laporan perjalanan ke bali

Category:

Documents

7 download

DESCRIPTION

tugas bahasa indonesia

TRANSCRIPT

Laporan Perjalanan

Nama : Cathlen Rezeky PKelas : XI MIA 6

SMAN 20 BANDUNG

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan laporan comprehensive learning ini. Laporan ini disusun berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan siswa SMA Negeri 20 Bandung yang merupakan kewajiban untuk membuat laporan hasil comprehensive learning. Laporan ini tidak akan sukses dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak.Penulis sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai dari laporan perjalanan ini.Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis berharap kepada semua pihak dan pembaca untuk memberikan saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan lebih lanjut.

DAFTAR ISI

COVER

KATA PENGANTAR

I. PENDAHULUAN 1.Latar belakang kegiatan2. Waktu3. Tujuan

II. ISI

III. PENUTUP1. Kesimpulan 2. Kesan dan Pesan

BAB IPENDAHULUAN1. Latar Belakang Comprehensive learning merupakan pembelajaran di luar kelas yang dilakukan siswa di tempat-tempat objek wisata.Kegiatan studi wisata kali ini diadakan oleh pihak sekolah secara rutin tiap tahunnya dan diikuti oleh siswa kelas XI, ke tempat objek wisata di Bali dan Jogja .Kegiatan studi wisata bertujuan untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan yang luas bagi para siswa.2. Waktu Waktu dilaksanakan pada hari Selasa - Senin, 03 09 Maret 2015

3. TUJUAN1. Untuk memenuhi nilai mata pelajaran bahasa indonesia2.. Penulis ingin memperkenalkan objek-objek wisata yang ada di pulau Bali dan jogja kepada pembaca.3. Sebagai wawasan tambahan informasi serta menperbanyak pengetahuan.4. Menanamkan rasa Cinta Tanah Air.5. Mengenal kebudayaan Nusantara.

