jambi independent edisi 24 juni 2009

24

Click here to load reader

Upload: jambi-independent

Post on 12-Mar-2016

340 views

Category:

Documents


70 download

DESCRIPTION

ePaper Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

TRANSCRIPT

Page 1: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009
Page 2: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

rabu, 24 juni 2009 Jambi Independent

Gaya Hidup Ikut Picu Kejahatan

Itu tetap dilakukan meski dia nampak tidak berkeringat sama sekali.

Sementara Boediono selalu mendapat dukungan dari anggota tim sukses SBY Boediono. Siapa lagi kalau bukan Choel Mala-rangeng, salah seorang perumus pencitraan dari SBY Boediono. Choel selalu menyelipkan krepe-kan (contekan). Maksudnya itu sebagai panduan. Namun dalam setiap sesi, Boediono kerap tidak menggunakan contekan itu.

Boediono sendiri adalah cawa-pres yang paling berkeringat. Dalam beberapa sesi, jawaban-nya memang kerap “diserang” oleh Wiranto. Pantaslah, di sesi jeda, Boediono adalah cawapres yang paling kerap di-make-up ulang.

Bagaimana dengan Wiranto? Cawapres yang satu itu didukung oleh Johan Silalahi, salah satu pendukung tim sukses kampanye pasangan JK Wiranto. Uniknya, Wiranto adalah yang paling kerap minum. Suguhan kopi, teh, dan air putih paling sering dia minum.

Seperti halnya pertandingan olahraga, tiga calon wakil pres-iden kemarin “bertarung” sal-ing mengadu visi dan misi. Tiga cawapres, yakni Prabowo, Boediono, dan Wiranto, memiliki karakter berbeda.

Dalam acara yang berlangsung di hall Senayan City, Jakarta, itu cawapres Prabowo tampil konsisten dengan pernyataan visi dan misinya sejak awal. Cawa-pres Boediono meski terkadang normatif, bisa menampilkan jawaban yang bervariasi. Semen-tara Wiranto adalah yang paling konsisten menanggapi jawaban dari Boediono.

Di sesi tanya-jawab keempat, misalnya. Rektor UIN Syarif Hi-dayatullah Komaruddin Hidayat

selaku moderator mengajukan pertanyaan terkait posisi agama dan negara. Boediono yang mendapat kesempatan pertama menyatakan, agama harus ditem-patkan di posisi sakral. “Tidak bisa dijadikan satu secara politis. Pemerintah harus menyediakan aturan yang menjamin setiap pihak tidak mengganggu kebe-basan agama orang lain,” kata Boediono.

Wiranto langsung menanggapi pernyataaan Boediono. “Jawa-ban Pak Boediono itu bagus, tapi terlalu normatif,” kata Wiranto. Menurut dia, agama memang harus disakralkan. Namun sub-stansi agama bisa dimasukkan secara politis. “Maksudnya politik demi kesejahteraan, sub-stansi agama bisa dimasukkan,” katanya. Sementara jawaban Prabowo sendiri seragam dengan Boediono.

Komaruddin lantas memberi kesempatan kepada Boediono memberi tanggapan. Kesempa-tan itu tak disia-siakan. Boediono menyatakan, dia mengakui bah-wa nilai-nilai agama memang harus diamalkan. Namun pemer-intah tetap memiliki ruang untuk mengatur hubungan sesama pihak melalui agama. “Nilai agama memang harus diamalkan, namun biasanya tetap ada perbe-daan antara kata dan perbuatan,” ujarnya disambut applaus.

Terkait konsistensi Prabowo, hal itu muncul di setiap jawaban yang disampaikan. Prabowo selalu menggambarkan ada kesalahan sistemik di pemerin-tahan. Itu yang pertama harus diubah. Setelah pemerintahan ditata ulang, baru bidang lain bisa muncul perubahan. “Harus ada perbaikan di pemerintahan. Sistem harus dikoreksi. Baru-lah yang lain berjalan,” kata Prabowo.(jpnn)

Agustus tahun lalu, Danny Granger, bintang Indiana Pacers, menjadi bintang di event resmi pertama liga tersebut di Indonesia. Waktu itu Granger tampil NBA Basketball Clinic di DBL Arena, melatih pemain-pemain SMA DetEksi Basketball League (DBL).

Meski bukan yang pertama, Lee bakal tinggal di Surabaya lebih lama dari Granger. Total pemain 25 tahun itu akan menginap lima malam. Setiap hari, pemain bertinggi badan 206 cm itu bukan sekadar menyapa dan menunjukkan skill-nya di lapangan NBA Madness. Dia juga menjalani sejumlah acara meet and greet yang diselenggarakan para sponsor.

Tidak ketinggalan, dia juga dijadwalkan menjalani program sosial NBA Cares di salah satu panti asuhan di Surabaya. “Sudah tidak sabar rasanya menunggu kedatangan David Lee. Saya yakin, warga Surabaya dan pen-gunjung NBA Madness dari seluruh Indonesia akan menyambutnya dengan penuh antusias. Semoga semua pihak saling memberi kesan yang mendalam, seperti ketika kehadiran Danny Granger tahun lalu,” kata Azrul Ananda, wakil direktur Jawa Pos dan pimpinan DBL Indonesia, penyelenggara event itu.

Beberapa penggemar di Surabaya juga sudah tak sabar menunggu raja double-double NBA (terbanyak meraup lebih dari sepuluh poin dan rebound dalam satu pertandingan) tersebut. Mereka ingin melihat langsung dan menimba ilmu dari pemain bernomor jersey 42 itu. “Saya pernah melihat aksi slam dunk-nya di internet. Di Madness ini, saya ingin melihat aksinya langsung,” kata Willy Christ Richard, mahasiswa UPN Veteran Surabaya sekaligus finalis Jawa Pos Slam Dunk Contest di NBA Madness.

Bila Lee merupakan pemain NBA kedua di Surabaya, Miami Heat Dancers merupakan dance team NBA pertama yang tampil di event resmi liga paling bergengsi tersebut di Indonesia.

Bahwa yang datang adalah Miami Heat Dancers juga termasuk kehormatan. Mereka dianggap sebagai yang terbaik di NBA saat ini. Sudah empat tahun berturut-turut mereka meraih gelar favorit.

Hari ini, enam personel Miami Heat Dancers datang, yaitu Sarah, Maddy, Shea, Jenny, Jackie, dan Kristina.

Bukan sekadar menunjukkan kemampuan dance tingkat dunia, keenam personel itu juga akan menjadi juri Flexi Dance Competition, plus ikut kegiatan-kegiatan lain bersama David Lee.

Karena itu, yang paling tak sabar bertemu mereka adalah lima tim finalis Flexi Dance Competition, yaitu Takupaz Dance Crew, Gitma H20, Young Generation, dan Elf Be Dancer. Apalagi mereka punya motivasi ekstra selain menjadi juara. Dua dancer akan dipilih untuk berkolaborasi bersama Miami Heat Dancers. “Kami akan mengeluarkan semua kemampuan kami. Menunjukkan kalau dancer Indonesia tidak kalah dari luar negeri,” kata Johanes Germanus, personel Young Generation.

Penyelenggara mengingatkan, selama di Surabaya, Lee dan Miami Heat Dancers memang akan tampil setiap hari. Tapi tidak pada setiap jam. Sama seperti Grizz, maskot Memphis Grizzlies, pada opening weekend NBA Madness, akan ada jadwal khusus. “Penampilan pertama Kamis besok (25/6, red) pukul 14.00 WIB. Setelah itu, ikuti jadwal yang telah disiapkan penyelenggara,” kata Azrul Ananda.

Selama empat hari, menurut penyelenggara, NBA Madness berlangsung siang sampai malam. Pukul 13.00 sampai 20.00 WIB untuk Kamis sampai Sabtu (25-27 Juni), dan 11.00 sampai 18.00 WIB pada hari penutup (28/6). Selain aksi di lapangan (center court), pengunjung bisa menikmati permainan di booth-booth para partner, seperti Flexi, Honda, dan Mie Sedaap.

Dan di kawasan eksibisi itu, tambah Azrul, juga akan terpajang bintang tamu tambahan NBA Madness Presented by Jawa Pos, yaitu Larry O’Brien Trophy, trofi juara NBA berlapis emas. Itu adalah kunjungan perdana trofi tersebut di Indonesia. “Pengunjung bisa foto-foto dengan trofi yang baru dimenangkan Los Angeles Lakers itu. Tapi maaf, tidak boleh menyentuhnya,” pungkas Azrul.(jpnn)

Penjahat membawa kabur uang dan perhiasan senilai Rp 100 juta. Padahal, baru beberapa hari lalu, persisnya Jumat (19/6), warga Rimbobujang, masih di Kabupaten Tebo, dihebohkan penembakan Candra, seorang pegawai notaris, oleh sekelom-pok penjahat.

Sementara di Tanjab Barat, perampokan terjadi pada Sabtu (20/6) di SPBU Muntialo, Desa Serdangjaya, Betara. Siang itu, Robby Susanto, seorang sales-man, yang baru turun dari mo-bilnya, ditembak dan dirampok di tempat terbuka itu. Uang Rp 60 juta melayang sekejap.

Perampokan itu terjadi hanya enam hari dari perampokan se-belumnya. Pada 14 Juni 2009, sekawanan perampok bersen-jata api membobol Kantor Pos Desa Pelabuhan Dagang di Tungkalulu. Muslim, pegawai kantor itu, dan keluarganya ditodong. Penjahat membawa kabur Rp 150 juta setelah mem-bongkar brangkas. (Untuk kasus kriminalitas menonjol sebulan terakhir lihat info grafis).

Celakanya, para pelaku per-ampokan dan penembakan di sejumlah tempat itu belum tertangkap polisi. Itulah yang mengundang was-was warga.

Di Mestong, pascaperampokan dan pembunuhan Manajer Ke-bun PT Asiatic Persada Andry Anwar, warga dicemaskan oleh aksi penodongan dan peram-

pasan sepeda motor di jalur Tempino-Sungaibahar via Desa Nyogan.

“Sebulan ini bae mungkin ado limo motor dirampas,” ujar Ahmad, warga Desa Nyogan, kepada Jambi Independent. Pelakunya, kata dia, bersenjata api.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku biasanya berpura-pura bertanya tentang jalan atau minta api rokok. Begitu berhenti, kor-ban langsung ditodong. “Kalau dak duit, motor yang dirampas,” kata Ahmad.

Dulu, kata Ahmad, polisi sering berpatroli di jalur itu. Tapi beberapa bulan terakhir mulai jarang. Padahal, kata dia, jalur tersebuat merupakan jalur penting dan utama bagi warga Sungaibahar yang rata-rata petani sawit untuk mencapai Kota Jambi.

Polisi mengakui peningka-tan frekuensi aksi kejahatan di Provinsi Jambi. “Tetapi itu bukan karena polisi tidak melakukan tindakan pencega-han,” ujar Kabid Humas Polda Jambi AKBP Syamsudin Lubis kepada Jambi Independent, dua hari lalu.

Meningkatnya angka krimi-nalitas, menurut Syamsudin, membuat polisi harus meng-gandakan siaga patroli siang dan malam hari, khususnya di tempat-tempat rawan kejahatan. Hanya saja, kata dia, kejahatan

justru sering terjadi di tempat yang tak masuk target patroli.

Menurut Syamsudin, jumlah personel polisi untuk men-gamankan Jambi saat ini cukup. Namun para penjahat juga bisa mencari kesempatan baik un-tuk berbuat, misalnya beraksi di tempat dan waktu di mana polisi tak ada.

Itu bisa dilihat dari perampo-kan mobil Amirzah, bendahara Kantor Balai Diklat Provinsi Jambi, pada 15 Juni 2009. Uang Rp 150 juta dibawa kabur setelah pelaku menghancurkan kaca jendela mobil yang diparkir Amirzah di SPBU Beringin, Kota Jambi, itu.

Walau tempat tersebut ter-buka, perampok nekat beraksi karena orang-orang di SPBU sedang sibuk yang saat itu tak terpantau polisi. Pembunuhan Manager Kebun PT Asiatic Persada Andry Anwar (45) bersama istri dan anaknya, Em-ripos (42) dan Zahra (5), pada Minggu (31/5) juga dilakukan di tempat yang menguntungkan para penjahat.

Andry dirampok di dekat jembatan di jalan raya Unit 2, Sungaibahar, Muarojambi, yang sepi saat magrib. Andry dibunuh, sedangkan istri dan anaknya se-lamat. Mobil Mitsubishi Strada dan kartu ATM berisi total Rp 17 juta dibawa kabur.(rul)

Sementara itu, siskamling kini juga tidak merata di desa dan kelurahan. “Kalaupun ada, paling hanya di kompleks perumahan tertentu,” ujarnya. Selain itu, sta-tus Jambi yang selama ini aman menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaku kejahatan dari luar daerah.

“Jadi polisi terlena karena

merasa aman sehingga membuka kesempatan. Karena kesem-patan ada, kejahatan terjadi,” bebernya.

Apakah ada kaitannya dengan kondisi politik saat ini? Sahuri tak begitu yakin. “Sebenarnya Jambi relatif aman. Hanya saja, akhir-akhir ini polisi terlena dengan keamanan tadi,” katanya.(rul)

“Pak Zul masih sangat berkompeten, tapi karena ada perselisihan, makanya Pak Zul ingin mundur,” ujar Yoga kepada Jambi Independent, Senin (26/6).

Sayang, Yoga tak merinci perselisihan yang dimaksud. Seserius apakah konflik itu sampai ZN meminta mundur? Yoga juga enggan menjawab. “Itu saya tidak tahu. Ya, biasalah, dinamika internal,” elaknya.

ZN menyatakan niat untuk mundur dari PAN sekitar dua pekan lalu. Alasan utamanya adalah karena masa jabatan-nya selaku ketua DPW berakhir sekitar pertengahan 2010, sebelum Pilgub. Alasan lain, dia ingin bersikap netral menentukan cagub PAN.

Banyak yang menerjemahkan, ZN mundur karena enggan memakai kekuasaannya untuk mendukung Hazrin Nurdin, adik kandungnya, yang juga berniat menjadi cagub pada Pilgub 2010.

Untuk diketahui, Hazrin bukan kader PAN. Dia menjabat wakil ketua DPD Golkar Provinsi Jambi.

Di sisi lain, cukup banyak orang dekat ZN dan kader PAN yang disebut-sebut bakal diajukan PAN, antara lain Bupati Tanjab Barat Abdullah Hich, Bupati Sarolangun Hasan Basri Agus (HBA), serta istri ZN sendiri, Ratu Munaw-waroh, yang baru terpilih menjadi anggota DPR RI.

Yoga berharap ZN mendiskusikannya di internal PAN Jambi terlebih dulu masalah yang mengemuka sebelum mengajukan pengunduran diri. Yoga sendiri pernah berupaya menghubungi ZN, tapi belum berhasil.

Dia menilai, keinginan ZN untuk

mundur masih sebatas rencana. Karena itu, dia berkehendak hal itu tidak ter-wujud. “Ya, kita harap jangan mundur,” imbuhnya.

Ada dua alasan PAN masih ingin mempertahankan ZN. Di antarannya, ZN ia nilai sebagai kader partai terbaik dan masih sangat berkompeten. Sepen-getahuannya, sejauh ini ZN belum bertemu Amien Rais maupun Ketua DPP PAN Sutrisno Bachir.

Sejumlah pengurus DPW PAN mem-bantah bahwa konflik internal menye-babkan ZN mundur. “Tidak ada gejolak. Sebaliknya, hampir setiap minggu kita selalu rapat dan bertemu. Jika memang ada persoalan, kita selesaikan secara bersama-sama,” kata Plh Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Muchtar Muis.

Menurut wakil bupati Muarojambi itu, ZN ingin mundur dari PAN benar-benar karena ingin netral pada pilgub mendatang. “Itu sangat bagus,” katanya kemarin (23/6).

Menurut Muchtar, ZN ingin tidak memihak ke mana-mana pada Pilgub karena dia merupakan tokoh dan bapak Jambi. “Kita sama-sama mengetahui bahwa ZN sangat dekat dan milik masyarakat,” sebutnya.

Wakil Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Robert Faisal juga menyebut tidak ada gejolak di internal partainya. “Yang jelas ZN mundur karena ingin netral pada pilgub mendatang. Kita di internal masih enjoy-enjoy saja,” katanya.

Berbeda dari Muchtar, Robert men-gaku sangat menyayangkan rencana mundurnya ZN. Itu karena PAN akan kehilangan figur. “Terus terang kita ingin ZN bisa kembali memimpin

PAN untuk lima tahun ke depan,” tambahnya.

Bagaimana dengan Pilgub? “Kita akan lihat hasil survei dan setelah Pilpres kita juga akan membuka pendaftaran, dan semuanya bebas baik dari internal maupun di luar,” katanya.

Beberapa pengurus DPD PAN juga membantah adanya perpecahan di internal partai. Namun sebagian besar mereka mengaku masih membutuhkan ZN untuk memimpin PAN Jambi.

“Semuanya baik-baik saja. Tidak ada kisruh dalam PAN,” kata Dedy Putra, ketua DPD PAN Bungo.

Soal niat mundur ZN, Deddy juga sangat menyayangkan. Menurut dia, ZN masih sangat dibutuhkan PAN.

“Mungkin Bang Zul tidak enak bila ti-dak mundur karena banyak kader PAN yang tertarik menjadi cagub,” tambah Sekretaris DDP PAN Tanjab Barat Agus S Edwar yang dihubungi terpisah.

Pengamat politik dari IAIN STS Jambi, As’ad Isma, menilai secara kasat mata internal PAN tidak bermasalah. Menurut dia, langkah ZN untuk mundur juga bisa dibenarkan. Hanya saja ZN sepertinya masih bimbang.

“Bisa jadi ZN ingin menguji untuk mengetahui apakah PAN solid atau tidak,” katanya. Dia meyakini, bila ZN benar-benar mundur, gejolak bisa muncul karena PAN tak memiliki figur sekaliber ZN lagi.

Namun gejolak itu merupakan hal biasa dalam peralihan kepemimpinan politik dan tidak akan berlangsung lama. “Itu juga bagus bagi PAN karena tidak tergantung pada figur,” ujarnya.(roz/dra/can/dwy)

Pemilik Pondok Pesantren Miftahul Jannah di Desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, itu me-nambahkan, mengundang dirinya tidak perlu melalui agen atau manajemen, seperti halnya mengundang kalangan selebriti atau orang-orang kondang pada umumnya. Dia mengaku tidak mengenal cara protokoler seperti itu. “Cukup telepon saya saja. Atau datang langsung ke pondok. Utarakan maksud kedatangannya dan tentukan jadwalnya. Saya pasti menyanggupi,” katanya ketika ditemui di kediaman-nya kemarin.

Dia mengatakan, tujuannya hadir ke beberapa perguruan tinggi bukan semata untuk uang. Dia justru ingin membagi ilmu kepada generasi muda. “Kalau pakai bayar, tentu saya akan terapkan tarif mahal,” ucapnya lantas terkekeh.

Bagi Syekh Puji, diundang untuk menjadi pembicara sangat membang-gakan. “Lha wong saya hanya lulusan SLTA. Saya ingin adik-adik mahasiswa semakin bersemangat mengejar mimpi-mimpinya,” ujarnya.

Ketika tampil di Kampus Unisbank Semarang awal Juni lalu, Syekh Puji membeberkan kiat-kiat suksesnya. “Saudara-saudara mahasiswa harus bisa dan sukses dalam bidang bisnis melebihi saya. Syaratnya harus opti-mistis, ambisius, dan bisa membaca peluang pasar. Juga jangan putus asa. Jika gagal, coba lagi-coba lagi hingga berhasil. Yang penting harus sabar dan tekun,” beber peraih gelar “Tokoh Sosial 2006” dari Pemkab Semarang itu.

Kepada para mahasiswa yang meny-emut di auditorium Fakultas Ekonomi Unisbank saat itu, Syekh Puji berpesan, jika terjun ke dunia bisnis, jangan takut gagal. Kegagalan pertama dan kedua merupakan hal biasa. “Anggaplah kegagalan itu sebagai kesuksesan yang tertunda,” katanya santai, disambut tepuk tangan mahasiswa.

Dalam setiap ceramahnya, Syekh Puji sama sekali tidak menyentil masalah pernikahan sirinya dengan Lutviana Ulfa, gadis yang masih berumur 12 tahun itu. Begitu juga para penanya yang hadir dalam seminarnya. Tak ada yang berani menanyakan kasus Syekh

Puji tersebut. Yang juga menarik, dalam setiap

penampilannya di kampus, Syekh Puji laris untuk diajak berfoto bareng mahasiswa. Beberapa mahasiswi se-cara berkelompok rela antre demi bisa berfoto bareng suami Ummi Hanni dan Lutviana Ulfa itu. “Pak Syekh, Pak Syekh, boleh foto bersama?” pinta seorang mahasiswi yang memburunya. “Oh bisa, bisa. Ayo, bareng-bareng sebelum saya pulang,” jawab Syekh Puji sembari mengajak para mahasiswa lain berfoto bersama.

Ditanya tentang antusiasme para mahasiswi yang mengidolakan dirinya, Syekh Puji hanya tersenyum. Namun tidak tertutup kemungkinan, katanya, hasrat kelelakiannya muncul juga. Dia cukup tertarik dengan satu-dua mahasiswi yang merubungnya ketika itu. “Saya laki-laki sejati. Ya, ada juga perasaan senang dengan perempuan. Namun, untuk sekarang, khususnya kawin lagi, ya jangan dulu. Nanti ber-masalah lagi,” tambahnya.(*)

APA yang menyebabkan ke-cenderungan naiknya angka kriminalitas di Jambi belakangan ini? Dari kacamata polisi, gaya hidup masyarakat yang konsum-tif dianggap bisa menjadi faktor pemicu kejahatan.

Anak kecil pakai handphone, menu-rut Kabid Humas Polda Jambi AKBP Syamsudin Lubis, merupakan salah satu contoh gaya hidup konsumtif. Bagi mereka yang mampu, hal itu tak jadi soal.

Te tap i mereka yang berpenghasi-lan kecil, perlu alter-natif lain untuk untuk mengikuti gaya hidup komsumtif itu. “Dan jalan yang diambil terkadang dengan melakukan kejahatan,” jelasnya.

Faktor lain adalah letak geo-grafis daerah. Daerah yang sulit dicapai, cukup rawan kejahatan. Itu pula yang terkadang membuat berkurangnya pengamanan dan pemantauan polisi.

Dengan bertambah maraknya kejahatan belakangan, polisi

berharap masyarakat kini lebih mengaktifkan ronda atau pos keamanan keliling (poskamling). “Bila mengetahui kejahatan segeralah melapor ke polisi agar cepat disikapi,” ujarnya.

Syamsudin tak menampik tudingan yang me-nyebutkan polisi ke-sulitan membongkar kasus-kasus pem-bunuhan dan perem-pokan itu. “Salah satu kendalanya adalah saksi,” kat-anya. Pada beberapa kejadian, polisi tidak berhasil mendapat-kan saksi.

Padahal, menurut Syamsudin, saksi

merupakan kunci. “Bila tidak ada yang melihat kejadian, tidak ada yang mengenali pelaku. Itu yang terkadang menyulitkan kita,” katanya.

Faktor geografis adalah kendala lain. Jarak yang jauh ataupun lokasi yang sulit ditempuh bisa memperlambat polisi meny-elesaikan kasus. Itulah sebab-nya tak jarang polisi terlambat tiba di tempat kejadian perkara (TKP).(rul/rib)

Syamsudin Lubis

Jambi Tak (Relatif) Aman Lagi --------------------------- dari hal 1

Selamat Datang, David Lee ---- dari hal 1

Sempat Tertarik dengan Mahasiswi yang Ajak Foto Bareng -------- dari hal 1

Polisi Terkecoh Status Aman -- dari hal 1

Boediono Kerap Make-Up ----- dari hal 1

Hindari Konflik, ZN Pilih Mundur ------------------------------------- dari hal 1

Sakit Maag dan aSaM Uratnya itU telah BerkUrangDalam tiga tahun terakhir ini, menurut penuturannya, Syofyan D. S. sudah menderita sakit maag dan sakit asam urat. Sakit maag telah membuat lambungnya sering sekali terasa nyeri, terutama bila ia sudah mengalami salah makan atau terlambat makan. Sedangkan sakit akibat kadar asam urat yang tinggi telah membuat persendian kakinya sering sekali terasa ngilu. “Bila sudah duduk lama, di saat berdiri persendian kaki ini terasa sakit,” ujar penduduk Lorong Telaga 2, Jalan Sultan Agung, Kelurahan Murni, Kota Jambi, ini saat ditemui pertengahan Mei 2009 yang lalu. Mungkin karena tidak terlalu mengganggu aktivitas hariannya, selama ini lelaki asal Padang, Sumatera Barat, ini tidak

menangani penyakit-penyakitnya itu dengan serius. Namun, sejak em pat bulan sebelum wawancara ini berlangsung, ia rutin mengonsum si Zena-600, dua kali dalam sehari. Ternyata dengan bantuan sari bu buk kacang hijau yang sudah dicam pur dengan sari bubuk kedelai itu, kedua keluhannya tadi kini mulai berkurang. Sakit maag adalah sakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam lambung yang dapat menye babkan terjadinya iritasi alias luka pada selaput lendir lambung. Da lam kondisi normal, asam lambung diperlukan untuk membantu pencer naan dalam mengolah makanan yang kita makan. Namun, produksi nya bisa meningkat bila ada pemicunya. Misalnya memakan yang pedas-

pedas dan berminyak, makan tidak teratur, makan terlalu cepat atau dengan tergesa-gesa, meminum kopi, mero kok, mengonsumsi alko hol dan obat-obatan ter tentu, stres, atau kena serangan kuman. Gejala yang dirasakan biasanya nyeri di ulu hati, perut terasa kembung, mun cul perasaan mual, se ring keluar sendawa, dan sebagainya. Terkadang, lambung penderita sakit maag bisa mengalami iritasi atau infeksi. Lalu, dengan mengonsumsi jen is- jen is makanan tertentu, iritasi bisa makin parah dan mengakibat kan pendarahan yang

berlebihan. Bila hal ini yang terjadi, penderita makin stres. Betapa tidak. Tinja yang keluar ketika ia buang

air besar bisa bercam pur dengan darah. Dan akibat stres, tidak mus tahil penyakit lain akan bermunculan. Bisakah penyaki t in i d ia tas i dengan mengonsmsi kacang hijau dan kede lai? Dalam biji kacang hijau dan kedelai ter kandung vitamin B1, yang berfungsi untuk membantu kelancaran proses pencernaan dalam lambung dan

membuat usus lebih baik. Dengan demikian, masa pengosongan

lambung menjadi dipersingkat sehingga gejala sakit maag dapat ditekan. Sedangkan pada kasus asam urat, problem utamanya adalah terganggunya fungsi sendi. Hingga saat ini belum ada obat buat menyembuhkan penyakit ini. Obat hanya bisa mengatasi gejalanya. Karena itu, yang perlu dilakukan adalah menekan gejala itu. Salah satunya dengan terapi herbal. Mengon sumsi bubuk kacang hijau dan bubuk kedelai, yang kaya akan protein, lemak tak jenuh, isoflavon, asam amino, vitamin, dan mineral, adalah salah satunya. Zena-600 sudah laku di seluruh wilayah pemasarannya. Ini tak lepas dari manfaatnya yang nyata dan produknya yang diolah higienis. Selain itu, formulanya merupakan

penyempurnaan dari formula-formula kedelai bubuk yang selama ini banyak beredar di pasaran. Dan ini amat ditunjang oleh mulai sadarnya masyarakat untuk beralih ke bahan nabati alami dalam memelihara kesehatan. Tetapi, produk ini bukanlah obat melainkan makanan kesehatan untuk meme lihara kondisi tubuh. Dan untuk konsultasi kunjungi segera [email protected] atau telepon (021) 70288540 hubu ngi distributor Prov. Jambi: 081283 61642. Subdist Kerinci: 081366360 140, Subdist Bangko: 081273502 34, Subdist Batanghari: 081274175 178, Sub dist Tebo : 085274776210.Syofyan D.S

Page 3: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Jambi Independent rabu, 24 JuNI 2009

JAMBI–Setelah digelar sejak 30 Mei 2009, akhirnya ajang XL SMS Heroes yang digelar PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) mencapai puncak dan mendapatkan para pemenang­nya. Sebanyak 18 pelajar dari berbagai daerah berhasil me­menangi lomba kecekatan me­nulis dan mengirimkan pesan singkat atau SMS (sort message service). Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, menyerahkan hadiah kepada para pemenang di Jakarta, Minggu (21/6). Pada saat yang sama, Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI), Jaya Suprana juga menyerahkan sertifikat pemecahan rekor MURI kepada XL terkait den­gan penyelenggaraan SMS Heroes.

XL SMS Heroes 2009 berhasil menjaring peserta total lebih dari 23 ribu pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU). Kompetisi kecekatan menulis ini digelar di 8 (delapan) kota, yaitu Surabaya, Malang, Yog­yakarta, Semarang, Bandung, Jakarta, Medan, dan Palem­bang. Babak final atau Grand Battle berlangsung sepanjang

hari di Citraland, Jakarta, pada 21 Juni 2009.

