jenis – jenis pompa dan kompresor

Download Jenis – Jenis Pompa Dan Kompresor

Post on 13-Jul-2016

270 views

Category:

Documents

60 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

teknik

TRANSCRIPT

JENIS JENIS POMPA DAN KOMPRESOR

POMPA Pompa adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui suatu media perpipaan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang dipindahkan dan berlangsung secara terus menerus.Pompa memiliki dua kegunaan utama:1. Memindahkan cairan dari satu tempat ke tempat lainnya (misalnya air dari aquifer bawah tanah ke tangki penyimpan air)2.Mensirkulasikan cairan sekitar sistim (misalnya air pendingin atau pelumas yang melewati mesin-mesin dan peralatan)

KLASIFIKASIPompa perpindahan positif (positive displacement pump) Yaitu pompa yang bekerja menghisap zat cair, kemudian menekan zat cair tersebut, selanjutnya zat cair dikeluarkan melalui katup atau lubang keluar.

FUNGSIMengalirkan zat fluida dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui system perpipaan, biasanya system operasi pompa menggunakan suatu mekanisme gerak. Tekanan diperlukan untuk memompa cairan melewati sistim pada laju tertentu. Tekanan ini harus cukup tinggi untuk mengatasi tahanan sistim, yang juga disebut head. Head total merupakan jumlah dari head statik dan head gesekan/ friksi:1.Headstatikstatik pada tekanan tertentu tergantung pada berat cairan dan dapat dihitung dengan persamaan perikut:Head(dalam feet) = Tekanan (psi) X 2,31Specific gravity2.Headgesekan/ friksi(hf)Headini tergantung pada ukuran, kondisi dan jenis pipa, jumlah dan jenis sambungan, debit aliran, dan sifat dari cairan.

Pompa reciprocatingSebuah pompa dimana energi mekanis penggerak pompa diubah menjadi energi aliran dari zat cair yang dipindahkan dengan menggunakan elemen yang bergerak bolak-balik di dalam sebuah silinder. Elemen yang bergerak bolak-balik itu dapat berupa piston atau plunyer dan biasanya digunakan untuk memindahkan fluida kental dan digunakan pada sumur minyak.

Pompa rotariPompa perpindahan positif dimana energi ditransmisikan dari mesin penggerak ke cairan dengan menggunakan elemen yang berputar di dalam rumah (casing).Pompa rotari banyak digunakan pada pemompaan cairan yang viskositasnya lebih tinggi dari air.

Pompa Rotodinamik (Non Positive Displacement Pump)Pompa rotodinamik (rotodynamic pump atau non positive displacement pump), dimana energi yang ditambahkan pada fluida kerja di dalam pompa secara kontinyu dinaikkan kecepatannya, kemudian dilakukan penurunan kecepatan fluida di bagian lain dalam pompa untuk mendapatkan energi tekan.

Pompa Sentrifugal (Centrifugal Pump)Sifat dari hidrolik ini adalah memindahkan energi pada daun/kipas pompa dengan dasar pembelokan/pengubah aliran (fluid dynamics). Jet pumps Sifat dari jets pump adalah sebagai pendorong untuk mengangkat cairan dari tempat yang sangat dalam. Perubahan tekanan dari nozzle yang disebabkan oleh aliran media yang digunakan untuk membawa cairan tersebut ke atas (prinsip ejector).Media yang digunakan dapat berupa cairan maupun gas.