BAB IIISI

Saya berangkat dari rumah sekitar pukul 07.30 WIB pada hari Selasa tanggal 03 Maret 2015. Lalu saya sampai di bandara Husein Sastranegara sekitar pukul 09.00 WIB. Dibandara kami menunggu waktu take off, selagi menunggu kami main-main. Sekitar pukul 11.30 WIB kami diberi makan ayam tulang lunak, tetapi saya hanya makan sedikit dikarenakan waktu untuk makan hanya sekitar 10 menit sehingga makanan saya tidak habis, setelah makan kami menuju ke tempat boarding time. Ditempat ini saya dan juga teman-teman saya menunggu cukup lama untuk keberangkatan. Tapi akhirnya kami berangkat menuju Bali pada pukul 12.30 WIB menggunakan pesawat Lion Air. Kami menempuh perjalanan dari Bandung menuju Bali sekitar 2 jam, kami tiba di pulau bali sekitar pukul 15.30 WITA sesampainya di bandara Ngurah Rai Bali kami mengambil koper kami masing-masing, setelah mengambil koper kami melanjutkan perjalanan menuju bus, kelas kami mendapat bus no 8, lalu kami semua naik ke dalam bus. Di Comprehensive learning ini kami ditemani oleh wali kelas kami yaitu Pak Tatang lalu guru pembimbimg kami yaitu Ibu Lily dan juga Tour leader kami yaitu Pak Hendra. Setelah semua lengkap masuk kedalam bus, lalu bus kami jalan menuju ke sentra oleh-oleh dewata, disini kita bisa menjumpai berbagai macam baju, makanan, mainan khas bali dan masih banyak lagi. Di dewata ini saya hanya membeli makanan dan gantungan khas bali, ada salah satu teman saya baru saja hari pertama dan tempat pertama yang dikunjungi dia sudah membeli banyak oleh-oleh, akhirnya karena membeli banyak oleh-oleh saat memasuki bus dia disoraki oleh teman sekelas. Setelah dari dewata kami melanjutkan perjalanan ke rumah makan kampoeng kepiting yang letaknya tidak begitu jauh dari keluar jalan tol, disini saya kira awalnya kami semua akan diberi makan kepiting tapi akhirnya tidak ada satu menu pun yang menggunakan kepiting, saya sedikit kecewa tapi tak apalah yang penting saya bisa makan. Setelah makan di rumah makan kampoeng kepiting kami melanjutkan perjalanan menuju ke hotel bali kuta resort yang letaknya di jl. Majapahit, sesampainya di depan hotel kami disuruh menunggu terlebih dahulu di bus agar pembagiaan kunci kamar lebih mudah, di hotel ini saya sekamar dengan adinda, novia dan evilia, kami mendapat kamar nomor 532, setelah mendapat kunci kamar kami langsung menuju kamar karena kami semua sudah lelah, saat sampai kamar kami melihat-melihat isi kamarnya dan pada saat masuk kamar tidur tiba-tiba lampu kamar kami mati, lalu saya sedikit panik mengapa tiba-tiba lampu kamarnya mati, lalu kami melihat ke depan tempat pusat listrik kamar kami menyala, pas dilihat kunci kamar yang seharusnya ada di tempat listrik agar tetap menyala taunya malah ada di dekat gelas, kami menjadi bertanya-tanya siapa yang menyabut kuncinya sehingga lampu kamar kami mati, tapi evilia menenangkan kita, dia bilang anggap saja bahwa dia yang menyabut kunci kamarnya sehingga lampunya mati tapi saya masih panik karena sewaktu lampunya mati evilia ada bersama kami dikamar tidur, tapi ya sudahlah anggap saja itu angin. Dan akhirnya kami bergantian untuk mandi, setelah semuanya selesai mandi, saya, adinda dan novia main kekamarnya anggi sedangkan evilia main keluar hotel bersama temannya, dikamarnya anggi kami main kartu dipermainan ini bagi siapa yang kalah akan terkena hukuman, hukumannya bagi yang kalah adalah akan dicoret bedak yang sudah tercampur dengan bumbu pop mie, lalu kami pun memulai permainan, baru saja permainan dimulai saya sudah kalah lagi lalu permainan dilanjutkan secara bergantian kami semua terkena bedak, setelah semuanya terkena hukuman saya dan teman sekamar saya sepakat untuk mengakhiri permainan karena waktu sudah menunjukkan pukul 23.30 WITA, lalu saya dan teman sekamar saya pun kembali kekamar kami.dikamar kami menunggu evilia yang tak datang-datang, kami menunggu evilia hingga pukul 01.00 WITA tapi evilia tak datang juga akhirnya kami bertiga tidur saja karena kami sudah ngantuk, saat sedang tidur banyak sekali orang yang jail, seperti menekan bel tapi saat dilihat keluar pintu orangnya sudah kabur lalu menelpon tapi tidak ada suaranya itu sangat mengganggu tidur kami. Kami bangun sekitar pukul 06.00 WITA lalu kami bergantian mandi, setelah selesai mandi dan membereskan barang-barang kami bertiga turun untuk makan pagi, setelah makan pagi kami kembali ke kamar