Hasnul Suhaimi mengatakan kompetisi ini bukan semata se­bagai ajang menguji kecekatan menulis SMS, namun juga akan menunjukkan kepada masya­rakat luas dan pelanggan XL, lebih­lebih kalangan pelajar bahwa program SMS yang mu­rah dari XL memiliki manfaat yang besar. Pada kompetisi ini, penilaian ditujukan pada ke­cepatan dan akurasi mengetik dan mengirim SMS.

Peserta dibagi dalam 3 kat­egori perorangan dan satu kategori beregu. Tiga kategori perorangan tersebut yaitu men­getik SMS dengan satu tangan, dua tangan, dan free style (tanpa melihat layar). Sementara itu, pada kategori kelompok “Race to Eight” , peserta dituntut bisa mengirimkan SMS secara estafet dalam tim beranggot­akan 3 orang untuk merangkai kata sesuai dengan soal yang diberikan secara bergantian, jadi dibutuhkan ketelitian, kekompakan dan kecepatan untuk bisa jadi juara. Screen-ing Battle kompetisi SMS

Herores di tiap kota menjaring 2 pemenang dari masing­mas­ing kategori perorangan dan 2 team pemenang untuk kategori beregu inilah yang kemudian bertarung di Grand Battle.

XL tidak berhenti pada pro­gram SMS Heroes saja. Su­dah ada sederetan program lainnya yang ditujukan untuk kalangan anak muda, salah satunya adalah XLent Heroes Community. Komunitas ini akan menjadi semacam wadah anak­anak muda yang mendo­rong kreatifitas dan lahirnya prestasi. XLent Heroes Com-

munity akan memiliki base camp yang akan menjadi pusat informasi bermacam kegiatan selain juga tempat berkumpul. Kegiatan­kegiatan yang ada di tempat ini bersifat positif dan seru misalnya tips­tips lolos UPMTN, seminar entrepre-neurship, nonton bareng, ba­zaar distro, bahkan buka puasa dengan anak yatim.

Selanjutnya, XL juga menye­diakan website khusus www. jagoanmuda.com agar para ang­gota komunitas ini tetap bisa berinteraksi. Secara layanan, XL juga memberikan kontent­

kontent dan informasi seru yaitu dengan mengakses *777# khusus untuk anggota komunitas. Di sini anggota XLent Heroes Commu­nity bisa mendapat berbagai penawaran menarik dan bahkan gratis.

Kompetisi SMS Heroes men­jadi lanjutan dari program tahun 2008 lalu yaitu XLent Heroes yang merupakan ajang kompetisi seni dan olahraga bagi pelajar se­Indonesia. Pada ajang tersebut tercatat lebih dari 30,000 pelajar mengikuti kategori Sportista (Futsal dan Basket), kategori Artista (Band

dan Dance), kategori Fashioni-sta (Fashion trendsetter dan Desain kaos Distro).

Hasnul melanjutkan, kom­petisi ini juga merupakan apre­siasi XL untuk kalangan pelajar yang telah memakai layanan XL. Segment pelajar dan anak muda memang merupakan bagian dari pelanggan yang banyak memanfaatkan SMS untuk menunjang aktivitasnya. Kompetisi ini akan menjadi ajang bagi para pelajar untuk menunjukkan betapa efisien­nya mereka dalam meman­faatkan sarana telekomunikasi dengan menggunakan layanan XL Prabayar.

Rekor MURIBanyaknya peserta yang ber­

pastisipasi dalam SMS Heroes telah mendapat perhatian dari Museum Rekor Indonesia (MU­RI). Atas penyelenggaraan SMS Heroes 2009 ini, MURI menyatakan XL telah berhasil memecahkan rekor sebagai “kompetisi SMS dengan ke­cepatan dan akurasi tertepat dengan peserta mendaftar ter­banyak dengan Jumlah: 10.354 peserta”. Sementara itu, pihak

MURI juga menyatakan rekor menulis SMS tercepat 160 kara­kter berhasil dipecahkan oleh Andini Novianti dengan catatan waktu 37 detik, lebih cepat dari rekor lama dalam lomba yang diselenggarakan operator lain. Sertifikat MURI diserahkan oleh Ketua MURI Jaya Suprana kepa­da Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi di sela­sela Grand Battle XL SMS Heroes.

Atas pemecahan rekor ini, Hasnul menyatakan pemecahan rekor dan pengakuan dari MURI ini tidak saja mengakui kecekatan para peserta SMS Heroes dalam menulis dan mengirimkan SMS. Namun sekaligus juga menunjuk­kan maksimalnya kualitas menye­lenggaraan layanan telekomunikasi oleh XL sesuai yang diharapkan pelanggan.

Pemecahan Rekor MURI ini adalah yang ketiga kali diperoleh XL. Sebelumnya XL sempat mendapatkan pengakuan MURI untuk pemecahan rekor atas pemasangan stiker terbesar (stiker bergambar Spiderman di grha XL) pada 2007 dan pembuatan replika menara telekomunikasi dari kartu perdana pada 2008. (*)

rEKOr MurI:Hasnul Suhaimi (tengah) me-nerima sertifikat Museum rekor Indonesia (MurI) dan Ketua MurI Jaya Suprana di Jakarta atas penyelengga-raan SMS Heroes 2009.

EKONOMI NASIONAL

Juli, Garuda Terbangi

Eropa JAKARTA ­ Lawatan Menneg

BUMN Sofyan Djalil ke Prancis pekan lalu membawa dua manfaat ganda. Selain membereskan restruk­turisasi utang Garuda, pemerintah juga mendapat kabar rencana dibukanya kembali rute penerbangan ke Eropa.

Menurut Sofyan Djalil, komisi Uni

Dari Outlet di Indonesia, McD Keruk Rp 1,2 Triliun Bambang MengakuTak Dapat Sepeser Pun

JAKARTA­ Pengusaha Bam­bang Rachmadi membeberkan setoran yang sudah diberikan McDonald’s Indonesia ke kan­tor pusat McDonald’s Corp di Amerika. Dia menyebut, hingga akhir 2007, McDonald’s Corp telah menikmati keuntungan dari McD Indonesia hingga Rp 1,2 triliun.

“Sedangkan Bambang Rach­madi sebagai ‘Bapak McD Indonesia’ tidak menerima keuntungan satu sen pun,” ujar Kuasa Hukum Bambang Rach­madi, Tri Adhyaksa kemarin. Pengelolaan McDonald’s In­donesia dilakukan melalui ker­jasama antara PT Rezeki Murni milik Bambang Rachmadi dan International Development Services (IDS) milik McD Corp. Kedua pihak itu mem­bentuk perusahaan bernama PT Bina Nusa Rama (BNR).

Tri merinci, setoran yang didapatkan McDonald hingga akhir 2007 antara lain, Fran-

chise Fee yaitu biaya pembu­kaan per restoran yang harus dibayarkan kepada McD Corp sebesar USD 45.000 per outlet. Dengan estimasi telah dibuka 180 resto McD di Indonesia sampai 2007, McD Corp telah menerima franchise fee sebe­sar 180 x USD 45,000. “Jadi jumlahnya USD 8,1 juta atau setara dengan Rp 81 miliar,” kata dia.

Selain itu ada juga royalty fee yang dihitung sebesar lima persen dari total penjualan. Diperkirakan, total penjua­lan McD Indonesia dari tahun 1991­2007 tercatat sebesar Rp 8 triliun. “Maka total royalty fee yang telah diterima oleh pihak McD Corp adalah Rp 400 miliar,” tambahnya.

Ada lagi yang disebut A.P.A (Asset Purchase Agreement) atau penjualan aset oleh man­agement PTBNR senilai USD 20 juta x Rp 10.000 atau sekitar Rp 200 miliar kepada Rekso Nasional Food (milik Grup Sosro), yang telah dilakukan meskipun tidak pernah dis­etujui oleh Bambang Rach­

madi. “Langkah tersebut bu­kan merupakan solusi untuk menyelesaikan seluruh utang,” tuaksnya.

Menurut dia, penjualan seluruh aset ini hanya mampu menguran­gi utang BNR yang tadinya USD 150 juta menjadi USD 130 juta. “Bagaimana suatu perusahaan dapat melunasi utang­utangnya, apabila seluruh aset produktif yang dapat menunjang pendapa­tan telah dijual,” lanjutnya.

Tri menjelaskan, intercom-pany loan atau pinjaman yang di­peroleh PTBNR. Komposisinya diperkirakan 90 persen berasal dari McD Corp dengan patokan bunga LIBOR (London Inter­bank Offered Rate), sedangkan sisa 10 persen diperoleh dari bank komersial. Sesuai dengan per­nyataan neraca terakhir, selama 14 tahun beroperasi, PTBNR memiliki utang ke McD Corp. yang saat ini jumlahnya men­capai Rp 1,5 triliun. “Dengan total bunga pinjaman yang telah dibayarkan oleh PTBNR dan diterima McD Corp sebagai penghasilan adalah sebesar Rp 540 miliar.” (jpnn)

Bulog Mulai Jual Gula Lokal Beri Peluang PedagangKecil dan Menengah

SURABAYA ­ Perum Bulog Divisi Regional Jatim membatasi jumlah penjualan gula milik PTPN dan RNI minimal 100 ton dan maksimal 2.000 ton per transaksi.

Itu dilakukan sebagai upa­ya pemerataan distribusi gula produksi perusahaan BUMN tersebut kepada pedagang kat­egori menengah kecil. Sebab, sistem lelang yang selama ini dilakukan selalu didominasi pedagang besar.

Kepala Divre Perum Bulog Jatim Sutono mengatakan, dalam penjualan gula kristal pu­tih (GKP), Bulog hanya sebagai agen. Karena itu, di dalamnya tidak ada transfer of owner-ship. “Artinya, PTPN dan RNI

tetap sebagai pemilik barang, sementara Bulog sebagai agen penjualan,” kata Sutono di kantornya, Senin (22/6).

Bulog mengharapkan transak­si pembelian gula dari pedagang menengah kecil bisa dilakukan dalam waktu cepat. Selama ini, Bulog dapat menyelesaikan proses penjualan gula dalam waktu sehari. Kalaupun terjadi kemunduran, paling lama tiga hari bisa diselesaikan, terma­suk pembayaran secara tunai di perbankan. “Ini komitmen Bulog dalam menjual gula mi­lik PTPN dan RNI. Kami tahu perubahan harga gula cukup cepat,” ujar Sutono didampingi Humas Bulog Divre Jatim Julia Hermawati.

Sementara itu, calon pem­beli gula di Perum Bulog harus memenuhi persyaratan dasar yang telah ditetapkan. Subjek

pembeli bisa seorang pengusaha yang memiliki SIUP, badan usaha koperasi, atau pun distributor resmi. “Yang pasti, Bulog meng­inginkan pembeli harus memiliki izin dan berbadan hukum legal. Kami akan menolak pembeli ilegal,” tandas Sutono.

Untuk tahun 2009 ini, Perum Bulog bakal memasarkan sekitar 689.000 ton gula milik PTPN dan PT RNI. Khusus wilayah Jawa Timur, Bulog mendapat alokasi penjualan gula sebanyak 168.700 ton. Pekan ini, stok gula yang bisa dijual 11.000 ton.

Corporate Secretary PTPN XI, Adig Suwandi mengatakan, pihaknya menerapkan harga jual gula melalui Bulog den­gan mengikuti hasil lelang gula petani. Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya ketimpa­ngan harga gula lokal di pasar konsumsi. (jpnn)

Eropa sudah menyatakan rencana untuk tidak memberlakukan lagi larangan terbang (travel ban) bagi maskapai penerbangan asal Indone­sia. “Diplomat kita sudah meeting lagi (dengan komisi Uni Eropa), kabarnya Juli akan dibuka,” ujarnya usai Rapat Kerja dengan DPD kema­rin (22/6).

Pelarangan terbang terhadap 51 maskapai Indonesia ke Eropa terjadi sejak Juli 2007, kemudian molor hingga November 2007, bahkan di­

perpanjang lagi hingga saat ini. Awalnya, pelarangan itu muncul atas penilaian UE terkait belum terpenuhinya standar keamanan maskapai penerbangan Indonesia. Sofyan mengatakan, jika larangan terbang segera dicabut, pihaknya memastikan Garuda akan kembali mengangkasa di Eropa. Salah satu rute yang sebelumnya prospektif bagi Garuda adalah Jakarta­Amsterdam. ‘‘Ini akan sangat baik bagi bisnis Garuda,” katanya.

Selain mendapat kabar segera dihen­tikannya larangan terbang, lawatan Sofyan pekan lalu juga dalam rangka menyelesaikan utang Garuda ke­pada European Export Credit Agency (ECA). ‘‘Restrukturisasinya untuk utang­utang lama,” ujarnya.

Saat ini, restrukturisasi utang Ga­ruda memang menjadi salah satu agenda utama Kementerian BUMN. Sebab, selain jumlahnya yang meng­gunung, keberadaan utang tersebut juga mengurangi kemilau kinerja

perseroan. Bahkan, utang menum­puk itu pula yang menjadi alasan mandeknya proses penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) Garuda.

Sebagai catatan, saat ini utang Ga­ruda mencapai USD 740 juta. Utang itu terdiri dari kewajiban kepada ECA sebesar USD 400 juta maupun Bank Mandiri sebesar USD 100 juta berupa obligasi konversi, dan USD 130 juta dalam bentuk promisionary notes. (jpnn)

ISt

IME

wa

XL SMS Heroes Pecahkan Rekor MURI

Page 4: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Jambi IndependentRABU, 24 JUNI 2009

Warga Kesulitan Mendapat Air BersihSAROLANGUN – Kemarau pan-

jang yang terjadi sejak beberapa bu-lan belakangan, menyulitkan wargauntuk mendapatkan air bersih. Bah-kan sumur yang selama ini di-gunakan mulai mengering. Kesulitanair bersih seperti itu dirasakan olehsejumlah warga di daerah Singkut,Sarolangun.

Seorang warga Desa Sungai Merah,Kecamatan Singkut VII, Sa' adah,mengatakan saat ini mereka sudahmengalami kekeringan air sejaksumur milik warga menyusut akibatkemarau panjang.

“Padahal ada sumur sebagian war-ga yang sudah mencapai 10 hingga20 meter, tapi air tetap sulit,” ungkap-nya. Padahal, kata Sa'adah, warga didaerah itu selama ini hanya mengan-dalkan air sumur untuk keperluan se-hari-hari. Sedangkan air PDAM sela-ma ini belum masuk ke sana.

Keluhan serupa juga diungkapkanwarga yang selama ini menjadi kon-sumen PDAM Tirta Sako Batuah(TSB) di Kecamatan Singkut. Sejakkemarau beberapa waktu lalu, mere-ka juga merasa kesulitan mendapatair bersih untuk keperluan sehari-hari. Hal itu karena mesin pengolahair milik PDAM TSB di Desa Siliwan-gi sudah tak bisa lagi memproduksiair bersih untuk disalurkan kepadawarga sekitar.

“Air PDAM jarang mengalir se-karang,” ungkap seorang wargaSingkut, Senin (22/6). Menurut pen-gakuan sejumlah warga, mereka ke-sulitan mendapatkan air sebab sun-gai yang digunakan sebagai sumberair bersih saat ini mulai kering, seh-ingga pipa PDAM tak mampu lagimenyedot air dari sungai tersebut.

Terpisah, Direktur PDAM TirtaSako Batuah Sarolangun Zuhdi ke-marin (23/6) mengatakan, pihaknyadalam waktu dekat akan membantumasyarakat mendapatkan persediaan

2010, Bungo Target Swasembada BerasMUARABUNGO - Kabupaten

Bungo pada 2010 akan melakukanswasembada beras. Hal tersebutdikemukakan oleh Kepala Dinas Per-tanian Bungo, Ir H Syaiful Azhar ME.

Bahkan Bupati Bungo, ZulfikarAchmad (ZA) mengelu-elukanagar Bungo dapat menuju penca-paian target swasembada berastersebut, dan tidak lagi bergantungpada daerah atau Kabupaten lainuntuk membeli beras atau bahanpangan pokok konsumsi bagimasyarakat Bungo.

Selanjutnya, Wakil Bupati BungoSudirman Zaini juga menyatakanhal yang sama pada saat melaku-kan panen raya di Desa KuamangKuning.

Kabupaten Bungo memiliki poten-si untuk memanfaatkan luas tanambagi komoditas pertanian tanamanpangan dan hortikultura yang diu-payakan oleh masyarakat petani diBungo. Tujuh komoditi tersebut

adalah padi, jagung, kacang hijau,kacang kedelai, kacang tanah, ke-tela pohon, dan ubi rambat.

“Di Bungo, tanaman pangan yangmenjadi prioritas untuk dibudiday-akan oleh petanisaat ini adalah padidan jagung. Meskidemikian, upayauntuk memanfaat-kan lahan dalampenanaman limakomoditi panganlainnya tetap diusa-hakan oleh masya-rakat petani,” ujarSyaiful Azhar.

S w a s e m b a d apangan terhadappadi untuk Kabu-paten Bungo, tar-get pencapaian swasembada se-harusnya adalah 50.000 ton. Na-mun, yang dapat tercapai 32.000ton. Berarti, masih ada 18 ton pen-

capaian swasembada beras bagiKabupaten Bungo. “Itu akan di-upayakan agar target pencapaianswasembada beras di Bungo pada2010 dapat sesuai target yang di-

harapkan,” ujarSyaiful Azhar.

Syaiful menyam-paikan, ada tigakendala real, yaitulahan yang kurangdimanfaatkan se-cara maksimal,p r o d u k t i v i t a smasih rendah, dantenaga kerja yangmahal.

Di KecamatanTanah Sepenggaldari 9 desa memil-iki potensi sawah

seluas 2.298 hektar. Di Kecama-tan Tanah Sepenggal Lintas memi-liki potensi luas sawah 989 hektar,Pelepat Ilir dari 223 hektar, Pelepat

400 hektar. Di Jujuhan Ilir luas po-tensi sawah 1.030 hektar, Bathin IIIUlu 671 hektar, Bungo Dani 345hektar, Tanah Tumbuh 1.505 hek-tar, Bathin II Pelayang 551 hektar,Jujuhan 216 hektar.

Di Muko Muko Bathin VII memilikipotensi luas sawah 153 hektar, Ran-tau Pandan 559 hektar, Limbur Lu-buk Mengkuang 6 hektar, dan BathinIII 277 hektar.

Dari 17 Kecamatan di lahan sawahirigasi setengah teknis memilikipotensi 3.443 hektar. Potensi lah-an sawah tadah hujan 1.977 hek-tar, dan potensi lahan sawah lebak700 hektar.

Pemkab Bungo beserta jajaraninstansi terkait khususnya DinasPertanian, akan terus mengupay-akan dan berkomitmen agar Bun-go dapat mencapai target swasem-bada beras, dan tidak bergantungpada daerah atau Kabupatenlainnya.(dwy)

16 PNS Belum Terima Gaji Ke-13 Sungaipenuh Rawan Penyebaran HIV/AIDSMUARATEBO – Tidak se-

mua PNS di lingkungan Pemk-ab Tebo bisa menikmati gaji ke-13. 16 PNS di SMPN 11, Kecama-tan Rimboulu, hingga Selasa (23/6), belum bisa menerima gaji itu.

Kusmini, PNS di bagian TUSMPN 11, mengatakan bahwamereka sangat berharap gaji itubisa cair untuk membantu mem-biayai sekolah anak.

Akibat belum cairnya gaji ke-13 itu, banyak guru mengeluh.Bahkan mereka melalui benda-hara mengusulkan agar dapatdispensasi.

Hal itu dibenarkan Maslan,guru sekaligus pembina OSIS diSMP tersebut. Menurut Maslan,

gaji ke-13 yang seharusnyasudah bisa diterima pada Jumat(19/6), tidak bisa dicairkan.

“Tidak ada tanda tangan darikepala sekolah. Sedangkankepala sekolah yang lama,Djasli Tanjung, meninggal du-nia,” ungkap Maslan.

Sementara itu, pejabat semen-tara (pjs) kepala sekolah tidakboleh menandatangani dantidak dibenarkan.

“Sekarang ini Pak Syafrialyang jadi bendahara sekolahsedang mengurusnya ke kantorDinas Dikbudpora Muarate-bo,” ungkapnya.

Permasalahan itu sebenarnyatinggal kebijakan dari pimpi-

nan Dinas Dikbudpora. Orangyang paling berhak menanda-tangani pencairan gaji ke-13 itumemiliki halangan. Halanganitu bukan hanya untuk sement-ara waktu, melainkan tetap.

“Atas kebijakan dari pimpi-nan dinaslah baru uang itu bisadicairkan,” ungkap Maslan.Andai saja permasalahan itutidak bisa diputuskan, para PNStersebut tidak akan menikmatigaji ke-13 seperti PNS lainnya.“Apa boleh dikata, kami harusmenunggu kepastian kapancairnya gaji itu. Semoga sajabendahara kami berhasil mem-perjuangkannya,” ungkapMaslan. (nta)

SUNGAIPENUH – Di Kabu-paten Kerinci dan Kota Sun-gaipenuh, terdapat empat pen-derita AIDS. Hal itu terungkapdalam acara sosialisasi penanggu-langan HIV/AIDS di Kantor WaliKota Sungaipenuh, Selasa (23/6).

Dalam acara tersebut, di-ketahui bahwa di Kota Sungai-penuh tahun ini ditemukan duapenderita HIV/AIDS. Sebel-umnya, pada 2007 dan 2008,juga ditemukan dua penderitaHIV/AIDS. Satu penderita ter-sebut telah meninggal.

Koordinator Komisi Penang-gulangan AIDS (KPA) Provin-si Jambi Lidia Mulyati membe-narkan hal itu. “Dua penderita

HIV/AIDS yang baru ditemukantersebut tidak bisa disebutkan kepublik lantaran masih belum bisaditerima secara sosial oleh ma-syarakat sekitar,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan danSosial Kota Sungaipenuh HZamrin mengatakan, berdasar-kan data terakhir di dinasnya,terdapat dua warga Kota Sun-gaipenuh yang terinfeksi pen-yakit berbahaya tersebut.

Menurutnya, Kota Sungai-penuh memiliki tingkat kerawan-an tinggi terhadap penyebaranHIV/AIDS. Pasalnya, kawasankota merupakan salah satu ka-wasan yang mudah terbawa virus.“Salah satu itensitas yang raw-

an terkena AIDS terutama dikawasan wisata kota serta dat-aran tinggi,” ujar H Zamrin.

Hal itu disebabkan kota meru-pakan kawasan jasa atau pusathiburan bagi remaja. Selain itu,warga kota juga banyak yangmenjadi TKI atau TKW. Mere-ka dinilai berisiko tinggi tertu-lar HIV/AIDS.

Terkait penangulangan penula-ran HIV/AIDS di Kota Sungai-penuh, Zamrin mengatakan,dalam waktu dekat pihaknyaakan membentuk komisi penang-gulangan AIDS. Komisi tersebutakan berkerja mencegah penye-baran AIDS di Kota Sungaipenuh.

Lidya Mulyati dalam sosialisa-

si mengatakan, risiko tertular pen-yakit HIV dan AIDS bisa terjadipada siapa pun, bahkan pada or-ang yang perilakunya selama inisehat. Siapa pun tidak bisa men-yangka akan tertular HIV/AIDS.

Seorang dokter, suster, atau per-awat yang mengabdikan hidupuntuk kesehatan orang lain, mis-alnya, bisa saja tertular virusHIV karena merawat dan men-gobati pasien yang positif HIV.

Mencegahnya dapat dilakukandengan cara penerapan universalprecaution (UP) yang baik bagipetugas kesehatan. “Itu untukmengurangi risiko terjadinyapenularan HIV bagi para tenagakesehatan,” kata Lidya. (dip)

Zulfikar Achmad

n ADVERTORIAL

MUI Minta AktivitasTarikat NaqsabandiyahDihentikan

NOVADIANSYAH,Bangko

Pada Pertemuan MUIdan Pengikut TarikatNaqsabandiyah

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI)Merangin menegaskan, Tarikat Naq-sabandiyah yang merebak di DesaAir Batu, Kecamatan Renah Pem-barap, sejak 2005 lalu, menyesatkandan tidak sesuai dengan agama Is-lam.

Hal tersebut ditegaskan Ketua MUIMerangin KH Buya Satar Saleh didepan puluhan pengikut Tarikat Naq-sabandiyah yang hadir dalam per-temuan di Kantor Depar temenAgama (Kandepag) Merangin,Selasa (23/6).

Selain KH Buya Satar Saleh, ha-dir dalam pertemuan yang digelarpukul 09.00-12.30 WIB tersebutKakandepag Merangin H UmarYusuf, Kasat Intel Polres Meran-gin AKP Abdul Razak, Camat RenahPembarap Suhelmi, serta KapolsekAKP Suhardi.

MUI juga menyimpulkan tiga peri-hal lainnya, antara lain menyatakanagar aktivitas Tarikat Naqsabandiyahsegera dihentikan dan melarang guru

Tarikat Naqsabandiyah Ali Wardanamasuk ke Desa Air Batu. SelanjutnyaMUI akan segera melayangkan suratkeputusan terkait ajaran Tarikat Naq-sabandiyah.

Terakhir, jika 20 but i r a jaranTarikat Naqsabandiyah kembalidijalankan di Desa Air Batu, apar-at penegak hukum akan mengam-bil langkah tegas.

Kapan keputusan akan dikeluar-kan, usai pertemuan KH Buya Satarmenyatakan dalam waktu yang ses-ingkat-singkatnya. “Jika perlu besoksudah kita layangkan surat keputu-san tersebut,” katanya.

Menurut Buya, pada dasarnya adabanyak ajaran tarikat yang ber-kembang di Indonesia saat ini .“Bahkan hasil muktamar bebera-pa waktu lalu, tercatat ada 42 aja-ran tarikat yang berkembang diIndonesia . Persoalannya seka-rang, bisa jadi ada warga setempatyang tidak memahami dalam me-nelaah ajaran tersebut. Yang pas-ti 20 butir pengaduan masyarakatterkait Tarikat Naqsabandiyah diDesa Air Batu sangat menyesatkandan harus segera dihentikan,” ujarBuya Satar.

Apa tanggapan pihak Tarikat Naq-sabandiyah? Dari dua pandanganwarga Desa Air Batu yang ma-suk a l i r an Ta r ika t Naqsaban -d i y a h , d i n y a t a k a n b a h w a p i -haknya mengakui 20 butir pen-

gaduan masayarakat tersebut jelasmenyesatkan. “Dan kita t idak per-nah menga takan ha l t e r sebu t .Namun j ika harus menghent i -k a n a k t i v i t a s t e r s e b u t , k i t amasih pikir-pikir dulu, karenaa j a r a n y a n g k i t a d a p a t t i d a kd e m i k i a n . D a n p e r s o a l a n i t uakan k i t a l aporkan pada gurubesar kita Ali Wardana,” ucap Ib-nul Khotob, seorang pengikut, yanghadir dalam pertemuan tersebut.

Hal senada juga dikatakan pe-ngikut Tar ikat Naqsabandiyahlainnya, Suherman. “Kalau 20butir pengaduan tersebut, jelas itume n y e s a t k a n . N a m u n u n t ukmenghentikan aktivitas ini, kitabelum bisa jawab sekarang. Selamaini, ajaran Tarikat Naqsabandiyahyang kita jalankan hanya bersifatamaliyah,” tandasnya.

Sementara i tu , pemuka agamaK e c a m a t a n R e n a h P e m b a r a p ,Abi Wakas, menegaskan bahwaa k t i v i t a s Ta r i k a t N a q s a b a n -diyah harus segera dihentikan.“Alasannya, kegiatan tersebutsudah menyesatkan umat dan san-gat bertententangan dengan agamaIslam,” tambahnya.

Pengaduan masyarakat terkait aja-ran Tarikat Naqsabandiyah antaralain aliran itu mengatakan Tuhanberanak, malaikat tidak pernah ada.Kemudian, bila iman sudah sempur-na, salat tidak wajib lagi.(*)

air bersih di daerah yang mulai mengamikekeringan. Di Kecamatan Singkut,kata dia, dalam waktu dekat pihaknyaakan melakukan peninjauan sumur boryang sudah dibangun PDAM.

“Sumur bor yang kita bangun diSingkut nanti akan kita fungsikan.Minggu depan kita sudah meren-

canakan turun dan sumur bor itu akankita alirkan ke rumah warga,” ungkapZuhdi. Jika air sumur bor sudah disa-lurkan, bisa memenuhi kebutuhanpara pelanggan yang selama ini meng-gunakan pelayanan PDAM. “Kalausudah meggunakan dua saluran, dakakan kurang lagi,” katanya.(lis)

KEKERINGAN Tiga orang bocah sedang mencoba mengambil airdari dalam sumur yang sudah mulai mengering.

HERMAYULIS/JAMBI INDEPENDENT

Page 5: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Jambi Independent RABU, 24 JUNI 2009

MUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBI

Pemkab Paparkan Programke Komisi IV DPR-R

Dalam Kunkerdi Muarojambi

MUAROJAMBI – Komisi IV DPR-RIadakan kunjungan kerja (kunker) keKabupaten Muarojambi Selasa pagi(23/6). Rombongan yang diketuai Ir HSiswono MH ini disambut langsungoleh Sekda Muarojambi, SyapuddinAnang. Bertempat diruang pola kantorbupati, Sekda Muarojambi membeber-kan potensi Kabupaten Muarojambi.Terutama potensi yang berkaitan den-gan bidang komisi IV DPR-RI, yaknibidang pertanian, perikanan, kehutan-an dan perkebunan.

