jurnal belajar pbm 3 - 21 mei 2015

3
JURNAL KEGIATAN HARIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR I (PBM I) Nama Mahasiswa : EDI SULISTIYONO NIM : 14-0341-8086-10 Hari/ tanggal : Senin/ 21 Mei 2015 Program Studi : Magister Pendidikan Biologi Dosen Pembina : Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd Materi : KBK dan KKNI Perguruan Tinggi A. Eksplorasi konsep Definisi kurikulum di perguruan tinggi menurut Kepmendiknas No : 232/U/2000, adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaiannya dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi. Menurut Dirjen Dikti dalam buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Perguruan tinggi (2008:5), dijelaskan bahwa kurikulum adalah sebuah program yang disusun dan dilaksanakan untuk suatu tujuan pendidikan. Sebagai sebuah dokumen kurikulum tersusun dalam bentuk rincian mata kuliah, silabus, rancangan pembelajaran dan sistem evaluasi keberhasilan. Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kompetensi terdiri dari 5 tipe karakteristik, yaitu motif (kemauan konsisten sekaligus menjadi sebab dari tindakan), faktor bawaan (karakter dan respon yang konsisten), konsep diri (gambaran

Upload: ed

Post on 12-Dec-2015

7 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

Pendidikan

TRANSCRIPT

Page 1: Jurnal Belajar PBM 3 - 21 Mei 2015

JURNAL KEGIATAN HARIAN

PROSES BELAJAR MENGAJAR I (PBM I)

Nama Mahasiswa : EDI SULISTIYONO NIM: 14-0341-8086-10Hari/ tanggal : Senin/ 21 Mei 2015Program Studi : Magister Pendidikan BiologiDosen Pembina : Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd Materi : KBK dan KKNI Perguruan Tinggi

A. Eksplorasi konsep Definisi kurikulum di perguruan tinggi menurut Kepmendiknas No :

232/U/2000, adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaiannya dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi.

Menurut Dirjen Dikti dalam buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Perguruan tinggi (2008:5), dijelaskan bahwa kurikulum adalah sebuah program yang disusun dan dilaksanakan untuk suatu tujuan pendidikan. Sebagai sebuah dokumen kurikulum tersusun dalam bentuk rincian mata kuliah, silabus, rancangan pembelajaran dan sistem evaluasi keberhasilan.

Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Kompetensi terdiri dari 5 tipe karakteristik, yaitu motif (kemauan konsisten sekaligus menjadi sebab dari tindakan), faktor bawaan (karakter dan respon yang konsisten), konsep diri (gambaran diri), pengetahuan (informasi dalam bidang tertentu) dan keterampilan (kemampuan untuk melaksanakan tugas).

Kompetensi lulusan ini minimal harus mengandung 4 unsur deskripsi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yakni:(1) deskripsi umum, sebagai ciri lulusan pendidikan di Indonesia; (2) rumusan kemampuan di bidang kerja; (3) rumusan lingkup keilmuan yang harus dikuasai; dan (4) rumusan hak dan kewenangan manajerialnya.

B. Konsep yang belum dipahami(1) Implikasi dari 4 unsur dari KKNI

C. Indentifikasi permasalahan/ pertanyaan(1) Bagaimanakah kendala di lapangan terkait implikasi KKNI pada

perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia?

Page 2: Jurnal Belajar PBM 3 - 21 Mei 2015

D. Pemecahan masalah(1) Kendala-kendala yang ada diantaranya :

Jumlah perguruan tinggi yang banyak tersebar di Indonesia, sehingga sosialisasi, monitoring, evaluasi, dan pendampingan menjadi hal yang menjadi tantangan bagi pemerintah

Tempat yang sulit dijangkau dengan sarana transportasi Pendanaan yang besar Tenaga yang begitu besar

E. Rencana tindak lanjut (RTL)(1) Memberikan sumbang saran yang bersifat membangun, agar pelaksanaan

KKNI di PT dapat berjalan dengan baik, melalui surat atau media yang lainnya.

Surabaya, 21 Mei 2015

Pembelajar,

Edi Sulistiyono