untuk mengambil tas, setelah mengambil tas kami berangkat menuju bus, untuk perjalanan hari kedua ini kami sekelas ditemani oleh tour guide yang bernama bli made belon, bli ini didalam bus bertugas untuk menjelaskan sejarah tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh kita, di hari ini tempat pertama yang dikunjungi yaitu sentra oleh-oleh cening ayu, disentra oleh-oleh ini hampir sama dengan di tempat sentra oleh-oleh dewata sehingga saya tidak membeli apa-apa, setelah dari cening ayu kami melanjutkan perjalanan menuju bali bird park, bali bird park terletak di Jl. Cerma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali, Indonesia. Bali bird park ini pertama kali dibuka pada tahun 1995 di atas lahan seluas dua hektar yang menampung sekitar 1000 burung dari 250 jenis burung yang berbeda. Di Bali bird park anda dapat melihat beranekaragam jenis burung dari Indonesia ataupun burung dari Afrika dan Amerika selatan. Selain burung, di objek wisata di Bali ini anda juga dapat melihat berbagai jenis tanaman trofis yang berjumlah sekitar 2000 jenis. Selain melihat berbagai macam burung baik di dalam kandang maupun berkeliaran bebas di taman, anda juga dapat berfoto-foto bersama unggas tersebut di tempat khusus yang telah disediakan. Anda juga dapat melihat pusat penangkaran dan pengembangbiakan burung mulai dari bertelur hingga menetas, dan juga memberi makan burung-burung indah ini. Yang menarik, terdapat sebuah teater 4 dimensi dimana anda dapat menyaksikan film.Selain itu ditempat ini terdapat juga reptile park yang lokasinya berada di sebrang bali bird park. Di sini anda dapat melihat buaya mulai dari yang kecil hingga raksasa, komodo, bermacam jenis kodok, puluhan koleksi ular, kura-kura, iguana, dan masih banyak lagi.Setelah itu kami menuju bus dan melanjutkan perjalanan menuju kintamani, perjalanan menuju kintamani cukup jauh ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam, sesampainya di kintamani ternyata sedang hujan sehingga udaranya dingin, di kintamani saya dan teman-teman saya diberi makan siang, setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan menuju desa penglipuran, saat perjalanan menuju desa penglipuran bus yang kami naiki salah jalan lalu busnya putar balik dan akhirnya sampai juga didesa penglipuran.Lokasi desa adat Penglipuran, berada di desa Kubu, kabupaten Bangli, provinsi Bali. bentuk dari tiap-tiap rumah penduduk hampir sama. Kemiripan dari tiap-tiap rumah terlihat pada pintu gerbang rumah, atap rumah dan dinding rumah menggunakan bambu, lebar pintu gerbang yang hanya muat untuk satu orang dewasa. Di masyarakat Bali pintu jenis ini di sebut angkul-angkul. Luas dari area desa sekitar 112 hektar dan tidak semua lahan desa digunakan sebagai rumah penduduk, sekitar 40 % dari lahan desa adalah hutan bambu. Budayapengelompokan dari tata ruang desa sangat terlihat disini. Di bagian utara dan letaknya lebih tinggi dari rumah penduduk terdapat pura Desa yang disebut pura Penataran. Dibagian tengah desa yang letaknya di bawah pura, adalah zona tempat penduduk. Untuk nafkah sehari-hari penduduk desa berprofesi sebagai petani, pengerajin anyaman bambu dan berternak. Selain memiliki budaya menghormati alam, pendudukdesa Penglipuran Bali juga memiliki budaya dan tradisi untuk menghormati wanita Desa. Lalu memiliki budaya hukuman untuk pencurian, bagi yang ketahuan mencuri, akan dihukum untuk memberikan sesajen lima ekor ayam dengan warna bulu ayam yang berbeda di 4 pura leluhur mereka. Walaupun penduduk desa Penglipuran Bali memeluk agama Hindu tapi penduduk desaPenglipuran Bali tidak mengenal upacara pembakaran mayat, jadi mayat langsung dikubur. Penduduk desaPenglipuran Bali memiliki minuman khas yang disebut loloh cemceman, minuman ini memiliki rasa seperti air tape dan memiliki warna hijau karena bahan dasarnya adalah perasan dari daun cemceman.Setelah selesai berkunjung ke desa penglipuran kami melanjutkan perjalanan menuju bali nusa dua theatre yang terletak di Jalan Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia, di bali nusa dua theatre ini kami akan menonton pertunjukkan di devdan show yaitu pertunjukan mengenai Jelajah Nusantara yang merupakan penampilan panggung terbaru di Bali yang sangat spektakuler; dengan visual effect yang sangat tinggi dari berbagai budaya dan keanekaragaman yang ada di Indonesia. Pertunjukan ini memiliki