Program-program pemerintah Mua-rojambi terhadap bidang pertanian,perkebunan, kehutanan serta peri-kanan juga dibeberkan mantan kepa-la biro sosial Provinsi Jambi itu. Dalam

bidang pertanian, saat ini sedangmenggalakkan optimalisasi lahan tidur.Melalui dinas pertanian3.000 hektar lahan tidurpada tahun ini akan diak-tifkan untuk mengtasikrisis beras yang saat inimasih melanda Muaro-jambi.

Dibidang perkebunan,pemerintah Muarojambijuga menggalakkan pro-gram peremajaan (re-planting) karet, mil ikpetani. Begitu juga bi-dang kehutanan, un-tuk mengatasi keru-sakan hutan, pemer intah setiaptahun melakukan reboisasi pada hu-tan di Muarojambi.

Selanjutnya bidang perikanan, Pem-da Muarojambi bekerjasama dengan

pemprov beberapa tahun terakhir te-lah menjalankan program budidaya

ikan patin dipinggir Sun-gai Batang Hari.

Namun, Syapuddinjuga tidak menampikbahwa program yangtelah dijalan tersebutmasih tetap mengalamikekurangan. Di lapan-gan pihak pemda masihmenemui kendala, terma-suk masalah finansial.

Syapuddin juga tidaklupa meminta supayakomisi IV DPR-RI ikutmemperjuangkan pro-

gram Pemda Muarojambi di tingkat pu-sat. Karena dengan seperti itu, makaprogram yang telah dicanangkan akanberjalan sesuai dengan yang di-rencanakan.(fes)

nnnnn ADVERTORIAL

Desa Tebing Tinggi Belum Dialiri ListrikMUARABULIAN - Warga Desa

Tebing Tinggi, Kecamatan MaroSebo Ulu, Kabupaten Batanghari,terpaksa harus bersabar. Pasalnya,hingga kini desa mereka belumjuga teraliri listrik kendati tiangdan kabel listrik di desa tersebut sudahterpasang sejak dua tahun lalu.

Salah seorang warga Desa TebingTinggi, Yatno mempertanyakankepada Pemkab Batanghari men-genai hal itu. “Warga di sini selaluberharap cepat mendapat fasilitaslistrik PLN seperti desa lainnya,tapi cuma tiang dan kabelnya saja,”ungkapnya kepada Jambi Indepen-dent saat ditemui kemarin.

Menurut kabar, kata Yatno, be-lum dialirinya pengapian listrik ke

wilayah itu lantaran berada di se-berang sungai Batanghari sehing-ga menyulitkan pemasangan tow-er. “Belum bisa katanya, karenasulit harus pakai tower,” bebernyadiamini beberapa warga lainnya.

Tokoh masyarakat lainnya, MSaleh berharap pihak terkait yangmenangani permasalahan ini dap-at segera mengupayakan operasiPLN. “Katanya bulan Septemberini, warga di sini berharap semogasegera disambungkan apinya biardesa kami nggak gelap lagi,”harapnya.

Untuk diketahui, dari hasil pan-tauan di lapangan sejumlah tiangdan kabel yang digunakan untukpengaliran listrik di Desa tersebut

memang sudah terpasang. Sertahanya tinggal menunggu aliranapi untuk disambungkan ke ru-mah warga.

Dirut PLN Cabang MuarabulianBatanghari, Syaiful ketika dikon-firmasi belum mengetahui haltersebut. Bahkan, dia juga belummengetahui siapa yang memasangtiang dan kabel listrik di desa itu.“Saya belum tahu itu, bisa sajapemda yang bangun aliran listrikitu,” jawabnya singkat, serayameminta menanyakan langsungke pihak Pemkab Batanghari, ter-kait permasalahan ini. Hal yangsama juga dikatakan H Tambunan,Humas PLN Cabang Jambi ketikadihubungi. (aki)

Muarojambi KekuranganTenaga PPL

INI kabar gembira bagi para sarjana perta-nian. Pada 2010 mendatang, pemerintah pusatakan merekrut 10.000 penyuluh pertanianlapangan (PPL) yang akan ditempatkan di se-luruh wilayah Indonesia. Demikian disampai-kan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Siswonoketika mengadakan kunjungan kerja keMuarojambi, Selasa (23/6).

Bertempat di Ruang Pola Kantor BupatiMuarojambi, Siswono memberikan informasiitu setelah Sekda Muarojambi SyapuddinAnang terlebih dulu memaparkan potensi per-tanian, perkebunan, perikanan, dan kehutan-an Muarojambi. Termasuk kendala kekuran-gan PPL di Bumi Sailun Salimbai.

Setelah pemaparan itu, Siswono selaku ket-ua rombongan Komisi IV bidang pertanian,perkebunan, perikanan, serta kehutanan itulangsung menginformasikan bahwa tahundepan akan ada perekrutan 10.000 PPL.

“Kekurangan tenaga PPL memang hampirterjadi di semua daerah. Pada 2010, pemerin-tah pusat sudah mencanangkan menerima10.000 PPL. Dengan perekrutan itu, masalahkekurangan tenaga PPL kita harap tidak adalagi,” kata Siswono kepada seluruh peserta.Dalam kesempatan itu, Komisi IV DPR RI jugameminta supaya dinas terkait memberikan penjela-san soal kekurangan PPL di Muarojambi.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ke-tahanan Pangan (PPKP) Muarojambi Suparnomengatakan, saat ini tenaga PPL di Muarojam-bi sangat minim.(fes)

Angka Kemiskinandi Muarojambi TinggiMUAROJAMBI – Kondisi Mua-

rojambi di mata Komisi IV DPR RIsangat memprihatinkan. Hal itudikatakan anggota Komisi IV DPRRI Idham pada sesi dialog yangdigelar Pemda Muarojambi di Kan-tor Bupati, Selasa (23/6).

Menurut dia, itu dilihat dari jum-lah penduduk miskin Muarojam-bi yang mencapai angka 27 pers-en dari jumlah penduduk.

Angka 27 persen telah melam-paui angka rata-rata kemiskinan se-cara nasional. “Kondisi itu sangatmengkhawatirkan. Soalnya, jumlahpenduduk miskin di Muarojambi leb-ih banyak dari angka rata-rata kemiski-nan secara nasional,” katanya.

Idham juga mengkritisi angkakrisis beras di Muarojambimencapai 10.000 ton. Itu di-anggap sudah masuk padatahap yang mengkhawatir-kan. Sementara daerah lainmencapai swasembada pan-gan. “Penduduk Muarojam-bi 62,2 persen merupakanpetani, tapi mengalami kri-sis beras. Jumlah kekura-ngan berasnya juga sangat

besar,” katanya.Lebih lanjut dia juga mengkritik

kondisi desa di Muarojambi. Dari145 desa yang dimiliki Muaro-jambi, 42 di antaranya termasukdesa tertinggal. Angka itu jugaberada di bawah angka rata-ratadesa tertinggal secara nasional. “Maafya bapak-bapak, masak di bawah rata-rata semua,” katanya menyindir.

Agar persoalan itu segera ditun-taskan, Komisi IV DPR-RI memintaPemda Muarojambi menyerahkanrencana pembangunan jangkapanjang maupun rencana jangkamenengah. Tujuannya supayaDPR RI dapat mendukung pro-gram Muarojambi dari pusat.

Idham menjelaskan, sesuai UUNomor 5 tahun 2005, pemerintahdaerah sudah harus memiliki pro-gram rencana pembangunan jang-ka panjang 2005-2025. Termasukprogram jangka menengah. “Apa-kah Muarojambi sudah punya ataubelum, saya tidak tahu. Tapi kami min-ta supaya pemda memberikan. Tujua-nnya supaya kami tahu apa yang akankami perjuangkan untuk Muaro-jambi di pusat,” katanya.(fes)

LimbahPT IIS DidugaCemari Sungai

CANDRAPURNOMO,Kualatungkal

Perusahaan BantahLakukan Pencemaran

MASYARAKAT Desa LubukTerap, Kecamatan Merlung, Tan-jab Barat, tampaknya mulai si-buk dengan adanya limbah yangmengalir di Sungai Bananak. Baudan warna air sungai yang mulaimenghitam mengganggu kete-nangan warga.

Menurut warga, air Sungai Ba-nanak yang mengalir di desa mere-ka saat ini berbau dan berwarnahitam. “Ikan-ikan banyak yangkeracunan karena bau dari airsungai yang berwarna hitam,” kataIwana, seorang warga.

Dia mengatakan, air yang berwar-na hitam tersebut diduga berasaldari perusahaan PT Inti IndoSawit Subur (IIS) yang membukapabrik di dekat daerah tersebut.“Kita telah mendatangi perusa-haan tersebut dan mereka memban-tah limbah yang ada di Sungai Ba-banak dari pabrik mereka,” katanya.

Manajer PT IIS Medi Saragihmembantah hal tersebut. Dia men-gatakan, perusahaannya tidakmengalirkan limbah ke Sungai

Babanak seperti yang ditudingmasyarakat. “Dari hasil sampelyang kita ambil, tidak ada limbahyang mencemari Sungai Baba-nak,” tegasnya.

Dari hasil sampel yang diambilbersama warga, lanjut Medi, tidakada indikasi pencemaran dantidak ada ikan yang mati karenabanyak pohon yang terbentang.Dia juga menegaskan, air Sungai Ba-nank tidak berbau dan tidak berwar-na hitam. “Di sini musim kemarau, airn-ya sangat kecil, relatif tidak mengalir,”jelasnya saat dihubungi.

Medi mengaku masih menyelid-iki persoalan tersebut. Dia sudahmenegaskan kepada karyawanagar tidak meracuni ikan yang disungai. Apabila tertangkap, akandiproses ke pihak yang berwajibdan akan dipecat dari PT IIS. “Kitatidak main-main dengan hal tersebut.Untuk itu kita minta kerja sama men-jaga lingkungan,” tegasnya.

Kepala Badan Pengawasan danPengendalian Dampak Lingkun-gan Tanjab Barat Sayfri melaluiKepala Bidang Pengawasan danPengendalian Samsul mengata-kan, pihaknya akan segera turunmelakukan kroscek. “Kita akanselidiki apa yang terjadi. Di derahtersebut memang sering terjadipemutasan ikan yang dilakukanoknum warga yang tidak bertang-gung jawab,” tandasnya.(*)

Syapuddin Anang

MUARASABAKMUARASABAKMUARASABAKMUARASABAKMUARASABAKPengumuman Tes Kuliah

Gratis Belum Jelas PENGUMUMAN kelulusan tes program

perkuliahan gratis oleh pemkab Tanjab Timurbelum jelas. Para peserta sudah mengikuti se-mua tes yang diselenggarakan oleh panitia pel-aksana, Seperti tes kelengkapan administrasi,tertulis dan wawancara.

Kepala Kepegawaian Daearah (BKD) TanjabTimur Hasan Hamzah, melalui Kabid DiklatBKD Hambali mengatakan, pengumuman ha-sil tes bagi peserta yang mengikuti programkuliah gratis memang belum diumumkan.Menurut dia, hasil dewan penguji tes wawan-cara belum memberikan hasilnya. “Yang men-jadi penguji kan pak bupati, pak wakil bupatidan pak sekda, jadi tunggu mereka berembuk dulubaru diumumkan,” kata Hambali kemarin (23/6).

Prosedur pengumuman, jelas Hambali, ter-lebih dahulu panitia akan mengumpulkan semuahasil tes para peserta kemudian diajukan kepadabupati, “Setelah itu baru kita umumkan,” jelasnya.

Kapan pengumumannya dijadwalkan? Me-nurut Hambali, dalam pekan ini akan segera di-umumkan. Hanya saja, hari apa dan tanggalberapa diumumkan, Hambali belum dapat me-mastikannya. “Mudah-mudahan dalam ming-gu ini segera kita umumkan,” terangnya.

Program kuliah gratis Pemerintah KabupatenTanjab Timur ini untuk dua program study, yakniDiploma III Akuntansi di Unja dan diploma IIIIlmu Kesehatan Hewan di UGM.(usr)

BELUMADALISTRIK:PetugasPLNmemper-baikijaringanlistrik.WargaDesaTebingTinggihinggakinibelummenik-matipeneran-ganlistrik.

DO

K /J

AM

BI I

ND

EP

EN

DE

NT

Page 6: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

S u c h r a d y .

BERLAKU

23 - 25 JUNI 09

50 Hektare Lahan Gambut TerbakarKetebalan Kabut Asap Sedikit Bertambah, Bau Tanah Gambut Santer Tercium

TEMBILAHAN - Satu ka-wasan perkebunan seluas sekitar 50 hektare di Dusun Teluk Bagus Desa Bayas Jaya Kecamatan Kempas dinyatakan terbakar. Lokasi kebakaran yang terletak di perbatasan dengan Inhu dan berada di pedalaman itu sangat menyulitkan upaya pemada-man.

Lokasi kebakaran tersebut bera-da didekat hamparan perkebunan milik salah satu perusahaan swasta yang beroperasi daerah itu. Dikhawatirkan kebakaran diatas lahan gambut itu akan makin meluas. Cuaca terik yang terus berlangsung ditengarai sebagai penyebab sulitnya upaya

pemadaman tersebut.Kantor Lingkungan Hidup

(KLH) Inhil langsung menjalin koordinasi dengan Dishut, Di-shubkominfo, Damkar dan Dis-bun serta Kecamatan Kempas. Langkah pemadaman tersebut mesti dilakukan segera, agar areal yang terbakar itu tidak te rus ber tambah . Perusa -haan swasta yang berdekatan dengan lokasi kejadian juga sudah d iminta turu t ser ta membantu pemadaman keba-karan lahan tersebut.

Dampak langsung dari keba-karan itu mulai terasa di Ke-camatan Kempas. Ketebalan kabut asap sedikit bertambah dibanding hari sebelumnya. Bau tanah gambut yang terba-kar juga santer tercium ketika pagi hari. Barisan Anti Api di Kecamatan Kempas sudah pula dikerahkan untuk melakukan

pemadaman kebakaran lahan, selain warga sekitar.

“Informasi terakhir yang kita terima, kebakaran lahan itu masih tetap terjadi. Sebagai koordinator, KLH langsung mengontak instansi terkait guna melakukan proses pema-damannya. Lokasi kebakaran lahan yang jauh di pedalaman itu memang sangat menyulit-kan upaya pemadaman,” ujar Kepala KLH Tengku Eddy Efrizal kemarin (23/6).

Kejadian kebakaran lahan di Kecamatan Kempas, bu-kan hanya terjadi kali ini saja. Tahun-tahun sebelumnya peris-tiwa kebakaran lahan juga kerap menerpa kecamatan tersebut. Karakteristik daerah gambut yang tebal di wilayah itu ditambah lagi kurangnya kewaspadaan membuat kebakaran lahan masih saja terjadi. (jpnn)

Jambi IndependentA . D . V . E . R . T . O . R . I . A . LRAbu, 24 junI 2009

nusantara

Madjid Mu’az Tutup TMMD Ke-82

Madjid Mu’az melihat tugu TMMD ke-82.

Madjid Mu’az akrab bersama masyarakat.

Penandatanganan serah terima berita acara.

Madjid Mu’az saat memeriksa stand kesehatan yang ikut pada acara penutupan TMMD.

Pernyataan dukungan dari tokoh masyarakat kepada Madjid Mu’az untuk maju sebagai Gubernur jambi. Madjid Mu’az bersama masyarakat yang hadir.

bERTEMPAT di Desa Tengah Ulu Kecamatan Tebo Tengah, Bupati Tebo HA Madjid Muaz MM menutup keg-iatan Tentara Manunggal Memban-gun Desa yang ke-82 di Kabupaten Tebo yang diselenggarakan sejak tang-gal 2 juni hingga 22 juni 2009.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dan-dim 0416 Bute, Dolog Pasaribu, unsur muspida kabupaten tebo, kepala SKPD Tebo, pasukan dari Dandim 0416/Bute serta warga desa Tengah Ulu.

Dalam Sambuatannya, Bupati Tebo mengucapkan terima kasih kepada

seluruh personil TNI yang terlibat dalam kegiatan ini, termasuk juga kepada masyarakat yang telah ikut bergotong royong menyelesaikan pekerjaan ini. “Semoga hasil kerja bersama ini benar-benar bisa bermanfaat bagi masyarakat semua,” ujar Madjid Muaz. (rb)

Lagi, Satu Penderita DBD MeninggalTerhitung Sudah 105 orang Terserang DBD

bocah warga Kelapapati Tengah Bengkalis meninggal dunia di RUSD Bengkalis. Nyawanya tak terselamatkan karena vi-rus dengue sudah menyerang pembuluh darah yang mengaki-batkan pembuluh darah pecah (DSS).

Dengan demikian hingga Juni 2009, dari sebanyak 105 kasus DBD di Kabupaten Bengkalis, 3 orang diantara meninggal dunia, sementara yang lainnya bisa diselamatkan. Melihat t ingginya angka penderita DBD, tak bisa tidak masyarakat

harus mandiri untuk hidup sehat sebagai upaya memberantas sarang nyamuk aides agepty yang menularkan virus dengue

Informasi dari Direktur RSUD Bengkalis Dr Abdul Mutholib Rambe pada juni 2009 ini saja tercatat sebanyak 23 penderita

DBD dan 3 orang meninggal dunia. Sementara saat ini yang masih dirawat sebanyak 5 orang satu diantaranya dirawat di ICCU, namun sudah dapat ditangani.

Kepala Dinas Kesehatan Beng-kalis Edi Setiawan kemarin (23/6), mengakui jika satu lagi warga meninggal karena DBD. Pihak Diskes katanya langsung

melakukan epidemiologi (PE) yakni melakukan penyelidi-kan. Dan dari penyelidikan yang dilakukan fogging harus dilakukan.

“Fogging baru dilakukan jika sudah ada kasus, dan ini se-benarnya kurang efektif dalam mengatasi persoalan DBD, karena hanya bersifat mema-tikan nyamuk, bukan membe-

rantas sarang dan jentik-jentik. Justru yang harus dilakukan itu menerapkan pola hidup sehat. Dan kesadaran masyarakat un-tuk hidup sehat mandiri. Artinya untuk membersihkan lingkungan sebagai upaya pencegahan ber-kembangbiaknya nyamuk, bu-kan atas perintah atau menunggu ada gotong royong, namun atas kesadaran sendiri. (jpnn)

BENGKALIS - Virus dengue kembali merenggut korban. Senin malam (22/6) seorang

fOTO-fOTO:IST/jAMbI InDEPEnDEnT

Page 7: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Jambi Independent RABU, 24 JUNI 2009

Idris Saleh Segera ---------------- dari hal 8

Keduanya juga dikenakandenda sebesar Rp 50 juta sub-sider tiga bulan kurungan atasperbuatan melakukan tindakpidana korupsi secara bersama-sama sehingga menyebabkankerugian negara. Dalam perka-ra itu, keduanya tetap berstatustahanan kota.

Putusan PT Jambi jauh lebihrendah dari putusan Penga-dilan Negeri (PN) Jambi dantuntutan JPU sebelumnya. Na-mun keduanya tetap mengaju-kan kasasi.

Dalam persidangan di PNJambi, Idris divonis majelishakim dengan hukuman 1tahun 6 bulan sedangkanRosma Juita 1 tahun. Semen-tara itu, dalam tuntutan JPU,Idris dituntut 4 tahun pen-jara dan Rosma 2 tahun pen-jara.(lyn)

Polisi Tetapkan Satu Tersangka --------------------------- dari hal 8

Dipukul, Petani Lapor ke Polda --------------------------- dari hal 8 Punya Dua Suami, Dituntut ---------- dari hal 8Divonis 6 Tahun, Istri Sunaryo Menangis-------------------------------------- dari hal 8 Pada persidangan sebelumnya,

Edi Pranoto mengaku, sebelummenikah dia tahu terdakwa sudahpunya suami dan belum dicerai-kan. Dia pun sudah pernah memin-ta pada terdakwa agar minta ceraidari suaminya. “Malah malamnya,suaminya panggil saya. Dia suruhkami berdua pergi,” papar Edi padapersidangan sebelumnya dengankapasitas sebagai saksi.

Edi juga menceritakan, awalnyadia sering dicurhati terdakwa yangkebetulan tetangganya. Kemudi-an dilanjutkan berpacaran sekitardua bulan. Dalam pacaran itu, diamengakui sudah beberapa kalimelakukan hubungan intim. Barukemudian mereka lari ke Bungountuk menikah.

Untuk memuluskan rencana itu,

Edi mengaku mengambil KTPdengan domisili di Sungaibuluhsedangkan Siti di BTN lintas Asri.“Semua saya yang mengurus,”ungkap Edi.

Sedangkan terdakwa Siti, wargaLantak Seribu, Kecamatan Pe-menang, dalam keterangannya,mengaku nekat melakukan per-buatan itu karena selama ini takmendapat perhatian penuh darisuaminya.

“Saya sudah berusaha baik-baikminta cerai, tapi dia tidak maumenceraikan,” kata wanita yangjuga mengaku sudah tujuh kalimelakukan hubungan intim de-ngan Edi Pranoto sebelum meni-kah. Itu dilakukan di rumah EdiPranoto saat orangtua Edi tidakberada di rumah.(zie/rb)

Elly divonis hakim enamtahun penjara. Sepanjanghakim membacakan amarputusan, Elly menangis dimuka persidangan. Sedang-kan Sunaryo divonis hakimselama delapan tahun pen-jara. Keduanya juga dikena-kan denda sebesar Rp 150juta subsider satu bulan ku-rungan.

Barang bukti berupa pilekstasi sebanyak 150 butirdan HP Nokia tipe 1600dirampas untuk dimusnah-kan. Sedangkan motor Ya-maha Mio dikembalikan ke-pada terdakwa.

Adapun hal yang membe-ratkan keduanya, tindakan

keduanya tidak mendukungprogram pemerintah yanggencar memberantas pereda-ran narkoba. Ditambah ter-dakwa Sunaryo sudah per-nah dihukum dengan per-buatan yang sama.

Hal yang meringankanadalah keduanya mengakuiperbuatan mereka dan ber-janji tidak mengulangi lagi.Selain itu, keduanya jugamasih memiliki tanggungankeluarga.

Terhadap putusan itu, baikterdakwa maupun JPU me-ngatakan pikir-pikir. Parapihak diberi waktu tujuhhar i untuk menanggapiputusan.(lyn)

Sementara itu, Kapolres Tan-jab Timur Ajun KomisarisBesar Polisi Budi Wasono ke-tika dihubungi mengatakan,dirinya memang sudah di-hubungi pihak Polda Jambiterkait kasus tersebut. “Kitajuga sudah memanggil beber-apa anggota, tapi sampai saat

ini belum ada yang mengaku,”katanya.

Menurut Budi, kasus pem-bakaran tersebut merupa-kan pembakaran gubuk diDesa Teluk Dawa, Kecama-tan Dendang. Karena dicu-rigai sebagai pelaku, AbdulKarim dijemput oleh anggota.

Terkait laporan tersebut, Budimenegaskan, p ihaknya a -kan mencar i pe lakunya.“Saat ini sedang kita dala-mi. Jika memang ditemukanpelakunya, tentu saja akan adatindakan dari dalam,” kataBudi.(rib)

“Karena itu (sawit, red) kanbarang sitaan, kalau didiam-kan terus juga nanti bakalbusuk,” katanya.

Sementara itu, sebagian ang-gota masih tetap berada dilapangan untuk berjaga-jaga.Setelah berhasil mengaman-kan 8 ton truk bermuatan sawititu, polisi kembali mendatangi

lokasi. Namun ternyata truklain yang diduga masih beradadi sana sudah tidak ada lagi.

Tertangkapnya delapan trukbermuatan sawit itu setelahpolisi menerima laporan dariPT Asiatic Persada tentangadanya pencurian sawit. Poli-si langsung bergerak. Gunamelakukan penyelidikan le-

bih lanjut, polisi masih akanmengumpulkan bukti-buktilain. Delapan truk yang sem-pat diamankan tersebut ber-nopol BH 8319 BI, BH 8091BU, BH 8118 BI,BH 8094BI, BH 7056 PU, BH 9363TB, BH 8137 BI, dan BH 8071BI. Diperkirakan tiap truk ber-muatan 7 ton.(rib)

Page 8: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi IndependentRabu, 24 juni 2009

eddy junaedy/jambi independent

sidang terdakwa kasus pengeluaran Sppd fiktif, Hj imah, saat menjalani sidang.

lintasIdris Saleh Segera

Dieksekusi

Divonis 6 Tahun, Istri Sunaryo Menangis

Dipukul, Petani Lapor ke PoldaTuding PelakuAnggota PolresTanjab Timur

JAMBI – Abdul Karim (52) melaporkan anggota Polres Tan-jab Timur ke penjagaan Polda Jambi, Senin (22/6). Pria yang bekerja sebagai petani itu melapor karena merasa tidak senang atas perlakuan anggota Polres Tanjab Timur pada dirinya.

Kepada polisi, Abdul Karim yang sehari-hari tinggal di Jalan Syahbandar, RT 02, Kelura-han Muarasabak Ulu, Keca-matan Muarasabak Timur, Tanjab Timur, itu mengaku telah dipukuli saat dimintai keterangan di Polres Tanjab Timur.

Awalnya Abdul Karim dijem-put anggota Polres Tanjab Timur, Jumat (19/6) sekitar pukul 18.00 WIB, dengan m e m b a w a s u r a t p e r i n t a h penangkapan atas nama Ab-dul Karim. Saat itu korban disangka tela terlibat tindak pidana pembakaran di Desa T e l u k D a w a , K e c a m a t a n

Dendang.Kemudian korban dibawa ke

Pospol Parit Culum. Dari Pospol itu, korban langsung dibawa ke Polres Tanjab Timur. Di sana korban ditanya apakah benar pe laku pembakaran tersebut. Korban mengatakan tidak pernah melakukan pem-bakaran.

Korban kemudian malah di-pukuli. Sepengakuannya, korban tidak tahu berapa orang yang telah memukulinya. Akibat pemukulan tersebut, korban mengalami luka memar di lengan kanan, gigi goyang, bibir pecah, kaki sebelah kiri bengkak, dan luka pada kepala.

Karena tidak terbukti telah melakukan pembakaran, korban dibebaskan. Tidak terima atas tindakan itu, korban melaporkan-nya ke Polda Jambi.

Kabid Humas Polda Jambi Ajun Komisaris Besar Polisi Syamsudin Lubis ketika di-konfirmasi kemarin (23/6) membenarkan laporan tersebut. “Laporannya sudah masuk. Se-mentara ini kasus tersebut masih kita selidiki,” katanya. n

Polisi Tetapkan Satu TersangkaSebagai Penadah Sawit diamankan polisi. Selain Ijal, kata Agus,

orang-orang yang diamankan tersebut telah dipulangkan. “Mereka hanya men-gantar,” katanya.

Berdasarkan pengakuan Ijal kepada polisi, dia membeli sawit dari warga seharga Rp 500 per kilogram. Meski begitu, polisi tidak langsung per-caya dengan pengakuan Ijal terse-but. Sampai saat ini, polisi masih te tap menelusur i pengakuannya. Yang jelas, tersangka bakal dijerat dengan Pasal 480 KUHP.

Agus juga mengatakan, 56 ton sawit yang diamankan tersebut bakal dilelang untuk seterusnya hasil lelang tersebut dikembalikan ke kas negara. n

JAMBI – Polisi kini telah menetapkan satu tersangka terkait kasus delapan truk bermuatan sekitar 56 ton sawit curian yang diamankan pada Minggu (21/6) lalu. Hal itu ditegaskan oleh Kasat I Direktorat Reskrim Polda Jambi Ajun Komisaris Besar Polisi Agus Suharnoko ketika diwawancarai kemarin (23/6).

Tersangka tersebut adalah Rijaldi alias Ijal (33), warga Mersam, Batanghari. “Dia (Ijal, red) sekarang sudah kita tahan seb-agai tersangka. Dia merupakan penadah,” kata Agus di ruangannya.

Ijal termasuk di dalam delapan sopir, empat kernet, dan satu pengawas yang baca polisi hal 7baca idris hal 7

JAMBI - Istri Sunaryo, Elly Endria, terlihat menangis saat divonis hakim bersama suaminya yang merupakan mantan atlet lifter (angkat besi) Jambi, pada sidang lanjutan perkara kepemi-likan psikotropika jenis ekstasi yang digelar kemarin (23/6) di Pengadilan Negeri (PN) Jambi.

Sidang yang dimulai sekitar pukul 14.30 WIB itu menga-gendakan pembacaan vonis

atas keduanya. Meski berkas keduanya dipisah, pembacaan putusan dilakukan bersamaan, karena majelis hakim dan jaksa penuntut umum yang menangani kasus itu sama.

Yang bertindak sebagai hakim ketua adalah Achmad Subaidi dan Ida Marion SH serta Rita Herlina bertindak sebagai hakim anggota. Sedangkan sebagai JPU adalah Jaka B Wibisana SH.

