat yang rendah ke tempat lain yang lebih tingi melalui suatu sistem perpipaan, atau dari suatu tempat yang bertekanan rendah ke tempat yang bertekanan tinggi, atau dari satu tempat ke tempat lain yang jauh serta untuk mengatasi tahanan hidrolisnya. Fluida cair tersebut contonya adalah air, oli atau minyak pelumas, atau fluida lainnya yang tak mampu mampat. Pada pompa akan terjadi perubahan dari energi mekanik menjadi energi fluida. Pompa dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis berdasarkan beberapa cara yang berbeda, misalnya berdasarkan kondisi kerjanya, cairan yang dilayani atau dipindahkan, bentuk elemen yang bergerak,jenis penggeraknya, serta berdasarkan cara mentransfer fluida dari dari pipa hisap ke pipa tekan. Salah satu jenis pompa yang sering digunakan adalah pompa jenis rotary. Pompa rotary biasa digunakan untuk memindahkan cairan yang memiliki kekentalan (viskositas) yang tinggi dari tempat satu ke tempat yang lain. Salah satu jenis pompa rotary yang sering digunakan adalah Internal Gear Pump. Jenis pompa ini dalam aplikasinya dapat digunakan sebagai pengendali laju alir volume cairan dengan viskositas yang bervariasi, aplikasi proses metering, memompa aliran yang bertekanan rendah, pompa ganda (mixing dan blending), hidrolik, bahan bakar, dan pemberian minyak pelumas.

B. Batasan PembahasanBerdasarkan latar belakang serta agar pembahasan yang dikaji dalam makalah ini menjadi terarah dan tidak melebar terlalu jauh, maka penulis memberikan batasan pembahasan tentang hal yang dibahas, yaitu tentang Pompa Roda Gigi Dalam (Internal Gear Pump).

C. Tujuan penulisan1. Mahasiswa dapat lebih mengetahui tentang pompa (pump) pada umumnya dan pompa roda gigi (internal gear pump) dalam pada khususnya. 2. Memberikan tambahan referensi bagi mahasiswa. 3. Untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Pompa dan Kompresor.

BAB IIPEMBAHASANA. Definisi Pompa (Pump)Pompa adalah suatu alat yang berfungsi untuk memindahkan zat cair dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi. Pompa memiliki dau kegunaan utama, yaitu memindahkan cairan dari satu tempat ke tempat yang lainnya (misalnya air dari equifer bawah tanah ke tangki penyimpanan air) dan mensirkulasikan cairan sekitar sistem (misalnya air pendingin atau pelumas yang melewati mesin-mesin dan peralatan). Prinsip operasinya pompa adalah memberikan perbedaan tekanan antara bagian suction (hisap) dan bagian discharge (tekan) dengan mentransfer energi mekanis dari suatu sumber energi luar (motor listrik, motor bensin atau diesel ataupun turbin dan lain-lain) untuk dipindahkan ke fluida kerja yang dilayani. Dengan demikian pompa menaikan energi cairan yang dilayani sehingga cairan tersebut dapat mengalir dari suatu tempat yang bertekanan rendah ke tempat yang bertekanan tinggi. Pada suatu industri, pompa merupakan peralatan penunjang yang sangat penting. Hal ini karena pompa digunakan sebagai peralatan sirkulasi air pendingin, sebagai penggerak fluida kerja pada sistem hidrolis, sirkulasi minyak pelumas pada mesin, dan sebagainya. Selain itu juga digunakan sebagai suply kebutuhan air bersih, pemadam kebakaran dan lain-lain.

Gambar 1. Instalasi PompaPada pompa akan terjadi perubahan dari dari energi mekanik menjadi energy fluida. Pada mesin-mesin hidrolik termasuk pompa, energi fluida ini disebut head atau energi persatuan berat zat cair. Ada tiga bentuk head yang mengalami perubahan yaitu head tekan, kecepatan dan potensial. Pada pompa terdapat sudut-sudut impeler [gambar 2] yang berfungsi mengangkat zat cair dari tempat yang lebih rendah ketempat yang lebih tinggi [gambar 3]. Impeler dipasang pada poros pompa yang berhubungan dengan motor pengerak, biasanya motor listrik atau motor bakar. Poros pompa akan berputar apabila pengeraknya berputar. Karena poros pompa berputar impeler dengan sudu-sudu impeller berputar zat cair yang ada didalamnya akan ikut berputar sehingga tekanan dan kecepatanya naik dan terlempar dari tengah pompa ke saluran yang berbentuk volut atau sepiral dan disalurkan keluar melalui nosel. Gambar 3. Proses PemompaanGambar 2. Impeler

Jadi fungsi impeler pompa adalah merubah energi mekanik yaitu putaran impeler menjadi energi fluida (zat cair). Jadi, zat cair yang masuk pompa akan mengalami pertambahan energi. Pertambahan energi pada zat cair mengakibatkan pertambahan head tekan, head kecepatan dan head potensial. Jumlah dari ketiga bentuk head tersebut dinamakan head total. Head total pompa juga bisa didefinisikan sebagai selisih head total (energi persatuan berat) pada sisi isap pompa dengan sisi keluar pompa. Pompa dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara yang berbeda, misalnya berdasarkan kondisi kerjanya, cairan yang dilayani atau dipindahkan, bentuk elemen yang bergerak, jenis penggeraknya, serta berdasarkan cara mentransfer fluida dari dari pipa hisap ke pipa tekan. Namun secara general pompa dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Gambar 4. Klasifikasi Pompa

B. Definisi Pompa Roda Gigi (Gear Pump)Pompa roda gigi adalah pompa rotari jenis Positive Displacement dimana fluida akan mengalir melalui celah-celah roda gigi dengan dinding rumahnya yang terdiri dari dua atau lebih roda gigi yang dipasang saling merapat mendapatkan aksi pemompaan. Pompa Roda Gigi (Gear pump) sering digunakan untuk aplikasi hydrolic fluid power. Namun, tidak jarang juga digunakan pada bidang kimia untuk mengalirkan fliuda pada viskositas tertentu. Pompa ini mempunyai konstruksi khusus sehingga banyak dipakai untuk pompa yang berkaitan dengan minyak pelumas, sebagai contoh pompa roda gigi yang digunakan untuk sirkulasi minyak pelumas pada mesin penggerak utama kapal, pompa roda gigi yang digunakan untuk power block, winch trawl dan pada winch jangkar. Adapun komponen utama dari pompa roda gigi adalah : a. Rumah pompab. Roda gigi I dan roda gigi IIc. Saluran tekan. d. Saluran masuke. Katup sisi isapf. Katup sisi tekan. g. Poros roda gigih. Oil sealGambar 5. Komponen Pompa Roda Gigi

C. Karakteristik Pompa Roda GigiDengan mengabaikan kebocoran, pompa roda gigi memompakan kapasitas yang hampir konstan pada tekanan buang yang bervar