KOMPRESORKompresor adalah alat untuk memompa bahan pendingin (refrigeran) agar tetap bersirkulasi di dalam sistem. Kompresor berfungsi untuk membangkitkan/menghasilkan udarabertekanan dengan cara menghisap dan memampatkan udara tersebutkemudian disimpan di dalam tangki udara kempa untuk disuplai kepadapemakai (sistem pneumatik). Kompresor dilengkapi dengan tabung untukmenyimpan udara bertekanan, sehingga udara dapat mencapai jumlahdan tekanan yang diperlukan. Positive Displacement compressor a. Kompresor Torak Resiprokal (reciprocating compressor)Kompresor ini dikenal juga dengan kompresor torak, karena dilengkapidengan torak yang bekerja bolak-balik atau gerak resiprokal. Pemasukanudara diatur oleh katup masuk dan dihisap oleh torak yang gerakannyamenjauhi katup. Pada saat terjadi pengisapan, tekanan udara di dalamsilinder mengecil,sehingga udara luar akan masuk ke dalam silinder secaraalami. Gerakan mengisap dan mengkopresi ke tabung penampung ini berlangsung secara terus menerus,pada umumnya bila tekanan dalam tabung telah melebihi kapasitas, maka katup pengaman akan terbuka, atau mesin penggerak akan mati secaraotomatis.

Kompresor Diafragma (diaphragma compressor) Jenis Kompresor ini termasuk dalam kelompok kompresor torak. Namunletaktorak dipisahkan melalui sebuah membran diafragma. Udara yangmasuk dan keluar tidak langsung berhubungan dengan bagian-bagian yangbergerak secara resiprokal. Dari gerakandiafragmayang kembangkempis itulah yang akan menghisap dan menekan udara ke tabungpenyimpan.

b. Kompresor Putar (Rotary Compressor)Kompresor Rotari Baling-baling LuncurSecara eksentrik rotor dipasang berputar dalam rumah yang berbentuksilindris, mempunyai lubang-lubang masuk dan keluar. Keuntungan darikompresor jenis ini adalah mempunyai bentuk yang pendek dan kecil,sehingga menghemat ruangan. Bahkan suaranya tidak berisik dan halusdalam, dapat menghantarkan dan menghasilkan udara secara terus menerusdengan mantap.

Kompresor Sekrup (Screw)

Kompresor Root Blower(Sayap Kupu-kupu)Kompresor jenis ini akan mengisap udara luar dari satu sisi ke sisi yanglaintanpa ada perubahan volume. Torak membuat penguncian pada bagiansisi yang bertekanan. Prinsip kompresor ini ternyata dapat disamakan denganpompa pelumas model kupu-kupu pada sebuah motor bakar.

Kompresor Sekrup memiliki dua rotor yang saling berpasangan ataubertautan (engage), yang satu mempunyai bentuk cekung, sedangkanlainnyaberbentuk cembung, sehingga dapat memindahkan udara secaraaksial ke sisilainnya. Kedua rotor itu identik dengan sepasang roda gigihelixyang salingbertautan.

2. Dynamic compressor (turbo) Jenis kompresor ini cocok untuk menghasilkan volume udara yangbesar.Kompresor aliran udara ada yang dibuat dengan arah masuknyaudara secara aksial dan ada yang secara radial. Arah aliran udara dapatdirubah dalam satu roda turbin atau lebih untuk menghasilkan kecepatanaliran udara yang diperlukan. Energi kinetik yang ditimbulkan menjadi energibentuk tekanan.

Kompresor Aliran RadialPercepatan yang ditimbulkan oleh kompresor aliran radial berasal dariruangan ke ruangan berikutnya secara radial. Pada lubang masuk pertamaudara dilemparkan keluar menjauhi sumbu. Prinsip kerja kompresor radial akan mengisap udara luar melalui sudu-sudurotor, udara akan terisap masuk ke dalam ruangan isap lalu dikompresidan akan ditampung pada tangki penyimpanan udara bertekanan hinggatekanannya sesuai dengan kebutuhan.

b. Kompresor Aliran AksialPada kompresor aliran aksial, udara akan mendapatkan percepatanoleh sudut yang terdapat pada rotor dan arah alirannya ke arah aksial yaitusearah (sejajar) dengan sumbu rotor. Jadi pengisapan dan penekananudara terjadi saat rangkaian sudu-sudu pada rotor itu berputar secara cepat.Putaran cepat ini mutlak diperlukan untuk mendapatkan aliran udara yangmempunyai tekanan yang diinginkan

Terimakasih