Dalam amar putusan yang diba-cakan, keduanya dinyatakan ter-bukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana memi-liki dan menyalurkan psikotropi-ka golongan 1 dan 2. “Sesuai da-kwaan yang diajukan JPU, yakni Pasal 59 ayat 2 huruf e dan Pasal 62 UU Nomor 7 Tahun 1997 ten-tang Psikotropika,” ujar Achmad di muka persidangan. n

baca divonis hal 7

Kepala BPPJ Setujui SPPD Fiktif

Suci idealin, Kota Jambi

Keterangan Terdakwa, Hj Imahdalam Sidang

KePALA Badan Perpustakaan Provinsi Jambi (BPPJ) Rivai tidak bisa lagi mengelak soal keterlibatan-nya dalam kasus pengeluaran surat perintah perjalanan dinas (SPPD) fiktif di institusi yang dia pimpin. Itu sebab pengeluaran SPPD fiktif terse-but mendapat persetujuan dari dirinya selaku kepala BPPJ.

Hal itu terungkap dari pengakuan dari Hj Imah, satu dari tiga terdakwa kasus SPPD fiktif tersebut, dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Jambi kemarin (23/6). Sidang yang dipimpin hakim ketua Ida Marion SH dengan anggota Syaiful Arif dan Rita

Herlina itu mengagendakan pemerik-saan terdakwa. Adapun yang bertindak sebagai jaksa penuntut umum (JPU) adalah Mulyono dan Yusuf Luqita. Se-dangkan terdakwa didampingi kuasa hukum Frederica SH.

Di hadapan hakim, Hj Imah yang menjabat sebagai kepala Subbidang Kelembagaan BPPJ mengungkapkan, kepala BPPJ menyetujui pembuatan SPPD fiktif tersebut. Dia juga men-gakui adanya kegiatan talkshow yang dilaksanakan di BPPJ.

“Saat itu tidak ada anggaran untuk mengadakan keg ia tan i tu ( ta lk -show ) , ” ka t anya . La lu hak im menanyakan , baga imana keg-iatan tersebut bisa dilakukan, se-dangkan tidak ada anggaran sama sekali? “Saya menggunakan uang pribadi dulu untuk menutupi,” katanya di muka pers idangan. Uang t e rdakwa yang t e rpaka i untuk menutupi biaya tersebut se-jumlah Rp 26 juta.

Menurut Imah, untuk mengganti uang yang telah terpakai itu, dikeluar-

kan SPPD. “Kepala Badan menyetujui pembuatan SPPD itu untuk menutupi biaya yang telah dikeluarkan untuk mengadakan talkshow,” katanya.

Ia juga mengakui, terdapat lima SPPD yang dikeluarkan atas nama terdakwa. “Tapi saya tidak menikmati sedikit pun hasilnya, hanya cukup untuk menutupi biaya talkshow,” terangnya lagi.

Imah juga menegaskan, kepala BPPJ mengetahui adanya cara menutupi ang-garan yang telah dikeluarkan dengan menggunakan SPPD fiktif yang dibuat, yakni surat perintah ada tapi tidak dijalankan. Sidang lanjutan kasus itu dua minggu lagi, untuk mendengarkan tuntutan dari JPU.

Sementara itu, Kepala BPPJ Rivai saat dihubungi tadi malam tidak mem-berikan tanggapan. Dia sempat men-gangkat telepon Jambi Independent. Namun saat dimintai tanggapan soal keterangan Hj Imah, dia diam. Saat ditanya lagi, dia hanya mengatakan, “Halo, halo. Tidak dengar.” Ketika dihubungi, ponselnya aktif, namun lang-sung dimatikan. (*)

Punya Dua Suami, Dituntut 7 Bulan

MUARABUNGO - Siti Mar-s idah a l i a s S i t i l angsung tertunduk lemas. Terdakwa dalam kasus memiliki suami dua (po l i and r i ) i t u , pada sidang di Pengadilan Neg-eri (PN) Muarabungo yang dipimpin hakim ketua Gede Ariawan, dituntut hukuman t u j uh b u l an pen j a r a o l eh jaksa penuntut umum (JPU) Teguh Priatno.

JPU menilai, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 279 ayat (1) ke-1 KUHP, yakni mengadakan perkawinan padaha l t ahu perkawinan atau perkawinan-perkawinan yang telah ada menjadi penghalang untuk itu.

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin, 20 Oktober 2008. Per-buatan terdakwa berawal pada Rabu (8/10/2008) sekitar pukul

23.00 WIB ketika kabur dari rumahnya. Kemudian dia me-nemui Edi Pranoto bin Swandi (suami kedua) di Jalan Lintas Sumatera di Pamenang.

Setelah bertemu Edi, terda-kwa bersama Edi, dengan me-numpang salah satu bus, menuju Muarabungo. Setiba di Mua-rabungo, keduanya menginap di rumah Sumito, seorang kerabat korban di Perumahan BTN.

K e m u d i a n p a d a S e n i n (20/10/2008) sekitar pukul 11.00 WIB, keduanya menda tan-g i Kan to r Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bungo-dani untuk melangsungkan pernikahan. Padahal terda-kwa mengetahui perkawinan yang telah ada dengan Suki-man menjadi penghalang sah untuk melakukan perkawinan dengan Edi Pranoto. n

baca dipukul hal 7

baca punya hal 7

ditaHan: truk pengangkut sawit yang diamankan. polisi telah menetapkan seorang tersangka, yang saat ini telah ditahan.

eddy junaedy/jambi independent

JAMBI - Mantan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Depag Jambi Idris Saleh, yang ter-sangkut kasus korupsi proyek pengadaan buku dan alat peraga agama Islam 2005 senilai Rp 1,2 miliar, yang telah divonis 2 tahun penjara oleh Mahkamah Agung (MA), segera dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jambi.

Hal itu dikatakan Kepala Kejari Jambi Bambang Riawan melalui Kasi Pidsus Kejari Jambi Donny H Setawan. Kapan dilakukan eksekusi, Donny tidak

memastikan. “Kita masih akan lakukan koordinasi dengan Lembaga Pemasya-r a k a t a n J a m b i , ” ungkapnya.

Hal itu dilakukan mengingat kondisi kesehatan terpidana yang tidak memung-kinkan dieksekusi. “Kita juga akan berkoor-dinasi dengan kuasa hu-kum yang bersangku-tan,” tambahnya.

Untuk diketahui, selain divonis dua tahun penjara, terdakwa juga diharuskan membayar denda sebesar Rp 50 juta subsider enam bulan kurungan. Kejaksaan tidak dapat langsung melakukan eksekusi, karena Idris sedang dalam keadaan sakit.

Pemberitahuan atas sakitnya terpidana juga telah disertai surat keterangan dokter. Dalam kasus itu, selain Idris Saleh, Bendaharawan Depag Rosma Juita juga ditetapkan sebagai ter-sangka. Permohonan kasasi yang diajukan mantan pejabat Depag itu menyusul dike-luarkannya putusan Pengadilan Tinggi (PT) Jambi yang menvonis Idris Saleh 10 bulan dan Rosma Juita 9 bulan. n

Page 9: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

RABU, 24 JUNI 2009Jambi Independent

Iwan Menyanyi karena PetaniJAKARTA “ Asalkan ada

misi menyejahterakan orangbanyak, Iwan Fals selalu siapsedia. Salah seorang legendahidup musik Indonesia itubertekad untuk tidak redupmenyuarakan lirik tentangkeadilan dan kritik sosial.

Iwan mengungkapkan tekad-nya tersebut saat manggung

selama lebih dari tiga jam tanpahenti, tanpa ganti kostum, dan tan-pa diselingi musisi lain di pang-gung utama Pekan Raya Jakarta(PRJ) Senin malam lalu (22/6).

Dimulai dengan lagu Ban-gunlah Putra Putri Pertiwi, Iwanberusaha membangkitkan seman-gat nasionalisme. Kemudian diamelantunkan lagu Desa tentang

petani dan desa yang fungsinyasangat penting bagi bangsa.

“Seharusnya, pemerintahfokus membangun akses kedesa agar pasokan bahan pan-gan ke kota lancar. Begitu punsebaliknya, petani dan desa se-jahtera,” teriaknya yang disambutsorak sekitar lima ribu penonton.

Sebelum konser, Iwan men-

gatakan bahwa kehadirannyake PRJ bukan sekadar diun-dang lalu dibayar. Dia datangkarena even yang difasilitasiHartati Murdaya, petinggi Pe-kan Raya Jakarta, itu mewada-hi ribuan orang untuk hidup.“Ini tempatnya orang dagang.Untuk berjuang, untuk hidup.Dua ribuan orang dagang disini. Ada ratusan pedagang ker-ak telor di pinggir jalan. Sayasuka makan kerak telor,” ujarn-

ya, lantas tertawa. Karena itu, kata Iwan, kegia-

tan tersebut memiliki banyakefek domino. Misalnya, ada pe-mentasan yang menguntung-kan musisi dan menghibur pen-gunjung. Ada pedagang, bany-ak pembeli. “Tadi, katanya ban-yak Oi (julukan penggemarIwan, Red) dari Tulungagung.Berarti kan terjadi transaksi dibidang transportasi juga,” pa-parnya.(jpnn)

Page 10: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Jambi Independent

rabu, 24 juni 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: rp. 3.500,-

SIUPP: No.169/SK/Menpen/SIUPP/A, tanggal 26 April 1986Alamat Redaksi/Sirkulasi/Iklan:

Graha Pena Jambi Jl. Jenderal Sudirman No 100 ThehokKota Jambi

Telp Redaksi 0741 35272, Faks 0741 35267; Iklan/Pemasaran 0741 23330, 35265, Fax 0741 23740

Perwakilan Jakarta: Graha Pena Jakarta,

Perintis: H Syamsul Watir (alm), General Manager: Ali Fauzi, Wakil General Manager/Pemimpin Perusahaan: Dulpiah, Pemimpin Redaksi: Joni Rizal, Redaktur Pelaksana: M. Surtan, Paisal Khumar, Koordinator Liputan: Paisal Khumar, Redaktur: Asriadi, Darmanto Zebua, Joni Rizal, M. Surtan, Paisal Khumar, Staf Redaksi: Alpadli Monas, Fachrul Rozi, Jumeidi, Risza SB, Surya Elviza, Deddy Rachmawan,Finarman, Siti Masnidar, Yusnaini Copy Editor: MH. Abid, Fotografer: Aldino, Rolanda Hasibuan, Eddy Junaedy, Event Organizer: Fitrilidia, Sekretaris Redaksi: Eniwati, Grafis/Ilustrator: Djatmiko, Wartawan di Daerah: Chandra Purnomo (Tanjab Barat), Musrip Hulaimi (Tanjab Timur), Franciscus (Muarojambi), Lukman Hakim (Batanghari), Bangun Santoso (Tebo), Dwi Setyowati (Bungo), Nova Diansyah (Merangin), Herma Yulis (Sarolangun), Sepriyono (Kerinci), Wartawan Jambi Independent di luar negeri lewat Jawa Pos News Network (JPNN): Ramadhan Pohan (Washington DC), Dany Suyanto (Hongkong), Nurani Susilo (London). Bagian Pracetak: Safarudin Aris, Ishak, Adam Surata, Asep Syaefudin . Bagian Iklan: Illah Rohilah (Kabag), Munawir (Wakil Kabag), Etika Utama (Desain), A Ridwan, Wita. Bagian Pemasaran: , Prawoto (Kabag), Tareju, Sarjono, Setiadi . Sirkulasi: Hamsir, Aris. Bagian Keuangan: Novita KS (Accounting), Megawati (Kasir), Liza Elvistia, Bagian Umum & Personalia: Soleh Rofiki (Kabag), Rusanna Watir, Edi Erlani, WahyuHarga Langganan: Rp 87.500,- per bulan (dalam kota), Harga Eceran: Rp 3.500,- (Luar kota tambah ongkos kirim). Tarif Iklan Umum/Display Hitam Putih: Rp 30.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour: Rp 40.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour Halaman 1: Rp 92.000,- per mm kolom, Iklan Baris: Rp. 9.000 per baris. Nomor Rekening PT Jambi Independent Press; BNI Cabang Jambi No: 0069879445, BCA Cabang Jambi: 119.1327000, Danamon Cabang Jambi: 008251019, BII Cabang Jambi : 3564. Penerbit: PT Jambi Independent Press, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris : Ny Hj Miarni S Watir, Ny Hj Sri Nurbani Retno Watir, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: H Suparno Wonokromo, Direktur: Ali Fauzi. Per-cetakan: PT Jambi Press Intermedia. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

p Wartawan Jambi Independent dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita p Wartawan Jambi Independent dibekali ID card/surat tugas yang selalu dikenakan saat bertugas

Harian Pagi Jambi Independent

Pengasuh: rosefina

“ Jawaban yang lemah lembut meredahkan kegeraman tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah “

surya elviza, Kota Jambi

film

Melihat Suasana Pencukuran Massal 53 Upasaka

Ritual Wajib, Anak-anak Terlihat Menikmatisalah satu kewajiban upasaka

dalam mengikuti Pabbaja adalah mencukur rambut king-

ga plontos. Kemarin (23/6), secara serempak, 53 upasaka

yang mengikuti Pabbaja di sakyakirti dicukur oleh para biku dan bikuni. bagaimana

suasana pencukuran massal tersebut?

Puluhan anak berusia 10-15 tahun terlihat sedang mengantre di meja ber-tuliskan “daftar ulang”, baik laki-laki maupun perempuan. Mereka adalah anak-anak yang mengaku siap menjadi samanera kecil. Untuk itu, mereka harus rela menggundul kepala hingga licin dan plontos. Sepertinya tidak ada rasa takut atau menyesal di wajah polos mereka. Sebagian besar malah terlihat bersenda gurau dengan te-man sebaya, meski ada sebagian yang terlihat sedikit tegang. Tak tahu pasti apakah mereka bersedia menggundulkan kepala mereka atau tidak sama sekali. Tetapi dengan tertulisnya nama mereka di daftar peserta, para calon samanera kecil itu harus rela menggundul semua rambut mereka. “Penggundulan hanya untuk para upasaka atau anak-anak laki-laki,” ujar Biku Giri Virya yang sibuk menggunting dan menggundul kepala satu per satu peserta yang hadir.

Tepat pukul 12.30 WIB, saat ma-tahari cukup terik bersinar, satu per satu peserta harus merelakan rambut indah mereka dipotong. Tidak butuh waktu lama, sekitar 15 menit, kepala sa tu

orang langsung plontos. Meskipun cuaca cukup panas, anak-anak tersebut terlihat sangat menikmati. Apalagi setelah melihat beberapa teman mer-eka yang sudah plontos. Suasana cukup menarik, setelah sebagian besar berkepala plontos, mereka beramai-ramai mandi dan membersihkan wajah serta tubuh guna melanjutkan ritual lainnya. Dengan wajah penuh canda dan tawa, mereka menikmati suasana pencukuran massal itu.

Menurut Biku Giri Virya, pencukuran merupakan salah satu syarat yang harus

dilakukan seorang upasaka yang ingin mengikuti Pabbaja. “Itu adalah ritual khusus yang harus dipenuhi. Artinya, mereka melepaskan semua kepent-ingan dunia untuk kemudian melatih diri melakukan semua ajaran Buddha dengan baik dan benar,” bebernya.

Khusus pada pelatihan Pabbaja, pencukuran tidak berlaku bagi anak perempuan. “Jika mereka benar-benar ingin menjadi bikuni, baru rambut mereka dicukur. Itu sekadar latihan, jadi tidak perlu dipotong,” jelasnya di sela kesibukan.

Sedikit berbeda, ada rambut se-orang peserta yang terlihat tidak plontos. Di bagian depan diting-galkan sedikit, seperti bulan sabit. Apa maknanya? Dialah yang pada saat acara puncak menjadi wakil teman-temannya sebagai simbol pencukuarn. “Pada saat pembukaan nanti, rambut yang tersisa tersebut akan dipotong lagi oleh biku yang memimpin upacara pembukaan. Itu sebagai pertanda semua peserta upasaka sudah digundul semua,” ujarnya.(*)

Miracle on 1st StreetPreMan adalah salah satu

‘profesi’ yang paling ditakuti di negara manapun juga karena selain kerap harus berhadapan dengan bahaya, hidup mereka juga sangat keras. Namun, Pil-je adalah sosok yang memutarbalikkan anggapan tersebut. Selain wajahnya yang jauh dari seram, ternyata ia juga memiliki sifat penakut.

Dasar apes, ia diminta oleh sang atasan untuk mengumpulkan rekan-rekannya dan mengusir sekelompok penduduk yang menolak pindah dari tempat tinggal mereka yang hendak digusur. Ketika hendak beraksi, ia malah berhadapan dengan Myeong-ran.

Bisa dibayangkan apa jadinya bila seorang preman penakut bertemu seorang wanita yang ‘kebetulan’ juga berprofesi sebagai petinju. Namun perlahan-laha, Pil-je mulai menemukan arti kehidupan yang sesungguhnya setelah bergaul dengan mereka yang tinggal di tem-pat yang hendak digusurnya, dan berbalik menentang sang atasan.

Bagi penggemar film Korea, dua pemeran utama Miracle on 1st Street tentunya sudah tidak asing lagi mengingat mereka pernah tampil bareng di film pen-gocok perut Sex is Zero beberapa tahun silam. Tidak salah, mereka adalah Ha Ji-won dan Im Chang-jeong. (*)

Sakyakirti Gelar PabajjaAjarkan Dhamma pada Anak Sejak Dini

JaMBI - Anak ibarat kertas putih. Orangtualah yang bisa menentukan dan mengarah-kan mereka untuk menjadi anak yang baik atau buruk. M a k a p e n d i d i k a n a g a m a merupakan sa tu hal pent -ing yang harus d ia ja rkan sejak dini. Untuk itu, dalam rangka memberikan pelajaran Dhamma, Vihara Sakyakirti menggelar program melatih diri atau Pabajja bagi anak-anak samanera dan upasaka mulai 23 hingga 28 Juli 2009. Acara itu diikuti 84 anak yang

terdiri atas 53 upa-saka (anak laki-

lak i ) dan 32

upasika (anak perempuan). Peserta tidak hanya datang dari Kota Jambi, tapi juga dari Batam, Palembang, Jakarta, Kualatungkal, dan Muaro-jambi.

M e n u r u t B i k u D h a m m a Cando, Pabajja berasal dari bahasa Pali, artinya melatih diri. Dalam hal ini, Pabajja adalah melatih diri untuk menjalani kehidupan kebikuan. Untuk itu, selama mengikuti Pabajja, peser-ta diharapkan bisa menjalani kehidupan seorang biku. “Me-reka harus menjalani delapan sila dalam ajaran Buddha,” ujarnya saat ditemui di Vihara Sakyakirti kemarin (23/6).

Delapan sila tersebut adalah tidak boleh membunuh, tidak boleh mencuri, menghindari perbuatan asusila, tidak bo-leh berbo-

hong, menghindari minum-minuman yang memabukkan, tidak boleh makan lewat dari pukul 12.00 siang (kecuali minum), tidak boleh menari dan menyanyi yang membawa kemaksiatan, dan tidak boleh menggunakan harum-haru-man.

Selama mengikuti Pabajja, para peserta harus belajar dan melatih diri mengikuti delapan sila tersebut. Dhamma Cando menjelaskan, dalam kegiatan itu, peserta akan tinggal dan tidur di Vihara. Pagi hari mereka harus bangun, kemudian men-dengarkan Dhamma, membaca Paritta, latihan meditasi, dan mengikuti kegiatan lain. Itu akan melatih a n a k - a n a k u n t u k bisa hidup mandiri karena jauh dari orangtua me-r e k a . “ S e -gala sesuatu

hal kebaikan memang harus dilatih sejak anak masih kecil. Itu akan membuat mereka ter-biasa sehingga saat dewasa nanti bisa menerapkan ilmu yang mer-eka pelajari selama mengikuti Pabajja,” beber Biku Dhamma Cando ramah.

Dari pantauan Jambi Indepen-dent, 53 upasaka dan 31 upasika terlihat sedang mempersiapkan diri. Mulai dari fisik, mental, maupun semua keperluan mer-eka. Mereka diantar orangtua masing-masing. Orangtua ber-harap agar anak mereka bisa ber-latih menjalani delapan sila yang merupakan ajaran Buddha yang harus dijalani. “Itu bisa melatih anak untuk mandiri dan belajar mendalami ajaran Buddha. Apa-lagi saat ini adalah masa liburan. Itu sangat baik dimanfaatkan dan diisi dengan kegiatan yang leb-ih bermanfaat. Daripada mereka tidak ada kegiatan di rumah, lebih baik mengikuti kegiatan Pabajja yang tentu sangat bermanfaat,” beber salat satu orangtua murid yang datang.

Menurut Ketua III Generasi Muda Buddhis Sakyakirti Kota Jambi Heri, acara tersebut se-ngaja digelar saat libur seko-lah. Itu agar anak bisa men-gisi waktu libur dengan kegiatan yang bermanfaat. “Kita berharap agar dengan mengikuti latihan itu, mereka bisa menjadi lebih baik lagi. Paling tidak mereka bisa bersikap lebih sopan pada orangtua serta menghormati guru dan teman-teman mereka,” ujarnya.(viz)

DiCuKur : seorang peserta Pabajja dicukur oleh seorang biku.

BERSiAP JADi BiKU KECil

Para peserta Pabajja sedang bersiap-siap mengikuti rang-

kaian kegiatan Pabajja.

surya elviza/jambi inDePenDent

su

ry

a e

lv

iza

/ja

mb

i in

De

Pe

nD

en

t

Page 11: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Jambi Independent RABU, 24 JUNI 2009

FO

TO

-FO

TO

IS

T /

JAM

BI

IND

EP

EN

DE

NT

SpektakulerFIF Syariah-Honda Berbagi

Bersama Pondok Zakat Shoutul FitrahJAMBI – Sepanjang Juni

2009, Federal International Fi-nance (FIF) Syariah bersamaHonda berkerja sama denganPondok Zakat Shoutul Fitrahmenggelar kegiatan bazar sem-bako murah dan pengobatangratis. Kegiatan itu dalam rang-ka mewujudkan komitmen ter-hadap pengembangan sistemsyariah yang diemban perusa-haan pembiayaan Federal Inter-national Finance (FIF) Syariahsebagai bentuk corporate so-cial responsibility.

Kegiatan bazar dan sembakomurah dibarengi pameran ber-bagai sepeda motor Honda, ter-masuk cara mudah memilikiHonda melalui perusahaanpembiayaan FIF Syariah.

M Mugtadir Alam, marketingeksekutif Syariah PT FIF Ca-bang Jambi, menyatakan ba-hwa kegiatan tersebut dilak-sanakan sebagai bentuk ko-mitmen FIF Syariah mem-berikan pelayanan terbaikkepada para konsumen yangtelah memilih produk sepe-da motor Honda mela lu ipembiayaan FIF Syariah.

Setiap pembelian sepeda mo-

Pondok Zakat Merespons PositifAcara FIF Syariah-Honda

FIF Syariah, Cara Mudah Miliki Sepeda Motor Honda

nnnnn ADVERTORIAL

PANITIA KEGIATAN

WARGA ANTUSIAS : Warga sangat antusias mengikuti acara yang diadakan FIF Syariah-Honda

PENGOBA-TAN GRATIS :

Warga saatmengikuti

pengobatangratis dalam

kegiatanyang

diadakan FIFSyariah-

Hondabersama

Pondok Zakat(foto kana

dan kiri)

tor Honda melalui FIF Syariah,konsumen langsung meny-umbang sebesar Rp 100 ribu.Nah, kegiatan tersebut da-lam rangka merealisasikansumbangan yang sudah ter-kumpul dari para pembelisepeda motor Honda melaluiFIF Syariah pada Februari hing-ga Maret lalu.

Hasil sumbangan tersebut,yang kemudian diwujudkandalam bentuk kegiatan bazarsembako murah, pengobatangratis, dan pameran sepedamotor Honda. Secara keselu-ruhan kegiatan tersebut a-kan difokuskan pada Juni ini.Sedangkan puncaknya dise-lenggarakan bersamaan den-gan ulang tahun FIF.

Tiga minggu sebelumnya,kegiatan sudah dilaksanakan ditiga kabupaten, yakni Muaro-jambi, Kota Jambi, dan TanjabBarat.

Di Muarojambi, kegiatan di-pusatkan di Sungaibahar danSimpang Kiri Sengeti. Kemu-dian di Tanjab Barat di daer-ah Merlung. Sedangkan diKota Jambi digelar di Peru-mahan Aurduri.

Dan minggu keempat rangka-ian kegiatan itu akan dilaksan-akan di Kota Jambi, yakni dikantor FIF Cabang Jambi, JalanHayam Wuruk No 164, Jelu-tung, Kota Jambi.

Menurut dia, semua kegiatanitu merupakan bukti perusa-haan pembiayaan FIF Syari-ah, bukan sekadar berorien-tasi keuntungan (profit ori-ented) , tapi juga memilikimisi sosial (social oriented),yang peduli terhadap mas-yarakat yang memang benarmembutuhkan pertolongan.Menurut dia, kegiatan FIFSyariah-Honda berbagi bersa-ma Pondok Zakat ditujukanuntuk masyarakat yang kurangmampu.(amu)

Dalam BazarSembako Murah danPengobatan Gratis

JAMBI – Pondok Zakat Sho-utul Fitrah menyambut baikdan mengaku senang bisa ter-libat pada kegiatan bazar sem-bako murah dan pengobatangratis. Kegiatan itu dianggapsebagai bentuk kepedulian ter-hadap masyarakat yang ku-rang mampu, sehingga FIF Sya-riah-Honda bersama PondokZakat Shoutul Fitrah melaku-kan kegiatan berupa bazarsembako murah dan pengoba-tan gratis.

Ibnu, manajer keuangan Pon-dok Zakat Shoutul Fitrah, me-nuturkan bahwa pihaknyamerasa senang bisa terlibatpada kegiatan corporate so-cial responsibi l i ty (CSR)yang digelar FIF Syariah-Honda. Dia mengharapkanagar makin banyak perusa-haan yang memiliki komit-men seperti FIF Syariah. Ib-nu menyampaikan apresias-inya kepada pihak FIF Syari-ah Cabang Jambi yang telahmenyalurkan dana CSR padamasyarakat kurang mampu

dengan cara menggelar bazarsembako murah dan pengoba-tan gratis di beberapa kabupat-en di Provinsi Jambi.

“Kita berharap agar kegiatanini rutin digelar,” ujar Ibnu.Kepada tim dokter, perawat,dan apoteker yang sudah ter-libat dalam pengobatan grat-is, Ibnu mengucapkan teri-ma kasih dan apresiasi yangtak terhingga.

Dia juga mengatakan bahwakegiatan tersebut bisa menjadicontoh bagi perusahaan laindalam menyalurkan danaCSR perusahaannya. Tidakitu saja. Dia berharap mas-yarakat yang mampu agardapat menyalurkan zakat ,infak, dan sedekah melaluiPondok Zakat Shoutul Fi-trah agar pihaknya semakinbanyak bisa berbuat untukmembantu masyarakat tidakmampu. “Pondok ZakatShoutul Fitrah merupakanlembaga penyalur zakat, in-fak, dan sedekah. Jadi bagipara wajib zakat hendaknyajangan ragu menyalurkan za-katnya melalui Pondok ZakatShoutul Fitrah. Insya Allah kitaakan menyalurkan hak paramustahiq zakat tersebut sesuai

ketentuan,” ujarnya.Menurut Ibnu, saat ini Pondok

Zakat Shoutul Fitrah sedangmengembangkan pengobatangratis bagi masyarakat tidakmampu dengan cara mem-buat Rumah Sehat Dhuafa.Setiap pasien yang datangakan mendapatkan pengoba-tan gratis. Cikal bakal Ru-mah Sehat Dhuafa sudahada, yaitu klinik umat milikPondok Zakat Shoutul Fi-trah di Jalan Sukarno-HattaNo 42, Kelurahan Pasirputih,Jambi Selatan.

“Pengobatan di sana gratisbagi yang tidak mampu, den-gan catatan memiliki kartuyang dikeluarkan Pondok Za-kat Shoutul Fitrah,” ujarnya.Untuk mewujudkan hal itu,sekali lagi dia berharap agarperusahaan yang memilikidana CSR dan masyarakatwajib zakat, menyalurkan kePondok Zakat Shoutul Fi-trah agar pihaknya bisa ber-buat leb ih banyak untukmasyarakat yang kurang mam-pu. “Jangan segan atau maluuntuk berbuat baik. Apalagiuntuk membantu orang yangmemang membutuhkan,” ka-tanya.(amu)

JAMBI - Banyak pilihan pe-rusahaan pembiayaan yangbisa digunakan untuk menda-patkan pembelian sepeda mo-tor Honda secara kredit. NamunFederal International Finance(FIF) Syariah memberikan ban-yak kemudahan dan keunggu-lan dibandingkan perusahaanpembiayaan lain.

Itu terungkap dari pernyataanM Mugtadir Alam, marketingeksekutif syariah PT FederalInternatioanal Finance CabangJambi kemarin (23/06). Menu-rut Mugtadir, FIF Syariah meru-pakan unit FIF. Namun secaramekanisme kerja, terdapat per-bedaan mendasar. Unit Syariahmemiliki motto “tenteram dan

barakah”. Yang dimaksud den-gan tenteram yakni setiap pem-belian dimulai dengan sebuahakad munabahah antara kon-sumen dan FIF Syariah, sehing-ga pembelian terjadi secara sya-riah. “Dalam FIF Syariah tidakada bunga, yang ada margin,”ujarnya.