perpaduan dari kegiatan tari tradisional yang ada di Indonesia dengan modern kontemporer, tari kelas dunia dan atraksi akrobatik udara, kostum yang mempesona dan hi-tech efek khusus. Pertunjukan ini berdurasi 90 menit.Setelah menonton pertunjukan di devdan show kami melanjutkan perjalanan menuju ke rumah makan golden palace. Setelah selesai makan saya pergi ke bus dan setelah semuanya lengkap masuk bus terus kita pergi menuju hotel untuk beristirahat.Setelah sampai hotel kami bergantian mandi, setelah selesai mandi saya dan adinda nonton tv, sedangkan evilia dan novia pergi bersama temannya masing-masing, kami berdua nonton tv sambil menunggu novia dan evilia pulang, dan sekitar jam 00.30 WITA novia pun datang, setelah itu saya membereskan barang-barang yang akan dibawa besok untuk cl dan memasukannya kedalam tas, setelah beres-beres akhirnya saya tidur pukul 02.00 WITA.Di hari ketiga di bali, yang bangun terlebih dahulu adalah adinda, lalu adinda pun membangunkan saya dan novia, saya dan novia pun bangun, lalu kami bergantian mandi setelah semuanya selesai mandi kami semua tidur lagi, setelah itu saya bangun duluan dan membangunkan teman saya, lalu setelah bangun kami bersiap untuk makan pagi setelah siap kami bertiga pergi untuk makan pagi, saat lagi makan tiba-tiba hujan turun sehingga kami bertiga pindah tempat ke dalam, setelah selesai makan kami kembali kekamar dan mengambil tas untuk siap-siap berangkat, tapi karena hujan pemberangkatan yang harusnya dijadwalkan pukul 08.00 menjadi pukul 09.30, setelah hujan reda kami pergi menuju bus lalu setelah lengkap bus berangkat menuju tanjung benoa.Pantai Tanjung Benoa, terletak di paling ujung tenggara pulau Bali dan berdekatan dengan objek wisata Nusa Dua. . Dapat ditempuh dalam 35 menit dari Kuta, 40 menit dari Sanur dan 20 menit dari Airport Ngurah Rai. Tanjung Benoa menjadi tempat yang cocok untuk kegiatan watersport. Olahraga air yang bias dinikmati diantaranya adalah jetski, parasailing, banana boat, scuba diving, snorkeling, glassbottom plus kunjungan ke turtle island (pulau penyu) dan flying fish. Kegiatan biasanya dimulai di pagi hari sekitar jam 8 sampai dengan jam 2-an, karena setelah itu air akan surut dan tidak bisa menikmati permainan-permainan lagi . Di pantai ini saya tidak menikmati watersport sehingga saya hanya mengunjungi pulau penyu. Disebut Pulau Penyu, karena pulau ini merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang sudah mulai langka. Pulau ini yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan dengan perahu.Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan harus menaiki perahu beralas kaca alias glass bottom yang memungkinkan menikmati pemandangan bawah laut selatan Bali yang indah. Tarif sewa perahu sekitar Rp 50.000 per orang.Selain penyu, di pulau ini juga terdapat beberapa hewan lain seperti elang laut, rangkong, kelelawar, dan ular yang sudah jinak. Wisatawan juga bisa berpose di depan kamera bersama hewan-hewan tersebut.Setelah asik bermain dipantai, lalu kami berkumpul di rumah makan dekat pantai untuk menyantap makan siang, setelah selesai makan kami melanjutkan perjalanan menuju puja mandala. Kawasan Kompleks Puja Mandala, adalah sebuah pusat peribadatan yang ada di Jalan Kurusetra, Desa Kampial, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Untuk bisa sampai ke tempat ini, kalau dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, melintasi jalan tol Bali Mandara yang melingkar di atas laut itu, hanya butuh waktu sekitar 15 menit.Dari sana kami semua melanjutkan perjalanan menuju pantai pandawa. Pantai Pandawa adalah salah satu tempat wisata di Bali yang memiliki keindahan pasir putih yang lembut dan airnya yang jernih kebiruan dengan suasana pantai yang indah. Pantai Pandawa dulunya disebut sebagai secret beach oleh para wisatawan karena lokasinya berada di belakang dua tebing yang membelah jalan menuju ke Pantai. Pantai Pandawa berlokasi di Bali Selatan, tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Setelah main-main dipantai pandawa kami melanjutkan perjalanan menuju hongxing, hongxing terletak di Jalan Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia. Disini kita makan malam dan cl, awalnya kita di hongxing ini akan cl dulu namun karena saat sedang persiapan cl hujan turun jadinya cl dihentikan dulu, dan kami semua akhirnya makan terlebih dahulu, setelah