koran padang ekspres | selasa, 15 november 2011

Upload: all-faceminang

Post on 11-Jul-2015

997 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

www.faceminang.com

TRANSCRIPT

REDAKSI 0751-778886 IKLAN 0751-778882 KORAN 0751-778884JAKARTA-PALEMBANG

BACA JUGA HAL 20, 21

SELASA

15 NOVEMBER 2011

19 DZULHIJJAH 1432 H

KORAN NASIONAL DARI SUMBARADVERTORIAL

www.padangekspres.co.id

[email protected] Rp

3.000

Luar Kota + Ongkos Kirim

Suir Syam Raih Kota Sehat Payakumbuh Raih Gelar Kedua Kota Solok, Kota Sehat 2011WALI KOTA Padangpanjang Suir Syam untuk ketiga kalinya diundang Kementerian Kesehatan untuk menerima penghargaan Swasti Saba (Kota Sehat). Keberhasilan tak lepas komitmen Pemko Padangpanjang menjadikan kota kecil berpenduduk 55 ribu jiwa itu sebagai referensi nasional, bahkan internasional. Tak heran, prestasi Padangpanjang di bidang kesehatan dijadikan sampel oleh Menteri Kesehatan saat berpidato di konferensi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) hingga presentasi di Brazil. DARI hampir 500 kabupaten dan kota di Indonesia, hanya 67 daerah yang ditetapkan sebagai Kota dan Kabupaten Sehat serta memperoleh penghargaan dari Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih. Penghargaan atas nama presiden tersebut diserahkan Menkes di Gedung Siwabesi Prof Dr Sujudi, Kemenkes RI Jakarta, Senin (14/11) malam. Rinciannya, 32 daerah meraih penghargaan tingkat pemantapan, 26 daerah pembinaan, dan KOTA Solok kembali meraih penghargaan prestisius tingkat nasional. Kemarin (14/11), Kota Beras ini memperoleh predikat Kota Sehat 2011 dari Kementerian Kesehatan, yang diterima Wali Kota Solok Irzal Ilyas di Kantor Kementerian Kesehatan, di Jakarta, kemarin. Derajat kesehatan adalah salah satu elemen penting dalam penilaian human development index (HDI) yang menunjukkan nilai-nilai perkembangan manusia.

Suir Syam

Baca Suir Syam...Hal 7

Josrizal Zain

Baca Payakumbuh...Hal 7

Irzal Ilyas

Baca Kota Solok...Hal 7

Dan, Kami tidak mengutus rasul-rasul sebelummu, melainkan mereka sungguh memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. Dan, kami jadikan sebagian kamu cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar? Dan, adalah Tuhanmu Maha Melihat. (QS. Al Furqaan: 20)

Perolehan Medali

Sementara SEA Games

SUBUH ........ 04.38 ZUHUR ........ 12.02 ASHAR ........ 15.25 MAGHRIB .... 18.05 ISYA ............. 19.18

Koreksi Waktu: Alahanpanjang -1 menit, Air Bangis + 4 menit, Balai Selasa -1 menit, Batusangkar -1 menit, Dharmasraya 3 menit, Muara Labuh -2 menit, Painan -1 menit, Sijunjung -2 menit, Sawahlunto -1 menit, Simp Empat +2 menit, Solok -1 menit, Sei Limau + 1 menit

Sumber: Panitia SEA Games, 2011.

GRAFIS: ORTA

teras

Subsidi BBM DihapusKesepakatan Kepala Negara APEC di HonoluluHonolulu, PadekPresiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah berkomitmen untuk menghilangkan secara bertahap subsidi harga bahan bakar minyak (BBM). Penghilangan subsidi tersebut adalah salah satu kesepakatan dalam pertemuan puncak 21 kepala negara anggota APEC di Honolulu, Hawai, Amerika Serikat. Indonesia juga melakukan penataan subsidi (harga BBM) selain upaya securitisasi energi melalui pengurangan volume (konsumsi) BBM, (produksi) listrik juga tidak dari BBM. Kita juga akan melakukan subsidi (harga BBM) yang

UTAMAJEFFRIE GEOVANIE Anggota Komisi I DPR RI

Pahlawan Buya HamkaDUA hari menjelang hari pahlawan, Selasa (8/ 11), Haji Abdul Malik Karim Amrullah yang lebih populer dipanggil Hamkasingkatan dari namanya ditetapkan pemerintah sebagai pahlawan nasional. Pada saat yang sama, ada enam tokoh lain yang juga ditetapkan sebagai pahlawan nasional yakni Syafruddin Prawiranegara, IJ Kasimo, Idham Chalid, Paku Buwono X, Ki Mangunsarkoro, dan I Gusti Ketut Puja. Hamka yang lahir di desa kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 dan wafat di Jakarta, 24 Juli 1981, merupakan sastrawan/ budayawan, ulama, pemimpin umat, wartawan, dan politisi yang teguh pendirian dan berintegritas tinggi. Beliau disebut Buya sebagai panggilan kehormatan bagi tokoh pria Minangkabau yang berasal dari kata abi, abuya dalam bahasa Arab, yang berarti ayahku, atau seseorang yang dihormati. Sebagai sastrawan, dalam usia belasan tahun Hamka sudah menulis salah satu karyanya yang

Baca Subsidi...Hal 7

RAKA DENNY/JPNN

ANTIKLIMAKS: Ganda putri Indonesia Vita Marissa/Lilyana gagal mengatasi perlawanan ganda putri Thailand Savitree Amitrapi/Thoungthongkam Saralee dalam final bulutangkis beregu putri SEA Games, tadi malam (14/11). Indonesia meraih perak dalam nomor ini.

BALAS DI PERORANGANThailand Tumbangkan Beregu PutriJakarta, PadekTim beregu bulutangkis putri Indonesia antiklimaks saat menghadapi Thailand di final kemarin (14/11). Bermain di bawah dukungan penonton tuan rumah, Lindaweni Fanetri dkk takluk 1-3 dalam final di Istora Senayan, Jakarta. Kekalahan itu mengulang memori negatif saat Indonesia juga meriah perak di SEA Games XXV/2009 di Laos. Kala itu, Indonesia kalah oleh Malaysia di partai puncak.

SY RIDWAN/PADEK

Baca Pahlawan...Hal 7

DISKUSI TERBATAS: Rektor UBH Hafrijal Syandri (dua dari kanan) ketika berdiskusi dengan awak redaksi, kemarin (14/11).

SEMENTARA ITU...

Baca Balas...Hal 2

UBH Fokus Kejar Akreditasi APadang, PadekUniversitas Bung Hatta (UBH) fokus meningkatkan akreditasi seluruh program studi (prodi)-nya jadi A. Untuk mencapai target ini, jajaran pimpinan UBH tak segan-segan menggelontorkan anggaran khusus. Penggunaan anggaran diperuntukan bagi peningkatan sumber daya manusia (SDM) dosen maupun penyediaan sarana dan prasarana perkuliahan. Kita sudah menyiapkan pembiayaan untuk itu, ujar Rektor UBH Prof Dr Hafrijal Syandri di redaksi Padang Ekspres, KM 7 Bypass, Padang, kemarin (15/11). Turut hadir, Wakil Rektor II Susi

Ditawarkan Mulai Rp 148 JutaNew Avanza-New Avanza Veloz Hadir di PadangAP PHOTO/EUGENE HOSHIKO

Baca UBH...Hal 2ADVERTORIAL

Wawancara PerjodohanADA banyak cara untuk menemukan jodoh. Salah satunya wawancara. Ha, wawancara? Ya, itulah yang terjadi di Shanghai, Tiongkok, kemarin ini. Para perempuan dan lelaki muda itu sedang saling mewawancarai satu sama lain untuk mengetahui apakah mereka cocok sebagai pasangan. Tapi, namanya juga janur belum me lengkung, kalau tak cocok dengan yang di depannya, bisa melirik sebelahnya. Kalau terlalu malu melirik, gampang, mainkan saja kaki di bawah kursi. (AP/ttg)

Padang, PadekPersaingan industri otomotif Indonesia semakin ketat. Terutama di kelas minibus, berbagai inovasi dilakukan untuk merebut hati konsumen. Untuk menasbihkan julukan si Raja Jalanan, Auto 2000 Padang resmi memperkenalkan Toyota All New Avanza kepada

Sudah tak Gampang Capek-capek lagiSY RIDWAN/PADEK

Baca Ditawarkan...Hal 7

ALL NEW AVANZA: Kacab Auto 2000 Padang (jas hitam) beserta jajaran memperkenalkan All New Avanza dan All New Avanza Veloz.

UMURNYA telah 40, dan anaknya sudah empatsuatu masa yang boleh dikatakan sebagai usia pertengahan atau setengah baya. Dan biasanya, seorang lelaki di usia tersebut sudah mulai merasakan penurunan fungsi sebagian organ tubuh.

Baca Sudah...Hal 7

I Ketut Ardana

Nikmati Pesta, saat Tengah Malam Ditutupi Kain HitamKali pertama selebriti papan atas Hollywood Paris Hilton mengunjungi Bali, apa saja kegiatannya selama berada di Pulau Dewata itu?

Ketika Paris Hilton Kali Pertama Mengunjungi Bali

DWIJA PUTRABadungMALAM itu (10/11) jam menunjukkan pukul 22.00. Suasana di Metis Restaurant and Gallery yang berada di kawasan Jalan Raya Petitenget, Kuta, Badung, tampak ramai. Malam itu sedang digelar pesta. Yang punya gawe adalah Rob Peetoom, yang malam itu bikin pesta untuk acara launching hair spa miliknya yang baru dibuka. Kebanyakan para tamu adalah turis asing. Para tamu perempuan rata-rata mengenakan pakaian seksi.

MIFTAHUDDIN/JPNN

PESTA DI BALI: Paris Hilton (tiga dari kanan) saat menikmati pesta di Metis Restaurant, Petitenget, Kuta, Badung, Kamis (10/11) malam lalu.

Acara kian ramai ketika tampil beberapa model di acara fashion show. Di antara deretan tamu tampak Paris Hilton yang malam itu mengenakan gaun ungu. Dia duduk bergerombol bersama kawan-kawannya di bagian pojok ruangan. Perempuan kelahiran New York City, Amerika Serikat, 17 Januari 1981, itu tampak dikawal beberapa pria bertubuh gempal. Di bagian selatan terlihat pria mengenakan kemeja hitam berdiri di pagar tempat Hilton berada. Di samping Hilton juga terdapat pria mengenakan kemeja kotak-kotak putih-merah. Dia berdiri di sebelah barat. Di utara juga berdiri pria bule mengenakan kemeja hitam. Dia mendekati JPNN.

Baca Nikmati...Hal 7

2LINTAS UTAMA

UTAMA

SELASA

15 NOVEMBER 2011

Anggota DPR Bantu Korban BanjirPadang, PadekMasa reses masa sidang kali ini benar-benar dimanfaatkan Sidi Hermanto Tanjung untuk berkeliling Sumbar, mendengar aspirasi warga. Anggota Komisi II DPR RI ini bahkan menyempatkan diri untuk melihat lokasi bencana alam yang menimpa warga Pesisir Selatan, Sabtu (5/11) lalu. Padahal, agendanya padat. Di lokasi bencana ini, pria asal Padangpariaman ini berbaur bersama warga dan kader PKS setempat. Ia membantu korban dan diserahkan ke Pemkab Pessel. Sedih kita menyaksikan saudara-saudara kita ditimpa musibah. Semoga bantuan yang disampaikan dapat meringankan. Selain itu, bersama DPW PKS, kami juga menyerahkan daging hewan korban yang sudah dikemas menjadi rendang, kata Hermanto. Usai berbagi duka dengan warga Pessel yang ditimpa bencana banjir ini, Hermanto melanjutkan perjalanannya ke Dharmasraya. Di kabupaten paling Timur Sumbar ini ia ditunggu warga setempat untuk menjadi khatib Shalat Idul Adha di Masjid Baitul Makmur, Tabek, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya. Ustad (Hermanto, red) juga dijadwalkan hadir di beberapa tempat lainnya, seperti pertemuan dengan warga PKDP di Padangpanjang, imam dan khatib Shalat Jumat di Masjid Nurul Falah, Limo Kaum, Tanahdatar dan member tausiah kepada kader di Koto Solok, ustad juga dijadwalkan bertemu kader di Sijunjung, kata Ilhamsyah, staf ahli Hermanto. Menurut Ilham, Hermanto menampung banyak aspirasi, termasuk saat bertemu dengan rang kampuang-nya, Pariaman yang bernaung di bawah paguyuban PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Pariaman) di Padangpanjang. (yo)

Jalinsum Barat DitutupPascabanjir, Waspadai Makanan KedaluwarsaJALANI PERSIDANGANFEDRIK TARIGAN/JPNN

Terdakwa pembobol dana nasabah Citibank, Inong Malinda Dee kembali menjalani sidang di PN Jakarta Selatan, Senin (14/11). Dalam sidang kali ini, dihadirkan saksi dari Citibank seperti Paulina CS.