Yang tidak kalah penting, kata

dia, biaya keseluruhan daripembelian secara kredit disam-paikan transparan. Denganakad munabahah hingga pen-yampaian total biaya pembe-lian yang transparan ditambahsistem pembungaan yang di-ganti margin itu, ada rasa tenter-am bagi konsumen.

Yang juga tidak kalah penting

yakni implementasi motto bar-akah. Setiap pembelian sepedamotor Honda melalui FIF Sya-riah, akan langsung mendo-nasikan sumbangan yang akandigunakan untuk membantukaum kurang mampu, misaln-ya yang digelar FIF Syariah-Honda berbagi bersama Pon-dok Zakat pada Juni ini. Den-

gan demikian, setiap konsu-men dengan membeli sepedamotor melalui FIF Syariahsudah langsung beramal. “Mu-dah-mudahan sepeda motoryang dibeli akan menjadi bar-akah,” ujarnya.

Kelebihan lain, kata dia, danapermulaan (DP) untuk menda-patkan sepeda motor Honda

ringan. Dengan DP sekitar Rp850 ribuan, seseorang sudahbisa memiliki sepeda motorHonda. Maka dengan banyakn-ya keunggulan itu, kata Mug-tadir, konsumen tidak ragu un-tuk memilih FIF Syariah se-bagai mitra dalam melakukanpembelian kredit sepeda motorHonda. (amu)

Panitia pergelaran bazaardan pengobatan gratis

yang diadakan FIFSyhariah-Honda bersama

Pondok Zakat.

IST /JAMBI INDEPENDENT

Page 12: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

rabu, 24 juni 2009 Jambi Independent

Page 13: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

RABU, 24 JUNI 2009Jambi Independent

June 24, 2009

Jika anda llsn SMU/sederajat inginberkarir di dunia anak, ikuti pendidikansingkat calon guru TK/Playgroup. Ph.0741-7163636.

JI0914 | 17-16/07

Dicari Konsultan dan Asisten Kesehatanseluruh kabupaten dan kota Jambi. SMSidentitas ke 085266195445.

JI0914 | 17-17/07

Supermarket Department Store bthwanita, brpnglmn krj dbidang: 1. Administrasi, 2. Security, 3. Marketing Manager,4. Operasional SDM, 5. Supervisor, 6.Sekretaris. Lmrn dikirm ke PO BOX 302Jambi.

JI0914 | 09-08/07

PG TK SD Karyamandiri Jl. Prabu Siliwangi Rt. 23 Jambi Timur membutuhkan Guru berpengalaman. Hp. 085266383616.

JI0914 | 09-08/07

Butuh cpt staff bagi brosur, gaji 1 jt/bln.Pria-wanita, max. 26 thn, bersediabekerja di luar kota. Kirim lamaran &langsung interview ke Jl. Mayjen.Suprapto Bo. 2 B Unja simpang atasTelanai. 0741-9745331.

JI0914 | 23-24/06

Dibthkan sgr krwyti utk bekerja dicounter Hp. Wanita, max. 25 th, fas.gaji + uang makan. Hp. 081366180009.Gaji nego.

JI0914 | 23-28/06

Dibthkn lulusan SMK Tata Boga u resto,wanita. Hp. 081366142142.

JI0914 | 20-25/06

Dcr karyawan warnet jujur, memahamiteknisi & jaringan. Ph. 7150501.

JI0914 | 23-28/06

Prshn chemicl, pest ctrl, alkes & labmncr: Teknisi Lapngan (pria, 25, SMU),Adm (wnt, 25, D3), Retail (wnt, 22/SMU),Driver (pria, 30, SIM A, SMU). Krm lmrn,CV, lkp, plg lama 2 mggu dr skrg keHRD PO BOX 1457 Palembang (Wwncrdilakukan di Jambi) u/ penempatanJambi.

JI0914 | 24-06/07

Peluang kerja Spanyol & Amerika utkpabrik pengalengan ikan & bengkel kpl.Gaji 1800 USD s/d 2000 USD, umurmax. 40 th, proses cepat bisa potong gaji. Hub. PT. BBM, 021-42874490/08561439919 Ibu Sundari/Bpk Hardy. Bth spon-sor.

JI0914 | 02-01/07

ADMINISTRASIDibutuhkan 1. Adm Sales (Adm), 2.Salesman (SR), 3. BA (SPG). Syrt: minSMA, max. 25 th, sopan, rapi, bersemangat, siap ditempatkan di luar kota.Lmrn krm ke PT. Bintang Suryasindo Jl.Kopral UD Syaring Desa SrikayanganRt. 12 Rw. 02 Kel. Tl. Bakung Jambi.Ph. 571642.

JI0914 | 13-26/06

Btuh a. Adm, b. Guru anak2 (akanditraining) dtmpatkan di Pasir Putih,KONI, Simpang Rimbo, Bungo. Syarat:Wnt, single, max. 23 th, min SLTA. Bawalmrn, pas foto, copy ijazah (ket lulus) keSIP Jl. Oto Iskandardinata 17 kebunKelapa-KONI-Jambi. Plg lmbat 6-7-09.

JI0914 | 24-06/07

AGEN PENGHEMAT BBMDicari Agen Penghemat BBM (Bensin,Solar) s/d 15%. Hub. Santo, 085263856024.

JI0914 | 05-25/06

CR DESAIN INTERIORCr desain interior, bs gbr 3 dimensi. Krmlmrn ke Lr. Abadi No. 66 Jelutung. Hp.08176583137.

JI0914 | 13-26/06

DOKTERPT. LPPI mmbthkan dokter umum utkpegawai JPK Mandiri. Lmrn kirim ke Jl.Ir. Juanda No. 14 Jambi.

JI0914 | 23-28/06

G U R UDicari Guru Bahasa Mandarin sbgpengajar di SMA Negeri di Kota Jambi.Hp. 081366307676.

JI0914 | 23-28/06

MARKETING LEADERDbthkn Marketing Leader min D3, Mar-keting, pria/wnt min SMA, krm lmrn kePT. Adira Quantum, Jl. Sultan AgungNo. 19/49 depan Ex. Bioskop Murni.

JI0914 | 22-05/07

MEKANIKDicari Mekanik mtr berpengalaman. Lmrnantar lsg ke SUN Motor. 7552018.

JI0914 | 19-24/06

SALES

GROSIR PRODUK FASHION. Menyediakan produk fashion terbaru utk dijualkembali : pakaian dan lainnya, hargagrosir. Hp. 0811744136.

JI0914 | 17-29/06

Dicari Agen Bj muslim anak “KEKE” utkwilayah Jambi & Kab. disc. sampai 35%.Hp. 08127402398.

JI0914 | 18-31/06

Dibuka kursus teknisi & jaringan komputer. Terpercaya di jbi. Dtg ke AlgoritmaComputer. Hp. 081366968888.

JI0914 | 20-25/06

Dijual cucian mbl lngkp dgn isinya(hidrolite), tinggal melanjutkan (over-tangan). Srt-srt lngkp (msh hdp) lt. 8,25tbk. Pmnt hub. 0741-7002598.

JI0914 | 11-30/06

BIRO JASABiro jasa SIM, STNK, BPKB, KIR, Mutasiluar daerah Jl. Yunus Sanis No. 35.081366466343.

JI0914 | 17-30/06

BUTUH DANA TUNAIJaminan BPKB mobil mulai th 85 bungamulai 0,575%/bln. Hub. Adi, 7070448/081366027500.

JI0914 | 23-06/07

JUPITER KOMUNIKAHny dgn 100 rb bs jual plsa elektrik dgn1 chip u/ smua operator. Hp. 08179256200/081366194118.

JI0914 | 23-02/07

KEHILANGANTlh hilang BPKB mobil BH 4640 AK a/n.PT Lamindo Eka Perdana.

JI0914 | 24-00/06

Telah hilang 1 (satu) sertifikat tanah no.hak milik 293 an. Yayasan Rumah SakitIslam Jambi.

JI0914 | 23-30/06

Berita kehilangan sertifikat hak milik No.484 ls 5405 M2 a/n Zulkifli Nurdin alamatJl. Y. Singadikane Rt. 20 Rw. 06 S.Putri Jbi, bagi yg menemukan tlg hub.tlp. 7134808/7551070 akan diberiimbalan.

JI0914 | 17. 24/06. 01/07

LAPTOPJual laptop pentium 4 1.6 Ghz kndsi 95%,2.6 jt. Hp. 081322803387.

JI0914 | 23-24/06

M-KIOSBisnis pulsa elektrik modal 50 rb bisajual AS, Simpati, XL, IM3, Mentari, Flexi,Three, Esia, Ceria, dll. Hub. 085266060708/085266252525 atau langsung sajake Dream Cell Simpang DB 4 dpn KedaiKopi Espreso Kota Baru.

JI0914 | 31-30/06

PLAYSTATION“Brother of Games”. Hrg grosir SOnyPS2 br pkt lgkp: 1325, PS2 HDD 160giga br pkt : 2450. MC 60 stik gtr: 3S,stik gtr orimesin: 90 (dicari partner u/

R U M A HDijual RUMAH di Perum Mutiara Mayang1 unit Blok G4 + 1 km dari RS Kota dpnBarcelona, hrg 58 jt SHM, over krdt BlokI 1 unit, hrg 29 jt 10 x 12, lbh tnh 3x10.Hp. 081274440144.

JI0914 | 23-28/06

Djl RUMAH Blok N5N6 Villa Kenali tipe36 jadi 70 sdh renovasi, hrg 150 jt. Hp.08127407519/9702099.

JI0914 | 23-23/07

DAIHATSUTAHUN 1995

Daihatsu TAFT ROCKY 95 hitam, VR,ban 30 BR, body klg full systm, mls.Hp. 081213568111.

JI0914 | 18-27/06

TAHUN 1997Dijual cepat TAFT INDEPENDENT 97plat BH. Hp. 08567989528.

JI0914 | 23-28/06

H I N OTAHUN 2000

Djl Hino TRONTON tangki th 00 BH 2unit mls, hrg nego. Ph. 7053838.

JI0914 | 19-24/06

H O N D ATAHUN 1989

Dijual cepat mbl GRAND CIVIC 89 33,5jt. Hp. 081366398878. Tanpa perantara.

JI0914 | 24-29/06

TAHUN 1994Jual Honda CIELO 94 silver, bagus siappakai. Hp. 081274613666.

JI0914 | 20-25/06

Dijual mobil Honda CIVIC ESTILO 2 pntuth 94 wrn hijau met, plat BH istmw, hg78 jt ng. Hp. 081399990011.

JI0914 | 23-28/06

TAHUN 2004Honda JAZZ matic th 2004 silver mulus118 jt. Ph. 7078899. Bisa via KKB BCA5,5%/th.

JI0914 | 23-28/06

TAHUN 2005Jl CRV 2.4 th 05. AVANZA G th 07. JAZZV-TEC th 06. JAZZ i-DSI th 06. JAZZ i-DSI th 04. TERRANO SPIRIT th 04.KIJANG LGX th 02. KIJANG LSX die-sel th 97. GENIO th 95. COLT 120 pickup th 07. Hp. 08127481871/081366299200.

JI0914 | 19-24/06

TAHUN 2006Honda JAZZ i-DSI 06 w. slvr stone, BHasli, 137 jt ng, kond. trwt. Ph. 7107159.

JI0914 | 24-26/06

TAHUN 2007Honda NEW CRV 2.0 matic 2007,hitam. Hp. 08127413034.

JI0914 | 20-25/06

Honda NEW CRV matic 2.0 abu2, V-Kool th 2007/2008 mls 310 jt. Ph.7078899. Bisa via KKB BCA 5,5%/th.

JI0914 | 23-28/06

TAHUN 2009NEW JAZZ cs matic BH hitam, TV th2009 Rp. 210 jt. Ph. 7078899. Bisa viaKKB BCA 5,5%/th.

JI0914 | 23-28/06

HYUNDAITAHUN 1996

Djl cpt Hyundai ELENTRA 1.6 plat B th96 bru AC, tape, 38 jt ng. 08192541592.

JI0914 | 20-24/06

I S U Z UTAHUN 1995

Dijual PANTHER HI-GRADE thn 1995akhir. Hp. 081389571883.

JI0914 | 24-03/07

TAHUN 2006Dijual GRAND TOURING 2006, harganego. Hp. 081366433144.

JI0914 | 23-06/07

TAHUN 2008Jual PANTHER LS turbo th 08 BH, htm,mls. Hp. 0811747364.

JI0914 | 19-24/06

MAZDATAHUN 2008

Dijual Mazda X-MEN double cabin th Des

195 jt. Ph. 7078899. Bisa via KKB BCA5,5%/th.

JI0914 | 23-28/06

TAHUN 2008Toyota RUSH type S bangku 3 baris th2008 silver mulus Rp. 175 jt. Ph.7078899.

JI0914 | 23-28/06

TAHUN 2009NEW INNOVA G th 2009 hitam, mulus,seperti baru Rp. 210 jt. Ph. 7078899.Bisa via KKB BCA 5,5%/th.

JI0914 | 23-28/06

KREDIT VIA BCA FINANCEInformasi kredit mobil bekas via BCAFinance, Hub. Welly 0741-7121329,0811741329, Zolan 0741-7110700,085266461682.

JI0914 | 22-07/07

KIJANG LGX ‘02 silver, mulus, ok. Hub.Mercyano 228 Mob, Telp. 08127498099,0741-7002598, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

INNOVA V ‘04, silver, BH, mls, ok. Hub.Mercyano 228 Mob, Telp. 08127498099,0741-7002598, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

KARIMUN ‘00 DX, Biru met, BH, mls.Hub. Mercyano 228 Mob, Telp. 08127498099, 0741-7002598, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

VIOS ‘03, silver, kndsi mulus, ok. Hub.Cendra Motor, Telp. 081539814294,Bunga 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

HONDA CIVIC VTiS ‘01, htm solid, plek18 crm. Hub. Teratai Mob, Telp. 081366597777, 0741-7073777, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

HONDA CIVIC VTi ‘01, silver, mulus,ok, 118 Jt net. Hub. Cendra Motor, Telp.081539814294, Bunga 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

JAZZ/T ‘07, BH, Silver Stone, Hub.Pahlawan Mobilindo, Telp. 081274229992,08192581800, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

GRAND VITARA JLX ‘07, hitam, BH Hub.Pahlawan Mobilindo, Telp. 081274229992,08192581800, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

AVANZA G ‘07, silver, kondisi ok Hub.Pahlawan Mobilindo, Telp. 081274229992,08192581800, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

KREDIT VIA SIMAS FINANCEInfo kredit via Simas Finance. Hub.Barita, 0741-7006410/081539898107.Roby, 0741-7006410/08127494201.

JI0914 | 24-29/06

INNOVA-G hitam th 05 M/T bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

INNOVA-G silver th 06 M/T bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-28/06

INNOVA-G sampanye th 06 A/T bunga6,9%. Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

AVANZA-G VVTi hitam th 08 bunga 6,9%.Hp. 081366345555/08136690 1122.

JI0914 | 20-27/06

AVANZA-G VVTi hitam th 07 bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

CRV M/T silverstone th 04 bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

JAZZ V-TEC hitam th 06 A/T bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

RENTAL DUMP TRUCKDirentalkan Dump Truck PS chanter 125thn 08, 10 unit. Hp. 081274848600.

JI0913 | 20-21/07

BELI MOBIL BUNGA RINGANXenia DP 16 jt. Krdt 5 th disc 8 jt.Granmax MB DP 12 jt. PU Terios 22.Nila . 0812740 63978.

JI0913 | 04-03/07

BUTUH MOBIL?READY! Xenia, Luxio, Granmax, Disc 8Jt, DP 12 Jt-an. Fitri 081366166072/7093833.

JI0913 | 21-04/07

DIJUAL MOTORDijual cpt Honda Karisma th 04 jarang dipakai. Hp. 081274999911/085266083989.

JI0913 | 21-26/06

08, BH, w. merah, VR, TV, audio, canopy,full asesoris. Hp. 081349477021.

JI0914 | 23-28/06

MITSUBISHITAHUN 1997

Over kredit PS 120 th 97 harga bisanego. Ph. 0741-9704366.

JI0914 | 17-24/06

TAHUN 2001Dijual Mitsubishi KUDA SUPER EXCEEDdiesel th 2001 AC double, power win-dow, 80 jt nego. Hp. 081367741835.

JI0914 | 19-24/06

TAHUN 2006Dijual L-200 Strada GLS th 06. Hp.0811746319.

JI0914 | 23-28/06

S U Z U K IDijual BALENO silver, BH, pjk br, AC,tape lkp, mls, hrg 70 jt. Hp. 085266740459.

JI0914 | 19-02/07

TAHUN 1992Djl cpt KATANA Alexander Corsica th 92mrh, BH, AC, tape standar, 30 jt ng.085266376967.

JI0914 | 20-25/06

TAHUN 1994Jl KATANA 94 plat B, w. biru metalik,harga nego. Ph. 0741-7101117.

JI0914 | 17-26/06

TAHUN 1995Djl Suzuki SIDEKICK th 95 mbl 100%orisinil, BPKB duplikat, hrg 61 jt pas minathub. 081366281950.

JI0914 | 23-28/06

TAHUN 1996Jual KATANA GX 96 w. ungu, BH, mulus.Hp. 085222055568.

JI0914 | 23-28/06

Over kredit KATANA DX 96 BH msn shatw biru. Hp. 085266298553/7163877.

JI0914 | 24-30/06

TAHUN 1997Dijual SIDEKICK thn 97 kond. mulus,audio, vlg rac, harga nego, plat B. Hp.081366660181.

JI0914 | 24-29/06

TAHUN 2002Dijual Suzuki BALENO 02 kng metalik,kond. ok. Hp. 081274073217.

JI0914 | 19-24/06

TAHUN 2004Dijual APV tipe L th 2004, hijau, BH, 65jt nego. Ph. 7008055.

JI0914 | 24-00/06

TAHUN 2006Dijual ESCUDO 1.6 wrn hitm th 06 Kmmsh rendah asli BH, 137 jt. Hp. 081366834359.

JI0914 | 20-25/06

TAHUN 2007Suzuki SX OVER hitam BH mulus th2007 Rp. 155 jt. Ph. 7078899. Bisa viaKKB BCA 5,5%/th.

JI0914 | 23-28/06

TOYOTAPaket Truck. DUMP TRUCK, ToyotaDYNA, Hp. 081366648828/0741-7048098.

JI0914 | 21-30/06

TAHUN 1992STARLET Kpsl th 92 BH, AC, PW, DVD,Pwr, pjk br, 48 jt. Hp. 085266269949.

JI0914 | 19-24/06

TAHUN 1996Jual KIJANG spr delux th 96 w. birumet, dbl AC, R/T. 081366093881.

JI0914 | 24-29/06

TAHUN 2002Dijual KIJANG LGX th 02 diesel, silver,tgn I, BH, f sistem. Hp. 08192557830.

JI0914 | 23-28/06

TAHUN 2004Dijual AVANZA 04 tipe G merah, pajak 1th, BH, mulus. Hp. 0811747364.

JI0914 | 19-24/06

Kijang LGX, solar th 04, silver, mulus,cash/credit, Ph. 7107772.

JI0914 | 21-26/06

LGX solar th 2004 silver, mulus Rp.145 jt. Ph. 7078899. Bis via KKB BCA5,5%/th.

JI0914 | 23-28/06

TAHUN 2005INNOVA G th 2005 hitam, mulus Rp.155 jt. Ph. 7078899. Bisa via KKB BCA5,5%/th.

JI0914 | 23-28/06

Jl INNOVA dsl 05 type G H 155 jt.ENGKEL 01. Plat BH. Ph. 0741-708685.

JI0914 | 23-28/06

Jl INNOVA G tahun 05/06/09 hitam,mulus, cash/credit, Ph. 7078899.

JI0914 | 21-26/06

Toyota LC PRADO 4x4 th 05/04,Excelent, cash/credit, Hp. 08175110888.

JI0914 | 21-26/06

TAHUN 2007INNOVA V th 2007 mulus, variasi Rp.

hrg grosir mrh. Hp. 081320923797.JI0914 | 23-28/06

RENTALAGUS RENTAL. Harian, Mingguan,Bulanan. Kjg Krista, Panther, Taft Hi-Line, Fotuner, L-200. Ph. 34014/08127481527.

JI0914 | 14-14/07

WIJAYA RENTAL. Taft Hi-Line, L-200 DC4x4, Kijang Kapsul, Panther Kapsul,Rocky. Harian, Mingguan, Bulanan. Ph.445008/08127406668.

JI0914 | 15-15/07

SAFIR RENTAL. Menyewakan Harian,Blnn. Kjg Kapsul, Innova, L-200, DCRanger. Hp. 0811740955/0741-63722/7079055.

JI0914 | 08-07/07

FAJAR RENTAL. Kijang Kapsul, Innova.Harian/Bulanan. Ph. 0741-570519/085266075725.

JI0914 | 05-05/07

ICHA RENTAL. Murah Kijang Krista, 300rb + sopir. Harian, MIngguan. Hp. 081366987757.

JI0914 | 19-29/06

AMEL RENTAL. Sewakan Kijang LGX,Krista. Harian/Bulanan. Ph. 570502/65551/7006839/0816398939.

JI0914 | 05-05/07

DION RENTAL. Mywkn Kijang LGX,Innova. Harian, blnan. 0741-7048421/081366556045.

JI0914 | 26-25/06

JAVA RENTAL. LGX, Xenia, Innova.Harian, Mingguan, Bulanan. (0741) 085266749975/081366680440.

JI0914 | 24-24/07

MP RENTAL. Kijang LGX, Kuda. Mulai200 rb/hr. Ph. 0741-7142806/081366969866.

JI0914 | 26-26/06

SH RENTAL. Avanza, Kjg, LGX, Innova.Hran, Mgguan, Blnan. 581706/085266116128.

JI0914 | 04-03/07

FAMILY RENTAL. Jl. H. Adam Malik Rt.3 No. 13. Hub. Yandra Ktr 7094410/085266922890.

JI0914 | 24-24/06

AMANAH RENT CAR. Mnywkn Luxio,Kjg, CRV, Innova, Taft GT, L200, Prado,Xenia. Hrian, Mggn, Blnn. Hp. 081366271400/081366863677/7134155.

JI0914 | 02-03/07

PANJI RENT CAR. Avanza, Innova,LGX. Harian, Bulanan. Hp. 081366383337/7142213.

JI0914 | 17-30/06

CERIA AUTO. Menyewakan jam-jaman,harian, Mingguan, Bulanan armadaInnova, LGX, Xenia, Panther, APV. Hp.08127870210/7048555/085266435778.

JI0914 | 22-22/07

SERVICESERVICE PANGGILAN. AC, Kulkas,Freezer, Show case, M. Cuci, dll. JasaTeknik. Hp. 081319160180/081393243370.

JI0914 | 19-24/06

MAJU JAYA SERVICE. Mnrm pemasangan per baikan pemeliharaan AC baru/AC bekas, Kulkas, msn cuci, dll. Hp.081366356788/0741-7012343/081366000515.

JI0914 | 00-00/00

MENTARI JAYA. TERIMA JUAL BELIAAC SECOND. Service AC panggilan/pemasangan AC/pemeliharaan/cuci AC.Ph. 0741-7006537/75512356.

JI0914 | 22-22/07

SOFTWARE PULSADijual Software Pulsa Elektrik. Di instalsiap utk transaksi, Hp. 081919111234.

JI0914 | 21-04/07

Dijual cpt RUMAH di Villa Kenali PermaiBlok M5 No. 8 Lt. 150/Lb 78, lok strategis.Peminat hub. 08127217902/081379490631.

JI0914 | 17-30/06

Dijual RUMAH type 36 Perum DurenIndah Blok R 11 + 1 km dari KampusIAIN Mendalo. Hp. 081366610048/0741-7030810. Hrg 17 jt, tanpa perantara.

JI0914 | 21-29/06

Djl RUMAH lok. Perumahan Citra Lt.175 M, Lb. 120 M. Hub. Pussandoyo,0741-7070899.

JI0914 | 18-31/06

Dijual RUMAH lok. Griya Aur Duri IndahBlok D No. 364 type 36. Ph. 7140071,hrg 65 juta.

JI0914 | 00-00/00

Dijual RUMAH Lt. 304 M2, Lb. 132 M2,Km 4, PLN, PAM, Telpon. Lok. Broni.Hp. 081312158888.

JI0914 | 16-20/07

Dijual RUMAH bserta isi kndsi baik.Fasilitas lngkp, cck utk kntor, ada grasidan gudang, luas tnh 20 x 30 M lksi Lrg.Ampel No. 2 dpn SMP 4 Ma. BUngo,srius hub. 0811741098/0741-572253. Hrg450 jt (nego).

JI0914 | 24-06/07

Jual RUMAH di V Karya Mandiri 2 tkt, 4kt, 2 km, garasi, lt 150 M, hrg 176 jt. Hp.081274204187/081919011252.

JI0914 | 16-29/06

Jual RUMAH 70/200 M2 dikembangkanLb/Lt 100/200 M2 Jl. DarmawangsaLingkar Selatan dpn Toserba SMS(Yayasan Dewa Agung) No. C-16, hrg150 jt (nego). Hp. 08127409840.

JI0914 | 26 -26/06

Dijual RUMAH di Perumahan TanjungPermata Blok K/515 mnt k bandara. Hp.081366943737.

JI0914 | 18. 20. 22. 24. 26. 28. 30. 01. 03. 05. 07. 09. 11. 13/07

Dijual RUMAH Lt. 363 M3 lb 140 M hrgnego Lr. Png Sebatang Thehok. Hp.081366549697.

JI0914 | 14-03/07

Dijual RUMAH di Perum Pesona MayangBlok H No. 5 type 36 jadi 90 lt 2 sdh dicor hrg 160 jt. Ph. 0741-7140071.

JI0914 | 00-00/00

Jual RUMAH Komp. BTN S. Sawang,Arizona. H 200 jt ng. Hp. 081274092002.

JI0914 | 20-25/06

Jual cpt RUMAH T 36 sdh renovasi,Prmhn Garuda 3. Hp. 081274380684.

JI0914 | 20-25/06

Dijual RUMAH di Puri Mayang Lt. 102M2, Lb. 100 M2, taman car port, hrg 375jt, 3 km tdr. Hp. 081929278066.

JI0914 | 17-26/06

R U K ODijual RUKO 2 lt sdh jadi lok. Ir. H.Juanda spg WKS Mayang. Hp. 081366778199/08197531900/0741-552724.

JI0914 | 04-03/07

T A N A HDjl TANAH & RUMAH tinggal lt. 10.0666M2, SHM, listrik, Telp, L. tnh 1.324 M Jl.Raya Lingkar Selatan I Pal Merah KotaJambi (dkt Perum PSUT). Hp. 081398315357.

JI0914 | 01-30/06

Dijual TANAH 16 tbk lok Kel Eka Jaya.Ph. 0741-7133065.

JI0914 | 20-25/06

Dijual TANAH + 5.500 M2 dknali asambwah. Lok. persis blkg SUN Motor L dpn72 M, pjg 93 M, l blkg 53 M. Hp. 081366854838/085839349336.

JI0914 | 10. 12. 15. 17. 19. 22. 24. 26. 29. 01. 03. 05/07

Jl TANAH + 500 H lok. Musi Banyuasin,cck u/ perkebunan sawit. Hp. 081366700033. TP.

JI0914 | 21-24/06

Jual TANAH 10 tbk di 16 miring dan 12tbk. 085266563706.

JI0914 | 19-01/07

DISEWAKANDisewakan RUKO dpn psr buah. Hp.0811748199/SMS.

JI0914 | 20-25/06

Disewakan RUKO 3 lt 2 kmr, Jl. GajahMada. Ph. 7552018.

JI0914 | 20-25/06

Disewakan RUMAH 5 kt, fas lngkp,cocok u/ kantor/usaha. Lok. Pal MerahLama. Hp. 081366786747.

JI0914 | 16-29/06

Diktrkn RUMAH 3 kt, 2 km, garasi, PLN1200, isi lkp. Lr. Depati Ujung, Mayang

Dbthkn sgr 1. Sales mkt 2. Sales Countrsyrt: min SMU, FC KK, pny mtr sndr,lmrn ditjkn ke visicom, Ph. 7554581.

JI0914 | 22-29/06

SALESMANDibthkn Salesman punya motor, dptgaji, u makan & bonus. Hub. DreamCell Simp. DB 4 Kota Baru depan KedaiKopi Espreso.

JI0914 | 24-29/06

SOPIRLPK YAGI bth 2 org Sopir min SLTA,penyabar, SIM A. Hub. Jl. S. Zuraida 48- pintu masuk terminal rawasari-psr.

JI0914 | 24-29/06

SURVEYORDibthkn sgr brp org kry untuk posisiSurveyor, Office Boy dan Marketing.Hub. Interyasa Jl. Sultan Agung No. 20Simp. Pulai (samping Leppindo).

JI0914 | 23-28/06

TUKANG BUBUT & TUKANG LASDicari Tukang Bubut & Tukang Lasberpengalaman, max 35 th, Ph. 570054.

JI0914 | 22-27/06

WAITERResto Pempek Selamat yg hdr dibrbgikota, dicr sgr dibag Waiter/ss, Deliv-ery. Syrt: penampilan menarik, min SMA/sdrjt, wanita/pria, usia 18-25 th & usia22-27 th, khusus Delivery diutmknmengetahui daerah Jbi, mmpnyai SIMC. Krm lmrn segera plg lmbt tgl 24 Juni2009 ke Pempek Selamat terdekatThehok, Sipin, Tlg Banjar.