hujan reda cl dilanjutkan, kelas kami mendapat urutan tampil kelima. Urutan pertama yang tampil adalah kelas IIS 2 disusul dengan kelas yang lainnya, setelah sudah sampai pada penampilan keempat kelas kami bersiap-siap untuk menampilkan sebuah cabaret yang sudah disiapkan sebelum pergi ke bali, lalu waktu kami tampil pun tiba, kami semua menampilkan yang terbaik, lalu penampilan kelas kami pun selesai dan dilanjutkan dengan kelas yang lainnya.Akhirnya semua kelas sudah tampil, setelah itu juri mengumumkan siapa yang mendapat juara 1,2,3. Kelas kami tidak terlalu berharap untuk menang, tapi kalau pun menang Alhamdulillah. Dan yang mendapat juara 1 adalah kelas XI mia 3, Juara 2 adalah kelas XI mia 5 dan yang juara 3 adalah kelas XI mia 2.Setelah selesai pengumuman kami semua kembali ke bus untuk pergi menuju hotel. Sesampainya dihotel kami langsung masuk kamar, setelah itu kami berempat bergantian mandi. Dan setelah selesai mandi saya membereskan barang-barang saya dan memasukannya kedalam koper karena besok pagi kita check out.Tanggal 6 Maret saya bangun sekitar pukul 05.30 WITA, lalu saya mandi setelah mandi saya, adinda, dan novia pergi ke bawah untuk makan pagi sesampainya dibawah ternyata makannya masih pada ditutup rupanya kami semua terlalu pagi, akhirnya kami pun menunggu, akhirnya makanan dibuka kami bertiga langsung mengantriuntuk mengambil makanan, setelah selesai makan kami kembali ke kamar dan mengambil koper, saat semuanya sudah siap kami berempat check out dari hotel dan pergi ke bus.Perjalanan dimulai menuju bedugul mengunjungi pura ulun danu yang berlokasi di Jl. Raya Candi Kuning, Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Denpasar, Bali 80345, Indonesia. Pura ini terletak di dataran tinggi Bedugul Kabupaten Tabanan. Terletak di dataran tinggi, menyebabkan tempat ini sangat sejuk dan kadang-kadang di selimuti kabut. Keindahan alam pegunungan dan Danau Beratan yang bersih sangat mempesona, di tengahnya ada sebuah pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.Setelah dari candi kuning, selanjutnya kami pergi makan siang di RM Mutiara sari setelah selesai makan perjalanan dilanjutkan menuju joger bali yang terletak di jalan Raya Denpasar-Bedugul KM 37,5. TEMAN JOGER yang berada di daerah Bedugul ini, terdiri dari dua lantai dengan lahan parkir yang cukup luas. Di lantai pertama, ada sederetan pernak-pernik ala joger seperti jam terbaik, mug,dll, T-Shirt/ kaos dengan berbagai pilihan, pusat informasi dan ada sebuah ruangan khusus untuk rakyat kecil (maksudnya rakyat ukuran kecil alias anak-anak). Di dalam ruangan ini hanya berisi pakaian khusus anak-anak, yang cukup menarik dari ruangan ini ada pada pintu masuknya. Pintunya sangat rendah mungkin hanya berukuran 1 meter, jadi kita harus menunduk terlebih dahulu untuk dapat memasuki ruangan yang satu ini. Sedangkan di lantai dua ada bermacam-macam sandal dengan ukuran dan desain yang berbeda serta beberapa sepatu ala joger. Di dinding tangga menuju lantai dua, dihiasi dengan puluhan pasang sandal dengan desain dan ukuran yang berbeda, bahkan ada sandal yang berukuran ekstra besar.Lalu dari joger kami pergi ke tanah lot untuk menyaksikan sunset tapi saat sudah sampai sana ternyata cuacanya hujan sehingga saya tidak bisa melihat sunset, jadinya saya hanya sekedar jalan-jalan saja. Habis dari tanah lot kami makan malam di restoran soka indah tabanan, setelah selesai makan perjalanan dilanjutkan menuju Jogjakarta.Sekitar pukul 22.30 WITA kami sampai di pelabuhan gilimanuk, Pelabuhan Gilimanuk adalah sebuah pelabuhan feri di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali yang menghubungkan Pulau Bali dengan Pulau Jawa via perhubungan laut (Selat Bali). Pelabuhan Gilimanuk berada dalam naungan dan pengelolaan dari ASDP Indonesia Ferry dan sekitar pukul 00.00 WITA kami menyebrang ke pulau jawa memakai kapal feri, lalu kami pun sampai di pelabuhan ketapang sekitar pukul 02.00 WIB, di pelabuhan ketapang banyak orang berenang yang teriak-teriak minta uang. Lalu setelah turun dari kapal kami masuk ke bus, saat di bus ada pengamen yang masuk, pengamennya seram karena minta uangnya maksa. Setelah semuanya masuk bus, akhirnya bus pun jalan namun saat baru jalan dari arah samping ada truk yang menabrak bus kami sehingga kaca spionnya pecah. Tapi bus kami tetap melanjutkan perjalanan menuju Jogjakarta, di