Tabrakan, Putra Kadis Sosial TewasAgam, PadekKecelakaan lalu lintas terjadi jalan lintas Kabupaten Agam, tepatnya di Sikabu, Lubukbasung, sekitar pukul 15.30 WIB, kemarin (14/11). Wildan Mujahidi Khudri, 17, tewas setelah motor Yamaha Jupiter MX yang dikendarainya tabrakan dengan Toyota Kijang warna merah yang dikendarai Mukhlis, dari arah berlawanan. Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, kecelakaan terjadi ketika Wildan mengendarai motor BA 2874 TA hendak menuju Lubukbasung usai membuat KTP elektronik (e-KTP) di Kantor Camat Manggopoh. Begitu sampai di Sikabu, Kampuangtangah, motor siswa kelas 3 SMAN 2 Lubukbasung itu diduga oleng, hingga menabrak Toyota Kijang BA 2476 BL dari arah Lubukbasung menuju Manggopoh. Saat itu, mobil Kijang kebetulan sedang pecah ban depan bagian kanan. Korban tewas di tempat. Sedangkan pengendara mobil, Mukhlis yang juga salah satu kepala seksi di Satpol PP Agam ikut membantu evakuasi korban dan menyerahkan diri ke Polres Agam diantar warga. Korban telah disemayamkan di rumah duka, di Lansano, samping SMP 1 Lubukbasung. Wildan merupakan putra Khudri, Kepala Dinas Sosial Agam yang juga Ketua PWI Agam. (men)

Mantan PR II IAIN Bonjol Dapat PenghargaanPadang, PadekMantan Pembantu Rektor II IAIN Imam Bonjol Padang Raichul Amar memperoleh penghargaan Satyalancana Pembangunan Lingkungan Hidup dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penghargaan bakal disematkan di Istana Wapres Boediono tanggal 16 November mendatang, tak lepas wujud kepedulian dan dedikasinya terhadap lingkungan. Pria yang pernah menjabat Kabiro Administrasi Umum dan Akademik IAIN Imam Bonjol ini ketika dihubungi Padang Ekspres tadi malam (14/11) menyebutkan, ia baru mengetahui informasi itu melalui surat dilayangkan Sekretaris Kementerian LH kemarin pagi. Raichul sendiri tahun 2000 lalu, menerima Kalpataru kategori Pembina Lingkungan. Penghargaan ini memang berkaitan dengan Kalpataru berhasil saya peroleh tahun 2000 lalu. Selama 10 tahun terakhir, Kementerian lingkungan hidup terus memantau aktivitas yang saya lakukan. Berhubung saya masih aktif dalam bidang penyelamatan lingkungan ini, gubernur Sumbar menyurati saya untuk menyiapkan bahan-bahan diperlukan, jelas Raichul. Bedasarkan bahan-bahan itu, imbuh Raichul, Kementerian LH menurunkan tim verifikasi tanggal 23 Oktober lalu sebanyak tiga orang. Mereka memeriksa seluruh aktivitas dilakukan Raichul selama 10 tahun terakhir. Berdasarkan inilah, akhirnya Raichul memperoleh Satyalancana Pembangunan Lingkungan Hidup. Melalui Penghargaan ini, Raichul mengajak seluruh masyarakat Sumbar peka terhadap lingkungan. Mulailah hal-hal kecil. Pembuangan sampah misalnya, pisahkan antara organik dan anorganik. Begitu juga membangun rumah, sebaiknya tak seluruh permukaan tanah ditutup dengan keramik atau semen. Harus ada ruang terbukanya, imbau Raichul. (rdo)

BNPB Waspadai Tiga Potensi BanjirJakarta, PadekCurah hujan di Indonesia diperkirakan tinggi dalam beberapa bulan mendatang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kejadian sesaat yang bisa mengakibatkan bencana banjir. Yang harus kita waspadai adalah munculnya kejadian sesaat yang bisa saja meningkatkan curah hujan secara luar biasa dalam waktu singkat, kata Kepala BMKG Sri Woro Budiati di Kantor Wakil Presiden kemarin (14/11). Kondisi seperti itulah yang terjadi di sebagian wilayah Thailand yang dilanda banjir pada Oktober lalu. Dia mengungkapkan, curah hujan diprediksi masih normal. La Nina (curah hujan tinggi) juga diperkirakan tidak begitu mempengaruhi curah hujan di kawasan timur Indonesia. Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian barat, curah hujan hingga kini belum terdeteksi. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Muarif menyatakan, di lereng Merapi terdapat sekitar 90 juta meter kubik material erupsi yang menumpuk. Itu berpotensi menjadi banjir lahar dingin, jelasnya. Saat ini, langkah antisipasi sudah disiapkan. Di antaranya, memasang alat pemantau aliran lahar dingin di 13 sungai yang menampung aliran lahar dingin ke bawah, termasuk Kali Krasak dan Kali Code. Pemerintah juga memasang sensor penakar hujan maupun kamera web di berbagai titik. Terkait dengan Bengawan Solo, banjir bisa mengancam sejumlah wilayah. Di antaranya, Bojonegoro, Lamongan, Tuban, dan Gresik. Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menjelaskan, banjir di daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo hanya mungkin diatasi dengan tuntas jika pemerintah membangun Waduk Jipang di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, solusi itu harus disertai pemindahan sekitar 78 ribu penduduk. Terkait dengan antisipasi banjir di Jakarta, ujar Djoko, pemerintah DKI Jakarta sudah membangun dinding-dinding penahan air pasang untuk mencegah kejadian banjir pada 2007. Pemerintah pusat juga terus melanjutkan rehabilitasi sungai di Jakarta yang menjadi wewenang pusat. Proyek rehabilitasi sungai yang kini sedang berlangsung adalah rehabilitasi Kali Angke, Kali Pesanggrahan, serta Kali Sunter. Pengerukan sungai dan pembangunan turap dinding sungai itu selesai pada 2013. Sudah berjalan sebagai proyek tahun ganda dan akan selesai pada 2013, ujar Djoko. (wir/ fal/c5/agm/jpnn)

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dr Mirsal mengingatkan petugas di Posko Penanggulangan Bencana mengawasi kelayakan makanan bantuan donatur. Kami juga harapkan donatur memberi bantuan memperhatikan kelayakan makanan agar tidak menjadi permasalahan baru nantinya, lanjutnya. ZETRIZAL Kabid Penangunggalangan [email protected] Penyakit dan Bencana di Dinas Kesehatan Pessel Satria Wibawa Padang, PadekPemprov mengungkapkan, pascabencana Sumbar mengganti jembatan banjir bandang belum ada pebailey (darurat) penghubung nyakit yang mewabah. Sampai jalan lintas barat Sumatera (Ja- hari ini jumlah pasien yang terlinsum) di Pasirputih, Kena- kena penyakit di 10 puskesgarian Kambang Barat, Keca- mas masih dalam batas biasa. matan Lengayang, Pesisir Selatan Tidak ada peningkatan men(Pessel), setelah putus dihantam colok, ujarnya. banjir bandang, Kamis (3/11) Data Dinas Kesehatan, terlalu. Pengerjaan jembatan ini catat pasien diare 21 kasus, ISPA mulai Selasa dini hari ini (15/11) 82 kasus, kulit 13 kasus, malaria sampai Sabtu (19/11) mendatang. 1 kasus, maag 6 kasus, hipertensi Selama perbaikan jembatan ini, 21 kasus, rematik 3 kasus dan jalur ini ditutup. luka 7 kasus. Dinas kesehatan Kepala Prasarana Jalan dan selalu memantau kondisi di laTata Ruang Perpangan. Sebab, kumiman (Prasjal posko-posko kesedan Tarkim) Sumhatan masih disiabar Suprapto megakan sampai tangnyebutkan, jemgap darurat. Selain batan bailey akan Sabtu (19/11) jalan ini itu, juga pengawasdiganti jembatan bisa dilewati kendaraan an ketat agar pepanel lebar 3,8 menyakit yang dideriroda enam dengan ter panjang 15 meta para korban banter. Komponen tonase tidak lebih dari jir tidak menjadi jembatan panel diwabah, lanjutnya. 20 ton. bawa dari gudang Mewaspadai Alkal Disprasjal semua itu, pihakSuprapto Tarkim Sumbar di nya juga sudah mePadang ke Kambang Barat. Se- lakukan penyemprotan guna telah semua material sampai, mengantisipasi kuman penyakit jembatan bailey dibongkar. yang ditimbulkan dari puing Pergantian jembatan panel puing material, dan hewan ternak ini empat hari. Artinya, Sabtu masyarakat yang mati. Pada (19/11) jalan ini bisa dilewati Kamis (17/11) nanti, akan dilakendaraan roda enam dengan kukan pengobatan massal di tonase tidak lebih dari 20 ton, lokasi bencana, sekaligus bentuk kata Suprapto. Perbaikan jalan pemantauan kepada masyarakat ini mendesak dilakukan, me- korban banjir, pungkasnya. nyusul jalan alternatif sepanjang Saat peringatan Hari Kese3,5 km melewati di Padangrubiah hatan Nasional ke-47 kemarin, tidak bisa dilewati truk berbadan Bupati Pessel Nasrul Abit menebesar. kankan kesehatan salah satu piJalan alternatif ini sangat lar pembangunan sumber daya parah dan tidak bisa dilewati truk manusia untuk mewujudkan dari dua arah, jelas Suprapto. manusia tangguh, kuat, pandai Bahu jalan banyak terban akibat beradab mampu bersaing. Kenditerjang banjir dan abrasi. Kita dati Kabupaten Pesisir Selatan berharap setelah jembatan panel sedang dilanda permasalah beselesai, petugas kepolisian bisa sar, namun jadikan sebagai pemengawasi buka tutup jalan. ningkatan pelaksanaan gerakan Kalau tidak, maka akan terjadi nasional kebersihan, yang bisa macet total lagi, ujarnya. mengajak seluruh lapisan, ajakMakanan Kedaluwarsa nya. (*/mg15)

Balas di PeroranganSambungan dari hal. 1Indonesia tertinggal 0-1 setelah Lindaweni pada partai tunggal putri pertama Lindaweni Fanetri dibekuk Porntip Buranaprasertsuk dengan rubber game 21-17, 11-21, 16-21. Tapi, ganda pertama Indonesia Anneke Feinya Agustin/Nitya Krishinda menyamakan skor menjadi 1-1. Pasangan muda Indonesia itu memberi harapan setelah membekuk pasangan Duanganong Aroonkesorn/ Kunchala Voravichitchaikul dengan skor 22-20, 21-9. Di partai ketiga yang mempertemukan tunggal utama Adrianti Firdasari dengan Ratchanok Inthanon, Indonesia kembali harus tertinggal 1-2. Firda yang diharapkan membuka jalan victory ternyata kalah dalam permainan ketat tiga game 12-21, 21-19, 19-21. Dalam partai penentuan di partai keempat, Indonesia ternyata tak bisa memaksimalkan peluang menyamakan kedudukan. Pemain penuh pengalaman Vita Marissa/Liliyana Natsir ternyata tak bisa menjawab tantangan. Mereka takluk di tangan ganda kedua Thailand Savitree Amitrapai/Sarale Thoungthongkam dengan skor 21-19, 16-21, 22-24. Kekalahan itu memang tidak bisa diterima oleh para pemain Indonesia. Terbukti, saat mereka akan dimintai untuk melakukan konferensi pers, pemain-pemain Indonesia menolak dan memilih berlalu dan langsung meninggalkan venue. Manajer tim Indonesia Maria Fransisca mencoba tegar. Menurutnya, hasil ini adalah yang terbaik untuk tim putri karena kekuatan Indonesia di sektor tersebut memang lemah. Ini sudah yang terbaik, anak-anak sudah maksimal. Pertandingannya ketat, tapi anak-anak belum bisa memberikan emas, tuturnya dalam konferensi pers setelah pertandingan. Meski kalah, Maria masih yakin bahwa hasil di sektor peorangan bakal berbeda dengan beregu. Dia optimistis di tunggal dan ganda putri Indonesia bakal mampu membalas kekalahan tadi malam. Kami akan balas dendam. Anakanak harus lebih baik lagi agar di perorangan bisa kami rebut emasnya dan mengobati kekecewaaan, tegas perempuan asli Surabaya tersebut. Sementara itu, koordinator pelatih ganda pelatnas Christian Hadinata menilai kekalahan Indonesia karena faktor mental. Dia menyebut pemain Indonesia tak bisa lepas dari tekanan setelah tertinggal 1-2. Kalau leading 2-1 saya yakin mainnya anak-anak akan lebih enak. Tapi, karena sudah ketinggal dulu 1-2, mereka mainnya sering salah, tak maksimal, tuturnya. Di sisi lain, manajer tim Thailand Utis Pakpoom merasa puas dengan hasil ini. Sebab, target emas pertama dari bulu tangkis tercapai. Selanjutnya, dia mengincar emas dari nomor tunggal putri. Ini sudah sesuai target. Anak-anak bermain maksimal, satu emas sudah kami dapat. Sekarang kami tinggal mencari satu emas di perorangan, tandasnya. (aam/aww/jpnn)