JI0914 | 19-24/06

Puskes. Hp. 0811747910.JI0914 | 21-26/06

Disewakan KAMAR untk kos-kosan P/W, alamat Jl. Batam Lr. Tukang Jahit Rt15/Rw 03 No. 31. Hp. 085266217789.

JI0914 | 20-03/07

KAPLINGAN TANAHMurah terjangkau kaplingan tanah dpnUnja + 800 M, 130 rb/bln. Hp. 08127340316/582265.

JI0914 | 29-29/06

DICARI TANAHDicari Tanah untuk bangun bagi ruko lok.Jelutung, Sipin, Sumantri B, LingkarSelatan, dll.Dijual Ruko Model minimalis full kramik.Lok. strategis. Hub. CV. Agung Karya.Hp. 081274141318.

JI0914 | 19-19/07

Penerapan Pajak Rokok Terancam BatalJAKARTA - Aturan pajak

rokok yang termuat dalam RUUPajak Daerah dan Retribusi Daer-ah (PDRD) bisa gagal diterapkanakibat lobi kalangan pengusaha,terancam gagal dilaksanakan ak-ibat lobi kalangan pengusaha.Pajak rokok yang tarifnya ant-ara 10-15 persen itu sedianyaakan diterapkan pada 2014.

Kalangan industri sebelumn-ya mengeluhkan terjadinyapajak ganda akibat dikenakan-nya pajak rokok dan cukai se-cara bersamaan. “Sekarang,pabrik rokok sedang lobi pe-

merintah. Saat ini pertempuranbelum selesai. Kalau pemerin-tah berubah sikap, pengesahanbisa ditunda. Ini tarik ulur poli-tik,” kata Ketua Pansus RUUPDRD DPR Harry Azhar Aziz diJakarta, kemarin (23/6).

Harry mengatakan kalanganindustri telah menyurati DPRterkait keberatannya akan pa-jak rokok. Kesepakatan pemer-intah dan Pansus RUU PDRDpajak rokok ditetapkan antara10-15 persen dari tarif cukai.Sebagai gambarannya jika tarifcukai ditetapkan sebesar 44persen maka pajak rokok yangditerapkan sebesar 4,4 persen.Tarif cukai saat ini berkisar ant-

ara 36-44 persen.Besaran tarif akan ditetapkan

oleh Menteri Keuangan dengankisaran yang telah ditentukanDPR dan pemerintah. Dalammenetapkan besaran tersebut,menkeu nantinya akan berk-oordinasi dengan Mendagri.

Harry berpendapat pajak ro-kok bukan termasuk pajak ber-ganda. Ini karena basisnyatarifnya tetap menggunakantarif cukai. Dalam UU Cukai,dibatasi tarif maksimal 57 per-sen. Harry mengatakan, asalkangabungan antara cukai rokokdan pajak daerah tidak melebi-hi 57 persen, tidak terjadi pajakberganda.(jpnn)

Page 14: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

rabu, 24 juni 2009 Jambi Independent

- Cobra super (usa) Tl 054515281, MPB dan MPP Venis Pria secara cepat, alami, per manen selamanya- peninggi badan super (Tr . 022514301), Menambah t inggi Hormon Pertumbuhan tulang sehingga menambah tinggi postur tubuh 5 - 10 cm.- f a T l o s s / e a s y s l i m ( T r r i 862704011486), Kapsul penghancur lemak, langsingkan perut, paha dan seluruh tubuh, 100% natural dan aman.- p e n g g e m u k b a d a n ( T r r i 024516871), Ta b l e t s p e s i a l penggemuk badan, penambah nafsu makan badan anda lebih gemuk dan ma cho.- Hai mHa JiansHen/ Tr. ri 953476411, Mencegah ejakulasi dini, menyehatkan ginjal, lemah syahwat, impotent dan menambah stamina.- proComil spray from german

kHusus unTuk memperbesar, pan-Jang dan permanen

vacum hansap

anTar ke alamaT graTis (dalam koTa)

“simson” simpang kawatJl. Hos Cokroaminoto 42 sp. kawat

(samp. Terminal lama) Telp. 669652 Jambi

PUSAT PENGOBATAN TRADISIONAL

HindustanSPESIALIS SyAwAT DAN mATA

TANPA OPERASI UNTUk UmUm

Bapak Tabib G S PunjabiHp: 0812 7858 099

Praktek setiap hari hari pukul 08.00 wib sampai 21.00 wib Hari Libur Tetap Buka

JL. Hos Cokroaminoto No 32 Psr keluarga + 100 meter dari Tugu Juang Siping ke arah Simpang kawat Jambi. Izin Depkes 735/1993

Ramuan kami diracik oleh pakar Tabib langsung dari Gunung Himalaya Hidustan Menyembuhkan:Syawat - Lemah Syawat -Cepat Keluar - Impoten -Tidah Punya Keturunan - Perbesar Zakar - Ambieyen -Asma -Asam Urat - Kencing ManisMata - Memerah - Katarak - Rabun Jauh - Rabun Dekat - Slinder - Min Plus - Berlemak - Berair - Mudah PerihRamuan kami tiada duanya, pertama dan paling mujarap di Indonesia. Sudah ribuan pasien berhasil disembuhkan. Bagi anda yang mempunyai keluhan soal syawat dan mata segera konsultasikan kepada kami. Percayalah tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan jika Anda mau berobat.Keharmonisan rumah tangga yang paling penting dalam hidup.

Ramuan kami alami tanpa efek samping, cukup satu kali berobat dijamin sembuh untuk selamanya, kami bisa berikan garansi untuk itu.

Kami Metode yang tepat bagi anda dan mem-punyai sertifikat dari India spesialis mengobati penyaKit Lemah Syahwat, Impoten, Cepat KeLuar , Sperma encer, memperbesar jaka (btg), tidak mempunyai keturunan, Kenc-ing manis, Sakit pinggang, kurang gairah dalam hubungan suami istri, juga tersedia ramuan ambein khusus pria dan wanita tanpa operasi dan menghilangkan bau badan pria dan wanita. Juga tersedia ramuan untuk memperbesar payudara

Ramuan ini alami, tanpa efek samping, jangan tunda lagi konsultasikan diri anda segera, kami dapat memberikan

kartu garansiJam Praktek : 08.00 s/d 20.00 WIB . praktek setiap hari, hari

libur tetap buka.

Hp. 081274377000

NOMOR : 8.422/N.5.3/PAKEM/II/2002

alamat :Jln. Prof. Dr Sumantri Brojonegoro No. 58 Simpang Pulai (Samping Apotik Beradat)

NB : Spesialis mata tanpa oper-asi dan kami juga me-nyediakan ramuan untuk penyakit mata min-plus, mata merah, rabun jauh/dekat, katarak, mata berku-nang-kunang akibat diabetes baik pria maupun wanita muda/tua, yang berkaca

PuSaT PEnGObaTan

TRaDIsIOnaL InDIa

Page 15: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

RABU, 24 JUNI 2009Jambi Independent

Rontgen HarusIndikasi Medis

JOHAN I.H. AMUIS ,Kota Jambi

KUMALA (65) harus di-ro-entgen untuk memastikan pen-yakit yang dideritanya. Hanyasaja ia belum melakukan halyang sama. Ada kekhawatiranuntuk mengikuti perintah dok-ter mengingat efek sinar itusering dianggap berbahaya.“Katanya kalau kita sering ront-gen bisa menyebabkan kank-er,” ujarnya.

Apa yang dikhawatirkan Ku-mala juga sering kita alami.Menurut dr Hengky Indradjaja,kekhawatiran itu memang be-ralasan. Sinar X yang digu-nakan untuk foto roentgenmerupakan sinar yang dapatmenyebarkan radiasi. Namundemikian, manfaat yang dida-pat dari teknologi itu lebihbanyak ketimbang risikonya.Jadi jika dilakukan dengan benardan untuk kepentingan medis,tidak masalah,” tegasnya.

Kalaupun bayi harus melaku-kan roentgen untuk tujuan diag-nosis, tetap harus dijalankan.

Akan tetapi harus diingat bah-wa permintaan foto roentgenharus berasal dari dokter yangmenangani. “Misalnya telahmempertimbangkan masak-masak manfaat dan kerugian-nya,” jelas Hengky.

Ia menjelaskan, saat ini risetmengenai penggunaan sinarradiasi tersebut terus dilaku-kan untuk memperkecil kemu-ngkinan efek negatif dari sinarradiasi, termasuk sinar X (sinarroentgen).

Ditambahkan, teknologi ro-entgen sudah digunakan lebihdari seabad lalu. Tepatnya sejak8 November 1890 ketika fi-sikawan terkemuka berkebang-saan Jerman, Conrad Roentgen,menemukan sinar yang tidakdikenalinya, yang kemudiandiberi label sinar X. Sinar itumampu menembus bagian tu-buh manusia, sehingga dapatdimanfaatkan untuk memotretbagian-bagian dalam tubuh,yang kemudian dijadikan se-bagai alat diagnosa untuk dasarpengobatan.

Teknologi sinar roentgen pundianggap sebagai satu pene-muan yang mampu membantubanyak orang, terutama untukmenganalisis dan mendiagno-sis suatu kondisi demi penyem-buhan suatu penyakit. Namundemikian radiasi yang ditim-bulkan dalam proses penyina-ran roentgen disinyalir menga-ndung kekuatan radioaktifyang bisa berbahaya.

Karena itu, sinar X yang “di-tembakkan” untuk memotretbagian dalam organ tubuh se-harusnya benar-benar dalam

komposisi tepat. “Jika tidak,teknologi ini justru bisa me-micu kanker, sebab fungsi darisinar X adalah mematikan per-tumbuhan atau malah memicupertumbuhan sel. Nah, jika per-tumbuhan sel tersebut liar, itu-lah yang disebut dengan kank-er,” ujar Hengky.

Selain itu, penggunaan si-nar roentgen yang ter la lusering atau dengan dosis be-sar, juga bisa berpengaruhpada fungsi seksual.

Untuk itu, walaupun pen-

gunaan sinar roentgen yangbanyak dilakukan sekarangsudah melalui kajian men-dalam, untuk meminimalisasidampak negatif penggunaansinar roentgen, prosedur tetapharus dilalui dengan baik. “Un-tuk meminimalisasi efek radi-asinya,” ujar Hengky.

Yang juga tidak kalah pent-ing, jangan biasakan setiapada gejala penyakit selaluminta foto roentgen . Fotoroentgen yang terlalu seringjuga tidak baik.(*)

RONTGEN: Salahsatu foto hasilrontgen manusia.Tindakan rontgenharus dilakukanatas indikasimedis.

Page 16: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

RABU, 24 JUNI 2009 Jambi Independent

PILPRESPILPRESPILPRESPILPRESPILPRES

Fahmi SY

FACHRUL ROZI, Kota Jambi

Kader PBR Mulai PecahKecewa terhadapKepemimpinanWahab Hasyab

KADER Partai Bintang Reformasi(PBR) Provinsi Jambi berbeda pendapatdalam menilai kepemimpinan WahabHasyab. Sinyalemen ketidakpuasansejumlah kader atas kepemimpinan ke-tua DPW PBR Provinsi Jambi itu, di-sanggah Wakil Ketua DPW PBR Provin-si Jambi Mahmud Ishak.

Anggota DPRD Provinsi Jambi terse-but mengatakan, adanya isu ketidakper-cayaan kader terhadap Wahab hanyawacana. “Itu perlu diluruskan. Tidak adariak-riak di internal PBR. Itu tidak be-

nar sama sekali. Selama ini tidak adadibicarakan ataupun terdengar soalitu,” katanya.

Soal alasan beberapa kader yang me-wacanakan itu, kata dia, tidak beralasan.Pasalnya, menurut Mahmud, hampirsebagian parpol mengalami penurunanperolehan suara. “Kita minta untuk ber-sikap objektif. Kalau alasan suara anjlok,semua parpol anjlok. Tidak benar itu.Kita selama ini di internal PBR baik-baiksaja. Tidak ada riak-riak,” tegasnya.

Menyikapi munculnya wacana itu,Mahmud menyatakan segera dilakukanpembicaraan dengan pengurus lain.Tidak menutup kemungkinan, kata dia,pihak yang melontarkan wacana meng-goyang posisi Wahab akan diajak ber-bicara untuk mendengar secara lang-sung alasannya. “Kita akan pelajaridulu. Kita akan koordinasikan pengu-rus PBR. Tapi yang jelas, sejauh ini kita

solid. Tidak ada apa-apa,” katanya.Itu berbeda dari Bendahara DPW PBR

Provinsi Jambi Imelda. Menurut Imelda,PBR harus segera melakukan rapat in-ternal guna mengevaluasi hasil pemilulegislatif. “Terus terang saya pribadisangat kecewa dengan hasil itu. Se-mestinya ketua harus bijaksana dan se-gera mengambil inisiatif melakukanevaluasi,” kata Imelda kemarin (23/6).

Dia mengaku sudah mulai melakukankomunikasi dengan pengurus DPWmaupun DPC kabupaten/kota. “Ter-us terang kita sudah mengomunika-si hal itu. Semua kawan-kawan me-ngikuti. Insya Allah dalam waktu de-kat kita intens merapatkan barisan,”tambahnya.

Rasa kekecewaan terhadap Wahabjuga disampaikan Wakil Ketua DPWPBR Provinsi Jambi Raden Hamid. Diamengaku sangat kecewa selama ke-

pemimpinan Wahab. “Saya sepakat se-perti yang diberitakan tersebut, karenaini sangat merugikan partai,” kata Raden.

Bahkan menurut dia, Wahab dinilaihanya untuk mengejar kepentingan pri-badi ketimbang kepentingan partai.“Bayangkan, setelah dia terpilih, tidakada melakukan rapat evaluasi maupunkoordinasi. Jangan habis terpilih, lupadengan partai,” kesalnya.

Bagaimana tanggapan Ketua DPWPBR Wahab Hasyab? Kembali dikonfir-masi, Wabah mengaku akan segeramelakukan rapat internal. “Nantilah.Saya akan membicarakan secara inter-nal,” katanya.

Wahab mengaku belum mengetahuipersoalan yang terjadi. “Terus terangsaya belum mengetahui persoalannya.Nanti sajalah,” ujarnya. Untuk di-ketahui, beberapa pengurus PBR mulaimenggoyang posisi Wahab Hasyab. (*)

Ratusan Surat SuaraPilpres Rusak

JAMBI - Berdasarkan hasil penyortiran yangdilakukan KPUD kabupaten/kota, masih di-temukan ratusan surat suara rusak. Hanya sajajumlahnya lebih rendah dibandingkan padapemilu legislatif lalu. Demikian dikatakananggota KPUD Provinsi Jambi Fahmi SY ke-

marin (23/6).Namun secara

resmi belum adalaporan terkaitsurat suara rusakmeski secara li-san sudah disam-paikan. Ia men-co n t o h k a n , d iTanjab Timur su-rat suara rusaksementara ada100, Kota Jambi40, dan Sarola-ng u n 2 5 s u r a tsuara. “Daerah

lain belum ada laporan,” ujarnya.Surat suara yang dinyatakan rusak seperti

sobek, ada noda tinta hitam, dan kabur. “Kitaminta secepatnya dilaporkan agar surat suararusak bisa diganti segera,” ujarnya.

Kabupaten yang sudah menyelesa ikanp e n y o r t i r a n b a r u S a r o l a n g u n . S e -mentara yang la in mas ih da lam tahappenyor t i r an dan pe l ipa tan . Mengena ip e n g a d a a n l o g i s t i k p r o v i n s i , F a h m im e n g a k u b e l u m a d a p e r k e m b a n g a n .“Masih dalam tahap pengadaan. Yang jelaspaling lambat 1 Juli sudah ada di kabupatendan kota,” jelasnya.

Sementara itu, hingga kini KPUD Kota Jam-bi masih melakukan penyortiran dan pelipatansurat suara Pilpres. “Yang rusak baru 40-an,”ujar Najib Husin dari Pokja Logistik KPUDKota Jambi kemarin. Ia menargetkan bisamenyelesaikan penyortiran dalam tiga hari kedepan.(nid)

MK Kabulkan Gugatan PPPPAN Ditolak,Liberty Bertahan

dan Kaharuddin 3 .640. “Per-selisihan hasil terjadi di KecamatanMandiangin,” ujarnya kemarin.

Mengenai kesalahan rekapitulasi,Kasrianto mengatakan, terjadi ditingkat panitia pemilihan kecamatan(PPK). “Di PPK yang ada kesalahan.Itu diakui oleh PPK-nya,” ujarnya.

Atas keputusan tersebut, MK me-merintahkan KPUD Provinsi Jambimelaksanakannya. Amar putusan itutermuat dalam putusan nomor 80/PHPU.A-VII/2009. Apa komentarMustantar yang dirugikan oleh kepu-tusan MK? Dia mengaku menerima ha-sil itu. “Saya tetap menerima keputu-san itu. Keputusan MK sudah final dan

tidak bisa diganggu gugat,” ujarnya.Apakah ada upaya untuk menuntut

KPUD yang telah menetapkan hasilkeputusan dalam perolehan suara?“Tidak ada. Yang jelas saya terimakarena kita sama-sama dari partaiyang sama,” tambahnya.

Kaharuddin ketika dimintai ke-terangan mengaku senang atas kepu-tusan itu. “Kita berjuang karena mur-ni ada kekeliruan. Terima kasih atas se-mua bantuannya,” ujar Kaharuddin.

Sementara itu, gugatan PAN Kerin-ci selisih suara caleg internal antaraLiberty dan Andarno ditolak MK. Itudibenarkan Ketua KPUD KerinciWazirman. (roz/adi/nid)

JAMBI - Mahkamah Kostitusi(MK) mengabulkan gugatan per-selisihan hasil pemilu caleg internalPartai Persatuan Pembangunan(PPP), Senin malam (22/6). Itu berartiMustantar yang dimenangkanKPUD Provinsi Jambi harus rela di-gantikan oleh Kaharuddin Syah.

Informasi itu didapatkan anggotaKPUD Provinsi Jambi Kasrianto dariMK. Sebelumnya, selisih suaraantarcaleg internal PPP itu hanya ter-paut 2 suara, yaitu Mustantar 3.642

JK-Wiranto Sangat Familiardalam Menyelesaikan Masalah

JAMBI – Dukungan terhadap pasan-gan capres-cawapres Jusuf Kalla danWiranto dalam Pilpres 8 Juli terus me-ngalir. Dukungan terhadap pasanganyang mengusung jargon “Lebih cepatlebih baik” itu tidak hanyadatang dari kalangan pe-muda, tapi juga dari sese-puh dan tokoh masya-rakat Jambi.

Bahkan banyak sese-puh Jambi tertarik berga-bung dan siap memenankanpasangan Nusantara itu.Salah satu dukungan da-tang dari sesepuh Jambi,Raden Marjoyo Pamuk.“Uwak memang tidak adapilihan lain ya, kecualipasangan JK-Wiranto,” ujarUwak Raden Marjoyo Pa-muk yang mengaku sudah menjadi ka-der Golkar sejak 1964 itu kemarin.

Salah satu alasan Uwak Raden men-dukung pasangan tersebut, JK dinilai

banyak menyelesaikan masalah yangdihadapi bangsa dengan tuntas. Ke-mudian, kata dia, dalam mengambil ke-putusan, JK terkenal sangat familiar.Dalam arti kata, sebut Uwak Raden,

menyelesaikan perso-alan dengan kekeluar-gaan/kema-syarakatan.

Dalam perdamaianAceh dan banyak per-soalan lain untuk kepen-tingan masyarakat seper-ti Bantuan Langsung Tun-ai (BLT), misalnya. “Pe-ngalaman Uwak, kalaumenyelesaikan perso-alan seperti demikian (fa-miliar), kalau pepatahJambi dikatakan apipadam puntung tidak be-rasap lagi (mengerjakan

pekerjaan sampai tuntas/pas),” ujarnya.Uwak Raden juga menilai pasangan JK-

Wiranto sangat lengkap sebagai pasa-ngan Nusantara. Dari JK sendiri berasal

dari Sulawesi dan Wiranto berasal dariJawa. Sedangkan istri JK berasal dariPadang, Sumatera Barat. Begitu juga is-tri Wiranto dari Sulawesi. “Kalau Uwakketahui, orang-orang dari Sulawesi danPadang sangat santun dan agamis.Apalagi seperti kita lihat sangat cocokuntuk mendampingi JK-Wiranto dalammemimpin negeri ini,” ujarnya.

Dia menilai JK-Wiranto ingin berjuangdemi kemajuan negeri ini. “Kalo dalam ba-haso Jambi itu adat bersendikan syara',syara' bersendikan kitabullah. Syara'bekato adat memakai, rajo alim rajo di-sembah, rajo zalim rajo disanggah, lang-kah rajo maju dengan peraturan. Kalodalam bahaso Jambi, itu ingin menjadijayo sempurno baik sebagai pemimpinmaupun yang dipimpin. Macam mano jayosempurno yaitu hidup sempurno mati di-terimo di sisi Allah Swt. Uwak raso itu lang-kah pasangan itu berjuang membangunnegeri ini,” ujarnya. “ Marilah kita ber-sama-sama bergabung untuk masadepan yang mandiri,” ujarnya.(adv)

n ADVERTORIAL

Raden Marjoyo Pamuk

Page 17: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

TAK PERCAYA: Niar saat mendengar nasib adiknya. Zulmaidi (atas), tersangka pembunuh Rafi.

Edd

Y ju

NA

Edi/j

AM

Bi i

Nd

EPEN

dEN

T

tabaru, Jambi. Rasa kaget dan tidak percaya itu dirasakan Niar setelah membaca berita tentang adiknya di media massa.

“Benar itu Zulmaidi, fotonya besar dipam-pang. Saya (tahu) dari tetangga yang beli ko-

ran. Sebenarnya mereka ragu menyampaikan kabar itu,” tuturnya. Tampak linangan air mata jatuh dari mata wanita yang bekerja sebagai penjual pakaian itu.

Grand Final PPI Bakal Spektakuler

THEHOK – Malam grand final Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) Provinsi Jambi 2009 akan dilak-sanakan pada 25 Juli mendatang. Saat ini panitia sudah mepersiapkan segala keperluan acara itu.

Diyakini, malam penentuan itu lebih spektakuler. Selain dekorasi, penampi-lan para finalis juga akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Terkait dekorasi, panitia bekerja sama dengan AF Decoration. AF bakal menata ruangan sedemiki-an rupa. Ditambah lagi para

finalis akan menggunakan dua busana, yakni busana daerah Jambi dengan tutup kepala je-

nis tengkuluk dan busana gaun malam yang dirancang khusus oleh desainer kondang Jambi, Nayu Hendri.

“Busana finalis tahun ini se-dikit berbeda dari tahun sebelumnya. Selain meng-gunakan busana daerah Jambi, gaun malam yang

dirancang juga akan dipadukan dengan kain batik khas Jambi, sehingga nuansa budaya Jambi melekat pada penampilan para finalis PPI 2009,” terang Fitri, koordinator EO Jambi Independent, kemarin (23/6).

Soal KUPEMpada TemuanBPK RI

JAMBI – Akh i rnya , temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas kepatuhan perundang-un-dangan Pemprov Jambi tahun anggaran 2008 mu-lai ditindaklanjuti. Salah satunya program Kredit Usaha Penguatan Ekonomi Masyarakat (KUPEM) yang berpotensi merugikan daerah senilai Rp 5,99 miliar.

Menurut Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Jambi Hasvia, pihaknya telah berkoor-dinasi dengan Biro Sumber Daya Alam (SDA) Jambi. Malah, mereka telah melakukan koordinasi dengan Inspektor-

at Jambi guna menindaklanjuti temuan itu.

“Tadi kita sudah rapat den-gan Inspektorat. Jadi saya

bukannya melempar tang-gung jawab. Buktinya saya secara individu masih

koordinasi dengan SDA walau sudah beda bidang,” ungkap Hasvia di ruang kerjanya kemarin (23/6).

Kolektor Barang AntikSiAPA sangka, sebagai seorang dokter, Ida Yuliati

memiliki hobi unik, yakni mengoleksi barang antik. Selain itu, direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) A Manap itu juga penggemar empek-empek, makanan khas Sumatera Selatan.

Kalau ada waktu luang, istri Ir Asmarjani MM itu bernyanyi bersama keluarga. Bersama suami dan anak-anak, dokter itu suka menyanyikan lagu-lagu lawas.

“Kalau ada waktu lebih, kita (sekeluarga) nonton film-film Indonesia dari yang zaman dulu sampai yang terbaru,” ungkap wanita kelahiran Palem-bang, 27 Juli 1964, itu kemarin (23/6).

Sehari-hari direktur itu selalu mengenakan jilbab. Kesan pertama ketika bertemua, dia fa-miliar, supel, dan pintar bergaul. Tapi tentu tak mengurangi wibawanya yang lulusan Fakultas Kedokteran Uninersitas Sriwijaya, Palembang, 1992, dan Megister Hukum Kesehatan Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, 2004.

Ibunda Erica Ayu Utami, mahasiswa semester empat Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, dan Rio Rahamdi, lulusan SMAN 5 Kota Jambi 2009, itu memiliki jejang karier cukup gemilang. Sejak 1993 hingga 1996, dia dipercaya memimpin Puskesmas Muarobungo. Setahun kemudian, dia kembali di-percaya memimpin Puskesmas Payoselincah dan Puskesmas Pakuanbaru. (amu)

Jambi Independent RABu, 24 juNi 2009

teras

aturan tinggal aturan

AldiNO/jAMBi iNdEPENdENT

Seorang pengemis saat beraksi. Walau tulisan “dilarang mengemis” terpampang, pengemis itu tetap tak peduli. Saat ini perda soal larangan mengemis masih di-godok Pemkot jambi.

Zulmaidi, Tersangka Pembunuh Rafi, di Mata Keluarga

Dikenal Pendiam, Penurut, dan Penyayang

baca dikenal hal 18

Sejak beberapa pekan terakhir, Kota jambi dihebohkan dengan

penemuan sosok mayat Rafdi-anto alias Rafi di sebuah rumah

toko (ruko) samping taman wisata Kampoeng Rajda. Sejak peristiwa

pada Senin (24/5) itu, aparat ke-polisian berusaha menyisir pelaku dan berhasil meringkus Zulmaidi.

Bagaimana keseharian Zulmaidi di mata keluarganya?

FiNARMAN WAPu, Kota jambi

“SAyA terkejut!” kata Niar, kakak kand-ung Zulmaidi, saat ditemui di kediamannya, Perumahan Bougenville Lestari Blok EO No 12, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Ko-

Biro Ekbang Surati Kabupaten

PPI

baca Grand hal 18 baca Biro hal 18

Dewan Desak Pemkot Tegas

DPP Desak Bentuk SK Wali Kota

Terkait Pungutandi Sekolah

FiNARMAN WAPu, Kota Jambi

HInggA kini Pemkot Jambi belum memberikan rambu-rambu larangan dalam pemungutan penerimaan siswa baru. Pasalnya, sejumlah pungutan atau iuran masih saja terjadi di tengah gencarnya promosi sekolah gratis. Apalagi kepemimpi-nan Wali Kota Jambi Bambang Priyanto dan Wakil Wali Kota Sum Indra menggadang-gadang pendidikan gratis tersebut.

Ketua Komisi D DPRD Kota Jambi Zayadi menyayangkan pungutan seperti iuran komite di SMP maupun SMA. Menurutnya, pungutan itu sudah seharusnya ditiadakan. Alasannya, selama ini pemerintah melalui APBD dan dana pusat terus menggulir-kan bantuan untuk pendidikan. Bantuan digunakan untuk pembangunan fisik maupun nonfisik.

TErKAIT program pendidikan gratis yang didengung-dengungkan Wali Kota Jambi Bambang Priyanto, Ketua Dewan Pendidikan Provinsi (DPP) Jambi A Shomad angkat bicara. Menurutnya, saat ini harus ada payung hukum terkait komponen pendidikan gratis.

Dijelaskan, meski program pendidikan gratis sudah digulirkan, pada praktiknya tidak berjalan maksimal. Malah pihak sekolah masih saja melakukan pungutan dengan dalih macam-macam. Termasuk pungutan untuk nonoperasional sekolah.

15 Persen Peserta Paket C PnSKoTA JAMBI – Ujian kesetaraan

tingkat SMA atau ujian Paket C dilak-sanakan kemarin (23/6). Jumlah peserta 844 orang. 15 persen di antaranya adalah pegawai negeri sipil (PNS).

Rinciannya, peserta reguler sebanyak 553 orang dan nonreguler 291 orang. Nah, dari peserta reguler itu, sekitar 15-20 persen di antaranya adalah PNS. Selebih-nya orang-orang yang sudah bekerja.

Demikian diungkapkan Kasi Kesetaraan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Jambi Thabii, Selasa (23/7). Menurut dia, ujian kesetaraan atau ujian paket diperuntuk-kan bagi yang tidak beruntung dan tidak berkesempatan mendapatkan pendidikan formal dengan berbagai faktor, misalnya faktor ekonomi, kesibukan, sosial, dan budaya serta faktor lain yang menyebab-kan seseorang tidak bisa duduk di bangku

pendidikan formal. “Terutama bagi yang putus sekolah, Paket C-lah tempatnya,” ungkap Thabii kemarin.