perjalanan menuju Jogjakarta ini saya tidur didalam bus, dan saya terbangun saat sudah sampai RM Bromo asri sekitar pukul 05.05 WIB disini kami semua diberi waktu untuk mandi dan makan pagi, antrian di kamar mandi bromo asri sangat panjang sehinnga saya mengantri untuk masuk kamar mandi cukup lama, setelah selesai dari kamar mandi saya pergi makan dan selesai makan perjalanan dilanjutkan menuju Jogjakarta. Siangnya kami makan di rumah makan di ngawi, setelah makan kami melanjutkan perjalanan menuju bakpia 25 setelah dari bakpia 25 kami melanjutkan perjalanan menuju rumah makan di jogja untuk makan malam, setelah makan malam kami pergi ke hotel merapi merbabu yang berada di jalan seturan raya, depok, kecamatan sleman, daerah istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia .Di hotel ini pelayanannya baik, di hotel ini teman sekamar saya sama dengan hotel yang di bali, di hotel ini saya mendapat kamar 219, sesampainya dikamar kami bergantian mandi, setelah selesai mandi, saya dan adinda nonton tv dikamar sedangkan novia dan evilia pergi bersama temannya masing-masing, saat sedang nonton tv ada yang mengetuk pintu dan itu adalah anggi, putri, andini, nanda, dan elsa lalu mereka pun masuk ke kamar saya dan adinda tapi tak lama kemudian nanda dan elsa kembali ke kamarnya mereka sedangkan anggi, putri, dan andini masih dikamar kami, saat sedang ngobrol tiba-tiba ada telpon, yang mengangkat telponnya adalah andini, dan kami malah mengerjai orang yang menelpon ini, terus kami pun akhirnya pindah ke kamar anggi, di kamar anggi lagi-lagi kami ngerjain orang lagi, setelah asik tertawa karena ngerjain orang saya dan adinda kembali ke kamar namun saat kunci kamarnya di masukan ternyata tidak bisa lalu kami berdua kembali ke kamar anggi takutnya kuncinya tertukar, tapi kunci yang dikamar anggi pun tidak bisa dipakai dikamar kami berdua dan akhirnya kami pun menelpon receptionist untuk meminta kunci cadangan, saat sedang menunggu kunci cadangan datang ada telpon masuk yang mengaku dari receptionist tapi rupanya itu bukan dari receptionist tapi dari orang yang menjaili kami semua, kami semua menganggap itu sebagai sebuah karma karena telah menjaili orang lain. Lalu kunci cadangan pun datang dan ternyata kunci kamar yang seharusnya ada didalam kamar. Setelah mengambil kunci yang asli saya dan adinda main lagi ke kamar anggi, dikamar anggi kami semua ngobrol-ngobrol. Dan tak lama kemudian novia dan evilia pun datang ke kamar anggi, akhirnya saya, adinda, novia, dan evilia kembali ke kamar kami. Lalu kami pun tidur.Keesokan harinya saya bangun sekitar pukul 06.30 WIB, lalu kami bergantian untuk mandi setelah selesai mandi saya tidur-tiduran kembali, sekitar pukul 09.00 WIB kami pergi kebawah untuk menyimpan koper ke bus dan untuk makan pagi, setelah selesai makansaya, adinda, dan novia kembali ke kamar. Dan sekitar pukul 10.40 WIB kami check out dari hotel merapi merbabu dan pergi menuju bus. Setelah semuanya masuk bus kami melanjutkan perjalanan menuju dagadu, Dagadu Djokdja adalah sebuah ikon pariwisata Jogja setelah gudeg, batik, perak, dan bakpia. Setelah dari dagadu kami melanjutkan perjalanan menuju rumah makan di jogja untuk makan siang, setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan menuju malioboro. Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga, Terlepas dari mana nama Malioboro berawal, jalan paling populer di Yogyakarta ini selalu berhasil menarik perhatian wisatawan yang datang ke kota ini. Jalan Malioboro menjadi semacam pusat oleh-oleh khas Yogyakarta. Sepanjang jalan, Anda bisa menemukan beragam suvenir khas mulai dari kaos, batik, blangkon, sandal, kerajinan tangan sampai bakpia patok dan yangko yang merupakan jajanan khas Yogyakarta. Setelah puas berbelanja di malioboro saya dan adinda kembali ke bus, dan di bus kami semua diberi makan mc Donald, lalu setelah pembagiaan makan bus kami pergi melanjutkan perjalanan menuju bandung, selama perjalanan ke bandung karena itu sudah malam akhirnya saya tidur di bus, saya hanya terbangun jika busnya berhenti saja, saat bus kembali jalan saya tidur lagi. Dan tak terasa ternyata saat saya bangun, saya sudah sampai dirancaekek, dan tak lama kemudian busnya sampai ke cileunyi, dan sebelum masuk pintu tol cileunyi saya turun dari bus, karena saya sudah dijemput dicileunyi. Dan saya sampai rumah sekitar pukul 05.30 WIB.