UBH Fokus Kejar Akreditasi ASambungan dari hal. 1Herawati, Wakil Rektor II Suparman Khan, Sekretaris Rektor Harizal Bahar, Badan Perencanaan Pembangunan UBH Khadafi, Kepala Bidang Kerja Sama Abdullah, Wijanarko dan Humas UBH Indrawadi. Saat ini, imbuh Hafrijal, nyaris tak ada perbedaaan mendasar antara perguruan tinggi negeri dan swasta. Jaminan mutu tergantung pada universitas dan akreditasi program studinya. UGM mampu seperti sekarang, karena sudah duluan siap dari segi tenaga pendidik dan infrastrukturnya. UBH bisa menjadi lebih baik dibanding universitas ternama lainnya, asalkan akreditasnya bisa lebih baik, ujarnya dalam diskusi dihadiri Pemred Padang Ekspres Montosori, Wapemred Heri Sugiarto, Asredpel Rommi Delfiano, Korlip Gebril Daulay, Askorlip Fajril Mubarak dan sejumlah awak redaksi lainnya. Untuk membenahi itu, kata Hafrijal, dosen UBH tak ada lagi berkualifikasi strata 1. UBH tengah gencar-gencarnya menyekolahkan dosennya di sejumlah perguruan tinggi ternama dalam negeri maupun luar negeri. Saat ini, terdapat 45 dosen UBH mengambil program PhD di berbagai negara di dunia seperti Inggris, Australia dan Jerman. Dari segi sarana, imbuhnya, UBH sudah berbasis teknologi. Mahasiswa yang akan membayar uang kuliah, daftar ulang, daftar ulang mahasiswa baru, dan pengambilan nilai sudah bisa dilakukan secara online. Gedung perkuliahan juga terus dibenahi. Kini, sedang dilakukan pembangunan Kampus II di Aiapacah, Kecamatan Kototangah, Padang. Tahun ajaran ini, sebanyak 2.617 mahasiswa baru sudah menempati kampus tersebut. Januari 2012, UBH menargetkan pembangunan gedung berlantai 3 untuk Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan bisa rampung. Untuk kenyamanan mahasiswa dalam perkuliahan, fasilitas ditingkatkan. Setiap ruang perkuliahan dilengkapi air conditioner (AC). Pihak kampus juga akan membangun asrama mahasiswa untuk memudahkan akses mahasiswa ke kampus. Sementara gedung perkuliahan di Kampus 1 UBH di Ulakkarang, tetap dipakai, terutama untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Kampus tersebut juga dipersiapkan untuk menampung mahasiswa UBH ditargetkan tahun 2015 mendatang jumlahnya mencapai 15 ribu orang. Saat ini mahasiswa UBH sekitar 9 ribu orang. Wakil Rektor II Susi Herawati menambahkan, selain penguatan internal, UBH berupaya memberikan sesuatu untuk masyarakat. (mg6)

SELASA

15 NOVEMBER 2011

EKONOMI BISNISMenjanjikan dan EfisiensiJaka Prayudha, Pengusaha Bata Ringansebagai salah satu mitra binaan Semen Padang yang memproduksi bata ringan ini, di stan Padang Fair 2011 di kawasan GOR H Agus Salim, Padang, kemarin. Jika dihitung satu bata ringan yang berukuran panjang 60 centimeter, tinggi 20 centimeter, dan lebar 10 centimeter dijual dengan harga Rp 8 ribu. Untuk satu meter persegi pasangan menghabiskan 8,4 buah bata ringan. Kalau batu bata biasa untuk satu meter persegi menggunakan sekitar 80 buah bata, jika satu bata biasa Rp900 ribu lebih untuk menggunakan bata ringan, kata Jaka yang mengatakan ilmu usaha ini diperoleh saat pelatihan yang diadakan PT Semen Padang dan dimulai Juli 2011 lalu . Jaka Prayudha menambahkan selain harga, sistem

3pasang bata ringan ini lebih gampang dan cepat. Usahanya yang beralamat di Jalan Kenanga Nomor 97 Napar Payakumbuh Utara bisa memproduksi 200 balok bata ringan dalam satu hari. Saat ini, usahanya ini bisa dilihat oleh masyarakat Padang karena ikut memeriahkan Padang Fair hingga 20 November mendatang. Jaka didampingi General Managernya, Haria Putra menambahkan meskipun ringan, kekuatannya telah teruji. Bahan yang digunakan adalah pasir gunung (pozolan) ditambah semen Padang tipe 1,dan formula khusus. Untuk produksi, selain penggunaan bahan yang sesuai aturan,tenaga kerja di pabriknya telah mendapatkan pelatihan dari pemilik merek dagang bata ringan ini, imbuhnya. (e)

GeliatumkmPengurangan risiko bencana (mitigasi) bisa melalui pembangunan rumah ramah gempa. Salah satunya menggunakan bahan yang aman seperti batu bata ringan (banon con). Apalagi, daerah di Sumbar termasuk daerah rawan bencana, salah satunya gempa. Melihat kondisi itu, muncul dalam pemikiran Jaka Prayudha membuat bata ringan yang aman dan kuat untuk masyarakat. Bagaimana usaha ini dijalaninya?HARGA bahan bangunan yang cenderung bertahan tinggi mendorong pengembang yang membangun rumah atau orang yang ingin merenovasi berupaya mencari cara agar lebih hemat dan efisien dalam mengeluarkan bujet. Sayang, tak banyak penghematan yang bisa dilakukan jika ingin tetap menjaga kualitas. Salah satu cara penghematan yang bisa ditempuh adalah memilih bahan bangunan jenis baru. Walau harga lebih mahal, biasanya bahan bangunan jenis baru ini menjanjikan efisiensi lebih tinggi dalam pengerjaan maupun kebutuhan bahan baku pendukung. Rangka atap baja ringan misalnya, selain lebih awet ternyata bisa dikerjakan lebih cepat ketimbang rangka kayu. Selain rangka atap baja ringan, bata ringan juga menjadi idola anyar para pengembang perumahan dan penghobi renovasi rumah. Batu bata berukuran lebih daripada batako, berwarna dominan putih atau krem ini semakin banyak dicari, baik oleh pengembang maupun orang

BATA RINGAN: Jaka Prayudha memperlihatkan bata ringan produksi usahanya.

SY.RIDWAN/PADEK

yang ingin merenovasi atau membangun rumah. Namun, kondisi itu belum dilirik masyarakat di Sumbar untuk memanfaatkan bata

ringan dalam membangun rumah mereka. Masyarakat belum terlalu berminat menggunakan bata ringan untuk pembangunan. Padahal, bata

ringan ini lebih kuat dan tahan dibandingkan batu bata dan hollowbrik, bata ringan ini lebih hemat, kata Direktur CV YK Barindo, Jaka Prayudha

LINTAS EKBISHarga Cabai Rp48 Ribu SekiloSolsel, PadekIntensitas hujan yang cukup tinggi di Solok Selatan, mempengaruhi harga cabai. Kebutuhan pokok yang akrab disebut lado itu, harganya melambung menjadi Rp48 ribu per kilogram. Kenaikan harga cabai terjadi secara drastis. Pantauan Padang Ekspres di Pasar Muaralabuh, dua pekan lalu harga cabai hanya berkisar Rp28 ribu per kilogram. Beberapa hari kemudian, setiap hari pasar Senin dan Kamis, harga lado terus merangkak naik. Hingga Senin, (14/11) harga lado sudah bertengger Rp48 ribu per kilogram. Hari dek acok hujan. Ndak banyak lado nan turun ka pasa, ungkap Santi, 35, salah seorang penjual lado di Pasar Muaralabuh. Santi yang juga petani cabai mengatakan bahwa tanaman cabai dimusim hujan, memiliki risiko yang sangat tinggi. Apalagi hujan turun terus menerus. Bisa saja terjadi pembusukan, yang menyebabkan petani terancam gagal panen. Meskipun petani di Solok Selatan memiliki lahan tanaman cabai yang tidak terlalu luas, namun harga cabai cukup terkontrol dengan pasokan cabai lokal. Akan tetapi, hampir semua pedagang mengaku saat ini memang kesulitan mendapat pasokan cabai dari lokal maupun dari daerah tetangga seperti Alahanpanjang Solok dan Kayuaro, Kerinci, Jambi. Lah sarik lado masuk kini. Makonyo harago mahal. Barang tu bana nan saketek, timpal Bujang, pedagang lainnya. Diperkirakan, harga cabai akan kembali normal bila intensitas hujan kembali menurun. Sisi lain, harga kebutuhan pokok lainnya seperti minyak goreng dan gula masih stabil. Sedangkan harga beras masih bertahan dengan kenaikan masing-masing Rp1.000 per gantang, sesuai jenis dan variasinya. (sih)

Berikan Sanksi TegasJika Bank tak Turunkan Bunga KreditJakarta, PadekBank Indonesia (BI) telah menurunkan suku bunga acuan (BI rate) dari 6,5 persen menjadi 6 persen. Sayangnya, perbankan nasional masih ogah menurunkan suku bunga kreditnya. DPR meminta BI segera menjewer bankbank yang tidak merespons kebijakan Bank Sentral tersebut. Wakil Ketua komisi IX Achsanul Qosasi mengatakan, penurunan BI rate 50 basis points (bps) sebenarnya positif. Karena itu, kebijakan tersebut harus direspons positif melalui penurunan suku bunga kredit perbankan. Penurunan suku bunga kredit itu bisa menggerakkan sektor riil. Karena nasabah punya kesempatan untuk berinvestasi pada usaha lain di luar deposito. Langkah BI, sinyal yang bagus untuk perekonomian. BI bisa memberikan insentif dan disinsentif kepada perbankan, tegas Achsanul, kemarin. Politisi Demokrat itu menyarankan BI menyiapkan langkah alternatif bagi perbankan. Untuk bank yang ikut menurunankan suku bunga kredit, mesti diberi insentif. Namun, untuk bank yang bandel atau tidak mau menurunkan bunga kredit, mesti diberi sanksi. Soal sanksi inilah yang belum diberikan oleh BI, sehingga bank BUMN maupun swasta masih enggan menurunkan suku bunga kreditnya, ujarnya. Guber-nur BI Darmin Nasution meminta perbankan memasukkan penurunan suku bunga kredit dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) yang akan diajukan ke BI mulai akhir November ini. Kita punya waktu cukup untuk bicarakan dengan pimpinan banknya jika RBB-nya dianggap tidak mengakomodasi penurunan BI rate. Pokoknya, kita akan cermati RBB bank terutama yang besar-besar. Kita bisa setuju atau tidak setuju RBB yang diajukan. Kalau kita tidak setuju, tidak akan ada RBB-nya, kata Darmin di Jakarta. Menurut bekas Dirjen Pajak itu, kebijakan tersebut harus diterapkan mengingat BI selama ini sudah menghimbau bank menurunkan suku bunga kredit. Kita tidak bisa lagi sekadar menurunkan policy rate dan berharap mereka turunkan lending rate-nya, tegas Darmin. Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Bank-bank Nasional (Perbanas) Sigit Pramono menyatakan, perbankan swasta tidak bisa langsung mengikuti penurunan BI rate. Alasannya, masing-masing bank punya biaya dana (cost of fund) yang berbeda-beda. Hal senada dikemukakan Ketua Umum Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) Gatot Suwondo. Menurut dia, yang bisa dilakukan perbankan saat ini bukan langsung menurunkan bunga kredit. Tapi memperluas akses perolehan dana perbankan. Menanggapi usulan pemberian insentif dan disinsentif perbankan, Kepala Biro Humas BI Difi Johansyah akan mempertimbangkan masukan itu. Hingga saat ini BI ingin melakukan evaluasi terlebih dulu mengingat penurunan BI rate baru ditetapkan Kamis (10/11). (jpnn)

SY.RIDWAN/PADEK

Pastikan Layanan Terbaik bagi PublikJakarta, PadekTerkait dengan aksi mogok kerja yang dilakukan sebagian anggota Serikat Pekerja Karyawan Telkomsel yang dilakukan sejak Kamis (10/11) lalu, dapat diberitahukan bahwa Manajemen Telkomsel dan Serikat Pekerja berkomitmen untuk tetap memberikan layanan terbaik kepada publik. Proses negosiasi yang tengah terjadi, dipastikan tidak akan mempengaruhi kualitas layanan Telkomsel kepada pelanggan. Manajemen Telkomsel dan Serikat Pekerja juga telah menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan baik dan cepat, dengan memperhatikan kepentingan publik dan sesuai dengan asas tata kelola perusahaan yang baik. Hingga saat ini perundingan antara manajemen Telkomsel dan Serikat Pekerja masih berlangsung. Manajemen Telkomsel senantiasa membuka ruang untuk berdialog dengan Serikat Pekerja, sebab hal seperti ini dapat terjadi di setiap perusahaan dan bagian dari sebuah proses untuk membangun hubungan industrial yang harmonis dan kondusif, tuGM Coorporate Communication Telkomsel, Ricardo Indra, melalui siaran pers yang diterima Padang Ekspres, kemarin. (ril)

PERMAINAN TRADISIONALSeorang penjual permainan tradisional asal Jawa Timur memperkenalkan produk dagangannya pada ajang Padang Fair 2011 di kawasan GOR H Agus Salim, Padang. Harga jual permainan tradisional ini mulai kisaran Rp10 ribu.