Khusus di Kota Jambi, ada 12 pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang melaksanakan ujian Paket C. Jum-lah peserta dari tiap PKBM bervariasi. Namun rata-rata lebih dari 30 orang per PKBM.

baca dPP hal 18

baca dewan hal 18

baca 15 Persen hal 18

ida Yuliati

Page 18: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

rabu, 24 juni 2009 Jambi Independent

Soal make-up peserta, tambah Fitri, disponsori oleh Lettisia Gianti. “Pokoknya malam grand final nanti lebih spesial,” ujarnya semangat. Saat ini poling koran untuk mencari putri favorit pilihan pembaca masih berjalan. Hampir tiap hari kupon masuk ke meja panitia. Peserta yang mem-eroleh kupon terbanyak akan dinobatkan sebagai putri favorit PPI 2009.

Tak hanya putri favorit yang menikmati hasil. Para pembaca Jambi Independent yang mengirim kupon pun diberi hadiah. Pa-nitia sudah menyiapkan berbagai macam

hadiah hiburan seperti TV 21 inci, DVD player, dan masih banyak hadiah lain.

Pada saat malam grand final nanti, pengunjung akan dihibur artis ibu kota, yakni duo T2. T2 bakal membawa sembilan lagu terbaru, mulai dari “Jangan Lebay” sampai “Malu-malu Dong”.

Untuk itu, bagi yang berminat menyak-sikan malam grand final, Fitri mengatakan bisa memesan tiket mulai sekarang. Harga satu tiket VIP dipatok Rp 200 ribu, sedang-kan kelas biasa Rp 30 ribu. ”Saat ini sudah ada yang mesan,” tandas Fitri.(wra)

Jika masih ada “pungutan liar”, sepantasnya pemerintah mengambil tindakan tegas seperti memanggil kepala sekolah atau pihak terkait. “Kita akan membi-carakan persoalan ini di Komisi. Selama ini belum ada kejelasan mana saja yang boleh dan tidak boleh dipungut dari siswa,” tegas Zayadi kemarin (23/6).

Menurut dia, uang OSIS, pramuka, dan iuran dalam pendaftaran ulang, sudah ter-masuk dalam poin-poin sekolah gratis. Pointer batasan pungutan itu harus dijelaskan terlebih dulu kepada publik agar semua tahu.

“Pemerintah, dalam hal ini Di-nas Pendidikan, harus menjelas-kan pointer biaya yang dibe-bankan kepada siswa. Selama ini kita melihat pemerintah belum terbuka. Seharusnya mereka transparan mengenai iuran itu,” tegasnya.

Ditambahkan, pungutan uang komite di sekolah untuk SMP selain RSBI diusahakan tidak ada. Kesepakatan antara komite sekolah dan wali murid malah menjadi celah baru melakukan pungutan.

“Pembangunan fisik sudah di-anggarkan dalam APBD. Malah kita ada dana BOS. Iuran komite itu merupakan celah, jika pemer-intah tidak selektif,” tegasnya.

Lebih lanjut Zayadi men-gatakan, dia secara pribadi akan membawa persoalan itu lebih lan-jut ke Komisi D. Setelah itu, baru bisa memutuskan tindakan apa

yang bakal diambil Dewan.Terpisah, Wakil Wali Kota

Jambi Sum Indra mengakui, iuran komite sekolah masih diperbolehkan. Pernyataan itu diungkapkan sebelum meng-hadiri peresmian Bank BTPN kemarin (23/6). Menurut dia, iuran tersebut masih berlaku untuk sekolah berstandar nasi-onal. Tapi itu bergantung hasil pertemuan antara komite sekolah dan wali murid.

“Untuk sekolah berstandar nasional, sekolah mempun-yai kebijakan sendiri. Asalkan disetujui oleh komite, boleh memungut biaya. Komite nanti akan melaporkan kepada dinas, dilanjutkan kepada orangtua,” jelasnya di Balaikota Jambi kemarin. “Kalau untuk sekolah tidak berstandar nasional, kita pulangkan kepada komite, karena komite yang mengatur,” jelas Sum Indra.

Untuk menindaklanjuti soal pungutan, Sum Indra akan melakukan pengecekan ke be-berapa sekolah. Dan dia pun akan melakukan kajian ulang apakah komite sekolah masih diperlukan atau tidak.

“Kita tidak mau gegabah, kita akan kaji dengan Dinas Pendidi-kan apakah komite itu masih di-perlukan atau tidak,” tegasnya.

Lalu bagaimana dengan peng-gunaan dana BOS? “Betul, betul dana BOS sudah digunakan untuk keperluan sekolah. Kalau di luar itu, silakan komite yang meny-etujui,” ungkapnya.(*)

Dalam waktu dekat, A Shomad melalui DPP mendesak agar Wali Kota segera membuat surat keputusan (SK) terkait kompo-nen pendidikan gratis; apa saja yang gratis dan apa saja yang harus gratis.

“Untuk jangka pendek, Wali Kota cukup membuat SK soal komponen pendidikan gratis,” te-gas A Shomad kemarin (23/6).

Dengan adanya SK itu, kepala sekolah (kepsek) punya pan-duan. Dengan demikian pihak sekolah tidak lagi sembarangan menetapkan pungutan terhadap siswa. “Selama ini kan pungutan terselubung tidak tersentuh hu-kum,” jelasnya.

Bahkan akan lebih baik jika ada peraturan daerah (perda) yang menegaskan soal kom-

ponen pendidikan gratis. “Kita sudah berkali-kali mendorong agar perda itu dibentuk. Tapi karena masa jabatan Dewan hampir habis, percuma saja kan,” bebernya.

Alasan perlunya pembentukan perda, selain untuk menegaskan program pendidikan gratis, juga untuk menunjukkan tanggung jawab pemerintah terhadap pro-gram tersebut. “Selama ini kan pemerintah terkesan tidak ber-tanggung jawab atas kebijakan yang dikeluarkan,” tandasnya.

Shomad membenarkan ad-anya pungutan di sekolah yang nilainya bahkan hingga Rp 1 juta per siswa. Kegunaan pungutan itu terkadang tidak realistis. Biaya nonoperasional sekolah pun dibebankan ke siswa.(nas)

Bahkan dia mengakui, sejak Maret 2009 lalu, pihaknya sudah mulai menindaklanjuti temuan BPK atas KUPEM tersebut. Pada 24 Maret 2009, digelar rapat koordinasi tim KUPEM Provinsi Jambi dan kabupaten/kota ten-tang pelaksanaan program KU-PEM, permodalan, dan sertifikasi hak atas tanah di kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

Pada 13 April 2009, tim sudah

menyurati bupati/wali kota se-Provinsi Jambi agar meninda-klanjuti kesepakatan bersama untuk melaksanakan pembinaan dan penagihan tunggakan KU-PEM pada para nasabah di ka-bupaten/kota. Surat itu bernomor 521/978/III-SDA tertanggal 13 April 2009.

Sepuluh hari kemudian, yakni 23 April 2009, tim kembali menyampaikan draft temuan

BPK tentang KUPEM 2008 dan telah disampaikan jawa-ban yang ditujukan pada ketua BPK Perwakilan Jambi dengan nomor surat 521/187/1-Ekbang. Terakhir, pada 25 sampai 29 Mei 2009, tim KUPEM Provinsi dan kabupaten/kota mengevalu-asi KUPEM permodalan dan pensertifikatan atas tanah.

Khusus Kota Jambi, baru di-laksanakan evaluasi pada 16

Juni 2009. Secara keseluruhan, hasil evaluasi masih dalam pe-nyelsaian karena beberapa ka-bupaten/kota belum melengkapi laporan. “Kita mengingatkan tim kabupaten/kota untuk proaktif menagih pada nasabah. Sejauh ini sudah ada perkembangan,” tegas Hasvia.

Target pihaknya, per 1 Juli 2009, temuan BPK RI terhadap program KUPEM 2008 seni-

lai Rp 5,99 miliar bisa tuntas. Setelah itu, pihaknya meminta Bank Jambi sebagai pelaksana program untuk melaporkan perkembangan program setiap bulan.

“Kita juga melakukan rapat koordinasi dengan kabupaten/kota, khususnya memperbaiki MoU antara bupati dan guber-nur tentang sistem chanelling KUPEM,” tandasnya.(nas)

Dewan Desak Pemkot --------- dari hal 17

Grand Final PPI Bakal ------- dari hal 17

Di rumah ini lah Zul—pang-gilan akrab Zulmaidi—tinggal. Meski tinggal satu rumah, komu-nikasi antara Niar dan adiknya kurang terjalin. Mereka jarang bertemu, karena Niar sering keluar kota menjajakan pakaian dagangannya. “Saya jarang ketemu juga dan benar-benar tidak menyangka kalau adik saya yang membunuh,” tegasnya sembari mengusap wajahnya.

Rasa sedih dan tidak percaya berkecamuk dalam benaknya. Sesekali Niar memeluk bantal kursi yang terletak di ruang tamu berukuran sekitar 3x4 meter. Wajahnya tampak lesu, “dari tadi saya tidak makan. Minum air pu-tih pun susah. Walau bagaimana pun dia (Zulmaidi, red) keluarga saya, adik saya.”

Di Jambi, Zul baru setahun. Keseharianya, bekerja sebagai kuli bangunan. Tak ada aktivitas

lain. Pergi kerja pukul 08.00 WIB dan pulang pada pukul 17.00 WIB. Selama tinggal dengan kakaknya, tak ada kejanggalan pada diri Zul.

Zul, di mata Niar tergolong sosok adik yang penurut. Tidak pernah melawan. “Tapi, tidak tahu di luar sepengetahuan saya,” ungkapnya didampingi seorang putrinya yang asyik mendengar-kan pembicaraan.

Kalau pulang kerja dan habis gajian, sambungnya, Zul sering memberikan uang untuk jajan keponakannya. Zul tidak pelit. Memang belakangan ada kabar kalau keluarganya di kampung butuh uang. Tapi tidak menyang-ka akan terjadi kejadian seperti ini. “Biasanya kalau habis gajian dia beri uang kepada keponakan-nya. Ni… beli bakso,” ujar Niar menirukan Zul saat memberi uang kepada anaknya.

Pelaksanaan ujian untuk peserta reguler dilakukan di SMAN 2 Kota Jambi dan SMA Nomensen. Sedang peserta nonregular atau siswa yang tidak lulus UN, ujian diselenggrakan di SMA PGRI 2 Jelutung, Kota jambi.

Ujian dimulai pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Mata pelaja-ran yang diujikan untuk jurusan IPA dan IPS adalah PPKN dan Bahasa Inggris.

Dari pantauan Jambi Indepen-dent, peserta ujian di SMAN 2 Kota Jambi kebanyakan berusia

di atas 40 tahun. Suasana ujian layaknya ujian biasa. Selain pen-gawas silang, juga ada pengawas dari Dinas Pendidikan yang me-mantau pelaksanaan ujian.

Menurut Kepala Sanggar Keg-iatan Belajar (SKB) Kota Jambi Rosmeli, Paket C sebenarnya pendidikan nonformal. “Dulu disebut dengan pendidikan luar sekolah,” beber Rosmeli.

Rosmeli menyayangkan pan-dangan masyarakat yang masih menganggap sepele ijazah Paket C. Padahal, dalam undang-un-

dang, ujian Paket C disamakan dengan ujian nasional pada sekolah formal. Bahkan Rosmeli membeberkan, banyak anggota Dewan yang menggunakan ijazah Paket C. Dia mengakui, banyak anggota Dewan atau caleg yang ikut ujian Paket C.

Karena itu Rosmeli menyarank-an para caleg yang sudah duduk di DPR terus memberikan perhatian kepada sekolah nonformal sep-erti ujian kesetaraan atau ujian Paket C. “Jangan lupa asal,” katanya.(wra)

Memang, beberapa waktu lalu, sekitar bulan Mei 2009, Zul minta sejumlah uang untuk ongkos. “Waktu itu kalau tidak salah hari Minggu, sekitar bulan Mei. Dia baru pulang dari Pekanbaru dan minta uang. Sebagai kakak, saya meminjamkan uang sebesar Rp 100 ribu. Habis itu saya tidak tahu lagi. Nanti kami diapakan polisi ndak?” ujarnya sedikit ketakutan.

Selang beberapa menit, seorang pria setelah memarkirkan sepeda motor, masuk ke rumah. Dia adalah Kedok, kakak ipar Zul-maidi, isteri Niar. Berita penang-kapan adiknya juga diketahui dari berita di koran terbitan Selasa 23 Juni 2009. Ekspresi kaget dan tidak percaya terlukis dari wajahnya. Namun dia berusaha untuk tegar menghadapi ma-

salah itu. Menurut dia, selama ini perilaku

Zul biasa-biasa saja. Tidak ada yang mencurigakan dari ke-biasaannya sehari-hari. “Bi-asanya kalau pulang dari kerja ngumpul-ngumpul di rumah den-gan kawan-kawan,” ungkapnya menunjuk ke arah depan rumah. “Begitu juga hari-harinya, tak ada yang aneh,” tambahnya. “Kalau di suruh tidak pernah menolak, bahkan rumah kami ini, dia (Zul) yang mengecat. Memang dia orangnya pendiam,” jelas pria yang bekerja di sebuah loket mobil Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang terletak di simpang Jalan Patimura, Kota Baru, Jambi itu. Niar mengaku pasrah. Dia menyerahkan semuanya kepada proses hukum.

Setelah kejadian ini, keduanya

berencana akan membesuk Zul-maidi ke Poltabes Jambi. Mereka pun lalu menyiapkan beberapa keperluan, seperti makanan. “Kami belum jenguk, rencana kalau ndak hari ini (kemarin, red), nanti. Lagi nyiapi apo bae yang akan dibawa,” ujarnya.

Di mata tetangganya, Zul memang tak terlalu familiar. Dia sesekali keluar membeli pulsa di counter HP tak jauh dari kediamannya. Sesekali dia mengobrol dengan orang-orang sekitar rumah.

“Biasa Zul beli pulsa di sini. Dia tidak banyak ngobrol dan tidak ada yang aneh. Pernah mengatakan kerjaan tante enak lah, kalau aku ni apolah, kerjo bangunan,” ungkap seorang tetangga Zul, kepada Jambi Independent.(*)

Dikenal Pendiam, Penurut dan Penyayang --------------------------------------------------------------------- dari hal 17

DPP Desak Bentuk SK -------- dari hal 17

15 Persen Peserta Paket C PNS ------------------------- dari hal 17

Biro Ekbang Surati Kabupaten ------------------------------------------------------------------------------------ dari hal 17

Transaksi Pasar Lelang agro Capai

rp 2,1 MiliarLelang Forward Disperindag Provinsi Jambi

jaMbi - Transaksi pasar le-lang agro yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi mencapai nilai Rp 2,1 miliar per Selasa (23/6). Transaksi yang dimulai pada pukul 10.00 WIB di ruang LPMP itu diikuti pelaku dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. Juga dari Provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, dan Lampung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi Hasan Basri, pasar lelang agro kali ini lebih bagus dari sebelumnya. Itu terli-hat dari banyaknya jumlah pelaku pasar dan jumlah komoditi yang ditawarkan. Tercatat 32 jumlah komoditi hasil perkebunan di-perdagangkan.

Komoditi itu antara lain cokelat, kelapa bulat, casiavera, kopi, pinang, beras, sayur-sayuran, dan beberapa komoditi lainnya. “Ini merupakan pasar lelang cukup besar dibanding pasar lelang sebelumnya. Apresiasi produsen dan konsumen se-makin banyak. Bahkan para produsen datang dari berbagai daerah di luar Provinsi Jambi untuk memperkenalkan produk mereka,” ungkap Hasan Basri

kemarin (23/6).Menurut Gubernur Jambi Zulki-

fli Nurdin yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hasan Kasim, pasar lelang sangat berman-faat untuk membangun sektor ekonomi kerakyatan. Mem-bantu bertemunya produsen dan konsumen sehingga bisa duduk bersama dan membuat kesepakatan ekonomi yang saling menguntungkan.

“Di sini Disperindag berperan sebagai jembatan penghubung antara dua belah pihak sehingga biaya bisa ditekan. Konsumen pun bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Kita ber-harap agar setiap transaksi bisa mencapai angka yang tinggi,” ujarnya.

Turut hadir pada acara pasar le-lang agro, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat Herman serta Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Bengkulu Ali Musrami.

Menurut Ali Musrami, pihaknya menilai pasar Jambi sangat menjanjikan bagi produk ko-moditi Bengkulu. “Kita akui dalam pemasaran produk, tentu kita harus mengembangkan ke ber-bagai daerah dan salah satunya Provinsi Jambi. Saya yakin di sini pasarnya cukup menjanjikan,” tandasnya.(viz/adv)

adverToriaL

Page 19: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Jambi Independent rabu, 24 juni 2009

Eha Zulaeha, Kepala SD Negeri 78 Kota Jambi

Terus berusaha TingkatkanMutu anak Didik

MenDapaTkan pendidikan yang layak sudah tentu menjadi idaman oleh setiap orang. Inilah yang menjadi komitmen Eha Zu­laeha, Kepala SD Negeri 78 Kota Jambi. Sejak dia pimpin, sekolah yang beralamat di Jalan Sultan Sahrir RT 11 Pasir Putih, Keca­matan Jambi Selatan, Kota­Jambi ituterus eksis dalam mencerdas kan anak bangsa dan mampu ber­saing dengan sekolah pavorit yang ada di Kota Jambi.

Wanita kelahiran Cirebon 12 Juni 1952 ini mengaku terus berusaha meningkatkan mutu dan daya sa­ing sekolah yang dipimpinnya. Dengan pengalamannya yang sudah 30 tahun menjadi tenaga pendidik, komitmen wanita yang biasa disapa Eha ini memang tak perlu diragukan lagi dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Jambi.

“Saya sudah 30 tahun mengabdi sebagai guru. Pernah juga men­dapat penghargaan Satya Len­cana dari Wali Kota. Saya diangkat jadi kepala sekolah tahun 2007 lalu,”ungkapnya sambil tersenyum saat di temui di ruangan kerjanya kemarin.

Saat ini SDN 78 yang dipimpin Eha membina lebih kurang 330

orang siswa. Dia dibantu 21 orang tenaga pendidik. “ Sekolah kami ren­

cananya akan menerima murid baru sebanyak dua kelas. Saat ini yang

n aDverTorial

eha Zulaeha di ruang kerjanya

mendaftar sudah 70 orang, tapi itu akan diseleksi lagi,”ungkap Yulia Sari Skom, tata usaha di sekolah itu.

Rabu 22 Juni lalu sekolah ini melakukan acara pelepasan siswa/siswi kelas XI yang diselenggara­kan di halaman sekolah. Semua siswa dan siswinya 100 persen lulus.” Saya dan ma je l i s gu ru S D N 7 8 m e n g u c a p k a n r i ­b u a n t e r i m a k a s i h k e p a d a semua wa l i mur id yang te lah mendukung aca ra te rsebu t , dan tak l upa kami j uga me­ngucapkan terimakasih k e p a d a B a p a k P a r d i B B A , pengawas TK dan SD Kecamatan Jambi Selatan, atas binaan yang telah diberikan kepada sekolah kami,” kata Eha.

Dia juga berharap kepada pe­merintah untuk memperhatikan pasilitas sekolah yang dipimpinya, seperti buku­buku perpustakaan.” Buku bacan masih bayak yang kurang, padahal buku sangat mem­pengaruhi mutu anak didik,’’ katanya.(pms)

Page 20: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

rabu , 24 juni 2009 Jambi Independent

Page 21: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Atur StrategiSOBAT suka sekali mendapatkan memberi-

kan supprise? Nich Biy kasih tips biar kejutanyang sobat berikan berjalan dengan aman enlancar :

1. Atur Stategi. Atur strategi jitu agar suppriseyang dibuat bisa sukses. Ikuti semua aktifitas-nya sehingga yang akan diberi supprise benar-benar merasakan supprise.

2. Cari Hal Yang Disukai dan Tidak. Ini bisasobat jadikan senjata untuk memberikan kesankesal atapun marah sehingga saat mendapat-kan supprise, doi benar-benar senang.

3. Jalin Kerjasama. Jangan sendirian, ajak te-man-teman lainnya jika ingin membuat sup-prise. Biar lebih seru dan terasa lebiiih….(viz)

Jangan BerlebihanSETIAP orang pastinya san-

gat senang dan bahagia saatmendapatkan kejutan dari or-ang-orang terdekat mereka.Apalagi kejutan tersebut mere-ka dapatkan dis-

aat hari yang di-anggap istime-wa. Tentunya iniakan menjadi ke-b a h a g i a a ntersendiri bagimereka. Bagi anakyang suka mem-berikan kejutankepada orang lain,tentunya ini bukansatu hal yang per-lu di persoalkan.Hanya saja jangan terlalu berlebihansaat akan memberikan kejutan atau saatmenjahili orang lain. Ini agar mereka yangmendapatkan kejutan benar-benar mera-sa bahagia dan tidak akan dilupakan seu-mur hidup mereka. (viz)

Dendi DenmarkEntertainer

SI JAIL YANG SUKAKASIH SUPPRISE

Cinta Yang Terbesar Itu Adalah Mencintai Diri Kita Sendiri

Semakin Dekat, Semakin SayangKEJUTAN bisa kita berikan kepada sia-

papun. Tidak hanya untuk keluarga, kakak,adik, teman dan pacar, bahkan orang yangtidak kita kenal sama sekali juga pantas un-tuk mendapatkan supprise dari kita. Sepertiyang saat ini banyak dilakukan ama beber-apa program acara di Televisi. Memberikansupprise yang enggak di duga-duga sehing-ga terkadang hanya air mata yang bisa kelu-

ar sebagai ekspresi dari kebahagiaan.Satu hal, sobat yang suka sekali mem-

berikan kejutan teramsuk orang yangsuka jahil (40,4 persen). Pintar bangetmembuat orang percaya dengan keja-hilan sobat. Selain itu, pastinya sobat jugatermasuk orang yang baik hati en roman-tis. Secara, pasti dech doinya juga seringbanget dikasih supprise kecil yang mem-

bahagiakan.Selain itu, orang yang suka sekali memberi-

kan suppirse ini tentunya harus dibalas den-gan supprise (37,6 persen). Ini emang wajibbanget di lakukan, secara dia bisa merasakanbagaimana mendapatkan kejutan dari oranglaen. Yah, jangan selalu memberi dunkk, seka-li-kali sobat juga pantas menerimadunkk…Iya toch…(viz)

TAHUKAH kamu bahwa yang dapatmenghargai diri kita sendiri adalah diri kitasendiri. Yang membuat bahagia hidup seseor-ang adalah saat kita merasa bahwa kita bahagiadan nyaman menjadi diri kita sendiri. Seseor-ang yang mungkin saja tidak kaya, tidak can-tik, tidak pintar, tapi dia merasa dirinya adalahorang yang paling beruntung, merekalah orang-orang yang mencintai dirinya sendiri dan pal-ing menghargai dirinya sebagai seseorang yangpaling istimewa diantara dirinya sendiri.

Ketika seseorang merasa bahwa dirinyatidak berguna, cenderung pesimis, bahkantidak menghargai dirinya sendiri, dialah orangyang merugi yang merasa dirinya tidak ada apa-apanya. Sungguh bodoh, sangat… Ketika se-benarnya dia mampu tetapi karena dia merasa

RABU, 24 JUNI 2009

THINK IT

FUN TAK TIK

PROFILUSIA JENIS KELAMIN

JUMLAH RESPONDEN

PENDIDIKAN

COWOK 20 %

CEWEK 80 %

100 Siswa dan Mahasiswa

Perguruan Tinggi di Jambi

S1 30 %

SMA 70 %

13-15

tahun

(11,90 %)

16-18

tahun

(79,77 %)

19-21

tahun

(8,33 %)

PUNYA KISAH?

Siswa SMA/SMK dan MA serta mahasiswa juga dapatberbagi kisah gaul dan pengalaman menarik, unik danberharga lewat tulisan di Bianglala! Tulisan kamu harussesuai tema minggu depan:

Korban IklanModel Tas

Ungkapkan Rasa Meski Tak JadianKetemu Teman LamaKu Tunggu Jomblo mu

Panjang tulisan tidak lebih dari 1 halaman kuarto dike-tik dengan spasi 1,5. Tulisan harus diterima Bianglalapaling lambat pada 30 Agustus 2008 di Lantai II GrahaPena Jambi (Kantor Jambi Independent) Jalan Jender-al Sudirman No. 100, Tehhok, atau kirim melalui [email protected]. Sertakan foto (dilarangpakai pas foto) sertai, biodata lengkap dengan alamatsekolah atau kampus dan alamat rumah.

The Crew

Minul-Palcomtech

Opi-SMA Unggul Sakti

Melda-SMAN 8

Riko-Stephen

WINDA-SMAN 6

Diana-Poltekkes

Dini-PGRI 2

Riski-SMAN 9

Qori-SMAN 2

Cholida -MAN Model

Minul-SMAN 8 Cholida -Man Model

[email protected]

Surprise Banget To Orang Yang Spesialaku yang udah aku anggap kay-ak saudara aja deh.

Gini nie ceritanya, waktu ituaku buat rencana dibantu te-man-teman yang lain to bikinsuatu yang special buat sa-habat dekatku yang mau ultah.Karena aku tau apapun yangdisukainya, aku pun berniatuntuk membuat sesuatu yangsangat special to dia, aku sechoptimis dia bakal kaget nseneng banget sama surpriseyang kami buat.

Dan ketika waktu udah ham-

“THANKS ya, aku senengbanget lho…”

Siapa coba yang ga senengkalo dikasih surprise sama or-ang-orang terdekat, apalagikalo di kasih surprise samapacar. Pastinya seneng bangettuch.

Aku punya cerita nich. Tapikali nie bukan aku yang dikasihsurprise, malah aku yang hob-by bikin surprise to orang-orangyang ku kenal.

Aku punya cerita ni waktu akubikin surprise to teman dekat

per tiba, aku dan teman-temanyang lain ngecek semua persia-pan to dia. N pas dia da-tang……….

SURPRISE……………Dia kaget dan hanya diam di

pintu tepat didepannya kamimenyodorkan sebuah kue yangsangat sangat special yangudah kami buat. Dia ampenangis lho dengan semua yangkami buat tu.

Tapi ga hanya itu aja masihada 1, 2, 3 n banyak lagi keju-tan to dia. N sebelumnya aja

udah ada kejutan lain yang kamibuat untuk dia.

N show time… pas udah po-tong kue n potongan pertamadikasih ke ortunya n yang ked-ua untuk aku pastinya. Setelahitu aku kasih kado lainnya lagike dia. Dia seneng banget saatitu, aku pun jadi seneng rasan-ya ngeliat sahabat aku sampainagis kayak gitu. (opi)

INTAN

Buat Orang LainBahagia

SUPPRISE….Satu kata yang keluar dariteman-teman yang diperuntuk-

kan buat kita pastinya merupa-kan satu kebahagiaan tersendi-

ri. Apalagi suppise tersebutdiberikan saat momentyang tepat banget sepertiulang tahun, hari jadi,ataupun moment yang

sangat special buat kita. So,siapaun yang mendapatkan

supprise dari orang-orangdisekitar sobat pastinya

senang banget ya…Tapi, sapa saja

sech orang yang su-ka sekali memberi-kan supprise kepa-da orang lain teruta-ma orang terdekatmereka. Pastinya or-ang tersebut usilbanget alias suka seka-li ngerjain orang lain.Kalau berhasil, ten-tunya mereka san-gat amat berba-hagia…. Huaaa..kalau gini Biy maujuga dunkk dikasihsuppise,,,, Wah…Ngarep.com nech soBiy… heaaa….Sebanyak 57,5 per-

sen sobat Biy men-gaku suka sekalimemberikan kejutankepada orang yang

mereka anggap sangatspecial. Tentunya eng-

gak mudah memberi-kan kejutan yang be-

nar-benar kejutanbaru orang tersebut.Harus hati-hatibanget en perlu ker-jasama yang baikdengan pihak laen.

Ini agar kejutan yangdiberikan benar-benar

membuat orang yangmendapatkan kejutan

DIANAPOLTEKES

tidak, maka semenjak itulah kesuksesan berlarijauh darinya. Tidak ada yang tidak bisa dantidak pantas ketika seseorang itu mau berusahadan mencoba sampai dimana kemampuan-nya memuncak.

Seseorang berkata padaku “hanya kitayang mampu mengatasi diri kita” Benar,hanya kita, diri kita dan niat kita yang men-jadikan kita seseorang individualis yangidealis. Sebelum mencoba, kenapatidak??? Toh pada akhirnya kita emangkalah, kita tetap menang atas diri kita danupaya yang telah kita lakukan. ALLAHselalu memberi yang lebih baik buat kitayang berkemauan. Klo tidak hari mungkinbesok, klo bkn besok mungkin lusa dansampai ALLAH memang memberikan yang

pantas dan itulah pilihan terbaiknya.Contohnya saja, ketika kita meminta

seekor kupu-kupu nan cantik indah sayap-nya, tetapi kita hanya diberikan seekor ulatyang jelek rupa, apakah kita akankecewa??? Bagi yang menilai dari bentukmungkin sangat kecewa, karena ulat itutidak memberikan sesuatu yang indak saatitu. Tapi bagi mereka yang sabar dan tetapbersyukur, maka ulat yang jelek rupa ituakan dipeliharanya dam ketika akhirmasanya, maka ulat itu berubah menjadikepompong dan menjadi kupu-kupu.Sungguh indah bukan??? Tidak ada yangsia-sia yang ALLAH berikan kepada kitaselagi kita mau berusaha dan tidak meny-erah. SEMANGAT ̂ ^!)!@n@^^

tersebut happy en enggak nyangka. Bah-kan akan diingat seumur hidup mereka.

