kontrak perkuliahan manajemen pemasaran 2013

5
KONTRAK PERKULIAHAN Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran SKS : 2 (2-0) SKS Semester : IV (LIMA) Hari pertemuan/ Jam : Selasa/11.00 – 12.30 WITA Tempat Pertemuan : Ruang JA II.3. Kampus Bukit Jimbaran DESKRIPSI MATA KULIAH : Pokok bahasan meliputi dasar manajerial dan strategi yang melandasi teori dan praktek pemasaran, konsep dan kiat menganalisa pasar dan target pemasaran untuk melihat peluang, serta prinsip pengukuran dan prakiraan pasar, melakukan segmentasi pasar dan pasar sasaran. STANDAR KOMPETENSI : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa semester IV Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP), Fakultas Teknologi Pertanian UNUD mampu memahami prinsip-prinsip pemasaran yang meliputi: teori dan konsep dasar pemasaran, perilaku konsumen, segmentasi pasar, jalur pemasaran, teknik penentuan harga produk, dan berbagai macam tekknik promosi, serta dapat melalukan analisa pasar. STRATEGI/ METODE PERKULIAHAN : Kuliah (tatap muka), diskusi, studi kasus, tugas dengan pembentukan kelompok dengan 2 – 3 anggota, presentasi. BAHAN BACAAN :

Upload: ida-bagus-yogas

Post on 06-Nov-2015

31 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

aaaa

TRANSCRIPT

2

KONTRAK PERKULIAHAN

Mata Kuliah

: Manajemen PemasaranSKS

: 2 (2-0) SKS

Semester

: IV (LIMA)

Hari pertemuan/ Jam : Selasa/11.00 12.30 WITA

Tempat Pertemuan : Ruang JA II.3. Kampus Bukit Jimbaran

DESKRIPSI MATA KULIAH :

Pokok bahasan meliputi dasar manajerial dan strategi yang melandasi teori dan praktek pemasaran, konsep dan kiat menganalisa pasar dan target pemasaran untuk melihat peluang, serta prinsip pengukuran dan prakiraan pasar, melakukan segmentasi pasar dan pasar sasaran.

STANDAR KOMPETENSI :

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa semester IV Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP), Fakultas Teknologi Pertanian UNUD mampu memahami prinsip-prinsip pemasaran yang meliputi: teori dan konsep dasar pemasaran, perilaku konsumen, segmentasi pasar, jalur pemasaran, teknik penentuan harga produk, dan berbagai macam tekknik promosi, serta dapat melalukan analisa pasar.STRATEGI/ METODE PERKULIAHAN : Kuliah (tatap muka), diskusi, studi kasus, tugas dengan pembentukan kelompok dengan 2 3 anggota, presentasi.BAHAN BACAAN :1. Dharmmesta, B.S. dan T. H. Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.

2. Kottler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Ikrar Mandiri Abadi. Jakarta.

3. Kottler, P, dan Susanto. 1999. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, perencanaan, implementasi & pengendalian. Pearson Education Asia Pte. Ltd.

4. Peter, J. Paul dan James H. Donelly Jr. 1995. Marketing Management: Knowledge and skills. Irwin. Chicago

5. Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

TUGAS :Membuat paper mengenai aplikasi aspek-aspek pemasaran pada produk industri pengolahan hasil pertanian yang dilakukan secara berkelompok. dan dipresentasikan pada saat tengah atau akhir periode kuliah (sesuai materi).PERATURAN DAN SANKSI :1. Mahasiswa harus sudah hadir dikelas pada saat perkulihan tepat waktu yaitu jam 11.00 WITA dan dapat ditoleransi selama 15 menit, kalau lebih dari waktu ditentukan tidak boleh masuk kelas dianggap Absen/TIDAK HADIR.

2. Dosen hadir di dalam kelas pada jam 11.00 WITA dan dapat ditoleransi selama 15 menit, kalau lebih dari waktu ditentukan dianggap tidak kuliah atau perkuliahan batal (mencari hari/ waktu lain sebagai hari pengganti yang telah batal)3. Tugas dikumpulkan pada minggu selanjutnya/ pertemuan selanjutnya (tepat waktu) atau sesuai kesepakatan pada saat pemberian tugas.4. Pada saat ujian mahasiswa tidak boleh mencontek, jika melanggar akan diberikan nilai 0

5. Handphone mahasiswa harus dimatikan supaya tidak mengganggu jalannya perkuliahan

6. Pada saat kuliah harus berpakaian rapi dan memakai sepatu yang tertutup jika tidak akan dikeluarkan dari kelas dan dianggap absen.

KRITERIA PENILAIAN :KONTRIBUSI PENILAIAN : a) UTS

: 40 %

b) UAS

: 40 %

c) Tugas

: 20 %

Tabel Kriteria PenilaianNilai HurufNilai AngkaKeterangan

A80-100tepat waktu dalam pengumpulan tugas, aktif dalam diskusi, kehadiran 100 % dan nilai UTS, UAS baik (diatas 79)

B65- 79tepat waktu dalam pengumpulan tugas, aktif dalam diskusi, kehadiran 85 92 % dan nilai UTS, UAS baik (diatas 60 - 84)

C50 - 64 tidak tepat waktu pengumpulan tugas, aktif dalam diskusi, kehadiran 85 %, UTS, UAS (45 69)

D< 50 tidak tepat waktu pengumpulan tugas, tidak aktif dalam diskusi, kehadiran < 85 %, UTS, UAS (