Yamaha Klaim Kuasai Pasar MotorJakarta, PadekYamaha optimistis bisa mencapai target penjualan hingga akhir tahun ini sebesar 3,3 juta unit. Target tersebut tidak terganggu dampak banjir di Thailand. Meski sebagian pasokan suku cadang Yamaha masih diimpor, produksi motor ini tidak terjadi penurunan. Sembari menunggu perkembangan dari Thailand, sampai akhir tahun ini stok motor Yamaha Indonesia masih cukup tersedia bagi konsumen. Suplai beberapa spare part dari negeri Gajah Putih itu terhambat sehingga beberapa tipe motor Yamaha Indonesia mengalami penurunan produksi. Target penjualan Yamaha juga tidak berubah, ungkap Presiden Direktur Yamaha Indonesia Dyonisius Beti menanggapi dampak banjir Thailand terhadap produksi Yamaha di Indonesia. Sementara, posisi Yamaha tetap tak tergoyahkan menguasai pasar motor sport Indonesia. Konsistensi ini terjaga pada penjualan Yamaha mulai Januari hingga Oktober 2011. Yamaha membukukan penjualan 273.301 unit. Angka tersebut, kata Beti, naik 26.562 unit dibandingkan pen-jualan motor sport Yamaha bulan Januari hingga September 2011 mencapai 246.739 unit. Menurut dia, produk V-Ixion masih tetap jadi primadona motor sport Yamaha, menyumbang 20.057 unit pada penjualan Oktober. Sementara Byson dan Scorpio Z masingmasing terjual 4.162 unit dan 2.343 unit di bulan Oktober. Sedangkan terhitung sepanjang Januari sampai Oktober tahun ini, penjualan Byson menyentuh angka 43.691 unit dan Scorpio Z 23.689 unit. Diakui, segmen sport berkontribusi 10,5 persen dari total penjualan Yamaha di bulan Oktober tahun ini. Dibandingkan penjualan segmen sport pada periode yang sama tahun lalu (Januari-Oktober). Ada kenaikan 65.738 unit atau 24 persen. Pada Januari hingga Oktober 2010, motor sport Yamaha terjual 207.563 unit. Dengan Face-lift Scorpio Z, Yamaha optimistis mampu menggenjot penjualan segmen sport 8,1 persen dari total penjualan di bulan November ini, papar Beti. Scorpio Z teranyar memiliki striping motor dan kombinasi warna baru ditambah automatic headlight on (AHO). Di bulan Oktober tahun ini, total penjualan Yamaha mencapai 253.427 unit dan dari Januari hingga Oktober tercatat angka penjualannya 2.783.920 unit. (jpnn)

Produk AM Solusi Bangunan BerkualitasPadang, PadekBanyak produsen melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar akan produk bahan dan material bangunan. Salah satunya produk bangunan seperti perekat keramik, yang kini bisa ditemukan dalam aneka warna sesuai warna-warni keramiknya. Sales Manager Agent PT Adiwisesa Mandiri Building Product Indonesia, Michael Sutanto mengatakan inovasi produk bangunan tak lepas dari pertumbuhan properti yang berpengaruh pada tingginya permintaan akan bahan bangunan di tingkat ritel maupun proyek. Menurutnya, produk penunjang bahan bangunan yang dulu dipandang sebelah mata, seperti pengisi nat keramik misalnya, kini menjadi salah satu kebutuhan penting untuk mendapatkan kualitas Counter di Restaurant TungTung Jalan Diponegoro No 19 Padang, Sabtu (12/11). Salah satu inovasi produk pengisi nat keramik yang dikeluarkan AM adalah pengisi nat berwarna. Pengisi nat ini merupakan bahan yang dirancang khusus untuk ubin homogeneous, keramik, marmer, atau granit pada lantai dan dinding. Pilihan warna yang tersedia macam-macam dan bisa disesuaikan dengan warna ubin atau keramik. Warna juga tahan lama dan tidak pudar, tidak retak, serta mudah dibersihkan, dan tahan terhadap lumut atau jamur. Pengisi nat kami mengandung microban atau teknologi antimikroba yang dapat mengatasi masalah tumbuhnya jamur. Warna yang tersedia untuk memenuhi pilihan warna ubin dan keramik banyak, kata nya. (mg14)

BERKUALITAS: Sales Manager Agent PT Adiwisesa Mandiri Building Product Indonesia (AMPBI), Michael Sutanto perkenalkan produk AM.bangunan sempurna. Kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat yang masih menggunakan caracara konvensional seperti menggunakan semen pasir untuk beralih menggunakan

SY.RIDWAN/PADEK

perekat keramik dan pengisi nat keramik yang lebih mutakhir. Ini agar kualitas lantai dan dinding bangunan kuat, indah, dan tahan lama, kata Michael saat Malam Temu Akrab Aplikator dan Sales

4PadekBujangPelajar Kesurupan 15 Pelajar Kesurupan Guru-gurunya....................? Ajukan Gubernur Ajukan Dua Ranperda Ndak kadijalanan gai tu...! Kencang Terjang Angin Kencang Terjang Talang Abih ujan dek angin sahari.!

OPINISETIAP 25 November diperingati sebagai Hari Guru secara internasional, termasuk di Indonesia. Momentum peringatan ini sebaiknya juga digunakan untuk melakukan introspeksi. Artinya, ini merupakan momentum bagi guru, pahlawan tanpa tanda jasa untuk melakukan introspeksi diri; tentang peran guru dalam pembangunan. Satu bangsa merupakan komunitas besar. Baik komunitas wailayah, suku, maupun profesi. Komunitas yang berperan dalam mengubah nasib adalah profesi. Jika dilihat dari segi profesi, terdapat berbagai profesi, misalnya ada petani, nelayan, pedagang, dokter, ahli hukum, arsitek, dan guru. Di antara banyak profesi itu, Siapakah yang bisa mengubah nasib bangsa? Jawaban pertanyaan itu, Guru lah yang bisa mengubah nasib bangsa. Artinya, guru sangat berperan penting dalam mengubah nasib satu bangsa. Begitu penting dan menentukan sekali peran profesi guru dalam mengubah nasib bangsa merupakan sebuah ekspektasi yang wajar karena guru bertugas mendidik dan mengajar anakanak bangsa, mengubah perilaku, membentuk karakter. Sebuah tugas yang sangat fundamental. Kalau bangsa Indonesia ingin melakukan perbaikan keadaan bangsa Indonesia di masa datang, harapan itu tertumpang kepada guru, dunia pendidikan. Pertanyaan berikutnya tentu adalah apakah setiap personal guru (di Indonesia guru PNS berjumlah hampir 1,4 juta orang) akan mampu atau telah mampu mnengubah nasib bangsa? Atau, guru yang manakah yang akan mampu mengubah nasib bangsa?

SELASA

15 NOVEMBER 2011

Guru Pengubah Nasib BangsaIndra Jaya NaumanKepala Dinas Pendidikan Pariaman

TAJUK RENCANAMenunggu Paksaan BI BerikutnyaMESKIPUN sesuai dengan prediksi pasar bahwa Bank Indonesia akan menurunkan bunga acuan (BI rate), hasil rapat Dewan Gubernur BI yang memangkas suku bunga acuan hingga 50 basis point (bps) menjadi 6,00 persen tetap mengejutkan. Posisi suku bunga 6 persen merupakan rekor terendah BI rate sejak bank sentral menerapkan inflation targeting framework pada 5 Juli 2005. Saat pasar masih meraba-raba tujuan BI menggunting BI rate cukup besar, selain posisi inflasi yang rendah, BI kembali menggebrak. Akhir pekan lalu bank sentral mewajibkan program penurunan suku bunga kredit terpampang dalam rencana bisnis bank (RBB) tahunan yang mulai diajukan November ini. BI akan menolak RBB apabila penurunan suku bunga tidak diindahkan. Lantas, apakah desakan beruntun dari regulator itu bakal ditindaklanjuti dengan segera rontoknya bunga kredit perbankan? Nanti dulu. Berdasar pengalaman saat penurunan BI rate sebelumnya, jangan terlalu berharap bunga kredit lebih murah dengan cepat. Perbankan hanya cepat merespons perubahan BI rate dengan menurunkan bunga simpanan, tetapi lamban menggunting bunga kredit. Jika mencermati struktur perbankan nasional, ada dua hal yang bisa diduga menjadi sumbatan aksi-reaksi antara BI rate dan bunga kredit. Pertama, struktur industri perbankan yang oligopolistik. Belasan bank yang menguasai lebih dari 65 persen aset industri itu memang tidak pernah duduk bersama untuk mengatur harga. Tetapi, mereka saling tunggu satu sama lain untuk memulai penurunan bunga kredit. Untuk mendobrak struktur pasar yang oligopolis tersebut, pemerintah sebenarnya bisa menggunakan jalur bank BUMN. Caranya, pemerintah mencairkan sebagian dananya yang tersimpan di rekening BI, lalu menempatkannya di bank BUMN sebagai dana murah. Kemudian, pemerintah menugasi Dirut bank BUMN memangkas bunga kredit dengan jabatan sebagai taruhan. Bank BUMN kita punya pengaruh besar di pasar. Kalau mereka turunkan bunga kredit, yang lain pasti mengekor. Tetapi, untuk langkah itu, ada risiko setoran dividen bank BUMN berkurang. Namun, itu hanya bersifat sementara. Sebab, jika pendanaan ke sektor riil lancar, ekonomi pasti tumbuh. Imbasnya, pajak ke pemerintah akan meningkat. Penyebab kedua dari sulitnya bunga kredit turun meskipun BI rate sudah ditekan adalah perlunya gebrakan moneter yang lebih substansial. Salah satunya adalah kesediaan BI secara bertahap mengembalikan ekses likuiditas ke perbankan untuk dikelola sendiri. Setelah bank tidak memiliki banyak pilihan untuk memarkir dana berlebihnya, bank berpikir keras untuk mengelolanya. Pilihannya tidak banyak, yakni menyalurkan ke kredit dan pasar uang atau mengurangi dana simpanan. Jika menggenjot kredit atau menyalurkan dana ke PUAB, bank yang overlikuid itu akan menurunkan bunga pinjaman agar cepat terserap pasar. Namun, jika pilihannya mengurangi simpanan, bank bakal menurunkan bunga tabungan dan deposito. Akibatnya, struktur biaya bank menjadi lebih baik. Dua kemungkinan itu sama-sama menguntungkan. (*)

Jawaban pertanyaan itu, Guru lah yang bisa mengubah nasib bangsa. Artinya, guru sangat berperan penting dalam mengubah nasib satu bangsa.

Jawabannya dapat dilihat dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, yaitu guru yang profesional lah bisa mengubah nasib bangsa ini. Menurut undang-undang guru dan dosen terdapat beberapa persyaratan seorang guru profesional, baik kualifikasi, ataupun kompetensi. Seorang guru profesional harus berkualifikasi pendidikan minimal sarjana (S1). Sedangkan dari segi kompetensi, guru profesional harus memiliki empat kompetensi, yaitu: (1) kompetensi paedagogik, (2) kompetensi sosial, (3) kompetensi pribadi, dan (4) kompetensi profesi. Setiap kompetensi itu juga sudah jelas indikatornya. Jika dicermati lagi pernyataan bahwa guru yang profesional yang bisa mengubah nasib bangsa, maka dapat dimunculkan lagi beberapa pertanyaan,

yaitu: (1) Apakah semua guru sudah memenuhi persyaratan seperti yang dituntut undang-undang? Jawabannya, Belum. Lalu? (2) Apakah semua guru atau dunia pendidikan kita sudah mampu mengubah, memperbaiki nasib bangsa? Jawabannya, Belum. Malahan ada yang skeptis berpraduga bahwa guru, dunia pendidikan kita ikut memperburuk nasib bangsa? Pertanyaan berikutnya, adakah korelasi antara guru yang belum profesional dengan guru, dunia pendidikan yang belum mengubah nasib bangsa? Secara teoritis tentu pasti ada korelasi antara keduanya. Guru kita, dunia pendidikan kita belum mampu mengubah nasib bangsa menjadi lebih baik karena guru kita belum profesional. Pantas juga jika kondisi bangsa kita saat belum seperti yang dicita-citakan.