DI BANDARA

BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan

Objek wisata di pulau Bali memiliki karakteristik / daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal tersebut yang membuat pulau Bali dijadikan sebagai tempat berlibur maupun sebagai tempat kunjungan Study Tour. Pesona alam serta kebudayaan yang ada di pulau Bali membuat wawasan peserta Study Tour akan kebudayaan Nusantara bertambah. Dalam Study Tour ini peserta dapat lebih memahami dan menghormati budaya-budaya yang masih kental yang berada di Indonesia serta dapat mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membeda-bedakan golongan, ras, budaya, dan agamanya.Pulau Bali dan Jogja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak keindahan alam dan kebudayaannya. Oleh karena itu, banyak wisatawan domestik maupun luar negeri yang ingin mengunjungi daerah ini. Tujuan mereka datang berkunjung salah satunya adalah untuk melihat dari dekat bagaimana sosok Bali dan Jogja yang sebenarnya dan mempelajari budaya budaya .

2. Kesan dan PesanSaya merasa senang dengan diadakannya comprehensive learning ini karena selain untuk menambah pengetahuan di sini kami juga bisa bersenang-senang, menambah keakraban dengan teman.

DAFTAR PUSTAKAhttp://www.indonesia.travel/id/destination/515/pura-ulun-danu-beratan-di-dataran-tinggi-bedugulhttp://wisatakuliner.com/kuliner/pusat-oleh-oleh/item/teman-joger.htmlhttp://id.wikipedia.org/