Dari 57,5 persen mengaku bahwa mem-berikan supprise pada orang laen emangudah hobby sejak kecil (27,6 persen). Adayang mengaku memiliki kepuasan tersendi-ri saat melihat orang yang mendapatkansurprise tersebut berbinar-binar penuh ba-hagia (39,4 persen). “Saat melihat merekakebingungan atau marah saat dikerjain, ehsetelah ketahuan mereka pasti langsungbahagia. Nah, disaat itu aku puas bangetdech…. Rasanya pengen ngerjain semuaorang kwakakaka,”ujar Rendi yang sedangmenikmati liburannya.

Nah, seperti yang Biy ungkapkan tadi,enggak mudah memberikan kejutan amaorang yang udah dekat banget ama kita.Perlu strategi jitu (31,2 persen). . Menurut36,5 persen sobat Biy, sobat harus mencarimoment yang tepat. “Yah, kalau enggak adamoment, rasanya aneh aja kalau ngasih sup-prise. Kecuali ama orang yang benar-benar spe-cial en tersayang. Kapanpun kita bisa memberi-kan supprise,”beber Ulfa, cewek Gemini yangsuka banget nonton Ekstravaganza ini.Yups, satu hal lagi, orang yang kita beri-kan kejutan pastinya selalu mengingat sup-pise manis yang kita berikan. Sekali lagi,sobat udah berhasil memberikan keba-hagiaan ama orang yang sobat sayangi. (viz)

BIY

Menurut kamu tentangseseorang yang suka kasihsupprise?Harus dibalas denganmemberinya supprise tuch 37,6%

Anaknya pasti baik hatien romantis 22%

Suka jail tuch40,4%

Sobat suka kasih supprise amaorang?

Iya 57,5%Enggak 42,5%

Kenapa?Biar mereka senang 33%Hobby dari dulu 27,6%Punya kepuasaantersendiri setelahberhasil 39,4%

Yang kamulakukan?

Cari moment tepat36,5%Setiap ada yangultah, aku siapuntuk ngerjain dia32,3%Atur strategi31,2%

Reaksi orang disekitarmu?Biasa aja 32,7%Ikut-ikutan 33%Kasih nasehat 34,3%

Kalauenggakkenapa?

Males28%Enggaksuka aja32,6%Lebih sukanerimasupprise39,4%

Page 22: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Jambi Independentrabu, 24 juni 2009

Page 23: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

Jambi Independent All SportRABU, 24 JUNI 2009

Persibri Juara Liga RemajaPIALA SURAPIALA SURAPIALA SURAPIALA SURAPIALA SURATINTINTINTINTIN

JAMBI – Keperkasaan Per-sibri Junior kembali terbukti.Tim besutan pelatih M Yusuf itusukses menjadi yang terbaik diLiga Remaja U-18 Rayon Jam-bi 2009. Mereka naik ke tang-ga juara setelah menang 1-0 (1-0) atas Mosas Junior di partaifinal yang digelar di Stadion TriLomba Juang kemarin (23/6).

Hasil positif tersebut tak lep-as dari gol semata wayang yangdilesakkan libero Persibri, Hen-dra, lewat tendangan bebas dimenit 19.

Tertinggal satu gol, pemain-pemain Mosas bangkit. Merekaberusaha mengejar keting-galannya dengan membom-bardir pertahanan Laskar Bu-jang Jantan (julukan Persibri)junior itu. Hasilnya memangterlihat signifikan. Beberapakali peluang berhasil dihasil-kan lini depan Mosas yang dim-otori oleh Mustaqim.

Namun, gol yang diharapkantak kunjung jua. Sampai be-rakhirnya babak per tama,Mosas gagal menyamakankedudukan.

Di babak kedua tensi sedikittinggi. Mustaqim dkk terusmenekan pertahanan Mosas

Budi Rahayu, Mustaqim dkktidak mampu mencetak gol.

Lemahnya penyelesaianakhir anak-anak Mosas menja-di faktor penghambat merekamencetak gol. Kemudiankurang tenang bermain, seh-ingga Persibri mudah mendiktepermainan Mosas.

“Secara menyeluruh, anak-anak telah bermain optimal.Mereka sebenarnya tidak kalah,hanya kurang beruntung sajadalam final ini,” kata pelatihMosas Udin Siregar usaipertandingan.

Dia juga mengakui pertahan-an yang dibangun lawan cuk-up baik. Namun, pemainnyakurang ngotot akibatnya begi-tu sulit Mustaqim dkk membob-ol gawang Persibri.

“Bukan kalah kualitas, ke-beruntungan yang belum ber-pihak kepada kami. Dalampertanding peluang gol ban-yak kami ciptakan, namungagal membuahkan hasil,”terangnya.

Sementara, manajer Persibri JrHizbullah Kahar sangat ber-syukur dengan kemenangantersebut. Dia mengatakan bah-wa secara keseluruhan pertand-ingan cukup berimbang. Soalgol Hendra ke gawang Mosas,dia mengatakan sangat indah.Hanya pemain yang bertalentabisa menciptakan gol itu. (dar)

hingga menghasilkan sejum-lah peluang. Namun, hal terse-but tak membuahkan hasil kare-na para pemain Persibri jugaberupaya keras mempertahan-kan keunggulan.

Sampai menit terakhir dan ter-dengar peluit panjang wasit

Pelti Jambi Buru Prestasi

TENISTENISTENISTENISTENIS

Ikuti PON Tenis2009 di Jakarta

JAMBI – Datang, bertanding,dan menang. Itulah semangatyang dibawa para petenis Jam-bi menuju Pekan Olahraga Na-sional (PON) Tenis 2009 yangdigelar di Lapangan Tenis Gelo-ra Bung Karno Senayan, Jakar-ta, 27 Juni-5 Juli nanti.

Namun, pada event akbar iniPelti Jambi yang dikomandaniKemas Arsyad Somad hanyafokus dua nomor pertandin-gan. Yaitu junior putra (U-16tahun) dan senior putra. Sedan-gkan kategori veteran Jambimemutuskan tidak ikut. Pelu-ang adalah salah satupenyebabnya.

Karena mundur, posisi Jambiakhirnya digantikan BangkaBelitung. “Kita mengirim duaregu, junior dan senior putra.Biar lebih fokus. Kemudianpeluangnya menjadi yang ter-baik juga terbuka lebar,” kataketua umum Pelti Jambi KemasArsyad Somad kepada JambiIndependent kemarin.

Di kategori junior putradiperkuat empat petenis mudabertalenta. Mereka adalah Ang-ga, Rendi Cahyadi, Jati Kris-tianto, dan Tio Aji.

Keempat petenis muda terse-but pilihan dari hasil berbagaikejuaraan yang digelar PeltiJambi. Berarti, kemampuanAngga dkk itu sudah teruji dantak perlu diragukan lagi.

Sedang skuad senior Pelti

BURU PRESTASI: Kemas Arsyad Somad bersama skuad tennisJambi yang akan tampil di PON Tenis 2009 di Jakarta.

Effendi-LukmanSiap Gantikan ZNJAMBI – Pencalonan Ketua

Umum KONI Jambi periode2009-2013 makin ramai. Se-lain Budianto dan Hazrin Nur-din, kemarin (23/6) nama Effen-di Hatta dan Lukman Jafri jugamuncul kepermukaan. Kedu-anya dinilai layak mengganti-kan Zulkifli Nurdin (ZN).

Apalagi keduanya telahmendapat dukungan dari pen-gurus cabor maupun KONIkabupaten/kota. Keduanyabahkan sama-sama mengklaimpaling banyak dukungan.

Effendi Hatta, ketua umumForki Jambi, misalnya. Diamengaku telah mengantongi28 suara dari 53 suara yang akandiperebutkan dalam Musor-prov X mendatang. Lima dian-tara suaranya berasal dari KONIkabupaten. Sisanya dukunganpara pengurus cabor. Sayang,politisi Demokrat tersebut eng-gan menyebutkan pengusung-nya itu.

“Tidak etislah disebutkan.Yang penting, mereka men-dukung saya,” kata dia.

Menurut dia, jika pemilihan-nya berlangsung fair dirinyapasti unggul. Karena figureyang dicari mengerti dan mema-hami olahraga.

“Bukan sebaliknya,” ujarnya“Terus terang saya maju bu-

kan desakan dari pihak lain.Tapi, berdasarkan kemampuandan memang saya mampu men-jadi pemimpin,” timpalnya.

Mengenai statusnya sebagaipenjabat publik, dia menye-butkan saat pemilihan statusn-ya sebagai ketua umum Forki.Bukan sebagai anggota dewan.“Saya kan belum dilantik.”

Sementara, Lukman Jafrimengikuti bursa ketua umumKONI Jambi karena sudah men-gantongi 15 suara. Semuanyaberasal dari pengurus cabor.

“Sekarang ini saya sedangmencari suara tambahan dariKONI kabupaten,” kata ketuaumum Ikatan Olahraga DansaIndonesia (IODI) Jambi ini.

Apa tidak ‘khawatir’? “Men-gapa harus khawatir. Saya mau-pun Hazrin, Budianto, dan lain-nya juga punya hak. Apalagisama-sama berpelung menjadiorang nomor satu di KONI, kare-na yang menentukan adalahforum,” bebernya.

Yang jelas, “Misi saya mema-jukan prestasi olahraga Jambi.Apalagi, saya juga pengurusolahraga yang tahu dan mema-hami permasalahan yang terja-di,” tandasnya.(dar)

Jambi mempercayakan samaEko Yulianto, Azwari, Fadli,dan Rendi Purnomo. Keempat-nya adalah petenis paling tang-guh di Provinsi Jambi.

Selama mengikuti berbagaikejuaraan, Eko Yulianto dkkbelum terkalahkan dan selalumenjadi unggulan.

Karena itu, menurut Kemas,keempatnya sangat layak mem-perkuat skuad tenis Jambi diPON Tenis 2009 ini. “Kemam-puannya sudah teruji. Merekajuga yang terbaik sekarang ini,”terang Rektor Unja.

Meski begitu, Kemas tidakmau muluk-muluk dengan tar-get. Dia hanya meminta seluruhpetenisnya (junior dan senior)untuk tampil optimal dan ber-main baik.

“Kalau optimal dan bermainbaik pasti hasilnya memuaskan.Bisa-bisa tampil sebagai jua-ra,” katanya.

PON Tenis 2009, bagi Jambi,mempunyai manfaat ganda.Pertama, sebagai tolak ukurpembinaan yang telah dilaku-kan Pelti Jambi selama ini.Kedua, memberikan kesempa-tan kepada petenis-potensi po-tensial mengasah dan mengem-bangkan kemampuannya dipentas nasional.

“Jadi, bukan juara yang utamakami (Pelti) buru dalam ajangbergengsi ini. Tapi, bagaimanapetenis-petenis Jambi mampumenunjukan kemampuan ter-baiknya seperti yang pernah di-lakukan di daerahnya,”pungkasnya.

Untuk diketahui PON Tenis2009 yang segera digulirkanin i d i ikut i 28 provins i .Ajang gagasan PP Pelti inimemperebutkan 29 medaliemas, 29 perak, dan 58 pe-runggu dari lima kategori yangdipertandingkan. Total hadiahRp 500 juta. (dar)

KONIKONIKONIKONIKONI

REBUTBOLA

Dua pemainMosas danPersibri Batang-hari berebutanbola untukdikuasai padafinal Liga RemajaU-18 RayonJambi 2009 diStadion TriLomba Juangkemarin. Di finalini Persibriunggul 1-0.

RO

LA

ND

A H

AS

IBU

AN

/JAM

BI IN

DE

PE

ND

EN

T

Page 24: Jambi Independent edisi 24 Juni 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Budi Setiadi

Jambi Independent RaBu, 24 juni 2009

Sudah Tak Sabar24 n Halaman

Gerard Pique

LAJU Spanyol di Piala Konfe­de­rasi 2009 di Afrika Se­latan (Afse­l) te­rbi-lang mulus. Matador - julukan Span-yol - me­nang te­rus di tiga laga fase­ grup dan tidak ke­bobolan untuk lolos ke­ se­mifinal. Tre­n positif itu masih bisa be­rlanjut se­iring lawan di se­mifinal adalah tim unde­rdog, Ame­rika Se­rikat (AS).

Due­l Spanyol ve­rsus AS di Sta-dion Fre­e­ State­, Bloe­mfonte­in, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB) me­nga-wali se­mifinal Piala Konfe­de­rasi 2009. Satu slot e­mpat be­sar lainnya me­mpe­rte­mukan juara be­rtahan Brazil kontra tuan rumah Afse­l di Johanne­sburg dini hari be­sok WIB (26/6).

Lolosnya Spanyol ke­ se­mifinal me­mang sudah dipre­diksi se­be­-lum turname­n. Di luar lapangan, Matador be­rmodalkan juara Eropa (Euro 2008) dan pe­nghuni ranking satu dunia. Di lapangan, skuad Vi-ce­nte­ De­l Bosque­ me­miliki mate­ri pe­main be­rkualitas di se­gala lini

ASSpAnyol

yang mampu me­nyuguhkan pe­r-mainan me­nawan.

Lain halnya de­ngan AS. The­ Sam Army - se­butan AS “tak disangka bakal me­le­nggang ke­ se­mifinal. Mate­ri pe­main yang dibawa ke­ Afse­l pun rata-rata masih muda. Di-bandingkan AS, juara Piala Dunia 2006 Italia dan kampiun Afrika Me­sir awalnya le­bih dijagokan ke­ se­mifinal me­ndampingi Brazil.

Bahkan, De­l Bosque­ sudah me­rancang stra-te­gi lawan Italia atau Me­sir di se­mif inal . Kini, De­l Bosque­ te­r-paksa me­racik ulang formula yang te­pat bagi Ike­r Casillas dkk. “Me­re­ka (AS) me­mang layak ke­ se­mifinal,” ucap De­l Bosque­ se­bagaimana dilansir AFP.

“Se­cara tim, me­re­ka ce­pat de­ngan organisasi pe­rmainan yang rapi. Se­cara me­ntal, me­re­ka pasti le­bih te­rmotivasi,” sambung e­ntre­nador (pe­latih) 58 tahun te­rse­but.

Me­ski be­gitu, De­l Bosque­ me­rasa anak asuhnya tak kalah dalam urusan ke­pe­rcayaan diri. Te­utama se­te­lah Spayol be­rhasil me­nyamai re­kor tak te­rkalahkan Brazil dalam 35 laga be­runtun. Matador juga me­mbukukan re­kor dunia de­ngan 15 laga te­rakhir se­lalu me­nang.

“Se­te­lah di se­mifinal, kami ma-kin yakin ke­ final kare­na tim ini (Spanyol) be­gitu ambisius dan haus ke­sukse­san. Namun, kami te­tap me­naruh re­spe­k pada lawan kami (AS),” kata Fe­rnando Torre­s, bombe­r Spanyol, se­bagaimana dilansir harian olahraga Spanyol AS.

Di pihak lain, pe­latih AS Bob Bradle­y me­mang me­ngaku bahwa timnya le­bih be­rgairah se­usai me­langkah ke­ se­mifinal. Tapi, faktor ke­bugaran bisa me­n-

jadi proble­m se­rius bagi Landon Donovan dkk. “Spanyol me­miliki re­voce­ry le­bih lama dari kami. Itu tidak me­nguntungkan bagi kami,” te­rang Bob Bradle­y, arsite­k AS, se­bagaimana dikutip Associate­d Pre­ss.

Bradle­y juga be­rharap AS bisa me­me­cah ke­buntun ne­ge­rinya saat

me­masuki fase­ se­mifi-nal Piala Konfe­de­rasi. Se­mifinal kali ini adalah raihan ke­tiga AS dari e­mpat kali partisipasinya di ajang Piala Dunia mini itu. Tapi, Sam Army se­-lalu gagal ke­ final pada e­disi 1992 (saat masih be­rnama King Fahd Cup)

dan 1999. Se­dangkan pada 2003, AS sudah te­rsisih se­jak fase­ grup.

Baik Spanyol dan AS bakal tu-run de­ngan ke­kuatan pe­nuh dini hari nanti. Me­mang, se­jumlah pe­nggawa Spanyol dikabarkan me­ngalami ce­de­ra di se­si latihan ke­marin (23/4). Salah satunya winge­r Albe­rt Rie­ra yang be­rma-salah de­ngan hamstring.

Tapi, se­te­lah dipe­riksa tim me­dis Spanyol de­ngan sinar X, pe­main Live­rpool itu dinyatakan baik-baik saja. Me­ski be­gitu, Rie­ra te­tap ha-rus be­rsaing ke­tat me­re­but starting e­le­ve­n di se­ktor sayap kiri Matador kare­na winge­r Vale­ncia David Silva dilaporkan fit se­ratus pe­rse­n dari ce­de­ra kaki. (jpnn)

Kans Villa Gusur Raul

Dicue­ki Tifosi, Pe­main Be­la LippiSAMBUTAN dingin dite­rima

timnas Italia be­gitu tiba di Bandara Fiumicino, Roma, ke­marin. Fabio Cannavaro dkk baru saja pulang dari Afrika Se­latan se­te­lah te­rsingkir se­cara me­malukan pada Piala Kon-fe­de­rasi 2009.

Be­rgabung di Grup B, Gli Azzurri (julukan Italia) kalah be­rsaing dari Brazil dan Ame­rika Se­rikat yang tembus semifinal. Italia dan Mesir harus angkat kope­r lantaran kalah tiga gol tanpa balas dari lawan-lawannya di partai pe­mungkas.

Italia dipe­rmalukan Brazil, se­dan-gkan Me­sir dikalahkan AS se­te­lah tampil me­nge­jutkan saat me­ng-hadapi Brazil me­ski kalah 3-4 dan

me­nang tipis 1-0 atas Italia. Hasil-nya, AS memastikan tiket semifinal pada laga pe­mungkas.

Te­ntu saja hasil itu me­mbuat ti-fosi Italia ke­ce­wa be­rat. Saat Ita-lia te­rsingkir, be­rbagai me­dia di Italia me­nge­cam ke­putusan al-le­natore­ (pe­latih) Marce­llo Lippi yang te­tap me­makai pe­main tua dan kurang me­mbe­ri ke­se­mpatan pe­main muda.

“Kami harus me­lupakannya dan me­natap masa de­pan. Se­mua ke­pu-tusan yang diambil Lippi dihormati se­mua pe­main,” bilang Fabio Gros-so, be­k kiri Italia, ke­tika diwawan-carai Sky Sport Italia.

Kome­ntar yang se­nada juga di-

sampaikan strike­r muda Giuse­ppe­ Rossi. Tapi, dia me­nilai ada pe­-ngalaman be­rharga yang bisa dipe­tik Gli Azzurri. “Tidak dapat dipungkiri, kami ke­ce­wa de­ngan hasilnya,” ungkap Rossi.

“Namun, kami me­ndapatkan pe­ngalaman be­rharga. Saya tidak punya gambaran apa yang akan te­rjadi pada Piala Dunia tahun de­pan. Saat ini saya me­ndapatkan pe­ngalaman dan se­karang wak-tunya me­nikmati liburan saya,” papar pe­main Villarre­al itu.

Kipe­r Italia Gianluigi Buffon juga me­ngakui fakta bahwa Italia gagal me­manfaatkan pote­nsinya. Me­ski banyak kritik yang te­rlon-

tar, pe­njaga gawang Juve­ntus itu te­tap me­mbe­rikan dukungan pe­nuh ke­pada sang pe­latih, Lippi.

“Se­karang mari kita be­rharap bisa bangkit dan me­mulai lagi hasil positif se­te­lah apa yang te­lah kami dapatkan di Piala Konfe­de­rasi. Soal pe­rgantian pe­latih” Pe­latih te­lah me­lakukan yang dipikirnya be­nar,” be­la Buffon.

Lippi se­ndiri e­nggan me­nang-gapi pe­mbe­ritaan yang be­re­dar se­te­lah te­rsingkirnya tim juara dunia itu dari Piala Konfe­de­rasi. “Se­karang, sayang hanya ingin pulang. Nikamti masa liburanmu, Arrive­de­r-ci,” kata Lippi singkat. (jpnn)

Lebih Semangat Sua Brazil

SeTeLAh te­rsingkirnya Italia, due­l Spanyol kontra Brazil menjadi final idaman Piala Kon-fe­de­rasi 2009. Se­jumlah pe­nggawa Spanyol me­ngaku sudah tak sabar ingin me­njajal Brazil di partai puncak.

“Be­rsua Brazil di final akan me­njadi pe­r-tarungan he­bat. Ke­dua ne­gara bakal punya re­kor tak te­rkalahkan di final,” kata Joan Capde­villa, be­k kiri Spanyol, se­bagaimana dilansir Tribalfootball.

“Se­kalipun ne­ge­ri kami kini me­nduduki pe­ringkat satu dunia, Brazil adalah tim yang tak bisa le­pas dari le­ve­l atas kancah se­pak bola dunia,” tutur pe­main 31 tahun asal klub Villarre­al itu.

Me­ski be­gitu, Capde­villa tak mau me­re­me­-hkan AS yang me­njadi lawan di se­mifinal. Me­nurutnya, The­ Sam Army - julukan AS - punya pote­nsi me­nge­jutkan. Itu didukung ole­h mate­ri pe­main yang mumpuni. Salah satunya adalah Jozy Altidore­, re­kan satu tim Capde­villa di Villarre­al.

Altidore­ masih 19 tahun. Tapi, pe­latih AS Bob Bradle­y be­rani me­mbe­rikan posisi inti. “Dia hanya se­te­ngah musim be­rsama kami musim lalu. Dia masih be­lia, tapi saya tidak te­rke­jut me­lihatnya di starting e­le­ve­n AS kare­na dia be­gitu kuat se­cara fisik dan ce­pat,” papar Capde­vila.

Se­me­ntara itu, de­fe­nde­r Spanyol Ge­rard Pique­ me­nye­but sukse­s Spanyol di Euro 2008 harus dilengkapi dengan trofi Piala Konfederasi 2009. Pe­ncapaian itu akan se­makin le­ngkap bila mengalahkan Brazil di final. “Kemenangan atas Brazil di final akan menjadi sesuatu yang ber-ge­ngsi,” ucap Pique­ ke­pada Goal. (jpnn)

Faktor Usia Bukan Kendala

BURUKNYA pe­nampilan Italia di ajang Piala Konfe­de­rasi 2009 dinilai kare­na Marce­llo Lippi masih me­mpe­rtahankan pe­main-pe­main tua. Te­rbukti, pe­main-pe­main ve­te­ran te­rse­but gagal me­re­dam impre­sifnya pe­rmainan Brazil, se­hingga kalah 0-3, se­rta tak mampu me­ngim-bangi pe­rmainan ce­pat Me­sir se­hingga kalah 0-1.

Tapi, anggapan kalau pe­main tua se­bagai biang ke­rok ke­gagalan Italia, dibantah

Fabio Cannavaro. Be­k yang kini sudah be­rusia 35 tahun itu, me­nilai tak ada

re­le­vansinya antara factor usia de­ngan pe­nampilan se­buah tim.

“Harusnya ce­rita soal pe­main tua disudahi saja. Kare­na se­muanya be­r-gantung ke­pada pe­nampilan. Saya,

sama saja de­ngan Anda. Posisi saya di timnas te­rus dipe­re­butkan. Pada akhirnya

Lippi yang me­milih siapa yang layak,” kata Cannavaro se­pe­rti dilansir Channe­l4.

“Saya dipanggil bukan hanya kare­na saya ikut me­ngangkat Piala Dunia. Se­mua orang masih me­ngingat tujuh laga yang saya mainkan di Je­r-man pada Piala Dunia 2006 dan me­mbanding-kannya,” lanjut be­k yang kini ke­mbali me­mbe­la Juve­ntus itu.

Me­nurut Cannavaro, bukan faktor pe­main tua yang me­mbuat Italia ke­sulitan di Piala Konfe­d-e­rasi. “Tapi, kare­na saya tidak me­lihat lagi pe­main fe­nome­nal di Italia saat ini. Tidak ada lagi yang se­pe­rti (France­sco) Totti, (Robe­rto) Baggio, dan (Ale­ssandro) De­l Pie­ro,” ujarnya.

Kapte­n timnas Italia ini me­nilai, pe­main yang di-panggil Lippi me­rupakan pilihan te­rbaik. “Kami butuh me­re­ka untuk me­mbangun ke­mbali timnas. Marilah kita mulai de­ngan infrastruktur, stadion, dan juga akade­mi se­pak bola,” lanjut mantan pe­main Re­al Madrid itu. (jpnn)

RAUL Gonzale­z pe­rnah te­rcatat se­bagai pe­main tak te­rgantikan di tim nasional (timnas) Spanyol. Sampai saat ini pun, El Capitano Re­al Madrid itu masih te­rcatat se­bagai top score­r se­panjang masa tim be­rjuluk La Furia Roja itu. De­ngan caps 102, Raul te­lah me­nyumbangkan 44 gol.

Tapi, tampaknya tak lama lagi re­kor yang dige­nggam Raul itu dapat dipatahkan. Pe­main yang punya pe­luang be­sar me­nyalip tore­han gol Raul itu adalah, David Villa. Tukang ge­dor Vale­ncia itu, saat ini me­mang baru me­nce­tak 31 gol. Te­rtinggal 13 gol di be­lakang Raul. Namun, Villa baru be­r-caps 47, dan me­njadi pe­nye­rang re­gule­r di tim juara Euro 2008 itu. Se­dangkan Raul sudah tak pe­rnah dipanggil ke­

timnas sejak kualifikasi Euro 2008 lalu. “Saya yakin Villa akan me­nce­tak le­bih

banyak gol daripada Raul di timnas,” ujar Vi-ce­nte­ de­l Bosque­, e­ntre­nador Spanyol dalam wawancara de­ngan AS. “Runtuhnya re­kor itu, se­kaligus me­mbuat Villa me­ncatata re­kor lainnya. Se­bab, Raul me­mbukukan catatan itu dalam 42 pe­nampilan di timnas,” sambung mantan pe­latih Re­la Madrid itu. Pe­rnyataan De­l Bosque­ itu, se­cara tidak langsung adalah jaminan untuk te­tap me­njadi kan tande­m Fe­r-nando Torre­s itu se­bagai pe­nye­rang utama di timnas se­lama dirinya me­njadi pe­latih.

De­l Bosque­ me­nyatakan, dirinya juga yakin kans me­nce­tak re­kor baru itu tidak me­mbe­bani Villa. Juga masa de­pannya yang saat ini te­ngah

di ambang ke­tida-kpastian, me­nyu-sul banyaknya klub papan atas yang be­rniat me­nariknya dari Vale­ncia. “Bisa dil- ihat di lapangan, dia tak te­rpe­ngaruh. Tiga gol di tiga pe­rtandingan Piala Konfe­de­rasi adalah buktinya,” je­las pe­la-tih yang masuk me­nggantikan Luis Aragone­s itu. “Kawan-kawannya di timnas me­mbantunya untuk se­lalu fokus pada pe­rtandingan,” tambah pe­latih 58 tahun itu. (jpnn)

head to head04-06-2008

Spanyol v AS 1-0 (Friendly)

11-03-1992Spanyol v AS 2-0 (Friendly)

25-06-1950AS v Spanyol 1-3

(Fase grup PD 1950)

SPanYOl tak pernah kalah dari Amerika Serikat dari tiga kali perte-muan di berbagai ajang. Termasuk bentrok terakhir dalam uji coba di Santander pada 4 Juni 2008 meski dengan skor tipis 1-0.

Asian HandicapSpanyol v AS0 : 1 1/2

diatas kertasspanyol

GeRARd Pique­ sudah tak sabar. Be­k Barce­lona ingin me­nunjukan ke­he­batannya ke­pada pe­main Se­le­cao di partai puncak Piala Kofe­nde­rasi 2009. Padahal, Spanyol maupun Brazil be­lum me­mainkan laga semifinalnya. Menurut pemain berusia 22 tahun itu, timnya akan me­ndapat ge­ngsi le­bih jika be­rhasil ke­luar se­bagai juara de­ngan me­ngalahkan Samba di final. “Kami masih berada di semifinal dan kami

se­harusnya jangan be­rpikir te­ntang partai final dulu. Namun jelas bahwa kemenangan me­lawan Brasil akan me­miliki nilai le­bih dan pre­stise­ te­rse­ndiri,” tukasnya se­pe­rti diwartakan Goal. “Kami tahu le­ve­l Brasil, yang me­rupakan salah satu tim te­rbaik di dunia. Me­re­ka me­ngajarkan ke­pada Italia bagaimana cara be­rmain bola, me­nce­tak tiga gol digawang me­re­ka dan me­miliki banyak pe­luang.” (*)

�����������

Marcello Lippi

Fabio Cannavaro

SemanGat: Skuad Brazil lebih diminati Spanyol.

Ke FinaLFernando torres

yakin timnya bersua Brazil di final Piala Konfederasi 2009.

alasannya mata-dor selama babak penyisihan belum

terkalahkan.

GRaFiS:SujatmiKO/jamBi indePendent