Berarti, jika kita ingin guru kita, dunia pendidikan kita bisa mengubah nasib bangsa, maka kita harus memprofesionalkan guru-guru. Lalu, tanggung jawab siapa? Jelas itu tanggung jawab pemerintah secara kelembagaan dan tanggung jawab guru yang bersangkutan secara pribadi. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk itu. Melalui penambahan anggaran pendidikan, pelatihan bagi guru, penataan kurikulum. Termasuk, pencanangan pendidikan karakter secara nasional. Namun, upaya pemerintah itu tidak akan pernah cukup. Guru secara personal perlu menambahi upaya pemerintah tersebut. Lalu, jika semua guru sudah profesional, apakah mereka, dunia pendidikan akan mampu memperbaiki nasib bangsa ini. Atau, jika guru belum profesional, mereka, dunia pendidikan tidak bisa memperbaiki nasib bangsa? Jawabannya juga belum tentu. Orang bijak menasehatkan bahwa ada satu faktor lagi yang sangat menentukan, yaitu keikhlasan dan idealisme dalam berbuat. Artinya, meskipun semua guru telah mencukupi persyaratan profesional, kalau mereka tidak memiliki keikhlasan dan idealisme dalam mengabdi, mereka juga tidak akan mampu memperbaiki nasib bangsa. Sebaliknya, meskipun belum sepenuhnya mencukupi persyaratan guru profesional, tetapi mempunyai semangat keikhlasan dan idealisme dalam mengabdi, pasti guru-guru bisa memperbaiki nasib bangsa ini. Jadi, guru yang bisa mengubah nasib bangsa adalah guru yang profesional, ikhlas dan idealis dalam mengabdi. Semoga! (*)

Mahasiswa dan Soekarno-HattaSEPERTI menarik sehelai benang tipis dari segulung kain kusut, begitulah perumpamaan mencari sosok pahlawan pada rezim yang berkuasa saat ini. Bukan memandang dari perspektif tradisionalisme yang mengenyampingkan proses, tapi memang begitulah kenyataan empirisnya. Ketika berbagai proses telah diamati, tetap saja ukuran kasarnya mencerminkan ketidaksesuaian proses dan tujuan. Terlepas dari kata demokrasi yang menomorsatukan rakyat, rakyat juga menyerahkan semua keinginan dan kemauan kepada lembaga yang berwenang dengan memilih perwakilan dari masing-masing daerah, ternyata setelah beberapa tahun menjabat, bakti positif terhadap daerah pun belum terlihat. Memang masyarakat hanya bisa menilai bagaimana kinerja pemerintahan, karena mereka tentu tidak bisa mengamati bagaimana proses sesungguhnya yang terjadi di dunia pemerintahan. Selain menilai, sasaran utama masyarakat adalah hasil. Apa yang telah disumbangkan dan sejauh apa usaha seorang wakil rakyat memperjuangkan daerahnya, itulah yang menjadi titik tolak pemberian ponten terhadap seorang elit pemerintahan, terutama yang berkaitan dengan kemajuan infrastruktur.

Rahmi Syalfitri RiskaMahasiswi Ilmu Sosial Politik UNPInfo media merebak membobol kebobrokan Indonesia saat ini, berbagai diskusi politik terkesan memojokkan lawan politiknya secara terbuka melalui sindiran-sindiran pedas, opini masyarakatpun tak kalah ramainya menyemangati dunia perpolitikan. Lantas, sebagai mahasiswa bagian mana yang harus kita ambil? Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan, apalagi menyudutkan pemerintah dengan opini-opini sinis, karena kita diajarkan untuk berbicara sesuai realita. Tidak seperti masyarakat awam yang pengetahuan mereka tidak seberapa, dan tidak pula seperti politikus yang dengan ilmunya bisa membolakbalikkan fakta. Sebagai mahasiswa, kita dituntut untuk selalu kritis dalam memahami gejala-gejala yang ada, baik itu dari segi ekonomi, sosial, budaya apalagi politik. Tidak pernah bergema istilah mahasiswa selalu sejalan dengan kebijakan yang ada, terutama yang menyangkut dengan ideologi negara. Mahasiswa dengan jiwa mudanya akan menyambungkan aspirasi-aspirasi masyarakat yang terputus karena kebijakan publik yang menindas wong cilik, bahkan lahirnya reformasi juga tak terlepas dari usaha serta kerja keras mahasiswa dahulunya. Berkaca pada sejarah, seperti yang dikatakan Bung Karno Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah, seharusnya kita memberikan relevansi yang positif terhadap makna mahasiswa di era global ini. Di saat kita mengalami kesulitan mencari sosok siapa yang pantas kita teladani dalm bersikap dan bertindak, cobalah untuk kembali membuka lembaran masa lalu bangsa kita. Ada Bung Karno dan Bung Hatta yang mempunyai gagasan yang sama: mencapai Indonesia merdeka, sekalipun dalam berbagai hal pertentangan kerap kali mewarnai pendapat-pendapat mereka. Pertalian Bung Karno dan Bung hatta seolah menjadi sebuah siklus, dari dwitunggul, menjadi dwitunggal, dan akhirnya dwitanggal. Walaupun pertentangan tak pernah surut dari kehidupan mereka berdua, tak jarang mereka saling mengingatkan. Keduanya selalu menegaskan pertentangan itu tak menyangkut soal pribadi, tanpa caci maki, tanpa pengerahan

massa apalagi anarkis. Hubungan pribadi tetap berjalan dengan baik. Bahkan ketika orang-orang bingung mengenai siapa penemu Pancasila sebenarnya, Bung Hatta mengemukakan penemu kata Pancasila adalah Bung Karno, bukan M.Yamin. Di saat akhir-akhir kehidupan Bung Karno, Bung Hatta masih menunjukkan solidernya dengan menjenguk Bung Karno di rumah sakit sebelum rekan seperjuangannya itu menghembuskan nafas terakhir. Begitulah kehidupan dua pahlawan Indonesia yang patut kita acungkan jempol, sekalipun kehidupan pahlawanpahlawan lainnya juga tak kalah menarik dibandingkan dengan dua tokoh ini. Kenegarawanan mereka memang patut diteladani, terlebih dalam menyikapi permasalahan politik yang semakin gencar dengan oposisi. Seharusnya, perbedaan-perbedaan pandangan yang dialami para pembesar-pembesar negara tidak dijadikan sebagai sumbu utama munculnya permusuhan, namun sebaliknya, perbedaanlah yang pada akhirnya akan memperkaya kita sebagai bangsa yang besar. Dan sebagai mahasiswa, mempelajari atau lebih tepatnya mengaplikasikan ajaran SoekarnoHatta dalam berpartisipasi merupakan salah satu bentuk ungkapan terima kasih yang tak terhingga kepada kedua bapak Bangsa ini. (*)

LAYANAN

Anda punya uneg-uneg untuk mengkritiksi Persoalan yang terjadi di Ranah Minang ini? Kirim aja sms... jika layak, kami akan sampaikan pesan anda...

Kapan DiaspalKADIS PU Payakumbuh, kapan jalan Ngalau diaspal, soalnya dari Bukittinggi jalan sudah mulus. Sampai di Ngalau banyak lubang-lubang. Sering macet dan malah saya susah lewat. 082170134999 KENAPA semenjak Dirut PLN jadi mentri, listrik di Solok mati setiap hari? 08128503631

Tolong Tindak SPBU NakalYth Bapak Kepala Pemasaran Pertamina Sumbar. Tolong tindak dan cabut izin SPBU yang menjual minyak solar kepada pembeli pakai jeriken. 085375409946Jawab Terima kasih atas sarannya. Penindakan sudah sering kami lakukan sehubungan masih adanya perilaku pengusaha SPBU yang menjual BBM pada pembeli pakai jeriken. Bahkan dengan adanya tindakan dari Pertamina sendiri, ada masyarakat yang menjerit tidak dapat membeli BBM di SPBU, sehubungan SPBU-nya kena sanksi. Kalau masalah mencabut izin, biasanya pelanggaran yang sudah sangat berat dan tidak bisa dimaafkan lagi. Lagi pula, sekiranya dilakukan pencabutan yang akan susah masyarakat juga. Masalah pembelian BBM dengan jeriken sudah ada ketentuannya, yaitu adanya surat rekomendasi dari pejabat yang berwenang, bukan wali nagari dan lurah. BBM untuk mesin penggiling padi dan mesin pembajak sawah ada rekomendasi dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan. Untuk nelayan ada rekomendasi dari Dinas Perikanan dan Kelautan. Ini sudah diatur Pergub Sumbar. Wassalam. M Jakfar, SAM Pertamina Sumbar

9168

Tarif Rp 1.000/sms

Listrik Sering MatiListrik Hidup Mati Terus

Mana Janji WakoWALI kota ketika Pilkada dulu (wako dan wawako) mungkin secara jujur perolehan suara untuk bapak cukup banyak dari Belimbing Kuranji sekitarnya. Bagaimana dengan janji dulu? 081283296637

Hasil Validasi Honorer Sering Ugal-ugalanIBU Kepala BKD Bukittinggi, bagaimana hasil verifikasi dan validasi guru honorer kategori 2. Mohon penjelasannya. 08136375094www.padangekspres.co.id

KEPALA PLN Padang, listrik yang dialiri trafo Jalan Srigunting Air Tawar, kok hidup mati saja, mohon layanan di lapangan 081363073939 KAPOLRES Solok Kota. Tolong tertibkan oto JS,TM, Dirgantara sering ugal-ugalan pengguna jalan susah dibuatnya. 085374150523DIVISI PRODUKSI

Padang EkspresTerbit Sejak 25 Januari 1999 Badan Penerbit: PT Padang Intermedia Pers Jawa Pos Media Group Chairman: H. Rida K Liamsi Presiden Komisaris: H. Makmur Kasim Wakil Presiden Komisaris: H. Wiztian Yoetri Komisaris: H. Darmawi Kahar Direktur Utama: H. Sutan Zaili Asril Wakil Direktur Utama: H. Marah Suryanto Direktur: H. Jayusdi Effendi Wakil Direktur: Rita Arianti, Montosori Pemimpin Umum/Penanggung Jawab: H. Marah Suryanto Wakil Pemimpin Umum Bidang Redaksi: Montosori Wakil Pemimpin Umum Bidang Usaha: Two Effly Pemimpin Redaksi: Montosori Pemimpin Perusahaan: Two Efly Wapemred Bidang Produksi: Nashrian Bahzein Wapemred Bidang Liputan: Heri Sugiarto Dewan Redaksi: H. Sutan Zaili Asril (Ketua), H. Marah Suryanto, H. Jayusdi Effendi, H. Wiztian Yoetri, Rahmat Wartira, Montosori, Nashrian Bahzein, Heri Sugiarto, Suryani, Hendri Parjiga, Rommi Delfiano. Ombudsman: Rahmat Wartira

Redaktur Pelaksana: Suryani; Ass. Redpel: Hendri Parjiga, Rommi Delfiano; Penjab Minggu: Rommi Delfiano; Koordinator Liputan: Gebril Daulai; Redaktur: Zetrizal, Fajril Mubarak, Sanny Ardhy, Arzil, S.Metron Masdison; Asisten Redaktur: Gusti Ayu Gayatri; Liputan Padang: Gusriyono, Ricco Mahmudi, Heldi Satria, Ardiansyah Lubis, Ganda Cipta, Syamsu Ridwan (Fotografer); Perwakilan Daerah: Bukittinggi-Agam: Nasrul Tanjung, Edison Janis; Payakumbuh-Limapuluh Kota: Jonres Marianto, Fajar Rillah Vesky; Pesisir Selatan: Yoni Syafrizal; Pasaman & Pasaman Barat: Ahmad Zubeir (Kepala), Eri Mardinal; Sawahlunto: Herry; Sijunjung: Alex Sander; Dharmasraya: Zulfia Anita; Kota Solok: Rijal Islamy; Solok Selatan: Nenengsih; Pariaman & Padangpariaman: Yurisman Malalak, Zikriniati ZN; Padangpanjang: Jayusman; Tanahdatar: Mustafa Akmal; Jakarta: Zulfasli ZB; Manajer IT/ Pracetak: Yonaldi. Manajer Keuangan: Ivo Fitriyana; Manajer HRD dan General Affair: Nurhelwarni; Manajer Iklan: Mukhtisar: Manajer Pemasaran: Sarbidin; Ass. Manajer Adm & Piutang Iklan: Fitra. Manajer Iklan Area Jakarta: M.Iqbal, Alamat: Gedung Graha Pena Lt 6 Ruang 601 Jl. Kebayoran Lama No 12 Jakarta Selatan Telepon (021) 53699560, Fax (021) 5333048, E-mail, [email protected] Website: padangekspres.co.id, Edisi Digital: epaper.padangekspres.co.id

mmk (BW), Rp32.400/mmk (SC), Rp40.500/mmk (FC); Display Halaman Belakang: Rp14.850/mmk (BW), Rp18.900/mmk (SC), Rp27.000/mmk (FC); Iklan Sosial: Rp6.000/ mmk; Iklan Jitu: Rp20.000/muat. Harga iklan ditambah pajak 10 persen. Harga Langganan: Rp75.000/bulan (Padang dan sekitarnya), luar kota tambah ongkos kirim. Kantor Perwakilan Iklan Jakarta: Liliek Ediyono, Gedung Graha Pena Lt. 6 Ruang 601 Jl. Raya Kebayoran Lama No. 12 Jakarta Selatan Telepon: (021) 53699560 Fax: (021) 5333048 Jakarta Selatan. PT Padang Graindo Mediatama; Direktur Utama: Suryanto, General Manager: Syukron Putra; Isi di luar tanggung jawab percetakan. Alamat: Jl. Adinegoro No. 17 A Lubukbuaya, Padang. Sumatera Barat. Telepon/fax, (0751) 481222

DIVISI USAHA

PERCETAKAN:

KANTOR IKLAN JAKARTA:

ALAMATRedaksi/Usaha: Jl. By Pass KM. 7 No. 2 Padang, Sumatra Barat, Telepon: (0751) 778882 - Fax: (0751) 778883; E-mail: [email protected]

Redaksi menerima tulisan karya asli, terjemahan atau saduran (dengan sumber asli bagi karya terjemahan dan saduran). Panjang tulisan 3 hingga 5 halaman, diketik spasi rangkap, sertakan identitas diri. Naskah yang dimuat akan diberi imbalan. Redaksi berhak menyunting selagi tidak mengubah maksud tulisan.Wartawan Harian Pagi Padang Ekspres dibekali identitas (kartu pers), dan tidak menerima pemberian berbentuk uang atau apa pun yang berhubungan dengan profesinya

LAYANAN IKLAN DAN PELANGGANTarif Iklan: Iklan Display Halaman Pertama: Rp20.250/mmk (BW), Rp27.500/mmk (SC), Rp 40.500/mmk (FC). Display Halaman Depan: Rp24.300/

SELASA

15 NOVEMBER 2011

INTERNASIONAL

5

Monti Gantikan BerlusconiKomedianKartunis Italia BerdukaRoma, PadekMario Monti resmi menggantikan Silvio Berlusconi sebagai perdana menteri (PM) Italia. Minggu waktu setempat (13/11) atau kemarin WIB (14/11). Setelah melewati perdebatan panjang, parlemen Italia akhirnya sepakat memberikan dukungan penuh kepada mantan komisioner Uni Eropa (UE) tersebut. Setelah terpilih sebagai kepala pemerintahan yang baru, teknokrat 68 tahun itu langsung menjalankan tugas pertamanya. Yakni, menyusun kabinet baru. Sebagai tokoh independen, Monti pun diprediksi tak akan terlalu banyak memasukkan politisi dalam kabinetnya. Jika prosesnya lancar, parlemen Italia akan menggelar pemungutan suara untuk menerima atau menolak kabinet Monti. Italia harus bisa kembali menjadi elemen kuat dan bahkan harus menjadi lebih kuat dalam forum Uni Eropa (UE). Apalagi, kita pula yang dulu menggagas komunitas ini. Kita harus menjadi protagonis," papar mantan rektor Bocconi University di Kota Milan tersebut. Monti menegaskan bahwa pemerintahannya akan fokus pada skenario penghematan yang pekan lalu resmi disahkan parlemen. Skenario penghematan itu menjadi satu-satunya jalan bagi pemerintahan baru Italia untuk lepas dari krisis. Kendati tak mudah diterapkan, Monti yakin, penyesuaian kebijakan ekonomi di berbagai bidang akan membuat Italia bertahan. Dengan demikian, negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-8 di dunia itu tak perlu repot mengajukan permohonan dana talangan terhadap UE atau IMF. Karena itu, setelah kandidat pilihannya mendapatkan dukungan penuh parlemen, Presiden Giorgio Napolitano mengimbau kepada majelis rendah dan majelis tinggi untuk membantu pembentukan kabinet baru. Salah satunya

REUTERS

JUMPA PERS: Presiden Italia, Giorgio Napolitano jumpa pers di Istana Quirinale, Roma, kemarin. Presiden memilih Mario Monti sebagai PM baru.adalah dengan memberikan dukungan penuh saat pemungutan suara nanti. "Semakin cepat disepakati parlemen, kabinet baru akan bisa bekerja dengan lebih baik," pesan pemimpin 86 tahun itu. Terpilihnya Monti memberikan sentimen positif pada pasar. Kemarin, bursa saham Italia dibuka dengan poin lebih tinggi dari hari sebelumnya. Dalam waktu singkat, poin tersebut meningkat sampai ke titik di atas 2,0 persen. Bersamaan dengan itu, nilai mata uang euro juga menguat terhadap USD. "Italia bukan Yunani. Dalam banyak hal, Italia lebih baik," kata Direktur Bundesbank Jens Weidmann. Weidman dan para petinggi UE memang berharap banyak pada Monti. Apalagi, senator seumur hidup Italia itu cukup mumpuni di bidang ekonomi. Jika Negeri Menara Pisa itu berhasil lepas dari jerat krisis keuangan, maka keresahan UE pun akan sirna. Pasalnya, organisasi terbesar Eropa itu pun tak punya cukup dana untuk menalangi keuangan Italia. Saya akan bekerja sama dengan parlemen untuk sesegera mungkin mengentaskan Italia dari situasi yang tidak menyenangkan ini. Tapi, saya membutuhkan dukungan dari semua pihak, papar Monti. Dia berharap, pemerintah dan rakyar Italia bisa tetap bersatu meski baru saja mengalami badai politik dalam negeri. Dia juga berusaha merangkul oposisi dan kubu Berlusconi dalam pemerintahan barunya. Mantan PM sekaligus mantan direktur Bank Italia, Carlo Azeglio Ciampi, sepakat dengan Monti. Menurut dia, Italia tak punya banyak waktu lagi untuk menerapkan skenario penghematan di segala sektor perekonomian. Hanya ada sedikit waktu. Sebaiknya, (pemerintah) tak menyia-nyiakan peluang baik yang tercipta lewat terpilihnya Monti, imbaunya Komedian Berduka Sementara itu, lengsernya Silvio Berlusnoni dari kursi PM membuat komedian dan kartunis Italia berduka. Bukan karena kehilangan sosok pemimpin yang mereka banggakan, tapi sebaliknya. Para pekerja seni itu sedih karena kehilangan tokoh yang selalu menjadi bahan olok-olokan dalam humor satir atau karikatur mereka. "Tak ada seorang pun yang seperti Berlusconi. Dia adalah subyek paling ideal," papar Emilio Giannelli, kartunis harian terlaris Corriere della Sera, kemarin (14/11). Selama sekitar dua dekade kepemimpinan tokoh 75 tahun tersebut, dia mengaku tak pernah sekalipun tak terinspirasi oleh tingkah polah Berlusconi. Apalagi, setelah skandal bungabunga terkuak dan menjadi konsumsi publik sekitar setahun terakhir. (AFP/hep)

REUTERS/OMAR IBRAHIM

AKSI PROTES: Anak-anak pengungsi Suriah menyanyikan slogan-slogan penghentian pembunuhan warga sipil di Khaled Wady, Lebanon Utara, kemarin.

Liga Arab Cabut Anggota SyriaDamaskus, PadekPil pahit harus ditelan pemerintah Syria akibat sikap represifnya menghadapi demonstran pro reformasi selama ini. Dalam sebuah voting yang seru, Liga Arab akhirnya mencabut keanggotaan Syria, kemarin (14/ 11). Sebanyak 22 anggota blok negara-negara Arab bertemu di Beirut untuk merespon kekerasan yang terus memakan korban di Syria. PBB mencatat 3500 tewas sejak pecahnya demonstrasi anti pemerintah sembilan bulan lalu. Delapan belas dari 22 anggota Liga Arab, yang kini dipimpi Qatar, sepakat mencabut untuk sementara keanggotaan Syria. Namun Syria, Lebanon, dan Yaman menolak. Sedangkan Iraq abstain. Tidak hanya itu, Liga Arab meminta seluruh anggota untuk menarik duta besarnya dari Damaskus. Selain menjatuhkan sanksi berat, Liga Arab juga meminta bantuan kepada PBB untuk mendesak pemerintah Syria menghentikan penggunaan kekerasan dalam menghadapi demonstran. Seperti dilansir AP, Liga Arab juga akan mengundang pemimpin oposisi Syria dalam pertemuan lanjutan yang akan berlangsung di Rabat, Rabu (16/11). Dalam pertemuan tersebut akan disusun sebuah visi bersama tentang transisi kekuasaan. Keputusan tegas tersebut menunjukkan bahwa negaranegara Arab telah menyusun rencana pasca lengsernya pemerintah Presiden Bashir al Assad. Syria yang selama ini mengklaim sebagai benteng nasionalisme Arab, harus menanggung malu akibat keputusan tersebut. Setelah mendengar hasil pemungutan suara, Sabtu (12/11) ribuan massa pro pemerintah menyerang kedutaan besar Arab Saudi dan Qatar. Konsulat Turki dan Prancis juga diserang. Arab Saudi menuduh pemerintah Syria gagal mengambil langkahlangkah terburuk untuk menghentikan penyerangan terhadap kantor kedutaan mereka. "Pemerintah Saudi mengecam keras insiden perusakan tersebut dan meminta pemerintah Syria bertanggung jawab untuk memberikan keamanan dan perlindungan kepada semua keperintah Saudi di Syria," tulis pernyataan resmi kementerian luar negeri Arab Saudi. Otoritas Syria berkilah kejadian itu merupakan reaksi spontan rakyatnya yang kecewa dengan keputusan tersebut. Pemerintah menuduh keputusan Liga Arab melanggar piagam yang disepakati bersama negara anggotanya dan keputusan itu hanya untuk memenuhi agenda negara-negara Barat dan Amerika Serikat. (cak/mik)

Suu Kyi Tandai Kemajuan ReformasiMyanmar, PadekPemimpin prodemokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi menandai kemajuan reformasi politik di negaranya. Kemajuan itu merupakan langkah pemerintah Myanmar saat ini. Melihat ke belakang tahun yang berlalu, saya kira saya bisa mengatakan bahwa ada peristiwa yang penting, yang memberi energi dan pada tingkat tertentu memberi semangat, katanya di Rangoon. Dalam konferensi pers yang dihadiri sekitar 100 wartawan tersebut, Suu Kyi menyebutkan pertemuannya dengan Menteri Tenaga Kerja dan Presiden Thein Sein sebagai contoh-contoh dari kemajuan yang dia maksud. Namun, dia menambahkan masih banyak lagi yang harus dilakukan. Antara lain, sebagaimana warta AP dan AFP, Senin (16/11) pemberian amnesti lebih lanjut kepada para tahanan politik. Isu yang memiliki kepentingan besar bagi kita semua yang bekerja untuk demokrasi di Myanmar adalah tahanan politik. Beberapa sudah dibebaskan sepanjang tahun lalu, namun masih banyak tetap berada di penjara, imbuhnya. Myanmar menggelar pemilihan umum pada 7 November 2010. Pemenangnya adalah

Brazil Bersihkan Geng NarkobaTINGGALKAN YANGON: Tokoh pro-demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi meninggalkan Yangon usai konferensi pers, kemarin.partai yang berhubungan erat dengan militer. Sejak saat itu, pemerintah Myanmar mulai menempuh beberapa kebijakan menuju upaya reformasi. Laporan-laporan menyebutkan Komisi Hak Asasi Myanmar yang dibentuk pemerintah sudah meminta agar lebih banyak lagi tahanan yang segera dibebaskan. Diperkirakan sejumlah tahanan dibebaskan menjelang pertemuan puncak ASEAN yang akan berlangsung di Bali, Kamis 17 November. Pemerintah Myanmar sudah mengeluarkan pernyataan bahwa sebanyak 6.359 tahanan akan dibebaskan berdasarkan amnesti. Namun, tidak jelas berapa banyak tahanan politik yang akan dibebaskan. Sementara, laporan-laporan memperkirakan terdapat sekitar 1.000 tahanan politik di Myanmar. Liga Nasional Demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi mengatakan pada pertengahan Oktober sekitar 200 tahananREUTERS/SOE ZEYA TUN

politik ikut dibebaskan. Salah seorang di antaranya adalah Zarganar, seorang pelawak yang dihukum penjara karena mengritik upaya pemerintah dalam menangani korban Topan Nargis. Juga ikut dibebaskan adalah Say Say Htan, yang merupakan pemimpin tentara Shan. Dia ditahan karena menolak untuk ikut serta dalam penyusunan konstitusi baru Myanmar. (jpnn)

Rio de Janeiro, Padek Polisi Brazil mengklaim telah membersihkan kampung miskin terbesar di ibukota, Rocinha, dari geng narkoba. Langkah tersebut penting dilakukan untuk menjamin keamanan kawasan itu jelang Brazil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 dan lokasi pertandingan sepakbola pada Olimpiade 2016. Ratusan pasukan khusus kepolisian dan tentara didukung kendaraan militer bergerak menuju kampung kumuh tersebut menjelang fajar, dinihari Minggu (13/11). Di udara, sejumlah helikopter juga melakukan pemantauan operasi tersebut. Menurut komandan polisi militer yang memimpin operasi menyatakan, tidak ada insiden dan tembakan dalam

operasi tersebut. Dengan senang hati, saya beritahukan bahwa Rocinha dan Vidigal (dua perkampungan miskin sarang geng narkoba) sudah berhasil kami kontrol, ujar Alberto Pinheiro Neto. Dia menambahkan, dua perkampungan tersebut sudah dikuasai sejak pukul 06:00 waktu setempat. Sementara jalanan yang ditutup beberapa jam selama operasi dilakukan, telah dibuka. Kantor Berita AFP melansir sebagian penduduk menyaksikan operasi pembersihan tersebut dari jendela, ketika tentara memasuki jalanan kawasan Rocinha. Beberapa penduduk setempat mengaku menudukung langkah tersebut dan berharap perkampungan mereka bisa bersih dari para

pelaku tindak kriminal. Meski demikian, beberapa wanita terlihat menangis ketika tentara bergerak memasuki waliayah berpenduduk 70 ribu jiwa itu. Mereka mengatakan, tidak semua orang setuju dengan operasi tersebut. Sejak 2008, militer dan polisi Brazil telah membersihkan 20 perkampungan miskin dan menangkapi para bandar narkoba dari wilayah tersebut. Operasi besar-besaran tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman selama pelaksanaan Piala Dunia 2014 dan tuan rumah sepakbola Olimpiade 2016 di Brazil. Rio de Janeiro adalah salah satu kota paling rawan kejahatan di dunia. Ibu kota Brazil tersebut tercatat sebagai wilayah dengan angka pembunuhan tertinggi. (cak/mik)

6Kasus Korupsi Pengangkutan KRL HibahJakarta, PadekKasus dugaan korupsi pengangkutan 60 unit Kereta Rel Listrik (KRL) hibah dari Jepang memasuki babak baru. Kemarin (14/11), eks Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Soemino Eko Saputro dituntut hukuman lima tahun penjara oleh jaksa KPK di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Dalam persidangan kemarin, jaksa Agus Salim dengan lantang menyebut Soemino terlibat aktif dalam pengurusan pengangkutan KRL hibah di era Menhub Hatta Rajasa. Dari keterangan saksi dan bukti dalam persidangan, jaksa meyakini jika Soemino secara sah menurut hukum untuk dijatuhi sanksi. Dituntut dengan hukuman penjara selama 5 tahun, ujar JPU Agus. Tidak hanya itu, hukuman Soemino bisa lebih lama enam bulan kalau tidak membayar denda Rp150 juta. Agus mengatakan, tuntutan itu wajar karena tindak pidana korupsi telah dilakukan dengan sadar. Soemino juga dianggap sanggup untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum. Apalagi, yang memberatkan Soemino, menurut jaksa

NASIONAL

SELASA

15 NOVEMBER 2011

Mantan Anak Buah Hatta Rajasa Dituntut 5 Tahunberikan arahan agar melakukan penunjukkan langsung terhadap perusahaan rekanan. Alasan jaksa, dikarenakan Soemino bukan termasuk PPK. Hal itu menguntungkan diri sendiri, jelasnya. Tidak hanya dibayangi hukuman penjara, Soemino dan rekannya yang terkait kasus itu harus mengembalikan kerugian negara. Ada empat nama yang disinggung oleh jaksa, mulai Maya Panduwinata sebesar Rp1,98 miliar, Awing Asnawi Rp1,392 miliar, Veronica Harijanti Rp108,8 juta, Sumitomo Corporation sebesar Rp1,89 miliar, dan KOG Jepang Rp15 miliar. Semuanya sudah harus kembali paling lambat satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap, tegasnya dipersidangan. Sedangkan yang meringankan mantan anak buah Hatta Rajasa itu adalah, dia belum pernah dihukum, berlaku sopan, serta masih mempunyai tanggungan keluarga. Atas tuntutan tersebut, Soemino yang sejak awal persidangan mencoba untuk tetap tenang angkat bicara. Dia mengatakan bakal mengajukan dua keberatan yang rencananya bakal dibacakan Senin (21/11). Yang akan kami ajukan adalah pembelaan secara pribadi dan pembelaan dari kuasa hukum juga, terangnya sebelum sidang dibubarkan. (dim/agm/ jpnn)

RAKA DENNY/JPNN

KORUPSI KRL: Mantan Dirjen Perkeretaapian Soemino Eko Saputro (tengah) saat akan menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (14/11). Soemino dituntut 5 tahun penjara dan denda Rp15 juta.adalah perbuatan itu tidak mendukung upaya pemerintah dalam memerangi korupsi. Selain itu, sebagai seorang atasan dia telah dinilai tidak memberi contoh kepada para bawahannya. Soemino dianggap terbukti melanggar pasal 3 jo pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Jaksa Agus juga menyebutkan, Soemino telah terbukti melakukan intervensi kewenangan pejabat pembuat komitmen (PPK) dalam proyek tersebut. Yakni, melakukan penunjukan langsung kepada Sumitomo Corporation sebagai rekanan pengangkutan 60 KRL eks Jepang. Ini jelas melanggar pasal 5, 16 da 17 Keppres No 80 Tahun 2003 tentang Metode Pengadaan Barang dan Jasa, urainya. Padahal, menurut JPU, Soemino selaku dirjen tidak memiliki kewenangan untuk melakukan intervensi. Terlebih, bertindak jauh untuk mem-

14 Pejabat Bisa Kena GratifikasiLBH: Tanya Bank, ke mana Aliran DanaRIKI [email protected], PadekLBH Padang mendesak penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumbar mendalami kasus penggelapan dan penipuan calon jamaah umrah (CJU) yang diduga dilakukan Direktur PT Al Haram Islamic Wisata, Herman bersama istrinya Noviyanti. Apalagi kasus ini turut menyeret 14 pejabat Pemprov Sumbar yang juga bakal dimintai keterangan oleh penyidik. Koordinator Divisi Pembaruan Hukum dan Peradilan LBH Padang, Roni Saputra menyebutkan, apabila 14 pejabat itu tidak melapor ke KPK dugaan gratifikasi berupa pemberian fasilitas berangkat umrah gratis, maka bisa dikategorikan tindak pidana korupsi. Jika umrah gratis itu diberikan untuk alasan terima kasih, itu namanya gratifikasi dan 14 pejabat itu harus melapor ke KPK. Waktu laporan 30 hari setelah tersangka (Herman, red) memberangkatkan 14 pejabat itu pergi umrah. kata Roni kepada Padang Ekspres di Fakultas Hukum Unand, kemarin (14/11). Jika waktu laporan lebih dari 30 hari atau 14 pejabat itu tidak melapor ke KPK sama sekali, maka 14 pejabat itu bisa dikategorikan melakukan tindak pidana korupsi. Penyidik, kata Roni, diharapkan secepatnya mengusut ke mana aliran dana sebesar Rp4,5 miliar telah diserahkan ratusan CJU. Penyidik harusnya proaktif menanyakan ke pihak bank, terkait lima rekening kosong milik kedua tersangka dan aliran dananya. Sebab, penyidik punya wewenang untuk itu. Penyidik juga diharapkan berkoordinasi sesegera mungkin dengan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), ujarnya. Terpisah, Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Kawedar menyebutkan, hingga kini penyidik masih mendalami kasus tersebut. Penyidik juga mendalami pengakuan kedua tersangka tentang 14 pejabat Pemprov Sumbar yang telah diberangkatkan umrah secara gratis. Untuk membuktikannya, penyidik masih mencari bukti dan saksi. Namun ketika ditanya siapa nama-nama 14 pejabat itu, Kawedar belum mau mengungkapkannya atau baru mengekspose ketika selesai dikroscek. Kita belum bisa memberitahukan 14 nama pejabat itu, tapi nanti setelah penyidik mengkroscek dan ternyata benar, maka akan kami beritahu, kata Kawedar. Kawedar menegaskan, siapa pun yang terlibat menikmati uang Rp4,5 miliar milik CJU, maka akan dijadikan tersangka. Kami tidak akan tebang pilih untuk menindaklanjuti setiap kasus, termasuk kasus Al Haram ini. Jika pejabat itu terbukti bersalah nantinya, maka akan kami proses, tegasnya. (*)

Nazar Tetap Ngotot Gugat KPKM Jasin Simpan Nama Tersangka Baru dari DPRJakarta, PadekMantan bendahara umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin terus ngeyel. Meski hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan kemarin (14/11) menolak gugatan praperadilan yang dialamatkan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), politikus yang gemar barang-barang mahal itu kembali menggugat. Mengadili mengabulkan eksepsi termohon (KPK, red.) bahwa pengadilan Negeri Jakarta Selatan tidak berwenang mengadili perkara pemohon (Nazaruddin, red.), kata hakim tunggal Dimyati dalam sidang kemarin. Dalam pertimbangannya, hakim menilai bahwa kewenangan mengadili perkara tersebut ada di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Sebab, locus delicti alias tempat kejadian perkara tidak berada di wilayah Jakarta Selatan karena Kedutaan Besar Kolombia berada di Jakarta Pusat. PN Jaksel tidak berwenang mengadili perkara pemohon karena kantor Kedutaan Besar Kolombia berada di Jakarta Pusat, kata hakim. Seperti diketahui, perampasan barang-barang milik Nazaruddin dilakukan di KBRI di Kolombia. Karena itu, hakim berpendapat bahwa locus delicti seharusnya ditentukan berdasar letak kantor Kedutaan Besar Kolombia di Indonesia, yakni di Jakarta Pusat. Menanggapi putusan tersebut, advokat Boy Alfrian Bondjol sebagai pengacara Nazaruddin kecewa berat. Menurut dia, justru gugatan itu diajukan ke PN Jaksel karena proses penyidikan terhadap Nazaruddin dilakukan KPK di Jakarta Selatan. Saya cuma ketawa saja. Semua orang tahu kalau locus delicti ada di kantor KPK di Jaksel. Pasal 118 (HIR) kan menyebutkan kalau gugatan dilakukan di mana tergugat berdomisili, katanya. Meskipun begitu, kata Boy, bukan berarti pihaknya menyerah. Dia akan kembali mengajukan gugatan kedua. Kali ini yang disasar bukan lagi pada proses penyidikan. Tapi, pada bagian penuntutan KPK. Sebab, kasus Nazaruddin sudah dinyatakan P21. Sudah kami daftarkan gugatannya, katanya. Di bagian lain, pengacara KPK Rasamala Aritonang menuding gugatan praperadilan yang diajukan Nazaruddin kabur. Semua keberatan yang disampaikan lelaki kelahiran Simalungun, Sumatera Utara itu hanya berdasar asumsi, bukan fakta. Justru KPK mengajukan eksepsi kompetensi relatif, dan meminta peradilan dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, katanya. Dia menegaskan bahwa proses penyitaan dilakukan di KBRI di Kolombia. Karena dilakukan di Kolombia, maka bila terjadi permasalahan hukum harus digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, katanya. Sementara itu, pihak KPK masih memilih bungkam untuk mengungkapkan tersangka baru dalam kasus suap Wisma Atlet SEA Games 2011. Sejauh ini jajaran komisioner KPK hanya dapat memastikan bakal ada tersangka baru yang sebelumnya telah menyeret Nazaruddin. Kita lihat saja. Sabar ya, kata Wakil Ketua KPK M Jasin di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, kemarin (14/11). Jasin menjanjikan jika sosok tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka, KPK bakal buka-bukaan. Tidak akan ditutupi siapa anggota DPR yang dijadikan tersangka oleh institusi pimpinan Busyro Muqoddas itu. Disindir apakah terus ditutupinya tersangka baru itu karena sebenarnya KPK tidak memiliki tersangka baru, Jasin mengelak. Dia memastikan bahwa pihaknya memang sudah memiliki nama baru. Dijamin tidak meleset karena ketua KPK Busyro Muqaddas sendiri sudah banyak berbicara kepada media terkait calon tersangka tersebut. Bahkan, dia menyebut ada konsekuensi kalau sudah dikatakan seperti itu tetapi pada kenyataannya tidak ada tersangka. Konsekuensinya saat ini ya untuk segera diumumkan itu saja, imbuh alumni Universitas Brawijaya, itu. Jasin juga menjamin masih dirahasiakannya nama baru itu tidak akan merugikan Partai Demokrat atau pun PDIP yang kadernya pernah diperiksa KPK. Sebab, statement yang dikeluarkan KPK selama ini tidak merujuk pada satu parpol. Kapan? Jasin hanya tersenyum. Dia meminta wartawan sabar dan menunggu nama itu disampaikan oleh Jubir KPK Johan Budi. Jasin mengatakan disimpannya nama calon tersangka itu untuk menghindari polemik meski di satu sisi KPK juga ingin kasus Nazaruddin cepat selesai. (jpnn)

MENDERITA DIABETES, MESKI MENDERITA DIABETES , TERLIHAT NAMUN AFRIZAL TERLIHAT SEGARAnjuran orang tua dahulu agar mengkonsumsi asupan yang alami telah sekian lama kita abaikan, akibatnya kita kian rentan dan rapuh menghadapi pelbagai penyakit. Namun, seiring dengan memburuknya kualitas lingkungan hidup dan semakin mahalnya biaya perobatan, membuat pesan orang tua untuk back to nature diperhatikan lagi. Meski usia Afrizal terbilang belum berumur, yakni 42 tahun, namun ternyata ia memiliki masalah dengan gula darahnya. Terhitung 2 tahun lamanya ia menderita diabetes. Diabetes adalah peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif atau resistensi reseptor insulin. Diabetes melitus sangat erat kaitannya dengan mekanisme pengaturan gula normal. Meskipun mengidap diabetes, namun saat ditemui di kediamannya di Jln. M. Yamin, Sawahlunto, Sumatera Barat, ayah 2 orang anak ini terlihat segar dan ceria, apa rahasianya? Sejak 4 bulan yang lalu saya rutin minum Gentong Mas, ungkapnya membuka rahasia. Sebelum mengkonsumsi Gentong Mas, pria yang bekerja sebagai wiraswasta ini sering mengeluhkan tubuhnya lemas, banyak makan tetapi tidak bertenaga, dan mudah mengantuk. Namun setelah mengkonsumsi Gentong Mas, ia dapat kembali bekerja dengan optimal karena gula darahnya berangsur-angsur normal. Sekarang saya merasa sehat, kerja pun jadi lancar. Terang Afrizal dengan senyum mengembang. Polifagi (banyak makan) merupakan salah satu dari gejala awal diabetes, sedangkan tubuh terasa lemas merupakan gejala lanjutan dari penyakit ini. Di akhir percakapannya, Afrizal berujar, Mudah-mudahan pengalaman saya dengan Gentong Mas ini dapat bermanfaat bagi orang lain. Harapnya. Gentong Mas adalah minuman kesehatan herbal alami dengan bahan utama Gula Aren dan Nigella Sativa (Habbatussauda) yang terbukti manfaatnya bagi penderita dari berbagai penyakit, termasuk diabetes. Habbatussauda dalam Gentong Mas dipercaya dapat meningkatkan fungsi insulin dan mengurangi resistensi reseptor insulin, sedangkan Gula Aren berperan dalam optimalisasi kerja reseptor insulin. Gentong Mas juga mengandung Chromium yang efektif memperlancar metabolisme gula darah dan mengatur kepekaan sel terhadap insulin sehingga meringankan kerja pankreas. Selain itu, indeks glisemik Gula Aren dalam Gentong Mas yang sangat aman bagi kesehatan yaitu hanya 35 (aman jika indeks glisemik dibawah 50), mampu menjaga dan merawat pankreas agar tetap berfungsi dengan baik. Meski demikian, untuk mendapatkan hasil maksimal, disarankan untuk mengatur pola makan, olahraga, pengaturan berat badan seideal mungkin, diet rendah lemak, kontrol stress, dan menghindari rokok serta alkohol. Dengan aturan penggunaan yang tepat, manfaat bagi kesehatan dan kelezatan rasanya membuat semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi Gentong Mas. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi www.gentongmas.com. Bagi Anda yang membutuhkan Gentong Mas bisa didapatkan di apotek/ toko obat terdekat atau hubungi: Padang: 081283307337/07519879924, 082173008999 Bukittinggi/Agam :081266649000 , Pasaman Timur : 085263468003, Payakumbuh: 085274663871. Sawahlunto: 081374119996. Solok: 085274751679. Painan: 081266944088. Pariaman: 087820250088. Pasaman Barat: 082170517000. Padangpanjang/Bt.Sangkar : 085363446614 Limapuluh Kota : 085216048020, Solok Selatan : 082174562792 Depkes:P-IRT: 812320501114.

SELASA

15 NOVEMBER 2011

SAMBUNGANpengembangan, 2009 dan 2011. Sedangkan tahun 2005, kita baru peroleh pemantapan dan 2007 baru pembinaan, kata Wali Kota Payakumbuh Josrizal Zain kepada Padang Ekspres, tadi malam. Menkes saat penyerahan penghargaan mengatakan, gelar kota dan kabupaten sehat bukanlah jaminan warganya sudah sehat. Tetapi, sebuah apresiasi terhadap pola penerapan hidup bersih dan sehat. (frv)

7All New Avanza terdapat delapan pilihan warna yakni Black Metallic, Silver Mica Metallic, Gray Metallic, Champagne Metallic, Dark Steel Mica, Light Blue Metallic, Maroon Mica, dan White. Sedangkan The New Avanza Veloz hadir dalam empat varian warna yakni Silver Mica Metallic, Dark Steel Mica, White, dan Black Metallic. Untuk harga, dibanderol mulai Rp 148 juta sampai Rp 184,2 juta, tergantung tipe variannya, kata Temmy. Temmy berharap kehadiran dua varian Avanza terbaru ini dapat kembali meraih hati para penggemarnya dan menuai sukses dari para pendahulunya. Berdasarkan data Auto 2000 Padang, dalam sepuluh bulan terakhir, dengan total penjualan Toyota di Sumbar mencapai 4.000 unit, Avanza membukukan penjualan 2.500 unit (kontribusi 62,5 persen). Spesifikasi teknis mesin Avanza VTT-i memberikan costumer economic value yang ditunjukkan oleh pemakaian bahan bakar yang hemat dan andal bahkan bagus harga jual kembalinya. Serta ada program afterservis seperti gratis jasa perawatan tentunya membuat masyarakat memilih Avanza sebagai mobil pilihannya, tukas Temmy. (ril)

Payakumbuh Raih Gelar KeduaSambungan dari hal. 19 daerah pengembangan. Dari 67 daerah penerima penghargaan, empat berasal dari Sumbar, yakni Padang meraih pemantapan, Kota Solok pembinaan, Padangpanjang dan Payakumbuh pengembangan. Tingkat pengembangan adalah tingkat tertinggi dalam penghargaan Kota Sehat. Payakumbuh sudah dua kali meraih penghargaan tingkat

Ditawarkan Mulai Rp 148 JutaSambungan dari hal. 1insan media dan konsumen loyal di Hotel Pangeran Beach, kemarin (15/11). Generasi terbaru Toyota Avanza All New Avanza dan The All New Avanza Veloz itu memiliki desain terbaru yang tangguh, advanced, nimble, dan tetap fungsional. All New Avanza ini hadir dalam lima varian yakni 1.3 E M/ T dan A/T, 1.3 G M/T dan A/T, serta 1.5 G MT. Sementara The All New Veloz hadir dalam satu varian yakni 1.5 veloz. All New Avanza ini hadir bagi mereka yang mengutamakan fungsi dan value for money tanpa mengenyampingkan tampilan yang dinamis dan modern, serta performa dan kualitas yang baik, kata Kepala Cabang Auto 2000 Padang, Temmy Hanafiah, kepada wartawan, di Hotel Pangeran Beach, kemarin. Sementara, kata Temmy, The All New Avanza Veloz dihadirkan bagi mereka yang ingin tampil beda, dan menikmati berkendara. Sehingga, menginginkan desain yang lebih sportif yang didukung fitur-fitur yang menjamin kenyamanan dan kemudahan berkendara. Untuk eksterior, lanjut Temmy, kedua mobil tersebut memiliki desain yang lebih kokoh dan dinamis diikuti peningkatan coefficient drag yang menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Disertai tampilan baru desain radiator grill yang elegan, new sporty alloy wheel 14 untuk varian 1.3 E dan G, serta 15 untuk varian 1.5 G dan veloz, fog lamp garnish baru serta desain outer mirror yang lebih modern. Sedangkan desain interior, kata Temmy, memiliki nuansa luxurios dan advance antara lain melalui paduan dua warna interior baru pada dashboard, langit-langit, dan lantai kabin kendaraan yang diperkuat dengan warna baru pada combination meter. Kemudian desain baru tiga spoke steering wheel, dengan EPS dan tilt steering, serta steering switch yang terdapat pada Veloz, tuturnya. Tidak hanya itu, tambah Temmy, penampilan terbaru kedua New Avanza diikuti penambahan jumlah multi storage, kabin yang lebih lapang, baik untuk penumpang maupun barang bawaan di bagasi. Untuk kenyamanan berkendara, All New Avanza dan All New Avanza Veloz dilengkapi dengan EPS, serta suspensi rear macpherson struts multi link dengan spring upper insulator, yang mengurangi guncangan dan memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik dan stabil, tuturnya.

Kota Solok, Kota Sehat 2011Sambungan dari hal. 1Karena itu, Pemko Solok selalu menyediakan anggaran cukup besar dalam APBD setiap tahun di sektor kesehatan ini, ujar Wako ketika dihubungi Padang Ekspres kemarin. Pemko Solok telah meluncurkan program dokter keluarga, di mana setiap kepala keluarga digratiskan berobat kesehatan tingkat dasar di seluruh puskesmas. Masyarakat Kota Solok bisa konsultasi dan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh dokter keluarga tersebut. Sementara untuk upaya pencegahan penyakit, Dinas Kesehatan Kota Solok secara rutin dan berkala melaksanakan bimbingan, pengawasan dan penyuluhan kesehatan kepada warga. Salah satunya membentuk kelompok kader kesehatan mulai dari tingkat rukun tetangga (RT) hingga kecamatan. Di samping melakukan pendeteksian dini terhadap berbagai macam penyakit menular di masyarakat, Pemko Solok bersama DPRD juga menganggarkan dana cukup besar dalam APBD untuk Asuransi Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) bagi seluruh warga. Warga yang terdata dalam asuransi ini merupakan yang tidak terdata dalam program jaminan kesehatan lain seperti Askes, Jamkesmas, Jamsostek, ASABRI. Sehingga, seluruh warga Kota Solok mendapatkan jaminan kesehatan tanpa terkecuali, lanjutnya. Anggaran pelayanan kesehatan dalam APBD sebesar Rp 4 miliar Rinciannya, Rp 2 miliar untuk asuransi kesehatan seluruh warga kota, Rp 2 miliar lagi sebagai dana cadangan untuk pengobatan warga yang menderita penyakit berbiaya besar dan pengobatan ke luar daerah. Kita harapkan program ini akan menjamin kesehatan setiap warga kota dan pengobatannya di semua tingkat. Selama ini, pengobatan gratis kita baru di tingkat puskesmas. Jika program ini diberlakukan, setiap warga kota gratis berobat di mana saja, ujar Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can. Yutris mengharapkan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solok bekerja maksimal dan berkoordinasi dengan Dinas Catatan Sipil dan dinas terkait lainnya agar seluruh warga terdata dalam asuransi ini. Program ini berangkat dari kenyataan masih ada warga yang tidak bisa berobat karena tak ada biaya. Hal itu tidak terjadi sekali atau dua kali di sini. Karena itu, kita harapkan warga berpartisipasi aktif mengawasi program ini. Kita tidak ingin mendengar lagi ada pasien yang tidak mau berobat karena tidak ada biaya, ucapnya. (rzy)

Nikmati Pesta, saat Tengah Malam Ditutupi Kain HitamSambungan dari hal. 1Kamu dari pers? tanya pria bernama Danes itu. Hilton malam itu juga dijaga ketat sekuriti lokal. Sekitar pukul 23.30, lokasi tempat Hilton ditutupi oleh beberapa pengawal tadi dengan menggunakan kain berwarna hitam. Itu pertanda bahwa Hilton tak bisa diganggu. Meski demikian, pesta tetap berlanjut diiringi dentuman musik DJ yang kian kencang saja terdengar. Saya dan keluarga saya sudah mengenal Hilton tiga tahun lalu, kata Rob Peetoom kepada JPNN saat ditemui keesokan harinya (11/11). Dia juga mengatakan sudah sering bertemu dan melakukan makan bersama Hilton. Kedatangan Hilton ke Bali, lanjut Peetoom, memang spesial untuk menghadiri launching hair spa dan salon miliknya. Peetoom menambahkan, Hilton datang tanpa dibayar karena dia sekaligus juga berlibur di Bali. Antara keluarga Peetoom dan Hilton memang dekat dan bahkan sering ketemu di Belanda. Diceritakan, Kamis (10/11) sebelum menghadiri pesta, Hilton sempat melakukan perawatan diri di spa milik Peetoom. Berbagai perawatan dia lakukan bersama Cheyenne Tozzi, teman dekat Hilton. Mulai full body treatment, perawatan dan cat kuku, make up, hingga perawatan rambut. Hilton sekitar sejam menikmati perawatan diri kemarin (10/11), ujar Lina, manajer Rob Peetoom Hair Spa Salon Bali. Beberapa karyawan di tempat spa itu menyatakan senang bisa melayani Hilton. Sri Wahyuni, staf therapist Rob Peetoom Hair Spa Salon Bali, misalnya. Dia mengaku tak menyangka bisa bertemu dengan Paris Hilton. Seumur-umur baru kali ini saya bertemu dengan Ratu Pesta Sedunia itu, ujar perempuan asal Yogyakarta itu. Sri-lah yang melayani Hilton untuk full body treatment. Ternyata Paris Hilton senang pijatan yang keras, ucap Sri yang baru tiga tahun bekerja sebagai tenaga therapist. Ready, yang memberikan perawatan kuku, mengungkapkan bahwa dirinya merasa bangga bisa memberikan pelayanan kepada Hilton. Ini pengalaman yang tak bisa dilupakan, ungkap perempuan asal Bangli itu. Ready mengatakan, untuk cat kuku, Hilton memilih warna natural pink. Di bagian lain, selesai mengikuti pesta Kamis malam itu Hilton tak bisa diganggu lagi. (***)

Suir Syam Raih Kota SehatSambungan dari hal. 1Menu unggulan pendukung itu antara lain, seperti Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kota Padangpanjang (JPKMPP) yang sudah memiliki perda. Selain itu, wajib belajar 12 Tahun, pertanian organik, kawasan tertib rokok, dan tanpa asap rokok, pariwisata, serta transportasi, ujar Suir Syam kepada Padang Ekspres kemarin. Untuk mencapai peringkat tertinggi kota sehat, tidak terlepas dari peran aktif dan kesadaran masyarakat terhadap kota sehat itu sendiri. Tak hanya sehat masyarakat secara fisik dan rohani, namun juga sehat secara menyeluruh. Untuk mencapai itu, interaksi sosial yang sehat harus terjalin, ekonomi masyarakat sehat, pendidikan sehat, dan lain sebagainya. Keluarga selaku lingkungan masyarakat terkecil harus dapat memahami bahwa kesehatan tidak saja terbebas dari penyakit. Namun, juga dilihat dari hubungan bermasyarakat dan kesejahteraan keluarga itu sendiri, pungkasnya. Sekretaris Forum Kota Sehat Padangpanjang, Novriza Yulida menyebutkan, daerah lain juga turut diundang Kementerian Kesehatan menerima penghargaan Swasti Saba, yakni Padang, Solok dan Payakumbuh. Lawan terberat Padangpanjang meraih peringkat tertinggi kota sehat ting-

Peraih Kota Sehat 2011